SEL ELEKTROKIMIA

Teori Singkat
Elektrokimia adalah ilmu yang mempelajari aspek elektronik dari reaksi kimia. Elemen yang digunakan dalam reaksi elektrokimia dikarakterisasikan dengan banyaknya elektron yang dimiliki. Elektrokimia secara umum terbagi dalam dua kelompok, yaitu sel volta dan sel elektrolisis. Sel volta Sel Volta atau sel galvani adalah sel elektrokimia yang melibatkan raksi redoks dan menghasilkan arus listrik. Sel volta terdiri atas elektroda tempat berlangsungnya reaksi oksidasi disebut anoda(electrode negatif), dan tempat berlangsungnya reaksi reduksi disebut katoda(electrode positif). Bagan sel volta ditunjukkan pada Gambar 1.

Gambar 1. Bagan sel volta dengan elektroda logam Y dan logan X Logam X mempunyai potensial reduksi yang lebih positip dibanding logam Y , sehingga logam Y bertindak sebagai anoda dan logam X bertindak sebagai katoda. Jembatan garam mengandung ion-ion positif dan ion-ion negatif yang berfungsi menetralkan muatan positif dan negatif dalam larutan elektrolit. Sel elektrolisis Sel Elektrolisis adalah sel yang menggunakan arus listrik untuk menghasilkan reaksi redoks yang diinginkan. Rangkaian sel elektrolisis hampir menyerupai sel volta. Yang membedakan sel elektrolisis dari sel volta adalah, pada sel elektrolisis, komponen voltmeter diganti dengan sumber arus (umumnya baterai). Larutan atau lelehan yang ingin dielektrolisis, ditempatkan dalam suatu wadah. Selanjutnya, elektroda dicelupkan ke dalam larutan maupun lelehan elektrolit yang ingin dielektrolisis. Elektroda yang digunakan umumnya merupakan elektroda inert, seperti Grafit (C), Platina (Pt), dan Emas (Au). Elektroda berperan sebagai tempat berlangsungnya reaksi. Reaksi reduksi berlangsung di katoda, sedangkan reaksi oksidasi

5 M sebanyak 50 mL. Sebaliknya.1 M  Larutan CuSO4 0. Pindahkan larutan dari ruang katoda dengan pipet tetes ke dalam dua tabung reaksi yang berbeda. Gambar 2.1 M  Larutan ZnSO4 0.1 M  Larutan Al2(SO4)3 0. c.5 M  Fenolftalein  Amilum  Larutan Pb(NO3)2 0. Terlihat jelas bahwa tujuan elektrolisis adalah untuk mendapatkan endapan logam di katoda dan gas di anoda. . Isi wadah sampel dengan larutan KI 0. anoda bermuatan positif dan menarik anion-anion yang akan teroksidasi menjadi gas. Amati dan catat perubahan yang terjadi. Akibatnya. katoda bermuatan negatif dan menarik kation-kation yang akan tereduksi menjadi endapan logam. Alat dan Bahan Alat  Pipet tetes  Tabung U  Tabung reaksi  Sel volta  Bahan  Larutan KI 0. d. Bagan sel elektrolisis.1 M Langkah Kerja dan Pengamatan 1. Rangkailah set alat elektrolisis b. Kutub negatif sumber arus mengarah pada katoda (sebab memerlukan elektron) dan kutub positif sumber arus tentunya mengarah pada anoda. Sel elektrolisis a.berlangsung di anoda. Bagan sel elektrolisis diperlihatkan pada Gambar 2. Lakukan elektrolisis selama ± 3 menit.1 M  Larutan FeSO4 0.

jika ada. b. Amati dan catat perubahan yang terjadi. Ulangi langkah d dan e untuk larutan di ruang anoda. c. 2007 . General Chemistry 4th ed. McGraw-Hill Publishing Company. Penerbit ITB. Kimia Dasar 2.e. 2. e. Tuliskan notasi sel masing-masing sel yang saudara buat! b. Masukkan 50 mL larutan FeSO4 0. Apakah ada perbedaan harga potensial sel antara hasil pengukuran dengan perhitungan?. f.1 M ke dalam gelas kimia 2. a. Celupkan lempeng logam besi ke dalam gelas kimia 1 dan lempeng logam zink ke dalam gelas kimia 2. Pertanyaan 1. a. Pada percobaan elektrolisis. Sel volta a. Amati dan catat hasil pengukuran pada voltmeter. Zat apakah yang terbentuk di ruang katode dan anode? c. d. mengapa hal tersebut terjadi? c. Pasangan logam manakah yang memberikan beda potensial paling besar dan paling kecil? Daftar Pustaka Syukri. Tuliskan reaksi yang terjadi di ruang katode dan anode! b. f. Bandung. Hubungkan ke dua larutan tersebut dengan menggunakan jembatan garam.1 M ke dalam gelas kimia 1 dan 50 mL larutan ZnSO4 0. Lakukan langkah kerja a sampai e untuk setiap pasangan kombinasi logam yang mungkin. Tambahkan 2 tetes fenolftalein pada tabung reaksi 1 dan 2 tetes amilum pada tabung reaksi 2. Dubuque. Pasang voltmeter antara kedua lempeng logam tersebut. 1999 Raymond Chang. Jelaskan sifat larutan yang terjadi di ruang katode dan anode! 2. Bandingkan hasil pengukuran pada voltmeter dengan hasil perhitungan. Pada percobaan sel volta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful