P. 1
Critical Review

Critical Review

|Views: 153|Likes:
Published by christineyolanda

More info:

Published by: christineyolanda on Jun 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2013

pdf

text

original

Ide Penelitian Bagaimana cara membuat perkembangan kematangan gonad dan proses pemijahan yang baik pada ikan

kerapu lumpur (Epinephelus coioides) ?

Pernyataan Problematika (Latar Belakang)  Ikan kerapu sebagai salah satu komoditas ekspor dengan harga yang cukup tinggi  Peningkatan produksi ikan kerapu lumpur melalui kualitas pakan yang baik untuk memperbaiki proses kematangan gonad dan proses pemijahan.  Defisiensi asal lemak esensial pada induk red sea brem menyebabkan laju pembuahan dan penetasan telur menurun sehingga banyak telur yang mengendap

Peumusan Masalah Apakah dengan sumber lemak yang memiliki komposisi asam lemak yang berbeda dapat mempengaruhi kematangan dan pemijahan ikan kerapu lumpur ?

Hipotesa H0 : komposisi asam lemak yang berbeda tidak memberikan pengaruh terhadap pematangan gonad dan proses pemijahan ikan kerapu lumpur H1 : komposisi asam lemak yang berbeda memberikan pengaruh terhadap pematangan gonad dan proses pemijahan ikan kerapu lumpur

Pengumpulan Data dan Analisis Jenis penelitian Metode penelitian Variabel bebas : Penelitian Eksperimental Laboratoris : analisis data secara deskriptif dan tabulasi : 3 perlakuan dengan sumber lemak yang berbeda ; minyak cumi, minyak tuna, minyak sarden Variabel tak bebas : perkembangan gonad ikan kerapu lumpur yang diamati setiap bulan Analisis data : data perkembangan gonad dari berbagai sumber lemak dilakukan secara deskriptif dan tabulasi.

Pemberian pakan moist pellet yang ditambahkan minyak cumi menunjukkan perkembangan gonad yang sangat baik yaitu mencapai 100% (semua induk menunjukkan perkembangan gonad). penelitian ini telah membuktikan bahwa penggunaan minyak ikan yang memiliki komposisi asam lemak yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata terhadap perkembangan gonad dan pemijahan ikan kerapu lumpur (E. Coioides). .Pembuktian Fakta (Kesimpulan) Tolak hipotesa H0 dan terima H1 .

coioides). Nyoman Asmara Giri. No. pernyataan problematika. Permasalahan yang dicantumkan hanya sebatas kebutuhan akan pasar ekspor ikan kerapu. coioides) Karya : Dahlan Makatutu. No. Halaman 99-104. 11. Hanya sedikit pembahasan tentang perlunya pakan yang baik bagi induk ikan kerapu lumpur dalam proses pematangan gonad dan pemijahan ikan tersebut. Hal ini ditandai dengan kemudahan penulis dalam mengidentifikasi tahapan ± tahapan kaidah metode ilmiah umum yang berlaku dalam proses penelitian yang meliputi ide. 2001. Rumusan suatu masalah ini biasanya juga diidentikkan atau . Perumusan masalah ini lazim dikemukakan sebagai suatu pertanyaan inti dari pokok persoalan penelitian yang dinyatakan dengan jelas. metode pengumpulan data dan analisis serta pembuktian fakta (kesimpulan). Berikut merupakan critical review menurut pandangan penulis terhadap karya artikel hasil penelitian yang dipublikasikan di buku ³Teknologi Budidaya Laut Dan Pengembangan Sea Farming di Indonesia´. Dan Toni Setiadarma (Teknologi Budidaya Laut Dan Pengembangan Sea Farming di Indonesia. Pernyataan problematika kurang jelas untuk melatarbelakangi penelitian ini perlu dilakukan. 11. Topik penelitian adalah mengkaji pengaruh sumber lemak terhadap pematangan gonad dan pemijahan ikan kerapu lumpur (E.CRITICAL REVIEW PENGARUH SUMBER LEMAK TERHADAP PEMATANGAN GONAD DAN PEMIJAHAN IKAN KERAPU LUMPUR (E. hipotesa. Perumusan masalah yang muncul adalah apakah dengan sumber lemak yang memiliki komposisi asam lemak yang berbeda dapat mempengaruhi kematangan dan pemijahan ikan kerapu lumpur. Ide penelitian mudah diduga oleh penulis dengan membaca dan memahami dari judul artikel peneliti. Perumusan masalah dalam suatu penelitian perlu dilakukan dan disusun sebagai penuntun bagi langkah ± langkah penelitian selanjutnya. Halaman 99-104) Secara umum artikel hasil penelitian yang dipaparkan baik dan sudah memenuhi kaidah metode ilmiah dalam menyusun tahapan proses penelitian. perumusan masalah.

Metode analisi data tidak jelas karena tidak dijelaskan cara mengolah data apakah menggunakan prosedur analisis statistik atau tidak.diikhtisarkan sebagai suatu tujuan utama penelitian. Pemaparan dari metode penelitian masih kurang jelas. . Hipotesa dari penelitian dapat disusun dengan mudah dengan cara menduga adanya pengaruh sumber lemak dengan komposisi asam lemak yang berbeda (H0 ) dan tidak ada pengaruhnya (H1) terhadap pematangan gonad dan pemijahan ikan kerapu lumpur. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk jenis penelitian eksperimental dimana dengan menggunakan analisis data secara deskriptif dan tabulasi. Umur induk ikan kerapu lumbur tidak ditampilkan dan proses pemijahan juga tidak dibahas sementara dari judul yang diambil menuntut data pemijahan tersebut. dimana selanjutnya pertanyaan ini harus dijawab melalui suatu penelitian yang diawali dengan adanya suatu hipotesa.

11.PENGARUH SUMBER LEMAK TERHADAP PEMATANGAN GONAD DAN PEMIJAHAN IKAN KERAPU LUMPUR (Epinephelus coioides) Karya : Dahlan Makatutu. Halaman 99-104) CRITICAL REVIEW TUGAS MATA KULIAH METODE ILMIAH Dosen Pengampu : Dr. Dan Toni Setiadarma (Teknologi Budidaya Laut Dan Pengembangan Sea Farming di Indonesia. Ir. No. Nyoman Asmara Giri. Agung Sudaryono. 2001. MSc Oleh : Christine Yolanda Purba NIM. K2B 008 024 FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->