P. 1
Makalah Budi Pekerti

Makalah Budi Pekerti

|Views: 6,956|Likes:

More info:

Published by: Vincentius Mario Gunadi on Jun 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2014

pdf

text

original

Budi Pekerti

Kelompok 1
Anggota: 

Vincentius Mario Gunadi / 9-1 / 35  Frederickus Judianto / 9-1 / 12  Jeremy Faustino / 9-1 / 17

Budi Pekerti
Secara umum Budi Pekerti berarti moral dan kelakuan yang baik dalam menjalani kehidupan ini. Ini adalah tuntunan moral yang paling penting untuk orang Jawa tradisional. Budi Pekerti adalah induk dari segala etika ,tatakrama, tata susila, perilaku baik dalam pergaulan , pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Pertama-tama budi pekerti ditanamkan oleh orang tua dan keluarga dirumah, kemudian disekolah dan tentu saja oleh masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Pada saat ini dimana sendi-sendi kehidupan banyak yang goyah karena terjadinya erosi moral,budi pekerti masih relevan dan perlu direvitalisasi. Budi Pekerti yang mempunyai arti yang sangat jelas dan sederhana, yaitu : Perbuatan( Pekerti) yang dilandasi atau dilahirkan oleh Pikiran yang jernih da n baik ( Budi). Dengan definisi yang teramat gamblang dan sederhana dan tidak muluk-muluk, kita semua dalam menjalani kehidupan ini semestinya dengan mudah dan arif dapat menerima tuntunan budi pekerti. Budi pekerti untuk melakukan hal -hal yang patut, baik dan benar.Kalau kita berbudi pekerti, maka jalan kehidupan kita paling tidak tentu selamat, sehingga kita bisa berkiprah menuju ke kesuksesan hidup, kerukunan antar sesama dan berada dalam koridor perilaku yang baik. Sebaliknya, kalau kita melanggar prinsip-prinsip budi pekerti, maka kita akan mengalami hal-hal yang tidak nyaman, dari yang sifatnya ringan, seperti tidak disenangi/ dihormati orang lain, sampai yang berat seperti: melakukan pelanggaran hukum sehingga bisa dipidana. Contoh Sikap yang dapat dilakukan: 1. Apabila bertemu dengan tetangga menyapanya 2. Apabila melewati sekelompok masyarakat menyapa dengan sopan dan permisi 3. Apabila naik kendaraan di kampung dengan kecepatan rendah dan tidak menggebergeberkan gasnya
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 1

Budi Pekerti
4. Melayat warga yang meninggal dan memberikan sumbangan 5. Menmbantu dan menjenguk warga yang sakit 6. Memberikan sumbangan untuk pembangunan / perbaikan rumah ibadah / jalan dll 7. Ikut serta dalam gotong royong / kerja bakti 8. Membantu warga yang terkena bencana alam 9. Mengikuti pertemuan RT dan aktif memberikan ide-ide yang baik 10. Menjaga keamanan lingkungan ( misalnya ronda )

Kelompok 2
Anggota: 

Henrico Citra Wijaya / 9-1 / 16  Johannes Martinus Tjitra / 9-1 / 18  Nikolas Keefe / 9-1 / 25

Budi Pekerti dalam Pengamalan Keagamaan
Pengantar Pada dasarnya, Tuhan menciptakan manusia dengan pikiran ( akal budi), perasaan, dan kehendak yang menentukan sikapnya. Tuhan tidak saja menciptakan dan melengkapi manusia dengan seluruh kekayaan akal budi, kehendak, dan perasaan. Tuhan juga menanamkan dalam diri manusia kerinduan terdalam untuk mencari, menemukan, dan memuliakan nama Nya.sebagai satu satunya Pencipta dan Penguasa di alam semesta ini.Dengan akal budi, kehendak dan perasaan inilah manusia berusaha mencari Tuhan dengan senantiasa. Pengalaman dekat dan percaya kepada Tuhan dapat bersifat pribadi tetapi dapat pula secara bersama- sama sebagai umat agama tertentu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, agama adalah system atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan dengan ajaran kebaktian dan kewajiban kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut. Secara terminologi dalam ensiklopedi Nasional Indonesia, agama diartikan aturan atau tata cara hidup manusia dengan hubungannya dengan Tuhan dan sesama. Di dunia ini terdapat berbagai macam agama. Semua agama mengajarkan kebaikan karena bersumber dari Tuhan Yang Maha Baik. Nilai nilai keagamaan adalah hal - hal yang dijunjung tinggi oleh manusia dalam rangka mempertahankan dan mengembangkan hubungannya dengan Sang Pencipta. Oleh karena itu, kita yakin bahwa setiap orang yang hidup sesuai dengan ajaran - ajaran agamanya pasti akan membantu bagi terwujudnya kehidupan dunia yang lebih baik.

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 2

Budi Pekerti
Agama dan ajaran ajarannya dapat membantu manusia dalam membentuk sikap dan watak yang baik.yang merupakan cerminan dari pikiran, kehendak, dan perasaan yang baik. Dengan kata lain, agama dapat membantu manusia membentuk pribadi yang berbudi pekerti. Namun pemahaman agama yang kurang tepat dapat membuat orang tidak berbudi pekerti dan berperikemanusiaan. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengalaman, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan. Pendidikan keagamaan adalah pendidikan dasar, menengah, dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama.

Contoh Kasus VIVAnews Temanggung, Jawa Tengah, selama ini dikenal sebagai kota yang sejuk dan

tenang. Kesejukan itu juga terlihat dalam kehidupan sosial. Kerukunan dan keharmonisan sesama umat beragama sangat terjaga. Hari ini, Selasa 8 Februari 2011, kesejukan kota itu robek oleh kerusuhan. Tiga gereja dirusak massa lantaran mereka dihalangi polisi menghadiri sidang yang mengadili Antonius Richmond Bawengan, seorang Kristen Protestan yang didakwa melakukan penodaan agama. Polisi cemas massa akan melakukan tindakan anarkis di ruang sidang. Perusakan tempat ibadah ini, menurut Romo Aloysius Budi Purnomo, Ketua Komisi Hubungan Antar Agama Gereja Katolik yang bertugas di Semarang, merupakan pelampiasan ketidakpuasan massa terhadap tuntutan jaksa lima tahun penjara kepada Antonius. Tradisi kerukunan di Temanggung, kata Romo Budi, sebetulnya sudah ber langsung turuntemurun dan selama ini tidak pernah terganggu aksi rusuh semacam itu. Romo Budi tidak mau berprasangka buruk ada dalang di balik aksi ini. Dia percaya pihak yang berwajib akan dapat segera mengungkapnya. Kasus yang menjerat Antonius ini, ka ta Romo Budi, bermula sekitar setahun lalu, yaitu di tahun 2010. Saat itu, Antonius yang memegang KTP Jakarta, datang ke Temanggung untuk mengunjungi rumah sanak saudaranya. Di Temanggung, dia malah terjerat hukum karena
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti Page 3

Budi Pekerti
menyebarkan pamflet-pamflet dan buku yang isinya memprovokasi sekaligus melecehkan agama Katolik maupun Islam. Salah satu isinya, dia menyebarkan pamflet anti Bunda Maria. Itu kan pengingkaran iman Katolik seutuhnya. Nah, dalam rangka itu, dia juga mengutip Alquran, kata Romo Budi. Bunda Maria sangat dimuliakan dalam Gereja Katolik. Setelah selesai disidik, Selasa ini, 8 Februari 2011, sidang pembacaan tuntutan terhadap terdakwa dilangsungkan di PN Temanggung. Mendengar jaksa menuntut Antonius lima tahun penjara, massa yang menghadiri persidangan marah. Dengan beringas, mereka lalu merusak gedung pengadilan, termasuk membakar dan merusak tiga gereja Katolik dan Kristen Protestan. Romo Budi heran kenapa massa merusak gereja, dan juga merusak Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus. Padahal, kata Romo Budi, Katolik sendiri sebenarnya ikut dinodai oleh tindakan ngawur Antonius. Dalam perkara ini, Gereja Katolik setempat tidak ikut mengadukan Antonius ke pihak berwajib. Provokasi yang dilakukan Antonius itu sangat merugikan iman Katolik dan juga iman saudara kami yang Muslim," kata Romo Budi. (kd)

Analisa Apa yang melatarbelakangi aksi -aksi pelecehan agama, misalnya terhadap Islam? Yang saya ketahui, itu karena fundamentalisme Kristen. Karena pemahaman keagaman yang sempit dan fundamentalis, mengangggap semua orang harus dikristenkan. Itu model Amerika. Siapa saja, (yang jadi sasaran) tidak hanya Islam, tapi Katolik juga. Cuma, mestinya umat Islam jangan mudah cepat marah. Bagaimana supaya misi penyebaran agama tidak menimbulkan konflik? Saran saya, setiap kelompok keagamaan itu harus lebih sensitif terhadap kelompok lain. Kalau dia percaya agamanya paling benar, jangan menjelekan agama lain. Kalau menjalankan missi Kristen, ya harus memiliki sensitivitas, jangan mencemarkan agama orang lain, jangan melakukan berbagai cara yang tidak fair. Seperti di Bekasi juga begitu. Kelompok Kristen fundamentalis dari Amerika atau yang pusatnya di Amerika, itu begitu.
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 4

Budi Pekerti
Yang diadili di Temanggung itu melakukan penodaan agama. Dia Kristen fundamentalis dari Amerika, dia menodai bukan hanya agama Islam, tapi juga Katolik. Dia bikin juga selebaran yang mencerca figur agama tertentu dalam Katolik. Cuma orang Katolik lebih sabar. Kita orang Islam jangan terlalu cepat marah. Kalau marah lalu mengamuk-amuk, kemudian citra Islam tercemar, dianggap suka kekerasan. Jadi penting juga, orang Islam belajar bisa lebih sabar mengendalikan diri. Ngamuk -amuk itu seolah-olah tidak percaya dengan Allah, seolah-olah penghinaan terhadap Islam membuat riwayat Islam sudah habis. Padahal Islam mengajarkan sabar, berdoa agar yang menghina terbuka hatinya. Sejauh mana kerusuhan di Temanggung dan bentrok di Cikeusik berpengaruh pada kerukunan umat beragama? Itu jelas mengganggu kerukunan antaragama. Baik di antara intraumat Islam atau umat Islam dengan Ahmadiyah. Apapun alasannya tidak boleh menggunakan kekerasan, karena mencemarkan kita sebagai agama yang damai. Jalan damai yang diajarkan oleh Islam, misalnya secara hikmah, bijaksana, diskusi, dan berdebat dengan cara yang baik. Bagaimana implikasinya ke depan? Bagi orang yang tidak suka dengan Islam, bisa memperkuat anggapan kalau orang Islam tertentu suka melakukan kekerasan. Oleh karena itu saya kira tanggung jawab semua umat Islam untuk menampilkan perilaku yang damai. Meskipun kita juga harus meminta kepada pemerintah dan kepolisian supaya lebih tegas. Karena toh, polisi sudah tahu beberapa hari sebelumnya ada pergerakan massa ke Cikeusik dan Temanggung. Polisi harusnya bisa mengantisipasi itu, memanggil mereka yang menjadai penggerak aksi massa seperti itu. Polisi tahu bakal ada orang Ahmadiyah Jakarta ke Cikeusik. Polisi bisa menyetop mereka, menghentikan di jalan sebelum ke Cikuesik. Tapi itu tidak dilakukan oleh polisi. Polisi jangan menunggu sampai terjadi amuk massa. Polisi juga tahu ada massa dari luar Temanggung sudah berkumpul di gereja. Kenapa tidak dibubarkan, kenapa tidak meminta bantuan TNI untuk mengisolasi mereka? Ini tidak dilakukan polisi.

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 5

Budi Pekerti
Kesimpulan
Dari bacaan tersebut, dapat kita ketahui bahwa kasus- kasus kerusuhan yang disebabkan oleh umat Islam tersebut diakari oleh sifat cepat marah dan tidak sabar umat Islam dalam menghadapi permasalahan agama yang sedang berlangsung di sekitar mereka. Sepertinya umat Islam yang membuat kerusuhan tersebut sangat berpikiran sempit, primitif, dan belum benar- benar mengerti tentang pentingnya pengamalan budi pekerti dalam kehidupan, yang juga ada dalam hal keagamaan. Menurut kelompok saya, umat Islam yang merusuh harusnya tidak langsung melangsungkan bentuk ketidaksetujuan dalam bentuk amarah dan perusakan fisik, tetapi melalui cara damai yang lebih manusiawi (memberitahu pihak berwajib tentang ketidakpuasan mereka) dan tidak akan memakan korban berupa manusia dan bangunan keagamaan, seperti contohnya dalam kasus tersebut, tiga buah gereja.

Kelompok 3
Anggota: 

Albert / 9-1 / 1  Ridzki Ramadhan / 9-1 / 28  Theodorus Aldo / 9-1 / 31
Cara mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari -hari: Dengan mengamalkan Sepuluh perintah Allah dalam kehidupan sehari -hari meliputi: 1. Hormatilah Ibu dan Bapakmu 2. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu 3. Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat 4. Kuduskanlah hari Tuhan 5. Jangan membunuh 6. Jangan berzinah 7. Jangan mencuri 8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu 9. Jangan mengingini istri sesamamu 10. Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 6

Budi Pekerti
Maka jika bisa melaksanakan semua ini dalam kehidupan sehari-hari maka sikap budi pekerti akan tercipta dalam kehidupan sehari-hari sehingga kehidupan kita berjalan dengan baik sesuai dengan pengertian budi pekerti itu sendiri yaitu Perbuatan yang dilandasi atau dilahirkan oleh Pikiran yang jernih dan baik. Sehingga kasus-kasus seperti di temagung atau kasus lainnya yang melakukan pembunuhan dan kekerasaan yang tidak sesuai dari ajaran agama diatas tidak terjadi. Oleh karena itu kehidupan berbudi pekerti dengan cara mengamalkan ajaran agama akan tercipta apabila semua ajaran itu dapat diamalkan. Cara membentuk pribadi yang budi pekerti berdasarkan nilai -nilai keagamaan : Dari cara mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang telah disebutkan, maka kita dapat menciptakan pribadi yang budi pekerti dan taat pada nilai keagamaan. Dalam perint ah Allah yang pertama, disebutkan bahawa kita harus menghormati Ibu dan Bapakmu. Oleh karena itu, kita harus selalu menghargai semua hal yang telah dilakukan oleh orang tua kita. Dalam perintah Allah yang kedua, disebutkan bahwa kita tidak boleh menyembah berhala dan harus selalu berbakti serta mencintai Allah. Berarti kita harus selalu taat beribadah untuk menghormati dan berbakti kepada Allah. Kita harus selalu setia dan mencintai-Nya lebih dari segala sesuatu. Dalam perintah Allah yang ketiga, disebutkan bahwa kita tidak boleh menyebutkan nama Allah dengan tidak hormat. Setiap agama pastinya memiliki Tuhan dan pastinya tidak boleh untuk menyebutkan nama-Nya dengan tidak hormat, karena kita harus menunjukkan rasa cinta dan kesetiaan kita kepada-Nya. Dalam perintah Allah yang keempat, disebutkan bahwa kita harus selalu menguduskan hari Tuhan. Hal ini hampir mirip dengan perintah Allah yang kedua. Namun selain harus selalu beribadah dengan baik, kita juga harus lebih menunjukkan sikap setia kita pada Tuhan pada saat hari-hari raya keagamaan. Dalam perintah Allah yang kelima, disebutkan bahwa kita dilarang untuk membunuh. Jelas sekali bahwa tindakan membunuh memang dilarang baik dalam segi keagamaan maupun segi hukum. Kalau menurut segi keagamaan, hal itu memang dilarang karena merupakan tindakan yang berdosa dan dilarang oleh Allah. Dalam segi hukum, pastinya ada banyak hukum yang melarang tindakan pembunuhan. Dalam perintah Allah yang keenam, disebutkan bahwa kita tidak boleh berzinah. Berarti, kita tidak boleh mudah tergoda oleh segala kemauan kita dan mampu menahan hawa nafsu kita.

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 7

Budi Pekerti
Dalam perintah Allah yang ketujuh, disebutkan bahwa kita tidak diperbolehkan untuk mencuri. Seperti perintah Allah yang kelima, hal ini juga dilarang baik oleh segi keagamaan maupun segi hukum. Dilarang oleh segi keagamaan karena merupakan tindakan yang berdosa dan dilarang oleh segi hukum karena adanya banyak peraturan yang melarang. Dalam perintah Allah yang kedelapan, disebutkan bahwa kita tidak diperbolehkan untuk bersaksi dusta terhadap orang lain. Artinya, kita tidak boleh berbohong sesama kita dan kita harus selalu berkata dengan sejujur-jujurnya kepada orang lain. Dalam perintah Allah yang kesembilan, disebutkan bahwa kita tidak boleh mengigini istri sesama kita (selingkuh). Dalam perkawinan, tentu saja kita menginginkan hubungan yang bertahan lama dan tidak mengalami masalah. Oleh karena itu, kita dilarang untuk berselingkuh untuk meningkatakan kesejahteraan hidup kita dan juga dilarang oleh segi hukum. Dalam perintah Allah yang terakhir, disebutkan bahwa kita tidak boleh megingini milik sesama kita secara tidak adil. Artinya hampir mirip dengan larangan kita untuk mencuri. Namun, kali ini kita dilarang untuk memiliki niat untuk mencuri milik orang lain. Kita harus berusaha agar kita harus mengurung niat kita untuk mencuri milik orang lain dan berusaha mendapatkannya secara adil dan melalui usaha sendiri. Kesimpulannya adalah, kita harus selalu menghormati dan menunjukkan sikap setia kepada Tuhan untuk menciptakan kepribadian diri yang budi pekerti meurut nilai -nilai keagamaan. Dengan menunjukkan kesetiaan ki ta pada Tuhan berarti kita telah menjadi pribadi yang budi pekerti.

Kelompok 4
Anggota: 

Dominicus Denis / 9-1 / 10  Theo Teja / 9-1 / 30  Nikolas Kurnia / 9-1 / 25
Manfaat Nilai-nilai Keagamaan Nilai-nilai keagamaan sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan beragama kita mendapatkan nilai-nilai yang diajarkan oleh Allah melalui orang-orang utusannya. Kita diajarkan untuk menjalankan hidup sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki.

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 8

Budi Pekerti
Sebenarnya nilai-nilai keagamaan perlu untuk dilaksanakan, jangan hanya dilihat dan didiamkan saja. Banyak orang yang menganggap remeh nilai-nilai keagamaan. Akibatnya banyak terjadi masalah sosial mengenai agama yang terjadi akhir-akhir ini. Misalnya kita diajarkan untuk tidak boleh membunuh. Semua agama mengajarkan hal tersebut. Tetapi faktanya terjadi pembunuhan dalam kerusuhan antara warga dan kaum Ahmadiyah. Padahal mereka semua yang pasti memiliki agama, tetapi pertanyaannya mengapa hal ini terjadi. Hal ini juga terlihat dari kasus-kasus sebelumnya seperti pengerusakan gereja oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika mereka memiliki nilai-nilai keagamaan yang tertanam dalam diri mereka, maka mereka pasti bisa menghindari hal tersebut. Dengan nilai-nilai keagamaan kita dapat hidup dengan tenang tanpa perasaan bersalah. Kita pasti hidup sesuai dengan kehendak Yang Mahakuasa, jadi kita pun tidak perlu khawatir akan dosa-dosa kita. Selain itu kita juga dapat lebih menghormati sesama kita. Jadi kasus seperti hal-hal diatas dapat dihindari. Nilai nilai keagamaan ini diajarkan kepada kita melalui orang tua, guru, dll. Nilai nilai tiap tiap agama berbeda beda sesuai dengan agama yang kita anut. Nilai nilai ini wajib kita ikuti agar kita tidak menyimpang dari norma norma yang ada. Perbedaan nilai agama ini dapat kita lihat pada contoh berikut ini. Pada agama budha ada ajaran yang mengatakan bahwa setiap perbuatan yang kita perbuat memiliki karma. Kalau kita berbuat baik, maka dalam kehidupan berikutnya (reinkarnasi), kita akan lebih berbahagia. Pada ajaran agama katolik, setiap perbuatan baik yang kita lakukan dapat membuat kita lebih dekat dengan Allah. Pada orang yang tidak memiliki agama( ateis), orang tersebut memilik pandangan tesendiri tentang Allah. Mereka tidak percaya akan Allah, sehingga tidak memiliki nilai nilai keagamaan sendiri. Dengan tidak memiliki agama, mereka tidak punya batasan perilaku atau norma norma yang mengatur mereka, sehingga mereka bisa melakukan apapun secara bebas karena tidak terikat dalam norma agama dan tidak merasa bersalah ketika melakukan kesalahan. Nilai keagamaan juga bermanfaat sebagai pemecah masalah antar masyarakat. Misalnya ketika ada suatu masalah di lingkungan masyarakat, dengan mengingat kembali nilai keagamaan, kita akan mendapat jawaban bagaimana seharusnya masalah tersebut diselesaikan. Nilai agama pada akhirnya dapat membuat keadaan lingkungan nyaman dan aman karena jarangnya terjadi perselisihan antar masyarakat dikarenakan masing masing individu mempercayai nilai nilai keagamaan.

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 9

Budi Pekerti
Dengan nilai keagamaan kita juga dapat bersyukur dengan apa yang kita miliki sehingga tidak ada rasa iri atau cemburu antar umat beragama dan berujung pada keamanan dan kenyamanan.

Kelompok 5
Anggota: 

Timotius Abdiel / 9-1 / 32  Alexander Randy Reges / 9-1 / 2  Deni Arisaputra Nugroho / 9-1 / 9
Budi Pekerti Dalam Keagamaan Keagamaan adalah salah satu norma yang paling penting dalam kehidupan manusia, salah satu manfaatnya adalah memberi batasan pada manusia antara hal yang baik dan hal yang buruk. Akan tetapi keagamaan ini tidak cukup jika hanya dimengerti saja, tetapi sanga t baik jika dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hal yang berhubungan dengan keagamaan yang paling mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari -hari adalah dengan melaksanakan 10 perintah Allah. Salah satu dari kesepuluh perintah Allah yang paling penting untuk dilaksanakan adalah perintah nomor 4, yang berbunyi Hormatilah ibu bapamu . Karena kasih sayang yang telah diberikan oleh orang tua, sudah sepantasnya jika kita menghormati mereka salah satu caranya adalah dengan mematuhi perintah orang tua, dan membantu orang tua dalam aktivitasnya sehari-hari. Cara lainnya untuk menghargai kasih sayang orang tua adalah dengan membahagiakan mereke, yaitu dengan berusaha semampu kita, hal ini dapat membahagiakan orang tua. Perintah Allah lainnya yang tidak kalah penting dari perintah Allah di atas adalah perintah Allah ketiga, yaitu Kuduskanlah hari Tuhan. Tuhan telah memberikan kehidupan dan orang-orang yang sangat berarti dalahm hidup kita, maka kita sebagai umatnya yang beriman dapat membalas kasih sayangnya dengan cara rajin pergi ke gereja setiap hari minggu dan hari-hari penting keagamaan lainnya. Dalam keagamaan juga terdapat banyak sekali nilai budi pekerti yang lain, dimana salah satu pengajar yang paling mahir dalam mengajar budi pekerti terdapat di dalam agama katolik maupun kristen, yaitu Yesus. Beberapa ajarannya tercantum dalam kitab suci, dimana dalam matius 5:39 dikatakanlah Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dalam kehidupan sehari -hari, sering kali jika
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 10

Budi Pekerti
kita ditampar pastinya kita akan membalas .Yesus pada ajaranNya ini mengajar kita untuk bisa menahan diri .Kadang kala kejahatan seseorang perlu untuk dibalas dengan kebaikan kita. Jadi, kita bisa menerapkan ajaranNya ini dengan bersikap sabar dan dewasa, sehingga dapat membalas kejahatan dengan kebaikan. Salah satu contoh kasus yang tidak mencerminkan budi pekerti menurut agama adalah peristiwa di Temanggung yang terjadi di waktu dekat ini, terlihat bahwa rakyat yang melakukan kekerasan, membakar gedung gereja, dan juga sampai memukuli banyak orang tak bersalah. Ini sangatlah tidak mencerminkan nilai budi pekerti, karena baik semua agama diharuskan tiap orang untuk mengasihi satu sama lain, baik teman ataupun musuh. Dari kasus ini terlihatlah bahwa orang-orang ini tidak mempunyai moral agama bukan karena aturan-aturan atau nilai-nilai agamanya yang salah, tetapi karena orang-orang tersebut tidak dapat menghargai apa yang ditentukan oleh agamanya apa yang salah dan apa yang benar, atau juga tidak dapat menafsirkan artinya dengan benar. Dari kedua hal ini, dapat disimpulkan bahwa jika kita menerapkan nilai -nilai moral agama, tidak peduli apapun agama itu, sikap dan perilaku kita akan berkembang dengan lebih baik, dan dengan ini, orang -orang akan memandang kita sebagai orang yang baik dan bermoral.

Kelompok 6
Anggota: 

Berlin / 9-1 / 7  Girindra / 9-1 / 13  Michael .A.K / 9-1 / 21

Budi Pekerti dalam nilai-nilai Kemandirian dan Contoh Kasusnya
Contoh kasus: BBM Habis 2014 BANDUNG, KOMPAS.com - Masyarakat, khususnya generasi muda, diimbau untuk mengurangi perilaku konsumtif menggunakan bahan bakar minyak dari jenis fosil. Sebaliknya, mulai memikirkan dan menyosialisasikan penggunaan energi alternatif. Sebab, setidaknya pada 2014 mendatang, BBM jenis fosil ini akan mulai habis.

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 11

Budi Pekerti
Hal tersebut mengemuka dalam seminar Konferensi Energi Nasional Mahasiswa Indonesia (Kenmi) 2009 yang diadakan di Kampus Institut teknologi Bandung, Minggu (15/3). Seminar yang diikuti perwakilan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di 14 provinsi ini dihadiri Sekretaris Jendral Dewan Energi Nasional Novian M. Thaib, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Lambok Hutasoit, serta pengamat energi Prof. Widjajono Partowidagdo dan Sugiharto. Menurut Lambok yang juga Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Keb umian, jika tidak peningkatan cadangan minyak terbukti (proven) , Indonesia hanya akan bisa mandiri energi (BBM) paling lama di 2014 mendatang. Ini mengingat tingginya kebutuhan BBM di tanah air. "Bukannya ingin menakut-nakuti, tetapi untuk lebih menggugah kita di sini agar mulai bisa memikirkan penggunaan sumber energi alternatif baru," ucapnya. Ketua Steering Commitee The Indonesia Economic Intellegence yang juga adalah mantan Menteri BUMN, Sugiharto, mengungkapkan, pemborosan energi nasional dipicu pula gaya hidup yang konsumtif dari masyarakat. "Anak-anak muda, ingin makan jagung bakar saja sampai harus ke Puncak, buang-buang bensin 20 liter. Ini perilaku konsumtif. Harus berubah paradigmanya bahwa energi (BBM) itu mahal dan langka," tutur mantan petinggi perusahaan perminyakan nasional Medco Energi ini. Novianto membenarkan, masyarakat di Indonesia termasuk yang terboros dalam hal pemanfaatan BBM. Perbandingan elastisitasnya 1,84. Jauh lebih boros dari Jepang dan Amerika Serikat, ucapnya. Jepang misalnya, koefesien elastisitasnya hanya 0,10. Untuk meningkatkan per 1 USD GDP (produk domestik bruto), masyarakat kita butuh 1,84 kali lipat energi BBM, ucapnya. Di sisi lain, pengembangan energi alternatif saat ini belum memadai. Murahnya harga BBM mengakibatkan tingginya ketergantungan masyarakat terhadap energi fosil. Menurut Widjajono, pengajar dari Perminyakan ITB yang juga anggota Dewan Energi Nasional, dilihat secara ekonomis dan kajian tata niaga, energi alternatif tidak mungkin bisa berkembang saat ini. Selama BBM lebih murah, itu akan selalu demikian. Harusnya energi alternatif ini yang mendapat subsidi. Karena langka, harusnya dibalik, BBM yang jadi alternatif energi, tuturnya. Dalam kerangka mendorong kemandirian energi inilah perwakilan mahasiswa dari 14 provinsi ini dikumpulkan. Ada 21 paper kajian pemanfaatan energi (terbarukan) yang disesuaikan kebijakan daerah dan feasibilitasnya, ucap Ketua Panitia Kenmi 2009, Arif Rohman. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Selasa (17/3) mendatang. Dari acara ini diharapkan muncul rekomendasi mahasiswa tentang pola kemandirian energi.
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti Page 12

Budi Pekerti
Menurut Presiden Keluarga Mahasiswa ITB Shana F. Sukarsono, kegiatan ini diharapkan mampu mendorong kemandirian energi, setidaknya di tingkat lokal (daerah) dari masing-masing peserta. Yaitu, kemandirian energi yang hidup dalam kultur kita, ucapnya. Di beberapa daerah, kemandirian energi ini diwujudkan antara lain lewat listrik bertenaga kincir air (mikrohidro), pemanfaatan minyak jarak dan gasifikasi sekam. Uraian : * Berdasarkan artikel di atas , dapat dilihat bahwa budi pekerti dan kemandirian sangat berhubungan . Kita harus memiliki budi pekerti , bukan hanya kemandirian. * Contoh yang sangat jelas , jika budaya untuk berboros dan berbuat seenaknya dikembangkan , bagaimana kita dapat menjadi mandiri? Bukan hanya bagi orang lain , tetapi kemandirian itu berbuah untuk diri kita sendiri. * Kemandirian untuk mengolah dan memajukan bangsa , tetapi tanpa budi pekerti , misalnya pemakaian BBM yang berlebihan juga tidak baik , ol eh karena itu kedua hal tersebut saling menutupi , dan jika salah satu dari tidak terpenuhi , maka sama saja kosong. * Tetapi di lain pihak , kemandirian itu sendiri dapat disebabkan oleh budi pekerti yang baik , yaitu kepedulian , dengan kepedulian akan ada inisiatif untuk melakukan sesuatu sendiri.

Kelompok 7
Anggota: 

Arnold Angelo / 9-1 / 4  F.X.Ronaldo / 9-1 / 11  Riyanto / 9-1 / 29
Arti dan Ruang Lingkup Kemandirian Arti Kemandirian : Kata kemandirian dalam KBBI merupakan kata jadian dari kata dasar mandiri. Kemandirian berarti menunjukkan hal atau keadaan berdiri sendiri, tanpa tergantung pada orang lain. Dari pengertian kemandirian ini, dapat disimpulkan bahwa : Kemandirian adalah keadaan atau suasana. Jadi merupakan suatu kenyataan, bukan masih berbentuk cta-cita. Karena itu orang yang mandiri dilihat apakah kenyataannya dia mandiri atau tidak. Kalau masih berupa cita-cita belum dapat dikatakan sebagai kemandirian.
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 13

Budi Pekerti
Arti Kemandirian lain : Kemandirian umumnya dipahami sebagai suatu suasana atau keadaan dimana seseorang mampu dan mau mewujudkan kehendak atau keinginan dirinya yang terlibat dalam tindakan atau perbuatan nyata guna menghasilkan sesuatu demi pemenuhan kebutuhan hidupnya dan kebutuhan hidup sesamanya Orang yang mandiri adalah pribadi yang memiliki cita-cita, kehendak, atau keinginan yang mampu diwujudkannya. Cita-cita atau keinginan yang diwujudkan ini umumnya berupa kemampuan menghasilkan barang dan jasa ang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan kebutuhan orang lain. Ciri-ciri kemandirian : memiliki kepercayaan diri, mampu bekerja sendiri, menguasai keterampilan dan keahlian yang sesuai dengan bidang kerjanya, menghargai waktu, dan memiliki tanggung jawab. Ruang lingkup kemandirian : A . Harga Diri Harga diri adalah kesadaran akan berapa nilai yang diberikan kepada seseorang, baik dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri. Harga diri merupakan kebutuhan yang sangat penting karena berhubungan dengan nilai keman usiaan. Harga diri tidak dapat dibandingkan dengan nilai materi, uang, gelar, atau jabatan. Harga diri berhubungan erat dengan : Konsep diri. Sering disamakan dengan potret diri atau citra diri . Yang dimaksud dengan potret diri atau citra diri adalah gambaran yang dibentuk atau dimiliki oleh seseorang tentang dirinya. Ini merupakahasil dari bagaimana kita memandang atau menganggap diri kita sendiri. Kebaikan atau hal-hal positif yang kita lakukan akan membentuk penilaian yang menunjang harga diri dan berpengaruh dalam meningkatkan rasa percaya diri. Sebaliknya, jika kita sering melakukan hal-hal yang tidak baik, kita akan menilai diri kita tidak baik juga. Hal ini selanjutnya akan mempengaruhi rasa percaya diri kita sehingga akan menimbulkan rasa rendah diri .
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 14

Budi Pekerti
Keadaan tubuh. Keadaan tubuh atau penampilan bukan merupakan bagian dari konsep diri. Orang yang memiliki keadaan ubuh yang baik biasanya lebih mudah memiliki rasa percaya diri, sehingga dalam pergaulan sehari-hari lebih gampang menyesuaikan diri. Sebaliknya, apabila keadaan fisik tidak memuaskan, sering menimbulkan rasa rendah diri dan dapat mempersempit pergaulan dalam masyarakat. Hubungan sosial. Adalah hubungan antarmanusia dalam masyarakat. Karena kita adalah makhluk sosial, kita tidak dapat kidup sendiri. Rasa saling membutuhkan menjadi sifat dasar manusia. Sejak kita dilahirkan, bertumbuh, mendapatkan pengetahuan, bekerja, dan mendapatkan penghasilan, kita selalu berhubungan dan tidak dapat silepaskan dengan orang lain. Menghargai dan dihargai orang lain dapat meningkatkan harga diri.

Sejarah hidup. Adalah perjalanan hidup seseorang dari lahir sampai ajal. Pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu sejarah hidup sukses dan sejarah hidup gagal. Kesuksesan menimbulkan tingginya harga diri seseorang. B. Disiplin Istilah disiplin berasal dari bahasa latin, discipulus yang berarti murid. Dalam KBBI disiplin diartikan sebagai ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Pengertian disiplin sesuai dengan asal istilahnya, yaitu engikuti sesuatu dengan mempelajar inya secara terus-menerus dan tidak ada batas waktu untuk berhenti. Kesimpulannya adalah disiplin perlu dipelajari dan dilakukan terus -menerus sampai akhir hidup kita. C. Etos kerja Disebut juga budaya kerja. Adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu masyarakat. Hidup di Jakarta menuntut seseorang memiliki etos kerja yang baik. Tanpa etos kerja yang baik dapat dipastikan bahwa orang itu akan gagal mempertahankan hidupnya di Jakarta.

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 15

Budi Pekerti
D. Keberanian Merupakan suatu sifat sekaligus potensi yang terdapat dalm diri kita untuk diolah atau dilatih. Keberanian merupakan sumber yang melandasi untuk melakukan suatu tindakan. Perasan malu, takut salah, dan takut ditertawakan orang perlu dilepaskan sebab akan menghambat kita, baik dala cara berpikir, berbicara, maupun bertingkah laku. Untuki dapat berani yang bersifat positif diperlukan suatu keyakinan bahwa apa yang dilakukan adalah benar. Sikap-sikap yang memperlihatkan keberanian : 1. Berani mengemukakan pertanyaan dan pendapat 2. Belajar memahami perkembangan pengetahuan serta hasil-hasilnya 3. Berani mengembakan bakat, minat, dan hobi 4. Berani memutuskan untuk bertindak dalam menghadapi masalah sehari-hari E. Rasa tanggung jawab Adalah sikap atau tindakan seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajiban, serta berani menerima setiap resiko yang muncul. Rasa tanggung jawab dapat dilatih, misalnya sepatu yang kotor harus dibersihkan sendiri, waktu untuk belajar bukan dipakai untuk bermain, dll. Seseorang yang sudah terlatih untuk bertanggung jawab atas dirinya akan bertanggung jawab terhadap orang tua, mayarakat, dan terutama Tuhan. Orang yang setia memikul tanggung jawab yang kecil kepadanya akan dipercayakan tanggung jawab yang besar. F. Keterbukaan Keterbukaan adalah kesediaan dan kemampuan kita dalam menerima pengaruh yang datang dari lur terutama yang bersifat positif. Sifat keterbukaan dapat ditinjau dari dua sisi yaitu : Keterbukaan atas diri sendiri Adalah kemampuan seseorang untu k menyatakan dengan terus terang apa yang menjadi pendapat atau keinginannya, termasuk di dalamnya kemampuan mengatakan kekurangan dan kesalahan yang dilakukannya. Apabila terlatih dalam hal ini, kita lebih mudah menerima dan menghargai orang lain. Keterbukaan terhadap sikap dan perilaku orang lain
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 16

Budi Pekerti
Akesediaan untuk menghargai dan memuji seseorang apabila kita melihat kelebihan atau kemampuannya. Sebaliknya dengan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung perasaan, kita bersedia menegur atau menasiati seseorang apabila kita melihat kesalahan atau kekurangannya. G. Pengendalian diri Adalah suatu kemampuan untuk menguasai serta mengontrol pikiran dan keinginan pribadi. Seseorang yang condong melakukan hal buruk, hal yang tidak pantas, atau melanggar peraturan adalah orang yang tidak mampu mengendalikan diri. Ketidakmampuan dalam mengendalikan diri dapat disebabkan oleh : 1. Kurang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang nilai -nilai yang benar, baik, atau pantas sesuai dengan norma adat, hukum, maupun agama. 2. Tidak memiliki sikap peduli terhadap orang lain atau lingkungan 3. Lebih mengutamakan keinginan atau nafsu pribadi Kesimpulan: Budi pekerti dan kemandirian tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya karena terikat dengan sangat erat, walaupun kemandirian tidak selalu terikat dengan budi pekerti, tetapi secara umum kemandirian adalah salah satu dasar dari budi pekerti. Kemandirian harus dipraktikan sejak kecil karena jika seseorang tidak dapat mandiri, orang tersebut akan terus tergantung pada orang lain dan menyusahkan orang tersebut walaupun Tuhan menciptakan manusia untuk saling membantu, tetapi jika orang tersebut selalu dibantu dalam hidupnya ia tidak akan bisa berbuat apa-apa untuk dirinya sendiri dan orang lain. Orang yang tidak mandiri juga kurang diterima di masyarakat, jadi, jadilah mandiri dari sekarang agar tidak selalu menyusahkan orang lain dan dapat berguna bagi orang lain.

Kelompok 8
Anggota: 

Arthur Yamin / 9-1 / 6  Malvin / 9-1 / 20  Hadrian / 9-1 / 14
Manfaat Nilai-nilai Kemandirian Kemandirian merupakan nilai yang sangat berharga, untuk melatih kemandirian tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Namun harus memahami dan
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 17

Budi Pekerti
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan tanpa kita sadari bahwa kemandirian sudah melekat pada diri kita. Pada kehidupan sehari-hari kita juga bisa menerapkan kemandirian, namun apakah kita sudah mendapatkan arti kemandirian tersebut. Apa kita mandi sendiri sudah dikatakan mandiri, belum bisa dikatakan mandiri karena nilai suatu kemandirian sangatlah luas sekali. Manfaat dari nilai nilai kemandirian adalah membuat seseorang dapat hidup dan mengurus dirinya sendiri. Namun manusia tidak dapat benar -benar hidup sendiri tanpa bergantung pada orang lain karena manusia adalah makhluk sosial. Manfaat lain dari penanaman nilai kemandirian adalah hal itu membuat seseorang lebih bertanggung jawab terhadap dirinya dan orang lain pula. Seseorang yang mandiri akan tidak mudah terpengaruh orang lain karena ia bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Sehingga ia tidak mudah ikut-ikutan lingkungan yang buruk namun ia mau belajar untuk menjadi lebih baik. Kita terdorong untuk selalu membuat penilaian dan pandangan sendiri dan bertindak sesuai dengannya. Kemandirian juga berfungsi untuk menumbuhkan dan mengembangkan pros es belajar seseorang. Setiap peserta didik tentu saja membutuhkan pendidikan. Saat mengerjakan tugas dan belajar, kita diajak untuk mandiri dalam membuat tugas sampai tuntas, juga belajar dengan giat dan benar, agar mendapatkan nilai yang baik. Agar manfaat dari nilai kemandirian bisa diwujudkan, maka diperlukan bantuan dari orang sekitarnya, seperti orang tua dan keluarga. Misalnya, bila orangtua sedang mencuci piring, dan anak ikut serta, jangan dilarang. Dalam proses mencuci piring ini, ada konsentrasi, koordinasi, dan kemandirian yang telah dipelajari anak. Hal itu merupakan beberapa manfaat dari penerapan nilai kemandirian dalam kehidupan seseorang. Jadi, nilai-nilai kemandirian ada hubungannya dengan tanggung jawab, disiplin, dan dalam pendidikan. Ni lai-nilai kemandirian yang dikembangkan dapat meningkatkan koordinasi, konsentrasi, dan kemandirian diri seseorang.

Kelompok 9
Anggota: 

No Data / 9-1 / xx  No Data / 9-1 / xx  No Data / 9-1 / xx

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 18

Budi Pekerti
Kelompok 10
Anggota: 

Michael Jonathan Kosasih / 9-1 / 22  Tomi Alexander / 9-1 / 34  Niko Banta / 9-1 / 24

Budi Pekerti Dalam Nilai-nilai Kesusilaan
Dalam hidup sehari-hari kita selalu menghadapi berbagai tantangan dalam menghadapi nilai-nilai kesusilaan yang ada dalam hidup kita, Dalam nilai kesusilaan, kita tidak pernah terlepas dari budi pekerti dan budi pekerti dalam masyarakat selalu diperhatikan untuk norma-norma kesusilaan yang ada. Norma kesusilaan adalah peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan akhlak, sehingga seseorang dapat membedakan apa yang dianggap baik dan apa pula yang dianggap buruk. Pelanggaran terhadap norma ini berakibat sanksi pengucilan secara fisik (dipenjara, diusir) ataupun batin (dijauhi). Namun norma kesusilaan tidak pernah terlepas dari budi pekerti seseorang. Norma kesusilaan pada setiap gololngan banyak yang berbeda, sebagai contoh, di barat, memakai bikini tidak saat berenang adalah hal biasa, sedangkan di Indonesia, memakai bikini tidak saat berenang adalah hal yang agak kurang mematuhi norma kesusilaan, maka kita perlu senantiasa menyesuaikan kesusilaan kita dengan kondisi kita berada. Peran budi pekerti dalam norma kesusilaan lebih mengarah pada apa yang dianggap layak/sopan dan apa yang dianggap tabu/tidak sopan dari dalam pribadi masing-masing. Budi pekerti sangat mempengaruhi norma norma kesusilaan yang kita anut, semakin tajam budi pekerti kita, maka norma kesusilaan yang kita pegang juga makin kuat pengaruhnya. Paling tidak, dengan budi pekerti, kita akan merasa bersalah apabila melanggar normanorma kesusilaan. Nilai-nilai kesusilaan lebih mengarah pada hal-hal yang diperbuat dengan pertimbangan mengenai adat istiadat di suatu wilayah dan juga pandangan yang berbeda dari setiap masyarakat. Seperti contoh di atas, nilai kesusilaan di setiap wilayah berbeda. Indonesia yang kental dengan budaya timur dan ajaran keagamaan yang sangat ketat, tentunya sangat menjunjung tinggi nilai kesusilaan. Budi pekerti dalam nilai kesusilaan sangat penting keberadaanya di masyarakat. Dengan adanya budi pekerti antara sesama dalam bidang kesusilaan, akan tercipta rasa aman dan tentram di masyarakat. Setiap orang akan saling menghargai satu sama lain dan
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti Page 19

Budi Pekerti
tidak berprasangka negatif terhadap orang lain. Selain itu, dengan budi pekerti, pelanggaran kesusilaan seperti pelecehan seksual atau pemerkosaan tidak akan terjadi. Untuk mengembangkan budi pekerti d alam bidang kesusilaan, masyarakat harus bisa menganggap sesamanya sebagai manusia yang sederajat dan berusasha untuk tidak menganggap rendah orang lain. Dalam beberapa kasus, pelanggaran mengenai kesusilaan sering terjadi akibat kaum pria yang menggangap rendah kaum wanita. Oleh karena itu harus ada rasa menghargai untuk menciptakan budi pekerti dalam kesusilaan. Selain rasa menghargai, untuk meningkatkan budi pekerti dalam kesusilaan, harus ada pendidikan yang cukup mengenai nilai nilai moral dalam masyarakat dan pendidikan mengenai nilai umum dalam kesusilaan. Pendidikan ini didapat dari sekolah dan juga dari lingkungan tempat tinggal. Budi pekerti dalam kesusilaan amat penting bagi semua orang, apa lagi bagi remaja seperti kita. Tidak hanya dalam kesusilaan, memiliki budi pekerti dalam kehidupan akan membimbing kita menjadi manusia yang lebih berguna dan baik.

Kelompok 11
Anggota: 

Alfonsius Raditya / 9-1 / 3  Andre Tadheo Abraham / 9-1 / 4  Kevin Banna / 9-1 / 19
Arti dan ruang Lingkup Nilai Budi Pekerti Kesusilaan Kata kesusilaan telah dipahami olehsetiap orang, sebagai suatu pengertian adab sopan santun dalam hal yang berhubungan dengan seksual atau dengan nafsu birahi. Apabila kita menganut pendapat pada umumnya ahli hukum kita yang menyatakan bahwa kesusilaan adalah suatu pengertian adat istiadat mengenai tingkah laku dalam pergaulan hidup yang baik dalam hal yang berhubungan dengan masalah seksual dan kesopanan. Norma Kesusilaan adalah peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan akhlak sehingga seseorang dapat membedakan apa yang dianggap baik dan apa pula yang dianggap buruk. Manusia merupakan salah satu dari seluruh ciptaan Tuhan yang diciptakan menurut citra-Nya dan manusia merupakan ciptaan khas yang memiliki akal budi. Tidak semua ciptaan Tuhan memiliki akal budi, oleh karena itu manusia merupakan sosok yang khas.

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 20

Budi Pekerti
Sebagai sosok pribadi, manusia memiliki keunikan antara satu individu dengan individu lainnya, manusia ada yang memiliki sikap tertentu yang tidak dimiliki orang lain. Perbedaan perbedaan inilah yang kemudian membuat manusia satu dengan lainnya saling membutuhkan. Sikap sikap yang berbeda ini harus menjadi hal yang saling melengkapi dan semakin mempererat hubungan antar manusia sendiri. Dalam hidup bermasyarakat, manusia saling melengkapi satu sama lain, dan hal ini dilakukan dengan bersosialisasi dan berhubungan dengan orang lain. Namun segala hal itu hanya bisa berjalan dengan baik jika antar individu manusia memiliki budi pekerti. Dengan adanya budi pekerti maka manusia bisa berhubungan satu sama lain dan manusia bisa saling melengkapi dengan baik dan dengan saling menghormati. Budi pekerti sendiri memiliki 3 garis besar yaitu dalam hal keagamaan, kemandirian, dan kesusilaan. Budi pekerti dalam hal kesusilaan mencakup 3 ruang lingkup utama, yaitu : y Keluarga Keluarga merupakan lingkungan masyarakat di mana seorang anak pertama kalinya mengalami hubungan dengan dunia di luar dirinya. Suatu keluarga yang utuh umumnya terdiri atas ayah, ibu dan seorang atau beberapa orang anak. Keluarga merupakan sarana belajar yang pertama dan utama bagi seseorang, oleh karena itu pembentukan dan penerapan nilai nilai kesusilaan sudah seharusnya melalui keluarga. Keluarga akan menjadi baik dan harmonis bila seluruh anggotanya mampu membentuk pribadi yang bersusila, dan sebaliknya keluarga yang buruk merupakan akibat, salah satunya, dari tidak adanya nilai nilai kesusilaan dalam keluarga. Namun bukan hanya pribadi yang mempengaruhi keluarga, melainkan keluarga juga mampu mempengaruhi pribadi sesorang. Keluarga yang baik akan menghasilkan pribadi yang baik, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu untuk menciptakan keluarga yang baik dibutuhkan adanya nilai kesusilaan. Nilai kesusilaan merupakan salah satu
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti Page 21

Budi Pekerti
nilai yang menjadi dasar dari kehidupan seseorang, orang yang bersusila ak an mampu diterima dengan baik oleh lingkungannya. Keluargalah yang menjadi tempat penerapan utama dari nilai kesusilaan, orang yang bersusila di rumah tentu akan menjaganya hingga dewasa atau tidak bersama keluarganya lagi. Sebaliknya orang yang tidak memiliki susila sejak lingkup keluarga tidak akan memiliki susila juga ketika di luar rumahnya / di lingkungannya. Itulah pentingnya penerapan nilai kesusilaan dalam keluarga. Keluarga merupakan sarana utama dan pertama bagi seorang anak belajar nilai kesusilaan. y Sekolah / Teman dan Guru Sekolah adalah lembaga pendidikan formal, yang merupakan tempat kedua bagi seseorang untuk belajar dan berkembang, serta bersosialisasi dengan orang orang lain. Semua orang yang terlibat di sekolah disebut masyarakat sekolah, dan dalam masyarakat sekolah seorang anak mampu belajar dengan baik untuk menjadi warga masyarakat yang luas. Di sekolah siswa butuh untuk juga bersosialisasi, dan dalam bersosialisasi dibutuhkan nilai kesusilaan. Nilai kesusilaan membuat seseorang diterima oleh orang lain dalam lingkungan sekolah dan bila seseorang sudah diterima di lingkungannya barulah orang tersebut dapat bersosialisasi dengan baik. Bila seseorang tidak memiliki nilai kesusilaan maka ia tidak akan dapat diterima oleh lingkungannya dan akhirnya orang tersebut tidak dapat bersosialisasi dan pribadinya berkembang. tidak akan

y

Masyarakat Luas Sekelompok manusia yang hidup bersama dan mendiami wilayah tertentu meskipun berbeda / memiliki latar belakang masing masing disebut masyarakat. Pada masyarakat seseorang harus lebih mengenal nilai nilai karena akan lebih sulit bersosialisasi dengan masyarakat dibanding dengan keluarga atau sekolah. Masyarakat memiliki berbagai latar belakang dan adat yang berbeda beda, dan bila ingin diterima harus mampu menyesuaikan dengan masyarakat. Nilai nilai kesusilaan akan mempengaruhi pandangan masyarakat pada orang tersebut dan akan juga menentukan apakah ia dapat diterima atau tidak dalam masyarakat. Mungkin masyarakat tidak terpelajar akan dengan mudah menerima bila seseorang

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 22

Bu i P
¢ £¢

rti

be berkata

mampu membuat seseorang diterima dalam masyarakat dan akhirnya mampu bersosialisasi dengan masyarakat. Itulah pentingnya menerapkan nilai kesusilaan dalam masyarakat.

Kelompok 12
Anggota:  Peter Adhidarma / 9-1 / 27  Handoyo / 9-1 / 15 Manfaat Nilai-nilai
¤ ¥

Kesusilaan merupakan hal yang sangat penting yang bersumber dari hati nurani (batin) manusia. Disamping pentingnya kesusilaan, jika kita mampu menerapkan nilai -nilai kesusilaan pada kehidupan sehari hari tentunya kita juga akan mendapatkan berbagai macam manfaat. Manfaat-manfaat itu diantaranya adalah : 1. Kesusilaan dapat memberi batasan pada kita mana perbuatan yang baik dan mana perbutan yang tercela. Kesusilaan membuat kita dapat membedakan mana yang baik dan buruk, sehingga kita dapat terhindar dari halhal yang merugikan diri kita sendiri. Akan tetapi hal ini kembali kepada diri kita sendiri, apakah kita mau mengikuti hati nurani kita atau justru menolaknya. 2. Jika kita memiliki kesusilaan tentunya perasaan kita menjadi lebih tenang, sebab jika kita mengikuti kata hati nurani kita, maka kita tidak akan berbuat hal-hal yang tidak baik, jika
h PLKJ Bu i P rti P

¡ 

kata kasar, tetapi orang yang berpendidikan tentu menghindari kebiasaan kata kasar. Oleh sebab itu menerapkan nilai kesusilaan dalam masyarakat

susilaan

Budi Pekerti
kita tidak berbuat salah tentunya perasaan kita akan menjadi tenang dan damai. Lain halnya jik kita tidak memilikinya maka kita akan terus merasa menyesal dan gelisah, sebab tanpa adanya batasan yang diberikan oleh hati nurani, seringkali kita berbuat hal-hal yang buruk. 3. Kesusilaan juga membuat seseorang yang memilikinya tidak berbuat seenak hati dan tidak merugikan orang lain. Kesusilaan melalui hati nurani juga seringkali membantu kita disaat-saat yang sulit dimana kita harus memilih antara hal yang baik dan buruk, hati nurani membantu kita untuk memilih hal-hal yang tidak semena mena dan tentunya tidak merugikan orang lain 4. Kesusilaan juga dapat membuat kita lebih mudah untuk diterima dalam masyarakat. Jika kita mengikuti hati nurani kita, maka kita akan melakukan tindakan-tindakan yang baik dan benar, jika kita melakukan tindakan-tindakan yang baik dan benar, kita akan dengan mudah diterima dalam masyarakat. Lain halnya jika kita melanggarnya, akibatnya kita akan dikucilkan Menerapkan nilai-nilai kesusilaan dalam kehidupan sehari -hari: Nilai kesusilaan tidak boleh hanya diketahui secara teori saja. Nilai kesusilaan juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun nilai kesusilaan merupakan norma yang tidak tertulis, aturan kesusilaan ini sebenarnya sudah hidup dengan sendirinya didalam diri manusia. Maka apabila nilai-nilai kususilaan ini dlanggar, akibatnya akan mendapatkan sanksi batin yang berupa rasa bersalah, hingga pengucilan dari lingkungan masyarakat apabila pelanggaran itu merugikan orang lain. Sebenarnya aturan kesusilaan merupakan aturan yang berasal dari hati nurani manusia, Hati nurani manusia cenderung mendorong manusia untuk berbuat baik, sebaliknya hati n urani melarang manusia untuk berlaku tidak baik. Norma kesusilaan dan norma kesopanan seringkali dianggap sama oleh mayarakat. Hal ini dikarenakan kedua norma itu bersumber dari akhlak, akal budi, dan hati nurani manusia.. Dalam penerapannya, kita harus me lakukan hal baik agar diterima oleh masyarakat dan diri sendiri. Secara garis besar, penerapannya adalah melakukan tindakan-tindakan yang tidak bertentangan dengan hati nurani kita dan juga nilai-nilai masyarakat. Contoh penerapan nilai -nilai kesusilaan dalam kehidupan sehari-hari: · Menerapkan sopan santun sesuai adat istiadat daerah. Tiap daerah pasti memiliki kebudayaannya masing-masing. Oleh karena itu, kita perlu menyesuaikan kesopanan kita di tiap-tiap daerah. Misalnya di Amerika, memakai bikini masih dapat diterima oleh masyarakat sebagai hal yang biasa-biasa saja. Tetapi di
Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 24

Budi Pekerti
Indonesia, itu adalah hal yang tidak bisa diterima oleh masyarakat sekitar karena itu melanggar norma mereka. Juga, perlu untuk menerapkan sopan santun umum seperti berbicara dan berpakaian sopan. · Tidak melakukan tindakan yang tidak senonoh, tidak pantas, yang melanggar norma kesusilaan, dan yang tidak sesuai hati nurani kita kepada wanita. Ini selain melanggar norma kesusilaan, juga melanggar norma kesopanan karena itu bertentangan dengan hati nurani dan nilai-nilai dari masyarakat. Oleh karena itu, menghindari tindakan yang tidak senonoh kepada wanita merupakan penerapan nilai-nilai kesusilaan. · Tidak ikut menonton film-film porno. Ini tentu bertentangan dengan hati nurani kita dan juga norma masyarakat. Mengingatkan teman apabila melihat temannya bertidak melanggar aturan kesusilaan, baik melalui tutur sapa ataupun tindakan. Selain menerapkan norma kesusilaan dalam diri sendiri, kita perlu juga membantu masyarakat menerapkannya dalam lingkungan masyarakat. Caranya adalah dengan mengingatkan mereka.

·

KESIMPULAN MAKALAH:
Menurut Kami, kesimpulan dari makalah kami adalah, bahwa di manapun dan kapanpun serta bagaimanapun keadaannya, budi pekerti haruslah dijunjung tinggi. Tidak ada alasan apapun yang dapat membenarkan pembelokan arti dari budi pekerti, meniadakan budi pekerti, bahkan sampai membunuh orang lain. Hal itu berlaku dalam seluruh aspek kehidupan, baik kemandirian, kesusilaan, dan keagamaan. Dalam hidup ini kita tidak hidup sendiri, tapi bermasyarakat, maka budi pekerti wajib hukumnya agar semua orang dapat menikmati nyamannya hidup bersama.

Makalah PLKJ Tema : Budi Pekerti

Page 25

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->