5

BAB II PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN

A. Gambaran Umum Perusahaan 1. Sejarah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Aria Wirjaatmaja dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Pada periode setelah kemerdekaan Republik Indonesia, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa Bank Rakyat Indoneia (BRI) adalah sebagai Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Adanya situasi perang mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat berhenti untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah Perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu melalui PERPU No. 41 tahun 1960 dibentuk Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No.9 tahun 1965, BKTN diintegrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan. Setelah berjalan selama satu bulan, keluar Penpres No.17 tahun 1965 tentang pembentukan bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru tersebut Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks. BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia Unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia Unit II bidang Ekspor Impor (EXIM). Berdasarkan UU No. 14 tahun 1967 tentang UU Pokok perbankan dan UU No.13 tahun 1968 tentang UU Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II bidang Rular dan

6

Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua bank, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutnya berdasarkan UU No.21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai Bank Umum.

Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan UU Perbankan No.7 tahun 1992 dan Peraturan pemerintah RI No. 21 tahun 1992, status BRI berubah menjadi PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) yang kepemilikannya masih 100% ditangan pemerintah. PT. BRI (Persero) yang didirikan sejak tahun 1895 didasarkan pelayanan pada masyarakat kecil sampai sekarang tetap konsisten, yaitu dengan fokus pembiayaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Seiring dengan perkembangan dunia perbankan maka sampai saat ini Bank Rakyat Indonesia mempunyai Unit Kerja yang berjumlah 4.447 buah, yang terdiri dari 1 Kantor Pusat BRI, 12 kantor wilayah, 12 Kantor Inspeksi/SPI, 170 Kantor Cabang, 145 Kantor Cabang Pembantu, 1 Kantor Cabang Khusus,1 New York Agency, 1 Caymand Island Agency, 1 Perwakilan Hongkong, 40 Kantor Kas Bayar, 6 Kantor Mobil Bank, 193 P.Point, 3.075 BRI Unit Dan 357 Pos Informasi

2.

Sejarah Singkat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Desember 1994 yang berlokasi di Jalan Marelan Raya Pasar V No. 74 Medan. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan merupakan Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Medan Iskandar Muda kantor wilayah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Medan yang dalam sistem operasionalnya masih intern manual atau belum online. Pada tanggal 1 Desember 2004, kantor PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan ini berpindah lokasi dari Jalan Marelan Raya Pasar V No. 74 ke Jalan Marelan Raya pasar V No. 86 Medan. Kemudian PT Bank Rakyat Indonesia Unit Marelan pindah ke Jalan Marelan Raya Pasar IV No. 96. Pada

. 2) Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek ³Good Corporate Governance´. 3. Sebagaimana lazimnya perbankan. kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat. Visi dan Misi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk BRI mempunyai Visi dan Misi yang menjadi pedoman dari setiap gerak langkah organisasi sebagai berikut : a. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan telah menjalankan fungsi utama lembaga perbankan yakni menerima dana dari masyarakat melalui simpanan dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat dalam bentuk pinjaman. 3) Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (Stakeholder). Misi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Misi Bank Rakyat Indonesia adalah sebagai berikut : 1) Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro. b. Visi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Visi Bank Rakyat Indonesia adalah menjadi bank komersil terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.7 tahun 2006 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan sudah berfasilitas online ke seluruh Indonesia sehingga tersedia juga mesin Automatic Teller Machine (ATM) yang memudahkan nasabah melakukan transaksi.

menghargai waktu serta memiliki semangat kerjasama. Budaya Kerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk BRI dalam operasionalnya sehari-hari memiliki budaya kerja yang harus dilaksanakan oleh setiap pegawai BRI. semangat saing yang tinggi dan bekerja dengan efisien. selalu memohon ridho serta jujur dan ikhlas. I artinya idealis dalam berkreasi di bidangnya. bekerja terencana. yang berorientasi pasar dengan sikap sadar biaya. Dalam budaya ini terkandung nilai-nilai. aktif. kreatif serta disiplin dan bertanggung jawab. R artinya ramah dalam memberikan pelayanan kepada nasabah dengan senyum serta penampilan dan budi bahasa yang baik. L artinya luas dalam waawasan serta tanggap terhadap setiap permasalahan dan situasi. butir-butir dan pedoman yang semuanya merupakan ciri khas BRIdalam melayani seluruh lapisan masyarakat. M artinya mandiri dan bertugas dengan penuh percaya diri. yang dikenal dengan budaya ³TRAMPIL´. P artinya piawai dalam bekerja ddengan menguasai bidangnya dan selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. .8 4. sistem kerja dan produk dengan saling memiliki perusahaan. A artinya andal dalam berbisnis. yaitu : T artinya taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

yang memiliki logo berbentuk huruf berwarna biru yang terdiri dari tiga huruf yaitu huruf B.9 5. dan susunan warna dan bentuk. Logo dan makna logo BRI (Persero) Tbk Secara umum setiap perusahaan memiliki logo dan simbol atau lambang. Demikian juga dengan PT BRI (Persero). Warna biru berarti sportifitas dan professional. R. Logo adalah sebuah tanda yang memberikan makna atau arti pada perusahaan yang bersangkutan. Tbk. gambar. Sedangkan ketiga huruf B. dan I artinya yaitu: .. Di mana masingmasing huruf dan warna tersebut memiliki arti bagi PT BRI. huruf R. dan huruf I. angka. Logo bisa berbentuk huruf.

c. Penyusunan struktur organisasi berdasarkan strategi BRI. berarti singkatan dari Indonesia 6. b. Huruf I. Organisasi berpedoman pada visi. misi dan sasaran strategis BRI. 7. Proses kerja yang efisien dan terintegrasi. Prinsip Dasar Organisasi PT BRI (Persero) Tbk. Huruf B. Struktur Organisasi PT BRI (Persero) Tbk Unit Marelan . Pemisahan yang jelas antara wewenang dan tanggung jawab perumusan dan pelaksanaan kebijakan. d. Pendistribusian beban tugas atas dasar keseimbangan. Rentang kendali yang efektif dan fleksibel. berarti singkatan dari Bank b. e. berarti singkatan dari Rakyat c. Pengelompokan tugas atas dasar kesamaan sifat atau rumpun tugas.10 a. Prinsip dasar organisasi PT BRI (Persero) Tbk adalah sebagai berikut : a. g. f. Huruf R.

f. membuat daftar penilaian dan prestasi kerjasecara periodik serta saran atau usulan kenaikan pangkat pegawainya kepada Pimpinan Cabang. Memimpin Kantor PT BRI (Persero) Tbk Unit Marelan sesuai dengan tugas pokok yang ditetapkan oleh Kantor Cabang. Menetapkan kebutuhan pegawai dan mengkoordinir atau selalu mengevaluasi pelaksanaan kerja para pegawai. Memeriksa dan menyetujui transaksi-transaksi berdasarkan prosedur operasional unit dari dalam batas kewenangan yang berlaku. Memberikan bimbingan. Membantu nasabah dalam mengatasi masalah. . h. e. Tugas Pokok Kepala Unit a. b. g. i. Menetapkan tugas masing-masing pegawai sesuai dengan deskripsi jabatan. Tugas Pokok dan Tanggung Jawab Kepala Unit.11 KEPALA UNIT MANTRI TELLER COSTUMER SERVICE 8. Melakukan pemeriksaan terhadap mekanisme kegiatan di PT BRI (Persero) Tbk Unit Marelan yang meliputi pengurusan kas dan administrasi pembukuan. c. d. Memantau pelayanan kepada nasabah. Memeriksa hasil validasi Laporan Harian dan vouchernya setiap hari.

Menjamin bahwa pinjaman unit telah dilaksanakan dan diputuskan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. menganalisa dan mengusulkan putusan pinjaman kredit dari Kepala Unit. b. c. .12 j. d. Terpelihara citra BRI Unit pada umumnya di mata masyarakat. g. Menjamin pelayanan yang cepat. Menjamin bahwa semua transaksi yang difiatkan adalah sah dan sesuai dengan kewenangannya. d. Menjamin bahwa semua pekerjaan diselesaikann pada hari iselesaikann pada hari ang sama dengan hari diterima aplikasi dari nasabah kecuali ada izin khusus. Menjamin bahwa semua transaksi dan kewajiban-kewajiban lainnya dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang dituangkan dalam buku pedoman operasional. Menjamin terjaganya kerahasiaan password. Penguasaan data perkembangan usah masing-masing nasabah. Menjamin terjaganya kerahasiaan password. Tanggung Jawab Kepala Unit a. c. Tugas dan tanggung jawab Mantri a. 9. baik dan efisien serta ramah kepada nasabah. Penguasaan data dan pemanfaatan situasi dan perkembangan perekonomian di wilayah kerjanya. Mendatangi nasabah untuk mengecek kebenaran alamat serta data-data pinjaman yang diajukan oleh peminjam. guna kepentingan Bank Rakyat Indonesia unit. f. Menyampaikan laporan keuangan secara periodik kepada kantor cabang. e. f. b. e. Mengadakan pemeriksaan ketempat objek usaha kawasan setempat. Menjamin bahwa semua transaksi di bidang operasional unit telah dicatat dengan benar.

Memberikan pelayanan khusus kepada nasabah inti yang memerlukan (seperti mengantar atau menjemput uang ketempat tinggal/usaha nasabah) guna memberikan pelayanan yang khusus kepada nasabah. j. i. i. . 10. menginformasikan dan mengadministrasikan pembayaran bunga. h. denda dan pokok. b. Menghitung. Memantau kewajiban pembayaran bunga dan pokok kredit umum. Menerima form aplikasi kredit umum. Melayani permintaan saling rekening Koran bagi nasabah yang memerlukan (diluar pengiriman rutin setiap awal bulan). Menyampaikan surat peringatan dan melakukan penagihan untuk debitur yang menunggak. d.13 g. c. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan dalam rangka menunjang kepentingan bisnis dan operasional kantor cabang. h. Menerima dan menginventarisasi keluhan-keluhan nasabah untuk diteruskan kepada pejabat yang berwenang. Memberikan informasi saldo simpanan. melakukan On The Spot (OTS) awal dan analisa kredit. j. Tugas dan tanggung jawab Customer Service Tugas Customer Service a. Memberikan informasi kepada nasabah atau calon nasabah mengenai produk BRI guna menunjang pemasaran produk BRI. g. transfer. Mengadministrasikan dokumen kredit umum. Mengadministrasikan dan memelihara dokumentasi kredit usaha. Melakukan pembinaan kredit yang menunggak. f. maupun pinjaman bagi nasabah yang memerlukan guna memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabah. e. Membantu nasabah yang memerlukan pengisian aplikasi dana maupun jasa BRI.

Kebenaran dan ketertiban pembukuan. h. . Tanggung jawab Customer Service a.14 k. Tugas dan tanggung jawab Teller Tugas Teller a. d. Kelengkapan dan penyimpanan kartu-kartu. Mencetak laporan harian setiap harinya. Menerima uang setoran untuk rekening nasabah dan mencatatnya pada transaksi teller atau menvalidasi pada unit komputer. b. e. Melakukan tambahan kas agar kelancaran pelayanan kepada nasabah dapat berjalan dengan baik dan memuaskan. Membuat surat permohonan kredit. b. g. d. f. Membuat klapper dan SKPP pemohon kredit. Memberikan Greeting 3S (Senyum. Sapa dan Salam) dalam melayani nasabah. simpanan dan surat-surat berharga. Menfiat/persetujuan bayar simpanan dan jasa bank lainnya dalam batas wewenang yang diberikan pimpinan cabang di Bank Rakyat Indonesia yang bersangkutan. perkreditan. Memelihara citra BRI dan BRI Unit khsusnya pada pelayanan loket di mata masyarakat umumnya. Ketepatan pelayanan administrasi setoran dan pengambilan baik simpanan maupun pinjaman dan jasa lainnya. Ketepatan penyampaian isi laporan. buku dan alat yang berkaitan denga administrasi pembukuan. register. Keamanan penyimpanan berkas-berkas pinjaman dan simpanan. c. l. Ketertiban dan kebenaran pembukuan transaksi yang ada di Bank Rakyat Indonesia unit. 11. c.

e. Memastikan pembayaran uang kepada nasabah yang berhak untuk menghindari kesalahan yang merugikan Bank Rakyat Indonesia unit. Pengurusan kas bersama kepala unit. d. Keamanan dan kecocokan uang kas yang berada pada pengawasannya. BritAma adalah simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan denga mata uang rupiah yang dapat diayani di . g. Nama BritAma bukan merupakan singkatan kata (Akronim). Teller melaksanakan :  Pengelolaan kas fisik.  Memelihara validasi koreksi. Tanggung jawab Teller a. Produk-produk PT BRI (Persero) Tbk Unit Marelan a. Kebenaran dan ketelitian pembuatan transaksi teller. Meneliti keabsahan bukti kas yang ditrima guna memastikan kebenaran dan keamanan transaksi. Menerima uang setoran dari nasabah dan mencocokkan dengan tanda setorannya guna mamastiakan kebenaran transaksi dan keaslian uang yang diterima.15 e. h.  Melakukan validasi non-tunai pada saat pembukuan. Dalam program komputer BRInet Teller System. BritAma BritAma adalah nama pengganti tabungan Tabanasbri di Kantor Cabang BRI.  Melakukan validasi transaksi tunai pada saat pelayanan. f. f. c. 12. Kelancaran dan ketepatan pelayanan penerimaan serta pembayaran dan kepada nasabah. Kelengkapan bukti-bukti kas tunai yang berada pada pengawasannya. Terpeliharanya citra BRI dan BRI Unit khsusnya pada pelayanan loket di mata masyarakat umumnya.  Menjaga kerahasiaan password. b.

Simpedes Simpedes (Simpanan Masyarakat Pedesaan) diperkenalkan sejak November 1984.000.50% 3.50% 3.000.Rp 500rb s/d Rp 5jt > Rp 5jt s/d Rp 50 jt > Rp 50jt s/d 100 jt > Rp 100jt s/d Rp 1M > Rp 1M Biaya administrasi per bulan Rp 10.000.2.Rp 50. Simpedes adalah salah satu produk tabungan yang ditawarkan oleh BRI sebagai simpanan masyarakat atau pihak ke-3.25% 2.00% 2.atau tidak menggunakan ATM Rp 250. BritAma dan Simpedes dapat dijelaskan pada table berikut ini : FITUR BritAma menggunakan ATM Simpedes menggunakan ATM atau tidak menggunakan ATM Setoran awal Setoran selanjutnya Minimum saldo Suku bunga Rp 50.25% 2.00% Rp 5.000.000. Secara terperinci.25% 4.000.Rp 500rb s/d Rp 5jt > Rp 5jt s/d Rp 50 jt > Rp 50jt s/d 100 jt > Rp 100 jt 2. smpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang rupiah yang dapat diayani di Kantor Cabang Khusus/Kantor Cabang/Kantor Cabang Pembantu/BRI Unit.00% 2.16 Kantor Cabang Khusus/Kantor Cabang/Kantor Cabang Pembantu/BRI Unit.- . yang penyetoran dan pengambilannya tidak dibatasi baik frekuensi maupun jumlahnya sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.Rp 50. yang penyetoran dan pengambilannya tidak dibatasi baik frekuensi maupun jumlahnya sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.000. b.00% Rp 250.000.Rp 50.

- Rp 25.000 Dibawah Rp 5.- Fasilitas yang diperoleh dari produk BritAma dan Simpedes BritAma Buku tabungan Fasilitas online ATM Asuransi Kesehatan Phone (14017) SMS banking m-ATM Bersama Automatic Fund Transfer Account Sweep Automatic Grab Fund           banking       Simpedes    .000.000.17 Biaya rekening Biaya tutup Rp 25.000.000.000 administrasi jika penarikan dibawah min counter dikenakan biaya Rp 3.- dikenakan biaya Rp 3.000.- Dibawah Rp 5.000.

18 c.- Manfaat Kartu ATM BRI Kartu ATM BRI dinamakan BRI CARD. (1) Nasabah membawa kartu identitas diri yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.dan untuk permohonan kartu baru dikenakan biaya Rp 10. (2) Jika nasabah melakukan permohonan ATM pada saat pembukaan rekening maka setoran awal minimal Rp 250. Transaksi di ATM BRI Nasabah dapat memanfaatkan semua transaksi yang tersedia di lebih dari 1300 ATM di seluruh Indonesia antara lain : a. listrik. Informasi saldo dan penarikan tunai. d. . (3) Mengisi formulir permohonan ATM pada APL-01. (5) Usia nasabah maksimal 50 tahun. b. (6) Mengisi formulir permohonan ATM pada APL-01.000.. (4) Untuk permohonan penggantian nomor PIN dikenakan biaya Rp 5.000. Pembayaran tagihan kartu kredit. (3) Memberi foto copy identitas diri yang masih berlaku sebanyak 1 lembar. Pembayaran tagihan telepon rumah.dan atau permohonan ATM dapat dilakukan pada saat nasabah membuka rekening baru. (2) Foto copy bagian depan buku tabungan. c..baik untuk Simpedes maupun BritAma. (4) Foto copy bagian depan buku tabungan.. Penggantian nomor PIN dan penggantian kartu baru. Tansfer antar rekenng dan antar bank. telepon seluler kartu halo.000. BRI CARD adalah kartu multi fungsi yang memudahkan dan menguntungkan Anda karena bisa digunakan untuk : 1.000. ATM 1) Pembukaan ATM (1) Nasabah harus memiliki rekening pada bank BRI dengan saldo minimal Rp 200.

Pembelian pulsa isi ulang kartu GSM dan SDMA. jika Depobri < 1 bulan. Ketentuan-ketentuan : 1) Setoran awal minimal Rp 2. Pembelian tiket penerbangan. g. 2.000. Atas pencairan ini dikenakan penalty rate atas nominal yan dicairkan saja dan penalty dihitung secara system. h. Pembayaran kredit tanpa agunan. dilakukan pencetakan bilyet Depobri baru dengan nomor rekening yang sama.500. . dikenakan biaya administrasi pencairan dan berjalan tidak dibayarkan.2) Suku bunga ditetapkan Divisi Treasury KP BRI 3) Pencairan Depobr i yang belum jatuh tempo > 1 bulan dikenakan penalty rate 25% dari bunga yang menjadi hak nasabah dan bunga berjalan tidak dibayarkan. d. Transaksi di ATM berlogo Link Nasabah bisa melakukan transaksi penarikan tunai dan info saldo di lebih dari 5. 4) Pencairan Depobri sebagian hanya dapat dilakukan di unit kerja BRi tempat pembukaan rekening.500 jaringan ATM Link di seluruh Indonesia. Depobri Depobri adalah simpanan berjangka dalam mata uang rupiah yang dikeluarkan oleh BRI dimana penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu. f.19 e. Pembayaran angsuran sepeda motor dan mobil.

5.50 5.50 5. SIM dan Paspor yang masih berlaku sebanyak 3 lembar dan menunjukkan aslinya. 4. Mengisi Kartu Contoh Tanda Tangan (KCTT). 2. Materai ditempel pada bilyet Depobri. Pembayaran PBB Pada PT Bank Rakyat Indonesia ( Persero) Tbk Unit Marelan disediakan fasilitas pembayaran f.20 Suku bunga Depobri Keterangan Jangka Waktu Suku Bunga Counter (% PA) Deposito 1 bulan Deposito 2 bulan Deposito 3 bulan Deposito 6 bulan Deposito 12 bulan Deposito 18 bulan Deposito 24 bulan 1 bulan 2 bulan 3 bulan 6 bulan 12 bulan 18 bulan 24 bulan 5. Menyerahkan fotokopi kartu identitas baik KTP.00 6.000.- e.500.00 6. Setoran awal mnimal Rp 2.00 6. Mengisi formulir pembukaan Deposito BRI.00 Syarat pembukaan Depobri : 1.50 6. 3. Pinjaman/Kredit Adapun produk melalui jenis ± jenis pinjaman/kredit yang ditawarkan oleh PT BRI (Persero) Tbk Unit Marelan adalah sebagai berikut : .

pembelian kendaraan bermotor dan lain-lain. (2) Jenis Kupedes : a. Ketentuan pelaksanaan pemberian Kupedes PT BRI (Persero) Tbk Unit saat ini berpedoman kepada pedoman Pelaksanaan Kredit Bisnis Mikro BRI yang ditetapkan oleh Kantor Pusat BRI sesuai Surat Keputusan No. Anggota TNI/POLRI. S. Pegawai BUMN dan BUMD dan pensiunannya. (1) Sasaran Kupedes : a. Golbertap (Golongan Berpenghasilan Tetap) yakni Pegawai Negeri. b. serta pegawai tetap dari perusahaan swasta yang bonafid.30-DIR/ADK/04/2003 tanggal 29 April 2003 dan peraturan lainnya yang melengkapi kebijakan Kupedes yang datang sesudahnya. Golongan Pengusaha yakni semua pengusaha WNI yang bergerak di berbagai sektor ekonomi yang ada di wilayah kerja PT BRI (Persero) Tbk Unit dan benar-benar layak diberi Kupedes. . Kupedes Investasi Diberikan kpada pengusaha untuk pembiayaan pembangunan prasarana dan sarana atau peralatan produksi.21 1) KUPEDES ( Kredit Umum Pedesaan) Kupedes adalah fasilitas pinjaman/kredit yang dilayani melalui PT BRI (Persero) Tbk Unit yang diberikan kepada golongan pengusaha guna pembiayan prasarana dan sarana produksi maupun pembiayaan modal kerja untuk segala macam kegiatan usaha yang dipandang perlu dan dari segi ekonomi layak dgunakan. Kep. b. sedangkan untuk golongan berpenghasilan tetap dapat digunakan untuk pembelian atau pembangunan rumah. Kupedes Modal Kerja (Eksploitasi) Diberikan kepada pengusaha sebagai tambahan dana/pembiayaan untuk menukupi kebutuhan modal kerja usahanya atau untuk membiayai keperluan konsumtif maupun non konsumtif bagi golongan berpenghasilan tetap.

020% = 1. 4) SK CPNS (80%).095% . 2) KUR (Kredit Usaha Rakyat) KUR merupakan pinjaman/kredit yang diberikan kepada masyarakat untuk membantu peningkatan usaha masarakat. b.040% = 1. 7) Kartu Pegawai asli.025% = 1. 5) SK PNS (100%). 3) Pas photo suami istri 4 x 6 sebanyak 1 lembar. 5) Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kelurahan.065% = 1. Suku Bunga KUR sesuai Surat Edaran (SE. 6) Surat tanah minimal SK Camat. 4) Foto usaha ukuran Post Card sebanyak 1 lembar. 6) SK Pangkat/Golongan Terakhir. 2) Foto copy Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar.22 (3) Syarat-syarat Kupedes : a. 2) Foto copy Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar. Golongan Berpenghasilan Tetap (Golbertap) : 1) Foto copy KTP suami istri yang masih berlaku sebanyak 1 lembar. 3) Pas photo suami istri 4 x 6 sebanyak 1 lembar. Golongan Pengusaha : 1) Foto copy KTP suami istri yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.90-DIR/ADK/03/2010) adalah sebagai berikut : (1) 1 tahun (2) 2 tahun (3) 3 tahun (4) 4 tahun (5) 5 tahun = 1.

000.000. Tetapi jika transfer dilakukan ke sesame BRI melalui ATM maka tidak dikenakan biaya. .000 dikenakan biaya transfer Rp 3. (2) Foto copy Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar. Selain itu jika transfer dilakukan ke Bank lain melalui Teller maka dikenakan biaya Rp 10.Tbk jika tidak mempunyai rekening PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Ada dua jenis transfer yaitu: 1) Transfer Masuk adalah salah satu pelayanan yang di berikan oleh bank kepada nasabahnya untuk menerima kiriman uang dan selanjutnya diteruskan kepada nasabah atau langsung dimasukkan ke rekeningnya sesuai dengan jumlah uang yang diberikan dalam transfer tersebut. (6) Surat BPKB Sepeda Motor. Transfer Transfer adalah salah satu pelayanan bank kepada masyarakat dengan bersedia melaksanakan amanat nasabah untuk mengirim sejumlah uang yang ditujukan kepada pihak lain yang berada ditempat lain.000 dikenakan biaya 5% dari jumlah dana yang akan di transfer tersebut. Jika transfer dilakukan ke sesama BRI baik di Wilayah Medan maupun di luar wilayah Medan melalui teller tidak dikenakan biaya transfer jika jumlah yang di transfer dibawah Rp 5.000. jika jumlah transfer di atas Rp 5. dan jika jumlah dana yang dikirim diatas Rp 50.000. (3) Pas photo suami istri 4 x 6 sebanyak 1 lembar. g.000 dan ini berlaku bagi nasabah yang mempunyai rekening PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).000. (5) Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kelurahan. (4) Foto usaha ukuran Post Card sebanyak 1 lembar.000 dan jika melalui ATM akan dikenakan biaya Rp 5. Tbk akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp 5.23 Syarat-syarat KUR : (1) Foto copy KTP suami istri yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.000.

Bagi Masyarakat: (1) (2) (3) Aman sampai ke tempat tujuan. Selama melaksanakan praktik kerja lapangan. Kegiatan Selama Praktik Kerja Lapangan Pada hari petama dilaksanakan praktik kerja lapangan. Dapat mengaktifkan dana transfer dalam transaksi pasar uang. Mempelajari produk dan jasa yang ditawarkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan dengan cara membaca buku sales kit yang sebelumnya diberikan oleh pegawai di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan untuk mengetahui produk dan jasa yang ada di PT Bank Rakyat . arahan serta penjelasan mengenai kegiatan operasional PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan secara langsung diberikan oleh Kepala Unit. Adapun kegiatan yang dilakukan selama praktik kerja lapangan adalah sebagai berikut: 1. Dijamin kerahasiaannya. 3) Bagi perekonomian yaitu memperlancar peredaran uang bagi masyarakat B. Manfaat dari Jasa Transfer: 1) Bagi Bank: (1) (2) 2) Pendapatan dari ongkos kirim.24 2) Transfer keluar adalah salah satu pelayanan yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya untuk melakukan pengiriman uang. dibimbing oleh para pegawai PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Unit Marelan sehingga dapat menambah wawasan tentang dunia perbankan yang sebenarnya. baik untuk dimasukkan rekening maupun langsung kepada orang yang dituju sesuai dengan perintah pengamat. Tepat waktu dan cepat. Melipat slip penyetoran sebelum jam operasional dilaksanakan. 2.

Selanjutnya. yaitu: a. Membantu Customer Service dalam melayani nasabah. Setelah itu. Kemudian akan muncul saldo nasabah tersebut dan mengetahui apakah ada transfer yang sudah masuk atau belum. nasabah dibantu mengisi slip penyetoran pertama atas pembukaan rekening. Mengecek saldo nasabah yaitu memasukkan nomor rekening nasabah pada brinet system Teller unit. agar nasabah dapat memilih jenis tabungan yang lebih baik sehingga nasabah dapat memilih jenis tabungan yang diinginkan. Setelah itu. Syarat-syarat tersebut adlah menunjukkan kartu identitas asli seperti KTP/Kartu Pelajar/SIM/KITAS/PASPOR dan menyerahkan fotokopi katu identitas tersebut sebanyak 2 lembar. Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan: b. meminta nasabah tersebut menandatangani pada buku tabungan dengan menggunakan spectroline. c. Jika data diri nasabah tersebut sudah lengkap dibuat maka data tersebut dimasukkan ke dalam brinet system Teller unit yang mempunyai jaringan langsung ke kantor pusat dan kemudian nomor rekening dicetak dalam data statis. e. Kemudian nasabah dibantu mengisi formulir permohonan pembukaan rekening dan formulir data nasabah sesuai dengan data diri nasabah yang ada pada kartu identitas nasabah tersebut serta mengisi KCTT (Kartu Contoh Tanda Tangan) dan meminta nasabah menandatangani KCTT tersebut. . dijelaskan jenisjenis produk tabungan yang ada pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kepada nasabah.25 Indonesia (Persero) Tbk khususnya di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan sehingga penulis dapat menjelaskan produk ataupun jasa yang diinginkan oleh nasabah. Sebelumnya ditanyakan kepada nasabah terlebih dahulu apakah nasabah pernah membuka rekening di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau belum dan apakah nasabah sudah mengetahui syarat-syarat yang diperlukan dalam pembukaan rekening. d. Kemudian memeriksa keaslian kartu identitas. 3. 4.

nomor rekening debitur. Mengisi slip penyetoran pinjaman/pembayaran angsuran kredit yaitu biasanya debitur yang akan membayar/menyetor selalu membawa bukti pembayaran kredit terakhir. kantor cabang/kantor cabang pembantu/PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Unit. Mengarsip data nasabah dan surat masuk maupun surat keluar yaitu data nasabah yang membuka rekening tabungan baru yang telah diperiksa oleh Kepala Unit harus diarsipkan sesuai denagan nomor urut rekening tabungannya setiapsurat . nomor rekening. 8. dan alamat yang sesuai dengan buku tabungan nasabah yang bersangkutan serta jumlah uang yang ditarik/diambil serta mengisi penarikannya apakah dilakukan secara tunai atau pemindahbukuan. dan besarnya angsuran (pokok ditambah bunga) yang dapat dilihat dari bukti pembayaran terakhir yang dibawa olrh debitur pada saat melakukan pembayaran tetapi harus diperiksa juga melalui brinet system Teller unit apakah besarnya angsuran pada bukti pembayaran terakhir tersebut sesuai dengan yang ada pada brinet system Teller unit serta tanggal penyetoran. Cara mengisi slip penyetoran pinjaman yaitu mengisi nama. Mencari data yang dibutuhkan dalam menyusun laporan praktik kr\erja lapangan yaitu mencari tahu tentang kegiatan operasional yang dilakukan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan dan bertanya tentang produk dan jasa yang ditawarkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan serta meminta aplikasi-aplikasi yang digunakan sebagai lampiranlampiran dan Laporan Praktik Kerja Lapangan. 6. nama. 7. 9. nama. nomor rekening. angsuran yang ke berapa. Membantu nasabah dalam mengisi slip penarikan yaitu mengisi tanggal. Membantu nasabah dalam mengisi slip penyetoran yaitu mengisi tanggal. dan kantor cabang/kantor cabang pembantu/PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Unit yang sesuai dengan buku tabungan nasabah yang bersangkutan serta jumlah yang ingin disimpan serta mata uang yang disetor.26 5.

Menyusun dan mengarsip berkas data pinjaman/kredit harus melengkapi persyaratan yang telah ditentukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan seperti fotokopi KTP suami-istri. 10. 14. 13. dan mengisi nomor rekening nasabah serta mencatat nama nasabah tersebut pada masingmasing kolom yang sudah tersedia pada buku register tabuungan. Berdiskusi dan bertanya tentang premi asuransi yang diberikan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan untuk nasabah peminjam (debitur) tentang Kupedes (Kredit Umum Pedesaan) kepada Mantri dan Customer Service. Data-data nasabah tersebut harus disusun ke dalam sebuah map untuk memberikan informasi yang cepat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. pas foto 3 x 4 sebanyank 1 lembar masing-masing.27 keluar yang dibuat oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan maupun surat masuk yang ditujukan kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Marelan harus diarsip sesuai nomor surat yang tertera pada surat dan mencatat tanggal surat serta perihal surat tersebut. 11. Mempelajari prosedur penyaluran kredit yaitu dengan cara membaca buku yan diberikan oleh Mantri dan banyak bertanya sehingga Mantri juga memberi penjelasaan dengan baik secara terperinci tentang prosedur kredit yang dimulai dengan persyaratan mengajukan kredit sampai realisasi pencairan kredit. nomor seri dari buku tabungan baru tersebut. 12. dan fotokopi kartu keluarga bagi peminjam Kredit Usaha Rakyat (KUR) tetapi bagi peminjam kupedes harus juga melampirkan surat tanah atau yang dapat dijadikan sebagai agunan. Mencatat register nasabah baru yaitu setiap nasabah yang memuka rekening tabungan baru harus di-register pada buku register dengan cara mengisi tanggal pembukaan rekening. Menghitung jumlah bukti kas dari bulan November 2009 sampai dengan bulan Maret 2010 yaitu menghitung transaksi yang ada pada masing-masing tanggal .

Mempelajari cara mengisi register 35 CA dan 35 DA pinjaman yaitu dimana 35 CA merupakan reister data nasbah peminjam (debitur) untuk Customer Service dan dari register tersebut dapat diambil nomor pangkalnya. Adapun hambatan yang dihadapi adalah sebagai berikut: 1. terdapat berbagai macam hambatan. 16. 2. Hal ini disebabkan banyaknya nasabah yang datang ke PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk . 17. Mengisi register SKP (Surat Keterangan Permohonan Pinjaman/register 35 B) kepada Mantri yaitu mengisi data nasabah peminjam (debitur) yang telah mengajukan permohonan kredit. Menyusun dan mengurutkan nomor rekening yang ada pada KCTT yaitu berdasarkan nomor rekening yang terendah sampai yang tertinggi dan sesuai dengan urutan tanggal yang ada di KCTT. Hampir setiap hari ada kesulitan dalam melayani nasabah. Sedangkan 35 DA merupakan pencatatan surat-surat berharga yang di agunankan oleh debitur seperti sertifikat tanah yang Customer Service terima dari nasabah peminjam (debitur).28 dalam host teller selalu dibuat setiap hari setelah selesai jam operasional bank dan juga menghitung secara fisik per transaksi. 18. Mengisi register DHKP (Daftar Himpunan Ketetapan Pajak dan Pambayaran) yaitu mencatat tanggal pembayaran PBB pada buku register DHKP sesuai dengan wilayahnya masing-masing karena ada sebagian wilayah yang belum online. Hambatan-Hambatan selama Praktik Kerja Lapangan Dalam melaksanakan praktik kerja lapangan ini. Dalam hal ini terdapat kesulitan dalam menjawab keluhan-keluhan nasabah mengenai gangguan tersebut. 15. Sering terjadinya offline sehingga mengganggu kegiatan operasional Bank dan membuat para nasabah makin banyak yang menunggu. C.

29 Unit Marelan sehingga pelayanan yang diberikan kepada setiap nasabah dilakukan dengan terburu-buru dan tidak semaksimal mungkin. . Kurangnya waktu kegiatan praktik kerja lapangan sehingga belum cukup untuk menguasai seluruh kegiatan operasional bank. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful