P. 1
Rangkuman Materi Momentum Impuls

Rangkuman Materi Momentum Impuls

|Views: 687|Likes:

More info:

Published by: Hadhy Poetra Pemberani on Jun 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2013

pdf

text

original

Rangkuman Materi Momentum Impuls

Standar Kompetensi 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik Kompetensi Dasar 1.7 Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Memformulasikan teorema momentum-impuls dalam berbagai masalah 2. Mengaplikasikan teorema momentum impuls dalam kehidupan sehari-hari 3. Memformulasikan hukum kekekalan momentum untuk sistem yang terpisah atau terpecah (meledak) 4. Mendefinisikan konsep koefisien restitusi 5. Mengintegrasikan hukum kekekalan energi, kekekalan momentum dan koefisien restitusi untuk berbagai peristiwa, yaitu : tumbukan lenting sempurna dan tumbukan tidak lenting sama sekali dan tumbukan lenting sebagian. Indikator pencapaian SKL (Untuk UN) Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan momentum Urutan Materi Pembelajaran 1. Teorema Momentum Impuls 2. Hukum Kekekalan Momentum 3. Koefisien Restitusi dan Jenis-jenis tumbukan 4. Tumbukan 2 benda TEOREMA IMPULS-MOMENTUM Momentum (p) didefinisikan sebagai suatu ukuran kesukaran untuk mengubah keadaan gerak suatu benda. (Cat : bandingkan dengan definisi massa inersia : suatu ukuran kesukaran untuk menggerakkan suatu benda) Secara matematis momentum didefinisikan sebagai :

Dimana p adalah momentum (kg.m/s), m adalah massa benda (kg), dan v adalah kecepatannya (m/s). Momentum adalah besaran vektor! Perhatikan arah! Impuls (I) didefinisikan sebagai besarnya perubahan momentum yang disebabkan oleh gaya yang terjadi pada waktu singkat, sehingga dapat dituliskan sebagai :

persamaan tersebut dikenal sebagai Teorema Impuls-Momentum Definisi lain dari impuls (diperoleh dari penurunan Hukum II Newton) adalah hasil kali antara gaya singkat yang bekerja pada benda dengan waktu kontak gaya pada benda (biasanya sangat kecil), sehingga bisa juga ditulis sebagai :

Ledakan bom yang terpecah menjadi dua bagian atau lebih. peluru yang keluar dari sebuah senapan. maka diketahui bahwa momentum suatu sistem adalah kekal (selama tidak ada gaya lain yang bekerja pada sistem).). dll.s. Penyatuan dua benda ( mis: orang yang naik ke perahu. Pemisahan antara dua benda (mis: dua orang berpelukan lalu saling mendorong satu sama lain. dll. maka Hukum Kekekalam Momentum dapat ditulis sebagai : atau untuk menyederhanakan penulisan digunakan notasi Hukum kekekalan momentum ini dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah : 1. tumbukan bola-bola. tumbukan bola-dinding.) 2. Tumbukan antara dua benda (tabrakan mobil. dll. dua benda bertumbukan lalu menempel. Jadi Teorema Impuls-Momentum dapat dinyatakan dalam bentuk berikut : HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM Berdasarkan Hukum kedua Newton. 3. 4.) .Dengan satuan I adalah N.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->