P. 1
Pengertian Ketahanan Nasional Di Bidang Politik

Pengertian Ketahanan Nasional Di Bidang Politik

|Views: 2,392|Likes:
Published by K Candra Brata

More info:

Published by: K Candra Brata on Jun 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

Pengertian Ketahanan Nasional di Bidang Politik? Bagaimanakah Ketahanan pada aspek Politik dalam negri di Indonesia??

Bagaimanakah Ketahanan pada aspek Politik luar negri di Indonesia??

Ketahanan Nasional di Bidang Politik

Adalah Ketahanan Nasional yang berintikan kehidupan politik yang

damai, tertib, adil, jujur dan demokratis, serta tercipta stabilitas politik,

yang dapat untuk mengatasi segala ATHG, baik yang datang dari

luar negeri maupun dari dalam negeri yang dapat membahayakan

kelangsungan kehidupan bangsa dan negara Indonesia.

Implementasi Ketahanan Nasional dalam Bidang Politik

Untuk menghadapi permasalahan dalam bidang politik, maka sejumlah tindakan harus dilaksanakan, sehingga tercipta situasi politik yang kondusif bagi peningkatan daya saing bangsa. Beberapa hal yang harus dilaksanakan adalah : a. Dalam rangka menghadapi globalisasi, maka perlu diambil langkah-langkah mengadakan proses perubahan atau modernisasi. Peningkatan kompetensi diplomat diperlukan dalam rangka menghadapi berbagai perundingan internasional seperti ASEAN, AFTA, APEC, PBB, dan WTO, sehingga kondisi Indonesia memperoleh keuntungan. Modernisasi juga menyangkut sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan sehingga kompetensinya sama dengan SDM luar negeri, membangun watak bangsa, serta modernisasi sarana pertahanan nasional untuk mempertahankan wilayah NKRI, dan mengembangkan paradigma baru dalam TNI atau reformasi TNI. Peningkatan anggaran dalam bidang pendidikan dan pertahanan merupakan salah satu implementasi dalam bidang politik.

politik. Banyak kasus disintegrasi disebabkan adanya ketidakadilan dalam bidang hukum. serta memberikan otonomi dalam pengelolaan ekonomi merupakan kunci masalah disintegrasi dan otonomi. Sumber: http://id.b. maupun Kepala Daerah. Eva Maulina. Kedua Meningkatkan usaha kerja sama internasional dalam upaya mencegah perang dan memelihara perdamaian serta membina kerja sama regional untuk meningkatkan ketahanan regional dan mewujudkan keamanan di kawasan Asia Tenggara. Pengembangan demokrasi berupa pemilihan umum langsung ternyata berjalan dalami. Oleh sebab itu. Dalam bidang politik juga perlu dilakukan pengembangan sistem yang terbuka dan demokratis. Mengembangkan politik luar negeri yang bebas dan aktif. Hal ini dilakukan dengan berperan serta dalam proses perdamaian di dunia internasional dan berpartisipasi aktif dalam peristiwa yang bersifat global. implementasi HAM. Hal ini menunjukkan bahwa kedewasaan warga negara semakin tinggi dan merupakan kekuatan bangsa di masa depan. Masalah disintegrasi dan otonomi. pemberlakuakn hukum sesuai dengan adat.shvoong. MM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN otonomi harus terus disempurnakan. d. dan budaya. c. Presiden. Pertama Memelihara stabilitas nasional yang dinamis.com/law-and-politics/politics/2163797-politik-dan-ketahanannasional-poltanas/#ixzz1OXlelHmB . yaitu memberi kebebasan sesuai dengan kebutuhan lokal. Kesimpulan Politik pertahanan negara dilaksanakan dengan dua cara yaitu. baik DPR. Penataan sistem politik yang menjamin kestabilan pemerintahan. meningkatkan ketahanan nasional. Keberhasilan kasus Aceh merupakan wujud dari Ketahanan Nasional. Pemberlakuan Pusat Pengembangan Bahan Ajar ± UMB Dra. ekonomi. serta membangun suatu kemampuan dan kekuatan pertahanan negara yang selaras dengan tuntutan kebutuhan dan kemampuan negara. Masalah disintegrasi bangsa harus diselesaikan dengan baik. namun menghindari kebangsaan daerah yangsempit yang justru menjadi bibit disintegrasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->