Nama Nim

: Chintya Jatra Putri Utami : B.111.10.0052

Matkul : Pengantar Hukum Bisnis

Berikut merupakan contoh kasus perusahaan bermasalah yang dilihat dari aspek hukum perlindungan konsumen.  Windows Vista Operating System besutan Microsoft ini pada awal peluncurannya sangat diminati oleh banyak pengguna desktop PC ataupun Notebook. Microsoft berjanji dalam iklan pemasarannya mereka mengumumkan 3 ³pilar´ untuk Vista yaitu : o WinFS ± filesystem yang berjanji merevolusioner cara pemakai berinteraksi dengan file di komputer o Aero ± tampilan baru untuk Windows o Indigo ± komponen untuk berinteraksi dengan web services Akan tetapi pada saat produk telah dilempar ke pasar banyak konsumen yang harus kecewa karena bukan hanya fitur baru tersebut yang tidak dijumpai tapi performa OS tersebut juga sangat mengecewakan pemakainya. Vista hanya berhasil memberikan satu dari tiga pilar di atas, yaitu Aero yang membutuhkan hardware canggih dan melambatkan kinerja komputer. Masih berhubungan dengan tiga pilar di atas, di bawah ini adalah 11 alasan mengapa Vista tidak banyak disukai: 1. Pemakai yang bingung ± sejak awal, pemakai mengeluh tentang banyaknya versi Vista yang dijual. Siapa yang membutuhkan semua varian ini? Yang dibutuhkan hanyalah satu versi sederhana (Home) dan satu versi yang memiliki semua fitur (Pro). Kebingungan ini tampaknya terjadi karena tidak ada karyawan Microsoft yang mengerti strategi pemasaran.

3. WinFS. Semua orang cinta XP. Komponen ± komponen yang hilang. filesystem yang dijanjikan dan salah satu pilar utama Vista tidak datang dengan Vista. Hal ini membuat Vista tampak lebih buruk lagi. dan ingin mempertahankan OS ini. Pemborosan baterai laptop. Tebakan saya: tidak bekerja dengan baik. 5. Beberapa orang mengatakan bahwa anda sebaiknya membeli komputer baru dengan Vista dan tidak melakukan upgrade dari XP. Hal ini seharusnya diperbaiki dengan source code terpisah dan hybrid harddisk (HHD). dan masih belum yang dapat menyelesaikan masalah ini. banyak sekali laporan . Apa yang terjadi? 8. Tidak ada saran yang konsisten untuk pemakai. Cukup mengherankan bahwa semua driver Windows yang ada di XP tidak kompatibel dengan Vista. XP mania. dan hingga kini masih belum terselesaikan. dan Microsoft tidak turun tangan.´ Hal ini diumumkan dua tahun yang lalu. 7. Microsoft seharusnya membuat sebuah situs khusus yang dapat menguji komputer dari internet dan menyarankan pemakai apakah mereka sebaiknya membeli komputer baru. dan hingga kini masih belum ada kelanjutannya. 6. Ukuran source code ± terlalu besar. HHD ± saya masih kesal karena diberi tahu oleh industri HD bahwa keuntungan generasi baru hard disk (HD) akan ³membuat semua pemakai pindah ke Vista. 9. ada yang mengatakan upgrade boleh dilakukan. Tetapi. Driver yang minim. Banyak komputer dijual dengan stiker ³Windows Vista Capable´ yang ternyata tidak mampu mengoperasikan Vista. Pengembangan filesystem ini dimulai di tahun 1991. Stiker Vista Capable palsu ± kampanye ³Windows Vista Capable´ Microsoft adalah sebuah kegagalan marketing yang besar. Terlebih lagi. atau melakukan upgrade.2. Mengapa? 4. saat ini pemakai masih harus menggunakan SSD yang sangat mahal.

11. Sedangkan produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar agar diperhatikan. Karena alasan-alasan di atas banyak pemakai vista kembali bermigrasi ke OS Windows XP versi Windows sebelum Vista. dipakai. Kesimpulan Pemasaran adalah suatu proses sosial. di mana mereka berhasil mendapatkan perhatian orang di seluruh dunia. Kinerja ± anda tidak seharusnya mengeluarkan sebuah OS baru yang dikembangkan selama lebih dari empat tahun dengan kinerja yang lebih buruk dari OS sebelumnya. Kinerja seharusnya merupakan prioritas teratas. Tidak seperti peluncuran Windows versi sebelumnya. Jadi dalam kegiatan pemasaran akan selalu terjadi interaksi antara produsen dan konsumen sejak sebelum pembelian maupun pasca pembelian produk. dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. Akhirnya para eksekutif Microsoft melakukan pembenahan dengan mengeluarkan OS yang baru dengan nama Windows Seven yang baru dilaunching akhir november 2009 lalu. Perusahaan memang bertujuan untuk mendapatkan profit setinggi-tingginya tapi tetap harus memperhatikan lingkungan eksternalnya dalam kasus ini adalah . Pemasaran yang tanggung. 10. Walaupun ada beberapa poster dan iklan TV untuk Vista. diminta.yang mengatakan bahwa pemakai kembali menggunakan XP setelah mencoba Vista. Kejadian ini menimbulkan dampak negatif bagi Microsoft tidak hanya pendapatan mereka yang menurun tapi citra perusahaan ini juga sempat meredup. Microsoft tidak banyak memasarkan Vista. pemasaran Vista tidak dapat dibandingkan dengan peluncuran beberapa versi sebelumnya. dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan. atau dikonsumsi sehingga mungkin memuaskan keinginan atau kebutuhan.

Perusahaan juga seharusnya mematuhi peraturan yang berlaku dan memenuhi standar-standar untuk menciptakan produk yang layak dan aman untuk dikonsumsi.konsumen. Sumber : http://madohtg.blogspot. Terkadang perusahaan lalai dan mengabaikan hak-hak konsumennya mengenai informasi produk mereka yang seharusnya penting untuk diketahui konsumen.com/search/label/Produk%20gagal .