P. 1
Lap. Laba Rugi

Lap. Laba Rugi

|Views: 109|Likes:
Published by shenny

More info:

Published by: shenny on Jun 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2011

pdf

text

original

LAPORAN LABA/RUGI

Merupakan suatu laporan yang menunjukkan pendapatan dari hasil penjualan, berbagai biaya, dan laba atau rugi yang diperoleh oleh perusahaan selama periode tertentu

BENTUK LAPORAN LABA/RUGI Multiple Step Single Step

pendapatan luar usaha dan beban luar usaha. .Disusun secara bertahap mulai dari kelompok pendapatan dan beban usaha. Sampai dengan kelompok pendapatan lain-lain dan beban lain-lain.

Kemudian disisihkan dengan jumlah semua jenis beban. dan pendapatan luar usaha dan pendapatan lain-lain) disusun dan dijumlahkan dalam satu kelompok. Selisih jumlah pendapatan dengan jumlah beban merupakan saldo (sisa) laba atau saldo (sisa) rugi. .Semua jenis pendapatan (pendapatan usaha.

MANFAAT LAPORAN LABA/RUGI Menentukan pembayaran pajak Menganalisis kemungkinan pengembangan usaha Evaluasi hasil kegiatan operasional perusahaan Mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar hutang Agar memenuhi kegunaan di atas. laporan rugi laba harus di susun sebaik mungkin Salah satu syarat pentingnya yaitu mengetahui jenis-jenis penerimaan yang termasuk dalam laporan laba/rugi .

JENIS PENERIMAAN DALAM LAPORAN LABA/RUGI 1. Penerimaan dari sumber di luar usahatani. seperti upah tenaga kerja dan bunga atau dividen 5. seperti naiknya harga saham yang dimiliki perusahaan . Penerimaan atau penghasilan bukan tunai seperti perubahan nilai ternak atau barang milik perusahaan 4. Penerimaan dalam bentuk natura. Penerimaan tunai dari penjualan hasil usaha 2. Keuntungan modal yang tidak terealisasikan. seperti konsumsi komoditi yang di hasilkan usahatani atau nilai sewa dari rumah pengusaha yang dimiliki 3.

Biaya produksi bisa juga disebut biaya oprasional dalam jangka waktu satu tahun Dalam suatu usahatani keluarga sering terjadi balas jasa untuk tenaga kerja keluarga tidak dihitung Akibatnya. pendapatan bersih perusahaan dihitung terlalu tinggi sedangkan pengeluaran untuk biaya produksi dihitung terlalu rendah . baik itu biaya tetap maupun biaya variable atau biaya-biaya lainnya.PENGELUARAN DALAM LAPORAN LABA/RUGI Pengeluaran perusahaan adalah semua uang yang dikeluarkan perusahaan sebagai biaya produksi.

PENDAPATAN BERSIH PADA LAPORAN LABA/RUGI Pendapatan bersih operasional Selisih pengeluaran operasional dengan penerimaan kotor Pendapatan bersih tunai Jumlah pendapatan operasional tunai dikurangi jumlah pengeluaran dan ditambah penerimaan bukan tunai selama satu tahun Pendapatan bersih perusahaan Menambahkan pendapatan bersih tunai dengan pendapatan dari luar perusahaan selama satu tahun .

ANALISIS RATIO LAPORAN LABA/RUGI Perbandingan penerimaan dengan pengeluaran kotor mengukur efesiensi input-output dengan menghitung berapa banyaknya perbedaan antara produksi total dan biaya produksi total ‡ Rasio operasional ‡ Rasio tetap ‡ Rasio kotor Perbandingan penerimaan dengan modal Menunjukkan efesiensi modal yang dipakai dalam perusahaan ‡ Rasio tingkat hasil modal investasi ‡ Rasio tingkat pendapatan modal investasi ‡ Rasio tingkat pendapatan modal pribadi .

RATIO PENERIMAAN/PENGELUARAN RATIO OPERASIONAL = Jumlah biaya operasional Jumlah penerimaan kotor RATIO TETAP = Jumlah biaya tetap Jumlah penerimaan kotor RATIO KOTOR = Jumlah biaya produksi Jumlah penerimaan kotor .

RATIO PENERIMAAN/MODAL RATIO HASIL INVESTASI = Penerimaan kotor Rata-rata investasi modal RATIO PENDAPATAN MODAL = Hasil bersih investasi modal Rata-rata investasi modal RATIO PENDAPATAN MODAL PRIBADI = Hasil modal pribadi Rata-rata hasil modal pribadi .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->