Reog (Ponorogo

)
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari Untuk kegunaan lain dari Reog, lihat Reog (Sunda). Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

Daftar isi
[sembunyikan]
• • • • • •

1 Sejarah 2 Pementasan Seni Reog 3 Kontroversi 4 Catatan dan referensi 5 Lihat pula 6 Pranala luar

[sunting] Sejarah
Pertunjukan reog di Ponorogo tahun 1920. Selain reog, terdapat pula penari kuda kepang dan bujangganong. Pada dasarnya ada lima versi cerita populer yang berkembang di masyarakat tentang asal-usul Reog dan Warok [1], namun salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita tentang pemberontakan Ki Ageng Kutu, seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi, Raja Majapahit terakhir yang berkuasa pada abad ke-15. Ki Ageng Kutu murka akan pengaruh kuat dari pihak rekan Cina rajanya dalam pemerintahan dan prilaku raja yang korup, ia pun melihat bahwa kekuasaan Kerajaan Majapahit akan berakhir. Ia lalu meninggalkan sang raja dan mendirikan perguruan dimana ia mengajar anak-anak muda seni bela diri, ilmu kekebalan diri, dan ilmu kesempurnaan dengan harapan bahwa anak-anak muda ini akan menjadi bibit dari kebangkitan lagi kerajaan Majapahit kelak. Sadar bahwa pasukannya terlalu kecil untuk melawan pasukan kerajaan maka pesan politis Ki Ageng Kutu disampaikan melalui pertunjukan seni Reog, yang merupakan "sindiran" kepada Raja Bra Kertabumi dan kerajaannya. Pagelaran Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu membangun perlawanan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog. Dalam pertunjukan Reog ditampilkan topeng berbentuk kepala singa yang dikenal sebagai "Singa Barong", raja hutan, yang menjadi simbol untuk Kertabumi, dan diatasnya ditancapkan bulu-bulu merak hingga menyerupai kipas raksasa yang menyimbolkan pengaruh kuat para rekan

Cinanya yang mengatur dari atas segala gerak-geriknya. Jatilan, yang diperankan oleh kelompok penari gemblak yang menunggangi kuda-kudaan menjadi simbol kekuatan pasukan Kerajaan Majapahit yang menjadi perbandingan kontras dengan kekuatan warok, yang berada dibalik topeng badut merah yang menjadi simbol untuk Ki Ageng Kutu, sendirian dan menopang berat topeng singabarong yang mencapai lebih dari 50kg hanya dengan menggunakan giginya [2]. Populernya Reog Ki Ageng Kutu akhirnya menyebabkan Kertabumi mengambil tindakan dan menyerang perguruannya, pemberontakan oleh warok dengan cepat diatasi, dan perguruan dilarang untuk melanjutkan pengajaran akan warok. Namun murid-murid Ki Ageng kutu tetap melanjutkannya secara diam-diam. Walaupun begitu, kesenian Reognya sendiri masih diperbolehkan untuk dipentaskan karena sudah menjadi pertunjukan populer di antara masyarakat, namun jalan ceritanya memiliki alur baru dimana ditambahkan karakter-karakter dari cerita rakyat Ponorogo yaitu Kelono Sewondono, Dewi Songgolangit, and Sri Genthayu. Versi resmi alur cerita Reog Ponorogo kini adalah cerita tentang Raja Ponorogo yang berniat melamar putri Kediri, Dewi Ragil Kuning, namun ditengah perjalanan ia dicegat oleh Raja Singabarong dari Kediri. Pasukan Raja Singabarong terdiri dari merak dan singa, sedangkan dari pihak Kerajaan Ponorogo Raja Kelono dan Wakilnya Bujanganom, dikawal oleh warok (pria berpakaian hitam-hitam dalam tariannya), dan warok ini memiliki ilmu hitam mematikan. Seluruh tariannya merupakan tarian perang antara Kerajaan Kediri dan Kerajaan Ponorogo, dan mengadu ilmu hitam antara keduanya, para penari dalam keadaan 'kerasukan' saat mementaskan tariannya [3] . Hingga kini masyarakat Ponorogo hanya mengikuti apa yang menjadi warisan leluhur mereka sebagai pewarisan budaya yang sangat kaya. Dalam pengalamannya Seni Reog merupakan cipta kreasi manusia yang terbentuk adanya aliran kepercayaan yang ada secara turun temurun dan terjaga. Upacaranya pun menggunakan syarat-syarat yang tidak mudah bagi orang awam untuk memenuhinya tanpa adanya garis keturunan yang jelas. mereka menganut garis keturunan Parental dan hukum adat yang masih berlaku.

[sunting] Pementasan Seni Reog
Makalah APRESIASI SENI DAERAH REOG PONOROGO

APRESIASI SENI DAERAH REOG PONOROGO

Herjuno Chondro Laksono .OLEH : X – 7 R.

Waru Waru 2009/2010 i KATA PENGANTAR Alhamdulillah. Makalah kesenian ini saya susun dengan maksud untuk melengkapi tugas kesenian dan sebagai pengganti UTS. . dengan rahmat dan hidayah Allah SWT saya dapat menyelesaikan makalah kesenian dengan judul “Apresiasi Seni Daerah Reog Ponorogo”.Sekolah Menengah Atas Negeri 1.

..2 1.ii Daftar isi…………………………………………………………………………..2 Tujuan……………………………………………………………………………. Surabaya.3 Ruang Lingkup…………………………………………………………………….i Kata pengantar…………………………………………………………………….2 .Dalam makalah kesenian ini saya sampaikan beberapa informasi tentang kesenian khas Jawa Timur yang tepatnyanya berasal dari daerah Ponorogo yang bernama Reog Ponorogo. agar para pembaca dapat memahami dan melestarikan budaya khas Indonesia khususnya Reog Ponorogo yang terancam punah karena kekurngan dana dan diakui oleh negara lain. Bapak Soenarjono selaku ketua paguyuban Reog Ponorogo di Surabaya dan Bapak Agung selaku Guru kesenian saya Dengan demikian.terima kasih.iii BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………………1 Latar Belakang…………………………………………………………………….. Oktober 2009 Penulis ii DAFTAR ISI Halaman judul …………………………………………………………………….. khususnya kepada pembaca yamg ingin mengenal kesenian khas Jawa Timur yang bernamaReog Ponorogo dan mungkin makalah ini tak luput dari kesalahan dan membutuhkan koreksi atau pembenahan yang labih menditai lagi untuk itu saya menerima kritik dan saran dari para pembaca.1 1. Dengan maksud. semoga makalah kesenian ini dapat bermanfaat bagi semua orang. Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dalam pembuatan makalah kesenian ini. Khususnya Bapak Widodo Djati S selaku pembimbing saya dalam pembuatan makalah kesenian ini..

13 Daftar Pustaka…………………………………………………………………….12 Kesimpulan……………………………………………………………………….6 Lembar Isian Tentang Reog Ponorogo…………………………………………….11 BAB III KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………….7..10 2.....3 Apa Itu Reog Ponorogo……………………………………………………………5 2..1 Asal Kesenian Reog Ponorogo……………………………………………….5 Musik Pengirig Reog Ponorogo……………………………………………………8 2..1 Reog Ponorogo Tunggal Budoyo Suroboyo……………………………………….12 Saran…………………………………………………………………………….7.8 2...13 iii BAB I PENDAHULUAN .7.9 2.7.4 Metode…………………………………………………………………….3 2.12 BAB IV PENUTUP……………………………………………………………….6 2.5 Apresiasi Terhadap Reog Ponorogo…………………………………………10 2.3 2..……..8 2.7.3 2..1..2 Sejarah Terbentunya Reog Ponorogo……………………………………………...6 Latar Belakang Reog Ponorogo Muncul…………………………………….7.4 Tokoh Pemeran Reog Ponorogo………………………………………………….8 2...4 Lagu Daerah Yang Mengiringi Reog Ponorogo…………………………….2 Info Umum Reog Ponorogo………………………………………………….2 BAB II ANALISIS DAN PEMBAHASAN……………………………………….3 Alat Musik Yang Mengiringi Reog Ponorogo……………………………….

Yang di anggap kesenian memanggil setan dengan aura mistis. 1 Tujuan Saya membuat makalah ini dengan tujuan untuk membuat para pembaca mengeta hui apa itu kesenian daerah dari Jawa Timur yang bernama Reog Ponorogo dan menghimbau kepada para masyarakat agar mau melestarikan kesenian khas daerah Indonesia agar tidak di klaim oleh negara lain.Latar Belakang Di era globalisasi ini semakin banyak masyarakat yang menganggap kesenian khas daerah yang dalam hal ini adalah Reog Ponorogo hanya sebuah kesenian masa lalu. Namun apakah masyarakat zaman sekarang mengetahui apa itu kesenian Reog Ponorogo? Oleh karena itu makalah kesenian ini saya buat agar para pembaca dapat mengetahui apa itu Reog Ponorogo dan menghimbau agar semua elemen masyarakat khususnya para pemuda di Indonesia mau melestarikan kesenian khas daerah mereka masing masing dan mungkin kalau bisa membawa kesenian tersebut ke kancah internasional. Dan dalam kenyataannya semakin banyak masyarakat yang melupakan warisan kebudayaan daerah. Reog Ponorogo merupakan kesenian khas daerah Ponorogo yang pada akhirnya akan luntur apabila tidak ada peran pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam melestarikan kesenian tersebut dan bahkan warga negara lain yang notabene bukan merupakan kesenian khas daerah meraka malah mau melestarikan peninggalan budaya masa lalu itu. dalam hal ini adalah Reog Ponorogo karena semakin majunya hiburan . Dan dampaknya muncul kontroversi kalau negara tetangga mulai mengakui kesenian khas daerah kita lalu bagaimana kita sebagai pemilik asli dari kesenian khas daerah tersebut apakah kita hanya berdiam diri dan membiarkannya terjadi begitu saja? padahal sebenarnya dizaman sekarang bukan suatu upacara pemanggilan setan melainkan suatu sendra tari yang sangat menarik untuk dipahami dan dipelajari. Ruang Lingkup .

Paguyuban ini diketuai oleh bapak soenarjono yang beralamat di jalan pacar keling no 66 surabaya.1 Reog Ponorogo Tunggal Budoyo Suroboyo Paguyuban Seni Tunggal Budoyo suroboyo lahir di Surabaya dan ber alamat di jalan pacar keling no 111 surabaya. . 2 BAB II ANALISIS DAN PEMBAHASAN 2. Tujuan mereka membuat paguyuban Seni tunggal budoyo Suraboyo yaitu untuk mewadahi kreatifitas generasi muda supaya terhindar dari hal – hal negatif seperti kenakalan remaja dll selain itu mereka juga ingin menjaga dan melestarikan kesenian daerah agar tidak hilang dan lenyap dimakan modernisasi dunia. Paguyuban Seni Tunggal Budoyo ini menampilkan seni tari Reog Ponorogo tetapi karena mereka ingin melestarikan banyak seni tradisi akhirnya mereka juga menampilkan kesenian tradisional lainnya seperti jaranan kuda lumping dan banyak lagi. Jadi saya langsung datang ke rumah ketua paguyuban Sani Tari Reog Ponorogo Tunggal Budoyo Suroboyo yang dalam hai ini sebagai narasumber kami untuk menanyakan beberapa informasi tentang kesenian Reog dan disana diterangkan semua masalah yang berkaitan dengan kesenian tari Reog Ponorogo tersebut. Metode Dalam pembuatan makalah ini saya menggunakan metode yang bernama metode interview langsung ke narasumber.Sebenarnya kesenian Reog itu berasal dari Ponorogo tetapi karena keterbatasan waktu dan sarana untuk mencari informasi yang labih detai lagi akhirnya saya membatasi ruang lingkup untuk menggali informasi di daerah Surabaya dan sekitarnya dan akhirnya saya menemukan sebuah paguyuban seni tari Reog Ponorogo yang diberi nama Sani Tari Reog Ponorogo Tunggal Budoyo Suroboyo. Paguyuban seni tari ini berdomisili di Surabaya yang tepatnya dijalan pacar keling gang I.

seiring dengan perubahan zaman maka berubahlah Reog Ponorogo itu mejadi suatu bentuk hiburan dan kesenian teater rakyat. Sebenarnya asal mula cerita Reog Ponorogo ada lima versi ber beda tetapi Cuma tiga versi yang diakui yaitu : a. selain itu Paguyuban Seni Tunggal Budoyo ini juga menjadi salah satu paguyuban yang di kontrak oleh pemerintah kota Surabaya untuk menampilkan kesenian Reog mereka dibalai pemuda. Dan ada sebuah keunikan di topeng dadak merak yaitu adanya mutiara di paruh burung merak yang konon merupakan tanda atau simbol bahwa kerajaan wengker telah masuk kedalam agam islam. 3 Diduga topeng dadak merak itu ter inspirasi dari bentuk sebuah patung yang terletak digugusan pura belahan yang berdiri pada zaman kerajaan kahuripan yang saat itu di pimpin oleh raja Airlangga di dekat gunung penanggungan. Simbol mutiara tersebut merupakan perlambamg dari biji tasbih yang digunakan kaum muslim saat berdoa. cerita versi suryongalam Versi ini bercerita tentang seorang demang yang bernama Suryongalam yang merupakan kaki tangan kerajaan Majapahit menyindir rajanya yang konon lebih banyak dikendalikan oleh permaisuri sehingga di gambarkan singgo barong yang merupakan perlambamg seorang raja di tunggangi / kendalikan oleh merak yang lembut sebagai perlambang permaisuri. Sejarah Reog Ponorogo Sebenarnya Reog Ponorogo muncul sebagai bentuk upacara adat kepercayaan gaib setempat yang kental akan aura magis dan ilmu kebatinan yang kental. yaitu patung Dewa Wisnu Diatas Garuda yang berbulu menyebar. .Prestasi Paguyuban Seni Tunggal Budoyo cukup gemilang di daerah Surabaya contohnya paguyuban ini pernah memenjadi juara1 lomba festival Reog se Surabaya dan mengikuti parade senja yang hanya diikuti seniman Reog yang puya reputasi besar.

lalu ada ± 6 pria yang berpenampilan seperti perempuan dan masing – masing menunggangi seekor kuda tetapi karena perubahan zaman akhirnya beberapa paguyuban seni tari dan teater Reog mengganti penari mereka menjadi seorang wanita asli dalam kesenian Reog mereka sering disebut dengan Jathilan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental akan bau mistik dan ilmu – ilmu kebatinan. cerita versi songgolangit / dewi ragil kuning Ini adalah versi resmi yang banyak di pergunakan seniman Reog yaitu cerita tentang raja Ponorogo yang bernama Prabu Klono Sewandono dari Kerajaan Bantaran Angin ingin mempersunting putri dari Kerajaan Kediri yang bernama Dewi Songgolangit / Dewi Ragik Kuning karena sang putri tidak mau menikah akhirnya putri itu mengirim pasukan dari Kerajaan Kediri yang terdiri dari singobarong dan dadakmerak lalu raja klono sewandono dan wakilnya Bujanganong /Pujangga Anom melawannya dengan pengawalnya yaitu pasukan berkuda yang bernama Jathilan dan pasukan gagah berani yang mempunyai ilmu hitam mematikan yang bernama Warok c. Pada zaman modern Reog biasanya dimainkan oleh ± 7 orang pria bertubuh gagah dengan memakai topeng berwarna merah dengan jambang dan kumis yang panjang dalam kesenian Reog mereka disebut Warok. kesenian Reog ini berasal dari daerah Jawa Tawa timur bagian barat – laut dan kabupaten Ponorogo dianggap sebagai kota asal kesenian Reog yang sebenarnya.b. sepasang pemgawal raja yang disebut . 4 Apa Itu Reog Ponorogo Reog adalah sebuah kesenian budaya berbentuk teater yang dilakukan oleh sekelompok pemain drama tari dengan berbagai karakter dan perwatakan pelaku. versi ki ageng kutu Versi ki ageng kutu yaitu tentang kiageng kutu yang menyindir raja Ponorogo yang dikendalikan oleh raja dari negeri china yang bermaksud untuk memprovokasi raja Ponorogo untuk mengkorupsi uang negara.

dan ada seorang raja yang berpenampilan layaknya sebuah pemimpin lalu ada seekor singa yang bernama singo barong yang ditunggangi seekor merak yang disebut Singo Barong dan disini keunikan dari Reog yaitu Singo Barong yang memiliki berat 50 – 60 kg hanya di bawakan dan ditarikan menggunakan gigi dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang terlatih. penari berpenampilan kesatria tapi feminim dengan menunggang kuda replika dari kepang atau anyaman bambu. juga memakai topeng yang berciri khas satria dan pemberani Sekelompok Jathilan jumlahnya bisa mencapai empat . delapan dan seterusnya dan harus genap.jadi penari harus kuat dan mengerti tekniknya. beratnya bisa mencapai 50 – 60 kg yang digigit dengan gigi. 6 Raja Klono Sewandono adalah seorang raja.enam. Warok peran sebagai pembinaataun sesepuh diperankan oleh laki – laki yang bertubuh kekar. gerak tariannya lincah dan akrobatik.memakai yang bentuknya lucu dan seram. 5 Tokoh Pemeran Reog Ponorogo Reog Ponorogo mempunyai 5 pemeran utama yang selalu bermain disaat pertunjukan yaitu : Singgo Barong yang berbentuk kepala harimau dengan tatanan bulu merak yang mengembang lebar sebagai mahkota yang di sebut dengan dadak merak. Pujangga Anom atau Bujanganong.bujang anom. mempunyai jambang dan kunis yang tebal serta memakai tutup kepala yang disebut belangkon 7 .

7 Lembar Isian Tentang Reog Ponorogo 2.1 Asal Kesenian Reog Ponorogo Kota/Desa : Ponorogo Kabupaten : Ponorogo Provinsi : Jawa Timur 2. 2. 2 orang peniup slompret 2 orang penabuh kenong 1 orang penabuh gong 2 orang pemain angklung Salah satu ciri khas dari tabuhan reog adalah bentuk perpaduan irama yang berlainan antara kethuk kenong dan gong yang berirama selendro dengan bunyi slompret yang berirama pelog sehingga menghasilkan irama yang terkesan magis.7.7.2 Info Umum Reog Ponorogo Nama: Reog Ponorogo Fungsi: dizaman dahulu sebagai upacara adat tetapi seiring dengan perubahan waktu berubah menjadi kesenian tradisional dan teater rakyat .Musik Pengirig Reog Ponorogo Musik pengiring ini di bagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok penyanyi yang terdiri dari dua penyanyi yang menyanyi lagu daerah seperti Jathilan Jonorogo apabila diadakan di kabupaten Ponorogo dan apabila di Surabaya para aguyuban reog di Surabaya sering menggantinya dengan Semanggi Surabaya atau Jembatan Merah yang merupakan lagu khas Surabaya dengan bahasa jawa lalu kelompok instrument gamelan memiliki anggota sekitar 9 orang yang terdiri dari: • • • • • • 2 orang penabuh gendang 1 orang penabuh ketipung atu gendang terusan.

30 sampai pukul 09.00 8 Tempat: Balai Pemuda Surabaya Jumlah pemain teater: pemain sendra tari & teater reog ponorogo berjumlah 17 orang yang terdiri dari: Singgo Barong :1 – 2 orang Pujangga Anom atau Bujanganong :1 – 2 orang Raja Klono Sewandono. :1 orang Sekelompok Jathilan :6 oranng Warok :7 orang Jumlah pemain musik: pemain musik gamelam pada reog berjumlah 9 orang Pria &Wanita/Pria saja/ Wanita saja Setiap pemain memainkan 1 alat musik Pakaian pemain musik menggunakan jas yang dipadukan dengan celana panjang dan topi belangkon Tata rias: tata rias para pemain gamelan reog relative tanpa make up Penyanyi lagu daerah Penyanyi pria berjumlah 2 orang Penyanyi wanita tidak ada Pakaian penyanyi lagu daerah sama dengan pakaian pemain musi gamelan yaitu menggunakan jas yang dipadukan dengan celana panjang dan topi belangkon .Waktu: Pertunjukan reog dilaksanakan pada pukul 08.

4 Lagu Daerah Yang Mengiringi Reog Ponorogo Judul nyanyian yang digunakan tergantung tempat di tampilkan seperti Semanggi Suroboyo atau Jathilan Ponorogo Nyanyian yang dinyanyikan menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa jawa Nyanyian di reog ini dinyanyikan selama ± 20 menit 2. alumunium dan kulit sapi 9 2 orang peniup slompret dimainkan dengan ditiup dan terbuat dari bambu 2 orang penabuh kenong dimainkan dengan dipukul dengan menggunakan alat dan terbuat dari logam dan kayu 1 orang penabuh gong dimainkan dengan dipukul dengan alat dan terbuat dari logam dan kayu 2 orang pemain angklung dimainkan dengan digoyang dan terbuat dari bambu 2.7.7.3 Alat Musik Yang Mengiringi Reog Ponorogo Alat musik dalam gamelan reog berjumlah 9 buah 2 orang penabuh gendang dimainkan dengan dipukul dan terbuat dari kayu dan kulit sapi 1 orang penabuh ketipung atu gendang terusan.5 Apresiasi Terhadap Reog Ponorogo .7. dimainkan dengan dipukul dan terbuat dari kayu.Para penyanyi bernyanyi sambil duduk 2.

11 BAB III KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan . 2.6 Latar Belakang Reog Ponorogo Muncul Menurut beberapa cerita turun menurun reog ponorogo merupakan bentuk upacara adat kepercayaan gaib setempat yaitu di kawasan Ponorogo yang kental akan aura magis dan ilmu kebatinan yang kental. seiring dengan perubahan zaman maka berubahlah Reog Ponorogo itu mejadi suatu bentuk hiburan dan kesenian teater rakyat yang dalam bukan lagi menggunakan kekuatan gaib melainkan dengan teknik – teknik khusus dan latihan yang keras .Fungsi pertunjukan reog ini dizaman dahulu sebagai upacara adat tetapi seiring dengan perubahan waktu berubah menjadi kesenian tradisional dan teater rakyat Keunikan pertunjukan reog ponorogoyaitu Singo Barong yang memiliki berat 50 – 60 kg hanya di bawakan dan ditarikan menggunakan gigi dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang terlatih Keunikan musik reog ponorogo yaitu bentuk perpaduan irama yang berlainan antara kethuk kenong dan gong yang berirama selendro dengan bunyi slompret yang berirama pelog sehingga menghasilkan irama yang terkesan magis 10 Pendapat saya tentang seni tari dan teater reog adalah Reog merupakan sebuah kesenian yang memiliki nilai budaya tinggi dan berbentuk tari atau teater yang seharusnya kita jaga dan rawat agar tidak luntur atau munkin bahkan hilang dimakan globalisasi dan modernisasi dunia.7.

Sebenarnya Reog merupakan sebuah kesenian yang memiliki nilai budaya yang tinggi dan unik untuk dimengerti.com Paguyuban Seni Tunggal Budoyo suroboyo jalan pacar keling no 111 surabaya . Pertunjukan Reog diiringgi beberapa penabuh gamelan dan penyanyi yang membawakan lagu dengan berbahasa daerah. Bentuk reog ponorogo sendiri ialah teater tari yang dilakukan oleh ± 18 orang yang berpakaian sesuai dengan karakter dan watak masing masing. Lalu bagaimana reaksi kita sebagai warga Indonesia khususnya para pemuda sebagai generasi penerus. Saran kita warga Indonesia sebagai pemilik asli kesenian Reog Ponorogo mulai banyak yang kurang tertarik untuk melestarikannya sehingga warga negara lain yang tertarik dengan kesenian Reog ini mulai mempelajari dan apabila kita tidak mempedulikannya maka bisa saja kesenian Reog ini diakui oleh negara lain contohnya negara tetangga sebagai pencuri kebudayaan dan mungkin bisa dikatakan rival negara kita. Oleh kerena itu mulai sekarang marilah kita melestarikan budaya kita yang sangat kaya akan nilai budaya ini.Wikipedia. 12 BAB IV PENUTUP Daftar Pustaka www.Google. terimakasih.com www.

dengan muka dipoles warna merah. yang harus dibedakan dengan seni tari lain yaitu tari kuda lumping. baru ditampilkan adegan inti yang isinya bergantung kondisi dimana seni reog ditampilkan. Kemampuan untuk membawakan topeng ini selain diperoleh dengan latihan yang berat. [sunting] Kontroversi . khitanan dan hari-hari besar Nasional. Adegan terakhir adalah singa barong. penari ini biasanya diperankan oleh penari laki-laki yang berpakaian wanita. Disini selalu ada interaksi antara pemain dan dalang (biasanya pemimpin rombongan) dan kadang-kadang dengan penonton. Tarian pembukaan lainnya jika ada biasanya berupa tarian oleh anak kecil yang membawakan adegan lucu. juga dipercaya diproleh dengan latihan spiritual seperti puasa dan tapa. Untuk hajatan khitanan atau sunatan. Berikutnya adalah tarian yang dibawakan oleh 6-8 gadis yang menaiki kuda. Adegan dalam seni reog biasanya tidak mengikuti skenario yang tersusun rapi.Reog Ponorogo Reog modern biasanya dipentaskan dalam beberapa peristiwa seperti pernikahan. Seni Reog Ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian 2 sampai 3 tarian pembukaan. Pada reog tradisionil. Tarian pertama biasanya dibawakan oleh 6-8 pria gagah berani dengan pakaian serba hitam. Jika berhubungan dengan pernikahan maka yang ditampilkan adalah adegan percintaan. dimana pelaku memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. biasanya cerita pendekar. Berat topeng ini bisa mencapai 50-60 kg. Tarian ini dinamakan tari jaran kepang. Yang lebih dipentingkan dalam pementasan seni reog adalah memberikan kepuasan kepada penontonnya. Para penari ini menggambarkan sosok singa yang pemberani. Setelah tarian pembukaan selesai. Terkadang seorang pemain yang sedang pentas dapat digantikan oleh pemain lain bila pemain tersebut kelelahan. Topeng yang berat ini dibawa oleh penarinya dengan gigi.

^ (Myanmar)Situs Resmi Kementrian Kebudayaan Kesenian dan Warisan Malaysia. Kontroversi timbul karena pada topeng dadak merak di situs resmi tersebut terdapat tulisan "Malaysia". Hal ini memicu protes berbagai pihak di Indonesia.[7] Pada akhir November 2007. ^ (Inggris) Blog Parvita: Reog Ponorogo pindah ke Malaysia? 4. 6. ^ (Indonesia) Reog di Jawa Timur. Jakarta. karena dibawa oleh rakyat Jawa yang merantau ke negeri tersebut [10]. dan kaset video no 24. Drama Tradisional Reog: Suatu Kajian Sistem Pengetahuan Dan Religi. Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Muhammad Zain menyatakan bahwa Pemerintah Malaysia tidak pernah mengklaim Reog Ponorogo sebagai budaya asli negara itu. Tarian sejenis Reog Ponorogo yang ditarikan di Malaysia dinamakan Tari Barongan[4]. [sunting] Catatan dan referensi 1. yaitu topeng berkepala harimau yang di atasnya terdapat bulu-bulu merak. 14/7/1991. 1-59. Deskripsi dan foto tarian ini ditampilkan dalam situs resmi Kementrian Kebudayaan Kesenian dan Warisan Malaysia.Foto tari Barongan di situs resmi Malaysia. Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Yogyakarta. 5. Tarian ini juga menggunakan topeng dadak merak. ^ Situs resmi Kementrian Kebudayaan Kesenian dan Warisan Malaysia. ^ (Indonesia) Herman Joseph Wibowo. termasuk seniman Reog asal Ponorogo yang menyatakan bahwa hak cipta kesenian Reog telah dicatatkan dengan nomor 026377 tertanggal 11 Februari 2004. Johor dan Selangor. . Reog yang disebut “Barongan” di Malaysia dapat dijumpai di Johor dan Selangor. arsip video milik Josko Petkovic. Malaysia. Departmen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995-6. dan dengan demikian diketahui oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.[9] Pemerintah Indonesia menyatakan akan meneliti lebih lanjut hal tersebut.[5][6] dan diakui sebagai warisan masyarakat dari Batu Pahat.' in Laporan Penelitian JARAHNITRA. pp.[8] Ribuan seniman Reog sempat berdemonstrasi di depan Kedutaan Malaysia di Jakarta. 1978-9 2. 3.[7] Ditemukan pula informasi bahwa dadak merak yang terlihat di situs resmi tersebut adalah buatan pengrajin Ponorogo. ^ Media Indonesia: Soal Reog Bupati Ponorogo akan 'Lawan' Malaysia. yang memicu kontroversi.

^ a b Detik. hukum nasional. asal bisa mengidentifikasikan diri dan menimbulkan rasa bangga. “Kebudayaan Daerah dan Kebudayaan Nasional”. kebudayaan disebut culture. serta bahasa nasional.1 Latar Belakang Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sangsekerta yaitu buddhayah.com: Mirip Tari Reog Pemerintah Indonesia akan teliti Tari Barongan Malaysia. yang berasal dari kata Latin Colere. Pernyataan ini merujuk pada puncak-puncak kebudayaan daerah dan kebudayaan suku bangsa yang bisa menimbulkan rasa bangga bagi orang Indonesia jika ditampilkan untuk mewakili identitas bersama. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia. yaitu mengolah atau mengerjakan. itulah kebudayaan nasional”. ekonomi nasional.Nunus Supriadi.7. 8. ^ (Indonesia) Sinar Harapan [sunting] Lihat pula • • Barong Seni Tradisional Jawa [sunting] Pranala luar Wikimedia Commons memiliki kategori mengenai Reog (Ponorogo) • • (Indonesia) Asal-usul Reog Ponorogo http://www.com/REYOG. Wujudnya berupa negara kesatuan. 1.facebook. 2011 Comments(456) BAB I PENDAHULUAN 1. ^ Ribuan Seniman Reog Demo di Kedutaan Malaysia. Kebudayaan nasional dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah “puncak-puncak dari kebudayaan daerah”. 10. 9.2 Tujuan Dalam makalah yang saya buat ini diharapkan dapat menambah wawasan saya dan pembaca . sehingga ketunggalikaan makin lebih dirasakan daripada kebhinekaan. Dalam bahasa inggris. Kutipan pernyataan ini merujuk pada paham kesatuan makin dimantapkan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. ^ Reog Malaysia produk Ponorogo. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.INDONESIA Home About mfauzan.info • • • PERAN KEBUDAYAAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN Posted March 6. Definisi yang diberikan oleh Koentjaraningrat dapat dilihat dari peryataannya: “yang khas dan bermutu dari suku bangsa mana pun asalnya.

Budaya global semakin lama telah menggusur budaya lokal Indonesia. Kedudukan bangsawan dikudeta oleh kaum pedagang dengan senjata teknologi dan uang. Hampir setiap pulau ditinggali oleh suku dan ras dan tiap-tiap suku dan ras mempunyai kebudayaannya sendiri. Contoh untuk hal ini dapat kita lihat pada masyarakat keraton Indonesia. Hal ini semakin diperparah dengan diakuinya budaya indonesia oleh bangsa lain. . 1. Mitos dan agama digeser sekularisme dan rasionalitas. Sehingga kondisi yang mengkhawatirkan ini perlu segera diselamatkan.3 Sasaran Sasaran yang ingin dicapai untuk seluruh masyarakat luas di tanah air Indonesia tentang kebudayaan yang menjadi salah satu faktor dalam membangun kepribadian seseorang. Faktanya. Hal ini sebenarnya akan menimbulkan rasa tanggung jawab untuk melestarikan kebudayaan tersebut. • Dapat menambah pengetahuan tentang kebudayaan. kebudayaan di Indonesia mulai luntur. Legitimasi istana yang bersemboyan kawula gusti kini diinjak-injak oleh semangan individualisme. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi yang mempunyai dampak negatif terhadap kebudayaan Indonesia. Tata sosial kerajaan digantikan oleh nasionalisme. Seharusnya sebagai warga negara indonesia patut bangga dengan mempunyai kekayaan budaya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengambil nilai yang baik dan meninggalkan nilai yang tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Kalau bukan kita lalu siapa lagi yang akan menjaga dan meletarikannya. berantakanlah kondisi kerja dan pola produksi seni-budaya istana. indonesia bingung. remaja dewasa. serta meningkatkan kebudayaan nasional dengan cara menyaring kebudayaan itu. Lalu dimanakah peran masyarakat dan pemerintah dalam hal ini? Kebudayaan nasional adalah kebudayan kita bersama yakni kebudayaan yang mempunyai makna bagi kita bangsa indonesia. Masalah yang sedang marak baru-baru ini adalah diakuinya lagu daerah “Rasa Sayang-sayange” yang berasal dari Maluku. Dalam dua abad terakhir tata masyarakat kerajaan mulai memudar. Akibat runtuhnya kerajaan yang mengayomi seniman-cendekiawan istana.untuk dapat menentukan kepribadian yang baik dalam ruang lingkup budaya di sekitar kita. Berita terbaru menyebutkan bahwa kesenian “angklung” dari Jawa Barat juga mau dipatenkan oleh negara tersebut. Namun ketika kebudayaan itu diakui oleh bangsa lain. Hal ini disebabkan oleh kurang pedulinya bangsa indonesia terhadap budayanya. Kesenian dapat menjadi wadah untuk mempertahankan identitas budaya Indonesia. • Mengetahui berbagai macam masalah tentang kebudayaan. sekarang ini identitas budaya Indonesia sudah mulai memudar karena arus global. Sebagai warga negara kita hendaknya menanggapi dengan arif pengaruh nilai-nilai budaya barat untuk mengembangkan dan memperkaya. Namun seiring berkembangnya zaman. dan kemanusiaan. • Mengetahui cara mengatasi permasalahan mengenai kebudayaan. Dengan banyaknya media elektronik kebudayaan barat mulai mengubah pola pikir masyarakat Indonesia. maupun orang tua sekarang kurang memperhatikan kebudayaan timur yang menjunjung tinggi nilai kesopan santunan dalam sehari – hari. hak asasi. Adapun tujuan makalah ini adalah : • Mengetahui peran budaya dalam pembentukan kepribadian yang baik. BAB II PERMASALAHAN 2.1 Kebudayaan Indonesia Indonesia mempunyai berbagai macam kebudayaan. Kesenian dan kebudayaan merupakan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. serta “Reog Ponorogo” dari Jawa Timur oleh Malaysia. Dikarenakan masyarakat sekarang di kalangan anak kecil.

Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmad Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan 5. Dan jika perlu pemerintah harus mematenkan budaya-budaya yang ada di Indonesia agar budaya-budaya bangsa tidak jatuh ke tangan bangsa lain. Pemerintah harus membangun sumber daya manusia dan meningkatkanan daya saing bangsa dapat dilakukan dengan menanamkan norma dan nilai luhur budaya Indonesia sejak dini. dipercepat oleh usul-usul radikal.agungkan bangsa lain yang berjaya sebenarnya kita bodoh kita diiming-imingi dalam bentuk gerakan yang gak jelas karena gerakan itulah yang nanti akan memecah belah bangsa kita sendiri.2 Analisis Permasalahan Analisis permasalahan peran kebudayaan dalam membentuk kepribadian dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari sisi : 2. Hal ini ditujukan untuk mengangkat kembali identitas bangsa Indonesia.1 Kekuatan (Strength) • Akar Kebudayaan Indonesia Akar kebudayaan Indonesia Kita punya suatu lambang Negara yaitu Pancasila dengan 5 sila dasar didalamnya diantaranya : 1. Proses filtrasi perlu dilakukan sedini mungkin supaya kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia tidak akan merusak identitas kebudayaan nasional bangsa kita. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial. 2. Kekuatan inilah yang melingkupi dari perjuangan suatu bangsa.Begitu juga halnya dengan pemerintah. Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Pola Hidup Konsumtif Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah.2. Persatuan Indonesia 4. 2. Sikap Individualistik Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. tersesat dalam ideologi-ideologi. pemerintah harus tegas dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan indonesia dengan cara membuat peraturan perundangan yang bertujuan untuk melindungi budaya bangsa.2. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Dari 5 dasar sila pancasila ini yang terpenting adalah pada sial pertama kenapa demikian karena kita jika berjuang tidak dilandasi oleh tuhan kita tidak akan menang. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap 3. Proses akulturasi di Indonesia tampaknya beralir secara simpang siur. .2 Kelemahan (Weakness) • Masuknya Pengaruh Kebudayaan Barat di Indonesia Dalam era globalisasi seperti sekarang ini kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia semakin berkembang pesat. tetapi pada dasarnya dilihat arah induk yang lurus: ”the things of humanity all humanity enjoys”. dengan cara sosialisasi nilai budaya yang ditanamkan kepada anak sejak usia prasekolah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada. Bangsa yang besar adalah bangsa yang meneladani sikap kepahlawanan dari leluhurnya bukannya kita mengangung. dihambat oleh aliran kolot. Terdapatlah arus pokok yang dengan spontan menerima unsur-unsur kebudayaan internasional yang jelas menguntungkan secara positif. Dampak Negatif Masuknya Budaya Barat di Indonesia Dampak negatif modernisasi dan globalisasi adalah sebagai berikut.

Kesenian yang bertahan dan yang tersisihkan Kebudayaan setiap bangsa cenderung mengarah kepada globalisasi dan menjadi peradaban dunia sehingga melibatkan manusia secara menyeluruh. dan lain-lain.2.4 Tantangan (Threat) Perubahan Budaya Dalam Globalisasi Perubahan budaya yang terjadi di dalam masyarakat tradisional. Kesenjangan Sosial Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus moderenisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Misalnya yang dulunya biasa menggunakan produk dalam negeri. Prioritas yang perlu kita lakukan terhadap kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia adalah kita harus lebih selektif kepada kebudayaan barat. Dampak Positif Masuknya Budaya Barat di Indonesia Perubahan Tata Nilai dan Sikap Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional. yakni perubahan dari masyarakat tertutup menjadi masyarakat yang lebih terbuka.2. tetapi juga ada yang memberi pengaruh positif seperti memajukan perkembangan IPTEK di Indonesia. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju. pakaian.3 Peluang (Opportunity) Dengan adanya dampak negativ dari pengaruh budaya barat di indonesia bukan berarti kita harus menutup pintu akses bangsa barat yang ingin masuk ke Indonesia. Peristiwa transkultural seperti itu mau tidak mau akan berpengaruh terhadap keberadaan kesenian kita. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial. dari nilai-nilai yang bersifat homogen menuju pluralisme nilai dan norma sosial merupakan salah satu dampak dari adanya globalisasi. Misalnya saja khusus dalam bidang hiburan media massa atau hiburan yang bersifat masal. karena tidak semua kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia berpengaruh negatif. 2. Padahal kesenian tradisional kita merupakan bagian dari khasanah kebudayaan nasional yang perlu dijaga kelestariannya. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. dengan adanya arus globalisasi dan trend masa kini maka kita cenderung memilih produk yang serba internasional baik dari makanan. Masalah Pendidikan yang Tepat Pendidikan masih menjadi permasalahan yang menjadi perhatian serius jika bangsa ini ingin . bahkan mainan bagi anak – anak pun juga terpengaruh kedalamnya. 2. Kesenjangan social menyebabkan adanya jarak antara si kaya dan si miskin sehingga sangat mungkin bias merusak kebhinekaan dan ketunggalikaan Bangsa Indonesia. kehidupan bebas remaja.Gaya Hidup Kebarat-baratan Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. makna globalisasi itu sudah sedemikian terasa.

termasuk di dalamnya interaksi sosial. Hal tersebut sangat mempengaruhi mekanisme kerja dari ego sebagai pembuat keputusan.id/ http://id. BAB III PENUTUP 3.com/2009/11/masalah-kebudayaan-di-indonesia. diharapkan kita dapat mengerti kepriadian individu secara tepat dengan segala keunikannya. Karena keduanya sebenarnya merupakan perwujudan atau abstraksi dari pada prilaku manusia dengan kepibadian sebagai latar belakangnya. teknologi baru.nilai Pancasila dengan sebaik.co. yaitu mengenai kolaborasi kebudayaan dengan pendidikan. dalam artian bagaimana sistem pendidikan yang ada mengintrinsikkan kebudayaan di dalamnya.com/2008/01/pengertian-kebudayaan. • Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik.org/wiki/Budaya_Indonesia http://id.dipandang dalam percaturan dunia. Dimana ada suatu kebudayaan yang menjadi spirit dari sistem pendidikan yang kita terapkan.blogspot.html http://wawan-junaidi. Oleh karena itu. Ada fenomena yang menarik terkait dengan hal ini. Mengejar Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Problem ini beranjak ketika kita sampai saat ini masih menjadi konsumen atas produk-produk teknologi dari negara luar.wikipedia. REFERENSI : http://www. Situasi keilmiahan kita belum berkembang dengan baik dan belum didukung oleh iklim yang kondusif bagi para ilmuan untuk melakukan penelitian dan penciptaan produk-produk. tidak dapat dilepaskan dari pola kebudayaan yang berlaku didalam masyarakat tersebut.wikipedia.blogspot.2 Saran • Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh. baik didalam lingkungan keluarga maupun di dalam lingkungan sosial kemasyarakatan yang lebih luas. misal semangat mencintai produk dalam negeri.html .org/wiki/Budaya http://skyrider27. • Selektif terhadap kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia sehingga meskipun banyak budaya asing yang masuk tidak akan mengubah kepribadian dimana didalamnya terdapat nilai moral dan kebudayaan. 3.1 Kesimpulan Peran budaya dalam membentuk kepribadian. Karena lingkungan sosial dan kulturil menetapkan syarat-syarat bagi individu dalam menetapkan bentuk pemuasan kebutuhan yang mungkin dipilih oleh individu. hal ini tantangan bagi kita untuk mengejar ketertinggalan iptek dari negara-negara maju. Demikianlah dengan mengerti bagaimana proses serta pengaruh yang nyata dari interaksi sosial terhadap pembentukan kepribadian seseorang ataupun bangsa.html http://yudhim. • Mewujudkan supremasi hukum.blogspot. maka kita akan terus terbelakang.baiknya. • Menanamkan dan mengamalkan nilai. Ego berkewajiban menetapkan bentuk tingkah laku penyesuaian sebaik-baiknya dan sesuai dengan pola norma dan kebudayaan yang berlaku.com/2010/11/pengertian-kebudayaan. Jika kita tetap mengandalkan impor produk dari luar negeri.google.baiknya.adilnya. menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenarbenarnya dan seadil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful