Contoh Proposal Tugas Akhir

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INVENTARISASI PADA BULOG DIVISI REGIOAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

1. Pendahuluan Perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi saat ini telah menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dipungkiri lagi. Harus diakui bahwa teknologi dan informasi akhir-akhir ini akan terus berkembang menjadi kebutuhan instant bagi individu maupun instansi baik instansi pemerintah maupun swasta. Sebuah konsekuensi logis jika teknologi dan informasi telah mengarah pada kebutuhan modern, dimana tuntutan akan teknologi dan informasi yang dibutuhkan individu ataupun instansi tentunya teknologi yang langsung menyentuh dan mengedepankan kebutuhan mereka. Tuntutan teknologi dan informasi yang dibutuhkan dalam era global yang serba modern sudah pasti menjurus ke sistim komputerisasi. Hal ini sangat rasional, karena dengan sistem komputerisasi lebih dari 90% pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan tingkat akurasi penyelesaian pekerjaanpun jauh lebih baik karena dalam sistem komputerisasi banyak terdapat software-software yang sangat membantu dalam memberikan solusi-solusi penyelesaian pekerjaan. sehingga semua kebutuhan (pekerjaan) dalam instansi atau perusahaan tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan teknologi informasi BULOG Yogyakarta telah mengadopsi teknologi informasi guna menunjang ketersediaan informasi inventarisasi untuk memberikan informasi kepada bagian-bagian yang mengelola inforasi inventaris instansi tersebut. Kebutuhan informasi semakin meningkat seiring dengan beragamnya barang inventaris yang ada, sehingga menuntut adanya sistem. Dengan melihat permasalahan tersebut di atas maka penulis mengambil judul SISTEM INVENTARISASI PADA BULOG DIVISI REGIONAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

2. Rumusan Masalah Di dalam penelitian Proyek Tugas Akhir ini penulis mendefenisikan rumusan masalah sebagai berikut : a. Bagaimana merancang, mengolah data inventaris sehingga dapat mengoptimalkan cara pengolahan datanya. b. Bagaimana pencatatan data terutama barang yang menjadi inventaris agar sistematik sehingga informasi itu bisa lebih optimal. 3. Batasan Masalah Batasan masalah dalam Proyek Tugas Akhir ini penulis membatasi permasalahan dalam mengatasi prosedur dalam inventarisasi yaitu antara lain: a. Penyusunan rancangan desain untuk pengolahan data inventaris yang ada pada BULOG yaitu : ‡ Inventaris tanah ‡ Inventaris bangunan ‡ Inventaris kendaraan

Columbindo Perdana Cabang Jakarta Timur´ .b. c. tinjauan pustaka dari Kerja Praktik S1 Tenik Informatika Universitas Teknologi ³Yogyakarta´ milik saudara Ashari pada tahun 2003 yang berjudul ³Analisisa Sistem Informasi Inventarisasi Gudang Pada PT. tinjaun pustaka yang diambil adalah dari Kerja Praktik S1 Teknik Informatika Universitas ³Yogyakarta´ saudara Muhammad Makhrus pada tahun 2007 yang berjudul ³Analisi Dan Perancangan Sistem Pengolahan Data Inventaris Barang Studi Kasus Pada Dinas Perusahaan Umum Kabupaten Magelang´ yang mana beliau menerangkan interface dan struktur database yang digunakan. Kedua. 7. Dalam . Memberikan solusi tepat-guna yang efektif dan akurat dalam pencatatan dan pengolahan data inventaris. Penyusunan rancangan desain untuk mengolah data pemakaian dan pembelian barang. Tinjauan Pustaka Pertama. Disamping akan mendapatkan gambaran yang menyeluruh juga akan mendapatkan gambaran yang penting (James A. c. 5. Champion. Metode Penelitian Dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan datra melalui : a. Kepustakaan Metode kepustakaan adalah metode pengumpulan data yang lenih mengacu pada sumber-sumber informasi yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian. Berbagai masalah yang diangkat berdasarkan data-data yang ada dilapangan tempat penulis meneliti. Wawancara (interview) Wawancara adalah suatu kegiatan verbal dengan tujuan mendapatkan informasi. Observasi Observasi yaitu mengadakan pengamatan secara langsung terhadap obyek yang akan diteliti serta melakukan pencatatan secara sistimatika yang cermat. b. 6. Dapat meminimalkan kesalahan dalam pencatatan dan pengolahan data. b. Black dan Jean J. Pembuatan atau pengimplementasian sistem informasi berbasis desktop yang ada pada Proyek Tugas Akhir ini akan sangat membantu apabila terdapat kesalahan dan untuk menangani masalah pengolahan data inventaris pada BULOG DIVRE Yogyakarta. Membuat Sistem Inventarisasi berbasis dektop yang efisien dan cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi. 4. Tujuan Penelitian Tujuan dalam penelitian Proyek Tugas Akhir ini yaitu: a. b. 2001 : : 306). Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak antara lain: a.

...penelitian ini metode kepustakaan diperoleh melalui buku-buku atau literature yang berhubungan dengan penelitian ini. Selengkapnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.