Anggota Kelompok

Bayu Febrianto (0811233008) € Canggih Yoga T. (0911230003) € Nanda Prasetya H. (0911230063) € Ariani (0911233005) € Viola Nursally P. (0911233032)
€

dan membordir baju . Ka Jumlah karyawannya 12 orang yang keseluruhan berjenis kelamin perempuan. memasang kancing. membuat pola baju.Profil Perusahaan € € € € Perusahaan ini bernama ³Delta Fashion´. Perusahaan ini bergerak di bidang konveksi dan dipimpin oleh Ibu Titik selaku pemilik dan pengelola secara keseluruhan. yaitu menjahit. Lawang. Setiap karyawan memiliki tugas yang berbeda. Berlokasi di Jl.

 . kelancaran dalam pelaksanaan tugas masing-masing karyawan mempengaruhi hasil dari keseluruhan kelompok dan mempengaruhi hasil tercapainya sasaran kelompok kerja.Hubungan Antar Sesama Karyawan di Delta Fashion Kelompok kerja karyawan di perusahaan ini termasuk dalam kelompok kerja koaktif karena setiap karyawan menyelesaikan pekerjaannya secara mandiri dan tidak saling tergantung dalam pelaksanaan tugas masingmasing.  Meskipun begitu.

.Jenis kepemimpinan di Delta Fashion   1) 2) 3) Hubungan karyawan dengan atasan termasuk dalam jenis kepemimpinan transformasional. dan meningkatkan kebutuhan karyawan yang lebih tinggi seperti harga diri dan aktualisasi diri. mendorong karyawan untuk mendahulukan kepentingan kelompok. Hal ini terlihat dari bagaimana atasan : mendorong karyawan untuk lebih menyadari arti penting hasil usaha.

sensing dan intuiting. ada dua aspek penting dalam kepribadian. . yaitu:  Sikap . yang terdiri dari thinking.  Fungsi. feeling. yang terdiri dari introvert dan ekstrovert.Aspek Kepribadian Menurut Jung Kepribadian adalah semua corak perilaku dan kebiasan individu yang terhimpun dari dirinya dan digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan baik dari luar maupun dari dalam.

 Introversion-Feeling Orang dengan introversion-feeling berpengalaman dalam emosi yang kuat. biasanya tidak memiliki emosi dan tidak ramah serta kurang bisa bergaul. memiliki kecenderungan untuk muncul seorang diri. tapi mereka mampu menutupinya.  Extraversion-Thinking Orang-orang yang termasuk tipe ini.  . dingin dan sombong.Tipikal Kepribadian Menurut Jung Introversion-Thinking Orang dengan sikap yang introvert dan fungsi thinking yang dominan.

praktis.namun selalu muncul dalam pikiran mereka  . Mereka terisolasi dalam gambaran-gambaran primitif yang artinya tidak selalu mereka ketahui .Extraversion-Sensation Orang-orang dalam tipe ini biasanya realistik. Mereka mudah dipengaruhi oleh peraturan dan mudah ketagihan pada berbagai hal.  Introversion-Intiuting Orang-orang dalam tipe ini mempunyai sikap introvert dan fungsi intuitif yang dominan. dan pekerja keras.

Mereka tidak dapat bertahan pada satu ide. Extraversion-Intuiting Orang-orang dalam tipe ini selalu mencari sesuatu yang baru. . pekerjaan maupun lingkungan karena sesuatu yang baru merupakan tujuan hidup mereka. Mereka sangat baik dalam mempromosikan hal-hal yang baru.

dimana dapat digambrkan sebagai adalah tipe kepribadian yang lebih suka menyibukkan diri dengan kehidupan di dalam pikirannya dan aktivitas kesendirian ketimbang harus bersosialisasi dengan orang lain.Tipekal Kepribadian Karyawan di Delta Fashion Introvert. Tipe kepribadian ini memiliki ketertarikan dalam penyelesaian masalah. sensing. . dan bisa memberikan solusi ketika berpikir tanpa ada gangguan. bekerja secara kreatif ketika sendiri.

Memilki sistem kerja yang sesuai dengan karakterisitik karyawan yang ada. . Tidak memeilki perbedaan latarbelakang budaya yang menonjol 3. 1.Keuntungan yang dimilki delta fashion Memiliki karyawan yang solid 2.

. 2. Dan hal ini telah dimilki oleh Delta Fashion. 1.Kerugian yang dimiliki Delta fashion Dengan mayoritas pegawai yang memilki sifat introvert biasanya atasan sulit untuk mengetahui adanya konflik diatara mereka karna pada dasarnya para karyawan memilih untuk diam ketika ada masalah. Oleh karna itu penting memilki Atasan yang peka terhadap keadaan lingkup kerja.

€ Untuk menyikapi konflik yang terjadi.Cara Menyikapi Perbedaan Tipikal Kepribadian yang Ada Para karyawan menyadari bahwa mereka mempunyai kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lain. Jika perbedaan ini terus dipermasalahkan maka. € . Perbedaan kepribadian ini yang dapat menyebabkan suatu konflik. setiap karyawan lebih memilih untuk diam dan mengendalikan diri (self control) agar konflik yang terjadi tidak semakin berlarut-larut.

Atasan akan mencari tahu terlebih dahulu penyebab konflik pada karyawan. .€ Apabila konflik yang terjadi belum dapat diselesaikan. maka atasan akan membantu menyelesaikan konflik tersebut dengan menjadi penengah. kemudian memberikan saran pada para karyawan yang bersangkutan agar konflik yang terjadi dapat cepat terselesaikan.