P. 1
Tabloid PC Mild_05

Tabloid PC Mild_05

|Views: 678|Likes:
Published by Muharruddin

More info:

Published by: Muharruddin on Jun 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

POWERED BY

Indonesia’s Greatest Computer Newspaper

Edisi 05/2009 • 05-18 Maret 2009

PLUS CD
Freeware, Patch, System Tray Apps, PCMAV 1.93 + Build2, Anti-virus+Definition
Rp10.000 (Jawa-Bali-Lampung) • Rp11.000 (Luar Jawa-Bali-Lampung)

Kuis TTS berhadiah 2 Unit MP3 berhadiah Player Zotac Bomba 100 512 MB untuk 2 orang pemenang

UNIK & AJAIB!

Sponsored by: Asiaraya Computronics

MAIN GAME TANPA GAMEPAD, MOUSE/ KEYBOARD

Lian Li PC-V351

Case untuk HTPC

Vibrating Bluetooth Bracelet

Gelang dengan Konektivitas Bluetooth

CorelDraw X4

GIGABYTE GA-EP45-UD3R
Terjangkau, namun sarat akan fitur
Membuat Butiran Embun

Visual Basic .net

HIS Radeon HD 4670 ICEQ
Ekstrem, dengan pendingin dual slot
Mengisi DataGrid dengan Gambar

Aktual Redaksional

Editorial/Surat Pembaca
Selamat Datang...Welcome...Huãnyíng Guãnglín...Yõkoso...Hwangyong-hamnida!
Saat ini, webcam bisa dibilang sebagai perangkat yang sudah seharusnya ada di dalam seperangkat komputer. Sebab sekarang, Internet broadband sudah bisa diakses di berbagai kota besar seluruh Indonesia. Di sana Anda bisa menggunakan webcam tersebut untuk chatting atau melakukan teleconfrence dengan rekanan kerja. Masih ada kaitannya dengan webcam, Anda pasti setuju kalau selama ini PC Mild selalu tampil dengan menyajikan materi atau artikel yang berbeda (baca: UNIK) dari yang sudah ada, bukan? Nah, sebagai sajian utama kali ini, Anda akan ditunjukkan bagaimana caranya bermain game tanpa menggunakan gamepad, mouse ataupun keyboard, tapi menggunakan webcam. Bingung, kan? Tidak usah bingung, silakan Anda buka halaman 26, biar tidak penasaran lagi. Beralih ke surat pembaca, akhir-akhir ini kami mendapat banyak sekali pertanyaan mengenai PC Mild berbonus kumpulan PDF tabloid ini selama setahun. Anda akan mendapatkan bonus tersebut tidak lama lagi. Jadi, pantau terus tabloid kesayangan Anda ini tiap dua minggu sekali!

PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB Anton R. Pardede REDAKTUR EKSEKUTIF Rully Novrianto SIDANG REDAKSI Alexander P.H. Jularso, Denie Kristiadi, Sasongko R.A. Prabowo, Suherman, Supriyanto, Wawa Sundawa, Yanuar Ferdian REDAKTUR SENIOR Effendy Kho, Rusmanto Maryanto KONTRIBUTOR Basuki Rahmat, Bonafacius S. Ryanto, Gunung Sarjono, Lili, Muhammad Imansyah, Rini Asmara, Salman Faisal, Tri Haryati, Windra Swastika PRA PRODUKSI & BAHASA Arie Ishami (Koord.), Renny Fitriastuti TATA LETAK & DESAIN Dhany Sudharmanto (Koord.), Lely Yulaena, Mardiana SEKRETARIAT REDAKSI Evawani U. Putri

Anton R. Pardede
Group Chief Editor

Anton R. Pardede

Scanner Menjadi Fax
IKLAN & KOMERSIAL Thomas H. Waskita (Manajer), Indran B. Sapto (Account Executive), Febriyanti (Sekretariat) KEUANGAN Deetje Monoarfa (Manajer), Albert Sulistyo, Ngafiv, Tety Winarni, Untung PERSONALIA & UMUM Ekawati (Koord.), Suhaedin, Supandi PENERBIT Mario Alisjahbana, PT Dian Digital Media, Jakarta MAU NGASIH UNDANGAN/MASUKAN/PERTANYAAN? Gedung Warta Lt. 4 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 127-131. Fax: (021) 315-3732 E-mail: pcmild@pcmedia.co.id INGIN BERIKLAN/BEKERJA SAMA? Gedung Warta Lt. 2 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 105-107. Fax: (021) 315-3732 E-mail: iklan@pcmedia.co.id INGIN MENJADI AGEN/MENCARI EDISI LAMA? Sirkulasi Pinpoint Publications (DPKU) Jl. Rawagirang No. 8, Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur - 13930 Telp: (021) 021- 46826816 - 70796499 Fax: (021) 4682-8919 E-mail: sirkulasi@pcmedia.co.id PENCETAK PT Dian Rakyat, Jakarta

Software apa yang bisa menjadikan scanner sebagai mesin fax sekaligus mesin fotocopy, seperti yang ada di printer multifungsi. Buddy via fax Buat jadi mesin fotocopy, bisa gunakan Photocopier 3.03 yang ada di http://tinyurl.com/d56nja. Untuk jadi mesin fax, harus ada modemnya. Di Windows sendiri sudah menyediakan fitur untuk Fax. Lihat panduannya di sini: http://tinyurl. com/24csp.

1. Kenapa ragu? PCI Express jauh lebih stabil dibandingkan AGP. 2. VGA mana pun yang sudah ber-interface PCI express. 3. Tidak apa-apa. Hanya saja dianjurkan menggunakan OS di atas Windows XP, untuk dapat mengenali memory yang berkapasitas 4 GB ke atas. 4. Iya, benar.

Selalu Ada Games
Usul nih, bagaimana PC Mild selalu memberikan bonus satu atau dua games ringan pada setiap edisinya? Biar mereka yang tidak begitu menyukai freeware yang serius (anak-anak atau remaja, misalnya), bisa menikmati free games tersebut. Ianshari via e-mail Untuk games, driver atau bahkan distro mini itu sifatnya opsional. Jika konten utama seperti freeware, patch, antivirus dan sebagainya sudah memenuhi isi CD, maka yang opsional tidak kami masukkan.

Beda Clean dengan Cure
1. Apa perbedaan clean file system dengan cure file pada PCMAV? 2. Apakah virus minerva .wav.B itu sangat berbahaya, soalnya ada game saya yang terkena virus tersebut. Setelah saya cure file tersebut, apakah virusnya yang hilang atau file gamenya yang hilang? 3. Pada edisi 24/2008 dijelaskan cara menghilangkan Map Network Drive. Diminta menavigasikan ke key: HKEY_ CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Policies\Explorer. Mengapa key Explore (yang terakhir) tidak ada pada Windows saya? Winner Damanik via e-mail 1. Clean file system akan membersihkan kembali konfigurasi system, termasuk registry yang telah dirusak oleh virus. Ini akan aktif kalau virusnya aktif. Cure files hanya akan membersihkan virus tersebut. Biasanya walaupun ada, virus belum aktif. 2. minerva.wav.b diketahui merupakan bagian atau file pendukung dari virus minerva. Anda dapat meng-cure file tersebut. Jika Anda ragu, silakan kirim file-nya untuk dianalisis. 3. Jika tidak ada, ciptakan sendiri key tersebut.

Bonus PDF
Saya mempunyai pertanyaan: 1. Kapan PC Mild memberikan bonus edisi PDF-nya lagi? 2. Apakah aplikasi Internet Downloader sudah pernah disertakan dalam bonus CD? 3. Kenapa ada sebagian aplikasi yang meminta diinstal juga, seperti .NET Framework? Apakah aplikasi .NET Framework ini gratis? Anonimus via e-mail 1. Dalam waktu dekat ini. Ditunggu saja. 2. Pernah, di edisi 14/2008. 3. Karena aplikasi tersebut dibuat menggunakan .NET. .NET bisa di-download gratis

Terkesan Edisi Spesial
Untuk rubrik Tip dan Trik, mohon tetap dipertahankan yang PHP, VB.Net, FlashCS3. Saya sangat terkesan sekali. Ternyata PC Mild turut serta memberikan inspirasi ke bagian yang lebih luas. Kalau untuk harga yang edisi spesial, sangat bagus, setimpal, tetapi kalau bisa isi akan informasi yang diberikan lebih dibuat plus lagi, meski isi yang disajikan sudah sangat setimpal dengan harga. Meski harga memberatkan sedikit, tapi kalau isi yang diberikan oleh PC Mild atau PC Media setimpal, saya tidak keberatan sama sekali! Oh ya, kalau bisa di-hekter bagian tengah tabloid itu. Benny via e-mail Terima kasih atas usulan Anda. Kepuasan Anda turut mendorong kami menjadi lebih giat dalam membuat artikel.

Seputar Hardware
Tabloid PC Mild diterbitkan dwi-mingguan oleh Pinpoint Publications. Pinpoint Publications juga menerbitkan majalah komputer bulanan PC Media, majalah open-source & network bulanan InfoLINUX, Buku Mini PC Media dan Buku Mini InfoLINUX. Dilarang mereproduksi seluruh atau sebagian materi di media ini dalam bentuk dan dengan tujuan apapun. Pinpoint Publications tidak terafiliasi dengan perusahaan atau produk yang diuji coba di tabloid PC Mild. Seluruh staf tabloid PC Mild tidak memiliki investasi pada perusahaan atau produk yang diuji coba. Hasil uji coba produk yang dimuat di tabloid PC Mild tidak terkait dengan iklan atau hubungan bisnis perusahaan/produk tersebut dengan tabloid PC Mild. Kecuali disebutkan, uji coba dilakukan tabloid PC Mild pada produk dan layanan yang tersedia pada saat ini. Pinpoint Publications menjunjung tinggi nilai integritas dan kode etik wartawan Indonesia, untuk itu dalam menjalankan tugasnya seluruh staf kami tidak dibenarkan menerima atau meminta imbalan dalam bentuk apapun dari relasi/narasumber.

Spesifikasi PC saya: Intel Dual Core 2,2 GHz. ASUS P5GCMX/1333. RAM 1 GB Corsair PC2-5300 667 MHz. Harddisk 80 GBSeagate SATA. Pertanyaannya: 1. Saya ingin menambahkan VGA PCI-e, tapi ragu karena pernah membeli VGA HIS x1300 256 MB DDR2 128bit AGP. Dan ketika di pasang di motherboard-nya, ECS P4M800Pro-M, tidak bisa terdeteksi. Bagaimana ini? 2. VGA mana yang support dengan motherboard saya? 3. Jika motherbard saya beri RAM lebih dari 2 GB, misalnya 4 GB, apakah tidak apa-apa? 4. Menurut artikel PC Mild edisi 25/2008 tentang “DualChannel”, dituliskan: “... Berbicara mengenai kecepatan, jika memory controller hanya dapat men-generate clock rate, katakanlah, 667 MHz (333 MHz x 2), dalam sistem ini memory DDR2-800 Anda hanya akan bekerja pada 667 Mhz....”. Apakah maksudnya, apabila saya memasang memory KINGSTON 1 GB DDR2 6400 800 MHz tetap bisa berjalan, tetapi dalam clock rate 667 Mhz. Apa benar begitu? Dwi Priyo via e-mail

Bukan Pembaca PC Mild
Sebenarnya saya bukan pembaca PC Mild, dan saya baru membaca edisi 2/2009 ini, karena ingin mencermati rubrik Blog dan Bookmark. Apakah ada kriteria khusus sebuah situs bisa masuk ke dalam rubrik itu? Nunung Setyawahana Akoeb via e-mail Harus menarik dan unik. Bermanfaat bagi orang banyak, terutama pembaca kami, dan tidak mengandung SARA atau pornografi.

2

05/2009

How It Works

Aktual

QR Code

majalah atau bahkan kartu nama yang telah dilengkapi dengan kode berbentuk bujur sangkar dengan rangkaian kotak-kotak kecil di dalamnya, yang bila dilihat sepintas menyerupai sebuah gambar abstrak. Bila diperhatikan, di dalam gambar QR Code selalu terlihat jelas tiga kotak yang barada di pojok kiri atas, pojok kanan atas, dan pojok kiri bawah. Ketiga kotak tersebut berfungsi sebagai indikator yang akan menjelaskan kepada scanner posisi gambar kode. Dengan demikian, scanner akan mengenali posisi gambar kode dalam posisi apa pun. Kotak yang lebih kecil mengambil posisi di kanan bawah berfungsi sebagai penjajar (alignment) ketiga kotak yang lebih besar. Sisanya mengidentifikasikan informasi spesifik yang terkandung di dalam kode.

mengunjungi website http://www. pcmedia.co.id. Bila keyword yang ada adalah mailto: yang diikuti dengan karakter redaksi@pcmedia. co.id, maka perintah yang dimaksud QR Code adalah membuka aplikasi e-mail client, dan mengirim e-mail ke alamat redaksi@pcmedia.co.id.

QR Code Reader
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan barcode reader yang jamak digunakan di ritel-ritel dari skala kecil (minimarket) hingga besar (hypermarket). Sampai saat ini, barcode sudah mencukupi kebutuhan TI ritel dan manufaktur. Lantas, untuk apa QR Code? Siapa yang disasar oleh QR Code sebagai pengguna akhir? Cameraphone adalah jawabannya. Saat ini, hampir semua ponsel midend yang beredar di pasaran telah dilengkapi dengan kamera, web browser, e-mail client, RSS reader, dan aplikasi Internet lainnya. Di Jepang, penggunaan cameraphone telah sangat luas, bahkan melampaui pengguna cameraphone di AS. Oleh karena itulah, wajar bila QR Code saat ini paling banyak digunakan di Jepang. Namun, seiring dengan penetrasi cameraphone (seperi iPhone dari Apple) yang semakin meluas, penggunaan QR Code pun diramalkan akan meroket. Pengguna cameraphone bisa memotret QR Code di mana saja (di bungkus makanan ringan, sampul majalah, sampai baliho dan poster di pinggir jalan) dengan cameraphone, kemudian

secara otomatis aplikasi yang ada di dalamnya akan menjalankan instruksi yang terkandung di dalam kode. Hal ini tentu lebih praktis ketimbang Anda membaca iklan yang menyertakan URL atau alamat email, kemudian mengetikkannya secara manual di ponsel, bukan?

QR Code Generator
Saat ini, telah banyak website yang menyediakan layanan generator QR Code. Beberapa di antaranya adalah Samapedia (www.samapedia. org), BeQRious (www.beqrious.com), dan Kaywa (http://qrcode.kaywa. com). Proses pembuatan QR Code pun sangat mudah. Anda tinggal memasukkan informasi yang akan di-encode ke dalam QR Code, dan menekan tombol Create atau Generate. Sesaat kemudian, QR Code yang berisi informasi spesifik seperti yang telah Anda input-kan akan ditampilkan, dan siap digunakan. Selanjutnya, QR Code tersebut dapat dipajang di mana pun Anda mau. Bahkan, bila termasuk orang narsis, Anda bisa mencetaknya di atas tshirt, dan mempersilakan orang lain memotret QR Code yang ada di tshirt Anda. MI
Informasi Lebih Lanjut

Informasi Spesifik
Anda pasti sudah akrab dengan barcode (PC Mild 11/2007). Barisan batang (garis lurus) dengan ukuran (lebar) dan jarak (spasi) yang berbeda. Barisan batang tersebut merepresentasikan sebuah nilai numerik pada benda yang ditempelnya. Meski terlihat sebagai objek 2D, barcode sebenarnya hanyalah satu dimensi, karena scanner mengambil informasi yang terkandung di dalamnya dengan memindai barisan garis tersebut dari kiri ke kanan.

Karena hanya memiliki satu dimensi, barcode tidak dapat memuat

banyak informasi. QR (Quick Response) Code hadir dalam format baru, sebuah kode matrix 2D yang diciptakan oleh Denso-Wave, anak perusahaan Toyota, di Jepang, pada tahun 1994. Bila barcode reader memindai dari kiri ke kanan, maka scanner QR Code membaca informasi yang terkandung di dalamnya dari kiri ke kanan, serta dari atas ke bawah. Meski semula digunakan untuk melacak suku cadang dalam industri mobil, kini penggunaan QR Code sudah meluas. Anda bisa melihat bungkus-bungkus produk, sampul

Bila barcode hanya mengandung data numerik, maka QR Code mampu menyimpan karakter. Untuk memudahkan scanner mengenali informasi spesifik yang terkandung di dalam QR Code, beberapa karakter awal akan berperan sebagai keyword. Beberapa keyword yang ada di dalam QR Code antara lain: http://, mailto:, sms: atau smsto:, rss:, dan data:. Sebagai contoh, bila keyword yang ada adalah http://, dan karakter selanjutnya adalah www.pcmedia. co.id, maka perintah (instruksi) yang ada di dalam QR Code adalah membuka web browser, dan

• http://en.wikipedia.org/wiki/ QR_Code • www.wisegeek.com/what-is-qrcode.htm

05/2009

3

Aktual

Aneka Ragam/News in 60 Seconds

Inilah Definisinya!
Android
Adalah OS untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri, untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan nVIDIA.

Black Hat DC 2009
Konferensi hacking Black Hat DC 2009 telah membuktikan bahwa komputasi modern dengan sistem keamanan canggih masih dapat ditaklukkan. Black Hat DC secara tidak langsung memberitahukan kepada konsumen, produsen komputer serta vendor keamanan bahwa teknologi saat ini masih belum cukup aman. Salah satu hacking yang disoroti adalah dari seorang peneliti keamanan asal Vietnam, Minh Duc Nguyen, yang mempresentasikan cracking facial bimotetric. Nguyen mengklaim bahwa ia dapat dengan mudah mem-bypass sistem keamanan notebook Toshiba, Lenovo, dan ASUSTek dengan singkat. Nguyen menggunakan software khusus

PDF
Portable Document Format (PDF) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993, untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor 2D. Pada Acrobat 3D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen 3D. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008, dengan kode ISO 320001:2008.

yang ia buat sendiri dengan memanfaatkan beberapa foto asli, dan menggunakannya untuk men-generate foto palsu untuk mengelabui sistem login yang menggunakan foto. Sistem ini tidak dapat mengenali platform 2D dan 3D dengan baik, jadi mengelabui sistem keamanan webcam biometric dengan foto palsu sangat mudah. Presentasi menarik lainnya ditunjukkan oleh Vincenzo Iozzo, yang menerangkan bagaimana menginfeksi kode berbahaya ke OS MacOS X tanpa meninggalkan jejak. Penyerangan ini membutuhkan sistem MacOS X yang tidak di-patch. Selain Nguyen dan Iozzo, hacking Black Hat DC difokuskan pada jaringan Internet. Peneliti keamanan indpenden, Moxie Marlinspike, memamerkan tool SSLstrip baru yang membuat hacker dapat melakukan penyerangan pada lalu-lintas HTTPS.
Info: www.softpedia.com

Malware Hinggapi Symbian
Tim peneliti dari perusahaan jaringan keamanan Fortinet FortiGuard Global Security menemukan sebuah malware baru yang menyerang ponselponsel Nokia, yang menggunakan OS Symbian. Malware baru ini menyerang pengguna ponsel Nokia di Cina. Malware yang bernama SymbOS/Yxes.A!worm atau ‘Sexy View’ itu dinilai sangat berbahaya, dan dapat menyebar melalui pesan singkat (SMS).

Menurut peneliti dari Fortiguard, Derek Manky, malware tersebut menyebar pada ponsel cerdas Nokia yang menggunakan Symbian S60 3rd Edition. Malware tersebut memang belum menyebar, dan belum diketahui di negara mana saja telah aktif. Virus tersebut dapat berkembang biak dengan penyebaran teks dan gambar, oleh sebab itu malware tersebut sangat efektif menyerang pengguna ponsel. Ketika pesan yang memuat Sexy View tersebar ke seluruh nomor kontak di ponsel, bisa saja malware tersebut akan menyebar ke ponsel di negara lain. Saat ini, malware Sexy View memang baru menyerang ponsel Nokia seri 3250 yang menggunakan S60, tapi tak tertutup kemungkinan akan menyerang ponsel lainnya. Kemungkinan besar, sekali terinfeksi malware tersebut, maka seluruh informasi dari ponsel korban akan tercatat, dan akan terhubung dengan server.
Info: www.cellular-news.com

Seri baru Symbian rentan penyerangan

Komputer modern tidak kebal penyerangan

Sun JavaFX Mobile
Sun Microsystems mengumumkan ketersediaan platform JavaFX Mobile, yang memungkinkan ekosistem Java wireless yang mendukung fitur-fitur dan karakteristik Java Platform Micro Edition (Java ME). Platform JavaFX Mobile menyediakan konten dan layanan semua kategori perangkat mobile, mulai dari ponsel dengan fitur dasar sampai dengan smartphone. Platform Java didukung oleh para operator mobile dan manufaktur perangkat digital, dan telah tersedia bagi lebih dari 2,6 miliar ponsel, serta didukung oleh 6,5 juta pengembang software. Dibangun di atas implementasi platform JavaME, JavaFX Mobile memungkinkan perusahaan untuk menciptakan konten mobile yang terpadu, sekaligus memperkuat investasi mereka saat ini untuk platform Java. Para pengembang dapat menggunakan JavaFX Mobile untuk
Platform untuk mobile

US$250.000 untuk Conficker
Microsoft akan memberikan hadiah uang sebesar US$250.000 untuk siapa saja yang berhasil menemukan pembuat worm Conficker. Worm Conficker berkembang biak sangat cepat, dan menyebar melalui tiap celah yang terdapat di sistem Microsoft Windows. Conficekr juga mampu menonaktifkan proteksi anti-malware dan akan memblok komputer yang terinfeksi, jika kom-

Symbian OS
Adalah OS tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd., yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008, Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian OS v9.5s. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, dan v9.1s. Nokia Nseries ratarata menggunakan Symbian OS v9.1s, kecuali Nokia N95 yang menggunakan Symbian OS v9.2s.

puter tersebut akan membuka situs antivirus. Confiker juga telah menyebar ke komputer militer Prancis, dimana navigasi beberapa pesawat tempur Prancis terkena dampaknya. Microsoft bekerja sama dengan Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), dan para ahli keamanan PC berusaha untuk mengidentifikasi pembuat worm. VeriSign, NeuStar, Public Internet Registry, Global Domains International, AOL, F-Secure, George Tech, dan beberapa organisasi lain telah bergabung untuk menangkap sang pembuat Conficker. Symantec melaporkan terdapat lebih dari 2.2 juta alamat IP yang hanya dalam waktu lima hari telah terinfeksi Conficekr. Sampai saat ini, sudah 10 juta komputer yang terkena dampak keganasan Conficker.
Info: www.dailytech.com

memperluas aplikasi mobile JavaME mereka yang sedang berjalan, game, serta solusi dengan fitur-fitur yang komunikatif, dan bermanfaat dengan mudah. Selain itu, para pengembang yang menggunakan teknologi JavaFX memiliki akses terhadap teknologi JAVA ME, serta kemampuan spesifik untuk mengakses fitur telepon seperti address book, bluetooth, kamera, layanan lokasi, dan lain-lain. Platform JavaFX menyediakan model pengembangan dan penggunaan yang terpadu untuk membangun Rich Internet Application (RIA) di semua desktop, browser, dan telepon genggam. JavaFX menghadirkan audio dan video kualitas tinggi, rich text, grafik vektor, animasi, serta layanan web untuk aplikasi mobile dan desktop melalui bahasa pemrograman yang sederhana. DK

Microsoft kejar pembuat Conficker

News in 60 Seconds
Depkominfo meluncurkan Indonesian Information and Communication Technology Award (Inaicta) 2009, dengan mengangkat tema Digital Creative for Nation Building. Inaicta 2009 mempunyai visi memosisikan TI sebagai variabel yang bisa dimanfaatkan Indonesia untuk meningkatkan martabat bangsa di dunia internasional. Satlantas Mapolwiltabes Bandung menyosialisasikan metode Audio Visual Integrated System (AVIS). Dengan metode ini, pembuat SIM tinggal melihat serta mendengarkan soal tes teori di layar, setelah itu memilih jawaban yang benar dengan memencet salah satu tombol yang tersedia. Ericsson memperkenalkan Evo RAN, sebuah solusi Radio Access Network yang memungkinkan para operator untuk menjalankan jaringan GSM, WCDMA, dan LTE hanya dengan sebuah jaringan tunggal. Evo RAN adalah solusi yang menyederhanakan manajemen jaringan, menurunkan biaya operasional, dan mengurangi konsumsi listrik. University of Portsmouth, Inggris, mengembangkan sebuah konsol game super, dan diklaim mampu memainkan semua format game, termasuk game-game komputer. Diharapkan, konsol super tersebut mampu menyimpan 2 juta konten pada 2010 atau sama dengan 18 juta informasi dalam satu waktu, hanya cukup dengan sekali klik. Vizio menjadi perusahaan kedua di bulan Februari, yang telah menyatakan tidak akan lagi menjadi pabrik pembuat TV plasma. Sebelumnya, Pioneer Electronic sudah lebih dulu mengumumkan hal tersebut. Vizio memutuskan hanya akan fokus ke teknologi televisi LCD dan Blu-Ray. Wikipedia bahasa Indonesia telah mencapai artikel ke-100.000. Sampai saat ini, seluruh artikel dalam Wikipedia bahasa Indonesia sendiri diisi oleh sekitar 50 sukarelawan sebagai pengguna aktif. Dengan jumlah 100.000 artikel, maka web ini kini bersanding dengan bahasa-bahasa besar lain di dunia.

4

05/2009

Aneka Ragam

Aktual

Pemenang iMULAI 2.0
Microsoft Indonesia dan SENADA, sebuah proyek yang didanai oleh USAID untuk menguatkan daya saing Indonesia, mengumumkan pemenang kompetisi iMULAI 2.0. Tujuan kompetisi yang diadakan pada tanggal 1 November-5 Desember 2008 silam ini adalah untuk memacu semangat inovasi dan kewirausahaan di antara kalangan bisnis Indonesia. Setiap pemenang memperoleh dana pengembangan inovasi sebesar US$25.000, produk dan teknologi Microsoft senilai US$8000, dan hardware senilai US$2500. Peme-

nang juga berkesempatan berpartisipasi dalam kegiatan Internasional Microsoft TechED, yang akan diselenggarakan di Malaysia. Ke50 peserta unggulan akan memperelah aplikasi software senilai US$400.000.

Selama periode kompetisi itu, para peserta yang terdiri dari perusahaan TI, mahasiswa, dan LSM, mengajukan 63 proposal inovatif. Panel juri dari Microsoft, SENADA dan USAID telah memilih tiga pemenang kompetisi, yakni Grafika Valley (Mobile@Act), kemudian PT. Azadirachta Mandiri (Collaborative eBusiness System), dan PT. Immedia Visi Solusi (aplikasi untuk Internet radio broadcasting). DK

Kontes Menjebol Browser
Sebuah kontes hacking yang bertajuk PWN2OWN akan segera digelar di Amerika Serikat, dan dalam kontes yang akan diikuti oleh ratusan hacker ini terdapat dua tema. Tema pertama adalah meng-hack beberapa browser Internet terkenal, termasuk Internet Explorer 8 milik Microsoft, Firefox milik Mozilla, Chrome milik Google, dan Apple Safari. Kontes ini akan menggunakan notebook milik Sony, serta OS Windows 7 beta. Tantangan kedua adalah bagaimana hacker menjebol OS smartphone, termasuk Android milik Google, Microsoft Windows

Mobile, dan Apple iPhone. Tahun 2008 lalu, Charlie Miller, seorang peneliti keamanan Apple berhasil meng-hack laptop MacBook Air hanya dalam waktu kurang dari 2 menit, dan memenangkan hadiah uang sebesar US$10.000, kemudian Shane Macaulay, seorang konsultan keamanan, berhasil menggondol US$5000 setelah berhasil menjebol notebook Fujitsu dengan Windows Vista SP1.
Info: www.computerworld.com

Ajang hacker yang mencari celah keamanan OS

Menuju Microsoft TechED di Malaysia

Upgrade Gratis Windows 7
Microsoft mempunyai beberapa cara jitu agar konsumen membeli Windows Vista, salah satunya dengan cara memberikan upgrade gratis Windows 7, untuk pengguna yang membeli PC dengan OS Vista. Tawaran dari Microsoft ini berlaku hingga 31 Januari 2010. Menurut TechARP.com, Microsoft kemungkinan akan merilis Windows 7 sebelum tahun 2009 berakhir, dan Windows 7 Update Program akan dimulai pada tanggal 1 Juli

2009. Jika benar, siapapun yang membeli PC dengan OS Vista antara 1 Juli 2009 dan 31 Januari 2010 akan memperoleh uprade gratis ke Windows 7. TechARP juga melaporkan bahwa DVD Windows 7 untuk upgrade akan dikirimkan ke produsen PC untuk konsumen pada tanggal 30 April. Sebelumnya, Microsoft juga sempat merilis program serupa untuk Vista, yakni Vista Express, dimana konsumen yang membeli PC dengan OS Windows XP antara 26 Oktober 2006 dan 15 Maret 2007, dapat meng-upgrade Vista gratis. Microsoft merilis Vista ke konsumen secara resmi pada tanggal 30 Januari 2007, 45 hari sebelum program

itu berakhir. Microsoft belum berkomentar mengenai laporan yang dirilis oleh TechARP ini.
Info: www.arstechnica.com

Celah di Reader dan Acrobat
Sebuah celah kritis telah diidentifikasi dan dapat menyebabkan aplikasi crash, dan membuat hacker dapat mengontrol komputer yang terinfeksi. Semua versi Acrobat dan

Reader mulai versi 7 ke atas berisiko terkena dampak berbahaya. Menurut Adobe, celah ini sangat berbahaya dan menyebabkan buffer overflow. Adobe juga sedang bekerja sama dengan vendor antivirus untuk menambal celah ini. Sayangnya patch yang sedang dikerjakan Adobe tidak akan hadir sampai 11 Maret 2009. Sambil menunggu patch selesai dibuat, disarankan pengguna setia Reader dan Acrobat untuk memakai dulu alternatif membaca file PDF, seperti Sumatra dan FoxIt.
Info: www.downloadsquad.com

Beli Vista, gratis update Windows 7

Celah berbahaya, dengan pacth lambat

05/2009

5

Aktual

Around the World/Fast Fact

Norwegia

Italia

Thailand

Amerika Serikat

Menteri Ingin Melegalkan File Sharing
Menteri Pendidikan dan Riset Norwegia, Bård Vegar Solhjell, yang merupakan anggota dari partai sosialis sayap kiri mengatakan dalam blog-nya bahwa file sharing adalah sebuah hal yang jenius, dan menjadi cara yang hebat dalam mencari musik yang diinginkan. Menurutnya, industri musik seharusnya turut serta di dalamnya ketimbang melawannya. Lanjutnya lagi, semua teknologi yang lebih canggih justru ditakutkan akan membunuh teknologi yang lama, padahal tidak begitu. Contohnya TV tidak membunuh keberadaan radio, web tidak membunuh buku, dan download tidak akan membunuh musik, ujarnya. Solhjell juga menyindir, jika saja radio dikembangkan baru-baru ini, maka perusahaan rekaman mungkin akan mencoba untuk membunuh keberadaan radio. Solhjell memberi masukan, sebaiknya industri musik mencari sebuah sistem yang tepat untuk konsumen dan artis. Salah satunya adalah layanan Spotify. Solhjell percaya pada akhirnya, konsumen dan artis akan saling mendapat keuntungan. Info: torrentfreak.com

Skype Bikin Pusing Polisi
Semakin canggih suatu teknologi, semakin banyak pula pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang akan memanfaatkannya. Hal ini terjadi di Italia, dimana sudah banyak organisasi kriminal memanfaatkan Skype untuk berkomunikasi. Mereka memanfaatkannya, karena Skype tidak bisa disadap oleh pihak berwenang. Selama ini, pihak kepolisian masih memanfaatkan aksi sadap telepon yang dilakukan secara tradisional untuk mengorek informasi aktivitas kriminal. Tapi semenjak beralih ke Skype, aksi penyadapan ini sudah tidak bisa dilakukan lagi. Masalahnya adalah sistem komunikasi Skype menggunakan skema enkripsi yang sangat bagus, dan dikategorikan sebagai rahasia perusahaan. Jadi, pihak manapun tidak akan diberikan cara untuk mempelajarinya. Perihal inilah yang membuat pihak kepolisian Italia mengeluh, dan pusing tujuh keliling. Bahkan konon kabarnya, untuk menyadap transmisi dari Skype, kira-kira setahun lalu kepolisian di Jerman menyewa sebuah perusahaan software untuk membuat trojan yang sanggup merekam data dari Skype. Info: pcworld.com

Berharap Dihapus dari Priority Watch List
Thailand sangat berharap agar Amerika Serikat menghapus mereka dari daftar Priority Watch List (PWL) menjadi Watch List (WL) di dalam laporan Special 301, yang akan dirilis Mei mendatang. Laporan Special 301 adalah dokumen yang berisi pemeriksaan secara detail mengenai kelengkapan dan keefektifan penegakan HAKI dari seluruh negara di dunia. Laporan ini dijadikan sebagai basis untuk perjanjian konstruktif antara AS dengan rekanan dagangnya. Salah satu kejadian yang akan dijadikan resume atau nilai plus untuk Thailand adalah berhasilnya pengungkapan kasus penggunaan software bajakan yang melibatkan sebuah perusahaan di Ayutthaya. Dalam kasus yang diajukan oleh Business Software Alliance (BSA) itu, pihak perusahaan tertuduh itu akhirnya dikenakan denda sebesar 3,5 juta baht. Bagaimana dengan Indonesia? Di tahun 2008 lalu Indonesia berada di dalam daftar WL. Info: zdnetasia.com

Peringatan FAA Untuk Mematikan Ponsel di Pesawat
US Federal Aviation Authority (FAA) atau Badan Otoritas Penerbangan AS mengeluarkan peringatan untuk semua maskapai, agar pilot dan kru pesawat juga turut mematikan ponselnya saat berada di dalam pesawat. Peringatan ini dikeluarkan setelah adanya kejadian dimana seorang inspektur keselamatan udara yang sedang dalam penerbangan dengan sebuah maskapai kecil, mengetahui adanya ponsel milik pilot yang masih dalam keadaan hidup saat pesawat mau take-off. Akibatnya, terjadi gangguan komunikasi antarkru yang disebabkan oleh sinyal ponsel tersebut. Parahnya lagi, menurut General Operations Manual, tidak menyebutkan adanya larangan terhadap kru untuk mematikan ponselnya saat sedang bertugas. Hal ini berlawanan dengan regulasi federal dan FAA yang menyatakan ponsel tidak boleh dinyalakan saat sedang berada di taxi runway hingga take-off. Oleh karena itu, FAA memperingatkan kepada semua maskapai agar me-review General Operations Manual milik masing-masing. Info: flightglobal.com

Fast Fact
175 juta pengguna berhasil itas gambar PSP lebih bagus daripada inci, dan dilengkapi OS Windows atau pembuat konsol berlomba-lomba me- keseluruhan penjualan kamera SLR
direngkuh Facebook. Padahal belum ada sebulan lalu, Facebook baru saja memperoleh 150 juta pengguna. Jika dilacak ke belakang, Facebook berhasil meraih 150 juta pengguna dalam masa 2 bulan setelah mencapai 120 juta, dan 4 bulan setelah mencapai 100 juta. (zdnetasia.com) DS. (news.softpedia.com) Linux. (news.softpedia.com) nambahkan fitur dan layanan yang bisa menarik para gamer kelas ringan. (dailytech.com) berbasis film Canon telah melampaui 39 juta unit, sedangkan kamera Digital SLR-nya telah melampaui 14 juta unit. (datascrip.com)

14,6 juta netbook terjual di tahun
2008 lalu. Begitulah hasil laporan yang disampaikan oleh DisplayBank, sebuah perusahaan riset yang berbasis di San Jose, California. Sedangkan merek-merek yang menguasai pasar notebook dunia saat ini, di urutan pertama adalah Acer, yang diikuti oleh Asus, HP, MSI, dan Intel. Untuk memperjelas isi laporan tersebut, DisplayBank juga menawarkan definisi netbook. Menurut mereka, netbook memiliki fungsi seperti notebook, mendukung jaringan, dan memiliki harga lebih rendah dari $650. Netbook juga memiliki layar antara 7-10,2

1 juta lebih pengguna Xbox 360
telah menginstal aplikasi Netflix di konsol milik mereka. Padahal aplikasi tersebut baru diluncurkan di bulan November lalu. Netflix adalah sebuah aplikasi yang mengizinkan anggota Xbox Live Gold yang memiliki account Netflix bisa mendapatkan streaming film atau serial TV ke TV mereka via konsol Xbox. Hingga saat ini, sudah tercatat ada 12 ribu judul yang bisa di-streaming. Kerja sama antara Xbox dan Netflix bisa dibilang untuk membuat konsol game menjadi lebih menarik, terutama di saat krisis global melanda dunia. Oleh karena itu, para

50 juta Sony PlayStation Portable telah terjual hingga Januari lalu. Meskipun angka itu terlihat besar, Sony baru bisa mencapainya dalam waktu 4 tahun semenjak peluncurannya. Bila dibandingkan dengan pesaingnya, Nintendo DS, PSP juga memiliki koleksi game yang lebih sedikit. Padahal hardware atau kual-

50 tahun lalu atau tepatnya tahun 1959, Canon mengawali penjualan kamera single-lens reflex (SLR). Sejarah kamera SLR 35mm Canon ditandai dengan peluncuran Canon Flex kali pertama pada bulan Mei, tahun 1959. Kemudian di tahun 1976, diluncurkan model AE-1, yang merupakan kamera SLR pertama yang telah dilengkapi dengan built-in CPU. Pada bulan Maret 1987, Canon meluncurkan EOS 650, kamera SLR pertama yang dilengkapi AF (autofocus) didukung dengan electronic control. Hingga saat ini,

12,1 MP kamera ponsel siap-siap dirilis oleh Sony Ericsson pada tahun ini. Ponsel tersebut memiliki nama kode Idou, dan akan berada di bawah jajaran seri Entertainment Unlimited. Tidak hanya Sony Ericsson saja, rupanya LG dan Samsung juga dikabarkan siap merilis ponsel berkamera 12 MP tahun ini. Tidak diragukan lagi, ponsel yang dilengkapi kamera ber-megapixel besar menjadi sebuah perangkat yang sangat menarik. (news.softpedia.com)

6

05/2009

Hardware

Aktual

Xigmatek Dragoon HDT
Xigmatek adalah salah satu produsen produk cooling system yang menggunakan pendekatan teknologi HDT (Heat-pipe direct touch). Dan produk terbaru yang diperkenalkan dengan teknologi HDT ini adalah Dragoon N422, sebuah memory cooler.

Dengan dimensi 131,1 x 76,5 x 9,6 mm dan berat sekitar 105 gram, memory cooler Dragoon N422 ini dapat digunakan pada keping RAM double-sided, baik untuk tipe RAM DDR, DDR2, dan DDR3. Menggunakan bahan alumunium untuk bagian fin, dan tembaga untuk heatpipe. Dengan teknologi HDT, bentuk heatpipe dirancang sehingga secara fisik kontak langsung dengan memory chip. Dengan HDT, diharapkan konduksi panas dari memory chip dengan heatpipe lebih baik dibandingkan solusi pendinginan heatpipe yang tidak bersentuhan langsung. Sebagai catatan, produsennya tidak menyarankan penggunaan produk ini untuk keping RAM singlesided.
Info: www. xigmatek.com Memory cooler dengan HDT

AMD Opteron Istanbul
AMD Opteron dengan nama sandi Istanbul adalah sebuah processor AMD yang akan datang, dengan enam core processor. Informasi mengenai demonstrasi processor untuk server ini sudah beredar, dengan OS Windows Server 2008, dan virtualisasi tiga OS Windows Server 2003, Red Hat Linux and SLES 11 x64 yang berjalan pada OS Windows Server 2008. Dengan motherboard server yang memiliki empat socket processor, maka akan tersedia 24 core processor dalam satu server.

AMD Opteron Istanbul diproduksi dengan teknologi manufaktur 45 nm. Processor ini masih menggunakan socket F, sehingga masih dapat digunakan pada motherboard server yang sudah tersedia. Ia juga dilengkapi dengan memory controller DDR2 dualchannel yang terintegrasi dalam processor. Dengan dukungan HyperTransport 3.0, dan L3 cache 6 MB. Processor ini rencananya akan tersedia di semester kedua tahun ini. Selanjutnya, di tahun 2010 akan hadir AMD Opteron dengan nama sandi Sao Paolo, yang dilengkapi dengan memory controller DDR3.
Satu sistem dengan 24 core processor
Info: www.techreport.com

Dell OptiPlex FX160
OptiPlex FX160 adalah produk yang ditawarkan Dell untuk digunakan di lingkungan kerja seperti perusahaan besar, yang membutuhkan sebuah solusi spesifik dengan sebuah sistem komputasi yang fleksibel. Ia mampu dimanfaatkan untuk melayani OnDemand Desktop Streaming, Virtual Remote Desktop atau menjadi sebuah Dedicated Remote Workstation. Berupa sebuah sistem dengan bentuk yang terbilang ringkas, OptiPlex

MSI Wind Top AE 1900
Kategori PC baru, baik netbook dan nettop, sedikit banyak menginspirasikan para produsen ternama untuk menghadirkan kategori baru untuk PC, baik untuk mobile maupun desktop. Salah satunya dalam bentuk sebuah All in One PC yang belakangan banyak diperkenalkan. MSI Wind Top AE 1900 adalah salah satunya. Sebuah desktop PC dengan bentuk yang ringkas. Menggabungkan antara sebuah display monitor LCD dan komponen lainnya menjadi sebuah bagian di sisi belakang monitor LCD. Membuat sebuah All in One PC hanya terlihat sebagai sebuah monitor LCD, jika dilihat dari bagian depan. Wind Top AE 1900 menggunakan processor Intel Atom 230, chipset Intel 945GC dan south bridge ICH7. Wind Top
All in One dengan bentuk menarik

AE 1900 dilengkapi dengan memory 1 GB, dukungan konektivitas jaringan berkabel LAN dan nirkabel Wi-Fi, dengan harddisk berkapasitas 160 GB. Dengan layar 18,5 inci, mampu menampilkan resolusi WXGA (1366 x 768). Produk dengan OS Windows XP ini memiliki dimensi 550 x 420 x 35 mm, dan berat sekitar 4,75 kilogram. Perkiraan konsumsi daya hanya sekitar 35 Watt, namun ia dilengkapi dengan power supply 65 Watt 80 PLUS.
Info: www.msi-computer.co.jp

FX160 menggunakan form factor motherboard Mini-ITX sehingga case yang digunakan hanya seperdelapan dari volume sebuah case ATX. Selain Intel dan nVIDIA, SiS pun juga memiliki solusi OptiPlex FX160 dengan menggunakan processor Intel Atom 330 dual-core 1.6 Ghz, dan chipset SiSM671. Chipset ini mampu terpasang memory hingga 4 GB, dilengkapi dengan graphic controller terintegrasi SiS Mirage 3 Gigabit Ethernet dan 802.11 b/ g PCI-Express WLAN, serta HD audio.
Info: www.dell.com

Flexible Computing Solutions dari Dell

OCZ Summit SSD
Solid state drive terus menunjukkan peningkatan kepopulerannya. Ini yang menyebabkna para produsen terus mengembangkan, dan memperkenalkan produk terbarunya. Seperti OCZ, yang sebelumnya sudah

memperkenalkan SSD OCZ Apex dan Vertex. Berikutnya, OCZ akan memperkenalkan seri SSD OCZ Summit. Sebuah SSD dengan form factor 2,5 inci, menggunakan interface SATA II. Pada OCZ Summit ini menggunakan controller dari Samsung. Dilengkapi dengan cache 64 MB, yang membuat SSD satu ini menjanjikan kinerja yang mengesankan. Seperti juga OCZ Apex dan Vertex, SSD seri OCZ Summit ini juga menggunakan memory chip MLC. Rencananya, SSD OCZ
SD OCZ Summit dengan controller dari Samsung

Summit ini akan dihadirkan dengan pilihan kapasitas 60 GB, 120 GB, dan 250 GB. Spesifikasi untuk read dan write speed cukup menjanjikan. Dengan read speed 208 MB/s dan write speed 172 MB/s. Rencananya, OCZ Summit akan dihadirkan pada bulan Maret 2009 ini.
Info: www.engadget.com

05/2009

7

Aktual

Hardware

Inilah Definisinya!
80 PLUS
Adalah standardisasi PSU (power supply unit) sesuai dengan tingkat efisiensi energi yang digunakan. Sertifikasi 80 Plus, artinya PSU tersebut memiliki efisiensi minimal 80%, pada hampir semua tingkat beban daya, baik pada beban daya 20%, 50% maupun 100%.

XFX GTS 250
Berita mengenai akan hadirnya graphic card nVIDIA GeForce GTS 240 dan GTS 250, memang sudah terdengar sejak awal tahun 2009 ini. Resminya, graphic processor tersebut baru akan diperkenalkan berdekatan dengan CeBIT mendatang. Namun beberapa informasi sudah beredar mengenai kehadiran graphic card dengan GTS 250. Produk XFX GTS 250 adalah salah satunya. Sekilas mirip dengan graphic card dengan GPU 9800GTX+, namun informasinya akan dilengkapi dengan memory yang lebih besar. Jika 9800GTX+ hanya dilengkapi 512 MB, maka GTS 250 menggunakan GDDDR3 memory 512 MB. Pada produk GTS 250 dari

XFX ini terlihat menggunakan solusi pendingan yang cukup tebal, dan akan memerlukan alokasi tempat untuk dua slot. Untuk spesifikasi selengkapnya belum tersedia. Demikian juga dengan informasi harga. NVIDIA CUDA dan NVIDIA PhysX juga sudah didukung pada GTS 250.
Info: news.softpedia.com

Dapatkan di Toko dan Kios Majalah Terdekat!

EDISI SPESIAL ULANG TAHUN PC MEDIA

Barebone
Paket penjualan komponen PC, yang menyediakan beberapa komponen utama, dengan customize komponen lain sesuai kebutuhan pengguna. Biasanya paket ini menyertakan PC case, motherboard, dan PSU. Beberapa produsen mengemasnya dalam bentuk form factor yang ringkas. Sedangkan komponen lain seperti pilihan CPU, RAM, media penyimpanan dan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Dilengkapi dengan solusi pendingin dua slot

Mini-ITX
Adalah salah satu istilah bagian dari Small form factor (SFF) pada PC dan motherboard. Berbeda dengan form factor ATX (Advanced Technology Extended), dengan dimensi standar 305 × 244 mm, ITX tidak memiliki definisi dari kepanjangan singkatannya. ITX hanyalah sebutan untuk form factor motherboard, yang berukuran lebih kecil dari ATX. Beberapa form factor ITX yang populer ditemukan adalah Mini-ITX (170×170 mm), dan PicoITX (100×72 mm).

My Book World Edition II
Western Digital My Book World Edition adalah sebuah harddisk network atau NAS yang ditujukan untuk penggunaan di rumah ataupun di lingkungan kerja. Dapat digunakan untuk melakukan fungsi

NAS
NAS (Network Attached Storage) adalah sebuah perangkat media penyimpanan pada jaringan yang dilengkapi dengan system operasi, yang dirancang khusus untuk melayani kebutuhan PC yang membutuhkan file data yang tersimpan. NAS biasanya dihubungkan langsung pada local area network (LAN) dengan protocol LAN, seperti TCP/IP. Ini yang membuatnya berbeda jika dibandingkan dengan Direct-attached storage (DAS) ataupun Storage Area Network (SAN).

yang menarik dan membantu pengguna di dalam jaringan yang sama. Seperti dapat melakukan back-up otomatis data pada PC yang terhubung di jaringan, sentralisasi data agar dapat diakses bersama, bahkan untuk streaming file multimedia. My Book World Edition II adalah versi terbaru dan menawarkan pilihan kapasitas 1 TB dan 2 TB. Kemudahan penggunaan adalah yang dikedepankan oleh produk ini. Bahkan diklaim hanya membutuhkan satuan beberapa menit untuk dapat memanfaatkan segala fungsi dan fiturnya dalam jaringan Anda. Bahkan fungsi multimedia streaming juga dapat dinikmati dengan game console seperti X-Box 360 atau Playstation 3, dan pengguna di rumah dapat menikmati video yang tersimpan di dalamnya di TV. Dengan dimensi 173 mm x 147 mm x 58 mm dan berat sekitar 1,09 kg, membuat penggunanya tidak akan kesulitan untuk mencarikan tempat untuk mengoperasikannya. Bentuk dengan desain yang menarik juga membuatnya tidak akan merusak pemandangan jika diletakkan di meja, ataupun di samping PC Anda.
Info: www.wdc.com

Yukon Sebagai Alternatif Atom
AMD sedang mengampanyekan penggunaan platform Yukon sebagai alternatif dari Intel Atom untuk sistem berdaya efisien, dan berbiaya rendah. Padahal, Yukon yang memiliki thermal design power sebesar 25 W membutuhkan daya yang lebih besar daripada Atom. Tapi AMD mengklaim hal itu merupakan hal yang akan memberikan pengalaman berkomputer menjadi lebih baik. Atau dengan kata lain, sisi penggunaan untuk multimedia akan lebih ditonjolkan daripada Atom. Pihak AMD juga mengatakan bahwa platform Yukon tidak akan terikat dengan hardware
Kampanye yang dilakukan AMD ke pihak OEM

apapun atau pembatasan form factor. Konon keterikatan hardware dan pembatasan form factor diadopsi oleh Intel Atom. Pihak OEM (Original Equipment Manufacturer) dipersilakan oleh AMD untuk mengembangkan Yukon sesuka mereka. Sejauh ini, platform Yukon sudah bisa ditemukan di BenQ nScreen i91, sebuah perangkat komputer yang memiliki konsep sama seperti iMac. Dan tidak lama lagi, kemungkinan Yukon akan dipakai juga di notebook HP Pavilion dv2.
Info: tomshardware.com

My Book World Edition II kini tersedia dengan kapasitas 2 TB

Lian Li PC-V351
Dari produsen ternama untuk urusan PC case, Lian Li memperkenalkan PC-V351. Sebuah PC case yang lebih dikhususkan untuk sebuah home theater PC (HTPC). Dengan dimensi 279 x 262 x 373, PC case ini dibuat dari bahan alumunium, dengan berat 3,63 kg. Tersedia tiga pilihan warna: hitam, perak, dan merah.

Dengan rancangan yang berbeda dibandingkan case untuk HTPC yang sudah pernah ada, dengan

USB Bus Powered
Beberapa perangkat portabel yang sudah menggunakan rechageable baterai, proses charging dapat dilakukan dengan menghubungkannya pada port USB pada PC yang sedang beroperasi dengan catuan daya standar USB, yaitu 5V DC.

ketersediaan slot di bagian depan. Ia menyediakan dua slot 5,25 inci di sisi
Case untuk HTPC dari Lian Li

samping. Seperti kebanyakan produk dari Lian Li, meski ini sebuah case untuk HTPC, namun tetap menggunakan motherboard tray. Tray ini akan mempermudah proses pemasangan motherboard. Ia juga dilengkapi dengan dua fan 120 mm 1000 RPM, dan sebuah fan 80 mm 800 RPM.
Info: www.lian-li.com

8

05/2009

Hardware

Aktual

MSI GTX 260 Lightning 1792MB
Graphic card GTX 260 bukan lagi sebuah hal yang mengesankan. Namun informasinya kali ini, mengenai akan hadirnya MSI GTX 260 Lightning. Sebuah graphic card yang cukup menjanjikan kinerja tinggi. MSI GTX 260 Lightning dilengkapi dengan solusi pendingin, dengan teknologi heatpipe, dan dua buah fan. MSI GTX 260 Lightning menggunakan PCB berwarna merah, membuatnya berbeda dengan reference card dari nVIDIA. Selain PCB, jumlah memory yang terpasang pada graphic card juga membuatnya berbeda jika dibandingkan produk kebanyakan. MSI

Shuttle SX58H7
Ingin memiliki sebuah desktop dengan kinerja bertenaga, namun dengan ukuran yang ringkas? Anda dapat mewujudkan dengan memanfaatkan barebone berukuran ringkas. Salah satunya dengan Shuttle SX58H7. Sebuah barebone
GTX 260 dengan memory 1729 MB

GTX 260 Lightning dilengkapi dengan memory 1729 MB GDDR3. Masih ditambah dengan panel Airforce, yang dapat menampilkan informasi setting overclock. Produk digunakan. Seperti yang ditawarkan Patriot dengan produk seri Signature ini.

ini belum dipasarkan, namun direncanakan akan dipamerkan pada CeBIT mendatang.
Info: www.tcmagazine.com

Patriot Signature Series Tri-Channel
Patriot adalah salah satu produsen yang selama ini cukup dikenal dengan baik untuk produk yang ditujukan bagi segmen pengguna high-end. Namun produk yang baru-baru ini diperkenalkan adalah sebuah produk untuk kelas value. Pihak produsen ternama ini menyadari, seiring dengan situasi krisis ekonomi global ini, sedikit banyak akan mempengaruhi daya beli, prioritas, dan pilihan pengguna, termasuk dalam memilih memory yang

Dengan jaminan garansi lifetime, Patriot Signature yang baru diperkenalkan terdiri dari 4 pilihan DDR3 triple channel memory kit. Dengan pilihan kapasitas total memory 3 dan 6 GB, baik menggunakan heatspreader maupun tanpa heatspreader. DDR3 1066MHz ini bekerja pada latency CL7 dan Vdimm 1,5V.
Info: www.patriotmem.com

ringkas, dengan desain yang menarik. Berwarna hitam yang memberik kesan menarik, dengan bahan alumunium. Meski ukuran berebone ini ringkas, namun motherboard yang digunakan menggunakan chipset Intel X58 dan south bridge ICH10R. Membuatnya mendukung penggunaan komponen terkini. Mulai dari dukungan untuk penggunaan processor Intel Core i7, triple channel DDR3. Dengan dimensi 325 x 208 x 189 mm, namun tetap mendukung penggunaan dual graphic card. Beberapa fitur lainnya pun cukup menarik, seperti penggunaan I.C.Evo, solusi pendinginan berbasis heatpipe yang dapat mengoptimalkan kinerja pendinginan, namun tetap efisien ruang, sehingga dapat dimanfaatkan di barebone yang ringkas. Selain itu, SX58H7 juga dilengkapi power supply yang mendapatkan sertifikasi 80 PLUS.
Info: http://global.shuttle.com/product_detail_ spec.jsp?PI=1219# Harga: N/A

Ringkas dan bertenaga

Samsung SE-S084B
Sebuah drive optikal eksternal baru saja diperkenalkan oleh Samsung. Dengan ukurannya yang ringkas, membuat Samsung SE-S084B bisa menjadi alternatif pilihan yang ideal untuk netbook atau notebook yang tidak dilengkapi dengan drive optik. Samsung SE-S084B memungkinkan untuk dioperasikan cukup dengan catuan daya USB Bus Powered, tanpa memerlukan catuan daya tambahan. Samsung SE-S084B memiliki dimensi 216 x 81 x 190 mm dengan berat 0,4 kg menurut spesifikasinya. Membuatnya ideal untuk menjadi pelengkap netbook atau notebook ukuran ringkas. Tanpa perlu memikirkan sebuah power supply tambahan untuk mengoperasikannya.

Triple channel seri value dari Patriot

Diamonds Sputtering
Kemampuan GPU pada sebuah graphic card kini semakin mengesankan. Demikian juga dengan chip memory yang digunakan pada

sebuah graphic card. Gabungan keduanya membuat graphic card terkini dapat menghasilkan kinerja graphic yang lebih mengesankan. Namun hal ini memiliki dampak dengan meningkatnya panas yang dihasilkan. Untuk itu, diperlukan solusi pendinginan yang lebih baik. Sparkle mengembangkan teknologi yang disebut Diamond Sputterings,

dimana lapisan terluar pada cooling block dibuat dari material yang menyerupai berlian, yang disebut oleh Sparkle sebagai Diamond-like Carbon (DLC). DLC dipercaya dapat menghantar sekaligus melepaskan panas dengan leih baik, dibandingkan yang digunakan pada solusi pendinginan yang telah ada. DLC diklaim oleh Sparkle dapat menghantarkan panas 4 kali lebih baik dibanding kebanyakan penggunaan bahan tembaga. Pengujian awal dengan graphic card, menggunakan GPU GeForce 9500GT. Dengan solusi pendinginan konvensional, tercatat temperatur 88°C. Sedangkan menggunakan DLC, tercatat temperatur yang lebih rendah, 83°C.
Info: www.sparkle.com.tw

Optikal drive eksternal yang ringkas

Samsung SE-S084B dilengkapi dengan buffer 2 MB. Mampu melakukan proses write 8x untuk media DVD+R dan DVD-R writer, 6x untuk proses write pada media DVD+R dan -R Dual Layer, 5X untuk proses write pada DVD-RAM.
Info: www.samsung.com Harga: $79,99

Lite-On iHAS324
Dalam waktu dekat mendatang, Lite On akan menghadirkan sebuah DVD writer yang dapat melakukan proses write hingga 24x untuk DVD±R. Namun tidak hanya kecepatan yang menjadi andalan produk terbaru Lite-On iHAS624 ini. Seperti teknologi SmartErase, untuk memastikan data pada media kepingan dapat terhapus dengan aman, tanpa dapat dimungkinkan untuk diakses oleh pihak yang tidak

Sparkle menghadirkan pendingin dengan DLC

SSD Intel X25E 64GB
Solid state drive (SSD) menjadi solusi media penyimpanan yang menarik dengan berbagai keunggulan, dibandingkan penggunaan harddisk konvensional. Mulai dari kecepatan transfer data, keandalan data yang tersimpan, dan efisiensi konsumsi daya yang lebih baik dibandingkan dengan harddisk konvensional. Intel selain terus mengembangkan processor dan komponen komputasi pendukung lainnya, juga mengem-

bangkan teknologi SSD. Salah satu hasil pengembangan SSD adalah memperkenalkan Intel X25E dengan kapasitas 64 GB. SSD yang ditujukan untuk pengguna enterprise ini adalah versi kelanjutan dari Intel X25E terdahulu, dengan kapasitas 32 MB. Kini, Intel X25E dengan kapasitas yang lebih besar 64 GB tetap memberikan kinerja yang maksimal. Dengan read speed 250 MB/s dan write speed 170 MB/s. Tentu saja dengan kapasitas Intel X25E yang bertambah, ini juga berpengaruh dengan harga penawarannya.
Info: www.fudzilla.com Harga: $790

berwenang. Atau fitur LabelTag, sebuah solusi disc labeling yang baru. LabelTag memungkinkan penggunanya membuat disc label pada bagian ring CD atau DVD. Fitur disc labeling dengan LebelTag ini tidak membutuhkan sebuah CD ataupun DVD khusus, sehingga lebih praktis dan ekonomis jika dibandingkan dengan disc labeling dengan LightScribe . DVD writer dengan kecepatan maksimal 24x ini cukup menarik dijadikan alternatif untuk yang membutuhkan sebuah drive optik internal. iHAS624 - 24X SATA dengan SmartErase, LightScribe dan LabelTag ini, akan tersedia di pertengahan bulan Mei 2009 mendatang
Info: www.cdrinfo.com

Intel X25E kini tersedia dengan kapasitas 64 GB

Dilengkapi dengan SmartErase, LightScribe, dan LabelTag

05/2009

9

Aktual

Mobile & Komunikasi

Inilah Definisinya!
3G
High Speed Packet Access (HSPA) adalah kumpulan standar jenis protokol yang digunakan pada teknologi mobile phone, dan merupakan bagian pengembangan teknologi UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) atau yang lebih dikenal dengan sebutan teknologi third-generation (3G). Termasuk di dalamnya HSPA standar High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) dan High-Speed Uplink Packet Access (HSUPA).

Charger Universal untuk Handphone
Hal ini kemungkinan juga pernah terjadi pada Anda. Saat handphone Anda low-batt dan ingin melakukan recharge baterai, namun Anda lupa charger Anda tertinggal di rumah. Ingin pinjam rekan Anda, sayangnya merek handphone yang digunakan berbeda. Atau bahkan merek yang sama pun, terkadang memiliki jenis port charger yang berbeda. Namun hal itu diharapkan di masa mendatang tidak lagi akan terjadi. Setidaknya dengan informasi yang baru-baru ini disampaikan oleh GSM Association. Diperkirakan pada tahun 2012, sebagian besar handphone baru akan menggunakan port Micro-USB untuk proses charging baterai. Hal ini diumumkan pada Mobile World Congress, yang baru saja berlalu di Barcelona. Sebelumnya, beberapa produsen handphone memang sudah menggunakan jenis port ini. Namun informasi dari GSM Association ini mendapatkan dukungan, antara

ASUS Eee PC
Sebuah notebook PC ringkas atau termasuk dalam kategori subnotebook, didesain dan dipasarkan oleh Asus. Ciri khas lainnya, selain ringkas, Eee PC juga memiliki bobot yang ringan, menggunakan solid-state drive, dan ditawarkan dengan harga relatif terjangkau. Menurut Asus, nama Eee adalah singkatan dari slogan pemasarannya, yaitu “Easy to learn, Easy to work, Easy to play”. Eee PC juga termasuk PC yang dikategorikan sebagai netbook.

lain dari Nokia, Motorola, Orange, Qualcomm, Samsung, Sony Ericsson. Sedangkan untuk beberapa produsen di Cina, sesuai dengan keputusan dari pihak pemerintahan, juga sepakat akan menggunakan standar MicroUSB untuk port charger, sejak akhir tahun 2006. Namun baru akan direalisasikan. Dipilihnya Micro-USB jika dibandingkan jenis port Mini-USB, salah satunya adalah karena masalah daya tahan port. Dengan Mini-USB port jenis ini hanya dapat bertahan selama sekitar 1.000 kali penggunaan. Sedangkan port Micro-USB memiliki ketahanan sekitar sepuluh kali lipat dari Mini-USB. Dengan ini, nantinya semua handphone dapat menggunakan charger yang sama. Bahkan mungkin sebuah produsen tidak harus lagi menyertakan charger pada sebuah produk handphone baru. Jika semua perangkat portabel memiliki kesepakatan yang sama, katakanlah saat saat pergi keluar kota untuk beberapa hari, Anda pun tak lagi perlu membawa charger yang berbeda untuk masing-masing perangkat.
Info: www.zdnetasia.com

Dell Inspiron Mini 10
Jika Dell Inspiron Mini 9 adalah sebuah netbook dengan layar 9 inci, maka Dell Inspiron Mini 10 adalah produk serupa dengan layar 10,1 inci wide screen. Dengan kisaran harga yang cukup bersaing dengan produk serupa, seperti Asus Eee PC, MSI

Wind PC, dan Acer Aspire One. Keunikan lain pada Dell Inspiron Mini 10 adalah ketersediaan port HDMI yang jarang ditemukan pada produk netbook serupa. Selain itu, produk ini memiliki konfigurasi spesifikasi netbook terbaru. Dengan pilihan processor Intel Atom Z520 atau Z530, dan chipset Intel Poulsbo US15W. Ia dilengkapi RAM 1 GB, dengan media penyimpanan harddisk 160 GB. Menggunakan graphic controller Intel Graphics Media Accelerator 500 dan memiliki dukungan konektivitas WiFi 802.11a/g/n, dan Bluetooth 2.0. Sebagai tambahan, ia juga dilengkapi dengan webcam1.3MP
Info: www.dell.com Harga: Mulai dari $399

Netbook dengan port HDMI

Acer Aspire One 10”
Mengikuti tren perkembangan netbook terkini, kebanyakan produsen mulai menawarkan netbook dengan layar 10 inci. Tidak ketinggalan Acer dengan Aspire One terbarunya yang dilengkapi layar 10,1 inci. Selain dilengkapi dengan layar yang lebih besar dibanding versi terdahulu, beberapa perbaikan dari desain fisik

Bluetooth 2.0
Memiliki backward compatibility dengan Bluetooth 1.1. Perbedaan utama pada digunakannya Enhanced Data Rate (EDR) sehingga memungkinkan transfer data hingga 3.0 Mbit/s. Dengan kecepatan transfer yang meningkat, waktu yang dibutuhkan untuk transfer data juga lebih singkat, dan secara tidak langsung akan menghemat konsumsi daya untuk kebanyakan perangkat mobile yang mengadopsinya.

Di ajang ini, lahirlah kesepakatan penggunaan port charger universal, Micro-USB

juga terlihat. Demikian juga dengan perbaikan spesifikasi yang ditawarkan. Seperti penggunaan processor yang lebih cepat, peningkatan RAM menjadi 2 GB, kapasitas media penyimpanan dengan harddisk 160 GB, tambahan pilihan dukungan konektivitas 3G, juga WiMAX. Produk yang sudah tersedia ini menggunakan OS Windows XP, menggunakan baterai 6-cell yang diklaim memiliki daya tahan hingga sekitar 7 jam.
Info: www.electronista.com

Koneksi Broadband Asus Eee PC
Sebuah netbook dengan dukungan konesi broadband 3G, bukan lagi sebuah hal yang baru. Namun sebagai salah satu pelopor kepopuleran netbook, Asus dengan Eee PC-nya memperkenalkan sesuatu yang berbeda. Mendukung konektivitas 3,5G, memanfaatkan modul terintegrasi Huawei EM770, yang kompatibel pada sistem operasi Windows 7 mendatang. Seperti yang didemonstrasikan pada Mobile World Congres 2009, pada produk Eee PC 1003HA and Eee PC T91. Eee PC 1003HA adalah sebuah netbook ringkas, dengan layar 10 inci, dan harddisk 160 GB. Sedangkan Eee

Desain Slide
Istilah desain slider pada ponsel, mengacu pada desain dengan tombol tersembunyi, yang baru terlihat dan dapat digunakan jika menggeser bagian atas yang menutupinya. Tombol yang tersembunyi dapat berupa sekedar tombol numpad (angka) ataupun tombol keyboard qwerty.

Asus Eee PC, memperluas dukungan konektivitas broadband-nya

PC T91 dilengkapi dengan layar touch screen yang dapat diputar layaknya tablet PC. Selain itu juga didemonstrasikan Eee PC 1000HG, yang mendukung WiMAX dan Wi-Fi. Konektivitas yang didukung adalah IEEE 802.16e, WAVE2 and Wi-Fi 802.11a/b/g/n untuk frekuensi 2.4 GHz~2.7GHz dan 5.1 GHz~5.8GHz.
Info: www.netbook3g.com

Acer Aspire One dengan layar 10,1 inci

LG GD900
Prototype
Setelah proses desain, maka rancangan sebuah produk biasanya melalui proses ini. Sebuah prototype perlu dibuat untuk menguji fungsionalitasnya, dan beberapa hal lain sebelum versi final untuk kemudian dipasarkan akan diproduksi ke pasar. Proses prototype dapat meminimalkan kesalahan desain juga pengembangan desain, sekiranya dibutuhkan sebelum produk diproduksi secara masal. Beberapa pendekatan prototype dapat digunakan, tidak semua harus dibuat dalam skala dan fungsionalitas seutuhnya, tergantung dari kategori produk yang akan dibuat dan pertimbangan lainnya.

LG GD900 adalah sebuah konsep telepon seluler yang baru saja diperkenalkan oleh produsen asal Korea ini. Sebuah ponsel dengan konsep tampilan tembus pandang. Prototype

produk ini juga diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress yang lalu. Dengan konsep desain tembus pandang, membuatnya tampil beda dengan kebanyakan handset telepon seluler yang ada sekarang. Meski sayangnya, konsep desain transparan ini belum dapat memungkinkan juga diterapkan pada bagian display. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai poduk ini, selain yang terlihat secara fisik pada produk yang dipamerkan. Seperti digunakannya dua kamera, satu di bagian depan, dan satu lagi di bagian belakang. Sedangkan ketersediaan produk ini di pasaran dan informasi lainnya belum tersedia.
Info: www.slipperybrick.com

Sony Ericsson W395
Sony Ericsson W395 adalah sebuah telepon seluler yang dilengkapi dengan gabungan fungsi MP3 player dan fungsi kamera dengan harga terjangkau. Ponsel yang tersedia dalam pilihan warna Dusky Grey dan Blush Titanium ini ditujukan untuk segmen pasar kaum muda. Fungsi kamera dengan sensor 2MP ini cukup menarik, dilengkapi dengan fitur photo fix dan kemampuan video recording. Didukung dengan layar 2 inci, membuatnya dapat menampilkan hasil foto dan rekaman video dengan nyaman.

Selain sebagai music player dari Sony Ericsson W395 ini, ia juga dilengkapi fungsi sebagai FM radio. Ponsel dengan desain slide ini juga dilengkapi dengan speaker stereo terintegrasi. Paket penjualannya juga terbilang lengkap. Ia dilengkapi dengan kabel USB, stereo hadsfree dan headset stereo HPM-64. Selain paket perlengkapan standar, tersedia juga perlengkapan lain, seperti baterai dan charger. RN
Ponsel untuk penggemar musik bagi kaum muda

Konsep desain tembus pandang dari LG

10

05/2009

Audio/Video/Foto

Aktual

Digital Foci PBK-080
Digital Foci telah membenahi portable media player-nya dengan balutan kulit halus pada badannya dan baterai built-in, membuat perangkat digital ini seperti portfolio digital. Digital Foci menyebut mainan baru mereka dengan Digital Foci PBK-080, sebuah portfolio digital yang dilengkapi dengan layar 8 inci 4:3 SVGA LCD. Selain itu, built-in speaker, memory flash 4 GB terintegrasi, dan card reader multifungsi membuat Digital Foci PBK-080 dapat memainkan lagu, video ataupun melihat koleksi foto. Aplikasi Digital Foci membuat urusan transfer media dari PC, Mac, USB atau drive flash ke memory internal menjadi lebih mudah. Pengguna juga dapat dengan mudah menggunakan perangkat ini untuk mengakses file media langsung, melalui perangkat penyimpanan USB eksternal. Foto-foto dengan format JPEG, TIFF, BMP, GIF sampai

kamera RAW, bersamaan dengan data EXIF, dapat dilihat di layar. Digital Foci PBK-080 mendukung slideshow foto dengan zoom, tidak ketinggalan fungsi rotate dan pan. Sebuah built-in rechargeable baterry juga disertakan, dan dapat digunakan selama dua jam lebih. Digital Foci PBK-080 rencananya akan hadir di pasar pada bulan Mei 2009, dan dilego dengan harga US$189.
Harga: US$189 Info: www.digitalfoci.com

Kingston SDHC Video
Kingston Technology Company mengumumkan diluncurkannya jajaran kartu memory SDHC Video untuk digunakan pada kamera video digital. Kartu memory SDHC Video hadir dengan kapasitas rekaman 60 menit (4 GB), 120 menit (8 GB), dan 240 menit (16 GB). Kartu memory Kingston SDHC Video memiliki fitur rating kecepatan Class

4, yang memiliki kecepatan transfer data minimum sebesar 4 MB/sec, membuatnya ideal untuk digunakan di kamera digital terbaru, dan cepat untuk transfer data dari kartu ke PC. Kartu memory Kingston SDHC Video didukung oleh garansi seumur hidup, dan dukungan teknis gratis. Dengan semakin berkembangnya teknologi video high definition, semakin banyak produsen kamera yang merilis camcorder digital yang menggunakan sistem penyimpanan Flash. Kartu memory Kingston SDHC terbaru ini didesain untuk merekam video format full HD, AVCHD, 1080i, dan 1080p. Daya tahan merupakan unsur penting pada sebuah produk, untuk itu Kinsgton membuat kartu memory SDHC dengan komponen memory nonvolatile, dan tidak memiliki bagian yang bergerak.
Harga: N/A Info: www.kingston.com

Inilah Definisinya!
DLP
Teknologi yang digunakan dalam proyektor dan televisi projeksi. DLP awalnya dikembangkan oleh Texas Instruments, dan mereka tetap pembuat satu-satunya teknologi ini, meskipun banyak produk pasar berlisensi menggunakan chipset mereka. Dalam proyektor DLP, gambar diciptakan oleh kaca kecil mikroskopis disusun dalam sebuah matrix di atas chip semikonduktor, dikenal sebagai Digital Micromirror Device (DMD). Setiap kaca mewakilkan satu pixel dalam gambar yang diproyeksikan. Jumlah kaca sama dengan resolusi gambar yang diproyeksikan: 800 x 600, 1024 x 768, dan 1280 x 720 matrix adalah beberapa ukuran DMD yang umum.

Kartu memory untuk video format tinggi

JPEG
Atau Joint Photographic Experts Group adalah format gambar yang banyak digunakan untuk menyimpan gambar-gambar dengan ukuran lebih kecil. Beberapa karakteristik gambar JPEG memiliki ekstensi .jpg atau .jpeg, mampu menayangkan warna dengan kedalaman 24-bit true color, mengompresi gambar dengan sifat lossy, dan umumnya digunakan untuk menyimpan gambar-gambar hasil foto. JPEG berbeda dengan MPEG (Moving Picture Experts Group) yang menyediakan kompresi untuk video.

Album foto digital yang dapat dibawa kemana pun

Lima Seri Sony Cyber-Shot

Leica Pradovit D-1200
Pabrikan kamera foto dari Jerman, Leica, merilis proyektor DLP pertamanya, Leica Pradovit D-1200. Produsen yang biasa memproduksi kamera ini mencoba peruntungannya di dunia proyektor. Dilihat dari fitur-fitur yang menyertainya, Leica Pradovit D-1200 layak untuk dipertimbangkan. Leica Pradovit D1200 mempunyai aspect ratio 16:10 dengan resolusi 1920 x 1200 pixel, juga tidak ketinggalan 2000 lumens brightness, dan 2500:1 contrast ratio. Proyektor ini dibalut dengan bahan magnesium dengan sensor DarkChip

sebesar 0.98 inci buatan Texas Instruments, serta six segment RGB color wheel. Menggunakan Leica Pradovit D1200 sangat mudah, berkat penggunaan fitur vertical lens shift, dan jarak minimum proyeksi yang dapat dipantulkan sejauh 3.3 kaki. Leica menggunakan lampu 220W buatan Philips dengan masa pemakaian 3.000 jam pada modus operasi regular, dan 4.000 jam jika menggunakan modus special Eco yang membatasi energi brigthness pada 1400 lumens. Koneksi Leica Pradovit D-1200 dapat digunakan untuk komputer dan sumber video regular, termasuk input HDMI 1.3, HDCP dengan jack DVI-D, input RCA, S-Video dan port composite, tidak ketinggalan jack component/RGB analog. Sebagai tambahan, sebuah port Ethernet untuk koneksi proyektor ke jaringan juga disertakan.
Harga: US$12.700 Info: www.leica.com

Sony memperkenalkan lima seri kamera digital saku terbaru CyberShot, Sony DSC-T900, DSC-T90, DSC-H20, dan DSC-W230. Seri terbaru ini menawarkan beberapa fitur pintar yang diklaim Sony mampu menghasilkan foto kualitas baik, walaupun dnegan situasi pencahayaan sulit. Fitur pintar auto mode, menurut Sony dapat menghasilkan foto dengan detail baik, khususnya pada Harga: N/A detail wajah dan warna kulit, serta Info: www.sonystyle.com mereduksi hasil gambar kabur. Intelligent scene recognition mendeteksi sampai dengan delapan situasi pencahayaan, dan dapat mengenali objek serta wajah. Seri Cyber-Shot terbaru ini hanya membutuhkan waktu 1/13 detik untuk membuat pengaturan, Dilengkapi fitur pintar untuk kemudahan foto dan kamera siap untuk

digunakan. Fitur face detection pada kamera dapat menyimpan delapan memory wajah. Model Sony W230 mempunyai seleksi intelligent scene dengan lima kondisi pencahayaan, face detection, dan optical steady shot. Semua seri Cyber-Shot ini mempunyai fitur Smile Shutter dan optical steady shot untuk mengurangi gambar kabur. Model Sony W290, H20, T90, dan T900 dapat merekam video dengan resolusi 720p. Codec MPEG-4 digunakan untuk kompresi video, dan untuk seri T900 sudah memiliki fungsionalitas stereo microphone.

RCA
Biasa disebut phono connector atau CINCH/AV connector, merupakan sebuah tipe konektor elektrik yang bisa digunakan di pasar audio/video. Nama RCA berasal dari Radio Corporation of America, yang diperkenalkan pada awal 1940 untuk mengoneksikan player mono phonograph ke amplifier. Plug lainnya adalah RCA plug atau phono plug.

Akan dirilis pada bulan Mei 2009

Canon PowerShot D10
Canon memperluas portfolio kamera digital sakunya dengan merilis kamera saku tangguh, Canon PowerShot D10. Sebagai kamera tangguh pertama yang dirilis Canon, PowerShot D10 dibalut dengan material berkualitas, kedap air, dan dirancang untuk keperluan luar ruang yang ekstrem. Kamera ini masih dapat bekerja hingga kedalaman 33 kaki, jatuh dari ketinggian 4 kaki, dan masih dapat digunakan pada temperatur di bawah 14 derajat fahrenheit. Beberapa kontrol dan lampu kilat juga didesain ulang, untuk me-

Advance S6-2B
Advance S6-2B merupakan produk terbaru Advance yang memiliki fungsi sebagai MP3 Player dan USB flashdisk. Memiliki desain sangat tipis, yaitu hanya 6 mm, membuat perangkat musik digital ini dapat dibawa kemana-mana. Terdapat tiga pilihan warna; hitam, biru, dan pink, dan dapat disesuaikan dengan penampilan Anda. Hadir dengan kapasitas 2 GB dan 4 GB, Advance S6-2B dapat menyimpan ratusan lagu koleksi Anda, serta dapat dijadikan media pe-

nyimpanan data. Cara pengoperasian Music Player-nya pun sangat mudah, siapapun dapat mengoperasikan MP3 player ini tanpa kesulitan. Advance S6-2B menggunakan baterai isi ulang, tinggal dihubungkan ke terminal USB; sangat mudah dan praktis. Juga dilengkapi dengan auto shut off sehingga saat MP3 tidak digunakan, akan mati secara otomatis, dapat menghemat pemakaian baterai. Produk baru ini didukung pula dengan jaminan garansi 12 bulan, dengan pusat service Advance yang sudah tersebar di kota-kota di seluruh Indonesia.
Harga: 2 GB (kisaran Rp160.000), 4 GB (kisaran Rp180.000) Info: www.advancedigitals.com

mastikan pengguna lebih mudah pada saat berenang atau memotret menggunakan sarung tangan, serta untuk hasil foto dengan kualitas baik. Layaknya sebuah kamera saku digital, Canon PowerShot D10 mempunyai resolusi sebesar 12 megapixel, seperti saudaranya, Canon seri SD. Selain itu, fitur image stabilization dengan lensa zoom 3x optikal juga telah disematkan pada kamera ini. Untuk mempermudah penggunaan, khususnya pengguna awam, Canon memasukkan modus otomatis penuh, blink/face detection, dan dukungan ISO sampai 1.600. Sebagai tambahan, fitur Movie juga disertakan dengan resolusi 640 x 480 pixel. Canon PowerShot D10 akan dikapalkan pada awal Mei 2009 seharga US$330, dengan pilihan custom strap dan carabiner.
Harga: US$330 Info: www.canon.com

RGB
Merupakan model warna tambahan merah, hijau, dan biru ditambahkan bersama-sama untuk menghasilkan rentang warna lebih luas. Tujuan utama model warna RGB adalah untuk ditampilkan pada sistem elektronik, seperti televisi dan komputer. Perangkat yang biasa menggunakan RGB adalah televisi dan video, kamera, scanner, dan kamera digital.

SVGA
Atau Super Video graphic Array merupakan standar layar komputer. SVGA merupakan ekstensi dari standar VGA yang dirilis kali pertama oleh IBM pada tahun 1987. SVGA distandardisasi oleh Video Electronics Standards Association (VESA). Reolsusi normal SVGA adalah 800 x 600 pixel.

Mendengarkan musik dan menyimpan data

kamera saku segala cuaca, dengan harga murah

05/2009

11

Aktual

Gadget

Inilah Definisinya!
AES
Advanced Encryption Standard (AES) adalah teknik algoritma kriptografi yang juga dikenal dengan sebutan Rijndael. Standar enkripsi ini diadopsi sebagai standar yang digunakan di Amerika Serikat, dan akhirnya di seluruh penjuru dunia. AES adalah penerus dari Data Encryption Standard (DES). AES mulai diperkenalkan pada akhir tahun 2001, dan mulai efektif dipergunakan sebagai standar pada pertengahan tahun 2002. Mulai pada tahun 2006, AES adalah algoritma paling populer. AES digunakan dalam beragam paket.

Vibrating Bluetooth Bracelet
Karena satu dan lain hal, sesekali bisa saja ringtone atau getaran dari handphone yang digunakan tidak terdengar atau tidak terasa oleh penggunanya. Katakanlah saat Anda sedang berada di lingkungan dengan suara yang gaduh atau saat Anda sedang di jalan mengendarai motor, sementara handphone tersimpan di dalam tas. Kini hal tersebut dapat diminimalkan, dengan gelang ini. Sebuah gelang yang memungkinkan koneksi nirkabel dengan bluetooth, yang dapat bergetar jika ada telepon masuk pada handphone Anda. Gelang ini juga dilengkapi dengan layar display
Gelang yang dapat bergetar, dengan konektivitas bluetooth

LCD, yang akan menampilkan informasi nama yang menelepon, dari data pada phonebook di handphone. Desainnya terbilang sederhana, namun setidaknya membuat penggunanya dapat menjadikannya sebagai sebuah aksesori yang dapat digunakan baik pria maupun wanita. Display LCD monochrome berwarna biru ini hanya menampilkan 1 baris text, namun cukup fungsional untuk sekedar menampilkan nama pemanggil dari phonebook.
Info: www.ohgizmo.com Harga: $26

OCZ Illuminati Keyboard
Ingin memiliki sebuah keyboard yang berbeda dengan keyboard kebanyakan? OCZ Alchemy Series Illuminati Keyboard dapat dijadikan sebagi pilihan yang menarik. Sebuah keyboard yang lebih ditujukan untuk kalangan gamer. Namun memiliki beberapa keistimewaan

yang menarik untuk disimak. Sesuai dengan namanya, produk ini dapat berpendar, sehingga lebih mudah untuk digunakan, meski di tempat yang gelap. Dengan pendaran backlit warna merah atau dapat diganti menjadi warna biru, cukup dengan mengubah switch pilihan warna lampu. Bahkan intensitas cahayanya pun dapat diatur, sesuai dengan keinginan penggunanya. Desainnya yang ergonomis, menjanjikan penggunanya semakin nyaman, meski digunakan dalam waktu yang lama. Ditambah dengan lapisan karet juga pada setiap tombolnya, menambah akurasi dan kenyamanan bagi gamer. Keyboard QWERTY ini juga dilengkapi 14 tombol hotkey tambahan untuk fungsi multimedia, dan ber-Internet.
Info: www.ocztechnology.com

Backlit
Pendaran sinar yang dimaksudkan untuk membantu pengguna dalam melihat. Pada keyboard, pendaran sinar ini dipancarkan dari belakang tombol. Pendaran sinar dengan intensitas yang terlalu kuat akan mengganggu konsentrasi pengguna dari monitor yang seharusnya lebih diperhatikan.

Dapat berpendar cahaya berwarna merah atau biru

CK Limited Edition One
One adalah salah satu koleksi minyak wangi dari Calvin Klein. CK One memang bukan lagi produk terbaru dari merek tersebut. Namun belum lama ini diperkenalkan versi terbatasnya, Calvin Klein Limited Edition One. Produk versi yang tersedia dalam jumlah terbatas ini dilengkapi dengan botol dan kemasan yang berbeda dari versi CK One biasa. Pada kemasannya dilengkapi dengan sebuah speaker. Ukurannya cukup ideal untuk diletakkan di meja. Jika Anda termasuk pengguna wewangian yang kebetulan juga cocok dengan wangi dari CK One dan ingin memiliki Calvin Klein Limited Edition One, dapat mempertimbangkannya. Fungsi speaker sebagai fitur tambahan pada produk ini dapat menjadikannya pelengkap dari iPod atau portable multi-

Eco Media Player
Portable media player kini sudah banyak yang memilikinya. Penggunanya dapat Anda temui seharihari. Lihat saja jika Anda sedang berada di kendaraan umum, seperti bis atau kereta. Dengan tren menjaga lingkungan hidup, Eco Media Player ini mencoba menghadirkan produk yang sesuai dengan hal tersebut. Sementara kebanyakan MP3 atau portable multimedia player lainnya membutuhkan catuan daya dari baterai baik, non-rechargeble maupun yang dapat di-rechargeable, Eco Media Player menggunakan energi
CK One edisi terbatas, dilengkapi dengan speaker

Baterai Li-ion
Baterai Lithium-ion atau disingkat Liion adalah salah satu dari tipe baterai rechargeable. Lithium-ion bergerak dari anoda (kutub positif) ke katoda (kutub negatif) saat digunakan. Dan Lithium-ion agak bergerak kembali dari katoda ke anoda saat dilakukan proses charging. Baterai jenis ini banyak digunakan pada consumer electronic. Kepopuleran baterai ini dikarenakan beberapa alasan, seperti baterai jenis ini portable, dengan ratio energi banding berat yang baik, minim memory effect, dan lain sebagainya.

yang disimpan dari putaran engkol yang tersedia di bagian belakang pada produk ini. Cukup dengan mengengkolnya selama satu menit, membuatnya mampu memainkan lagu MP3 selama sekitar empat puluh menit. Tentunya daya tahan baterai Li-ion ini akan dipengaruhi dengan kecepatan pengguna saat memutar engkol ataupun fungsi yang digunakan pada produk ini. Selain dapat ikut menjaga lingkungan hidup, produk ini juga menarik. Power genarator dengan engkol yang tersedia, membuatnya cukup ideal saat digunakan pada perjalanan jauh ataupun sekenario lain saat baterainya hampir habis, dan tidak tersedia catuan listrik.
Info: www.ecomediaplayer.com

media player yang Anda miliki.
Info: craziestgadgets.com Harga: $50

Mouse Sensitivity
Dalam dunia PC, ukuran sensitivitas mouse menggunakan satuan yang lebih tepat disebut count per inch (CPI), dan bukan istilah dot per inch (DPI) yang sering digunakan, dan ditemukan pada spesifikasi sebuah mouse. Sensitivitas mouse menyatakan jumlah langkah pointer yang dikirimkan mouse ke PC, saat bergerak sejauh 1 inci. Jika pergerakan satu langkah pada mouse sama dengan pergerakan cursor satu pixel, maka CPI baru setara dengan DPI karena pergerakan langkah pointer pada mouse sejauh satu inci akan sama dengan pergerakan cursor sejauh satu inci juga. Semakin besar sensitivitas sebuah mouse, semakin cepat pergerakan cursor ataupun dengan pengaturan setting pointer speed, dapat berarti meningkatnya sensitivitas dari mouse.

Data Locker Secure Drive
Harddisk eksternal portabel sekarang menjadi salah satu pilihan media penyimpanan yang ideal. Dengan kecepatan transfer data yang memuaskan, kapasitas yang relatif besar, membuatnya menjadi media penyimpanan yang ideal. Namun bagaimana keamanan data yang tersimpan di dalamnya? Tentunya beberapa pengguna memperhatikan hal ini, dan tidak ingin data yang tersimpan di dalamnya dapat diakses oleh sembarang orang. Hal ini tidak menjadi masalah untuk produk ini. Dengan enkripsi hardwarebase yang memiliki standar militer AES, dilengkapi dengan kode pengaman yang dapat menggunakan hingga

18 angka kode pin. Hanya dengan kode pin yang benar, baru dapat mengakses data yang tersimpan di dalamnya. Data Locker tersedia dengan pilihan kapasitas 160 GB, 320 GB, dan 500 GB. Selain itu, ada tiga pilihan standar keamanan yang digunakan, sesuai segmen pasar yang dituju. Data Locker Personal Device ditujukan untuk konsumen biasa. Data LockerPro AES 128-bit ditujukan untuk segmen pengguna perusahaan. Sedangkan Data Locker Enterprise AES 256-bit dengan tingkat keamanan terbaik, bahkan sesuai dengan standar militer.
Info: www.datalockerdrive. com

MP3 player dengan engkol, jika baterai habis

E-blue Troza
Sebuah mouse nirkabel dengan ukuran yang mungil, menjadi sebuah alternatif pilihan pointing device yang ideal untuk menemani notebook Anda. Apalagi jika Anda termasuk pengguna notebook dengan intensitas yang cukup tinggi. Membuat penggunaannya lebih nyaman, dibandingkan jika menggunakan katakanlah touch pad yang tersedia pada notebook Anda. E-blue Troza juga memiliki spesifikasi yang cukup menjanjikan. Mouse laser optikal ini membuatnya mampu digunakan di beragam permukaan.
Mouse nirkabel mungil, dengan transceiver yang juga mungil

Dengan mouse sensitivity 1.600 dpi, membuatnya dapat digunakan dengan lebih presisi. Ukurannya yang mungil didukung dengan transceiver yang juga mungil, seperti terlihat pada gambar. Meski mouse ini memiliki ukuran yang mungil, dengan desain yang ergonomis membuatnya tetap nyaman digunakan. Mouse dengan dimensi 51 x 75 x 30 mm dan berat 33 g ini menggunakan catuan daya dari satu buah baterai AAA.
Info: usb. brando. com.hk Harga: $28

Dilengkapi dengan kode pin hingga 18 angka

12

05/2009

Game

Aktual

Grand Ages: Rome
Mungkin karena struktur bangunan dan arsitekturnya yang unik menyebabkan tema Roma banyak diambil sebagai bahan untuk game bergenre City Builder. Grand Ages: Rome atau seharusnya lebih dikenal dengan nama Imperium Romanum 2 sebagai sequel dari game City Builder pendahulunya, Imperium Romanum. Kelebihan game ini yang paling terlihat dibandingkan seri sebelumnya adalah segi grafis yang tidak dapat diragukan lagi, semakin tajam. Kota terasa lebih hidup

dengan detail event, dan penduduk kota dengan kelas sosialnya masingmasing. Mulai dari budak hingga bangsawan, dengan perbedaan kostum yang dapat dilihat. Bangunan-bangunan yang digunakan, kebanyakan masih serupa dengan bentuk dasar pada game terdahulu, namun dengan tambahan gambar yang lebih detail yang sering dipertanyakan pada game sebelumnya. Terdapat empat mode permainan yang bisa dimainkan, antara lain Wilds of Germania dan Caesar’s Civil War dengan peta yang lebih besar. Selain empat mode utama, terdapat 19 subjek seperti membangun Hadrian’s Wall, The Battle of Massilia, dan lainlain. Anda juga dapat memainkan game ini beramai-ramai dengan Multiplayer Mode.
Spesifikasi Minimum: Windows XP atau Vista, Processor Pentium 4 @ 2.0 GHz/Athlon Processor, 1 GB RAM, DirectX 9 kompatibel 3D Graphic Card dengan 128 MB RAM,1.5 GB free harddisk space Harga: $ 49.99 Genre: City Builder Info: www.grandages.com/us/

Zeno Clash
Zeno Clash diawali pada sebuah dunia yang sedang berada dalam kondisi kacau-balau dimana karakter utama protagonis kita, Ghat, dibuang oleh saudara saudaranya sendiri, dan terpaksa harus memulai petualangannya melewati padang pasir terlarang. Di dunia fantasi, Ghat adalah salah satu dari lusinan anak FatherMother. Father-Mother ini sendiri adalah makhluk ciptaan berjenis kelamin hermaprodit yang merupakan orang tua dari sebuah klan terkuat yang bertempat tinggal di Hastledorn, kota besar yang memegang peranan penting dalam dunia game ini. Ghat terpaksa pergi meninggalkan keluarganya, dan memulai awal petualangan luar biasa dengan teman wanitanya, Deadra yang membantunya melewati kawasan Zenozoik yang berbahaya. Dikembangkan oleh ACE Team, game ini direncanakan sebagai game

action dengan tema petualangan yang mengambil tempat di dunia punk fantasy. Game ini juga secara unik mencampurkan genre first person shooter dengan teknik fighting game. Senjata yang digunakan pun berbeda dengan game action pada umumnya. Pemain dapat menciptakan senjatasenjata ampuh dari barang rongsokan atau sampah tak berguna. Pistol, pedang, bom tengkorak, dan lain sebagainya.
Spesifikasi Minimum: Windows 2000/XP/ Vista, 1.7 GHz processor, 512 MB RAM, DirectX 9 kompatibel Video Card. Harga: $ 29.99 Genre: First Person Shooter Info: www.zenoclash.com/

Inilah Definisinya!
Gladiator
Dari bahasa latin, yang berarti pedang. Merupakan petarung profesional pada jaman Roma Kuno yang diperintahkan untuk bertarung sesama gladiator, binatang buas atau kriminal yang berbahaya. Mereka bertarung di arena pada kota besar sebagai hiburan penonton Roma. Kadang bahkan sampai menemui kematian.

Hermaprodit
Organisme dengan dua organ reproduksi yang memungkinkannya melakukan perkembangbiakan sendiri. Dalam banyak spesies, hermaprodit adalah bagian umum dari daur hidup, dan umumnya hanya terjadi pada hewan tak bertulang belakang. Namun juga ditemukan pada beberapa jenis ikan. Seringkali juga kasus hermaphrodit ini terjadi karena faktor lingkungan dengan tujuan bertahan hidup. Komunitas ikan badut biasanya hanya terdiri dari seekor betina besar, dan sejumlah ikan jantan kecil. Jika ikan betina tidak ada lagi, ikan jantan yang reproduktif akan berubah jenis kelaminnya dengan sendirinya. Dan ikan yang tidak reproduktif akan tumbuh besar menggantikan posisi ikan jantan. Hermaprodit ini juga berlaku untuk beberapa jenis tumbuhan, tidak hanya hewan.

Barang rongsokan pun dapat diubah menjadi senjata ampuh

Roma di waktu malam, cantik dan realisti

Highlander: The Game

Setelah berulang-ulang serial populer ini diangkat ke layar lebar dan televisi, kini giliran dunia game menjadi media selanjutnya. Highlander: The Game akan menjadi game action dengan Owen MacLeod sebagai karakter utama. Game ini akan dibagi ke dalam 18 misi yang harus diselesaikan oleh Owen. Sepanjang perjalanan, Spesifikasi Minimum: N/A ia akan bertemu dengan banyak Harga: $ 59.99 karakter pendukung lainnya, hingga Genre: Third Person Shooter, Action 77 karakter. Kebanyakan karakter Info: www.highlanderthegame.com/ ini juga merupakan manusia abadi (immortal) seperti dirinya, dan harus dikalahkan. Teman-teman Owen dari klan MacLeod, seperti Connor dan Duncan MacLeod, juga akan ditampilkan pada kesempatan tertentu. Serupa dengan film-film dan Pertarungan antar-gladiator, hanya satu orang media Highlander lainnya, yang boleh hidup

alur cerita akan melewati sejumlah timelines seperti Pompeii kuno, Gaul, dan akhirnya kota New York di era modern. Pada era Pompeii, Owen ditangkap dan dijadikan gladiator secara paksa. Pada waktu ini, Owen telah meninggal dan hidup kembali sebagai immortal. Seperti klan MacLeod yang lain, Owen dikejar untuk dibunuh. Untuk mengalahkan musuh yang sangat kuat, Owen harus mendapatkan dan mempelajari batu sihir untuk memperoleh kekuatan yang lebih dahsyat.

MLB Dugout Heroes
Untuk para pencinta game olahraga, siap siap saja menyambut game baseball terbaru yang akan dirilis oleh GamesCampus ini. Dengan lisensi penuh dari MLB Advanced Media, game ini menyajikan seluruh klub Major League Baseball dalam permainan baseball online. Ada 30 klub MLB, dan logo mereka dihadirkan dengan sempurna, lengkap dengan pemain pemain MLB legenda dari berbagai era. Membuat pemain mampu menciptakan tim impian mereka yang belum pernah terbentuk

sebelumnya. Terdapat empat mode berbeda yang ditawarkan dan dapat dimainkan, yaitu tutorial, latihan, single, dan multiplayer. Game ini juga memasukkan sedikit elemen RPG. Setiap kali memenangkan permainan, Anda akan memperoleh poin yang dapat digunakan untuk membeli perlengkapan, seragam baru untuk menambah atribut pemain, dan juga membeli pemain baru untuk tim impian. Tampilan game terlihat sangat menarik dengan visual grafis bergaya kartun 3D, dilengkapi dengan kontrol game yang dirancang sederhana agar mudah dimainkan. Untuk memukul bola, pemain hanya perlu menggunakan pointer mouse untuk menetapkan arah bola, dan klik mouse untuk mulai memukul.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/ Vista, Processor Pentium 4 @ 2.4 GHz, 512 MB RAM (1 GB untuk Vista), Video Memory 128 MB, Sound Card DirectX 9.0 Harga: $ 39.99 Genre: Sports Info: http://mlbdugoutheroes. gamescampus.com

Immortal
Manusia abadi, dalam serial populer Highlander, mereka yang hidup abadi tidak dapat mati karena luka yang akan menewaskan manusia biasa seperti tembakan peluru, kejutan listrik ataupun jatuh dari ketinggian. Namun aksi-aksi tersebut tetap akan menimbulkan luka tertentu. Para immortal biasanya memiliki keahlian bertarung, dan sedikit kemampuan magis untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Mainkan tim Anda dengan pemain-pemain terkenal dunia

MLB
Level tertinggi dalam baseball profesional amerika. Secara spesifik, MLB merujuk pada organisasi yang mengoperasikan Liga Nasional dan Liga Amerika. Sekarang, MLB memiliki 30 tim yang tergabung, 29 di Amerika dan 1 di Kanada. Setiap musim diadakan pertandingan yang biasanya dimulai pada minggu pertama bulan April, dan berakhir pada minggu pertama Oktober. MLB juga bertugas untuk menegosiasikan marketing dan kontrak televisi, dan dikendalikan oleh MLB Constitution.

Singularity
Sebenarnya, inti game ini bukan merupakan hal baru, mengingat game-game lawas bertema fantasi atau masa depan dalam gameplay-nya juga sudah seringkali disertai peralatan tertentu untuk menghentikan atau memperlambat waktu. Namun yang mengejutkan, pada game ini justru Andalah yang menjadi korbannya. Anda tidak mengontrol waktu, melainkan yang dikendalikan oleh waktu. Anda dikirim untuk menginvestigasi sejumlah keanehan yang muncul di sebuah pulau di per-

batasan Rusia. Dalam penelitian, Anda akan menggunakan bantuan TMD (Time Manipulation Device) dengan sejumlah fungsi, seperti Re-

wind, Forward, Statis dan Pulse. Semua fungsi ini dapat di-upgrade untuk memperoleh efek yang lebih cepat dan instan. Anda juga dapat

melakukan kombinasi dengan keempat fungsi tersebut. Gunakan Statis dan Pulse secara bersama-sama untuk membekukan waktu, dan mengaktifkannya kembali. Misalnya saat Anda dihujani lemparan granat oleh musuh, gunakan Stasis untuk membekukannya tanpa meledak. Lalu gunakan Pulse untuk melemparkan kembali granat tersebut ke arah musuh. Anda memiliki waktu yang terbatas untuk menemukan apa yang sesungguhnya terjadi di pulau tersebut, dengan sebuah life bar sebagai indikator nyawa Anda.
Spesifikasi Minimum: N/A Harga: $ 39.99 Genre: First Person Shooter Info: www.insingularity.com

Sibak misteri aneh di pulau tak berpenghuni

05/2009

13

Aktual

Freeware

Inilah Definisinya!
Open Source
Istilah yang digunakan bagi software yang membuka/membebaskan source code-nya, untuk dilihat dan diketahui cara kerja software tersebut oleh orang lain, sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada. Salah satu open source software yang terkenal yaitu Linux.

Alarm Clock by Tarry91 2.4
Ada baiknya aktivitas rutin secara otomatis diingatkan melalui aplikasi sehingga mengurangi, dan memudahkan user tentunya. Terdapat berbagai aplikasi yang ditawarkan saat ini,dan salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Alarm Clock by Tarry91. Aplikasi ini sederhana, berupa alarm clock yang dapat digunakan tanpa perlu instalasi apapun. Anda dapat mengonfigurasi berbagai event alarm, termasuk yang rutinitas terhitung dalam kurun waktu harian, mingguan ataupun bulanan, dan secara optional dapat menjalankan
Jam alarm elektronik pengingat aktivitas/jadwal

sebuah file ataupun mp3, ketika waktunya telah tiba. Aplikasi ini termasuk aplikasi portable, tidak perlu instalasi apapun, hanya meng-copy-kan file .exe ke dalam folder yang Anda tentukan, konfigurasi tersimpan dalam sebuah file .ini. Fitur lain pada alarm clock juga disertakan, seperti pilihan warna GUI, customizable alert, dan dukungan system tray.
Harga: Gratis Ukuran File: 712 KB Download: http://tinyurl.com/b99skf

VideoCache View 1.41
Usai menonton tayangan video pada sebuah website seperti pada YouTube, mungkin saja Anda ingin menyimpan file video tersebut untuk dapat ditonton kembali di kemudian hari ataupun menunjukkannya kepada teman. Jika video tersebut tersimpan pada cache browser, utilitas yang bisa Anda gunakan untuk dapat mengekstrak file video yang berasal dari cache, dan menyimpannya untuk kemudian hari adalah VideoCacheView.

Disertakan di CD edisi 05/2009

RSS
Singkatan dari Really Simple Syndication, adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya. Kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs, berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

Aplikasi ini secara otomatis melakukan scanning ke seluruh cache pada browser berbasis Internet Explorer dan Mozilla, termasuk Firefox, dan menemukan semua file video yang tersimpan di dalamnya. Aplikasi ini memampukan Anda dengan mudah melakukan copy file video ke dalam folder lain. Jika Anda memiliki sebuah movie player yang memang terkonfigurasi untuk menjalankan file video, aplikasi ini juga memampukan Anda untuk menjalankan file video secara langsung melalui browser cache. Penggunaannya cukup sederhana, hanya perlu beberapa saat usai menjalankan aplikasi ini, untuk mendapati hasil pencarian pada cache browser.
Harga: Gratis Ukuran File: 62 KB Download: www.nirsoft.net/utils/ videocacheview.zip

Disertakan di CD edisi 05/2009

Free Audio Editor 2009
Melakukan perubahan pada file lagu/audio banyak diterapkan untuk pembuatan ringtone. Tentunya perlu menambahkan ataupun menghilangkan bagian vokal dari sebuah lagu. Terdapat berbagai aplikasi yang dapat digunakan, dan salah satunya adalah Free Audio Editor. Sederhana dan all in one program terdapat di dalamnya. Melakukan pengeditan file audio secara visual,

melakukan perekaman audio berasal dari microphone ataupun input device yang tersedia dapat dilakukan melalui Free Audio Editor. Aplikasi ini dapat menangani editing musik dan suara dengan atraktif, streamline dan interface yang mudah digunakan. Audio format yang umum dapat ditangani oleh Free Audio Editor, antara lain wav, mp2, wma, ogg, dan lain sebagainya. Fitur lain yang tak kalah menariknya, yaitu batch processing, recording CD ripping/burning, dan text-to-speech yang menjadikannya pilihan bagi user yang membutuhkan audio editing yang cepat, dan tanpa harus membayar dalam penggunaannya.
Harga: Gratis Ukuran File: 13 MB Download: www.free-audio-editor. com/FreeAudioEditor.exe

Menyimpan file video yang ditayangkan pada browser

MappedUp

VBR
Singkatan dari Variable Bit Rate, adalah metode encoded video yang menjamin kualitas video dengan menempatkan intelligent bit selama proses encoding. Encoder mengalokasikan informasi yang sesuai untuk setiap detiknya, bergantung pada kompleksitas file video. Dibandingkan dengan CBR (Constant Bit Rate), VBR video menyediakan kualitas yang lebih baik dengan penggunaan rata-rata bandwidth yang sama. Penggunaan VBR akan menghasilkan penggunaan bandwidth yang efisien.

Disertakan di CD edisi 05/2009 Mengedit file audio secara visual

Fences
Nyaman bekerja dengan tampilan desktop yang bersih dan terorganisir dengan baik sehingga memudahkan pencarian item pada desktop ataupun menjalankan aplikasi melalui icon. Untuk itu dibutuhkan apliksi seperti Fences yang merupakan salah satu jenis aplikasi desktop organiser. Aplikasi ini membentuk area yang diberikan label berisikan icon yang telah Anda tentukan sehingga icon akan tertata rapi. Area tersebut dapat dimodifikasi dengan dipindahkan ataupun diubah ukurannya pada layar. Usai melakukan perubahan, Anda pun dapat mengunci posi-

X-window
(atau X11 atau X) adalah sistim grafis dan windowing bagi sistem operasi UNIX dan sistem-operasi-mirip-UNIX yang dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sejak tahun 1984. Dengan menggunakan X-Windows dan aplikasi Window Manager, sebuah komputer dengan sistem operasi UNIX dapat memiliki sistem GUI (Graphical User Interface), seperti KDE, GNOME, fvwm dan AfterStep.

sinya pada desktop. Anda dapat menyembunyikan dan menampilkan area tersebut. Aplikasi ini memberikan kemudahan dengan menyertakan layar konfirmasi yang menanyakan user apakah ingin menggunakan built-in layout, dan autodetect terhadap icon yang akan ditempatkan di dalamnya. Dengan double klik mouse pada desktop, aplikasi ini mampu mengatur tampilan dari icon-icon sehingga dapat berefek fade-in dan fade-out. OS yang didukung oleh Fences antara lain Windows XP 32-bit dan Windows 7 atau Vista 32-bit/64-bit.
Harga: Gratis Ukuran File: 6,4 MB Download: www.stardock.com/products/ downloads/fences.asp

Salah satu aplikasi yang menampilkan screen saver dengan visual efek yang menarik adalah MappedUp. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang melakukan tracking sumber RSS berita dalam jumlah besar, dan menampilkan item terbarunya pada Harga: Gratis peta dunia. Ukuran File: 2 MB Aplikasi ini menempatkan RSS Download: www.mappedup.com/requests/ item pada peta dunia sehingga Anda download.php?file=MappedUpSaver.exe dapat menggunakan screen saver lebih Disertakan di CD edisi 05/2009 dari sekedar gambar saja. Jika Anda mengarahkan poin/titik pada peta, akan ditampilkan detailnya. Anda akan melihat item RSS ditampilkan pada peta dunia dalam balloons kecil yang mengindikasikan berita cerita berasal. Anda dapat meng-custom item-tem yang ditampilkan melalui Screen saver tampil beda dengan peta aplikasi ini hanya dengan membuat dunia berisikan RSS item

terlebih dahulu sebuah account gratis di url www.mappedup.com/ account/signup/, dan memilih feed atau tag untuk ditampilkan ataupun menambahkan feed apapun. Aplikasi ini hanya mendukung OS Windows dan MacOS X. Jika ingin belajar sesuatu yang berbeda dari membaca berita, Anda dapat menggunakan Wikipedia selalu sebagai ganti screen saver.

Double Desktop 2.0
Apabila satu desktop saja kurang cukup bagi Anda untuk meng-handle aplikasi-aplikasi yang berjalan, masih ada solusinya, yaitu dengan penggunaan aplikasi. Layaknya pada desktop distro Linux yang secara default memang mendukung virtual desktop, Windows pun dapat berperilaku demikian dengan aplikasi tertentu, yang dikenal dengan DoubleDesktop. Aplikasi ini merupakan utilitas membentuk virtual desktop yang ber-

jumlah dua, sesuai dengan namanya. Dua virtual desktop tersebut berada dalam satu paket ringan yang hanya menggunakan RAM kurang dari 1 MB. Cukup ringan bukan? Penggunaannya sangat sederhana, Anda hanya perlu mengklik icon system tray untuk berpindah dari satu dekstop ke dekstop lainnya, dan secara optional dapat mengonfigurasikan hotkey pada preferences. Anda dapat memindahkan jendela aplikasi dari desktop yang satu ke yang lainnya dengan melakukan dragging jendela halfway, dan menariknya pada desktop lainnya.
Harga: Gratis Ukuran File: 204 KB Download: www.fatfreesoft. com/2desk20.exe

Disertakan di CD edisi 05/2009

Disertakan di CD edisi 05/2009 Bekerja dengan dua virtual desktop

Menata rapi icon dengan pengelompokan melalui area berlabel

14

05/2009

Freeware

Aktual

Wallpaper Juggler 0.5.2.0
Tampilan desktop diperindah dengan adanya wallpaper. Agar tidak bosan, wallpaper tersebut dapat dikonfigurasikan bergantian secara acak melalui penggunaan aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Wallpaper Juggler. Aplikasi ini tidak hanya melakukan pemilihan gambar wallpaper secara acak, namun juga men-download wallpaper desktop yang indah untuk Anda. Wallpaper yang di-download bersumber dari website InterfaceLIFT dan WallpaperStock. Aplikasi ini terlihat pada system tray setelah dijalankan, dan dapat digunakan untuk option konfigurasi, misalnya

rotasi otomatis pada interval tertentu dan lain sebgainya. Aplikasi ini bahkan akan menggrab gambar-gambar yang sesuai dengan resolusi display PC Anda. Wallpaper Juggler termasuk dalam aplikasi yang gratis, open source, serta tidak membutuhkan instalasi apapun dalam penggunaannya.

Pastikan sistem Anda telah memiliki .NET Framework versi 3.5, sebelum menjalankan aplikasi ini.
Harga: Gratis Ukuran File: 86 KB Download: www.codeplex.com/juggler/Release/ ProjectReleases.aspx?ReleaseId=14177

Pod to PC 2.32
Banyak hal yang menyebabkan file pada iTune berbeda pada iPod, salah satunya diakibatkan oleh komputer yang crash saat transfer file. Yang jadi masalah biasanya, apabila file pada iTune lebih sedikit dari yang ada pada iPod. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi tertentu, salah satunya adalah Pod to PC. Aplikasi ini memampukan Anda

Disertakan di CD edisi 05/2009

untuk meng-copy, me-recover musik, video, dan playlist dari iPod/ iPhone ataupun iTouch ke dalam PC dan iTune. Aplikasi ini dapat menghindari terjadinya duplikasi file sehingga hanya file yang tidak ada saja ditransfer kembali ke iTune, sedangkan file yang sudah ada ditandai dengan check berwarna biru terlihat pada interface Pod to PC. Anda dapat melakukan preview terlebih dahulu, sebelum melakukan transfer ke dalam library iTune. Aplikasi ini kompatibel dengan iPod Shuffle, iPod Nano, iPod/iPod Photo/iPod Video, iPod Touch, dan iPhone. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda telah memiliki .Net Framework 2, dan iTune minimal versi 8 telah terinstal pada PC.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,30 MB Download: www.podtopc.com

Memperindah desktop dengan tampilan wallpaper yang berganti otomatis secara random

Disertakan di CD edisi 05/2009

WinBubble 1.76
Untuk memaksimalkan kemampuan OS Anda, perlu adanya tweaking melalui penggunaan aplikasi khusus. Konfigurasi default OS bagi beberapa user masih dikeluhkan, oleh karenanya dilakukan tweaking sesuai kebutuhannya. Salah satu aplikasi yang memampukan Anda untuk melakukan hal tersebut pada OS Windows Vista adalah WinBubble. Aplikasi all in one customization

ini memiliki fitur yang dapat menangani customize, sekuritas, dan optimize. Anda dapat menambahkan item pada konteks menu dan customize pada sistem icon. Aplikasi ini tidak memerlukan instalasi apapun sehingga user dapat dengan mudah dan cepat mengaksesnya, bahkan melalui flash drive sekalipun. Tweaking Windows Vista dengan aman dan mudah Fitur pada aplikasi ini dikelompokkan dan tampil dalam bentuk tab pada interface-nya sehingga Harga: Gratis memudahkan sekali dalam peng- Ukuran File: 383 KB gunaannya. Hanya beberapa klik Download: http://unlockforus.blogspot. mouse saja, tampilan desktop Anda com/2007/11/winbubbles-features-gap.html sudah siap menghadapi perubahan. Disertakan di CD edisi 05/2009 Namun bagaimana pun juga, filefile CBR high-bitrate (--preset insane) tetap akan banyak menghabiskan ruang. Jadi, ide asal dari adanya MP3Packer itu sendiri untuk mengurangi ukuran file CBR high bitrate, dengan mengubahnya ke dalam file VBR. Namun untuk kondisi sebaliknya, dari file VBR ke CBR juga dapat dikerjakan oleh aplikasi ini dengan pemilihan output type. Aplikasi ini dapat memproses file-file yang terdapat dalam sebuah direktori.
Harga: Gratis Ukuran File: 612 KB Download: www.newcastlejams.net. au/filestore/WinMP3Packer-1.13-base.zip

Meng-copy, me-recover file dari iPod ke iTune

Postbox BETA 1.0b7
Membaca e-mail ataupun membuat e-mail baru merupakan hal yang dapat dilakukan secara offline melalui e-mail client sehingga penggunaan Internet lebih efektif dan efisien. Kondisi online hanya digunakan saat penarikan e-mail dan pengiriman email saja. E-mail client yang dapat digunakan cukup banyak, dan terus berkembang menawarkan fasilitas/ fitur baru, salah satunya adalah Postbox. Aplikasi ini di-develop berbasis kode e-mail client Thunderbird. Email client inilah yang membawa

WinMP3Packer 1.13
Efisiensi terhadap ukuran file mp3 dapat dilakukan dengan berbagai usaha, di antaranya melalui konversi ke dalam format file lain ataupun dengan mengubah data frame-nya ke jenis lain. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk me-repacket file mp3 adalah WinMP3Packer. Aplikasi ini merupakan frontend GUI dari aplikasi MP3Packer. MP3Packer sendiri merupakan aplikasi yang mengusahakan penghematan kapasitas harddisk dengan cara melakukan penyimpanan frame data ke dalam frame berukuran paling kecil. Biasanya, file-file mp3 tersebut sudah tersimpan dalam bentuk yang seefisien mungkin.

terobosan baru dalam menampilkan jendela message dalam bentuk tab, layaknya browser. Melihat interfacenya tersebut tentu akan menghemat ruang desktop, tanpa user kesulitan melihat beberapa jendela untuk beberapa pesan. Aplikasi ini dapat menangani RSS dan newsgroup subscription. Tak kalah menarik, aplikasi ini dapat menampilkan pesan dalam tampilan conversation. Dalam menulis pesan baru pun, Anda mudah menambahkan attach file yang berasal dari e-mail yang diterima, tanpa harus kesulitan memindahkannya terlebih dahulu ke desktop/drive tertentu dengan fasilitas track back history mail untuk meng-grab picture, attachment, dan lainnya.
Harga: Gratis Ukuran File: 7,67 MB Download: www.postbox-inc.com/php/ download.php?a=b7w

Disertakan di CD edisi 05/2009 Membaca e-mail pada e-mail client mudah melalui tab View

Disertakan di CD edisi 05/2009 Konversi frame data file mp3 untuk mendapati ukuran seefisien mungkin

Taekwindow 0.2.4
Menggerakkan banyak window dapat membuat frustasi, terlebih jika berjumlah banyak. Untuk itu dibutuhkan aplikasi yang dapat menghemat waktu dan stamina Anda, salah satunya adalah Taekwindow. Aplikasi ini menambahkan beberapa fiitur key yang hanya didapati pada interface berbasis X-Windows/ X11 Window Manager, yang umumnya terdapat pada beberapa distro Linux populer. Anda dapat mengubah ukuran, memindahkan, dan memanipulasi window pada Windows dengan mudah, layaknya seperti X-Window melalui aplikasi ini. Usai menjalankan aplikasi ini, Anda dapat menggerakkan window dari manapun tanpa harus meng-grab title bar window. Hanya dengan menekan tombol Alt diserMemanipulasi floating window, layaknya pada X11 Window Manager

Pernyataan CD
Penggantian CD
Bila mendapatkan CD yang rusak saat pembelian, silakan hubungi redaksi PC Mild di Gedung Warta Lt. 4, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430. Telp: (021) 315-3731 ext. 127131. Fax: (021) 315-3732. E-mail: pcmild@pcmedia.co.id. Untuk yang berdomisili di Jakarta, kami sarankan datang langsung ke redaksi dengan membuat perjanjian terlebih dahulu. Pelanggan yang berada di luar Jakarta, silakan kirim CD yang rusak ke alamat di atas. Cantumkan alamat lengkap serta nomor telepon Anda. Batas pengembalian CD minimal dua minggu setelah kami menerima CD Anda. mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan program tersebut, silakan kunjungi website pembuat program atau membaca file Help yang biasanya sudah disertakan masing-masing program.

Bebas Virus Dukungan Teknis
PC Mild tidak memberikan dukungan teknis atau panduan terhadap program yang ada di dalam CD. Jika memiliki masalah atau ingin CD PC Mild sudah melalui proses pemeriksaan virus yang terpercaya dan bebas dari bentuk malware lain seperti spyware, adware, dan lain-lain.

tai dengan klik kiri mouse pada window, di manapun posisinya dapat dipindahkan. Jika memiliki beberapa monitor, Anda dapat meng-grab window yang dalam kondisi maximized untuk dipindahkan, tanpa perlu di-resize terlebih dahulu. Perlu diperhatikan agar Anda melakukan instalasi .Net Framework minimal versi 2 terlebih dahulu, sebelum menggunakannya.
Harga: Gratis Ukuran File: 122 KB Download: http://downloads.sourceforge. net/taekwindow/taekwindow-0.2.4.zip

Disertakan di CD edisi 05/2009

05/2009

15

Aktual

Patch/Security Update

Inilah Definisinya!
DVI
Digital Visual Interface adalah interface video yang dirancang untuk membawa data video digital yang tidak dikecilkan, dan untuk memaksimalkan kualitas perangkat digital visual, seperti monitor LCD, proyektor digital, dan seterusnya. Sebagai tambahan, interface DVI kompatibel dengan HDCP (high-bandwidth digital content protection).

Windows XP (KB959252)
Bagi pengguna OS Windows, update merupakan salah satu usaha untuk mengurangi kemungkinan akan kejahatan serangan malicious software yang dapat mengambil kendali penuh atas PC. Namun instalasi update pada OS Windows, tak menutup kemungkinan user akan menemui keanehan atau error, seperti halnya pada update kb954211. Update Windows ini dirilis guna menutup celah keamanan dari Win-

dows, sama halnya dengan update Windows lainnya, namun sayangnya bercacat sehingga menampilkan pesan error 0x0000008e, setelah diinstalasi (MS08-061). Microsoft segera merespons error tersebut dengan merilis update terbarunya sehingga user tak perlu khawatir akan hal tersebut. Adapun versi update tersebut adalah kb959252, yang dapat di-download secara langsung pada official website Microsoft. Seperti biasa, usai instalasi user perlu melakukan restart untuk melihat perubahan update tersebut.
Spesifikasi Minimum: Windows XP SP2/SP3 Ukuran File: 1,4 MB Nama File: WindowsXP-KB959252-v2-x86ENU.exe Nama Pembuat: Microsoft Download: http://tinyurl.com/c6b8k3

NFS Undercover v1.0.1.17
Dunia balap mobil tidak pernah surut dari para penggemarnya. Tak heran jika para developer game melihatnya sebagai peluang dan mengadopsinya, terlebih jika melihat pada tayangan film yang berbau balapan seperti pada game Need for Speed: Undercover. Tentunya akan menarik banyak peminatnya. Pemain dalam game ini akan berperan sebagai petugas kepolisian yang menyelinap ke dalam kriminal underground tri-ciy, sebuah kota fiksi dimana game mengambil tempat. Pemain akan menghadapi berbagai tugas berbahaya dan persaingan dalam wujud balapan, untuk menerobos dan mengurangi kejahatan sindikat internasional, termasuk di dalamnya balapan ilegal dan pencurian mobil. Game ini pun menyertakan beberapa mobil berlisensi hot, seperti Audi R8, BMW M6, dan Lexus

IS-F. Untuk perbaikan ataupun peningkatan performa, developer game merilis patch terbarunya, yang dikenal dengan versi 1.0.1.17. Adapun fokus utama patch terbaru tersebut pada peningkatan frame rate dan penambahan level pada game yang lebih sulit bagi para pemain expert gamers.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Pentium 4 @ 2.8 GHz, Memory 1 GB, Hard Drive 5,5 GB, nVidia GeForce 6500/ATI Radeon 9500 Ukuran File: 9,5 MB Nama File: NFSU_v1.0.1.17_enUS.exe Nama Pembuat: Electronic Arts Download: http://tinyurl.com/aszxw4

Disertakan di CD edisi 05/2009

Disertakan di CD edisi 05/2009 Atasi pesan error 0x0000008e update kb954211

Ebay
Sebuah situs web lelang online, di mana orang-orang dari seluruh dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa. eBay didirikan pada 1995 oleh Pierre Omidyar.eBay bermarkas di San Jose, California, Meg Whitman telah menjadi presiden eBay dan CEO-nya sejak Maret 1998.

ATI Catalyst 9.1 Hotfix
Memiliki hardware yang berteknologi tinggi perlu didukung dengan adanya software untuk memaksimalkan penggunaannya. Salah satu hardware yang penting bagi tampilan, dan khususnya bagi para pencinta dunia game adalah kartu grafis. Berbagai merek kartu grafis dapat menjadi pilihan. Kontinuitas dari update driver dan software penting untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan produk. Salah satu produk yang cukup giat merilis update software driver bagi penggunanya adalah Ati. Belum lama ini telah tampil hotfix terbarunya yang dikenal dengan Catalyst 9.1 Hotfix, yang diperuntukkan bagi OS Windows, yaitu XP dan Home Edition. Paket hotfix ini menyertakan perbaikan bugs untuk HDMI connector yang

terdengar hanya 2 channel audio saat play back mutichannel (Dolby 5.1.DTS), catalyst control center runtime tidak dapat di-restart otomatis setelah instalasi hydravision, HI Def video, DVD Playback beberapa HD Mpeg2 video akan tampil hitam, dan video corruption saat penggunaan adapter DVI.
Spesifikasi Minimum: Windows XP Ukuran File: 37,4 MB Nama File: 9-1agp-hotfix_xp32_dd_ccc_ 74242.exe Nama Pembuat: AMD Download: http://tinyurl.com/b65dyo

Tantangan baru bagi pemain kategori expert

Gears of War PC Patch 3
Beragam jenis game yang digemari, termasuk di dalamnya adalah jenis game third-person shooter. Salah satu jenis game third-person shooter yang cukup menarik perhatian adalah Gears of War. Game ini di-develop oleh Epic Game dan di-publish oleh Microsoft Game Studio pada tahun 2007. Meski sudah lama dirilis, game ini masih cukup banyak peminatnya. Dalam game ini pemain akan bertarung dan berjuang sebagai

Frame Rate
Ukuran yang menyatakan satuan frekuensi yaitu jumlah gerakan frame yang dilakukan dalam waktu satu detik. Biasanya frame rate menggunakan satuan fps (frame per second). Istilah ini banyak digunakan pada dunia game, grafis, animasi, kamera, dan camcoder. Beberapa game malahan dibatasi dalam penggunaan frame rate-nya.misalnya pada seri game Grand Theft Auto. Pada perangkat lain misalnya TV dan film mempunyai tiga frame rate standar yaitu 60i, 30p, dan 24p. Sedangkan pada film 25 mm biasa menggunakan rate standar 24 fps.

Disertakan di CD edisi 05/2009

prajurit delta squad untuk menyelamatkan manusia planet fiksi bernama Seera, dari serangan musuh bawah tanah yang dikenal dengan Locust Horde. Game ini mendukung mode game multiplayer dan campaign level. Game memacu pemainnya untuk menggunakan strategi atau taktik dalam menghadapi peperangan. Pada bulan Februari, game ini mengalami masalah pada sertifikasi signature digital yang expired masa berlakunya, dan mengakibatkan semua game versi sebelumnya tidak dapat dimainkan/dijalankan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Epic telah merilis sebuah patch terbaru dengan versi 3. Bagi Anda yang mengalami hal sama, dapat segera menginstal patch tersebut.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Pentium 4 @ 2.4 GHz, memory 1 GB, Hard Drive 12 GB, nVidia GeForce 6600 / ATI X700 Ukuran File: 6,25 MB Nama File: GearsPC_TU3_Microsoft.zip Nama Pembuat: Epic Download: http://tinyurl.com/bc58j5

Perbaikan bugs pada adapter DVI dan HDMI connector

HDMI
Singkatan dari High-Definition Multimedia Interface. Adalah interface peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan interface antara beberapa sumber audio/video digital yang kompatibel, saperti set-top box, DVD player, atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang kompatibel, seperti televisi digital (DTV).

Race07 1.0.0.9 Update
Para gamer saat ini ditawarkan berbagai pilihan jenis game. Ada yang disisipkan alur cerita agar lebih menarik, namun adapula yang tidak sehingga dikatakan murni langsung fokus pada tujuan utamanya, misalnya intinya hanya untuk balapan saja. Salah satu game yang murni menayangkan balapan mobil adalah Race07. Game ini merupakan official WTCC game yang memiliki full fitur semua mobil, dan track FIA WTTC season 2007. Dalam game ini, pemain akan menemui banyak jenis mobil formula lebih dari 3.000 jenis, di antaranya Formula 3000, Formula BMW, dan mobil radikal sport dengan model SR3 dan SR4. Tentu para penggemar mobil mengenalinya. Tersedia pula 32 track berbeda

dan variasi yang berasal dari seluruh dunia, termasuk city track. Demi perbaikan ataupun peningkatan performa game, belum lama ini telah dirilis update terbarunya, yang dikenal dengan versi 1.0.0.9. Di dalamnya terdapat banyak perbaikan meliputi perbaikan lap times, low fuel icon, driving aid, cutting rule problem, difficulty setting, dan lain sebagainya. Jika Anda penggemar game, sudah seharusnya mendapati update patchnya.
Spesifikasi Minimum: Intel Pentium 4 1.7GHz Processor, 512MB RAM, 2.5GB Hard Disk Space, DirectX 9, 128MB DirectX 9 3D Accelerator Video Card Ukuran File: 33,37 MB Nama File: RACE07_Offline_Update.exe Nama Pembuat: Simbin Development Team Download: http://tinyurl.com/abmr2k

Mengatasi masalah signature digital yang sudah habis

Disertakan di CD edisi 05/2009

Trojan di eBay
Keamanan dari website lelang kini telah mengkhawatirkan atau berpotensi terkena serangan trojan. Hal tersebut diperkuat dengan adanya tindakan Google yang mengidentifikasikan add-on dari third-party salah satu website lelang terkemuka, yaitu eBay berpotensi sebagai malicious, yang selanjutnya akan ditunggangi oleh sebuah trojan. Add-on tersebut merupakan tool yang disediakan oleh company auctiva bagi para penjual yang kebanyakan turut serta dalam website lelang terkemuka tersebut. Perusahaan mengonfirmasikan bahwa sebuah virus telah meng-attach dirinya sendiri ke dalam sebuah files di server, tetapi sudah bisa diatasi. Walau bagaimanapun Google tetap saja memberi pesan peringatan terhadap user yang sedang melakukan pencarian website bahwa website tersebut berpotensi dapat mengancam komputer user. Trojan tersebut dikenal sebagai Adclicker oleh Symantec, dan termasuk dalam kategori “very low risk” dan didesain untuk menggenerate traffic website terkait, dan digunakan oleh hacker berbahaya untuk memperbesar frekuensi klik banner ataupun untuk memperbesar statistik website. Google menginfokan bahwa pesan tersebut akan diakhiri, apabila sudah ada info lanjut dari partner kerjanya, yaitu stopbadware.org. Info: news.bbc.co.uk

Hotfix
Sebuah paket aplikasi yang berisi beberapa file dan dipakai untuk menangani masalah yang terjadi pada sebuah produk software (bug). Biasanya, hotfix dibuat untuk pengguna software tertentu dan tidak bisa didistribusikan di luar penggunanya. Dalam konteks Microsoft Windows, hotfis adalah patch kecil yang dipakai untuk menangani masalah tertentu, biasanya berupa lubang keamanan.

Disertakan di CD edisi 05/2009 Perbaikan lap time, driving aid, dan permasalahan pada cutting rule

16

05/2009

Blog

Aktual

Tutorial Kingdom
Di WWW, ribuan website dan blog berisi tutorial dapat dengan mudah ditemukan. Namun alih-alih memberikan how-to yang sederhana dan praktis agar mudah dipahami oleh pengguna awam sekalipun, tidak sedikit website dan blog yang menyebut dirinya berisi tutorial, justru membuat pusing kepala pembacanya. Lantas, di mana Anda bisa menemukan tutorial yang benar-benar

bermanfaat dan layak dibaca? Salah satu blog yang bisa memuaskan kebutuhan Anda akan tutorial yang bermanfaat adalah Tutorial Kingdom. Blog ini tidak membuat konten sendiri, melainkan mengumpulkannya dari berbagai sumber. Para editor blog ini memilih tutorial-tutorial tersebut secara manual yang mereka istilahkan dengan handpick. Meski sebagian besar konten blog ini adalah tutorial Photoshop, Anda bisa menemukan tutorial seputar pemrograman web yang sederhana, serta beberapa software menarik lainnya.
Info: www.tutorialkingdom.net

Mesir Tangkap Blogger Pro-Gaza
Perang 23 antara Israel dan pejuang Palestina yang baru saja berakhir tidak hanya menyisakan gedung-gedung dan sarana umum yang luluh lantak di Jalur Gaza, namun juga dibekuknya blogger Mesir yang menyuarakan perlawanannya terhadap kebijakan pemerintah negaranya terhadap konflik ini. Seperti yang kita ketahui, pemerintah Mesir menutup perbatasan negaranya dengan Jalur Gaza di Rafah selama perang tersebut. Melalui blog-nya yang bertajuk Sout Gadeb (Seruan Amarah –red), Dhiauddin Jad (22), blogger Mesir, menuliskan slogan, berita, dan komentar pro-Gaza. Menurut Amnesty International (LSM pembela HAM yang berbasis di London), keberadaan Jad yang ditangkap pada 6 Februari 2009 silam sampai saat ini masih dirahasiakan oleh pihak yang berwenang. Satu lagi catatan kelam hubungan pemerintah dan blogger di negeri piramida ini. [Info: www.reuters. com]

Inilah Definisinya!
OpenLaszlo
Platform open source untuk pengembangan dan penyampaian RIA. OpenLaszlo dirilis di bawah Common Public License dari Open Source Initiative. Platform OpenLaszlo yang terdiri dari bahasa pemrograman LZX dan OpenLaszlo Server. LZX merupakan bahasa deskripsi XML dan JavaScript, yang dirancang untuk mudah dipelajari oleh para pengembang aplikasi web tradisional yang akrab dengan HTML dan JavaScript. Sementara OpenLaszlo Server adalah Java servlet yang mengompilasi aplikasi-aplikasi LZX ke dalam executable binary untuk runtime environment yang ditargetkan.

Tutorial dipilih secara manual

Cooking Gadget
Mendengar kata “gadget”, pikiran sebagian dari kita langsung melayang pada benda-benda elektronik mungil

Science Blog
Mirip dengan konsep pengumpulan konten yang ada pada blog Tutorial Kingdom, blog yang satu ini juga menyajikan sebagian konten yang dipilih dari berbagai sumber. Blog My Science Blogging berisi artikel-artikel pengetahuan dan sains yang bermanfaat, membuka wawasan, sekaligus menarik untuk Anda. Konten dalam blog ini terdiri dari artikel-artikel terpilih dalam

bahasa Indonesia dan Inggris, yang cukup berimbang. Untuk memudahkan pembaca menemukan artikel yang dibutuhkannya, blog ini mengklasifikasikannya ke dalam bidang kajian, seperti matematika, astronomi, fauna, bioteknologi, dan umum. Tidak hanya untuk orang dewasa, blog ini juga menyediakan konten pengetahuan khusus untuk anakanak. Blog ini membantu menyuplai artikel-artikel ringan seputar pengetahuan, sains, dan teknologi yang akan semakin membuka wawasan dan pengetahuan Anda.
Info: http://myscienceblogs.com

yang dirancang dengan bentuk dan fungsi yang unik. Pikiran seperti ini tentu saja tidak salah. Namun, bila berjalan-jalan di antara rak-rak sebuah pusat perbelanjaan, Anda akan menemukan makna lain dari kata di atas. Kata gadget juga dipakai untuk peralatan-peralatan kecil yang ada di dapur. Gadget dalam makna inilah yang disajikan dalam blog Cooking Gadgets. Meski awalnya kata ini digunakan untuk semua pernakpernik kecil di dapur, blog ini sepertinya tetap mempertahankan unsur unik dalam kata gadget. Tanpa mengabaikan fungsinya, semua pernik memasak yang ditampilkan di sini memiliki desain yang unik. Nah, bila Anda berencana membelikan hadiah untuk ibunda tercinta, memilihnya dari gadgetgadget dapur yang ditampilkan di sini rasanya lebih tepat ketimbang pernak-pernik elektronik.
Info: www.cooking-gadgets.com

Social Networking
Sebutan lain terhadap website komunitas. Sebelumnya, website komunitas hanya didasari oleh kesamaan minat di antara para anggotanya, yang mendapatkan informasi atau berita, serta berkomunikasi melalui forum. Kemudian muncul website komunitas yang dapat menghubungkan antara satu anggota dengan anggota lainnya, yang juga dilengkapi dengan daftar kontak/ teman. Intinya, website komunitas ini dapat memberikan susunan jaringan yang dimiliki oleh seorang anggotanya. Website-website inilah yang kemudian lebih dikenal dengan online social networking.

Gadget unik pelengkap peralatan dapur

Band Logos
Pengetahuan dan sains untuk anak-anak dan dewasa

Mashable
Dalam kajian peradaban, setelah revolusi pertanian dan industri, manusia memasuki abad baru, yakni revolusi informasi. Salah satu ciri signifikan dari revolusi informasi adalah hadirnya Internet. Gaya hidup manusia khususnya dalam berkomunikasi dan berinteraksi berubah drastis sejak adanya Internet. Website, sebagai layanan dominan yang ada di Internet, terus-menerus be-

revolusi. Sejak kehadiran Web 2.0 dan social networking, website tidak lagi berfungsi sebagai brosur, perpustakaan atau etalase online, melainkan telah berperan sebagai tempat berkumpulnya manusia dari seluruh dunia. Blog Mashable, sejak didirikan pada pertengahan 2005 silam, secara konsisten memberitakan perkembangan dunia web, khususnya Web 2.0 dan social networking. Setiap hari selalu ada perkembangan menarik di WWW yang tidak boleh dilewatkan, lebih-lebih bila Anda seorang pemerhati peradaban.
Info: http://mashable.com

Berbeda dengan penyanyi solo, kelompok band pasti memiliki logo yang mencerminkan jati diri atau aliran musik yang mereka usung. Logo tersebut bisa hanya berupa nama kelompok yang ditulis dengan gaya yang khas atau bahkan gambar yang mengandung makna-makna tertentu. Sebagaimana kebanyakan logo lainnya seperti tux untuk Linux, logo kelompok band juga memiliki latar

belakang dan kisah yang menarik. Ingin tahu latar belakang dan kisahkisah menarik di balik logo-logo kelompok band ternama? Bila ya, temukan penjelasannya di blog Band Logos. Konten blog ini khusus mengupas segala sesuatu seputar logo sebuah kelompok band. Sampai saat ini, telah terkumpul 298 artikel singkat mengenai nama, sejarah, dan makna logo kelompok band yang semuanya berasal dari luar negeri. Bagaimana dengan logo band dalam negeri? Mungkin Anda berminat membuatkan blog-nya?
Info: http://pictograms.blogspot.com

Web 2.0
Istilah yang menunjuk pada persepsi terjadinya pergeseran fungsi WWW dari sekadar menyampaikan informasi lewat berbagai website menjadi rangkaian aplikasi yang bisa dijalankan lewat Internet. Website yang menggunakan teknologi Flex (RIA berbasis Flash dari Adobe), OpenLaszlo (platform aplikasi Flash open source), atau menggunakan Ajax secara intensif seperti Gmail atau Google Map merupakan website yang sudah menerapkan Web 2.0.

WWW
World Wide Web. Ruang informasi global yang dapat digunakan untuk menulis dan membaca melalui komputer yang terhubung dengan Internet. WWW sering disalahartikan sebagai (atau dianggap sinonim dari) Internet itu sendiri. Padahal WWW adalah salah satu layanan (service) yang beroperasi di Internet, seperti halnya e-mail, chat, dan instant messaging. WWW diciptakan oleh Sir Tim Berners-Lee pada 1989, yang bekerja pada CERN, dan dirilis pada 1992.

Berfokus pada berita Web 2.0 dan social networking

Sejarah di balik sebuah logo band

05/2009

17

Aktual

Bookmark

Inilah Definisinya!
CCNA
Cisco Certified Networking Associate. Sertifikasi bidang networking yang diakui secara internasional dan merupakan pondasi awal untuk mendapatkan jenjang sertifikasi yang lain. Lulusan CCNA mampu melakukan instalasi, konfigurasi, dan mengoperasikan LAN, WAN dan Dial Access Services untuk jaringan kecil (di bawah 100 PC) yang bekerja menggunakan protokol IP, IGRP, Serial, Frame Relay, IP RIP, VLANs, RIP, Ethernet dan Access Lists.

Iwo Jima
Bagi Anda yang menyukai filmfilm sejarah, khususnya Perang Dunia II, pasti pernah menonton film “The Flags of Our Fathers” dan “Letters from Iwo Jima”, bukan? Kedua film arahan sutradara Clint Eastwood ini merupakan satu kesatuan. Jadi, bila baru menonton salah satu judul di atas, ada baiknya Anda menyaksikan judul yang lain. Kedua film mengambil setting yang sama, yakni pertempuran antara pasukan AS melawan pasukan Jepang dalam memperebutkan pulau yang bernama Iwo Jima. Uniknya, kedua film dibuat backto-back, mengambil sudut pandang penceritaan dari masing-masing pihak. Nah, bila telah usai menyaksikan kedua film, dan Anda ingin melihat foto-foto sejarah pertempuran mem-

perebutkan pulau tersebut baik di AS maupun Jepang, silakan buka website Iwo Jima. Website sejarah ini dipersembahkan oleh putra salah satu pengibar bendera AS di gunung Suribachi, Iwo Jima.
Info: www.iwojima.com

Personality Test
Salah satu tahapan yang biasanya diadakan untuk menyaring karyawan baru di sebuah perusahaan adalah personality test atau kerap disebut psikotes. Pada tahapan ini, Anda diminta untuk menjawab serangkain pertanyaan, baik dalam bentuk pilihan berganda atau essay, yang diajukan oleh penguji. Dalam tes ini tidak ada jawaban yang benar atau salah. Jawaban yang

diberikan akan menggambarkan kepribadian Anda. Selanjutnya, tim SDM akan menilai, apakah orang dengan kepribadian seperti Anda cocok untuk bekerja di perusahaan mereka, atau posisi apa yang klop dengan Anda. Nah, bila belum pernah menjalani psikotes, namun ingin tahu bagaimana kepribadian Anda menurut psikolog, tak ada salahnya untuk mencaritahunya di website 41 Questions. Website ini menyediakan 41 pertanyaan untuk menggali bagaimana kepribadian Anda yang sesungguhnya.
Info: www.41q.com

IETF
Internet Engineering Task Force. Organisasi yang menjaring banyak pihak (baik itu individual ataupun organisasional) yang tertarik dalam pengembangan jaringan komputer dan Internet. Organisasi ini diatur oleh IESG (Internet Engineering Steering Group), dan diberi tugas untuk mempelajari masalah-masalah teknik yang terjadi dalam jaringan komputerdanInternet,sertamengusulkan solusi dari masalah tersebut kepada IAB (Internet Architecture Board). Pekerjaan IETF dilakukan oleh banyak kelompok kerja (disebut sebagai Working Groups) yang berkonsentrasi di satu bagian topik saja, seperti halnya keamanan, routing, dan lainnya. IETF merupakan pihak yang mempublikasikan spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/IP.

Foto-foto pertempuran antara serdadu AS dan Jepang di Iwo Jima

Forum Sains
Belajar sains melalui buku-buku teks di sekolah, bagi sebagian siswa dapat menyebabkan kejemuan. Wajar, tidak ada interaksi timbal-

RFC
Request for Comments. Seri dokumen infomasi dan standar Internet bernomor yang diikuti secara luas oleh perangkat lunak untuk digunakan dalam jaringan, Internet, dan beberapa operating system jaringan, mulai dari UNIX, Windows, dan Novell NetWare. RFC kini diterbitkan di bawah arahan Internet Society (ISOC) dan badan-badan penyusun-standar teknisnya, seperti Internet Engineering Task Force (IETF) atau Internet Research Task Force (IRTF). Semua standar Internet dan juga TCP/IP selalu dipublikasikan dalam RFC, meskipun tidak semua RFC mendefinisikan standar Internet. Beberapa RFC bahkan hanya menawarkan informasi, percobaan/eksperimen, atau hanya informasi sejarah saja.

balik antara penulis buku dan siswa yang membacanya. Semuanya berlangsung satu arah. Bila siswa tidak mengerti, dia tidak dapat langsung bertanya kepada penulis. Namun belajar sains melalui forum interaktif seperti di website Forum Sains memberikan atmosfer yang berbeda. Materi-materi sains disajikan dalam bentuk artikel populer, jauh dari kesan menggurui, dan tentu saja menyediakan ruang diskusi, baik antara-pembaca atau antara pembaca dan penulis. Website ini telah memuat lebih dari 21 ribu diskusi sains dengan lebih dari dua ribu topik. Di sini Anda juga bisa menikmatik artikel sains yang diklasifikasikan ke dalam beberapa bidang kajian, seperti astronomi, biologi, fisika, kesehatan, kimia, matematika, sosial politik, teknologi, teknik lingkungan, dan lain-lain.
Info: www.forumsains.com

Cari tahu bagaimana kepribadian Anda

Traveling Cat
Senang berjalan-jalan, mengunjungi tempat-tempat baru yang masih asing bagi Anda? Atau ingin membagi foto-foto lokasi yang baru saja dikunjungi, menjelaskannya, sekaligus beramal untuk pelestarian hewan liar? Bila jawabannya ya, Anda bisa harus mengunjungi website Zorro: The Traveling Cat. Website ini tidak bercerita tentang Zorro, pahlawan bertopeng dari Meksiko. Zorro di sini adalah nama seekor kucing yang menjadi maskot website ini. Setiap bulan, website ini menampilkan Zorro di dalam foto kiriman pengunjungnya. Tentu saja foto yang bertema lingkungan hidup, baik flora maupun fauna. Dari setiap foto yang ditampilkan, website ini akan mendonasikan Canada $5 untuk WWF atau organisasi penyelemat hewan lain-

nya. Nah, sebagai langkah awal, Anda bisa mengklik setiap foto yang telah ditampilkan di sini, dan membaca keterangan tentang tempat foto tersebut diambil.
Info: www.zorro-the-cat.com

Belajar sains sambil berdiskusi

TinEye
Selama ini search engine mengandalkan input dalam bentuk teks. Bila Anda mencari file dalam format apapun, masukkan saja teks yang mendeskripsikan file tersebut ke dalam form yang disediakan, kemudian klik tombol Search. Search engine akan menampilkan lokasi yang ditengarai menyimpan file yang Anda cari. Misalnya Anda mencari gambar beruang kutup. Buka http://images. google.com, kemudian masukkan teks

URL
Uniform Resource Locator. Format rangkaian karakter yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL kali pertama diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee pada 1991, agar penulis-penulis dokumen dapat mereferensikan link ke WWW. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas. Format URL secara detail dideskripsikan pada standar Internet RFC 3986.

“polar bear”, dan klik tombol Search Images. Beberapa saat kemudian, gambar beruang kutub lengkap dengan URL-nya akan tampil pada halaman hasil pencarian gambar di Google. Tapi, pernahkah Anda membayangkan mencari gambar dengan gambar? Anda tidak perlu mengetikkan kata kunci “Firefox logo”, misalnya, melainkan meng-upload logo Firefox kemudian melihat hasil pencariannya. Mencari gambar dengan gambar, itulah sajian search engine khusus gambar TinEye. Penasaran, kan?
Info: http://tineye.com

Berdonasi melalui foto petualangan di alam bebas

Open Source Windows
Bila Anda baru saja memboyong laptop mid-end anyar, hampir dapat dipastikan di dalamnya telah terinstal operating system Windows

original. Langkah selanjutnya adalah melengkapi laptop tersebut dengan aplikasi-aplikasi standar, seperti office suit, image editor, web browser, e-mail client, dan sebagainya. Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi di atas? Membeli CD software bajakan? Tidak perlu! Silakan buka website Open Source Windows, dan Anda sama sekali tidak perlu melanggar hak atas kekayaan intelektual untuk mendapatkan apliakasi-aplikasi tersebut. Website ini memberikan daftar aplikasi-aplikasi open source untuk Windows. Semuanya dilengkapi dengan deskripsi singkat beserta URL untuk men-download-nya. Anda tidak perlu ragu untuk mendownload dan menginstal aplikasi open source yang telah terdaftar di sini.
Info: www.opensourcewindows.org

Mencari gambar dengan gambar

Daftar aplikasi open source untuk Windows

18

05/2009

Bookmark

Aktual

EurekAlert!
Eureka! Kita semua pasti pernah mendengar kata ini dalam pelajaran Fisika di SMP. Kata tersebut diteriakkan oleh ilmuwan Yunani Archimedes (287 – 212 SM), sesaat setelah dia menemukan bahwa volume sebuah objek yang tidak beraturan dapat diketahui bila diukur dengan air. Satu hal yang perlu dicatat dari seruan Eureka! (artinya: Aku menemukannya! –red) ini, yakni reaksi spontan atas penemuan baru. Penemuan baru dan spontan. Itulah ruh yang terkandung dalam se-

ruan Archimedes. Semangat yang sama diusung pula oleh website EurekAlert! yang berusaha menjadi yang terdepan dalam menampilkan hasil-hasil penemuan baru. Jadi, bila ingin tahu penemuan ilmiah apa yang baru saja terjadi, yang efeknya akan sangat mempengaruhi dunia, jadikan website ini sebagai sumber informasi Anda. Website ini menyediakan tempat bagi universitas, pusat penelitian kesehatan, jurnal, badan pemerintah, perusahaan, dan organisasi lainnya yang ingin mempublikasikan hasil penelitian mereka. Pada halaman depan, Anda menemukan pembagian berita berdasarkan subjek, antara lain: agrikultur, arkeologi, ilmu cuaca, bisnis dan ekonomi, kimia

dan fisika, ilmu bumi, matematika, kedokteran dan kesehatan, etika dan kebijakan, sosial dan perilaku, angkasa dan planetari, serta teknologi dan rekayasa.
Info: www.eurekalert.org

EasyRGB
Dulu, ketika komputer belum ada atau jamak digunakan, pada arsitek, desainer grafis, pelukis, dan mereka yang berkecimpung dalam dunia “warna” bereksperimen untuk menciptakan warna-warna baru dengan mengoplos cat atau tinta dengan berbagai bahan kimia lainnya. Terbayang, bukan? Betapa lama, mahal, dan berisikonya eksperimen untuk mendapatkan warna baru. Tapi sekarang, pekerjaan pengoplosan cat dan tinta sudah tidak diperlukan lagi. Para periset warna tersebut dapat memanfaatkan bantuan komputer, mencampurkan kode-kode warna menggunakan software khusus, menampilkannya di layar monitor, meng-generate formulanya, dan mencetaknya jika perlu. Semuanya dapat dilakukan de-

Terdepan dalam publikasi hasil riset ilmiah

Facebook Masuk Top 10 Web Properties
Awal tahun ini, untuk kali pertamanya, website social networking Facebook masuk ke dalam daftar Top 10 Web Properties yang dikeluarkan comScore. Tempat teratas dari daftar ini masih didominasi pemain lama, yakni Google, Yahoo!, dan Microsoft, yang diikuti oleh AOL, Fox Interactive Media (MySpace), Ask Network, eBay, Amazon, website-website Wikimedia, dan diakhiri oleh Facebook. Di tempat teratas, Google, tercatat 151 juta pengunjung selama periode Januari 2009, sementara Facebook mampu menarik 57,2 juta pengunjung. Selain itu, badai krisis keuangan di AS yang mengakibatkan besarnya gelombang PHK berimbas pada naiknya pengunjung website-website lowongan pekerjaan. Selama Januari 2009, 12,2 juta netter mengunjungi website CareerBuilder.com, selanjutnya diikuti oleh Monster.com dengan 9,5 juta, dan Yahoo! Hot Jobs dengan 7,7 juta pengunjung. Untuk kategori media, website Oprah.com duduk di peringkat teratas dengan kenaikan 100% dari periode Desember 2008, diikuti oleh website tabloid US Magazine yang mencatat kenaikan sebesar 62%, dari 3 juta menjadi 5 juta pengunjung. Pelantikan Presiden AS ke-44, Barack Obama, ditengarai ikut berperan meningkatkan jumlah pengunjung kedua website media. [Info: http://tech.yahoo.com/news/]

ngan cepat, murah, dan hampir tidak berisiko apa-apa. Tahukah Anda bahwa jutaan warna yang kini dapat ditampilkan di layar monitor komputer, ponsel, atau smartphone, seluruhnya mengandalkan pencampuran tiga warna utama, yakni merah (red), hijau (green), dan biru (blue), atau disingkat dengan RGB. Bagi para seniman di atas, warna yang ditampilkan di layar monitor haruslah 100% sama bila dicetak di atas kertas, atau digunakan sebagai produk. Bagaimana mengkalibrasi monitor agar warna yang ditampilkannya sesuai dengan hasil cetakan? Bagaimana warna RGB di monitor dikonversi menjadi CMYK (cyan, magenta, yellow, key) di percetakan? Bagaimana menciptakan harmoni warna? Bagaimana menghitung resolusi? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas beserta penjelasan matematisnya pada website EasyRGB.
Info: www.easyrgb.com

Matematika untuk menciptakan harmoni warna

Skeptic’s Dictionary
Di luar sains, manusia modern rupanya masih mempercayai metasains di dalamnya terdapat supranatural, okultisme (penyembahan/perdukunan), paranormal, dan pseudosains (sains palsu). Dunia barat yang lebih dulu modern, misalnya, masih mempercayai adanya kutukan, vampire, zombie, UFO, dan lain-lain yang tidak bisa dijelaskan oleh sains.

Website Skeptic’s Dictionary mengumpulkan, mendefinisikan, dan menjelaskan kepercayaankepercayaan aneh, penipuan berkedok ilmiah, hingga delusi berbahaya yang beredar di tengah-tengah masyarakat modern. Selain itu, website sebisa mungkin menyertakan linklink yang meng-counter kepercayaan tersebut berikut penjelasan-penjelasan ilmiah yang membantahnya. Tujuan lain dari website ini adalah memberikan referensi tandingan atas penjelasan hal-hal yang dinilai ghaib di tengah-tengah masyarakat, seperti aura dan chi. Bila ragu atas penjelasan apa itu aura, chi, dan sebagainya, yang diberikan oleh orang lain, Anda dapat berkonsultasi di sini. Website ini memberikan penjelasan yang menyeluruh, dari Abrakadabra hingga Zombie, untuk perkara-perkara yang belum terpecahkan oleh sains.
Info: www.skepdic.com

Dari Abrakadabra hingga Zombie

Knowledge Freeway
Bila tidak ingin ketinggalan dan kalah bersaing, seseorang harus terus-menerus meningkatkan kualifikasi dirinya. Kualifikasi pekerja TI misalnya, dapat dilihat dari sertifikasi yang melekat padanya. Sertifikasi CCNA dari Cisco, atau MCSE dari Microsoft menjadi jaminan bahwa mereka benar-benar memiliki kualifikasi dalam bidang perangkat jaringan dan administrasi server. Sudahkah Anda mendapatkan salah satu atau kedua sertfikasi di atas? Bila belum, tak ada salahnya untuk mempersiapkan diri untuk mendapatkannya dari kedua vendor besar tersebut. Ada baiknya Anda mempelajari bahanbahan pelatihan yang ada di ProProfs.com.

Tak hanya persiapan sertifikasi CCNA dan MCSE, website ini juga memberikan materimateri berbagai program studi yang bebas dan terbuka untuk siapa saja. Selain itu, bila Anda seorang pengajar atau instruktur pelatihan, Anda bisa menggunakan fasilitas Find Or Create A Quiz untuk membuat kuis online. Website ini membuka diri bagi siapa pun yang ingin mengembangkan diri, dan meningkatkan kualifikasi, khususnya dalam bidang TI. Jadi, tak ada alasan lagi untuk menunda-nunda sertifikasi keahlian Anda.
Info: www.proprofs.com

Peningkatan kualifikasi dengan sertifikasi TI

05/2009

19

Aktual

Linux & Open Source

Inilah Definisinya!
ARM
Arsitektur ARM (sebelumnya Advanced RISC Machine, dan juga Acorn RISC Machine) adalah istilah yang paling banyak digunakan pada processor 32-bit di dunia. Arsitektur ARM adalah arsitektur processor 32-bit RISC yang dibuat oleh ARM Limited. Karena memiliki fitur hemat energi, CPU ARM menjadi dominan pada pasar elektronik mobile, dimana konsumsi tenaga yang rendah merupakan tujuan desain yang kritis.

Galang Dana untuk Open Source
Beberapa artis musik yang cukup populer dari luar negeri, diantaranya Peter Buck REM dan Youssou N’Dour, turut menjadi bagian sebuah project baru dalam mengumpulkan dana untuk mengantarkan teknologi open source terbaru ke tangan pekerja kesehatan di Afrika. Bekerja sama dengan artis pemenang Grammy Award, N’Dour, perusahaan nonprofit IntraHealth International meluncurkan album amal yang disebut OPEN Remix. Artis di dalam album telah menyumbangkan remix dari lagu Wake Up milik N’Dour sebagai bagian dari project. IntraHealth OPEN adalah prakarsa global yang bekerja untuk

Cloud Computing
Suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum yang dapat diakses secara langsung melalui web browser, dan menyimpan data kerja di dalam server.

mempromosikan pengembangan dan menopang aplikasi software disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan. Pape Gaye, CEO IntraHealth, menjelaskan kalau IntraHealth OPEN Initiative akan membantu perkembangan generasi baru teknologi profesional, pekerja eHealth, dan pemimpin nasional yang mengerti, menggunakan, dan mendukung teknologi terbuka untuk memajukan kesehatan. N’Dour memberi penjelasan kalau teknologi open source dapat membuat tantangan kesehatan untuk berkolaborasi dengan para developer Afrika di masa yang akan datang. Selain itu, open source juga dapat menginvestasikan training pengembangan open source di Afrika, dan mendukung tenaga profesional untuk dapat menggunakan teknologi dan mengubah program sesuai dengan kebutuhan. Selain Peter Buck dan N’Dour, beberapa artis lain yang berkontribusi di antaranya, Nas, Duncan Sheik, Toubab Krewe, Umar Bin Hassan, DJ Equal, Q-Burns Abstract Message, Gavin Haardkiss aka Hawke, Afrissippi dan Beef Wellington.
Info: www.tectonic.co.za

Virtualisasi Red Hat dan Microsoft
Red Hat, vendor Linux dari USA, telah membuat perjanjian kerja sama dengan Microsoft dalam memberi dukungan teknis terhadap teknologi virtualisasi server. Pengguna yang menjalankan virtualisasi Windows Server dan Red Hat Enterprise Linux, kini telah mendapatkan dukungan teknis gabungan dari dua perusahaan ini. Red Hat berjanji untuk ikut berpartisipasi pada Server Virtualization Validation Program Microsoft, dan akan terdaftar pada Red Hat Certification List, saat Microsoft menyelesaikan proses sertifikasi. Bentuk kerja sama ini lebih menekankan bahwa layanan ini berbeda, saat Microsoft bekerja sama dengan Novell. Perjanjian Microsoft-Novell

lebih dalam dan menyangkut kolaborasi teknis, memberikan perlindungan lisensi dan paten. Untuk Microsoft, Red Hat tetap meninggalkan sebuah provider platform saingan. Kenyataannya, Grand Manager Virtualisasi Microsoft, Mike Neil, menekankan bahwa perjanjian yang dibuat tidak mengandung paten apapun atau hak lisensi Intelectual Property lainnya. Kedua perusahaan juga menjamin pengguna bahwa kerja sama ini tidak akan memberikan efek apapun pada perjanjian mereka yang lama, dengan spesialis virtualisasi VMware. Pada langkah awal, kedua perusahaan akan memasuki fase validasi masing-masing, dan hasilnya akan dikirimkan pada website Red Hat dan Microsoft.
Info: www. linuxpromagazine.com

Kerja sama antarpesaing teknologi

Penggalangan dana open source oleh para artis

Solusi Duplikasi URL
Google, Microsoft, dan Yahoo! sekarang menyediakan cara untuk pengembang website dalam menspesifikasikan sebuah preferred URL untuk setiap bagian konten pada sebuah website. Masalah pada sebuah situs mungkin adalah memiliki konten yang sama pada URL yang berbeda. Ini mengakibatkan sebuah masalah untuk mesin pencari yang menyulitkan untuk membedakan antara duplikasi tersebut. Sekarang, sebuah tipe pada

Netbook Freescale Dukung Android
eHealth
Istilah yang relatif baru bagi kesehatan praktik yang didukung oleh proses elektronik dan komunikasi. Istilah yang sering digunakan, beberapa diantaranya berpendapat berkaitan dengan health care informatics, dan bagian dari health informatic. Istilah lainnya merujuk pada praktik healthcare dengan menggunakan Internet. Istilah ini dapat meliputi sekitar layanan yang masih berhubungan dengan kesehatan dan teknologi informasi.

LXDE
Lighweight X11 Desktop Environment (LXDE) adalah lingkungan desktop open source untuk Unix dan platform POSIX lainnya, seperti Linux atau BSD. LXDE didesain untuk dapat bekerja dengan baik pada komputer dengan spektrum performa yang rendah, seperti pada netbook generasi baru dan komputer kecil lainnya. LXDE dapat berjalan pada beberapa distro Linux, seperti Ubuntu atau Debian.

Freescale Semiconductor mendemonstrasikan sebuah netbook berbasis Ubuntu, yang referensi desainnya dibuat berdasarkan ARM Cortex A8-based i.MX515 system-on-chip (SoC). Freescale juga mengumumkan kalau platform Android dan Xandros Linux sudah terintegrasi ke chip, dan mendapat dukungan dari Phoenix Technologies’s HyperSpace fast-boot technology. Selain itu, chip ini juga sudah mendukung module 3G dari Wavecom dan Option. Sponsor Ubuntu project, yakni Canonical, secara resmi juga meluncurkan sebuah ARM port pada akhir November. Kini Xandros telah bekerja sama dengan Ubuntu dalam melangkahkan kaki ke ARM dan i.MX515. Xandros juga mengumumkan

telah mendukung prosesor berbasis ARM, yakni Qualcomm Snapdragon. Freescale tidak menspesifikasikan teknologi konektifitas 3G mana dari Wavecom dan Option yang akan dibuat sesuai dengan i.MX515. Namun menurut Freescale, dukungan hardware dan software akan tersedia untuk data module 3G perusahaan. Open Handset Alliance’s Android mobile Linux/Java project telah mendukung ARM, termasuk processor Qualcomm MSM7201A ARM yang telah digunakan pada HTC G1. SoC merupakan series pertama pada keluarga prosesor i.MX51 yang didevelop seperti ARM cortex-A8 core, dan akan mengalamatkan serangkaian peralatan elektronik konsumen yang berbasis MIDs.
Info: www.linuxdevices.com

referensi link “canonical” dapat membolehkan sebuah halaman untuk menegaskan pilihan URL yang dapat digunakan oleh sebuah mesin pencari. Google menjelaskan prosesnya dalam sebuah contoh, beberapa URL yang menunjuk pada halaman yang sama www.example. com/ product.php?item=swedish-fish (preferred URL), www.example. com /product.php?item=swedishfish&category=gummy-candy, dan www.example.com/product.php?item=swedish-fish&trackingid=1234& sessionid= 5678. Perbedaan pada contoh tersebut menyebabkan pencarian pertama oleh parameter kategori, kedua oleh tracking id, dan session id. Untuk mengumpulkan preferred URL, halaman mengurusi tambahan sebuah elemen link, dengan kumpulan atribut rel ke “canonical”, dan kumpulan atribut href ke preferred URL. Elemen link akan pergi ke seksi head dari halaman. Sebagai contoh di atas akan menjadi <link rel=”canonical” href=”http://www.example.com/ product.php?item=swedish-fish” />.
Info: www.h-online.com

Belum ada spesifikasi dukungan 3G yang jelas

Dapat mengoptimalkan waktu pencarian

Ubuntu 9.10 (Karmic Koala)
Mark Shuttleworth, CEO Canonical, telah mengumumkan codename dan hasil dari versi selanjutnya dari sistem operasi Ubuntu, yakni Ubuntu 9.10, dengan codename Karmic Koala. Ubuntu 9.10 direncanakan akan dirilis pada Oktober 2009. Untuk Karmik Koala, tim pengembang akan berfokus pada usaha mereka terhadap pandangan “kesan pertama”. Pada rilis Ubuntu 9.10 nanti, pihak developer Ubuntu merencanakan untuk mengubah desktop coklat lama

VMware
Nama VMware datang dari akronim VM, yang artinya Virtual Machine, dikombinasikan dengan ware dari bagian kedua dari “software”. VMware Inc adalah developer virtualisasi software. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1998, dan berlokasi di Palo Alto, California. Software VMware dapat berjalan di Linux, Microsoft Windows, dan MacOS X.

dengan keseluruhan tampilan baru, dan mengganti Usplash sebelumnya dengan sebuah boot splash seperti Plymouth Red Hat. Waktu boot juga akan dikurangi, yaitu kurang dari 25 detik pada sebuah netbook. Sebelumnya, pada Jaunty telah diraih waktu boot 25 detik. Tim juga berencana untuk mengganti layar login di Ubuntu 9.10 dengan yang lebih bagus. Nama Karmic Koala yang digunakan sebagai codename Ubuntu 9.10 ini didapat dari nama seekor binatang Koala. Maskot Koala digunakan oleh Ubuntu 9.10, untuk menggambarkan kesiapan Ubuntu dalam mendukung teknologi Cloud Computing, dapat menyimpan energi untuk mendukung project green computing, dan membuat EC2-style cloud di data center atau pada hardware pengguna.
Info: linux.softpedia.com

Debian 5.0
Debian, distro yang banyak digunakan sebagasi basis pembuatan distro terkenal seperti Ubuntu, Knoppix, Damn Small Linux, dan sebagainya, telah mencapai versi 5.0. Debian Lenny telah memiliki sejumlah fitur, seperti kernel Linux 2.6.26, dukungan untuk mount bind read-only, sebuah debugger kernel, dan memiliki dukungan webcam yang lebih baik. Kernel ini juga memiliki fitur tester memory built-in, port KVM, dan sejumlah kemajuan lain . Driver NTFS-3G yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis di partisi NTFS, kini sudah terintegrasi secara
Penantian yang panjang untuk rilis Debian 5.0.

langsung di Debian 5.0. Untuk default desktop yang digunakan, Debian 5.0 menggunakan desktop GNOME 2.22.2 yang telah memiliki dukungan WebKit menggunakan Epiphany-WebKit. Printer secara otomatis akan terkonfigurasi ketika terhubung ke PC, dan juga sudah mendukung file ISO dengan baik. Selain GNOME, juga ada alternatif desktop yang ringan, seperti LXDE 0.3.2.1 dan XFCE 4.4.2. Sejumlah aplikasi server yang terdapat pada Debian 5.0, di antaranya, MySQL 5.0.51a, PostgreSQL 8.3.6, Apache 2.2.9, Samba 3.2.5, Horde 3.2, dan webmail IMP 4.2. Dukungan virtualisasi dikendalikan oleh libvirt virtual machine management (dengan dukungan untuk KVM, Xen 3.2.1, QEMU, KQEMU), dan Xen 3.2.1.
Info: linux.softpedia.com

Koala si maskot Ubuntu 9.10.

20

05/2009

Liputan Harga Pasar

Aktual
Harga
413 332 332 80 272 460 367 65 70 142 247 127 232 165 92 147 88 75 72 202 70 164 242 182 277 372 543 392 109 188 94 119 139 330

Daftar Harga Komputer & Periferal
Produk Spesifikasi PROCESSOR Harga Produk
ASUS Maximus Extreme ASUS Maximus Formula 45 62 62 71 79 89 114 104 179 205 185 164 175 245 310 1.199 599 145 149 187 119 180 206 169 173 203 283 1.099 1.520 1.599 195 279 234 330 294 65 65 ASUS Maximus II Formula ASUS P5B-MX ASUS P5E ASUS P5E3 Premium WiFi ASUS P5E64WS Pro ASUS P5GC-MX ASUS P5GC-VM ASUS P5K ASUS P5K Deluxe WiFi ASUS P5K SE ASUS P5K3 Deluxe WiFi 2.66 GHz, QPI 4.8, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 3.2 GHz, QPI 6.4, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2.93 GHz, QPI 4.8, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2.6 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 (Tray) 2.33GHz, FSB 1333MHz, 4 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775, EM64T, VT 2.66GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775, EM64T, VT 2.53GHz, FSB 1066MHz, 3MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual-Core, Socket LGA 775 3.0 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.16 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.3 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.0 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad Core, Socket LGA775 3.2 GHz, FSB 1600 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 (No HSF) 3.2 GHz, FSB 1600 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA771 (No HSF) 2.4 GHz, FSB 1066 MHz, 8 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66GHz, FSB 1333MHz, 6MB Cache, Quad-Core, Socket LGA 775 2.66 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.83 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 1.8GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Socket LGA 775 ASUS P5KC ASUS P5KPL ASUS P5KR ASUS P5LD2 SE/C ASUS P5LD2-X ASUS P5L-MX ASUS P5ND ASUS P5N-MX ASUS P5Q ASUS P5Q Deluxe ASUS P5Q Pro ASUS P5Q3 Deluxe/WiFi ASUS Rampage Formula ASUS Striker II Extreme ASUS Striker II Formula 81 92 68 65 64 102 92 238 63 57 79 165 67 125 124 115 84 204 127 197 101 97 62 DFI Blood Iron P35-T2RL DFI DK X38-T2R DFI INFINITY P965-S DFI LP DK P35-T2 DFI LP DK P35-T2RS DFI LT UT-X48-T3RS

Kurs US$1 = Rp12.200 per 24 Februari 2009
Spesifikasi

AMD
AMD Athlon 64 LE1620 AMD Athlon 64 X2 4800+ (AM2) AMD Athlon 64 X2 5000+ Clock Speed 2.4GHz, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2 Clock Speed 2.5 GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) Clock Speed 2.6GHz, Dual Core, L2 Cache 512 x 2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2 (Multiplier Unlock) AMD Athlon 64 X2 5200+ (AM2) Clock Speed 2.6GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) AMD Athlon 64 X2 5600+ (AM2) Clock Speed 2.8GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) AMD Athlon 64 X2 6000+ (AM2) Clock Speed 3.0GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) AMD Athlon 64 X2 6400+ Clock Speed 3.2GHz, Dual Core, L2 Cache 1024 x 2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket Black Edition AM2 (Multiplier Unlock) AMD Phenom X3 8450 2.1 GHz, 512Kb Cache, Triple Core, Socket AM2+ AMD Phenom X3 8650 2.3 GHz, 512Kb Cache, Triple Core, Socket AM2+ AMD Phenom X4 9500 2.2GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 AMD Phenom X4 9950 Black Edition 2.6GHz, 512KB L2 Cache, Quad Core, Socket AM2+ AMD Phenom X4 9750 2.4 GHz, 512Kb Cache, Quad Core, Socket AM2+ AMD Phenom X4 9850 Black Edition 2.5GHz, 4x512KB L2 Cache, Quad Core, Socket AM2+ AMD Phenom X4 9600 2.3GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2

Intel
INTEL Core-i7 920 INTEL Core-i7 Extreme 965 INTEL Core-i7 940 INTEL Core 2 Duo E4700 INTEL Core 2 Duo E6550 INTEL Core 2 Duo E6750 INTEL Core 2 Duo E7200 INTEL Core 2 Quad Q8200 INTEL Core 2 Quad Q8300 INTEL Core 2 Duo E8200 INTEL Core 2 Duo E8400 INTEL Core 2 Duo E8500 INTEL Core 2 Duo E8600 INTEL Core 2 Extreme QX9650 INTEL Core 2 Extreme QX9770 INTEL Core 2 Extreme QX9775 INTEL Core 2 Quad Q6600 INTEL Core 2 Quad Q9300 INTEL Core 2 Quad Q9400 INTEL Core 2 Quad Q9450 INTEL Core 2 Quad Q9550 INTEL Pentium E2160 INTEL Pentium E2180

MOTHERBOARD

AMD Soket AM2
ABIT AN-M2 ABIT AN-M2HD ABIT NF-M2S ASUS M2A-MX ASUS M2N-MX SE + ASUS M3A BIOSTAR T770 A2+ DFI LP UT 790FX-M2RS ECS A740GM-M ECS GeForce 7050 M-M GIGABYTE GA-M52L-S3 GIGABYTE GA-M750SLI-DS4 GIGABYTE GA-M61PME-S2 GIGABYTE GA-MA770-DS3 GIGABYTE GA-MA78G-DS3H GIGABYTE GA-MA78GM-S2H GIGABYTE GA-MA74GM-S2H GIGABYTE GA-MA790GP-DS4H MSI K9A2 CF-F MSI K9A2 Platinum MSI K9AG Neo2 Digital MSI K9N Neo-F V3 MSI K9N6 SGM-V Socket AM2, Nvidia GeForce 7025, FSB 2000 HyperTransport, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliant Socket AM2, Nvidia GeForce 7050PV, FSB 2000 HyperTransport, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliant Socket M2, NVidia GeForce 6100, SATA 0/1, DDR2 800, PCIe x16 Socket AM2, AMD 690V + SB600 Chipset, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, Onboard VGA Socket AM2 Socket AM2, AMD 770, HyperTransport™2000 / 1600 MT/s, USB 2.0, Audio, Dual Channel Socket AM2/AM2+, AMD 770 Chipset, FSB 2600MHz Hyper Transport (5200 MT/s), Dual Channel Memory, SATA II 300, Audio, USB 2.0 Socket 940, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, Dual Channel DDR2 800, SATA 300 RAID, USB 2.0, FireWire Socket AM2, AMD 740G Chipset, USB 2.0, Audio, Dual Channel DDR2, SATA II 300, RAID Socket AM2, NVidia nForce 7050PV, DDR2 Dual Channel, Audio, USB 2.o, SATA II Socket AM2, NVIDIA® nForce 520LE, Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket AM2, NVIDIA nForce 750a SLI,PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel Socket AM2, NVidia GeForce 6100, FSB 1333/1066MHz, SATA 300, USB 2.0, Audio, Dual Channel Socket AM2, AMD 770, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, USB 2.0, Audio Socket AM2, AMD 780G, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, DDR2-1066, FireWire, ATI Radeon HD3200 Onboard, HDMI Socket AM2, AMD 780G, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, DDR2-1066, FireWire, ATI Radeon HD3200 Onboard, HDMI, ESATA Socket AM2, AMD 740G, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, DDR2-800, ATI Radeon HD2100Onboard, HDMI Socket AM2, AMD 790GX, Hyper Transport 5200/2000 MT/s, SATA II 300, DDR2-1066, FireWire, ATI Radeon HD3300 with 128MB DDR3 Onboard memory, HDMI, DVI Socket AM2+, AMD 790FX, FSB Hyper Transport 2600, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket AM2, AMD 790, FSB 2600Mhz, USB 2.0, Audio Socket AM2, AMD 690G, FSB 2000 HyperTransport, PCI-Express X16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel Socket AM2, NVidia nForce 560, FSB Hyper Transport 2000, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket AM2, Nvidia Geforce 6100, FSB 2000 HyperTransport, PCI-Express X16, VGA, SATAII 300, RAID, NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel

Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Audio, USB 2.0, LAN, FireWire, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel 946GZ, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel Intel X38 Chipset, Socket LGA 775, Cross Fire, ATX Factor, Dual Channel 800MHz Socket LGA775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3 Memory, USB 2.0,Audio,Express Gate Socket LGA 775, Intel X38, FSB 1600/1333/1066/800 MHz, USB 2.0, Audio, DDR3 1800 MHZ Support Socket LGA775, Intel 945GC, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 533, Dual Channel Socket LGA 775, Intel 945GC, FSB 1066/800MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, Dual GbE, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, Dual GbE, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR3 1333, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, , GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR3 1066, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel G31, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel, Intel Core 2 Extreme & Core 2 Quad Support Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC,USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel, Intel Core 2 Extreme & Core 2 Quad Support Socket 775, Intel 945P, FSB 1066, PCI-e x16, SATA 150, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel Socket LGA 775, Intel 945, FSB 1066, SATA II, USB 2.0, HD Audio, DDR2 800 Dual Channel Socket LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATA 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel Socket LGA775, NVIDIA nForce 750i SLI Dual PCI-E x16, FSB 1333, PCI-e x16, SATA 300, RAID, Dual GbE, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, NVidia nForce 7050, FSB 1333/1066/800/533, USB 2.0, Audio, NVidia GeForce 7050 Socket LGA 775, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0,Audio, Express Gate Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, Express Gate Socket LGA 775, Intel P45, 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800 MHz, SATA II 300, FireWire, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, NVIDIA nForce® 790i Ultra SLI™, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3, USB 2.0, FireWire, Audio Socket LGA 775, NVidia NForce 780i, FSB 1333/1066/800MHz, SATA 300, USB 2.0, FireWire, Audio, Dual Channel DDR2 800 Socket LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA II Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II 300 Socket LGA775, Intel P965 Express, FSB 1066, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II Socket LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II Socket LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA II 300, RAID

Intel Socket LGA775
INTEL DX58SO INTEL DX58SO/B ASUS P6T DELUXE ASUS Rampage II GIGABYTE EX58-Extreme GIGABYTE EX58-UD5 ABIT AB9 QuadGT ABIT AB9-Pro ABIT AB9-WiFi ABIT AW9D-MAX ABIT Fatal1ty 190HD ABIT IL9 Pro ABIT IN9 32X-MAX Wi-Fi ABIT IP35 ABIT IP35-E ABIT IP35-Pro ABIT IX 38 QUAD GT ABIT LG-95 Socket LGA1366, Intel X58, 3x PCIe-2.0 X16, GbE NIC, 10-ch Audio, USB 2.0, Firewire, 340 DDR3-1600 support, Intel Core-i7 / Core-i7 Extreme support Socket LGA1366, Intel X58, 3x PCIe-2.0 X16, GbE NIC, 10-ch Audio, USB 2.0, Firewire, 320 DDR3-1600 support Socket LGA1366, Intel X58, 6400MT/s QPI, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, 380 USB 2.0, Audio, SLI & CrossFireX Extreme Socket LGA1366, Intel X58, 6.4 GT/s QPI, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, 520 USB 2.0, Supreme FX X-Fi Audio Socket LGA1366, X58 Chipset, QPI 6.4GT/s, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio 438 Socket LGA1366, X58 Chipset, QPI 6.4GT/s, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio 388 Socket LGA775, Intel 965, FSB 1066, PCI-e x16, SATA 300, Dual GbE, USB 2.0, Audio, S/PDIF, 177 DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel P965, PCI-e x16, SATA 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR800 146 Socket LGA775, Intel P965, FSB 1066, PCI-e x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/PDIF, 143 DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel 975X, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, 198 DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, ATI Radeon Xpress 1250, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, 122 USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel 945P, FSB 1066, PCI-e x16, SATA 300, GbE, USB 2.0, Audio, S/PDIF, 83 DDR2 667, Dual Channel Socket LGA775, Nvidia nForce 680i, FSB 1333, PCI-e x16, SATA 300, Dual GbE, USB 2.0, Audio, 278 S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, 145 Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliancy, SilentOTES Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/PDIF, 120 DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliancy Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, 198 Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel, RoHS Compliancy, SilentOTES, µGuru Tech Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, SATA II 300, Dual Channel, 215 Audio, LAN, USB 2.0, FireWire Socket LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATA 300, GbE, USB 2.0, Audio, S/PDIF, 82 DDR2 667, Dual Channel

05/2009

21

Aktual
Produk
DFI LT X38-T2R DFI LT X48-T2R ECS 945PT-A2/1333 ECS F-7100 ECS P4M900T-M GIGABYTE GA-EP31-DS3L GIGABYTE GA-EP43-DS3L GIGABYTE GA-EP45-DQ6 GIGABYTE GA-EP45-EXTREME GIGABYTE GA-EP45T-EXTREME GIGABYTE GA-EP45-UD3LR GIGABYTE GA-EP45-UD3P GIGABYTE GA-EP45-UD3R GIGABYTE GA-G31M-ES2L GIGABYTE GA-X48-DQ6 GIGABYTE GA-X48T-DQ6 MSI 945GCM5-F V2 (1333) MSI P35 Neo 2 FIR MSI P35 Neo3-F MSI P35 Platinum MSI P45 Diamond MSI P45 Zilent MSI P6NGM-L MSI P7N Diamond MSI P7N SLI Platinum MSI X48C Platinum

Liputan Harga Pasar
Spesifikasi Harga
232 260 68 68 52 98 124 323 353 363 155 185 170 71 363 408 68 161 155 232 323 272 66 300 200 338

Produk
GIGABYTE GV-N95TD3-512H GIGABYTE GV-N95TOC-1GH GIGABYTE GV-N95TOC-512H GIGABYTE GV-N98TZL-1GH GIGABYTE GV-NX96T1GHP GIGABYTE GV-NX96T512H LEADTEK WINFAST GeForce 9600 GSO Extreme LEADTEK WINFAST GeForce 9600GT ZL

Spesifikasi
NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0

Harga
93 93 83 218 185 140 124 161 359 475 88 41 62 64 88 68 99 148 160 430 365 148 45 84 55 65 72 97 77 207 212 103 127 147 197 218 177 197 99 179 38 55 80 81 85 70 61 85 75 122 132 205 239 320 475 118 76 66 140 160 183 223 248 39 58 76 77 79 113 133 158 138 173 193 228 244 359 390 470 495

Socket LGA 775, Intel X38, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, FireWire, Dual Channel, Audio Socket LGA 775, Intel® X48 Express chipset, FSB 1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2 800, SATA II 300, USB 2.0, FireWire, Audio Socket LGA 775, Intel 945, FSB 1333/1066/800/533 MHz, Dual Channel, 6-Channel High Definiton Audio, USB 2.0 Socket 775, NVIDIA nForce7, FSB 1333 HyperTransport, PCI-e x16, SATA 150, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2-800, Micro ATX Socket LGA 775, VIA P4M900, 1066/800 FSB, PCI-e X16, USB 2.0, Micro ATX form Socket LGA775, Intel P31, FSB 1333, PCIe x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, DES, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio, SATA II 300 Socket LGA 774, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, Audio, USB 2.0, FireWire Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, RAID, SATA II Socket LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, RAID, USB 2.0, FireWire, Audio Socket LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel X48 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, SATA 300, Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3, USB 2.0, Audio, SATA, RAID Socket LGA 775, Intel 945GC, FSB 1333/1066/800/533MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P35, FSB 1333/1066/800, PCI-e x16, SATA II 300, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P35, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P45 Chipset, DDR3 Channel Memory, USB, RAID, Audio (Creative SB X-Fi Xtreme) Socket LGA 775, Intel P45 Chipset, Zalman Cooling, DDR2 Dual Channel, USB, Audio Socket LGA 775, NVIDIA® MCP73U/PV/V, FSB 1333/1066/800/533MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA 775, NVidia nForce 780SLi, FSB 1066/800/667/533 MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA 775, NVidia nForce 750i SLI, FSB 1333/1066/800/533MHz, Audio, USB 2.0, Dual Channel Socket LGA 775, Intel X48 Chipset, DDR3/DDR2 Channel Memory, USB, RAID, Audio

VIDEO CARD

ATI PCI Express
ASUS EAH4650/DI/512M ASUS EAH4670/DI/512M ASUS EAH4870 DK/HTDI/1GD5 ASUS EAH4870 TOP/HTDI/512M ASUS EAH4870 X2/HTDI/2G ASUS EAH4870/HTDI/512M DIGITAL ALLIANCE HD4650 Sonic DIGITAL ALLIANCE HD4670 Super DIGITAL ALLIANCE HD4830 DIGITAL ALLIANCE HD4850 DIGITAL ALLIANCE HD4870 Sonic DIGITAL ALLIANCE Revolution 700 GIGABYTE GV-R435OC-512I GIGABYTE GV-R467D3-512I GIGABYTE GV-R485OC-1GH GIGABYTE GV-R485ZL-512H GIGABYTE GV-R487X2-2GH-B GECUBE GC-HD485PG3-E3 GECUBE HD3870 X2X Turbo (O.C Edition) GECUBE HD3870 GECUBE HD4650 1GB GECUBE HD4650 512 GECUBE HD4670 GECUBE HD4830 GECUBE HD4850 OC 1GB GECUBE HD4850 OC 512 HIS 4830 512 PLATINUM HIS HD4670 ICEQ DDR3 HIS HD4670 IceQ Turbo HIS HD4830 HIS HD4850 512 Platinum HIS HD4870 512 Platinum HIS HD4870 Turbo MSI R4850-T2D512 MSI R4870-T2D512-OC MSI R4870X2-T2D2G-OC POWERCOLOR HD4850 POWERCOLOR HD4870 PCS+ ATI RADEON HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV Output, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870 X2, 2GB DDR5, 2x 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 Dual ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870X2, 2GB DDR5, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4350, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 2GB DDR5, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD3870 X2, 1GB GDDR 3, 256-bit x 2, DVI, TV-Out, Video In, PCI-e x16 ATI RADEON HD3870 XT, 512MB GDDR4, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 X-Turbo 3 Fansink (O.C Edition) ATI RADEON HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV< PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4830, ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 2GB DDR5, 2x 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 85 110 388 343 625 333 75 95 135 182 267 535 51 101 253 208 528 199 370 144 94 79 99 149 244 209 150 106 116 147 189 292 305 210 310 570 212 309 69 65 84 104 129 114 194 163 184 243 88 234 410 33 56 160 145

NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0, Zalman Cooler NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB GDDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 NVIDIA GeForce 8500GT, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 NVIDIA GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, Heatpipe, PCIe x16 NVIDIA GeForce 8600GT, 256MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 NVidia GeForce 9600, 512 MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, SLI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 NVidia GeForce 9800, 1 GB (512 MB x 2) GDDR3, 512-bit (256-bit x 2), TV-Out, DVI, HDTV, HDMI NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, SLi, PCI-e x16 2.0, GREEN POWER PIXELVIEW GeForce 8400GS 512 NVidia GeForce 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8500GT 1GB HDMI NVidia GeForce 8500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Output, HDMI, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8500GT 256 NVidia GeForce 8500GT, 256MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8500GT 512 NVidia GeForce 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8500GT Ultra 256 NVidia GeForce 8500GT, 256MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8600GT NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8600GT 512 NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8800GT NVidia GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 8800GT Ultra NVidia GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9500GT NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600 GSO NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600GT NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600GT 1GB NVidia GeForce 9600GT, 1GB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600GT 1GB Venus NVidia GeForce 9600GT, 1GB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9800GT NVidia GeForce 9800GT, 512MB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9800GT Venus NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9600GSO NVidia GeForce 9600GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDMI, PCI-e x16 2.0 PointOfView 8800GTS NVidia GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 8400GS NVidia GeForce 8400GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PointOfView GeForce 8500GT 512 NVidia GeForce 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDCP, PCI-e x16 PointOfView GeForce 8600GT 1GB NVidia GeForce 8600GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 PointOfView GeForce 8600GTS 256 NVidia GeForce 8600GTS, 256MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 PointOfView GeForce 8600GTS 512 NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 PointOfView GeForce 9400GT 1GB NVidia GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9400GT 512 NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9500GT 1GB NVidia GeForce 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9500GT 512 NVidia GeForce 9500GT 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9600GT NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce 9600GT EXO NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce GeForce 9800GTX with Arctic Cooling, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GTX+ Artic Colling BUNDLE Hell’s Highway PCI-e x16 2.0, BUNDLE Brother In Arms : Hell’s Highway PointOfView GeForce GTX 260 NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 PointOfView GeForce GTX 280 NVidia GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 SPARKLE GeForce 8600GTS 256MB NVIDIA GeForce 8600GTS, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 SPARKLE GeForce 9400GT 1GB NVidia GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SPARKLE GeForce 9400GT 512MB NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SPARKLE GeForce 9600 GSO NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 SPARKLE GeForce 9600 GSO 768MB NVidia GeForce 9600 GSO, 768MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 SPARKLE GeForce 9600GT 512MB NVidia GeForce 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, HDMI, HDCP, HDTV SPARKLE GeForce 9800GT 1GB NVidia GeForce 9800GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 SPARKLE GeForce 9800GTX+ NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 8400GS 256MB NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB GDDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 ZOTAC GeForce 8500GT 512 NVidia GeForce 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 8600GT 256MB NVIDIA GeForce 8600GT, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 ZOTAC GeForce 8600GT 512MB NVIDIA GeForce 8600GT, 512MB DDR2, SLI, DVI, TV-Out, HDTV, PCIe x16 ZOTAC GeForce 9500GT GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 9600 GSO NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 9600GT NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 9600GT AMP! NVidia GeForce 9600GT, 512 MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 9600GT Supreme NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 9800GT GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 9800GT AMP NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 9800GTX NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce 9800GTX AMP NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 ZOTAC GeForce GTX 260 NVidia GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce GTX 260 AMP NVidia GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce GTX 280 NVidia GeForce GTX280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ZOTAC GeForce GTX 280 AMP NVidia GeForce GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST GTX 260 LEADTEK WINFAST GTX 280 LEADTEK WINFAST PX 9500GT 512 DDR2 LEADTEK WINFAST PX8400GS 256MB LEADTEK WINFAST PX8500GT 256MB LEADTEK WINFAST PX8500GT 512MB LEADTEK WINFAST PX8600GT 256MB LEADTEK WINFAST PX9400GT 512 DDR2 LEADTEK WINFAST PX9500GT 512 DDR3 LEADTEK WINFAST PX9600GT LEADTEK WINFAST PX9600GT Extreme LEADTEK WINFAST PX9800 GX2 MSI N260GTX-T2D896-OC MSI N9600GT-T2D512-OC

NVIDIA PCI Express
ASUS EN 8500GT SILENT/HTP/512M NVIDIA GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 ASUS EN8500GT SILENT NVIDIA GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 MAGIC/HTP/512M ASUS EN8600GT MAGIC/HTP/512M NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 ASUS EN9500GT MAGIC/DI/512M NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EN9500GT TOP/DI/512M NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 ASUS EN9600GSO MAGIC/HTDP/512M NVidia GeForce 9600 GSO, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EN9600GT MATRIX/HTDI/512M NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EN9600GT/HTDI/512M NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, Dual DVI, HDTV, TV-Out, HDMI ASUS EN9800GT NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP HDTV, PCI-e x16 2.0 HYBRIDPOWER/HTDI/512M ASUS EN9800GTX+/HTDP/512M NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 CALIBRE GeForce 8500GT 256 NVidia GeForce 8500GT, 256MB GDDR3, 128-bit, Dual DVI, TV Out, SLI, Vista, DirectX 10 CALIBRE GeForce 9600GT NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 CALIBRE GeForce 9800GTX NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GeForce NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 8400GS 256MB DIGITAL ALLIANCE Geforce NVIDIA GeForce 8500 GT, 256MB DDR3, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 8500GT Sonic 256MB DIGITAL ALLIANCE GeForce NVidia GeForce 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT Sonic 1GB DIGITAL ALLIANCE GeForce NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GeForce DIGITAL ALLIANCE GTX 260 DIGITAL ALLIANCE GTX 285 DIGITAL ALLIANCE GTX 295 GIGABYTE GV-N26OC-896H-B GIGABYTE GV-N28-1GH-B GIGABYTE GV-N94T-512H

MEMORY

DDR 2
A-DATA 1GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 1GB-DDR2 800 A-DATA 2GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 2GB-DDR2 800 A-DATA 4GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 512-DDR2 800 A-DATA DDR2-800X 1GB Kit A-DATA DDR2-800X-2GB Kit ELIXIR 1GB-5300 ELIXIR 2GB-5300 ELIXIR 512MB-5300 KINGSTON KVR1066D3N7/1G KINGSTON KVR667D2N5/512 KINGSTON KVR667D2N5K2/1G KINGSTON KVR667D2N5K2/2G KINGSTON KVR800D2N5/1G KINGSTON KVR800D2N5/2G KINGSTON KVR800D2N5/512 MUSHKIN 991496 MUSHKIN 991497 MUSHKIN 991500 MUSHKIN 991501 MUSHKIN 996522 TEAM TEDD1024M800HC5 TEAM TEDD2048M800HC5DC TEAM TEDD4096M800HC5DC TEAM TEDDD2048M800HC5 TEAM TXDD1024M1066HC5DC TEAM TXDD2048M1066HC5DC-D Extreme, 2x 512MB, DDR2 800 PC-6400 Vitesta, 1GB, DDR2 800 PC6400 Extreme, 2x 1GB, DDR2 800 PC-6400 Vitesta, 2GB, DDR2 800 PC6400 Extreme, 2x 2GB, DDR2 800 PC-6400 Vitesta, 512MB, DDR2 800 PC6400 X Series, 2x 512MB, PC2-6400 X Series, 2x 1GB, PC2-6400 1GB DDR2 667 PC-5300 2GB DDR2 667 PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300 1GB DDR3 1066 PC-8500, Value RAM 512MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM 2x 512MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM 2x1GB DDR2 667 PC-5300, Value RAM 1024MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM 2GB DDR2, PC-6400 512MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM 512MB DDR2 533 PC-4200 1GB DDR2 533 PC-4200 512MB DDR2 667 PC-5300 1GB DDR2 667 PC-5300 2x 512MB DDR2 800 PC-6400, XP Series 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 4GB Kit 800 (2 x 2GB) PC2-6400, Elite, CL5, Heat Spreader 2GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 2x 512MB DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem Dark, CL5, Heatspreader 27 17 41 27 61 12 43 83 14 24 9 44 11 19 32 16 26 12 18 25 15 21 182 15 28 53 28 53 55

NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 210 NVidia GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 285, Dual GPU, 1GB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 295, 1792MB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2 310 435 550 353 473 66

22

05/2009

Liputan Harga Pasar
Produk
TEAM TXDD2048M1200HC5DC TEAM TXDD2048M800HC4DC TEAM TXDD2048M800HC4DC-D TEAM TXDD4096M1066HC5DC-D TEAM TXDD4096M800HC4DC-D V-GEN 1024MB PC-4200 V-GEN 1024MB PC-5300 16IC V-GEN 1024MB PC-6400 V-GEN 256MB PC-4200 V-GEN 2GB PC-5300 V-GEN 2GB PC-6400 V-GEN 512MB PC-4200 V-GEN 512MB PC-5300 V-GEN 512MB PC-6400 VISIPRO 1GB PC-5300 VISIPRO 1GB PC-5300 VISIPRO 1GB PC-6400 VISIPRO 2GB PC-5300 VISIPRO 2GB PC-6400 VISIPRO 512MB PC-5300

Aktual
Harga
484 270 580 1798 1198 1598 1798 2497 400 699 365 600 649 359

Spesifikasi
2x 1GB DDR2 1200 PC2-9600, Xtreem, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Xtreem, CL 4, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Xtreem Dark, CL 4, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB), DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem Dark, CL5, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB) DDR2 800 PC2-6400, Xtreem Dark, CL4, Heat Spreader 1024MB DDR2 533 PC-4200, 16 IC 1024MB DDR2 667 PC-5300, 16 IC 1024 MB DDR2 800 PC-6400, 16 IC 256MB DDR2 533 PC-4200, 4 IC 2GB DDR2 533 PC-5300, 16 IC 2GB DDR2 PC-6400, 16 IC 512MB DDR2 533 PC-4200, 8 IC 512MB DDR2 667 PC-5300, 8 IC 512MB DDR2 800 PC-6400, 8 IC 1GB DDR2 667 PC-5300, 8 IC 1GB DDR2 667 PC-5300, 16IC 1GB DDR2 800 PC-6400, 16 IC 2GB DDR2 667 PC-5300, 16 IC 2GB DDR2 800 PC-6400 512MB DDR2 667 PC-5300

Harga
134 88 47 104 89 13 14 15 10 21 25 11 11 11 15 15 16 23 24 14

Produk
MICROSOFT Office 2007 Professional [BOX] COREL OffSuite FPP MICROSOFT Project FPP

Spesifikasi
Office Professional 2007, Windows, English WordPerfect Office X3 Standard, Windows, English Project 2007, Windows, English, CD Creative Suite 3 Design Premium, Windows, English, DVD Creative Suite 3 Design Standard, Windows, English, DVD Creative Suite 3 Web Premium, Windows, English, DVD Creative Suite 3.3 Design Premium, Win, English, DVD Creative Suite 3.3 Master Collection, Win, English, DVD Dreamweaver CS3, Windows, English, DVD Flash Professional CS3, Windows, English, DVD Freehand 11, Windows, English Illustrator CS3, Windows, English, DVD Photoshop CS3, Windows, English, DVD Corel Draw Graphics Suite X4

Aplikasi Grafis
ADOBE CS3 Design Premium ADOBE CS3 Design Standard ADOBE CS3 Web Premium ADOBE CS3.3 Design Premium ADOBE CS3.3 Master Collection ADOBE Dreamweaver CS3 ADOBE Flash Professional CS3 ADOBE Freehand 11 ADOBE Illustrator CS3 ADOBE Photoshop CS3 COREL Corel Draw X4

Aplikasi Keamanan dan Anti virus
AVG AVSuite FPP AVG AVSuite FPP KASPERSKY Antivirus 2009 (1-user) KASPERSKY Internet Security 2009 (1-user) SYMANTEC Norton Internet Security 2009 SYMANTEC Norton AntiVirus 2009 AVG Anti Virus + Anti Spyware AVG AV FPP BITDEFENDER AV FPP F-Secure AVSuite FPP SANDISK SDCZ22-004G SANDISK SDCZ4-4096A KINGSTON DT100/8GBFE V-GEN FD8GB X-18 PENDRIVE PenDrv PDEN4GB SANDISK SDCZ4-1024R A-DATA PD14-1024R A-DATA PD2 1024R A-DATA PD2 4GB A-DATA PD2-2048R A-DATA RB1-1GB A-DATA RB15-0512R A-DATA RB15-1024R A-DATA RB19-1024R A-DATA RB3 EXIGO IB1024 IMATION Clip Flash Drive 1GB IMATION Clip Flash Drive 2GB IMATION Swivel Pro 2 1GB IMATION Swivel Pro 2 2GB IMATION Swivel Pro 2 4GB IMATION Swivel Pro 2 512 KINGSTON Data Traveler Mini Fun 1024MB KINGSTON Data Traveler Mini Fun 2048MB KINGSTON DT1/1GBFE KINGSTON DT1/2GBFE KINGSTON DT100/1GB KINGSTON DT100/2GB KINGSTON DT100/4GBFE KINGSTON DT100B/1GBFE KINGSTON DT100B/2GBFE KINGSTON DT100R/1GBFE KINGSTON DT100R/2GBFE KINGSTON DT101B/2GBFE KINGSTON DT101P/2GBFE KINGSTON DT101R/2GBFE KINGSTON DTCR/1GBFE KINGSTON DTCR/2GBFE KINGSTON DTM/1GBFE KINGSTON DTM/2GBFE KINGSTON DTR/1GBFE KINGSTON DTR/2GBFE NEXUS UFD-1GB20 NEXUS UFD-25620 NEXUS UFD-2GB20 NEXUS UFD-51220 SANDISK Cruzer Contour 8GB SANDISK SDCZ4-2048R SANDISK SDCZ4-8192R SANDISK SDCZ6-1024RB SANDISK SDCZ6-1024RW SANDISK SDCZ6-2048RB SANDISK SDCZ6-2048RW SANDISK SDCZ6-4096RB SANDISK SDCZ7-1024R SANDISK SDCZ7-2048R SANDISK SDCZ7-4096R SANDISK SDCZ7-8192R SANDISK SDCZ7-8192R SANDISK SDCZG-1024R SANDISK SDCZX-004GR TRANSCEND JetFlash 130 4GB V-GEN FD1024 V-GEN FD2048 V-GEN FD2048 X-18 V-GEN FD4096 Internet Security Home User Edition, Up to 3 PCs, 1 Year AVG Internet Security 8, 1 PC, 1 Year Antivirus 2009, Windows, 1 User Internet Security 2009 Complete Protection, Windows, 1 User Norton Internet Security 2009, Windows, 1 User Norton AntiVirus 2009 with Antispyware, Windows, 1 User 1 Year Anti Virus plus Anti-Malware, 1 PC, 1 Year BitDefender 2008, 1-user Internet Security 2008, Windows 65 51 Rp.245,000 Rp.364,000 48 33 30 30 Rp.56,000 59 195 20 19 Rp.205,000 12 8 14 15 39 22 15 14 17 15 15 15 Rp.220,000 Rp.320,000 Rp.177,000 Rp.269,000 Rp.485,000 Rp.145,000 13 17.50 8.50 12 7.50 8 11 6.80 9.25 6.80 9.25 10 10 10 17 20 12.50 17.50 12.50 21 8.50 7.50 11.50 7.50 50 12 34 8 8 13 13 18 10 17 27 45 41 7.50 62 65 Rp.68,000 Rp.72,000 Rp.69,000 Rp.128,000

HARDDRIVE

Internal
HITACHI Desktar HITACHI Desktar HITACHI Desktar HITACHI Desktar MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR HDD IDE MAXTOR HDD IDE SAMSUNG HM160 SEAGATE Barracuda ES SEAGATE ST9160821AS SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda ES SEAGATE Barracuda ES SEAGATE Barracuda ES SEAGATE Barracuda ES SEAGATE ST31000340NS WESTERN DIGITAL Caviar GP WESTERN DIGITAL Caviar Green Power WESTERN DIGITAL Caviar IDE WESTERN DIGITAL Caviar IDE WESTERN DIGITAL Caviar IDE WESTERN DIGITAL Caviar IDE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Caviar SE WESTERN DIGITAL Raptor WESTERN DIGITAL Raptor WESTERN DIGITAL WD400BB AOPEN DVD 1648PT AOPEN DVD 1648ST LITE-ON DH20 ASUS BC-1205PT ASUS DRW-2014S1 ASUS DRW2014S1T BENQ DW2000 FUJITSU Slimline SuperMulti LITE-ON LH20 NU ESW8 PIONEER DVR-115BK PIONEER DVR-215BK SONY AD-7190S SONY DRU-840A SONY DRU-V200A SONY DRX830UL 250GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache, 3.5” 160GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache 160GB, SATA, 2MB Cache, 3.5” 1TB, 7200RPM, SATA II, 32MB Cache 1TB, SATA II, 32MB Cache 320GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 80GB, 7200RPM, SATA II, 2MB Cache 250GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, ATA 100, 2MB Cache 160GB, 7200RPM, SATA II, 2MB Cache 160GB, 7200RPM, 2MB Cache, IDE, 3.5” 80GB, 7200RPM, IDE, 2MB Cache 160GB, SATA II 250GB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache Momentus, 160GB, 5400RPM, SATA, 8MB Cache 320GB, 7200 RPM, SATA II 300, 16MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA II 300, 8MB Cache 500GB, 7200RPM, IDE, 16MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA II 300, 16MB Cache 500GB, 7200 RPM, SATA II 300, 16MB Cache 80GB, 7200 RPM, SATA II 300, 8MB Cache 320GB, 7200 RPM, ATA 100, 16MB Cache 80GB, 5400RPM, IDE, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache 320GB, 7200 RPM, SATA II 300, 16MB Cache 160GB, 7200RPM, IDE, 2MB Cache 500GB, 7200RP, SATA II 300, 32MB Cache 80GB, 7200 RPM, SATA II 300, 2MB Cache 160GB, 7200 RPM, SATA II 300, 2MB Cache 1TB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache 750GB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache 500GB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache 320GB, SATA, 1TB, 7200rpm, SATA II 300, 32MB cache 500GB, SATA II, Green Power 640GB, IntelliPower, SATA II, 16MB Cache 250GB, 7200RPM, IDE, 2MB 160GB, 7200RPM, IDE, 2MB 80GB, 7200RPM, IDE, 2MB Cache 320GB, 7200RPM, IDE, 8MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, SATA II, 2MB 320GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 80GB, 7200RPM, SATA II, 2MB Cache 80GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 320GB, 7200RPM, SATA II, 16MB Cache 74GB, 10000RPM, SATA, 16MB Cache 150GB, 10000RPM, SATA, 16MB Cache 40GB, 7200rpm, ATA 100, 2MB cache 64 62 49 185 160 63 46 68 55 48 53 48 62 81 62 75 67 119 67 122 40 75 49 58 75 59 89 44 57 275 211 120 85 292 66 76 60 59 45 68 49 44 43 52 40 41 60 154 194 41

FLASHDISK
Cruzer Enterprise USB 2.0 Storage 4GB with mandatory security access control Cruzer Micro Skin USB 2.0 Storage 4GB (Clear Skin Cover) USB Flash Drive 8GB USB 2.0 Memory Storage 8GB, Green Envo, USB 2.0 Flash Memory Storage 4GB Micro Cruzer USB 2.0 Storage 1GB with necklace USB 2.0 Memory Storage 1GB with usb cable USB 2.0 Memory Storage 1GB with usb cable My Flash, USB 2.0 Memory Storage 4GB with usb cable USB 2.0 Memory Storage 2GB with usb cable Rubberized USB 2.0 Memory Storage 1GB (water & shock ressistant) Rubberized Hi-Speed USB 2.0 Memory Storage 512MB Rubberized Hi-Speed USB 2.0 Memory Storage 1GB Rubberized Hi-Speed USB 2.0 Memory Storage 1GB Rubberized USB 2.0 Memory Storage 1024MB (water & shock ressistant) with angel character USB 2.0 Memory Storage 1024MB USB 2.0 Flash Drive 1GB USB 2.0 Flash Drive 2GB USB 2.0 Flash Drive 1GB USB 2.0 Flash Drive 2GB USB 2.0 Flash Drive 4GB USB 2.0 Flash Drive 512MB USB 2.0 Memory Storage 1GB, Yellow USB 2.0 Memory Storage 2GB, Purple Data Traveler, USB 2.0 Memory Storage 1GB Data Traveler, USB 2.0 Memory Storage 2GB USB Flash Drive 1GB USB Flash Drive 2GB USB Flash Drive 4GB USB Flash Drive 1GB (Blue) USB Flash Drive 2GB (Blue) USB Flash Drive 1GB (Red) USB Flash Drive 2GB (Red) USB Flash Drive 2GB (Blue) USB Flash Drive 2GB (Purple) USB Flash Drive 2GB (Red) DataTraveler, USB 2.0 Memory Storage 1GB, Reader DataTraveler, USB 2.0 Memory Storage 2GB, Reader Data Traveler Mini, USB 2.0 Memory Storage 1GB, Migo Edition, Light Blue Data Traveler Mini, USB 2.0 Memory Storage 2GB, Migo Edition, Light Purple DataTraveler, USB 2.0 Memory Storage 1GB, ReadyFlash DataTraveler, USB 2.0 Memory Storage 2GB, ReadyFlash USB 2.0 Memory Storage 1GB USB 2.0 Memory Storage 256MB USB 2.0 Memory Storage 2GB USB 2.0 Memory Storage 512MB Cruzer Contour USB 2.0 Memory Storage, 8GB Micro Cruzer USB 2.0 Storage 2GB Micro Cruzer USB 2.0 Storage 8GB Cruzer Micro USB 2.0 Storage 1GB U3 Black Cruzer Micro USB 2.0 Storage 1GB U3 White Cruzer Micro USB 2.0 Storage 2GB U3 Black Cruzer Micro USB 2.0 Storage 2GB U3 White Cruzer Micro USB 2.0 Storage 4GB U3 Black Cruzer Titanium New USB 2.0 Storage 1GB U3 Cruzer Titanium New USB 2.0 Storage 2GB U3 Cruzer Titanium New USB 2.0 Storage 4GB U3 Cruzer Titanium New USB 2.0 Storage 8GB U3 Sandisk Titanium 8GB Cruzer Crossfire USB 2.0 Storage 1GB Extreme Ducati Edition USB 2.0 Storage 4GB 4GB USB Flash Drive USB 2.0 Memory Storage 1GB, Purple USB 2.0 Memory Storage 2GB, Black USB 2.0 Memory Storage 2GB USB 2.0 Memory Storage 4GB Yellow

OPTICAL DRIVE
DVD ROM, 16x, IDE 21 DVD ROM, 16x, SATA 22 Internal Black IDE, 20x DVD±R, 8x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 12x 29 DVD-RAM, 48x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer, support,.DVD-RW (OEM) Internal Blu-ray, SATA, Black, 4MB Cache, 5x BD-R, DVD-R Write 12x, DVD-ROM 8x, CD-R 32x 225 Internal DVD Recordable Drive, IDE, Black, 2MB Cache,DVD+R Write 20x, DVD+R 31 DL 8x, DVD 16x, CD-RW 32x, CD Read 48x Internal DVD Recordable Drive, Black, SATA, 2MB Cache, DVD+R Write 20x, DVD+R 33 DL 8x, DVD Read 16x, CD-RW 32x, CD Read 48x Internal Black IDE, 16x DVD±R, 8x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 48x CD-R, 39 32x CD-RW, Dual Layer External DVD-RW 275 Internal, Black, SATA, 20x DVD±R, 8x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 12x , 35 DVD-RAM 48x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer External DVD-RW, USB 2.0, Black, DVD+R 8x, DVD+R DL 4x, DVD-R 6x, DVD 16x, CD-RW 32x, CD-R 48x Rp.1,200,000 Internal Black IDE, 18x DVD±R, 10x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 12x 37 DVD-RAM, 48x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer (Box) Internal Black SATA, 20x DVD±R, 10x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 12x 38 DVD-RAM, 40x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer (Box) Internal DVD-RW, SATA, 20x DVD+-RW, 16 DVD+-R, 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 31 8x DVD+-R DL, 12x DVD RAM, 48 32x CD-R/RW Internal DVD-RW, IDE, Dual Layer 33 Internal 32 External Silver Slim USB 2.0/IEEE 1394 , 18x DVD±R, 8x DVD±R (DL), 8x DVD+RW, 120 6x DVD-RW, 12x DVD-RAM, 48x CD-R, 32x CD-RW, Dual Layer (OEM)

SOFTWARE

Operating System
MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows SBS 2003 MICROSOFT Windows Server 2008 Windows Vista Home Basic, English, DVD (Special Market), SP1 Windows Vista Home Premium, English, DVD Windows Vista Business, SP1, English, DVD Windows Vista Ultimate, English, DVD Windows SBS Standard 2003 R2, English, CD/DVD, 5 Client Windows Server Standard 2008, 32-bit/x64, English, DVD, 10 Client Office Ultimate 2007, Windows, English, DVD Office Small Business 2007, Windows, English, CD Office 2007, Windows, English, CD Rp.1,061,750 253 314 326 587 1180 659 Rp.2,690,000 387

Aplikasi Office
MICROSOFT Office 2007 Ultimate [BOX] MICROSOFT Office 2007 Small Business [BOX] MICROSOFT Office 2007 [BOX]

—Harga diambil dari bhinneka.com dan beberapa vendor. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Kurs US$ diambil dari klikbca.com

05/2009

23

Hardware

Tes: Motherboard
Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai
Center & Bass Out Rear Firewire Mini Firewire Speaker Out LineIn Port Port LAN Port

GIGABYTE GA-EP45-UD3R
PS2 S/PDIF Mouse Port

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) Total Bobot Performa 8.40% 3.40% 3.40% 3.40% 6.40% 25.00% 2.50% 1.67% 1.67% 2.92% 0.83% 0.83% 1.25% 2.08% 3.75% 0.83% 0.42% 2.08% 0.83% 1.67% 0.83% 0.83% 1.67% 3.33% 30.00% 10.00% 10.00% 5.00% 5.00% 5.08% 4.92% 10.00% 3.00% 2.00% 5.00% 15.00% 9504.00 9400.00 5726.00 6921.00 78.50 Total Nilai Performa 3x PCI, 3x PCIe x1, 2x PCIe x16 Gigabit Ethernet Dual PCI Express 4 / DDR2 / 8GB 1/3 1/9 / 7 Onboard + 2 Pinheader 2 8 Port, 4 Kabel SATA / eSATA Bracket 1 / 1, Jenis Biasa Tidak 1 / Windows+VIsta Ya Tidak Ada 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel Optical+Optical / 4 LED, backpanel I/O shield, kabel sata expansion Total Nilai Perlengkapan Ya, Baik Total Nilai Overclock Ya, Hardware Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, driver,BIOS, manual, troubleshooting,where to buy di indonesia Total Nilai Service Total Nilai Harga 32.37 13.26 9.29 12.77 22.40 90.09 5.56 2.78 4.17 7.04 1.53 1.53 3.99 6.94 9.26 1.76 0.00 3.24 2.78 0.00 2.78 1.39 5.56 7.50 67.79 91.29 91.29 89.46 89.46 41.45 41.45 82.90 36.00 40.00 76.00 80.47

Harga: US$175 Info: Nusantara Eradata (021) 601-8218 www.gigabyte.co.id

PS2 S/PDIF Keyboard Coaxial Port

USB Port

Microphone Side Speaker Out

LineOut

Interkoneksi

Perlengkapan
Overclockable, hemat listrik, harga bersahabat, garansi 3 tahun. Performa masih kurang maksimal, perlengkapan apa adanya.

dapat bahwa produk ini menggunakan chipset Intel P45. Dari penamaantidak jauhdiketahui dengan Produk kali ini berbeda produk seri EP45-UD3P, dimana perbedaan pada penggunaan slot PCIE X16 serta Gigabit Ethernet yang pada tipe sebelumnya digunakan Dual PCIE X16 dan Dual Gigabit Ethernet. Jadi, pada produk kali ini tidak dilengkapi dengan fitur Crossfire, serta tentu saja produk ini lebih ekonomis dalam masalah harga. Motherboard yang berpendingin heatpipe ini mengintegrasikan Ultra Durable 3, jadi

sudah dilengkapi 2 OZ Copper PCB dan All Solid Capacitor, juga tidak ketinggalan DES Advanced melalui processor Intersil. Beralih kepada tabel pengujian, untuk urusan overclocking, produk yang sudah dilengkapi dengan fitur Hardware OverVoltage Control IC ini menghasilkan skor cukup tinggi. Hal ini juga sama untuk fitur Energy Saving. Dalam hal performa memang belum memuaskan, namun masih dapat terbayar dengan harganya yang lumayan bersahabat, ditambah lagi garansi panjang, hingga 3 tahun.

Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

Overclock
Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor GIGABYTE GA-EP45-UD3R GIGA-BYTE TECHNOLOGY CO., LTD. Intel Core 2 / Pentium / Celeron, Soket LGA775 1600/1333/1066/800 MHz Intel P45 (northbridge) + ICH10R (southbridge) 4x DDR2 1366/1066/800/667 / 16GB PCI Express x16 2.0 1x PCIe 2.0 x16, 3x PCIe x1, 3x PCI Gigabit LAN 8x SATA SATA RAID Manual & Guide Books, CD Driver, E-SATA Bracket, 2x SATA Cables, 1x IDE Cable, 1x Floopy Cable, I/O Shield Realtek ALC889A High Definition Audio 7.1-channel Realtek 8111C Gigabit Ethernet AwardBIOS 2048 KB 305mm x 245cm

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

80.62

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

80.62
US$175

Spesifikasi Pengujian: Intel Core 2 Extreme QX6800; GeForce 8800 GT 512MB; 2x 1 GB DDR2 PC-6400; WD Raptor 74GB WD740ADFD ; Microsoft Windows XP Professional SP2

PCP 790GX-A07
PS2 Mouse HDMI Port Center & Bass Out Rear Speaker Out DVI Port eSATA Port LAN Port LineIn

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) PCMark04 Graphics 3DMark03 Score 1024 x 768 (32 bit) Total Bobot Performa 7.00% 2.00% 2.00% 2.00% 5.00% 3.00% 4.00% 25.00% 2.50% 1.67% 1.67% 2.92% 0.83% 0.83% 1.25% 2.08% 3.75% 0.83% 0.42% 2.08% 0.83% 1.67% 0.83% 0.83% 1.67% 3.33% 30.00% 10.00% 10.00% 5.00% 5.00% 5.08% 4.92% 10.00% 3.00% 2.00% 5.00% 15.00% 8189.00 7622.00 4838.00 7026.00 65.70 2979.00 2576.00 Total Nilai Performa 2x PCI, 2x PCIe x1, 2x PCIe x16 Gigabit LAN CrossFire 4 / DDR2 / 8GB 1 / pin -/10 / 4 Onboard + 6 Pinheader 7 Port, 4 Kabel SATA / Tidak Ada 1 / 1, Jenis Strip Ya 1 / Windows + Vista Ya Ya 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel -/Buzzer, 7-Segment, backpanel I/O shield, HDMI Port, Switch card, Power SATA cable Total Nilai Perlengkapan Ya, biasa Total Nilai Overclock Tidak Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, driver,BIOS, manual, troubleshooting,where to buy di indonesia Total Nilai Service Total Nilai Harga 25.67 7.92 6.78 7.56 18.61 11.68 14.13 92.35 4.63 2.78 4.17 7.04 1.53 0.00 3.47 0.00 8.56 1.76 1.39 3.24 2.78 5.56 2.78 1.39 0.00 11.11 62.18 81.13 81.13 26.136 26.136 26.94 44.56 71.50 36.00 40.00 76.00 83.95

Harga: Rp1.350.000 Info: PC Shop (021) 33733137 www.komputergamer.com

PS2 Keyboard

D-Sub Port

USB Port

LineOut

Microphone Side Speaker Out

Interkoneksi

Dilengkapi 2slot PCIe-X16, kinerja onboard VGA memuaskan.

Minim fitur tambahan, paket penjualan minim.

Perlengkapan
Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

Secara keseluruhan ia PCP 790GX-A07.Baikdari salah fitur,merek merupakan “kopian” satu ternama asal Taiwan. dari segi paket penjualan, dan teknologinya. Yang membedakan hanya pada tipe heatsink yang dipakai. Terlepas dari itu, teknologi dan fitur yang dibawanya cukup lengkap. Dukungan terhadap AMD Phenom melalui chipset-nya AMD 790GX, dan graphic terintegrasi yang menggunakan chipset Radeon HD3300, serta tak ketinggalan teknologi hybrid crossfire yang menjadi andalan teknologi dari ATi saat ini.

Fitur dan teknologi lain yang diusung sesuai dengan standar motherboard saat ini. Seperti sudah tersedianya Gigabit LAN, Audio 8ch, USB, SATAII RAID, dual PCIex x16, dan port S/PDIF. Dan tambahan yang cukup menggembirakan adalah sudah disediakannya port HDMI. Fitur overclok dari produk ini juga sangat lengkap, nyaris sempurna kalau boleh kami bilang. Dari sisi performa,ia cukup bisa diandalkan, baik itu performa secara keseluruhan ataupun performa graphic card onboard-nya.

Overclock

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage Integrated Graphics RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor PCP 790GX-A07 PCP AMD Athlon 64 / X2 / Sempron / Phenom, Soket AM2+ Up to 5200 MT/s AMD 790GX + AMD SB750 4x DDR2 1066/800 / 8GB PCI Express x16 2.0 2x PCIe X16, 2x PCIe X1, 2x PCI 12x USB, Audio, Gigabit LAN. 7x SATA, 1x e-SATA On Chip (AMD 790GX-based with ATI Radeon HD3300 graphics) SATA RAID User’s Manual, CD Driver, SATA (+Power) Cable, FDD Cable, IDE Cable, Switch Card, I/O Shield. Realtek ALC888 8-Channel HD Audio CODEC Realtek RTL8111C PCI Express Gigabit NIC AwardBIOS 2048KB 305mm x 234cm

Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

74.70

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

74.70
Rp 1.350.000

Spesifikasi Pengujian: AMD Phenom FX 9950 BE; GeForce 8800 GT 512MB; 2x 1 GB DDR2 PC-6400; WD Raptor 74GB WD740ADFD; Windows XP Professional SP2

24

05/2009

Tes: Video Card
ASUS EN9800GTX+ Dark Knight TOP
Performa
1280 x 1024 (noAA+noAF)
Harga: US$275 Info: Sempurna Utama (021) 600-0129 id.asus.com

Hardware
Nilai

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot

Hasil 3D Mark06 Score
Interkoneksi

7.50% 5.00% 5.00% 7.50% 5.00% 5.00% 35.00% 2.00% 4.00% 1.00% 3.00% 2.00% 3.00% 1.00% 2.00% 1.00% 1.00% 20.00% 0.50% 0.50% 1.00% 0.25% 0.75% 0.50% 1.50% 5.00% 2.70% 2.30% 5.00% 35.00%

13474.00 195.02 51.00 7465.00 68.54 44.20 Total Nilai Performa 512 MB GDDR3 0,8ns 256-bit Ekstra Cooler Dual DVI, S-Video Out Tidak ada DVI adapter, HDMI adapter, Kabel power 6pin, Kabel HDTV Tidak ada Tidak ada Total Nilai Perlengkapan Tidak Tidak Memerlukan ruang dua slot Mudah Biasa Biasa Ya Total Nilai Handling 2 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

17.15 10.56 11.73 11.64 5.11 10.39 66.57 10.00 15.00 5.00 15.00 10.00 15.00 0.00 10.00 0.00 0.00 80.00 10.00 10.00 10.00 5.00 10.00 10.00 20.00 75.00 36.00 46.00 82.00 76.59

Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality 2048 x 1536 (4xAA+16xAF) Hasil 3D Mark06 Score Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality

Kinerja yang memuaskan, solusi pendinginan yang baik

Solusi pendinginan tetap dengan dual-slot

ada produk ini, tidak hanya lebih ekstrem akibat peningkatan clock standarnya GTX+, ASUS juga mengimplementasikan clocking yang lebih tinggi lagi. Untuk desain keseluruhan, baik dari desain board layout hingga penggunaan komponen pendingin, semuanya berasal dari ASUS sendiri. Khusus pada komponen pendingin yang digunakan, ASUS menamakannya sebagai Dark Knight. Inti utama komponen pendingin yang digunakan adalah empat heatpipe yang menyalurkan panas dari base block hingga ke sirip-sirip heatsink agar lebih cepat. Pada base

P

block dipasangkan sebuah kipas untuk menghembuskan udara agar pendinginan menjadi lebih sempurna lagi. Sayangnya pendinginan hanya untuk GPU dan modul VRM (Voltage Regulator Module) saja, tanpa turut mendinginkan memory. Sisi performanya, dengan perbandingannya terhadap GPU rival yang sekelas, HD4850, rata-rata kemampuan keseluruhan memang cukup berimbang. Tapi, tampak solusi nVIDIA lebih unggul di resolusi rendah (tanpa efek filtering), dibandingkan pada resolusi tinggi dan dengan efek filtering.

Total Bobot Performa

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel Software Game Total Bobot Perlengkapan

Handling
Kebisingan saat keadaan ‘idle’ Kebisingan saat keadaan ‘full-load’: menggunakan 3D Mark 06 Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode ASUS EN9800GTX+ Dark Knight TOP ASUSTeK Computer Inc. nVIDIA GeForce 9800 GTX+ PCI Express x16 2.0 512 MB GDDR3 775MHz 2360MHz Manual, CD driver, CD manual, DVI adapter, HDMI adapter, Kabel power 6pin, Kabel HDTV 256-bit 400MHz 128 SP, 64 TMU, 16 ROP Ya, SLI Shader Model 4.0, HDR, nVIDIA PureVideo HD DirectX 10 / OpenGL 2.1 16x

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

73.96

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

73.96
US$275

Spesifikasi Pengujian: Intel Core 2 Extreme QX6800 2.93GHz, ASUS P5W DH Deluxe, 2X 1GB DDR2 PC-6400, WD Raptor 74 GB, Windows XP Professional Build 2600 + SP2

HIS Radeon HD 4670 ICEQ
Performa
1024 x 768 (32- bit)
Harga: US$103 Info: Asiaraya Computronics (021) 601-9408 www.hisdigital.com

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Hasil 3D Mark06 Score
Interkoneksi

7.50% 5.00% 5.00% 7.50% 5.00% 5.00% 35.00% 2.00% 4.00% 1.00% 3.00% 2.00% 3.00% 1.00% 2.00% 1.00% 1.00% 20.00% 0.50% 0.50% 1.00% 0.25% 0.75% 0.50% 1.50% 5.00% 2.70% 2.30% 5.00% 35.00%

9923.00 109.90 55.30 7823.00 76.31 48.70 Total Nilai Performa 512 MB GDDR3 1ns 128-bit Ekstrim Dual DVI, S-Video Out Tidak ada VGA Adapter, HDMI Adapter, Video Out Adapter Tidak ada Tidak ada Total Nilai Perlengkapan Tidak Tidak Membutuhkan ruang dua slot Mudah kurang kurang Ya Total Nilai Handling 1 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

21.21 14.19 10.10 21.36 14.25 11.31 92.42 10.00 15.00 5.00 15.00 10.00 15.00 0.00 10.00 0.00 0.00 80.00 10.00 10.00 10.00 5.00 5.00 5.00 15.00 60.00 18.00 46.00 64.00 93.64

Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Medium Quality 1280 x 1024 (32- bit) Hasil 3D Mark06 Score (16AF) Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse (8AF+2AA) Quake 4 Benchmark Medium Quality (8AF+2AA)

Harga terjangkau dengan HSF berkualitas, performa tinggi.

-

menghadirkan HIS juga basis GPU AMDsolusi mainstream terkuat melalui seri IceQ terbarunya yaitu HD 4670 IceQ 512MB. Seperti biasa, HIS yang jajaran produknya banyak sekali menggunakan solusi pendinginan dual slot yang disebut IceQ, terutama produk kelas mainstream, heatsink yang disandingkan tidak menggunakan bahan tembaga dan juga tidak dilengkapi heatpipe, jadi keseluruhan ia hanya berupa heatsink/fan standar. Selain itu, dengan HSF ini kekurangan akan membutuhkan ruang dua slot tetap ada. Lalu, melihat desain PCB yang digunakan, memang masih

menggunakan reference design, berlaku juga pada clock rate yang digunakan masing-masing GPU dan GDDR3 masih reference. Produk ini memiliki kelengkapan paket yang lumayan komplit, walau buku manual yang diberikan dirasa masih kurang informatif bagi kalangan pemula. Performa yang dihasilkan produk ini memang sudah bisa diperkirakan, walau belum yang terbaik pada jajaran GPU sekelas tentunya. Dari seluruh sesi pengujian baik itu sintetic test dan gaming test dihasilkan dengan baik, hanya pada Quake 4 saja yang dirasa masih kurang.

Total Bobot Performa

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel Software Game Total Bobot Perlengkapan

Handling
Kebisingan saat keadaan ‘idle’ Kebisingan saat keadaan ‘full-load’: menggunakan 3D Mark 06 Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode HIS Radeon HD 4670 ICEQ Hightech Information System Ltd. AMD ATI Radeon HD 4670 PCI Express x16 512MB GDDR3 750MHz 2000MHz CD Driver, User Manual, VGA Adapter, HDMI Adapter, Video Out Adapter 128-bit Dual 400MHz (320 SP, 32 TMU, 8 ROP) Ya, CrossFire Shader Model 4.0, HDR, Ati AVIVO DirectX 10.1 / OpenGL 2.1 6x

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

87.32

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

87.32
US$103

Spesifikasi Pengujian: Intel Core 2 Extreme QX6800 2.93GHz, ASUS P5W DH Deluxe, 2X 1GB DDR2 PC-6400, WD Raptor 74 GB, Windows XP Professional Build 2600 + SP2

05/2009

25

Workshop

Bermain Game Tanpa Controller

Inilah Definisinya!
Crosshair
Diambil dari istilah yang digunakan pada alat bidik yang digunakan pada senapan sniper. Kursor kecil (biasanya berbentuk tanda plus [+], sudut siku-siku, atau lingkaran) yang membantu mengarahkan bidikan, dan kadang-kadang untuk keperluan pengaturan posisi objek. Pointer crosshair pada layar digunakan sebagai alat peletakan elemen.

fps
Frame per Second. Satuan dalam frame rate yang menyatakan jumlah gerakan frame yang dilakukan dalam waktu satu detik. Untuk membedakannya dengan singkatan FPS (First Person Shooter), frame per second ditulis dalam huruf kecil.

Di antara ketiga konsol game teratas saat ini, yaitu Xbox 360, PS3, dan Wii, boleh dibilang Nintendo Wii adalah konsol game yang paling revolusioner.

K C
1

Gamepad
Biasa disebut juga sebagai joypad atau joystick, adalah sejenis pengendali untuk bermain game di komputer. Memiliki sekumpulan tombol untuk tangan sebelah kanan dan tombol arah untuk tangan sebelah kiri. Perlu diketahui bahwa tidak semua game mendukung gamepad.

enapa revolusioner? Padahal kalau dilihat dari kualitas gambar, tentu PS3 atau Xbox 360 lebih baik. Karena di Nintendo Wii menggunakan game controller yang memanfaatkan gerakan tangan dari si pemainnya. Jadi, jika Anda misalnya sedang bermain game tenis, maka untuk memukul bolanya Anda harus meniru gerakan seperti orang sedang bermain tenis, dengan kekuatan ayun seperti sedang memukul bola sungguhan. Di situlah revolusionernya Nintendo Wii.

Setelah 3 edisi lalu kita membahas berbagai emulator untuk Nintendo, kali ini kita akan mencoba mengadaptasi konsep controller yang digunakan oleh Nintendo Wii itu. Kita akan mencoba memainkan game tanpa menggunakan gamepad, mouse ataupun keyboard. Yang kita butuhkan hanyalah sebuah webcam. Webcam yang bisa Anda pakai bisa webcam apa saja. Tapi tentu webcam baru dan yang berkualitas akan lebih bagus. Nanti setelah mencoba, jangan samakan feeling antara memainkan game dengan controller sungguhan, dan memainkan game dengan controller bohongan dari CamSpace. Rasanya tentu saja beda. Controller sungguhan akan lebih akurat dan lebih responsif, ketimbang yang disediakan oleh CamSpace.

CamSpace
amSpace adalah sebuah freeware yang bisa mengendalikan games via webcam dengan bantuan dari objek yang sehari-hari bisa Anda temui di sekitar rumah. Contohnya spidol, pisau cutter, hingga kertas berwarna. Pertanyaannya, apakah semua game bisa dimainkan dengan bantuan CamSpace ini? Tidak, karena ada game yang pengendaliannya terlalu kompleks. CamSpace bisa di-download gratis dari www.camspace. com/downloads/perform dengan file berukuran 7,18 MB. Ikuti panduan penggunaannya berikut ini. Proses Kalibrasi Instal CamSpace seperti biasa, tanpa ada pengaturan khusus. Setelah itu, pastikan webcam Anda juga sudah terpasang dengan baik. CamSpace, dan 2Jalankanaktivasi yang muncul, pada jendela klik Remind me Later.

Kalibrasi
Proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Kalibrasi diperlukan untuk: Perangkat baru, suatu perangkat setiap waktu tertentu, suatu perangkat setiap waktu penggunaan tertentu (jam operasi), ketika suatu perangkat mengalami tumbukan atau getaran yang berpotensi mengubah kalibrasi, ketika hasil observasi dipertanyakan. Kalibrasi, pada umumnya, merupakan proses untuk menyesuaikan keluaran atau indikasi dari suatu perangkat pengukuran agar sesuai dengan besaran dari standar yang digunakan dalam akurasi tertentu.

6Selanjutnya, klik Select a Game. uji coba pertama, menyediakan sederhana 7UntukBalloonsebuah game CamSpace bernama Pop.
benda atau objek berwarna terang 8Cari akan kita jadikan sebagai controller. yang Sebagai contoh, kita akan menggunakan sebuah pisau cutter berwarna kuning terang. Pastikan benda tersebut memiliki satu warna dan tidak belang-belang. Kemudian pastikan warna dari benda tersebut tidak sama dengan baju yang sedang Anda pakai atau sama dengan warna objek lain yang ada . di belakang Anda. Klik

Berikutnya, klik tombol Lock on yang muncul, 3Di jendela pertamaroda gigi. Kemudian di Resolution menjadiubah 9Object. hitungan mundur, tunjukkan tab Main Settings, klik icon bergambar Image 640 Pada x 480 atau resolusi terbesar yang 10benda yang Anda jadikan controller didukung kamera Anda. persis di tengah-tengah crosshair/penunjuk yang diberikan.

Nintendo Wii
Konsol video game generasi kelima dari Nintendo, merupakan kelanjutan dari GameCube yang merupakan game console sebelumnya dari Nintendo. Yang membuatnya berbeda dari GameCube ataupun game console lainnya adalah penggunaan wireless controller bernama Wii Remote. Controller ini dapat mendeteksi gerakan secara tiga dimensi, dan membuat controller game console ini unik. Keunikan lain adalah WiiConnect24, yang memungkinkannya menerima pesan dan update secara otomatis meski dalam standby mode, jika terkoneksi dengan Internet.

4Kembali ke jendela pertama, klik Lets Try. berikutnya, Anda 5Di jendelaharus diperhatikan diakan diberi panduan untuk menyiapkan lokasi. Yang sini
adalah ruangan tempat Anda bermain harus banyak cahayanya. Hal itu bisa diketahui dari indikator fps yang ada di atas. Jika fps-nya bernilai kurang dari 30 fps, naikkan lagi dengan cara menambah pencahayaan atau mengatur setting-an kamera. Klik .

Bila CamSpace berhasil mendeteksinya, maka di layar akan muncul gambar pin yang akan mengikuti gerakan benda yang Anda pegang. Selanjutnya, tinggal pecahkan balon-balon yang ada mengikuti gambar tangan yang muncul.

11

12Proses kalibrasi telah selesai.

26

05/2009

Bermain Game Tanpa Controller
Bermain Solitaire Menggunakan Jari Tanpa Menyentuh Mouse Setelah mencoba game memecahkan balon tadi, kini kita akan mencoba beberapa game lain, contohnya Solitaire, yang pasti ada di setiap komputer. Yang dipakai untuk controllernya pun berbeda. Kali ini, kita akan menggunakan jari untuk memindahkan kartu-kartu itu:

Workshop

4

1Pertama, Anda harus menyiapkan dua potong kertas kecil yang warnanya
sama dan terang, yang akan kita jadikan sebagai penjepit virtual. Lalu lekatkan kedua kertas kecil itu di ibu jari, dan telunjuk kanan Anda.

Di pilihan game yang muncul, pilih Solitaire, lalu OK. Hati-hati, jangan sampai keliru dengan SolitaireForVista, karena itu adalah Solitaire yang ada di Windows Vista. Sementara kita di sini menggunakan Windows XP. Proses download akan berjalan. Buka game Solitaire, lalu klik Lock on Object.

bergerak, begitu Anda menggerakkan jari-jari Anda. dan ke 7Minimize jendela CamSpace,jepitberalihyangjendela Solitaire. Untuk memindahkan kartu, kartu Anda inginkan dengan kedua jari itu, dan pindahkan ke posisi yang Anda mau. Awalnya memang susah, tapi begitu sudah terbiasa akan terasa lebih mudah. Menjepit atau menyatukan kedua jari telunjuk dan ibu jari, fungsinya sama seperti klik. klik tombol Unlock controllers. 8Untuk mengembalikan kendali mouse ke mouse yang asli,

5

2 jendela yang pilih 3Pada All Games. muncul, Di sini

Jalankan CamSpace, dan klik Select a Game.

telunjuk 6Tempatkanposisi pada dan ibu jari Anda crosshair atau yang sudah diberikan. Jika CamSpace berhasil mendeteksinya, tampilan di jari Anda akan terlihat seperti ini. Dari sini sebenarnya Anda sudah bisa menggantikan fungsi mouse dengan jarijari Anda. Bisa terlihat bahwa kursor juga turut dan masing-masing 4Panggil kawan Anda, pegang objek yang tadi dipilih. Klik Lock on Object. masing5Posisikanobjek yang masing dipegang di crosshair atau posisi yang ditentukan. CamSpace berhasil 6Bilaobjekmendeteksi, kedua yang Anda pegang itu akan berubah menjadi batang berwarna kuning dan hijau. Bola dan lapangannya akan ditampilkan, dan Anda bisa bermain. CamSpace juga bisa dipakai untuk memainkan game flash online, seperti contohnya Air Hockey. Cara bermainnya tetap sama dengan game-game lainnya.

Anda membutuhkan koneksi Internet. Bertanding dengan Kawan Selain untuk bermain sendiri, CamSpace juga menyediakan beberapa game yang diciptakan untuk dimainkan berdua. Salah satunya adalah Soccer. Tapi jangan Anda bayangkan game ini akan terlihat seperti Winning Eleven atau game sepak bola lain pada umumnya. Game Soccer ini adalah game sangat sederhana, dimana Anda bertugas memukul bola agar masuk ke gawang lawan Anda. buah benda atau objek dengan warna yang berbeda. Sebagai contoh kami menggunakan 1Siapkan duadan sebuah pulpen berwarna merah.pisau cutter warna kuning,

2

Buka kembali jendela Select a game, dan kali

ini pilih Soccer.

CamSpace juga akan bisa 3Soccer itu Andadi-download, 7Layardibuat menjadi karena harus dalam fullscreen, dengan cara kondisi online. mengkliknya dua kali. Bermain Game Balapan Tidak hanya untuk game-game sederhana, CamSpace bisa dimanfaatkan untuk game sederhana di luar CamSpace, salah satunya adalah game balap. Pertanyaan terbesar tentu saja bagaimana untuk gas dan rem? Kalau untuk belok kiri-kanan, tentu kita bisa memanfaatkan berbagai objek seperti yang sudah-sudah. Seperti di awal kami kemukakan, dengan CamSpace, Anda tidak perlu lagi menyentuh keyboard atau mouse untuk bermain game. Sebagai contoh, kami akan menggunakan game balap TrackMania Nations ESWC. http://developers.camspace.com/emulation/gamecontrolproses lers, dan untuk instalasi CamSpace 3Bukayang download controller160 KB. TrackMania Nations Joystick Bus. Klik Continue 5Lanjutkan dengan Virtual ESWC file-nya berukuran Setelah di-download, klik kanan file tersebut, dan pilih Open Emulation. Anyway. Found New Hardware 6Berikutnya diWizard, pilih No, not this time.

1

Aktivitas pertama yang harus dilakukan adalah mencari objek untuk dijadikan setir. Sebenarnya spidol atau pisau cutter bisa saja dijadikan objek, tapi kurang keren. Kita akan membuat setir bohongan tersebut dari kertas dan karton. Buka halaman www.camspace.com/downloads/wheels, dan pilih salah satu gambar setir yang Anda inginkan. Lalu print dengan menggunakan printer warna.

4Akan muncul jendela CamSpace Virtual Joystick. Pilih Yes.
Diikuti dengan Install the software automatically.

di-print, lalu dilapis 2Setelah karton, maka hasilnya dengan akan seperti ini. Tujuan dilapis karton agar setir tersebut tidak lemas saat diputar-putar.

Setelah proses instalasi selesai, kembali ke jendela utama CamSpace. Siapkan setir Anda, dan klik Lock on Object.

7

05/2009

27

Workshop

Bermain Game Tanpa Controller
Yang harus Anda perhatikan adalah tingkat sensitivitas dari controller yang disajikan oleh CamSpace sangat rendah. Jadi, jangan harap respons game-nya akan setara dengan saat menggunakan controller yang asli.

crosshair, pada yang kendalikan mobilnya dengan ditentukan. Jika setir Anda menggunakan setir itu. Untuk Anda bisa mendekatkan 8Sejajarkan setir Anda denganberhasil dideteksi,posisi akan 9Jalankan TrackMania, dan cobagas,rem, jauhkan setir dari maka setir ke kamera. Sedangkan untuk kamera. Untuk belok kiri kanan, sama seperti penggunaan setir pada umumnya.

muncul gambar setirnya. Play.

Untuk mengaktifkan setir, klik

Bermain Game First Person Shooter Setelah dipikir-pikir, game bergenre FPS juga bisa diemulasikan dengan menggunakan CamSpace. Jadi, nantinya Anda bisa bermain Counter Strike hanya dengan mengandalkan jari saja. buah objek, dalam hal kertas yang berbeda. Tempelkan masing-masing 1Siapkandi duawarnanyatelunjuk Anda. ini adalah lembaran kertas itu ibu jari dan

di crosshair. 4Klik Lock on Object , dan posisikan kedua jari Anda 5Jika CamSpace berhasil mendeteksinya, akan muncul dua buah indikator. Counter Strike, dan 6Jalankanmenggunakan kedua cobalah untuk memainkannya dengan jari Anda. Berikut ini adalah pemakaiannya: • Untuk jalan ke depan, dekatkan kedua jari Anda ke kamera. • Untuk menembak, satukan kedua jari Anda seperti sedang menjepit.

controller-nya dari com/download/fi le berukuran 2 KB. 2Download gamele.php?id=22 dengan fihttp://forum.camspace. Ekstrak file tersebut, kemudian klik dua kali atau klik kanan, 3dan pilih Open Emulation. FAQ Q: Apakah CamSpace hanya diaplikasikan untuk game saja? A: Tidak. CamSpace juga bisa dipakai untuk aplikasi-aplikasi lain, karena pada dasarnya CamSpace adalah mengemulasikan fungsi dari keyboard dan mouse. Q: Apakah semua game bisa memanfaatkan CamSpace? A: Bisa, selama Anda menemukan file Game Controller-nya. File tersebut bisa di-download dari http://developers.camspace. com/emulation/gamecontrollers atau http://forum.camspace. com/viewforum.php?f=6. Q: Bagaimana bila sudah mencari di kedua tempat tersebut, tapi saya tidak menemukan game controller yang saya cari? A: Anda bisa membuatnya sendiri, namun cukup rumit. Caranya adalah dengan memilih menu Developer tools, Create New, Controller for external game. Panduan lebih lanjutnya bisa dilihat di http://wiki.camspace.com/index.php/ Emulation_Authoring. Q: Webcam saya cukup jadul, apakah bisa digunakan dengan CamSpace? A: Bisa, hanya saja webcam lama memiliki frame rate rendah dan susah menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan yang berubah-ubah. Di http://wiki.camspace.com/index.php/ Tested_Webcams ada sebuah daftar yang berisi merk dan seri webcam yang sudah dicoba dengan CamSpace. Q: Kenapa harus menggunakan objek berwarna terang?

• Untuk arah, gerakkan kedua jari Anda ke arah yang sama. • Untuk loncat, goyangkan tangan ke kiri kanan atau atas bawah. A: Objek berwarna terang akan lebih mudah dideteksi oleh CamSpace. Q: Berapa jauh jarak yang bisa diterapkan antara objek dengan kamera? A: Selama kamera masih bisa mengenali objek tersebut, Anda bisa melakukannya sejauh mungkin. Q: Bagaimana kondisi paling ideal untuk bermain dengan CamSpace? A: Yang paling ideal adalah baju yang dipakai dan area di belakang Anda memiliki warna yang sama dan netral, misalnya putih atau hitam. Q: Bagaimana apabila saya ingin melihat demo penggunaannya? A: Anda bisa melihat berbagai demonya di YouTube. Gunakan keyword “CamSpace”.

Webcam Mania
ebcam Mania memiliki konsep dasar yang sama dengan CamSpace, yaitu memanfaatkan pendeteksian gerakan atau motion detector. Namun perbedaannya adalah apabila di CamSpace kita menggunakan objek-objek berwarna terang, di Webcam Mania kita tidak membutuhkan objek apapun. Perbedaan lainnya lagi adalah CamSpace bersifat lebih fleksibel, karena bisa digunakan dengan bermacam-macam game.

W
28

Sementara Webcam Mania hanya bisa dipakai dengan game yang sudah disertakan. Webcam Mania bisa di-download dari http://mika.tanninen. net/webcam/download/Webcam_Mania.zip dengan ukuran file 452 KB. Mengenai lisensinya sendiri agak cukup membingungkan, sebab di website-nya ditulis bahwa aplikasi ini bisa dipakai secara penuh, walaupun belum diregistrasi. Hanya saja muncul semacam

peringatan untuk meregistrasinya. Tapi sewaktu kami mencobanya beberapa kali, tidak muncul peringatan apapun mengenai registrasi, dan di aplikasinya sendiri sudah tertulis teregistrasi. di-download, jalankan Webcam tanpa Matikan yang 1Setelahharus diinstal. langsung semua aplikasi lainMania sedang berjalan.

05/2009

Bermain Game Tanpa Controller

Workshop

2

Yang pertama muncul adalah pemilihan driver webcam Anda. Umumnya cuma ada satu opsi yang disediakan. Tapi bila ada lebih dari satu opsi, pastikan yang dipilih adalah driver webcam Anda. Karena bila salah pilih, Webcam Mania akan langsung dinonaktifkan, bahkan komputer harus di-restart.

4

Setelah proses scanning selesai, akan muncul menu Webcam Mania. Untuk memilih salah satu menu itu, jangan gunakan mouse, melainkan tunjuk saja dengan jari Anda yang mengarah ke menu, goyangkan jari Anda sampai tulisannya ikut bergoyang-goyang dengan kencang.

kamera ke area bermain yang 3Berikutnya, arahkan banyak, Anda pencahayaannya tidak memiliki latar belakang warna sama. Usahakan area tersebut memiliki cahaya yang dan menghasilkan bayangan. Bila Anda tidak menemukan area seperti itu, bisa diakali dengan menaruh selembar kertas putih persis di depan kamera. Tekan , dan Webcam Mania akan men-scan area tersebut. Game yang Ada di Webcam Mania Berikut ini akan kami berikan gambaran singkat, bagaimana cara memainkan game yang ada di Webcam Mania: • Wipe Off: di game ini Anda harus menghapus kotak-kotak kecil berwarna biru, dengan cara mengayunkan tangan Anda. Kotak biru itu semakin bertambah banyak tiap level. • Snowball: di sini Anda harus mempertahankan istana Anda dari serangan bola salju yang datang. Caranya adalah menangkisnya dengan tangan.

5Bila berhasil, kita akan masuk ke dalam salah satu game dari Webcam Mania. 6Untuk keluar, Anda bisa pilih Log Out atau tekan tombol .
• River Run: Anda bertugas mengendalikan sebuah perahu yang melewati sungai. Perahu dikendalikan dengan cara menggerakkan badan atau kepala Anda. Indikator pergerakan perahu ada pada titik-tik yang mengelilingi perahu Anda. Selagi mengendalikan perahu, tabrakkan perahu itu ke bolabola yang berwarna hijau, dan hindari yang merah.

• Bubbles: pada game ini, Anda harus memecahkan balon berwarna biru tanpa memecahkan yang warna merah.

• Monsoon: balon berwarna biru dan merah akan jatuh dari atas layar. Tugas Anda adalah menangkap yang biru, tapi menghindari yang merah.

• Pong: permainan klasik ping-pong yang bisa Anda mainkan dengan kawan Anda. Masing-masing pemain mengendalikan bat ping-pong putih untuk memukul bola.

• Mirror: pecahkan balon berwarna biru, tapi jangan yang merah. Game ini akan bertambah sulit saat tampilannya dibalik.

• Firework: roket akan diluncurkan dari bawah, dan bisa diledakkan dengan menggunakan kedua detonator yang ada. Roket yang bisa meledak hanyalah roket yang warnanya sama.

• Poin tertinggi dari tiap game, akan tertera di layar awal Webcam Mania.

Informasi Lebih Lanjut • http://wiki.camspace.com/index.php/Main_Page • http://mika.tanninen.net/webcam/manual_eng.html

05/2009

29

Windows Vista

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Group Policy
Menyediakan manajemen sentral dan konfigurasi dari komputer dalam sebuah active directory. Dengan kata lain, aplikasi ini mengendalikan apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan user dalam sebuah jaringan komputer. Meskipun Group Policy pada umumnya digunakan dalam sebuah lingkungan perusahaan, namun juga biasa digunakan pada sekolah, bisnis, dan organisasi kecil lainnya untuk membatasi aksi-aksi yang dilakukan user untuk membatasi risiko keamanan yang potensial.

Windows Vista
Menghilangkan Tab Security
Pada Vista, jendela Properties pada folder, file, shortcut dan drives semua dilengkapi dengan menu baru, yaitu tab Security.

Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer pada panel kiri 6Buka path berikut ini: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ registry.

Pengaturan security berguna untuk mengubah sistem keamanan atau daftar user yang berhak untuk mengakses folder, file, shortcut, dan drives tersebut. Untuk menghilangkan tab Security ini, lakukan langkah-langkah berikut:

1Buka Windows Explorer dengan shortcut

+

.

klik 7Pada panel kanan,menukanan pada area kosong, dan pilih New – DWORD (32-bit) Value.

8Ketik . NoSecurityTab,

dan tekan

Hotkey
Atau keyboard shortcut adalah kombinasi satu atau lebih key pada keyboard yang akan mengakses software atau OS, ketika dipicu oleh user. Keyboard shortcut secara tipikal adalah perintah alternatif yang ditujukan untuk penghematan waktu, karena dengan menggunakan keyboard shortcut dapat mengakses lebih dari satu menu dalam waktu yang singkat.

UAC
Singkatan dari User Account Control. Bagian dari infrastruktur baru yang disertakan dalam OS Windows Vista, yang bertujuan untuk memperbaiki keamanan Microsoft Windows dengan membatasi software aplikasi yang akan dijalankan oleh standar user. Dengan cara ini, hanya aplikasi yang dipercaya oleh user dapat dijalankan, dan malware dapat dicegah untuk menerobos ke dalam sistem. Demikian pula jika user menjalankan task tertentu untuk masuk ke dalam sistem, jendela konfirmasi UAC akan muncul.

2Klik kanan salah satu item, dan pilih Properties. melihat Security 3Anda akantersebut.tabmembatasi untuk keamanan, dan hak akses file
Klik pada Start Menu, dan ketikkan perintah regedit untuk membuka Registry Editor.

kanan pada item dan 9Klikpilih Modify. NoSecurityTab, Ketik 1, dan 10Registry Editortekan . Tutup Anda.

4

11Pilih Properties salah satu folder di Windows Explorer. Jika Anda memperhatikan, tab Secu12rity telah hilang sekarang.

Windows Media Center
Windows Media Center adalah aplikasi yang dirancang sebagai pusat hiburan. Dikendalikan oleh remote khusus dengan bentuk khas tombol berlogo Vista berwarna hijau. Namun juga dapat dioperasikan dengan mouse atau keyboard. Tombol tersebut digunakan untuk meluncurkan Media Center dari Windows atau untuk kembali ke Start Menu dari dalam aplikasi. Media Center memvisualisasikan gambar-gambar pada komputer user, video dan musik dari hard drive, optical drive dan network. Dengan tambahan TV Tuner Card, Media Center dapat merekam dan memutar kembali TV Show. Setelah direkam, juga dapat di-burn menjadi DVD atau mentransfernya ke dalam portable media player.

Registry Editor akan 5Jendela seketika di hadapan Anda. muncul

Windows Vista
Menambah Tingkat Keamanan UAC
UAC merupakan tindakan pengamanan dasar yang digunakan pada Windows Vista. Dengan adanya UAC, setiap kali sebuah aksi dilakukan, jendela konfirmasi akan muncul untuk memastikan aksi tersebut aman untuk dilakukan.

– Credential

User Interface.

item terdapat di sebelah dan 5Perhatikan kanan,yang temukan Require trusted path for credential entry. Klik ganda pada item tersebut untuk memunculkan jendela konfigurasi berikut.

6

Sebagian orang tidak menyukai fitur yang dianggap membuang waktu ini. Anda dapat menonakftifkannya atau sebaliknya menambah tingkat keamanan yang dimiliki oleh fitur ini dengan cara sebagai berikut. Tip berikut tidak dapat dijalankan di edisi Vista Home Basic dan Home Premium:

7Pilih opsi Enabled. dan

, klik tombol

1Klik Start Menu, dan ketikkan perintah Gpedit.msc. Layar UAC muncul memblok layar, seperti 2pada gambar berikut ini. Klik Continue. Jendela 3hadapanGroup Policy akan muncul di Anda.
Pada panel sebelah kiri, klik pilihan Computer Configuration – Administration Templates – Windows Components

lagi, ketikkan 8Sekaliperintah pada munculperintah Gpedit.msc kolom Start Search, yang adalah seperti berikut. Klik pilihan pertama.

4

Disusul dengan perintah selanjutnya, menekan - untuk dapat mengakses perintah tersebut. Tidak sesederhana UAC sebelumnya.

9

30

05/2009

Tip & Trik

Windows Vista

Windows Vista
Menghapus Isi Temporary Burn Folder
Ketika Anda melakukan burning CD, ada kalanya file tersebut masih tersimpan di folder Temporary Burn Cache pada komputer Anda, yang mengakibatkan munculnya pesan pesan menjengkelkan untuk mem-burn file yang tertinggal.

4

Anda juga dapat membuka folder tersebut dari path berikut ini C:\Users\(user name)\AppData\Local\ Microsoft\Windows\Burn\Temporary Burn Folder.

Klik tab View, dan pilih opsi Show Hidden files and folders. Klik OK. Tekan Delete untuk menghapus file bermasalah tersebut.

7 8

Untuk menghilangkan pesan ini, Anda dapat mempraktikkan cara di bawah ini: Jika di dalam folder tersebut tidak terdapat file, tekan file yang telah 1Ketikaseperti berikut di-burn masih tersimpan, akan muncul 5untuk memunculkan menu bar. pesan ini. pesan 9Niscaya Anda. pemberitahuan tersebut telah hilang dari desktop

Ketikkan perintah cd burning pada Start 2Start Search. shell: -

3Jendela Temporary Burn Folder akan muncul dengan file yang masih tersimpan. 6Pilih Tools - Folder Options. 3Klik pada key Explorer.

Windows Vista
Mematikan Windows Hotkey
Untuk mempermudah pekerjaan Anda, Windows menyediakan sejumlah hotkey sebagai shortcut untuk mengakses menu atau memodifikasi file dengan cepat. Menu-menu yang berhubungan dengan Start Menu atau dapat diakses dengan Start Menu, biasanya akan menyertakan tombol Windows dalam hotkey.

Keys. 6Ketik nama baru NoWinpilih Modify. 7Klik kanan pada item, dan

Tip berikut ini akan menunjukkan Anda bagaimana cara menonaktifkan seluruh shortcut keyboard yang dikombinasikan dengan tombol Windows. Anda dapat melakukannya terhadap seluruh account user atau hanya pada account user pada komputer Anda. Klik 1untuktombol Windows membuka Start Menu, ketik regedit pada kolom Start Search, dan tekan . Di jendela Registry Editor, navigasikan kursor menuju key berikut ini: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Policies.

tidak memiliki 4Apabila Andamelakukan klik key Explorer, buat terlebih dahulu dengan kanan pada menu Policies, dan pilih New-Key. 1. 8Isi dengan angkatutup regisTekan , dan try editor. *8.tif

5

Klik area kosong pada panel sebelah kanan, dan pilih New – DWORD (32-bit) Value.

2

komputer Kini Win9Restarttombol hotkey Anda, dows tak lagi berfungsi. sini program, di antaranya Win4Di Mediaterdapat sejumlah dows Center. menu 5Kembalilah keklik padasebelumnya, dan link Set program access and computer defaults. Media Set Default Program, Anda cukup menghilangkan tanda 8Untuk menghilangkan Windowsprogram. Center dari daftar centang pada Enable access to this

Windows Vista
Menghilangkan WMC dari Default Program
Pada Control Panel terdapat sejumlah program default yang umum digunakan untuk membuka dokumen atau file yang tersimpan pada komputer Anda.

Walaupun berguna, kadang ada juga yang mungkin tidak Anda perlukan, seperti Windows Media Center. Untuk mengurangi aplikasi tersebut dari daftar, Anda dapat melakukan langkahlangkah berikut ini:

1 2Klik icon Default Programs.
Klik menu Start-Control Panel.

menu Custom, 6Pilih menu drop down.dan klik panah yang menunjukkan

7Scroll ke bawah untuk menemukan pilihan Choose default media player. 3Pilih link Set Default Programs.
05/2009

a Perhatikan pada 9dia Centerdowsdaftar, Win Me te lah lenyap dari kumpulan program tersebut.

31

Office

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Advanced Filter
Filter yang mengizinkan Anda untuk menggunakan kriteria yang kompleks dalam memfilter sebuah range data di Excel. Contohnya, membuat daftar pelanggan dari sebuah daftar pesanan, atau mengkompilasi daftar dari produk yang terjual.

Microsoft Excel
Subtotal dengan Consolidate
Subtotal dengan Advanced Filter lebih cepat dibanding dengan pernyataan IF yang digabungkan dengan Paste Special. Namun, range formula yang diperlukan setelahnya bisa membuat Anda bingung. Masih ada lagi cara untuk menghitung subtotal, yaitu dengan menggunakan perintah Consolidate.

(pada contoh di sini, TotalMe). 5Pada kotak dialog Consolidate, di boks Reference, ketik nama range

Untuk menghitung subtotal dengan menggunakan perintah Consolidate: Pastikan nomor account ada di sebelah kiri field numerik yang ingin Anda total, dan setiap kolom mempunyai judul kepala. Sekarang, kita beri nama untuk range daftar. Pertama, pilih daftar (termasuk kepala kolom).

Consolidate
Fasilitas khusus untuk menggabungkan beberapa tabel data sekaligus ke dalam satu tabel tunggal.

1

COUNTIF
Berfungsi menghitung angka sel dalam sebuah range yang memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Syntaxnya adalah CountIf(range,criteria).

Data Numerik
Data dalam bentuk angka atau bilangan. Data numerik dapat berformat integer (bilangan bulat) dan decimal (bilangan pecahan). Data numerik dapat dimanipulasi dengan operator aritmatika yang terdapat dalam bahasa pemrograman.

6Di bagian Use labels in, beri tanda centang Top row dan Left column. dipilih. 7Klik . Daftar yang telah dijumlah akan ditampilkan pada sel yang
range dengan Name 2Beri namakemudian ketikmengklik boksmisalnya(disebelah kiri formula bar), dan suatu nama, TotalMe. Pindahkan pointer sel ke sembarang tempat kosong pada worksheet (pada 3contoh di sini, sel D1).

Full Screen Reading
Nama baru dari Reading Layout yang sempat dipakai di Word 2003. View ini didesain untuk memudahkan kita dalam membaca dokumen dilayar monitor sebelum dicetak. Dalam view ini, tampilannya seperti halaman buku.

4Pada tab Data, di grup Data Tools, klik Consolidate.
Paste Special
Perintah yang bisa mem-paste formula sebagai value, style atau konten sebuah sel.

Microsoft Excel
Subtotal dengan PivotTable
Dengan Consolidate tidak diperlukan pengurutan. Namun, nomor account harus di sebelah kiri data numerik. Pada data yang memiliki lebih dari 10.000 record, Consolidate sedikit lebih lambat dibanding PivotTable. PivotTable merupakan solusi yang paling fleksibel dari semuanya. Data Anda tidak perlu diurutkan, dan kolom numerik bisa di sebelah kiri atau kanan nomor account.

PivotTable
Fitur data mining yang membuat seseorang bisa meringkas dan menganalisa data dalam jumlah besar di tabel. Contohnya, membuat subtotal dan mengumpulkan data numerik, merangkum data dalam kategori dan subkategori, dan menciptakan kalkulasi khusus. Pivot table bisa secara cepat diatur dengan men-drag n drop kolom ke baris yang berbeda atau kolom yang berbeda. Pivot table banyak dipakai di produk Oracle Discoverer dan Microsoft Excel.

Untuk menghitung subtotal dengan PivotTable: pada range data. 1Klik sembarang sel di grup Tables, Pada tab Insert, klik PivotTable. Create 2Pada akotak dialogyang dipilihPivotTable, pastikan adalah Select table or range, dan tabel/ range sudah benar (biasanya sudah). ingin 3Tentukan apakah Anda workmenampilkan hasilnya di sheet baru atau di worksheet yang . ada, dan kemudian klik PivotTable kosong akan dimasukkan ke worksheet. layout Pivot4Sekarang, kita aturfield Account Table. Pada jendela PivotTable Field List, seret ke boks Row Labels. eld Jumlah ke boks Values. 5Seret fikeluar dari mode layout. Klik sembarang sel pada worksheet, untuk kemudian 6Jika didata sumhan, waktu ber mengalami peruba pilih PivotTable, dan kemudian pada tab Options, di grup Data, klik Refresh untuk memperbarui nilai pada PivotTable.

Print Layout
Layout halaman yang menampilkan kondisi persis apabila halaman tersebut nantinya dicetak.

Web Layout
View ini dipakai saat ingin membuat halaman web, sehingga tampilan background tidak terlihat, teks pas dengan window, dan gambar diposisikan seperti tampilan browser.

32

05/2009

Tip & Trik

Office

Microsoft Excel
Mencegah Terjadinya Duplikasi
Kadang-kadang, Anda ingin mencegah user supaya tidak bisa memasukkan nilai yang sama pada range sel Excel. Sebagai contoh, Anda memasukkan data harga untuk sejumlah item, dan Anda ingin memastikan angka semua item yang dimasukkan di range B2:B20 tidak ada yang sama.

4

Klik tab Error Alert. Pada boks Title, masukkan judul error. Sebagai contoh di sini, kita beri judul Duplikasi.

boks Error message, masukkan pesan yang diinginkan, misalnya: Nilai sudah 5Padaitem tidak boleh mempunyaidimasukkan. Semua nomor harga yang sama. Silakan coba lagi.

Supaya tidak ada duplikasi, lakukan langkah berikut: range sel yang berisi nomor item. Pada grup 1Pilih Data Tools, klik Data Validation. tab Data, di

Klik Sekarang pada waktu 6nomor yanguser. dengan pesan error. user memasukkan sama, Excel akan mencegah entri tersebut, dan memberitahu

Pada tab Settings, 2pilih Allow: Custom. di bagian Validation criteria, Pada boks Formula, 3$B$20,B2)=1. masukkan formula =COUNTIF($B$2:

Microsoft Word
Mengubah Tampilan Jendela Word
Anda bisa membuat default view untuk semua dokumen Word. Kita lakukan ini dengan mengubah template Normal.dotm (global), yang merupakan template style dan setting konfigurasi yang otomatis diimplementasikan (kecuali dinyatakan lain) ke setiap dokumen Word baru yang Anda buka.

Home, di Paragraph Dialog Box 6Masih pada tabLauncher.grup Paragraph, klikParagraph, Pada kotak dialog

Web Layout, Outline atau Draft. grup Font, klik Box Launcher (panah bawah). Pada 5Pada tab Home, dikecil di sudut kananFont Dialog kotak

Untuk mengubah Normal.dotm: semua dokumen Start, Explore. 1Tutupdan kemudian klikWord, dan tutup Word. Klik kanan

atur setting default paragraf untuk dokumen. dan kemudian 7Klik Microsoft Office Button,template. Tutupklik file Save untuk menyimpan perubahan Normal.dotm.

2BukajikaC:\Users\username\AppData\Roaming\Microsoft\Templates, di mana username adalah nama logon Anda – Anda bekerja pada PC yang digunakan oleh beberapa
user, akan lebih sopan jika pengubahan setting global hanya berlaku untuk Anda (kecuali jika user lain memperbolehkan Anda untuk mengubah setting mereka juga). Klik kanan le Normal.dotm, dan 3Jangan klik figanda baru;Normal.dot, kemudian pilih Open. file karena nanti Word akan membuka dokumen Anda ingin membuka file template itu sendiri. di grup Document Views, pilih view yang 4Pada tab View, Print Layout, Full Screen Reading, Anda inginkan:

dialog Font, atur setting default font untuk dokumen.

05/2009

33

CorelDraw X4

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Back Minus Front
Fasilitas memotong objek vektor dalam CorelDraw, dengan cara menumpuk 2 objek dan memotong objek lapisan bawah lalu menghilangkan objek lapisan atas hingga menjadi sebuah objek baru dari persinggungan keduanya.

CorelDraw X4
Membuat Gambar Butiran Air/Embun
Tutorial ini akan memaparkan langkah-langkah dalam membuat objek sederhana, namun menarik.

Seleksi keduanya, 9propertyMinus Makalalu klik opsi Back Front , di bar. objek tadi akan terpotong. elips besar di atas, 10Hilangkandengan yang laluyang(posisi tua elips dan tidak terpotong), warnai objek terpotong tadi warna lebih dari warna alas kerja, dan hilangkan outline-nya.

Salah satunya adalah menggambar butiran embun dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas khusus yang ada dalam software CorelDRAW. Buat lembar kerja baru klik File > New ( + ), kemudian kita akan menggambar persegi panjang dengan Rectangle Tool ( ) sebagai alas kerja. Ukuran dan warna disesuaikan dengan kebutuhan. ngan kebutuhan Anda. 2Buatlah elips dengan Ellipse Tool ( ), dengan ukuran sesuai de-

Grouping
Menyeleksi dan mengumpulkan objek menjadi satu area kelompok (pengelompokkan objek).

1

Knife Tool
Tools untuk memotong objek vektor maupun objek bitmap dengan mengambil potongan dari sisi atau titik sudut tertentu. Fasilitas ini hanya bisa memotong dengan sekali menarik garis saja.

Sebagai catatan, memilih warna dapat menggunakan color palette (pojok kanan kertas kerja), kemudian klik + tahan warna yang dipilih. Kemudian berikan efek transparan seperti langkah 6. karan (klik drag + 11)Buat lagi objek lingdengan Ellipse

Interactive Shadow Tool
Fasilitas yang memberikan efek bayangan pada objek dengan kepekatan dan letak jatuh bayangan yang dapat diatur dengan kondisi serta nilai tertentu.

objek elips dengan klik (kiri)+drag+klik kanan posisi tertentu. cara 3Duplikasi Atau dengantadi, meng-copy objek ( + ), dan pastediobjek (

Tool ( putih.

), lalu beri warna

Make Node Smooth
Fasilitas untuk memperhalus tingkat lengkung objek vektor dengan mengatur porosnya (node) secara otomatis.

Beri glow dengan 12Toolefeklalu memilih Interactive Shadow , + ). Sebagai catatan, dalam software CorelDRAW, objek yang di-paste akan menempatkan dirinya dengan tepat, dan sama persis (koordinatnya) dengan posisi objek yang di-copy (menumpuk objek yang di-copy). pilih Knife , dan elips 4Lalu potong objekTool yang baru saja diduplikasi. preset glow di pojok kiri atas property bar.

Mesh Fill
Tipe pengisian warna pada objek vektor dalam Corel Draw yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan/ mengkombinasikan warna-warna tertentu dengan tingkat gradasi yang beragam dalam satu objek terseleksi.

Atur nilai dan warnai Glowing Shadow objek tersebut, dengan mengatur nilai di property bar. elips tadi dengan terbelah dua, maka buang 5Objek objek tersebut.akan 14Buat lagi elips 2 dengan ukuran sama kembali yang kali pertama dibuat (duplikasi sisi atas Isi objek dengan warna putih, objek elips awal), dan tumpuk seperti gambar. dan hilangkan outline-nya. kerja. objek seperti langkah 15Lalu lakukan memotongtransparansi. dari alas 9, dan warnai dengan warna lebih tua Berikan kembali efek

13

PostScript (PS)
Adalah page description language (PDL) yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Postcript sebagai bahasa primer dalam mencetak dokumen untuk printer laser, dan dapat disesuaikan untuk memproduksi gambar. Postcript juga bahasa yang distandarisasi untuk desktop publishing karena mendukung cetakan dengan resolusi tinggi. Hal ini menguntungkan bagi objek berorientasi vektor grafis. PostScript sendiri diciptakan tahun 1982 oleh John Warnock dan Charles Geschke sebagai rangkaian bahasa program yang dinamis. Ada tiga versi dasar Postcript yakni Poscript Level 1, Poscript Level 2 dan Postscript Level 3. Tingkatan itu menunjukkan perkembangan dan dukungan teknologi yang makin disempurnakan. PS level 3 lahir tahun 1997 yang mendukung berbagai macam jenis font, lebih baik dalam menangani grafis termasuk beberapa fitur yang mampu mempercepat proses cetak.

Interactive elips berwarna putih tadi. 6Pilih (terpotong) yangTransparency Tool, kemudian klik drag di objek atur gambar , 16Laluhapusobjek sepertiawal ber-outline. dan objek elips keselu17Seleksi lakukan ruhan objek embun, lalu grouping dengan klik kanan > Group ( + ) , duplikasi, dan sebar di alas kerja gambar embun tersebut, sesuai kebutuhan. objek elips pertama 7Duplikasi lagikemudian letakkan di(yang masih utuh, objek elips yang telah ditransparansi kita atas objek elips pertama). Langkah ini dilakukan untuk sekedar memandu kita membentuk butiran embun. lagi elips yang 8Buat besar,duplikasi objek atas objek elips pertama, seperti gambar. lebih dan tumpuk di Agar lebih kelihatan realistis, bedakan ukuran dan bentuk tiap embun tadi. Maka jadilah butiranbutiran embun.
Disertakan di CD edisi 05/2009

34

05/2009

Tip & Trik

CorelDraw X4

CorelDraw X4
Membuat Objek Daun dengan Mesh Fill
Mesh Fill menawarkan kekuatan untuk menciptakan berbagai ilustrasi realistis, dengan tingkat kesulitan yang minim. Tapi jarang sekali para pengguna Corel mengeksplorasi, dan terjun untuk menggunakannya.

6

Untuk mengatur jumlah node dalam Mesh Fill, bisa melalui nilai angka di Property bar.

12

Kemudian pilih Interactive Transparency Tool (dalam kondisi objek duplikasi masih terseleksi) , kemudian

Dengan untuk memberi warna gradasi dan memberikan 7tiap nodemengaktifkan Interactive Mesh Fill, pilihlah efek realistis. Lakukan eksperimen. cobalah area di tengah area klik 8Atauhijau), dan kliklebih tua (klik gambar.diwarna, danTool warna hijau yang tahan Palette warna olah node seperti Anda juga bisa

Tak banyak pula perubahan fasilitas Mesh Fill ini sejak kemunculannya di CorelDRAW versi 9 yang memberikan kemudahan berkarya menggunakan teknologi postscript 3. Secara teknis, Mesh Fill memungkinkan Anda untuk menerapkan warna beragam (multiple color) dalam satu objek dengan tingkat gradasi tertentu, yang dapat diatur dengan rangka (grid) khusus. Tutorial ini akan memaparkan langkah mudah memanfaatkan kekuatan fasilitas Mesh Fill dalam software CorelDRAW. lembar kerja 1BuatukuranNew ( baru,+ klik File > ) dengan bebas. , kemudian buatlah 2Pilih Bezier Tool objek seperti dalam gambar.

pilih preset di Property bar Texture.

menambahkan atau mengurangi nodes dengan cara double klik garis rangka di nodes. juga bisa mencampurkan warna secara halus dengan cara sambil tombol 9Andamengklik warna,berguna menahanmenambahkanberkaliini untuk warna kali (fungsi (dengan Bezier Tool, cukup mengklik tiap titik poros (node) untuk membuat objek tersebut). sebesar 10% saja).

Property bar) Texturizer. 13Pilih mode blending di samping preset (masih di memilih sample dan jenis-jenisnya, sesuai selera dan Anda. 14Anda bisaSample kebutuhan texture Dalam tutorial ini penulis memilih 6. Di samping pilihan texture terdapat slider untuk mengatur tingkat transpransi objek. Anda dapat menggeser slider tersebut sesuai kebutuhan dan selera.

Shape Tool ( ) untuk leng3Pilihlahmemperhalus garismengkung objek tersebut dengan hilangkan node , dan mengonversi tiap node (klik drag dengan Shape Tool keseluruhan objek, lalu klik kanan, dan pilih To Curve.

Untuk mengatur besar area dan tingkat kepadatan texture, Anda dapat mengatur langsung di seleksi objek area, dan men-drag node-nya sesuai kebutuhan. objek daun, diberi warna 10Dalam gambar tiap sisi warnabereksperimen. kuning 16Kemudiandaun (yang + kuning, dan sedikit warna seleksi kedengan menekan putih di setiap sudutnya. Cobalah dua objek pertama dibuat, dan yang telah diberi efek texture transparansi), lalu pilih Arrange > Align and distribute > Align center > Align and centers horizontally ( ). Atau cukup seleksi kedua objek dan tekan , maka

15

4

Lalu perhalus garis lengkung dengan menyeleksi node bagian atas dan bawah, lalu klik opsi Make Node Smooth di

secara otomatif objek texture tersebut berada tepat di atas (melapisi) objek daun.

Property bar , hingga membentuk objek seperti gambar atau Anda bisa mengolahnya sesuai kebutuhan.

dapat menambahkan tekstur pada objek daun tersebut. Pertama, 11Untuk menambah variasi dan kesan nyata, Andakanan duplikasi objek daun yang sudah Anda buat (seleksi klik + drag > Copy Here). Selesailah ilustrasi dengan Mesh Fill yang telah Anda buat. Untuk mempercantik, tambahkan gambar embun yang telah Anda praktikkan sebelumnya. Mesh Fill telas selesai Anda praktikkan. Cobalah membuat objek lain dengan prinsip kerja Mesh Fill di atas. Karena fasilitas ini memungkinkan Anda membuat objek vektor terlihat lebih realistis.
Disertakan di CD edisi 05/2009

17

hijau, dan hilangkan outline-nya (sesuai daun), lalu 5Beri warna klik Interactive Mesh Fill (M). warna

05/2009

35

Freeware

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Desktop
Sebutan untuk tampilan layar Windows pada saat tidak ada satu pun jendela aplikasi yang aktif. Pada desktop biasanya terdapat banyak icon shortcut menuju file atau aplikasi yang sering digunakan.

DeskTask 1.1
Tampilkan Task & Calender di Desktop
Menampilkan Calender dan Task Microsoft Outlook pada desktop, akan memudahkan user untuk melihat dan mengaksesnya di saat bekerja. Anda dapat mewujudkannya melalui penggunaaan aplikasi DesktTask.

aplikasi DeskTask menampilkan Calender dan Task. Untuk menambahkan Calender Microsoft Outlook pada menu tersebut, klik Calender. Untuk

4

Microsoft Outlook
E-mail client dengan ftur lengkap yang terintegrasi dengan Microsoft Office dan eXchange Server. Outlook juga menyediakan performa dan integrasi dengan browser Internet Explorer 5.5. Terintegrasi dengan fitur lengkap antara lain untuk penggunaan e-mail, kalender, dan manajemen contact menjadikan Outlook sebuah e-mail client sempurna bagi user bisnis. Aplikasi ini termasuk aplikasi komersial dari Microsoft.

Kesibukan aktivitas user dapat disimpan dan dicatat dalam Microsoft Outlook yang memang menyediakan fasilitas Calender beserta Task selain dari fungsi utamanya sebagai e-mail client. Sayangnya, Calender dan Task tersebut tidak secara otomatis ditampilkan atau diletakkan pada bagian yang mudah terlihat seperti desktop. Anda dapat mengatasi kelemahan dari Microsoft Outlook tersebut melalui penggunaan aplikasi DeskTask. DeskTask bisa di-download dari www. carthagosoft.net/desktask.zip dengan ukuran file 570 KB. dan ekstrak ke folder yang Anda inginkan. 1DownloadSetup.exe untuk Jalankan file memulai instalasi. Ikuti tahapan instalasi hingga selesai. Jalankan aplikasi DeskTask melalui start menu program Windows. Jika memunculkan pesan error , berarti Anda perlu menginstal Microsoft Outlook, karena OS Anda tidak memilikinya. Aplikasi ini mengambil data yang berasal dari Microsoft Outlook. Microsoft Outlook berbeda dengan Outlook Express. Pastikan Anda sudah mengisi account e-mail, mengisikan Calender, beserta Task jadwal aktivitas yang ada pada Microsoft Outlook. Coba kembali jalankan aplikasi DeskTask. Aplikasi akan tampil pada sistem tray. Klik kanan icon tersebut, dan akan tampil pilihan menu konfigurasi dari DeskTask. Lihat desktop Anda. Tentunya jika berjalan normal,

menambahkan Task, klik Task.

mengonfigurasikan DeskTask melalui 5Anda dapat pada menu system tray DeskTask. Andaoption menu yang ditampilkan dapat mengganti jenis, ukuran dan warna font, bahasa, refresh DeskTask, background, Calender ditampilkan, dan Task ditampilkan.
Disertakan di CD edisi 05/2009

Outlook Express
E-mail dan news client yang dibundel di dalam operating system Windows. Outlook Express adalah penyederhanaan dari aplikasi Outlook yang termasuk ke dalam office suite milik Microsoft.

2

3

Registry
Informasi database yang berada pada sistem operasi Windows 95 ke atas. Database ini menyimpan pengaturan yang kita lakukan pada komputer, dan setiap kali Windows beroperasi registry akan mengisinya dengan beberapa variabel atau nilai yang mengatur sistem komputer. Jadi secara konsepsional registry adalah database terpusat yang dipakai Windows, dan aplikasi yang berjalan di atasnya untuk menyimpan informasi konfigurasinya. Informasi tersebut berisi sistem hardware, software, dan komunikasi. Setiap program aplikasi dapat mengambil dan mengubah informasi tersebut. Jadi bila terjadi crash atau error pada saat kita menjalankan program aplikasi, kemungkinan besar program tersebut telah mengkonfigurasi sistem registry yang tidak sesuai dengan program lain yang berjalan.

TweakXPlorer 2.60
Ubah Tampilan Windows Explorer
Sulit menemukan folder Anda ataupun bosan dengan tampilan folder yang monoton? Anda dapat mengubahnya pada background, thumbnail, dan toolbar folder dengan mudah melalui aplikasi TweakXPlorer.

toolbar dan nail, Anda 3Untuk caranya sama. thumbbisa melakukannya lewat tab TweakToolbar dan TweakThumbnail. Setelah diubah, toolbar akan terlihat seperti ini , dan thumb-

Memanipulasi tampilan Windows Explorer merupakan salah satu cara untuk memudahkan user untuk mengenali item yang terdapat di dalamnya, yaitu folder. Jika tampilan folder itu sendiri telah mencerminkan isinya, tentu kita akan mudah mencarinya. Tanpa perlu mengotak-atik registry, aplikasi ini dapat mengganti background folder, toolbar, dan thumbnail pada Windows Explorer dengan mudah, di saat menampilkan folder tertentu. Dan jika tidak diperlukan lagi, Anda dapat dengan mudah juga untuk menghapus efeknya. TweakXPlorer dapat di-download di url www.d-oneproduction.co.cc/tweakxplorer.html dengan ukuran file 2,6 MB. Aplikasi ini merupakan aplikasi buatan orang Indonesia, yang bernama M. Aditya Firmansyah. isntalasi sehingga dapat 1Aplikasidiini tidak memerlukan langsung jalankan. Jalankan file TweakXPlorer.exe. Untuk melakukan tweak folder, klik pada tab TweakFolder , tentukan folder yang akan diganti background Windows Explorer-nya dengan menekan tombol . Kemudian lakukan seleksi gambar dengan mengklik tombol Apply Background untuk mengaktifkan prosesnya. Jika timbul pesan error, perhatikan kode error yang tampil, dan lihat pada menu Help TweakXPlorer untuk lebih jelasnya. Jika berhasil, aplikasi ini akan menampilkan pesan Done untuk proses tersebut. Background folder akan terlihat berbeda dari sebelumnya.

nail akan seperti ini. menghapus efek ter4Untukmengklik tombol Resebut, dapat dengan mudah dengan move Background, Remove Toolbar Background, dan Remove Thumbnail.
Disertakan di CD edisi 05/2009

System Tray
Bagian dari taskbar, berada di sudut kanan bawah yang menampilkan icon waktu, networking, antivirus, printer, volume, status baterai, dan lain sebagainya. Double klik ataupun klik kanan untuk menampilkan dan mengakses info detail dan control. System tray diperkenalkan pertama kali di Microsoft Windows 95, dan hingga saat ini diterapkan pada sistem operasi Windows 98, 98SE, ME, NT4, 2000, XP dan Vista.

2

Thumbnail
Miniatur file gambar atau slide dengan resolusi rendah yang ditampilkan pada browser atau aplikasi tertentu. Thumbnail digunakan untuk membantu user melihat isi file (slide) sebelum menentukan file slide mana yang akan dibuka.

. Klik tombol

36

05/2009

Tip & Trik: Ubuntu 8.10

Linux & Open Source

Ubuntu 8.10
Instalasi Ubuntu Tweak
Ingin melakukan proses tweak desktop Ubuntu dengan mudah? Untuk mempermudah, gunakan saja Ubuntu Tweak.

3

Setelah download file Ubuntu Tweak selesai, lakukan proses instalasi Ubuntu Tweak dengan perintah berikut:

Inilah Definisinya!
Compiz Fusion
Sekumpulan plugins dan sistem konfigurasi untuk menghadirkan 3D desktop di X Window System. Compiz Fusion merupakan project gabungan antara project Compiz dengan project Beryl. Tujuan project ini adalah melakukan proses porting semua fitur di Beryl ke plugins Compiz, dan melanjutkan pembuatan plugin Compiz.

Ubuntu Tweak adalah aplikasi yang didesain untuk melakukan proses konfigurasi desktop Ubuntu secara mudah. Dengan Ubuntu Tweak, proses konfigurasi GConf yang sulit menjadi terasa mudah dilakukan.

1

$ sudo dpkg -i ubuntu-tweak_0.4.5-1~getdeb1_all.deb

dapat melakukan dari menu Applications | System Tools | Ubuntu Tweak. 2Sebelumdigunakan Ubuntuproses Tweak, download paket Ubuntu Tweak 4Selesai proses instalasi, Anda dapat segera menjalankan Ubuntu Tweak terlebih dahulu dari url www.getdeb.net/release/3818. Pada saat penulisan artikel ini, Tweak 0.4.5-1.

Dropbox
Layanan penyimpanan yang disediakan oleh Evenflow, Inc. Layanan ini mempermudah pengguna untuk menyimpan dan mensinkronisasikan file secara online antar komputer. Dropbox juga memiliki aplikasi Dropbox client yang bersifat cross platform, sehingga memudahkan user untuk menaruh file ke folder Dropbox lalu kemudian disinkronisasikan ke account Dropbox user bersangkutan di Internet.

Gconf

Beta

Ubuntu 8.10
Tip Ubuntu Tweak
Proses tweak Ubuntu dapat dilakukan secara mudah dengan hanya menggunakan klik mouse. Berikut beberapa tipnya:

Ubuntu dengan baik, dari Ubuntu Tweak, klik menu Applications | Third-Party Sources.

Mengganti Splash Screen Mengganti splash screen desktop GNOME di Ubuntu dapat dilakukan dengan mudah. Dari halaman utama Ubuntu Tweak, klik menu Startup. Pada menu Startup, beri tanda centang pada pilihan Show splash screen, lalu arahkan ke lokasi dimana Anda menaruh file gambar yang ingin dijadikan gambar splash screen yang baru.

Sistem yang digunakan oleh desktop GNOME yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi desktop dan aplikasi GNOME. Perubahan sistem ini dikontrol oleh aplikasi GConfd. GConfd melihat perubahan yang terjadi dalam database, dan kapan perubahan itu terjadi untuk kemudian menerapkan setingan baru tersebut ke aplikasi yang menggunakannya.

1

GNOME
Lingkungan desktop untuk X Windows System yang dapat berjalan pada beberapa sistem operasi. GNOME dibuat berbasiskan GTK+, dan telah menyertakan framework untuk pembuatan aplikasi, dan sejumlah aplikasi terpilih untuk desktop. GNOME juga dapat memanajemen aplikasi yang ingin dijalankan, menangani proses file, dan manajemen window serta tugas.

repositori software yang ingin diinstal telah ditambahkan, klik 6SetelahApplications| Add/Remove. Pilih software yang ingin diinstal, menu lalu klik Apply.

Tweak
Proses untuk mengoptimalkan unjuk kerja dan kualitas output dari aplikasi yang dijalankan. Terdapat dua cara untuk melakukan tweak yakni dengan melakukan pengubahan pada kode program, dan lainnya dengan menggunakan aplikasi yang memang ditujukan untuk proses tweaking.

dari desktop, masuk ke 2Setelah itu, logoutUbuntu, Andadan login kembali. Saat inginyang Anda halaman desktop akan melihat splash screen pilih sebelumnya. Lock-Down Panel menyembunyikan menu properties yang terdapat klik 3Inginatau menu apapun yangTweak, klik menu Desktop padaGNOME.kanan icon terdapat di panel? Untuk melakukan hal ini, dari halaman utama Ubuntu | Beri tanda centang pada pilihan Complete lockdown of all panels. melakukan Anda dapat melakukan klik kanan pada 4Untuk menu panel.pengetesan,move untuk memindahkan lokasidishortcut, icon di Kini menu menu Remove from Panel, dan sejenisnya sudah tidak terdapat lagi panel. Instalasi Third-Party Sources Ingin dapat menginstalasikan codec multimedia, paket Compiz Fusion, Nautilus Dropbox, VirtualBox, atau paket menarik lainnya secara mudah? Setelah memastikan PC Anda telah terkoneksi ke repositori utama

VirtualBox
Software virtualisasi untuk platform x86 yang pada awalnya dibuat oleh Innotek, dan kini sudah diakuisisi oleh Sun Microsystems. Aplikasi ini dapat diinstalasi pada berbagai macam host sistem operasi dan dapat mengemulasikan berbagai macam guest sistem operasi dalam lingkungan virtualnya.

5

05/2009

37

Pemrograman

Tip & Trik: AJAX

Inilah Definisinya!
Boolean
Logika Boolean hanya mengenal dua nilai variabel: True dan False. Jika sebuah variabel tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya, akan diberi nilai salah atau direpresentasikan dengan angka 0. Lawan dari false adalah true.

AJAX
Menampilkan Hasil Pencarian Secara Langsung
Kalau kita perhatikan, beberapa waktu ini Google menambahkan sebuah fasilitas, yaitu menampilkan secara langsung jumlah pencarian pada saat kita memasukkan sebuah keyword pada kotak pencarian. Jumlah ini menunjukkan berapa banyak link yang dapat ditemukan oleh Google. Dengan menggunakan teknologi AJAX, kita dapat membuat model pencarian yang serupa.

} ?> </center> terhadap PHP, kita gunakan Pada kasus 3Untuk koneksinama usercari. koneksi MySQLconn.php.root, password ini digunakan untuk adalah kosong, dan nama database <?php $conn = mysql_connect(“localhost”,”root”,””) or die (“could not connect to server”); mysql_select_db(“cari”,$conn) or die(“could not connect to database”); ?> punggung utama dari script PHP yang melakukan pencarian, ada pada file script_page.php. inilah 4Tulangmemberikan hasil jumlah Pada scriptyang ada:pencarian dilakukan, sekaligus pencarian <?php include(‘conn.php’); $strlen = strlen($_GET[‘content’]); $display_count = $_GET[‘count’]; $select = “select * from click_records where keyword like ‘%”.$_GET[‘content’].”%’”; $res = mysql_query($select); $rec_count = mysql_num_rows($res); if($display_count) { echo “Ada <font color=’red’ size=’3’>”. $rec_count.”</font> Ditemukan. Click Cari untuk menampilkan.”; } else { ?> <center> <table class=”sofT” cellspacing=”0” border=”1”> <tr><td colspan=”5” class=”helpHed” align=”center”>Hasil</td> </tr><tr> <td class=’helpHed’>Id</td> <td class=’helpHed’>Keyword</td> <td class=’helpHed’>Advertiser id</td> <td class=’helpHed’>Click_date</td> <td class=’helpHed’>Click Count</td> </tr> <?php if($rec_count > 0) { while($data=mysql_fetch_array($res)) { echo “<tr> <td class=’sup’>”.$data[‘id’].”</td> <td class=’sup’>”.$data[‘keyword’].”</td> <td class=’sup’>”.$data[‘advertiser_id’].”</td> <td class=’sup’>”.$data[‘click_date’].”</td> <td class=’sup’>”.$data[‘clicks’].”</td> </tr>”; } } else echo ‘<td colspan=”5” align=”center”> <FONT SIZE=”2” COLOR=”red”>Tidak ada record yang ditemukan....!</FONT></td>’; } ?> </center> respons dari menggunakan Javascript. Simpan ajax.js. 5Terakhir adalah untuk mengatur dengan nama permintaan user dengan subject_id = ‘’; function handleHttpResponse() { if (http.readyState == 4) { if (subject_id != ‘’) { document.getElementById(subject_id).innerHTML = http. responseText; }}} function getHTTPObject() { var xmlhttp; if (!xmlhttp && typeof XMLHttpRequest != ‘undefined’) { try {xmlhttp = new XMLHttpRequest();} catch (e) {xmlhttp = false; } } return xmlhttp; } var http = getHTTPObject(); ketika 6Tampilan yang didapatkan adalah dijalankan pada browser sebagai berikut:
Disertakan di CD edisi 05/2009

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: terlebih dulu membuat database tabel dan record 1Kita nama tabel tabelcari: hendak dicari.besertanama database-nyauntuk menampung data yang Beri cari, dengan CREATE TABLE tabelcari ( id int(10) NOT NULL auto_increment, keyword varchar(200) default NULL, advertiser_id varchar(50) default ‘0’, advertisement_id varchar(40) default NULL, campaign_id int(10) default NULL, clicks varchar(1000) NOT NULL, click_date date default NULL, PRIMARY KEY (id) ) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=68 ; INSERT INTO tabelcari VALUES (1, ‘acting’, ‘57’, ‘1’, 1, ‘77’, ‘2007-07-31’); INSERT INTO tabelcari VALUES (2, ‘art’, ‘57’, ‘1’, 1, ‘37’, ‘2007-07-31’); INSERT INTO tabelcari VALUES (3, ‘art’, ‘57’, ‘1’, 1, ‘18’, ‘2007-09-22’); INSERT INTO tabelcari VALUES (4, ‘acting’, ‘57’, ‘1’, 1, ‘43’, ‘2007-09-21’); INSERT INTO tabelcari VALUES (5, ‘art’, ‘57’, ‘1’, 1, ‘25’, ‘2007-07-31’); INSERT INTO tabelcari VALUES (6, ‘out’, ‘51’, ‘11’, 52, ‘18’, ‘2007-09-27’); ... (data selengkapnya ada di CD)

ByVal
Keyword yang mengindikasikan bahwa sebuah argumen dilewati sedemikian rupa, sehingga prosedur pemanggilan atau propertinya tidak bisa mengubah nilai dari variabel yang berada di dalam argumen.

DataGrid
Komponen yang disediakan pada VB untuk menampilkan data dalam bentuk tabel. Untuk menggunakan DataGrid, Anda perlu mengikut sertakan Microsoft DataGrid Control 6.0.

Integer
Bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, ...) dan negatifnya (1, -2, -3, ...; -0 adalah sama dengan 0 dan tidak dimasukkan lagi secara terpisah).

2File index.php sebagai yang kali pertama dijalankan adalah sebagai berikut:
<?php include(‘conn.php’); $strlen = strlen($_GET[‘content’]); $display_count = $_GET[‘count’]; $select = “select * from click_records where keyword like ‘%”.$_GET[‘content’].”%’”; $res = mysql_query($select); $rec_count = mysql_num_rows($res); if($display_count) { echo “Ada <font color=’red’ size=’3’>”. $rec_count.”</font> Ditemukan. Click Cari untuk menampilkan.”; } else { ?> <center> <table class=”sofT” cellspacing=”0” border=”1”> <tr> <td colspan=”5” class=”helpHed” align=”center”>Search Result</td> </tr> <tr> <td class=’helpHed’>Id</td> <td class=’helpHed’>Keyword</td> <td class=’helpHed’>Advertiser id</td> <td class=’helpHed’>Click_date</td> <td class=’helpHed’>Click Count</td> </tr> <?php if($rec_count > 0) { while($data=mysql_fetch_array($res)) { echo “<tr> <td class=’sup’>”.$data[‘id’].”</td> <td class=’sup’>”.$data[‘keyword’].”</td> <td class=’sup’>”.$data[‘advertiser_id’].”</td> <td class=’sup’>”.$data[‘click_date’].”</td> <td class=’sup’>”.$data[‘clicks’].”</td> </tr>”; } } else echo ‘<td colspan=”5” align=”center”> <FONT SIZE=”2” COLOR=”red”>Tidak ada record yang ditemukan....!</FONT></td>’;

Keyword
Atau biasa disebut juga sebagai kata kunci. Kata atau frase yang digunakan ketika melakukan pencarian website dengan search engine. Keyword juga dapat digunakan sebagai kata atau frase yang dicari dalam kamus elektronik.

Strlen
Fungsi strlen() digunakan untuk menghitung jumlah karakter dari sebuah string. Syntak dasarnya strlen(string). Parameter string merupakan nilai yang akan dicari jumlahnya atau panjang dari sebuah karakter.

Varchar
Atau Variable Character Field adalah kumpulan karakter data yang panjangnya tidak pasti. Varchar secara khusus dipakai untuk sistem manajemen database. Jumlah field dalam varchar bisa berapa saja tergantung dari batasnya, dan batas tersebut berbeda-beda untuk setiap database. Contohnya Oracle 9i Database memiliki batas 4000 bytes, MySQL Database memilii batas 65,535 bytes dan Microsoft SQL Server 2005 dibatasi hingga 8000 bytes. Varchar sangat populer di sistem manajemen database karena varchar tidak menyimpan karakter blank seperti pada kumpulan karakter berukuran tetap (fixed size). Sehingga ukuran database bisa berkurang karena tidak semua area field dipakai.

38

05/2009

Tip & Trik: Visual Basic .net

Pemrograman

Visual Basic .net
Mengisi DataGrid dengan Gambar
Kontrol DataGrid digunakan untuk menampilkan data dari sebuah database pada VB.NET. Karena ini merupakan satusatunya komponen grid yang dipunyai Microsoft, umumnya programmer tidak mempunyai banyak pilihan selain memanfaatkan kontrol DataGrid ini untuk menampilkan data atau query pada aplikasi database yang dibuatnya.

Private Sub btnReferesh_Click(ByVal sender As System.Object, _ ByVal e As System.EventArgs) Handles btnReferesh.Click RefereshRec() End Sub Private Sub DataGrid1_CurrentCellChanged(ByVal sender As Object, _ ByVal e As System.EventArgs) Handles DataGrid1.CurrentCellChanged RetreiveImages() End Sub

FileAccess.Write) fs.Write(MyData, 0, intData) fs.Close() MyData = Nothing ItemPicture.Image = Image.FromFile(“c:\ tempimage.jpg”) Catch ex As Exception ‘ MessageBox.Show(ex.Message.ToString) Finally cn.Close() End Try End Sub

Ketika harus menampilkan data, tentunya tidak semua data berupa teks. Bisa jadi data adalah berupa gambar. Apakah DataGrid dapat digunakan untuk menampilkan gambar? Tip berikut adalah salah satu cara untuk menampilkan gambar pada kontrol DataGrid. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah: Buat Project (Windows Application) dengan form baru yang di dalamnya 1sebuahNewbernama btnRefresh, danterdapat sebuah command button yang sebuah DataGrid yang bernama DataGrid1.

4Subrutin untuk menampilkan gambarnya adalah:
Private Sub RetreiveImages() Try Dim MyData As Byte() = Nothing Dim crPosition As Integer crPosition = Me.BindingContext(dt).

Private Sub RefereshRec() cmd.CommandText = “SELECT ItemsID, Item as Item, _ ItemPicture FROM tblPicture ORDER BY ItemsID” cmd.CommandType = CommandType.Text cmd.Connection = cn da.SelectCommand = cmd ds.Clear() da.Fill(ds, “tblPicture”) dt = ds.Tables(“tblPicture”) dgStyle.MappingName = dt.TableName DataGrid1.TableStyles.Add(dgStyle) dgStyle.PreferredRowHeight = 135 dgStyle.PreferredColumnWidth = 205 colStyle = DataGrid1.TableStyles(0). GridColumnStyles DataGrid1.DataSource = dt colStyle(0).Width = 150 colStyle(1).Width = 150 colStyle(2).Width = 150

2

Deklarasi awal dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

Position If blnNew = True Then ItemPicture.Image. Dispose() blnNew = True MyData = CType(ds.Tables(0).Rows(crPositio n)(“ItemPicture”), Byte()) Dim intData As New Integer intData = MyData.GetUpperBound(0) Dim fs As New FileStream(“c:\tempimage. jpg”, _ FileMode.OpenOrCreate,

Imports System.IO imports System.Data.OleDb Public Class Form1 Inherits System.Windows.Forms.Form Dim ItemPicture As System.Windows.Forms. PictureBox Dim dgCell As DataGridCell Dim colStyle As GridColumnStylesCollection Dim dgStyle As New DataGridTableStyle Dim dgTable As DataGridTextBoxColumn Dim blnNew As Boolean = False Dim intRow As Integer, intCol As Integer

dgTable = CType(DataGrid1.TableStyles(0). GridColumnStyles(2), _ DataGridTextBoxColumn) ItemPicture.Visible = True ItemPicture.Focus() dgTable.TextBox.Controls.Add(ItemPicture) Dim dgCell As DataGridCell dgCell = New DataGridCell(intRow, 2) DataGrid1.CurrentCell = dgCell End Sub

5Tampilan yang didapatkan untuk aplikasi di atas adalah:
Disertakan di CD edisi 05/2009

3Event-event yang perlu dicegat:
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System. Object, _ ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load intRow = 0 ItemPicture = New PictureBox ItemPicture.Width = 148 ItemPicture.Height = 124 ItemPicture.Cursor = System.Windows. Forms.Cursors.Arrow ItemPicture.Dock = DockStyle.Fill ItemPicture.SizeMode = PictureBoxSizeMode.StretchImage AddHandler ItemPicture.Click, AddressOf ClickCBO RefereshRec() End Sub Private Sub ClickCBO(ByVal sender As System. Object, ByVal e As System.EventArgs) ItemPicture.ContextMenu = (ImageMenu) End Sub

05/2009

39

Kuis

TTS
Kupon Kuis TTS PC MILD 05/09

Mendatar 2. Layar lebar 7. Uniform Resource Locator 8. Penguasa jaringan 10. Streaming SIMD Extensions 11. Penerus PCMCIA 15. Internet Packet eXchange 16. Variabel yang berfungsi menambah perintah tertentu 17. Interface yang dipakai harddisk/CDROM 18. Dynamic Host Configuration Protocol 19. Common Gateway Interface 21. Application Programming Interface 22. Port untuk printer 23. Standar display dengan resolusi 800x600 24. Standar display dengan resolusi 1024x768 26. Buku elektronik 27. Audio player paling laris sedunia Menurun 1. Temannya keyboard 2. Gambar yang dipakai untuk menghias desktop 3. Kependekan dari database 4. Compact Disk Interactive 5. Layanan seluler untuk bertukar ringtone dan logo 6. Distro yang sekarang bernama SCO UNIX 9. Multimedia Message Service 12. Aktivitas pemindaian disk 13. Fitur yang menjalankan disk secara otomatis 14. Yang dibutuhkan oleh game 20. Selain GNOME 21. Processor terbaru Intel untuk mobile PC 25. Yang mengakuisisi ATI

Setelah TTS dilengkapi dengan benar, susunlah huruf dari kotak-kotak berwarna kuning secara berurutan sesuai abjad yang tersedia di bawah ini. Susun menjadi
Nama kode salah satu versi Windows:
A B C D E F G

[A]

CARA MENJAWAB (Pilih Salah Satu): Pelanggan Indosat (Matrix, IM3, Mentari, StarOne); Telkomsel (Halo, Simpati, As); XL (Xplor, Bebas, Jempol); Flexi; Mobile-8 (Fren); Esia kirim SMS ke 7669: MILD<spasi>05<spasi>JAWABAN<spasi>NAMA Contoh: MILD 05 KOMPUTER BUDI

Untuk kartu pos Redaksi PC No.11, [B] Jakarta 10430, dikirim kekupon kuis MILD,diJl. Kramat IV atas. sertakan TTS pojok kanan SMS dan kartu pos diterima selambat-lambatnya 5 Maret 2009. Nama pemenang diumumkan pada PC Mild 07/2009 yang terbit 2 April 2009. Tarif premium Rp2.000++ per SMS. Gunakan pulsa Anda secara bijak. Jawaban TTS edisi 03/2009 Mendatar 2. ISDN 4. DBMS 6. GAMMA 8. BANIAS 9. RFID 11. HTC 13. ACCELERATOR 15. WINSOCK 16. MPEG 18. FIRMWARE Menurun 1. JABBER 2. IRWINDALE 3. DDOS 5. SLAX 6. GALLATIN 7. MOTHERBOARD 10. FIREWIRE 12. CLICK 13. ATOM 14. CORE 17. PSD PENGUMUMAN PEMENANG EDISI 03/2009 Jawaban: SNIFFER Masing-masing pemenang mendapatkan 1 unit MP3 Player Zotac Salsa 100 128 MB yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics: Yogi 081227522XXX Rony Subagio 085652420XXX Adi 087883312XXX Pemenang harap menghubungi sekretariat PC Mild di Telp. 0213153731 ext. 127 atau e-mail ke evawani.putri@pcmedia.co.id untuk konfirmasi pengambilan hadiah paling lambat 5 April 2009. Hadiah yang tidak diklaim dinyatakan hangus.

Dapatkan!

2 Unit MP3 Player Zotac Bomba 100 512 MB untuk 2 orang pemenang yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics
Asiaraya Computronics: Mangga Dua Mall Lt 4 A-62, Telp: 021-6019408 www.alamraya.co.id

40

05/2009

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->