P. 1
Belajar Dasar Tips Dan Trik Photoshop Serta Memahami Cara Penggunaan Layer Brush Layout Filter Untuk Yang Baru Mengenal Photoshop

Belajar Dasar Tips Dan Trik Photoshop Serta Memahami Cara Penggunaan Layer Brush Layout Filter Untuk Yang Baru Mengenal Photoshop

|Views: 389|Likes:
Published by Akhmed Cool

More info:

Published by: Akhmed Cool on Jun 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2013

pdf

text

original

Belajar dasar Tips dan Trik Photoshop serta memahami cara penggunaan layer brush layout filter untuk

yang baru mengenal Photoshop

Pemasangan dan Penggunaan Brush Photoshop Lengkap
Tutorial Photoshop kali ini mengenai Pemasangan dan Penggunaan Brush Pada Photoshop. Tutorial ini didasari pada banyaknya pertanyaan bagaimana pemasangan dan penggunaan brush photoshop tersebut. Sebelum kita mulai mari kita membaca sedikit penjelasan tentang Brush - Adobe Photoshop. Brush adalah Fitur yang juga sangat penting pada photoshop, terutama dalam hal pembuatan ilustrasi suatu gambar ataupun sapuan gambar dengan beraneka ragam bentuk serta mengukir image dan beberapa fungsi vital lainnya.

Ok, sekarang kita mulai saja, disini saya menggunakan Photoshop CS3 , bagi yang masih menggunakan Photoshop CS 2 ataupun CS , Ataupun Photoshop 7 tidak perlu khawatir karena caranya sama saja Penjelasan Tentang Brush Standart Photoshop Sebelum kita mulai dapat saya jelaskan sedikit disini, sebetulnya Adobe PHOTOSHOP telah menyediakan Fitur Brush yang Standart ( bawaan / Default ) namun sebagai seorang desainer Grafis hal tersebut akan sangat membatasi imajinasi dan kreativitas men-Desain dan Berkarya secara maksimal. Cara Pemakaian brush Photoshop: 1. Untuk memakai brush photoshop maka kita harus mengKlik kanan ikon Brush yang bergambar pada Tool Box

Jika masih belum tahu dimana letak tool box maka silahkan lihat Layout Photoshop 2. Lalu setelah itu pilih brush yang diinginkan dengan menekan

panah bawah yang dilingkari hitam, nah akan muncul standart brush yang disediakan photoshop

Pemasangan dan Penambahan Brush Pada Photoshop Setelah membaca penjelasan di atas penulis berharap sekarang para pembaca bisa memahami apa yang dimaksud Brush Standart Photoshop. Namun tenang saja karena Adobe Photoshop bisa menerima Plug-in Brush dari pihak luar dalam hal ini adalah menambahkan Brush yang lain dalam Photoshop anda.

php Simpan dalam komputer dan Extract . bagian Bawah Sendiri akan terdapat Brush tambahan flower brush .Caranya: Sebelum mencoba silahkan download Contoh Brush ( FLOWER BRUSH ) yang akan kita gunakan untuk latihan File Tersebut bisa ilmugrafis. nama file Brush tersebut adalah "flower brush-3.abr" ( file Tersebut adalah plug-in Brush untuk menambah koleksi brush photoshop ) Ok sekarang akan saya jelaskan cara pemasangannya hingga Brush tersebut dapat digunakan Caranya: 1.ilmugrafis. Buka Photoshop anda dan Brush akan Ter-LOAD / Terpasang secara otomatis Untuk mengecek silahkan pilih Brush Tool dan Cek Koleksi Brush anda.com klik: www. Copy File "flower brush-3.abr" dan Paste pada Direktori Folder Brushes Photoshop Anda Secara Default letaknya ada di: C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS3\Presets\Brushes 2.com/photoshop_download_tools.

Brush Dengan Tema Bunga . Terima Kasih Semoga Bermanfaat .Hipp.P Ok Sekarang tinggal bagaimana cara anda berkreasi dengan BRUSH PHOTOSHOP tersebut Contoh Karya Penulis dengan Brush [+] Zoom image Jadi inget guru Gue Waktu TK ampe Kuliah Nih... Hippp Horaaayyy ..

Patern Pada Tutorial kali ini kita akan menambahkan Pattern pada adobe photoshop kita sehingga tool desain kita lebih banyak variasi dan lebih imajinatif. Cara Menambahkan Pattern Photoshop: 1. sebetulnya Adobe PHOTOSHOP telah menyediakan Fitur Pattern yang Standart ( bawaan / Default ) namun sebagai seorang desainer Grafis hal tersebut akan sangat membatasi imajinasi dan kreativitas men-Desain dan Berkarya secara maksimal. Setelah mendownload file Pattern tersebut maka anda akan mendapatkan file bernama "webtreatsetc-midnight-blue-patterns.. Caranya hampir sama dengan cara Pemasangan dan Penggunaan Brush yang telah dibahas di website IlmuGrafisini Penjelasan Tentang Pattern Standart Photoshop Sebelum kita mulai dapat saya jelaskan sedikit disini. Download Pattern photoshop yang disediakan oleh ilmuGRAFIS sebagai bahan latihan di Download Pattern Download dan Simpan PATTERN Midnight Blue Patterns Photoshop Version: CS3 [Pattern ini bisa digunakan secara baik di Photoshop CS3] DOWNLOAD 2. Buka Photoshop maka Photoshop akan menLOAD pattern tersebut secara otomatis Untuk mengujinya maka buat lembar kerja baru pada photoshop (File >> Open >> OK) .pat" Copy dan paste file tersebut ke direktori Folder Pattern Photoshop anda Secara Default letaknya ada di: C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS3\Presets\Pattern 3..

Nah sekarang Ada tambahan pattern bernama webtreatsetc-midnightblue-patterns di Photoshop anda Setelah itu akan ada 6 pilihan pattern yang bisa dipilih salah satunya. hehehe :) Selamat Belajar Photoshop Terima kasih Semoga Bermanfaat ^_^ . klik OK Pattern bisa dipakai sebagai Alternatif background bagi foto atau gambar anda Misal seperti ini: Fred Flinstone also like ilmuGRAFIS .>>Fill maka akan muncul Pop Up Parameter Lakukan urutan seperti di gambar bawah ini Klik Ok .

Cantik Dalam Sekejap . dari yang kualitas VGA sampai yang berpixel-pixel…untuk HP yang pixelnya gede mungkin hasilnya bisa langsung OK. Copy folder Imagenomic hasil extract ke C:\Program Files\Adobe\Photoshop(CS\CS2\C3)\Plug-Ins 3.exe yang ada dalam folder tersebut (ketika anda menjalankan file tersebut pastikan anda tidak membuka program Photosohop) 4. Instal seperti biasa . Extract terlebih dahulu file download tersebut 2. Klik 2x pada file setup. yach dapat dibilang mempermulus hasil jepretan kamu lah…kali ini aku pake tambahan Plugins jadi kamu harus Download dulu… Plugins Imagenomic Noiseware: Ato cari di google service kalo sudah ikuti langkah-langkah dibawah ini : 1. tapi buat HP dengan kamera VGA pasti ada sedikit banyak noise pada hasil jepretannya… makanya disini saya ingin membagikan sedikit ilmu buat kamu yang pengen nyoba OLDIG hasil jepretan HP kamu.Make Over Kamera HP Jaman sekarang hampir semua orang pake HP berkamera.

Open file foto yang pengen kamu edit Nih…aku pake foto temen. namanya ???? karena fotoku sendiri g da bgus2nya buat diedit.5.. Klik Menu : Filter > Imagenomic > Noiseware Professional .he3 6.

Jika foto terlihat kurang cerah kita bisa mengatur brightness dan kontrast dari gambar yang sedang kita edit Kali ini saya menggunakan Image > Adjustment > Curves Referensi INPUT : 90 OUTPUT : 125 . jika kamu kurang cocok maka kamu bisa mengatur sendiri sesuai dengan keinginan kamu… Contoh: Setting Full (Stronger Luma) OK Jika muncul window 7. Maka akan muncul window seperti dibawah ini: Pada Box Setting kamu bisa memilih sesuai dengan pengaturan yang telah disediakan.7.

Dan hasil akhirnya…………………… Penulis sangat mengharapkan komentar dari para pembaca… Terima Kasih dan Selamat Mencoba Jika ada pertanyaan kirim email ke denmasvan@yahoo.com SEMOGA BERMANFAAT .

Setelah gambar pertama tertampilkan.Merubah Foto Berwarna Menjadi Sketsa Warna Pensil Halo pembaca yang budiman. saya akan menampilkan gambar hewan anjing. langkah selanjutnya yaitu : Arahkan Mouse anda pada "Layer gambar hewan" dalam hal ini Background .” Berikut Caranya : 1. baik memanipulasikan maupun hal-hal yang lainnya. tentunya banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan. Buka photoshopnya. Oleh karena itu. kini kami akan memberikan tutorial kepada anda tentang “Bagaimana cara merubah foto berwarna menjadi sketsa warna pensil. belajar photoshop. Lihat gambar pertama di bawah ini: download gambar 2. Namun kali ini. Setelah itu carilah gambar yang akan dijadikan sketsa pensil.

3. Setelah gambar berubah menjadi hitam putih. langkah selanjutnya yaitu : . Klik “Ctrl + Shift + U” maka Gambar akan berubah menjadi Hitam putih”. Lihat Gambar Kedua ( 2 ) di bawah ini : 4.kemudian klik kanan dan pilih "Duplicated Layer". Setelah anda membuat duplicated gambar.

3” kemudian Klik Ok. seperti cara diatas. lihat Gambar Ketiga ( 3 ) di bawah ini : 5. Untuk selanjutnya yaitu : Arahkan mouse Pada “Filter > Blur > Gaussian Blur” maka akan keluar jendela pop_up Gaussian blurnya. kemudian klik “Ctrl + i” maka gambar akan berubah menjadi gambar film.Buatlah duplicated lagi. Setelah Gambar Ketiga ( 3 ) tertampilan. setelah itu pada “Radius Pixel” berilah nilai sebesar “3. Dan lihatlah hasil gambar keempat ( 4 ) di bawah ini : .

lihat gambar di bawah ini : Keterangan Pada gambar disamping ini.6. lihat hasil gambar penyelesaiannya di bawah ini : Perubahan menjadi goresan Pencil . Arahkan mouse pada “Set The Blending Mode For The Layer”. gambar secara langsung akan berubah menjadi sketsa warna pensil. Pada gambar keempat ( 4) jika diperhatikan. Namun dari gambar tersebutlah yang Menjadikan gambar lebih jelas setelah terjadinya perpindahan warna. Oleh sebab itu. untuk langkah terakhirnya yaitu : Pada gambar keempat ( 4 ) tertampilkan. ubahlah nama “Normal” menjadi “Color Dodge” Setelah anda mengubah Mode “Normal” menjadi “Color Dodge” maka. gambar tersebut tampak Tidak jelas atau juga memudar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->