RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Standard Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator

: : : : : : SMA«« Ekonomi X (Sepuluh) / 1 (satu) Memahami benda pemuas kebutuhan Mendeskripsikan jenis-jenis benda pemuas kebutuhan 1.Menjelaskan defenisi benda pemuas kebutuhan 2.Menjelaskan dan mengetahui jenis-jenis benda pemuas kebutuhan Alokasi Waktu : 1 x 20 menit (1 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menjelaskan defenisi benda pemuas kebutuhan 2. Siswa dapat mengetahui jenis-jenis benda pemuas kebutuhan B. Materi Pembelajaran Benda pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dap memuaskan at kebutuhan manusia yaitu barang (goods) dan jasa (service). Barang dan jasa sama-sama merupakan benda pemuas kebutuhan, tetapi keduanya merupakan hal yang berbeda. barang adalah benda pemuas kebutuhan yang berwujud, sementara jasa adalah benda tak berwujud. Jenis-jenis benda pemuas kebutuhan tersebut antara lain dapat dibedakan menurut tolak ukur sebagai berikut: 1. Cara Mendapatkannya. a. Benda Ekonomi

3. Barang jadi merupakan barang yang telah siap untuk dikosumsi atau digunakan untuk memenuhu kebutuhan. Benda Produksi Benda yang digunakan untuk proses produksi. Proses Produksi: a. 4. sehingga kita dapat dengan bebas memanfaatkannya. b. c. 2. b. Barang setengah jadi merupakan barang yang telah mengalami proses produksi. b. b. atau barang yang belum diolah atau barang yang belum mengalami proses pengolahan. Benda produksi adalah istilah lain untuk barang modal. Barang mentah (bahan baku) adalah bahan dasar atau bahan pembuat benda pemuas kebutuhan. Kegunaanya (Utility): a. Benda komplementer adalah benda pemuas kebutuhan akan bermanfaat atau mempunyai daya guna yang lebih apabila dipakai bersama-sama dengan benda lain. Benda substitusi adalah benda pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan benda lain atau saling menggantikan. Barang setengah jadi masih terdiri dari beberapa tingkatan. tetapi belum menjadi barang produk akhir. Barang jadi. sehingga menghasilkan benda lainnya dapat langsung dikosumsi. Benda Bebas Benda bebas adalah benda pemuas kebutuhan yang tersedia dalam jumlah banyak (kalau tidak dapat dikatakan tidak terbatas) dialam. produk akhir setelah melalui proses pengolahan dari barang mentah dan setengah jadi. Hubungannya Dengan benda Lain: a.Benda ekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang untuk mendapatkannya membutuhkan sejumlah pengorbanan tertentu. Benda Kosumsi Benda konsumsi adalah benda yang dapat langsung dipakai untuk memuaskan kebutuhan. .

b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari materi selanjutnya. Dalam kegiatan ini. c. Jakarta: Erlangga. Siswa menyimak materi tentang pengertian benda pemuas kebutuhan dan jenisjenis benda pemuas kebutuhan. E. b. Guru memberi salam penutup. 2004. b. Kegiatan akhir a. Drs. SnowBall Throwing D. Kegiatan inti a. Kegiatan awal a. Apersepsi. Dengan pengarahan guru. 2. c. d. Ceramah 2. yaitu mengenai kegunaan benda pemuas kebutuhan. Salam dan menanyakan kondisi siswa serta mengecek kehadiran siswa. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.C. Sumber Belajar Wahyu Adji Ep. siswa membuat kesimpulan mengenai pengertian dan jenis-jenis benda pemuas kebutuhan. dkk. Tanya Jawab 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Ekonomi SMA Kelas X. Siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi diberi kesempatan untuk bertanya. . c. Siswa menjawab pertanyaan yang sesekali disampaikan oleh guru. Guru memberikan permainan snowball throwing mengenai benda pemuas kebutuhan. siswa mengingat kembali materi pada pertemuan sebelumnya dengan menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh guru. Metode Pembelajaran 1. 3.

disebut : a.Media Pembelajaran: 1. c. Sandal dengan sepatu c. Barang mentah d. Objektif tes 1) Barang yang telah mengalami proses produksi. Pena dengan pensil Jawab : a 3) Dibawah ini yang merupakan contoh dari barang mentah yaitu: a. Keaktifan siswa dalam pembelajaran baik dalam berkelompok maupun individu. Barang setengah jadi c. Penilaian Psikomotorik a. Mobil dengan sepeda d. Barang siap pakai Jawaban : b 2) Dibawah ini yang merupakan contoh dari barang komplementer yaitu : a. pertanyaan serta dalam menjawab pertanyaan. benang . Media kertas plano F. Soft skill dalam mengutarakan pendapat. Barang jadi b. tetapi belum menjadi barang produk akhir. 3. Penilaian Afektif Sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. 2. Kecepatan memahami materi b. Penilaian 1. Selai dengan roti b. Penilaian kognitif a.

Tuliskan jenis-jenis dari benda pemuas kebutuhan ? 2. Jenis-jenis benda pemuas kebutuhan: 1. pakaian d. Benda substitusi Jawab : a 5) Benda komplementer adalah : a. Benda siap pakai d. Kegunaanya (Utility): . biji besi Jawab : b 4) Yang termasuk jenis-jenis benda pemuas kebutuhan berdasarkan cara mendapatkannya yaitu : a. Benda ekonomi b. benda pemuas kebutuhan akan bermanfaat atau mempunyai daya guna yang lebih apabila dipakai bersama-sama dengan benda lain. Essay Tes 1. Benda komplementer b. Benda yang terdapat di alam dalam jumlah besar c. Benda Bebas 2. Benda Ekonomi b. Benda yang digunakan dalam proses produksi Jawab : a Pedoman penilaian = Jumlah betul X 10 5 b. kayu c. Benda substitusi Jawab : 1.b. b. Cara Mendapatkannya. a. Jelaskan pengertian dan berikan contoh dari : a. Benda konsumsi c. Benda produksi d.

Benda komplementer 2. Sebagai contoh. Barang mentah (bahan baku) b.a. Sebagai contoh. Barang setengah jadi c. roti akan lebih enak jika diolesi selai. Barang jadi. pena dapat menggantikan pensil untuk menulis. Proses Produksi: a. Benda substitusi adalah benda pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan benda lain atau saling menggantikan. 4. Benda substitusi b. Guru bidang studi «««««««««««. 708114069 . sepeda motor dapat menggantikan mobil sebagai sarana transportasi. Penilaian = soal no 1 skor 40 Soal no 2 skor 60 Diketahui oleh: Kepala Sekolah SMA«««. Benda Kosumsi b. Benda Produksi 3. Ayu Lestari NIM . Hubungannya Dengan benda Lain: a.. Benda komplementer adalah benda pemuas kebutuhan akan bermanfaat atau mempunyai daya guna yang lebih apabila dipakai bersama-sama dengan benda lain. televisi dan radio tidak berguna kalau tidak ada stasiun yang memancarkan siaran. mobil tidak akan bisa berjalan bila tidak ada bahan bakarnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful