P. 1
METODE PENELITIAN

METODE PENELITIAN

|Views: 117|Likes:
Published by Aristianto Soekamto

More info:

Published by: Aristianto Soekamto on Jun 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2013

pdf

text

original

Resensi: METODE PENELITIAN Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mengumpulkan data dengan tujuan dan kegunaan

tertentu. Ciri ilmiah : • Rasional • Empiris • Sistematis Syarat data untuk penelitian : • Valid (derajat ketepatan) • Reliabel (derajat konsistensi/keajegan) • Objektif (interpersonal agreement) Data yang valid maka reliabel dan objektif, tetapi tidak sebaliknya. Data valid diperoleh dengan cara : • Menggunakan instrumen penelitian yang valid. • Mengunakan sumber data yang tepat dan cukup jumlahnya. • Menggunakan metode pengumpulan data yang tepat/benar. Data reliabel diperoleh dengan cara : • Menggunakan instrumen penelitian yang reliabel. Data objektif diperoleh dengan cara : • Menggunakan sampel atau sumber data yang besar (jumlahnya mendekati populasi). Jenis data menurut sifatnya : 1. Data kualitatif 2. Data kuantitatif • Data diskrit / nominal • Data kontinum data ordinal data interval data rasio Tujuan Penelitian, secara umum : 1. Penemuan 2. Pembuktian 3. Pengembangan Kegunaan Penelitian, secara umum : 1. Memahami masalah 2. Memecahkan masalah 3. Mengantisipasi masalah

Penelitian Terapan (Applied Research) Penelitian yang kegunaannya diarahkan dalam rangka memecahkan masalahmasalah kehidupan praktis. B. C. ciri/ penekanan : • Bertujuan mendapatkan pengetahuan baru yang berkenaan dan ilmu. Menurut Kegunaan 1. Penelitian Kebijakan Penelitian yang dilakukan suatu institusi/lembaga dengan tujuan untuk membuat langkah-langkah antisipatif guna mengatasi permasalahan yang mungkin timbul di kemudian hari. Penelitian Akademik (Mahasiswa S1. Menurut Tujuan 1. S3) 2. 2. ciri/penekanan : • Merupakan sarana edukasi • Mengutamakan validitas internal (cara yang harus benar) • Variabel penelitian terbatas • Kecanggihan analisis disesuaikan dengan jenjang (S1. 4. Penelitian Profesional (pengembangan ilmu. • Variabel penelitian lengkap • Kecanggihan analisis disesuaikan kepentingan masyarakat ilmiah • Validitas internal (cara yang benar) dan validitas eksternal (kegunaan dan generalisasi) diutamakan 3. 2. Menurut Fungsi / Kedudukan 1. S2. S2.JENIS / RAGAM PENELITIAN A. ciri/penekanan : • Bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk pengembangan kelembagaan • Mengutamakan validitas eksternal (kegunaan) • Variabel penelitian lengkap (kelengkapan informasi) • Kecanggihan analisis disesuaikan untuk pengambilan keputusan. 3. Penelitian Institusional (perumusan kebijakan atau pengambilan keputusan). S3). Penelitian Eksploratif Bertujuan untuk mengungkap secara luas dan mendalam tentang sebab-sebab dan hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Penelitian Pengembangan Bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan suatu prototipe baru atau yang sudah ada dalam rangka penyempurnaan dan pengembangan sehingga diperoleh hasil yang lebih produktif. teknologi dan seni). Penelitian Verifikatif Bertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian yang dilakukan terdahulu/ sebelumnya. . teknologi dan seni. Penelitian Murni (Pure Research) / Penelitian Dasar Penelitian yang kegunaannya diarahkan dalam rangka penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan. efektif dan efisien.

1. Penelitian Deskriptif Penelitian yang dilakukan terhadap variabel yang data-datanya sudah ada tanpa proses manipulasi (data masa lalu dan sekarang). Dengan penelitian asosiatif dapat dibangun suatu teori yang berfungsi untuk menjelaskan. Penelitian Perpustakaan Studi dokumentasi (analisis isi buku. Penelitian Deskriptif Penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan suatu variabel secara mandiri. Menurut Tingkat Eksplanasi 1. Penelitian Eksperimen Penelitian yang dilakukan terhadap variabel yang data-datanya belum ada sehingga perlu dilakukan proses manipulasi melalui pemberian treatment/ perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian yang kemudian diamati/diukur dampaknya (data yang akan datang). E. . Penelitian Laboratorium Eksperimen. Menurut Kehadiran Variabel Variabel = hal-hal yang menjadi objek penelitian yang nilainya belum spesifik (bervariasi). meramalkan dan mengontrol suatu gejala/fenomena. G. penelitian historis.D. Penelitian Longitudinal (Bujur) Penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan melalui proses dan waktu yang lama terhadap sekelompok subjek penelitian tertentu (tetap) dan diamati/diukur terus menerus mengikuti masa perkembangannya (menembak beberapa kali terhadap kasus yang sama). F. Penelitian Kancah / Lapangan Survei. 2. dll 2. Penelitian asosiatif merupakan penelitian dengan tingkatan tertinggi dibanding penelitian deskriptif dan komparatif. Penelitian Cross-Sectional (Silang) Penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan melalui proses kompromi (silang) terhadap beberapa kelompok subjek penelitian dan diamati/diukur satu kali untuk tiap kelompok subjek penelitian tersebut sebagai wakil perkembangan dari tiap tahapan perkembangan subjek (menembak satu kali terhadap satu kasus). baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan variabel dengan variabel lainnya. 2. dll. 3. Menurut Pendekatan 1. tindakan. Penelitian Asosiatif Penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara 2 variabel atau lebih. Menurut Tempat 1. 3. dll). antara subjek yang berbeda atau waktu yang berbeda. Penelitian Komparatif Penelitian yang dilakukan untuk membandingkan suatu variabel (objek penelitian). 2.

Kausal / sebab akibat X X mempengaruhi Y c. Metode Naturalistik/Alamiah 5. kemudian diadakan pengubahan terkontrol sampai pada upaya maksimal dalam bentuk tindakan yang paling tepat. Simetris (karena munculnya bersama-sama) X Y X tidak mempengaruhi Y atau sebaliknya. Metode Survei 2. 3. Interaktif / Resiprokal (timbal balik) X Y X dan Y saling mempengaruhi H. C. atau . Y . Penelitian Eksperimen (dari caranya) Penelitian yang dilakukan secara sengaja oleh peneliti dengan cara memberikan treatment/perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian guna membangkitkan sesuatu kejadian/keadaan yang akan diteliti bagaimana akibatnya. I. b. 2. 1999. Penelitian ini merupakan penelitian kausal (sebab akibat) yang pembuktiannya diperoleh melalui komparasi/perbandingan antara : a. b. Jakarta: Erlangga. Metodologi Riset. Metode Kebijakan 8. Kelompok eksperimen (diberi perlakuan) dengan kelompok kontrol (tanpa perlakukan). Metode Tindakan 6. Metode Expose Facto 4. Kondisi subjek sebelum perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan. Penelitian Tindakan Penelitian yang dilakukan oleh seseorang yang bekerja pada suatu bidang tertentu terhadap proses kegiatannya yang sedang berlangsung dengan cara memberikan tindakan/action tertentu dan diamati terus menerus dilihat plusminusnya.Ada 3 jenis hubungan antar variabel : a. Penelitian Operasional Penelitian yang dilakukan oleh seseorang yang bekerja pada suatu bidang tertentu terhadap proses kegiatannya yang sedang berlangsung tanpa mengubah sistem pelaksanaannya. Metode Evaluasi 7. Metode Eksperimen 3. Menurut Metodenya (Jenis-jenis Penelitian 1. Menurut Caranya 1. Metode Sejarah/Historis Marzuki.

2) perilaku. Penelitian Murni/Dasar. atau sumber-sumber dokumentasi yang berkenaan dengan kejadian itu. Penelitian Survey. sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertinak secara praktis dalam menyelesaikan masalah. 1. Penelitian Menurut Tujuana. e. tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. evaluasi. iklim kerja. merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan metode kerja yang paling efisien. Penelitian Terapan. dan sintesa data diperoleh. b. g. melalui pengumpulan. yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan pada. sehingga ditetapkan fakta-fakta untuk membuat suatu kesimpulan. Selanjutnya berdasrkan tingkat kealamiahan. . Penelitian dasar bertujuan untuk mengembangkan teori dan tidak memperhatikan kegunaan yang langsung bersifat praktis. yaitu orang yang terlibat langsung dalam kejadian itu. yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi yang kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. h. sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produktifitas lembaga dapat meningkat. adalah penelitian yang diarahkan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. f.Diposting Oleh: Abdul Katar Al-Ghazali on 3. penelitian yang dilakukan pada popolasi besar maupun kecil. adalah penelitian yang dilakukan diarahkan sekedar untuk memahami masalah dalam organisasi secara mendalam (tanpa ingin menerapkan hasilnya). kegiatan dan produk dengan standar dan program yang telah ditetapkan. yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alami (sebagai lawannya) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. distribusi dan hubungan-hubungan antar variabel sosilogis maupun psikologis. Sumber datanya bisa primer. Jadi penelitian murni/dasar berkenaan dengan penemuan dan pengembangan ilmu. yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. metode penelitian dapat dikelompokkan mejadi metode penelitian eksperimen. d. survey dan naturalistic. merupakan bagian dari proses pembuatan keputusan. Tujuan penelitian sejarah adalah untuk merekonstruksi kejadian-kejadian masa lampau secara sistematis dan obyektif. yaitu untuk membandingkan suatu kejadian.9. Penelitian Eksperimen. Penelitian Naturalistic. 2. verifikasi. Policy Reserach. c. berkenaan dengan analisis yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu. Penelitian Evaluasi. dan pranata. Variabel independennya dimanipulasi oleh peneliti. b. penelitian terapan (applied research) dan penelitia pengembangan (research and depelopment). Penelitian Ex Post Facto. Penelitian Sejarah. Action Research. Tujuan utama penelitian ini adalah mengubah: 1) situasi.09 Jenis-jenis metode penelitian juga dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan dan tingkat kealamiahan (natural setting) objek yang diteliti. Penelitian Menurut Metode a. sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif. atau analisis terhadap masalah-masalah sosial yang mendasar. Contoh : Sesaji terhadap keberhasilan bisnis. metode penelitian ini sering disebut dengan metode kualitatif. 3) organisasi termasuk struktur mekanisme kerja. Berdasarkan tujuan metode penelitian dapat diklasifikasikan menjadi penelitian dasar (basic research).

Berdasarkan penggolongan ini dapat dipilih rancangan penelitian yang sesuai. Penelitian dasar adalah setiap penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah atau untuk menemukan bidang penelitian baru tanpa suatu tujuan praktis tertentu. penelitian terapan berkepentingan dengan penemuanpenemuan yang berkenan dengan aplikasi dan sesuatu konsep-konsep teoritis tertentu. 4. atau penghubungan dengan variabel yang lain. menerangkan. b. Sehingga penggolongan ini bisa mencakup penggolongan yang disebut terdahulu. Penelitian Komparatif. Data yang dikumpulkan biasanya hasil pengamatan orang lain seperti surat-surat arsip atau dokumen-dokumen masa lalu. maka penelitian disebut penelitian biografis. Penelitian Deskriptif Penelitian deskripsi berusaha memberikan dengan sistematis dan cermat fakta-fakta aktual dan sifat populasi tertentu. Dilihat dari segi tujuannya. adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri. merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih. meramalkan dan mengontrol suatu gejala. Menurut Sifat Permasalahannya Sesuai dengan tugas penelitian itu untuk mmemberikan. b. c. penelitian untuk melandasi kebijakan pengambilan keputusan atau administrator. Maka tingkat kepastian pemecahan permasalahan dengan metode ini adalah paling rendah. sdalah suatu penelitian yang bersifat membandingkan. Berarti hasilnya diharapkan segera dapat dipakai untuk keperluan praktis. . Artinya kegunaan hasil penelitian itu tidak segera dipakai namun dalam waktu jangka panjang juga akan terpakai. Penelitian seperti ini jika ditujukan kepada kehidupan pribadi seseorang. Penelitian Deskriptif. Jadi penelitian menurut tingkat eksplanasi adalah penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. maka penelitian dapat pula digolongkan dari sudut pandangan ini. Misalnya penelitian untuk menunjang kegiatan pembangunan yang sedang berjalan. Variabelnya masih sama dengan penelitian varabel mandiri tetapi untuk sample yang lebih dari satu. Penelitian dasar atau penelitian murni ( pure research ) LIPI memberi definisi sebagai berikut.3. a. Penelitian Menurut Penggunaannya Jenis penelitian bila dilihat dari segi penggunaannya dapat digolongkan menjadi: a. 5. Penelitian Asosiatif/Hubungan. baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan. Dengan penelitian ini maka akan dapat dibangun suatu teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan. Penelitian Historis Penelitian ditujukan kepada rekonstruksi masa lampau sistematis dan objektif memahami peristiwa-peristiwa masa lampau itu. meramalkan dan mengatasi permasalahan atau persoalan-persoalan. Penelitian terapan ( applied research ) Batasan yang diberikan LIPI adalah: Penelitian terapan ialah setiap penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah dengan suatu tujuan praktis. Ada delapan jenis penelitian itu yakni: a. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini sukar dikendalikan. atau dalam waktu yang berbeda. b. Penelitian Menurut Tingkat Eksplanasi Tingkat eksplanasi adalah tingkat penjelasan.

misalnya. Misalnya. . Misalnya : sikap santai siswa dalam kegiatan belajar mungkin disebabkan banyaknya lulusan pendidikan tertentu yang tidak mendapat lapangan kerja. Penelitian Korelasional Penelitian korelasional bertujuan melihat hubungan antara dua gejala atau lebih. Data sebagai hasil pengaruh perlakuan terhadap kelompok ekspremen diukur secara kuantitatif kemudian dibandingkan. . Meneliti pola-pola pertumbuhan. dan urutan perkembangan dalam beberapa fase. meneliti keterampilan kerja yang sesuai bagi siswa putus sekolah di suatu daerah.Penelitian ini umumnya memakai waktu yang panjang atau bersifat longitudinal. dari ubahan-ubahan dan kondisi-kondisi yang lebih besar jumlahnya. . c.Pengumpulan data mengenai gejala yang diduga mempunyai hubungan sebab akibat itu dilakukan setelah peristiwa yang dipermasalahkan itu telah terjadi (penelitian bersifat ex post facto).Selain penelitian hanya pada suatu unit.Memusatkan perhatian pada ubahan-ubahan dan perkembangannya selama jangka waktu tertentu. . diusut kembali dari suatu faktor atau beberapa faktor pada masa lampau. satu keluarga. g. . satu daerah. Penelitian kasus dan Penelitian lapangan Penelitian kasus memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan terperinci mengenai latar belakang keadaan sekarang yang dipermasalahkan. Dan biasa dilakukan oleh peneliti ahli dengan fasilitas cukup. f. Penelitian Ekspremental Penelitian dengan melakuakn percobaan terhadap kelompok-kelompok ekspremen. laju. apakah ada hubungan antara status sosial orang tua siswa dengan prestasi anak mereka. biasanya adalah penelitian deskriptif. Kepada tiap kelompok ekspremen dikenakan perlakuan-perlakuan tertentu dengan kondisi-kondisi yang dapat dikontrol. Penelitian Perkembangan Penelitian perkembangan menyelidiki pola dan proses pertumbuhan atau perubahan sebagai fungsi dari waktu. hendak meneliti keefektifan metodemetode mengajar. d. Penelitian Tindakan Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan baru untuk mengatasi kebutuhan dalam dunia kerja atau kebutuhan praktis lain. Kasus bisa terbatas pada satu orang saja. sehingga hasilnya merupakan gambaran lengkap atau kasus pada unit itu. seperti penelitian mengenai kemunduran prestasi belajar siswa. kemunduran rasa tanggung jawab. yang terpusat pada spek yang menjadi kasus. . Penerapan tiap metode dicobakan terhadap kelompok-kelompok coba. . Biasanya penelitian ini dengan cara longitudinal.Suatu gejala yang diamati. ubahan-ubahan yang diteliti juga terbatas.Misalnya: penelitian yang dilakukan mahasiswa untuk menyusun tesis memperoleh gelar sarjana kependidikan di IKIP. satu peristiwa atau suatu kelompok terbatas lain. Pada akhir percobaan prestasi belajar tiap kelompok dievaluasi.Subjek yang diteliti terdiri dari suatu kesatuan ( unit ) secara mendalam. Penelitian Kausal-Komparatif Penelitian untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat antara faktor tertentu yang mungkin menjadi penyebab gejala yang diselidiki. Misalnya. arah. h. e.

dapat diadakan perubahan selama proses penelitian bila dianggap penting untuk pembaruan (inovasi).Bersifat fleksibel. pendidikan ekonomi. 7. pertanian. Menyiapkan program kerja untuk pemecahan masalah. Penelitian Menurut Jenis Data dan Analisis Jenis data dan analisisnya dalam penelitian dapat dikelompokkan menjadi dua hal utama yaitu data kualitatif dan kuantitatif. perbankan. Data kualitatif adalah data yang berbentuk kata. pendidikan kesenian). keolahragaan. ketekhnikan. dan sebagainya. Menurut Bidang Ilmu Ragam penelitian ditinjau dari bidangnya adalah: penelitian pendidikan (lebih lanjut lagi pendidikan guru. skema dan gambar. . . 6.. kalimat. Data kuantitatif adalah data berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan (scoring).Penelitian didasarkan pada pengamatan aktual dan data tingkah laku. kedokteran. ruang angkasa. .Dipersiapkan untuk kebutuhan praktis yang berkaitan dengan dunia kerja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->