RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : : : : Pendidikan Agama Islam XII / II II 2 x 45 Menit

Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator

: 7.

Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang pengembangan IPTEK. : 7.1 Membaca Q.S Yunus 101 dan Q.S Al Baqarah 164 Mengidantifikasi tajwid Q.S Yunus 101 dan Al Baqarah 164. : 7.1.1 Membaca Q.S Yunus 101 dan Q.S Al Baqarah 164 7.1.2 Mengidentifikasi tajwid Q.S Yunus 101 dan Al Baqarah 164.

I. Tujuan Pembelajaran Dapat membaca dengan benar sesuai ilmu tajwid dalam Q.S Yunus 101.  Dapat membaca dengan benar sesuai dengan ilmu tajwid dalam Q.S Al Baqarah 164.  Dapat mengidentifikasi tajwid dalam Q.S Yunus 101 dan Q.S Al Baqarah 164. Materi Ajar  Al Qur’an surat Yunus 101 dan Al Baqarah 164 ( membaca dan mengidentifikasi tajwid ). III.Metode Pembelajaran  Tanya jawab  Kuis  Diskusi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Prasyarat : Tanya jawab tentang materi yang sudah diberikan pada pertemuan ke satu yaitu : pengenalan, mencari-cari bacaan tajwid, ada berapa macam hukum bacaan bertemu dengan huruf hijaiyah, jawaban siswa ditulis dipapan tulis. Contoh :

.

.

Kegiatan Inti  Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai tentang cara membaca dengan benar sesuai dengan ilmu tajwid.  Siswa menyebutkan hukum bacaan yang terdapat pada materi.  Menanyakan tentang tema ayat Al Qur’an yang dipelajari dalam Q.S Yunus 101 dan Q.S Al Baqarah 164.  Siswa membuat hipotesa.

ulangan harian. Contoh : Kalimat Bacaan Alasan  Guru memberikan waktu 5 menit. Memberikan remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 69 %. 131666966 . sebelum hasil jawaban didiskusikan bersama. Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 69% atau lebih. Guru Mata Pelajaran Dra. 2. S. Siswa mengerjakan soal latihan secara individu dengan cara mengisi tabel yang telah disediakan. Penilaian a. Kegiatan Akhir  Refleksi Guru menanyakan sekali lagi tentang tema dan informasi tertentu yang ada dalam Q. 131478691 Umi Masruroh. Tindak lanjut : Tugas indivuidu. Jenis tagihan b. 3. Bentuk Instrumen c.Ag NIP. Kepala SMA Negeri 2 Pemalang Pemalang. untuk selanjutnya digunakan untuk KADE berikutnya yaitu mengartikan penerapannya. Herawati NIP. Memberikan pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 90 % . kuis : Unjuk kerja. jawaban singkat : 1. V.S Yunus ayat 101 dan Q.S Al Baqarah ayat 164  Penugasan Sebagai PR tentang arti dan kesimpulan. Alat/Bahan/Sumber Belajar  Tulisan-tulisan huruf arab  Sumber belajar  Buku PAI kelas XII dan  Bahan ajar  Buku-buku yang relevan  Al Qur’an Depag VI.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful