P. 1
Rambu lalu lintas

Rambu lalu lintas

|Views: 554|Likes:

More info:

Published by: Massimo Anwar Moratti on Jun 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

Rambu lalu lintas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rambu pendahulu penunjuk jurusan di jalan tol Jagorawi

Rambu lalu lintas adalah salah satu alat perlengkapan jalan dalam bentuk tertentu yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Agar rambu dapat terlihat baik siang ataupun malam atau pada waktu hujan maka bahan harus terbuat dari material yang reflektif (memantulkan cahaya).
Daftar isi

1 Pengelompokan rambu

o o o

1.1 Rambu peringatan. 1.2 Rambu petunjuk. 1.3 Rambu larangan dan perintah. 



1.3.1 Rambu larangan 1.3.2 Rambu perintah

2 Jenis rambu 3 Lihat pula 4 Pranala luar

Pengelompokan rambu
Berdasarkan jenis pesan yang disampaikan, rambu lalu lintas dapat dikelompokkan menjadi ramburambu sebagai berikut :

tentang arah yang harus ditempuh atau letak kota yang akan dituju lengkap dengan nama dan arah letak itu berada. Kendaraan harus lewat jalur tertentu. Rambu yang memberikan petunjuk atau keterangan kepada pengemudi atau pemakai jalan lainnya. Rambu ini untuk melarang/memerintah semua jenis lalu lintas tertentu untuk memakai jalan. Misalnya:    Rambu dilarang berhenti. Semua kendaraan dilarang lewat. . Simpang 4 Simpang 3 Jalan licin Longsor Jalan bergelombang Ada persimpangan Penyempitan Jalan menyempit Rambu petunjuk. Rambu larangan dan perintah.Rambu peringatan. atau adanya persimpangan berbahaya bagi para pengemudi. Misalnya: Rambu yang menunjukkan adanya lintasan kereta api. jurusan atau tempat-tempat tertentu. Rambu yang memperingatkan adanya bahaya agar para pengemudi berhati-hati dalam menjalankan kendaraannya.

Yang dimaksud dengan rambu tetap adalah semua jenis rambu yang ditetapkan menurut Surat Keputusan Menteri Perhubungan yang dipasang secara tetap. dapat ditempatkan sewaktu-waktu dan dapat dipindah-pindahkan. sedangkan rambu tidak tetap adalah rambu yang dipasang dan berlaku hanya beberapa waktu. Rambu tidak tetap.Rambu larangan Beberapa contoh rambu larangan Semua kendaraan dilarang masuk Dilarang masuk Mobil dan sepeda motor dilarang masuk Mobil dilarang masuk Sepedamotor dilarang masuk Truk dilarang masuk Pesepeda dilarang masuk Pejalan kaki dilarang masuk Rambu perintah Beberapa contoh rambu perintah Beri kesempatan Rambu stop Wajib mengitari bundaran Wajib membelok kekiri Jenis rambu Menurut cara pemasangan dan sifat pesan yang akan disampaikan maka secara garis besar sistem perambuan dapat dikelompokkan atas: 1. . Rambu tetap. 2.

Daftar isi 1 Pengelompokan marka . garis melintang.61 Tahun 1993 ttg Rambu Rambu Lalu Lintas di Jalan Bahan material rambu lalu lintas Marka jalan Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ensiklopedia bebas Marka pemisah lajur lalu lintas dan rampa keluar yang dilengkapi dengan marka chevron di jalan tolJagorawi Marka jalan adalah suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur.Lihat pula    Marka jalan Lampu lalu lintas Lalu lintas Pranala luar   KM No. garis serong serta lambang lainnya yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas.

2 Marka melintang 1.1 Marka membujur 1. Marka putus-putus Marka utuh Marka putus-putus menjelang Marka utuh Marka putus-putus dan utuh Marka melintang Marka melintang adalah tanda yang tegak lurus terhadap sumbu jalan.2 Marka mekanik 3 Lihat pula 4 Pranala luar Pengelompokan marka Marka membujur Marka membujur adalah tanda yang sejajar dengan sumbu jalan. untuk menyatakan suatu daerah permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan.3 Marka serong 1. Marka membujur yang dihubungkan dengan garis melintang yang dipergunakan untuk membatasi ruang parkir pada jalur lalu lintas kendaraan. tidak dianggap sebagai marka jalan membujur.o o o o 1. . seperti pada garis henti di Zebra cross atau di persimpangan Garis henti Marka serong Marka serong adalah tanda yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk dalam pengertian marka membujur atau marka melintang.4 Marka lambang 2 Bahan marka jalan o o 2.1 Marka non-mekanik 2.

Termoplastic. adalah bahan yang digunakan pada arus lalu lintas yang tinggi. Lampu lalu lintas . Marka panah Marka tulisan Bahan marka jalan Marka non-mekanik Marka jalan merupakan campuran antara bahan pengikat. Cold-plastic. Cat.Marka cevron Marka lambang Marka lambang adalah tanda yang mengandung arti tertentu untuk menyatakan peringatan. menggunakan resin dan pengeras yang dicampurkan sebelum penghamparan dijalan dengan menggunakan alat khusus untuk itu. penerapannya dilakukan dengan pemanasan material marka jalan kemudian dihamparkan dijalan dengan menggunakan alat. Marka jenis ini ditanam/dipaku ke permukaan jalan melengkapi marka non mekanik. biasanya merupakan marka jalan yang dapat dengan cepat hilang. seperti termoplastik digunakan pada jalan dengan arus yang tinggi. perintah dan larangan untuk melengkapi atau menegaskan maksud yang telah disampaikan oleh rambu lalu lintas atau tanda lalu lintas lainnya. 3. 2. Marka mekanik Marka mekanik adalah paku jalan yang biasanya dilengkapi dengan reflektor. pewarna. Bahan dapat dikelompokkan atas : 1. dan bola kaca kecil yang berfungsi untuk memantulkan cahaya/sinar lampu agar marka dapat terlihat dengan jelas pada malam hari. sehingga hanya baik digunakan pada bagian jalan yang jarang dilewati oleh kendaraan.

hati-hati yang ditandai dengan warna kuning. Lampu lalu lintas telah diadopsi di hampir semua kota di dunia ini. tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross). ensiklopedia bebas Lampu lalu lintas di Britania Raya. Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada.Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Lampu ini menggunakan warna yang diakui secara universal. dan hijau yang berarti dapat berjalan. Daftar isi 1 Sejarah lampu lalu lintas 2 Jenis lampu lalu lintas . untuk menandakan berhenti adalah warna merah. dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu lalu lintas adalah adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan.

Namun. Lampu kuning inilah yang memberikan interval waktu untuk mulai berjalan atau mulai berhenti. ia menciptakan lampu lalu lintas berbentuk huruf T. yaitu sinyal stop (ditandai dengan lampu merah). Penemuan Morgan ini memiliki kontribusi yang cukup besar bagi pengaturan lalu lintas. Jenis lampu lalu lintas Berdasarkan cakupannya  Lampu lalu lintas terpisah ² pengoperasian lampu lalu lintas yang pemasangannya didasarkan pada suatu tempat persimpangan saja tanpa mempertimbangkan persimpangan lain. Morgan juga merasa sinyal stop dan go memiliki kelemahan.o o 2.  Lampu lalu lintas terkoordinasi ² pengoperasian lampu lalu lintas yang pemasangannya mempertimbangakan beberapa persimpangan yang terdapat pada arah tertentu. Awal penemuan ini diawali ketika suatu hari ia melihat tabrakan antara mobil dan kereta kuda.  Lampu lalu lintas jaringan ² pengoperasian lampu lalu lintas yang pemasangannya mempertimbangkan beberapa persimpangan yang terdapat dalam suatu jaringan yang masih dalam satu kawasan. pada penggunaannya sinyal lampu ini tiba-tiba meledak.1 Berdasarkan cakupannya 2. Sebenarnya ketika itu telah ada sistem perngaturan lalu lintas dengan sinyal stop dan go.2 Berdasarkan cara pengoperasiannya 3 Tujuan adanya lampu lalu lintas 4 Variasi lampu lalu lintas 5 Perkembangan lampu lalu lintas 6 Warna lampu lalu lintas 7 Sistem lampu lalu lintas 8 Lihat pula 9 Referensi 10 Pranala luar Sejarah lampu lalu lintas Penemu lampu lalu lintas adalah Garrett Augustus Morgan. sehingga tidak dipergunakan lagi. Lampu ini terdiri dari tiga lampu. posisi stop (lampu kuning). yaitu tidak adanya interval waktu bagi pengguna jalan sehingga masih banyak terjadi kecelakaan. . Sinyal lampu ini pernah digunakan di London pada tahun 1863. Kemudian ia berpikir bagaimana cara menemukan suatu pengatur lalu lintas yang lebih aman dan efektif. go (lampu hijau). Lampu kuning juga memberi kesempatan untuk berhenti dan berjalan secara perlahan.

P Knight. Utah.Berdasarkan cara pengoperasiannya  Fixed time traffic signal ² lampu lalu lintas yang pengoperasiaannya menggunakan waktu yang tepat dan tidak mengalami perubahan. Selain itu. Variasi lampu lalu lintas Lampu lalu lintas memiliki banyak variasi. ada banyak aturan dalam pengaturan lampu lalu lintas. jika lampu pejalan kaki berwarna hijau menyala. J. bus. sebuah mobil dengan nomor polisi 0806346565 harus berhenti. Semua variasi lampu lalu lintas ini bisa saja dioperasikan bersamaan pada perempatan yang kompleks. Lampu ini menyerupai penunjuk waktu (jam) dengan bentuk seperti semapur dan lampu merah dan hijau untuk malam hari. lampu lalu lintas pertama dipasang di bagian luar Gedung Parlemen di Inggris oleh sarjana lalu lintas. kereta. Misalnya saja pada perempatan yang kompleks yang ramai dilewati para pejalan kaki dan kendaraan roda empat. Perkembangan lampu lalu lintas  Pada 10 Desember 1868.  Mengurangi tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh tabrakan karena perbedaan arus jalan. tergantung dari budaya negara yang menggunakannya dan kebutuhan khusus di perempatan tertentu. tiba-tiba lampu tersebut meledak dan melukai seorang polisi sehingga harus dioperasi. lampu lalu lintas untuk pengguna sepeda. Di Salt Lake City. Di sisi lain. dan lain-lain. Tujuan adanya lampu lalu lintas   Menghindari hambatan karena adanya perbedaan arus jalan bagi pergerakan kendaraan.  Actuated traffic signal ² lampu lalu lintas yang pengoperasiaannya dengan pengaturan waktu tertentu dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu sesuai dengan kedatangan kendaraan dari berbagai persimpangan. seorang polisi. Lampu-lampu tersebut berasal dari tenaga gas. .  Pada awal 1912 Lampu lalu lintas modern ditemukan di Amerika Serikat. menemukan lampu lintas pertama yang dijalankan dengan tenaga listrik. karena secara otomatis lampu lalu lintas untuk kendaraan akan berwarna merah jika lampu pejalan kaki berwarna hijau. Urutan lampu yang terpasang juga dapat berbeda-beda. Contoh variasinya adalah lampu lalu lintas khusus pejalan kaki. Memfasilitasi persimpangan antara jalan utama untuk kendaraan dan pejalan kaki dengan jalan sekunder sehingga kelancaran arus lalu lintas dapat terjamin. seorang anak bernama Tika Oktavianingsih dan rombongan kawan-kawannya harus menunggu lampu khusus pejalan kaki berwarna hijau menyala jika ingin menyeberang jalan.  Pada 2 Januari 1868.

Namun. Di Amerika Serikat. dan lampu hijau mengandung beberapa warna biru. lampu lalu lintas dengan tiga warna pertama dibuat oleh seorang petugas polisi. Sistem lampu lalu lintas Sistem pengendalian lampu lalu lintas dikatakan baik jika lampu-lampu lalu lintas yang terpasang dapat berjalan baik secara otomatis dan dapat menyesuaikan diri dengan kepadatan lalu lintas pada tiaptiap jalur. Garrett Morgan mematenkan alat sinyal lampu lalu lintas. lampu warna merah mengandung beberapa corak berwarna jingga. kuning menandakan hati-hati. Lampu lalu lintas pada umumnya dioperasikan dengan menggunakan tenaga listrik. Pada 5 Agustus 1914.  Lampu lalu lintas pertama yang dioperasikan secara otomatis diperkenalkan pada Maret 1922 di Houston. Texas. Lampu ini di desain oleh James Hoge. Keberadaan bel di sini untuk memberi peringatan jika adanya perubahan nyala lampu.   Pada tahun 1923. di Detroit. Hasil pengujian sistem logika fuzzy ini menunjukkan bahwa sistem lampu dengan logika ini dapat menurunkan keterlambatan kendaraan sebesar 48. . Michigan. Ini bertujuan agar orang yang mengidap buta warna dapat membedakan mana lampu kendaraan dan yang mana lampu lalu lintas dengan posisinya yang vertikal. dan hijau. Sistem ini disebut sebagai actuated controller. Merah menandakan berhenti atau sebuah tanda bahaya. William Potts. Warna lampu lalu lintas Warna yang paling umum digunakan untuk lampu lalu lintas adalah merah.  Di Inggris. lampu lalu lintas memiliki pinggiran berwarna putihyang dapat menyala dalam kegelapan. Ini dimaksukan agar orang-orang yang buta warna merah dan hijau dapat mengerti sinyal lampu yang menyala. Biasanya. jika dibandingkan dengan sistem lampu konvensional.44% dan panjang antrean kendaraan sebesar 56. lampu lalu lintas pertama dijalankan saling berhubungan satu dengan yang lain. Metode logika fuzzy digunakan untuk menentukan lamanya waktu lampu lalu lintas menyala sesuai dengan volume kendaraan yang sedang mengantre pada sebuah persimpangan. dan hijau menandakan boleh memulai berjalan dengan hati-hati. kuning. lampu lalu litas pertama dioperasikan di Wolverhampton pada tahun 1927. merah dan hijau. saat ini sudah perkembangan teknologi lampu lalu lintas dengan tenaga matahari. American Traffic Signal Company memasang sistem lampu sinyal di dua sudut jalan di Ohio. Lampu sinyal ini terdiri dari dua warna. para akademisi Indonesia telah menemukan sistem baru untuk menjalankan lampu lalu lintas. Lampu rancangan Hoge ini dapat dikontrol oleh polisi dan pemadam kebakaran jika ada dalam keadaan darurat. dan sebuah bel listrik.24%. Interkoneksi antarlampu ini dijalankan pada enam persimpangan yang dikontrol secara bersamaan dengan tombol manual.  Pada awal tahun 1920. Sistem ini dikenal sebagai Logika fuzzy. Tahun 1917. Namun.

1 Manusia sebagai pengguna 1. aman. orang. ensiklopedia bebas Kemacetan lalu lintas di Jakarta. Tata cara berlalu lintas di jalan diatur dengan peraturan perundangan menyangkut arah lalu lintas. California yang dilengkapi zebra cross.3 Jalan 2 Manajemen Lalu Lintas . nyaman dan efisien melalui manajemen lalu lintas dan rekayasa lalu lintas. tertib dan teratur. Pemerintah mempunyai tujuan untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang selamat. lajur belok kiri dan lampu lalu lintas. Lalu lintas di dalam Undang-undang No 22 tahun 2009[1] didefinisikan sebagai gerak Kendaraan dan orang di Ruang Lalu Lintas Jalan. jalur lalu lintas dan pengendalian arus di persimpangan. suatu keadaan yang terjadi sehari-hari Persimpangan San Jose. cepat. dan/atau barang yang berupa Jalan dan fasilitas pendukung. Daftar isi 1 Komponen lalu lintas o o o 1. lancar.Lalu lintas Dari Wikipedia bahasa Indonesia.2 Kendaraan 1. perioritas menggunakan jalan. lajur lalu lintas. sedang yang dimaksud dengan Ruang Lalu Lintas Jalan adalah prasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah Kendaraan.

1 Kegiatan perencanaan lalu lintas 2. umur serta jenis kelamin dan pengaruh-pengaruh luar seperti cuaca. Manusia sebagai pengguna Manusia sebagai pengguna dapat berperan sebagai pengemudi atau pejalan kaki yang dalam keadaan normal mempunyai kemampuan dan kesiagaan yang berbeda-beda (waktu reaksi.2 Kegiatan pengaturan lalu lintas meliputi 2. perlambatan. kendaraan dan jalan yang saling berinteraksi dalam pergerakan kendaraan yang memenuhi persyaratan kelaikan dikemudikan oleh pengemudi mengikuti aturan lalu lintas yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundangan yang menyangkut lalu lintas dan angkutan jalan melalui jalan yang memenuhi persyaratan geometrik. UUUYY Jalan .3 Kegiatan pengawasan lalu lintas meliputi 2. percepatan. dimensi dan muatan yang membutuhkan ruang lalu lintas yang secukupnya untuk bisa bermanuver dalam lalu lintas. konsentrasi dll). Kendaraan Kendaraan digunakan oleh pengemudi mempunyai karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan.4 Kegiatan pengendalian lalu lintas meliputi 3 Lihat pula 4 Pranala luar 5 Referensi Komponen lalu lintas Komponen sistem lalu lintas Ada tiga komponen terjadinya lalu lintas yaitu manusia sebagai pengguna.o o o o 2. penerangan/lampu jalan dan tata ruang. Perbedaan-perbedaan tersebut masih dipengaruhi oleh keadaan phisik dan psykologi.

Kegiatan perencanaan lalu lintas Kegiatan perencanaan lalu lintas meliputi inventarisasi dan evaluasi tingkat pelayanan. aspek lingkungan. Dalam menentukan tingkat pelayanan yang diinginkan dilakukan antara lain dengan memperhatikan : rencana umum jaringan transportasi jalan. Jalan tersebut direncanakan untuk mampu mengalirkan aliran lalu lintas dengan lancar dan mampu mendukung beban muatan sumbu kendaraan serta aman. penetapan tingkat pelayanan yang diinginkan. usaha peningkatan kapasitas jalan ruas. dan/atau jaringan jalan. kelas jalan. d. Maksud tingkat pelayanan dalam ketentuan ini adalah merupakan kemampuan ruas jalan dan persimpangan untuk menampung lalu lintas dengan tetap memperhatikan faktor kecepatan dan keselamatan. alat pemberi isyarat lalu lintas. pemberian prioritas bagi jenis kendaraan atau pemakai jalan tertentu. Maksud rencana dan program perwujudan dalam ketentuan ini antara lain meliputi: penentuan tingkat pelayanan yang diinginkan pada setiap ruas jalan dan persimpangan. keamanan. larangan dan/atau perintah bagi pemakai jalan. penetapan sirkulasi lalu lintas. Kegiatan pengaturan lalu lintas meliputi Kegiatan penetapan kebijaksanaan lalu lintas pada jaringan atau ruas-ruas jalan tertentu. usulan aturan-aturan lalu lintas yang akan ditetapkan pada setiap ruas jalan dan persimpangan. penyusunan rencana dan program pelaksanaan perwujudannya. Manajemen lalu lintas bertujuan untuk keselamatan. ketertiban. pengawasan. dan dilakukan antara lain dengan : a. pengaturan. dan karakteristik jalan.Jalan merupakan lintasan yang direncanakan untuk dilalui kendaraan bermotor maupun kendaraan tidak bermotor termasuk pejalan kaki. c. persimpangan.penetapan pemecahan permasalahan lalu lintas. penyesuaian antara permintaan perjalanan dengan tingkat pelayanan tertentu dengan mempertimbangkan keterpaduan intra dan antar moda. termasuk dalam pengertian penetapan kebijaksanaan lalu lintas dalam ketentuan ini antara lain penataan sirkulasi . dan alat pengendali dan pengaman pemakai jalan. karakteristik lalu lintas. aspek sosial dan ekonomi. usulan pengadaan dan pemasangan serta pemeliharaan rambu rambu lalu lintas marka jalan. usulan kegiatan atau tindakan baik untuk keperluan penyusunan usulan maupun penyuluhan kepada masyarakat. kapasitas. sehingga dapat meredam angka kecelakaan lalu-lintas. Manajemen Lalu Lintas Manajemen lalu lintas meliputi kegiatan perencanaan. peranan. Maksud inventarisasi antara lain untuk mengetahui tingkat pelayanan pada setiap ruas jalan dan persimpangan. dan kelancaran lalu lintas. dan pengendalian lalu lintas. b.

2. Pemberian arahan dan petunjuk dalam ketentuan ini berupa penetapan atau pemberian pedoman dan tata cara untuk keperluan pelaksanaan manajemen lalu lintas. Termasuk dalam kegiatan penilaian antara lain meliputi penentuan kriteria penilaian. jumlah pelanggaran dan tindakan-tindakan koreksi yang telah dilakukan atas pelanggaran tersebut. tindakan korektif terhadap pelaksanaan kebijaksanaan lalu lintas. larangan dan/atau perintah bagi pemakai jalan Kegiatan pengawasan lalu lintas meliputi 1. analisis tingkat pelayanan. penentuan kecepatan maksimum dan/atau minimum. . larangan penggunaan jalan. pemberian arahan dan petunjuk dalam pelaksanaan kebijaksanaan lalu lintas. Kegiatan pemantauan dan penilaian dimaksudkan untuk mengetahui efektifitas dari kebijaksanaankebijaksanaaan tersebut untuk mendukung pencapaian tingkat pelayanan yang telah ditentukan. dengan maksud agar diperoleh keseragaman dalam pelaksanaannya serta dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya untuk menjamin tercapainya tingkat pelayanan yang telah ditetapkan. 2.lalu lintas. Kegiatan pengendalian lalu lintas meliputi 1. Termasuk dalam tindakan korektif adalah peninjauan ulang terhadap kebijaksanaan apabila di dalam pelaksanaannya menimbulkan masalah yang tidak diinginkan. Termasuk dalam kegiatan pemanatauan antara lain meliputi inventarisasi mengenai kebijaksanaan-kebijaksanaan lalu lintas yang berlaku pada ruas jalan. Tindakan korektif dimaksudkan untuk menjamin tercapainya sasaran tingkat pelayanan yang telah ditentukan. pemberian bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat mengenai hak dan kewajiban masyarakat dalam pelaksanaan kebijaksanaan lalu lintas. pemantauan dan penilaian terhadap pelaksanaan kebijaksanaan lalu lintas. analisis pelanggaran dan usulan tindakan perbaikan.

DILARANG MENYALIP SEPEDA MOTOR DILARANG MASUK KHUSUS PEJALAN KAKI .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->