FUZZ EFFECT

NAMA NOMOR MHS

: HARRIS INDRA L : 33808

HARI PRAKTIKUM : RABU TANGGAL PRAKTIKUM : 07-05-2009

LABORATORIUM ELEKTONIKA DASAR JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA 2008

I. GAMBAR DAN ANALISA

Pada saat cahaya gelap. hambatan LDR kecil dan mengakibatkan transistor dalam keadaan forward bias (transistor on).A. . hambatan LDR besar dan mengakibatkan transistor dalam keadaan reverse bias (transistor off). Untuk membuat perangkat Burglar Alarm (alarm anti pencuri) diperlukan 2 perangkat rangkaian yaitu : (Pada kedua rangkaian ini. Skema rangkaian standar (sebelum transistor digantikan dengan thyristor). digunakan resistor variabel untuk mengatur sensitifitas rangkaian terhadap cahaya) 1. Light operated switch Pada saat cahaya terang.

LED tidak menyala. hambatan LDR akan besar sekali sekitar 10 M Ohm. hambatan LDR akan sangat kecil dan mengakibatkan Transistor mengalami reverse bias (transistor off). Skema Rangkaian Berikut Merupakan Modifikasi sebelumnya. B.2. 1. LED menyala. sehingga transistor mengalami forward bias (transistor on). Dark operated switch Pada saat cahaya terang. (Rangkaian ini menggunakan SCR). Light operated switch (Menggunakan SCR) dari Rangkaian . Pada saat cahaya gelap.

.

hambatan LDR akan besar sehingga Gate pada thyristor tidak mendapatkan masukkan dan thyristor tetap off. Pada saat cahaya gelap. thyristor akan tetap on dan menyebabkan buzzer tetap berbunyi hingga supplay rangkaian ini dicabut. Relay pada rangkaian ini dipasang dengan tujuan untuk mengantisipasi apabila intensitas cahaya yang dihasilkan LED pada rangkaian satu tidak mencukupi untuk menyalakan rangkaian ke-2 di bawah ini. hambatan LDR akan kecil. Thyristor (SCR) akan terus dalam keadaan forward bias (on) meskipun cahaya telah terang kembali. hambatan LDR akan kecil sehingga Gate pada resistor mendapatkan masukkan dan mengakibatkan thyristor mengalami forward bias dan menyebabkan buzzer yang terintegrasi pada rangkaian ini berbunyi. Gate pada thyristor tidak mendapatkan masukan dan mengakibatkan LED tetap tidak menyala. . 2. Dark operated switch (Menggunakan SCR) Pada saat cahaya terang.Pada saat cahaya terang. Gate pada thyristor akan mendapatkan masukan dan mengakibatkan LED menyala. Meskipun cahaya sudah tidak terang atau gelap. hambatan LDR akan sangat besar. Pada saat cahaya tidak ada.

rangkaian dengan menggunakan transistor tidak begitu efektif untuk digunakan Hal ini disebabkan. Rangkaian dark operated switch serta rangkain light operated switch pada umumnya menggunakan transistor sebagai switch-nya. Alarm anti pencuri yang menggunakan LDR kurang efektif karena rangkaiannya sangat dipengaruhi penerimaan cahaya oleh LDR. SCR akan terus on ketika sekali saja dipicu untuk on sampai power supply dihentikan. Dark operated switch sering digunakan untuk lampu taman yang menyala ketika malam tiba. Untuk mengatur kesensitifitasan penerimaan cahaya pada rangkaian ini. alarm tidak menyala. di dalam kotak gelap). sensor cahaya (LDR) sebaiknya digantikan receiver cahaya infrared dan tentunya diperlukan pemancar cahaya infrared. . light operated switch bisa digunakan sebagai sensing kondisi(Tentunya dengan mengatur kesensitifan penerimaan cahaya LDR terlebih dahulu).II. Hal ini menyebabkan alarm bisa saja berbunyi meskipun bukan pencuri yang memicunya. light operated switch akan bekerja dan sebaliknya dark operated switch tidak bekerja. Alarm ini bekerja dengan mengintegrasikan dua jenis rangkaian LDR yaitu dark operated switch dan light operated switch. Dengan mengkombinasikan kedua jenis rangkaian ini. Dark operated switch pada rangkaian alarm anti pencuri digunakan sebagai sensing pencuri.KESIMPULAN Kesensitifan rangkaian terhadap cahaya sangat bergantung dengan hambatan variabel yang dipasang. Ketika pencuri menghalangi penerimaan cahaya oleh LDR pada rangkaian ini. Salah satunya adalah alarm anti pencuri. Hal ini disebabkan. Untuk membuat alarm anti pencuri yang lebih efektif. APLIKASI RANGKAIAN Dari sifat-sifat LDR (Light Dependent Resistor). Oleh sebab itu. Pada saat kondisi cahaya terang. diperlukan resistor variabel dengan ukuran resistansi yang lebih besar lagi (>50K Ohm). Alarm yang terintegrasi pada rangkaian ini akan berbunyi sebagai peringatan atau pertanda bahwa ada pencuri. cahaya infrared tidak tampak oleh mata biasa. digunakanlah SCR (Silicon Controled Rectifier). III. Dark operated switch akan menyala dan mengaktifkan light operated switch yang kondisi awalnya berada dalam keadaan gelap (misal. ketika kondisi cahaya kembali ke keadaan semula. Untuk rangkaian anti kebakaran. Apabila kita menginginkan rangkaian alarm anti pencuri bekerja. dapat disusun beberapa rangkaian yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai macam manfaat. dapat disusun suatu rangkaian alarm anti pencuri maupun alarm kebakaran. Penerimaan cahaya ini bisa terganggu bukan karena pencuri namun keadaan cahaya lingkungan sekitarnya.