P. 1
gapura

gapura

|Views: 706|Likes:
Published by Iroule Haterz

More info:

Published by: Iroule Haterz on Jun 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/22/2013

pdf

text

original

29

BAB III IDENTIFIKASI EVEN GREBEG SOLO BERSIH

Dengan adanya permasalahan kebersihan kota Solo, Dinas Kebersihan dan Penataan Kota Surakarta mengadakan berbagai usaha untuk mengatasi kebersihan kota, usaha tersebut seperti: Mengadakan sosialisasi / penyuluhan secara intensif dan rutin kepada masyarakat, termasuk anak-anak sekolah tingkat SD, SMP dan SMU/SMK. Membentuk daerah – daerah binaan ditiap – tiap Kecamatan sebagai daerah percontohan dan memberikan bantuan tong sampah secara bergilir (revolving). Merubah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) menjadi Tranver depo, dalam hal ini adalah sampah tidak dibuang ke TPS tapi langsung masuk di dalam truck sampah. Untuk menunjang tranver depo, gerobak – gerobak pengangkutan sampah yang berada di Kelurahan - Kelurahan yang dibuat dengan motor (motorisasi) Membuat program lomba kebersihan di tingkat – tingkat kelurahan dalam rangka menyambut HUT RI. Mengajak kembali Investor – Investor yang pernah mengadakan studi kelayakaan tentang Penanganan Tuntas Sampah di Kota

Grebeg dalam bahasa jawa bermakna suara angin. 2002) Kegiatan ini direncanakan dengan besar yang melibatkan berbagai pihak yang mendorong dan membantu kegiatan tersebut. Kecamatan dan Kelurahan-kelurahan. pihak-pihak yang dilibatkan seperti: 1. mengandung makna menggiring Raja. 2. Maka dengan adanya proposal Kolokium ini berusaha untuk membuat suatu program yang akan ditawarkan DKP untuk menjadi suatu program yang benar-benar bermanfaat dan berguna untuk menangani permasalahan sampah. pembesar atau pengantin (Dinas Kebudayaan Propensi DIY. Melihat dari usaha – usaha yang diadakan DKP. tema yang diangkat adalah “Grebeg Solo Bersih”. Biro-biro komunikasi. DKP 3. seperti: . Program yang direncanakan adalah suatu program kegiatan berbentuk perlombaan kebersihan lingkungan. September.30 Surakarta untuk ditindak lanjuti. Pihak pemerintahan kota Surakarta / Walikota Surakarta. dalam hal ini sampah akan diubah menjadi energi listrik. 4. ternyata permasalahan sampah belum juga terselesaikan. Kata dalam bahasa Jawa Anggrebeg. Even Grebeg Solo Bersih Dalam Lomba Kebersihan Kota Surakarta. Grebeg berasal dari kata Grebe. A.

baik dalam iklan visual. Dengan menggunakan nama Walikota dapat mempengaruhi masyarakat untuk mengikuti perlombaan tersebut. DKP adalah bagian Pemerintahan yang bertanggung jawab mengurusi kebersihan dan penataan kota. Even ini juga melibatkan DKP. maka sepantasnya untuk memberitahukan kegiatan tersebut ke pemerintah kota Surakarta dan diharapkan Walikota Surakarta memberi andil besar dalam kegiatan tersebut. Pihak Sponsor “Jarum Super”. Memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan lomba kebersihan tersebut. seperti yang telah diungkapkan. terutama dalam komunikasi kemasyarakat.31 a. 2. Memberikan kontribusi piala / hadiah kepada pemenang lomba. maka selayaknya kalau DKP yang menangani dan terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Biro – biro jasa komunikasi diharapkan juga terlibat dalam kegiatan tersebut. 5. Dan lain sebagainya. seperti: 1. Dalam kegiatan ini melibatkan pemerintahan kota Surakarta. iklan audio dan iklan . 3. Mereka diajak kerjasama dalam mengkampanyekan even ini. terutama dalam mengkomunikasikan kemasyarakat untuk mengikuti dan menggalakkan warganya untuk mengikuti lomba kebersihan di setiap kelurahan di wilayah Surakarta. Tecma c. Solo Pos b. Kecamatan dan Kelurahan juga terlibat.

Pelaksanaan Even Dalam Kampanye Grebeg Solo Bersih ini dipilih waktu yang tepat. Jadi kalau even ini diadakan di hari itu juga terasa seperti biasa dan antusias masyarakat kurang. seperti dalam pembangunan gapura. atau fasilitas yang diberikan kepada kelurahan pemenang even Grebeg Solo Bersih. dan lama – kelamaan mulai males untuk mengenang hari ulang tahun kotanya sendiri.32 audio visual. yang mana keberadaan kota ini kebanyakan masyarakat tidak memperhatikan HUT kotanya sendiri. . yaitu untuk mengenang kembali keberadaan kota Solo. sponsor dapat mencantumkan logo/brand di bagian fasilitas yang dibangun. Selain alasan tersebut biasanya lomba diadakan pada hari – hari besar seperti HUT RI. untuk membantu dalam penyedian sarana-prasarana penunjang kegiatan even tersebut. Partisipasi sponsor dalam penyediaan sarana –prasara tersebut. Pihak Sponsor. Kebersihan lingkungan. Dalam pertimbangan waktu yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah menjelang hari ulang tahun kota Surakarta. disitu banyak even – even yang diadakan masyarakat sendiri. bersifat global seperti: 1. B. Mereka berperan besar dalam kampanye lomba kampanye lomba kebersihan kota Surakarta. Penilaian dalam pelaksanan even Grebeg Solo Bersih. yaitu bulan Juni 2007 Alasan pelaksanaan even lomba kebersihan kota diadakan menjelang HUT kota Surakarta. taman.

Kampanye “Clean Up the World” “Clean Up the Word” adalah suatu komunitas yang peduli terhadap kebersihan lingkungan. upaya tersebut dimulai dari diri sendiri. taman. Kondisi pembanding merupakan hal yang penting untuk diketahui sebelum proses kampanye iklan dilakukan. 4. Berikut ini contoh pembading yaitu “Kampanye Clean Up The World” di Taman Impian Jaya Ancol. 3. tempat samapah. dan lain sebagainya. Clean Up the World mengajak masyarakat untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Dengan mengetahui kondisi pembanding. sehingga mencapai suatu hasil yang maksimal. papan pengumuman. pembuatan taman. Kekompakan anggota masyarakat. masyarakat dapat bekerjasama dengan pihak sponsor. Penataan lingkungan. Jakarta Utara. Pembanding (Komparasi) Ada faktor lain yang harus diketahui untuk mendukung keberhasilan kampanye. Dalam pembuatan fasilitas atau prasarana seperti. . gapura. tempat sampah dan lain sebagainya. gapura. C. seperti. Pembuatan fasilitas lingkungan. yaitu kondisi pembanding.33 2. dapat direncanakan seperti apa dan bagaimana bentuk promosi yang akan dilakukan. walaupun tidak terlalu terperinci. papan pengumuman. Kampanye “Clean Up the World 2002” diadakan di Taman Impian Jaya Ancol.

Maka digunakan analisis SWOT untuk mengamati lingkungan. yaitu analisis internal (kekuatan dan kelemahan) dan analisis lingkungan eksternal (peluang dan ancaman). Analisis lingkungan Internal meliputi: a. Maka diperlukan suatu analisis untuk mengetahui kekuatan. (Siaran Pers. Kirk Coningham konsuler Hubungan Masyarakat Kedutaan Besar Australia dan undangan lainya. AusAID. JHU CCP dan Australia – Indonesia Institute.34 Kegiatan ini yang ikut berpartisipasi kurang lebih 600 sukarelawan dari siswa SLTP. 20 September 2002) D. Fasli Djalal dari direktur jendral Pendidikan Luar Sekolah. Analisis SWOT Untuk mengetahui kondisi masyarakat. Anuigerah Nontji direktur COREMAP. kelemahan. Mahasiswa dan masyarakat umum. Seluruh peserta melakukan aksi kebersihan di Ancol bagian barat. analisis ada dua kelompok. Mr. peluang dan ancaman yang mungkin ada dalam kegitan atau pelaksanaan even yang akan dilakukan. Dr. SLTA. kemudian ditutup dengan penyampaian pesan lingkungan yang disampaikan oleh DR. kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh COREMAP. kemudian dilanjutkan dengan acara permainan. Kekuatan (strength) . mengenai Kampanye Grebeg Solo Bersih menyangkut adanya suatu program atau even yang membawa masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan kebersihan tersebut.

karena di bulan ini kegiatan masyarakat sedikit. sejauh mana even tersebut akan dimaksimalkan untuk mencapai kesuksesan Even akan diselenggarakan menjelang HUT kota Solo bulan Juni 2006. Kelemahan (Weaknees) . Sistem kepanitian dibentuk dari orang – orang yang benar – benar bertanggung jawab. kreatif dan inovatif.35 Untuk mengetahui peluang yang bagus maka harus mengukur kekuatan yang dimiliki. berpartisipasi Memberikan penghargaan yang nyata Melibatkan segenap masyarakat untuk pada kelompok masyarakat yang memenangkan even Grebeg Solo Bersih. sehingga kegiatan ini dapat maksimal untuk menggerakkan segenap masyarakat. sehingga menjadi pendorong kelompok masyarakat lainnya untuk memenangkan even Grebeg Solo Bersih di tahun selanjutnya. waktu ini cocok untuk memaksimalkan kegiatan tersebut. Kegiatan ini akan disusun secara rapi dan akan menggunakan media – media kampanye yang efektif untuk mengkampanyekan even dan mendorong masyarakat secara halus untuk ikut berpartisipasi dalam even ini. benar – benar mau bekerja keras. b.

Ancaman (Treath) Yang dimaksud ancaman adalah kecenderungan yang tidak menguntungkan dalam pelaksanaan suatu program atau even. b. maka harus mengetahui kelemahan yang dimiliki. adapun permasalahan di kota Solo. Masih melekatnya cara berpikir masyarakat yang memandang kegiatan ini cuma untuk kepentingan pemerintah saja. Kesempatan (opportunity) untuk kegiatan tersebut.36 Untuk mengetahui segala macam situasi terutama yang berhubungan dengan pemasaran. Rencana kegitan tersebut mendapat Adanya respek positif dari masyarakat dukungan dari berbagai pihak terutama dari pihak DKP dan masyarakat. sehingga kelemahan tersebut bisa dicari solusi atau cara mengantisipasi tersebut: Kegitan even ini baru akan dilaksanakan permasalahan tersebut. ancaman dalam program even ini adalah. . mementingkan egonya sendiri. Analisa Lingkungan Eksternal a. jadi belum tahu dengan benar hasil kegitan tersebut secara benar . Masyarakat yang bertindak cuek tidak mau mengikuti kegiatan di lingkungan disekitarnya atau sibuk mengurusi kegiatan sendiri.

Mahasiswa dan masyarakat setempat.Kegitan tersebut tanpa ada penghargaan yang diberikan kepada masyarakat. dengan diikuti 600 Sukarelawan. instansi – instansi lain. Opportunit y Surakarta. yang terlibat cuma masyarakat yang peduli dengan lingkungan hidup. . SLTP . . jadi memungkinkan ini suatu gebrakan untuk menggugah masayarakat untuk mengikuti kegiatan . seperti Solo Pos. .Kegitan Disusun secara rapi dan bekerja sama dengan instansi – instantsi pemerintahan dan instansiinstansi lainya.Mendapat dukungan dari instansi lokal dan Internasional seperti dari kedaulatan Australia. TA TV.Kepanitian dibentuk dari orangorang yang peduli lingkungan hidup. dan siswa SLTA.Solo belum pernah diadakan kegitan lomba kebersihan secara besarbesaran.Tidak melibatkan instansi Internasional. sehingga bulan tersebut dirasa dapat kegiatan masyarakat kurang padat. .37 Untuk mengetahui lebih detail mengenai analisa pembanding dengan even yang akan dilaksanakan maka dibuat table sebagi berikut: NO A Analisa Strenght Kampanye Even Grebeg Solo Bersih . SLTP.Kegitan tersebut cukup sukses. siswa SLTA. .Komunikasi dengan menggunakan media Koran. masyarakat melaksanakan kegitan tersebut tanpa ada kegitan kemasyarakatan lainnya. lingkungan yang terbersih.Melibatkan sukarelawan peduli lingkungan hidup. Mahasiswa dan sebagaian masyarakat.Diadakan Bulan Juni pada HUT kota Surakarta. poster-poster dan sepanduk. . .Kegiatan tersebut baru suatu perencanaan belum pernah dilaksanakan. . seperti dari masyarakat.Sistem kepanitianan dibentuk dari B Weakness orang –orang yang bertanggung jawab. . Solo Radio. pemerintahan daerah. Melibatkan seluruh masyarakat kepada Surakarta. . . .Mendapat dukungan dari segala pihak. instansi yang dilibatkan adalah instansi-instansi dalam kota C.Masyarakat kurang terlibat secara langsung dalam kegitan tersebut. jadi belum tahu dengan benar keberhasilan even tersebut.Kegiatan diadakan pada tgl 12 September 2002. Memberikan masayarakat penghargaan yang memenangkan Kampanye Clean Up The World . .

Perencanaan sesuatu kampanye periklanan perlu dirumuskan terlebih dahulu dalam lapisan sosial mana .38 tersebut.Even ini baru baru sebuah program. jadi belum tahu antusias masyarakat sebenarnya. E. yang akan dilaksanakan . Treath . . Segmentasi Segmentasi pasar yang dipilih sangat menentukan corak periklanan yang akan diluncurkan atau media yang akan dipilih. isi.Kesadaran masayarakat untuk menggalakkan kebersihan lingkungan cuma sesaat saja. dukungan dan nada dari iklan yang diinginkan. Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi segmen-segmen tertentu yang dijadikan penjualan. Segmentasi juga menjadi dasar untuk menentukan media mana yang paling efektif untuk menjangkau konsumen yang diinginkan. D. Semua pesan dapat disajikan dalam gaya dan karakteristik dari konsumen yang akan dituju. Segmentasi pasar merupakan inti dari strategi promosi dan periklanan. dengan ini maka dapat merumuskan tahap untuk mengembangkan strategi yang paling efektif yang menggambarkan tujuan .

Di dalam komunikasi ini posisitioning perlu sekali. Strategi posisitioning yang dipakai dalam promosi kampanye even Grebeg Solo Bersih ini adalah menggunakan pendekatan ke masyarakat tentang kebersihan kota dengan karakteristik dan budaya SOLO BERSERI (Solo Bersih Sehat Rapi dan Indah). Cara seperti ini adalah menghubungkan antara slogan yang terkenal dengan Solo Berseri dengan lomba kebersihan kota. Upaya ini dianggap perlu karena situasi mayarakat atau konsumen yang sudah over communicated ( Rheinalld Kasali. Posisitioning Positioning adalah suatu proses upaya untuk menempatkan suatu produk atau di alam pikiran khalayak sasaran agar dipikirkan. Pendekatan seperti ini diharapkan dapat menggugah masyarakat untuk kembali memahami Solo Berseri yang mulai diabaikan masyarakat. Kampanye even Grebeg Solo Bersih ini diposisikan sebagai media penanam dan penyadaran kepada masyarakat dalam menjaga dan melestarikan budaya bersih dan membudayakan kembali SOLO BERSERI.39 saja. sehingga kesadaran tersebut akhirnya menjadi pikiran dibenak masyarakat sehingga apa yang dikomunikasikan menjadi kesadaran untuk melaksanakan yang diiklankan melalui media tersebut. 1995:157). Dalam kampanye periklanan ini segmentasi yang akan dibidik adalah semua lapisan masyarakat yang berpotensi untuk membuang sampah. bagaimana menanamkan awareness. dipasarkan dan dipercaya. dimana bisa dibedakan dari produk-produk sejenis. F. .

Dalam Kampanye Grebeg Solo Bersih karena baru akan dilaksanakan. Dari internal dalam program Kampanye Grebeg Solo Bersih. merupakan even lomba kebersihan yang diselenggarakan secara besar-besaran dan memerlukan suatu sistem dan manajemen yang benar benar solid. . Analisa dari lingkungan masyarakat dalam kegiatan kampanye Grebeg Solo Bersih mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak baik dari kalangan masyarakat dan kalangan pemerintahan. dari analisis yang didapat dari masyarakat menyimpulkan bahwa: a.40 G. c. Perlunya dukungan dari semua pihak. Kesimpulan Program kampanye Grebeg Solo Bersih. dalam kampanye akan menggunakan strategi kreatif yang lebih efektif dan efisien dan akan memaksimalkan manajemen serta sistem yang diterapkan dalam pelaksanaan program tersebut. b.

41 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->