SISTEM KOMPUTER

Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan (Onno W. Purba : 2000 ). Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi. 1.1 Klasifikasi Komputer Klasifikasi Komputer dibagi dalam beberapa klasifikasi yaitu berdasarkan : Jenis data yang diolah Kemampuan Komputer Ukuran fisik Bidang Masalah 1.1.1 Jenis data yang diolah a. Komputer analog (Analog computer) Komputer analog digunakan untuk memproses data secara terus-menerus. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contohnya besaran arus listrik. Keuntungan dari komputer analog adalah dapat langsung memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Dan kerugiannya adalah komputer jenis ini kecepatannya sangat lambat b. Komputer Digital (Digital Computer) Komputer digital digunakan untuk memproses diskrit data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik. Keluaran dari komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka,huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis. karena dapat menyimpan data, proses data lebih cepat, dan dapat melakukan perhitungan dengan logika. c. Komputer Hybrid (Hybrid Computer) Komputer hybrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer hybrid lebih cepat lagi di bandingkan komputer jenis digital. 1.1.2 Berdasarkan Kemampuan Komputer a. Small Scale Computer · Disebut small scale mainframe computer · Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB · Dapat menangani puluhan terminal computer yang terpisah dari pusat computer b. Medium Scale Computer · Disebut medium scale mainframe computer · Kapasitas memori antara 512KB s/d 8 Mb · Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat computer

sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukkan dalam komputer ini. Komputer mikro (Micro Computer) · Disebut personal computer (PC) · Kapasitas memori 16 KB s/d 1 MB · Menggunakan register 8 bit. 1. Komputer mini (Mini Computer) · Kapasitas memori antara 8 MB s/d 128 MB · Menggunakan register 8 bit. 16 bit.c. Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software.1.3 Berdasarkan Ukuran Fisik a. dan 32 bit · Umumnya di gunakan untuk single user 1. dll b.2 Konfigurasi Komputer Sebelum mempelajari komputer lebih jauh ada baiknya anda mengetahui konfigurasi dasar komputer karena konfigurasi dasar komputer ini sangat berguna bagi anda yang baru belajar komputer dan konfigurasi dasar computer ini sejak pertama dibuatnya komputer hingga komputer saat ini .1 Hardware (perangkat keras) Hardware yaitu peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. dan 64 bit · Bersifat multi user. b. misalnya komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak. 16 bit.1. Brenner : 1995): 1. Input device sesuai dengan namanya hanya digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam CPU. yaitu pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan. Contoh: keyboard.2. Large Scale Computer · Disebut large scale mainframe computer atau mainframe computer · Bentuknya besar · Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB · Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing. yaitu sebuah komputer mini dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai b. General Purpose Computer Komputer jenis ini dapat menyelesaikan bermacam-macam masalah. Process device . Komputer yang kita kenal saat ini terbagi menjadi 3 bagian (Robert C. namun yang umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnis 1. Input device Alat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam computer. 32 bit. Komputer yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog. Special Purpose Computer Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja. Perangkat keras terdiri dari: a.4 Berdasarkan Bidang Masalah a. mouse.

proses data lebih cepat. dan dapat melakukan perhitungan dengan logika. Alat pada proses ini disebut CPU (Central processing Device) c.3 Brainware (perangkat pikir) Yaitu orang yang menggunakan komputer. Process device dapat melakukan tugasnya jika ada masukan dari input device baik berupa data atau instruksi. Contoh: monitor.2 Software (perangkat lunak) Yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Output device Alat yang digunakan digunakan untuk menampilkan laporan hasil pengolahan dari input baik ditampilkan pada layar monitor ataupun cetak pada media lain. Dan kerugiannya adalah komputer jenis ini kecepatannya sangat lambat b. 1. contohnya besaran arus listrik. Orang tersebut harus mempunyai kemampuan minimal dapat memasukkan data dan mengeluarkan informasi.huruf dan grafik atau gambar.2. Komputer Digital (Digital Computer) Komputer digital digunakan untuk memproses diskrit data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik. dan system analyst Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan (Onno W. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi. Purba : 2000 ). Microsoft Windows. Keuntungan dari komputer analog adalah dapat langsung memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. printer. karena dapat menyimpan data. dll 1.2. Unix.1 Klasifikasi Komputer Klasifikasi Komputer dibagi dalam beberapa klasifikasi yaitu berdasarkan : Jenis data yang diolah Kemampuan Komputer Ukuran fisik Bidang Masalah 1. Komputer analog (Analog computer) Komputer analog digunakan untuk memproses data secara terus-menerus. .1 Jenis data yang diolah a. Perangkat lunak ini dijalankan pada process device jika mendapatkan respon massukan dari input device dan hasil proses yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan output devise. Contoh: operator. Keluaran dari komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka. Contoh: DOS.1. Perangkat fikir sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang dilakukan pada process device. karena computer hanya akan bekerja jika mendapatkan instruksi yang diberikan oleh perangkat fikir. programmer. Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer.Alat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan-kumpulan instruksi yang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu hasil tertentu yang dikehendaki. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik. dan Linux 1.

1. yaitu pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan. misalnya komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.1.3 Berdasarkan Ukuran Fisik a.1. 1. namun yang umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnis . dan 32 bit · Umumnya di gunakan untuk single user 1. General Purpose Computer Komputer jenis ini dapat menyelesaikan bermacam-macam masalah. Special Purpose Computer Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja. sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukkan dalam komputer ini. dan 64 bit · Bersifat multi user. yaitu sebuah komputer mini dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai b. 32 bit. Large Scale Computer · Disebut large scale mainframe computer atau mainframe computer · Bentuknya besar · Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB · Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing. 16 bit. b. Small Scale Computer · Disebut small scale mainframe computer · Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB · Dapat menangani puluhan terminal computer yang terpisah dari pusat computer b. 1. sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer hybrid lebih cepat lagi di bandingkan komputer jenis digital.2 Berdasarkan Kemampuan Komputer a.4 Berdasarkan Bidang Masalah a. Komputer yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog. Komputer mikro (Micro Computer) · Disebut personal computer (PC) · Kapasitas memori 16 KB s/d 1 MB · Menggunakan register 8 bit. 16 bit.c. Komputer Hybrid (Hybrid Computer) Komputer hybrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital. Medium Scale Computer · Disebut medium scale mainframe computer · Kapasitas memori antara 512KB s/d 8 Mb · Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat computer c. Komputer mini (Mini Computer) · Kapasitas memori antara 8 MB s/d 128 MB · Menggunakan register 8 bit.

Brenner : 1995): 1. Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software. Perangkat fikir sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang dilakukan pada process device. printer. Process device dapat melakukan tugasnya jika ada masukan dari input device baik berupa data atau instruksi. programmer. Orang tersebut harus mempunyai kemampuan minimal dapat memasukkan data dan mengeluarkan informasi. Contoh: DOS. dan system analyst . Process device Alat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan-kumpulan instruksi yang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu hasil tertentu yang dikehendaki.2 Software (perangkat lunak) Yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Contoh: keyboard. Alat pada proses ini disebut CPU (Central processing Device) c. Contoh: monitor. Komputer yang kita kenal saat ini terbagi menjadi 3 bagian (Robert C. Unix. Perangkat keras terdiri dari: a. dll b.2 Konfigurasi Komputer Sebelum mempelajari komputer lebih jauh ada baiknya anda mengetahui konfigurasi dasar komputer karena konfigurasi dasar komputer ini sangat berguna bagi anda yang baru belajar komputer dan konfigurasi dasar computer ini sejak pertama dibuatnya komputer hingga komputer saat ini .2. Microsoft Windows. dan Linux 1. karena computer hanya akan bekerja jika mendapatkan instruksi yang diberikan oleh perangkat fikir.1 Hardware (perangkat keras) Hardware yaitu peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Input device sesuai dengan namanya hanya digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam CPU. Input device Alat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam computer. Contoh: operator.2. Perangkat lunak ini dijalankan pada process device jika mendapatkan respon massukan dari input device dan hasil proses yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan output devise.1.3 Brainware (perangkat pikir) Yaitu orang yang menggunakan komputer. mouse. Output device Alat yang digunakan digunakan untuk menampilkan laporan hasil pengolahan dari input baik ditampilkan pada layar monitor ataupun cetak pada media lain. dll 1.2.

Muncullah konektor-konektor untuk: • • • • • CPU CPU multi processor GPU Super GPU Pendingin Dengan demikian kala membeli catu daya. Ketika sedang bekerja penuh. catru daya ATX cukup sederhana dan hanya menyediakan konektor untuk • Motherboard • Harddisk dan CD Drive • Floppy Disk Namun dengan berkembangnya jaman. anda harus mempertimbangkan • Kapasitas daya yang disediakan. disesuaikan dengan permintaan daya seluruh sistem. sehingga: • penggunaan catu daya lebih efisien karena disesuaikan dengan beban CPU • bisa diistirahatkan saat komputer di-shutdown. Deskripsi Sistem Catu daya komputer yang dipakai sejak jaman Intel Pentium mengikuti spesifikasi ATX. • Modularitas kabel (kabel bisa dilepas pasang). Ketika komputer sudah mulai pakai GPU. Ini tanda-tanda komputer kekurangan daya. . mulai muncul masalah. dia bisa dikontrol oleh CPU. Mula-mula. terutama sesuai motherboard. catu daya perlu perhatian lebih. telah dibeli sebuah komputer super desktop dengan mesin utama: • CPU Intel core 2 duo • GPU NVIDIA GTX 280 Mula-mula komputer ini kencang sekali. Sederhana sekali fungsinya. Salah satu keistimewaanya. agar bisa lebih ringkas. namun pada bulan ketiga. • Kompatibilitas konektor.Catu Daya Catu Daya (Power Supply). padahal inilah jantung dari sistem. adalah komponen yang menyediakan energi listrik untuk sistem. kini berbagai komponen minta daya lebih besar sehingga tak bisa lagi dipasok melalui motherboard. Super Desktop Akhir tahun 2008. komputer bisa mati sendiri.

artinya total sekitar 900W. Dengan demikian. komputer mendadak mati sendiri. dan video Card ATI Radeon kelas bawah. Karena itu. Sampai kemudian. tidak ada masalah. dan harus diganti. Untuk itu. muncul ide untuk menggunakan 1 PSU untuk ke enam komputer. aslinya adalah komputer desktop biasa. ini sudah mencukupi. komputer ini menjalankan aplikasi grafis intensif (game 3D). . Namun itu tidak lama. Demi penghematan biaya dan ukuran fisik. komputer ini sebenarnya sudah memakai catu daya Enlight 600W. kartu video komputer ini diganti dengan NVIDIA GTS 250. dicoba saja (nekad nih). diperkirakan daya total satu komputer hanya sekitar 150W. yang melibatkan 7x20 kabel. Lumayan merepotkan karena mencari konektor DIN-20 tak ada yang jual. menggunakan CPU Intel Xeon versi hemat energi (50W). Setelah ekstension diganti. nampaknya almarhum. Menurut spesifikasi. Catu Daya Kluster Sistem kluster Dozen 2008 terdiri dari 6 komputer. Karena itu disiapkanlah konektor pembagi daya dari 1 PSU ke enam motherboard. dan . Namun karena belum ada. Kini komputer itu memakai Enlight 600W. Sebulan berjalan. Ternyata. Menurut spesifikasi. GPU ini bisa makan daya hingga 280W. masalah menghilang. Catu daya terasa panas. Setelah diperiksa lebih jauh.. Catu Daya 400W adalah batas minimum bawah.Ketika dibuka. biang keladinya ada di extension yang kurang bagus. dipasanglah catu daya 1000W.. ternyata masukan dari jala-jala listrik ke komputer ini yang kurang tegangan (hanya 190 Volt). View Node Komputer view node pada sistem Dozen 2009. catu daya SimQ 400W sudah cukup pantas. dengan CPU AMD Athlon 64 X2. harus kanibal dari PSU rusak. Catu daya akhirnya jebol. Tidak mau ambil resiko. Setelah 2 jam. Kemudian.

Akhir cerita. Masalah timbul karena sebelumnya dengan 1 CPU. Buat berhemat. Untuk dual CPU. Catu Daya Multi CPU Dalam perkembangannya. Masing-masing komputer kini memiliki 2 CPU Xeon. dan dipasangi kabel EPS8 hasil dari kanibal PSU bagus Dozen 2009. akhirnya dibeli catu daya 380W untuk masing-masing komputer. motherboard bisa dicatu dengan konektor 4. Masih lebih murah dibanding harga satu PSU 1200W bagus (sekitar $300). untuk tiga komputer perlu total $90. artinya 5 komputer lainnya mati mendadak. diringkas menjadi 3 komputer saja. kluster Dozen 2008 yang semula terdiri dari 6 komputer. diperlukan catu EPS 8. .Ketika akhirnya siap dipasang. catu daya bisa dikontrol oleh CPU. baru timbul pikiran. harga PSU termurah yang mendukung EPS8 sekitar $30. Sebagai sistem ATX. Apa yang akan terjadi kalau satu komputer di-shutdown ? kalau PSU akan shutdown juga. Jika membeli. Harga total 6 buah PSU tersebut hanya Rp 240 ribu. PSU lama akhirnya dibuka.