Makalah Usaha Kecil dan Menengah ³ Loundry ³

Di susun Oleh Sutrisno ( L0E 008 057 )

PROGRAM STUDI DIPLOMA III TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO 2011

............... 8 5 Contoh Usaha Kecil dan Menengah......................... BAB II PEMBAHASAN Pengertian Usaha Kecil dan Menengah...................... Tujuan................................................................... Metode Penuli an ............................................................................................................................................................................ ISI............... ........ PENUTUP 10 11 Daftar Pustaka......................................................................................................... .....................................DAFTAR KATA DAFTAR PENGANTAR.................... ....................... 4 4 3 Belakang................. BAB Kata III penutup............................... ISI 2 1 BAB Latar I PENDAHULUAN ..........................

KATA PE ANTAR Puji syukur saya panjatkan ke Hadirat Tuhan yang Maha Esa karena berkat. saya dapat menyelesaikan tugas makalah Usaha Kecil dan Menengah . rahmat dan karunianya. Adapun tujuan disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah kewirausahaan. Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Indartono selaku dosen mata kuliah kewirausahaan yang telah memberikan tugas ini sehingga saya dapat menambah pemahaman saya tentang Usaha Kecil dan Menengah. teman -teman dan orang lain yang sudi meluangkan waktunya untuk menyimak isi dari makalah ini. itu semua tidak menyurutkan niat saya untuk menyelesaikan makalah ini. Banyak kendala yang saya alami dalam menyusun makalah ini. Namun. Terima kasih pula saya ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu saya dalam menyusun makalah ini. . ³ Tak ada gading yang tak retak´ maka saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari Ibu Widiyarsih. namun seperti kata pepatah. Saya telah berupaya menyempurnakan makalah ini.

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa UKM hanya menguntungka pihak-pihak tertentu saja. .Selain itu UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan negara Indonesia.Saat ini.UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis moneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya. BAB PENDAHULUAN I UKM (Usaha Kecil Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.UKM dapat menyerap banyak tenaga kerja Indonesia yang masih mengganggur.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru.Sekali lagi.Padahal sebenarnya UKM sangat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia.UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang. Saya sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga makalah ini dapat terselesaikan.

Hal ini berkontribusi besar terhadap pendapatan daerah maupun pendapatan negara Indonesia.UKM juga memanfatkan berbagai Sumber Daya Alam yang berpotensial di suatu daerah yang belum diolah secara komersial. sehingga memperoleh laba yang cukup besar. Juga Untuk dapat memacu dan meningkatkan penghasilan maka di perlukan strategi ukm waralaba Metode Cara-cara Studi Survey Lapangan yang digunakan pada penelitian ini Penulisan adalah : pustaka .untuk membangun sebuah usaha awal.UKM dapat membantu mengolah Sumber Daya Alam yang ada di setiap daerah. dan kita dapat mengetahui cara mengelola usaha kecil dan menengah dengan baik. Juga agar kita dapat mengetahui berapa besar keuntungan yang diperoleh apabila kita membuka sebuah usaha kecil dan menengah. Tujuan Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua.

Kunci terbesar adalah pemasaran yaitu dengan membuat proposal ke perusahaan atau instansi lain dan mereka mau menjalin kerjasama dengan kita. bisa dirumah atau di garasi rumah jika ada tempat kosong. Langsung Aja kita bahas ya : Setiap orang membutuhkan pakaian.BAB II PE BAHASAN Sebuah pel a g usa a baru telah menanti. KONSUMEN pelanggan terbesar adalah mahasiswa.500. dan orang-orang yang tidak mau repot mencuci. gorden bersih.- .000.000. Pilih pekerja yang loyal dan mau bekerja keras.000. karena ada catatan pembukuan dan kuitansi kecil pembayaran para pelanggan. pekerja kantor yang masih lajang. ANALIS BEP INVESTASI Mesin Setrika Keranjang cuci Listrik dan rak 2 buah Rp Rp Rp AWAL 8. ada sebuah peluang usaha baru yang semoga dapat menjadi suatu inspirasi serta ide baru bagi pembaca dan dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang peluang usaha ´ LAUNDRY ´ .000. Cukup datang kesana sepulang kantor untuk mengecek pembukuan dan bahan baku yang habis. HAMBATAN Persaingan KUNCI merupakan hambatan.150. lebih baik pilih tempat yang strategis.Tidak perlu terus mengawasi pegawai. sprei. kita sudah mempunyai pelanggan yang sangat besar. BAGAIMANA MEMULAI Tempat adalah yang pertama kali disediakan. Ini peluang yang kita gunakan. untuk itu kit harus pintar-pintar SUKSES menjalankannya. Kualitas pelayanan harus dijaga. Pelayanan antar jemput bagi pelanggan berskala akan merupakan nilai lebih.

250.-) bulan 6.per Rp 3.500.750.400.000.150.Hanger TOTAL BIAYA 2 orang 1000 buah Rp 9. .000. Semoga apa yang tertulis di dalam makalah ini selalu abadi dan memberikan berkah yang tiada hentinya dalam kehidupan kita bersama Terima kasih atas segala pihak yang telah membantu terbentuknya makalah ini.000. Listrik Air TOTAL Pendapatan Perkiraan 35 kg per hari keuntungan Analisis BEP KATA PENUTUP per Demikianlah hasil dari makalah yang telah saya buat selama kurang lebih dua minggu dalam rangka memperdalam wawasan saya tentang Usaha Kecil dan Menengah. semua orang yang membutuhkan bahan -bahan yang terkait dengan Usaha Kecil dan Menengah menjadi tertolong dan tidak kesulitan dalam mencari bahan-bahan yang dibutuhkan. Semoga bantuan anda sekalian tidak sia-sia. Makalah ini saya persembahkan bagi berkembangnya struktur pendidikan.450.75 bulan Rp 800. saya dapat memberikan pengetahuan yang luas kepada semua orang yang membacanya terutama bagi Mahasiswa-Mahasiswi Gunadarma.000.- Rp 800.000.bulan 1.200.- Deterjen. dan plastik Rp Rp Rp Rp Rp 1.000.OPERASIONAL pekerja pewangi.. Semoga dengan terbentuknya makalah ini.000.(per kilo Rp 3.000.000.000. Saya juga berharap bahwa dengan terbentuknya makalah ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful