P. 1
Elemen Dasar Sistem Komputer

Elemen Dasar Sistem Komputer

|Views: 1,811|Likes:
Published by Taufan Kizashi
dibikin tapi ga pernah dibaca
dibikin tapi ga pernah dibaca

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Taufan Kizashi on Jun 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

Nama Nim Mata Kuliah Dosen

: Afan Komer : 10505046 : Komputer dan Masyarakat : M. Eko Utomo, ST. ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER

PENDAHULUAN Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri Pemahaman Elemen Dasar Komputer beserta komponen-komponen yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak. Makalah ini kami susun se-simpel mungkin agar para pembaca mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya, makalah ini juga kami lengkapi dengan gambar-gambar agar pembaca tidak hanya membayangkannya saja tapi bisa mengetahui secara nyata.Kami selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurangtepat dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar Pengertian Sistem Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegaratersebut. Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan seharihari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. Pengertian computer Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,

1

tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah yang lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi." Komputer adalah sebuah peralatan pengolah data, dimana data diolah di CPU menjadi : 1. Bentuk tampilan pada layar monitor seperti tulisan, gambar, video 2.Data diolah menjadi tulisan dan gambar dan di cetak dengan printer 3.Data diolah dan dirubah menjadi suara dan dapat didengar di Speaker 4.Data dapat dikirim ke komputer lain dengan menggunakan jaringan LAN, Internet,Wireless, Infra reed dll. Untuk system komputer dibagi atas 4 bagian penting yaitu : a. Processsing device - CPU Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. b. Input Adalah bagian dari komputer untuk memasukan atau mengirim data ke CPU agar bisa di proses di dalam CPU. Tanpa adanya Input maka komputer tidak akan bekerja. Input komputer dapat berupa memasukkan data dan memerintah akses menu. Contoh peralatan komputer yang berfungsi sebagai input adalah - Keyboard - Mouse - Scaner - Microphone - Lan Card c. Output Adalah komponen komputer untuk Mengirimkan hasil data yang telah di proses, dimana hasil data yang telah di proses berupa, signal grafik yang akan di tampilkan di layar monitor, signal Audio yang akan di dengarkan melalui Speaker, dan data yang akan di cetak melalui Printer. Contoh komponen yang berfungsi sebagai output : 1. VGA Card 2. Sound Card 3. USB (Bila di koneksikan ke Printer) 4. CD/DVD R (Bila membacup ke CD)

2

d. storage device 1. Internal Storage Internal Storage adalah media penyimpanan yang terdapat di dalam komputer seperti : - ROM - RAM 2. External Storage External Storage adalah Media Penyimpanan yang terdapat di luar komputer ( Umumnya Berbentuk Disk ), seperti : - Hardisk - Disket - CD - Flashdisk - dll PEMAHAMAN ELEMEN-ELEMEN DASAR KOMPUTER Seperti kita tahu komputer berperan penting dalam revolusi komunikasi. Salah satu contohnya dikenal dengan sebutan PC (personal computer) yang diciptakan untuk memudahkan suatu pekerjaan.Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi menjadi tiga bagian yang saling berkaitan, yaitu perangkat fisik/ keras (HARDWARE), perangkat lunak (SOFTWARE) dan orang yang mengoperasikan komputer (BRAINWARE) 1. Hardware Adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.Hardware terdiri dari beberapa bagian yaitu : - Processing device - Input device - Output device - Storage device Komponen-Komponen Hardware Hardware adalah perangkat keras terdiri dari : a. CPU (Central Processing Unit) CPU sebagai pusat untuk memproses input output data, didalam cpu inilah data di proses, CPU sendiri terdiri dari beberapa bagian antara lain : a.1. Mother Board (Main Board) Adalah papan cirkuit dimana semua peralatan pendukung komputer di letakkan seperti Processor, RAM, ROM Bios, VGA Card, Sound Card, Lan Card, Modem Card, Terminal Hardisk, Terminal optical Disk, terminal Keyboard, Terminal Mouse, Terminal Printer, Terminal USB, Terminal Speaker, dll. jadi Main Board ini sangat penting bagi komputer.

3

a.2. Processor Processor adalah alat untuk mengontrol atau otak komputer, dimana processorlah yang dapat membaca bahasa mesin dan memerintahkan peralatan lainnya pada komputer untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna. Semakin tinggi kapasitas processor semakin cepat kerjanya untuk memproses data. a.3. RAM (Random Akses Memori) Ram adalah tempat penyimpanan sementara, pada saat processor mengolah data, dimana data disimpan secara acak,data untuk sementara akan di simpan pada memory RAM sebelum di simpan secara permanen di Hardisk. Pada saat komputer di restart atau di matikan, maka data yang ada di RAM akan hilang. Semakin besar kapasitas RAM semakin besar juga kapasitas data yang dapat disimpan dan semakin cepat proses kerja komputer tersebut. a.4. ROM Bios Rom Bios adalah memory permanen, fungsi dari memory adalah untuk menyimpan data peralatan yang terpasang di main board, seperti Data Processor, Data Memory, Data Hardisk, Data Circuit komunikasi, data VGA Card, data Sound card, data tanggal dan waktu, data Switch Jumper untuk keperluan pengguna, data Lan dll. a.5. Hardisk Adalah alat untuk menyimpan program yang di instal kedalam hardisk seperti Windows, MS Office dan aplikasi lainnya. Selain itu Hardisk juga menyimpan data hasil pekerjaan kita, pada alat inilah data di simpan secara permanen. Makin besar kapasitas Hardisk, makin besar kapasitas data dan program yang dapat disimpan atau di install dalam hardisk. a.6. VGA Card Adalah alat yang dipasang pada Motherboard dimana alat ini akan dihubungkan ke Monitor komputer, fungsi alat ini adalah untuk merubah data menjadi fisual (gambar) baik tulisan maupun gambar yang akan di tampilkan pada layar Monitor. Semakin besar kapasitas VGA semakin cepat dan bagus tampilan gambar pada layar monitor. Biasanya kalau kita membeli Motherboard kita sudah diberikan VGA Card Onboard dimana memory VGA ini share dengan Random access Memory. Tapi bila kita ingin Tampilan Grafik (Gambar yang bagus) kita bisa menambahkan VGA Card dan di pasang pada Slot AGP, atau PCIE, tergantung jenis matherboardnya a.7. Sound Card Adalah alat yang dipasang pada Motherboard yang akan di hubungkan ke Speaker, fungsi alat ini adalah untuk merobah data menjadi efek suara yang bisa di dengar oleh pengguna.

4

a.8. Terminal LAN Adalah terminal agar bisa berhubungan dengan komputer lain secara lokal, dimana dengan alat ini kita bisa mengirim dan mengambil data ke atau dari komputer lain. a.9. Printer port (LPT Port) Dahulu printer harus dihubungkan ke LPT Port, tapi sekarang printer sudah menggunakan terminal USB. Selain untuk printer Terminal LPT difungsikan untuk berhubungan dengan alat komunikasi, alat kontrol dll. a.10. Terminal USB (Universal Sircuit Bus) Jaman sekarang hampir semua peralatan yang berhubungan dengan komputer menggunakan sirkuit ini seperti : Flash Disk, External Hardisk, Modem, Mobile Modem, Card Reader untuk membaca memory card, Printer, keyboard, mouse dll. a.11. PS/2 Keyboard Terminal ini di hubungkan dengan keyboard yang fungsinya untuk menerima input berupa teks yang akan di proses oleh processor. a.12. PS/2 Mouse Terminal ini di hubungkan dengan mouse yang berfungsi untuk menerima perintah pada saat mouse mengklik menu-menu program yang tampil pada layar monitor. a.12. Chace Memory Chase memory adalah memory Processor, dimana fungsinya adalah untuk membantu kerja processor, data yang akan di proses oleh processor terlebih dahulu akan ditampung pada Chace Memory baru kemudian di kirim ke RAM. b. Monitor Fungsinya untuk menampilkan data yang telah diproses oleh VGA Card dalam bentuk gambar atau tulisan. c. Keyboard Adalah alat untuk memasukkan data atau memerintah processor agar melaksanakan pekerjaan yang di inginkan oleh pengguna. d. Mouse Adalah alat untuk memberikan perintah kepada Processor agar melaksanakan permintaan pengguna dengan cara mengklik menu-menu yang tampil pada layar monitor. e. Printer Adalah alat untuk merubah data menjadi tulisan atau gambar yang di cetak pada kertas. f. CD/DVD/DVDRW Adalah alat untuk sumber program yang akan diinstal kedalam hardisk atau untuk membackup data kedalam CD Cassete.

5

adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW. 2. Software Adalah perangkat lunak (Program) yang diinstall kedalam hardisk, dimana software inilah yang menggerakkan prcessor untuk memproses data. sangat banyak software yang dapat diinstal kedalam Processor. Program yang dapat diinstall pada komputer harus di sesuaikan dengan spesifikasi komputer, bila tidak system tidak mau bekerja. Jenis - jenis software antara lain : a. OS (Operating System) Software ini adalah software dasar, karena software ini memiliki booting yang dipergunakan untuk menghidupkan system, tanpa software ini komputer tidak mau bekerja. Jenis software os antara lain : Windows : Windows 98, Windows XP, Windows 2000, Windows 2003, Windows Vista, Windows 7, Linux, Apple, Machintos, DOS, dll. b. Program Aplikasi Adalah program-program yang diistall kedalam komputer sesuai dengan kebutuhan pengguna, juga harus sesuai dengan OS yang dipakai. Contoh program aplikasi adalah : MS Office (Word, Excell, Power Point dll), Adobe Photoshope, Corel Draw, Games, Tools dll. c. Program Language Program language atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa pemrograman, seperti : - Visual basic - Turbo pascal - Delphi Propietary software adalah perangkat lunak yang tidak bebas atau semi bebas dan tidak terbuka. Pengguna dilarang atau minta ijin atau dikenakan pembatasan lainnya jika menggunakan, mengedarkan atau memodifikasinya. Source code normalnya tidak tersedia. Contoh dari propietary software adalah sistem operasi windows. Jenis software ini yang paling banyak dikenai razia oleh pihak yang berwajib.

6

Open source software Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab. Open source software seringkali rancu dengan free software, padahal ada sejumlah hal yang harus dipenuhi bila dianggap sebagai open source software, yaitu bebas didistribusikan tanpa adanya persyaratan royalty, program harus memiliki source code, lisensi harus bisa dimodifikasi dan diturunkan, integrity dari pembuat source code, lisensi tidak mendiskriminasi seseorang atau sekelompok orang, tidak ada diskriminasi melawan area pengembangan, hak cipta pada suatu program harus mampu diaplikasi dan didistribusi kembali oleh siapapun, lisensi tidak mengacu pada spesifikasi suatu produk, lisensi tidak membatasi tempat dimana software tersebut didistribusikan, dan lisensi harus berisi teknologi yang netral. Fungsi Beberapa fungsi software antara lain : * mengatur Input atau Output (I/O) dari PC * menyediakan dan mengatur serta memerintahkan hardware agar dapat berjalan dengan baik * menjalankan perintah-perintah tertentu seperti menggambar, memutar musik atau film.

3.Brainware Komputer tidak terlepas dari manusia yang mengoperasikan peralatan komputer, tanpa manusia komputer hanyalah berupa benda yang tidak ada fungsinya. Dalam pengoperasian komputer fungsi Manusia di bagi tiga bagian antara lain : a. Programer (Brainware) Adalah orang-orang yang menciptakan program-program dengan bahasa program yang nantinya dapat dibaca oleh komputer menjadi program dengan bahasa mesin. Peran programer sangatlah penting karena hasil dari programer inilah yang saat ini banyak orang menggunakannya.

7

b. Mecanical (Maintenace) Adalah orang-orang yang menguasai Hardware, untuk memasang, mensetting, menginstall program serta memelihara atau memperbaiki komputer. antara Brainware dan Mecanical salaing bekerja sama. c. User (Pengguna) Adalah orang-orang yang menggunakan komputer yang disesuaikan dengan kebutuhannya. User hanya memakai tanpa harus mengerti program dan maintenance.Tetapi sebagai user mereka harus mengerti cara menggunakan programprogram yang di instal, bila tidak mereka tidak akan dapat bekerja. Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran diantaranya adalah : 1. Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer. 2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis ke dalam bahasa pemrograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer 3. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan 4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keras computer Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya. Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu : 1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan. 2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya. 3. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.

8

4. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya. 5. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor 6. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya. 7. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi. 8. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer. 9. Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya. 10. System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Kesimpulan Komputer merupakan alat pendukung dalam melakukan kegiatan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjalankan tugas. Komputer memiliki elemen dan komponen agar dapat dioperasikan secara maksimal. Secara garis beras terdiri dari Hardware, Software dan Brainware. Tanpa memenuhi tiga kriteria tersebut mustahil dapat di lakukan pengoperasian komputer. Hardware beserta komponen-komponennya merupakan faktor awal yang harus terpenuhi yang mana tiap-tiap komponen memiliki fungsi dan peran masing-masing dalam pengoperasian komputer. Komponen-komponen ini terpisah dan disatukan atau dirakit agar untuk dapat dioperasikan. Software merupakan alat untuk memfasilitasi pengoperasian komputer yang yang disimpan dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh Brainware. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya. Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan. Sumber :

9

http://pink.one-forum.net/b-bagian-f7/brainware-t8.htm#8 http://kadandia.blogspot.com/2009/11/v-behaviorurldefaultvml-o.html

10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->