1. Ekonomi Makro Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan).

Variabel-variabel tersebut antara lain : pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional. Ilmu ekonomi makro mempelajari masalah-masalah ekonomi utama sebagai berikut :
y

y

y

Sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi. Apabila seluruh sumber daya telah dimanfaatkan keadaan ini disebut full employment. Sebaliknya bila masih ada sumber daya yang belum dimanfaatkan berarti perekonomian dalam keadaan under employment atau terdapat pengangguran/belum berada pada posisi kesempatan kerja penuh. Sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas di bidang moneter. Apabila nilai uang cenderung menurun dalam jangka panjang berarti terjadi inflasi. Sebaliknya terjadi deflasi. Sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan dan pertumbuhan tersebut disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam distribusi pendapatan terdapat trade off maksudnya bila yang satu membaik yang lainnya cenderung memburuk.

ILMU EKONOMI MAKRO Akar (1) ‡ Ilmu ekonomi makro lahir dari upaya menjelaskan Depresi Besar pada kurun 1930-an,memicu s

Riwayat Ilmu Ekonomi Makro Terbaru Sesudah perang dunia II, Dan khususnya ditahun 1950,pandangan Keynes mulai membawa pengaruh tidak baik terhadap ahli ekonomi maupun atas kebijakan pemerintah.dan pemereninta hakirnya yakin bahwa campur tangannya dapan membantu mencpai sasaran peluang kerja dan tingkat tertenyu, dan mulai mengeluarkan penguasan terhadap pajak dan dan pengeluaran juga. Pandangan atas kebijakan pemerintah seperinya diterima kuat di amereika serikat dengan dikeluarkanya undang undang peluang kerja tahun 1964 ( Employetmen Act of 1946). Undang undang ini membentuk presiden Presidents of economic advisor, satu kelompok ahli ekonomi yang menasehati presiden Diagram arus melingkar

Ilmu Ekonomi sangat penting bagi manusia untuk mengelola sumberdaya yang sifatnya terbatas agar dapat digunakan secara efisien. (Samuelson dan Nordhaus, 1998)

perusahaan (swasta). pemerintah dan ekspor-impor. diperlihatkan juga peranan dan pengaruh pemerintah atas kegiatan perekonomian.Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor Dalam kegiatan ekonomi tiga sektor. 2.Kegiatan Ekonomi Dua Sektor Kegiatan ekonomi dua sektor hanya melibatkan dua pelaku ekonomi. Pelaku kegiatan ekonomi secara umum dikelompokkan kepada empat pelaku. yaitu rumah tangga.berikut ini gambar circular flow diagramnya: . Berikut ini akan dijelaskan kegiatan ekonomi empat sektor.Kegiatan Ekonomi Empat Sektor Kegiatan ekonomi empat sektor sering disebut perekonomian terbuka karena kegiatan ini tidak hanya melibatkan pelaku-pelaku ekonomi di dalam negeri. 3. yaitu rumah tangga dan perusahaan. pelaku-pelaku ekonomi yang terlibat selain dari rumah tangga dan perusahaan.Perekonomian suatu negara digerakkan oleh pelaku-pelaku kegiatan ekonomi. Secara sederhana sebuah perekonomian dapat digambarkan dalam diagram arus melingkar(circular flow diagram). tetapi juga masyarakat ekonomi di luar negeri. Dalam diagram siklus perekonomian dibagi menjadi 3 sekor yaitu : 1.

 Hubungan dengan Pemerintah . Pasar tenaga kerja. rumah tangga mendapatan penghasilan yang terdiri dari sewa. pasar-pasar tersebut meliputi : Pasar barang. serta Pasar Luar negeri. Pasar Uang & Lembaga keuangan. Hal ini dipertemukan dalam pasar uang & lembaga keungan.Disebut dengan Kegiatan ekonomi empat sektor karena kegiatan ini tidak hanya melibatkan pelaku-pelaku ekonomi di dalam negeri. Dalam diagram circular flow terdapat pasar-pasar yang mempengaruhi kegiatan ekonomi. Dari diagram circular Flow diatas terdiri dari 4 komponen yaitu : 1. Dari interaksi antara rumah tangga dan perusahaan dipertemukan pada Pasar tenaga kerja. Kemudian dari penjualan SDM tersebut. tetapi juga masyarakat ekonomi di luar negeri. Rumah tangga  Hubungan dengan Perusahaan Pada awalnya rumah tangga menjual SDM yang dimilikinya kepada perusahaan. upah dan profit. bunga.

Interaksi tersebut dipertemukan dalam pasar barang. penghasilan non balas jasa dari pemerintah (berupa hasil dari pajak). Pasar barang sering diistilahkan dengan sektor riil. Lalu Perusahaan mendapatkan penghasilan dari penjualan produknya.  Hubungan dengan Pemerintah Perusahaan membayar pajak kepada pemerintah dan perusahaan menjual produk dan jasa kepada pemerintah melalui pasar barang. 2. . bunga.  Hubungan dengan RumahTangga perusahaan menghasilkan produk-produk berupa barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat.  Hubungan dengan negara lain Untuk mencapai hubungan dengan negara lain rumah tangga harus melewati pasar barang dan pasar luar negeri.  Hubungan dengan Dunia Internasional Perusahaan melakukan impor atas produk barang maupun jasa dari luar negeri melalui pasar barang dan pasar luar negeri. Pasar Barang adalah pasar yang mempertemukan penawaran dan permintaan barang dan jasa. Dari hasil penjulan tersebut perusahaan mendapatkan laba/keuntungan. Rumah tangga mengimpor barang dan jasa dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup.Dalam hubungan ini rumah tangga menyetorkan sejumah uang sebagai pajak kepada pemerintah dan rumah tangga menerima penerimaan berupa gaji. Perusahaan Perusahaan merupakan gabungan unit kegiatan yang menghasilkan produk barang dan jasa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful