MODUL PRAKTIKUM I

BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I

MODUL I Pengenalan Pemrograman Delphi

A. Landasan Teori
1. Pengantar Pemrograman Delphi Bahasa Pemrograman Delphi merupakan pemrograman Visual (berbasis

windows)yang dibuat oleh sebuah Perusahaan Software Borland .Inc, Fungsi dari aplikasi ini adalah sama dengan fungsi aplikasi visual lainnya, seperti VB, Foxpro dan lain-lain. Delphi dapat menangani pembuatan aplikasi sederhana sampai pada aplikasi yang berbasis client/server atau jaringan, Delphi dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi yang berbasis text, grafik, angka, database maupun web. Bahasa Pemrograman visual mempunyai 2 hal yaitu object dan kode program, manifestasi dari object adalah berbentuk komponen yang dapat dilihat (visual), sedangakan kode program merupakan sekumpulan teks yang digunakan sebagai sebuah perintah yang telah diatur dengan suatu aturan dan mempunyai suatu tujuan tertentu. Bahasa pemrograman Delphi merupakan bahasa pemrograman yang

dikembangkan dari bahasa pemrograman Pascal, Pascal berbasis text only sedangkan Delphi berbasis visual (window).

2. Memulai Pemrograman Delphi Software Delphi yang dig unakan pada modul ini adalah Borland Delphi versi 7.0, Setelah aplikasi ini dipasang (Install) pada computer secara default anda bisa membuka melalui Start Menu  Program  Borland Delphi 7.0  Delphi 7, lihat ilustreasi gambar berikut :

Page 1

Proses Membuka Aplikasi Delphi 7 Setelah Aplikasi terbuka. anda akan melihat layar kerja Delphi 7 seperti terlihat pada ilustrasi gambar berikut : Gambar 3. Interface Pemrograman Delphi Page 2 .MODUL PRAKTIKUM I BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I Gambar 1.

Toolbar Pemrograman Delphi c. Toolbar / Speedbar Merupakan Icon (Sortcut)yang dirancang untuk lebih memudahkan menjangkau fasilitas yang ada pada Delphi. Gambar 6 Componen Palette Pemrograman Delphi Page 3 . IDE Delphi IDE (Integrated Development Environment) merupakan lingkungan / wilayah dimana seluruh tools atau komponen-komponen yang dibutuhkan untuk merancang atau membangun aplikasi program. Menu Pemrograman Delphi b. Secara Umum IDE Delphi di kelompokkan kepada 8 bagian yaitu : a. Main menu Merupakan penunjuk ke seluruh fasilitas yang disediakan aplikasi Delphi Gambar 4.MODUL PRAKTIKUM I BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I 3. komponen komponen inilah yang akan digunakan untuk merancang interface atau antar muka aplikasi. Gambar 5. Component Palette Merupakan komponen-komponen VCL(Visual Component Library) yang dikelompokkan kedalam Tab-tab.

Tampilan Layar Kode Program Pemrograman Delphi Page 4 . Code Editor Code editor merupakan tempat untuk menuliskan kode program menggunakan bahasa object Pascal. Form akan menampung seluruh komponen yang akandigunakan dalam proses perancangan sebuah aplikasi dengan Delphi. Form Pemrograman Delphi e. Gambar 8. Form Designer Merupakan interface (antar muka) apalikasi yang akan dibangun.MODUL PRAKTIKUM I BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I d. Kode program tidak perlu di tulis secara keseluruhan karena Delphi sudah menyediakan blok atau kerangka untuk menulis kode program. Gambar 7.

Code explorer berisi daftar yang menampilkan semua tipe. Code Explorer Digunakan untuk memudahkan berpindah antar file unit di dalam jendela code editor. Satu objek memiliki beberapa properti yang dapat diatur langsung dari object inspector maupun melalui kode program. Saat memilih sebuah item dalam code explorer. Object Inspector Object inspector digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari suatu komponen. . Code Explorer Pemrograman Delphi g. properti . Gambar 9.class.Properties Digunakan untuk menentukan seting suatu objek.MODUL PRAKTIKUM I BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I f. variabel global. rutin global yang telah didefinisikan di dalam unit. Page 5 .Event Merupakan bagian yang dapat diisi dengan kode program tertentu yang berfungsi untuk menangani event-event (berupa sebuah procedure) yang dapat direspon oleh sebuah komponen . Terdiri dari 2 tab yaitu : . Seting ini mempengaruhi cara kerja objek tersebut saat aplikasi dijalankan. method. kursor akan berpindah menuju implementasi dari item yang dipilih di dalam code editor.

misal : klik.MODUL PRAKTIKUM I BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I Event adalah peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu objek. drag. Object tree view berisi daftar komponen yang sudah diletakkan di form designer. dan lain-lain. Gambar 10. Gambar 11. Misalnya ingin sesuatu dikerjakan pada saat form ditutup. Object Tree View. Event yang diterima objek akan memicu Delphi menjalankan kode program yang ada didalamnya. Object Inspector Pemrograman Delphi h. maka untuk menyatakan tindakan tersebut (berupa sebuah procedure) menggunakan OnClose. Object Tree View Pemrograman Delphi Page 6 .

ekstensi dari file ini adalah *.dpr b. Struktur File Pada Delphi Secara dasar Delphi mempunyai struktur file sebagai berikut : a.Pas Page 7 . File Project  merupakan kepala dari file.MODUL PRAKTIKUM I BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I 4. ekstensi dari file ini adalah *.dfm c. artinya seluruh file yang lain akan berada didalam file project. File Pas (Kode program)  merupakan file yang menampung listing program dari sebuah aplikasi. ekstensi dari file ini adalah *. File Form (interface)  merupakan file yang berfungsi sebagai interface aplikasi yang menampung seluruh komponen visual aplikasi.

Ketik prjcoba pada File Name dan pastikan Delphi Project(*. Buatlah Sebuah Folder dengan nama Delphi(nim anda) pada direktori anda. Apabila dilihat file yang tercipta adalah sebagi berikut : Page 8 . seperti anton0981782 3. Ketik coba pada File name dan pastikan Delphi Unit(*.pas) pada Save as Type // menyimpan file listing program 5. Langkah-Langkah Praktikum 2. Bukalah Program Delphi. dari menu File pilih Save All 4.MODUL PRAKTIKUM I BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I PRAKTIKUM 1.dpr) pada Save as Type// menyimpan File Project 6.

Size := 16. Page 9 .Font.!'. Apabila proram ditutup. button2.Color := clGreen. maka untuk membukanya kembali maka anda harus membuka file yang berekstensi *... Klik ganda pada button1 dan ketik listing program berikut : Label2.Visible := true.prj.Caption := 'Selamat Belajar and Good Luck. Label2.Font. Rancanglah Form Seperti Berikut dan Set Properti untuk seluruh Komponen Seperti Tabel Berikut : Aturlah property setiap komponen seperti table berikut : Komponen Form1 Label1 Property Caption Caption Font Size Style Color Visible Caption Font Size Style Color Caption Font Size Style Color Value Mengenal Pemrograman Delphi…! Welcome to Delphi Area Tahoma 24 Bold Red False Continue Tahoma 12 Bold Black Next Tahoma 12 Bold Black Label2 Button1 Button2 9. atau type Delphi project 8.MODUL PRAKTIKUM I BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I 7..Visible := true. Label2.. Label2.

12. Pilih Menu Run dan pilih Run atau tekan tombol F9 Hasil dari program yang telah dijalankan : 11. Amati dan lakukan analisa dari hasil program diatas. Page 10 .MODUL PRAKTIKUM I BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI I 10. Buatlah kesimpulan dari hasil praktikum yang telah anda lakukan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful