PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN

PERIKLANAN Kita mendefinisikan periklanan sebagai bentuk presentasi bukan perorangan dan promosi gagasan, barang, atau jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu. Periklanan dapat ditelusuri kebelakang sampai awal sejarah. Ahli arkeologi yang bekerja di Negara-negara sekitar Laut Tengah telah menemukan tanda yang mengumumkan berbagai pristiwa dan penawaran. Orang Romawi mencat tembok untuk mengumumkan perkelahian gladiator, dan orang Phoenicia menggambar untuk mempromosikan barang-barang dagangan pada batu besar sepanjang rute parade. Akan tetapi, iklan modern sudah jauh berbeda. Di tahun 1993, para pemasang iklan membayar biaya lebih dari $138 juta. Walaupun kebanyakan dipakai oleh perusahaan bisnis, iklan juga dipakai oleh sejumlah organisasi nirlaba, professional, dan agen sosial yang mengiklankan alasan mereka untuk berbagi kelompok masyarakat. Kenyataanya, pemasang iklan nomor tiga puluh empat adalah organisasi nirlaba-pemerintah A.S. periklanan merupakan cara yang baik untuk memberi informasi dan membujuk apakah tujuanya menjual coca-cola diseluruh dunia atau menarik konsumen dinegara berkembang untuk minum susu atau untuk ikut program keluarga berencana.

BAGAIMANANA CARA KERJA AGEN PERIKLANAN? Madison Avenue adalah nama yang dikenaloleh sebagian besar orang Amerika. Tetapi sebagian besar dari 10. agen biasanya menerima 15 persen biaya media sebagai rabat.000 untuk satu klien.000. dari jepang. dan agen itu menagih klien sebesar $60. setiap tahun menagih dari seluruh dunia lebih dari $6. Dentsu. sekalipun hanya berupa took milik satu orang. Beberapa agen iklan cukup besar ±agen A. Dengan sistem ini. Agen periklanan dimulai pada pertengahan sampai akhir tahun 1800an oleh wiraniaga dan pialang yang bekerja untuk media dan menerima komisi karena menjual ruang iklan kepada berbagai perusahaan.000. dan bisnis.S. yang menangani aktivitas bisnis agen. media. Agen periklanan biasanya mempunyai empat departemen: kreatif. riset.5 miliar.000 agen di Amerika berada diluar new York. yang mengembangkan dan menghasilkan iklan. Andaikan agen itu membeli ruang dalam majalah sebanyak $60. Majalah itu akan menagih agen periklanan sebasar $51. Setiap pelanggan ditangani oleh seseorang petugas (account executive).000 ($60. dengan tagihan lebuh dari $10 miliar. yang meneliti karakteristik dan keinginan pemirsa. menahan komisi yang $9. yang memilih media dan memesan ruang iklan. Itu adalah nama jalan di New York City tempat beberapa kantor pusat agen periklanan besar berada. bila klien itu membeli langsung dari majalah.000 dikurangi 15 persen). Agen iklan secara tradisional telah dibayar lewat komisi dan beberapa biaya. dan hampir setiap kota mempunyai paling sedikit satu agen. terbesar McCann-Erickson. . adalah agen terbesar didunia. dan staf dalam setiap departemen biasanya ditugaskan untuk menangani suatu atau beberapa pelanggan.

mereka tetap harus membayar $60.000 karena komisi hanya dibayarkan kepada agen periklanan yang diakui. obyektifnya adlah memupuk permintaan primer. Starategi pemosisian dan bauran pemasaran menetapkan tugas yang harus dilakukan periklanan dalam program pemasaran total. KEPUTUSAN BESAR DALAM PERIKLANAN Manajemen pemasaran harus membuat lima keputusan penting ketika mengembangkan program periklanan. MENETAPKAN TUJUAN Langkah pertama dalam mengembangkan program periklanan adalah menetapkan sasaran periklanan. Iklan yang informatif (informative advertising) banyak dipakai kalau memperkenalkan kategori produk baru. dalam hal ini.membujuk. Tujuan periklanan adalah tugas komunikasi spesifik untuk dilaksanakan dengan audiens sasaran spesifik dalam periode waktu spesifik. atau mengingatkan. sony mulai mencoba membujuk konsumen bahwa mereknya menawarkan mutu terbaik bagi uang mereka. Tujuan periklanan dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan primer-apakah untuk member informasi. . Jadi. setelah compact-disc player sudah mantap. dan bauran pemasaran. Di sini. Iklan yang membujuk (persuasive advertising) menjadi lebih penting begitu persaingan meningkat. pemosisian. Tujuan ini harus didasarkan pada keputusan dimasa lampau mengenai pasar sasaran. produsen compact-disc player pertama kali menginformasikan kepada konsumen mengenai kelebihan suara dan kenyamanan dari CD. Misalnya. tujuan perusahaan adalah memupuk permintaan selektif.

selanjutnya perusahaan menetapkan anggaran iklan untuk setiap produk. y Persaingan dan kekacauan. Disini kita menguraikan beberapa faktor spesifik yang harus dipertimbangkan ketika menetapkan anggaran iklan. y Pangsa pasar. Perusahaan ingin mengeluarkan jumlah yang diperlukan untuk mencapai sasaran penjualan. Tahap dari daur hidup produk. Membangun pasar atau merebut pangsa pasar dari pesaing memerlukan pengeluaran iklan yang tinggi ketimbang sekedar mempertahankan pangsa pasar yang dikuasai.MENETAPKAN ANGGARAN IKLAN Setelah menetapkan tujuan iklan. Merek yang sudah mantap biasanya memerlukan anggaran lebih rendah sebagai perbandingan dengan penjualan. Merek dengan pangsa pasar tinggi biasanya memerlukan lebih banyak biaya iklan sebagai persentase dari penjualan ketimbang merek dengan pangsa pasar rendah. suatu merek harus lebih banyak memasang iklan agar terdengar dalam pasar yang bising. Produk baru biasanya memerlukan anggaran iklan besar untuk membina kesadaran dan mengiring konsumen untuk mencoba. Dalam pasar dengan banyak pesaing dan pengeluaran iklan yang tinggi. Peran iklan adalah mempengaruhi permintaan akan suatu produk. y .

Mereka mengeluarkan terlalu banyak sebagai semacam ³jaminan´ bahwa pengeluaranya tidak kurang. Merek yang amat mirip dengan merek lain dalam kelas produk (bir. Menetapkan anggaran iklan bukanlah tugas yang mudah. deterjen) memerlukan banyak iklan untuk menyisihkan yang lain. Para pengkritik itu menyatakan bahwa. y Diferensiasi produk. maka merek itu harus diiklankan lebih sering agar dapat mengatasi bising yang terdapat di pasar. Jadi. minuman ringan. iklan dapat dipakai untuk menunjukan perbedaan kepada konsumen. STARTEGI IKLAN Strategi iklan terdiri dari dua unsur utama yaitu menciptakan pesan iklan dan memilih media iklan. Kalau produk amat berbeda dari pesaing. Di lain pihak. mereka kurang dalam pengeluaran untuk iklan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan pelanggan akan produk. Bagaimanakah sebuah perusahaan bisa mengetahui bahwa pengeluaranya itu merupakan jumlah yang tepat? Ada yang mengkritik bahwa perusahaan besar barang-dalam-kemasan untuk konsumen mengeluarkan terlalu banyak untuk iklan dan perusahaan industri pada umumnya terlalu sedikit.y Frekuensi periklanan. pemasang iklan dipasar industri cenderung terlalu tergantung pada armada penjual untuk memperoleh pesanan. Mereka terlalu meremehkan kekuatan perusahaan dan citra produk dalam pra-penjualan pelanggan industri. perusahaan-besar barang konsumen menggunakan banyak iklan untuk memupuk citra tanpa menyadari pengaruhnya. Dimasa lampau. Bila diperlukan banyak pengulangan untuk menampilkan pesan suatu merek. Rencana media sering kali dipandang kurang penting ketimbang proses . kebanyakan perusahaan mengembangkan rencana pesan dan media secara terpisah. di satu pihak.

dan strategi pemasaran dengan sasaran lebih terfokus mempromosikan pentingnya fungsi perencanaan media. dan antara keduanya. kemudian departemen media memilih media terbaik untuk memuat iklan ini pemirsa yang diinginkan. diikuti oleh pemilihan media yang cocok. Pesan iklan yang baik amat penting dalam lingkungan iklan yang mahal dan penuh kemelut dewasa ini. Hal ini sering kali menyebabkan pertentangan antara perencana kreatif dan media. Ditambah dengan stasiun radio yang tak terhitung dan banjir katalog. iklan kiriman lewat pos. tetapi memperoleh hasil yang amat berbeda.500 majalah yang dipilih. Menciptakan Pesan Iklan Anggaran iklan yang besar tidak menjamin berhasilnya kegiatan periklanan.penciptaan pesan. Telaah menunjukan bahwa pesan iklan kreatif dapat lebih penting bagi keberhasilan iklan ketimbang jumlah uang yang dikeluarkan. Dua pemasang iklan mungkin mengeluarkan biaya yang sama besar. Akan tetapi. Orang hanya akan bereaksi jika mereka yakin . kegiatan periklanan dapat dimulai dengan ide pesan yang hebat. ditempat kerja. Departemen kreatif mula-mula menciptakan iklan yang baik. meroketnya biaya media. iklan hanya sukses kalau siaran mendapat perhatian dan berkomunikasi dengan baik. Tujuan dari iklan adalah membuat konsumen berpikir mengenai atau memberi reaksi pada produk atau perusahaan dengan cara tertentu. Langkah pertama dalam menciptakan pesan iklan efektif adalah memutuskan pesan umum apa yang akan dikomunikasikan kepada konsumen-untuk merencanakan strategi pesan. Dalam beberapa hal. Tidak peduli berapa pun besarnya anggaran. dewasa ini fregmentasi media. Rata-rata konsumen mempunyai 22 stasiun televisi dan 11. dan media ditempat terbuka yang terus menerus. Lingkungan Pessan yang Berubah. Strategi Pesan. serta konsumen dilanda iklan dirumah.

Idealnya. bertemu dengan seorang pria tampan yang mengendarai kuda putih.bahwa mereka akan mendapat manfaat dari tindakanya itu. Pesan apapun dapat disajikan dalam gaya pengungkpan yang berbeda sebagai berikut: Cermin kehidupan. Gaya ini menciptakan fantasi disekitar produk dan penggunaanya. y Fantasi. Pemasang iklan harus mengubah ³ide cemerlang´ menjadi pelaaksanaan iklan yang actual yang akan menangkap perhatian dan minat pasar sasaran. strategi pesan iklan akan mengikuti langsung strategi pemosisisan perusahaan yang lebih luas. Gaya ini menunjukan satu atau beberapa orang ³khusus´ yang menggunakan produk setting normal. Misalnya. Jadi. y Gaya hidup. yang lain mencoba membayangkan konsumen membeli dan menggunakan produk tadi untuk mewujudkan manfaat yang mereka cari. tetapi juga bagaimana mengatakanya. Dampak dari pesan tidak hanya tergantung pada apa yang dikatakan. iklan pertama Revlon untuk produk jontune menunjukan wanita tanpa alas kaki mengenakan gaun dari bahan chiffon berjalan keluar dari lumbung tua. dan pesaing. Pelaksanaan Pesan. Misalnya. banyak orang kreatif memulai dengan berbincang-bincang dengan konsumen. melintasi lading. dan pergi bersama pria itu mengendarai kuda. mengembangkan strategi pesan efektif dimulai dengan mengenali manfaatnya bagi pelanggan yang dapat dipakai sebagai imbauan iklan. iklan national dairy board menunjukan wanita sedang berolahraga dan berbicara mengenai bagaimana susus meningkatkan gaya hidup sehat dan aktif. dua orang ibu sedang piknik mendiskusikan manfaat nutrisi dari peanut butter merek jiff. ahli. Gaya ini menunjukan bagaiman suatu produk cocok dengan gaya hidup. Dalam pencarian manfaat untuk ditonjolkan. agen. Misalnya. y .

Jangkauan adalah ukuran persentase orang dalam pasar sasaran yang melihat dan atau mendengar kampanye iklan dalam periode tertentu. Dan Dampak. Frekuensi. seperti kecantikan. Bukti ilmiah. cinta. televisi adalah media terbaik untuk menjangkau remaja. y Bertema musik. Untuk memilih media. Perencanaan media memperhatikan beberapa faktor ketika memilih media. Kebiasaan media dari konsumen sasaran akan mempengaruhi pemilihan media yaitu misalnya. Gaya ini menciptakan karakter yang mewakili produk Keahlian teknik. Demikian juga sifat produk yaitu mode paling baik diiklankan dalam majalah berwarna. dan . Gaya ini menyajikan bukti survei atau ilmiah bahwa mereknya lebih baik atau lebih disukai ketimbang merek lain. Frekuensi adalah ukuran berapa kali rata-rata orang dalam pasar sasaran melihat dan atau mendengar pesan yang dimaksud. Gaya ini menunjukan satu atau beberapa orang atau karakter kartun menyanyikan lagu mengenai produk tersebut. atau kedamaian. Gaya ini menunjukan keahlian perusahaan untuk membuat produk. Gaya ini memupuk suasana hati atau citra disekitar produk. Memilih Di Antara Tipe Media Utama. y y y Symbol kepribadian. MEMILIH MEDIA IKLAN Memilih Jangkauan. pemasang iklan harus memutuskan seberapa jauh jangkauan dan frekuensi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan periklanan.y Suasana hati atau citra. Dampak media yang diinginkan yaitu nilai kualitatif dari penayangan pesan lewat media tertentu. radio. Gaya ini menonjolkan sumber yang amat dapat dipercaya atau amat disukai yang menganjurkan produk itu. y Bukti kesaksian.

Walaupun pengeluaran iklan di tempat terbuka akhir-akhir ini menurun. pepsi dll. Iklan di TV kabel dan di tempat terbuka tampaknya wajar. naik 25% dibandingkan 10 tahun lalu. pemasangan iklan dewasa ini menghabiskan lebih dari $1. Tetapi semakin lama semakin banyak iklan muncul di tempat tak terduga. dan pendapatan dari iklan di TV kabel mencapai $3miliar setahun. PEMASANGAN IKLAN MENCARI ALTERNATIF MEDIA Ketika biaya televisi jaringan meroket dan jumlah pemirsa menurun. Naik 20% dari tahun 1980-an. media ini menghemat uang dan menyediakan cara menjangkau konsumen terpilih di manapun mereka berada. Dua media yang paling mendapat keuntungan dari peralihan ini adalah iklan di tempat terbuka dan tv kabel. Dewasa ini. Perencana iklan harus menyeimbangkan biaya media yang diukur terhadap beberapa factor dampak media. mula-mula anda akan menyaksikan iklan stereo ternama.kamera Polaroid paling baik didemonstrasikan di televise. Jenis pesan yang berbeda mungkin memerlukan media berbeda. Biaya juga merupakan faktor utama dalam pemilihan media. Beberapa media alternative ini tampaknya terlalu menjengkelkan. EVALUASI PERIKLANAN Mengukur pengaruh Komunikasi .1 miliar setahun untuk media papan reklame. kemudian di film itu sendiri akan muncul iklan terselubung seperti burger king. Anda membayar untuk melihat film di bioskop. Namun bagi pemasar. lebih dari 60% dari semua rumah tangga AS berlangganan TV kabel. TV kabel juga marak. banyak pemasang iklan mencari cara baru menjangkau konsumen.

menguji pengaruh tingkat penjualan iklan yang berbeda. KEPUTUSAN PERIKLANAN INTERNASIONAL Beberapa pemasang iklan besar berusaha mendukung merk global mereka dengan iklan baku (sama) untuk seluruh dunia. seperti biaya media dan ketersediaannya sangat berbeda di tiap-tiap negara. harga dan ketersediaan). Kedua adalah pengujian pertofolio.Pengukuran pengaruh iklan memberi tahu apakah komunikasi iklan cukup baik. Semua pengujian ini mengukur daya memperoleh perhatian terhadap suatu iklan. Kemudian mereka diminta untuk mengingat semua iklan dan isinya. Mengukur Dampak Penjualan Dampak penjualan dari iklan lebih sulit diukur dari dampak komunikasi. Terakhir adalah pengujian laboratorium menggunakan peralatan pengukur untuk medeteksi reaksi psikologis konsumen. Penjualan dipengaruhi oleh banyak factor disamping iklan (sifat produk. Namun. Beberapa Negara hanya mempunyai . pembakuan ini juga berdampak negative seperti misalnya perbedaan kebudayaan suatu wilayah yang mungkin tidak sejalan dengan iklan tersebut. Pemasang iklan global juga menghadapi masalah lain. Misalnya. konsumen melihat/mendengarkan periklanan dalam waktu yang tidak dibatasi. Salah satu cara untuk mengukur dari dampak ini adalah dengan membandingkan penjualan masa laludengan pengeluaran biaya iklan masa lalu. Pembakuan ini mendatangkan banyak keutungan seperti biaya iklan lebih murah. Cara lain adalah lewat percobaan. citra perusahaan lebih konsisten dll. Terdapat 3 metode pengujian iklan. Pertama adalah lewat pemeringkatan langsung yang berartipemasang iklan menunjukkan alternative iklan kepada panel konsumen dan meminta mereka untuk membuat pengikat iklan tadi.

efisiensi iklan menurun karena naiknya biaya dan pembatasan hukum. serta aspek-aspek lainnya. Perkiraan pengeluaran promosi penjualan tahunan sebesar $125 miliar. Ketiga.sedikit media untuk menangani semua iklan yang ditawarkan. manajer produk menghadapi tekanan untuk meningkatkan penjualan. secara eksternal. media yang dipakai. Beberapa factor penyebab cepatnya pertumbuhan ini disebabkan oleh: pertama. Pertumbuhan yang Cepat dari Promosi Penjualan Alat promosi penjualan dipakai oleh hamper semua organisasi. dalam perusahaan. Kedua. PROMOSI PENJUALAN Promosi penjualan (sales promotion) terdiri dari instensif jangka pendek untuk mendorong pembelian dan penjualan suatu barang dan jasa. tiap negara juga berbeda dalam pengaturan praktik periklanan. perusahaan pesaing memberikan perlawanan sengit. Contohnya dalam suatu surat kabar menyelipkan kupon yang menawarkan potongan harga 50 sen untuk pembelian suatu produk kopi. Promosi penjualan mencakup berbagai macam alat promosi yang dirancang untuk merespon pasar lebih awal atau lebih kuat. Selain itu. Banyak Negara mempunyai system undangundang yang ekstensif yang membatasi berapa banyak perusahaan boleh mengeluarkan biaya iklan. .

Pada umumnya. Akan tetapi. Membagikan sample merupakan cara paling efektif-tetapi paling mahal-untuk memperkenalkan produk. promosi penjualan sebaiknya untuk membina hubungan konsumen. bahkan dirancang untuk memupuk hubungan dengan pelanggan. Penjual dapat menggunakan promosi penjualan guna meningkatkan penjualan jangka pendek maupun jangka panjang. bukan penyebab yang pada akhirnya promosi penjualan menyebabkan konsuman sadar akan harga. Menetapkan Tujuan Promosi Penjualan Tujuan promosi penjualan bervariasi. Mereka berpendapat bahwa banyaknya penggunaan promosi penjualan merupakan gejala dari masalah ini. . Mereka menyalahkan banyaknya pengguna promosi penjualan yang merosot. beberapa pemasar tidak setuju dengan pernyataan ini.Tujuan Promosi Penjualan Banyak perusahaan penghasil barang konsumen dalam kemasan merasa bahwa mereka terpaksa menggunakan promosi penjualan lebih banyak dari yang mereka kehendaki. sample: merupakan sejumlah produk yang ditawarkan kepada konsumen untuk dicoba. Sample dapat dibagikan dengan berbagai cara. Menyeleksi Alat Promosi Penjualan Alat Promosi Konsumen a. Tujuannya untuk memikayt consumen untuk mecoba produk mereka.

Tawaran pengembalian uang: tawaran untuk mengembalikan sebagian uang pembelian suatu produk d. j. g.kupon dapat meningkatkan penjualan merk yang sudah dewasa atau percobaan terhadap merk baru. undian: mengundang konsumen mengirimkan nama untuk diundi.b. pemasar harus memutuskan besar insentif. Pertama. i. e. Pemasar juga harus menetapkan kondisi untuk partisipasi. Insentif . barang promosi: barang bermanfaat dengan cetakan nama pemasang iklan yang diberikan sebagai hadiah . paket harga: pengurangan harga yang ditandai oleh produsen langsung pada label atau kemasan. DLL MENGEMBANGKAN PROGRAM PROMOSI PENJUALAN Pemasaran harus mengambil beberapa keputusan untuk menetapkan program promosi penjualan lengkap. hadiah: barang yang ditawarkan gratis sebagai insentif karena membeli suatu produk f. insentif lebih besar akan menghasilkan respons yang lebih besar. Promosi di tempat pembayaran: demonstrasi di dekat tempat pembayaran. h. Insentif minimum tertentu diperlukan bila promosi diharapkan sukses. c. Kupon: merupakan sertifikat yang memberikan potongan harga kepada pembeli kalau membeli produk tertentu. reward: uang tunai atau hadiah lain yang ditawarkan bagi pengguna regular produk atau jasa tertentu.

Survei dapat memberikan informasi mengenai berapa banyak konsumen yang dapat mengingat promosi. Lama promosi juga penting. Perusahaan memfaktur dapat menngunakan satu dari banyak metode evaluasi. pemasar harus memperhatikan baik-baik efektivitas biaya program promosi penjualannya.Kalau memungkinkan. dan setelah promosi. alat promosi penjualan sebaiknya diuji coba untuk mengetahui apakah cocok dan ukuran insentifnya tepat. Semakin lama semakin banyak pemasar membaurkan beberapa media ke dalam konsep kampanye total. Metode apapun yang dipakai. dan yang lain hanya mengevaluasi secara ala kadarnya. Akhirnya pemasar harus menetapkan anggaran promosi penjualan. berarti promosi mengubah waktu permintaan dan bukan permintaan total. Metode yang paling umum adalah membandingkan penjualan sebelum . Bila pangsa merek kembali ke tingkat semula. Riset konsumen juga dapat menunjukkan jenis orang yang bereaksi terhadap promosi dan apa yang mereka lakukan setelah promosi berakhir. bila periode promosi penjualan terlalu pendek. Cara yang paling umum adalah menggunakan presentase dari anggaran total untuk promosi penjualan. Setiap metode distribusimencakup tingkat jangkauan dan biaya yang berbeda. transaksi akan kehilangan kekuatan untuk mempengaruhi untuk ³beli sekarang´. Bila promosi berlangsung terlalu lama. berapa banyak yang mengambil . Akan tetapi perusahaan tidak mengevaluasi program promosi penjualan mereka. Evaluasi juga amat penting.selama. banyal calon (yang mungkin tidak membeli selama periode itu) akan kehilangan kesempatan. apa pendapat merela mengenainya.mungkin ditawarkan kepada setiap orang atau hanya kepada kelompok terpilih. Metode lebih baik adalah metode tujuan dan tugas. Pemasar juga harus memutuskan bagaimana mempromosikan dan mendistribusikan program promosi itu sendiri.

serta mengevaluasi hasilnya. Hubungan masyarakat adalah konsep yang jauh lebih luas yang mencakup publisitas di samping aktivitas yang lain. Departemen hubungan masyarakat dapat melakukan salah satu atau semua fungsi berikut ini. dan menangani atau meredam rumor. dan bagaimana promosi mempengaruhi pola pembelian mereka. memilih alat terbaik. atau jasa y Publisitas produk: Mempublikasikan produk tertentu y . dan metode distribusi. merancang program promosi penjualan. Nama lama dari hubungan masyarakat pemasaran adalah publisitas (publicity). Jelas. cerita dan peristiwa yang merugikan. memupuk ³citra perusahaan´ yang baik. menguji coba dan mengimplementasikan program.keuntungan dari promosi tersebut. HUBUNGAN MASYARAKAT Alat promosi missal yang lain adalah hubungan masyarakat (public relation)memupuk hubungan baik dengan berbagai masyarakat di sekitar perusahaan dengan mendapatkan publisitas yang menguntungkan. promosi penjualan memainkan peran penting dalam bauran promosi total. lama pemberian. Untuk menggunakannya dengan baik. pemasar harus menentukan tujuan promosi penjualan. yang dipandang sebagai aktivitas untuk mempromosikan perusahaan atau produknya dengan memuat berita mengenai subjek itu tanpa dibayar oleh sponsor. Promosi penjualan dapat juga dievaluasi lewat percobaan yang mengubah beberapa faktor seperti nilai insentif. produk. Hubungan pers atau aktivitas pers: menciptakan dan menempatkan informasi bernilai berita dalam media untuk menarik perhatian terhadap orang.

organisasi. aktivitas.y Kegiatan masyarakat: Memupuk dan mempertahankan hubungan komunitas nasional atau local. dan kentang. Banyak praktisi hubungan masyarakat menganggap pekerjaan mereka sebagai hanya berkomunikasi. hubungan masyarakat sering kali digambarkan sebagai langkah kecil dalam pemasaran karena penggunaannya yang terbatas dan tersebar. Walaupun mempunyai kekuatan potensial. Asosiasi dagang menggunakan hubungan masyarakat untuk membangkitkan lagi minat akan komoditi yang sudah menurun seperti telur. orang. perusahaan membayar staf untuk mengembangkan dan meniarkan informasi serta mengelola kegiatan. Perusahaan tidak membayar ruang atau waktu siar dalam media. susu. manajer pemasaran cenderung lebih tertarik pada bagaimana iklan dan hubungan masyarakat dapat menaikkan penjualan serta laba. Hubungan masyarakat dapat membawa dampak yang dahsyat terhadap kesadaran public dengan biaya lebih jauh lebih murah ketimbang iklan. y Pengambangan: Hubungan masyarakat dengan donor atau anggota organisasi nirlaba untuk memperoleh dukungan financial atau sukarela. Sebaliknya. tempat. . y Melobi: Membangun dan mempertahankan hubungan dengan anggota leglislatif dan pejabat pemerintah untuk mempengaruhi peraturan dan undang-undang y Hubungan investor: Mempertahankan hubungan dengan pemegang saham dan lain lain dalam komunitas keuangan. gagasan. apel. Sebaliknya. dan bahkan bangsa. Hubungan masyarakat digunakan untuk mempromosikan produk.

Bahan-bahan identitas perusahaan juga dapat membantu menciptakan identitas perusahaan yang segera dapat dikenali masyarakat. . produk. ALAT UTAMA UNTUK HUBUNGAN MASYARAKAT Kaum profesional hubungan masyarakat menggunakan beberapa alat. Bahan-bahan audiovisual. balon udara panas. dan selebaran serta majalah perusahaan. dan mempengaruhi pasar sasaran mereka. bangunan. Profesional humas menemukan atau membuat berita yang menguntungkan mengenai perusahaan. kartu nama. brosur. Banyak perusahaan sekarang menginginkan departemen hubungan masyarakat mengelola semua aktivitas dengan pandangan ke arah pemasaran perusahaan dan meningkatkan laba. unik dan mudah diingat. brosur. Logo. dan mobil serta truk perusahaan---semuantya menjadi alat pemasaran kalau menarik. tanda. dan gelar kembang api sampai pertunjukan laser. seperti film. Staf hubungan masyarakat juga menyiapkan bahan-bahan tertulis untuk disebarkan. peresmian. dan parade bintang spektakuler yang dirancang untuk menjangkau dan menarik minat public pada sasaran. dan peristiwa ini dapat memupuk atau menghancurkan citra perusahaan. Alat humas lain yang umum adalah peristiwa khusus. atau stafnya. artikel. tur pers. seragam.Akan tetapi. berkisar dari konfrensi pers. Pidato juga dapat menciptakan publisitas produk dan perusahaan. program slidebersuara. Bahan ini mencakup laaporan tahunan. formulir bisnis. semakin banyak digunakan sebagai alat komunikasi. Semakin lama semakin banyak eksekutif perusahaan harus menjawab pertanyaan dari media atau memberi sambutan dalam pertemuan asosiasi dagang atau penjualan. Salah satunya adalah berita. situasinya kini berubah. alat tulis-menulis. dan video serta kaset audio. Perusahaan juga dapat meningkatkan penerimaan dari pihak public dengan menyumbangkan uang dan waktu untuk aktivitas pelayanan masyarakat. presentasi multimedia.

Mengimplementasikan rencana hubungan masyarakat 4. Menetapkan tujuan hubungan masyarakat 2. Memilih pesan dan wahana hubungan masyarakat 3.KEPUTUSAN UTAMA DALAM HUBUNGAN MASYARAKAT Dalam mempertimbangkan kapan dan bagaimana menggunakan hubungan masyarakat produk. manajemen harus: 1. Mengevaluasi hubungan masyarakat .