P. 1
Tabloid PC Mild_03

Tabloid PC Mild_03

|Views: 830|Likes:
Published by Muharruddin

More info:

Published by: Muharruddin on Jun 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

POWERED BY

Indonesia’s Greatest Computer Newspaper

Edisi 03/2009 • 05-18 Februari 2009

PLUS CD
Rp10.000 (Jawa-Bali-Lampung) • Rp11.000 (Luar Jawa-Bali-Lampung)

Compression Tools, Anti-virus, Freeware, Patch, PCMAV 1.92 + Build1

Kuis TTS berhadiah 3 Unit MP3 berhadiah Player Zotac Salsa 100 128 MB untuk 3 orang pemenang

Sponsored by: Asiaraya Computronics

AMD ATi Mobility Radeon HD 4000

MELONGOK KE DALAM WINDOWS 7

Langkah-langkah download Windows 7 Beta Instalasi Step-by-step Cara mendapatkan product key Windows 7 Beta Ulasan fitur dan tampilan Windows 7 Beta

Mendukung DirectX 10.1 dan CrossFireX di Mobile PC

Sony Walkman NWZ Series

Dengan Touchscreen dan Koneksi Wi-Fi

CorelDraw X4

DFI LANPARTY DK 790FXB-M2RS
Tampil lebih sederhana dibanding “saudaranya”
Desain Logo yang Menarik

Ubuntu 8.10

digital alliance Radeon HD 4850 Sonic
Desain yang berbeda dari standarnya
Instalasi Codec Audio & Video

Aktual Redaksional

Editorial/Surat Pembaca
Selamat Datang...Welcome...Huãnyíng Guãnglín...Yõkoso...Hwangyong-hamnida!
Pembaca, baru-baru ini Microsoft merilis sistem operasi terbarunya, yaitu Windows 7, walaupun masih versi Beta. Jika dilihat dari jarak rilisnya yang begitu dekat dengan Windows Vista pada Januari 2007 lalu, tampaknya Microsoft memang “mengakui” ada sesuatu yang salah dengan Vista. Apa salahnya? Hanya Microsoft-lah yang bisa menjawabnya. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, seperti apa sih Windows 7, maka di edisi ini kami menyajikan liputan khusus mengenai Windows 7. Beralih ke edisi khusus yang kami terbitkan di awal tahun ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anda semua, pembaca setia PC Mild yang telah memberikan masukannya. Dari berbagai komentar yang masuk melalui e-mail, tentu ada yang pro dan ada yang kontra. Namun laporan dari tim sirkulasi kami, PC Mild edisi khusus tersebut ternyata mendapat sambutan luar biasa dari pembeli dan laris manis terjual, walau harga terpaksa dinaikkan hingga Rp15.000. Tentu saja kabar gembira ini membuat semangat kami menggebu-gebu untuk merencanakan edisi khusus berikutnya. Walau begitu, belajar dari edisi khusus pertama tersebut, maka kami akan mengumumkan adanya edisi khusus minimal pada satu edisi sebelumnya, agar Anda dapat menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.

PEMIMPIN REDAKSI Anton R. Pardede SIDANG REDAKSI Rully Novrianto (Koord.), Alexander P.H. Jularso, Denie Kristiadi, Sasongko R.A. Prabowo, Suherman, Supriyanto, Wawa Sundawa, Yanuar Ferdian REDAKTUR SENIOR Effendy Kho, Rusmanto Maryanto KONTRIBUTOR Basuki Rahmat, Bonafacius S. Ryanto, Gunung Sarjono, Lili, Muhammad Imansyah, Rini Asmara, Salman Faisal, Tri Haryati, Windra Swastika PRA PRODUKSI & BAHASA Arie Ishami (Koord.), Renny Fitriastuti TATA LETAK & DESAIN Dhany Sudharmanto (Koord.), Lely Yulaena, Mardiana SEKRETARIAT REDAKSI Evawani U. Putri IKLAN & KOMERSIAL Thomas H. Waskita (Manajer), Indran B. Sapto (Account Executive), Febriyanti (Sekretariat) KEUANGAN Deetje Monoarfa (Manajer), Albert Sulistyo, Ngafiv, Tety Winarni, Untung PERSONALIA & UMUM Ekawati (Koord.), Suhaedin, Supandi PENERBIT Mario Alisjahbana, PT Dian Digital Media, Jakarta MAU NGASIH UNDANGAN/MASUKAN/PERTANYAAN? Gedung Warta Lt. 4 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 127-131. Fax: (021) 315-3732 E-mail: pcmild@pcmedia.co.id INGIN BERIKLAN/BEKERJA SAMA? Gedung Warta Lt. 2 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 105-107. Fax: (021) 315-3732 E-mail: iklan@pcmedia.co.id INGIN MENJADI AGEN/MENCARI EDISI LAMA? Sirkulasi Pinpoint Publications (DPKU) Jl. Rawagirang No. 8, Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur - 13930 Telp: (021) 021- 46826816 - 70796499 Fax: (021) 4682-8919 E-mail: sirkulasi@pcmedia.co.id PENCETAK PT Dian Rakyat, Jakarta
Tabloid PC Mild diterbitkan dwi-mingguan oleh Pinpoint Publications. Pinpoint Publications juga menerbitkan majalah komputer bulanan PC Media, majalah opensource & network bulanan InfoLINUX, Buku Mini PC Media dan Buku Mini InfoLINUX. Dilarang mereproduksi seluruh atau sebagian materi di media ini dalam bentuk dan dengan tujuan apapun. Pinpoint Publications tidak terafiliasi dengan perusahaan atau produk yang diuji coba di tabloid PC Mild. Seluruh staf tabloid PC Mild tidak memiliki investasi pada perusahaan atau produk yang diuji coba. Hasil uji coba produk yang dimuat di tabloid PC Mild tidak terkait dengan iklan atau hubungan bisnis perusahaan/produk tersebut dengan tabloid PC Mild. Kecuali disebutkan, uji coba dilakukan tabloid PC Mild pada produk dan layanan yang tersedia pada saat ini. Pinpoint Publications menjunjung tinggi nilai integritas, untuk itu dalam menjalankan tugasnya seluruh staf kami tidak dibenarkan menerima atau meminta imbalan dalam bentuk apapun dari relasi/narasumber.

Anton R. Pardede
Group Chief Editor

Anton R. Pardede

Cara Kerja Komponen
Saya mau bertanya tentang bagaimana cara kerja computer, terutama komponen yang ada di motherboard, fungsi memory, northbridge dan southbridge, dan apa hubungan harddisk, southbridge, northbridge, memory, dan processor? Tolong kasih tahu alamat situs yang menjelaskan tentang cara kerja komputer tersebut secara lengkap Dewa Ray via e-mail Tentang chipset, baru saja kami bahas di edisi lalu di rubrik How It Works. Untuk yang lainnya, harus menunggu giliran. Untuk situsnya, bisa dilihat di www. howstuffworks.com atau www.ehow.com.

1&2. Bisa-bisa saja. Coba gunakan WinHTTrack (GPL) dari www.httrack.com. 3. Tidak bisa, karena pada prinsipnya TV Tuner eksternal hanya meminjam monitor PC saja, tidak menggunakan CPU. 4. Terima kasih atas masukannya.

Download Wine
Pada rublik Workshop edisi 24/2008, kok tidak ada cara men-download wine? Saya sudah masuk pada http://appdb.winehq.org, tapi menu download-nya tidak ada? Izza via e-mail Installer WINE sudah disertakan di CD edisi 25/2008. Freeware yang kami ulas di rubrik workshop, akan selalu disertakan di CD edisi berikutnya.

Seputar Vista
PC Mild, saya mempunyai beberapa pertanyaan: 1. Kenapa virus WinSality32 masih tidak terbaca oleh PCMAV 1.9 Build4? Namun oleh antivirus lain dapat terdeteksi ( ESET NOD 32 V.3 )? Kapan PCMAV RTP untuk Vista kira-kira akan muncul? 2. Saya ingin tahu tentang Windows Aero, apakah itu OS atau fitur? 3. Laptop saya memiliki rating Windows Experience Index bernilai 3.0, apakah itu sudah cukup bagus? Anonimus via e-mail 1. Sudah Anda coba gabung dengan ClamAV, apakah terdeteksi? PCMAV RTP untuk Vista? tidak lama lagi. Tunggu saja! 2. Aero itu nama sebuah fitur di dalam Vista. 3. WEI di Vista memiliki jangkauan rating 1.0 sampai 5.9 (semakin tinggi/besar semakin bagus). Dengan rating 3.0, silakan Anda simpulkan sendiri.

Artikel GIMP
Sekarang zamannya open source dan free software, bagaimana kalau Tip & Trik CorelDRAW/Photoshop diganti dengan yang free, seperti GIMP. Sehingga kita tidak terjerumus dengan penggunaan software bajakan. Erry via e-mail Usulan yang bagus. Tapi penggunaan GIMP belum sepopuler CorelDraw atau Photoshop. Jadi, untuk sementara kami belum bisa mewujudkannya.

Ponsel di Ubuntu
1. HP CDMA apa sajakah yang compatible dengan Windows, tetapi juga compatible untuk Ubuntu Linux untuk digunakan sebagai modem? 2. Kapan PCMAV RTP dan dan PCMAV Cleaner terintegrasi? Kapan PCMAV 2.0 rilis? Firman via e-mail 1. ZTE C300, Nokia 3125, Nokia 6016i, dan lain-lain. 2. Jika tidak ada hambatan, integrasi RTP dan Cleaner sudah bisa dirasakan pada PCMAV generasi 2.x. Untuk PCMAV 2.0, tidak lama lagi akan segera dirilis.

Double Engine
1. Setiap antivirus, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagaimana efeknya terhadap kinerja PC, kalau digunakan secara bersamaan (double)? 2. Ada suatu file yang bernama NTUSER.DAT. Apakah ini virus? Djamal Udin via e-mail 1. Sangat tidak kami sarankan. Gunakan hanya satu antivirus yang Anda percayai. 2. Bukan. File itu berisi semua setting, dan konfigurasi Windows.

Tambahkan Info GPU
1. Setiap bahasan motherboard VGA onboard, tolong sekalian diinfokan spesifikasi GPU-nya sehingga pembaca yang mau membeli motherboard dengan IGP, bisa mengetahui spesfikasi IGP GPU yang terbaik. 2. Bagaimana cara meng-extract file format ARC dari backup HP Nokia N73, karena setelah saya upgrade firmware N73, file backup tidak bisa di-restore ke HP? Ronald Setiawan via e-mail 1. Masukan Anda akan kami pertimbangkan. 2. Bisa dengan PeaZip (GPL) yang bisa di-download di http:// peazip.sourceforge.net/free-arc-utility.html. Coba lihat di CD edisi ini.

Offline Browser
Tolong jawab pertanyaan saya ini: 1. Bisakah hasil download website dibawa ke komputer lain? 2. Offline browser apa yang paling baik (cepat dan lengkap) dalam men-download sebuah website dan free? Apakah wget juga bisa melakukan hal tersebut? 3. Apakah bisa, siaran TV tuner eksternal direkam? 4. Biar lebih bagus, PC Mild diberi steples dong seperti edisi lalu, biar rapi! Ade R. Faisal via e-mail

2

03/2009

How It Works

Aktual

Intel QPI

Sejak awal, CPU Intel menggunakan eksternal bus yang dikenal dengan nama Front Side Bus (FSB), yang terbagi antara memory dan I/O request. Generasi selanjutnya dari CPU Intel memiliki memory controller tertanam (embed), yang menyediakan dua bus eksternal. Bus baru ini bernama QuickPath Interconnect (QPI).

da saat yang bersamaan, sementara koneksi point-to-point adalah jalur yang menghubungkan dua perangkat saja. Meski secara teknis penyebutan bus tidak tepat, dalam artikel How It Works kali ini kita akan tetap menggunakannya semata-mata untuk memudahkan pemahaman.

Apa Itu QPI?
QPI menyediakan dua jalur terpisah untuk komunikasi antara CPU dan chipset. Hal ini memungkinkan CPU untuk mengirimkan (menulis), dan menerima (membaca) data I/O pada saat yang bersamaan (secara

Secara teknis, QPI sesungguhnya bukanlah bus, melainkan koneksi point-to-point. Bus adalah satu set kawat (kabel) yang memungkinkan beberapa komponen terhubung pa-

paralel). Pada arsitektur tradisional yang menggunakan satu bus eksternal, operasi input dan output tidak dapat dilakukan pada saat yang bersamaan. Setiap jalur mentransfer data 20-bit dalam satu waktu. Dari 20-bit ini, 16bit digunakan untuk data, dan sisanya - bit digunakan untuk mengoreksi kode yang disebut dengan CRC (Cyclical Redundancy Check), yang memungkinkan penerima (receiver) untuk memeriksa keutuhan data yang diterima. Versi pertama dari QPI bekerja dengan clock rate 3,2 GHz, yang mentransfer data dua per siklus (sebuah teknik yang disebut DDR, Double Data Rate). Hal ini membuat bus seolah-olah bekerja dengan clock rate 6,4 GHz (Intel menggunakan satuan GT/ s, yang berarti giga transfers per second). Karena 16-bit yang dikirim dalam satu waktu, secara teori terdapat transfer rate 12,8 GB/s pada setiap jalur (6,4 GHz x 16 bit/8). Banyak orang mengatakan bahwa secara teori, QPI memiliki transfer rate maksimum 25,6 GB/s hanya dengan menjumlahkan transfer rate maksimum kedua jalur. Penyederhanaan seperti ini tentu saja tidak tepat; sama halnya dengan mengatakan bahwa laju maksimum kendaraan di jalan dalam kota adalah 80 km per jam, hanya karena terdapat dua arah jalan dengan batas kecepatan 40 km per jam di setiap arah.

FSB vs QPI
Jadi, dibandingkan dengan FSB, QPI mentransfer lebih sedikit bit per

siklus, tetapi bekerja pada clock rate yang jauh lebih tinggi. Saat ini, FSB tercepat yang tersedia pada processor Intel adalah 1600 MHz (sebenarnya 400 MHz yang mentransfer empat data per siklus; QPI bekerja dengan clock delapan kali lebih tinggi), yang secara teori memiliki transfer rate maksimum 12,8 GB/s, sama seperti QPI. Meski demikian, QPI menawarkan 12,8 GB/s pada setiap arah, sementara FSB 1600 MHz menyediakan bandwidth untuk kedua operasi (membaca dan menulis), yang keduanya tidak dapat dijalankan pada saat yang bersamaan. Selain itu, karena FSB mentransfer kedua memory dan I/O request, selalu ada lebih banyak data yang ditransfer pada bus ini dibandingkan dengan QPI yang hanya membawa I/O request. Turun ke transmisi listrik, setiap bit yang ditransfer menggunakan pasangan diferensial pasangan (differential pair). Jadi, untuk setiap bit digunakan dua kawat. QPI menggunakan total 84 kabel (termasuk kedua jalur), yang kira-kira setengah jumlah kawat yang digunakan pada FSB CPU Intel saat ini (150 kawat). Jadi, keuntungan ketiga dari QPI dibandingkan FSB adalah penggunaan kabel yang lebih sedikit. Keuntungan pertama dan kedua, seperti yang telah dijelaskan di bagian awal artikel ini, pertama adalah jalur data yang terpisah untuk memory dan I/O request, dan kedua adalah pemisahan jalur data untuk membaca dan menulis.

Daya dan Keandalan
QPI menawarkan tiga modus daya, yang disebut L0, L0s, dan L1. L0 merupakan modus di mana QPI akan sepenuhnya operasional. Pada modus L0s, kabel data dan sirkuit yang mengendalikan kawat-kawat tersebut akan dimatikan untuk menghemat energi. Pada L1 semuanya akan dinonaktifkan, untuk menghemat lebih banyak energi. Tentu saja L1 menyediakan wake-up time yang lebih tinggi daripada L0s.Seperti yang telah disebutkan di atas, setiap jalur QPI memiliki lebar data 20-bit. QPI memungkinkan setiap jalur 20-bit tersebut diperlakukan sebagai empat jalur 5-bit. Pembagian ini dimaksudkan meningkatkan keandalan kinerja, terutama di lingkungan server. Anda tidak akan melihat fitur ini diterapkan pada komputer desktop. Apa yang akan terjadi bila fitur ini diterapkan? Jika receiver “merasa” bahwa hubungan antara dirinya dan pemancar (transmitter) rusak secara fisik, dia akan menutup porsi bus yang rusak, dan mengoperasikan lebih sedikit transmisi bit per siklus. Hal ini tentunya akan menurunkan transfer rate, tetapi di sisi lain sistem tidak akan gagal, seperti yang akan terjadi pada sistem yang tidak menerapkan fitur ini. MI
Informasi Lebih Lanjut

• http://en.wikipedia.org/wiki/ Intel_QuickPath_Interconnect • www.intel.com/technology/ quickpath/index.htm

03/2009

3

Aktual

Aneka Ragam/News in 60 Seconds

Inilah Definisinya!
Blog
Merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisantulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

iPhone Segera Masuk Indonesia
Setelah lama ditunggu-tunggu, Apple akhirnya menjual iPhone 3G-nya di Indonesia. Kerja sama penjualan smartphone terbaru yang dirilis tahun lalu itu, akan menggandeng Telkomsel, salah satu operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Melalui situs resminya, Telkomsel telah menyediakan formulir pemesanan untuk pembelian iPhone 3G. Bagi Anda yang berminat, harus mengisi identitas dan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk konfirmasi. Telkomsel menawarkan tiga pilihan iPhone 3G, masing-masing versi 8 GB, 16 GB Black, dan 16 GB

White. Namun, tidak disebutkan berapa harga masing-masing produk maupun skema pembeliannya. Juga tidak disebutkan apakah pembelian tersebut dibundel dengan layanan seluler, seperti yang dilakukan Apple di negara-negara lain. Setelah mengisi formulir, hanya disebutkan pihak Telkomsel akan menghubungi kembali, setelah iPhone 3G tersedia. Halaman tersebut juga menyediakan link ke aplikasi iTunes di situs Apple, yang dibutuhkan untuk mengaktifkan iPhone 3G. Meski belum dirilis secara resmi, dalam situsnya Apple juga sudah memasukkan Indonesia ke dalam daftar negara yang menyediakan iPhone. Baik pihak Telkomsel maupun Apple belum memberikan konfirmasi mengenai kerja sama tersebut. Diperkirakan harga ponsel pintar iPhone tidak jauh berbeda dengan produk pesaing, seperti Blackberry. Bagi Anda yang tertarik, menabunglah dari sekarang. DK
iPhone akan saingi popularitas Blackberry di Indonesia

Microsoft Alami Krisis
Isu PHK di Microsoft tampaknya bukan omong kosong belaka. Akhirnya untuk kali pertama dalam sejarah, Microsoft memangkas 5000 karyawannya. Keuntungan Microsoft di kuartal empat 2008 menurun, seiring adanya krisis ekonomi global. Resesi ini mengakibatkan bisnis Microsoft mengalami kelesuan, seperti di segmen video game maupun software bisnis. Wall Street memprediksi pemasukan Microsoft untuk kuartal ke4 tahun 2008 mencapai US$ 17,1 miliar. Jumlah ini lebih kecil daripada target Microsoft yang mencapai US$ 17,3 miliar sampai US$ 17,8 miliar. Sementara itu, hasil penjualan software Windows menurun 3% dibanding periode sebelumnya. Hal ini disebabkan daya beli konsumen kian anjlok di masa krisis. Atas penurunan ini, Microsoft menyalahkan lemahnya kondisi pasar PC global, dan juga lebih
Resesi berimbas ke Microsoft

populernya komputer netbook berharga murah sehingga berimbas pada menurunnya penjualan sistem operasi Windows. Namun divisi Business, yang bertanggung jawab pada paket software Office, menandakan peningkatan sekitar 1%. Keuntungan salah satu unit bisnis Microsoft yang bertanggung jawab pada perkembangan sistem game Xbox 360 pun mengalami kenaikan sekitar 3%. Untuk mengganjal penurunan tersebut, Microsoft pun memangkas 5.000 karyawannya atau sekitar 5% dari total karyawan mereka yang berjumlah 96.000 pekerja. Pemangkasan ini akan dilakukan secara bertahap selama 18 bulan ke depan ,dan diawali oleh PHK kepada sekitar 1.400 karyawan.
Info: www.reuters.com

Firmware
Istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada rutin-rutin perangkat lunak yang disimpan di dalam Read-only Memory (ROM)/memori hanya baca. Tidak seperti Random Access Memory (RAM), ROM tidak akan dapat berubah meski tidak dialiri listrik. Rutin-rutin yang mampu menyalakan komputer (startup) serta instruksi input/output dasar (semacam BIOS atau sistem operasi embedded) disimpan di dalam firmware. Modifikasi memang dapat dilakukan, tetapi hal tersebut tergantung dari jenis ROM apa yang digunakan. Firmware yang disimpan dalam ROM tidak dapat diubah, tapi firmware yang disimpan dalam ROM yang dapat diubah semacam EEPROM atau Flash ROM, dapat diubah sesuka hati.

Worm Windows Mengganas
Virus baru dapat menginfeksi pe rangkat penyimpanan USB untuk menyerang jaringan Ethernet perusahaan. Walaupun patch yang diberikan Microsoft akan melindungi dari serangan melalui Ethernet, sampai saat ini belum ada patch yang dapat mencegah penyerangan melalui USB, dan hanya aplikasi antivirus yang dapat menghalau serangannya. Baru-baru ini, jutaan pengguna komputer telah terinfeksi sebuah worm baru. Worm yang dinamakan Downadup, Conficker atau Kido, telah menginfeksi 8 juta komputer lebih, yang mayoritas adalah komputer perusahaan. Worm ganas ini menginfeksi banyak lubang pada OS Windows. Worm ini menginfeksi ke layanan services.exe., sebuah common system process. Setelah menginfeksi, worm akan membuat file DLL baru pada sistem folder Windows dengan lima huruf yang disusun acak. Kemudian, worm akan menciptakan
-

registry yang menganggap DLL tadi adalah sebuah layanan, jadi DLL tersebut secara otomatis akan berjalan tiap komputer restart. Setelah menancapkan kukunya pada sistem, worm nantinya akan memulai membuat sebuah server HTTP, dan men-download malware dari situs berbahaya. Saat ini, langkah yang relatif aman untuk perusahaan adalah menggunakan patch yang diberikan Microsoft, karantina, dan hapus malware pada komputer yang terinfeksi, serta cegah penggunaan perangkat penyimpanan USB.
Info: www.dailytech.com

Seagate Benahi Barracuda
Setelah diprotes oleh banyak pengguna hard drive Barracuda akibat kesalahan firmware, Seagate akhirnya mengakui terdapat cacat pada firmware hard drive Barracuda 7200.11, DiamondMax 22, dan Barracuda ES.2 SATA, yang akan membuat hard drive tidak dapat diakses saat host system diaktifkan. Menurut beberapa pengguna, hard drive cenderung diam selama 30 detik pada saat I/O transfer streaming video atau pada saat membaca file dengan kecepatan rendah. Menurut Seagate Knowledgebase,

Spam
Email sampah merupakan surat elektronik yang dikrmkan ke banyak pengguna email. spam bisa juga dinamakan unsolicited bulk email (UBE). Definis spam biasanya termasuk email yang tidak penting dan terdapat di bulk. Spam mulai berkembang pada tahun 1990. Alamat email yang dikumpulkan para spammer (pengirim spam) bisanya didapat dari chatroom, website, dan virus yang mencuri alamt pengguna email.

setelah hard drive mengalami gangguan, data spenuhnya tidak dapat diakses, walaupun data masih terdapat di dalam hard drive. Bug firmware ini menginfeksi drive yang dibuat pada bulan Desember 2008. Untuk memastikan apakah hard drive cacat firmware, Anda harus memeriksa nomer seri hard drive, model, dan revisi firmware melalui daftar hard drive yang terinfeksi di: http://seagate.custkb.com/seagate/crm/ selfservice/search.jsp?DocId=207931. Jika hard drive Anda teinfeksi, ikuti link yang tersedia untuk model hard drive dan update firmware. Walaupun Seagate mengatakan bug pada firmware tidak mengakibatkan data hilang, tapi mereka menjanjikan recovery data gratis melalui: http:// www.seagate.com/www/en-us/about/ contact_us/.
Info: www.computerworld.com

Dalam satu minggu, 8 juta komputer terinfeksi worm

Segera update firmware Seagate Anda!

News in 60 Seconds
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi mengembangkan teknologi pengaman ponsel untuk melindungi pemakai dari penyadapan pesan dan suara. Pemasarannya dilakukan oleh PT Dian Karya Sarana. Untuk memasang teknologi ini, pengguna setidaknya harus menyediakan dana sebesar Rp 100 juta. YouTube akhirnya menghadirkan aplikasi download untuk pengguna setianya. YouTube memungkinkan pengguna untuk men-download video langsung dari YouTube-nya. Aplikasi ini hadir dalam format H.26, kompatibel dengan iPhone atau PSP. Ribuan pengguna Telkomsel, Xl, Mobile-8, dan Axis, di Bali, dipastikan bakal kesulitan dalam menelepon. Sebab, menara pemancar yang mereka gunakan secara bersama dirubuhkan pemerintah daerah Kabupaten Badung, Bali. Indonesian Tower, selaku penyedia menara bersama heran mengapa menara tetap dirubuhkan. Internet Explorer 8 telah keluar dari status Beta-nya dan kini memasuki status Release Candidate. Belum ada pemberitahuan resmi kapan versi finalnya akan dirilis. Microsoft juga memperingatkan agar IE8 RC ini jangan diinstal di Windows 7 Beta karena adanya perbedaan sistem. Intel melakukan kebijakan menurunkan harga terhadap produk chip-nya. Intel bakal memangkas harga penjualan beberapa model chip-nya hingga 48%. Beberapa produk chip yang akan turun, antara lain prosesor Core 2 Quad, Core 2 Duo, Pentium dual-core, Celeron, dan Xeon. Microsoft telah memperpanjang masa download Microsoft 7 versi beta sampai 10 Februari mendatang, dengan masa tenggang waktu 2 hari, yakni sampai 12 Februari. Ini merupakan masa perpanjangan kedua, sejak preview Windows 7 Beta diperkenalkan pada tanggal 10 Januari lalu.

4

03/2009

Aneka Ragam

Aktual

AMD Lepas Imageon
AMD mengumumkan bahwa mereka telah menjual bisnis grafis mobile Imageon kepada Qualcomm. Qualcomm membeli Imageon dengan harga US$65 juta, dan membuat perusahaan tersebut memiliki hak intelektual, pilihan untuk menyewa pekerja AMD, dan sumber daya lainnya. Dengan penjualan Imageon, praktis membuat AMD keluar dari persaingan
AMD tinggalkan bisnis grafis mobile

grafis video untuk perangkat genggam, dan membuat AMD dapat lebih fokus terhadap grafis untuk notebook dan PC dekstop dengan seri Radeon-nya. Qualcomm mengatakan, dengan pembelian Imageon akan membuat perusahaan ini dapat berkompetisi langsung untuk pasar grafis mobile. dari unit bisnis Cloud Computing milik Sun untuk mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi, arsitektur, serta layanan cloud computing. Teknologi Q-layer menyederhanakan manajemen cloud computing, sekaligus memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengawasi dan menjalankan aplikasi, dan ini merupakan komponen utama strategi Sun untuk membangun cloud computing di sektor swasta maupun publik. kuat, demi melindungi layanan web e-mail-nya. Yahoo! tengah serius untuk membuat inovasi anti-spam, termasuk mengadopsi teknologi yang dikomersialkan. Namun yang jelas, Yahoo! akan membuka selebarlebarnya sistem open source. Kebijakan ini tentu sebagai upaya Yahoo! dalam melindungi dan mem-

Imageon merupakan grafis chip mobile yang dapat meningkatkan kinerja grafis 2D dan 3D, dimana saat ini Qualcomm sedang membangun teknolgi ponsel 3G dan 4G. Imageon juga kemungkinan dapat disandingkan dengan processor yang sedang dikembangkan oleh Qualcomm untuk pasar netbook, Snapdragon. AMD terus berjuang menghadapi Intel di pasar processor, dan diharapkan penjualan Imageon akan membuat AMD semakin lebih fokus menggarap pasar PC dekstop dan notebook.
Info: www.electronista.com

WordCamp Indonesia 2009
WordCamp yang merupakan konferensi untuk pengguna dan pengembang WordPress, kini diadakan di Indonesia. Ajang ini adalah WordCamp kali kedua untuk kawasan Asia Tenggara, setelah sebelumnya WordCamp Filipina pada

Sun Akuisisi Q-layer
Sun Microsystems mengumumkan akuisisinya terhadap Q-layer, sebuah perusahaan cloud computing yang mengotomatisasi implementasi, dan manajemen cloud computing bagi sektor swasta maupun publik. Perusahaan Q-layer yang berbasis di Belgia ini akan menjadi bagian

Software Q-layer mendukung pengawasan langsung terhadap layanan server, storage, bandwidth dan aplikasi, yang pada gilirannya memungkinkan pengguna mengukur lingkungan mereka sendiri untuk memenuhi kebutuhan spesifiknya masing-masing. DK

September 2008 lalu. Salah satu tujuan WordCamp adalah untuk memperbanyak jumlah pengembang yang menggunakan WordPress, tidak sebatas hanya sebagai sebuah blogging engine, tapi sebagai sebuah content management system untuk situs web dengan fitur lengkap. Ajang WordCamp Indonesia 2009 ini adalah kesempatan bagi pengembang, pengguna, pembuat theme, desainer, marketer, penulis dan peminat WordPress di Indonesia untuk bertemu, bertukar pengalaman, dan bergembira. Pada bulan Desember 2008, tercatat 66% blog di WordPress menggunakan bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia berada di peringkat ketiga sebesar 5%, serta terdapat 280.000 blog WordPress yang menggunakan Bahasa Indonesia. Diajang WordCamp Indonesia 2009 ini dibahas kelebihan utama WordPress.org dan WordPress.com, dibanding layanan sejenis. Tidak ketinggalan juga pembahasan versi terakhir mereka, yaitu WordPress 2.7. DK

Cloud computing menawarkan efisiensi lebih tinggi

Ajang pertemuan pengguna dan pengembang WordPress di Indonesia

Teknologi Antispam Yahoo!
Yahoo! telah mengumumkan bahwa perusahaanya sedang mengembangkan teknologi anti-spam yang lebih

bentengi pengguna layanan ini dari serangan bombardir para spammer. Perusahaan ini juga sadar kalau spam yang disusupi virus semakin hari semakin banyak. Menurut Yahoo!, banyak pengguna Yahoo! yang semakin mengeluhkan banyaknya spam. Dengan inovasi ini, Yahoo! akan mengurangi sebisa mungkin e-

mail sampah yang masuk, tapi tidak termasuk mailing list. Saat ini, tim internal antispam Yahoo! telah bekerja dengan menggunakan superkomputer. Diharapkan ribuan spam yang masuk ke PC dapat bisa dideteksi dengan cepat dan akurat. Yahoo juga telah bekerja sama dengan berbagai universitas di

Yahoo! akan perangi e-mail spam

Amerika Serikat, untuk mewujudkan teknologi ini.
Info: www.pcworld.com

03/2009

5

Aktual

Around the World/Fast Fact

Swedia

Indonesia

Palestina

Cina

Kepolisian Inginkan Informasi Pengguna P2P
Penegak hukum di Swedia mendesak pemerintahannya melalui kementerian kehakiman untuk mengizinkan mereka mengakses informasi pribadi pengguna P2P, seperti nomor telepon, alamat e-mail, dan sebagainya. Di bawah hukum Swedia saat ini, penegak hukum hanya diizinkan untuk mengakses informasi pengguna P2P yang sudah terbukti bersalah atau istilahnya sudah kelas berat. Sedangkan yang diinginkan kali ini adalah mendapatkan informasi pribadi dari pengguna P2P yang melakukan pelanggaran hak cipta minor atau masih kelas teri. Keinginan ini tentu dilatarbelakangi oleh pihak kepolisian yang sangat ingin menjerat pengguna kelas berat atau administrator berbagai jaringan P2P seperti Pirate Bay, yang berbasis di Swedia. Tapi secara tidak langsung, keinginan pihak penegak hukum itu juga dimaksudkan untuk para pengguna baru jaringan P2P. Pihak kepolisian Swedia sudah melakukan berbagai upaya untuk membasmi Pirate Bay, namun tetap tidak berpengaruh besar.
Info: arstechnica.com

Sistem Penanggulangan Flu Burung
Pemerintah Australia akan mendanai sebagian pengaplikasian sistem pelaporan dan pelacakan flu burung yang terjadi di Indonesia. Sistem itu akan digunakan oleh para dokter hewan dalam bentuk aplikasi portabel. Perusahaan pengembang software asal Bali bernama Mitrais telah ditugaskan oleh Australian Animal Health Laboratory (AAHL) untuk menyebarkan sistem berbasis web bernama InfoLab Plus ke beberapa area yang terdapat lab. diagnosis. Mitrais juga ditugaskan untuk membuat versi portabel dari InfoLab Plus dengan nama InfoLab Lite. InfoLab Plus dikembangkan menggunakan Crystal Reports, dan dipakai untuk menggantikan sistem laporan yang menggunakan Microsoft Access. Dengan adanya aplikasi portabel itu, diharapkan kantor-kantor Departemen Pertanian yang belum memiliki akses Internet bisa meng-upload data-data yang dibutuhkan melalui komputer mana saja yang terhubung dengan Internet, seperti misalnya dari warnet.
Info: itnews.com.au

Laptop XO untuk Anak Palestina
Proyek One Laptop per Child (OLPC) mendonasikan 5.000 unit laptop XO-nya ke United Nations Relief and Workers Agency (UNRWA) untuk diberikan ke anak-anak Palestina di jalur Gaza yang porak-poranda setelah digempur Israel selama hampir sebulan. UNRWA mengoperasikan 800 sekolah untuk para pengungsi Palestina di Yordania, Lebanon, Gaza dan Tepi Barat. Langkah yang diambil OLPC ini bisa dibilang sebagai sebuah langkah yang sangat dermawan. Apalagi mengingat, grup OLPC saat ini sedang mengalami masalah keuangan yang serius. Masalah tersebut diperjelas dengan adanya perampingan jumlah staf, dan mengurangi akvititas pengembangan software-nya secara signifikan. Pendiri OLPC, Nicholas Negroponte, mengatakan bahwa organisasi yang didirikannya akan meningkatkan aktivitasnya di wilayah Timur Tengah, dan memfokuskan diri ke produk OLPC generasi berikutnya. Langkah donasi terhadap anak-anak Palestina ini bisa jadi sebagai sebuah cerminan atas hal tersebut.
Info: masshightech.com

Perang terhadap Pornografi
Perang terhadap pornografi yang dilakukan pemerintah Cina terus berlanjut. Tujuh organisasi pemerintah melakukan pertemuan untuk membahas kelanjutan perang ini, dan memutuskan untuk melanjutkannya ke media berikutnya, yaitu ponsel. Tidak dijelaskan bagaimana cara pemerintah akan melakukannya. Namun dugaan sementara adalah kemungkinan besar akan ada pemblokiran terhadap pesan SMS, MMS, atau konten mobile lainnya yang dianggap tidak pantas. Sebelumnya, Kementerian Keamanan Publik Cina mengklaim telah membabat 1250 website porno, dan menangkap 41 orang yang menyebarkan konten porno. Mereka juga mengklaim, setelah aksi tersebut dijalankan, terjadi penurunan yang cukup signifikan terhadap konten porno online. Pemerintah Cina telah lama mengutuk pornografi di Internet, karena dianggap mengotori pikiran generasi muda. Oleh karena itu, pemerintah menganggap apa yang mereka lakukan adalah bertujuan untuk memurnikan Internet.
Info: arstechnica.com

Fast Fact
10,17 juta Nintendo Wii, dan
9,95 juta Nintendo DS berhasil dijual oleh Nintendo pada tahun lalu. Itulah hasil riset yang dilakukan oleh NPD (National Purchase Diary). Menurut mereka, belum pernah ada dalam sejarah penjualan konsol game dimana sebuah konsol game berhasil dijual lebih dari 10 juta unit dalam waktu satu tahun. Rekor sebelumnya dipegang oleh Nintendo DS dengan penjualan 8,52 juta unit pada tahun 2007. Menurut perwakilan Nintendo Amerika, game-game inovatif seperti Wii fit, Guitar Hero, dan Rock Band turut berperan besar dalam mendongkrak penjualan. Padahal beberapa tahun lalu, game-game itu terlihat kurang mendapat tempat. Tapi kini, justru game-game itulah yang menjadi penggerak utama industri game. (dailytech.com) tusan domain secara acak sehingga membuat proses pelacakan semakin susah. Menurut F-Secure, serverserver yang banyak terinfeksi adalah server yang berada di Cina, Brazil, dan Rusia. Sementara di Amerika Serikat dan Eropa paling sedikit terinfeksi, karena admin TI-nya rajin melakukan update. (f-secure.com/weblog/) tujukan sebagai sumber pengetahuan. Berbeda dengan saingan terberatnya, Wikipedia, Knol mengizinkan penulis artikel untuk mempromosikan website milik mereka secara langsung di dalam artikel. Selain itu, penulis juga diizinkan memberi nama artikelnya sesuai yang mereka inginkan. Gosip yang beredar adalah Knol berencana ingin mengalahkan Wikipedia. Karena selama ini Wikipedia dianggap memiliki artikel yang lebih beragam ketimbang Knol. (news.softpedia.com) nakan salah satu OS tersebut dengan domain yang memiliki nama dengan jumlah karakter lebih dari 15, maka yang muncul adalah peringatan “The attempt to join this computer to the <<domain_name>>.com domain failed. The parameter is incorrect.” Jumlah karakter tersebut dihitung sebelum titik, misalnya Northwindtraders.com yang memiliki 16 karakter. Namun jika nama domain tersebut misalnya seperti Fabrikam.treyresearch.litwareinc. com, tetap dihitung sebagai 8 karakter. Untuk mengatasi masalah ini, Microsoft telah merilis sebuah hotfix yang harus di-download langsung dari http://tinyurl.com/bhsxww. (news. softpedia.com)

8,9 juta PC telah terinfeksi oleh
tiga worm baru bernama Conficker, Downadup, dan Kido. Ketiga worm itu menyebar melalui celah keamanan yang patch-nya sebenarnya sudah dirilis oleh Microsoft pada Oktober tahun lalu. Hal ini disampaikan oleh perusahaan keamanan F-Secure. Jumlah PC yang terinfeksi itu pada awalnya hanya 2,4 juta saja. Namun dalam waktu 4 hari, meningkat menjadi 8,9 juta. Worm tersebut berisi paket trojan yang bisa men-download file baru dari server mereka. Uniknya, worm ini akan mencari file terbarunya ke ra-

100 ribu artikel sudah berhasil dikumpulkan oleh Google Knol diumurnya yang baru 5 bulan. Interface Knol kini sudah dalam enam bahasa (Arab, Inggris, Prancis, Italia, Korea, Portugis, dan Spanyol). Pada dasarnya, Knol adalah kumpulan artikel, mirip dengan Wikipedia, yang ditulis oleh para ahli di masing-masing bidang dan di-

15 karakter dan bila lebih, maka tidak bisa bergabung. Itulah yang terjadi di Windows 7 Beta dan Windows Server 2008 R2 Beta. Jika user ingin mencoba menggabungkan PC yang menggu-

6

03/2009

Hardware

Aktual

AMD ATi Mobility Radeon HD 4000
Advanced Micro Devices (AMD) baru saja memperkenalkan graphic controller seri Radeon HD 4000. Graphic controller yang ditujukan untuk penggunaan di mobile PC, sudah mendukung DirectX 10.1, memutar HD multimedia sekualitas home theatre. Karena untuk mobile

PC, fitur hemat energi juga tetap dikedepankan sehingga tetap memiliki daya tahan batrai yang memuaskan. ATi Mobility Radeon HD 4800 mendukung teknologi ATI CrossFireX, sehingga kinerjanya dapat ditingkatkan hingga 1 tera FLOP. ATi Mobility Radeon HD 4600 menawarkan kinerja dan efisiensi catuan daya yang seimbang, ideal untuk dimanfaatkan pada notebook ringkas dan ringan. ATi Mobility Radeon HD 4300 dan ATi Mobility Radeon HD 4500 memiliki efisiensi daya optimal, untuk dapat memperpanjang daya tahan baterai pada notebook. Graphic controller seri ATI Mobility Radeon HD 4000 ini sudah mulai digunakan pada notebook yang sedang diproduksi oleh beberapa produsen terkemuka. Diharapkan produk jadi dalam bentuk sebuah notebook akan segera tersedia awal tahun ini juga.
Info: www.amd. com

Lenovo IdeaCentre K220, K230 & H200
Lenovo kembali memperkenalkan produk terbarunya dari seri IdeaCentre, yang ditujukan untuk pengguna di rumah, untuk seluruh anggota keluarga. Ada tiga model terbaru Lenovo IdeaCentre yang diperkenalkan. Lenovo IdeaCentre K220 dengan kinerja yang diklaim 16% lebih cepat dibanding desktop PC Lenovo IdeaCentre K210 sebelumnya. Menggunakan processor Intel Core 2 Quad, dan mendukung penggunaan DDR3 dengan kapasitas maksimal 4 GB, Blu-ray drive, dan

Lenovo VeriFace adalah beberapa spesifikasinya. Lenovo IdeaCentre K230 adalah desktop high-end dengan OS Windows Vista 64-bit. Mendukung penggunaan DDR3 memory dengan kapasitas maksimal hingga 8 GB. Ia juga dilengkapi dengan pilihan penggunaan graphic card yang mendukung DirectX 10, dan high definition multimedia. Sedangkan Lenovo IdeaCentre H200 adalah desktop yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Menggunakan processor Intel Atom, dengan rancangan minim kipas pendingin. Tentunya dengan kinerja yang terbatas, sesuai dengan kemampuannya. Namun masih cukup GHz, 1 MB L2 Cache, 800 MHz FSB). Desktop PC dengan OS Windows Vista Home Premium 64bit SP1 ini mampu terpasang dengan memory DDR2 hingga maksimal 4 GB DDR2. Menggunakan chipset nVIDIA GeForce 7100 Chipset dan nForce 630i. Sebuah discrete graphic card nVIDIA GeForce G100 dengan 512 MB juga menambah kinerja untuk kemampuan grafisnya. Sedangkan untuk media penyimpanan, dapat menggunakan sebuah harddisk 640

Tiga model desktop terbaru dari seri Lenovo IdeaCentre

memadai untuk browsing, membaca e-mail, menonton video, dan kebutuhan mendasar lainnya.
Info: www.itechnews.net

Acer Aspire X1700
Acer Aspire X1700 adalah sebuah desktop yang baru diperkenalkan oleh Acer dengan harga yang relatif terjangkau. Model terbaru dari seri Aspire ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kebanyakan pengguna komputer, ataupun untuk di lingkungan bisnis. Spesifikasi yang dimilikinya pun cukup menjanjikan kinerja yang memadai untuk sebagian besar pengguna kebanyakan. Seperti penggunaan processor Intel Pentium Dual-Core Processor E2200 (2.4

GB SATA 7200RPM, ditambah dengan Super Multi Double-Layer DVD±RW drive dengan teknologi disc labeling Labelflash. Masih ditambah dengan sebuah 14-in-One Digital Media Card Reader, ketersediaan 9 port USB 2.0, port HDMI, dan eSATA.
Info: www.engadget.com Harga: Mulai dari US$410

Kinerja grafis notebook akan semakin bertenaga

Desktop Acer dengan harga terjangkau

13 Buku yang akan mengasah kemampuan Anda!
Membangun Aplikasi SMS Gateway di Linux Pelajari teknik-teknik mengirim dan menerima SMS dengan HP, dengan mempergunakan Linux. Dengan demikian, Anda dapat membuat aplikasi SMS Gateway.
+1 CD Rp35.000

PHP 5 dan MySQL 4, Proyek Membuat Blog Banyaknya orang-orang yang keranjingan membuat blog pribadi, tentunya membutuhkan skill khusus untuk itu. Dengan membaca buku ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat blog sendiri.
+1 CD Rp30.000

Edubuntu, Pedoman Praktis Linux Untuk Pendidikan Dapatkan satu-satunya buku yang mengulas tentang distro linux untuk pendidikan. Dengan menggunakan distro Edubuntu, akan mempermudah proses ajar-mengajar dalam dunia pendidikan.
+1 CD Rp40.000

Panduan Praktis Membangun Server Mail, Qmail, dan Squirrelmail Bagi yang ingin mengetahui cara menginstal dan mengonfigurasi server e-mail Qmail, dan webmail Squirrelmail, Anda harus membeli buku ini! +1 CD Rp35.000 +3 CD

Mandriva Linux 2006 Gunakan distro Mandriva Linux 2006, dalam aktivitas sehari-hari di kantor, penggunaan Internet dan multimedia di warnet, kegiatan pendidikan, maupun untuk di rumah. Rp40.000 +1 DVD

Fedora Core 5 Sebuah alternatif distro linux, yang dapat dipilih sebagai aplikasi komputer desktop yang lengkap. Distro ini pun dapat dikonfigurasikan sebagai server jaringan.

Panduan Praktis Debian GNU/Linux 3.1 Setelah membaca buku ini, diharapkan Anda bisa bekerja dengan sistem Debian GNU/Linux, sesuai dengan kebutuhan.

Menguasai PowerPoint 2003 Ungkap tip dan trik menguasai aplikasi ini, untuk membuat presentasi yang menarik, efektif, dan efisien. Temukan rahasianya, dengan membaca buku ini.

Rp45.000

+1 CD

Rp45.000

+1 CD

Rp35.000

Desain 3D, Optimalisasi Fitur Photoshop CS2 Kuasai teknik-teknik membuat objek desain 3D, dengan menggunakan aplikasi Photoshop CS2. Pelajari buku ini, dan Anda akan dapat membuat desain 3D. +1 CD Rp40.000 +1 CD

Desain 3D, Optimalisasi Fitur Corel Draw 12 Praktikkan membuat objek 3D, dengan menggunakan software vektor 2D. Pahami materi buku ini, dan Anda akan mengetahui wawasan baru tentang desain grafis. Rp40.000 +1 CD

Teknik Seleksi Foto Dengan Photoshop CS2, Seri 1 Buku ini mengulas teknikteknik dasar menyeleksi objek, dengan menggunakan beragam tool di Photoshop CS2. Modal awal yang bermanfaat, untuk menghasilkan desain yang menarik. Rp35.000 +1 CD

Teknik Seleksi Foto Dengan Photoshop CS2, Seri 2 Pertajam kemampuan Anda dalam menyeleksi image, untuk membuat objek yang lebih detail, dan lebih kompleks lagi. Rp35.000 +1 CD

HTML 4 Blackbox, Membuka Keajaiban HTML 4 Raih keajaiban dari HTML 4, sehingga Anda dapat menguasai struktur HTML, bagian tubuh HTML, dan sekilas mengenai aplikasi editor kode HTML dan browser. Rp45.000

Informasi & Pesanan Langsung, hubungi :
Prima DR - Unit Layanan Langsung Jl. Ketapang Utara I No.17 Jakarta 11140, Indonesia Telp : 021 –6333507, SMS : 021- 70769466, Fax : 021 – 6336788 E-mail: primadr@dianrakyat.co.id Cara Pemesanan : 1) Sebutkan identitas lengkap (nama, alamat, No.Tlp/Hp) dan Judul Buku. 2) Nilai pesanan Rp. 100.000,- mendapatkan DISKON 10% 3) Setiap pemesanan dikenakan ongkos kirim. 4) Untuk wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang), pembayaran dapar dilakukan ditempat pada saat terima barang. 5) Untuk wilayah LUAR JABODETABEK pembayaran dilakukan dengan transfer via BANK BCA CAPEM KALIMALANG 1, atas nama: PT PUSTAKA PRIMA NUSANTARA, No. Rek: 164 300 54 45. 6) Bukti transfer mohon di fax ke 021 - 6336788.

03/2009

7

Aktual

Hardware

Inilah Definisinya!
API
Application programming interface (API) adalah source code yang digunakan yang disediakan dalam bentuk sebuah library (pustaka) oleh OS, untuk digunakan oleh aplikasi dalam berinteraksi dengan OS.

Kingston SSDNow
Kingston SSDNow yang barubaru ini diperkenalkan, terdiri dari dua pilihan, E series dan M series. Keduanya ditujukan untuk kalangan pengguna yang berbeda. Jika E series ditujukan untuk server di enterprise, sedangkan M series lebih ditujukan untuk kalangan pengguna mobile PC yang ingin meningkatkan kinerja,

GDDR5
Graphics Double Data Rate versi 5 (GDDR5), adalah tipe VRAM (video RAM) adalah penerus dari GDDR4. Namun belum digunakan dalam produk akhir sebuah VGA card. Dengan bandwidth 20 GB/s dengan bus 32-bit per IC. Artinya, untuk konfigurasi 8 IC untuk VRAM 1GB akan menghasilkan bandwidth 160 GB/s dengan bus 256-bit.

jika dibandingkan menggunakan harddisk konvensional. Yang menarik, kedua seri harddisk ini menggunakan SSD dari Intel. Sesuai dengan namanya, M series dari Intel X25-M dan E series dari Intel X25-E SSD. Demikian juga tentunya dengan spesifikasi dan kinerja yang mampu dilakukannya. E series memiliki read speed 250 MB/sec, dan write speed 170 MB/ sec. Sedangkan M series dengan read speed 250 MB/sec, dan write speed 70 MB/sec. Keduanya hadir dengan form factor 2,5 inci dan menggunakan interface SATA 3,0 Gb/sec.
Info: www.kingston. com

Elpida x32-bit 1-Gigabit XDR DRAM
Elpida memperkenalkan chip memory yang diklaim sebagai chip memory DRAM pertama dengan konfigurasi x32-bit, dengan kapasitas 1Gigabit. x32-bit 1-Gigabit XDR DRAM ini memiliki kecepatan mengesankan, dengan 7,2 GHz dengan transfer rate data 28,8 Gigabyte per second, lebih cepat dibanding sebuah chip memory GDDR5 yang ada sekarang. Chip DRAM ini menjanjikan peningkatan kinerja untuk yang membutuhkan bandwidth data yang besar, kinerja yang tinggi, tidak hanya untuk PC, namun juga untuk perangkat game console, perangkat elektronik lainnya. x32-bit 1-Gigabit XDR DRAM dibuat dengan teknologi proses manufaktur 65 nm, dengan tegangan Vdimm 1,5Volt untuk beroperasi. Dibandingkan teknologi terdahulu, dengan menggunakan solusi dua chip x16-bit 512Megabit, x32bit 1-Gigabit XDR DRAM ini dapat menghemat konsumsi energi 35% hingga 40%, selain tentunya menghemat tempat pemasangan chip pada PCB. Rencananya, produk ini akan mulai tersedia sebagai produk akhir di pasar pada bulan April 2009 mendatang.
Info: www.elpida.com

Turut meramaikan pasar SSD, Kingston SSDNow

Lenovo VeriFace
Teknologi pengenalan wajah pengguna dari Lenovo, dengan algoritma mengenal jarak titik-titik tertentu pada wajah penggunanya. Memungkinkan penggunanya dapat menggunakan wajahnya untuk melakukan fungsi logon. Ini merupakan salah satu jenis otentikasi dengan biometri, selain menggunakan sidik jari.

Stealth LPC-650 Mini PC
Stealth sebelumnya juga sudah memperkenalkan produk mini PC. Kali ini kembali memperkenalkan produk terbarunya, Stealth LPC650 Mini PC, masih sama dengan produk terdahulu, berupa sebuah PC ringkas dengan dimensi 166 x 157 x 48 mm atau kurang lebih seukuran lebar sebuah case plastik CD yang ditumpuk. Meski berukuran sangat ringkas, PC berukuran mini dipersenjatai sebuah processor Intel Core 2 Duo dengan chipset Intel 965GM pada northbridge, dan ICH8M pada southbridge. Dengan dukungan koneksi HDMI.

Mini PC yang dibuat menggunakan rangka alumunium yang kokoh ini juga membutuhkan konsumsi daya yang minim, dengan tingkat kebisingan yang juga minim. Membuatnya ideal untuk digunakan sebagai Car PC, sesuai dengan peruntukkan dan kebutuhan penggunanya.
Info: www.stealth.com Harga: Mulai dari US$1.595

DRAM akan lebih cepat dengan kapasitas lebih besar

OCZ Apex SSD
OCZ agaknya cukup agresif untuk menawarkan media penyimpanan berbasis solid state drive (SSD) untuk hampir setiap segmen pasar. Kali ini, produk SSD yang belum lama ini diperkenalkan adalah produk yang ditujukan untuk segmen mid-range,

Read Speed
Kecepatan transfer data, saat melakukan proses read. Pada kebanyakan media penyimpanan, read speed lebih cepat dibandingkan dengan write speed.

Sebuah mini PC terbaru dari Stealth

Rotational Speed
Adalah kecepatan putar dari spindle, biasanya istilah ini digunakan pada komponen dengan mekanisme motor yang berputar. Seperti antara lain fan, harddisk, dan optical drive. Kecepatan putar biasanya dinyatakan dalam satuan RPM (rotation per minute), yaitu jumlah putaran dalam satu menit.

Palit GTX295
Produsennya mengklaim Palit GTX295 sebagai sebuah graphic card dengan dual GPU tercepat yang tersedia di pasaran. Ditenagai dual GPU GTX200, Plait Microsystems menggabungkannya menjadi sebuah solusi single graphic card. Ditujukan untuk kalangan gamer, yang membutuhkan kinerja graphic tercepat, Palit GeForce GTX295 bekerja dengan core clock 576MHz, memory GDDR3 1792 MB yang bekerja dengan memory clock 999 MHz (DDR1 998 MHz).

Dengan graphic card seperti ini, menjanjikan kinerja efek PhysX, Stereoscopic 3D yang mengesankan. Mendukung platform penggunaan PCI-Express 2.0, dan teknologi API Microsoft DirectX 10 Shader Model 4.0. Palit GTX295 akan dapat diandalkan untuk dapat menikmati teknologi PureVideo HD
Info: hardwarezone.com

dengan harga yang masih terbilang menarik juga, dengan kinerja yang memuaskan. SSD seri Apex adalah sebuah SSD dengan form factor 2,5 inci, lebih ditujukan untuk pengguna yang ingin meningkatkan kemampuan kinerja penyimpanan, dibandingkan katakanlah harddisk konvensional pada notebook yang digunakan. Ia memiliki spesifikasi read speed 230 MB/s, dan write speed 160 MB/s. Selain kinerja yang cukup menjanjikan, beberapa teknologi menarik juga tertanam pada SSD ini. Seperti tersedianya controller RAID 0 yang terintegrasi. SSD OCZ Apex ini akan tersedia dengan pilihan kapasitas 60 GB, 120 GB, dan 250 GB.
Info: www.ocztechnology.com

SSD OCZ Apex untuk kalangan mid-range

MSI Wind NetTop D130
Bersamaan dengan tersedianya processor Intel Atom dual core, beberapa produsen netbook dan nettop memperkenalkan produk terbarunya dengan processor dual core ini. Tidak ketinggalan MSI yang cukup dikenal dengan produk netbook MSI Wind. Namun kali ini, MSI Wind D130 yang baru saja diperkenalkan adalah sebuah nettop, sebuah desktop PC dengan ukuran yang terbilang ringkas. Menggunakan processor Intel Atom 330 yang merupakan sebuah processor dual core, dilengkapi dengan memory DDR2 2GB. Cukup menjanjikan kinerja yang memuaskan. Selain itu, MSI Wind D130 memiliki desain yang sederhana, namun tetap menarik, juga memiliki efisiensi yang membantu penghematan energi. Dengan rancangan ini, ia bahkan diklaim

dapat menghemat konsumsi daya listrik hingga 90%.
Info: global.msi.com.tw

Stereoscopic 3D
Gambar ilusi tiga dimensi (3D) yang dihasilkan dengan menggabungkan dua gambar dua dimensi (2D) yang berbeda. Ilusi kedalaman gambar yang menciptakan ilusi 3D, dihasilkan dengan memanipulasi pengolahan gambar pada otak. Streoscopic menampilkan 2 gambar dengan sudut pandang yang berbeda, dengan objek yang sama untuk masing-masing mata. Perbedaan sudut pandang, disamakan dengan perbedaan sudut antara kedua mata.

Write Speed
Kecepatan transfer data, saat melakukan proses write. Pada kebanyakan media penyimpanan, read speed lebih cepat dibandingkan dengan write speed.
Dual GPU GTX200 dari Palit

Nettop dengan processor dual core

8

03/2009

Hardware

Aktual

AMD Phenom II X4 950
Roadmap processor AMD dengan socket AM3, belum lama ini sempat diperlihatkan dengan menyebutkan salah satu model yang akan cukup menarik perhatian. Processor Phenom II X4 950 tidak pernah terlihat pada roadmap sebelumnya. Pada roadmap tersebut, dinyatakan bahwa Phenom II X4 950 adalah processor dengan clock 3,1GHz. Artina 100MHz lebih cepat dibandingkan processor Phenom X2 940 (socket AM2+), dan bahkan processor Phenom II 945 untuk socket AM3. Meski memiliki clock yang lebih tinggi, namun nilai TDP masih

Gigabyte AMD Ultra Durable 3
Seri motherboard terbaru yang mendukung penggunaan processor AMD dengan socket AMD AM3,

AMD dengan clock 3,1GHz

tetap sama, 125 Watt. Processor dibuat dengan proses manufaktur 45 nm ini akan tersedia dalam wak-

tu dekat.
Info: diy.pconline.com.cn

AM2 dari Gigabyte. Dengan beberapa teknologi andalan dari Gigabyte tentunya. Seperti Durable 3 Classic, dengan tambahan lapisan tembaga untuk jalur-jalur catuan daya dan grounding. Dengan semakin lebarnya jalur tersebut pada PCB, dapat menurunkan temperatur saat beroperasi, meningkatkan efisiensi catuan daya dan meningkatkan stabilitas, khususnya bagi pengguna pelaku overclock. Diklaim oleh Gigabyte, ini dapat menurunkan temperatur hingga 50°C dibanding kebanyakan motherboard lainnya. Selain itu, ini juga diklaim dapat menurunkan impedansi 50% lebih rendah, sehingga mengurangi 50% energi yang terbuang. Seri motherboard ini menggunakan chipset-chipset terkini, seperti AMD 790GX, 790X, 780G, dan 770.
Info: www.gigabyte.com.tw

ViewSonic ViePC VPC100
ViewSonic sebelumnya sudah dikenal dengan baik oleh kebanyakan pengguna PC di Indonesia sebagai produsen layar monitor. Namun produk terbaru yang belum lama ini diperkenalkan, ViewSonic ViePC VPC100 adalah sebuah PC, tentunya lengkap dengan monitor LCD. ViewSonic ViePC VPC100 memiliki desain menarik, terintegrasi dengan monitor LCD sehingga sekilas lebih mirip sebuah monitor LCD, apalagi dimensinya yang terbilang tipis, hanya setebal 35 mm. Monitor LCD yang digunakan

Desktop PC dari ViewSonic

Membuatnya cukup ideal baik untuk kebutuhan di perkantoran ataupun bagi pekerja kreatif yang membutuhkan tampilan grafis yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. ViewSonic ViePC VPC100 menggunakan processor Intel Atom 1,6 GHz, dilengkapi dengan RAM 1 GB, harddisk dengan kapasitas 160 GB, dukungan Gigabit Ethernet LAN, 802.11b/g Wi-Fi, webcam 1,3 megapixel, 16x DVD±RW, speaker terintegrasi, dengan OS Microsoft Windows XP Home Edition.
Info: www.viewsonic.com Harga: US$549

Menjanjikan efisiensi catuan daya yang lebih baik

Seagate Cheetah
Belum lama ini, Seagate memperkenalkan dua model terbaru dari seri Seagate Cheetah. Sebuah harddisk form factor 3,5 inci yang diperuntukan untuk kalangan pengguna enterprise. Cheetah 15K.7 dan Cheetah NS.2 adalah dua model harddisk dari Seagate terbaru tersebut, keduanya menggunakan teknologi Power Trim generasi kedua. Sesuai dengan namanya, dengan teknologi ini harddisk dapat dengan secara dinamis menyesuaikan catuan daya yang dibutuhkan sehingga menghemat konsumsi daya, sekaligus meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan. Cheetah 15K.7 memiliki spesifikasi antara lain dengan ketersediaan pilihan interface SAS-2.0 6Gb/s atau FO 4Gb/s, dengan

Harddisk terbaru Seagate Cheetah untuk enterprise

memiliki diagonal 18,5 inci dengan tampilan layar lebar 16:9. yang lalu. Sebuah netbook dengan ukuran ringas, dengan kemampuan kinerja yang memadai untuk aktivitas online sehari-hari dengan penawaran harga yang relatif terjangkau, menjadikannya menjadi pilihan menarik bagi penggunanya. Intel juga terus meningkatkan kemampuan processor Intel Atom yang dikhususkan untuk netbook dan

Processor Intel Atom N280
Produk kategori netbook, khususnya yang menggunakan processor Intel Atom, cukup menjadi fenomena tersendiri di tahun 2008

nettop ini. Dengan menghadirkan processor Intel Atom N280 sebagai kelanjutan processor Intel Atom N270 yang banyak digunakan pada netbook dan nettop terdahulu. Processor Intel Atom N280 tentunya lebih baik dari pendahulunya Intel Atom N270. Spesifikasinya antara lain adalah dengan clock 1,66 GHz dan front side bus 667 MHz. Kabarnya, processor Intel Atom N280 yang ditawarkan dengan kisaran harga antara US$60-65 ini akan mulai digunakan pada netbook terbaru dari Asus, Acer, dan beberapa produsen netbook terkemuka lainnya, yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat.
Info: www.digitimes.com

rotational speed 15.000 RPM, seek time 3,4 ms, dengan cache 16 MB. Tersedia pilihan kapasitas 300 GB, 450 GB, dan 600 GB. Cheetah NS.2 memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Kecuali pada kecepatan spindle 10.000 RPM, mempengaruhi spesifikasi seek time menjadi 3,8ms.
Info: www.seagate.com

ThinkPad Portable Hard Drive
Sebuah harddisk eksternal portabel memang memberikan solusi ideal untuk sebuah media penyimpanan portabel dengan kapasitas yang cukup besar. Namun tanpa perlindungan keamanan data yang memadai, ini akan menjadi suatu celah keamanan yang dapat mem-

bahayakan penggunanya sendiri, jika diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Jika masalah keamanan data yang tersimpan, produk ini dapat menjadi alternatif solusi ideal. Lenovo ThinkPad USB Portable Hard Drive With ini dilengkapi dengan enkripsi 128-bit. Ia bahkan dilengkapi dengan sebuah keypad khusus untuk memasukan nomer kunci, sebelum dapat melakukan proses dekripsi, dan mengakses file yang tersimpan di dalamnya. ThinkPad USB Portable Secure Hard Drive ini akan tersedia dalam pilihan kapasitas 160 GB dengan kisaran harga US$179, dan 320 GB dengan kisaran harga US$219. Ia mampu menyimpan 10 user ID dengan 10 password yang berbeda.
Info: www.nytimes.com

N270 melanjutkan kisah sukses processor Intel Atom

Enkripsi 128-bit, mengamankan data yang tersimpan

03/2009

9

Aktual

Mobile & Komunikasi

Inilah Definisinya!
Blu-Ray
Blu-Ray Disc adalah salah satu format untuk media optical disc, yang kebanyakan digunakan untuk menyimpan high-definition video dan penyimpanan data. Dikembangkan oleh Blu-Ray Disc Association, kelompok yang terdiri dari produsen consumer electronic, PC component hardware, dan industri film. Ukuran fisik tidak berbeda dengan CD ataupun DVD. Dinamakan Blu-Ray, karena menggunakan laser blue-violet untuk proses read dan write. Kapasitas Blu-Ray Disc dual layer dapat menyimpan data hingga 50 GB per keping.

ViewSonic ViePC Netbook
ViewSonic memperkenalkan jajaran produk ViePC, salah satunya adalah dalam bentuk sebuah netbook dengan rasio perbandingan harga dan kinerja yang menarik untuk disimak, khususnya bagi kebanyakan pengguna dengan kebutuhan utama untuk beragam aktivitas saat terhubung dengan Internet. Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai produsen beragam perangkat display, dari monitor CRT, LCD, sampai ke projector. Seperti kebanyakan netbook lainnya, VieBook memiliki ukuran yang ringkas dengan bobot yang ringan. Demikian juga dengan spesifikasi lainnya yang mirip dengan kebanyakan netbook. Seperti penggunaan layar dengan diagonal 10,2 inci. Ia juga mengandalkan processor

Advan VanBook
Merek lokal juga ikut meramaikan pasar netbook. Advan Digital barubaru ini memperkenalkan seri notebook Advan terbaru, Vanbook A Series, melengkapi jajaran produk notebook Advan yang telah hadir sebelumnya, yaitu G Series, G2 Series, dan E Series. Vanbook A Series hadir dengan

dua macam tipe, yaitu A1-N70 dan A1-N70T. Dengan layar 10,2 inci, berat hanya 1,4 kg, dimensi 258 mm x 189 mm x 28 mm. Keduanya dengan processor Intel Atom N270 1,6 Ghz memory 1 GB. Dukungan Wi-Fi untuk koneksi nirkabel juga sudah dimilikinya.
Info: www.advandigital.com Harga: A1-N70T (Rp3.999.000)

Netbook dari ViewSonic

Intel Atom
Processor x86 dari Intel dengan proses teknologi 45 nm. Processor ini secara khusus ditujukan oleh Intel untuk penggunaan pada ultra mobile PC (UMPC) dan Mobile Internet Device (MID).

Intel Atom 1,6 GHz, dilengkapi dengan memory 1 GB, media penyimpanan harddisk dengan kapasitas 160 GB, dukungan LAN, 802.11b/g Wi-Fi, dan Bluetooth. Beragam fasilitas tambahan lain juga mirip dengan kebanyakan netbook. Seperti tersedianya webcam 1,3 megapixel, dan 4-in-1 card reader. Dengan OS Microsoft Windows XP Home Edition, VieBook akan mulai tersedia bulan Februari 2009.
Info: www.viewsonic.com Harga: US$429

Netbook dari Advan

Projector
Projector mengubah sinyal gambar/ video menjadi gambar yang diproyeksikan ke layar, menggunakan sistem lensa. Projector menggunakan sebuah lampu yang sangat terangm untuk dapat memproyeksikan gambar ke layar. Projector modern sudah dapat mengatasi masalah gambar yang tidak jelas, distorsi dari lensa, dan masalah lainnya. Projector banyak digunakan untuk kebutuhan presentasi, penyampaian materi training, untuk kebutuhan home entertainment dan sebagainya.

Dell Inspiron Mini
Inilah dua mobile PC terbaru dari Dell, dengan perbedaan yang tersendiri. Dell Inspiron Mini 9 adalah sebuah netbook yang ditujukan untuk kalangan pelajar. Dengan layar diagonal hampir 9 inci, ia ditawarkan dengan harga terjangkau. Spesifikasi yang ditawarkan antara lain menggunakan processor Intel Atom N270 1,6 GHz, memory 512 MB DDR2 RAM, media penyimpanan 4 GB SSD, 8,9 Glossy LED LCD 1024 x 600, graphic controller terintegrasi Intel GMA 950 Graphics, 4-cell battery, 802.11g Wi-Fi, dan menggunakan sistem operasi Ubuntu 8.04. Sedangkan Dell Inspiron Mini 12 menawarkan sesuatu yang tentunya berbeda. Lebih ditujukan untuk kalangan profesional dengan harga yang masih terjangkau. Spesifikasi yang ditawarkan beragam, sesuai

kebutuhan pengguna. Masih dengan mengandalkan processor Intel Atom, namun dengan model yang lebih bertenaga. Pada Inspiron Mini 12 menggunakan processor Intel Atom Z520, memory 1 GB DDR2 RAM, media penyimpanan dengan harddisk 40 GB, 3-cell battery, layar 12.1” WXGA LCD, dengan graphic controller Intel GMA 500, 802.11g Wi-FI, Bluetooth, webcam, dan sistem operasi Ubuntu.
Info: www.logicbuy.com

ASUS F70
Semakin banyak produsen yang menawarkan notebook bertenaga, dengan layar super lebar. Kali ini, giliran Asus yang baru saja me-

luncurkan notebook Asus F70. Dilengkapi dengan layar diagonal 17,3 inci, ditujukan untuk memanjakan pengguna saat memainkan file-file multimedia. Rancangan yang menarik, dilengkapi dengan tampilan 16:9, ditambah dukungan kualitas audio, membuatnya semakin mumpuni untuk dimanfaatkan menikmati hiburan multimedia. Dilengkapi dengan fitur ASUS Express Gate, memungkinkannya dapat dengan cepat dimanfaatkan untuk terkoneksi dengan Internet. Baik untuk browsing, instan messaging, VoIP dengan Skype, ataupun membuka e-mail. Notebook dengan processor Intel Core 2 Duo ini juga sudah dilengkapi dengan Blu-ray drive.
Info: www.asus.com

Skype
Adalah sebuah program aplikasi termasuk dalam kategori instant messaging. Awalnya lebih difokuskan untuk pengguna yang ingin melakukan komunikasi suara, memungkinkan antarpenggunanya bertelepon via Internet dengan gratis. Feature tambahan lain adalah file transfer dan video conferencing. Skype diakuisisi oleh eBay pada September 2005.

Dengan layar super lebar

Dell Inspiron Mini, dengan dua ukuran layar yang berbeda

MSI X-Slim X320
Jika Anda pikir sebuah notebook dengan ukuran tipis hanya ditawarkan oleh Apple dengan Mac Book Air-nya, kini produsen lainya juga menawarkan rancangan serupa. MSI X-Slim X320 adalah sebuah notebook dengan desain fisik yang sangat tipis, seperti terlihat pada gambar. Untuk bagian layar hanya setebal 6 mm! Notebook tipis ini memiliki layar LED display 16:9 dengan diagonal 13,4 inci, resolusi 1366 x 768, membuatnya juga tampil beda deNotebook tipis dari MSI

HP Mini 2140
Sebelumnya, HP Mini sempat menawarkan sesuatu yang berbeda dengan menawarkan sebuah notebook ringkas, namun menggunakan processor dari VIA. Kini,

HP memperkenalkan jajaran HP Mini terbaru. HP Mini 2140 adalah sebuah netbook dengan layar 10,1 inci, dan kini dipersenjatai oleh processor Intel Atom Processor N270 (1,60 GHz), membuatnya memiliki kesamaan dengan netbook kebanyakan pada penggunaan processor. Spesifikasi yang ditawarkan antara lain menggunakan memory 2 GB DDR2 SDRAM, graphic controller terintegrasi Mobile Intel GMA 950, media penyimpanan harddisk 160 GB, 02.11a/b/g draftn wireless, bluetooth 2.0, webcam.
Info: www.hp.com

ngan kebanyakan notebook yang masih memanfaatkan display LCD. Spesifikasi yang dimilikinya pun juga tidak kalah unik, dan tetap menjanjikan kinerja yang memadai. Seperti penggunaan processor Intel Atom Z520, 2 GB DDR2 RAM, harddisk 160 GB, wireless, bluetooth, 3x ports USB 2.0, media card reader.
Info: globatl.msi.com.tw

Kini dengan processor Intel Atom

10

03/2009

Audio/Video/Foto

Aktual

Canon PowerShot A480
Canon mengganti PowerShot A470 dengan model terbarunya, Canon PowerShot A480, yang didesain ulang dengan pengoperasian yang lebih intuitif. Canon PowerShot A480 menawarkan desain 25% lebih kecil dari pendahulunya. Kamera compact digital Canon ini memberikan susunan tombol yang mudah diraih, dengan tombol zoom, mode, dan playback yang dapat dilihat jelas. Canon PowerShot A480 menggunakan sensor gambar sebesar 10 megapixel untuk menangkap tiap momen dengan detail tajam, dan foto yang dihasilkan dapat dicetak

hingga ukuran A3+. Lensa zoom optikal pada Canon PowerShot A480 besarnya 3.3x, cukup untuk keperluan foto keluarga pada saat liburan. “Jantung” dari Canon PowerShot A480 adalah sensor gambar DIGIC III yang mengedepankan kualitas gambar tinggi, dan level noise rendah, serta fitur Face Detection Technology yang mampu mendeteksi secara otomatis sembilan wajah dalam satu frame serta mengatur fokus, pencahayaan, setting flash dan white balance. Agar foto tetap tajam, fitur Moton detection Technology memanfaatkan informasi gambar untuk mengidentifikasi gerakan subjek dan kamera goyang. Canon PowerShot A480 dapat juga merekam video klip dengan kecepatan 30 fps, dan dapat dilihat melalui layar LCD 2.5 inci pada belakang kamera.
Harga: N/A Info: www.canon.com

Sony Walkman NWZ Series
Sebagai bagian dari berbagai produk baru yang dirilis, Sony mengumumkan jajaran baru seri perangkat musik digital Walkman. Dua buah model Sony Walkman terbaru ini adalah NWZX1000, dan NWZ-W202. Sony Walkman NWZ-X1000 merupakan media player touch screen pertama yang akan berkompetisi langsung dengan Apple iPod Touch, serta Samsung P3. Media player ini diklaim mempunyai kecerahan lebih baik berkat penggunaan layar touch screen OLED 3 inci, dimana lebih kaya warna dan lebih cepat merespons daripada LCD. Sony juga memastikan bahwa Sony Walkman NWZ-X1000 lebih mudah digunakan, karena memiliki hardware side controls yang dapat digunakan sebagai tambahan input menggunakan sentuhan. Seperti kompetitornya, Sony Walkman NWZ-X1000 juga mempunyai

Inilah Definisinya!
AAC
Adalah singkatan dari Advanced Audio Coding, yang merupakan standar format berkas audio terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format populer MP3 dalam bitrate yang sama khususnya pada bit rate di bawah 100 kbit/s. AAC merupakan format yang umum digunakan ketika melakukan kompresi CD audio pada Apple iPod dan iTunes (eksensi .m4a). Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG). Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz atau dua kali MP3, yang hanya 44 Khz.

Sony hadir dengan senjata baru

Kamera saku dengan pengoperasian mudah

jaringan Wi-Fi dengan sebuah web browser, podcast downloading, dan akses YouTube. Sony Walkman NWZ-X1000 mendukung format audio AAC, MP3, WMA dan MPEG-4, H.264, dan WMP untuk video dengan kapasitas 16 GB dan 32 GB. Sedangkan Sony NWZW202 tidak mempunyai layar, karena dibuat langsung dengan satu set earphones, serta menghilangkan kebutuhan akan kabel. Seperti iPod Shuffle, Sony menghilangkan kebutuhan akan layar dengan mengimplemenatasikan kontrol untuk playback semi-random.
Harga: N/A Info: www.sonystyle.com

Ethernet
Merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs, di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972. Asal Ethernet bermula dari sebuah pengembangan WAN di University of Hawaii pada akhir tahun 1960, yang dikenal dengan nama “ALOHA”.

Format Baru SDXC
Sejak kali pertama diperkenalkan, format secure digital telah mengalami banyak perkembangan. Format perkembangan dari Multimedia Card (MMC), telah berkembang menjadi format SDHC dengan kapasitas lebih dari 2 GB. Kapasitas SDHC saat ini yang paling besar adalah 32 GB, dan kapasitas yang lebih besar lagi sedang dikembangkan. Hasilnya adalah Secure Digital eXtended Capacity (SDXC), yang sempat diperkenalkan pada ajang CES. Kartu SDXC secarateori mempunyai kapasitas maksimum 2 TB, dan kecepatan read/ write maksimum 300 MB/sec. Rencananya, SDXC pertama yang akan dirilis ke pasar akan hadir pada kuartal pertama

2009, tapi generasi pertama ini hanya memiliki transfer rate 104 MB/sec. SDXC merupakan kartu memory dengan kapasitas raksasa, mampu menyimpan 4000 gambar format RAW, dan 17.000 foto dengan format JPEG tinggi. Kapasitas besar SDXC digabungkan dengan sistem file exFAT, yang mampu meningkatkan waktu perekaman video, dan mereduksi waktu start-up untuk keperluan fotografi. Diharapkan format SDXC akan segera menyebar dari berbagai produsen, seperti SanDisk, Kingston, dan Lexar.
Harga: N/A Info: www. dailytech.com

Olympus SP-590UZ
Dengan lensa optikal zoom panjang, 26-676 mm, 10 fps pemotretan sequential dan CCD 12 megapixel, Olympus SP-590UZ bukanlah kamera saku sembarangan. Bagi Anda yang sebelumnya telah menggunakan kamera digital Olympus Ultra Zoom dapat meningkatkan rentang panjang lensa sampai dengan 130x, dengan menggunakan TCON-17N Teleconverter. Teleconverter ini dapat disandingkan dengan CLA-11 Adaptor Ring untuk menghasilkan rentang lensa hingga 1149 mm. Sebagai

tambahan, zoom digital 5x dapat digunakan untuk menghasilkan total pembesara 130x atau sama dengan 3380 mm. Untuk berbagai kondisi pemotretan, Olympus SP-590UZ dilengkapi dengan 18 modus pemotretan, mulai dari full manual hingga pilihan otomatis penuh. Fitur Advanced face detection Technology dapat mengidentifikasi sampai dengan 16 subjek manusia pada sebuah foto secara otomatis. Olympus SP-590UZ kompatibel dengan kartu memory xD-Picture Card dan microSD, dan rencananya akan dijual pada bulan Maret 2009.
Harga: N/A Info: www.olympus.com

OLED
Organic Light-Emitting Diode atau dioda cahaya organik adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm. Teknologi OLED ditemukan oleh ilmuwan perusahaan Eastman Kodak, Dr. Ching W. Tang, pada tahun 1979. OLED diciptakan sebagai teknologi alternatif yang mampu mengungguli generasi tampilan layar sebelumnya, tampilan kristal cair (Liquid Crystal Display atau LCD). OLED terus dikembangkan, dan diaplikasikan ke dalam peranti teknologi tampilan.

Kapasitas besar, dengan kecepatan transfer tinggi

Sanyo PLC-XF71
Sanyo mengumumkan akan merilis apa yang mereka klaim sebagai proyektor paling terang di kelasnya, yaitu Sanyo PLC-XF71. Sanyo mengatakan proyektor Sanyo PLCXF71 memiliki dua buah lampu dan kecerahan 10.000 lumens, serta resolusi 1024 x 768 pixel, dan rasio kontras 3000:1. Agar membuat output lampu menyala bersamaan, Sanyo menggu-

nakan sistem tiga cermin yang pada saat bersamaan akan mengurangi kesalahan penampilan warna. Fitur Durable Inorganic Optical System yang dikembangkan Sanyo memiliki rasio aspek professinal 4:3, serta mempunyai komponen optikal antiultraviolet yang membuat sistem optikal dapat bekerja lebih lama. Sanyo mengatakan, kecerahan tinggi pada Sanyo PLC-XF71sangat ideal untuk digunakan pada lingkungan yang tingkat kecerahannya tinggi, seperti auditorium besar atau ruangan rapat kantor. Sanyo PLCXF71 mempunyai lima koneksi BNC untuk DVI, VGA, dan Svideo. Sebuah port USB juga dihadirkan, serta tidak ketinggalan jack Ethernet untuk koneksi sistem kontrol eksternal.
Harga: US$16.995 Info: www.sanyo.com

Kamera compact dengan rentang lensa luar biasa panjang

RED iPod
Hari valentine yang jatuh pada bulan Februari ini dapat semakin semarak, dengan hadirnya edisi spesial iPod, yaitu RED iPod. RED iPod telah beredar di Indonesia, dan iPod berwarna merah ini dijual untuk mendukung perang melawan

AIDS di Afrika. Untuk lengkapnya, Anda dapat membuka situs Global Fund to fight AIDS di www.joinred.com. Untuk pasar Indonesia, kita dapat membeli produk terbatas Apple ini secara online di www.store.apple.com/id. Selain RED iPod, Apple juga menjual iTunes Gift Cards yang juga berwarna merah. Sebagian penjualan produk terbatas Apple ini akan disumbangkan untuk penelitian melawan AIDS di Afrika.
Harga: N/A Info: www.joinred.com

Touch Screen
Atau layar sentuh atau adalah layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer. Touch screen sering dipakai pada kios informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit, serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistim touch screen tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan, dan ada juga kit touch screen lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada.

Lengkap, harganya terlalu mahal

Mendengarkan musik sambil menyumbang

03/2009

11

Aktual

Gadget

Inilah Definisinya!
AAA
Baterai berukuran panjang 44,5 mm dan diameter 10,5 mm dan memiliki berat sekitar 11,5 gram. Baterai alkalin ukuran ini memiliki tegangan 1,5 volt dan kuat arus dari 900 sampai 1.155 Ampere. Baterai AAA juga memiliki kode lainnya seperti LR03 (IEC), 24A (ANSI/NEDA), R03, MN2400, AM4, UM4, HP16, atau mikro. Baterai berukuran AAA umum digunakan dalam alat elektronik kecil seperti remote control, pemutar MP3 dan kamera digital.

Buffalo Speaker
Bosan dengan bentuk sebuah speaker yang membosankan. Tidak jika Anda mempertimbangkan produk yang satu ini. Speaker mungil ini berbentuk kepala kerbau jantan, lengkap dengan tanduknya. Bagian mata dan tanduk dilengkapi dengan LED yang akan menyala saat beroperasi. Dilengkapi dengan rechargeable

battery Li-ion yang terintegrasi, dan diklaim dapat beroperasi non-stop selama lebih dari dua jam, dengan kapasitas baterai penuh. Produk dengan dimensi 100 x 95 x 45 mm dan berat 65 g ini cukup mungil dan ringan. Ia memang tidak menjanjikan reproduksi suara yang mengesankan. Namun setidaknya, untuk pengguna PC yang ingin tampil beda, dapat mempertimbangkan produk ini.
Info: www.gadget4all.com Harga: US$14

MSI BK100 Keyboard
Pengguna gadget seperti PDA phone ataupun ponsel, tentunya sudah merasakan kesulitan yang dihadapi saat menggunakan keyboard kecil yang tersedia. Sehebat apapun desain yang ditawarkan produsen, belum dapat membuat penggunanya mendapatkan kenyamanan menggunakan keyboard seperti pada PC notebook ataupun desktop. Dengan produk ini, hal tersebut dapat teratasi. Sebuah keyboard lipat dengan interface Bluetooth ini dapat

dijadikan sebuah alternatif pilihan yang menarik. Keyboard dengan dimensi 285 x 98 x 12 mm dan berat 184 kg, dengan catuan daya menggunakan 2 buah baterai AAA. Bahkan tersedia tempat khusus untuk meletakkan ponsel dengan sudut pandang yang ergonomis. Memiliki kompatibilitas dengan beragam OS ponsel, yaitu Palm Smart Phone dan PDA OS versi 5.0, Microsoft Smartphone 2003 OS, Pocket PC 2003, Mobile phone edition 2003, Windowsi Mobile 5, Windowsi Mobile 6, Symbian Smartphone User Interface series 60, dan UIQ OS.
Info: usb.brando.com.hk Harga: US$54

Electrostatic Discharge
Arus listrik bersifat sementara dan tiba-tiba yang mengalir di antara dua objek pada potensial yang berbeda. Istilah ini biasa dipakai di dunia elektronik untuk menggambarkan arus tidak diinginkan yang bisa merusak perangkat elektronik. Salah satu contoh electrostatic discharge adalah percikan listrik.

Li-ion
Baterai Lithium-ion, atau disingkat Liion, adalah salah satu dari tipe baterai rechargeable. Lithium-ion bergerak dari anoda (kutub positif) ke katoda (kutub negatif) saat digunakan. Dan Lithium-ion agak bergerak kembali dari katoda ke anoda saat dilakukan proses charging. Baterai jenis ini banyak digunakan pada consumer electronic. Kepopuleran baterai ini dikarenakan beberapa alasan, seperti baterai jenis ini portable, dengan ratio energi banding berat yang baik, minim memory effect, dan lain sebagainya.
Keyboard lipat nirkabel untuk ponsel

Speaker mungil berbentuk unik

Verbatim Store ‘n’ Go Micro
Produsen yang satu ini lebih dikenal para pengguna PC sebagai penghasil ragam media penyimpanan, mulai dari disket, hingga keping CD maupun DVD. Produk yang baru saja diperkenalkan juga masih masuk dalam kategori media penyimpanan. Verbatim Store ‘n’ Go Micro adalah sebuah USB flash disk (UFD). Tersedia dengan 3 pilihan ka-

Symbian
Sebuah operating sytem yang dibuat khusus untuk perangkat mobile, yang terasosiasi dengan beberapa library, tampilan grafik, dan berbagai macam tool. Aplikasi ini diproduksi oleh Symbian Ltd. Symbian bukan OS ponsel yang gratis. Tapi biasanya sudah disertakan pada paket ponsel-ponsel merk tertentu. Pada perkembangannya, Symbian memfokuskan diri pada urusan koneksi tanpa kabel atau wireless.

pasitas, mulai dari 2 GB dengan harga sekitar US$20, 4 GB dengan harga sekitar US$30, dan 8 GB dengan harga sekitar US$50. Masing-masing kapasitas dengan pilihan warna yang berbeda, oranye untuk kapasitas 2 GB, hijau untuk pilihan kapasitas 4 GB, dan ungu untuk pilihan kapasitas 8 GB. Ukurannya mungil dengan dimensi 31 x 13 x 2 mm, dengan berat hanya sekitar 2 gram. Menggunakan teknologi system-inpackage (SIP), membuat rangkaian elektronik produk terbungkus rapat dan aman ini terlindungi dari gangguan karena cipratan air, debu, goncangan, dan electrostatic discharge (ESD).
Info: www.verbatim.com

Segon Turbo Flash Drive
Sebuah gantungan kunci dapat menjadi sesuatu hal yang unik, dan pada beberapa contoh juga mencerminkan setidaknya hobi dari pemilik gantungan kunci tersebut. Kreativitas kadang bisa membuatnya

semakin menarik. Sebuah gantungan kunci dari bekas SIM card, sampai sebuah RAM bekas yang sudah tidak terpakai adalah beberapa contohnya yang terkadang pernah terlihat. Namun yang ditawarkan produk ini berbeda. Bukan sekedar hiasan, ini adalah sebuah USB flash disk (UFD) dengan bentuk seperti keping RAM. Interface USB dengan desain slide, tersembunyi dengan rapi sehingga bentuknya benarbenar semakin mirip dengan keping RAM. Tersedia pilihan kapasitas 2 GB ditawarkan dengan kisaran harga US$12, dan 4 GB ditawarkan dengan kisaran harga US$40. Ia juga dilengkapi dengan fitur dan utilitas yang menarik. Selain memungkinkan untuk dipartisi, tersedia utilitas seperti Boot Manager, PC Lock Manager, Security Folder.
Info: usb.brando.com.hk

UFD dari Verbatim

UFD dengan bentuk mirip keping RAM

UIQ
Dulu dikenal sebagai User Interface Quartz dan dikembangkan oleh UIQ Technology. UIQ adalah platform software yang didasari oleh Symbian OS. Secara khusus, UIQ adalah lapisan GUI yang menyediakan komponen tambahan ke dalam core Symbian. Hal ini bertujuan agar pengembangan aplikasi ponsel bisa diperluas lagi melalui pihak ketiga.

SanDisk Ultra Backup
Selama ini, kebanyakan media penyimpanan eksternal, dengan fungsi sekaligus sebagai media backup kebanyakan. Biasanya berupa sebuah harddisk eksternal, lengkap dengan sebuah tombol khusus untuk fungsi backup, sehingga memudahkan penggunanya. Kini SanDisk, produsen media penyimpanan berbasis flash disk ternama, menawarkan sesuatu yang berbeda. Dengan menawarkan sebuah media backup berbasis USB flash disk, lengkap dengan sebuah tombol khusus untuk fungsi backup. Diklaim sebagai produk backup

berbasis USB flash disk pertama di dunia. SanDisk Ultra Backup juga memiliki kapasitas yang cukup besar, tersedia pilihan dari 8 GB hingga kapasitas terbesar 64 GB. Wajar mengingat fungsinya yang juga ditujukan untuk menampung backup data. Untuk keamanan data yang tersimpan juga terjamin. SanDissk menggunakan dua lapis pengaman, menggunakan access control dan enkripsi hardware AES. Kisaran harga yang ditawarkan antara US$40 hingga US$200, tergantung dari kapasitasnya
Info: www.onstorage.com

Pena Multifungsi
Sebuah pena sekaligus pensil ataupun pena sekaligus berfungsi sebagai sebuah USB flash disk drive (UFD), bukan lagi hal baru. Namun sebuah pena multifungsi dengan begitu banyak fungis seperti produk kali ini, cukup menarik untuk disimak. Produk ini memiliki fungsi sebagai Video Audio Recorder, MP3 player, USB flash disk, dan tentunya sebagai sebuah pena untuk menulis. Sebuah kamera dengan ukuran sangat kecil tersedia pada pena ini, seperti terlihat pada gambar. Mampu merekam video ber-

warna dengan resolusi 352 x 288 dalam format AVI. Tersedia port jack untuk audio, jika memfungsikannya sebagai sebuah MP3 player. Beberapa tombol kendali layaknya MP3 player juga tersedia. Hanya saja kurang sebuah layar display untuk memudahkan navigasi saat memilih lagu yang ingin diputar. USB flash disk tersembunyi di bagian atas, memiliki kapasitas 4 GB.
Info: usb.brando.com.hk Harga: US$59

Backup data dengan UFD SanDisk Ultra Backup

Pena yang dapat berfungsi sebagai UFD, MP3 player, dan video recorder

12

03/2009

Game

Aktual

Alan Wake
Game thriller ini didukung dengan aksi laga dan lingkungan yang begitu nyata untuk melibatkan emosi pemain, dan memberi efek psikologis. Berawal dari kehidupan Alan Wake, seorang penulis novel horor populer, pada saat-saat tertentu, Ia memimpikan hal-hal aneh yang akhirnya digunakan sebagai materi tulisannya. Buku tersebut merupakan sukses besar. Namun, sejumlah peristiwa mulai terjadi. Tunangan Wake, Alice hilang tanpa jejak secara mengejutkan. Wake mulai

kehilangan semangat menulisnya, disusul dengan berhentinya mimpi yang menjadi sumber inspirasinya. Wake mulai menderita insomnia, dan mencari pengobatan untuk kondisinya ke sebuah klinik lokal. Ajaibnya, pegawai wanita yang bekerja di klinik ini memiliki kemiripan yang aneh dengan Alice. Setelah menerima perawatan, mimpi-mimpi buruk itu datang kembali dengan lebih mengerikan. Wake mulai menulis lagi, tetapi dia merasakan sesuatu yang ganjil sedang terjadi. Suasana kota mulai berubah menyerupai kondisi dalam buku barunya. Pria-pria berkerudung hitam yang mengikuti mimpinya. Tiba-tiba muncul dalam kenyataan. Kini Wake harus bertarung untuk menyelamatkan dirinya, sekaligus mencoba mengetahui apa yang sedang terjadi.
Spesifikasi Minimum: N/A Harga: $49.99 Genre: Action Info: www.alanwake.com

Heist
Mengambil setting San Fransisco, California pada tahun 1969, inti game unik ini adalah simulasi kejahatan dengan Anda sebagai pemimpin yang bertugas mengendalikan sebuah komplotan penjahat kelas kakap dengan kemampuan yang berbeda-beda. Secara teknis, Heist adalah sebuah game perampokan bank yang membutuhkan kekuatan dan dipenuhi aksi kekerasan. Anda adalah Johny, sang pemimpin yang juga merupakan karakter utama. Dengan berbagai cara, pemain berusaha untuk mendapatkan alat-alat yang lebih canggih untuk menembus bank yang sulit. Sementara bermain, Anda harus merencanakan terlebih dahulu langkah-langkah perampokan, dan seberapa banyak aksi yang akan ditunjukkan. Fokus game di sini bukanlah membunuh, namun lebih ke pada pengumKomplotan penjahat kawakan siap beraksi

pulan informasi dan menggunakannya untuk mencapai tujuan akhir game, yaitu merampok San Fransisco Mint. Anda akan menghabiskan waktu untuk menjaga ketiga anggota komplotan yang terdiri dari bermacam keahlian, seperti pembobol sistem keamanan, jagoan dengan tenaga fisik yang kuat, dan supir. Jangan lupa untuk menghindari kamera keamanan dan membobol sistem dengan waktu yang telah diperkirakan sehingga Anda punya cukup waktu untuk melarikan diri.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 2.8 GHz or equivalent, Memory 1 GB, Video Memory 128 Mb, DirectX Harga: $39.99 Genre: Action Info: www.codemasters.com/heist

Inilah Definisinya!
Flight Simulator
Sistem yang berupaya menduplikasi dan menyimulasikan cara kerja atau pengoperasian pesawat serealistis mungkin. Pada awalnya digunakan sebagai latihan bagi calon pilot, sebelum menerbangkan pesawat sesungguhnya. Kemudian pada era modern diangkat menjadi tema game dimana pemain berperan sebagai pilot. Sudut pandang kamera biasanya akan mengambil bagian dalam (kokpit) pesawat lengkap dengan panel kontrolnya.

Gangster
Istilah gangster berawal dari kata gang yang merujuk pada sekumpulan orang yang membangun organisasi, formasi, dan memiliki ciri atau visi yang khas sebagai identitas kelompok mereka. Biasanya digunakan untuk kumpulan organisasi kriminal. Sedangkan gangster itu sendiri adalah para kriminal yang merupakan anggota dari organisasi tersebut. Pada umumnya dihubungkan juga dengan mafia.

Menyelidiki keganjilan dari mimpi yang menjadi nyata

Microsoft Train Simulator 2
Microsoft Train Simulator 2 kali pertama diumumkan pada awal 2007, dan dijadwalkan untuk dirilis pada akhir kuartal 2009. Game ini merupakan penerus dari game Microsoft Train Simulator. Dikembangkan oleh ACES Studios (Microsoft Game Studios), yang juga dikenal dengan seri game Microsoft Flight Simulatorsnya. Game ini juga akan menggunakan mesin grafis Microsoft Flight Simulator X yang telah dimodifikasi. Game yang menyimulasikan pengoperasian kereta api ini akan memiliki empat rute yang sedang dibuat untuk memiliki tingkat detail yang tinggi, yaitu Horseshoe Curve (USA route), Stevens Pass (USA route), BLS Lötschbergbahn (EuBaik kereta maupun kondisi sekitarnya dibuat dengan ketepatan detail tinggi

rope route), dan Deutsche Bahn Cologne-Duisburg (Europe route). Pimpinan tim desainer game ini telah mengumumkan bahwa Microsoft Train Simulator ini direncanakan untuk kompatibel dengan kedua sistem operasi dari Microsoft yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu Windows XP dan Windows Vista. Dari demo yang ditampilkan oleh Microsoft, terlihat bahwa area game akan sangat luas mencakupi seluruh planet, serupa dengan game Flight Simulators. Memainkan game ini seolah perjalanan keliling dunia, dengan Anda sebagai masinisnya.
Spesifikasi Minimum: N/A Harga: $39.99 Genre: Simulator Info: www.tsinsider.com

Watchmen: The End is Nigh
Watchmen: The End is Nigh adalah seri video game yang akan dibuat episode sebagai prequel dari film adaptasi yang akan dirilis pada bulan yang sama. Game dan film diangkat dari novel terkenal Watchmen besutan Alan Moore, dan Dave Gibbons. Game ini akan mengambil setting pada tahun 1970-an. Namun sedikit sekali mengenai plot yang diketahui. Anda dapat memilih karakter Rorschach atau Nite Owl II, yaitu karakter yang mampu dimainkan

pada episode pertama game yang terdiri dari enam chapter. Potonganpotongan scene akan terlihat seperti animasi panel komik. Pengisi suara kedua karakter ini adalah aktor dalam film aslinya, yaitu Patrick Wilson dan Jackie Earl Haley. Game akan menggabungkan campuran gameplay dengan aksi jotosjotosan, dan sejumlah teka-teki yang harus dipecahkan. Kedua karakter memiliki kemampuan yang berbeda dimana Rorschach lebih cepat, namun lebih lemah. Senjatanya berupa improvisasi benda-benda sederhana, seperti linggis dan kursi. Nite Owl adalah karakter yang lebih lambat namun kuat, dan memiliki kemampuan berbasis teknologi seperti bom.
Spesifikasi Minimum: N/A Harga: N/A Genre: Action Info: www.deadline.dk/do/ gameOverview?cId=3168690

Insomnia
Salah satu jenis gangguan tidur yang memiliki karakteristik penderita susah tidur, tidak mampu menutup mata atau mengistirahatkan pikiran dalam jangka waktu lama. Gangguan ini disebabkan oleh berbagai hal, misalnya obat psikotropika, hormon, gangguan mental, kondisi medis, parasomnia, parasit, dan sebagainya.

Microsoft Flight Simulator X
Atau lebih dikenal dengan nama sederhana FSX adalah versi teranyar dari seri game populer Microsoft Flight Simulator. Memiliki kompatibilitas dengan Windows Vista, dan merupakan seri pertama dari seri Flight Simulator yang dirilis dalam bentuk DVD-ROM. Secara resmi game ini dirilis ke pasaran pada Oktober 2006. Game ini mencakup 28 kota dan 40 airport, yang keseluruhannya dirancang dengan sangat detail dengan 18 pilihan pesawat yang berbeda.

Pertarungan seru Rorschach yang secepat kilat melawan musuh

2 Days to Vegas
Anda berada dalam masalah besar. Anda baru saja keluar dari penjara Rickers setelah menghabiskan tiga tahun mendekam di dalamnya. Kini impian Anda satu-satunya hanyalah menjalani hidup Anda dengan tenang di luar sana, dan menjumpai kekasih yang telah lama terpisah. Namun sayangnya semua tidak berjalan sesuai rencana, ketika adik Anda tanpa sengaja telah menjerumuskan dirinya ke dalam masalah yang berakibat fatal. Kini Anda terpaksa harus terjun kembali ke dalam dunia gangster yang tidak

di jalan raya. Setting game ini dibangun dengan mengambil lokasi beberapa kota besar di USA dalam periode waktu 48 jam, sesuai dengan nama game. Bagi Anda penggemar game action, game ini telah mencakup segalanya, alur cerita yang menarik mengenai kehidupan gangster era masa kini, dikombinasikan dengan aksi jalanan yang menegangkan. Pengembangan game ini telah dimulai sejak tahun 2003, dan direncanakan untuk dirilis dalam waktu dekat.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 3.2 GHz, Memory 1 GB, Video Memory 256 Mb, DirectX Harga: $ 49.99 Genre: Action Adventure Info: www.steelmonkeys.com/en/projects/2dtv_ game

Thriller
Merupakan salah satu jenis genre yang mencakup banyak bidang, seperti karya tulis, film, televisi, dan game yang kadang dibagi lagi menjadi beberapa subgenre. Karakterisasi thriller dikenal dengan iramanya yang cepat, aksi laga yang sering dan tokoh utama yang seringkali digambarkan tidak berdaya menghadapi musuh yang bersenjata lebih lengkap, dan memiliki keahlian mematikan. Biasanya dihubungkan dengan kisahkisah misteri, pembunuhan, horor dengan setting latar belakang yang eksotis, seperti kota kota asing, padang pasir, atau di tengah laut.

Visualisasi grafis kota yang sangat realistis

mengenal ampun. Mengambil sudut pandang orang ketiga dalam game penuh laga dan

petualangan ini, keseluruhan gameplay akan dipenuhi dengan aksi seru kejar-kejaran dan tabrak-menabrak

03/2009

13

Aktual

Freeware

Inilah Definisinya!
Hotkey
Atau shortcuts adalah tombol-tombol keyboard yang dikombinasikan dan telah diatur untuk melakukan fungsi tertentu.

Sublight 1.0.0
Acara televisi ataupun film dinikmati oleh berbagai bangsa, yang tentunya berbeda bahasa. Untuk dapat dimengerti oleh penontonnya, maka digunakanlah subtitle yang dapat menerjemahkan arti dari bahasa yang digunakan pada tayangan TV/film tersebut. Untuk acara TV/film yang diperoleh dari Internet, biasanya belum dengan subtitile sehingga harus dilengkapi secara terpisah. Bagi Anda pencinta

Hotspot
Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti Internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasilokasi dimana hotspot disediakan. Pada umumnya, hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.

hiburan berupa acara televisi ataupun film, dapat menggunakan aplikasi Sublight guna mendapatkan subtitle tersebut dalam berbagai bahasa. Aplikasi ini dapat melakukan pencarian acara televisi ataupun film dalam berbagai bahasa. Sublight akan menarik data subtitle dari beberapa database subtitle yang terkenal sehingga user tidak perlu lagi melakukan pencarian secara individual atau terpisah satu per satu. Interface yang dimiliki Sublight mudah digunakan user untuk pencarian secara manual ataupun otomatis. Pastikan sistem operasi Anda telah mendukung Framework .Net minimal versi 2, sebelum menggunakan aplikasi ini.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,81 MB Download: www.subtitles-on.net

Freebyte Task Scheduler

Disertakan di CD edisi 03/2009 Pencarian subtitle acara televisi dan film dengan mudah

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti tidak terlepas dari kegiatan rutinitas. Untuk memudahkan pengerjaannya agar teratur dan tepat waktu, dibuatlah sebuah jadwal. Sama halnya dengan proses berulang Harga: Gratis yang dikerjakan oleh komputer perlu Ukuran File: 219 KB kita buat otomatis, dan dijalankan Download: www.freebyte.com/download/ terjadwal secara periodik dalam fbtaskscheduler.zip waktu yang ditentukan. Salah satu Disertakan di CD edisi 03/2009 aplikasi yang dapat digunakan oleh Anda untuk tujuan tersebut adalah Freebyte Task Scheduler. Anda dapat menentukan kapan dan aplikasi apa yang berjalan pada waktu yang spesifik, dan kurun waktu tertentu. Aplikasi ini memiliki fungsi yang bermanfaat apabila dikombinasikan dengan Melakukan penjadwalan proses aplikasi berjalan otomatis software backup seperti freebyte

backup, disk fragmenter, virus scanner, dan utilitas maintenance system lainnya yang secara reguler berjalan. Aplikasi ini mendukung OS Windows 95/98/ME/NT/2000/XP. Anda tidak perlu melakukan instalasi, dan tidak membutuhkan file dll apapun untuk dapat menjalankannya, hanya perlu melakukan copy file .exe ke dalam direktori pilihan tentunya.

URL Blocker 1.0
Bagi Anda yang tidak dapat mengontrol diri dari penggunaan Internet di saat browsing suatu website, dapat memanfaatkan aplikasi yang melakukan blocking terhadap website tersebut pada waktu yang ditelah ditentukan oleh kita ataupun dalam hitungan waktu (berapa jam dan berapa menit lagi). Salah satu aplikasi yang dapat melakukan hal tersebut dikenal dengan nama URL Blocker. Aplikasi ini dapat juga efektif digunakan bagi komputer yang digunakan oleh banyak user sehingga si pemilik PC dapat melakukan pembatasan sejauh mana website boleh dikunjungi dan mana yang tidak, terlebih jika user masih di bawah umur. Blocking website tidak dapat dielakkan oleh

Mouseover
Event yang terjadi jika user meletakkan pointer mouse di atas objek. Sebagai contoh, Anda meletakan pointer mouse di atas suatu link, maka alamat URL link tersebut tampil di dalam baris status.

user dan tidak dapat dinonaktifkan, kecuali dengan melakukan uninstall aplikasi. Untuk keamanan, tentunya aplikasi ini dilengkapi dengan password untuk menghindari yang tanpa tidak memiliki wewenang dapat mengaksesnya. Aplikasi ini diperuntukkan bagi semua komputer berbasis Windows. Tidak seperti pada aplikasi lainnya, efek dari aturan blocking secara otomatis berpengaruh juga kepada kedua browser yang digunakan oleh kebanyakan user, antara lain Internet Explorer dan Firefox.
Harga: Gratis Ukuran File: 386 KB Download: www. computerhelp.com/ freeprograms/URLBlocker-Setup.exe

MemoryLifter 2.1.1
Seberapa baikkah ingatan Anda? Untuk dapat meningkatkan daya ingat, perlu latihan dan pembelajaraan yang rutin. Tentunya juga tidak mengesampingkan kebutuhan fisik seperti kebutuhan gizi yang cukup untuk nutrisi otak. Terdapat berbagai cara bagi tiap masing-masing individu dalam mengupayakan daya

Outlook
Sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari Microsoft Office suite. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca e-mail, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.

ingat mereka terhadap sesuatu dapat bertahan lama ataupun memasukkan sesuatu yang baru ke dalamnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi yang dikenal dengan MemoryLifter. Aplikasi ini merupakan software multimedia edukasi dimana Anda dapat dengan mudah menghasilkan virtual flash card dengan teks, suara, gambar, dan video sendiri. Tersedia fasilitas tracking pada aplikasi ini, guna melihat kemajuan dari daya ingat Anda. Anda pun dapat memperoleh modul pembelajaran siap pakai berisikan topik bahasa, seni, sosial, ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dari official website-nya, yaitu www.memorylifter. comm. MemoryLifter menggunakan system letiiner’s box yang merupakan sebuah teknik pembelajaran scientific, guna meningkatkan daya ingat jangka panjang.
Harga: Gratis Ukuran File: 16,18 MB Download: www.memorylifter.com/fileadmin/ program/MLifter211Setup.exe

Disertakan di CD edisi 03/2009 Blocking website dalam jangka waktu yang spesifik

Meningkatkan daya ingat lebih baik dan bertahan lama

Disertakan di CD edisi 03/2009

Wysigot Light 6.1
Website-website yang banyak dikunjungi oleh user biasanya sering melakukan update terhadap kontennya, terlebih jika website tersebut tergolong dalam kategori berita. Terkadang user lebih suka menyimpannya terlebih dahulu agar dapat dibaca secara offline dan mem-browsing kembali, jika terdapat perubahan dilakukan penyimpanan kembali. Hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan apabila menggunakan aplikasi berupa offline/online browser yang dapat meng-capture perubahan pada website, memonitor Internet, dan dokumen-dokumen network (LAN). Aplikasi ini memiliki fungsi optional, yaitu menampilkan alert/tanda terhadap perubahan yang terdeteksi. Aplikasi ini menyediakan beberapa
Mengenali update konten terbaru pada sebuah website dengan mudah

Proxy
Software / komputer yang berfungsi sebagai perantara antara client dan server dalam jaringan komputer. Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer client. Web server pada Internet yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer client, bukan dari proxy server.

tool untuk meng-capture, updating dan comparing data yang tersimpan, seperti halnya pada fungsi pencarian umumnya. Anda dapat menjadwalkan seara otomatis update tiap dokumen/ website, men-setting alarm bagi halaman tertentu, dan dapat ditandai dengan highlight jika menemui perubahan atau update konten. Berbagai konten pada web tersimpan oleh Wysigot Light sehingga Anda dapat menampilkannya secara offline. Adapun fitur tambahan dari aplikasi ini, antara lain annotasi, safe mode (exclude ActiveX, Java), dan lain sebagainya.
Harga: Gratis Ukuran File: 2,24 MB Download: www.wysigot.com/wysigotinstall.exe

Portable Tor
Browsing melalui aplikasi proxy merupakan salah satu cara untuk browsing anonymously pada lokasi publik seperti pada hotspot, perpustakaan, komputer sekolah, dan terminal umum. Salah satu aplikasi yang dapat melakukan hal tersebut adalah Tor. Beberapa dari Anda mungkin telah menggunakannya. Bagi Anda yang kurang menyukai instalasi aplikasi Tor, kini telah dapat menggunakan versi portable-nya yang tidak me-

PST
Personal Storage Table (.pst) merupakan file yang digunakan untuk penyimpanan local copy dari pesan email, event kalender, dan item lainnya oleh software buatan Microsoft, seperti Microsoft Exchange client, Windows messaging, dan Microsoft Outlook.

merlukan instalasi sehingga dapat ditempatkan pada USB drive dan dikenal standalone atau portable tentunya. Aplikasi ini sebenarnya merupakan gabungan dari Tor-GUI Vidalia dan proxy server privoxy. Secara otomatis, kedua aplikasi tersebut berjalan di dalam Portable Tor, dan Anda akan terkoneksi dengan jaringan Tor. Sebelum menggunakannya, yang perlu Anda pastikan adalah proxy konfigurasi web browser yang digunakan, yaitu 127.0.0.1:8118. Melalui proxy itulah traffic aktivitas browsing Anda akan dikirimkan ke sebuah privacy-producing trip, melalui banyak layer yang terdapat pada jaringan Tor.
Harga: Gratis Ukuran File: 7,8 MB Download: portabletor. sourceforge.net

Disertakan di CD edisi 03/2009

Disertakan di CD edisi 03/2009 Browsing anonymously melalui network Tor

14

03/2009

Freeware

Aktual

Ultimate Windows Tweaker 1.0b
Untuk meningkatkan performa dan menyesuaikan konfigurasi sistem, perlu dilakukan tweaking. Usahakan melakukan tweaking dengan menggunakan aplikasi, untuk menghindari kerusakan pada sistem. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Ultimate Windows Tweaker. Aplikasi ini merupakan aplikasi tweakui-style yang memampukan Anda untuk melakukan tweaking, dan meng-custom sejumlah settingan Vista yang bervariasi. Aplikasi ini termasuk dalam aplikasi standalone sehingga Anda tidak perlu melakukan instalasi, dengan kata lain dapat langsung dijalankan.

Selain standalone, aplikasi ini juga menawarkan interface sederhana yang mengelompokan tweak-tweak yang tersedia, serta menawarkan mouseover hint untuk menampilkan info lebih jelasnya. Dengan aplikasi ini, Anda dapat meng-custom personal desktop, menyesuaikan security setting, tweak performa sistem, customize setting Internet Explorer, dan lain-lainnya.

Di antara beberapa fitur tersebut, tersimpan sebuah option unik di dalamnya, antara lain option yang dapat dipilih oleh Anda untuk menambahkan checkbox pada setiap file yang tampil di Windows Explorer sehingga tidak perlu menekan tombol CTRL untuk melakukan seleksi banyak file. Ingat, sebelum melakukan tweaking ada baiknya Anda backup dulu data-data penting.
Harga: Gratis Ukuran File: 143 KB Download: www. winvistaclub.com/ download/Ultimate%20Wi ndows%20Tweaker.zip

CodeTwo PST Ghostbuster
Pernahkah Anda menemui file .pst Outlook tampil dua kali pada folder tree? Dalam beberapa kasus, hal tersebut dapat saja terjadi. Nah, yang jadi pertanyaan bagaimana mengatasinya? Ketika Anda berusaha menghapusnya secara manual salah satu file tersebut dari profile, tampillah pesan error yang membuat Anda tidak dapat melanjutkannya, karena pertimbangan akan hilangnya profile

Disertakan di CD edisi 03/2009 Tweaking Windows dengan aman

tersebut. Tanpa takut kehilangan profile, Anda dapat melakukannya dengan cara lain, yaitu melalui penggunaan aplikasi yang dikenal dengan nama CodeTwo PST Ghostbuster. Aplikasi inilah yang memampukan Anda untuk mengatasi masalah pada Outlook yang dapat mengakibatkan sebuah file .pst tampil dua kali dalam folder tree Outlook, dengan melakukan penghapusan terhadap entri yang terduplikasi tersebut. Melalui penggunaan aplikasi ini, Anda dapat menghapus file .pst yang terduplikasi dengan aman, tanpa merusak setting-an ataupun data yang telah ada. Untuk mengatasi pesan error tersebut, Anda kini dapat dengan mudah menggunakan tombol repair. Tiap kali Anda menghapus file .pst yang terduplikasi pada profile, aplikasi ini memodifikasi registri sistem.
Harga: Gratis Ukuran File: 0,3 MB Download: www.codetwo.com/downloads/ PSTGhostbuster.exe

ASC 6.9.1
Kata shortcut, umumnya sudah tidak asing lagi didengar oleh user. Penggunan shortcut banyak diminati user, terutama para desainer. Seiring berjalannya waktu, banyak aplikasi yang mendukung pengembangan

shortcut, salah satunya adalah Advanced Shortcuts Composer. Aplikasi ini dapat membuat shortcut dengan tambahan untuk memaksimalkan penggunaan dari shortcut itu sendiri. Aplikasi ini melakukan patching terhadap shortcut yang telah ada sesuai level proritas yang dikehendaki. Dengan Advanced Shortcuts Composer, Anda dapat membuat shortcut untuk menjalankan aplikasi dengan sebuah pre-defined destination, prioritas, dan hotkey keyboard untuk mengaktifkannya.
Membuat shortcut disertai dengan level prioritas yang dikehendaki

Penggunannya cukup sederhana, pertama Anda perlu menyeleksi destination di mana shortcut aplikasi akan dibuat atau ditempatkan, apakah pada desktop, IE Favorite, Sen to context menu, start menu, start menu programs atau Windows startup. Selanjutnya, Anda tentukan aplikasi yang terkait dengan shortcut, level prioritas jalannya aplikasi (low, below normal, above normal, high, realtime), dan kombinasi hotkey yang dimaksudkan untuk mengaktifkan shortcut melalui keyboad.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,62 MB Download: www.freebyte.gr/advancedshortcuts composer.zip

Mengatasi file .pst yang terduplikasi pada Outlook

Disertakan di CD edisi 03/2009

SMath Studio Desktop 0.75
Penerapan ilmu matematika tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Akan lebih baik lagi apabila didukung dengan aplikasi, karena dengan penggunaan aplikasi matematika, penulisan dari rumusan matematika akan terlihat sempurna, dan tepat dalam menghasilkan perhitungan. Berbagai pilihan aplikasi matematika yang dapat digunakan, dan salah satu aplikasi matematika yang menarik karena memiliki interface serupa dengan lembaran kertas dan memiliki fitur penghitungan yang banyak adalah SMath Studio Desktop. Aplikasi ini telah dikembangkan sehingga saat ini buku referensi matematika telah terintegrasi di dalamnya. Terdapat beberapa fitur dari SMat yang perlu diketahui oleh user, di antaranya pembuatan 2D

dan 3D plot, kalkulasi numerik dan simbolis, matriks, vektor, bilangan dan lainnya, pengeksporan data ke dalam bentuk format file HTML, tracking history, ukuran dan jumlah worksheet yang tak terbatas, dan lain sebagainya. Aplikasi ini membutuhkan .Net Framework minimal versi 2 untuk dapat dijalankan pada OS. Oleh karena itu, pastikan sistem Anda telah memilikinya sebelum menjalankannya.
Harga: Gratis Ukuran File: 642 KB Download: http://smath.info/?file=738301

Disertakan di CD edisi 03/2009

Anki 0.9.5
Seberapa baik Anda dapat mengingat sesuatu? Tanpa adanya review terjadwal akan sesuatu yang telah kita ingat atau pelajari sebelumnya, kemungkinan kita dapat lupa. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan review dengan mudah melalui penggunaan software yang dikenal dengan nama Anki. Aplikasi ini merupakan sebuah SRS (Spaced repetition system) yang dapat membantu anda untuk melakukan penjadwalan review akan sesuatu hal yang telah pelajari sebe-

lumnya dengan cara yang jenius sehingga Anda dapat mempelajari banyak informasi dengan sedikit usaha. Review dilakukan terjadwal sehingga pertanyaan yang disajikan tidak akan ditampilkan terus menerus. Melalui aplikasi ini, Anda dapat menyertakan gambar, suara,

dan flexible model fact/card. Layaknya serupa dengan sebuah html editor yang digunakan untuk menghasilkan bentuk pertanyaan yang dikenal dengan istilah “card”. Anda pun dapat menambahkan plugin di dalamnya yang dapat dilihat di http://ichi2.net/anki/wiki/Plugins. Anki mendukung platform Windows, Mac, dan Linux.
Harga: Gratis Ukuran File: 20,9 MB Download: http://ichi2.net/anki/ download/index.html

Disertakan di CD edisi 03/2009

Perhitungan rumusan matematik dengan mudah dan tepat

Disertakan di CD edisi 03/2009 Mengusahakan review akan sesuatu yang telah diingat dengan aplikasi SRS

VirusTotal Uploader
User harus terus waspada terhadap serangan program berbahaya, salah satunya virus. Untuk menghadapi serangan virus diperlukan aplikasi antivirus yang mampu menyajikan update database dengan cepat guna pendeteksian awal ataupun pemulihan setelah mendapati serangan tersebut. Banyak sekali produk antivirus beredar di pasaran, mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Salah satu tool antivirus sederhana dan bekerja online dalam melakukan scanning dan pendeteksian file yang dicurigai merupakan virus adalah VirusTotal Uploader. Aplikasi ini menggunakan 39 aplikasi antivirus yag berbeda dalam

Pernyataan CD
Penggantian CD
Bila mendapatkan CD yang rusak saat pembelian, silakan hubungi redaksi PC Mild di Gedung Warta Lt. 4, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430. Telp: (021) 315-3731 ext. 127131. Fax: (021) 315-3732. E-mail: pcmild@pcmedia.co.id. Untuk yang berdomisili di Jakarta, kami sarankan datang langsung ke redaksi dengan membuat perjanjian terlebih dahulu. Pelanggan yang berada di luar Jakarta, silakan kirim CD yang rusak ke alamat di atas. Cantumkan alamat lengkap serta nomor telepon Anda. Batas pengembalian CD minimal dua minggu setelah kami menerima CD Anda. mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan program tersebut, silakan kunjungi website pembuat program atau membaca file Help yang biasanya sudah disertakan masing-masing program.

melakukan scanning online, dan sayangnya hanya terbatas pada pemprosesan satu per satu file saja yang terkoneksi ke database online secara langsung . File yang terseleksi di klik kanan, kemudian send to -> virustotal, dan selanjutnya dilakukan proses upload. Dengan adanya aplikasi ini, bukan berarti Anda langsung berpindah haluan menjadikannya sebagai pengganti applikasi antivirus yang telah digunakan, dan perlu diingat bahwa aplikasi ini tidak menawarkan proteksi permanen.
Harga: Gratis Ukuran File: 80 KB Download: www.virustotal. com/metodos.html

Bebas Virus Dukungan Teknis
PC Mild tidak memberikan dukungan teknis atau panduan terhadap program yang ada di dalam CD. Jika memiliki masalah atau ingin CD PC Mild sudah melalui proses pemeriksaan virus yang terpercaya dan bebas dari bentuk malware lain seperti spyware, adware, dan lain-lain.

Disertakan di CD edisi 03/2009 Scanning file yang dicurigai malware melalui koneksi Internet online

03/2009

15

Aktual

Patch/Security Update

Inilah Definisinya!
GPU
Perangkat yang secara khusus ditugaskan hanya untuk mengolah tampilan graphics. Pada graphics card add-on, yang dimaksud dengan GPU adalah chip graphics-nya yang kita kenal dengan nama GeForce, Radeon, dan lainnya. Sedangkan pada solusi integrated graphics, GPU-nya biasanya tidak berupa chip tersendiri karena sudah diintegrasikan ke dalam chipset motherboard. Istilah GPU sendiri dipopulerkan oleh chip graphics buatan NVIDIA, yaitu GeForce 256. Sebelum ada istilah GPU, chip-chip tersebut lebih dikenal dengan 2D accelerator, atau 3D accelerator.

nVIDIA PhysX 9.09.0010
Bagi para pencinta game dan tentunya termasuk pengguna kartu grafis nVIDIA pasti tidak asing dengan aplikasi yang dikenal dengan nVIDIA PhysX. Aplikasi inilah yang digunakan untuk akselerasi hardware. Kini, nVIDIA PhysX tampil kembali dengan versi terbarunya, yaitu 9.09.0010, tentunya dengan membawa penambahan fitur ataupun perbaikan dari versi sebelumnya. Beberapa hal yang yang menjadi perhatian khusus dalam versi terbarunya kali ini antara lain mengatasi isu tentang SDK runtime PhysX dengan konfigurasi multiGPU dalam hybrid environment, peningkatan performa PhysX pada beberapa game yang menggunakan produk Geforce GTX 285 dan gtx 295, perbaikan sistem crash di saat PhysX diaktifkan pada beberapa sistem yang menjalankan EA’s Mirrors edge, runtime upgrade bagi user pengguna Ageia PhysX processor, dan mendukung akselerasi pada semua kartu grafis Geforce 8-series,

9series dan 200series gpus, dengan besar minimum memory kartu grafis 256 MB. Perlu diperhatikan bagi user pengguna Ageia Physic Processor untuk melakukan instalasi versi lama dari physic terlebih dahulu, yaitu 8.09.04, sebelum instalasi versi terbaru dari physic karena di dalam versi terbaru ini hanya menyertakan upgrade saja.
Spesifikasi Minimum: Windows XP Ukuran File: 34,4 MB Nama file: PhysX_9.09.0010_SystemSoftware.exe Nama Pembuat: nVIDIA Download: http://us.download.nvidia. com/Windows/9.09.0010/PhysX_9.09.0010_ SystemSoftware.exe

TCP-Z V2.4.0.46
Salah satu tool monitoring network dan TCP/IP auto patcher yang powerful dan memiliki interface yang bagus adalah TCP-Z. Aplikasi ini menyajikan patch bagi koneksi TCP/ IP default, yaitu berupa memory patcher.

Disertakan di CD edisi 03/2009

Memory patcher inilah yang melakukan patch tcp.sys dalam memory sistem yang aman dan mudah diterapkan, serta bereaksi tanpa perlu melakukan restart PC. Aplikasi ini juga mendukung berbagai OS Windows, termasuk di dalamnya Windows 7 beta yang memiliki file tcpip.sys versi 6.1.7000.0 (winmain_ win7beta.081212-1400). TCP-Z telah merilis versi terbarunya, yaitu 2.4 build 20090108 yang secara penuh telah mendukung Wndows 7 beta (32-bit dan 64-bit). Secara default, limit half connection TCP/IP yang terbuka bernilai 10. Dengan adanya patch inilah limit tersebut dapat dimodifikasi, p2p networking dapat ditingkatkan/dioptimasi seperti halnya bt speed, serta dapat menghindari atau memperbaiki terjadinya event id 4226 pada sistem.
Spesifikasi Minimum: Windows XP SP2 Ukuran File: 649 KB Nama file: TCPZ_20090108.zip Nama Pembuat: deepxw#126.com Download: http://soft3.wmzhe.com/download/ deepxw/TCPZ_20090108.zip

Metadata
Data mengenai data. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan.

Memodifikasi limit half connection TCP/IP yang terbuka Upgrade runtime Ageia Physx

Disertakan di CD edisi 03/2009

Windows Vista KB958687
Di awal tahun 2009 ini, Microsoft telah merilis kembali sebuah security update baru untuk Windows Vista. Patch tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki masalah kelemahan SMB yang dapat memperbolehkan terjadinya remote code execution. SMB inilah merupakan network protocol dari file sharing Windows. Banyak celah yang dimanfaatkan, dan salah satunya yang sering menjadi incaran adalah SMB. Bukan

Remote Code Execution
Suatu teknik dalam hacking yang memungkinkan seorang mengeksekusi sembarang code di sebuah komputer korban yang terbuka. Terbuka dikarenakan adanya celah di aplikasi, service, atau sistem operasi yang digunakan. Berikut ini celah atau kelemahan programming yang sangat umum terjadi antara lain: Buffer Overflow, Integer Overflow, Error Format String, SQL injection, File Inclussion dan Cross Site Scripting (XSS).

kabar yang asing didengar lagi tentang SMB, karena telah tampil dalam banyak update di sepanjang tahun demi tahun, dan hal ini cukup mengecewakan mendengarnya kembali lagi di awal tahun ini. Segera lakukan update untuk membuat OS Windows Anda terproteksi. Usai instalasi update, segera lakukan restart sistem untuk mendapati sistem telah terproteksi. Tidak cukup puas dengan info singkat tadi, Anda dapat memperoleh info selengkapnya pada official website Microsoft, dengan melakukan pencarian knowledge base article KB958687.
Spesifikasi Minimum: Windows Vista Ukuran File: 0,4 MB Nama file: Windows6.0-KB958687-x86.msu Nama Pembuat: Microsoft Download: http://tinyurl.com/c597ov

Mirrors Edge Patch 1.01
Salah satu game first person action adventure yang dikembangkan, dan dirilis oleh EA Digitial illusions CE (DICE) di tahun ini adalah Mirror Edge. Game ini dirilis versi Windows-nya tepat pada Januari tahun ini. Game ini memperkenalkan sosok pahlawan yang dikenal dengan nama Faith, seorang pelarian/buronan yang berada dalam dunia dimana saluran komunikasi termonitor sangat ketat, dan pergerakan manusia sangatlah dipantau. Faith menemukan dirinya berada pada sisi kota dan di sisi hukum yang salah, di saat saudara perempuannya dituduh atas pembunuhan yang tidak dia perbuat. Usahanya dalam memperbaiki
Perbaikan atas isu freezing saat PhysX diaktifkan

nama baik saudaranya tersebut berisiko, banyak rintangan, dan bahaya yang mengancam nyawa. Belum lama dirilis, game ini telah menghadirkan patch versi terbarunya, yaitu 1.01. Patch ini merupakan patch pertama dari game Mirror Edge, yang dimaksudkan untuk perbaikan isu atas freezing yang potential pada beberapa mesin, di saat PhysX diaktifkan.
Spesifikasi Minimum: Windows XP, Pentium 4 2.4 GHz, RAM 1 GB, dan VGA GeForce 6 256 MB Ukuran File: 18,80 MB Nama File: mirrors_edge_patch_101.exe Nama Pembuat : EA DICE Download: www.fileshack.com/file.x/13541/ Mirrors+Edge+Patch+1.01

Disertakan di CD edisi 03/2009

Disertakan di CD edisi 03/2009 Perbaikan atas kelemahan SMB yang memampukan seseorang melakukan remote execution code

SMB
Server Message Block adalah istilah yang mengacu kepada protokol client/ server yang ditujukan sebagai layanan untuk file sharing di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam Microsoft Windows dan IBM OS/2. Sistem operasi berbasis UNIX juga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat lunak yang disebut dengan SAMBA. Protokol SMB ditemukan oleh Dr. Barry Feignbaum dari Laboratorium Boca Raton milik IBM. Protokol itu selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh 3Com Corporation, IBM, Intel, dan Microsoft pada pertengahan dekade 1980 hingga akhir dekade tersebut. SMB awalnya menggunakan protokol NetBIOS sebagai protokol di mana ia berjalan, sebelum menggunakan protokol NetBIOS over TCP/IP (NBT) sebagai protokol lapisan transport-nya. Dengan begitu, SMB juga dapat digunakan dalam sebuah jaringan TCP/IP yang lebih luas dukungannya.

Patch MP3 di Windows 7
Microsoft belum lama ini telah mempublikasikan produk OS barunya, yaitu Windows 7. Tidak berbeda dari pendahulunya, OS ini masih ditemui bugs. Patch yang dikenal dengan kb961367 inilah yang merupakan patch pertama dari Windows 7, dirilis pada bulan Januari. Bug yang terdapat pada Windows 7 ini terkait dengan pembacaan metadata file mp3 yang teredit sehingga terjadi respond corruption flaw. Hal tersebut terjadi apabila melakukan import file mp3 pada media center ataupun media player ataupun metadata yang teredit dalam banyak cara. Metadata dapat diedit melalui Windows Explorer, Windows Media Center, dan Windows Media Player.

Yang termasuk dalam tag metadata file mp3 antara lain album art dikenal juga sebagai thumbnail, nama artis, nama album, track, dan beberapa tag lainnya. Lakukan instalasi update ini untuk mengatasi permasalahan, sebelum Anda mempergunakan file mp3 pada OS Windows 7.
Spesifikasi Minimum: Windows 7 Ukuran File: 1,9 MB Nama file: Windows6.1-KB961367-x86.msu Nama Pembuat : Microsot Download: http://tinyurl.com/cqemmo

Serangan Potensial QuickTime 7
QuickTime merupakan satu media player yang cukup populer digunakan, baik oleh pengguna sistem Windows ataupun Mac OS. Dengan banyaknya aplikasi ini digunakan, menjadikannya sebagai target/incaran sasaran dari para cyber crime. Baru-baru ini, telah didapati lagi kelemahan yang ada pada QuickTime oleh security resercher. Kelemahan tersebut memampukan seseorang melakukan serangan yang mengakibatkan buffer overflow, dan dapat membiarkan eksekusi code arbitrary pada sistem user. Serangan potensial terjadi melalui file movie, avi, qtvr movie, ataupun rtsp url. Security researcher Secunia menegaskan bahwa kelemahan ini cukup berisiko tinggi. Kelemahan ini hanya berdampak bagi user yang menggunakan QuickTime 7 OS Windows, dan Mac OS X. Menanggapi kelemahan tersebut, Apple menyarankan user untuk meng-update versi QuickTime ke versi 7.6. Ada baiknya melakukan update, sebelum terkena serangan. Bagi Anda yang memiliki kondisi serupa, diharapkan meng-update QuickTime sesegera mungkin. (internetnews.com)
Ancaman terhadap Buffer overflow dan eksekusi kode arbitrary

Disertakan di CD edisi 03/2009

Mengatasi respond corruption flaw pada metadata file mp3

16

03/2009

Blog

Aktual

Hacked Gadget
Penggemar gadget sejati tentu tak akan merasa puas hanya dengan mengoleksi benda–benda elektronik yang dirancang untuk memiliki fungsionalitas khusus ini. Kepuasan seorang gadget mania hanya bisa diraih, bila dia mampu merancang dan menciptakan atau paling tidak merakit gadget sendiri. Berbeda dengan merakit PC yang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mengikuti aturan dan petunjuk perakitan dari beberapa hardware yang kompatibel satu sama lain, Anda bisa merakit sebuah gadget yang terdiri dari beberapa perangkat elektronik dengan fungsionalitas yang berbeda. Menyatukan berbagai perangkat tersebut menjadi sebuah sistem de-

RFID Today
Anda pasti pernah menonton film cowboy, bukan? Betapa susahnya dua orang penunggang kuda menggiring ratusan bahkan ribuan sapi ternak dari kandang ke padang rumput, dan sebaliknya setiap hari. Bagaimana
Menciptakan dan merakit gadget sendiri

ngan fungsionalitas baru, itulah yang dibahas dalam blog Hacked Gadget. Blog ini tidak menjadikan gadgetgadget mutakhir keluaran pabrik sebagai bahasan utamanya, melainkan bagaimana menciptakan gadget baru lengkap dengan panduan perakitannya. Bagaimana, tertarik untuk merakit gadget sendiri?
Info: http://hackedgadgets.com

mereka memastikan tidak ada seekor sapi pun yang keluar dari rombongan atau tertukar? Dunia penggembala sapi yang keras seperti digambarkan dalam film-film bertema wild west tersebut ternyata melahirkan sebuah teknologi pendataan dan pengidentifikasian digital, memanfaatkan gelombang radio, yang kelak dikenal dengan nama RFID. Penasaran dengan teknologi ini? Blog RFID Today hadir dengan informasi ringan seputar implementasi teknologi pengindentifikasian digital ini. Kelak semua hal yang berkaitan dengan identitas, seperti KTP, SIM, paspor, bahkan kartu kredit akan dilengkapi dengan teknologi ini. Hmm... dulu digunakan oleh sapi, sekarang oleh manusia.
Info: http://rfidtoday.blogspot.com

Inilah Definisinya!
Microchip
Potongan kecil silikon wafer yang berisi ribuan komponen rangkaian elektronik berukuran mikro. Komponen-komponen elektronik tersebut terdiri atas transistor yang memuat fungsi-fungsi elektronik tertentu.

RDF
Resource Description Framework. Keluarga spesifikasi W3C yang didesain untuk merepresentasikan informasi tentang data melalui web, terutama untuk merepresentasikan metadata (data tentang data) mengenai suatu dokumen web. Sebagai contoh, RDF dapat merepresentasikan title, author, modification date, copyright serta informasi mengenai license.

Identifikasi digital dengan RFID

Banana Book
Beruntunglah kita yang hidup di wilayah tropis seputar khatulistiwa, karena setiap hari sepanjang tahun bisa menyantap beraneka jenis pisang. Jenis-jenis pisang seperti pisang ambon, pisang raja, pisang kepok, atau yang sedikit bergengsi: pisang cavendish, dapat dengan mudah kita temukan di pasar-pasar buah tradisional. Tapi tahukah Anda bahwa dalam satu atau dua dekade lagi, orangorang yang tinggal di bagian utara

khatulistiwa mungkin tidak dapat lagi mengecap manisnya buah pisang, khususnya pisang cavendish. Panama Disease, nama penyakit yang menyerang pohon cavendish, diperkirakan akan melenyapkan pisang jenis ini. Blog Banana Book menghadirkan berita seputar pisang, khususnya cavendish, ditinjau dari berbagai sudut pandang, mulai pisang sebagai santapan yang bergizi, bagian dari kebudayaan masyarakat tertentu, hingga penentu kebijakan sebuah negara. Ternyata, pisang tak sesederhana yang kita bayangkan, ya?
Info: www.bananabook.org

Ajax Blog
Meski bukan satu-satunya pendekatan dalam Web 2.0, popularitas Ajax sebagai salah satu konsep dalam menciptakan aplikasi berbasis web semakin menanjak. Hampir di setiap website dan blog yang membahas Web 2.0, memberikan tempat khusus bagi Ajax. Tidak heran bila banyak yang menyamakan antara Ajax dan Web 2.0. Popularitas memang tidak datang begitu saja. Konsep open source yang

ditawarkan Ajax adalah kata kunci di balik kesuksesannya. Ingin tahu lebih banyak soal perpaduan JavaScript dan XML dalam menciptakan aplikasi berbasis web ini? Bila ya, arahkan web browser Anda ke blog Ajax Blog. Blog ini menyajikan tutorial, tip dan trik, dan howto membangun sebuah aplikasi online menggunakan Ajax. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan contoh script dari beberapa aplikasi Ajax populer di sini. Bukankah belajar dari script yang telah ada jauh lebih mudah ketimbang memulai menulis dari kertas kosong?
Info: www.ajaxblog.com

RFID
Radio Frequency Identification. Teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk mengidentifikasi manusia atau objek secara otomatis. Metode yang paling sering digunakan adalah untuk menyimpan serial number yang menunjukkan identitas seseorang atau benda, pada sebuah microchip yang disertakan pada antena (chip dan antena adalah RFID transponder atau sebuah tag RFID). Melalui antena, chip mentransmisikan informasi identifikasi kepada reader. Kemudian reader mengubah pantulan gelombang radio dari tag RFID kedalam informasi digital yang dapat dilewati pada komputer yang akan menggunakannya.

RSS
Rich Site Summary (RSS 0.91), RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0), Really Simple Syndication (RSS 2.0.0) adalah keluarga format file XML untuk web syndication yang digunakan oleh website berita dan blog. RSS digunakan untuk menyediakan informasi singkat dari konten sebuah website atau blog beserta link yang merujuk kepada konten seutuhnya

Meninjau pisang dari berbagai aspek dan sudut pandang

Museum of Hoaxes
Lagi-lagi tentang hoax alias berita palsu yang dikemas seolah-olah ilmiah, benar-benar terjadi, dengan tujuan untuk menipu para pembacanya. Berbeda dengan e-mail scam yang bertujuan ekonomis, hoax biasanya sengaja diciptakan untuk membuat geger atau bahkan kekacauan di tengah-tengah masyarakat. Bila dulu hoax beredar dari mulut ke mulut, kini berita palsu tersebut

menggunakan kendaraan yang lebih cepat dan efektif, yakni SMS dan email. Meski sudah banyak beredar, ada saja orang yang percaya dan termakan isu-isu yang disebarkan melalui SMS dan e-mail ini. Blog Museum of Hoaxes mendokumentasikan ratusan berita palsu tersebut mulai pertengahan 2002 hingga sekarang. Tidak hanya berupa tulisan dan foto, blog ini juga memuat hoax-hoax yang dikemas dalam format video, yang sebagian di antaranya disebarluaskan melalui website video sharing YouTube.
Info: www.museumofhoaxes.com

Tutorial dan contoh script Ajax

Sebarkan Info Keuangan Palsu, Blogger Korsel Dihukum
Masih ingat dengan kasus penyebaran rumor bank di Indonesia yang sedang kesulitan likuiditas di Indonesia baru-baru ini? Kasus tersebut berujung ditangkapnya penyebar informasi, karena meresahkan nasabah dan merosotnya harga saham bank bersangkutan. Kali ini, kasus serupa menimpa blogger Korea Selatan. Blogger dengan nama pena “Minerva” asal Korsel kini tengah dituntut atas dakwaan menyebarkan informasi keuangan palsu di blog-nya, yang mengakibatkan merosotnya nilai tukar won terhadap dollar AS. Blogger tersebut kini menghadapi tuntutan 5 tahun penjara atau denda sampai dengan 50 juta won. Sejak krisis finansial yang melanda AS dan dunia pada akhir tahun lalu, tampaknya berita seputar masalah keuangan menjadi sangat sensitif, karena menyangkut hajat hidup orang banyak dalam sebuah negara. Kesimpulannya, hati-hatilah bila ingin mem-posting informasi keuangan di blog Anda. [Info: http:// news.yahoo.com]

XML
Extensible Markup Language. Format universal untuk dokumen terstruktur dan data pada web. XML adalah standar yang direkomedasikan oleh W3C. Sebagai bahasa yang terbuka untuk merepresentasikan data, XML menjadi bahasa yang digunakan secara umum untuk berbagai keperluan. Berbeda dengan HTML, XML ditujukan semata-mata untuk merepresentasikan data dan tidak berisi perintah bagaimana data tersebut ditampilkan. Saat ini, telah banyak fasilitas/layanan di Internet yang ditulis dengan standar XML, antara lain RDF, RSS, MathML, XSIL, dan SVG.

Dokumentasi tulisan, foto, dan video hoax

03/2009

17

Aktual

Bookmark

Inilah Definisinya!
C
Bahasa pemrograman yang memungkinkan programmer mengembangkan sistem program sesuai dengan keinginan dan caranya sendiri. Hal ini lakukan karena bahasa C tidak mempunyai terlalu banyak aturan seperti bahasa pemrograman lainnya. Bahasa C khususnya dipakai untuk pembuatan program di bawah operating system UNIX.

Howto Forge
Anda pasti mengenal atau minimal pernah mendengar website SourceForge, gudang penyimpanan (repository) terbesar untuk source code aplikasi open source di dunia maya. Istilah forge, yang secara harfiah berarti bengkel pandai besi, kemudian dikenal sebagai sebuah platform kerja sama (collaborative platform). Demikian pula dengan website Howto Forge. Website ini berisi howto dan tutorial Linux, yang merupakan operating system berbasis platform ker-

C#
(Dibaca C-sharp) bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .Net Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasabahasa pemrograman lainnya, seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar.

ja sama. Selain itu, isi website ini pun merupakan hasil kerja sama para anggotanya yang ingin berbagi pengalaman menggunakan OS berlogo penguin ini. Di sini, Anda bisa memperoleh segala hal yang berkaitan dengan Linux. Howto dan tutorial yang disediakan mencakup pemilihan distro hingga administrasi server. Website ini juga membuka kesempatan bagi Anda untuk berbagi howto dengan cara mengirimkannya kepada administrator website. Linux besar dari berbagi (sharing), dan akan tetap mengedepannya sharing di antara penggunanya.
Info: www.howtoforge.com

Planet Photoshop
Bila mengetikkan kata kunci “Photoshop tutorial” di Google, Anda akan mendapatkan lebih lebih dari 1 juta 9 ratus ribu halaman sebagai hasilnya. Meneliti satu per satu link yang tampil tentu bukan pilihan yang bijak. Paling-paling Anda akan mencoba beberapa link di halamanhalaman awal. Website Planet Photoshop berusaha menyortir jutaan halaman web tersebut, kemudian menyajikan yang

terbaik di antara mereka. Di website ini, selain tutorial, Anda dapat menemukan link-link yang mengarah pada website lain yang menyajikan informasi lain tentang Photoshop, misalnya seminar, pelatihan, sertfikasi, majalah, dan lain-lain. Selain itu, website ini juga menyediakan forum untuk mewadahi para pengguna aplikasi image editing ini untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Jika Anda sedang mencari komunitas Photoshop di dunia maya, Planet Photoshop bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif.
Info: www.planetphotoshop.com

Repository howto dan tutorial Linux

The Hotfix
“Tak ada gading yang tak retak”, demikian ujar pepatah. Apa pun yang ada di dunia ini pasti memiliki kelemahan, termasuk di dalamnya software dan hardware. Berterimakasihlah pada hacker dan cracker yang memanfaatkan kelemahan tersebut, sehingga kita tahu bagian mana dari software dan hardware yang harus dibenahi. Bagi yang peduli dengan celahcelah keamanan ini dan ingin mengetahui berita terbaru seputar

C++
Bahasa object-oriented programming yang dipandang oleh banyak orang sebagai bahasa terbaik untuk membuat aplikasi skala-besar. C++ memayungi bahasa C. Sebuah bahasa pemograman terkait, Java, berbasis pada C++ tapi dioptimasi untuk distribusi objek program dalam network seperti Internet. Java relatif lebih sederhana dan mudah untuk dipelajari daripada C++, dan memiliki karakteristik yang lebih menguntungkan daripada C++.

penemuan dan penambalan celah tersebut, arahkan saja web browser Anda ke website The Hotfix. Website ini menyajikan berita-berita terhangat seputar patch dan update untuk software dan hardware komputer. Anda juga dapat mengikuti perkembangan operating system dan aplikasi-aplikasi baru seperti Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bila memiliki koneksi Internet yang stabil, Anda dapat men-download patch software-software terbaru tersebut dari link yang disediakan.
Info: www.thehotfix.net

Menyortir jutaan halaman web tutorial Photoshop

Behind The Name
Penyair Inggris dari abad ke17, William Shakespeare, boleh berkata “What is a name” yang sering diterjemahkan sebagai “Apalah arti sebuah nama”. Anda boleh setuju dan tidak dengan ungkapan Shakespeare tersebut. Tapi, rasanya tidak ada nama yang tidak memiliki arti. Coba tanyakan arti nama Anda kepada orang tua. Mereka pasti memberikan nama yang memiliki arti yang dapat pula mengandung

pengharapan agar si anak memiliki sifat, karakter, nasib seperti nama yang mereka berikan. Jika setuju dengan pendapat di atas, berarti Anda dapat memanfaatkan website Behind The Name. Sesuai dengan namanya yang eksplisit, website ini memiliki database makna yang terkandung di balik nama seseorang. Website ini memiliki 2.000 nama yang paling sering digunakan di AS, dan 1.000 di Eropa. Selain membaca penjelasan makna sebuah nama, Anda juga dapat mengetahui ranking penggunaan sebuah nama di AS dan Eropa.
Info: www.behindthename.com

Informasi mutakhir seputar patch dan update

Mengungkap makna di balik sebuah nama

Consumer Report
Patch
Metode untuk memperbaiki atau mengadakan perubahan pada sebuah program dengan cara cepat. Biasanya patch menggunakan script-script tambahan untuk memodifikasi atau menambal celah-celah keamanan atau menghilangkan bug yang ditemukan dalam sebuah program.

Perl
Practical Extraction and Report Languange. Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall, dirancang untuk memproses teks. Karena kemampuannya dalam memproses teks, Perl menjadi bahasa yang banyak digunakan untuk menulis script CGI. Perl adalah interpretive language, sehingga mudah untuk membuat dan menguji program-program sederhana.

Penelitian mutakhir tentang perilaku konsumen di AS menyebutkan bahwa review produk dari sesama pengguna menjadi acuan yang paling menentukan bagi seseorang sebelum membeli sebuah barang. Di dunia maya, siapapun dapat dengan mudah menemukan informasi sebuah produk langsung dari penggunanya. Salah satunya adalah website Consumer Report. Website ini menyajikan review khususnya produk

elektronik dalam bentuk artikel yang ditulis oleh pengguna produk tersebut. Sajian review di sini cukup berimbang. Masing-masing artikel mengetengahkan aspek positif dan negatif dari sebuah produk. Nah, bila Anda berencana untuk membeli sebuah produk elektronik dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk membaca review-nya di sini. Siapa tahu ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli sebuah produk. Atau, paling tidak Anda bisa membandingkan dengan produk yang akan dibeli.
Info: www.consumerreports.org

Action Bioscience
Selain bahasa, biologi adalah ilmu yang paling dekat dengan manusia. Manusia adalah makhluk hidup, dan ia hidup di sebuah lingkungan yang terikat dengan ekosistem. Sebelum belajar mengenal lingkungan hidup dan ekosistemnya, manusia dikenalkan dengan anatomi tubuhnya sendiri. Lihatlah seorang balita yang dilatih untuk mengenal nama-nama organ tubuhnya, mulai dari kepala,

mata, hidung, mulut, tangan, hingga kaki, serta fungsi masing-masing organ tubuh. Jadi siapapun Anda, apapun hobi dan profesi Anda, biologi adalah ilmu eksakta pertama yang diajarkan kepada Anda sejak balita. Bila masih tertarik untuk melanjutkan pendalaman ilmu yang diperoleh sejak balita tersebut, Anda dapat memanfaatkan website Action Bioscience. Di dalamnya Anda dapat mempelajari biologi secara mendalam, mulai dari ragam hayati, lingkungan, genetika, bioteknologi, evolusi, dan lain-lain.
Info: www.actionbioscience.org

Teliti sebelum membeli

Biologi dari A sampai Z

18

03/2009

Bookmark

Aktual

Evermotion
Kecanggihan software computer graphics (CG) saat ini membuat kita sulit membedakan antara realitas dunia nyata dan realitas dunia maya. Cobalah Anda menonton film bertema science fiction atau action, hampir semua adegan berbahaya di sana merupakan hasil rekayasa komputer. Tapi, kecanggihan yang ditawarkan software CG tidak akan membuahkan hasil yang maksimal tanpa dukungan skill penggunanya. Software CG dan skill yang matang pun belum mampu mengantarkan produk model 3G yang menakjubkan, bila tidak ditunjang

sentuhan jiwa seni (sense of art) dari penggunanya. Ketiga pilar inilah yang menjadikan model-model 3G sekarang tidak berbeda dengan realitas yang ada di dunia nyata. Website Evermotion misalnya, menyajikan sekumpulan model 3G karya para pelaku seni grafis berbasis komputer. Tidak hanya galeri model-model 3G yang dapat Anda nikmati, Evermotion juga menawarkan tutorial pembuatan model 3G yang terdiri dari animation, compositing, modeling, rendering, scripting, hingga texturing. Sementara software CG yang digunakan dalam keenam tema di atas adalah 3ds MAX, MAYA, Adobe Photoshop, Rhino3d, XSI, dan Lightwave.
Info: http://evermotion.org

Trusted Review
Bagi para antusias komputer, tidak ada bacaan yang lebih menarik selain review produk mutakhir dan berita seputar TI. Banyak website dan blog di WWW yang menawarkan konten berupa review produk dan berita TI. Salah satunya adalah website TrustedReviews. Keunggulan TrustedReviews dibandingkan dengan website sejenis terletak pada pengalaman para pengelolanya. Mereka adalah para mantan jurnalis dari majalah-majalah komputer yang terbit di Inggris. Jadi, wajar jika sajian review dan berita yang ada di website ini hampir sama

dengan sajian serupa di majalahmajalah komputer. Poduk-produk yang di-review oleh mereka pun sangat lengkap, mulai dari CPU dan memory, motherboard, video card, monitor, media penyimpanan, peralatan game, peralatan mobile, kamera digital, multimedia, notebook, printer, dan lain-lain. Selain itu, seperti pada PC Mild,

website ini dilengkapi dengan halaman glossary yang menyajikan definisi dari setiap istilah TI yang mereka gunakan. Nah, jika tidak ingin ketinggalan informasi seputar produk-produk TI anyar, Anda harus menyempatkan diri membaca informasi tersebut dari website ini.
Info: www.trustedreviews.com

Dilengkapi dengan halaman glosarium

Codepedia
Bila kamus menjelaskan arti dari setiap kata yang digunakan dalam sebuah bahasa, maka ensiklopedia menjelaskan seluruh benda yang ada di permukaan bumi dan antariksa. Namun, ada pula ensiklopedia khu-

sus yang dibuat untuk objek kajian tertentu, katakanlah bahasa pemrograman. Berangkat dari pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang developer yang ingin memperdalam pemahamannya tentang sebuah bahasa pemrograman, ensiklopedia khusus pemrograman ini dirancang. Tidak cukup membaca file help, manual, atau tutorial, sang developer harus membaca ensiklopedia bahasa

pemrograman. Website Codepedia adalah ensiklopedia yang menerangkan secara detail beberapa bahasa pemrograman untuk para developer. Jika Anda seorang developer yang ingin mengetahui lebih dalam tentang bahasa Assembler, Basic, C, C++, C++ Builder, C#, Delphi, Kylix , Java, JavaScript, Perl, PHP, Python, SQL, Visual Basic, VB .NET, dan masih banyak lagi yang lainnya, kunjungi saja website ini. Dijamin dahaga Anda akan pemahaman yang lebih dalam tentang sebuah atau beberapa bahasa pemrograman akan terobati dengan sajian website ini.
Info: www.codepedia.com

Perpaduan sempurna seni dan komputer grafis

Ensiklopedia khusus bahasa pemrograman

Writing World
Dunia kepenulisan tidak pernah kering dari ide. Berangkat dari ide, yang dipadukan dengan keahlian berbahasa, lahirlah dunia kepenulisan. Kini, Anda dapat menambah wawasan dan pengetahuan seputar dunia kepenulisan dari website Writing-World.com. Sekilas saja membaca konten yang disajikan oleh website ini, tergambar sudah betapa banyaknya informasi yang bermanfaat untuk para penulis.

Misalnya saja e-book yang berjudul “How to Write for Magazines”. E-book ini menjelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh calon penulis agar tulisannya dapat diterima oleh redaksi majalah untuk dipublikasikan. Atau artikel online yang berjudul “First Sale Mistakes Every Writer can Avoid”, berisi trik-trik yang harus dilakukan oleh penulis buku agar terhindari dari kesalahan yang dapat menghambat laju penjualan bukunya. Memang, untuk men-download e-book Anda harus rela merogoh kocek, tapi untuk artikel-artikel online, Anda dapat membacanya tanpa harus mengeluarkan uang. Selain informasi-informasi kepenulisan, website ini juga menyediakan link ke berbagai website kepenulisan lain. Jika Anda tertarik untuk menelusuri setiap halaman website ini, silakan klik Getting Started. Anda dapat memilih tema artikel yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.
Info: www.writing-world.com

Dunia ide dan keahlian berbahasa

Ranking Web Malware
Website-website di AS ditengarai menjadi sarang terbesar bagi malware. Demikian pula dengan komputer-komputer di negeri adi daya yang tengah dilanda krisis finansial tersebut, paling banyak me-relay spam dibandingkan negara lain. Demikian isi laporan “Security Threat Report 2009” yang dipublikasikan oleh Sophos, perusahaan keamanan komputer yang berbasis Inggris baru-baru ini. Salah satu bukti yang menguatkan hasil temuan ini adalah kebijakan pemutusan Internet bagi perusahaan Internet di AS yang bekerja sama dengan hacker dan spammer pada November 2008 silam, langsung menurunkan jumlah spam di dunia hingga 75%. Temuan baru ini langsung menempatkan AS sebagai negeri penghasil malware dan spam terbesar di dunia, menggusur posisi Cina pada 2007 (PC Mild 12/2008). Berikut daftar 10 negara yang menjadi sarang malware terbesar pada 2008: AS (37%), Cina dan Hongkong (27,7%), Rusia (9,1%), Jerman (2,3%), Korea Selatan (2,1%), Ukraina (1,8%), Inggris (1,7%), Turki (1,5%), Ceko (1,3%), dan Thailand (1,2%). Negara lain yang menjadi rumah bagi malware di Asia adalah Malaysia (0,1%), Jepang (0,1%), dan Singapura (kurang dari 0.1%). [Info: www.pcworld.com]

03/2009

19

Aktual

Linux & Open Source

Inilah Definisinya!
Audacity
Sebuah aplikasi editor audio digital. Audacity bersifat cross platform, dan dibuat dengan menggunakan wxWidgets untuk menyediakan GUI yang hampir sama pada beberapa OS yang berbeda. Audacity dibuat oleh Dominic Mazzoni, setelah lulus sebagai siswa di Carniege Mellon University. Mazzoni sekarang bekerja di Google, namun tetap menjadi pengembang dan maintainer utama Audacity, dengan bantuan banyak orang di seluruh penjuru dunia.

FLOSS Manuals
Dokumentasi adalah satu kelemahan dari free/libre/open source software (FLOSS). Sebuah project yang disebut dengan FLOSS Manuals mencoba untuk memperbaiki situasi ini. Ide dibalik project ini adalah untuk membuat free dokumentasi untuk free software. FLOSS Manuals adalah ide dari digital artist Adam Hyde. Hyde sebenarnya tidak memiliki background sebagai kontributor FOSS. Semasa hidupnya, Hyde menjalankan stasiun radio independen di Selandia Baru, dan mengelola Internet service provider di Australia dan Belanda. FLOSS Manuals mengikuti pola klasik dari project open source. Untuk membiayai hidupnya, Hyde menjalankan workshop pada free and open source software, dan mulai membuat dokumentasi untuk peserta workshop. Dari situlah dia berpikir jika dokumentasi untuk free & open source software itu menarik. Kemudian dirinya

Google Chrome
Aplikasi web browser yang dibangun oleh Google, dan berdasarkan pada WebKit layout engine and application framework. Kali pertama diluncurkan sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008. Nama ini diambil dari frame GUI, atau “chrome”, dari web browser. Rilis stabil ada pada 11 Desember 2008. Chromium adalah project open source dibalik Google Chrome.

ingin mendokumentasikan dari dokumentasi workshop tersebut ke Internet untuk kemudian ditambahkan lebih banyak lagi. Dari sini, dirinya meletakkan dokumentasi di wiki untuk pengelolaan yang lebih baik. Hyde berniat untuk membuat konten lebih mudah untuk diakses sehingga banyak orang yang akan membacanya, menambahkan, dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Hyde lalu membuat FLOSS Manuals sebagai organisasi non-profit pada tahun 2007. Pada saat ini, website FLOSS Manuals memiliki lebih dari 30 panduan software, seperti Inkscape, VLC, Blender, dan Audacity. Lisensi yang dimiliki berada di bawah GPL 2.
Info: www.linux.com

nVIDIA Dukung Kernel 2.6.28
Versi lain dari driver proprietary video nVIDIA untuk sistem operasi Linux, FreeBSD, dan Solaris, telah disediakan oleh nVIDIA Corporation pada tanggal 8 Januari 2009. Fitur utama yang dibawa nVIDIA 180.22 display driver adalah dukungan inisial untuk kernel Linux 2.6.28, dan untuk GPU berikut di antaranya Quadro FX 2700M, GeForce 9400 G, GeForce 9400M, GeForce 9800 GT, GeForce 8200M G, GeForce Go 7700, GeForce GTX, dan lain-lain. Di antara fitur lainnya dan perbaikan yang dilakukan driver video nVIDIA 180.22 untuk sistem Linux dan BSD diantaranya, terdapat dukungan preliminary OpenGL 3.0, dukungan untuk fitur

PureVideo-like (via VDPAU API), dukungan terhadap CUDA 2.1, dan dukungan SDI full-range color. Selain tambahan fitur, dalam versi ini juga terdapat perbaikan-perbaikan yang dilakukan. Di antaranya, perbaikan isu setting nVIDIA, yaitu aplikasi crash jika file xorg.conf mengandung Device dan Screen section, namun tidak ada ServerLayout section. Selain itu juga, memperbaiki isu tentang setting nVIDIA dengan SDI sync skew control. Memperbaiki isu Compiz Fusion untuk GeForce 6 dan 7 series GPU. Memperbaiki isu tentang library OpenGL Linux, dimana library sering mengalami crash ketika digunakan dalam layer emulasi Linux FreeBSD.
Info: linux.softpedia.com

Semoga semakin memiliki dukungan yang lebih baik

Dokumentasi untuk mempermudah pengguna FLOSS

Jadwal Peluncuran Fedora 11
Paul W. Frields, pimpinan dari Fedora Project, telah mengumumkan tentang kode nama untuk distro terbaru Fedora, yakni Fedora 11, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir Juni 2009. Leonidas akan menjadi nama rilis untuk Fedora 11, dan nama ini dipilih di antara nama-nama lainnya, seperti Blarney, Brasilia, Claypool, Duchess, Euryalus, Indomitable, dan Zampone, dengan 1.108 suara. Di antara fitur yang akan dihadirkan pada versi final Fedora 11, dapat dilihat kemajuan pada proses boot dan shutdown, KDE 4.2, Phyton 2.6, TightVNC sebagai default VNC viewer client, DeviceKit, DNSSEC (DNS SECurity) untuk menjamin otorisasi dan keamanan data DNS, mendukung pembaca fingerprint yang diaktifkan secara default (sebagai metode otentifikasi kedua), dukungan multi-seat (multiple mouse, keyboard, dan monitor dapat dihubungkan pada saat yang bersamaan dalam sebuah sistem host), lebih mudah digunakan dalam kontrol volume, hanya dengan Microsoft Internet Explorer V4 (dan di atasnya) pada OS Windows.” Pada November 2008, Libisi Maphanga, Chief Information Officer IEC, menjelaskan kalau

GPU
Sebuah unit pemroses grafis atau GPU (Graphics Procesing Unit) adalah sebuah alat pe-render grafis yang didedikasikan untuk sebuah PC, workstation, atau game console. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi dan menampilkan grafik komputer, dan struktur paralel tingkat tingginya, sehingga membuat GPU lebih efektif daripada tujuan umum CPU untuk sebuah jangkauan algoritma yang kompleks. Sebuah GPU dapat berada di atas sebuah video card atau dapat dihubungkan secara langsung pada motherboard.

Dukungan Intel Core i7 di RHEL 5.3
Red Hat, Inc., salah satu provider terdepan pada solusi Open Source, pada tanggal 20 January 2009 telah mengumumkan adanya kehadiran update ketiga dari sistem operasi Red Hat Enterprise Linux 5 miliknya. Di samping perbaikan bug yang seperti biasanya, dan juga update software, fitur terpenting yang dibawa oleh Red Hat Enterprise Linux 5.3 adalah unjuk kerja virtualisasi yang lebih baik untuk arsitektur 64-bit, mendukung processor Intel Core i7 terbaru (Nehalem), dan inclusion OpenJDK generasi penerus teknologi Java. Menurut Doug Fisher, Vice President pada Intel Software and Service

OpenJDK
OpenJDK merupakan hasil karya dari Sun Microsystems untuk meluncurkan aplikasi berbasis Java Develompent Kit yang bersifat free & open source code secara menyeluruh. Sun mengumumkan pada Java One 2006, bahwa Java akan menjadi open source software. Pada 25 Oktober 2006, pada konferensi Oracle OpenWorld, Jonathan Schwartz mengatakan bahwa perusahaan telah menjadwalkan untuk mengumumkan inti Java Platform pada 30 sampai 60 hari ke depan. Sun merilis Java Hotspot virtual machine, dan compiler sebagai free software di bawah llisensi GNU General Public License pada 13 November 2006.

Group, untuk memperkuat kerja sama jangka panjang dengan Red Hat, pihaknya telah berkolaborasi untuk membuat versi terbaru dari Red Hat 5.3 untuk dapat menjalankan platform berbasis prosesor Intel Xeon dengan baik. Red Hat Enterprise Linux 5.3 membawa beberapa paket update, seperti audit 1.7.7, wpa_ supplicant 0.5.10, NetworkManager 0.7.0, dbus-glib 0.73.8 atau sudo 1.6.9, dan driver seperti scsi_dh, scsitarget-utils, dan MPT Fusion. Red Hat Enterprise Linux (RHEL) merupakan distro yang ditargetkan lebih kepada pasar komersial, temasuk mainframes, yang akan menikmati dukungan selama 7 tahun atas nama Red Hat setelah waktu rilis. Versi terbaru RHEL dirilis lebih cepat, dan pengguna dapat meng-upgrade versi mereka sebelumnya secara free of charge. Red Hat mendistribusikan empat versi RHEL, yaitu RHEL AS (Advanced Server), RHEL ES (Edge, Economy/Entry Level Server), RHEL WS (Workstation), dan Red Hat Desktop.
Info: linux.softpedia.com

cross-compiler untuk aplikasi Windows (membolehkan pengguna untuk membangun dan mengetes aplikasi Windows secara langsung dari Fedora tidak membutuhkan OS Windows), dan masih banyak lagi. Development Fedora 11 (codename Leonidas) akan dimulai secara pasti tiga minggu dari sekarang, yakni pada 2 Februari 2009, dan akan berakhir pada akhir Juni atau mungkin pada awal Juli 2009 sebagai versi rilis final. Jadwal peluncuran Fedora antara lain sebagai berikut. Pada 2 Februari 2009 merupakan rilis alpha, versi beta menyusul pada 24 Maret, Preview Release akan dijadwalkan pada 2 April, dan 26 Juni diharapkan akan menjadi rilis akhir Fedora 11.
Info: linux.softpedia.com

Hasil kerja sama yang baik antara Intel dan Red Hat

Rilis final pada bulan Juli 2009

IEC Menyambut Free Software
South African Independent Electoral Commission (IEC) telah berjanji untuk membuka website mereka untuk pengguna free software. Dengan jarak hanya tiga minggu menuju waktu pendaftaran suara terakhir untuk pemilihan nasional tahun ini, IEC telah menghapus pesan error yang menyambut pengguna non-Microsoft, dan memperbolehkan mereka untuk mengakses full site. Sebelumnya, website IEC menyambut pengguna dari browser alternatif seperti Firefox dan Chrome dengan pesan error seperti berikut:

“server kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan sebuah browser atau OS (e.g. Netscape, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan sebagainya) yang tidak sesuai dengan website kami. Website ini hanya sesuai

organisasi telah merencanakan untuk menghabiskan ZAR 3 juta untuk memperbaiki website yang sebelumnya tidak bisa diakses oleh pengguna yang tidak menggunakan Microsoft Windows atau Internet Explorer. Sekarang website IEC tersedia untuk semua pengguna dan pesan error yang sebelumnya muncul telah dihilangkan. Maphanga mengatakan kalau sebelumnya IEC membatasi akses ke website untuk memastikan bahwa pengguna nonWindows tidak akan mendapatkan informasi yang salah. Namun, ini membuat frustasi banyak pengguna, yang beberapa di antaranya akhirnya komplain dengan komisi hak asasi manusia agar IEC membuka website untuk semua pengguna.
Info: www.tectonic.co.za

Tidak ada lagi batasan untuk pengguna free software!

20

03/2009

Liputan Harga Pasar

Aktual
Harga
272 460 367 65 70 142 247 127 232 165 92 147 88 75 72 202 70 164 242 182 277 372 543 392 109 188 94 119 139 330 232 260 68 68 52 71 78 63 101 338 170 93 378 428 363 363 228 133 68 161 155 232 323 272 66 300 200 338

Daftar Harga Komputer & Periferal
Produk Spesifikasi PROCESSOR Harga Produk
ASUS P5E ASUS P5E3 Premium WiFi 45 58 62 71 79 89 114 104 179 205 185 164 175 245 340 1.149 599 145 149 187 119 199 235 169 174 203 283 1.099 1.520 1.599 195 279 280 330 345 65 68 ASUS P5E64WS Pro ASUS P5GC-MX ASUS P5GC-VM ASUS P5K ASUS P5K Deluxe WiFi ASUS P5K SE ASUS P5K3 Deluxe WiFi ASUS P5KC ASUS P5KPL ASUS P5KR 2.66 GHz, QPI 4.8, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 3.2 GHz, QPI 6.4, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2.93 GHz, QPI 4.8, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2.6 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 (Tray) 2.33GHz, FSB 1333MHz, 4 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775, EM64T, VT 2.66GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775, EM64T, VT 2.53GHz, FSB 1066MHz, 3MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual-Core, Socket LGA 775 3.0 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.16 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.3 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.0 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad Core, Socket LGA775 3.2 GHz, FSB 1600 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 (No HSF) 3.2 GHz, FSB 1600 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA771 (No HSF) 2.4 GHz, FSB 1066 MHz, 8 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66GHz, FSB 1333MHz, 6MB Cache, Quad-Core, Socket LGA 775 2.66 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.83 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 1.8GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Socket LGA 775 ASUS P5LD2 SE/C ASUS P5LD2-X ASUS P5L-MX ASUS P5ND ASUS P5N-MX ASUS P5Q ASUS P5Q Deluxe ASUS P5Q Pro ASUS P5Q3 Deluxe/WiFi ASUS Rampage Formula ASUS Striker II Extreme ASUS Striker II Formula DFI Blood Iron P35-T2RL DFI DK X38-T2R DFI INFINITY P965-S DFI LP DK P35-T2 DFI LP DK P35-T2RS DFI LT UT-X48-T3RS DFI LT X38-T2R DFI LT X48-T2R ECS 945PT-A2/1333 ECS F-7100 ECS P4M900T-M GIGABYTE G31MS2L GIGABYTE GA73VMS2 GIGABYTE GA-945GCM-S2L GIGABYTE GA-EP31-DS3L GIGABYTE GA-EP45-DQ6 GIGABYTE GA-EP45-DS3R GIGABYTE GA-P31-DS3L GIGABYTE GA-X48-DQ6 GIGABYTE GA-X48T-DQ6 GIGABYTE GA-EP45-EXTREME GIGABYTE GA-EP45T-EXTREME GIGABYTE GA-EP45-DS4P GIGABYTE GA-EP43-DS3L MSI 945GCM5-F V2 (1333) MSI P35 Neo 2 FIR MSI P35 Neo3-F MSI P35 Platinum MSI P45 Diamond MSI P45 Zilent MSI P6NGM-L MSI P7N Diamond MSI P7N SLI Platinum MSI X48C Platinum

Kurs US$1 = Rp11.500 per 27 Januari 2009
Spesifikasi

AMD
Clock Speed 2.4GHz, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2 Clock Speed 2.5 GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) Clock Speed 2.6GHz, Dual Core, L2 Cache 512 x 2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2 (Multiplier Unlock) AMD Athlon 64 X2 5200+ (AM2) Clock Speed 2.6GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) AMD Athlon 64 X2 5600+ (AM2) Clock Speed 2.8GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) AMD Athlon 64 X2 6000+ (AM2) Clock Speed 3.0GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) AMD Athlon 64 X2 6400+ Clock Speed 3.2GHz, Dual Core, L2 Cache 1024 x 2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket Black Edition AM2 (Multiplier Unlock) AMD Phenom X3 8450 2.1 GHz, 512Kb Cache, Triple Core, Socket AM2+ AMD Phenom X3 8650 2.3 GHz, 512Kb Cache, Triple Core, Socket AM2+ AMD Phenom X4 9500 2.2GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 AMD Phenom X4 9950 Black Edition 2.6GHz, 512KB L2 Cache, Quad Core, Socket AM2+ AMD Phenom X4 9750 2.4 GHz, 512Kb Cache, Quad Core, Socket AM2+ AMD Phenom X4 9850 Black Edition 2.5GHz, 4x512KB L2 Cache, Quad Core, Socket AM2+ AMD Phenom X4 9600 2.3GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 AMD Athlon 64 LE1620 AMD Athlon 64 X2 4800+ (AM2) AMD Athlon 64 X2 5000+

Intel
INTEL Core-i7 920 INTEL Core-i7 Extreme 965 INTEL Core-i7 940 INTEL Core 2 Duo E4700 INTEL Core 2 Duo E6550 INTEL Core 2 Duo E6750 INTEL Core 2 Duo E7200 INTEL Core 2 Quad Q8200 INTEL Core 2 Quad Q8300 INTEL Core 2 Duo E8200 INTEL Core 2 Duo E8400 INTEL Core 2 Duo E8500 INTEL Core 2 Duo E8600 INTEL Core 2 Extreme QX9650 INTEL Core 2 Extreme QX9770 INTEL Core 2 Extreme QX9775 INTEL Core 2 Quad Q6600 INTEL Core 2 Quad Q9300 INTEL Core 2 Quad Q9400 INTEL Core 2 Quad Q9450 INTEL Core 2 Quad Q9550 INTEL Pentium E2160 INTEL Pentium E2180

MOTHERBOARD

AMD Soket AM2
ABIT AN-M2 ABIT AN-M2HD ABIT NF-M2S ASUS M2A-MX ASUS M2N-MX SE + ASUS M3A BIOSTAR T770 A2+ DFI LP UT 790FX-M2RS ECS A740GM-M ECS GeForce 7050 M-M GIGABYTE GA-M52L-S3 GIGABYTE GA-M56S-S3 GIGABYTE GA-M57SLI-S4 GIGABYTE GA-M61PME-S2 GIGABYTE GA-MA790X-DS4 GIGABYTE GA-MA770-DS3 GIGABYTE GA-MA78G-DS3H GIGABYTE GA-MA78GM-S2H GIGABYTE GA-MA74GM-S2H GIGABYTE GA-MA790GP-DS4H MSI K9A2 CF-F MSI K9A2 Platinum MSI K9AG Neo2 Digital MSI K9N Neo-F V3 MSI K9N6 SGM-V Socket AM2, Nvidia GeForce 7025, FSB 2000 HyperTransport, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliant Socket AM2, Nvidia GeForce 7050PV, FSB 2000 HyperTransport, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliant Socket M2, NVidia GeForce 6100, SATA 0/1, DDR2 800, PCIe x16 Socket AM2, AMD 690V + SB600 Chipset, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, Onboard VGA Socket AM2 Socket AM2, AMD 770, HyperTransport™2000 / 1600 MT/s, USB 2.0, Audio, Dual Channel Socket AM2/AM2+, AMD 770 Chipset, FSB 2600MHz Hyper Transport (5200 MT/s), Dual Channel Memory, SATA II 300, Audio, USB 2.0 Socket 940, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, Dual Channel DDR2 800, SATA 300 RAID, USB 2.0, FireWire Socket AM2, AMD 740G Chipset, USB 2.0, Audio, Dual Channel DDR2, SATA II 300, RAID Socket AM2, NVidia nForce 7050PV, DDR2 Dual Channel, Audio, USB 2.o, SATA II Socket AM2, NVIDIA® nForce 520LE, Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket AM2, NVIDIA nForce 560, FSB 2000 HyperTransport, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket AM2, NVIDIA nForce 570 SLI, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket AM2, NVidia GeForce 6100, FSB 1333/1066MHz, SATA 300, USB 2.0, Audio, Dual Channel Socket AM2, AMD 790X, Hyper Transport 5200 MT/s, SATA II 300, DDR2-1066, FireWire, Ultra Durable2, Crossfire X support, Virtual Dual BIOS Socket AM2, AMD 770, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, USB 2.0, Audio Socket AM2, AMD 780G, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, DDR2-1066, FireWire, ATI Radeon HD3200 Onboard, HDMI Socket AM2, AMD 780G, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, DDR2-1066, FireWire, ATI Radeon HD3200 Onboard, HDMI, ESATA Socket AM2, AMD 740G, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, DDR2-800, ATI Radeon HD2100Onboard, HDMI Socket AM2, AMD 790GX, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, DDR2-1066, FireWire, ATI Radeon HD3300 with 128MB DDR3 Onboard memory, HDMI, DVI Socket AM2+, AMD 790FX, FSB Hyper Transport 2600, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket AM2, AMD 790, FSB 2600Mhz, USB 2.0, Audio Socket AM2, AMD 690G, FSB 2000 HyperTransport, PCI-Express X16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel Socket AM2, NVidia nForce 560, FSB Hyper Transport 2000, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket AM2, Nvidia Geforce 6100, FSB 2000 HyperTransport, PCI-Express X16, VGA, SATAII 300, RAID, NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel 965, FSB 1066, PCI-e x16, SATA 300, Dual GbE, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel P965, PCI-e x16, SATA 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR800 Socket LGA775, Intel P965, FSB 1066, PCI-e x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel 975X, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, ATI Radeon Xpress 1250, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel 945P, FSB 1066, PCI-e x16, SATA 300, GbE, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 667, Dual Channel Socket LGA775, Nvidia nForce 680i, FSB 1333, PCI-e x16, SATA 300, Dual GbE, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliancy, SilentOTES Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliancy Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliancy, SilentOTES, µGuru Tech Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, SATA II 300, Dual Channel, Audio, LAN, USB 2.0, FireWire Socket LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATA 300, GbE, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 667, Dual Channel Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Audio, USB 2.0, LAN, FireWire, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel 946GZ, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel 81 92 68 65 64 102 92 238 63 57 79 98 115 67 208 125 135 130 88 218 127 197 101 97 62

Intel Socket LGA775
ABIT AB9 QuadGT ABIT AB9-Pro ABIT AB9-WiFi ABIT AW9D-MAX ABIT Fatal1ty 190HD ABIT IL9 Pro ABIT IN9 32X-MAX Wi-Fi ABIT IP35 ABIT IP35-E ABIT IP35-Pro ABIT IX 38 QUAD GT ABIT LG-95 ASUS Maximus Extreme ASUS Maximus Formula ASUS Maximus II Formula ASUS P5B-MX 177 146 143 198 122 83 278 145 120 198 215 82 413 332 332 80

Intel X38 Chipset, Socket LGA 775, Cross Fire, ATX Factor, Dual Channel 800MHz Socket LGA775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3 Memory, USB 2.0,Audio,Express Gate Socket LGA 775, Intel X38, FSB 1600/1333/1066/800 MHz, USB 2.0, Audio, DDR3 1800 MHZ Support Socket LGA775, Intel 945GC, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 533, Dual Channel Socket LGA 775, Intel 945GC, FSB 1066/800MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, Dual GbE, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, Dual GbE, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR3 1333, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, , GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR3 1066, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel G31, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel, Intel Core 2 Extreme & Core 2 Quad Support Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC,USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel, Intel Core 2 Extreme & Core 2 Quad Support Socket 775, Intel 945P, FSB 1066, PCI-e x16, SATA 150, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel Socket LGA 775, Intel 945, FSB 1066, SATA II, USB 2.0, HD Audio, DDR2 800 Dual Channel Socket LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATA 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel Socket LGA775, NVIDIA nForce 750i SLI Dual PCI-E x16, FSB 1333, PCI-e x16, SATA 300, RAID, Dual GbE, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, NVidia nForce 7050, FSB 1333/1066/800/533, USB 2.0, Audio, NVidia GeForce 7050 Socket LGA 775, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0,Audio, Express Gate Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, Express Gate Socket LGA 775, Intel P45, 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800 MHz, SATA II 300, FireWire, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, NVIDIA nForce® 790i Ultra SLI™, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3, USB 2.0, FireWire, Audio Socket LGA 775, NVidia NForce 780i, FSB 1333/1066/800MHz, SATA 300, USB 2.0, FireWire, Audio, Dual Channel DDR2 800 Socket LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA II Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II 300 Socket LGA775, Intel P965 Express, FSB 1066, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II Socket LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II Socket LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA II 300, RAID Socket LGA 775, Intel X38, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, FireWire, Dual Channel, Audio Socket LGA 775, Intel® X48 Express chipset, FSB 1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2 800, SATA II 300, USB 2.0, FireWire, Audio Socket LGA 775, Intel 945, FSB 1333/1066/800/533 MHz, Dual Channel, 6-Channel High Definiton Audio, USB 2.0 Socket 775, NVIDIA nForce7, FSB 1333 HyperTransport, PCI-e x16, SATA 150, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2-800, Micro ATX Socket LGA 775, VIA P4M900, 1066/800 FSB, PCI-e X16, USB 2.0, Micro ATX form Socket LGA 775, Intel G31 Chipset, FSB 1333/1066/800Mhz, Audio, USB 2.0, VGA, LAN, 6x SATA Controller Socket LGA 775, NVidia GeForce 7050, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, Intel 945 Express, FSB 1333/1066/800/533MHz, Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel P31, FSB 1333, PCIe x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, DES ( Dynamic Energy Saver ), Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 774, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P45 Chipset Socket LGA775, Intel P31, FSB 1333, PCIe x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel, Intel Core 2 Quad & Intel Core 2 Duo Support Socket LGA 775, Intel X48 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, SATA 300, Dual Channel, USB 2.0, Audio, FireWire, DES Socket LGA 775, Intel X48 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3-1900, SATA 300, Dual Channel, USB 2.0, Audio, FireWire, DES Socket LGA 775, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2-1200, SATA 300, Dual Channel, USB 2.0, Audio, FireWire, DES Advance, Hybrid SilentPipe, OC Edition Socket LGA 775, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066MHz, DDR3-1900, SATA 300, USB 2.0, Audio, FireWire, DES Advance, Hybrid SilentPipe, OC Edition Socket LGA 774, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio, DES Advance, SilentPipe, CrossFireX Socket LGA 774, Intel P43 Chipset, FSB 1600 (OC)/1333/1066, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio, DES Advance, Ultra Durable Socket LGA 775, Intel 945GC, FSB 1333/1066/800/533MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P35, FSB 1333/1066/800, PCI-e x16, SATA II 300, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P35, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P45 Chipset, DDR3 Channel Memory, USB, RAID, Audio (Creative SB X-Fi Xtreme) Socket LGA 775, Intel P45 Chipset, Zalman Cooling, DDR2 Dual Channel, USB, Audio Socket LGA 775, NVIDIA® MCP73U/PV/V, FSB 1333/1066/800/533MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA 775, NVidia nForce 780SLi, FSB 1066/800/667/533 MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA 775, NVidia nForce 750i SLI, FSB 1333/1066/800/533MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA 775, Intel X48 Chipset, DDR3/DDR2 Channel Memory, USB, RAID, Audio

VIDEO CARD

ATI PCI Express
ASUS EAH4650/DI/512M ASUS EAH4670/DI/512M ASUS EAH4870 DK/HTDI/1GD5 ASUS EAH4870 TOP/HTDI/512M ASUS EAH4870 X2/HTDI/2G ASUS EAH4870/HTDI/512M DIGITAL ALLIANCE HD4670 DIGITAL ALLIANCE HD4830 DIGITAL ALLIANCE HD4850 DIGITAL ALLIANCE HD4870 DIGITAL ALLIANCE HD4870 Sonic Dual GECUBE GC-HD485PG3-E3 GECUBE HD3870 X2X Turbo (O.C Edition) GECUBE HD3870 GECUBE HD4650 1GB GECUBE HD4650 512 GECUBE HD4670 GECUBE HD4830 GECUBE HD4850 OC 1GB ATI RADEON HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV Output, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870 X2, 2GB DDR5, 2x 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD3870 X2, 1GB GDDR 3, 256-bit x 2, DVI, TV-Out, Video In, PCI-e x16 ATI RADEON HD3870 XT, 512MB GDDR4, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 X-Turbo 3 Fansink (O.C Edition) ATI RADEON HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV< PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 85 110 388 343 625 333 94 132 186 265 267 199 370 144 94 79 99 149 244

03/2009

21

Aktual
Produk
GECUBE HD4850 OC 512 GIGABYTE GV-R467D3-512I GIGABYTE GV-R485OC-1GH GIGABYTE GV-R485ZL-512H GIGABYTE GV-R487X2-2GH-B HIS 4830 512 PLATINUM HIS HD4670 ICEQ DDR3 HIS HD4670 IceQ Turbo HIS HD4830 HIS HD4850 512 Platinum HIS HD4870 512 Platinum HIS HD4870 Turbo MSI R4850-T2D512 MSI R4870-T2D512-OC MSI R4870X2-T2D2G-OC POWERCOLOR HD4850 POWERCOLOR HD4870 PCS+

Liputan Harga Pasar
Spesifikasi Harga
209 101 249 204 530 150 106 116 147 189 292 305 210 310 570 212 309 69 65 84 104 129 114 194 163 184 243 88 234 410 33 56 166 150 206 467 530 98 365 350 471 66 93 93 83 179 44 102 253 183 138 233 124 161 359 475 88 41 62 64 88 68 99 148 160 430 365 148 45 84 55 65 72 97 77 207 212 103 127 147 197 218 177 197 99 179 38 55 80 81 85 70 61 85 75 122 132 205 239 320 475 118 76 66

Produk
SPARKLE GeForce 9600 GSO SPARKLE GeForce 9600 GSO 768MB SPARKLE GeForce 9600GT 512MB SPARKLE GeForce 9800GT 1GB SPARKLE GeForce 9800GTX+ ZOTAC GeForce 8400GS 256MB ZOTAC GeForce 8500GT 512 ZOTAC GeForce 8600GT 256MB ZOTAC GeForce 8600GT 512MB ZOTAC GeForce 9500GT ZOTAC GeForce 9600 GSO ZOTAC GeForce 9600GT ZOTAC GeForce 9600GT AMP! ZOTAC GeForce 9600GT Supreme ZOTAC GeForce 9800GT ZOTAC GeForce 9800GT AMP ZOTAC GeForce 9800GTX ZOTAC GeForce 9800GTX AMP ZOTAC GeForce GTX 260 ZOTAC GeForce GTX 260 AMP ZOTAC GeForce GTX 280 ZOTAC GeForce GTX 280 AMP

Spesifikasi

Harga
140 160 183 223 248 39 58 76 77 79 113 133 158 138 173 193 228 244 359 390 470 495

ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 2GB DDR5, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4830, ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 2GB DDR5, 2x 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0

NVIDIA PCI Express
ASUS EN 8500GT SILENT/HTP/512M NVIDIA GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 ASUS EN8500GT SILENT NVIDIA GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 MAGIC/HTP/512M ASUS EN8600GT MAGIC/HTP/512M NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 ASUS EN9500GT MAGIC/DI/512M NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EN9500GT TOP/DI/512M NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 ASUS EN9600GSO MAGIC/HTDP/512M NVidia GeForce 9600 GSO, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EN9600GT MATRIX/HTDI/512M NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EN9600GT/HTDI/512M NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, Dual DVI, HDTV, TV-Out, HDMI ASUS EN9800GT NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP HDTV, PCI-e x16 2.0 HYBRIDPOWER/HTDI/512M ASUS EN9800GTX+/HTDP/512M NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 CALIBRE GeForce 8500GT 256 NVidia GeForce 8500GT, 256MB GDDR3, 128-bit, Dual DVI, TV Out, SLI, Vista, DirectX 10 CALIBRE GeForce 9600GT NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 CALIBRE GeForce 9800GTX NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 GeForce 8400GS 256MB DIGITAL ALLIANCE NVIDIA GeForce 8500 GT, 256MB DDR3, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 Geforce 8500GT Sonic 256MB DIGITAL ALLIANCE NVidia GeForce 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9600GT Sonic 1GB DIGITAL ALLIANCE NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9600GT Sonic 512 DIGITAL ALLIANCE NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9800GTX+ DIGITAL ALLIANCE GTX 280 NVidia GeForce GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD4870 X2 ATI RADEON HD4870, 2GB DDR5 GIGABYTE GeForce 9500GT DDR3 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N26-896H-B NVidia GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N26OC-896H-B NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N28-1GH-B NVidia GeForce GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N94T-512H NVidia GeForce 9400GT, GIGABYTE GV-N95TD3-512H NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N95TOC-1GH NVidia GeForce 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N95TOC-512H NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N98TZL-512H NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-NX84G256H NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 GIGABYTE GV-NX86S256H NVIDIA GeForce 8600GTS, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 GIGABYTE GV-NX88S512H-B NVidia GeForce 8800GTS, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-NX96T1GHP NVidia GeForce 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-NX96T512H NVidia GeForce 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-NX98X512H-B NVidia GeForce 9800GTX, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDCP, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9600 GSO Extreme LEADTEK WINFAST GeForce 9600GT ZL NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0, Zalman Cooler LEADTEK WINFAST GTX 260 NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST GTX 280 NVidia GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST PX 9500GT 512 DDR2 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST PX8400GS 256MB NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB GDDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 LEADTEK WINFAST PX8500GT 256MB NVIDIA GeForce 8500GT, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 LEADTEK WINFAST PX8500GT 512MB NVIDIA GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, Heatpipe, PCIe x16 LEADTEK WINFAST PX8600GT 256MB NVIDIA GeForce 8600GT, 256MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 LEADTEK WINFAST PX9400GT 512 DDR2 NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST PX9500GT 512 DDR3 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST PX9600GT NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 LEADTEK WINFAST PX9600GT Extreme NVidia GeForce 9600, 512 MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, SLI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 LEADTEK WINFAST PX9800 GX2 NVidia GeForce 9800, 1 GB (512 MB x 2) GDDR3, 512-bit (256-bit x 2), TV-Out, DVI, HDTV, HDMI MSI N260GTX-T2D896-OC NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 MSI N9600GT-T2D512-OC NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, SLi, PCI-e x16 2.0, GREEN POWER PIXELVIEW GeForce 8400GS 512 NVidia GeForce 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8500GT 1GB HDMI NVidia GeForce 8500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Output, HDMI, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8500GT 256 NVidia GeForce 8500GT, 256MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8500GT 512 NVidia GeForce 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8500GT Ultra 256 NVidia GeForce 8500GT, 256MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8600GT NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8600GT 512 NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8800GT NVidia GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 8800GT Ultra NVidia GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9500GT NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600 GSO NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600GT NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600GT 1GB NVidia GeForce 9600GT, 1GB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600GT 1GB Venus NVidia GeForce 9600GT, 1GB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9800GT NVidia GeForce 9800GT, 512MB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9800GT Venus NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9600GSO NVidia GeForce 9600GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDMI, PCI-e x16 2.0 PointOfView 8800GTS NVidia GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 8400GS NVidia GeForce 8400GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PointOfView GeForce 8500GT 512 NVidia GeForce 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDCP, PCI-e x16 PointOfView GeForce 8600GT 1GB NVidia GeForce 8600GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 PointOfView GeForce 8600GTS 256 NVidia GeForce 8600GTS, 256MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 PointOfView GeForce 8600GTS 512 NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 PointOfView GeForce 9400GT 1GB NVidia GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9400GT 512 NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9500GT 1GB NVidia GeForce 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9500GT 512 NVidia GeForce 9500GT 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9600GT NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9600GT EXO NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce GeForce 9800GTX with Arctic Cooling, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GTX+ Artic Colling BUNDLE Hell’s Highway PCI-e x16 2.0, BUNDLE Brother In Arms : Hell’s Highway PointOfView GeForce GTX 260 NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce GTX 280 NVidia GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 SPARKLE GeForce 8600GTS 256MB NVIDIA GeForce 8600GTS, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 SPARKLE GeForce 9400GT 1GB NVidia GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SPARKLE GeForce 9400GT 512MB NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0

NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600 GSO, 768MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, HDMI, HDCP, HDTV NVidia GeForce 9800GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB GDDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 NVidia GeForce 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVIDIA GeForce 8600GT, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 NVIDIA GeForce 8600GT, 512MB DDR2, SLI, DVI, TV-Out, HDTV, PCIe x16 GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512 MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0

MEMORY

DDR 2
A-DATA 1GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 1GB-DDR2 800 A-DATA 2GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 2GB-DDR2 800 A-DATA 4GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 512-DDR2 800 A-DATA DDR2-800X 1GB Kit A-DATA DDR2-800X-2GB Kit ELIXIR 1GB-5300 ELIXIR 2GB-5300 ELIXIR 512MB-5300 KINGSTON KVR1066D3N7/1G KINGSTON KVR667D2N5/512 KINGSTON KVR667D2N5K2/1G KINGSTON KVR667D2N5K2/2G KINGSTON KVR800D2N5/1G KINGSTON KVR800D2N5/2G KINGSTON KVR800D2N5/512 MUSHKIN 991496 MUSHKIN 991497 MUSHKIN 991500 MUSHKIN 991501 MUSHKIN 996522 TEAM TEDD1024M800HC5 TEAM TEDD2048M800HC5DC TEAM TEDD4096M800HC5DC TEAM TEDDD2048M800HC5 TEAM TXDD1024M1066HC5DC TEAM TXDD2048M1066HC5DC-D TEAM TXDD2048M1200HC5DC TEAM TXDD2048M800HC4DC TEAM TXDD2048M800HC4DC-D TEAM TXDD4096M1066HC5DC-D TEAM TXDD4096M800HC4DC-D V-GEN 1024MB PC-4200 V-GEN 1024MB PC-5300 16IC V-GEN 1024MB PC-6400 V-GEN 256MB PC-4200 V-GEN 2GB PC-5300 V-GEN 2GB PC-6400 V-GEN 512MB PC-4200 V-GEN 512MB PC-5300 V-GEN 512MB PC-6400 VISIPRO 1GB PC-5300 VISIPRO 1GB PC-5300 VISIPRO 1GB PC-6400 VISIPRO 2GB PC-5300 VISIPRO 2GB PC-6400 VISIPRO 512MB PC-5300 Extreme, 2x 512MB, DDR2 800 PC-6400 Vitesta, 1GB, DDR2 800 PC6400 Extreme, 2x 1GB, DDR2 800 PC-6400 Vitesta, 2GB, DDR2 800 PC6400 Extreme, 2x 2GB, DDR2 800 PC-6400 Vitesta, 512MB, DDR2 800 PC6400 X Series, 2x 512MB, PC2-6400 X Series, 2x 1GB, PC2-6400 1GB DDR2 667 PC-5300 2GB DDR2 667 PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300 1GB DDR3 1066 PC-8500, Value RAM 512MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM 2x 512MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM 2x1GB DDR2 667 PC-5300, Value RAM 1024MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM 2GB DDR2, PC-6400 512MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM 512MB DDR2 533 PC-4200 1GB DDR2 533 PC-4200 512MB DDR2 667 PC-5300 1GB DDR2 667 PC-5300 2x 512MB DDR2 800 PC-6400, XP Series 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 4GB Kit 800 (2 x 2GB) PC2-6400, Elite, CL5, Heat Spreader 2GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 2x 512MB DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem Dark, CL5, Heatspreader 2x 1GB DDR2 1200 PC2-9600, Xtreem, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Xtreem, CL 4, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Xtreem Dark, CL 4, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB), DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem Dark, CL5, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB) DDR2 800 PC2-6400, Xtreem Dark, CL4, Heat Spreader 1024MB DDR2 533 PC-4200, 16 IC 1024MB DDR2 667 PC-5300, 16 IC 1024 MB DDR2 800 PC-6400, 16 IC 256MB DDR2 533 PC-4200, 4 IC 2GB DDR2 533 PC-5300, 16 IC 2GB DDR2 PC-6400, 16 IC 512MB DDR2 533 PC-4200, 8 IC 512MB DDR2 667 PC-5300, 8 IC 512MB DDR2 800 PC-6400, 8 IC 1GB DDR2 667 PC-5300, 8 IC 1GB DDR2 667 PC-5300, 16IC 1GB DDR2 800 PC-6400, 16 IC 2GB DDR2 667 PC-5300, 16 IC 2GB DDR2 800 PC-6400 512MB DDR2 667 PC-5300 27 17 41 27 61 12 43 83 14 24 9 44 11 19 32 16 26 12 18 25 15 21 182 15 28 53 28 53 55 134 88 47 104 89 13 14 15 10 21 25 11 11 11 15 15 16 23 24 14

HARDDRIVE

Internal
HITACHI Desktar HITACHI Desktar HITACHI Desktar HITACHI Desktar MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR HDD IDE MAXTOR HDD IDE SAMSUNG HM160 SEAGATE Barracuda ES SEAGATE ST9160821AS SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda ES SEAGATE Barracuda ES SEAGATE Barracuda ES SEAGATE Barracuda ES SEAGATE ST31000340NS WESTERN DIGITAL Caviar GP WESTERN DIGITAL Caviar Green Power WESTERN DIGITAL Caviar IDE WESTERN DIGITAL Caviar IDE WESTERN DIGITAL Caviar IDE 250GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache, 3.5” 160GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache 160GB, SATA, 2MB Cache, 3.5” 1TB, 7200RPM, SATA II, 32MB Cache 1TB, SATA II, 32MB Cache 320GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 80GB, 7200RPM, SATA II, 2MB Cache 250GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, ATA 100, 2MB Cache 160GB, 7200RPM, SATA II, 2MB Cache 160GB, 7200RPM, 2MB Cache, IDE, 3.5” 80GB, 7200RPM, IDE, 2MB Cache 160GB, SATA II 250GB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache Momentus, 160GB, 5400RPM, SATA, 8MB Cache 320GB, 7200 RPM, SATA II 300, 16MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA II 300, 8MB Cache 500GB, 7200RPM, IDE, 16MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA II 300, 16MB Cache 500GB, 7200 RPM, SATA II 300, 16MB Cache 80GB, 7200 RPM, SATA II 300, 8MB Cache 320GB, 7200 RPM, ATA 100, 16MB Cache 80GB, 5400RPM, IDE, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache 320GB, 7200 RPM, SATA II 300, 16MB Cache 160GB, 7200RPM, IDE, 2MB Cache 500GB, 7200RP, SATA II 300, 32MB Cache 80GB, 7200 RPM, SATA II 300, 2MB Cache 160GB, 7200 RPM, SATA II 300, 2MB Cache 1TB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache 750GB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache 500GB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache 320GB, SATA, 1TB, 7200rpm, SATA II 300, 32MB cache 500GB, SATA II, Green Power 640GB, IntelliPower, SATA II, 16MB Cache 250GB, 7200RPM, IDE, 2MB 160GB, 7200RPM, IDE, 2MB 80GB, 7200RPM, IDE, 2MB Cache 64 62 49 185 160 63 46 68 55 48 53 48 62 81 62 75 67 119 67 122 40 75 49 58 75 59 89 44 57 275 211 120 85 292 66 76 60 59 45

22

03/2009

Liputan Harga Pasar
Produk
WESTERN DIGITAL Caviar IDE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Raptor WESTERN DIGITAL Raptor WESTERN DIGITAL WD400BB AOPEN DVD 1648PT AOPEN DVD 1648ST LITE-ON DH20 ASUS BC-1205PT ASUS DRW-2014S1 ASUS DRW2014S1T BENQ DW2000 FUJITSU Slimline SuperMulti LITE-ON LH20 NU ESW8 PIONEER DVR-115BK PIONEER DVR-215BK SONY AD-7190S SONY DRU-840A SONY DRU-V200A SONY DRX830UL

Aktual
Harga
Rp.364,000 48 33 30 30 Rp.56,000 59 195 20 19 Rp.205,000 12 8 14 15 39 22 15 14 17 15 15 15 Rp.220,000 Rp.320,000 Rp.177,000 Rp.269,000 Rp.485,000 Rp.145,000 13 17.50 8.50 12 7.50 8 11 6.80 9.25 6.80 9.25 10 10 10 17 20 12.50 17.50 12.50 21 Rp.65,000 Rp.75,000 8.50 7.50 11.50 7.50 19 8 10 7 7 8 11 35 8 11 19 11 18 50 12 34 8 8 13 13 18 10 17 27 45 41 7.50 62 7 10 16 8.50 11 65 146 69 Rp.68,000 Rp.72,000 Rp.69,000 Rp.128,000

Spesifikasi
320GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, SATA II, 2MB 320GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 80GB, 7200RPM, SATA II, 2MB Cache 80GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 320GB, 7200RPM, SATA II, 16MB Cache 74GB, 10000RPM, SATA, 16MB Cache 150GB, 10000RPM, SATA, 16MB Cache 40GB, 7200rpm, ATA 100, 2MB cache

Harga
68 49 44 43 52 40 41 60 154 194 41

Produk
KASPERSKY Internet Security 2009 (1-user) SYMANTEC Norton Internet Security 2009 SYMANTEC Norton AntiVirus 2009 AVG Anti Virus + Anti Spyware AVG AV FPP BITDEFENDER AV FPP F-Secure AVSuite FPP SANDISK SDCZ22-004G SANDISK SDCZ4-4096A KINGSTON DT100/8GBFE V-GEN FD8GB X-18 PENDRIVE PenDrv PDEN4GB SANDISK SDCZ4-1024R A-DATA PD14-1024R A-DATA PD2 1024R A-DATA PD2 4GB A-DATA PD2-2048R A-DATA RB1-1GB A-DATA RB15-0512R A-DATA RB15-1024R A-DATA RB19-1024R A-DATA RB3 EXIGO IB1024 IMATION Clip Flash Drive 1GB IMATION Clip Flash Drive 2GB IMATION Swivel Pro 2 1GB IMATION Swivel Pro 2 2GB IMATION Swivel Pro 2 4GB IMATION Swivel Pro 2 512 KINGSTON Data Traveler Mini Fun 1024MB KINGSTON Data Traveler Mini Fun 2048MB KINGSTON DT1/1GBFE KINGSTON DT1/2GBFE KINGSTON DT100/1GB KINGSTON DT100/2GB KINGSTON DT100/4GBFE KINGSTON DT100B/1GBFE KINGSTON DT100B/2GBFE KINGSTON DT100R/1GBFE KINGSTON DT100R/2GBFE KINGSTON DT101B/2GBFE KINGSTON DT101P/2GBFE KINGSTON DT101R/2GBFE KINGSTON DTCR/1GBFE KINGSTON DTCR/2GBFE KINGSTON DTM/1GBFE KINGSTON DTM/2GBFE KINGSTON DTR/1GBFE KINGSTON DTR/2GBFE MY DISK USB Flahs Drive 1GB MY DISK USB Flash Drive 2GB NEXUS UFD-1GB20 NEXUS UFD-25620 NEXUS UFD-2GB20 NEXUS UFD-51220 PENDRIVE Klik 8GB PENDRIVE PenDrv PDEN1GB PENDRIVE PenDrv PDEN2GB PENDRIVE PenDRV PDM2048 PENDRIVE PenDrv PDNO1024 PENDRIVE PenDrv PDNO2048 PENDRIVE PenDrv PDNO4096 PENDRIVE Sliq 16GB PENDRIVE Sliq 2GB PENDRIVE Sliq 4GB PENDRIVE Sliq 8GB PROLINK PMD2N-1G PROLINK PMD2N-2G SANDISK Cruzer Contour 8GB SANDISK SDCZ4-2048R SANDISK SDCZ4-8192R SANDISK SDCZ6-1024RB SANDISK SDCZ6-1024RW SANDISK SDCZ6-2048RB SANDISK SDCZ6-2048RW SANDISK SDCZ6-4096RB SANDISK SDCZ7-1024R SANDISK SDCZ7-2048R SANDISK SDCZ7-4096R SANDISK SDCZ7-8192R SANDISK SDCZ7-8192R SANDISK SDCZG-1024R SANDISK SDCZX-004GR TEAM Rainbow 2GB Red TEAM Rainbow 4GB Green TEAM Rainbow 8GB White TEAM T-Bot 2GB White TEAM T-Bot 4GB Black TRANSCEND JetFlash 130 4GB TRANSCEND JetFlash 64GB TRANSCEND JetFlash V60 32GB V-GEN FD1024 V-GEN FD2048 V-GEN FD2048 X-18 V-GEN FD4096

Spesifikasi
Internet Security 2009 Complete Protection, Windows, 1 User Norton Internet Security 2009, Windows, 1 User Norton AntiVirus 2009 with Antispyware, Windows, 1 User 1 Year Anti Virus plus Anti-Malware, 1 PC, 1 Year BitDefender 2008, 1-user Internet Security 2008, Windows

FLASHDISK
Cruzer Enterprise USB 2.0 Storage 4GB with mandatory security access control Cruzer Micro Skin USB 2.0 Storage 4GB (Clear Skin Cover) USB Flash Drive 8GB USB 2.0 Memory Storage 8GB, Green Envo, USB 2.0 Flash Memory Storage 4GB Micro Cruzer USB 2.0 Storage 1GB with necklace USB 2.0 Memory Storage 1GB with usb cable USB 2.0 Memory Storage 1GB with usb cable My Flash, USB 2.0 Memory Storage 4GB with usb cable USB 2.0 Memory Storage 2GB with usb cable Rubberized USB 2.0 Memory Storage 1GB (water & shock ressistant) Rubberized Hi-Speed USB 2.0 Memory Storage 512MB Rubberized Hi-Speed USB 2.0 Memory Storage 1GB Rubberized Hi-Speed USB 2.0 Memory Storage 1GB Rubberized USB 2.0 Memory Storage 1024MB (water & shock ressistant) with angel character USB 2.0 Memory Storage 1024MB USB 2.0 Flash Drive 1GB USB 2.0 Flash Drive 2GB USB 2.0 Flash Drive 1GB USB 2.0 Flash Drive 2GB USB 2.0 Flash Drive 4GB USB 2.0 Flash Drive 512MB USB 2.0 Memory Storage 1GB, Yellow USB 2.0 Memory Storage 2GB, Purple Data Traveler, USB 2.0 Memory Storage 1GB Data Traveler, USB 2.0 Memory Storage 2GB USB Flash Drive 1GB USB Flash Drive 2GB USB Flash Drive 4GB USB Flash Drive 1GB (Blue) USB Flash Drive 2GB (Blue) USB Flash Drive 1GB (Red) USB Flash Drive 2GB (Red) USB Flash Drive 2GB (Blue) USB Flash Drive 2GB (Purple) USB Flash Drive 2GB (Red) DataTraveler, USB 2.0 Memory Storage 1GB, Reader DataTraveler, USB 2.0 Memory Storage 2GB, Reader Data Traveler Mini, USB 2.0 Memory Storage 1GB, Migo Edition, Light Blue Data Traveler Mini, USB 2.0 Memory Storage 2GB, Migo Edition, Light Purple DataTraveler, USB 2.0 Memory Storage 1GB, ReadyFlash DataTraveler, USB 2.0 Memory Storage 2GB, ReadyFlash 1GB, USB Flash Drive 2GB, USB Flash Drive USB 2.0 Memory Storage 1GB USB 2.0 Memory Storage 256MB USB 2.0 Memory Storage 2GB USB 2.0 Memory Storage 512MB USB Flash Drive, 8GB Envo, USB 2.0 Flash Memory Storage 1GB Envo, USB 2.0 Flash Memory Storage 2GB Mini, USB 2.0 Memory Storage 2GB with necklace Nano USB 2.0 Memory Storage 1GB with necklace Nano USB 2.0 Memory Storage 2GB with necklace Nano USB 2.0 Memory Storage 4GB with necklace 16GB, USB Flash Drive USB Flash Drive, 2GB 4GB, USB Flash Drive 8GB, USB Flash Drive USB Flash Drive 1GB USB Flash Drive 2GB Cruzer Contour USB 2.0 Memory Storage, 8GB Micro Cruzer USB 2.0 Storage 2GB Micro Cruzer USB 2.0 Storage 8GB Cruzer Micro USB 2.0 Storage 1GB U3 Black Cruzer Micro USB 2.0 Storage 1GB U3 White Cruzer Micro USB 2.0 Storage 2GB U3 Black Cruzer Micro USB 2.0 Storage 2GB U3 White Cruzer Micro USB 2.0 Storage 4GB U3 Black Cruzer Titanium New USB 2.0 Storage 1GB U3 Cruzer Titanium New USB 2.0 Storage 2GB U3 Cruzer Titanium New USB 2.0 Storage 4GB U3 Cruzer Titanium New USB 2.0 Storage 8GB U3 Sandisk Titanium 8GB Cruzer Crossfire USB 2.0 Storage 1GB Extreme Ducati Edition USB 2.0 Storage 4GB USB 2.0 Memory Storage 2GB USB 2.0 Memory Storage 4GB USB 2.0 Memory Storage 8GB USB 2.0 Memory Storage 2GB USB 2.0 Memory Storage 4GB 4GB USB Flash Drive USB 2.0 Memory Storage, 64GB 32GB, Red USB 2.0 Memory Storage 1GB, Purple USB 2.0 Memory Storage 2GB, Black USB 2.0 Memory Storage 2GB USB 2.0 Memory Storage 4GB Yellow

OPTICAL DRIVE
DVD ROM, 16x, IDE 21 DVD ROM, 16x, SATA 22 Internal Black IDE, 20x DVD±R, 8x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 12x 29 DVD-RAM, 48x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer, support,.DVD-RW (OEM) Internal Blu-ray, SATA, Black, 4MB Cache, 5x BD-R, DVD-R Write 12x, DVD-ROM 8x, CD-R 32x 225 Internal DVD Recordable Drive, IDE, Black, 2MB Cache,DVD+R Write 20x, DVD+R 31 DL 8x, DVD 16x, CD-RW 32x, CD Read 48x Internal DVD Recordable Drive, Black, SATA, 2MB Cache, DVD+R Write 20x, DVD+R 33 DL 8x, DVD Read 16x, CD-RW 32x, CD Read 48x Internal Black IDE, 16x DVD±R, 8x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 48x CD-R, 39 32x CD-RW, Dual Layer External DVD-RW 275 Internal, Black, SATA, 20x DVD±R, 8x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 12x , 35 DVD-RAM 48x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer External DVD-RW, USB 2.0, Black, DVD+R 8x, DVD+R DL 4x, DVD-R 6x, DVD 16x, CD-RW 32x, CD-R 48x Rp.1,200,000 Internal Black IDE, 18x DVD±R, 10x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 12x 37 DVD-RAM, 48x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer (Box) Internal Black SATA, 20x DVD±R, 10x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 12x 38 DVD-RAM, 40x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer (Box) Internal DVD-RW, SATA, 20x DVD+-RW, 16 DVD+-R, 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 31 8x DVD+-R DL, 12x DVD RAM, 48 32x CD-R/RW Internal DVD-RW, IDE, Dual Layer 33 Internal 32 External Silver Slim USB 2.0/IEEE 1394 , 18x DVD±R, 8x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 120 6x DVD-RW, 12x DVD-RAM, 48x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer (OEM)

PRINTER
CANON PIXMA iP100 CANON PIXMA iP1300 CANON Pixma MP145 CANON PIXMA MX308 CANON PIXMA MX318 EPSON Stylus CX4500 EPSON Stylus CX5500 EPSON Stylus CX7300 EPSON Stylus CX8300 EPSON Stylus Photo 1390 EPSON Stylus Photo R230 EPSON Stylus Photo R290 EPSON Stylus R1900 HP Deskjet F2235 All-in-One HP Deskjet 2566 HP Business InkJet 2800 HP Deskjet D730 HP Deskjet F735 HP Officejet 470b HP Officejet 5610 All-in-One HP Officejet J3508 All-in-One HP Officejet Pro K5300 HP Officejet Pro K8600 HP Officejet Pro L7380 All-in-One HP OfficeJet Pro L7590 HP PhotoSmart 325 HP PhotoSmart B8330 HP Photosmart C4280 All-in-One HP Photosmart C4480 All-in-One HP Photosmart C7280 All-in-One HP Photosmart D5360 HP Photosmart D7260 A4, 9600 x 2400 dpi, 20/14 ppm, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 11/11 ppm, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 20/15 ppm Print, 19/17 cpm Copy, 600 x 1200 dpi Scan, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 22/17 ppm Print, 22/17 cpm Copy, 600 x 1200 dpi Scan, 33.6kbps Modem Fax, USB A4, 4800x1200 dpi, 22/17 ppm Print, 22/17 cpm Copy, 1200x2400 dpi Scan, 33.6kbps Modem Fax, USB A4, 5760 x 1440 dpi, 15/15 ppm Print, 13 cpm Copy, 600 x 1200 dpi, 1x 100 tray, USB A4, 5760 x 1440 dpi, 25/13 ppm Print, 13/13 cpm Copy, 600 dpi Scan, USB A4, 5760 x 1440 dpi, 32/32 ppm Print, 30/30 cpm Copy, 1200 x 2400 dpi Scan, 1x 120 tray, USB A4, 5760 x 1440 dpi, 32/32 ppm Print, 30/30 cpm Copy, 1200 x 2400 dpi Scan, USB A3+, 5760 x 1440 dpi, 15/15 ppm, USB A4, 5760 x 1440 dpi, 15/15 ppm, USB A4, 5760 x 1440 dpi, 37/38 ppm, USB A3+, 5760 x 1440 dpi, 17/17 ppm, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 14/12 ppm Print, 1200 x 600 dpi Scan, 8.5/5.5cpm Copy, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 20/14 ppm, USB A3+, 4800 x 1200 dpi, 24/21 ppm, 1x 150 Tray, Parallel & USB A4, 4800 x 1200 dpi, 28/22 ppm, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 28/22 ppm Print, 28/22 cpm Copy, 1200 x 2400 dpi Scan, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 22/18 ppm, 1x 50 Tray, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 20/13 ppm Print, 20/13 cpm Copy, 1200 x 2400 dpi Scan, 33,6kbps Modem Fax, 1x 100 Tray, USB A4, 1200x1200dpi, 15 ppm Print, 15 cpm copy, 1200 dpi scan, 33.6 kbps Modem Fax, 1x100 Tray, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 36/35 ppm Print, 1x 250 tray, USB A3+, 4800 x 1200 dpi, 35/35 ppm Print, 1x 250 tray, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 35/34 ppm Print & Copy, 2400 x 4800 dpi Copy & Scan, 33,6kbps Modem Fax, 1x 250 Tray, USB A4, 4800x1200 dpi Print, 1200x600 dpi Copy, 2400x4800 dpi Scan, 300x300 dpi Fax, 35/34 ppm Print & Copy, 1x 250 Tray, USB 4R, 4800 x 1200 dpi, USB A3, 4800 x 1200 dpi, 22/21 ppm, 1x 150 Tray, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 30/23 ppm Print, 30/23 cpm Copy, 1200 dpi Scan, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 30/23 ppm Print, 30/23 cpm Copy, 1200 dpi, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 34/33 ppm Print, 34/33 cpm Copy, 4800 dpi Scan, 1x 100 Sheets Tray, 33,6kbps Modem Fax, Duplex, 2.4” LCD, USB A4, 4800x1200 dpi, 32/24 ppm, Memory Card Slot, USB A4, 4800 x 1200 dpi, 34/33 ppm, 1x 100 Tray, USB, NIC 250 45 84 133 179 95 88 129 164 385 153 176 699 Rp.679,000 52 580 99 137 275 178 89 110 375 345 477 119 234 110 115 315 119 169

SOFTWARE

Operating System
MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows SBS 2003 MICROSOFT Windows Server 2008 Windows Vista Home Basic, English, DVD (Special Market), SP1 Windows Vista Home Premium, English, DVD Windows Vista Business, SP1, English, DVD Windows Vista Ultimate, English, DVD Windows SBS Standard 2003 R2, English, CD/DVD, 5 Client Windows Server Standard 2008, 32-bit/x64, English, DVD, 10 Client Office Ultimate 2007, Windows, English, DVD Office Small Business 2007, Windows, English, CD Office 2007, Windows, English, CD Office Professional 2007, Windows, English WordPerfect Office X3 Standard, Windows, English Project 2007, Windows, English, CD Creative Suite 3 Design Premium, Windows, English, DVD Creative Suite 3 Design Standard, Windows, English, DVD Creative Suite 3 Web Premium, Windows, English, DVD Creative Suite 3.3 Design Premium, Win, English, DVD Creative Suite 3.3 Master Collection, Win, English, DVD Dreamweaver CS3, Windows, English, DVD Flash Professional CS3, Windows, English, DVD Freehand 11, Windows, English Illustrator CS3, Windows, English, DVD Photoshop CS3, Windows, English, DVD Corel Draw Graphics Suite X4 Rp.1,061,750 253 314 326 587 1180 659 Rp.2,690,000 387 484 270 580 1798 1198 1598 1798 2497 400 699 365 600 649 359

Aplikasi Office
MICROSOFT Office 2007 Ultimate [BOX] MICROSOFT Office 2007 Small Business [BOX] MICROSOFT Office 2007 [BOX] MICROSOFT Office 2007 Professional [BOX] COREL OffSuite FPP MICROSOFT Project FPP

Aplikasi Grafis
ADOBE CS3 Design Premium ADOBE CS3 Design Standard ADOBE CS3 Web Premium ADOBE CS3.3 Design Premium ADOBE CS3.3 Master Collection ADOBE Dreamweaver CS3 ADOBE Flash Professional CS3 ADOBE Freehand 11 ADOBE Illustrator CS3 ADOBE Photoshop CS3 COREL Corel Draw X4

Aplikasi Keamanan dan Anti virus
AVG AVSuite FPP Internet Security Home User Edition, Up to 3 PCs, 1 Year AVG AVSuite FPP AVG Internet Security 8, 1 PC, 1 Year KASPERSKY Antivirus 2009 (1-user) Antivirus 2009, Windows, 1 User —Harga diambil dari bhinneka.com dan beberapa vendor. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Kurs US$ diambil dari klikbca.com 65 51 Rp.245,000

03/2009

23

Hardware

Tes: Motherboard
Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai
Rear Speaker Out Center & Bass Out LineIn

DFI LANPARTY DK 790FXB-M2RS
S/PDIF PS2 Optical Port Mouse LAN Port

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) Total Bobot Performa 8,40% 3,40% 3,40% 3,40% 6,40% 25,00% 2,50% 1,67% 1,67% 2,92% 0,83% 0,83% 1,25% 2,08% 3,75% 0,83% 0,42% 2,08% 0,83% 1,67% 0,83% 0,83% 1,67% 3,33% 30,00% 10,00% 10,00% 5,00% 5,00% 5,08% 4,92% 10,00% 3,00% 2,00% 5,00% 15,00% 8339,00 7621,00 4867,00 6943,00 65,60 Total Nilai Performa 3x PCI, -x PCIe x1, 3x PCIe x16 Gigabit Ethernet Triple PCI Express 4 / DDR2 / 8GB 1 / pin header -/10 / 6 Onboard + 4 Pinheader 6 Port, 4 Kabel SATA / -, Jenis Ya 3 / Windows+VIsta Ya Tidak Ada 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel Optical+Optical / 3 7-segment, backpanel I/O shield, Jumper, Smart connector, power SATA cable Total Nilai Perlengkapan Ya, Baik Total Nilai Overclock Tidak Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, driver,BIOS, manual, troubleshooting,where to buy di indonesia Total Nilai Service Total Nilai Harga 31,36 13,46 11,60 12,70 23,79 92,91 5,56 2,78 5,56 7,31 1,53 0,00 3,82 0,00 5,09 0,00 1,39 4,17 2,78 0,00 2,78 1,39 4,86 8,89 57,89 92,26 92,26 45,65 45,65 41,45 46,11 87,56 36,00 40,00 76,00 66,89

Harga: US$170 Info: Firstcom (021) 62203662 www.dfi.com

PS2 Keyboard

S/PDIF Coaxial Port

USB Port

Microphone Side Speaker Out

LineOut

Interkoneksi

Perlengkapan
Kinerja keseluruhan memuaskan, fitur tambahan Auto Boost System -

jajaran seri DK, DFI kembali DFI LANPARTY Masih darihadir denganLanpartydari kode DK 790FXB-M2RS. Melihat produk ini, sedikit berbeda dengan yang pernah kami ulas, yaitu DFI LANPARTY DK 790FXB-M2RSH. Perbedaannya memang tidak signifikan, jika DFI LANPARTY DK 790FXB-M2RSH menggunakan pendingin berjenis heatpipe, produk kali ini yang kami review hanya menggunakan heatsink biasa. Fitur, teknologi dan kelengkapan secara keseluruhan sama, tidak ada yang berbeda.

Fitur tambahan yang diusung masih berhubungan dengan fungsi overclocking, yaitu ABS (Auto Boost System), dimana dengan fungsi ini Anda bisa melakukan overcloking secara mudah. Kinerja yang dimiliki oleh produk ini tidak jauh berbeda dengan produk sebelumnya. Tentu saja, karena memang semua yang dimiliki sama, hanya berbeda di sisi pendingin saja. Tes benchmark bisa dilalui dengan baik. Baik itu tes secara sintetic ataupun gaming test. Bahkan skor PCMark05 CPU test memperoleh nilai tinggi, nyaris sempurna.

Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

Overclock

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor DFI LANPARTY DK 790FXB-M2RS DFI Technologies, LLC. AMD Phenom / Athlon X2 / Sempron, Soket AM2+ HyperTransport 3.0 (5200MT/s for AM2+) AMD 790FX + AMD SB750 4x DDR2 667/800/1066 / 8GB PCI Express x16 2.0 3x PCIe X16, 3x PCI 12x USB, Gigabit LAN 6x SATA SATA RAID User’s Manual, Auto Boost System Installation Guide, CD Driver & Application, SATA (+power) Cable, Round IDE Cable, Round FDD Cable, Smart Connector, Crossfire Bridge, Jumper, I/O Shield. Realtek ALC885 8-channel HD Audio Codec Marvell 88E8053 PCIE Gigabit LAN controller AwardBIOS 2048 KB 305mm x 245cm

Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100,00%

Total Nilai Keseluruhan

74,69

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

74,69
US$170

Spesifikasi Pengujian: AMD PhenomX4 9950BE; GeForce 8800 GT 512MB; 2x 1 GB DDR2 PC-6400; WD Raptor 74GB WD740ADFD ; Microsoft Windows XP Professional SP2

PCP AA2D-790
Rear Speaker Out PS2 S/PDIF in Clear Cmos Mouse Coaxial Port eSATA Port LAN Port Center & Bass Out LineIn

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) Total Bobot Performa 8,40% 3,40% 3,40% 3,40% 6,40% 25,00% 2,50% 1,67% 1,67% 2,92% 0,83% 0,83% 1,25% 2,08% 3,75% 0,83% 0,42% 2,08% 0,83% 1,67% 0,83% 0,83% 1,67% 3,33% 30,00% 10,00% 10,00% 5,00% 5,00% 5,08% 4,92% 10,00% 3,00% 2,00% 5,00% 15,00% 8345,00 7634,00 4852,00 6974,00 66,50 Total Nilai Performa 2x PCI, 2x PCIe x1, 2x PCIe x16 Gigabit Ethernet Dual PCI Express 4 / DDR2 / 8GB 1 / pin header 1 / pin header 10 / 6 Onboard + 4 Pinheader 6 Port, 4 Kabel SATA / 2, Jenis Biasa Ya 0 / Windows+VIsta Ya Tidak Ada 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel Coaxial / 2 7-segment, backpanel I/O shield, Switch card, power SATA cable Total Nilai Perlengkapan Ya, Baik Total Nilai Overclock Tidak Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, driver,BIOS, manual Total Nilai Service Total Nilai Harga 31,38 13,48 11,57 12,76 24,11 93,30 4,63 2,78 4,17 7,31 1,53 1,53 3,82 0,00 7,87 1,76 1,39 2,78 2,78 0,00 2,78 1,39 3,06 8,89 58,45 76,29 76,29 41,58 41,58 37,82 44,56 82,38 36,00 20,00 56,00 90,30

Harga: US$100 Info: PC Shop (021) 33733137 www.komputergamer.com

PS2 Keyboard

S/PDIF out Coaxial Port

Microphone USB Port LineOut Side Speaker Out

Interkoneksi

Perlengkapan
Harga terjangkau, performa cukup memuaskan Minim perlengkapan dan informasi, tidak ada fitur tambahan

motherboard ini Dilihat dari spesifikasi, 790X, satu tingkatmemang cukup mencengangkan. Chipset yang digunakan adalah AMD di bawah chipset terbaru dari AMD, yaitu AMD 790GX dan 790FX. Dukungan terhadap Phenom tentu sudah dimiliki oleh produk ini. Namun saat akan melakukan pengujian, kami cukup dibuat bingung oleh ulahnya. Baru setelah BIOS lama di-update dengan menggunakan BIOS board HA03 versi pabrikan Taiwan, pengujian bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Fitur dan teknologi yang diusung cukup terupdate, seperti Gigabit LAN, Audio 8ch, USB, SATAII RAID, dual PCIex x16, dan port S/ PDIF. Dari sisi kinerja, sesuai hasil benchmark yang kami peroleh, produk ini bisa diandalkan. Beberapa tes bahkan menunjukkan nilai yang cukup bagus. Harga dari produk ini cukup terjangkau jika dibandingkan produk sejenis yang lain. Keterjangkauan ini sangat sesuai dengan slogan yang dimilikinya, jika Anda kunjungi situs resminya di www.komputergamer.com, yaitu “Everyone can play game now!!”.

Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor PCP AA2D-790 PCP AMD Phenom / Athlon X2 / Sempron, Soket AM2+ HyperTransport 3.0 (5200MT/s for AM2+) AMD 770 + AMDSB600 4x DDR2 800 / 8GB PCI Express x16 2.0 2x PCIe X16, 2x PCIe X1, 2x PCI 10x USB, Audio, Dual Gigabit LAN. 6x SATA, 1x eSATA SATA RAID User Manual Guide, CD Driver & Utility, CD Driver Pack, SATA (+power) Cable, FDD Cable, IDE Cable, Switch card, I/O Shield. Realtek ALC888 8-Channel HD Audio CODEC Marvell 88E8056B PCI Express Gigabit NIC AwardBIOS 2048 KB 305mm x 245cm

Overclock
Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100,00%

Total Nilai Keseluruhan

75,15

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

75,15
US$100

Spesifikasi Pengujian: AMD PhenomX4 9950BE; GeForce 8800 GT 512MB; 2x 1 GB DDR2 PC-6400; WD Raptor 74GB WD740ADFD ; Microsoft Windows XP Professional SP2

24

03/2009

Tes: Video Card
digital alliance Radeon HD 4850 Sonic
Performa
1280 x 1024 (noAA+noAF)
Harga: US$205 Info: Megacom (021) 612-7712 www.dagraphic.com

Hardware
Nilai

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot

Hasil 3D Mark06 Score Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse
Interkoneksi

7,50% 5,00% 5,00% 7,50% 5,00% 5,00% 35,00% 2,00% 4,00% 1,00% 3,00% 2,00% 3,00% 1,00% 2,00% 1,00% 1,00% 20,00% 0,50% 0,50% 1,00% 0,25% 0,75% 0,50% 1,50% 5,00% 2,70% 2,30% 5,00% 35,00%

13278,00 159,77 54,30 7267,00 76,50 51,30 Total Nilai Performa 512 MB GDDR3 1ns 256-bit Ekstra Cooler Dual DVI, S-Video Out Tidak ada Kabel power 8pin vga, to DVI adapter Tidak ada Tidak ada Total Nilai Perlengkapan Tidak Tidak Membutuhkan ruang dual slot Mudah Biasa Biasa Ya Total Nilai Handling 1 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

17,14 8,76 12,49 11,42 5,79 12,05 67,66 10,00 15,00 5,00 15,00 10,00 15,00 0,00 5,00 0,00 0,00 75,00 10,00 10,00 10,00 5,00 10,00 10,00 20,00 75,00 18,00 46,00 64,00 84,29

Quake 4 Benchmark Ultra Quality 2048 x 1536 (4xAA+16xAF) Hasil 3D Mark06 Score Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality Total Bobot Performa

Kinerja lebih baik dari produk dan GPU sekelas

Membutuhkan ruang dua slot

produk digital menggunakan AMD/ATi Radeon Sesuai namanya, GPUproduk ini,alliance ini HD 4850. Keunikan ia sudah menggunakan komponen HSF yang tidak standar. Begitu juga untuk desain maupun konfigurasi sepenuhnya yang berbeda dibandingkan dengan desain maupun konfigurasi dari reference. Dengan kata lain, produk ini berbeda sama sekali dibandingkan dengan produk Radeon HD 4850 standar. Walau secara desain keseluruhan yang berbeda, untuk prinsip kerja memang tidak jauh berbeda.

Secara operasional, di saat pemasangan hingga ia aktif untuk dapat digunakan, semua cukup dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana, seperti proses instalasi produk video card pada umumnya. Namun yang tetap harus menjadi perhatian adalah desain HSF dual slot. Sehingga pengguna harus mempertimbangkan ruang sekitar yang akan ditempati video card. Jangan ada komponen add-on atau hal lainnya yang akan menghalangi. Selain itu juga agar sirkulasi udara lebih baik, terutama di sisi yang terdapat kipas diusahakan terdapat ruang lebih untuk jalannya aliran udara.

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel Software Game Total Bobot Perlengkapan

Handling
Kebisingan saat keadaan ‘idle’ Kebisingan saat keadaan ‘full-load’: menggunakan 3D Mark 06 Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode digital alliance Radeon HD 4850 Sonic Digital Alliance AMD Radeon HD 4850 PCI Express x16 2.0 512 MB GDDR3 685MHz 2000MHz CD Driver, Quick Instalation Guide, Kabel power 8pin vga, to DVI adapter 256-bit Dual 400MHz (800 SP, 40 TMU, 16 ROP) Ya, CrossFire Shader Model 4.0, HDR, Ati Avivo DirectX 10.1 / OpenGL 2.1 14x

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100,00%

Total Nilai Keseluruhan

75,13

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

75,13
US$205

Spesifikasi Pengujian: Intel Core 2 Extreme QX6800 2.93GHz, ASUS P5W DH Deluxe, 2X 1GB DDR2 PC-6400, WD Raptor 74 GB, Windows XP Professional Build 2600 + SP2

ZOTAC GeForce 9800 GT
Performa
1280 x 1024 (noAA+noAF)
Harga: US$170 Info: Asiaraya Computronics (021) 601-9408 www.zotac.com

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Interkoneksi

Hasil 3D Mark06 Score Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality 2048 x 1536 (4xAA+16xAF) Hasil 3D Mark06 Score

7,50% 5,00% 5,00% 7,50% 5,00% 5,00% 35,00% 2,00% 4,00% 1,00% 3,00% 2,00% 3,00% 1,00% 2,00% 1,00% 1,00% 20,00% 0,50% 0,50% 1,00% 0,25% 0,75% 0,50% 1,50% 5,00% 2,70% 2,30% 5,00% 35,00%

12322,00 150,11 53,30 5897,00 52,12 35,40 Total Nilai Performa 512 MB GDDR3 1,1ns 256-bit Ekstra Cooler Dual DVI, S-Video Out Tidak ada DVI adapter, HDMI adapter, Kabel power 6pin, Kabel HDTV, Kabel audio. Tidak ada Game XII Century Death Of Glory Total Nilai Perlengkapan Tidak Tidak Biasa Mudah Biasa Biasa Ya Total Nilai Handling 1 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

15,68 8,13 12,26 9,20 3,88 8,32 57,47 10,00 15,00 5,00 15,00 10,00 15,00 0,00 10,00 0,00 1,00 81,00 10,00 10,00 20,00 5,00 10,00 10,00 20,00 85,00 18,00 46,00 64,00 88,13

Kinerja ekstra

Suhu lebih tinggi dari standarnya

Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality Total Bobot Performa

merupakan Produk ZOTAC yang satu ini refresh dari produk dengan basis GPU GPU nVIDIA sebelumnya, GeForce 8800GT. Kami sebutkan kata refresh, dikarenakan antara GPU GeForce 9800 GT dan 8800 GT, memiliki arsitektur internal GPU yang sama persis. Baik itu untuk unit pengolah utama hingga clock rate yang dimplementasikan. Perbedaan utamanya, kini pada model 9800 GT menggunakan proses produksi 55 nm. Kelebihan lainnya, semua produk 9800 GT secara default dilengkapi memory 512

MB, dan dengan kecepatan clock 1800 MHz. Untuk produk dari ZOTAC ini sendiri, pada memory memang masih menggunakan jenis komponen standarnya. Akan tetapi, untuk komponen chip GPU diimplementasikan clocking yang mencapai 660 MHz secara default-nya. Secara performa, seperti terlihat pada tabel, cukup menjanjikan bila diperbandingkan dengan produk GeForce 8800 GT sebelumnya. Apalagi dengan overclock kecil pada GPU tersebut, produk ZOTAC ini menawarkan sesuatu yang lebih.

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel Software Game Total Bobot Perlengkapan

Handling

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode ZOTAC GeForce 9800 GT ZOTAC International (MCO) Limited. nVIDIA GeForce 9800 GT PCI Express x16 2.0 512 MB GDDR3 660MHz 1800MHz Manual, Quick Installation Guide, CD driver, DVD Game, DVI adapter, HDMI adapter, Kabel power 6pin, Kabel HDTV, Kabel audio. 256-bit 400MHz (112 SP, 56 TMU, 16 ROP) Ya, SLI Shader Model 4.0, HDR, nVIDIA PureVideo HD DirectX 10 / OpenGL 2.1 16x

Kebisingan saat keadaan ‘idle’ Kebisingan saat keadaan ‘full-load’: menggunakan 3D Mark 06 Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100,00%

Total Nilai Keseluruhan

74,61

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

74.61
US$170

Spesifikasi Pengujian: Intel Core 2 Extreme QX6800 2.93GHz, ASUS P5W DH Deluxe, 2X 1GB DDR2 PC-6400, WD Raptor 74 GB, Windows XP Professional Build 2600 + SP2

03/2009

25

Special Report

Microsoft Windows 7

Inilah Definisinya!
BitLocker
Atau lengkapnya adalah Bitlocker Drive Encryption, yaitu fitur data proteksi yang diintegrasikan ke dalam Windows Vista, dan berfungsi menyediakan enkripsi ke keseluruhan OS. Bitlocker hanya terdapat pada Vista edisi Enterprise dan Ultimate. Secara default, Bitlocker menggunakan algoritma enkripsi AES (Advanced Encryption Standard) dalam mode CBC (Cipherblock chaining) 128 bit.

OneCare
Atau lengkapnya Windows Live OneCare, adalah layanan keamanan komputer dan peningkatan performa dari Microsoft untuk Windows. Software-software yang ada disitu harus dengan biaya berlangganan dan bisa digunakan hingga 3 PC.

Baru-baru ini, Microsoft merilis Windows 7 Beta build 7000 yang bisa didownload secara gratis dari www.microsoft.com/windows/windows-7/betadownload.aspx.

Ribbon
Widget GUI berupa lembaran yang melintasi window dan menampilkan semua fungsi dari program dalam satu tempat saja. Ide utama di balik ribbon adalah meningkatkan kegunaan, dengan menggabungkan semua fungsi dan perintah dalam sebuah tempat yang mudah dikenal. Jadi pengguna tidak perlu mencari dalam menu yang bercabang-cabang, di dalam toolbar atau di dalam task pane untuk mencari perintah yang diinginkan.

K

enapa namanya Windows 7? Padahal tadinya itu hanyalah nama kode yang dipakai oleh Microsoft untuk OS terbarunya ini. Microsoft memang suka menggunakan sistem penamaan yang berubah-ubah. Coba perhatikan, mereka menggunakan sistem penamaan versi seperti yang ada di Windows 3.1, dan Windows 3.11. Setelah itu, mereka menggunakan sistem penamaan tahun seperti pada Windows 95, Windows 98, dan seterusnya. Lalu mereka menggunakan sistem penamaan yang mereka sebut sebagai aspiratif, seperti pada XP atau Vista.

Lantas, sistem penamaan apakah yang digunakan oleh Windows 7? Microsoft mengklaim nama Windows 7 digunakan karena OS tersebut adalah rilis Windows yang ketujuh. Padahal kalau diurut-urut, Windows 7 bukanlah rilis Windows yang ketujuh. Ada yang menghitung ini adalah yang kesembilan. Sedangkan menurut Wikipedia, Windows 7 adalah Windows versi ke-27 yang pernah dirilis oleh Microsoft. Di edisi kali ini, PC Mild akan mencoba menampilkan ulasan singkat tentang fitur-fitur terbaru yang ada di Windows 7. Buat yang ingin mencoba dan sudah mendapatkan installer-nya, Windows 7 membutuhkan spesifikasi minimum processor 1 GHz, memory 1 GB, sisa harddisk 16 GB, video card yang mendukung DirectX 9 dengan memory 128 MB, dan DVD drive.

Instalasi
udah pernah menginstal Vista? Jika sudah, pastinya tidak akan menemui kesulitan dalam menginstal Windows 7. Berikut akan kami tampilkan langkah-langkahnya: DVD 1Masukkan tampilaninstaller-nya. Setelah masuk di layar pertama, akan muncul yang sama persis seperti installer Vista.

S

masukkan serial number atau key miliki. Jika belum ini dilakukan 7Selanjutnya, punya, tidak apa-apa. Prosesproductbisa yang Anda setelah Windows selesai diinstal.

Windows Experience Index
Bagian dari Windows System Assessment Tool (WinSAT) yang mengukur karakteristik performa dan kapabilitas hardware yang sedang berjalan. Laporan hasil pengukuran ini disebut Windows Experience Index, dan ditampilkan dalam bentuk skor. WEI mengandung 5 subskor yaitu prosesor, memory, grafis 2D, grafis 3D dan disk.

2Di jendela berikutnya, klik Install now. selanjutnya, 3Di layar the licenseklik pada I accept terms.
Karena di sini kami ingin melakukan fresh instal, maka di opsi berikutnya kami pilih Custom. drive ingin 5Pilih Next. atau partisi yangSetelah dipakai oleh Windows 7. itu, klik

Windows Live ID
Dikenal juga sebagai Microsoft Passport, .NET Passport, atau Microsoft Passport Network. Windows Live ID adalah layanan tunggal yang dikembangkan Microsoft untuk login ke berbagai website hanya dengan menggunakan satu account saja. Website-website tersebut antara lain Hotmail, MSNBC, MSN, Xbox Live, .NET Messenger Service, dan Zune.

4

XPS
Singkatan dari XML Paper Specification, dulunya bernama Metro, adalah spesifikasi untuk bahasa deskripsi halaman, dan format dokumen tetap yang dikembangkan Microsoft. XPS ditujukan sebagai pengganti format Enhanced Metafile (EMF). Aslinya, XPS adalah file ZIP yang menggunakan Open Packaging Convention. Isinya antara lain XML markup, teks, font, gambar raster, grafis vektor 2D, dan informasi DRM.

prosesnya, PC 6Ikutiselesai, tulis setelah ituyang akan di-restart. Setelah proses restart password akan Anda pakai untuk login.

8Sesuaikan jam dan zona waktu.
03/2009

Setelah itu, Windows siap digunakan.

26

Microsoft Windows 7
Cara Mendapatkan Serial Number/Product Key Saat tulisan ini dibuat, beginilah cara mendapatkan serial number untuk Windows 7: dan kunjungi www.microsoft.com/ 1Buka Internet Explorer, 32-bit version dengan versi windows/windows-7/beta-download.aspx. Scroll ke bawah, dan cari opsi Download English. Klik Go.

Special Report

4

Setelah itu, Anda akan dikirimi e-mail verifikasi oleh Microsoft. Buka e-mail Anda, dan buka link yang ada di dalam e-mail verifikasi tersebut.

Anda akan diberikan serial number-nya, dan link untuk 5Setelah berhasil diverifikasi, *2umen-download Windows 7 2Selanjutnya, klik Activate Windows online now. Beta. 3Masukkan serial number yang tadi didapat.

Aktivasi Setelah serial number didapat, saatnya untuk mengaktivasi. Sebelumnya, pastikan Anda dalam keadaan terhubung ke Internet. Selanjutnya, 2untuk login. gunakan Windows Live ID milik Anda 3Kemudian isi form-nya.

1

Buka Control Panel, All Control Panel Items, System. Lalu klik Activate Windows now.

4Serial number akan diverifikasi, dan bila sukses akan muncul tampilan seperti ini.

Tampilan
Taskbar Saat kali pertama masuk ke desktop, Anda akan melihat tampilan desktop yang sederhana dan bersih. Dari situ, yang terlihat sangat berbeda dari semua versi Windows yang pernah dirilis Microsoft adalah taskbar-nya yang baru. Di taskbar tersebut, Windows 7 hanya menampilkan icon-nya saja, tidak beserta nama aplikasi yang sedang aktif. diklik kanan , atau aplikasi tetap muncul di taskbar. Start Menu Buat yang sudah familiar dengan start menu di Vista, tentu Anda akan menemui hal yang baru di start menu milik Windows 7. Misalnya saja tombol Shut Down yang lebih sederhana, dan lebih efektif. Lalu saat melakukan pencarian melalui search box, start menu tersebut akan bertransformasi menjadi lebih lebar. Aero Snaps Di Windows 7, salah satu kemudahan dalam mengatur jendela yang muncul adalah dengan men-drag-nya saja. Untuk me-restore jendela dari ukuran maksimal menjadi misalnya setengah layar saja, yang perlu dilakukan cuma men-drag jendela maksimal itu ke

Selain itu juga akan muncul thumbnail preview seperti yang ada di Vista. Namun thumbnail preview di Windows 7 jauh lebih baik karena saat Anda menaruh kursor di atas salah satu preview itu, akan ditampilkan juga jendela aslinya. Masih di taskbar, ada fitur baru bernama pin. Dengan pin ini, Anda bisa membuat sebuah file tetap muncul sewaktu icon-nya

03/2009

27

Special Report

Microsoft Windows 7
System Tray Ada sedikit evolusi pada system tray yang ada di Windows 7. Jika Anda perhatikan, di pojok kanan bawah di samping jam, ada area kosong yang tersisa. Coba taruh kursor Anda di situ, maka semua jendela yang ada akan langsung berubah menjadi transparan sehingga tampilan desktop terlihat. Fitur ini bernama Aero Peek. Themes Di Windows 7, pemilihan theme untuk desktop lebih dibuat variasi. Theme dengan tampilan yang disertai efek gelas transparan, dimasukkan di kategori Windows Theme. Selain itu, jika Anda memilih salah satu Windows Theme, misalnya Landscape atau Light Aura, maka gambar wallpaper-nya akan bisa berganti sendiri secara otomatis.

arah kiri tanpa harus mengklik tombol restore, dan lepas klik. Begitu juga untuk memaksimalkan jendela menjadi maksimal. Tinggal drag saja jendela kecil ke arah atas, dan lepas kliknya. Seketika itu juga jendela akan berubah menjadi maksimal. Aero Shake Kali pertama mencobanya, kami sempat tersenyum simpul. Dapat darimana mereka ide seperti ini. Aero Shake sangat berguna untuk membersihkan semua jendela yang sedang aktif, meminimalkannya, dan hanya tinggal satu jendela saja yang aktif. Contohnya begini, misalnya jendela Wordpad, Calculator, Notepad, IE, Explorer, Control Panel, dan lain-lainnya sedang aktif. Nah, Anda ingin semua jendela itu diminimalkan, hanya tinggal jendela Calculator saja yang aktif. Cara menggunakan Aero Shake adalah dengan mengklik jendela Calculator itu, tahan kemudian goyang-goyangkan dengan menggunakan mouse. Seketika itu juga semua jendela akan diminimalkan, kecuali Calculator. Untuk mengembalikan lagi ke semula, goyang lagi jendela Calculator itu. Sedangkan untuk themes yang tidak dilengkapi efek gelas transparan atau tidak mendukung Aero, dimasukkan ke dalam kategori Ease of Access Theme. Perubahan lainnya pada system tray adalah semua icon yang sifatnya ekstra akan disembunyikan di balik tanda panah kecil. Sedangkan icon yang sifatnya penting, seperti contohnya icon Action Center, power, network, dan volume akan selalu hadir. Jika ingin menambahkan, Anda harus melakukannya secara manual melalui Notification Area Icons.

Fitur
Gadget Di Vista, sewaktu sehabis diinstal akan muncul Sidebar yang berisi gadget. Tapi di Windows 7, untuk memunculkan gadget Anda harus melakukannya secara manual. Yaitu dengan mengklik kanan area kosong di desktop, dan pilih Gadgets. Pilih gadget yang diinginkan, dan gadget akan muncul di sebelah kanan desktop. Action Center Action Center atau yang merupakan penerus dari Security Center adalah pusat dari semua peringatan, serta aksi yang bisa membantu Windows Anda berjalan dengan lancar. Salah satu fitur yang ada di balik Action Center ini adalah User Account Control (UAC). Kita semua tahu, bahwa fitur UAC ini sangat menyebalkan, tapi sekaligus bermanfaat. Di Vista, opsi yang ada untuk UAC hanyalah On/Off. Di Windows 7, kita diberi empat opsi bagaimana UAC akan bereaksi. Display Settings Ada beberapa hal yang berubah di dalam Display Setting milik Windows 7. Seperti misalnya ada fitur Orientation yang bisa memutar-mutar layar menjadi Landscape atau Portrait. Lalu bila komputer Anda Windows Experience Index Di Vista, range nilai Windows Experience Index (WEI) yang dipakai adalah antara 1.0-5.9. Di Windows 7, range nilai tersebut ditingkatkan menjadi 1.0-7.9. WEI memang terus meningkat sesuai dengan perkembangan hardware ke depan. Bukan tidak mungkin, di versi-versi Windows berikutnya, nilai tersebut bisa menjadi 1.0-10 misalnya. Calculator Di Windows sebelum Windows 7, kalkulatornya hanya memiliki dua mode saja, yaitu standard dan scientific. Sedangkan Windows 7 memberikan tambahan dua mode lagi, yaitu programmer dan statistics. Bahkan disediakan template untuk melakukan penghitungan konsumsi bahan bakar, dan pinjaman. Interface Ribbon Buat yang sudah menggunakan Office 2007, tentu tidak asing dengan fasilitas ribbon. Nah, di Windows 7, ribbon juga dihadirkan pada kedua aplikasi standar, yaitu Paint dan Wordpad. Khusus untuk Wordpad, sekilas tampilannya mirip sekali dengan Word 2007. Sangat berbeda sekali dengan Wordpad versi-versi sebelumnya. PowerShell PowerShell adalah Command Prompt yang dipermak habis, dan membebaskan Anda dari keterbatasan batch script yang dimiliki DOS. Sebenarnya, PowerShell sudah mulai bisa digunakan di XP dan Vista, tapi harus di-download terlebih dahulu. Sementara di Windows 7, PowerShell sudah terintegrasi langsung. PowerShell tersedia dalam dua jenis, yaitu Windows PowerShell V2 ISE (Integrated Scripting Environment) dan Windows PowerShell V2. Pada Windows PowerShell V2 ISE disertakan GUI dan menyediakan debugger, syntax highlight, dan fitur tab. Koneksi Wireless yang Lebih Mudah Fenomena netbook yang saat ini sedang mewabah mungkin jadi pertimbangan akan fitur ini. Koneksi wireless di Windows 7 cukup dilakukan dengan sekali klik saja, karena tersedianya icon koneksi yang simpel dan efektif. DirectX DirectX 10 yang ada di Vista rupanya tidak berumur panjang, karena di Windows 7 Microsoft sudah memperkenalkan DirectX 11. Menurut rumor yang beredar, nVIDIA dan ATi sudah mulai mengerjakan produk mereka yang mendukung DirectX 11. Rencananya, produk-produk itu akan dirilis beberapa bulan sebelum Windows 7 resmi diluncurkan. Sedangkan untuk game-game yang mendukung DirectX 11, diperkirakan akan dirilis pada tahun 2010. HomeGroup HomeGroup adalah teknologi untuk sharing di jaringan, dan menyediakan tiga fungsi dasar. Pertama, HomeGroup akan mengidentifikasi dan menghubungkan diri dengan lainnya pada home network. Kedua, HomeGroup mengizinkan Anda untuk memutuskan apa yang akan di-sharing dengan PC lain. Ketiga, HomeGroup mengizinkan Anda untuk melihat dan mengakses resource yang di-sharing oleh PC lain di dalam HomeGroup. HomeGroup juga menyediakan password untuk PC lain yang akan gabung ke dalamnya. Password tersebut dihasilkan secara otomatis oleh Windows.

mendukung, akan muncul opsi koneksi ke proyektor.

28

03/2009

Microsoft Windows 7
Windows Media Player 12 Salah satu langkah besar yang dilakukan Microsoft dalam Windows Media Player (WMP) versi ini adalah dukungannya terhadap format-format umum, yang tadinya tidak didukung oleh WMP versi-versi sebelumnya. Format-format yang baru didukung itu adalah AAC, MPEG-4, H.264, AVI dalam kompresi XviD/DivX. Jadi, kemungkinan besar Anda tidak perlu menginstal codec tambahan hanya untuk menonton file AVI yang dikompres dengan DivX. Windows Defender Bila aplikasi lain mendapat suntikan fitur yang berlebih, maka Windows Defender justru sebaliknya, malah dikurangi. Salah satu fitur yang dikurangi adalah tidak adanya Software Explorer. Mungkin salah satu alasannya adalah Software Explorer akan disertakan di dalam layanan OneCare yang bukan gratisan. Sticky Notes Masih menggunakan kertas stiker yang ditempelkan di pinggir monitor untuk membantu Anda mengingat suatu janji. Sudah bukan zamannya lagi. Sekarang Windows 7 sudah mengintegrasikan Sticky Notes. Warna kertasnya pun bisa diubahubah untuk membantu membedakan. Devices and Printers Di Windows 7, Microsoft menghadirkan sebuah fitur baru bernama Devices and Printers yang memberikan interface bagi user untuk menangani perangkat yang sedang terhubung. Tapi ingat, Devices and Printers tidak menggantikan fungsi Device Manager yang lebih kompleks. Salah satu contoh fungsi yang diberikan Devices and Printers antara lain mengatur setting mouse. BitLocker To Go Di Vista, kita mengenal BitLocker yang hanya bisa digunakan di drive yang ada Windows-nya. Kini di Windows 7, BitLocker bisa diimplementasikan ke semua drive. Tapi salah satu kemajuan besar yang dilakukan BitLocker adalah adanya tambahan BitLocker To Go. Fitur dasarnya sama seperti BitLocker, namun bisa diimplementasikan ke media penyimpanan portabel, seperti USB flash disk. Oleh karena itu, seandainya UFD itu dicuri dan dipasang di PC berbeda, datanya tidak bisa diakses. Credential Manager Fitur ini mengizinkan Anda untuk menyimpan info penting seperti user name dan password sehingga memudahkan Anda untuk melakukan login ke website atau jaringan yang memintanya. Info-info tersebut disimpan di dalam Windows Vault, dan bisa dibackup/restore ke file Managed Information Card. XPS Viewer Untuk membaca atau melihat isi dari dokumen berformat XPS, pengguna Vista dipaksa menggunakan Internet Explorer. Kini di Windows 7, aplikasi XPS Viewer sudah terintegrasi. XPS merupakan format yang ingin dijadikan pesaing dari PDF milik Adobe. Internet Explorer 8 Pada tampilan, IE 8 tidak jauh berbeda dengan IE7. Tentu ada banyak sekali fitur yang dibawa oleh IE 8 ini. Salah satu fitur itu adalah

Special Report

InPrivate Browsing yang mirip dengan fitur Incognito pada Google Chrome. Saat user mengaktifkan InPrivate Browsing, IE8 tidak akan menyimpan history, cookie, password ataupun cache.

Waktu Booting Lebih Cepat Windows 7 diklaim oleh Microsoft bisa melakukan booting lebih cepat dibanding dengan Windows versi sebelumnya. Kami sendiri tidak sempat melakukan perbandingan itu. Tapi dari waktu yang kami catat, netbook yang kami gunakan sebagai kelinci percobaan sanggup melakukan booting mulai dari menekan tombol power sampai masuk ke desktop, bisa dilakukan dalam waktu 36 detik. Netbook yang kami pakai memiliki spesifikasi Intel Atom 1,6 Ghz, memory 1 GB, dan harddisk SATA 60 GB. Sedangkan di notebook dengan spesifikasi Intel Pentium T2330 1,6 GHz, memory 2 GB, dan harddisk SATA 120 GB, bootingnya memakan waktu 44 detik. Namun ada sebuah website yang kami temukan, dan mereka melakukan komparasi tersebut. Hasil yang mereka dapat adalah booting Windows 7 lebih cepat daripada Windows yang lain. Jika Anda ingin melihat hasil komparasinya, silakan cek http:// tinyurl.com/8x28zc. Tentu saja, waktu booting yang dibutuhkan oleh Windows 7 akan berbeda-beda di setiap PC, karena konfigurasi hardware yang berbeda-beda. Fitur yang Hilang Selain penambahan fitur, ternyata Microsoft menghilangkan beberapa fitur yang tadinya menjadi fitur default di beberapa Windows versi sebelumnya. Fitur-fitur tersebut adalah Windows Mail, Calendar, Photo Gallery, Movie Maker, dan Contacts. Kelima fitur itu bisa di-download secara terpisah melalui Windows Live Essentials di alamat http://download.live.com/.

FAQ dan Kesimpulan
FAQ Berikut ini kami kumpulkan beberapa pertanyaan yang mungkin akan/sering ditanyakan oleh pengguna yang ingin mencoba Windows 7. FAQ ini kami kompilasi dari beberapa sumber. Q: Darimana kami bisa mendapatkan installer Windows 7 Beta build 7000? A: Ikuti langkah yang sudah kami jelaskan. File ISO tersebut berukuran sekitar 2,4 GB. Tapi jika Anda tidak berhasil mendapatkannya, dapatkan installer yang sudah siap pakai di DVD PC Media reguler edisi 3/2009, yang terbit tanggal 5 Februari 2009. Q: Apa yang harus kami lakukan dengan file ISO tersebut, kenapa tidak bisa langsung diinstal? A: File ISO tersebut harus di-burn ke DVD. Anda bisa menggunakan Nero, UltraISO, Alcohol, ImgBurn, dan lain-lain untuk mem-burn ISO tersebut. PC Mild telah beberapa kali menampilkan cara mem-burn ISO yang benar. Q: Sampai kapan kami bisa menggunakan Windows 7 versi Beta ini? A: Versi Beta ini akan berakhir masanya pada tanggal 1 Agustus 2009. Setelah tanggal itu, gunakan kembali OS yang sebelumnya Anda pakai. Q: Lalu apa yang terjadi setelah tanggal 1 Agustus. Apakah ada perpanjangan atau ada versi Windows 7 yang lebih baru? A: Bisa jadi nanti ada versi Beta build xxx atau bahkan versi Release Candidate. Rencana ini hanya Microsoft yang tahu. Q: Jika spesifikasi PC saya tidak memenuhi spesifikasi minimum, apakah Windows 7 tetap bisa diinstal? A: Spesifikasi minimum dianjurkan agar Windows 7 bisa berjalan dengan lancar. Mungkin saja Windows 7 bisa diinstal di PC yang spesifikasinya lebih rendah dari spesifikasi minimum. Anda harus mencobanya sendiri. Q: Apakah kami butuh lisensi untuk menginstalnya di PC saya? A: Sama seperti Vista, apabila tanpa serial number Anda bisa mencobanya bebas selama 30 hari, namun dengan fungsionalitas yang dibatasi. Q: Bagaimana dengan driver-nya? A: Windows 7 bisa menggunakan driver milik Vista. Bahkan Anda tidak membutuhkan driver sama sekali, karena database driver yang dimiliki Windows 7 sangat banyak. Pada netbook yang kami pakai sebagai bahan percobaan, setelah Windows-nya diinstal, semua hardware terdeteksi dengan sempurna, tanpa ada instalasi driver tambahan. Q: Apakah Windows 7 bisa di-dual boot dengan Vista/XP? A: Bisa. Q: Jika seandainya terjadi masalah, siapa yang harus kami hubungi? A: Tidak ada. Microsoft sendiri tidak menyediakan dukungan teknis untuk Windows 7 versi Beta ini. Dengan mencoba versi beta, semua risiko Anda tanggung sendiri. Oleh karena itu kami sarankan, jika ingin mencoba versi beta, gunakan di harddisk yang terpisah dari harddisk yang Anda gunakan sehari-hari. Atau jika harus menggunakan harddisk yang sama, pastikan data-data penting Anda sudah di-backup. Kesimpulan • Dari beberapa rekan di redaksi yang turut mencoba Windows 7 Beta di komputernya, rata-rata mereka merasa Windows 7 Beta lebih ringan, dan lebih puas daripada menggunakan Windows Vista.
Informasi Lebih Lanjut

• Bagi pengguna yang sudah familiar dengan Windows Vista, maka akan lebih mudah beradaptasi dengan Windows 7. • Kalau boleh jujur dan sedikit bercanda, seharusnya Microsoft tidak memberi nama Windows 7, tapi Windows Vista SP3 atau Windows Vista Special Edition. Karena tampilan dan fiturnya banyak yang terdapat di Vista, namun dalam kondisi lebih bagus dan lebih siap daripada Vista. • Tentu masih ada kekurangan di sana-sini, mengingat ini masih versi beta. Kesimpulan akhir apakah itu baik atau buruk, tentu saja didapat apabila Windows 7 sudah resmi diluncurkan, dan sudah dicoba oleh berbagai kategori user. • Sedikit intermezzo dan berpromosi, PCMAV 2.0 Beta yang saat ini dalam tahap pengembangan, fitur RTP-nya sudah kompatibel dengan Windows 7, walaupun masih ada yang harus sedikit diperbaiki.

• www.microsoft.com/windows/windows-7/beta-download.aspx • www.winsupersite.com/win7 • www.howtogeek.com/howto/the-geek-blog/what-youshould-expect-from-the-windows-7-beta/

03/2009

29

Windows Vista

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Administrator
Merupakan sebutan untuk peringkat tertinggi user account khusus pada sistem, dan memiliki wewenang terbesar untuk melakukan perubahan perubahan pada sistem. Pemisahan wewenang administrator dari user normal akan meminimalisasi penginfeksian virus dan malware. Sejumlah sistem operasi yang bertujuan untuk penggunaan rumahan seperti MS-DOS dan Windows 9x, tidak memiliki konsep user account ganda, dan dengan demikian tidak memiliki account administrator terpisah. Semua orang yang menggunakan sistem memiliki wewenang yang sama.

Windows Vista
Mengubah Waktu Muncul Notification Dialog
Untuk berinteraksi dengan user, pada kondisi dan periode waktu tertentu komputer akan memunculkan notification dialog berisi informasi atau pemberitahuan yang akan dibutuhkan oleh user.

Biasanya, pesan akan muncul dalam waktu yang cukup singkat. Anda dapat mengubah waktu munculnya pesan menjadi lebih lama, dengan mengikuti langkah langkah berikut:

File
Istilah untuk sumber penyimpanan informasi pada komputer dengan variasi tipe yang dapat dibuka atau dijalankan menggunakan aplikasi aplikasi yang sesuai. Sebuah file memiliki ukuran yang diekspresikan dengan sejumlah hitungan byte, yang mengindikasikan seberapa banyak ruang penyimpanan yang akan dihabiskan untuk menyimpan sebuah file. File dapat dipindahkan, diberi nama atau dihapus langsung menggunakan aplikasi file manager seperti Windows Explorer, pada pengguna komputer berbasiskan Windows.

1Klik tombol Start-Control Panel. 2Jendela Control Panel akan terbuka pada layer. Access 3Pilih opsi Ease ofPanel. pada jendela Control

6Pilih opsi dengan kalimat Make it easier to focus on tasks. How long should Windows notification dialog boxes stay 7Lakukan scroll hingga Anda menemukan pilihanopen. Klik pada menu untuk menentukan waktu.

menu Ease of Access 4Klik padaCenter pada jendela berikutnya. akan 5Sejumlah menubagian tampil, lakukan scroll ke bawah.

, dan Save setelah selesai. 8Klik tombol Anda dapat me-restart komputer.

Notification
Salah satu bentuk interaksi aplikasi atau komponen sistem operasi dengan user. Aplikasi ini diwakili oleh icon pada system tray untuk menciptakan sebuah dialog pop-up berisi informasi singkat mengenai event yang sedang berjalan atau masalah yang terjadi. Jendela ini kali pertama diperkenalkan pada Windows 2000, dan dikenal secara luas sebagai “balloons”. Pada awalnya, fitur ini menerima kritik pedas karena kemunculannyayangkadangterasamengganggu. Terutama ketika sebuah aplikasi full screen sedang dijalankan, seluruh aplikasi akan di-minimize otomatis ketika balloon tersebut muncul. Perbaikan dilakukan pada Windows Aero, dimana notification tidak lagi terlalu mengganggu dengan kemunculan yang semakin lama samar dan menghilang, serta ditahan untuk tidak tampil jika aplikasi full screen sedang dijalankan.

Windows Vista
Memunculkan Pilihan Checkbox
Walaupun pada umumnya perbedaan antara Vista dan XP adalah penyederhanaan tampilan dengan menghilangkan sejumlah atribut menu dan item, ada pula penambahan fitur yang dilakukan untuk kemudahan user.

Salah satunya adalah pilihan untuk menyeleksi file dengan menggunakan checkbox yang dapat Anda aktifkan dengan menerapkan cara berikut:

1Tekan

+

untuk membuka jendela Windows Explorer.

3Klik pada menu Tools – Folder Options. tab pada jendela muncul, dan scroll ke 4KlikhinggaView lakukan menu yang bawah menemukan Use
check boxes to select items. Klik . sam5Andafiakan melihat bahwa dikhusus ping le akan terdapat area untuk checkbox.

Pop-up
Bekerja pada sistem operasi dengan Graphical User Interface (GUI) yang muncul sebagai bentuk interaksi user dan komputer. ketika user melakukan suatu perintah fisik yang berfungsi sebagai pemicu. Pada sistem operasi Windows, Mac OS X atau Unix, yang umum digunakan adalah melakukan klik kanan pada mouse, yang akan memunculkan list menu tersebut pada layar. Apabila Anda melakukan klik kanan pada file, pop-up menu akan menyajikan sekumpulan perintah yang dapat dieksekusi pada file tersebut.

Tekan tombol 2Windows Explorer. pada keyboard untuk memunculkan Menu Bar pada

30

03/2009

Tip & Trik

Windows Vista

Windows Vista
Menghilangkan Deskripsi Pop-up
Ketika Anda mengarahkan kursor menuju sebuah file, otomatis system akan menampilkan deskripsi singkat mengenai file tersebut yang muncul dalam bentuk teks pop-up.

4

Navigasikan kursor pada key berikut ini: HKEY_ CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\Explorer\Advanced.

6 7Ubah1angka yang0.tercantum dari menjadi Klik OK. Tutup registry.

Klik kanan pada variabel tersebut, dan pilih Modify.

Jika Anda merasa fitur ini tidak diperlukan, Anda dapat memilih untuk menghilangkannya dengan mempraktikkan cara berikut ini:

Anda 8Jikatersebutsekarangfimengarahkan kursor pada le, deskripsi telah hilang.

1Buka jendela Windows Explorer dengan menggunakan kombinasi shortcut , dan arahkan kursor pada file. Klik Start, 2dan tombolperintah ketik regedit pada kolom Start Search.

item 5Carilah ini. ShowInfoTip pada panel sebelah kanan berikut

3Jendela Registry Editor akan muncul pada layar.
Windows Vista
Me-reset Pin Area
Pada Vista, Anda dapat meletakkan icon dari aplikasi yang sering digunakan pada Start Menu dengan sangat mudah. Ini akan sangat menghemat waktu, jika Anda secara rutin selalu menggunakan beberapa aplikasi.

pada item tersebut, dan 6Klik kananpilih Delete.

Namun jika merasa pengaturan yang telah dibuat dengan banyak icon ditempatkan pada Start Menu terlihat terlalu ruwet, Anda dapat mengembalikannya seperti semula dengan mengikuti langkah langkah berikut ini: Start se1Klik pada MenuyangMenu, dijumlah aplikasi telah pin pada Start akan terletak di deretan teratas Start Menu.

3Jendela Registry Editor akan tampil di layar. 4Navigasikan kursor menuju key berikut ini: HKEY_ CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\Explorer\StartPage.

7Restart komputer Anda. yang telah di-pin 8Icon icon menyisakanhilang, sebelumnya telah dan hanya icon
default.

2Ketikkan perintah regedit pada kolom Start-Start Search.
Windows Vista
Bypass UAC
Walaupun menggunakan account Administrator, setiap Anda akan menjalankan sebuah aplikasi, peringatan User Account Control akan muncul untuk mengonfirmasikan layak tidaknya program tersebut dijalankan.

5Cari item Favorites pada panel sebelah kanan.
Name. Dan pastikan opsi Run with highest privileges telah tercentang. pada tab Actions, klik 5Kliktombol New. dan Conditions, dan hilangkan tanda centang pada opsi Start the task only if the computer is on AC power. tab Settings, 11Pada runpilihan demand pastikan Allow task to on telah tercentang. Klik OK. kembali ke jendela utama Task 12Anda akanTask ScheScheduler, klik duler Library, dan perhatikan bahwa task yang baru Anda buat telah tercantum. Berikutnya tinggal membuat shortcut pada desktop. Klik kanan pada desktop, dan pilih New-Shortcut. path 14Isikan tersedia:lokasi berikut ini pada kolom yang C:\ pada tab Actions. 9Action tadi akan terekam Windows\System32\ schtasks.exe /run /tn

Apabila Anda rutin menjalankan sebuah atau beberapa aplikasi dan tidak ingin repot dengan kemunculan UAC yang berulang, Anda dapat membuat shortcut khusus untuk melakukan bypass UAC khusus pada program tersebut. Berikut langkah langkahnya:

kasikan action yang akan 6Spesifidilakukan, misalnya Start a program. aplikasi Anda dan klik 7Browse jalankan, yang akan tombol Open.

1

Ketik perintah Task Scheduler pada kolom Start-Start Search.

13

dengan jendela Task 2Anda akan dihadapkan Scheduler. Klik menu 3nan Anda. panelCreate Task pada sebelah ka

8

Setelah Anda menemukan lokasi aplikasi, klik OK.

tab General, beri nama 4Pada task baru, misalnya Task- 10Bila Anda menggunakan pada laptop, pindah pada tab

“TaskName”. Klik Next. Shortcut menuju aplikasi telah tercipta.

03/2009

31

Office

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Advanced Filter
Filter yang mengizinkan Anda untuk menggunakan kriteria yang kompleks dalam memfilter sebuah range data di Excel. Contohnya, membuat daftar pelanggan dari sebuah daftar pesanan, atau mengkompilasi daftar dari produk yang terjual.

Microsoft Excel
Subtotal dengan IF dan Paste Special
Misalkan Anda membuat daftar transaksi bulanan dimana setiap kode account bisa muncul beberapa kali. Di akhir bulan, Anda harus mengorganisasi dan menghitung subtotal data berdasarkan kode account. Ada beberapa cara untuk melakukan itu, diantaranya adalah dengan menggunakan peryataan IF yang digabungkan dengan Paste Special.

Klik Values, dan kemudian klik OK untuk mengubah formula pada C2:D13 menjadi value (nilai). Klik sembarang sel pada daftar, dan kemudian pada tab Data, di grup Sort & Filter, klik Sort. Pastikan yang terpilih adalah Short by Pakai?, dari Largest to Smallest. Biarkan pilihan lainnya, dan kemudian klik OK.

7

8

Ascending
Metode untuk menyortir data secara alfabetikal (A ke Z) atau secara terurut (0-9). Kebalikan dari ascending adalah descending.

Untuk menghitung subtotal dengan IF dan Paste Special: sembarang sel pada daftar, 1Klik kemudian padaklik Sort. di dan tab Data, grup Sort & Filter, yang adalah Short Account, dan secara 2PastikanbyBiarkanterpilih lainnya, Ascending. pilihan dan kemudian klik OK. yang bernilai kolom 9Untuk barisdan totalaccountTRUE padatersebut D, daftar nomor ditampilkan pada kolom A, untuk account ditampilkan pada kolom C. formula ke kolom C yang akan 3Masukkanmenghitung totalselsetiap accout. Sebagai contoh, pada C2: =IF(A2=A1,C1+B2,B2). formula kolom 4Masukkanakan setiap keaccount. D yang mengidentifikasi entri terakhir Sebagai contoh, pada sel =IF(A2=A3,FALSE,TRUE). D2:

Clipboard
Dalam hal ini adalah Office Clipboard, berguna untuk mengumpulkan dan mem-paste beberapa item. Contohnya, Anda dapat meng-copy sebuah objek di Excel, kemudian di PowerPoint mengcopy sebuah daftar, dan di Word semua yang tadi di-copy itu bisa di-paste sekaligus.

Flag
Fitur dalam aplikasi mail client yang berfungsi sebagai penanda visual bahwa pesan yang di-flag memiliki sebuah isi yang penting.

IF
Pernyataan kondisional dalam pemrograman yang meminta komputer untuk mengeksekusi pilihan berdasarkan kondisi yang diberikan. Saat komputer menemukan IF, ia akan menunggu perbandingan data dan mengevaluasi kondisinya. Jika kondisi tersebut bernilai True, maka pernyataan setelah Then akan dieksekusi.

5Copy formula pada C2:D2 ke range sel C3:C13. range sel di grup Clipboard, klik panah 6CopySpecial. C2:D13. Dengandidaftar masih terpilih, pada tab Home, bawah Paste, dan kemudian klik Paste
Microsoft Excel
Subtotal dengan Advanced Filter
Subtotal dengan menggunakan pernyataan IF yang digabungkan dengan Paste Special merupakan cara yang cepat. Yang Anda butuhkan adalah bagaimana membuat pernyataan IF. Namun, ada cara yang lebih baik, yaitu menggunakan Advanced Filter. Di sini kita akan mencoba mendapatkan daftar nomor account yang berbeda-beda.

dialog Filter, klik to ano3Pada kotak Copy Advanced ther location. centang 4Beri tandarecords check box Unique only. Pilih tempat kosong pada 5worksheet di mana Anda ingin menampilkan daftar, dan ketik lokasi tersebut pada boks Copy to. Perlu dicatat bahwa boks Copy to tetap redup, dan tidak bisa dipilih sampai Anda mengklik Copy to another location. Klik . 6Anda masukkan.Daftar account yang unik akan tampil pada lokasi yang

Inbox
Area dimana pesan e-mail yang datang tersimpan sebelum dibaca.

Untuk menghitung subtotal dengan Advanced Filter:

Macro
Satu set perintah yang diwakili oleh sebuah kata. Ketika kata tersebut dimasukkan ke dalam source code atau dokumen, compiler akan mengubahnya berdasarkan instruksi yang direpresentasikannya. Macro digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berulang-ulang dilakukan dalam sebuah dokumen.

1Pilih range A1:A13.

Paste Special
Perintah yang bisa mem-paste formula sebagai value, style atau konten sebuah sel.

String
Nilai variabel yang terdiri dari deretan karakter, angka (bukan numerik, tidak dapat digunakan untuk operasi aritmatika), atau gabungan kedunya. Contoh string: Tabloid = “PC Mild”; Telepon = “3153731”; Edisi =”PC Mild 03/2009”.

2Pada Data, di grup Sort & Filter, klik Advanced.
03/2009

manipulasi lain, 7Masukkanuntuk mendapatkanrange formula, dan lainnya, yang Anda butuhkan hasil.

32

Tip & Trik

Office

Microsoft Outlook
Menyimpan Sent Mail secara Efisien
Pada waktu membalas e-mail, Outlook menyimpan salinan email tersebut di folder Sent Items. Folder Sent Items bisa berisi ribuan e-mail. Jika kemudian perlu mencari e-mail, Anda harus mencari di semua e-mail tersebut, dan itu memakan waktu. Misalkan Anda otomatis mengalihkan e-mail dari atasan ke dalam folder bernama AtasanSaya.

2

Pada tab Proferences (secara default sudah terpilih), di bagian E-mail, klik E-mail Options.

Di bagian Save Messages, beri tanda centang In folders other than the Inbox, save replies with the original message , dan kemudian klik tiga kali untuk kembali ke Outlook. Outlook akan memberlakukan setting ini ke semua folder personal Anda. Namun, ingat bahwa Outlook hanya menyimpan balasan bersama dengan e-mail yang asli dan tidak di folder Sent Items, jika e-mail bukan di folder Inbox. Outlook tetap menyimpan semua balasan yang dikirim dari e-mail di Inbox pada folder Sent Items.

4

5

Supaya Outlook menyimpan balasan e-mail di AtasanSaya bersama dengan e-mail yang asli, lakukan langkah berikut:

1Pada menu Tools, klik Options.
Microsoft Outlook
Membuat Toolbar Flag
Flag membantu Anda mengategorikan e-mail, biasanya berdasarkan level kepentingan atau pekerjaan. Masalahnya, Anda tidak bisa mengatur deskripsi flag. Outlook hanya mengidentifikasi mereka berdasarkan warna. Anda tidak bisa mengubah nama Red Flag menjadi Kritikal.

3Klik pada Advanced E-Mail Options. 3Pada kotak dialog Customize, klik tab Commands. 4Pilih Actions dari daftar Categories. daftar 5Selanjutnya,keseret tombol warna flag yang sesuai daritoolbar, Commands toolbar (jika Anda tidak menemukan lihat di belakang kotak dialog).

Mengingat semua warna yang ada juga berat. Ada cara mudah untuk mengingat setiap flag: Klik folder Inbox, dan 1kemudianCustomize.menu pada Tools, klik Setelah memasukkan semua flag yang Anda inginkan, ganti teks setiap tombol flag. Klik kanan tombol flag dan ganti setting Name, misalnya Today, menjadi sesuatu yang lebih bermakna, seperti “Kritikal”. Pilih opsi Image and Text supaya Outlook menampilkan nama tombol pada toolbar.

6 7

2

Pada tab Toolbars, klik New , dan beri nama toolbar (misalnya, “Flag”), dan pada klik OK.

Microsoft Word
Mengubah Format Tanggal
Secara default, format tanggal Word menggunakan opsi yang berhubungan dengan bahasa yang Anda instalasi. Untuk mengubahnya, Anda bisa membuat shortcut untuk memasukkan tanggal/waktu dengan format yang diinginkan, dan membiarkan setting format tanggal Word (dan Windows) tetap apa adanya.

Developer, di grup 7Pada tabmematikan perekam Code, klik Stop Recording untuk macro, dan kemudian klik Macros.

8Ulangi langkah 5 sampai 7 untuk setiap tombol flag. yang 8Pilih macrodibuat baru saja (contoh di sini, macro
FormatTanggal), dan kemudian klik Edit.

9Pada& waktu kita merekam Insert/ Date Time dan
memilih format, Word membuat kode berikut: Sub FormatTanggal() Selection.InsertDateTime DateTimeFormat:= ”d-MMM-yy”, InsertAsField:=True, _ DateLanguage:=wdEnglishUS, CalendarType:= wdCalendarWestern, _ InsertAsFullWidth:=False End Sub

Di sini kita akan membuat dan mengubah macro. Untuk melakukannya: Pada tab 1grup untukDeveloper, di Code, klik Record Macro menjalankan perekam macro. nama macro “For 2Beri(misalnya pada matTanggal”), dan kemudian klik OK.

10Edit macro dengan mengubah string formatini(bagian untuk “d-MMM-yy). Anda bisa menggunakan kode

3Pada tab Insert, di grup Text, klik Date & Time. 4Pilih format yang Anda inginkan dari daftar Available formats. 5Pastikan Update automatically tidak dicentang. Klik , dan 6masukkan tanggal). kembalilah ke dokumen (Word me03/2009 membuat beberapa macro untuk setiap format yang Anda inginkan. Setelah macro dibuat, beri shortcut keyboard, opsi menu, atau tombol toolbar. Sekarang, jika ingin memasukkan tanggal dengan format yang diinginkan, Anda bisa menjalankan macro tanpa mempengaruhi setting format default Word.

33

CorelDraw X4

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Convert to Curves
Berguna untuk mengubah garis lurus menjadi garis lengkung dengan titik poros tertentu.

CorelDraw X4
Desain Logo Menarik
Pasti Anda sering melihat bermacam bentuk gambar hingga sketsa unik yang digunakan orang maupun perusahaan sebagai logo. Logo merupakan hal penting yang mewakili identitas kedirian, baik secara kolektif maupun sebagai individual. Maka, logo sebagai simbol eksistensi ini, harus mempunyai makna yang kuat dan menarik secara visual. Sehingga harga sebuah desain logo bisa saja sangat mahal.

buat. 11Setelah memilih character, letakkan di tengah objek yang telah kita

Extrude
Fitur yang memfasilitasi Anda untuk membentuk, dan menghasilkan objek vektor dengan kedalaman bentuk 3 dimensi. Juga memfasilitasi pewarnaan objek vektor dengan pencahayaan gradasi layaknya benda 3 dimensi.

Tutorial kali ini memaparkan langkah-langkah mudah dan sederhana dalam membuat logo unik, dengan fasilitas extrude di Corel Draw X4: + 1Buat lembar kerja baru kebu(file>new), sesuai dengan tuhan.

Fountain Fill
Fasilitas khusus untuk membentuk proses gradasi warna. Proses gradasi warna dapat dilakukan secara halus dengan dua warna atau lebih yang diaplikasikan pada gambar secara linier, radial dan lain-lain.

2 persegi dengan 3Lalu, buatlahTool (panjang sisi atas Rectangle ) di lingkaran. Kemudian convert to curves
Buatlah lingkaran dengan Ellipse Tool( ). persegi panjang tadi (klik kanan pilih to curve) atau pilih di menu bar arr ange>transformation>convert to curves ( + ). persegi panjang tadi 4Duplikasi persegi panjang)biarkan (klik drag ke sisi bawah lingkaran *(3.tif), dan

satu per 12Pilih(abaikansatu objek lengkung dan character tadi dulu objek lingkaran)*(9.tif). di 13Klik Weldobjekproperty bar untuk mengabungkan tersebut. tadi 14Warnai objektain dengan Foun Fill , dan akan muncul

Intersect
Fasilitas yang digunakan untuk memotong objek vektor dengan menumpuk objek tanpa meniadakan keduanya, dan hanya memotong persinggungan antar objek.

Pattern Fill
Pola atau susunan gambar. Pattern fill memberikan efek objek vektor terisi dengan pola/susunan gambar, sebagai pengganti pewarnaan.

tengah lingkaran biarkan kosong atau posisikan sesuai kebutuhan Anda. to Curve kedua persegi (berguna 5Convert Linepanjangobjek).garis untuk mengatur lengkung

Fountain Fill Dialog box. Pilih Preset > Gold Plated atau warna yang sesuai selera Anda. Kemudian hilangkan outline objek , dan warnai

objek lingkaran dengan warna hitam (atau sesuai kebutuhan). Pilih Interactive Extrude Tool di menu toolbox 15dan klik drag sesuai kebutuhan objek logo untuk, memberikan efek kedalaman 3D. Perkecil objek lingkaran (sesuaikan dan proporsikan de16objek) dan berikan efek warna ngan

Rectangle Tool
Fasilitas yang disediakan software Corel Draw untuk membuat objek persegi, kotak, bujur sangkar dsb.

bentuk lengkung garis ke6Lalu, persegi panjang tadi sesuai dua kebutuhan Anda.

Shape Tool
Fasilitas untuk memanipulasi garis lengkung vektor dengan memanfaatkan titik-titik poros (nodes) pada objek vektor. Shape tool juga dapat digunakan dalam operasi teks untuk mengatur kerning dan leading paragraf.

objek persegi panjang di sisi 7Klik intersect di lingkaran, setelah atas dan objek property bar. itu klik

(klik objek satu persatu dengan menahan tombol ). Lakukan lagi dengan persegi panjang di sisi bawah dan lingkaran.

gradasi dengan fountain fill seperti yang kita gunakan untuk objek logo. Group keseluruhan objek, dan berikan efek bayangan dengan Interactive Drop Shadow Tool. Maka selesailah logo tersebut. Anda dapat berkreasi dengan bermacam bentuk logo dengan langkah-langkah seperti di atas. Kembangkan imajinasi Anda dalam membuat logo.

8Hapus/buang objek persegi panjang tadi.
Weld
Fasilitas untuk mengkombinasikan dua objek atau lebih menjadi satu objek tunggal dengan satu kurva dan satu outline (bentuk gabungan dari 2 objek tadi). Di mana warna objek, dan warna outline bergantung pada objek sumber (source object) dan objek target (target object).

17

Pilih inisial dengan menggunakan text tool atau special character. Untuk memunculkan special character tekan + , atau pilih di menu bar: Text > Insert Symbol Character. Special character bar tersebut akan muncul di sebelah kanan kertas kerja.

9

10Untuk menggunakan special character, klik drag ke dalam kertas kerja character yg diinginkan tersebut.
03/2009

34

Tip & Trik

CorelDraw X4
Fill

CorelDraw X4
Membuat Motif Pattern Fill Sendiri
Dalam CorelDRAW, tersedia beberapa pattern yang bisa kita terapkan pada objek. Pattern tersebut adalah 2-color pattern, Full color, dan Bitmap. 2-color pattern yaitu pattern yang terdiri dari dua warna yang kita pilih. Full color pattern adalah pattern yang lebih kompleks pewarnaannya daripada 2-color pattern. Sedangkan Bitmap adalah pattern yang berasal dari gambar bitmap.

pindahkan titik poros di tengah ke ujung bawah objek. menu Trans7Selanjutnya diProperties, isi formation

4

Pilih fill Tool>Pattern Dialog.

Lalu akan muncul dialog box, pilih Pattern Fill yang telah Anda buat, dan klik OK. derajat kemiringan sebesar 12o atau sesuai kebutuhan Anda (yang perlu diisi hanya derajat kemiringan, biarkan besaran nilai yang lainnya). Dalam dialog box tersebut, Anda juga bisa mengisi nilai tertentu yang akan mengatur Pattern Fill tersebut. Selesailah karya Pattern Fill Anda.

Pattern Fill dapat berguna dalam desain industri tekstil, karena menerapkan pola berulang untuk mengisi ruang. Tutorial kali ini memaparkan langkah membuat motif dan menerapkan Pattern Fill. Membuat motif: Buat lembar kerja baru ngan kebutuhan.

+ (file>new) sesuai deApply to Duplicate, satu sampai objek Pattern Fill 1 8Klik berkali-kaliputaran penuh. memenuhi satu 5Untuk hanya sedikit berwarna (full color), langkahnya berbeda. Ikuti langkah pertama membuat pattern fill, dalam 2Buatlah lingkaran dengan Ellipse Tool ( ). dialog box pilih full color patern, dan seleksi area. Secara default, pattern fill akan tersimpan di pattern folder lokasi Anda menginstal CorelDRAW, dan dialog box akan muncul untuk menyimpan Pattern Fill. Namun Anda dapat menyimpan file

pattern tersebut di folder lain yang Anda inginkan. Beri nama pattern tersebut, dan klik Save.

9
Kemudian konversi lingkaran tersebut menjadi kurva, dengan klik kanan > Convert to Curves ( + ). Atau pilih di menu bar Arrange>Convert to Curves.

Seleksi keseluruhan objek, beri warna sesuai selera Anda , hilangkan outline semua objek, kemudian klik combine object di property bar. Langkah pertama

mengujinya, Anda 3 dan 6UntukJikapada saat munculbisa mengikuti langkahpattern 4, namun dialog box, pilih Full color menyimpanya di folder lain (selain folder pattern.

3

Lalu pilih ), dan 4objek/node Shape Tool (gambar. tarik tiap titik poros sehingga seperti

milik default CorelDRAW), Anda bisa memilih opsi load. membuat motif telah selesai Anda lakukan. Membuat Pattern Fill: Untuk membuat pattern, pilih > opsi di menu bar, > . Akan muncul dialog box, pilih Two color pattern, dan pilih resolusi tinggi High (atau sesuai kebutuhan Anda). Anda dapat membuat berbagai motif dengan langkah-langkah di atas, dan menerapkan karya Pattern fill untuk digunakan seterusnya dalam berbagai keperluan.

1

Anda akan disuruh memilih area yang akan dijadikan Pattern Fill, maka seleksilah sekeliling objek yang akan dijadikan Pattern . Fill , dan klik

2

Pilih di menu bar Arrange>Transfo rmation>Rotate ( + ). Akan muncul menu baru di sebelah kanan kertas kerja.

5

persegi panjang (de 3Buatapapun,Tool biarkanngan Rectangle [ ]) atau bentuk dan terseleksi. Ini adalah cara termudah untuk menguji apakah pattern telah terekam, dan terbentuk.

6Klik dua kali pada objek tadi, sehingga kursor menunjukkan rotasi objek, dan

03/2009

35

Freeware

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Browser
Aplikasi yang menterjemahkan kode HTML dan merepresentasikan halaman web site. Aplikasi inilah yang paling sering kita gunakah setiap hari untuk melakukan browsing di dunia maya. Contohnya adalah Internet Explorer, Netscape, Mozilla, Chrome, Safari, dll.

AntiFreeze
Pengganti Task Manager
Komputer hang di saat Anda bekerja dengan banyak aplikasi? Kini Anda dapat menghadapinya dengan menggunakan aplikasi yang dikenal dengan AntiFreeze sebagai jalan pintas menuju task manager Windows untuk dapat menghentikan proses yang mengakibatkan terjadinya kondisi tersebut.

AntiFreeze terus memantau proses yang berjalan pada Windows, dan menunggu input kombinasi keyboard user. Saat hang, dan task manager 3Penggunaan AntiFreeze cukup+sederhana.hanyaPCuntuk menampilkan jentidak sanggup menanganinya, Anda perlu menekan tombol kombinasi keyboard, yaitu + + dela utama AntiFreeze, dimana keseluruhan proses ditampilkan. Tampilan konten di dalamnya serupa dengan windows task manage default Windows. Seleksi proses-proses yang ingin dihentikan, kemudian klik tombol End

Device Driver
Istilah yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play). Beberapa driver telah dimasukkan ke dalam sistem operasi secara default pada saat instalasi, tapi banyak perangkat keras, khususnya yang baru, tidak dapat didukung oleh driver-driver bawaan sistem operasi. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan driver ke dalam sistem operasi.

Kondisi hang dapat terjadi secara tiba-tiba, dan hal tersebut cukup menjengkelkan. Terlebih di saat Anda bekerja dengan banyak aplikasi, dan dokumen yang masih belum sempat disimpan. Tentunya, sebisa mungkin Anda akan berusaha agar sistem kembali normal dengan menutup aplikasiaplikasi yang mengakibatkan terjadinya hang. Terdapat beberapa ciri-ciri sistem operasi dapat dikatakan hang, antara lain tidak adanya respons dari sistem operasi terhadap mouse yang digerakkan, ataupun kernel software atau device driver yang menunjukkan status busy terus-menerus. Hal tersebut dapat terjadi akibat dari konsumsi CPU ataupun memory berlebihan oleh aplikasi. Biasanya, user mengatasi hal tersebut melalui penggunaan task manager default dari Windows, sebelum meggunakan cara pintas dengan menekan tombol reset. Namun sebelum melakukan hal tersebut ada baiknya menggunakan cara lain yang tersisa, yaitu menggunakan AntiFreeze. Aplikasi ini dapat digunakan saat kondisi darurat, terlebih di saat task manager tidak dapat membantu Anda akibat tidak mendapat cukup perhatian dari processor untuk dapat menangani respons klik ataupun penekanan tombol. Download file installler-nya di www.resplendence.com/download/antiFreezeSetup.exe. Ukuran file hanya 815 KB: men-download 1UsaiFreezeSetup.exe.AntiFreeze, lakukan instalasi dengan menjalankan file anti Ikuti tahapan instalasi hingga selesai. AntiFreeze start 2Jalankan aplikasiWindows.dapat melalui langmenu program AntiFreeze sung dijalankan, dan hanya terlihat pada icon system tray.

process untuk memulai penghentian proses tersebut. Klik tombol Exit untuk kembali menyembunyikan AntiFreeze pada sistem tray.
Disertakan di CD edisi 03/2009

IP Address
Identitas komputer / host yang terkoneksi ke jaringan. IP address direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255. IP address panjangnya 32 bit dan dibagi menjadi dua bagian: bagian network dan bagian host. Batasan antara network dan host ini tergantung kepada beberapa bit pertama.

Update Checker v1.030
Periksa Versi Terbaru
Ingin aplikasi yang terinstal pada sistem operasi Anda ter-uptodate? Hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan melalui penggunaan aplikasi Update Checker.

koneksi Internet dengan 2Pastikanmerintahkan UpdateAndaUpberjalanChecker. baik sebelum menggunakan date Untuk me Checker melakukan pencarian terhadap update terbaru, lakukan double klik pada icon Update Checker di system tray hingga icon tersebut berubah. Tunggulah hingga Update Checker selesai melakukan searching dengan ditandai tampilnya buble pesan , dan icon tersebut pun telah berubah

Log
Catatan atau pesan yang tersimpan dalam sebuah file, biasanya mewakili pesan proses aplikasi yang berjalan. Terdapat berbagai jenis log diantaranya adalah error log, cache log, user log dan update log.

Aplikasi ini melakukan scanning OS Anda, melakukan pengecekan versi, dan kemudian mengirimkannya ke filehippo.com untuk dicarikan info versi terbarunya. Tak perlu khawatir terhadap keamanan data pribadi Anda, karena Update Checker tidak mengirimkan info, log atau data pribadi apapun yang berasal dari komputer. Informasi yang didapati/dikumpulkan oleh Update Checker hanya berupa daftar program dan versinya. Tidak ada satu pun proses yang mengacu pada IP Address Anda. Untuk menggunakan Update Checker, OS Anda harus sudah memiliki .Net Framework minimal versi 2. Untuk installer-nya dapat di-download di www.filehippo.com/updatechecker/FHSetup.exe, dengan ukuran file 153 KB: Pastikan fi installer le FHSetup. untuk instalasi. Ikuti tahapan yang tampil 1exe selesai.lememulai telah di-download, dan segera jalankan fipada jendela hingga

Task Manager
Tool kecil pemantau kinerja Windows. Berbagai aplikasi yang berjalan bisa dilihat dari tool ini. Dari sini, Anda juga bisa menutup aplikasi secara paksa jika aplikasi tersebut mengalami masalah. Seperti tool sejenis lainnya, Task manager juga memiliki berbagai fitur yang bisa diaktifkan dan dinonaktifkan. Contohnya, fitur untuk menampilkan kolom-kolom tambahan dalam bagian “Processes”. Di sini, Anda bisa mengaktifkan beberapa kolom tambahan untuk memantau aplikasi yang bekerja dari sisi lainnya.

menjadi berwarna hijau. Apabila buble tidak lagi tampil, Anda dapat melihat isi pesan itu kembali dengan hanya meletakkan kursor mengarah pada icon, dan tunggu sejenak hingga tampil pesannya. klik pada icon hijau tersebut, dan Anda mendapati jendela browser baru terbuka, 3Lakukan doublesoftware update berwarnadan menampilkan halamanakan web yang berisikan info terbaru.
Disertakan di CD edisi 03/2009

36

03/2009

Tip & Trik: Ubuntu 8.10

Linux & Open Source

Ubuntu 8.10
Instalasi Codec MP3
Tidak dapat memainkan format multimedia yang bersifat restricted di Ubuntu?

3

Setelah paket codec multimedia di atas terinstalasi dengan baik, selanjutnya jalankan aplikasi Rhythmbox dari menu Applications | Sound & Video | Rhythmbox Music Player.

Inilah Definisinya!
3GP
Format file multimedia yang didefinisikan oleh Third Generation Partnership Project (3GPP) untuk digunakan pada 3G mobile phone, dan juga pada 2G/4G mobile phone. 3GP merupakan versi simpel dari MPEG4 Part 14 (MP4) yang didesain untuk menurunkan ukuran file, dan kebutuhan bandwidth yang dibutuhkan untuk mengakomodasikan kebutuhan mobile phone.

Rhythmbox, masuk menu 4Dari aplikasi ImportMP3 atau folderkeImport Music | File... atau Folder..., lalu pilih file berisi file MP3 yang ingin Anda putar. dapat menikmati alunan fi MP3 5Kini, Anda Anda dengan menggunakanleaplikasi Rhythmbox atau aplikasi kesayangan audio player yang lain.

Ikuti saja solusi berikut: Secara default, installer distro Ubuntu tidak dilengkapi dengan codec MP3 dikarenakan codec MP3 bersifat proprietary. Meski demikian, repository Ubuntu sudah menyediakan codec yang dapat Anda instalasikan sendiri secara manual. menginstalasikan paket codec cukup 2Untuk menjalankan perintah berikut:multimedia di Ubuntu Linux, Anda $ sudo apt-get install gstreamer0.10-pluginsugly gstreamer0.10plugins-bad gstreamer0.10-pluginsugly-multiverse gstreamer0.10-pluginsbad-multiverse

1

DivX
Merek produk buatan DivX, Inc. (sebelumnya DivXNetworks, Inc.). Codec DivX menjadi terkenal karena kemampuannya untuk mengompresi panjang segmen video menjadi ukuran kecil, dengan tetap menjaga kualitas visual yang relatif tinggi. Codec DivX menggunakan lossy MPEG-4 compression, dimana memiliki kualitas yang seimbang dengan ukuran file untuk digunakan.

Ubuntu 8.10
Instalasi Codec Video
Sudah bisa memainkan file MP3, tapi belum bisa menjalankan file DVD? Lakukan langkah berikut:

menangani problem DVD playback, dan penambahan codec video yang bersifat restricted di Ubuntu. Jalankan perintah berikut untuk menginstalasikan kedua paket tersebut: $ sudo apt-get install libdvdcss2 w32codecs

Gstreamer
Framework multimedia yang ditulis dalam bahasa C, dengan tipe sistem berdasarkan GObject. GStreamer memungkinkan Anda untuk membuat berbagai media penanganan komponen, termasuk audio playback sederhana, audio dan video playback, rekaman, streaming, dan editing audio/video. GStreamer berfungsi sebagai dasar untuk membuat berbagai jenis aplikasi multimedia, seperti video editor, streaming media broadcast, dan pemutar media.

aplikasi VLC disertakan sebagai Media video player belum dapat memutar video. Hal ini 1Aplikasi Totem Movie Player yang sejumlah format filedefault aplikasi 3Jalankan Player| dari menu Sound & dikarenakan sejumlah codec video yang dibutuhkan, seperti *.avi, *.mov, Applications *.divx, dan sebagainya, belum disertakan secara default dalam distro Ubuntu terkait dengan masalah lisensi. Sebagai alternatif pengganti Totem Media Player di Ubuntu, Anda juga dapat menggantinya dengan VLC Media Player. Untuk menginstalasi VLC Media Player di Ubuntu 8.10, Anda dapat menjalankan perintah berikut: $ sudo apt-get install vlc paket VLC Media Player terinstalasi baik, berikutnya Anda dan 2Setelahdapat menginstalasikan paket w32codecdenganlibdvdcss2 untuk Video | VLC Media Player.

4Dari|VLC Media Player, Anda dapat memilih menu Media Open File.. atau
Open Directory.. atau Open Disc.. untuk memainkan file video yang terdapat dalam DVD atau file dalam direktori di harddisk Anda.

RealPlayer
Aplikasi bersifat cross platform buatan RealNetworks, yang dapat digunakan untuk memutar beragam format multimedia, seperti MP3, MPEG-4, QuickTime, Windows Media, dan beberapa versi eksklusif format RealAudio dan RealVideo format. Versi pertama dari RealPlayer diluncurkan pada April 1995. RealPlayer juga dikenal sebagai aplikasi yang digunakan untuk memutar file video streaming melalui Internet. Real Player juga merilis versi open source miliknya yang bernama Helix Player.

5

Kini, Anda dapat menikmati koleksi film DVD yang dimiliki dengan menggunakan VLC Media Player.

Ubuntu 8.10
Instalasi Real Media Player
Tidak dapat memainkan format RealVideo (*.rm) atau file 3gp (*.3gp) di Ubuntu 8.10?

Ikuti pertunjuk berikut: Download aplikasi Real Media Player for Linux di www.real.com/linux. Dalam penulisan ini, digunakan Real Player versi 11 (RealPlayer11GOLD. bin). di-download, ke direktori file 2Setelah lalu instalasikan pindahtersebut: beri tempat downloaddapat RealPlayer11GOLD.bin tersebut berada, hak akses untuk dieksekusi, paket $ chmod +x RealPlayer11GOLD.deb $ sudo dpkg -i RealPlayer11GOLD.deb Real dilakukan. Anda aplikasi 3InstalasimenuMedia Player selesai Sound & Videodapat menjalankan11. ini dari Applications | | RealPlayer 4Selamat menikmati koleksi file RealVideo Anda!

1

VLC
Aplikasi video open source, dan bersifat free software yang dibuat oleh VideoLAN project. VLC mendukung banyak format file codec audio dan video, serta DVD, VCDs, dan berbagai streaming protocol. VLC dapat melakukan streaming melalui jaringan dan transcode file multimedia, dan menyimpannya ke dalam berbagai format. VLC dilisensikan oleh VideoLAN project di bawah lisensi GPL 2.

03/2009

37

Pemrograman

Tip & Trik: PHP

Inilah Definisinya!
Class
Dalam CSS, class berfungsi untuk menjelaskan format tag tertentu dalam file HTML. Contoh: <p class=”highlight”> berarti tag <p> mengikuti format “highlight” yang didefinisikan pada file CSS.

PHP
Membuat Link untuk Multiple Page
Dalam mengelola database, seringkali kita harus menampilkan data/record yang ada pada sebuah tabel. Jika data yang dihasilkan banyak, tentunya kita perlu membatas jumlah data yang ditampilkan di layar. Agar user dapat melihat/menelusuri semua data yang ada, kita perlu membuat sistem navigasi berupa link untuk menuju ke record pertama, ke halaman sebelum, halaman sesudah dan halaman terakhir.

CRC32
Cyclic Redudancy Check. Pemeriksaan proses transmisi dengan orientasi bit. Sebuah blok pesan akan dianggap sebagai sederet bit yang dikirim, biasanya 32-bit integer. Bit-bit tersebut dimasukkan dalam generator CRC dan kemudian melakukan operasi matematis. Hasil perhitungan saat bit dikirim dan diterima akan menentukan ada tidaknya kesalahan dalam pengiriman. CRC ditemukan oleh W. Wesley Peterson dan dipublikasikan pada tahun 1961.

Tip kali ini adalah membuat sebuah function untuk menunjang penampilan data dengan navigasi First, Previous, Next, dan Last. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah: nisikan terlebih 1Kita mendefiini dengan nama dulu CSS atau style yang nanti dibutuhkan. Simpan file style.css: html, body { font-family: Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: normal; } a:link, a:visited { color: #0000ff; text-decoration: none; } a:hover, a:active { color: #ff0000; text-decoration: underline; }

} else { if ($nCurrent < $nLengthStartEnd) { for ($nCount = 1; $nCount <= $nLengthStartEnd; $nCount++) { $aReturn[‘pages’][] = $nCount; } $aReturn[‘pages’][] = $sSeperator; $aReturn[‘pages’][] = $nPages; } //bagian terakhir navigasi elseif ($nCurrent > (($nPages - $nLengthStartEnd) + 1)) { $aReturn[‘pages’][] = $nFirstPage; $aReturn[‘pages’][] = $sSeperator; for ($nCount = (($nPages - $nLengthStartEnd) + 1); $nCount <= $nPages; $nCount++) { $aReturn[‘pages’][] = $nCount; } } else { $aReturn[‘pages’][] = $nFirstPage; $aReturn[‘pages’][] = $sSeperator; for ($nCount = ($nCurrent - $nFirstCenterPosition); $nCount <= ($nCurrent + $nFirstCenterPosition); $nCount++) { $aReturn[‘pages’][] = $nCount; } $aReturn[‘pages’][] = $sSeperator; $aReturn[‘pages’][] = $nPages; } } //return result return $aReturn; } ?>

Untuk menguji coba, kita membuat file test.php, yang terdiri dari 1000 sebuah fungsi untuk 2Berikutnya kita membuatdata/record dalamdalam PHP adalah mengatur 3record, diawali dari halaman 1, masing-masing halaman terdiri dari 25 navigasi. Parameter yang disertakan fungsi ini p_nTotal record, serta jumlah link yang muncul dibatasi hanya 10 saja: yang menunjukkan total yang ditampilkan, p_nCurrent

elseif
Sesuai namanya, elseif adalah kombinasi dari if dan else. Seperti else, ia akan memperpanjang statement if untuk mengeksekusi statement yang berbeda seandainya if tersebut bernilai FALSE. Tapi tidak seperti else, elseif akan mengeksekusi ekspresi alternatif, hanya jika kondisi ekspresi elseif bernilai TRUE.

menunjukkan halaman awal penelusuran, p_nResults menunjukkan jumlah record yang ditampilkan dalam setiap halaman, dan p_nNavigators jumlah link yang ditampilkan dalam setiap halaman: <?php function pageNavigator($p_nTotal, $p_nCurrent, $p_nResults, $p_nNavigators, $p_sSeperator) { $aReturn = array(); $nTotal = ((is_numeric($p_nTotal)) ? $p_nTotal : 0); $nCurrent = ((is_numeric($p_nCurrent)) ? $p_nCurrent : 1); $nResults = ((is_numeric($p_nResults)) ? $p_nResults : $nTotal); $sSeperator = ((is_string($p_sSeperator)) ? $p_sSeperator : ‘...’); $bPrevious = false; $bNext = false; //check if number of pages to display is even $nNavigators = intval($p_nNavigators); $nNavigators = (($nNavigators % 2)?$nNavigators:$nNavigators + 1); $nFirstPage = 1; $nPages = ceil($p_nTotal / $nResults); $nLengthStartEnd = ($nNavigators - 2); $nLengthCenter = ($nNavigators - 4); $nFirstCenterPosition = floor($nLengthCenter / 2); //atur untuk previous dan next if ($nCurrent > $nFirstPage) { $aReturn[‘previous’] = ($nCurrent - 1); $aReturn[‘first’] = $nFirstPage; } else { $aReturn[‘previous’] = 0; $aReturn[‘first’] = 0; } if ($nCurrent < $nPages) { $aReturn[‘next’] = ($nCurrent + 1); $aReturn[‘last’] = $nPages; } else { $aReturn[‘next’] = 0; $aReturn[‘last’] = 0; } //yang ditampilkan saat ini $aReturn[‘from’] = (($nCurrent - 1) * $nResults) + 1; if ($nTotal < ($nCurrent * $nResults)) { $aReturn[‘until’] = $nTotal; } else { $aReturn[‘until’] = ($nCurrent * $nResults);} $aReturn[‘pages’] = array(); //panjangnya kurang dari jumlah halaman? if ($nPages <= $nNavigators) { for ($nCount = 1; $nCount <= $nPages; $nCount++) { $aReturn[‘pages’][] = $nCount; }

FileStream
Dipakai untuk membaca, menulis, membuka, dan menutup file pada sebuah file system. FileStream juga dipakai untuk memanipulasi file yang berkaitan dengan OS termasuk input standar dan output standar.

Function
Dalam ilmu komputer, sebuah subroutine (function) adalah bagian dari kode yang melakukan tugas khusus, sebagai bagian dari program yang lebih besar, dan dikelompokkan sebagai satu, atau lebih blok statement.

Group Box
Berfungsi untuk mengelompokkan kontrol-kontrol pada form menjadi satu bagian. Dengan group box, maka tampilan form pada suatu keadaan tertentu akan menjadi lebih teratur.

MD5
Fungsi hash kriptografik yang diguna kan secara luas dengan hash value 128-bit. Pada standar Internet (RFC 1321), MD5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada aplikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah file. MD5 didesain oleh Ronald Rivest pada tahun 1991 untuk menggantikan hash sebelumnya, MD4.

<?php require_once(‘./navigator.php’); $nPage = 1; if (isset($_GET[‘page’])) { $nPage = intval($_GET[‘page’]); } //jalankan fungsi pageNavigator $aNavigator = pageNavigator(1000, $nPage, 25, 10, ‘...’); echo ‘<h3>1000 record, masing-masing halaman 25 record</h3>’; echo ‘<pre>’; echo ‘</pre>’; echo ‘<h4>Link</h4>’; echo ‘<link href=”./layout.css” rel=”stylesheet” type=”text/ css” />’; foreach ($aNavigator[‘pages’] AS $vKey => $vValue) { if (is_numeric($vValue)) { if ($vValue == $nPage) { echo ‘<b>’.$vValue.’</b> ‘; } else { echo ‘<a href=”?page=’.$vValue.’”>’.$vValue.’</a> ‘; } } else { echo $vValue.’ ‘; } } //untuk button previous dan next echo ‘&nbsp;&nbsp;|&nbsp;&nbsp;’; if ($aNavigator[‘first’] != 0) { echo ‘<a href=”?page=’.$aNavigator[‘first’].’”> First </a> ‘;} if ($aNavigator[‘previous’] != 0) { echo ‘<a href=”?page=’.$aNavigator[‘previous’].’”>| Prev </a> ‘; } if ($aNavigator[‘next’] != 0) { echo ‘<a href=”?page=’.$aNavigator[‘next’].’”>| Next </a> ‘; } if ($aNavigator[‘last’] != 0) { echo ‘<a href=”?page=’.$aNavigator[‘last’].’”>| Last </a> ‘; } echo ‘&nbsp;&nbsp;|&nbsp;&nbsp;’; echo ‘<b>’.$aNavigator[‘from’].’</b> - <b>’.$aNavigator[‘unti l’].’</b>’; ?>

4Load pada browser test. php, hasil yang
didapatkan adalah sebagai berikut:
Disertakan di CD edisi 03/2009

38

03/2009

Tip & Trik: Visul Basic .net

Pemrograman

Visual Basic .net
Mendapatkan Informasi File
Ketika melihat property suatu file melalui Windows, kita bisa mendapatkan informasi seperti tipe file, dapat diedit/dibuka dengan program apa, lokasi, ukuran, dibuat dan dimodifikasi tanggal berapa, serta atribut file.

TextBox1.Text = o.FileName End If ‘=========================================== Dim c As New CRC32 Dim crc As Integer = 0 Dim f As FileStream = New FileStream(TextBox1.Text, FileMode.Open, FileAccess.Read, FileShare.Read, 8192) crc = c.GetCrc32(f) f.Close() f = New FileStream(TextBox1.Text, FileMode.Open, FileAccess.Read, FileShare. Read, 8192) Dim md5 As MD5CryptoServiceProvider = New MD5CryptoServiceProvider md5.ComputeHash(f) f.Close() ‘mendapatkan informasi file Dim chemin As String = TextBox1.Text Dim ObjFSO As Object = CreateObject(“Scripting.FileSystemObject”) Dim objFile = ObjFSO. GetFile(TextBox1.Text) Label1.Text = “Name : “ & objFile. Name & vbCrLf Label1.Text += “Size : “ & (objFile. Size) & “ (“ & (objFile.Size) \ 1048576 & “ MB)” & vbCrLf Label1.Text += “File Version : “ & ObjFSO.GetFileVersion(TextBox1.Text) & vbCrLf Label1.Text += “Date created : “ & objFile.DateCreated & vbCrLf Label1.Text += “Date last accessed : “ & objFile.DateLastAccessed & vbCrLf Label1.Text += “Date last modified : “ & objFile.DateLastModified & vbCrLf Label1.Text += “Path : “ & objFile. Path & vbCrLf Label1.Text += “Short name : “ & objFile.ShortName & vbCrLf Label1.Text += “Short path : “ & objFile.ShortPath & vbCrLf ‘mendapatkan CRC32 dan menampilkan pada label2 Label2.Text = “CRC32 Hash : “ & String.Format(“{0:X8}”, crc) ‘mendapatkan MD5 hash dan menampilkan pada label3 Dim hash As Byte() = md5.Hash Dim buff As StringBuilder = New StringBuilder Dim hashByte As Byte For Each hashByte In hash buff.Append(String.Format(“{0: X1}”, hashByte)) Next Label3.Text = “MD5 Hash : “ & buff. ToString() End Sub End Class CRC32: 4Terakhir adalah membuat sebuah class baru yang bernama Public Class CRC32 ‘ Versi 2 dari algoritma CRC32 di VB CRC32 oleh Paul ‘ (wpsjr1@succeed.net) Private crc32Table() As Integer Private Const BUFFER_SIZE As Integer = 1024 Public Function GetCrc32(ByRef stream As System.IO.Stream) As Integer Dim crc32Result As Integer SIZE

crc32Result = &HFFFFFFFF Dim buffer(BUFFER_SIZE) As Byte Dim readSize As Integer = BUFFER_ Dim count As Integer = stream. Read(buffer, 0, readSize) Dim i As Integer Dim iLookup As Integer Dim tot As Integer = 0 Do While (count > 0) For i = 0 To count - 1 iLookup = (crc32Result And &HFF) Xor buffer(i) crc32Result = ((crc32Result And &HFFFFFF00) \ &H100) And &HFFFFFF ‘ nasty shr 8 with vb :/ crc32Result = crc32Result Xor crc32Table(iLookup) Next i count = stream.Read(buffer, 0, readSize) Loop GetCrc32 = Not (crc32Result) End Function Public Sub New() ‘ Polinomial yang digunakan CRC32 in PKZip. Dim dwPolynomial As Integer = &HEDB88320 Dim i As Integer, j As Integer ReDim crc32Table(256) Dim dwCrc As Integer For i = 0 To 255 dwCrc = i For j = 8 To 1 Step -1 If (dwCrc And 1) Then dwCrc = ((dwCrc And &HFFFFFFFE) \ 2&) And &H7FFFFFFF dwCrc = dwCrc Xor dwPolynomial Else dwCrc = ((dwCrc And &HFFFFFFFE) \ 2&) And &H7FFFFFFF End If Next j crc32Table(i) = dwCrc Next i End Sub End Class

Pada tip kali ini, kita akan membuat suatu aplikasi yang dapat menampilkan informasi file yang dilengkapi dengan CRC32, MD5 Hash, short name serta short path, yang biasanya dibutuhkan ketika kita melakukan pengaksesan menggunakan program-program yang tidak mendukung long-file-name. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah: Buat 1GroupNew Project (Windows Application) 2 buah group box. box pertama berisi: a. Command button dengan caption “Select file” yang nantinya digunakan untuk memilih file yang hendak didapatkan informasinya. b. Text box dengan nama Textbox1. Text box ini untuk menampung nama file yang hendak didapatkan informasinya. Group box kedua berisi: a. Group box dengan caption Advanced Information dengan sebuah text box bernama Label1. Label1 ini nantinya digunakan untuk menampilkan berbagai informasi dari file. b. Group box dengan caption HASH dengan dua buah label yang bernama Label2 dan Label3, masing-masing digunakan untuk menampilkan CRC32 dan MD5 Hash. Terakhir adalah sebuah button untuk keluar dari program yang bernama Button2.

5Tampilan yang didapatkan adalah sebagai berikut:
Disertakan di CD edisi 03/2009

diperlukan 2Deklarasi yangberikut: dalam membuat aplikasi ini adalah sebagai Public Class Form1 Imports System.IO Imports System.Security.Cryptography Imports System.Text

3Berikutnya adalah subrutin untuk mencegat event pengklikan button1:
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click Dim o As OpenFileDialog = New OpenFileDialog o.Filter = “All Files (*.*)|*.*” If (o.ShowDialog() = DialogResult. OK) Then

03/2009

39

Kuis

TTS
Kupon Kuis TTS PC MILD 03/09

Mendatar 2. Jaringan telekomunikasi yang sanggup membawa transmisi data dan suara 4. Sistem yang mengelola informasi database 6. Nilai brightness dari midtone pada sebuah gambar 8. Nama kode Pentium M yang pertama 9. Radio-frequency identification 11. Yang memproduksi PDA seri Touch Diamond 13. Download .... Program 15. Windows Socket 16. Motion Picture Experts Group 18. Software yang disimpan di dalam chip Menurun 1. Protokol open source yang bisa dipakai untum IM 2. Nama kode Intel Xeon EM64T dengan L2 cache 2MB 3. Distributed Denial-of-Service 5. Live CD Linux berbasis Slackware 6. Nama kode Intel Xeon MP dengan L3 cache 2MB 7. Papan induk 10. IEEE 1394 12. Aksi yang dilakukan mouse 13. Processor mobile paling baru dari Intel 14. Inti processor 17. Extension milik Photoshop

Setelah TTS dilengkapi dengan benar, susunlah huruf dari kotak-kotak berwarna kuning secara berurutan sesuai abjad yang tersedia di bawah ini. Susun menjadi
Istilah dalam pencurian data:
A B C D E F G

[A]

CARA MENJAWAB (Pilih Salah Satu): Pelanggan Indosat (Matrix, IM3, Mentari, StarOne); Telkomsel (Halo, Simpati, As); XL (Xplor, Bebas, Jempol); Flexi; Mobile-8 (Fren); Esia kirim SMS ke 7669: MILD<spasi>03<spasi>JAWABAN<spasi>NAMA Contoh: MILD 03 KOMPUTER BUDI

Untuk kartu pos Redaksi PC No.11, [B] Jakarta 10430, dikirim kekupon kuis MILD,diJl. Kramat IV atas. sertakan TTS pojok kanan SMS dan kartu pos diterima selambat-lambatnya 19 Februari 2009. Nama pemenang diumumkan pada PC Mild 05/2009 yang terbit 5 Maret 2009. Tarif premium Rp2.000++ per SMS. Gunakan pulsa Anda secara bijak. Jawaban TTS edisi 01/2009 Mendatar 1. MEMORY 3. FILTER 6. WYSIWYG 8. EPIC 9. SILVERTHORNE 13. OPENSOURCE 14. ALPHA 15. SCSI 18. INTERFACE 19. XEON Menurun 2. RESUME 4. TURION 5. HOTSPOT 7. GEFORCE 10. VANTAGE 11. TOUCHPAD 12. EMACS 16. CORE 17. ISDN PENGUMUMAN PEMENANG EDISI 01/2009 Jawaban: REGEX Masing-masing pemenang mendapatkan 1 unit MP3 Player Zotac Mambo 100 256 MB yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics: Rahman 081999515XXX Elva 081808202XXX Asto 085850394XXX Pemenang harap menghubungi sekretariat PC Mild di Telp. 0213153731 ext. 127 atau e-mail ke evawani.putri@pcmedia.co.id untuk konfirmasi pengambilan hadiah paling lambat 22 Februari 2009. Hadiah yang tidak diklaim dinyatakan hangus.

Dapatkan!
3 Unit MP3 Player Zotac Salsa 100 128 MB untuk 3 orang pemenang yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics Asiaraya Computronics: Mangga Dua Mall Lt 4 A-62, Telp: 021-6019408 www.alamraya.co.id

40

03/2009

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->