P. 1
B. Indonesia: Membaca Ekstensif

B. Indonesia: Membaca Ekstensif

|Views: 717|Likes:
Published by Occhi A Casper

More info:

Published by: Occhi A Casper on Jun 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/25/2013

pdf

text

original

Membaca Ekstensif

Tujuan Pembelajaran
1. 2.

3.

Siswa dapat mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf. Siswa mampu menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat. Siswa dapat mengidentifikasi fakta dan pendapat (opini).

Apakah pengertian membaca ekstensif?
1.

Bahasa

: membaca secara luas

2. Istilah : membaca sebanyak mungkin teks/ naskah yang bertema sama (sejenis).

Tujuan Membaca Ekstensif
1. 2. 3.

4.

Memahami pokok-pokok bacaan dengan pokokcepat. Memiliki pandangan yang luas terhadap suatu permasalahan. Lebik objektif dalam melihat permasalahan serta menjauhi unsur subjektifitas Memiliki paradigma yang berbeda dari hasil menyimpulkan bacaan.

Bagaimana cara membaca ekstensif?
1. 2. 3. 4. 5.

Mengumpulkan sebanyak mungkin bahan bacaan. Membaca dan meresapi isi bacaan naskah satu per satu. Agar lebih cepat, carilah ide pokok setiap paragraf. Mencatat informasi sambil membaca. Mengkomparasikan bacaan lalu menyimpulkan.

Cari gagasan utama paragraf ini!
Hari pahlawan tidak boleh terlewatkan begitu saja. Harus ada tindakan nyata yang dilakukan untuk memperingati hari bersejarah ini. Contoh paling sederhana, mengikuti upacara bendera, tabur bunga, dan refleksi kepahlawanan. Bagimanapun juga, pahlawan harus tetap dikenang. Jangan sampai pengorbanan mereka siasiasia.

Cari gagasan utama paragraf ini!
Menghormati jasa pahlawan tidak hanya dilakukan dengan upacara dan tabur bunga. Para pahlawan tidak butuh bunga, namun ingin kemerdekaan ini bertahan selamanya. Cara paling tepat mengenang jasa pahlawan adalah dengan mengisi kemerdekaan dengan pengembangan kualitas sumber daya manusia. Masyarakat hendaknya menyadari hal ini, dan segera melakukan perubahan pola pikir.

Fakta dan Opini
Fakta Sesuatu yang benar-benar terjadi di benarmasyarakat (realita/ kenyataan). Opini Komentar/ pendapat yang dikemukakan oleh masyarakat.

Fakta atau Opini?
1. 2. 3. 4.

Lokasi Gunung Kelud berada di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar. Mbah Ronngo adalah juru kunci Gunung Kelud. Gunung Kelud diramalkan tidak akan meletus tahun ini. Letusan gunung ini akan berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat sekitar.

5. Gunung Kelud adalah gunung teraktif di Pulau Jawa, hal ini dibuktikan dari data di Dinsos bahwa tercatat sudah lebih dari 30 kali meletus. 6. Apabila tahun ini meletus, maka korban diperkirakan akan meningkat. 7. Pada tahun 1965 letusan Gunung Kelud menewaskan 4.356 jiwa. 8. Andai Gunung Kelud meletus, maka diperkirakan akan ada banyak pengungsi yang terlantar.

KALIAN HARUS INGAT!

Apakah syarat paragraf?
1. 2.

3. 4.

Satu paragraf hanya memuat satu ide. Minimal terdiri dari dua kalimat (satu kalimat utama dan satu kalimat penjelas). Kalimat penjelas dapat diperbanyak, sesuai dengan kebutuhan. Kohesi dan koherensi.

Jenis paragraf

kalimat utama

PARAGRAF

Deduktif Campuran Induktif

Paragraf Deduktif
1.

2.

3.

Paragraf yang kalimat utamanya (pokok paragraf) terdapat di awal paragraf. Kalimat utama terdapat di awal paragraf, adapun kalimat berikutnya berfungsi menjelaskan kalimat utama. Khusus umum

Paragraf Induktif
1.

2.

3.

Paragraf yang kalimat utamanya (pokok paragraf) terdapat di akhir paragraf. Dimulai dari kalimat-kalimat penjelas kalimatlalu disimpulkan pada akhir paragraf. Umum khusus

Paragraf Campuran
1.

2.

3.

Paragraf yang kalimat utamanya tersebar (dapat di awal dan/ tengah dan/ akhir paragraf). Biasanya terdapat lebih dari satu kalimat utama, namun masih berkaitan. Kalimat penjelas lebih luas dan banyak.

Selain laboratorium IPA dan IPS, sekolahku juga memiliki laboratorium bahasa. Yang paling aku banggakan adalah keberadaan green house yang terdapat di atas laboratorium IPA. Beberapa bulan kemarin, telah diresmikan ruang multimedia yang di dalamnya terdapat peralatanperalatanperalatan canggih. Semua fasilitas sekolah diperuntukkan semaksimal mungkin bagi efektifitas kegiatan belajar-mengajar. Aku belajarsemakin bangga sekolah di SMA ini, sebab sarana dan prasarananya sangat lengkap.

Bahasa Indonesia harus benar-benar kita jaga benarkelestariannya. Bahasa kita sudah berusia lebih dari 79 tahun dan mengalami banyak degradasi. Hal ini dapat dibuktikan melalui bahasa kenegaraan yang digunakan oleh presiden saat berpidato maupun melaporkan hasil kerjanya kepada DPR. Secara teoritis, bahasa hanya dapat bertahan selama seratus tahun. Namun, hal ini terbantahkan ketika masyarakat turut serta menjaganya. Semakin masyarakat bangga menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka usia bahasa kita akan semakin bertambah. Begitu pula sebaliknya, semakin ditinggalkan bahasa Indonesia, maka usianya semakin pendek. Menjaga kelestarian bahasa Indonesia adalah salah satu wujud nasionalisme anak bangsa dalam bentuk sederhana tapi nyata.

Perlahan tetapi pasti, sastra Indonesia telah mengalami evolusi. Evolusi sastra ini terjadi bukan hanya dari segi isi, namun juga dapat dilihat dari segi bentuk dan media yang digunakan. Dari tahun ke tahun seiring dengan perubahan sosiokultural yang ada di masyarakat, sastra pun berubah. Dahulu para sastrawan taat akan kaidah-kaidah kebahasaan, kaidahnamun kini kebebasan mengungkapkan ide tidak bisa dikekang oleh bahasa. Perubahan yang signifikan juga dapat dilihat dari media yang dipergunakan. Pada awalnya, sastra berkembang dari mulut ke mulut. Namun, setelah masyarakat dapat menulis, sastra lalu dibukukan. Kini, ketika perkembangan teknologi semakin menggila, sastra tersebar melalui media elektronik, konkritnya situs atau web.

Jenis paragraf berdasarkan ide
PARAGRAF
EKSPOSISI DESKRIPSI NARASI PERSUASI ARGUMENTASI

Narasi
Jenis paragraf yang bertujuan untuk menceritakan suatu pokok permasalahan. CiriCiri-cirinya : 1. Kronologis (berdasarkan urutan waktu). 2. Ada tokoh yang diceritakan, baik manusia atau bukan. 3. Semua kalimat, adalah kalimat utama.

Deskripsi
Jenis paragraf yang menyajikan gambaran berdasarkan keadaan sebenarnya. CiriCiri-cirinya : 1. Bersifat informatif. 2. Pembaca diajak menikmati cerita berdasarkan kesan penulis. 3. Susunan peristiwa dan waktu kejadian tidak menjadi pertimbangan utama.

Eksposisi
Jenis paragraf yang bertujuan menerangkan suatu pokok masalah/ pikiran yang dapat memperluas pengetahuan pembaca. CiriCiri-cirinya : 1. Dilengkapi data, fakta, maupun kesaksian. 2. Bila paragraf deskripsi lebih subjektif, maka paragraf eksposisi lebih bersifat objektif.

Argumentasi
Jenis paragraf yang berisi gagasan/ ide yang bertyujuan mempengaruhi/ meyakinkan orang lain. CiriCiri-cirinya : 1. Terdapat fakta, kesaksian, dan bukti. 2. Penutup paragraf berupa kesimpulan. 3. Kesan subjektif pengarang dapat terlihat.

Persuasi
Jenis paragraf yang disampaikan dengan cara yang sedemikian rupa sehingga pembaca dapat hanyut dan terpengaruh oleh isinya. CiriCiri-cirinya : 1. Sifatnya ringkas dan menarik. 2. Menggunakan bahasa-bahasa retoris dan bahasaindah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->