PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SMA

UNGKAPAN DALAM TEKS BAHASA INDONESIA

1

POKOK BAHASAN
1. MEMBACA UNGKAPAN DALAM KALIMAT/PARAGRAF 2. PENGERTIAN UNGKAPAN 3. JENIS UNGKAPAN 4. MAKNA UNGKAPAN 5. SOAL-SOAL UNGKAPAN
2

MEMBACA UNGKAPAN DALAM KALIMAT
Saya mengucapkan terima kasih atas pertolongan saudara. Marbun rindu akan kampung halamannya. Karma mencoba mengadu domba kami. Saya akan buat si congkak itu bertekuk lutut.
3

multikultural. memberlakukan hukum rimba dan serba paganis menjadi modern. pluralis. dan beradab. dari peradaban carut-marut.MEMBACA UNGKAPAN DALAM PARAGRAF Hasil monumental itu tertulis dalam sejarah terciptanya masyarakat madani. . religius. damai dan sejahtera. 4 . Fakta ini menunjukkan agama sebagai pandangan hidup manusia memilki daya dobrak dan daya bangun tatanan sosial yang harmonis.

PENGERTIAN UNGKAPAN Ungkapan adalah bentuk bahasa yang merupakan gabungan kata yang menyatakan makna khusus (makna unsur yang membentuknya. 5 . sudah menyatu dan tidak dapat ditafsirkan/menjadi kabur) Ungkapan disebut juga idiom.

Konstruksi Ungkapan Ungkapan dapat dibentuk oleh unsur : Kata contoh : simpanan gula-gula dibumihanguskan 6 .

Konstruksi Ungkapan Frasa contoh : kaki langit buah hati sebatang kara kaki lima rendah budi 7 .

Konstruksi ungkapan Klausa/Kalimat contoh : naik daun membanting tulang mengadu domba senjata makan tuan pagar makan tanaman 8 .

Contoh ungkapan : selaras dengan berbicara tentang bermanfaat bagi terbagi atas membanting tulang menarik hati berkeras kepala mandi darah 9 .

JENIS UNGKAPAN Berdasarkan makna yang timbul dari unsur-unsur pembentuknya ungkapan terbagi atas :  Ungkapan penuh (idiom penuh)  Ungkapan sebagian (idiom sebagian) 10 .

Ungkapan Penuh/idiom penuh : merupakan ungkapan/idiom yang unsur-unsur pembentuknya telah kehilangan makna leksikalnya 11 .

Contoh ungkapan penuh : Gulung tikar = bangkrut analisis makna leksikalnya : gulung memiliki arti lipatan benda/ melipat benda tikar memiliki arti anyaman pandan untuk tidur/duduk 12 .

Contoh ungkapan penuh : orang jauh main gila penaik darah buaya darat buang penat otak kosong kambing hitam = = = = = = = perantau bersuka-sukaan lekas marah penjahat ulung melepakan lelah bebal/bodoh orang yang dituduh/ tempat kesalahan 13 .

Ungkapan Sebagian/ Idiom Sebagian : merupakan ungkapan/idiom yang salah satu unsur pembentuknya masih memiliki makna leksikalnya 14 .

Contoh ungkapan sebagian : lapangan hijau= lapangan sepak bola analisis makna leksikalnya : lapangan memiliki arti tempat/tanah yang luas dan rata hijau memiliki arti jenis warna seperti warna rumput 15 .

bentuk ungkapan terbagi atas : peribahasa pemeo majas 16 .Bentuk Ungkapan berdasarkan pengungkapan isi dan makna yang muncul yang ditujukan kepada lawan bicara.

) Maksud hati memeluk gunung apa daya tangan tak sampai (Prb.) Bahasa menunjukkan bangsa (Prb.) Esa hilang.Contoh : Habis manis sepah dibuang (Prb.) Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh (Pem.) Patah tumbuh hilang berganti (Pem.) 17 . dua terbilang (Pem.

) 18 .) Tangisan anak kecil itu menyayat hati (Mjs.Contoh : Posisinya seperti telur di ujung tanduk (Mjs.) Lintah darat itu akhirnya digiring ke penjara (Mjs.) Tanah air Indonesia memanggil para pemuda dan pemudi untuk mempertahankan kemerdekaannya (Mjs.

diskusi. dan publikasi lainnya) 19 . iklan.Makna Ungkapan makna ungkapan muncul sesuai dengan perkembangan pola pikir masyarakat sehari-hari baik melalui percakapan resmi (pidato. dsb ) maupun nonresmi (lawakan.

Contoh : bertanggung jawab atas berkenaan dengan bermanfaat bagi hormat kepada hati kecil tumpah darah batang air masih hijau muka manis 20 .

berhati tungau b.SOAL-SOAL 1. berhati batu d. Ungkapan yang tepat menyelesaikan pernyataan di atas adalah «. berkepala batu 21 . Kita bukanlah bangsa yang « melainkan bangsa yang berani menentang penjajah. a. berdarah dingin e. berkeras hati c.

Ungkapan yang berkonstruksi kata terdapat dalam kalimat«. Pak Burhan punya simpanan lagi di Jakarta. a. Karma menggali lubang sendiri. Badannya kurus kering sejak ditinggal suaminya. Terimalah kenyataan itu dengan lapang hati. Menurut kabar angin dia sudah menjadi kepala sekolah. d. e. 22 . b. c.SOAL-SOAL 2.

0ya ingin sekali memiliki buku putih. c. Idiom penuh digunakan dalam kalimat«. a. d. e. Aldi dijauhi teman-temannya karena tinggi hati. Bintang lapangan hijau itu terkilir kakinya.SOAL-SOAL 3. Seminar tersebut sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SMA kelas tiga. b. 23 . Ardi mendapat kartu kuning dalam pertandingan babak penyisihan.

SOAL-SOAL 4. d. a. 24 . c. Ungkapan dalam kalimat berikut berhubungan dengan benda alam«. Nabil bulan ini selalu bergembira karena sedang terang bintangnya. e. Romi menyusuri pantai dengan kaki telanjang. Bram naik darah ketika kepalanya disentuh. Perjanjian ini harus hitam di atas putih. Kehadiran Mak Ijah menjadi buah bibir di Kampung Heboh itu. b.

a. tangan kanan e. ringan tangan 25 .SOAL-SOAL 5. Makna ungkapan mata telinga sama dengan«. tebal telinga c. merah telinga b. kaki tangan d.

Tak ada gading yang tak retak. idiom b.SOAL-SOAL 6. peribahas e. majas d. pernyataan di atas ungkapan berbentuk«. pemeo c. a. pepatah 26 .

berdasarkan pada c. terjadi atas b.SOAL-SOAL 7. Ungkapan bertolak dari sepola dengan ungkapan«. kepala udang 27 . a. hormat kepada d. berkeras hati e.

a.SOAL-SOAL 8. pengeluaran lebih besar daripada penghasilan merupakan makna dari ungkapan«. tinggi rezeki e. keluar empat b. salah air d. panas rezeki c. pendek permintaan 28 . masuk tiga.

mendapatkan dengan bertaruh nyawa e. memperoleh dengan semangat tinggi c. karenanya harus kita pertahankan.SOAL-SOAL 9. ungkapan tercetak tebal dalam kalimat tersebut bermakna«. memperjuangkan dengan penuh tantangan d. Kemerdekaan ini telah kita beli dengan darah. memperoleh dengan perjuangan b. a. memperoleh dengan pengorbanan jiwa raga 29 .

a. d.SOAL-SOAL 10. b. Ungkapan kelas kambing bermakna«. c. kelas yang porak poranda ruangan yang tidak berudara rumah penduduk miskin kelas yang paling murah dijangkau konsumen e. kelas yang sedikit peminatnya 30 .