P. 1
Peta, Grafik, Tabel, Diagram.ppt

Peta, Grafik, Tabel, Diagram.ppt

|Views: 4,970|Likes:
Published by Occhi A Casper

More info:

Published by: Occhi A Casper on Jun 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/31/2013

pdf

text

original

PETA, GRAFIK, TABEL, DIAGRAM LINDA ROHMAWATI MIQDAD M.

RIZA FAUZI {22} {23} {24}

Langkah-langkah mambaca peta, grafik, tabel, dan diagram
‡ Bacalah judulnya. Langkah pertama ini merupakan langkah penting, resapkan isi judul grafik, tabel, diagram, atau peta yang dihadapi karena judul ini memberikan ringkasan yang padat tentang informasi yang akan disampaikan. ‡ Bacalah informasi yang ada di atas, di bawah, atau di sisinya. Informasi yang ada merupakan kunci penjelasan tentang materi yang disajikan. ‡ Informasi tersebut dapat berupa urutan tahun, persentase, dan angka-angka.

‡ Ajukan pertanyaan tentang tujuan grafik, peta, tabel, atau digram tersebut. Anda dapat mengetahui tujuan itu dengan mengubah judulnya menjadi pertanyaan: di mana, seberapa banyak, bagaimana terjadi dan jawabannya ada pada grafik, tabel, diagram, dan peta tersebut. ‡ Bacalah grafik, tabel, diagram, atau peta itu. Sementara membacanyasecara menyeluruh, tetaplah ingat akan maksud dan tujuannya, dan dapatkan keterangannya dalam informasi yang disajikan di sana.

PETA
PENGERTIAN: Banyak sekali definisi tentang peta, tetapi pada dasarnya hakekat peta adalah :
Peta adalah alat peraga. Melalui alat peraga itu, seorang penyusun peta ingin menyampaikan idenya kepada orang lain. Ide yang dimaksud adalah hal-hal yang berhubungan dengan kedudukannya dalam ruang. Ide tentang gambaran tinggi rendah permukaan bumi suatu daerah melahirkan peta topogafi, ide gambaran penyebaran penduduk (peta penduduk), penyebaran batuan (peta geologi),penyebaran jenis tanah (peta tanah atau soil map), penyebaran curah hujan (peta hujan) dan sebagainya yang menyangkut kedudukannya dalam ruang. Dengan cara menyajikannya kedalam bentuk peta, diharapkan si penerima ide dapat dengan cepat dan mudah memahami atau memperoleh gambaran dari yang disajikan itu melalui matanya.
http://www.geografiana.com/makalah/teknologi/esensi-peta

Ada banyak pengertian peta namun pada intinya pengertiannya adalah: ‡ Peta adalah suatu gambaran sebagian atau seluruh wilayah permukaan bumi dengan berbagai fenomena kenampakannya pada suatu bidang datar yang diperkecil menggunakan skala tertentu. ‡ Peta menurut International Cartografhic Association adalah: Gambaran unsur unsur permukaan bumi atau ang adakaitannya dengan permukaan bumi maupun benda benda angkasa. ‡ Peta : Gambaran kenampakan muka bumi pada bidang datar dengan menggunakan skala. ‡ (dan banyak lagi pengertian tentang peta,)
http://rudees.blogspot.com/2008/01/peta-atlas-dan-globe_22.html

CONTOH

JENIS-JENIS PETA:
Peta umum : ‡ peta dunia : peta yang menggambarkan bentuk dan letak wilayah setiap negara di dunia ‡ peta korografi : Peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi yang bercorak umum dan berskala kecil. ‡ peta topografi : Peta yang menggambarkan permukaan bumi dan reliefnya / ketinggian tempat. Peta Khusus: ‡ Peta Kadaster : peta yang berskala 1:5.000 -1:100 co. peta desa ‡ Peta Skala besar : 1:250.000 ‡ Peta Skala menengah : 1:500.000 ‡ Peta Skala kecil : 1:1000.000
http://rudees.blogspot.com/2008/01/peta-atlas-dan-globe_22.html

Bentuk peta : Peta datar, peta relief, peta digital

Komponen / unsur peta: ‡ Judul peta ‡ Skala peta ( skala garis, skala angka, skala verbal) ‡ Tanda orientasi : Inset, garis astronomis (grid peta : garis lintang dan garis bujur) sumber pembuatan peta, legenda ( simbol garis, simbol titik, wilayah, warna.) http://rudees.blogspot.com/2008/01/peta-atlas-dan-globe_22.html

SYARAT PETA YANG BAIK MESTINYA :
‡ Peta tidak boleh membingungkan ‡ Peta harus dengan mudah dapat dimengerti atau ditangkap maknanya oleh si pemakai peta. ‡ Peta harus memberikan gambaran yang sebenarnya. Ini berarti peta itu harus cukup teliti sesuai dengan tujuannya. ‡ Karena peta itu dinilai melalui penglihatan (oleh mata), maka tampilan peta hendaknya sedap dipandang (menarik, rapih dan bersih). http://www.geografiana.com/makalah/teknologi/esenipeta

MANFAAT PETA
‡ Mengetahui jarak 1 tempat ke tempat lain ‡ Mengetahui arah suatu tempat ‡ Dapat menjelaskan kondisi suatu lingkungan ‡ Memperoleh data data yang dibutuhkan pengguna ‡ Kemungkinan usaha dilakukan di suatu tempat.
http://rudees.blogspot.com/2008/01/peta-atlas-dan-globe_22.html

TABEL
Pengertian:
-Tabel adalah sebuah alat untuk menampilkan informasi dalam bentuk matrik
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090119075755AADrYy8

-Tabel merupakan kumpulan angka-angka yang disusun menurut kategori-kategori tertentu sehingga memudahkan pembuatan analisis data (Supranto, 2000). Penyajian dengan tabel bisa memberikan angka-angka yang lebih teliti baik berupa hubungan satu arah, dua arah, ataupun lebih.
http://irmadamayanti.blogspot.com/2008/05/pengertian-statistik-deskriptif-tabel.html

JENIS TABEL
Tabel Umum Yang dimaksud tabel umum disini adalah suatu tabel yang berisi seluruh data atau variabel hasil penelitian. Pentingnya tabel ini adalah : a. Menyajikan data aslinya sehingga dapat dipakai untuk rujukan tabel khusus. b. Menjadi sumber keterangan untuk data asli. c. Sebagai penyusunan tabel khusus. Oleh sebab itu, tabel umum ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : a. Berisi keterangan aneka ragam tentang subjek yang sama atau berisi semua variabel yang diteliti (data yang dikumpulkan). b. Untuk data kuantitatif berisi angka absolut (bukan persentase). c. Berisi keterangan yang mudah dipakai untuk rujukan. d. Nilai yang dimasukkan adalah nilai asli dan belum dibulatkan. http://www.geocities.com/klinikikm/statistik-kesehatan/penyajian-data.htm

CONTOH TABEL UMUM

Tabel Khusus
tabel khusus adalah merupakan penjabaran atau bagian dari tabel umum. Ciri utama dari tabel khusus adalah angka-angka dapat dibulatkan dan hanya berisi beberapa variabel saja. Gunanya tabel khusus ini antara lain untuk menggambarkan adanya hubungan atau asosiasi khusus dan menyajikan data yang terpilih (selective) dalam bentuk sederhana.

Tabel khusus bentuknya bermacam-macam, antara lain : Tabel Univariate ‡ Adalah suatu tabel yang menggambarkan penyajian data untuk satu variabel saja. ‡ Contoh :

Tabel Bevariate
‡ Adalah suatu tabel yang menyajikan data dari 2 variabel secara silang. Oleh sebab itu tabel ini sering disebut tabel silang (cross table). ‡ Tabel bevariate ini mempunyai banyak modifikasi. Disamping menyajikan nilai mutlak dari data dan persentase, kadang-kadang masing-masing variabel terdiri dari sub variabel.

Contoh tabel bevariate
‡

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tabel khusus antara lain :
Tabel khusus harus sederhana mungkin, artinya lebih baik membuat 2 atau lebih tabel daripada 1 tabel khusus yang padat dan rumit. b. Tabel khusus harus jelas sehingga mudah dimengerti, artinya tiap kolom dan baris harus ada judul yang jelas. Judul tabel harus dapat menjawab pertanyaan apa itu, kapan terjadi, dan dimana. c. Apabila tabel tersebut diambil dari sumber lain (bukan hasil penelitian sendiri) harus disebutkan sumbernya atau rujukannya.
a.

GRAFIK
PENGERTIAN
‡ Grafik meliputi gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan komputer, berbentuk garis, lengkungan, kurva dan sebagainya. Komputer dapat menghasilkan pencitraan dalam sejumlah pixel, dan printer dot matrix akan mencetak citra/gambar tersebut dalam sejumlah titik.
http://www.total.or.id/info.php?kk=grafik ‡ Grafis(Grafik) adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan utk memberi tanda informasi, ilustrasi/hiburan http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090119075755AADrYy8

Grafis, yang berasal dari bahasa Inggris graphic, adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna. Dalam bahasa Indonesia, kata "grafis" sering dikaitkan dengan seni grafis (printmaking) dan desain grafis atau desain komunikasi visual.
http://id.wikipedia.org/wiki/Istimewa:Pencarian/Tabel_(informasi)

MACAM-MACAM
‡ Histogram Grafik yang dibangun oleh garis mendatar. ‡ Hologram Grafik yang dibuat dengan menggunakan sinar laser dan mampu membuat gambar tiga dimensi pada kertas ... ‡ Stack bar Grafik batang bertumpuk. ‡ Goraud Shading Grafik 3-D, sebuah teknik yang dikembangkan oleh Henri Gouraud pada awal tahun 1970. Teknik ini mena... ‡ chart grafik:graphic atau diagram yang menampilkan data atau hubungan antar data kumpulan data yang ditamp...
http://www.total.or.id/info.php?kk=grafik

Ketentuan umum untuk membuat grafik, diagram atau gambar data antara lain sebagai berikut :
a. Judul grafik, diagram, gambar atau skema harus jelas dan

tepat. Judul terletak diatas tengah gambar atau grafik dan menggambarkan ciri data, tempat dan tahun data tersebut diperoleh (what, where, dan when). b. Garis horizontal maupun garis vertikal sebagai koordinat harus diatas agar garis kurva tampak jelas. c. Skala pada grafik atau gambar harus ada catatan tentang satuan yang dipakai misalnya tahun, hari, kilogram, celcius, dan sebagainya. d. Apabila data dari grafik atau gambar tersebut diambil dari sumber lain (bukan hasil penelitian sendiri) maka sumber data harus ditulis dibawah kiri grafik atau gambar tersebut.

ONTOH
‡ Terdapat fluktuasi perkembangan jumlah pendaftar pada tahun 2008 secara periodik (per hari), terutama pada hari ke- 13. Hal ini terjadi karena pada saat yang bersamaan sedang dilaksanakan SMPTN sampai dengan tanggal 3 Juli 2008. Pada hari ke-12 jumlah pendaftar mencapai 1.271 orang, namun pada hari ke13 turun menjadi 645 orang. Perkembangan/trend secara harian jumlah pendaftar di BDK IV Malang dapat dilihat pada grafik berikut.
http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.bppk.depkeu.go.id/websekretariat/images/stories/bdk 4-grafik.gif&imgrefurl=http://www.bppk.depkeu.go.id/websekretariat/20080703176/bdk/balai-diklatkeuangan-iv-malang/perkembangan-pendaftaran-usm-stan-terkini-di-bdk-iv-malang.html&usg=__a534onz0S12hUPFmHvllxd2eXY=&h=307&w=565&sz=10&hl=id&start=17&tbnid=X6QFSWX9fuxA_M:&tbn h=73&tbnw=134&prev=/images%3Fq%3Dgrafik%26gbv%3D2%26hl%3Did%26sa%3DG

DIAGRAM
Pengertian ‡ Diagram adalah lambang-lambang tertentu yang dapat digunakan untuk menjelaskan sarana, prosedur serta kegiatan yang biasa dilaksanakan dalam suatu sistem.
http://simpangbandara.blogspot.com/2009/01/pengertian-diagram.html

Macam-macam diagram
‡ Line chard

‡ Bar chart

‡ Pie chart

‡ Venn Diagram

‡ Scatter Plot

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->