P. 1
Contoh Kriteria Penilaian

Contoh Kriteria Penilaian

|Views: 706|Likes:
Published by Bambang

More info:

Published by: Bambang on Jun 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

Nama Adry Adieb

Bobot 3 Ekspresi bahasa tulis Awal, Inti > Perasaan Gagasan Dkt Agak Jau Inti, banyak Jauh h Akhir 1 1 2 3 1 1 2 2 -

Bobot 1 Tahapan

Bobot 2 Keaslian

Total 7 6

Artefak Adry JALAN-JALAN KE KIDS FUN Pada hari Selasa, tanggal 23 Juli 2002 aku diajak ke Kids Fun karena memperingati Hari Anak Nasional. Aku berangkat dari SD Maju pukul 10.00 pagi dan sampai di sana pukul 11.30. Sesampai di sana aku disuruh mencatat permainan apa saja yang ada di situ. Selesai mencatat, aku membeli coin biru untuk bermain-main di sana. Setelah membeli coin aku mencari permainan yang cukup menarik, yaitu bermain mobil relly. Aku bermain mobil relly sangat senang karena bisa mengendarai mobil. Aku seperti naik mobil beneran. Itu permainan kesatu yang kunaiki. Permainan kedua adalah berenang di kolam renang. Sesaat aku nyebur di kolam renang itu ternyata airnya hangat sekali. Di sana ada tlusuran yang sangat licin sekali. Aku naik ke tlusuran itu dan langsung tercebur di air yang agak dalam. Ternyata setelah aku tercebur di kolam itu airnya sangat dingin. Aku segera ke tempat yang ada di pinggiran kolam renang itu. Waktu aku berada di kolam renang yang sangat tidak dalam, dadaku tergesek tembok karena aku habis koprol di kolam renang itu. Waktu aku baru senang-senang berenang, aku disuruh pulang dan disuruh ganti baju dan ganti celana. Aku memakai baju dan celana dulu. Setelah selesai ganti baju dan celana aku keluar dari Kids Fun dan langsung menaiki mobil untuk segera pulang. Di waktu perjalanan pulang sopirnya yang mengendarai sangat kencang sekali sehingga sewaktu ada tanjakan semua orang yang menaiki di mobil semua terloncat dari tempat duduknya. Setelah sampai di rel kereta api Jagalan sopirnya mengendarainya sangat kencang dan sudah sampai di SD Maju. Aku langsung pulang. Itulah kesanku sewaktu di Kids Fun.

. dan Enam diajak Pak Ahmad ke Kids Fun. Kita pulang pukul 3. Setelah selesai saya diajak Pak Ahmad dan teman-teman lalu kita bermain mancing boneka dan aku pun tidak dapat. Dua. Saya dan teman-teman melihat kolam renang. Saya di sana saya naik perahu air dengan Mbak Yuni. Lima. Lama kemudian semua pada pulang dan segera naik mobil masingmasing dan tas Nungki dan tas Tri ketinggalan di mobil Kijang dan Kijang pun baru dikasih ke bengkel. Tiba-tiba saya sampai di Kids Fun dan saya mulai turun dari mobil. Saya di sana saya juga bermain memancing boneka yang ada di dalam rumah lalu saya berjalan dan menulis. Saya di sana juga melihat orang cacat banyak sekali. Di tengah perjalanan saya banyak melihat pepohonan dan ladang di sekitarnya. Saya ke sana saya naik mobil Kijang. Setelah itu saya berjalan-jalan. Di sana banyak orang yang renang dan aku pun Cuma melihat.00 WIB. Setelah itu saya dan teman-teman harus menunggu dan kita masuk ke dalam lagi dan kita ditraktir dibelikan Aquaria. Saya mulai berjalan-jalan dan mulai membeli koin di dekatknya. Saya di mobil juga bercanda dengan teman-temanku. Mobil telah datang dan kita pulang ke rumah.Artefak Adieb BERMAIN KE KIDS FUN Pada hari Selasa saya dan teman-teman kelas Satu. Saya ke sana duduk berdekatan dengan Oka dan Tutik.

Ilustrasi sesuai dengan isi doa 11. Ada Inti 3. Juga berkahi Teman-temannya mengantar) Oka supaya ia lekas sembuh dan Bisa sekolah dan bermain-main Bersama kami. ILUSTRASI Jamahlah dengan tanganMu itu (Oka dibawa di tempat tidur Yang penuh dengan kesembuhan beroda. apa adanya • Ada motif/tujuan doa. Pernyataan pasrah/penyerahan diri 8. Pernyataan memuliakan/mengagungkan Tuhan 7. Temanku ada yang mengalami kecelakaan dan sekarang dia masuk rumah sakit. dan keselamatan. misal: 5. Ada penutup 4. …. tetapi tdk sesuai dengan isi doa Nilai maksimum Nama 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 1 1 2 2 2 2 2 2 2 1 15 sd 17 10 11 Total (bobot) 1 Genda Artefak Genda 1 1 1 1 2 2 2 - 2 - 2 2 2 2 2 - 2 2 1 - 10 Doa Untuk Temanku Oka Tuhan saya minta tolong kepada Engkau ya Tuhan. 10. Pernyataan syukur (terima kasih) 6. Amin . Ilustrasi ada. Doa ini hanya kuserahkan ke dalam tangan kuasamu. Ada ungkapan polos. Permintaan 9.DOA KARANGAN ANAK Kriteria Penilaian 1. Ada pembuka 2. dilengkapi tiang infus.

Tiga pihak (3) 2. teman. Satu piha (1) • Jawaban tentang jenis bantuan polos. Dua pihak (2) 6. Kurang (1) • Jawaban tentang perasaan/alasan mampu mengungkapkan perasaan sebenarnya dengan kata-kata sendiri: 10. yaitu orang tua. Dua piha (2) 3. Sedang (2) 9. yaitu orang tua.Adry dst 1 3 2 3 4 3 5 6 7 3 8 9 10 11 12 Total 2 11 . dan saudara 1. teman. Cukup mampu (2) 12. Kurang mampu(1) Nama 1. Tiga piha (3) 5. dan saudara 4.AKU DAN SESAMAKU (Bantuan yang saya berikan & bantuan yang saya terima) Kriteria Penilaian • Bantuan yang diberikan kepada tiga pihak. apa adanya. Baik (3) 8. Amat mampu (3) 11. Satu piha (1) • Bantuan yang diterima juga dari tiga pihak. sesuai dengan pengalaman: 7.

diberi chiki. Banyak mendoakan orang tua saat bekerja dan di mana saja Kepada teman: a. Mengepel lantai b. Membantu Saudara memainkan alat musik c. Selalu disayang adik b. Membantu melerai teman bila sedang bertengkar Kepada saudara: a. dibelikan sepeda maupun diajak berenang Perasaan saya senang karena sudah diajak bermain. Membantu Saudara bila ia selalu kesepian Bantuan yang aku terima Dari orang tua: a. Diajak ke KFC c.No 1 2 3 No 1 2 3 Bantuan yang aku lakukan Kepada orang tua: a. dan sering diajak belajar kelompok Perasaan saya senang karena sudah disayang adik. Sering diajak belajar kelompok Dari adik/kakak: a. Diajak berenang Dari teman: a. diberi uang kakak maupun diajari saat belajar . Mencuci mobil c. Mengajak teman bermain bila kawanku kesepian c. Diberi uang oleh kakak c. Sudah sering diajak bermain b. Dibelikan sepeda b. Sering diberi makanan ringan c. Memberi cara bila teman kesulitan mengerjakan tugas b. Membelikan apa saja di warung b. Sering diajari saat belajar Perasaan/alasan Alasannya senang dan alasannya bisa mengurangi beban kita Bisa membuat senang Bapak Supaya orang tua selamat dan bisa diberkahi Perasaanku sangat senang dan alasannya bisa membuat teman gembira dan senang Supaya teman tidak merasa kesepian lagi Supaya teman saling damai dan tidak bertengkar lagi Perasaanku senang dan alasannya bisa membuat puas saudara Alasannya supaya bisa main alat musik secara canggih Supaya saudara saya tidak selalu kesepian Perasaan Perasaan saya senang setelah diajak ke KFC.

Contoh catatan dan alat penilaian Contoh Perkiraan dan laporan posisi siswa dalam peta kemajuan (progress map) (Forster & Masters 1996) Catatan seorang guru tentang penempatan siswa-siswanya pada kontinum keterampilan menulis pada tahap-tahap yang berbeda.arti Gambar Huruf2 baca aturan Gambardan cetak. Coba titik Cerita tulisan Mulai/ Mulai tanda awal/tgh/ berakhir pakai baca akhir dg spasi. Huruf2 lower lengkap Kapital/ Huruf2 acak uppercase case. huruf. PREKON BARU BERKEM MULAI MELUAS VENSIONAL MUNCUL BANG Nama MencoratSelain Ikut Orang Sadar Coret kata2 kebiasaan. kata ttt lancar tulisan Baca menulis tulisan sendiri Adry 9/02 1/03 Adied 9/02 1/03 Genda 9/02 1/03 Nabhan 9/02 1/03 Umdah 9/02 1/03 Rimyah 9/02 1/03 Durun 9/02 1/03 Maknun 11/02 2/03 Ipah 11/02 Iroh 12/02 1/03 Misky 9/02 2/03 Mulkan 9/02 1/03 Risun 9/02 2/03 Ozan 9/02 2/03 dst . upper& Ide ejaan. Temukan Revisi konsonan. Huruf ejaan tambahan Pura2 menurut Tepat eja Mulai baca bunyi. lain dpt pola/ Gambar.

Efektivitas dan kesesuaian dalam eksplorasi ide dan isu Struktur dan Organisasi 3. dan mekanisme 5. dan bahasa yang memadai untuk tujuan dan pendengar/pembaca yang berbeda 8. Sangat Rendah (1). Kontrol mekanisme bahasa untuk mendukung arti Variasi isi. Koherensi dan pengembangan ide dan informasi 4. Pengetahuan dan kontrol atas isi yang dipilih 2. Taraf ekspresi dan kelancaran pekerjaan 6. Efektivitas dan kesesuaian bahasa yang dipilih 7. Sedang (3). dalam Foster & Masters 1996) Kriteria Rating: Amat Tinggi (5). struktur. Tak Tampak (0) Pemikiran dan isi (kualitas berpikir dan pengetahuan yang diperlihatkan dalam hasil kerja) 1. Efektivitas struktur yang dikembangkan untuk meresponsi tugas khusus Ekspresi. Rendah (2).PENILAIAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DALAM PORTOFOLIO (Sumber: The Victorian Certificate of Education (VCE) Writing Folio. Tinggi (4). gaya. Kemampuan ditunjukkan dalam portofolio dalam menyeleksi cara komunikasi arti yang paling efektif untuk tujuan dan pendengar/pembaca yang berbeda 40 39 38 37 36 35 34 33 32 31 30 29 28 27 26 A+ 24 23 22 21 20 19 18 17 16 15 14 13 12 11 10 9 C A B+ B C+ D+ D E+ E .

faktual. mis boleh.Memberi argumen yg relevan utk mendukung pernyataan posisinya .Menggunakan berbagai kata sambung logis.Membangun informasi ttg topik dg memakai kelompok kata ganti.Menggunakan tanda baca dengan tepat Komentar Umum: Rating menyeluruh: (lingkari) terendah 1 2 3 4 5 tertinggi Amat Kom peten Kom peten Komp Tbts Blm Komentar . mis.Menunjukkan konsistensi argumen & pernyataan posisinya . mis. mis.Mendukung argumen dgn evidensi yang cocok . sebab.Menulis secara memadai unt pembaca dan tujuan ttt . Apakah siswa: . Apakah siswa: .Menyimpulkan posisinya konsisten dgn pernyat posisinya .Membuat pernyataan tentang posisinya . Apakah siswa: . dpt. “Negara Pulau… “ . mis. itu.Menggunakan peserta umum.Menggunakan tatabahasa dengan tepat. Hutan Tropis Sebab mis. Karena Perusakan Hutan Waktu/tempat mis.Menggunakan kosakata khusus utk topik tertentu . mis jenis kalimat Kesesuaian subjek-kata kerja Referensi. dengan demikian .25 Penilaian Bahasa Tulis – ARGUMEN (Mincham. Apakah siswa .Menggunakan kata bantu. dikutip Forster & Masters 1996) Kriteria Kemampuan melakukan tugas.Menggunakan kalimat pasif dengan tepat .Menggunakan awal kalimat.Memperhatikan/mengantisipasi sudut pandang lain . siapa. dg dukungan minimal Struktur dan Organisasi. mis Topik mis. yang mana . meyakinkan pmbaca .Mengeja dengan tepat .Menggunakan bhs objektif. berikut. mis. mgk. akhirnya Keterangan penyebab. barangkali Akurasi.Menggunakan beragam kata kerja/proses .Menggunakan paragraf ut mengorganisasikan arg secr logis Corak Bahasa. misal Keterangan waktu. Pertama. Karena itu. Ini. Di Brasil .Menyelesaikan tugas secara independen. Publik .

Ketika kami berdiskusi.d. saya….mengorganisasi kelompok -------. ---------. --------.mengajukan pertanyaan --------. 1 s. --------. tugas apa yang Anda lakukan? ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- . --------. Selama kegiatan. Australia (Forster & Masters 1996) untuk para siswa dalam menilai partisipasi mereka dalam diskusi kelompok kecil PENILAIAN DIRI KETERAMPILAN DISKUSI KELOMPOK Nama Anda Anggota-anggota kelompok Kegiatan kelompok : ----------------------------------------------------: ----------------------------------------------------: ----------------------------------------------------- Untuk No. tiap org diberi kesempatan mengusulkan sesuatu 3.melamun 6.mendengarkan orang lain --------. ---------. 5.Selama kerja kelompok.Semua anggota kelompok kami melakukan sesuatu selama kegiatan 4. tuliskan huruf rating di depan tiap pernyataan: A : selalu benar B : sering benar C : kadang-kadang benar D : tidak pernah benar 1.Tiap orang sibuk dengan yang dilakukannya dalam kelompok saya 5.mengorganisasi ide-ide saya -------.Selama diskusi saya mengusulkan ide kpd kel unt didiskusikan 2.Contoh skala rating yang dikembangkan Belconnen High School. --------.mengacaukan kegiatan -------.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->