Nama : Dewinta Sari Pratiwi NIM : M2A006030 RESUME KULIAH UMUM

PSIKOLOGI FORENSIK
Pemateri: Ouys Alkharani, S.psi, M.Psi (Ketua Apsifor Jawa tengah)

Bidang

kajian

Psikologi

Forensik

berhubungan

dengan

proses

penyidikan,

penyelidikan, pemeriksaan saksi dan korban.

Fungsinya adalah menghasilkan

rekomendasi yang menjadi bahan pertimbangan apakah tersangka tersebut layak untuk dituntut.

Definisi Psikologi Hukum dan Psikologi Forensik Penerapan ilmu psikologi dalam bidang permasalahan hukum (tindak pidana) .

The commitee on ethical Guidelines , psikologi forensik, semua lingkup kajian
psikologis yang dilakukan di dalam ranah hukum.

Perkembangan Psikologi Forensik Pada tahun 1980 berawal dari psikologi sosial yang kemudian diaplikasi kan ke psikologi bidang perkembangan, klinis, pendidikan, dan PIO. Hingga berikutnya

cabang ilmu sosial yang bekenaan dengan penerapannya di bidang hukum dikenal dengan istilah psikologi forensik. (Bartol & Bartol, 1994 dan Blacorn 1997) mengemukakan penerapan ilmu psikologi dalam ranah hkum terbagi menjadi 3 ranah, yaitu :

Psychology in law: pada model ini ilmu hukum lebih berinisiatif daripada ilmu
psikologi.

Psychology and law: psikologi dipandang sebagai dis iplin ilmu yang mengevaluasi
dan menganalisis berbagai komponen hukum dari segi psikologis.

Psychology of law: psikologi berusaha menjelaska n dalam hukum tentang
hubungan hukum dan penentu perilaku.

Assesmen Psikologi Sosial

1

Psikologi Hukum Sebagai profesi : bertujuan membantu mengatasi problema hukum dengan menggunakan jasa psikolog profesional. dan pelatihan -pelatihan bagi narapidana. Sebagai ilmuan. Di masyarakat: menyosialisasikan mengenai bahaya tindak kriminal. Gambaran kerja: Di Kepolisian: membantu menggali informa si yang berhubungan dengan kasus baik dari tersangka maupun saksi. psikolog membantu kepolisian dalam penyidikan tersangka. Pada praktiknya di lapangan. Pada Korban Melakukan wawancara kognitif . S eharusnya dimasukkan ke Rumah Sakit Jiwa selama satu tahun sebagai masa percobaan. intervensi. Kondisi sobriety (uji untuk mendukung kecurigaan polisi apakah tersangka dipengaruhi obat-obatan pada saat diinterogasi) . maup un petugas lapas. Penggalian informasi pada saksi yang mengalami traumatis. Di sinilah tugas psikologi forensik yaitu berusaha menguraikan apa yang sebenarnya terjadi pa da individu yang kemudian dapat menghasilkan rekomendasi untuk pelanjutan kasus atau tidak. psikologi melakukan kajian/ penelitian terkait dengan permasalahan hukum yang muncul. Di Lapas: melakukan assesmen. Berdasaran peraturan perundang undangan: orang gila/ sakit jiwa tidak bisa dikenai pasal pemidanaan. Contoh intervensi : psikodrama sebagai usaha untuk menurunkan tingkat depresi na rapidana cilik di Lapas Anak (correctional psychology). Melakukan assesmen yang diperlukan . Melakukan otopsi psikologis . Pada Tersangka Membuat criminal profiling . Tugas Psikolog Forensik di dalam penyidikan : a. Oleh sebab itu. Correction Psychology. . Ilmuan Psikologi dan Hukum Di luar negeri dikenal dengan Psychology and Chriminology. dan kemudian memberikan rekomendasi apakah kasus ini memungkinkan untuk diteruskan atau tidak. Investigation Psychology. banyak terjadi pemanfaatan pasal ini oleh orang-orang tertentu. Penggalian kesaksian pada saksi anak . b.