Siapakah Yesus ?

BAB I . PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Sebuah pertanyaan yang pantas diajukan sebelum kita membahas makalah ini secara menyeluruh. Siapakah Yesus menurut anda ? Ada orang yang mengatakan Ia guru yang termashyur. Orang lain menyebut Dia nabi, filsuf, allahdunia Barat, atau seorang baik yang patut dicontoh. Memang Yesus adalah orang termahsyur dan guru yang baik, namun Ia lebih dari itu. Ia bukan sekadar filsuf ataupun seorang teladan yang patut kita contoh. Yesus bukan allah dunia barat pula, karena itu kita tidak dapat menyebut Dia allah dunia barat. Yesus lahir di timur tengah hampir 2000 tahun yang lalu.Dia tidak melakukan hal-hal yang biasanya membuat orang terkenal, namun kehidupan-Nya telah mempengaruhi seluruh dunia. Dia tidak pernah membangun tugu-tugu peringatan. Dia tidak pernah memimpin pasukan. Lalu siapakah Dia ?

1

Siapakah Yesus ?

2. Rumusan Masalah
Pada makalah ini, saya akan menggunakan sumber berdasarkan Alkitab untuk membahas Siapakah Yesus ? . Para penulis Alkitab adalah orang yang berbeda-beda. Mereka adalah dokter, raja, nabi, imam, usahawan, petani, gembala, pegawai pemerintah dan nelayan. Allah mencegah orang- orang ini melakukan kesalahan dalam menulis kejadian-kejadian di masa silam, nubuat di masa depan, ataupun pesan -Nya untuk umat manusia setiap zaman dan keadaan. Bertahun-tahun yang lalu, tulisan-tulisan ini dihimpun dan menjadi sebuah Alkitab. Matius, Markus, Lukas, Yohanes menulis kitab -kitab sesuai dengan nama mereka. Kita menyebutnya Injil yang berarti kabar baik. Kabar baik tentang bagaimana Yesus dating ke dunia untuk menyelamatkan kita adalah kabar terbaik yang pernah ada. Allah mengilhami Matius, Markus, Lukas dan Yohanes untuk menulis kabar baik tentang Yesus dari sudut pandang yang berbeda. Matius memperlihatkan Yesus sebagai Raja memerintah dunia dengan kebenaran. keturunan Raja Daud yang akan

Markus memperlihatkan Yesus sebagai Hamba Allah yang melakukan kehendak Allah Hamba yang menderita, yang digambarkan dalam nubuat perjanjian lama, yang dating untuk mati karena dosa-dosa kita. Lukas, seorang dokter Yunani memperlihatkan Yesus sebagai Anak Manusia wakil yang sempurna dan penyembuh penyakit segala umat manusia.
Yohanes menuliskan Injilnya untuk memperlihatkan Yesus sebagai Anak Allah Juruselamat Dunia. Kitabnya mengisahkan seseorang yang dikenalnya. Ia mempunyai hubungan yang erat dengan Dia. Yohanes menuliskannya untuk membuktikan sesuatu membuktikan siapa Yesus itu. Tujuannya adalah meyakinkan semua orang yang membaca kitabnya bahwa orang ini, Yesus, adalah lebih dari sekedar manusia Dialah Allah yang dating dalam rupa manusia. Dan Yohanes bahwa sekalian orang yang percaya Yesus akan menerima hidup kekal. Pernyataan itu luar biasa sekali dan sulit dipercaya. Tetapi apabila kita membaca hal mengenai Yesus yang ditulis dalam Alkitab oleh pengikut-pengikut lainnya, kita melihat bahwa tidak ada yang bertentangan. Semua yang tertulis dalam Alkitab mengenai Yesus adalah benar.

Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah perse kutuan dengan Bapa dan Anak -Nya, Yesus Kristus (1 Yohanes 1 : 3) .

2

makalah berjudul Siapakah Yesus ini bertujuan pula untuk memenuhi tugas mata kuliah Agama. Yesus anak Daud. Tujuan Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh sosok Yesus Kristus agar kita bisa mengetahui siapakah Allah yang kita sembah dalam wujud Manusia. 3 . Melalui makalah ini diharapkan penulis agar pembaca maupun penulis dapat lebih mengenal Yesus Kristus secara pribadi.Siapakah Yesus ? 3. Selain itu. Banyak orang yang beribadah kepada-Nya namun belum mengenal secara pribadi siapakah Allah yang Ia sembah.

akan tetapi Ia akan datang ke dunia untuk lahir sebagai manusia. Mereka memperhatikan bahwa apa yang Yesus lakukan dan katakana cocok sekali dengan nubuat-nubuat para nabi. Allah telah menggenapi janji-Nya. Allah menyebut Dia sebagai benih atau keturunan dari perempuan. Beberapa di antaranya akan dijelaskan pada bagian berikut ini. Para politikus. Ia akan lahir di Betlehem. Nabi-nabi perjanjian lama meramalkan banyak sekali hal penting tentang Mesias. Ia a kan lahir dari seorang perempuan. Allah pun telah membuat janji bagi kita jauh sebelum kelahiran Yesus Kristus. Dalam abad-abad berikutnya. keturunannya akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukan tumitnya (Kejadian 3 : 15). Yang Diurapi akan datang. Nabi Mikha bernubuat : 4 . Allah berbicara melalui para nabi-Nya. Mereka menyadari bahwa sungguh Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah. laki-laki dan perempuan pertama telah berbuat dosa. Mesias yang Dijanjikan Janji merupakan bagian dari kehidupan kita sekalian. Orang tua berjanji untuk melakukan hal-hal bagi anak-anak mereka. Ia selalu sudah ada. bahkan pemilik toko pun membuat janji-janji. Yesus. banyak orang yang sudah mengetahui tentang nubuatnubuat ini memperhatikan sesuatu yang penting sekali.Siapakah Yesus ? BAB II . Adam dan Hawa. usahawan. Manusia dan Ilahi Janji pertama tentang Mesias tertulis dalam Kitab pertama dalam Alkitab. menerangkan tentang Orang ini dan apa yang akan Dia lakukan. antara keturunanmu dan keturunannya. PEMBAHASAN 1. Ketika Yesus datang. Namun Ia bukanlah manusia biasa. Perbuatan itu memisahkan mereka dari Allah dan menjadikan Iblis berkuasa atas mereka. Allah berfirman kepada Iblis : Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini. Allah memberitahukan umat-Nya lebih banyak lagi rincian tentang Juruselamat itu. Tetapi Allah berjanji bahwa seorang Juruselamat akan lahir yang akan menghancurkan kuasanya. di negeri Palestina. Kita semua pernah mengalami menunggu orang lain menepati janjinya kepada kita. Ia adalah kekal. Iblis. Allah berjanji bahwa Mesias. musuh Allah telah membujuk mereka untuk tidak menaati perintah Allah.

Para nabi memberitahukan bilamana. Imam dan Raja Nubuat-nubuat Perjanjian Lama menunjukkan bahwa Mesias itu akan diurapi oleh Roh Allah untuk menjadi Nabi.Siapakah Yesus ? Tetapi engkau. Allah yang Perkasa. Nabi. seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki. Sesuai dengan hal yang dinubuatkan nabi pada Perjanjian Lama. seorang putera telah diberikan untuk kita. Ia akan lahir dari seorang perawan. mendapat tuduhan palsu. tetapi bagaimana pula Ia akan hidup pula dan bersukacita melihat orang-orang yang selamat karena kematian-Nya. lambang pemerintahan ada di atas bahunya. daripadamu akan bangkit bagi -Ku seseorang yang akan memerintah Israel. Salah satu gelar-Nya adalah Imanuel. dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib. Tetapi Ia akan bangkit pula. Imam dan Raja kita. hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda. diejek. Raja Damai (Yesaya 9 : 5). dimana dan bagaimana Ia akan dikhianati oleh sahabat karib-Nya. dan ia akan menamakan Dia Imanuel (Yesaya 7 : 14) . Sebab seorang anak telah lahir untuk kita. Allah menyatakan kepada nabi Yesaya bahwa Juruselamat yang akan datang bersifat manusiawi dan ilahi. Yesus menjadi korban karena dosa kita dan Ia menjadi Juruselamat kita. Ia akan menetapkan patokan yang harus kita patuhi dan 5 . ditahan. Sebagai Imam. sejak dahulu kala (Mikha 5 : 1). Sebagai Raja. yang berarti Allah menyertai kita. Ia akan menjadi juru bicara Allah kepada kita. Ia akan menjadi suara kita kepada Allah. Yesaya pasal lima puluh tiga menjelaskan dengan sempurna bagaimana Allah akan menjadikan Juruselamat itu sebagai korban untuk menebus dosa-dosa kita. Ia akan menjadi tangan Allah untuk menolong dan memimpin kita. Sekitar 700 tahun sebelum Yesus lahir. Bapa yang Kekal. Sebagai Nabi. Kurban dan Juruselamat Allah menyatakan kepada beberapa nabi bahwa Juruselamat itu akan memberikan nyawa-Nya sebagai kurban karena dosa-dosa kita. diadili. yang permulaannya sudah sejak purbakala. hai Betlehem Efrata. dicambuk dan disalibkan. Penggunaan kurban sebagai tanda atau simbol permohonan untuk pengampunan dosa kepada Allah. Semua binatang yang dipersembahkan kepada Allah sebelum kedatangan Yesus Kristus adalah gambaran tentang Dia. Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya. tanpa bapa manusiawi.

antara lain : kematian-Nya sendiri melalui penyaliban. apa yang akan dilakukan oleh para pengikut-Nya. Barulah setelah Yesus datang orang dapat melihat bahwa di dalam Dia.Siapakah Yesus ? meneguhkan pemerintahan Allah dalam kehidupan kita. Besar kekuasaanya dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daun dan di dalam kerajaannya. Dia akan mendirikan kerajaan-Nya untuk dilihat semua orang dan akan memerintah selama-lamanya. Sebagai nabi. kedatangan Roh Kudus. Semua itu terjadi persis dengan yang dikatakan Yesus. 6 . dan merawat orang-orang yang remuk hati. Yesus meramalkan banyak peristiwa. Yesus adalah raja sesungguhnya dari alam semesta. oleh karena Tuhan telah mengurapi aku. karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. penyebaran Injil dan kebinasaan Bait Allah di Yerusalem. Nubuat-nubuat Perjanjian Lama tentang Mesias adalah seperti benang-benang yang terpisah. menurut Melkisedek (Mazmur 110 : 4). untuk memberitakan kebebasana kepada orang -orang tawanan. Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara. Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya di depan umum Ia membacakan nubuat tentang Mesias di hadapan orang banyak dan menyatakan bahwa mereka sedang menyaksikan penggenapan nubuat tersebut di dalam diri-Nya : Roh Tuhan Allah ada padaku. Suatu hari Ia akan kembali ke dunia untuk mereka yang menjadi milik-Nya. dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara . untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan (Yesaya 61 : 1 -2). kebangkitan-Nya setelah tiga hari. Nubuat-nubuat itu ditenun dengan indah dan heran. kembali-Nya ke surga. Tuhan telah bersumpah dan Ia tidak akan menyesal : Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya.

BapaNya. Misalnya. Kita tahu bahwa ayah yang baik akan menyediakan semua kebutuhan anak-anaknya. Allah kita adalah pencipta yang agung. sebenarnya memiliki ayah ataupu menjadi seorang ayah adalah hal yang kita semua alami. Ia selalu bersama-sama dengan Allah. Hal ini tidak perlu mengherankan kita. Sebelum Yesus lahir di Betlehem. Mikha telah menunjukkan asal-usul Mesias : yang permulaannya sejak purbakala. Yesus berdoa : ya Bapa. sejak dahulu kala (Mi kha 5 : 1) . kekal dan termulia. Allah adalah Allah yang esa namun Ia memiliki seorang Anak yang setara dengan Dia dalam kuasa dan kemuliaan. Anak Allah Beberapa fakta tentang Allah lebih mudah dimengerti dari pada yang lain. kita dapat lebih mudah mengerti bagaimana Allah adalah seperti seorang ayah.Siapakah Yesus ? 2. Salah satu fakta yang tidak begitu mudah dimengerti yaitu bahwa Yesus adalah Anak Allah. 7 . Pada malam sebelum kematian-Nya. Pikiran-pikiran-Nya adalah jauh melebihi pikiran yang kita miliki. permuliakanlah Aku pada -Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat -Mu sebelum dunia ada (Yohanes 17 : 5) . Yesus. Fakta-fakta lain tentang Allah tidak begitu mudah dimengerti.

yaitu sang Pencipta. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Yohanes menyebut Yesus sebagai Firman dan ia memulai Injilnya dengan memberitahukan kita : Pada mulanya adalah Firman. kita mempelajari tiga oknum sebagai Allah Bapa. yaitu Yesus. Elohim yang diterjemahkan sebagai Allah. Anak Allah. Ada suatu misteri dalam Perjanjian Lama yang telah membuat bimbang banyak pembaca. Alkitab menggunakan kata esa untuk menyatakan kesatuan. bekerja bersama Dia dalam menciptakan dunia. atau Trinitas yang Kudus yang berarti tiga oknum kudus dalam satu. terdiri atas lebih dari satu oknum. Anak dan Roh Kudus. (Kejadian 1 : 1. Kesatuan ilahi. Mereka selalu bekerja bersama-sama dalam persatuan dan keselarasan yang sempurna. kuasa dan kodrat. Mereka satu dalam maksud.Siapakah Yesus ? Yesus ada bersama-sama Allah. Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Al lah. (Kejadian 1 : 26) Kepada siapakah Allah berbicara ? Yang ditulis Yohanes menolong menerangkan misteri ini. Anak dan Roh. sebagai nama keluarga. Namun lebih dari 2700 kali Perjanjian Lama memakai nama berbentuk jamak untuk Dia Elohim. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan (Yohanes 1 : 1 3) . Kita menyebut mereka Allah Tritunggal. 8 . kadang-kadang dipakai bersama kata ganti jamak untuk melukiskan pekerjaan Allah. Yesus berbicara tentang persatuan-Nya dengan Bapa-Nya sebagai hal menjadi satu. Untuk membedakan. Mereka berbuat demikian dalam penciptaan. ada bersama dengan Allah pada waktu penciptaan. Alkitab mengajarkan bahwa hanya ada satu Allah yang benar. Dan Mereka akan selalu demikian. Mereka berbuat demikian ketika Yesus ada di dunia. dipakai untuk Bapa. Allah mengatakan : Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa kita. Demikianlah halnya dalam uraian tentang penciptaan. yang kita sebut Allah. Yesus. 26) . kita menyebut Bapa itu Allah. Kadang-kadang kata itu dipakai dengan kata kerja untuk bentuk tunggal seolah-olah lebih dari satu orang bertindak seperti satu orang. Nama Allah. menyebut Anak dengan nama-Nya. ketika berada di dunia dan menyebut Roh sebagai Roh Kudus. Ketika pernyataan Allah kepada manusia semakin banyak dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. atau sebagai hal berada di dalam Bapa-Nya dan Bapa-Nya berada di dalam Dia. 2.

Bapa mengakui Yesus sebagai Anak-Nya Kita mengetahui bahwa Yesus adalah Anak Allah. agar mereka juga di dalam Kita supaya mereka menjadi satu. Yesus mengatakan : Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini. tentang siapa kamu berkata : Dia adalah Allah kami (Yohanes 8 : 18. Yesus berkata : Juga Bapa.Siapakah Yesus ? Sama seperti Engkau. lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah (Kisah para Rasul 5 : 77) . sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal. Ia selalu menyebut Allah sebagai Bapa-Nya (bahkan ketika Ia berumur 12 tahun). Yesus memberitahukan kepada orang banyak bahwa Allah mengutus Dia untuk memberikan hidup yang kekal kepada orang yang percaya Dia. Yesus menghormati Bapa-Nya dengan jalan melakukan semua perintah Allah kepada-Nya. Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati. supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa. Sesudah itu Allah mengizinkan beberapa orang melihat Yesus di surga dalam kemuliaan-Nya bersama sang Bapa. di antaranya Stefanus. yang penuh dengan Roh Kudus. Allah menghormati Anak-Nya. Yesus mengakui Allah sebagai Bapa-Nya Yesus mengetahui bahwa Allah adalah Bapa-Nya. 9 . yang mengutus Aku. menatap ke langit. Empat puluh hari setelah kebangkitan-Nya banyak orang yang menyaksikan Dia kembali ke surga. Ia memberitahukan kepada mereka bahwa semua ajaran-Nya serta mujizat-Nya yang menakjubkan itu berasal dari Bapa-Nya. sebab Allah sendiri telah menjelaskannya. Ia mengajar banyak orang tentang betapa ajaibnya Allah itu. Setelah Yesus mati karena dosa kita. bersaksi tentang Aku Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri. ya Bapa. Hal itu diberitahukan-Nya kepada orang lain. Tetapi Stefanus. Dalam doa-doa-Nya Ia menyebut Allah itu Bapa. sama seperti Kita menjadi satu : Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku (Yohanes 17 : 21-23). Bapa-Kulah yang memuliakan Aku. 54). melainkan beroleh hidup yang kekal (Yohanes 3 : 16) . di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau. Allah Bapa menjawab doa Yesus yang dapat kita baca dalam Yohanes 17 : 5. maka kemuliaan-Ku itu sedikit pun tidak ada artinya.

2) Roh Kudus dan 3) tanda-tanda adikodrati. Ketika Yesus secara resmi memulai pekerjaan-Nya. Dan ketika Yesus terangkat ke surga. Yesus diubahkan rupa-Nya di hadapan mereka. Dalam tiga peristiwa orang-orang mendengar Allah berbicara dari langit dan memuliakan Yesus. Allah berfirman lagi dari langit : Inilah Anak yang Kukasihi. Allah memenuhi Yohanes Pembaptis dengan Roh -Nya dan mengutus Dia sebagai utusan khusus untuk memperkenalkan Yesus sebagai Anak Allah dan Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. (Matius 17 : 5) Suara Allah terdengar pada kesempatan ketiga. dan wajah Yesus bercahaya seperti matahari. Ini terjadi ketika Yesus berbicara tentang kematian-Nya. malaikat-malaikat datang untuk menguatkan dan menenteramkan Dia. Maria dan Hana. Roh Kudus turun ke atas-Nya seperti seekor burung merpati. Roh Kudus memenuhi Elisabet. Allah mengutus para utusan surgawi-Nya. Simeon. Roh itu mengurapi Yesus untuk pelayan-Nya sebagai Mesias Yang Diurapi penuh dengan hikmat dan kuasa Allah. untuk memberitahukan kepada manusia bahwa Yesus adalah Anak-Nya. malaikat-malaikat. Malaikat-malaikat mengumumkan kepada gembala-gembala di padang Betlehem bahwa Juruselamat telah lahir. Ketika Yesus dibaptis. Mereka memberitahukan bahwa bayi Yesus adalah Mesias. Untuk bersaksi tentang Anak-Nya Allah memakai banyak tanda. Mereka berkata bahwa sebagaimana Yesus sudah naik ke surge. Malaikat-malaikat menggulingkan batu dari kubur Yesus dan memberitahukan kepada para pengikut-Nya bahwa Ia sudah bangkit dari antara orang mati. 10 . (Matius 3 : 17) Pada kali lain. kepada -Nyalah Aku berkenan. Zakharia. demikian pula Ia akan kembali.Siapakah Yesus ? Allah menghormati Yesus dan memberikan kesaksian-Nya bahwa Yesus adalah Anak-Nya dengan perantaraan : 1) malaikat-malaikat. Pada waktu dua krisis besar terjadi dalam hidup Yesus. Malaikat-malaikat memberitahukan kepada Yusuf dan Maria bahwa bayi yang akan lahir itu adalah Anak Allah. Ia berbicara melalui mereka. Allah mengirim Roh-Nya untuk menghormati Yesus dan memberitahu oran gorang siapakah Dia itu. Sebuah bintang memimpin orang-orang majus kepada bayi Yesus. mereka mendengar Allah berfirman : Inilah Anak yang Kukasihi. kepada -Nyalah Aku berkenan. Allah memberikan kepada para pengikut Yesus sekilas pandangan tentang kemuliaan Anak-Nya. malaikat-malaikat menampakkan diri kepada orangorang yang sedang melihat ke atas.

Dalam surat-suratnya Yohanes mengulangi pesan Allah bahwa satu-satunya jalan untuk memperoleh hidup kekal adalah di dalam Anak -Nya. dan tabir Bait Suci yang tergantung sebagai penghalang di depan tempat mahasuci terbelah menjadi dua.Siapakah Yesus ? Bapa. Tiga hari kemudia Allah memuliakan Anak-Nya dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati. matahari ditutupi kegelapan. Yohanes menulis Injilnya untuk membuktikan bahwa Yesus adalah Anak Allah. dan Aku akan memuliakan-Nya lagi. Seharusnyalah semua orang yang percaya kepada Allah mempercayai kesaksian-Nya tentang Yesus. telah berbuat demikian karena mereka percaya pada-Nya. muliakanlah nama-Mu ! Maka terdengarlah suara dari surga. percaya pada-Nya. Para Pengikut itu Mengakui Sang Anak Orang-orang. Dengan terang-terangan mereka menyatakan iman mereka akan Dia. Allah juga memberikan banyak tanda. sesuai pengakuan Yesus sendiri tentang diri Nya. Anak-Nya. Bagaimana kita melakukan hal itu ? Kita menyerahkan hidup kita kepada-Nya. Ia menjawab doa mereka dan mengadakan mujizat-mujizat. Ketika para murid berdoa kepada Allah dalam nama Yesus. (Matius 16 : 16) Tomas menjawab Dia : Ya Tuhanku dan Allahku! (Yohanes 20 : 28) Bagaimana halnya dengan para pengikut Yesus dewasa ini ? Bagaimana kita mengakui Dia ? Hanya dengan menjadi anggota suatu gereja ? Atau dengan disebut orang Kristen ? Untuk menjadi orang Kristen yang sungguh. Mereka mengakui bahwa Ialah Anak Allah sebagaimana yang dikatakan-Nya. dan ikut ke mana pun Ia memimpin kita. kita harus percaya kepada Tuhan Yesus Kristus mengakui Dia sebagai Anak Allah dan Juruselamat kita. Bumi berguncang. Maka jawab Simon Petrus : Engkau adalah Mesias. (Yohanes 12 : 28) Semua mujizat Yesus selama Ia hidup di dunia merupakan kesaksian dari Allah bahwa Yesus memang Anak Allah. ketika Ia di dunia ini. Sesudah itu Ia mengizinkan beberapa orang yang melihat Yesus di surga di samping Bapa-Nya. Kemudian Allah membawa Dia pulang ke surga di hadapan orang banyak. Aku telah memuliakan-Nya. 11 . yang mengikuti Yesus. agar kita dapat percaya pada-Nya dan memperoleh hidup yang kekal. Ketika Yesus mati. Anak Allah yang hidup.

kita ada bagian dalam hidup ilahi Nya apabila kita bersatu dengan-Nya. ia memiliki hidup. Karena itu.Siapakah Yesus ? Semua yang tercantum di sini telah dicatat. 12 . Anak Allah dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya (Yohanes 20 : 31). Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. barangsiapa tidak memiliki Anak. bahwa Yesuslah Mesias. Yesus Kristus adalah Anak Allah. ia tidak memiliki hidup (1 Yohanes 5 : 11-12). Barangsiapa memiliki Anak. supaya kamu percaya.

Sebutan Anak Manusia menekankan empat hal tentang Yesus : 1.Siapakah Yesus ? 3. karena Ia adalah Allah dan juga manusia. 2. Inilah yang diajarkan Alkitab. Yesus. Anak Manusia Dalam seluruh alam semesta. Yesus. Dengan senang hati Ia menjadi seperti manusia. Yesus adalah benar-benar manusia. 13 . Dalam bahasa Ibrani disebut Ben Adham. Yesus Kristus. adalah benih perempuan yang dijanjikan kepada Adam dan Hawa Keturunan mereka yang akan mengalahkan Iblis. Tetapi apa sebabnya Yesus mau menjadi manusia? Yang Ia lakukan adalah seperti seorang kaya meninggalkan istananya yang indah dan segala miliknya untuk menjadi miskin sekali. Anak Adam. Ia mempunyai sifat manusiawi sejati. Istilah ini dapat diterjemahkan sebagai Anak Adam. Namun. Sebenarnya gelar Anak Manusia merupakan nama yang paling sering Ia gunakan untuk menunjuk diri-Nya sendiri. Apa yang terjadi ketika Yesus menggabungkan diri dengan umat manusia ? Apakah Ia menjadi kurang ilahi ketika menjadi manusia ? Apakah Ia sungguh sungguh bisa menjadi manusia jikalau Ia terus menjadi Allah ? Penjelmaan-Nya Kata Penjelmaan berasal dari dua kata yang berarti dalam daging . Anak Manusia. atau Anak Umat Manusia. Tubuh-Nya bukan hanya suatu samara yang digunakan Allah untuk menampakkan diri-Nya. adalah Allah yang menjelma keallahan yang berselimutkan kemanusiaan. Anak Allah. Nama itu terdapat tujuh puluh Sembilan kali di dalam Injil. Tidak ada seorang lain seperti Dia. Allah masuk ke dunia ini dalam rupa manusia. Yesus mempunyai sifat khas. Dengan suka rela Ia minggalkan tempat ilahi-Nya yang Ia diami bersama Allah. Yesus melakukan ini bahkan lebih lagi. Atau seperti seorang raja perkasa meninggalkan semua orang yang menghormati dan menaatinya untuk menjadi seorang yang dibenci dan dihina. Sebutan Anak Manusia berbicara kepada kita terutama tentang penjelmaan Yesus dan misi-Nya. Anak Manusia adalah sebutan untuk Mesias dalam nubuat-nubuat Perjanjian Lama.

Sifat manusia dan kodrat ilahi menyatu secara sempurna dalam satu wujud Yesus Kristus. dianiaya serta memberi hidup-Nya untuk melayani dan menjadi korban karena orang lain. diejek. datang untuk seluruh umat manusia. Ia mengenakan sifat manusia yang Ia ciptakan. Yesus. 4. Untuk menjadi manusia sejati dan wakil kita. Seringkali Ia lapar. kegagalan dan dukacita. dan memang demikian yang terjadi. Yesus menanggalkan keadaan-Nya yang abadi dan mengenakan tubuh manusia dengan semua kelemahannya. sebagai Allah. Sumber-sumber rohani yang tersedia bagi sekalian orang. 3. bersekolah dan belajar membaca. Dialah Mesias untuk sekalian manusia. Sumber segala hikmat dan pengetahuan. Walaupun Yesus mempunyai ibu manusiawi. bukan hanya untuk satu bangsa satu masa atau satu tempat. Yesus datrang ke dunia untuk suatu tugas yang hanya dapat dilaksanakan dengan menjadi wakil yang sejati dari umat manusia.Siapakah Yesus ? 3. menulis dan menelaah Firman Allah. Melalui kelahiran dari seorang perawan yang telah dinubuatkan Yesaya. Tubuh manusia dan sifat manusia. atau bahwa Ia berhenti menjadi Allah ketika Ia menjadi manusia. Ia mengalami sukacita dan ketakutan manusiawi. Dengan demikian Ia dapat diserang penyakit. Ia bekerja sebagai tukang kayu. dan menerima kedudukan sebagai hamba diolok. Mengatakan bahwa Yesus menjadi manusia tidak berarti bahwa Allah berubah menjadi manusia. Anak Allah itu tetap Allah. kekecewaan. Namun ada suatu perbedaan besar. Anak Adam. 2. 14 . Ia melakukan sesuatu yang tak pernah dibuat sebelumnya. Ia meninggalkan tahta-Nya di surga. Dia Lahir dari Seorang Perawan Melalui perbuatan atau mujizat apakah Anak Allah menjadi Anak Manusia ? Dia harus lahir. Keadaan hidup di antara manusia. Hal itu kita sebut penjelmaan. tempat sekalian malaikat menyembah Dia. Ia mengerti kesedihan. Allah datang untuk hidup di antara manusia dan menjadi satu dengan mereka. Pencipta alam semesta menanggalkan kuasa diri-Nya sendiri dan menjadi bayi yang tidak berdaya. Yesus membatasi diri-Nya dengan : 1. Allah sejati dan manusia sejati. Allah sendir i yang menjadi AyahNya. dahaga dan lelah. Tetapi ketika Ia menjadi Anak Manusia. penderitaan dan kematian.

namun ia tetap suci. Ia mengharapkan kekuatan dan kuasa dari Allah. Ia mengubahkan orang berdosa. Mereka tidak mengubahkan Dia. Yesus membenci dosa dan menentang dosa. Ia berwenang : 1) menanggung kesalahan kita dan mati karena dosa kita. jujur dan tulus hati penuh kasih terhadap Allah dan terhadap sesamaNya manusia. Yesus menghadapi segala macam pencobaan yang dihadapi oleh anak laki-laki dan pemuda-pemuda lainnya. Ia memberitahu semua orang bahwa mujizat-mujizat-Nya dilakukan oleh ROha Allah yang bekerja melalui Dia. Musuh-musuh-Nya pun tidak mendapati kesalahan pada diri-Nya. 15 . Yesus mengutip Alkitab dan menerapkannya pada situasi itu. yaitu hidup yang kekal dan kebahagiaan dalam rumah Allah. Ketika menyurat kepada jemaat di Filipi. Sebagai wakil umat manusia. rasul Paulus melukiskan bagaimana Yesus dengan rela merendahkan diri-Nya untuk menjadi Juruselamat kita dan bagiamana Allah telah meninggikan Dia dan akan meninggikan Dia (Filipi 2 : 6 -11). Ia berdoa dan Allah menjawab doa-doa-Nya. Dalam masa pertumbuhan-Nya.Siapakah Yesus ? Yesus menyatakan pola Allah kepada kita dengan jalan membatasi diri-Nya pada kuasa dan metode-metode rohani yang tersedia bagi kita sekalian. tetapi Ia mengaasihi orang berdosa. dan 2) member kita kebenaran-Nya (keadaan yang benar di hadapan Allah) dan segala berkat yang dijanjikan kepada setiap orang yang melakukan hukum-hukum Allah. Di dalam Dia tidak terdapat kesalahan atau kelemahan. Ia berhak menerima segala berkat yang dijanjikan kepada setiap orang yang melakukan hokum-hukum Allah. Ia terkenal sebagai sahabat orang berdosa. Yesus menjalankan hidup yang sempurna. Sebagai pengganti kita yang sempurna. Namun Ia tidak pernah berbuat dosa. Ia melaksanakan setiap hokum Allah. Ia pergi ke rumah Allah dan mempelajari Firman-Nya. dan Ia hanya mengajarkan halhal yang disuruhkan Allah. Ketika Iblis menggoda Dia untuk berbuat dosa. Hidup Yesus yang sempurna adalah bagian dari tugas -Nya sebagai anak Manusia.

g penuh dengan kasih -Nya. Kita dapat mengenal Allah dengan jalan mengenal Yesus. Dan orang-orang yang hendak diselamatkan-Nya malah memperolok-olok Dia menjelang kematian-Nya. ampunilah mereka. Ia adalah penjelmaan kasih dan Ia menyatakan kasih-Nya dalam tindakanNya. Ia menyembuhkan ratusan orang sakit. Walaupun demikian. Dia. Seperti penjahat biasa Ia dipakukan di kayu salib di antara dua penjahat.Siapakah Yesus ? Iblis berusaha agar Yesus berbuat dosa dan menyeleweng dari tugas hidupNya. dan 4) Pengantaraan. (Lukas 23 : 34) Hidup Yesus yang sempurna tidak berakhir di dalam kubur. Kamu tahu tentang Yesus dari Nazaret.38). Mereka melontarkan tuduhan palsu terhadap Dia dan menghasut agar Dia disalibkan (tepat seperti yang dinubuatkan nabi Yesaya). Ialah Nabi dan Guru terbesar. Tetapi Yesus menolak semua pencobaan dan melaksanakan tugas-Nya. sebab Allah menyertai Dia (Kisah para Rasul 10 : 37. Hanya dengan suatu jamahan atau satu perintah. Kebaikan Yesus tidak memiliki kejahatan serta dengan penyerahan kepada kehendak Allah. Yesus hidup sebagai manusia untuk menujukkan keadaan Allah kepada kita. yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis. bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa. Akan tetapi para pemimpin agama pada zaman Yesus cemburu akan Dia dan tidak mau menerima Dia sebagai Mesias. 3) Penggantian. 16 . sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. Ia tidak hanya menolak untuk berbuat yang benar. Orang-orang berdosa datang kepada-Nya dan menerima keampunan. dan hidup baru yang indah yan. Sekali kelak Ia akan kembali ke dunia untuk memerintah dunia dengan keadilan yang sempurna dan damai sejahtera yang kekal. penyucian dari dosa. yaitu menyelamatkan kita. Pada usia 30 tahun Yesus memulai pelayanan-Nya di depan umum. dan sekarang Ia di sana sebagai Wakil kita. yang pernah ada di dunia. damai. 2) Persiapan. Yesus tetap mengasihi mereka dan berdoa : Ya Bapa. kembalilah Ia ke surga. Pada hari yang ketiga Allah Bapa membangkitkan Dia. Mengapa Allah menjadikan manusia ? Mengapa Ia mengenakan tubuh manusiawi dan menambahkan sifat manusiawi kepada sifat ilahi-Nya ? Mengapa penjelasan itu perlu ? Dapat diringkaskan jawabannya dalam empat kata : 1) Penyataan. Ia mengajar orang banyak tentang Allah dan bagaimana mereka dapat memperoleh bagian dalam kerajaan-Nya. Empat puluh hari sesudah itu.

Kini Ia adalah Raja dalam hidup orang -orang yang menerima Dia. merupakan persiapan yang perlu bagi tugasNya. Yesus harus menjadi manusia agar Ia dapat menjadi Imam kita. Ia menunjukkan kepada kita hidup yang dapat kita miliki bila Ia hidup di dalam kita dan mejadikan kita anak-anak Allah. maka Ia dapat men olong mereka yang dicobai (Ibrani 2 : 17. hikmat dan kasih-Nya. Ialah patokan untuk kita mengukur perkataan. serta rencana Allah bagi kita. Itulah sebabnya. Ia belajar nilai ketaatan melalui penderitaan-Nya sendiri. Pengalaman Yesus sebagai manusia menyiapkan Dia untuk memerintah manusia. Ia mengerti persoalan-persoalan kita. 17 . dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus (Efesus 4 : 13). Keadaan-Nya yang tidak berdosa menunjukkan bahwa Ia berlayak menjadi pengganti kita. Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah. Hidup Yesus juga menyatakan bahwa Ia memenuhi syarat untuk melaksanakan tugas-Nya. yang menyiapkan Dia untuk menjadi wakil kita dan hakim kita. supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa. Ia mengerti kita. Kuasa. Pengalaman-Nya member pengertian kepada-Nya tentang sifat manusia. Hidup Yesus sebagai manusia.kedewasaan penuh. yang telah mati untuk dunia ini. kemungkinan yang ada. Dan sebab Ia mati karena kita.Siapakah Yesus ? Anak Allah menjadi manusia untuk menunjukkan kepada kita bagaimana kemanusiaan yang sempurna itu. Ialah teladan kita. pikiran dan perbuatan kita. Iapun berhak memerintah hidup kita. membuktikan bahwa Ia berhak menjadi Raja kita. Sekali kelak Ia.18). Anak Manusia wakil yang sempurna dari umat Adam akan jadi Penguasa umat itu. oleh sebab Ia mengetahui persis apa yang kita perlukan. Ia akan menjadi Raja yang sempurna. juga akan memerintah dunia. Selagi di dunia Yesus berdoa untuk para pengikut-Nya. Dan sekarang dengan pengertian yang mendalam tentang kebutuhan kita Ia berdoa di surga untuk kita. Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan. Dalam hidup dan perangai Yesus yang sempurna kita melihat pola umat manusia. maka dalam segal a hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya. Ia telah merasakan kelemahan kita.

dan di dalam Dia kita bebas dari dosa dan kesalahan yang menceraikan kita dari Allah. Ia tidak bisa mati. Kekuasaannya ialah kekuasaan kekal. Yesus datang untuk menjadi pengantara suatu perjanjian atau persetujuan yang baru di antara Allah dan manusia. Salib-Nya 18 .Siapakah Yesus ? Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu. Tetapi sebagai Allah. di antara Allah yang kudus dan manusia yang durhaka dan jahat. Satusatunya cara untuk menyelamatkan kita ialah Allah sendiri harus menanggung hukuman kita. Yesus dilahirkan agar Ia bisa mati. Tetapi kasih Allah menemukan suatu jalan untuk menjembatani jurang itu dan membawa manusia kembali kepada diri-Nya. dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah (Daniel 7 : 13. Pengantara itu bertanggung jawab dalam hal mengatur agar semua penagih menerima kembali uang yang dipinjamkan mereka. Ia menyatukan kita dengan diri-Nya supaya kita dapat mengambil bagian dalam segala hak-Nya sebagai Anak Allah. dan ia dibawa ke hadapan -Nya. suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan ke kuasaan sebagai raja. yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia (1 Timotius 2 : 5. Dalam zaman Perjanjian Baru pengantara diangkat oleh pengadilan untuk mewakili seorang yang bangkrut dan untuk menguruskan segala persoalannya. Segenap umat manusia telah berbuat dosan dan dihukum mati untuk selama-lamanya. Itulah sebabnya Ia menjadi manusia untuk mati ganti kita dan menyelamatkan kita dari dosa kita. yang tidak akan lenyap. Jika semua kekayaan orang yang bangkrut itu tidak cukup untuk membayar utangnya. maka orang-orang dari segala bangsa. Ia bangkit dari antara orang mati dan menawarkan suatu tempat di dalam kerajaan-Nya yang kekal kepada semua orang yang menerima Dia. Kematian-Nya menutupi segala utang dosa kita. 14). Yesus tidak hanya mati ganti kita di kayu salib. maka pengantara itu sendiri yang harus membayarnya. 6). yaitu manusia Kristus Yesus. tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu. Alangkah indahnya hal ini menggambarkan Yesus ! Dialah Pengantara kita di hadapan Allah. Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia. Kita semuanya tanpa kecuali. Yesus menjadi manusia supaya dapat mendamaikan Allah dengan manusia. Dosa membuka suatu jurang yang tak dapat dilalui.

Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang. (Lukas 19 : 10) 19 . Allah mengutus Anak-Nya. Ayat-ayat itu menolong kita untuk mengerti sebab-sebabnya Yesus menjadi Anak Manusia. supaya kita diterima menjadi anak (Galatia 4 : 4. Anak Allah menjadi Anak Manusia.Siapakah Yesus ? menjembatani jurang itu. Ia diutus untuk men ebus mereka. yang takluk kepada hukum Taurat. Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita. Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar. Yesus mencapai kita dan mengangkat kita ke satu dunia yang lebih baik. Ia memeberikan perangai baru kepada kita perangai-Nya dan menjadikan kita anak-anak Allah. supaya kita dapat menjadi anak-anak Allah. yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. 5). Di seluruh Perjanjian Baru kita menemukan ayat-ayat yang memberitahukan maksud Allah bagi kita. Dengan mengambil sifat manusiawi. supaya Ia membawa kita kepada Allah (1 Petrus 3 : 18).

Permulaan dan akhir dari segala sesuatu yang Allah ingin kita ketahui ada di dalam Yesus Kristus. tetapi penyataan yang penting jelas tentang perangai-Nya adalah Anak-Nya Firman Allah yang hidup. Allah adalah roh. dan ajaran-ajaran Yesus menyatakan Allah dalam cara yang dapat dimengerti oleh manusia. Tetapi sebenarnya. Yesus. Yesus menyatakan Allah kepada kita melalui kepribadian manusiawi. memberikan bentuk pada apa yang ada di dalam batin dan pikiran kita. Kita tidak perlu bertanya-tanya seperti apa Allah itu. Kehidupan. Nabi-nabi dan orang-orang bijak telah menyampaikan kata-kata tentang Allah dan dari Allah. Kita mengunakan kata-kata untuk mengungkapkan perasaanperasaan batin. Allah telah berfirman kepada manusia melalui banyak cara. sempurna dan tidak nampak itu ? Bagaimanakah Allah dapat menyatakan diri-Nya kepada kita ? Di dalam Yesuslah jawabannya. AnakNya. Biasanya kita berkomunikasi hampir secara tidak kita sadari. Firman Itu Pernahkah kita bayangkan bagaimana rasanya jika tidak bisa bicara ? Jikalau sama sekali tidak dapt berkomunikasi dengan orang lain ? Pengalaman yang sangat mengerikan penuh dengan keterasingan ! Kebanyakan kita mudah berkomunikasi dengan orang lain. dan Ia ingin kita mengenal Dia. Dialah Firman Allah yang hidup. dan kata-kata mereka benar adanya. Dialah yang menyatakan -Nya (Yohanes 1 : 18). Melaluinya orang dapat mengenal kita dan kita pun dapat mengenal mereka. Dewasa ini. Dia telah berfirman ! Bagaimana ? Dengan mengirim Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia. Seperti apakah Allah ? Kita dapat mengetahuinya dengan jalan memandang Yesus. setiap hari kita memakai ratusan kata. Ialah Komunikator agung. yang berkuasa. Ia tidak hanya menyampaikan kata-kata Allah. mendengar atau meraba Dia dengan pancaindera kita. Kita tidak dapat melihat. bagaimanakah kita dapat mengenal Allah ? Bagaimanakah manusia berdosa yang lemah dapat mengerti Allah yang mahakuasa. Kalau begitu. Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah. Allah berfirman kepada kita bila kita membaca perihal Yesus. yang ada di pangkuan Bapa. 20 .Siapakah Yesus ? 4. keinginan-keinginan. Kesanggupan kita untuk berkomunikasi datang dari Allah yang menciptakan kita. bahkan penuh kuasa ilahi. pekerjaan. tetapi Anak Tunggal Allah. Akan tetapi Yesus Kristus berbuat jauh lebih dari itu.

Ia memperlihatkan peringai Allah. hikmat. Ia membenci dosa dan kemunafikan. Yesus adalah Guru agung. Keadilan Allah menuntut hukuman mati bagi dosa. kuasa dan kasih Allah. keadilan.Siapakah Yesus ? Pada mulanya adalah Firman. Firman itu telah menjadi manusia. tetapi Ia berkata : Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri. dan diam di antara kita. Alangkah besar kasih-Nya itu ! Alangkah ajaibnya Allah kita ! Yesus menyatakan perasaan. dan dalam pribadi-Nya. kebaikan. sebagaimana diajarkan Bapa kepada -Ku. Dialah kasih Allah yang sedang bertindak ketika Ia melayani kebutuhan manusia dan memberikan hidup-Nya untuk orang lain. (Yohanes 15 : 15) Kalau begitu. Kebenaran-kebenaran ini terdapat dalam Firman Allah yang tertulis. pikiran dan rencana Allah dalam ajaran-ajaranNya. Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia memberitahu tentang kehidupan yang indah. Ia berbicara tentang kekudusan. Ia rindu agar anak-anakNya yang sedang mengembara itu meningalkan dosa mereka dan kembali kepadaNya. yang telah direncanakan-Nya bagi kita di dalam kerajaan-Nya yang kekal. Yesus tidak hanya mengajar orang tentang Allah. Hikmat dalam ajaran-ajaran-Nya itu tetap menakjukan dunia. tetapi Aku berbicara tentang hal-hal. 21 . yang dengan lemah-lembut memelihara anak-anak-Nya. Kasih-Nyalah yang menyebabkan Ia berdoa mohon pengampunan bagi mereka yang sedang menyalibkan Dia. Ia memberitahukan bagaimana caranya kita dapat diselamatkan dan memberi kita peraturan-peraturan untuk mencapai hidup yang bahagia. tempat Yesus mati karena dosa kita. (Yohanes 8 : 28) Aku telah memberitahukan kepada kamu segal a sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. kita dapat percaya bahwa ajaran-ajaran Yesus adalah suatu penyataan yang benar tentang Allah sebagai Bapa yang maha-bijaksana dan pengasih di dalam surga. kita melihat kenyataan yang paling jelas tentang keadilan dan kasih Allah. tetapi Ia mengasihi orang berdosa. Orang-orang melihat sifat-sifat baik ini di dalam Dia. 14). rahmat. Ia mengumumkan standar moral tertinggi yang pernah diketahui dunia dan Ia hidup seturut standar itu. dan kita telah melihat kemuliaan -Nya penuh kasih karunia dan kebenaran (Yo hanes 1 : 1. Di kayu salib. Kasih Allah terhadap orang berdosa membuat Ia mengalami kematian ganti orang berdosa.

Yesus menunjukkan kepada kita bahwa Allah bukan saja menolong kita. apa saja. Selagi di dunia. mengampuni dan memenuhi segala kebutuhan kita saat ini. dan mengatakan bahwa tindakan-Nya membuktikan bahwa Ia diutus Allah. dengan kuasa Allah. Allah menangisi dukacita sahabat-sahabat-Nya. Hal-hal itu membuktikan bahwa Allah mau menyembuhkan. pada diri-Nya sendiri. tetapi juga Allah mempunyai kuasa untuk menolong kita. Firman yang hidup itu. Delapan kali Ia menggunakan nama Allah. bahwa Bapa yang mengutus Aku. penderitaan umat manusia. (Yohanes 5 : 36) Yesus juga menunjukkan kepada kita kehidupan yang diingini Allah dari kita. Kita dapat berharap pada-Nya. Yesus menyembuhkan orang sakit dan mengampuni orang berdosa. Allah menginginkan hal yang sama dari kita. Pada kali yang lain. Tetapi apakah dan bagaimanakah keadaan Allah itu ? Akan berbuat apakah Dia ? Yesus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dalam khotbah-khotbah-Nya yang tersurat dalam Injil Yohanes. Mujizat yang dikerjakan Yesus menunjukkan bahwa Allah sedia dan sanggup menolong kita. Di dalam Dia. Aku Ada (Akulah). Banyak nama Allah terdapat dalam Alkitab. Ia menyuruh Musa memberitahukan bangsa itu bahwa Aku Ada telah mengutus dia. Ketika Allah memanggil Musa untuk memimpin umat-Nya. rasa bersalah dan ketakutan. Ia memenuhi keperluan orang-orang. Nama ini memberitahukan kepada kita bahwa Allah adalah kekal. kemunafikan. menyatakan perasaan Allah. Murka Allah berkobar-kobar melawan kepura-puraan. dan penyalahgunaan agama untuk mencari untung. Ia menaati Bapa-Nya dan hidup dalam persekutuan yang akrab dengan Bapa-Nya. Jawab Allah : Aku Akan Ada. yaitu Firman itu. tidak berubah dan selalu hadir. karena penyataan sejati tentang Allah. Musa menanyakan nama-Nya. Dia ada sebagaimana Dia ada dan Dia melakukan apa yang Dia berniat lakukan. Allah memberitahukan bahwa Ia ingin manusia berbahagia dan terlepas dari sakit penyakit dosa. Segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada -Ku. Yesus. Timbullah rasa kasihan Allah ketika Ia melihat banyak orang yang tersesat dalam dosa laksana domba yang tak bergembala. Pernah Ia memakainya untuk melukiskan sifat-Nya yang kekal. Yesus memakai nama Allah untuk menerangkan peringai Allah dan peringai-Nya sendiri untuk menunjukkan apa yang diperbuat Allah bagi orang22 . Di dalam Dia tidak terdapat tipu daya. menolong kita mengerti nama-nama itu.Siapakah Yesus ? Yesus. yang Aku Ada. Yesus mengajarkan bahwa Ia datang untuk melakukan kehendak Bapa-Nya. dan ketidakpercayaan sebuah kota yang menolak Dia yang akan segera hancur. supaya Aku melaksanakannya itulah yang member kesaksi an tentang Aku. dengan memberitahukan bahwa Ia sudah ada sebelum Abraham.

Keselamatan kita. hati dan jiwa yang hancur. Yesus. Semua nama ini adalah berdasarkan penyataan pribadi Allah dan nama-nama itu memberitahukan kepada kita siapa Dia dan apa yang dilakukan-Nya bagi manusia. Tabib yang Agung. Yohanes 8 : 12 Sebelum Abraham jadi. Yohanes 6 : 35 Akulah terang dunia . Yehova-yireh Tuhan akan menyediakan. Yohanes 10 : 9 Akulah gembala yang baik . pikiran. Aku Ada yang agung itu akan memenuhi segala keperluan kita. Yohanes 14 : 6 Akulah pokok anggur yang benar .Siapakah Yesus ? orang yang datang kepada-Nya. Sekarang Ia hidup untuk memelihara semua orang yang mengikut Dia. 5. bersumber pada Diri-Nya sendiri. sejahtera dengan diri kita dan sejahtera dengan orang lain. Nama itu dirangkaikan dengan kata-kata lain untuk membentuk beberapa nama majemuk dalam Perjanjian Lama. Yesus Gembala yang baik mati untuk menyelamatkan kita. menyembuhkan badan. 7. 6. Yohanes 11 : 25 Akulah jalan dan kebenaran dan hidup . 23 . Penyembuh kita. 2. Gembalaku. 3. Akulah roti hidup . Yesus adalah anak domba yang disediakan Allah untuk menghapus kesalahan kita dan mati ganti kita. Yehova-shalom Tuhan. Yohanes 10 : 11 Akulah kebangkitan dan hidup . 1. Yehova-ropheka Tuhan. Yesus Firman yang menyatakan Allah kepada kita itu memperlihatkan kebenaran dari nama-nama Allah. Aku telah ada . Yesus memberikan kepada kita sejahtera batiniah yang tidak bergantung pada keadaan sejahtera dengan Allah. 8. Yohanes 15 : 1 Yehova adalah bahasa kita untuk Akulah yang memiliki artian Yang Kekal atau Yang keberadaan-Nya. Yohanes 8 : 56 Akulah pintu. 4. Yehova-rohi Tuhanlah.

Tuhan akan menjadi Kebenaran kita. Panji kita. maka Tuhan akan menyediakan keperluan kita. Yehova-nissi Tuhan. Yesus akan menjadi semuanya itu bagi kita. Kemenangan dan Kekuatan kita. menyertai kita dan menjadi Kemenangan kita. 24 . Hanya dengan jalan persatuan dengan Yesus dapatlah kita memiliki hidup yang benar dan hubungan yang betul dengan Allah. jika kita menyerahkan hidup kita kepadaNya. Dengan Dia kita bisa menjadi kuat dan menang dalam peperangan hidup sehari-hari. mengaku dosa dan menerima Dia dalam kehidupan kita.Siapakah Yesus ? Yehova-tsidkenu Tuhan. Hanya ada satu jalan untuk memperoleh hati dan hidup yang suci. Tuhan akan menyembuhkan kita. Gelar ini berarti bahwa Yesus adalah Pemimpin kita. Yehova-shammah Tuhan hadir. Kebenaran kita. Dialah kebenaran kita. Ia selalu dekat untuk menolong kita. Yesus telah berjanji akan menyertai kita senantiasa. Apakah arti nama-nama itu bagi kita ? Nama-nama itu berarti bahwa jika kita mempunyai Yesus sebagai Juruselamat kita. Tuhan akan menjadi Sejahtera kita.

Allah datang ke dunia dalam bentuk wujud Anak Manusia yaitu Yesus untuk mengadakan perdamaian dengan manusia. Lihatlah. namun Ia adalah sahabat orang berdosa. Yang Mahakuasa. PENUTUP 1. Ia akan mengalahkan semua kejahatan dan memerintah selamalamanya sebagai Raja segala raja dan Tuan atas segala tuan. Ia mempunyai hak ganda untuk memerintah : Ia menciptakan dunia dan Ia menebus dunia dengan darah -Nya. tidak pernah berbuat dosa meskip un Ia ada dalam wujud seorang manusia dan memiliki sifat manusiawi sama seperti manusia lainnya. Allah tidak ingin umat-Nya hilang tersesat dalam kubangan dosa. Ia datang dengan awan-awan Aku adalah Alfa dan Omega. Yesus adalah yang pertama permulaan dan sumber kenyataan.Siapakah Yesus ? BAB III . Ia akan membuat segala sesuatu saling berhubungan dengan sepatutnya. saya sebagai penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah serta Anak Manusia Mesias yang Dijanjikan oleh Allah Bapa dan Yesus itu adalah satu kesatuan dengan Allah. Beberapa hal penting yang dapat disimpulkan dari makalah ini adalah : 1. Yesus adalah juga yang terakhir Yang akan melaksanakan penggenapa maksud abadi Allah. (Wahyu 1 : 7. Melalu makalah ini pula penulis dapat lebih mengenal Yesus dan penulis berharap semoga pembaca makalah ini pun semakin mengenal siapakah Yesus yang kita sembah dan puji. Ia datang untuk menjadi perantara antara manusia dengan Allah. Yesus bersama-sama dengan Bapa dan Roh Kudus ada dalam penciptaan. 8) Yesus Kristus akan datang untuk memiliki dunia ini. Kematian-Nya di atas kayu salib sebagai ganti dosa manusia menunjukkan betapa besar kasih Allah kepada manusia berdosa. yang ada dan sudah ada dan yang akan datang. Betapa ajaibnya Allah kita ! Melalui makalah ini dijelaskan bahwa Yesus adalah Tuhan atas gereja dan kehidupan orang Kristen. Firman Tuhan Allah. Kesimpulan Setelah mempelajari mengenai Siapakah Yesus dari berbagai sumber. Yesus sebagai Anak Manusia yang sempurna. Ia tidak membenci orang berdosa. 3 & Yehezkiel 18 : 20) 25 . Kita memerlukan suatu Juruselamat (Roma 3 : 2.

Siapakah Yesus ? 2. Yohanes 10 : 10 & 2 Petrus 3 : 18) 6. (Lukas 13 : 1-5. (Yohanes 3 : 16. Kita tidak dapat menyelamatkan diri sendiri. Matius 10 : 32-33 & Yohanes 3 : 35-36) 26 . Alkitab menunjukkan kepada kita cara keselamatan serta mengajar kita bagaimana bertumbuh dalam kehidupan Kristen. 17) 4. (1 Timotius 2 : 5 & Yohanes 14 : 6) 3. Allah ingin supaya isi dunia ini diselamatkan. (Yohanes 15 : 5 . (Galatia 4 : 4-5 & 1 Petrus 3 : 18) 5. Kita yang harus memutuskan nasib kekal kita. Allah mengutus Yesus yang memberikan nyawa-Nya untuk menyelamatkan mereka yang percaya kepada-Nya.

apa rencana Allah untuk kehidupan saya dan orang percaya lainnya. Hal duniawi memang sebuah hal yang mampu menjerat dan membutakan orang percaya. Yesus Kristus tetap sama. atau menjadi anggota suatu gereja atau disebut seorang Kristen bukan sebuah patokan apakah seseorang telah mengenal Yesus secara pribadi. Melalui Alkitab saya dapat mengetahui betapa hebat dan ajaibnya Allah yang saya sembah dan puji. Semuanya berubah ketika saya mengikuti pembinaan katekhisasi. dengan Allah Bapa yang mahasuci. baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya (Ibrani 13 : 8). Mengenal Yesus secara pribadi dapat mengubah hidup seseorang. Allah yang Agung dan Adil. namun ketika saya menginjak bangku SMP semuanya berubah. Tuhan yang saya sembah. manusia berdosa. Ia adalah Allah yang tidak pernah berubah. Allah mengangkat perasaan itu dan member saya sukacita.Siapakah Yesus ? 2. Betapa dahsyat dan ajaib Allah yang saya puji dan sembah ! Ia mahakasih dan luar biasa. dan semakin mengenal Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Ia selalu menunjukkan apa yang harus saya lakukan dan memenuhi keperluan saya ketika saya meminta dan berdoa kepada-Nya. damai dan hati untuk melayani. Saya pun memiliki keinginan untuk melayani Tuhan melalui pelayanan yang saya lakukan di gereja dan meninggalkan pergaulan yang tidak baik. Dulu saya adalah seorang pribadi yang pemberontak. 27 . Saya merasa diri saya sangat bersalah setelah mempelajari apa kehendak Allah dalam kehidupan saya. Melalui penyusunan makalah ini pula saya kembali mencari siapakah Yesus. Sejak kecil memang saya sudah melakukan pelayanan di gereja. Pergaulan dengan teman-teman yang tidak mengenal Yesus membuat saya buta akan kebenaran. Mempelajari Alkitab secara mendalam mampu membantu saya mengetahui apa yang Allah kehendaki dalam kehidupan saya. Aplikasi Kehidupan Yesus hidup sekarang ini dan saya dapat mengenal Dia secara pribadi ! Ini merupakan sebagian dari kabar baik dalam Injil. Allah memberikan saya sebuah talenta namun saya tidak menggunakannya dengan baik untuk memuliakan nama-Nya. Yesus sebagai perantara antara saya. Ia pun sanggup menyelesaikan segala persoalan yang saya hadapi. Melalui Alkitab pula saya dapat mengetahui dengan jelas tujuan Allah datang ke dunia ini. Tahu tentang Yesus. Mesias yang telah dijanjikan.

1989.Siapakah Yesus ? DAFTAR PUSTAKA 1. Elton G. 2. Who Jesus Is. The Holy Bible 28 . Hill. Brussels : International Correspondence Institute. (3rd ed).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful