Disusun oleh

:
TRI SAPUTRO NIM : D02I0 868

i

DAFTAR ISI

Halaman depan……………………………………………….……..i Daftar isi…………………………………………….........................ii Kata pengantar ……………………………………………………...iii

latar belakang ……………………………....….. tujuan penulisan ………………………………..………...... Saran………………………………………………... atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul: “PERSENDIAN DAN SISTEM OTOT RANGKA MANUSIA” ... C... ii KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa... BAB III PENUTUP A..... B......BAB I PENDAHULUAN A.. Kesimpulan………………………………………………. B. BAB II PEMBAHASAN…………………………………………..... Daftar pustaka…………………………………………….

penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini. LATAR BELAKANG . penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan. iii BAB I PENDAHULUAN A.saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini. tim penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya. penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian.

agar para mahasiswa lebih mempunyai pengetahuan di bidang anatomi.khususnya pada persendian dan sistem otot rangka manusia.oleh karena itu penulis membuat makalah ini. Melalui makalah ini. B. 2.mata kuliah anatomi sangat berperan penting.Dikalangan para mahasiswa. kami mencoba untuk memberikan beberapa pengertian tentang materi – materi tentang persendian dan sistem otot rangka manusia. karena mata kuliah anatomi membahas tentang bagaimana mengurai tubuh manusia. TUJUAN PENULISAN Tujuan penulisan makalah ini adalah: 1. mengetahui jenis – jenis dan kegunaan persendian mengetahui system otot rangka manusia secara mendelam BAB II PEMBAHASAN .

contoh: persendian yang terdapat pad tulang-tulang pergelangan tangan. tulang badan dan tulang anggota gerak. Tulang saling berhubungan satusama lain. Hubungan ruas-ruas tulang belakang. yaitu persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah. Berdasarkan arah geraknya. sendi kaku (amfiartrosis). sendi dibedakan menjadi limamacam sebagai berikut. sendi putar. contoh: persendianantara tulang ibu jari dan tulang telapak tangan Persendian Persendian adalah hubungan antara dua tulang atau lebih. meliputi : • Sendi Engsel. tulang dibedakan menjadi 3 yaitu tulang pipa.Persendian sendi pada manusia Berdasarkan kekerasannya. Contoh : Hubungan antar tulang-tulang tengkorak ? 2. sendi engsel. sendi dibedakan menjadi tiga macam yaitu sendi mati (sinartrosis). terdapat pada hubungan antara : o ruas-ruas jari o siku o lutut . contoh: persendian siku. Contoh : hubungan tulang rusuk dengan tulang dada. Berdasarkan bentuknya.yaitu persendian yang memungkinkan terjadinya gerak dua arahatau gerakan seperti orang naik kuda. yaitu persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan bergeser. yang dilumasi dengan cairan synovial. sendi pelana. Hubungan Sinartrosis • Sinkondrosis : antara tulang dihubungkan melalui tulang rawan sehingga memungkinkan sedikit gerak akibat elastisitas tulang rawan. dan tulang pendek. yaitu persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke segala arah. tulang pipih. • Sinfibrosis : kedua ujung tulang dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosis yang pada akhirnya mengalami penulangan dan tidak memungkinkan adanya gerak. • • • • • sendi peluru. yaitu persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan berputar. Tulang-tulang tersebut menyusun rangka. Persendian dibedakan menjadi 2 yaitu: 1. contoh: persendian antara tulang hasta dan tulang pengumpil. sendi geser. Contoh: persendianantara tulang paha dengan tulang gelang panggul. rangka tersusun atas tulang tengkorak. Berdasarkan sifat geraknya. Hubungan antar tulang di sebut sendi. Hubungan Diartrosis Hubungan antar tulang ini memunkinkan terjadinya gerak karena pada ujung-ujung tulang terdapat lapisan tulang rawan hyalin. dan sendi gerak (diatrosis). tulang dibedakan menjadi 2 yaitu tulang rawan dan tulang keras.

otot bekerja dengan memendek (berkontraksi) dan mengendur (relaksasi) Cara kerja otot dapat dibedakan : • Secara antagonis atau berlawanan. tulang punggung yang terlalu bengkok ke belakang • Skoliosis. *-Fraktura (patah tulang) *-Fisura (retak tulang) *-Arthritis (radang sendi) *-Memar Sistem Otot ? Jenis-jenis Otot • Otot Polos • Otot Lurik/otot rangka • Otot Jantung (miokardium) Cara Kerja Otot Dengan adanya protein khusus aktin dan miosin. Contoh: Otot trisep dan bisep pada lengan atas. dan fosfor. tulang punggung yang bengkok ke kiri atau ke kanan *-Kelainan tulang karena kekurangan gizi • Kekurangan zat gizi seperti vitamin D. . terdapat pada hubungan antara : o tulang-tulang pergelangan tangan o tulang-tulang pergelangan kaki Kelainan Pada Tulang *-Kelainan tulang karena kebiasaan yang salah : • Lordosis.• Sendi Putar. dapat menimbulkan gangguan proses pembentukan tulang. terdapat pada hubungan antara : o Ruas-ruas jari dengan telapak kaki • Sendi Peluru. terdapat pada hubungan antara : o tulang hasta dengan pengumpil o tulang kepala dengan tulang atlas • Sendi Pelana. zat kapur. yaitu cara kerja dari dua otot yang satu berkontraksi dan yang lain relaksasi. tulang punggung yang terlalu bengkok ke depan • Kiposis. terdapat pada hubungan antara : o tulang lengan dengan gelang bahu o tulang paha dengan gelang panggul • Sendi Kaku.

Kranium * Berfungsi untuk melindungi otak. yaitu cara kerja dari dua otot atau lebih yang sama berkontraksi dan sama-sama berelaksasi.• Secara sinergis atau bersamaan. Tulang hidung * Berfungsi untuk menyokong tisu-tisu hidung yang lembut. Bahagian-bahagian tengkorak ialah: 1. Tulang dinamakan mengikut tempatnya. walaupun sistem rangka hidrostatik dapat pula dikelompokkan secara terpisah dari dua jenis lainnya karena tidak adanya struktur penunjang. dan basis cairan (rangka hidrostatik). Rata-rata manusia dewasa memiliki 206 tulang. 2 bahagian sistem rangka manusia iaitu: 1. Contoh : – otot-otot pronator yang terletak pada lengan bawah . tendon. * Mempunyai 8 kepingan tulang yang berasingan bercantum melalui satur(sendi tak bergerak). otot. 3. internal. Lubang telinga .otot-otot perut RANGKA MANUSIA Sistem rangka adalah suatu sistem organ yang memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup. Sistem rangka umumnya dibagi menjadi tiga tipe: eksternal. Rangka paksi * Tengkorak * Turus vertebra * Sangkar rusuk 2. Rangka apendaj * Lengkungan pektoral * Lengkungan pelvis * Tulang-tulang anggota hadapan * Tulang-tulang anggota Belakang [sunting] Rangka paksi [sunting] Tengkorak Rangka atau tulang-tulang tengkorak ini melindungi kepala dan organ-organ dalam kepala. dan organ lainnya.otot-otot dada . 4. 2. Rangka manusia dibentuk dari tulang tunggal atau gabungan (seperti tengkorak) yang ditunjang oleh struktur lain seperti ligamen. walaupun jumlah ini dapat Sejumlah 206 tulang membentuk sistem rangka manusia dewasa. Soket mata (atau Orbit) * Berfungsi untuk melindungi kedua-dua bebola mata.

Rahang bawah (atau Mendibel) * Berfungsi menyokong barisan gigi bawah. iaitu untuk menguyah makanan dan sebagainya. Bukaan pada dasar tengkorak * Berfungsi untuk menyambung tengkorak dengan turus vertebra.* Berfungsi untuk melindungi bahagian dalam telinga. 5. Sentrum * Bersifat Pejal dan tegar * Memberi sokongan * Menentang daya mampatan 2. Diantara tulang-tulang vertebra. Rahang atas (atau Maksila) * Berfungsi menyokong barisan gigi atas. 7. Zigapofisis * Merupakan muka sendi antara 2 vertebra. Cuaran spina * Berfungsi untuk melekatkan otot 6. Arka * Merupakan lengkuk saraf * Terletak pada bahagian dorsal sentrum * Melindungi saraf tunjang 3. * Prazigapofisis mengarah ke atas. Turus vertebra berfungsi untuk melindungi saraf tunjang yang terletak dibahagian tengahnya. 6. * Postzigapofisis mengarah ke bawah. Salur saraf * Merupakan salur rongga kosong * Berfungsi sebagai laluan saraf tunjang 4. Pada setiap hujungnya terbentuk satu turus yang boleh luntur. Bahagian-bahagian turus vertebra ialah: * 7 vertebra serviks – Bahagian leher * 12 vertebra toraks – Bahagian toraks * 5 vertebra lumbar – Bahagian pinggang * 5 vertebra sakrum – Bahagian punggung * 4 vertebra koksiks – Bahagian hujung tulang belakang Bahagian-bahagian vertebrata 1. Cuaran melintang * Berfungsi untuk melekatkan otot . terdapat cakera rawan yang bertindak sebagai kusyen untuk penyerap hentakan(daya) dan mengurangkan geseran semasa pergerakan. [sunting] Turus vertebra Tulang-tulang vertebra terdiri daripada 33 ruas tulang bersendi. * Rahang berkebolehan untuk bergerak. 5.

[sunting] Lengkungan pelvis Terdiri daripada 2 tulang kiri dan kanan yang simetri. walaupun beberapa otot . Lengkungan ini terbahagi kepada: * Ilium yang bersendi dengan sakrum. * Berfungsi untuk mengalirkan daya daripada lengan kepada badan manusia. * 3 pasang yang lain dihubung secara tidak langsung dengan rawan. * Lesung glenoid(bahagian tulang skapula) bersendi dengan kepala tulang humerus anggota hadapan. Tulang skapula * Berbentuk sekeping tulang leper yang berupa segitiga. * 7 pasang tulang rusuk bersendi dengan sternum secara terus. * 3 pasang tulang rusuk terakhir tergantung bebas dan tidak dihubungkan kepada sternum. * Bersendi dengan manubrium pada suatu hujung dan cuaran akromion pada suatu hujung yang lain. [sunting] Lengkungan pektoral Terdiri daripada 2 tulang iaitu: 1. Sistem otot pada vertebrata dikontrol oleh sistem saraf. * Membentuk cuaran akromion dan cuaran korakoid yang dianjur daripada spina skapula. Tulang-tulang yang membentuk sangkar rusuk ialah: * 12 pasang tulang rusuk bersendi dengan vertebra toraks dan melengkung ke hadapan. * Iskium (atau tulang pelana) * Pubis (atau tulang ari-ari) Sistem otot rangka manusia Sistem otot adalah sistem organ pada hewan dan manusia yang mengizinkan makhluk tersebut bergerak. Tulang-tulang pada kedua-dua bahagian ini bercantum antara satu sama lain di simfisis pubis pada bahagian ventral. Tulang klavikel * Berbentuk rod dan melengkung sedikit.[sunting] Sangkar rusuk Sangkar rusuk berfungsi untuk melindungi jantung dan peparu. 2. [sunting] Rangka apendaj Model rangka manusia Rangka apendaj bersendi dengan rangka paksi pada bahagian bahu dan punggung.

diperlukan sistem otot. Otot Lurik 2. Sistem otot terdiri dari beberapa bagian yang saling terpisah yang disebut otot-otot. Sebagian besar otot kita melekat pada kerangka tubuh. Otot Polos 3. Otot terbagi menjadi 3. Otot Jantung A. Oleh karena itu. susunan . Manusia sendiri memiliki sekitar 650 jenis otot rangka. Sistem Otot Untuk menggerakkan anggota tubuh kita. yaitu: Sistem otot manusia 1.(seperti otot jantung) dapat bergerak secara otonom. Otot dapat mengerut dan dapat juga menegang.

Otot mimik terkumpul di sekitar mulut. ada yang berbentuk kumparan dan ada pula yang berbentuk kipas. Pada anggota gerak atas kita terdapat otot bahu. Otot ini menentukan gerakan lidah kita. Otot-otot tersebut dapat memendek secara aktif. Biasanya disebabkan oleh penyakit poliomielitis. sebagian ke daerah leher dan ke daerah kepala. otot tungkai atas. Otot-otot batang badan terdiri dari otot-otot perut.: Bergaris-garis teratur.Otot Licin (Otot Polos) . otot terdiri atas : . Otot kunyah melekat pada rahang bawah. Astrofi otot adalah penurunan fungsi otot akibat dari otot yang menjadi kecil dan kehilangan fungsi kontraksi. Otot wajah pada satu atau kedua ujungnya menempel pada kulit sehingga kita dapat menggerakkan kulit wajah (muka) kita.Kaku Leher / Leher Kaku / Stiff . Distrofi otot adalah suatu kelainan otot yang biasanya terjadi pada anak-anak karena adanya penyakit kronis atau cacat bawaan sejak lahir. otot dibedakan menjadi otot-otot batang badan. Otot kepala terdiri dari otot-otot wajah dan otot kunyah. Sedangkan menurut letaknya. otot-otot anggota gerak dan otot-otot kepala. Sedangkan otot-otot anggota gerak bawah dapat dibedakan atas otot pangkal paha. Otot ini disebut juga otot mimik. otot tungkai bawah dan otot kaki. otot-otot punggung. Otot perut terentang antara gelang panggul dan rangka dada. otot-otot dada dan otot-otot leher. Otot punggung berfungsi untuk gerak-gerik tulang belakang. . Otot itu beraneka ragam.Otot Rangka Bergaris-garis tak beraturan.Distrofi Otot .Otot Kardia (Otot Jantung) . Menurut susunannya. Sedangkan Menurut jenis dasarnya otot terdiri dari : .Otot bersirip. rahang bawah dan tengkorak. diantaranya yaitu otot lidah yang berpangkal pada tulang lidah. otot lengan atas.otot adalah suatu sistem alat untuk menguasai gerak aktif dan posisi tubuh kita. otot lengan bawah dan otot tangan. Jenis Dan Macam Gangguan Pada Otot Manusia Pada manusia terdapat beberapa masalah atau gangguan kesehatan pada otot yang terdapat pada tubuh yaitu: . Otot punggung tidak terlihat dari permukaan tubuh. hidung.Astrofi Otot . Pada setiap otot terlihat beberapa empal yang merupakan bagian yang aktif mengerut. Otot ini berfungsi menggerakkan rangka.Kelelahan Otot .Hernis Abdominal Kelelahan otot adalah suatu keadaan di mana otot tidak mampu lagi melakukan kontraksi sehingga mengakibatkan terjadinya kram otot atau kejang-kejang otot.Hipotrofit Otot . mata dan telinga.Otot berserabut sejajar dan . ada yang ceper.

ritmis dan tidak mudah lelah. otot serat lintang (musculus striated) atau otot involunter Struktur : serabut panjang. Otot merupakan alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang. Pada umumnya hewan mempunyai kemampuan untuk bergerak. Saat kembali pada ukuran semula otot disebut dalam keadaan relaksasi. Hipotrofit otot adalah suatu jenis kelainan pada otot yang menyebabkan otot menjadi lebih besar dan tampak kuat disebabkan karena aktivitas otot yang berlebihan yang umumnya karena kerja dan olahraga berlebih. mudah lelah dan tidak beraturan Struktur anatomi dari otot rangka 2. kulit dan rambut setelah mendapat rangsangan. dengan inti berjumlah satu terletak dibagiann tengah. . berwarna/lurik dengan garis terang dan gelap. memiliki satu inti yang terletak di tengah Kontraksi: tidak menurut kehendak. Otot memiliki tiga kemampuan khusus yaitu : kontraktibilitas : kemampuan untuk berkontraksi / memendek Ekstensibilitas : kemampuan untuk melakukan gerakan kebalikan dari gerakan yang ditimbulkan saat kontraksi Elastisitas : kemampuan otot untuk kembali pada ukuran semula setelah berkontraksi.Kaku leher adalah suatu kelainan yang terjadi karena otot yang radang / peradangan otot trapesius leher karena salah gerakan atau adanya hentakan pada leher serta menyebabkan rasa nyeri dan kaku pada leher seseorang. memiliki inti dalam jumlah banyak dan terletak dipinggir Kontraksi: menurut kehendak kita (dibawah kendali sistem syaraf pusat). Jenis otot 1. Kontraksi otot digunakan untuk memindahkan bagian-bagian tubuh & substansi dalam tubuh. Otot merupakan alat gerak aktif. gerakan lambat. silindris. bercabang. kuat. Tulang tidak dapat berfungsi sebagai alat gerak jika tidak digerakan oleh otot. otot lurik Nama lain: otot rangka. Terdiri atas otot polos. gerakan cepat. yaitu penurunan usus yang masuk ke dalam rongga perut. istem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fungsi seperti untuk alat gerak. Hernis abdominal adalah kelainan pada dinding otot perut yang mengakibatkan penyakit hernia atau turun berok. dengan ujung runcing. otot jantung dan otot rangka. Otot Polos Nama lain : otot alat-alat dalam / visceral / musculus nonstriated / otot involunter Struktur : bentuk serabut panjang seperti kumparan. Gerakan tersebut disebabkan karena kerja sama antara otot dan tulang. Kontraksi : tidak menurut kehendak atau diluar kendali sistem saraf pusat. menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. Tampak adanya garis terang dan gelap. ritmis dan tidak mudah lelah Otot adalah sebuah jaringan konektif dalam tubuh yang tugas utamanya kontraksi. otot jantung Nama lain: Myocardium atau musculus cardiata atau otot involunter struktur : Bentuk serabutnya memanjang. gerakan lambat. 3. Otot mampu menggerakan tulang karena mempunyai kemampuan berkontraksi.

Untuk menggerakan tubuh serta menentukan bentuk tubuh. tulang keras dibedakan menjadi tulang kompak(padat) dan tulang spons. Tulang Rawan : • Tulang rawan hanya mengandung sedikit zat kapur sehingga lunak. Melindungi alat-alat tubuh yang penting dan lemah. Otot jantung Otot yang ditemukan dalam jantung ini bekerja secara terus-menerus tanpa henti. 3. • Rongga di dalam tulang berisi sumsum tulang ada 2 macam yaitu sumsum kering dan sumsum merah. Sedangkan berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi tulang pipih.Jenis-jenis otot Jenis-jenis otot yang ada dalam tubuh : Otot lurik Memiliki desain yang efektif untuk pergerakan yang spontan dan membutuhkan tenaga besar. sehingga kuat dan keras. tetapi lebih karena pengaruh hormon. dan bagian-bagian tertentu pada kerangka dewasa. Alat gerak pasif a. Tempat melekatnya otot-otot 4. Susunanya terdiri dari sedikit sel-sel. yang tersusun dari tulang keras (osteon) dan tulang rawan (kartilago) Fungsi kerangka: 1. misalnya otak. b. Kerangka manusia merupakan kerangka dalam. dll. • Pertumbuhan tulang terjadi pada tulang rawan embrional dan kemudian pada cakra epifise. dan matriknya diperkuat dengan zat kapur. Otot lurik (2). Pergerakannya tidak dipengaruhi sinyal syaraf pusat. Otot jantung Otot polos Otot yang ditemukan dalam intestinum dan pembuluh darah bekerja dengan pengaturan dari sistem syaraf bawah sadar. Tulang Keras : Merupakan bagian utama pada kerangka dewasa. dan tulang panjang. Pergerakannya diatur sinyal dari sel syaraf motorik. Otot ini menempel pada kerangka dan digunakan untuk pergerakan Rata-rata seorang pria dewasa memiliki 42% dan seorang wanita dewasa memiliki 36% (dari massa tubuh) Jenis-jenis otot dari kiri ke kanan : (1). Tempat pembentukan sel darh merah dan sel darah putih 5. Otot polos (3). jantung. • Tulang rawan terdapat pada bayi. Berdasarkan strukturnya. BAB III . tulang pendek. 2.

agar dapat mempelajari dengan mudah. Tulang saling berhubungan satusama lain. SARAN Dalam mempelajari ilmu anatomi yang membahas tentang persendian & sistem otot rangka manusia harus mengetahui jenis – jenis persendian dan jenis . 2.PENUTUP A. KESIMPULAN Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1. Sistem otot terdiri dari beberapa bagian yang saling terpisah yang disebut otot-otot. Hubungan antar tulang di sebut sendi. B. Untuk menggerakkan anggota tubuh kita.jenis otot rangka manusia. diperlukan sistem otot. DAFTAR PUSTAKA .

co.id/2010/02/sistem-otot-dan-rangkamanusia/ • http://www.cc/2010/04/tulang-dan-sendi-padamanusia.gunadarma.• http://wartawarga.html .ac.tentangbiologi.