WAWANCARA MENDALAM

I. PENGERTIAN
WAWANCARA MENDALAM ADALAH WAWANCARA UNTUK MENGGALI INFORMASI TENTANG PANDANGAN, KEPERCAYAAN,PENGALAMAN, PENGETAHUAN PERILAKU INFORMAN MENGENAI SUATU HAL SECARA UTUH .

1

II. WAWANCARA TERSTRUKTUR 2 . JENIS WAWANCARA 1. WAWANCARA TERSTRUKTUR TDK BERSTRUKTUR SEMI 3. WAWANCARA 2.

PENGGUNAAN WAWANCARA MENDALAM 1.III. 2. LIFE HISTORY KEY INFORMAN INTERVIEW WAWANCARA MENDALAM DENGAN SEJUMLAH INDIVIDU 3 . 3.PENGGUNAAN III.

ADA PERBEDAAN ANTARA APA YG DIKATAKAN DGN APA YG DILAKUKAN SESEORANG 2. PEMBATASAN PADA INFORMASI 3. APA YG DIKATAKAN DAN DILAKUKAN SESEORANG BERBEDA DALAM SITUASI YG BERBEDA 4 . KETERBATASAN WAWANCARA MENDALAM 1.IV.

V. SNOWBOLLING 2. CARA PEMILIHAN INFORMAN 1. PENDEKATAN KEPADA LEMBAGA 5 . KONTAK PERSONAL 3.

7.. 5. MENGULANGI PERTANYAAN 2. 4. SILENT PROBE.VI. ELABORASI/PENJELASAN LENGKAP KLARIFIKASI MENGULANGI JAWABAN MEMBERIKAN SEMANGAT TUNJUKKAN BAHWA JAWABAN INFORMAN DIMENGERTI 6. 3. TEKNIK PROBING 1. 6 .

VII. Jender sensitif 7 . tidak ada orang yang dapat mendengarkan. TEKNIK WAWANCARA MENDALAM 1. lingkungan yang tidak formal. tempat yg netral 2.Persiapan tempat wawancara tidak bising.

3. Sikap pewawancara ±Bersahabat. santai -Mendengarkan dengan baik -Gunakan bahasa sehari-hari -Jangan menunjukkan perasaan yang terkejut -Menghargai informasi yang diberikan informan 8 .

Pembukaan wawancara Tujuan penelitian Nama informan dirahasiakan Pencatatan Lama wawancara Persetujuan untuk diwawancarai 9 .4.

jawabannya tidak jelas . -Hindari pertanyaan yang mengarahkan -Hindari menyuapkan jawaban -Jangan memberikan kemungkinan jawaban -Jawaban tidak lengkap.5.Jika jawaban tidak jujur 10 .tidak jelas karena: -Informan tidak menjawab krn tidak mengerti -jawaban tidak menjawab pertanyaan .Mengajukan pertanyaan dan mengevaluasi pertanyaan -Pertanyaan netral.

Mengakhiri wawancara 11 .Mencatat hasil wawancara 7.6.Mengarahkan wawancara 8.

PENDEKATAN INFORMAN TUJUAN STUDI ATUR WAKTU DAN TEMPAT WAWANCARA JELASKAN BAHWA NAMA ASLI TDK DICANTUMKAN DALAM LAPORAN 12 . MENGEMBANGKAN PEDOMAN WAWANCARA 4. UJI COBA PEDOMAN 5.PERSIAPAN 1. IJIN PENELITIAN 2. SELEKSI INFORMAN 3. PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN A.VIII.

PERKENALAN INTERVIEWER DAN PENJELASAN TUJUAN STUDI 4.B. MEMBERIKAN SAPAAN /SALAM 2. 13 . PELAKSANAAN(1) 1. PEREKAMAN . MENGAJUKAN PERTANYAAN YG BERSAHABAT 3. PENJELASAN DAN IJIN PENCATATAN.

KUASAI PERTANYAAN INFORMASI MENDALAM PROBING JANGAN MEMPENGARUHI JAWABAN INFORMAN 9. CATAT:WAKTU. SITUASI 10.PELAKSANAAN (2) 5. PEKA TERHADAP BAHASA ISYARAT 11 PENUTUP 14 . 6 7. 8.TEMPAT.

Pada wawancara berlangsung.lama wawancara. Deskripsikan singkat tentang tempat wawancara proses wawancara 3.Pencatatan Catatan wawancara mendalam meliputi : 1. jam berapa dimulai dan jam berapa selesai 2. catat halhal pokok misalnya dengan menuliskan kata-kata kunci 4. Hari dan tanggal wawancara. dan tulis 15 segera mungkin . Selanjutnya tulis catatan lengkap dengan mendengarkan hasil rekaman.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful