LAPORAN OBSERVASI

Lokasi Observasi Narasumber Waktu

: Gedung RRI : Ketua Seksi Siaran RRI : Ahardi Ahmad, S.Sos, M.M : Tanggal 17 Maret 2011

A. PROFIL RRI RRI (Radio Republic Indonesia) adalah lembaga penyiaran public yang bersifat independent, netral, dan tidak komersil serta berfungsi memberikan layanan untuk kepentingan masyarakat. Kegiatan penyiaran RRI bertujuan memberikan informasi melalui program siaran berita yang memperkaya wawasan dan meningkatkan kemampuan masyarakat berperan serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mengembangkan kebudayaan nasional serta memberikan hiburan yang sehat kepada masyarakat, dalam standar mutu yang tinggi. Sekali Diudara Tetap Di Udara adalah slogan RRI, jaringan radio nasional satusatunya di Indonesia, dan menyandang nama Negara. RRI, berkewajiban memberikan untuk melayani public dengan informasi yang tepat, pendidikan dan hiburan yang sehat. Memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan berbagai pihak, RRI diperbolehkan menerima dengan mengelola sendiri sumber-sumber pendapatan baru, dengan tetap mengedepankan konsep radio non komersial.

Menyelenggarakan program siaran yang mendorong pemahaman persepsi tentang gender sesuai nilai budaya bangsa. perekat budaya. ditengah arus budaya lokal. sejahtera dan unggul secara nasional bertaraf internasioanal. memberikan pelayanan informasi yang terpercaya bagi masyarakat guna memenuhi hak masyarakat untuk memperoleh akses informasi melalui proses kerja standar jurnalisme profesinal yang bersandar pada prinsip akurat dan berimbang serta berorientasi pada keharmonisan dan kedamaian. kritik terhadap suprastruktur politik guna mendorong terciptanya penyelenggaraan Negara yang baik. acuan informasi terpercaya dan hiburan yang sehat. Memanfaatkan dan tanggap terhadap perkembangan teknologi media penyiaran yang efektif efisien serta mengoperasionalkan secara professional guna menjangkau . pemberdaya masyarakat. Menjadikan program siaran hiburan.B. 7. ditengah arus budaya global. Menjadi wahana control social melalui program siaran yang memberikan ruang yang cukup bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat. 2. Menyelenggarakan siaran-siaran yang melayani kebutuhan kelompok minoritas dalam masyarakat. wahana hiburan yang sehat bagi keluarga Indonesia dan mampu mendorong kreativitas masyarakat. 3. Menjadikan program siaran kebudayaan sebagai perekat social dan keberagaman budaya Indonesia guna memajukan kebudayaan nasional dengan menumbuh kembangkan unsur budaya lokal. VISI MISI RRI Visi : menjadi Radio public milik bangsa. 6. Menjadikan program siaran pendidikan sebagai pemberdaya masyarakat dan mendorong proses demokratisasi yang bertumpu pada hak masyarakat untuk mengemukakan pendapat dengan tetap berpegang pada akidah hokum dan prinsip masyarakat madani yang berkeadaban. 4. 8. 5. Misi : 1.

Teknologi media baru 5.seluruh wilayah Indonesia serta menjamin kenyamanan dan kemudahan masyarakat mendengarkan RRI. Siaran 3. Pemberitaan 4. Pendekatan Narrowcasting adalah strategi programming dari suatu programa penyiaran yang ditujuakn pada segmen pendengar tertentu yang isi siarannya mempunyai ciri khas sesuai daerah tempat stasiun itu berada. 10. Layanan usaha (marketing) Struktur Terlampir D. PERENCANAAN SIARAN Perencanaan siaran RRI adalah kegiatan awal penyelenggaraan siaran yang meliputi perumusan dan penyusunan: a. Format programa yaitu merumuskan format dengan pola acara siaran yang berisikan program acara yang menarik minat khalayak pendengar. Dalam perencanaan siaran RRI masing-masing programa mempunyai pendekatan khusus untuk menarik minat khalayak yaitu : pendekatan Narrowcasting dan pendekatan Broadcasting. Tata Usaha 2. C. . 9. STRUKTUR LEMBAGA RRI BANDA ACEH Bidang bidang dalam lembaga RRI 1. Menyeleenggarakan siaran internasional bagi masyarakat Indonesia diluar negeri dan memberikan informasi tentang Indonesia ke dunia internasional. Memberikan pelayanan jasa-jasa yang terkait dengan kegiatan penyiaran sesuai kebutuhan masyarakat secara professional guna menambah pendapatan lembaga untuk menunjang pelaksanaan operasional siaran dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.

evaluasi bisa saja dilakukan jika ada program yang tidak menonjol selama masa penyiaran 3 bulan dan bisa dihilangkan. tingkat kesulitan produksi. yaitu mulai Oktober sampai Desember. Pola acara Siaran (terlampir) yaitu penyusunan pola perencanaan program siaran dalam bentuk pengelompokan acara siaran kedalam satuan waktu siaran. durasi siaran.APBD/K. durasi dan kekerapan siaran setiap mata acara dalam periode tertentu. meliputi pengklasifikasian. d. c. pelaksanaan dan pasca produksi siaran (evaluasi dan pelaporan). E. jenis dan tujuan siaran. Anggaran Siaran Anggaran siaran digunakan untuk membiayai proses persiapan. PROGRAM SIARAN Program siaran di RRI memiliki pola mingguan dan tahunan. pada penyiaran informasi. Siaran berita b. jenis. Pelaksanaan Siaran Klasifikasi Acara Siaran Klasifikasi acara siaran adalah pengelompokan acara siaran berdasarkan isi.Pendekatan broadcasting adalah pendekatan yang dirancang untuk melayani segmen pendengar yang heterogen. Siaran iklan dan acara penunjang. jam. hari. Siaran hiburan e. b. Perencanaan program siaran beserta evaluasi dilakukan diakhir tahun. pendidikan dan hiburan. komponen tim produksi. RRI menitik beratkan pelaksanaan fungsinya sebagai radio public. iklan. dan sumbangan dari sumber yang sah yang tidak terikat. Klasifikasi siaran yang berlaku di RRI adalah: a. Evaluasi dilakukan setiap tahun. Sumber anggaran RRI adalah : APBN. penggunaan peralatan produksi dan system jaringan produksi siaran. RRI adalah suatu . Anggaran pelaksanaan produksi siaran mengacu pada : bentuk acara siaran. Siaran kebudayaan d. Siaran pendidikan c. lokasi penyelenggaraan produksi siaran.

RRI Pro II : Gaya Hidup Progama : Kanal unggulan lokal di kota-kota besar. PENYELENGGARAAN PENYIARAN Penyelenggaraan siaran adalah suatu kegiatan siaran yang meliputi proses perencanaan siaran. control dan perekat social. Nama-nama program siaran terlampir. dengan content yang independen. serta sajian informasi dan pendidikan yang menghibur. Khusus di Aceh peluang usaha radio di Aceh nyaris payah dan sulit. produksi siaran. Penyelenggaraan siaran RRI bertujuan memberikan pelayanan informasi. Berikut adalah programa (siaran) RRI : RRI Pro I : Ragam Music dan Informasi Programa : Kanal siaran lokal disetiap stasiun RRI. bukan milik pemerintah. serta melestarikan budaya bangsa untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sedangkan Radio swasta sulit bertahan tanpa sponsor atau iklan. dan tidak komersial. pendidikan. evaluasi dan pengembagan siaran. Menyungguhkan program radio gaya hidup perkotaan dengan suguhan informasi dan musik yang menghibur. Menyuguhkan siaran Informasi berjaringan 24 jam setiap hari. RRI bisa bertahan tanpa iklan. F.institusi yang netral dan mandiri dan berada dibawah Negara dan dibiayai oleh Negara. netral. Sumber dana anggaran siaran yang dimiliki oleh RRI membuat lembaga ini mampu bertahan dan tidak mengalami krisis baik dalam hal keuangan dan program siaran. Jaringan 20 kota besar. RRI Pro IV : Pendidikan dan Budaya . Menyuguhkan berbagai program radio. music local dan internasional. RRI Pro III : Jaringan Berita Nasional Programa : Kanal siaran nasional disetiap stasiun RRI. Contoh pola siaran terlampir.

RRI VOI : Siaran Luar Negeri Programa : Program Nasional berbahasa asing untuk kalangan warga Indonesia diluar negeri serta kalangan internasional. PENGARAH ACARA. G.Programa: Kanal siaran nasional dengan jangkauan luas melalui pancaran shortwave. DAN PENGARAH TEKNIK 1. Menyuguhkan program siaran seni dn budaya daerah. UNSUR KERABAT KERJA PRODUKSI ACARA SIARAN Jenis-jenis kerabat kerja produksi acara siaran : y Produser y Pengarah Acara/ Sutradara (director) y Pengarah Teknik ( technical director) y Penulis naskah (script writer) y Artis/ pelaku acara y Teknik rekaman (recorded enginer) y Unit manajer y Penyelia musik (musical designer) H. Profil setiap programa dan tarif jasa terlampir. Kelima programa tersebut diselenggarakan secara bersamaan di RRI. TUGAS POKOK PRODUSER.( mulai dari perencanaan sampai pasca penyiarannya). Produser Badan/perusahaan yang membuat/ memproduksi program film/tv/radio atau manager yang berwenang terhadap urusan bisnis dan administrasi dalam segala aspek terhadap pembuatan program tersebut. .

Tugasnya adalah : y y Mempelajari dengan seksama naskah/ rundown yang akan dijadikan dasar produksi Melalui produser. Pengarah Teknik Pengarah dalam mengoperasionalkan peralatan teknik dari bagian ke bagian. dan berkoordinasi penuh dengan pengarah teknik y Menjaga keharmonisan dan kontinuitas setiap item acara . pada suatu acara siaran.run ) jika perlu dress rehearsal Memimpin dan mengarahkan seluruh komponen produksi. memelihara aspek estetika dan artistik acara.2. Pengarah Acara/Sutradara Pengarah dari suatu program radio atau televisi dalam banyak hal dia mengaudisi dan memilih pelaku. berikut penentuan jenis peralatan dan penggunaannya. membahas segala aspek yang berkaitan dengan acara sesuai permintaan naskah/ rundown. Tugas Pengarah Teknik : y y y y y Mempelajari tuntutan naskah/ acara Melakukan analisa naskah/ acara dari sudut pandang penggunaan peralatan teknik Melakukan koordinasi dengan Produser dan Pengarah acara Menginventerisir jenis dan karakter peralatan Menjelaskan karakteristik peralatan pada seluruh kerabat kerja pada production meeting y y y y Melakukan uji coba penggunaan setiap peralatan Mengarahkan petugas teknik untuk dan pada operasional Peka terhadap tatakerja/karekteristik peralatan yang digunakan Bertindak selaku supervisi penggunaan peralatan teknik 3. juga mengkaji estetika dan sisi artistik acara y y Melakukan latihan (rehearsal/ dry . memimpin latihan dan pelaksanaan program untuk diudarakan. melakukan pertemuan produksi.

tapi harus bijaksana Lincah dalam gerak dan flexibel dalam gaya Pengarah acara perlu mencatat running time (waktu yang terpakai/berjalan) dan accumulated time (waktu total keseluruhan) ± ± ± Tampil sebagai komando Memahami secara detail seluruh komponen acara Berjiwa seni tinggi (estetika dan artitistik) Kunci Keberhasilan Program : Berbeda Berorientasi pada pendengar Konsisten Menjangkau massal dengan penyampaian personal Konten yang relevan Deskripsi yang logis Peluang Usaha Radio Swasta dan Tantangan Media Televisi.Bagaimana tata kerja Pengarah Acara : ± ± ± ± ± Pengarah Acara harus disiplin terhadap waktu Harus dapat menjaga hubungan baik dengan seluruh kerabat kerja Tidak bertindak otoriter. .