P. 1
Tabloid PC Mild_11

Tabloid PC Mild_11

|Views: 786|Likes:
Published by Muharruddin
Majalah Komputer PC Mild
Majalah Komputer PC Mild

More info:

Published by: Muharruddin on Jun 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2013

pdf

text

original

POWERED BY

Indonesia’s Greatest Computer Newspaper

Edisi 11/2009 • 28 Mei-10 Juni 2009

PLUS CD
Rp10.000 (Jawa-Bali-Lampung) • Rp11.000 (Luar Jawa-Bali-Lampung)

Backup Software, Freeware, Patch, PCMAV 2.0b + Build1, Antivirus + Definition

Kuis TTS berhadiah 6 Unit berhadiah Mini SD card VENOMRX 512 MB untuk 6 orang
Sponsored by: Asiaraya Computronics

ADVAN G2T-64S

Ideal dan Harganya Terjangkau

MENGUAK MISTERI XP MODE DI WINDOWS 7 RC
MSI DKA790GX Platinum
Dilengkapi dengan pendingin yang unik

Samsung SMX-C14

Camcorder dengan Desain Ergonomis

CorelDraw X4

Teknik Membuat Kertas Terlihat Kusam

Ubuntu 9.04

HIS Radeon HD4870 ICEQ4+
Menggunakan PCB reference dan kipas yang besar
Panduan Singkat Instalasi Ubuntu 9.04

Redaksional Aktual

Editorial/Surat Pembaca
Selamat Datang...Welcome...Huãnyíng Guãnglín...Yõkoso...Hwangyong-hamnida!
Windows 7 RC (Release Candidate) sudah resmi diluncurkan oleh Microsoft, pada awal Mei ini. Buat siapa saja yang sudah men-download-nya lewat website resmi Microsoft, dipersilakan untuk mencobanya bebas dan gratis, sampai tanggal 1 Juni 2010. Itu artinya, Windows 7 versi Final tampaknya paling cepat akan dirilis Microsoft akhir tahun ini. Tidak seperti Vista yang dicerca orang, karena berat dan banyak tidak kompatibelnya dengan software atau hardware, Windows 7 mendapat tanggapan cukup positif. Apalagi setelah Microsoft menyertakan fitur XP mode di Windows 7 RC ini, yang katanya menjamin kompatibilitas softwaresoftware di XP agar bisa berjalan sempurna di Windows 7. Agar lebih jelas lagi mengenai fitur XP mode ini dan berbagai seluk Windows 7 RC lainnya, silakan simak ulasannya di rubrik Workshop edisi ini. Tidak lupa, di edisi mendatang kami menyisipkan sedikit kejutan ekstra untuk Anda. Mungkin kejutan itu bisa menjawab beberapa pertanyaan dan request dari pembaca yang sering ditanyakan ke redaksi. Dan tentu saja kami tidak sabar menunggu e-mail komentar Anda mengenai edisi ini.

PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB Anton R. Pardede REDAKTUR EKSEKUTIF Rully Novrianto SIDANG REDAKSI Alexander P.H. Jularso, Denie Kristiadi, Joko Nurjadi, Sasongko R.A. Prabowo, Sonny Ardi, Suherman, Supriyanto, Wawa Sundawa, Yanuar Ferdian REDAKTUR SENIOR Effendy Kho, Rusmanto Maryanto KONTRIBUTOR Basuki Rahmat, Bonafacius S. Ryanto, Gunung Sarjono, Lili, Muhammad Imansyah, Rini Asmara, Salman Faisal, Tri Haryati, Windra Swastika PRA PRODUKSI & BAHASA Arie Ishami (Koord.), Renny Fitriastuti TATA LETAK & DESAIN Dhany Sudharmanto (Koord.), Lely Yulaena, Mardiana SEKRETARIAT REDAKSI Evawani U. Putri

Anton R. Pardede
Group Chief Editor

Anton R. Pardede

Hadiah Kuis
IKLAN & KOMERSIAL Indran B. Sapto (Account Executive) Febriyanti (Sekretariat) KEUANGAN Deetje Monoarfa (Manajer), Albert Sulistyo, Ngafiv, Tety Winarni, Untung PERSONALIA & UMUM Ekawati (Koord.), Suhaedin, Supandi PENERBIT Mario Alisjahbana, PT Dian Digital Media, Jakarta MAU NGASIH UNDANGAN/MASUKAN/PERTANYAAN? Gedung Warta Lt. 4 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 127-131. Fax: (021) 315-3732 E-mail: pcmild@pcmedia.co.id INGIN BERIKLAN/BEKERJA SAMA? Gedung Warta Lt. 2 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 105-107. Fax: (021) 315-3732 E-mail: iklan@pcmedia.co.id INGIN MENJADI AGEN? Sirkulasi Pinpoint Publications (DPKU) Jl. Rawagirang No. 8, Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur-13930 Telp: (021) 4682-6816, 7079-6499. Fax: (021) 4682-8919 E-mail: sirkulasi@pcmedia.co.id INGIN MENCARI EDISI LAMA? Prima Buku, layanan pesan-antar buku & majalah: Gd. Warta Lt. 1, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 3190-4075. Fax: (021) 390-8883. SMS: 0813-115-23230 E-mail: pesan@primabuku.co.id PENCETAK PT Dian Rakyat, Jakarta
Tabloid PC Mild diterbitkan dwi-mingguan oleh Pinpoint Publications. Pinpoint Publications juga menerbitkan majalah komputer bulanan PC Media, majalah opensource & network bulanan InfoLINUX, Buku Mini PC Media dan Buku Mini InfoLINUX. Dilarang mereproduksi seluruh atau sebagian materi di media ini dalam bentuk dan dengan tujuan apapun. Pinpoint Publications tidak terafiliasi dengan perusahaan atau produk yang diuji coba di tabloid PC Mild. Seluruh staf tabloid PC Mild tidak memiliki investasi pada perusahaan atau produk yang diuji coba. Hasil uji coba produk yang dimuat di tabloid PC Mild tidak terkait dengan iklan atau hubungan bisnis perusahaan/produk tersebut dengan tabloid PC Mild. Kecuali disebutkan, uji coba dilakukan tabloid PC Mild pada produk dan layanan yang tersedia pada saat ini. Pinpoint Publications menjunjung tinggi nilai integritas dan kode etik wartawan Indonesia, untuk itu dalam menjalankan tugasnya seluruh staf kami tidak dibenarkan menerima atau meminta imbalan dalam bentuk apapun dari relasi/narasumber.

Ada Virus di CD
Di CD PC Mild edisi 07/2009 bawaan tabloid yang saya beli ketika akan saya install Kill 0.1, ternyata terdeteksi virus/worm autoit.xkx. Saya menggunakan AVG 8 Pro sebagai antivirus di komputer saya. Mohon keterangan mengenai hal ini, dan bagaimana dengan pernyataan CD yang menyatakan CD PC Mild sudah BEBAS VIRUS??? Dan saya juga coba instal Convert Center, sudah berhasil diinstal, tetapi tidak mau dijalankan karena disebutkan bahwa salah satu spesifik prosedur tidak ditemukan. Apakah masalahnya ada di CD atau di komputer saya? Terima kasih atas infoinfonya selama ini, tetapi mohon diperhatikan masalah CD bervirus tersebut. Membuat saya ragu untuk membuka-buka CD dari PC Mild. Hananto Rahardjo via e-mail Prosedur yang kami lakukan terhadap CD adalah men-scan-nya dengan PCMAV yang sudah digabung dengan ClamAV plus semua update terbarunya. Jika PCMAV + ClamAV tidak mendeteksi apaapa, maka kami anggap bersih. Seperti yang Anda ketahui, antivirus ada banyak sekali dan masing-masing memiliki engine-nya sendirisendiri. Kami tidak mungkin men-scan CD dengan semua antivirus yang beredar di pasar. Untuk Convert Center, harus dijalankan dalam keadaan terhubung ke Internet. Sebagai alternatif Anda bisa pakai Converter 3000 dari http://tinyurl.com/cw9vpz.

Salah satu rubrik yang kusukai adalah TTS. Sudah puluhan kali saya ikut, tapi belum sekalipun nyangkut, walaupun jawabannya benar. Saya sadar ini belum rejeki saya. Saya perhatikan akhir-akhir ini hadiah untuk pemenang TTS adalah mini SD Card 512 MB. Pertanyaan saya, mengapa kok hadiahnya makin lama semakin irit? Bukankah mini SD sekarang mulai ditinggalkan, dan beralih ke micro SD. Baru saja saya membeli yang 2 GB hanya seharga 40 ribu rupiah. Kalau dihitunghitung, banyak ruginya ikut TTS yang berbiaya premium ini! Apa PC Mild tidak bisa sedikit lebih menghargai jerih payah pembacanya? Ahmad Musthofa via e-mail Karena dampak krisis global ini, sepertinya vendor banyak yang “mengencangkan ikat pinggang”. Tapi kami hargai kritik Anda, dan sedang mengupayakan agar hadiahnya bisa lebih wah.

Driver di Mac OS X
Saya mencoba menginstal Mac OS x 10.5 Leopard x86 di notebook HP Presario Compaq v3736 TU. Tetapi banyak hardware yang belum terdeteksi, seperti DVD-ROM.Di mana saya harus mendownload driver-nya? Dhika via e-mail Semua yang Anda butuhkan dan cari mengenai Osx86 ini bisa dicari di http://wiki.osx86project.org.

Beli CD Tanpa Tabloid
Saya mempunyai beberapa pertanyaan: 1. Bagaimana kalau PC Mild memberikan bonus CD yang isinya berbagai macam plugin browser, seperti Firefox, IE, Chrome atau Opera? Soalnya saya cukup kesulitan jika men-downloadnya satu per satu. 2. Bagaimana dengan buku khusus kumpulan Tip & Trik PC Mild tentang Photoshop, Corel, dan lain-lain? Kapan akan diterbitkan? 3. Bisakah kami memesan bonus CD PC Mild tanpa tabloid? Soalnya kami butuh aplikasi-aplikasi yang disertakan tersebut. Abdul Ritno via e-mail 1. Plugin atau add-on ukurannya kecil-kecil kok, jadi mudah di-download. Tapi terima kasih atas usulannya, akan kami pertimbangkan. 2. Sudah lihat kan, iklan PC Mild extra yang membahas Photoshop plus digital imaging? Segera dapatkan sebelum kehabisan. 3. Sepertinya tidak bisa karena itu merupakan satu kesatuan.

Sertifikasi Office
Saya mau bertanya mengenai sertifikasi Office yang ada di www. sertifikasioffice.com. Apakah dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau hanya sebagai tes kemampuan? Apakah sertifikat yang diperoleh sudah diakui oleh dunia kerja? Rizka via e-mail Lebih ke arah tes kemampuan. Namun, tidak ada salahnya bila Anda sertakan sebagai resume pendukung.

RTP (1)
Saat menjalankan pcmav-rtp.exe (versi 2.0 build2), saya selalu gagal dan ada tulisan “please run rtp-instal.exe”. Setelah di-scan dengan PCMAV-CLN dtemukan virus di salah satu drive, tetapi tidak bisa di-cure files, dan ada tulisan “locked by another application”. Di folder option juga tidak bisa dipindah ke view hidden file. Bagaimana ini? Awang Budi via e-mail Silakan gunakan PCMAV 2.0b rilis terbaru yang telah disempurnakan. Dan agar hasil scan maksimal, gunakan hanya satu antivirus. Tulisan “File locked” terkadang diakibatkan oleh antivirus lain.

Internet Cepat
1. Bagaimana caranya men-setting Internet supaya bisa lebih cepat? 2. Sekarang saya memakai HP sebagai modem dengan kartu IM3, browser Firefox. Apakah tidak ada modem yang lebih OK, tapi harganya murah meriah? Moh Nuri via e-mail 1. Di edisi 10/2009 kemarin sudah kita bahas. 2. Modem GSM yang USB termurah kira-kira 700-ribuan. Saran kami gunakan saja modem 3G atau HSDPA yang harganya berbeda sedikit.

RTP (2)
Saya menginstal PCMAV 2.0 dari PC Mild edisi 07/2009, kok yang aktif tetap PCMAV RTP 1.92. Bagaimana caranya? Audi via e-mail Hapus PCMAV yang lama, lalu dari Startup dan Services yang ada di MSCONFIG, hilangkan centang pada PCMAV-RTP. Restart PC, lalu jalankan RTP PCMAV yang terbaru.

2

11/2009

How It Works

Aktual

Cloud Storage

ngan Internet. Anda tidak perlu membawa-bawa media penyimpanan fisik atau menggunakan komputer yang sama untuk mengakses data tersebut. Beberapa sistem cloud storage bahkan menyediakan fitur agar orang lain dapat mengakses data milik Anda. Hal ini akan sangat memudahkan bila Anda terlibat dalam sebuah proyek kolaboratif daripada bertukar salinan (copy) data baik secara online maupun offline.

Dasar-dasar Cloud Storage
Sampai saat ini terdapat ratusan sistem cloud storage. Beberapa di antaranya mengkhususkan diri pada penyimpanan file tertentu, seperti web e-mail atau file image. Sebagian lainnya mengizinkan penyimpanan data digital dalam format apapun. Beberapa sistem cloud storage dibangun dengan perangkat yang sederhana, sementara lainnya menggunakan perangkat fisik yang besar, seperti datacenter. Pada level yang paling dasar, sebuah sistem cloud storage hanya membutuhkan satu data server yang terhubung dengan Internet. Melalui Internet, client (pengguna komputer yang memanfaatkan layanan cloud storage) mengirim salinan file miliknya ke data server, yang kemudian mencatatnya. Ketika ingin mengambil file miliknya, client mengakses data yang tersebut melalui interface berbasis web (sama dengan pengguna cloud computing yang menggunakan web broswser saat mengakses aplikasi online). Selanjutnya, file tersebut dikirimkan ke komputer client atau mengizinkan client untuk mengakses,

Bagi sebagian pengguna komputer, memiliki ruang penyimpanan yang mampu menampung semua data milik mereka merupakan sebuah tantangan. Sebagian menjatuhkan pilihan dengan membeli harddisk yang lebih besar. Sebagian lainnya memilih media penyimpanan eksternal, seperti flash disk, CD atau DVD.

Pengguna yang putus asa karena ukuran data mereka semakin hari semakin membengkak, memilih untuk menghapus data yang dianggap sudah tidak relevan. Namun, sebagian lainnya memilih untuk memanfaatkan

tren yang tengah berkembang saat ini: cloud storage. Dengan cloud storage, alih-alih menyimpan data di harddisk atau media penyimpanan lokal lainnya, Anda bisa menyimpan data di database remote. Satu paket dengan cloud computing (PC Mild 10/2009), Internet menyediakan jembatan antara komputer Anda dengan database tersebut. Sepintas, cloud storage memiliki beberapa keuntungan dibandingkan penyimpanan data tradisional. Sebagai contoh, bila data disimpan pada sistem cloud storage, Anda bisa mengaksesnya dari mana saja, selama tersedia jari-

dan memanipulasi datanya di dalam server. Biasanya, sistem cloud storage mengandalkan ratusan data server. Karena komputer sewaktu-waktu membutuhkan perawatan atau perbaikan, menyimpan data yang sama pada beberapa mesin (disebut redundancy) merupakan hal yang pasti dilakukan oleh setiap sistem cloud storage. Tanpa redudancy, sebuah sistem cloud storage tidak menjamin client bisa mengakses data milik mereka kapan saja. Kebanyakan, sistem menyimpan data yang sama pada beberapa server dengan tipe power supply yang berbeda. Dengan demikian, client tetap bisa mengakses data mereka, meski terjadi kegagalan pada salah satu tipe power supply. Tidak semua client dimotivasi karena kekurangan ruang penyimpanan di komputer lokal mereka. Sebagian pengguna cloud storage memanfaatkan layanan ini untuk keperluan back-up data mereka, sebagai tindakan berjagajaga bila terjadi kerusakan pada komputer atau media penyimpanan lokal. Ingat petuah lama, “Jangan menyimpan semua telur di keranjang yang sama.”

Contoh Cloud Storage
Sampai saat ini, terdapat beberapa provider layanan cloud storage di WWW (sebagian pernah dibahas dalam rubrik Aktual – Bookmark, PC Mild), dan jumlahnya akan terus bertambah setiap hari. Bukan hanya jumlah provider yang bertambah, besaran ruang yang disediakan oleh masingmasing provider juga ikut tumbuh. Anda mungkin telah akrab dengan beberapa provider layanan ini, meski

tidak pernah membayangkan cara kerjanya. Berikut beberapa perusahaan ternama yang menawarkan layanan cloud storage: • Google Docs – mengizinkan penggunanya meng-upload data dokumen, spreadsheet, dan presentasi di data server milik Google. Pengguna dapat mengedit file-file yang ada di server menggunakan aplikasi yang disediakan. Pengguna juga bisa mempublikasikan dokumen mereka agar dapat dibaca oleh orang lain atau bahkan mengizinkan mereka mengeditnya. Google Docs adalah juga contoh sistem cloud computing. • Flickr dan Picasa – menyimpan miliaran foto digital. Pengguna bisa membuat album foto dengan mengupload foto-foto mereka ke server. • Xdrive, MediaMax, dan Strongspace – menyediakan ruang penyimpanan untuk segala macam data digital bagi penggunanya. • RapidShare, 4shared.com, dan Ziddu – menyediakan ruang penyimpanan data sementara untuk didownload oleh pengguna lain di WWW. Data yang telah kadaluarsa atau melanggar hak cipta, secara otomatis akan terhapus dari server. Di luar beberapa contoh di atas, masih banyak lagi layanan di WWW yang menyediakan penyimpanan data online. MI
Informasi Lebih Lanjut

• http://communication. howstuffworks.com/cloudstorage.htm • http://groups.google.com/group/ cloudstorage

11/2009

3

Aktual

Aneka Ragam/News in 60 Seconds

Inilah Definisinya!
AMD
(Advanced Micro Devices, Inc) adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika yang berbasis di Sunnyvale, California, yang mengembangkan processor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk yang utama termasuk microprocessor, chipset motherboard, embedded processor kartu grafis (GPU) dan processor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi processor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.

Rilis Resmi Windows 7
Microsoft akhirnya mengumumkan kapan akan merilis sistem operasi terbarunya, Windows 7. Meski tidak menyebut tanggal secara spesifik, raksasa software ini secara resmi memastikan bahwa Windows 7 dan juga Windows Server 2008 bakal dirilis sebelum akhir tahun 2009 ini. Microsoft memberi ancang-ancang bahwa Windows 7 dirilis pada kuar-

tal ke-4 tahun 2009, yang juga bertepatan dengan musim liburan di Amerika Serikat. Sebelumnya, sudah banyak spekulasi tentang kapan Windows 7 akan dirilis. Beberapa pihak memperkirakan Windows 7 diluncurkan awal tahun 2010. Belum lama ini, raksasa komputer Acer menyatakan software tersebut sudah tersedia bulan Oktober 2009. Microsoft pun tampaknya tidak ingin berlama-lama membuat konsumen penasaran. Bill Veghte selaku Senior Vice President Windows mengonfirmasi bahwa Windows 7 sudah tersedia pada musim liburan di Amerika Serikat, menjelang akhir tahun 2009. Saat ini, pengguna baru bisa menikmati trial Windows 7 versi RC, versi yang hampir mendekati tahap final.
Info: www.electronista.com

Cina Ciptakan Kylin
Cina seakan tiada henti membangun kemampuan pertahanan cybernya. Info terbaru datang, dikabarkan bahwa negeri Tirai Bambu itu telah membangun sistem operasi ciptaan sendiri bernama “Kylin” di komputer pemerintahan dan militer. Kylin didesain sedemikian rupa sehingga diklaim tidak bakal bisa dibobol, terutama oleh Amerika Serikat (AS). Eksistensi Kylin disingkap oleh parlemen AS, saat membahas upaya Cina menandingi kemampuan cyber AS. Kevin Coleman, ahli sekuriti yang turut mendiskusikan Kylin dengan pemerintah AS, menyatakan bahwa

sistem operasi tersebut dikembangkan sejak 2001. Implementasinya dimulai pada tahun 2007. Kemampuan cyber AS tidak efektif melawan Cina. Senjata cyber Cina didesain untuk menghadang berbagai macam system operasi, termasuk Linux, UNIX, maupun Windows. Bahkan tak sekadar sistem operasi semata, Cina ternyata juga mengembangkan microprocessor tangguh sehingga sulit diakses cracker maupun program jahat. kombinasi ini membuat pertahanan cyber China amat kuat, sebanding dengan AS dan Rusia. Cina juga tidak segan-segan membobol sistem komputer AS untuk mengakses informasi sensitif. Laporan terbaru USChina Economic and Security Review Commission pun memperingatkan keagresifan Cina menyerang AS.
Info: www.afp.com

PHP
Adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinandigunakanuntukpemakaian lain. Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.
Windows 7 Final sudah di depan mata

Kompetisi Fotografi Google
Anda hobi fotografi, dan masih berstatus siswa? Jika ya, maka kompetisi berikut bisa menjadi pilihan. Google telah mengumumkan adanya Google Photography Prize, sebuah kompetisi global untuk kalangan siswa, untuk membuat theme baru di iGoogle. Penyerahan hadiah pemenang berupa penampilan foto kreasi yang akan ditampilkan homepage iGoogle, dan dapat dilihat oleh pengguna Google di seluruh dunia. Selain itu, pemenang akan menjadi bagian eksibisi khusus di Saatchi Gallery di London. Kompetisi Google Photography Prize ini akan dibuka untuk siswa menengah atas di seluruh dunia, dan dilangsungkan hingga 31 Mei. User dapat memasukkan lima seri

UNIX
Atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs, pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portabel, multitasking dan multiuser. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley. Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan Internet, dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan daripada proses tunggal di komputer. Linux merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix, dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari Windows.

foto di google.com/photographyprize. Kemudian, juri akan memilih 13 foto terbaik yang akan dipublikasikan pada tanggal 11 Juni 2009. Lalu, pemenang dengan voting enam terbaik akan mengikuti malam pembukaan pameran di London, dimana mereka dapat melihat hasil foto mereka dipajang di sana. Untuk pemenang pertama akan diikutsertakan menjadi panel art critics and artists, termasuk bersama Idris Khan, Martin Parr, Michael Hoppen, Susanna Brown, dan Tim Marlow. Tidak hanya itu, sang pemenang kompetisi Google Photography Prize juga akan mendapatkan uang $7.500 dan sebuah undangan istimewa untuk menghabiskan satu hari bersama fotografer terkenal, Martin Parr. Jadi, tunggu apa lagi? Segera logon ke halaman iGoogle tersebut, dan menangkan kompetisi Google Photography Prize ini!
Info: www.techtree.com

Cina kembali unjuk gigi

Microsoft Developer Conference
Steve Ballmer, CEO Microsoft Corporations, hadir di ajang Microsoft Developer Conference yang digelar di Hotel Shangrila, Jakarta. Dalam acara tersebut, Ballmer memperkenalkan beberapa teknologi Microsoft terkini, yakni Visual Studio 2010, NET 4.0 dan Silverlight 3.0, serta teknologi sistem operasi teranyar, Windows Azure, Windows 7, dan Windows Mobile 6.5. Windows 7 adalah platform Mic-

rosoft terbaru yang akan memudahkan para pengembang untuk membuat aplikasi menarik, dan mudah digunakan. Platform ini menyediakan lebih banyak fitur yang memungkinkan para pengembang dapat memanfaatkan kemampuan PC terbaru. Sedangkan Windows Azure menyediakan kemampuan mengatur aplikasi web di Internet melalui data center Microsoft. Layanan platform Azure dirancang untuk membantu mengembangkan aplikasi, mengatur dan mendistribusikannya sebagai aplikasi, dan layanan berbasis web. Selain memperkenalkan teknologi anyar Microsoft, Ballmer juga mengumumkan pemenang Imagine Cup 2009 yang dimenangkan oleh tim Big Bang dari Institut Teknologi Bandung. Software Moses dipilih oleh empat juri internasional menjadi pemenang Imagine Cup 2009. Rencananya, mereka akan mewakili Indonesia di kompetisi tingkat dunia di Mesir.DK
Jajaran teknologi baru Microsoft

Hadiah besar dengan pengalaman tak terlupakan

News in 60 Seconds
Microsoft Office 2010 Technical Preview telah bocor di berbagai situs sharing. Di dalam Office terbaru tersebut tersedia berbagai aplikasi dalam keluarga Office, termasuk Acces 2010, Excel 2010, InfoPath 2010, OneNote 2010, Outlook 2010, PowerPoint 2010, Project 2010, Publisher 2010, SharePoint Designer 2010, SharePoint Workspace 2010, Visio 2010, hingga Word 2010. Walaupun rilis Windows Mobile 6.5 hingga saat ini masih dipertanyakan, Microsoft tetap membuka lowongan kepada pengembang aplikasi untuk bergabung, dan melengkapi koleksi aplikasi di toko online yang akan diluncurkan Microsoft. Toko aplikasi milik Microsoft tersebut diberi nama Windows Marketplace for Mobile. Nantinya, Microsoft akan menawarkan aplikasinya mulai dari yang gratis hingga berbayar. Browser mobile milik Mozilla, Fennec, hadir untuk kali pertamanya bagi platform Windows Mobile. Dalam platform ini, Fennec baru berada pada tahap pengujian alpha 1, dan dapat di-download oleh para pengembang dan para penguji. Untuk versi awal Windows Mobile, Mozilla membuat Fennec khusus bagi perangkat HTC Touch Pro. Berbagai model lainnya akan disediakan menyusul. Napster menawarkan layanan download musik dengan harga 5 dolar AS per bulan. Pengguna Napster akan mendapatkan fasilitas download lima musik MP3, akses tanpa batas ke layanan streaming musik on demand, mendengarkan setiap lagu dengan kualitas CD sepuasnya, mendengarkan lebih dari 60 stasiun radio bebas iklan, menikmati top hits Billboard selama 50 tahun terakhir ataupun memainkan MP3 dari berbagai MP3 player. Intel dan Nokia akan bekerja sama mengembangkan oFono, proyek yang bertujuan untuk membuat solusi open source bagi perangkat telepon. oFono menggunakan lisensi GPLv2, dan mencakup application programming interface (API) yang dapat digunakan oleh berbagai aplikasi telepon dengan berbagai lisensi. oFono juga mengandung plug in untuk berintegrasi dengan aplikasi open source dan third party lainnya. RIM merilis versi baru BlackBerry Enterprise Server (BES) 5.0 untuk konsumen bisnis, menambah administrasi console berbasis web dan peningkatan kemampuan untuk user ketika akan mengakses share file Windows dari BlackBerry. BES 5.0 yang akan segera hadir ini terintegrasi dengan sistem e-mail corporate berbasis Lotus Domino, Microsoft Exchange, dan Novell GroupWise, dan sekaligus untuk pengiriman pesan ke BlackBerry.

4

11/2009

Aneka Ragam

Aktual

UE Incar Intel
Produsen chip dunia Intel harus menelan pil pahit karena didenda Komisi Uni Eropa. Tak tanggungtanggung, jumlah dendanya benarbenar selangit, yakni sebesar US$1,44 miliar atau sekitar Rp15 triliun. Jumlah tersebut adalah penalti terbesar yang harus dibayarkan sebuah perusahaan dalam kasus anti-kompetisi di Eropa. Denda dijatuhkan karena investigasi Komisi Eropa telah membuktikan kalau Intel melanggar regulasi. Intel dinyatakan bersalah karena menyalahgunakan posisi dominannya dengan memberi diskon khusus jika produsen komputer membeli chip x86 dari mereka, ketimbang membeli

chip buatan kompetitor seperti AMD. Chip x86 menjadi komponen utama di komputer, dan Intel punya pangsa pasar hingga 70%. Selain itu, Intel juga membayar produsen komputer, termasuk Acer, Dell, HP, Lenovo, dan NEC, agar mereka menunda produk yang memakai chip x86 bikinan AMD. Produsen juga diharapkan membatasi akses penjualan produk tersebut. Menurut komisi, pasar Eropa kini menyumbang 30% dari 22 miliar Euro pasar chip x86 CPU secara global. Arsitektur processor x86 CPU merupakan processor utama yang digunakan komputer-komputer dekstop yang kini menguasai pasar. Pihak Intel pun seperti kebakaran jenggot. Chief Executive Intel, Paul Ottelini, menyatakan Intel bakal mengajukan banding. Sebab menurutnya, keputusan Komisi Eropa salah, dan temuan dari Intel tidak diperiksa dengan baik. Adapun Bruce Sewell, Senior Vice President Intel, juga mengklaim Intel tak pernah memaksa konsumen agar tidak membeli produk AMD dalam rangka mendapatkan diskon dari Intel. Sementara pihak AMD tentu saja menyambut gembira keputusan Uni Eropa tersebut. “Keputusan ini adalah langkah penting untuk membuat pasar yang benar-benar kompetitif,” ujar presiden AMD, Dirk Meyer.
Info: www.reuters.com

Mac OS X 10.5.7
Apple resmi merilis update sistem operasi terbaru Mac OS X 10.5.7 Leopard. Update sistem Leopard tersebut juga dimaksudkan untuk melakukan perbaikan variasi bug dan keamanan. Menurut support apple.com, update OS X 10.5.7 ini termasuk yang berkaitan dengan Apache web server, PHP, CoreGraphics, dan Safari. Update patch dalam sistem ini telah memperbaiki tiga kelemahan di Apple Type Services, QuickDraw Manager, dan WebKit, yang semuanya dapat mengakibatkan eksekusi kode berbahaya. Sedangkan untuk

support hardware berupa image RAW untuk kamera digital thirdparty, sebuah format yang dapat menampilkan informasi image lebih banyak daripada JPEG. Update sistem OS X 10.5.7 juga menambah performance video playback, dan pergerakan kursor untuk Mac terbaru dengan komponen grafis nVIDIA, dengan layout keyboard mirip seperti di Mac OS X 10.5.6. Sistem Leopard OS X 10.5.7 ini juga memiliki patch untuk kestabilan keamanan dan performa, seperti ketika pengguna akan login ke Gmail, dan juga untuk sinkronisasi kontak di Yahoo!. Update sistem ini juga akan me-refresh widget Dashboard, termasuk Unit Converter, Stocks, Weather, dan Movies. Masih ada improvisasi lain, seperti iCal untuk umumnya, Google Squared tidak akan mencari halaman situs mengenai topik tertentu. Namun akan mencari fakta dan mengorganisasikan semua informasi yang ada di Internet. Google berharap fitur ini sudah tersedia dalam waktu dekat ini di Google Labs. Selain itu, Google juga akan menambahkan opsi baru, yakni Search Option. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk

Tidak mau kalah dengan Windows 7

koneksi otomatis dengan MobileMe. Apple juga telah melakukan improvisasi Parental Control dalam sistem Leopard OS X 10.5.7.
Info: www.dailytech.com

Google Squared
Google akan mengeluarkan “mainan” terbarunya untuk tetap bertahan memimpin persaingan industri search engine. Mainan baru Google tersebut bernama Google Squared. Google Squared akan menampilkan informasi pencarian dalam format spreadsheet, sesaat setelah pencarian informasi dihasilkan. Sebagai contoh, pencarian kata “small dogs” nantinya akan menunjukkan gambar yang berbeda mengenai informasi ukuran, berat, serta informasi jenis-jenis anjing kecil yang ada. Tidak seperti search engine pada

memilah-milahkan hasil informasi yang telah dicari. Search Option akan segera hadir minggu ini. Sebelumnya, Google telah menambahkan sebuah aplikasi bernama Star Droid pada ponsel Android mereka. Teknologi ini memanfaatkan sistem peta GPS yang telah cukup umum ditautkan pada beberapa handset jenis terbaru. Sistem GPS dipakai untuk mengidentifikasi posisi pengguna untuk kemudian dibandingkan dengan peta angkasa. Setelah proses tersebut, teknologi ini secara otomatis akan memunculkan nama bintang atau planet melalui layar ponsel.
Info: www.softpedia.com

Processor Intel laku karena berbuat curang

Search engine Google semakin inovatif

11/2009

5

Aktual

Around the World/Fast Fact

Prancis

Uni Eropa

Indonesia

Jepang

Kemenangan eBay di Pengadilan
Setelah hampir dua tahun berjuang di pengadilan Prancis, akhirnya eBay memenangkan sidang yang diperkarakan oleh L’Oreal, dan beberapa merek ternama lainnya. Kasus yang diawali tahun 2007 itu bermula, saat eBay dituduh tidak melakukan pencegahan yang cukup terhadap pelelangan barang-barang versi palsu dari produk-produk mewah buatan L’Oreal, dan lain-lain. Sejak awal, eBay sudah menekankan bahwa mereka siap bekerja sama dengan pihak manapun untuk melindungi hak intelektual suatu produk, tapi tidak dalam bentuk aktif. Artinya, jika ada pihak yang meminta, maka eBay akan memeriksanya. Tapi eBay tidak akan memeriksa keaslian satu per satu barang yang masuk ke situs lelangnya. Oleh karena itulah, hakim Prancis memutuskan bahwa eBay sudah melakukan langkah-langkah yang cukup pantas di bawah hukum yang berlaku. Kedua pihak, eBay dan L’Oreal kedepannya dianjurkan untuk bekerja sama dalam menangani masalah ini, dan kembali melaporkannya ke pengadilan pada bulan depan. L’Oreal juga melakukan hal yang sama terhadap eBay di Belgia, Inggris, dan Spanyol. Info: theregister.co.uk

Panduan Penggunaan Teknologi RFID
Komisi Eropa merilis kumpulan panduan mengenai penggunaan teknologi RFID yang bertujuan memberikan jaminan kepada publik bahwa privasi dan data pribadi mereka terjaga dengan aman. Panduan itu menyatakan bahwa produk yang memiliki chip RFID-nya harus secara otomatis dinonaktifkan, begitu produk tersebut berpindah tangan dari penjual ke konsumen. Perusahaan dan otoritas publik yang menggunakan RFID juga harus menyediakan informasi yang jelas, dan memberitahukan data apa yang dikumpulkan dan tujuannya kepada konsumen. Hal lain yang masuk ke dalam panduan ini adalah perangkat pembaca RFID harus memiliki label yang jelas sehingga orang yang melihat tahu bahwa itu adalah perangkat pembaca RFID. Selain itu, juga harus ada tempat yang dijadikan semacam pusat informasi mengenai teknologi RFID. Panduan ini dibuat menyusul dari hasil konsultasi publik mengenai RFID yang dilakukan Komisi Eropa tahun 2006 lalu. Sebab dari 2,2 miliar RFID tag yang terjual, kira-kira sepertiganya ada di Eropa. Info: zdnetasia.com

Layanan Pengaduan Pilpres via SMS
Bawaslu Buka Layanan Pengaduan DPS (Daftar Pemilih Sementara) Pilpres Melalui SMS. Layanan Pengaduan SMS ini diluncurkan guna mempercepat penanganan pengaduan dari pemilih yang namanya belum tercantum di DPS. Untuk mendaftarkan aduannya, pemilih bisa langsung mengirim pesan singkat atau SMS dengan format: DAF#NAMA#UMUR#A LAMAT#KABUPATEN/KOTA#, dan kirim ke 0811-9880-800. Setelah pesan masuk, SMS Centre Bawaslu akan melakukan konfirmasi dan memandu pengirim pesan untuk melaporkan aduannya Pengaduan yang dikirimkan masyarakat, selanjutnya akan diproses oleh SMS Centre Bawaslu. Semua SMS pengaduan seputar DPS yang masuk nantinya akan diteruskan (di-forward) oleh SMS Centre Bawaslu kepada anggota Panwas Pemilu Provinsi dan Panwas Pemilu Kabupaten/Kota, sesuai dengan alamat asal pengirim. Layanan Pengaduan SMS dari Bawaslu ini nantinya juga akan difungsikan untuk menampung berbagai pengaduan terkait pelanggaran kampanye Pilpres. Info: bawaslu.go.id

Street View Kembali Diprotes
Google kembali mendapat kecaman atas layanan Street View-nya. Kali ini yang memprotesnya adalah masyarakat di Jepang, dan mereka meminta agar Google mengambil ulang gambar-gambar yang sudah mereka rekam. Alasannya adalah posisi kamera-kamera yang dipasang Google di atas mobil operasionalnya, dianggap terlalu tinggi. Sehingga kamera tersebut bisa menyorot sampai ke atas pagar, halaman rumah, dan area lain yang dianggap pribadi. Atas protes tersebut, Google menyatakan sudah merendahkan posisi kamera mereka karena rumah-rumah di Jepang umumnya berpagar pendek, dan terlalu dekat dengan jalan. Google juga akan merekam ulang dan memodifikasi beberapa fitur Street View khusus untuk pengguna di Jepang. Rencana Google dari awal untuk Street View adalah menggabungkannya dengan layanan Google Maps untuk membentuk tool online buat siapa saja. Tapi banyak yang beranggapan apa yang dilakukan Google ini agak melewati batas karena mengganggu privasi dan hak orang. Selain di Jepang, negara lain yang memprotes Street View adalah Inggris dan Yunani. Info: news.softpedia.com

Fast Fact
270 juta pengguna berhasil dicapai juta. Kira-kira begitulah teorinya. (blog. PT. Hutchison CP Telecommunications WordPress, dan Visual Web Developer, berlangsung 6 bulan itu, pihak Virgin
oleh Firefox. Bagaimana cara pihak Mozilla menghitungnya? Karena bila dilihat dari jumlah download tentu tidak akurat, karena bisa saja satu orang yang sama men-download beberapa kali. Mozilla melakukannya dengan menggunakan Application Update Service (AUS). Itu adalah sebuah layanan dimana Firefox secara otomatis “menelepon” ke server milik Mozilla sekali dalam sehari untuk mencari update terbaru. Firefox milik pengguna yang setiap harinya menggunakan AUS itu disebut sebagai Active Daily Users. Pihak Mozilla mencatat, saat ini ada 90 juta Active Daily Users. Sebagai bagian dari kalkulasi, Mozilla mengalikannya dengan 3, yang menghasilkan 270 internetnews.com) Indonesia, PT. Natrindo Telepon Seluler, dan PT. Smart Telecom. Pengiriman SMS ini berlangsung dari tanggal 5-9 Mei 2009. (postel.go.id) pai oleh Microsoft Web Platform Installer, semenjak diluncurkan pada Januari lalu. Pada dasarnya, Web Platform Installer adalah sebuah download manager. Tool ini dirancang untuk mempercepat berbagai tugas seperti download, instal, dan meng-update berbagai macam teknologi, baik yang propietary ataupun yang open source. Melalui installer-nya, user bisa mengakses aplikasi, seperti Internet Information Services (IIS), SQL Server Express, .NET Framework, DotNetNuke, semuanya dalam satu lokasi. (news.softpedia.com) akan memonitor seluruh aktivitas penggunaan bandwidth. Seperti misalnya menonton video high definition via Internet atau aktivitas lain yang membutuhkan bandwidth besar. (pcw. co.uk)

161.353.342 nomor pengguna layanan seluler dan FWA (Fixed Wireless Access) sudah dikirimi SMS yang berisikan sosialisasi Pemilu Presiden 2009. Isi SMS tersebut adalah “PEMILU PRESIDEN 8 JULI 2009. PASTIKAN ANDA TERDAFTAR PADA DPS. SEGERA CEK KE PPS DI KELURAHAN ATAU RT/RW S/D 10 MEI 2009. CEK KEMBALI PADA 1117 MEI 2009”. Pengiriman SMS secara broadcast itu dilakukan oleh Depkominfo, KPU, dan dibantu sepenuhnya oleh PT. Telkom, PT. Indosat, PT. Telkomsel, PT. Excelcomindo Pratama, PT. Bakrie Telecom, PT. Mobil-8 Telecom, PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia,

200 Mbps koneksi Internet broadband
akan diuji coba di wilayah Ashford, yang disediakan oleh Virgin Media merupakan akses Internet tercepat yang ada di Inggris saat ini. Hal ini dimungkinkan karena penggunaan standar DOCSIS 3. Di dalam standar itu, terdapat sebuah fitur bernama channel bonding dimana channel dari beberapa data upstream dan downstream bisa digunakan secara bersamaan. 200 Mbps didapat dari penyatuan empat koneksi 50 Mbps yang sebelumnya memang sudah dilayani oleh Virgin Media. Pada uji coba yang

1,5 juta download telah berhasil dica- Inggris. Koneksi berkecepatan 200 Mbps

25 tahun lalu, dalam event Spring Comdex yang berlangsung di Atlanta, printer LaserJet dari HP memulai debutnya. Hingga saat, ini jajaran LaserJet sudah terjual sebanyak 100 juta unit. Untuk memperingati ulang tahun LaserJet yang seperempat abad ini, HP menyelenggarakan perayaan yang berlangsung di Boise, Idaho, AS, dimana LaserJet kali pertama dirakit. (communities.hp.com)

6

11/2009

Hardware

Aktual

Motherboard Ion
Untuk sekedar menyegarkan kembali ingatan, platform Ion adalah platform nettop untuk processor Intel Atom dengan chipset dari nVIDIA. Platform Ion ini diharapkan akan meningkatkan kinerja nettop dengan kinerja grafis terintegrasi yang lebih baik dibandingkan platform nettop yang sudah ada selama ini. Salah satu produsen yang sudah memiliki motherboard untuk nettop dengan platform Ion ini adalah Point of View. Motherboard ini menggunakan chipset nVIDIA MCP7A-ION yang dapat dikombinasikan dengan processor Intel Atom 230 atau Intel

Motherboard Ion ideal untuk HTPC

Atom 330. Seperti terlihat pada gambar, motherboard ini sangat ringkas cooler yang berukuran cukup besar. Graphic card dengan GPU G92b ini dilengkapi dengan 128 stream processor, dan memory GDDR3. Kartu grafis Galaxy GTS 250 ini bekerja pada clock sesuai dengan referensi dari nVIDIA, yaitu core clock 738 MHz dan shader clock 1836 MHz. Sedangkan memory GDDR3 yang digunakan lebih cepat dibanding referensi nVIDIA, bekerja pada memory clock 2600 MHz. Keunikan lainnya adalah port output yang tersedia. Graphic card ini menyertakan port konektor untuk D-sub, DVI dan HDMI, kesemua konektor tersebut tersedia tanpa membutuhkan adapter tambahan. Galaxy GTS 250

karena menggunakan form factor mini-ITX. Tersedia dual slot memory SO-DIMM, dengan kapasitas maksimal memory terpasang sebesar 2 GB. Tersedia satu slot PCI-e x16, sekiranya penggunanya ingin meningkatkan kemampuan grafis dengan memasang kartu grafis tambahan. Juga tersedia empat port SATA, 4 port –USB (2 USB header), DVI, D-Sub, HDMI dan Gigabit LAN. Audio controller menggunakan Realtek ALC662 dengan output 5.1 channel, dilengkapi SPDIF output optical. Baik chipset dan processor menggunakan solusi pendingin pasif, tanpa kipas. Tingkat kebisingan yang minim membuat platform Ion ideal dipertimbangkan sebagai platform untuk HTPC.
Info: www.fudzilla.com

Gigabyte Odin GT 1200W
Processor tercepat dan kartu grafis tercepat terkini semakin membutuhkan catuan daya yang semakin besar dari power supply unit (PSU). Meski beberapa produsen processor dan kartu grafis terkemuka telah mengedepankan efisiensi energi dengan teknologi yang dimilikinya, namun pada kenyataannya kebutuhan kapasitas power supply yang diperlukan untuk mengoperasikannya tetap semakin bertambah besar. Gigabyte yang juga mulai serius menghadirkan jajaran produk power supply juga akan menyediakan pilihan power supply dengan kemampuan yang tidak tanggung-tanggung, 1200 watt! Ia memiliki 4 rail +12 volt, power supply dengan active PFC ini memiliki efisiensi yang tinggi, dan

Power supply 1200 watt dapat dikendalikan melalui interface USB

Galaxy GTS 250
Beberapa pihak berpendapat GPU nVIDIA GTS 250 tidak memiliki banyak perbedaan dengan GeForce 9800GTX terdahulu. Menyadari hal ini, kebanyakan produsen mencoba mengemasnya dengan beberapa fitur unik. Antara lain dengan menggunakan solusi pendingin yang unik, dan menyertakannya dengan graphic memory yang lebih besar pada produk kartu grafis yang dimilikinya. Begitu juga dengan keunikan yang ditawarkan pada produk kartu grafis Galaxy GTS 250 ini. Ia menggunakan solusi pendingin dengan dual slot

Dengan graphic memory yang lebih cepat, dan solusi pendingin dual fan

juga dilengkapi dengan BIOS ganda.
Info: www.techpowerup.com

memenuhi syarat sertifikasi 80+. Didukung dengan tata letak pengaturan kabel yang optimal, dan dilengkapi dengan fan berdiameter 14 cm, memastikannya beroperasi dengan suhu optimal, namun tetap dengan tingkat kebisingan yang minim. Power supply ini juga memungkinkan fungsi monitoring, diagnostik, dan dikendalikan sesuai dengan kebutuhan pengguna, dengan mengaturnya melalui interface USB. Sebagai tambahan, power supply ini juga dibuat sesuai dengan regulasi RoHS dan WEEE sehingga minim dalam penggunaan bahan materi yang membahayakan lingkungan. Meski produk ini belum tersedia di pasaran, namun informasinya tersedia di situs resminya.
Info: www.gigabyte.com.tw

11/2009

7

Aktual

Hardware

Inilah Definisinya!
80+
Adalah standardisasi PSU (power supply unit) sesuai dengan tingkat efisiensi energi yang digunakan. Sertifikasi 80+, artinya PSU tersebut memiliki efisiensi minimal 80%, pada hampir semua tingkat beban daya, baik pada beban daya 20%, 50% maupun 100%.

Intel Core i7 Terbaru
Seakan belum puas dengan gelar processor tercepat, Intel kembali memperkenalkan processor Core i7 terbarunya belum lama ini. Dua processor untuk desktop PC yang belum lama ini diperkenalkan adalah processor Intel Core i7 950 dan 975 XE. Dibandingkan dengan processor Core i7 yang sebelumnya telah tersedia, keduanya memiliki clock speed yang lebih cepat. Core i7 950 dengan

clock speed 3,06 GHz, lebih cepat dibandingkan Core i7 940 dengan clock speed 2,93 GHz. Sedangkan Core i7 975 XE dengan clock speed 3,33 GHz, lebih cepat dibandingkan Core i7 965 GHz dengan clock speed 3,2 GHz. Dari harga yang ditawarkan untuk kedua processor Core i7 terbaru tersebut, sebagian pengamat memperkirakan Core i7 950 dan Core i7 975 XE ini akan menggeser keberadaan kedua processor pendahulunya tersebut. Hal ini semakin dipertegas dengan informasi dari pihak Intel yang merencanakan akan menghentikan ketersediaan processor Core i7 940 dan 965 XE. Processor Core i7 940 akan tersedia sampai akhir 2009 ini, sedangkan processor Core i7 965 XE akan tersedia hinga pertengahan 2010.
Info: www.tcmagazine.com

Processor AMD Terbaru
AMD kembali memperkenalkan processor desktop terbarunya. Setelah belum lama ini memperkenalkan processor AMD Phenom II X4 955 dan AMD Phenom II X4 945, AMD juga merencanakan akan menghadirkan beberapa processor tambahan dalam waktu dekat, untuk melengkapi pilihan sesuai dengan yang dibutuhkan penggunanya. Delapan processor baru AMD ini diperkirakan akan diperkenalkan di bulan Juni 2009, bersamaan dengan
Model Clock frequency (GHz) 2,5 2,4 2,5 2,4 2,3 2,2 2,3 2,2 Clock frequency (GHz) 2,8 GHz 3,1 GHz 3,0 GHz 3,0 GHz 2,9 GHz 2,8 GHz

ajang Computex 2009. Kedelapan processor yang menggunakan socket AM3 ini termasuk processor eseries AMD, yang mengedepankan efisiensi penggunaan daya listrik, dengan TDP antara 45 sampai 65 watt. Berikutnya juga akan ditambahkan pilihan enam processor terbaru AMD, yang direncanakan akan dihadirkan juga dalam waktu dekat, terdiri dari tiga processor Phenom II dan 3 processor Athlon II X2, kesemuanya dengan socket processor AM3. Berbeda dengan processor eseries dari AMD, enam processor ini memiliki TDP yang lebih tinggi.
Info: www.tcmagazine.com

L2 Cache (MB) 2 2 1,5 1,5 2 2 1,5 1,5 L2 Cache (MB) 2 MB 1 MB 1 MB 1 MB 1 MB 1 MB

L3 Cache (MB) 6 6 6 6 0 0 0 0 L3 Cache (MB) 6 MB 6 MB 6 MB -

TDP (W)

DIY
Istilah jika pengguna sebagai end user diberikan kesempatan untuk memilih dan/atau merakit PC sesuai dengan keinginannya. Pengguna memiliki keleluasaan dalam memilih komponen sesuai kebutuhannya. Dan tidak hanya menerima atau memilih produk PC desktop atau notebook yang ditawarkan.

Core i7 950 dan 975 XE menggantikan Core i7 940 dan 965 XE

ASUS Z8NA-D6C

Prototipe
Setelah proses desain, maka rancangan sebuah produk biasanya melalui proses ini. Sebuah prototipe perlu dibuat untuk menguji fungsionalitasnya, dan beberapa hal lain sebelum versi final, untuk kemudian dipasarkan dan diproduksi ke pasar. Proses prototipe dapat meminimalkan kesalahan desain, juga pengembangan desain, sekiranya dibutuhkan sebelum produk diproduksi secara masal. Beberapa pendekatan prototipe dapat digunakan, tidak semua harus dibuat dalam skala dan fungsionalitas seutuhnya, tergantung dari kategori produk yang akan dibuat, dan pertimbangan lainnya.

Rail
Pada PSU, istilah rail adalah mengacu pada jalur output yang dimiliki. Idealnya, masing-masing rail memiliki jalur converter listrik sendiri. Artinya, jika terjadi gagal fungsi pada salah satu rail, maka rail yang lain tidak akan mengalami gangguan yang sama. Jalur converter yang terpisah biasanya membuat PSU dengan multi-rail lebih mahal dibanding PSU single-rail. Namun perlu diperhatikan, biasanya masing-masing rail memiliki batasan daya output, yang tentunya lebih kecil dari power rating total PSU itu sendiri.

Untuk pengguna PC yang membutuhkan kinerja komputasi yang sangat tinggi, solusi penggunaan multi-processor mungkin menjadi salah satu pertimbangan Anda. ASUS Z8NA-D6C adalah salah satu alternatifnya. Info: www.asus.com Sama seperti motherboard server Harga: US$260 Z8-series dari Asus lainnya, motherboard ini dilengkapi dengan dua socket processor LGA1366. Mendukung penggunaan processor Intel Xeon X5500, E5500 atau L5500. Keunikan ASUS Z8NAD6C adalah motherboard ini menggunakan form factor ATX, dan memungkinkan penggunaan RAM registered (RDIMM) ataupun unregistered (UDIMM). Chipset yang digunakan adalah Intel 5500 pada north bridge dan ICH10R pada south bridge. Enam slot DDR3 (800, 1066 Motherboard server dengan form factor ATX

atau 1333 MHz) dapat terpasang 48 GB RDIMM, atau 24 GB UDIMM. Tersedia satu slot PCI-e 2.0 x16, dua slot PCI-e 2.0 x8, dan satu slot PCI. Tersedia enam konektor SATA 3.0 Gbit/s, dan dapat dikonfigurasikan RAID 0, 1, 5 dan 10. Motherboard server ini dilengkapi dengan dua port Gigabit LAN, dan terintegrasi dengan graphic controller Aspeed AST2050 8 MB.

Phenom II X4 905e Phenom II X4 900e Phenom II X3 705e Phenom II X3 700e Athlon II X4 605e Athlon II X4 600e Athlon II X3 405e Athlon II X3 400e Model

65 65 65 65 45 45 45 45 TDP (W)

Phenom II X4 925 Phenom II X2 550 Phenom II X2 545 Athlon II X2 250 Athlon II X2 245 Athlon II X2 240

95 W 80 W 80 W 65 W 65 W 65 W

Empat belas pilihan processor AMD akan segera hadir

Intel Larrabee
Penggabungan processor x86 dan processor grafis dalam satu chip terintegrasi semakin mendekati kenyataan. Terlebih setelah Intel sempat memperlihatkan chip Intel Larrabee yang termasuk dalam kategori general purpose GPU (GPGPU) belum lama ini. Dijadwalkan akan hadir pada kisaran akhir tahun 2009 atau awal tahun 2010. Dikabarkan GPGPU ini memiliki banyak

kesamaan dengan arsitektur rancangan processor Pentium P54C dari Intel yang dihadirkan pada dekade 1990-an. Namun, jika chip Pentium P54C dibuat dengan teknologi proses manufaktur 800 nm, GPGPU dari Intel ini akan dibuat dengan teknologi proses manufaktur 45 nm. Rencananya di tahun 2010, Intel Larrabee akan hadir dengan teknologi proses manufaktur 32 nm.
Info: www. pcgameshardware.com

ASRock ION 330
Produk ASRock ION 330 ini adalah sebuah barebone nettop dengan platform Ion, menggunakan processor Intel Atom, dan chipset nVIDIA. Processor grafis yang terintegrasi pada platform Ion dipercaya dapat memberikan kinerja jauh lebih baik dibandingplatformnettopsebelumnya. Bahkan platform Ion diklaim dapat dimanfaatkan untuk menikmati Full HD 1080p, 3D gaming, dan dukungan untuk Windows Vista dan Windows 7. Sesuai dengan namanya, ASRock ION 330

Slot Loading
Sebutan untuk salah satu sistem mekanisme pada drive optik. Tinggal memasukan sebagian dari media keping, mekanisme slot loading akan menarik sisanya, untuk kemudian dijepit secara magnetis pada spindle. Mekanisme lain adalah tray loading, yang menggunakan sebuah tray (tempat) untuk menaruh media kepingan ini. Pada tray loading, mekanismenya menggerakkan tray yang menjadi jalan keluar masuknya CD/ DVD.

menggunakan processor Intel Atom 330 dual-core dengan chipset nVIDIA ION. Terpasang dengan memory Dual-Channel 2 GB DDR2 800 Mhz, dan dapat ditingkatkan menjadi 4 GB. ASRock ION 330 dilengkapi media penyimpanan harddisk –form factor 2,5 inci dengan kapasitas 320 GB dan optical drive DVD Super Multi. ASRock ION 330 dilengkapi dengan port HDMI, D-Sub, 6x USB 2.0, dan Gigabit LAN. Mendukung HD Audio 5.1 channel, ASRock ION 330 juga memiliki tingkat kebisingan minim, maksimal 26 dB, dan diilustrasikan oleh ASRock lebih hening dibanding tingkat kebisingan di perpustakaan kebanyakan, sekitar 30 dB. Ukurannya juga cukup ringkas, 195 x 70 x 186 mm atau memiliki volume sekitar 2 liter, dengan berat hanya 1,69 kg.
Info: www.asrock.com

Intel Larrabee 32 nm di tahun 2010

Konektor HDMI Type D
Perangkat dengan dukungan display full HD kini makin marak ditemukan. Bahkan beberapa perangkat dengan ukuran yang ringkas, seperti kamera digital sudah memungkinkan memberikan tampilan full HD. Untuk itu, kalangan industri memandang perlu untuk menghadirkan konektor terbaru. Prototipe konektor HDMI yang lebih dikhususkan untuk diaplikasikan pada perangkat berukuran ringkas tengah dikembangkan. Salah satunya untuk konektor HDMI type D, seperti terlihat prototipenya pada gambar. Sekilas sangat mirip dengan konektor micro-USB. Namun konektor HDMI type D ini memiliki jumlah pin yang jauh lebih banyak, yaitu sebanyak 19 pin. Namun dengan ukuran dan bentuk yang sangat mirip, pihak industri ingin memastikan agar keduanya dapat dibedakan sehingga memudahkan penggunaannya, dan mencegah kesalahan yang mungkin terjadi. Rencananya, konektor HDMI type D ini akan difinalisasi untuk diperkenalkan pada kuartal ketiga tahun 2009, dan masih ada kemungkinan untuk berubah dari desain prototipe yang sekarang ada.
Info: www.fudzilla.com

ASRock ION 330 dengan ukuran sangat ringkas

Sekilas mirip dengan konektor micro-USB

8

11/2009

Hardware

Aktual

QNAP TS-239 Pro Turbo NAS
Processor Intel Atom tidak hanya ideal digunakan pada netbook dan nettop. Dengan kebutuhan daya dan panas yang rendah, ia juga ideal diandalkan pada NAS, seperti yang terlihat pada beberapa produk NAS terkini. QNAP TS-239 Pro Turbo

NAS juga menggunakan processor Intel Atom. QNAP TS-239 Pro Turbo NAS dilengkapi dua buah slot harddisk form factor 3,5 inci dengan interface SATA, dan mendukung iSCSI. NAS dengan dua slot harddisk seperti ini memang memiliki dimensi yang terbilang ringkas, 150 x 102 x 216 mm. Ia menggunakan power supply adapter yang terpisah, yang mampu mengontribusikan daya hingga 60 watt. Produk ini menggunakan processor Intel Atom N230 1.6 GHz dengan memory 1 GB DDR2. Sebagai tambahan fungsi NAS, ia dilengkapi dengan enkripsi 256-bit AES, dan dukungan fungsi Bittorrent client.
Info: www.qnap.com

Koolance CPU-LN2
Produk ini adalah sebuah CPULN2 Liquid Nitrogen Evaporator, solusi pendingin yang akan memudahkan para pelaku overclocker ekstrem. Terlebih yang selama ini mengandalkan pendingin dengan nitrogen cair. Meski kebanyakan pelaku overclocker ekstrem sudah memiliki peralatan customize sendiri, namun produk yang ini bisa menjadi pertimbangan untuk mendinginkan processor yang bekerja dengan clock yang jauh lebih tinggi. Meski tidak dikenal secara luas, namun nama Koolance bukan lagi produsen asing untuk para overcloker, terlebih dengan produk pendingin berbasis water cooling atau cairan lainnya. Produk CPU-LN2

Liquid Nitrogen Evaporator adalah sebuah pot berbentuk tabung untuk menampung nitrogen cair atau liquid nitrogen (LN2). Belakangan solusi pendingin LN2 menjadi salah satu andalan overclocker untuk mencapai pendinginan maksimal. Produk ini memiliki dimensi 60 x 200 x 60 mm, dengan berat 1,58 kg.

Ia disertai dengan bracket pengikat ke motherboard, dan dapat digunakan untuk beragam socket processor, termasuk socket AM2, AM2+, AM3, dan socket 939/940/754 untuk processor AMD, juga socket LGA 1366, LGA 775, 478, 603, 604, LGA771 untuk processor Intel.
Info: www.koolance.com

NAS dengan processor Intel Atom N230

XFX Radeon HD 4890 Black Edition

Kartu grafis dengan GPU Radeon HD 4890 kini telah banyak tersedia. Beberapa produsen ternama juga sudah memperkenalkan beberapa kartu grafis dengan GPU Radeon HD 4890 Info: www.nordichardware.com andalannya, yang dapat bekerja deVersi ngan clock lebih cepat. overclock XFX memperkenalkan Graphic Radeon HD card dengan GPU Radeon HD 4890 dari XFX 4890 yang sudah ter-overclock. XFX Radeon HD 4890 Black Edition ini dengan chip RV790 yang bekerja dengan core clock 1 GHz. Pada paket

penjualannya, kartu grafis dengan memory 1 GB GDDR5 ini dilengkapi dengan game Tom Clancy’s Hawx. XFX Radeon HD 4890 Black Edition akan tersedia di pasar Eropa dalam waktu dekat. Namun mengenai informasi perkiraan harga, dan ketersediaan di pasar belahan dunia lainnya belum diketahui.

Tabung LN2 untuk pendingin processor bagi overclocker

RipNAS
RipNAS adalah salah satu produsen network attached storage (NAS) yang bisa dibilang lebih fokus untuk NAS file multimedia. Beragam solusi unik yang dikhususkan dengan dukungan untuk beberapa perangkat multimedia sudah dihadirkan RipNAS. Informasi terkini, RipNAS menghadirkan produk storage jaringan yang juga tidak kalah unik. RipNAS menghadirkan sebuah NAS dengan media solid state drive (SSD), dan

mengklaimnya sebagai NAS pertama di dunia yang menggunakan SSD. Pada produk ini, RipNAS menggunakan dua buah SSD dengan kapasitas masing-masing 250 GB. Seperti terlihat pada gambar, case yang digunakan berwarna perak terbuat dari bahan alumunium, dengan dimensi 100 x 430 x 380 mm. Selain berfungsi sebagai NAS, ia juga

memungkinkan melakukan ripping dari CD audio, dan menyimpannya langsung pada NAS ini. Untuk menjaga tampilannya yang menarik, DVD/CD drive yang digunakan menggunakan mekanisme slot loading. Produk ini dilengkapi dengan processor Intel Atom dual core, dan memory 2 GB. RipNAS juga tersedia dengan harddisk sebagai media penyimpanan dengan kapasitas 1,5 TB.
Info: www.engadget.co

RipNAS, dapat langsung melakukan ripping audio dengan mudah, dan digabung dengan fungsi NAS

Lian Li Armorsuit PC-P50R
Untuk urusan PC case, nama Lian Li sudah dikenal dengan produknya yang berkualitas, dan harga yang juga berkelas tinggi. Meski untuk urusan desain tidak ada yang terlihat istimewa, namun Lian Li selalu memberikan rancangan yang efisien dan berkualitas. Produk terbarunya adalah Lian Li Armorsuit PC-P50R, yang kali ini memiliki bentuk yang cukup unik dibandingkan kebanyakan produk Lian Li. PC case yang ditujukan untuk gamer ini memiliki dimensi 210 x 495 x 490 mm,

dilengkapi dengan 9 bay untuk drive 5,25 inchi, dan mekanisme anti-vibrasi untuk drive yang terpasang. PC case tool less yang ideal untuk para DIY ini dilengkapi dengan panel untuk port USB dan audio di bagian atas, termasuk tombol power dan reset. Lian Li Armorsuit PC-P50R juga mendukung untuk penggunaan dengan water cooling, dan sudah dilengkapi dengan empat buah fan.
Info: www.lian-li.com Harga: $240

Lian Li Armorsuit PC-P50R dengan kombinasi warna hitam dan merah

Gigabyte GV-N92TSL-1GI

Kartu grafis yang mendukung teknologi Nvidia PhysX dan nVIDIA CUDA ini juga dapat dikonfigurasikan SLI. Dilengkapi dengan memory 1 GB DDR3, cukup ideal untuk yang membutuhkan kartu grafis berkualitas dengan tingkat kebisingan yang minim.

Sebuah kartu grafis dengan GPU nVIDIA GeForce 9800 GT memang bukan sebuah Info: www.gigabyte.com.tw kartu grafis dengan GPU terkini. Yang membuat Gigabyte GV-N92TSL-1GI unik adalah solusi pendingin yang digunakan. Produk ini menggunakan solusi pendingin pasif, tanpa fan. Ini memungkinkannya ideal untuk pengguna yang menginginkan PC dengan tingkat kebisingan yang minim, dengan penggunaan komponen yang mendukung hal tersebut. Solusi pendingin berupa heatsink dengan kombinasi bahan tembaga, heatpipe sebanyak tiga buah, dan heatsink Solusi pendingin pasif, untuk tingkat kebisingan minim fin bahan alumunium yang besar. 11/2009

9

Aktual

Mobile & Komunikasi

Inilah Definisinya!
Baterai Li-ion
Baterai Lithium-ion atau disingkat Liion, adalah salah satu dari tipe baterai rechargeable. Lithium-ion bergerak dari anoda (kutub positif) ke katoda (kutub negatif) saat digunakan. Dan Lithium-ion agak bergerak kembali dari katoda ke anoda saat dilakukan proses charging. Baterai jenis ini banyak digunakan pada consumer electronic. Kepopuleran baterai ini dikarenakan beberapa alasan, seperti baterai jenis ini portabel, dengan ratio energi banding berat yang baik, minim memory effect, dan lain sebagainya.

Dell Inspiron Mini 10v
Dell cukup dikenal sebagai merek komputer yang memberikan alternatif pilihan spesifikasi yang beragam, dengan harga yang bersaing. Dell Inspiron Mini 10v adalah produk netbook terbarunya, cukup menarik untuk disimak. Berita mengenai akan hadirnya produk dengan penawaran harga menarik yang satu ini cukup banyak menghiasi informasi baik di media cetak maupun online. Namun, kini akhirnya Dell Inspiron Mini 10v sudah mulai tersedia di pasaran. Spesifikasi yang digunakan tidak banyak berbeda dengan netbook kebanyakan.

Blu-Ray
Blu-Ray Disc adalah salah satu format untuk media optical disc, yang kebanyakan digunakan untuk menyimpan high-definition video, dan penyimpanan data. Dikembangkan oleh Blu-Ray Disc Association, kelompok yang terdiri dari produsen consumer electronic, PC component hardware, dan industri film. Ukuran fisik tidak berbeda dengan CD ataupun DVD. Dinamakan Blu-Ray, karena menggunakan laser blueviolet untuk proses read dan write. Kapasitas Blu-Ray Disc dual layer dapat menyimpan data hingga 50 GB per keping.

Dimulai dari penggunaan procesor, Dell Inspiron Mini 10v ini menggunakan processor Intel Atom N270 (1.6GHz), dengan memory 1 GB RAM, media penyimpanan harddisk 120 GB. Display dengan diagonal 10,1 inci widescreen ini menampilkan resolusi 1024 x 576 dari graphic controller terintegrasi, Intel Graphics Media Accelerator 950. Untuk konektivitas nirkabel, mendukung WiFi 802.11g. Netbook dengan sistem operasi Windows XP Home Edition SP3 ini menggunakan baterai Li-ion 3-cell. Memang tidak ada yang terlalu istimewa dengan spesifikasi yang ditawarkan. Namun seperti terlihat pada gambar, pilihan warna yang tersedia cukup lengkap. Dan bagi Anda yang memperhatikan harga penawarannya, membuat Dell Inspiron Mini 10v cukup menarik untuk dipertimbangkan.
Harga: $299 Info: www.dell.com

ADVAN G2T-64S
Produk ini adalah notebook yang menggunakan layar 12,1 inci WXGA, dengan processor Intel Core 2 Duo T6400 2,0 Ghz, dan chipset Intel GL40, dengan graphic controller terintegrasi yang mendukung DirectX 10, dan dilengkapi dengan port HDMI. Untuk

memory, terpasang 1 GB DDR2 pada satu slot, dari dua slot yang tersedia. Memudahkan proses upgrade memory, jika dibutuhkan penggunanya pada slot memory kedua yang tersedia. Dengan media penyimpanan menggunakan harddisk SATA 160 GB, dan drive optik DVDRW Super Multi. Seperti kebanyakan notebook, tentu saja ia juga sudah dilengkapi dengan fitur pendukung, seperti konektivitas nirkabel WiFi dan webcam terintegrasi. Dengan dimensi 30 x 218 x 35 mm yang terbilang ringkas dan berat 1,8 kg yang cukup ringan, membuatnya cukup ideal untuk menemani keseharian Anda dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. Harga yang ditawarkannya pun terbilang menarik.
Harga: Rp6.599.000 Info: www.advandigital.com

Notebook terjangkau dengan 12,1 inci

Netbook yang menawarkan harga menarik

Acer Aspire One 751
Netbook kini tidak lagi identik dengan sebuah mobile PC dengan layar kecil, dan keyboard dengan ukuran tombol yang menyulitkan kebanyakan penggunanya. Netbook dengan layar yang lebih besar kini mulai diperkenalkan. Acer Aspire One 751 adalah salah satunya. Dengan layar 11,6 inci, netbook ini memiliki layar yang lebih besar dari netbook kebanyakan, dengan layar sekitar 10 inci atau lebih kecil. Menggunakan processor Intel

Discrete Graphic Controller
Kebanyakan notebook, menggunakan graphic controller yang terintegrasi pada motherboard atau chipset yang digunakan. Discrete graphic controller menyatakan notebook menggunakan graphic card untuk proses graphic. Ini juga menandakan notebook tersebut memiliki slot untuk graphic card, dan kemungkinan upgrade graphic card jika dibutuhkan.

Lenovo IdeaPad S10-2
Meneruskan kesuksesan IdeaPad S10, kini hadir Lenovo IdeaPad S102. Apa saja yang berbeda? Lenovo IdeaPad S10-2 mencoba melengkapi fitur dari versi terdahulunya. Antara lain dengan konektivitas nirkabel 3G, dan daya tahan baterai yang lebih lama. Sedangkan untuk spesifikasi lainnya masih memiliki banyak kesamaan dengan produk serupa. Lenovo IdeaPad S10-2 menggunakan processor Intel Atom 1.6 GHz, memory 1 GB RAM, media penyimpanan harddisk 160 GB, GMA graphics, dan tentunya dukungan konektivitas
Lenovo IdeaPad S10-2 dengan dukungan konektivitas 3G

nirkabel WiFi. Netbook dengan layar 10,1 inci widescreen ini juga dilengkapi dengan webcam 1.3 MP terintegrasi, dan 4-in-1 card reader Daya tahan baterai diklaim dapat mencapai 6 jam, dengan penggunaan baterai Li-ion 6-cell pada Lenovo IdeaPad S10-2 ini.
Info: lenovo.com

Atom Z520 1,33 GHz, ia dilengkapi dengan memory 1 GB DDR2, dan media penyimpanan harddisk dengan kapasitas 160 GB. Fitur kelengkapan lain, seperti card reader, webcam terintegrasi, konektivitas WiFi dan Bluetooth juga tersedia. Produk dengan sistem operasi Windows XP ini memiliki dimensi 284 x 198 x 25,4 mm, dengan berat sekitar 1,35 kg, termasuk baterai Li-ion 3 cell. Acer Aspire One 751 dengan display 11,6 inci mampu memberikan tampilan 1366 x 768, membuatnya semakin nyaman untuk digunakan saat menjelajahi dunia maya di Internet.
Info: www.engadget.com

eSATA
External SATA (eSATA) adalah pilihan interface terbaru untuk media penyimpanan eksternal, diperkenalkan pada tahun 2004. Awalnya, untuk pilihan interface media penyimpanan eksternal hanya FireWire atau USB. Namun kedua interface tersebut mengakibatkan bottleneck pada kemampuan transfer, selain bridge yang digunakan menyebabkan fungsi SMART pada harddisk tidak dapat dimanfaatkan. eSATA dapat mengatasi semua kendala tersebut.

Netbook dengan layar 11,6 inci

Notebook Gaming MSI Terbaru
Untuk urusan notebook gaming, MSI sudah dikenal cukup lama dengan produk notebook seri GX. Belum lama ini, MSI kembali melengkapi pilihan netobeook gaming terbarunya, dengan memperkenalkan dua produk sekaligus. Keduanya sekilas terlihat mirip, dengan layar 15,4 inci, dan kombinasi warna yang mirip. Sebagai notebook gaming, ia memiliki ukuran tombol yang mendekati ukuran tombol keyboard kebanyakan, dengan dilengkapi tombol keypad sehingga tersedia total 103 tombol pada keyboard. Tombol Turbo yang menjadi ciri khas notebook gaming MSI juga tersedia. Dengan tombol ini, penggunanya

dapat melakukan overclocking dengan lebih mudah saat dibutuhkan. Kedua notebook gaming MSI GX623 dan MSI GX633 ini juga disertai dengan teknologi ECO Engine power, untuk penggunaan daya yang lebih efisien. Lalu apa perbedaan MSI GX623 dan MSI GX633? Perbedaannya ada pada platform yang digunakan. MSI GX623 adalah notebook dengan processor Intel Core 2 Duo.

Notebook MSI GX 623 menggunakan chipset Intel PM45, dan discrete graphic controller Radeon HD4670 Mobility 512 MB. Sedangkan MSI GX633 menggunakan processor AMD Turion X2 Ultra, dengan chipset nVIDIA MCP77, ditambah dengan discrete graphic controller GeForce GeForce GT130M 512 MB. Selebihnya, kedua notebook tersebut memiliki banyak kesamaan. Keduanya dimungkinkan terpasang
Dua notebook gaming MSI terbaru

WiFi
Wi-Fi adalah sebutan populer dari teknologi wireless yang digunakan pada jaringan nirkabel. Penggunaannya kini meluas, selain pada PC, juga mulai digunakan pada handset mobile phone, video game console, PDA, dan perangkat portabel lainnya.

memory hingga maksimal 4 GB DDR2-800, tersedia sebuah slot harddisk dengan pilihan kapasitas 160 sampai 500 GB, tersedia pilihan penggunaan drive optik Blu-ray, konektivitas Gigabit LAN, dan nirkabel Wi-Fi 802.11n. Untuk urusan ketersediaan konektor juga lengkap. Kedua notebook gaming ini dilengkapi konektor eSATA dan HDMI. Baik MSI GX623 dan GX633 memiliki berat sekitar 2,7 kg. Namun agaknya konsumsi daya maksimal yang dibutuhkan notebook MSI GX623 lebih rendah dengan power supply adapter 90 watt, dibanding MSI GX633 yang dilengkapi dengan power supply adapter 120 watt.
Info: www.msi.com

10

11/2009

Audio/Video/Foto

Aktual

Sanyo LP-WXU700
Zaman sekarang, produk-produk yang diintegrasikan langsung dengan chip nirkabel seperti modul nirkabel 802.11n lebih banyak menarik konsumen, dikarenakan produk-produk ini mampu menghadirkan kemudahan pemasangan, tanpa harus direpotkan dengan urusan kabel. Merespons keinginan pasar, Sanyo merilis seri terbaru proyektor video WXGA yang dilengkapi dengan

konektivitas nirkabel 802.11n, Sanyo LP-WXU700. Sanyo mengklaim LP-WXU700 merupakan proyektor nirkabel kelas enterprise tercepat yang hadir di pasaran. Dengan Sanyo LPWXU700, pengguna dapat dengan mudah melakukan stream file media dari komputer ke proyektor, tanpa harus terjebak dengan bandwidth yang terbatas. Selain itu, proyektor ini juga dilengkapi dengan koneksi HDMI dan port USB. Sanyo LP-WXU700 mempunyai resolusi WXGA dengan tingkat kecerahan lumens 3800 dan 500:1 rasio kontras, membuat proyektor ini cocok untuk presentasi bisnis dan multimedia. Sanyo LPWXU700 akan beredar di pasaran dunia pada Juni 2009, dengan harga yang cukup mahal, US$6000.
Harga: US$6000 Info: www.sanyo.com

Samsung WB100
Samsung meramaikan pasar kamera digital saku, dengan merilis Samsung WB100 dengan resolusi sebesar 12 megapixel. Samsung WB100 mempunyai lensa sudut lebar 24 mm Schneider dengan zoom 5x optikal. Selain memotret, kamera saku ini juga mampu merekam video dengan resolusi high definition. Untuk menampilkan gambar atau hasil rekaman video, Samsung WB100 menggunakan layar teknologi AMOLED, dan Samsung mengklaim layar AMOLED yang digunakan pada Samsung WB100 merupakan yang terbesar. Teknologi perekaman video Samsung WB100 memiliki resolusi 720p, serta konektivitas HDMI. Konektivitas HDMI sangat berguna, jika pengguna ingin melihat foto atau video melalui televisi dengan teknologi HDTV. Lensa zoom optikal pada Samsung WB100 dapat digunakan juga untuk merekam video, dan berkat penggunaan sistem kompresi H.264, kamera digital ini mampu merekam video dengan

Inilah Definisinya!
CMOS
Complimentary Metal Oxide Semiconductor (CMOS) adalah nama bagi suatu kelompok besar sirkuit terpadu. Chip CMOS termasuk microprocessor, microcontroller, RAM statis, dan gaya mendesain sirkuit digital lainnya. CMOS juga sekaligus adalah proses yang digunakan untuk mengimplementasikan sirkuit tersebut pada suatu IC. CMOS menggunakan kombinasi dari transistor MOSFET tipe ‘p’, dan juga transistor MOSFET tipe ‘n’.

Layar AMOLED memberikan banyak kelebihan

Teknologi canggih dengan harga tinggi

Samsung Camcorder Terbaru
Samsung mengumumkan perilisan dua buah camcorder terbaru, Samsung SMX-C14 dan Samsung CMX-10. Samsung SMX-C14 dan Samsung CMX-10 merupakan dua buah camcorder yang didesain ergonomis, compact, serta mudah digunakan. Sepasang camcorder ini juga mempunyai fitur Touch of Colora (ToCa), yang sebelumnya pernah disematkan pada jajaran HDTV flat panel. Samsung SMX-C14 dan Samsung CMX-10 sangat ideal untuk pengguna yang sering bepergian, apalagi camcorder ini juga dilengkapi dengan 10x zoom optikal yang dipasangkan dengan Hyper Image Stabilization untuk membantu mengurangi hasil hambar blur atau goyang. Samsung SMX-C14 dan Samsung CMX10 dilengkapi dengan

230.000 pixel pada layar ukuran 2.7 inci. Sama dengan seri Samsung HD HMX-R10, Samsung SMX-C14 dan Samsung CMX-10 mempunyai fitur Active Angle Lens. Fitur ini memudahkan penggunaan camcorder, tanpa harus membuat pergelangan tangan dan siku cepat lelah. Samsung SMX-C14 mempunyai kapasitas internal 16 GB flash memory, dan data ditambah berkat adanya slot kartu memory SD/SDHC. Sedangkan Samsung SMX-C10 melengkapi dirinya dengan sebuah program edit video yang disebut intelli-studio. Program ini membuat pengguna dapat mengoneksikan langsung camcorder melalui USB ke PC sekaligus mengedit video, tanpa harus menggunakan aplikasi lain.
Harga: N/A Info: www.samsung.com

waktu yang lebih lama. Samsung WB100 telah dilengkapi dengan teknologi Optical and Digital Image Stabilization untuk mereduksi gambar goyang. Bagi pengguna yang ingin memotret dengan kreativitas tinggi, kamera ini telah menggunakan setting secara manual penuh. Pengguna dapat mengatur sistem pencahayaan, kecepatan hingga pemilihan ISO untuk hasil yang lebih baik.
Harga: N/A Info: www.samsung.com

Flash Memory
Adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memory untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memory yang dapat ditulis, tidak seperti chip memory akses acak, dan memegang datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memory ini biasanya digunakan dalam kartu memory, drive flash USB, pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.

HDMI
High-Definition Multimedia Interface adalah salah satu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital, tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV, serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).

JVC D-ILA 3
JVC Jepang telah mengumumkan bahwa dalam waktu dekat mereka akan merilis front-projector JVC DILA 3 (Direct-Drive Image Light Amplifier) 8k, dan 4K. JVC D-ILA 3 8K mampu menampilkan gambar dengan resolusi sangat tinggi, 8192 x 4320 pixel atau lebih dari 35 megapixel. Spesifikasi lain yang diungkap JVC, antara lain kecerahan proyektor mencapai 10.000 lumen, dan 5500:1 rasio kontras yang dihasilkan dari lampu dengan energi sebesar 3000 watt. Interface khusus yang terbuat dari serat optik telah dikembangkan untuk

penggunaan JVC D-ILA 3. Selain itu, juga terdapat port HDMI. JVC DILA 3 mempunyai berat sekitar 370 lbs. JVC D-ILA 3 4K masih dalam tahap prototipe. Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 3840 x 2160 pixel, dan 60 gambar per detik pada modus RAW. Resolusi tinggi untuk merekam ini dapat dilakukan berkat sensor CMOS sebesar 1.25 inci. Belum ada berita resmi, kapan JVC D-ILA 3 4K dan 8K akan dirilis ke pasar. Yang pasti proyektor dan kamera ini akan tampil pada ajang NHK Broadcast Technology Institute, di Jepang.
Harga: N/A Info: www.jvc.com

HDTV
High-definition television adalah standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3), dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. Ia memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas, dan dengan warna-warna matang. HDTV memiliki jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yang digunakan di Indonesia.

Resolusi tinggi dengan sensor CMOS

Sepasang camcorder dengan fitur menarik

Sony MCB1172
Sony baru saja mengumumkan pengembangan modul kamera HD (high definition) yang seukuran koin. Modul baru Sony MCB1172 itu diklaimnya sebagai yang terkecil di dunia. Ukurannya memang sangat mungil, 9,5 x 7,1 cm. Sony MCB1172 ini memungkinkan penggunaan video 720p (HD) pada 30fps.

Kemampuannya lainnya adalah disertakannya stabilisasi video, pengenalan wajah (face detection), dan otomatis fokus gerakan. Modus ISO tinggi atau kepekaan cahaya, dan slow motion 120fps juga dimungkinkan. Begitu juga opsi zoom 16x. Semua fitur tersebut terkemas dalam sensor 8,3 megapixel. Menurut Sony, modul kamera HD ini dirancang untuk kalangan industri dan sekuriti, dan sudah tersedia untuk diproduksi secara massal. Untuk perekaman video digital dengan kondisi cahaya rendah, Sony melengkapi modul kameranya dengan modus sensitivitas tinggi yang mampu merekam hingga 120 gambar per detik. Modul ini diharapkan akan hadir di tahun ini juga.
Harga: N/A Info: www.electronista.com

Phase One P 40+

Modul kecil dengan kemampuan raksasa

Phase One merilis kamera digital back terbaru, Phase One P 40+. Seperti pendahulunya, digital back Phase One P 65+ yang dirilis tahun lalu, Phase One P 40+ menawarkan modus penangkapan gambar terpisah dengan dua cara. Pada modus normal, Phase One P 40+ memberikan resolusi sebesar 40 megapixel untuk kualitas gambar tinggi. Dan jika memotret dengan kondisi tertentu, para fotografer dapat mengubah setting dari Harga: N/A 40 megapixel ke 10 megapixel dengan Info: www.phaseone.com cepat, ditambah dengan sensitivitas ISO mencapai ISO 3200. Selain mampu memotret dengan kondisi cahaya temaram, Phase One P 40+ juga mampu menangkap gambar dengan keceptan 1.8 gambar per detik. Format medium dengan kualitas tinggi Kemampuan sistem Phase 11/2009

One P 40+ sangat menguntungkan, apalagi bagi fotografer yang mencari kualitas gambar format medium 16-bit dengan berbagai kondisi pemotretan. Digital back Phase One P 40+ sangat cocok digunakan untuk para fotografer pernikahan ataupun jurnalis, pilihan pemotretan dengan berbagai kondisi cahaya memungkinkan para fotografer menggunakan digital back Phase One P 40+ di berbagai kesempatan. Phase One menyarankan agar hasil foto dengan Phase One P 40+ diolah menggunakan software Phase One Capture One versi 4.8 atau versi yang lebih tinggi.

Pixel
Adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris, Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci dengan pilihan 16 juta warna lebih untuk setap inci. Dalam istilah computer, berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.

11

Aktual

Gadget

Inilah Definisinya!
EAX
Environmental audio extensions (EAX) adalah sekumpulan preset audio dari digital signal processing (DSP) yang ditawarkan oleh Creative Labs pada produk sound card Sound Blaster. Belakangan juga digunakan beberapa produk portabelnya, seperti Creative NOMAD dan Creative Zen. Preset audio ini memberikan kesan suara virtual 3D, dengan melakukan proses DSP pada suara yang dikeluarkannya. Sebelumnya, Creative Labs menggunakan A3D (Aureal 3Dimensional) sampai tahun 2001 yang lalu.

MSI SyrenSound
Beberapa motherboard MSI terdahulu dilengkapi dengan onboard audio controller berkualitas dari Creative. Keseriusan MSI menghadirkan produk audio semakin terlihat, dengan memperkenalkan seri SyrenSound yang terdiri dari sound card (SyrenSound X-Fi), headset (SyrenPhone Gaming) dan speaker (SyrenSpeaker Mini).

Produk yang SyrenSound X-Fi menggunakan Creative Audio Processor CA0110. Sound card ini mendukung teknologi X-Fi Xtreme Fidelity dan EAX Advanced HD 4.0 untuk menghasilkan tatanan suara yang lebih realistis. SyrenPhone Gaming adalah sebuah headset dengan konektor interface USB untuk digital audio. Reproduksi suara dihasilkan dari driver neodymium magnet speaker dengan diameter 40 mm. Headset untuk gaming ini dilengkapi microphone dengan noise reduction. Headset ini

dilengkapi dengan pengatur level volume dan tombol mute untuk microphone. SyrenSpeaker mini juga merupakan perangkat audio digital dengan interface USB. Speaker mini menggunakan catuan daya USB powered. Ukurannya ringkas, dimensi 50 x 50 x 50 mm, dengan berat 170 g. Driver speaker neodymium magnet 1,5 inci mampu memberikan output suara 1 watt RMS untuk masing-masing

speaker. Membuatnya cukup ringkas dan ideal untuk disandingkan dengan notebook, untuk kualitas suara yang lebih baik. Pada paket penjualannya, speaker mini juga dilengkapi pouch untuk kemudahan saat dibawa. Speaker mini ini tersedia dengan dua pilihan warna, hitam dan putih.
Info: www.msi.com

Jajaran produk audio dari MSI

Plug and Play
Adalah fitur pada perangkat komputer yang memungkinkan proses instalasi tanpa membutuhkan proses konfigurasi manual ataupun instalasi driver yang merepotkan.

Stackable Lego USB Hub
Ingat permainan Lego di masa kecil? Kini Anda dapat memilikinya di atas meja kerja, bersanding dengan PC,

Publisher Game
Tidak semua game publisher adalah pihak yang membuat game. Pihak pembuat game lebih dikenal dengan sebutan game developer. Sedangkan game publisher lebih ke proses pemasaran, dan after sales service. Hanya beberapa judul game yang di-publish oleh game developer-nya sendiri.

dan memanfaatkannya sebagai USB hub dengan produk yang satu ini. Sesuai dengan namanya, Stackable Lego USB Hub adalah sebuah USB hub berbentuk Lego sederhana, dan dapat ditumpuk. Masing-masing Stackable Lego USB Hub dilengkapi dengan port USB sebanyak 4 port. Tumpukan dengan beberapa Stackable Lego USB Hub, dan Anda dapat memiliki banyak port USB plug and play yang dapat diakses dengan mudah. Warna-warni Stackable Lego USB Hub ini juga dapat menjadi dekorasi di meja komputer Anda. Tersedia pilihan warna merah, biru, kuning dan hitam. Sebagai catatan, produk asal Korea ini bukan merupakan produk resmi dari Lego, namun tetap menarik untuk Anda yang ingin bernostalgia dengan permainan masa kecil.
Info: www.geeky-gadgets.com harga: US$12

Super Slim USB Optical Mouse
Meskipun hampir kebanyakan notebook sudah menyediakan trackpad atau touchpad sebagai pointing device pengganti mouse, namun tetap saja kebanyakan pengguna notebook akan lebih memilih menggunakan mouse ketimbang menggunakan touchpad yang sudah tersedia. Apalagi untuk penggunaan dengan intensitas yang lama. Sebuah mouse dengan ukuran ringkas dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang le-

bih memilih menggunakan mouse. Tidak perlu sebuah mouse yang memiliki spesifikasi tinggi, ukuran yang ringkas lebih diutamakan agar tidak menghabiskan banyak tempat pada tas notebook. Produk yang satu ini dapat dijadikan pertimbangan. Sesuai dengan namanya, Super Slim USB Optical Mouse memiliki ukuran yang ringkas, 45 x 64 x 14 mm, dengan berat hanya 28 gram. Meski ukurannya kecil, mouse optikal ini memiliki sensitivitas mouse 1.800 dpi. Tersedia dua pilihan warna, hitam dan putih, untuk disesuaikan dengan notebook yang digunakan.
Info: usb.brando.com.hk Harga: US$13

Mouse optikal dengan ukuran ringkas

USB hub berbentuk Lego yang dapat ditumpuk

Sensitivitas Mouse
Dalam dunia PC, ukuran sensitivitas mouse menggunakan satuan yang lebih tepat disebut count per inch (CPI), dan bukan istilah dot per inch (DPI) yang sering digunakan, dan ditemukan pada spesifikasi sebuah mouse. Sensitivitas mouse menyatakan jumlah langkah pointer yang dikirimkan mouse ke PC, saat bergerak sejauh 1 inci. Jika pergerakan satu langkah pada mouse sama dengan pergerakan kursor satu pixel, maka CPI baru setara dengan DPI karena pergerakan langkah pointer pada mouse sejauh satu inci akan sama dengan pergerakan kursor sejauh satu inci juga. Semakin besar sensitivitas sebuah mouse, semakin cepat pergerakan kursor ataupun dengan pengaturan setting pointer speed dapat berarti meningkatnya sensitivitas dari mouse.

Logitech Wireless Guitar Controller
Logitech, dengan lisensi dari Activision Publishing, Inc. sebagai publisher game seri Guitar Hero, akan menghadirkan Logitech Wireless Guitar Controller dalam waktu dekat. Selama ini, Logitech cukup dikenal untuk produk input device, baik mouse dan keyboard, juga beberapa game pad ataupun steering wheel, sampai joystick untuk bermain game flight simulator. Produk Logitech Wireless Guitar Controller ini dapat digunakan pada game console PlayStation2 dan PlayStation3, khususnya untuk ber-

main Guitar Hero. Sebelumnya, Logitech juga sudah memperkenalkan versi Logitech Wireless Guitar Controller, Premiere Edition. Terbuat dari bahan kayu dengan detail mirip gitar yang sebenarnya. Koneksi nirkabel memungkinkan penggunanya dapat tetap menggunakannya hingga jarak 30 feet (sekitar 10 meter) untuk pengguna game console PS2 atau PS3 dengan layar sangat lebar. Anda pun bisa merasakan layaknya seorang gitaris kampiun, dan semakin asik bermain Guitar Hero.
Info: www.logitech.com harga: US$199,99

USB Heart Clip Webcam
Perayaan valentine sudah lama berlalu, namun bagi Anda yang ingin menghadiahkan sebuah webcam berbentuk unik untuk pacar, webcam yang satu ini dapat dipertimbangkan. Sesuai dengan namanya, USB Heart Clip Webcam adalah sebuah webcam berbentuk hati. Tersedia dua pilihan warna, biru dan merah muda. Ukurannya cukup ringkas, dengan dimensi 50 x 75 x 68 mm, dan berat 120 g. Meski ringkas, webcam dengan sensor beresolusi VGA (640 x 480 pixel) ini memiliki dudukan yang juga

Controller game nirkabel untuk bermain Guitar Hero

dapat dijepitkan pada frame layar LCD pada desktop ataupun layar notebook. Dilengkapi dengan 3 lampu LED, berfungsi sebagai lampu kilat ataupun lampu sorot, untuk mengambil gambar di ruangan dengan pencahayaan gelap. Bentuknya pun dapat diubah dan diputar sehingga tidak lagi berbentuk hati. Anda yang terpisah jarak yang jauh dengan pacar pun dapat mengandalkan produk yang satu ini untuk melakukan video conference melepas kangen, karena produk ini juga dilengkapi dengan microphone terintegrasi. Harganya pun terbilang masuk akal untuk produk yang memiliki bentuk unik ini.
Info: usb.brando.com.hk Harga: US$22

USB Powered
Beberapa perangkat portabel yang sudah menggunakan catuan daya dengan menghubungkannya pada port USB pada PC yang sedang beroperasi, menggunakan tegangan catuan daya standar USB, yaitu 5V DC.

Dilengkapi 3 lampu LED

12

11/2009

Game

Aktual

Lost Planet 2
Dengan mengambil setting waktu 10 tahun setelah event dalam game pertama Lost Planet: Extreme Condition berakhir, sequel game tersebut akhirnya resmi diumumkan untuk diluncurkan tahun depan. Game ini dikembangkan dan diluncurkan oleh Capcom. Jika pada Lost Planet 1 diceritakan tentang kondisi bumi yang telah menjadi terlalu bermusuhan terhadap manusia. Pada Lost Planet 2, salju yang menutupi permukaan bumi telah meleleh menjadi sejumlah daerah tropis yang berlokasi di beberapa negara. Anda akan bertemu lagi dengan perusahaan fiksi yang dikenal

sebagai Neo Venus Construction (NEVEC), dan usaha mereka untuk memperoleh Thermal Energy. Pemain juga harus mengerahkan sekelompok tentara untuk bertarung melawan Akrid, ras serangga raksasa yang kini telah mengembangkan pasukan tentaranya jauh lebih banyak dan kuat. Elemen-elemen dari Lost Planet 1 dengan banyak pertarungan dan daerah dengan tekstur lingkungan yang ekstrem kembali dimunculkan di sini. Demikian pula dengan fitur-fitur gameplay, tidak banyak yang berubah. Namun tidak seperti pendahulunya, Lost Planet 2 kini mengizinkan pemain untuk menciptakan dan meng-customize pemain mereka untuk digunakan dalam permainan.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 3 GHz, RAM 1 GB, Video card 128 MB, Sound Card DirectX kompatibel. Harga: $39.99 Genre: Action Info: www.lostplanet-thegame.com

Bioshock 2
Masih ingat dengan petualangan bawah air di kota Rapture dalam Bioshock? Dua tahun telah berlalu, dan sebentar lagi 2K Marin siap meluncurkan sequel Bioshock 2 dengan setting kota yang sama dengan pendahulunya. Namun dengan waktu kejadian dan karakter yang berbeda. Sepuluh tahun telah berlalu setelah event yang terjadi di Bioshock. Alur cerita tetap bertempat di kota bawah air, Rapture, yang dibangun oleh seorang maniak bernama Andrew Ryan. Sebelumnya, tempat ini bertujuan untuk menampung orangorang jenius yang ingin menjalani gaya hidup bebas tanpa harus terikat aturan. Sampai suatu ketika, sebuah praktik perubahan genetik yang dilakukan di kota menyebar ke seluruh penduduk. Dalam sekejap
Kombinasikan senjata dengan plasmid untuk melancarkan serangan khusus

semua orang berubah menjadi sadis. Seperti tipe game first person shooter pada umumnya, Anda akan memiliki sejumlah besar senjata yang bisa diupgrade. Bertarunglah dengan Big Daddy untuk mencapai Little Sisters yang dijaga. Seiring waktu berjalan, teman Anda akan memberikan akses untuk menggunakan plasmids. Plasmid ini memiliki berbagai fungsi dan kombinasi yang menarik sepanjang permainan. Misalnya membakar Cyclone Trap yang menghalangi Anda, dengan plasmid inicerate.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Dual Core processor recommended 3GHz atau single core processor yang lebih tinggi, Memory 1 GB (XP)/2 GB (Vista), Video Memory 256 MB, Sound Card DirectX kompatibel, DirectX 9.0c atau 10 Harga: $59.99 Genre: Shooter, Survival Horror Info: www.2kgames.com/bioshock/

Inilah Definisinya!
Big Daddy
Tipe karakter fiktif dalam video game Bioshock Series. Berkostum atmospheric diving suits yang menyatu dengan tubuh dan organ, serta dipersenjatai dengan bor raksasa. Mereka menjelajahi kota bawah air Rapture dengan tugas untuk melindungi Little Sisters.

JRPG
Japanese Role Playing Game telah dikembangkan sejak akhir tahun 1980-an. Sekarang terdapat ratusan game JRPG yang berkompetisi di pasaran game. Walaupun pasar tidak terlalu besar, puluhan produk terus diluncurkan dengan beberapa di antaranya menjadi sangat populer. Sejumlah game mengambil tema dan berkaitan dengan novel ringan atau anime, seperti Record of Lodoss War dan Rune Soldier.

Hancurkan alien raksasa untuk merebut Thermal Energy mereka

NEVEC
Sudut pandang kamera yang berbeda juga mempermudah pemain untuk mendapatkan sudut pandang terbaik dari setiap aksi, dan mengumpulkan lebih banyak informasi dalam penyusunan strategi.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 3 GHz, RAM 1 GB, Video Memory 128 MB, Sound Card DirectX kompatibel. Harga: $59.99 Genre: Strategy Info: www.orderofwar.com

Order of War
Inilah proyek terbaru dari Square Enix. Walaupun seri game Final Fantasy buatan mereka telah mencapai kesuksesan yang melebihi game JRPG lainnya, perusahaan ini memutuskan untuk melebarkan sayapnya ke area di luar game RPG.

Untuk proyek pertamanya ini, Square Enix memutuskan untuk bekerja sama dengan Wargaming. net untuk mengembangkan Order

Kualitas grafis memukau menyajikan suasana perang udara yang nyata

of War, game strategi dengan setting waktu pada bulan-bulan terakhir dahsyatnya Perang Dunia II. Karena itu, alur cerita akan berpusar di sekitar keputusasaan unit Anda terhadap situasi mengerikan. Dalam game ini, Anda dapat bermain sebagai pihak Amerika atau Jerman. Visual grafis terlihat berlapis dengan berbagai filter yang memberikan suasana nostalgia. Dilengkapi dengan sistem kamera yang melingkupi berbagai perspektif dari setiap area.

Perusahaan fiktif dalam game Lost Planet 1 dan 2, tujuannya adalah untuk memulai kolonisasi di planet fiktif E.D.N. III. Setelah mendarat di planet tersebut, NEVEC menemukan sebuah ras alien bernama Akrid, dan mereka terpaksa menghentikan usaha kolonisasi tersebut. Kembali ke E.D.N. III dengan sepasukan tentara untuk bertarung, mereka menemukan bahwa Akrid mengandung sumber energi yang disebut Thermal Energy yang diperlukan untuk bertahan hidup di planet tersebut.

TERBIT PERDANA!
Majalah PC MILD EXTRA – PHOTOSHOP
Mengupas tip dan trik ampuh Adobe Photoshop, kumpulan tutorial seputar digital imaging, review sejumlah pilihan software gratis pengolah image, dan tanya-jawab tentang problem olah foto digital. Cara konkrit jago Photoshop secara otodidak.

Bonus:

CD berisi software gratis digital imaging, font, plugins, dan galeri

Dapatkan segera di toko-toko buku terdekat
Untuk pesan langsung hubungi: Prima Buku Telp: (021) 31904075 Fax: (021) 3908883 SMS: 0813-115-23230 pesan@primabuku.co.id Untuk beriklan hubungi: Indran BS (021) 3133731 ext 105-107 iklan@pcmedia.co.id

11/2009

13

Aktual

Freeware

Inilah Definisinya!
Aspect Ratio
Rasio antara tinggi dan lebar gambar yang muncul di TV atau monitor. Pada TV biasa atau monitor, aspect ratio yang dipakai adalah 4:3. Sementara aspect ratio yang dipakai di HDTV/IDTC/EDTV adalah 16:9 (widescreen) yang mirip dengan aspect ratio yang dipakai di bioskop.

Image Cropper 1.74

C++
Bahasa pemrograman komputer yang dibuattahun1980-anolehBellLabs(Bjarne Stroustrup), sebagai pengembangan dari bahasa pemrograman C. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Cluster
Dalam beberapa file system seperti FAT dan NTFS, cluster adalah bagian dari kapasitas disk yang dialokasikan untuk direktori file. Cluster terdiri dari sekumpulan sector, di mana satu sector berkapasitas 512 byte.

Untuk memotong gambar sesuai dengan kebutuhan, tentu harus mengandalkan aplikasi agar hasilnya bagus. Aspek rasio, jumlah gambar, dan waktu yang dikeluarkan untuk Harga: Gratis pengerjaan cropping gambar pun Ukuran File: 790 KB perlu diperhitungkan. Tak terlepas Download: www.darkwood.demon.co.uk/PC/ dari kebutuhan fitur lainnya, seperti ImageCropper1-7.zip photo frames misalnya, dimana Disertakan di CD edisi 11/2009 user dapat dengan mudah menambahkan frame digital untuk memperindah hasil potongan gambar. Manfaat lain dari cropping gambar untuk mengurangi resolusi, khususnya ketika bekerja dengan file gambar yang megapixel-nya besar. Salah satu aplikasi yang khusus didesain untuk kebutuhan tersebut, antara lain Potong gambar dengan mudah Image Cropper.

Dengan menggunakan aplikasi ini, gambar yang di-crop dapat memenuhi kebutuhan aspect ratio bagi ukuran output standar TV atau video, dan gambar tersebut merupakan sebuah gambar anamorphic yang propotional ukurannya, di-stretch pada TV wide screen. Beberapa ratio yang perlu diketahui, yaitu 16:9 dan 4:3.

Wrist Break Typing Timer 1.1.1.12
Stres berpotensi terjadi pada semua orang. Jumlah pekerjaan, tekanan, dan masalah hidup dapat menjadi faktor penyebabnya. Tak terkecuali user yang menggunakan komputer. Telah banyak penyakit yang timbul akibat dari penggunaan komputer yang diidentifikasikan dengan syndrom. Anggota tubuh dan indera user

yang mengalami kelainan dengan diiringi keluhan-keluhan indikasi penyakit, seperti pusing, mata berair, pedih, nyeri punggung, pegal tangan dan bahu, kram, dan lain sebagainya. Salah satu aktivitas yang cenderung memiliki potensi besar terkena penyakit tersebut adalah penggunaan mouse dan keyboard. Pengggunaan perangkat tersebut dengan frekuensi yang banyak, misalnya mengetik ataupun menyeleksi objek pada layar dapat mengakibatkan timbulnya stres berulang, tendonitis, dan carpel tunnel syndrom. Untuk menghindari hal tersebut, dibutuhkan waktu break atau jeda istirahat. Seringkali user lupa daratan jika tanpa ada fasilitas yang mengingatkan. Untuk itu, dalam hal ini bisa juga digunakan software sebagai alat bantu pengingat. Salah satu software yang dapat digunakan adalah Wrist Break Typing Timer. Aplikasi ini me-record berapa lama Anda bekerja dengan perangkat tersebut. Untuk penggunaan, pastikan sistem operasi Anda telah memiliki .Net Framework versi 3.5.
Harga: Gratis Ukuran File: 397 KB Download: sourceforge.net/projects/wristbreak/

Delphi
Bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero, divisi tersebut sebelumnya adalah milik Borland. Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal, pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft .NET framework.

Yahoo! Invisible Scanner 1.0.0
Penggunaan aplikasi chat saat ini berkembang pesat. Banyak penyedia jasa layanan chat menyertakan chat client-nya dengan fitur-fitur built-in yang beragam, dan banyak pilihan. Terdapat berbagai status login user yang tersedia pada chat client. Secara defaut, biasanya digunakan status visible atau available, namun status tersebut bagi beberapa user tidak selalu diinginkan pada kondisi tertentu, misalnya jam sibuk ataupun hanya ingin berbicara dengan contact

OWL
Object windows library, adalah salah satu implementasi Windows API ke C++ dengan cara membentuk kelas. Sebagai contoh untuk membuat jendela di OWL digunakan kelas Twindows, untuk membuat tombol digunakan kelas TButton. Menariknya OWL adalah nama-nama fungsi di OWL hampir semuanya sama dengan nama fungsi Windows API, meskipun paramaternya kadang berbeda.

user tertentu saja. Bahkan status invisible pun dapat dikonfigurasikan terlihat hanya bagi contact user tertentu saja. Hal tersebut dapat dilakukan pada salah satu chat client popular, yaitu Yahoo! Messenger. Bagi beberapa user, kondisi invisible pada beberapa contact list-nya tersebut tidak diharapkan. Untuk mengetahui lebih jelas apakah user benar-benar offline ataupun terlihat invisible, dapat dilakukan pengecekan pada layanan website ataupun aplikasi tertentu. Aplikasi yang dapat melakukan hal tersebut adalah Yahoo! Invisible Scanner. Untuk dapat menggunakannya, pastikan sistem operasi Anda telah memiliki aplikasi .Net Framework versi 2.
Harga: Gratis Ukuran File: 27 KB Download: http://tinyurl.com/ryflgw

Mencegah cedera pergelangan tangan saat mengetik

Disertakan di CD edisi 11/2009

Portable Efficient Diary 1.61 Build 38
Orang yang suka menulis, biasanya memiliki buku diary. Di buku itulah biasanya sebuah pesan, peristiwa, dan suasana hati yang terjadi pada penulis dimasukkan di dalamnya. Tak heran bila isi buku diary menjadi sebuah rahasia, dan pastinya tidak ingin diketahui atau dibaca orang lain. Biasanya, isi dari buku harian tersebut dijadikan renungan kilas balik berbagai peristiwa hidup yang dialami atau disaksikan oleh penulis. Keberadaan buku diary kini telah banyak diadaptasikan ke dalam software. Saat ini, tentunya sudah tidaklah efektif dan efisien bila masih menghabiskan lembaran kertas untuk mengisi buku harian. Keamanan serta daya tahan, tentu
Buku harian portabel

menjadi pertimbangan untuk beralih menggunakan software. Salah satu software yang dapat digunakan adalah Portable Efficient Diary. Aplikasi ini dapat ditempatkan pada media removable, disertai password terenkripsi untuk keamanan bagi user. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mudah untuk membaca ataupun me-manage isi dari buku harian dengan mudah dan cepat.
Harga: Gratis Ukuran File: 3,5 MB Download: www.efficientdiary.com/download/ EfficientDiary-Port.zip

Disertakan di CD edisi 11/2009

Disertakan di CD edisi 11/2009 Melihat teman chatting yang sedang “bersembunyi”

P2P
Peer-to-Peer adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer lain. Definisi lain yang lebih teknis tentang P2P adalah sistem komputerisasi client-server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

Open Source Backup 1.0.0
Kehilangan data merupakan hal yang tidak diinginkan oleh user. Namun ironisnya, pada umumnya user telah ataupun pernah mengalaminya. Salah satu tindakan antisipasi terhadap kehilangan data adalah dengan melakukan backup. Tentunya istilah tersebut tidaklah asing didengar bagi user pada umumnya. Dengan backup, Anda dapat mendapatkan kembali file ataupun kondisi aplikasi ataupun sistem operasi pada kondisi tertentu. Berbagai hardware ataupun software saat ini terus berkembang pesat, dan telah mendukung proses backup yang mengarah pada kebutuhan secara spesifik bagi user. Tidak selalu aplikasi yang kompleks fitur menjadi pilihan user. Tentu harus kembali pada kebutuhan, kapasitas penggunaan, dan budget user yang menggunakan. Jika user tersebut hanya perlu proses backup sederhana sehingga tepat guna, maka aplikasi

photoBOX++ 1.0 Build 2.1230
Banyaknya jumlah koleksi gambar ataupun foto yang terdapat dalam folder ataupun pada kamera digital dapat mempersulit kerja Anda dalam mengorganisasinya. Tentu aktivitas kerja Anda tersebut termasuk merename file, konversi, resize ataupun membuat wallpaper. Otomatisasi dari aktivitas tersebut juga pastinya dibutuhkan untuk efisiensi waktu, dan biasa dikenal dengan

Aplikasi backup yang open source

Wide Screen
Gambar film, komputer atau televisi dengan aspek rasio lebih lebar daripada standar (4:3). Wide screen menggunakan aspek rasio 16:9

backup sederhana pun sudah dapat meng-cover kebutuhannya. Salah satu aplikasi sederhana dan cepat digunakan untuk backup, antara lain Open Source Backup. Aplikasi ini memiliki fitur dan fungsi dasar untuk membuat backup copy files/folder, serta me-restore-nya kembali.
Harga: Gratis Ukuran File: 512 KB Download: www.backupmill.com/download/ os_backup.exe

proses batch. Hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan aplikasi tertentu yang dapat Anda diandalkan dan mudah digunakan, salah satunya adalah photoBOX++. Bagi beberapa user penggunaan library third party tidaklah nyaman dan efektif, namun pada aplikasi ini Anda dapat bekerja tanpa perlu tersedianya library external graphic, cepat, dan tidak memakan memory besar. Anda dapat membuat kategori tersendiri untuk kumpulan file gambar, melakukan pencarian file, dan export import file, dan berkirim foto. Aplikasi ini mendukung beberapa format file umum, antara lain jpeg, bitmap, tiff, dan png.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,8 MB Download: www.stevewehrmann.net/Upload/ PBInstall.zip

Disertakan di CD edisi 11/2009 Mengorganisasi koleksi foto

Disertakan di CD edisi 11/2009

14

11/2009

Freeware

Aktual

InstrumentLab VCL 4.0.1.Beta2
Umumnya, user cenderung lebih mudah mengerti atau mudah menggunakan alat, dengan melihat tampilan presentasi gambar atau bentuk visual/interface yang baik. Tentunya interface aplikasi tersebut dibentuk melalui bahasa pemrograman. Tiap bahasa pemrograman memiliki keunggulan tersendiri, salah satunya adalah bahasa pemrograman Delphi dan C++ dimana keduanya memiliki VCL (Visual Componen Library) komponen yang merupakan pengembangan sistem OWL (Object Windows Library). VCL dikembangkan Borland International untuk mengatasi sulitnya membuat sebuah program pada Windows, karena sebelum-sebelumnya untuk membuat sebuah program pada Windows diharuskan meng-

gunakan fungsi-fungsi pada Windows API (Application Programming Interface) yang berukuran besar, dan berisi ratusan fungsi. Hingga saat ini, VCL tersebut terus dikembangkan, terlihat dengan adanya sebuah produk kumpulan visual instrumen dan kontrol yang dikenal dengan InstrumentLab VCL. Kumpulan dari instrument visual VCL di antaranya berisikan angular gauge, analog clock, 7, 9, 14, 16 Segment Digital Gauges, Thermometer, 7, 9, 14, 16 Segment Digital Clock, 7, 9, 14, 16 Segment Indicator, Progress Bars, On/Off LEDs, Multicolor LEDs, Glass Panel, dan GDI+ rendered. VCL ini gratis dipergunakan untuk nonkomersial saja. Dengan kata lain, Anda dapat secara bebas menggunakannya untuk pribadi, hobi ataupun evaluasi.
Harga: Gratis Ukuran File: 36,1 MB Download: www.mitov.com/InstrumentLab_VCL_ 4_0_1.zip

VSuite Ramdisk 1.5.3426.1938
Salah satu solusi terbaik atas terjadinya bottleneck harddisk adalah dengan menggunakan aplikasi khusus yang dikenal dengan VSuite Ramdisk. Aplikasi ini dapat mengurangi kerja harddisk dengan menggunakan RAM komputer untuk menyimulasikan sebuah harddisk. Waktu akses file akan meningkat, baik pada Ramdisk tentunya memungkinkan throughput komputer dapat ditingkatkan beberapa kali. Disamping itu, efek positif dari penggunaan aplikasi ini dapat memperpanjang usia harddisk melalui

pengurangan akses terhadapnya. Aplikasi ini cocok sekali digunakan bagi aplikasi seperti P2P download. Aplikasi ini pun mampu melakukan deteksi terhadap memory yang tidak

tampil pada sistem operasi, di saat sistem Anda memiliki memory 4 GB atau lebih. Melalui penggunaan aplikasi ini, Anda mampu mengoptimasikan ukuran cluster dari file sistem. Semua file system Windows telah didukung oleh aplikasi ini. Beberapa fitur lain yang disertakan, yaitu dukungan file image, paramater disk changable, wdm driver, plug and play fitur, multi-language, dan opsi pendukung lainnya.
Harga: Gratis Ukuran File: 692 KB Download: www.romexsoftware.com/ download/VSuite.Ramdisk.Setup.zip

Menghindari bottleneck pada sistem komputer

Disertakan di CD edisi 11/2009

pyAutoShutdown 0.1
Di era teknologi saat ini, telah banyak aktivitas dikonfigurasikan berjalan otomatis, salah satu proses yang termasuk di dalamnya adalah shutdown komputer. Tentunya hal tersebut perlu dijadwalkan sehingga dapat berjalan semestinya. Anda membutuhkan bantuan aplikasi khusus untuk melakukan hal tersebut. Banyak pilihan yang ditawarkan aplikasi-aplikasi yag mendukung fung-

Disertakan di CD edisi 11/2009

si tersebut, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Namun kesemuanya kembali lagi pada kebutuhan user. Salah satu aplikasi penjadwalan shutdown sederhana yang dapat dipilih oleh Anda adalah pyAutoShutdown. Melalui aplikasi ini, user dapat menentukan waktu peringatan akan terlaksananya proses shutdown sehingga user dapat melakukan persiapan menyimpan hasil pekerjaannya terlebih dahulu, sebelum proses shutdown dilaksanakan. Kehilangan data akibat proses shutdown otomatis tentu akan terhindari. Aplikasi ini berjalan pada background proses, dan dapat diakses melalui system tray. sehingga user dapat melihat keseluruhan, manakah ruang hardisk yang dapat segera dialokasikan. User dapat menentukan pilihan format informasi kapasitas ruang harddisk dalam Kb, Mb ataupun Gb. Pada versi ini telah mendukung multilanguage dan operasi

Memanfaatkan otomatisasi proses shutdown melalui penjadwalan waktu
Harga: Gratis Ukuran File: 157 KB Download: http://sourceforge.net/projects/ pyautoshutdown/

Disertakan di CD edisi 11/2009

DriveSpacio 0.2.2 Build 1
Penting untuk dapat me-manage ruang penyimpanan data pada media yang dimiliki, baik itu harddisk ataupun removable media. Untuk memudahkan user melakukan hal tersebut, maka dibutuhkan peran dari aplikasi tertentu. Salah satu aplikasi yang didesain mudah digunakan sebagai drive space manager adalah DriveSpacio. Aplikasi ini memampukan Anda untuk membandingkan kapasitas beberapa unit penyimpanan, mengetahui bagaimana file-file terdistribusi, dan ruang kosong pada unit penyimpanan dengan presentasi grafik. Terdapat dua grafik yang berbeda pada DriveSpacio pada tampilan layout file, antara lain bar dan one circular atau pie dan bar. Tentu aplikasi ini menjadi ideal di saat sebuah instalasi aplikasi membutuhkan kapasitas ruang harddisk untuk penempatan file instalasi

shell atas file, dan folder, antara lain open, open container, dan delete.
Harga: Gratis Ukuran File: 924 KB Download: www.drivespacio.f-sw.com/index.html

Disertakan di CD edisi 11/2009

Memanfaatkan VCL instrumen dan kontrol tambahan

Battery Logger 1.0.0.0
Benda yang dapat dipergunakan optimal dan mampu bertahan lama, tentu menjadi dambaan pemiliknya sehingga dapat memberikan kepuasan. Sebaliknya, user akan kecewa jika mendapati benda tersebut tidak seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, penting adanya peran aktif dari user untuk mencari tahu detail spesifikasi dan review dari para pengguna benda tersebut sebelum membeli, agar mengenal benda yang dibeli nantinya. Salah satu komponen penting pada hardware, terutama komputer jinjing yang dikenal dengan notebook adalah baterai. Lamanya jangka waktu penggunaan baterai dapat dianalisis dan diamati
Mendiagnosis kinerja baterai notebook sejak dini

melalui aplikasi khusus sehingga user dapat mendiagnosis baterai-baterai yang jelek kinerjanya ataupun respons notebook Anda terhadap kinerja baterai. Aplikasi ini berjalan pada system tray dan me-log persentasi baterai notebook Anda. Untuk dapat menggunakannya, pastikan terlebih dahulu sistem operasi Anda memiliki .Net Framework 2.0.
Harga: Gratis Ukuran File: 498 KB Download: http://atomic.speculation.org/ Downloads/files/Battery%20Logger.msi

Membandingkan kapasitas ruang harddisk yang dimiliki

Pernyataan CD
Penggantian CD
Bila mendapatkan CD yang rusak saat pembelian, silakan hubungi redaksi PC Mild di Gedung Warta Lt. 4, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430. Telp: (021) 315-3731 ext. 127131. Fax: (021) 315-3732. E-mail: pcmild@pcmedia.co.id. Untuk yang berdomisili di Jakarta, kami sarankan datang langsung ke redaksi dengan membuat perjanjian terlebih dahulu. Pelanggan yang berada di luar Jakarta, silakan kirim CD yang rusak ke alamat di atas. Cantumkan alamat lengkap serta nomor telepon Anda. Batas pengembalian CD minimal dua minggu setelah kami menerima CD Anda. mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan program tersebut, silakan kunjungi website pembuat program atau membaca file Help yang biasanya sudah disertakan masing-masing program.

Disertakan di CD edisi 11/2009

Bebas Virus Dukungan Teknis
PC Mild tidak memberikan dukungan teknis atau panduan terhadap program yang ada di dalam CD. Jika memiliki masalah atau ingin CD PC Mild sudah melalui proses pemeriksaan virus yang terpercaya dan bebas dari bentuk malware lain seperti spyware, adware, dan lain-lain.

11/2009

15

Aktual

Patch/Security Update

Inilah Definisinya!
AJAX
Asyncronous Java Script and XML, merupakan paduan dari beberapa teknologi yang sudah dikenal sebelumnya yaitu HTML, DOM, XML, javascript dan teknologi pendukung lainnya. Terdapat beberapa teknik komunikasi yang digunakan untuk implementasi AJAX. Teknik yang umum digunakan adalah dengan menggunakan: hidden frame, hidden iframe, dan objectxmlhttprequest. Dua keistimewaan AJAX adalah dapat membuat permintaan kepada server tanpa memuat kembali (reload) halaman, mengurai (parse) dan bekerja dengan dokumen XML dan atau json.

War Plan Pacific 1.0.3
Kemenangan dalam sebuah permainan tentu suatu hal yang dinanti pemain, terlebih melibatkan persenjataan dan mendukung multiplayer. Suasana dari tempat lokasi game pun tentu akan mempengaruhi minat pemain. Salah satu game peperangan yang mengambil lokasi di wilayah lautan Pasifik pada perang dunia kedua adalah War Plan Pacific. Pemain akan menjalani peperangan, sejak Jepang mulai berkuasa hingga kejatuhannya oleh pihak sekutu. Peperangan melibatkan personal angkatan udara dan laut. Untuk penyempurnaan, patch bagi game ini pun telah tersedia. Patch terbaru bagi game ini telah hadir dengan versi 1.0.3. Patch dibuat khusus untuk mengatasi gangguan pada PBEM (play by email) dengan memodifikasi elemen gameplay. Patch ini juga menyertakan beberapa perbaikan dan peningkatan ke-

mampuan, di antaranya adalah dukungan terhadap resolusi layar 1680 x 1050 dan 1440 x 900, extension .wpp untuk penyimpanan game untuk mempermudah launching game, perbaikan bug pada invasi yang tampil, dan beberapa perbaikan bug lainnya.
Spesifikasi Minimum: Windows xp, Processor 1.6 Ghz, RAM 512 MB, harddisk 199 MB, VGA directx 9.0c Ukuran File: 21,52 MB Nama File: WPPu103.zip Nama Pembuat: Shrapnel Games Download: http://download.shrapnelgames. com/downloads/WPPu103.zip

Firefox 3.0.10
Sudah menjadi kebutuhan bagi user untuk memperhatikan perubahan atau informasi terbaru mengenai browser yang digunakannya, demi kenyamanan dalam penggunaan. Masalah keamanan dan stabilitas sudah tentu termasuk di dalamnya. Salah satu browser yang populer, dan terus menggali perubahan dan perbaikan adalah Firefox. Hingga kini, browser tersebut sudah merilis versi terbarunya, yaitu

3.0.10, yang menambahkan perbaikan keamanan dan stabilitas. Satu dari perbaikan keamanan tersebut adalah perbaikan crash yang jumlah frekuensi terjadinya sering. Secara khusus, user pengguna addon HTML validator menemui crash ini, akan tetapi pada beberapa user lain juga didapati beberapa kondisi berbeda. Crash tersebut, menurut analisis diketahui, akibat dari memory corruption, dan telah diidentifikasikan sebagai celah keamanan yang telah ada sejak lama. Bagi Anda pengguna yang mengalami crash dengan gejala yang sama, dapat melakukan upgrade versi terbaru ini.
Spesifikasi Minimum: Windows 2000 Ukuran File: 7,18 MB Nama File: Firefox Setup 3.0.10.exe Nama Pembuat: Mozilla Organization Download: www.mozilla.com/firefox/all.html

Disertakan di CD edisi 11/2009

Botnet
Suatu jargon untuk robot-robot yang berupa perangkat lunak atau bot, yang dijalankan secara otonomi dan secara otomatis. Mereka bekerja dengan disusupkan ke jaringan komputer menggunakan perangkat lunak yang bisa dijalankan, dimonitor dan diperintahkan bereaksi oleh pembuatnya (Master refer). Bot tersebut biasanya disusupkan sebagai worms, Trojan horse, atau backdoors. Proses tentang pencurian sumber daya komputasi sebagai hasil suatu sistim pada “botnet” kadang-kadang dikenal sebagai “scrumping”.

Disertakan di CD edisi 11/2009 Perbaikan crash yang frekuensinya sering

Mengatasi gangguan PBEM melalui modifikasi elemen gameplay

Google Chrome 1.0.154.65
Versi stabil yang menjanjikan keamanan, kecepatan, kemudahan, sudah tentu banyak dinanti-nantikan oleh user. Dengan adanya versi stabil, dapat terhindar dari masalah crash ataupun hang di saat penggunaan yang lama. Tak berbeda dengan browser yang frekuensi penggunaannya tinggi, terlebih saat ini Internet telah meningkat kebutuhan dan penggunaannya. Berbagai browser dapat menjadi pilihan salah satunya yang menerapkan

GPU
Graphics Processing Unit (GPU) adalah sebuah perangkat yang secara khusus ditugaskan hanya untuk mengolah tampilan grafis. Istilah GPU sendiri dipopulerkan oleh NVIDIA melalui GeForce 256. Pada saat peluncurannya tahun 1999, GeForce 256 diperkenalkan kepada publik sebagai “The world’s first GPU”. Klaim ini sendiri tidak sepenuhnya benar, apabila kita mengkategorikan GPU adalah semua chip yang bertugas untuk mengolah tampilan graphics, maka ada banyak chip untuk grafis yang hadir sebelum GeForce 256. Namun pada waktu itu, chip-chip tersebut lebih dikenal dengan sebutan video card, 2D accelerator, atau 3D accelerator.

teknologi baru, yaitu berbasis Ajax Web 2.0 adalah Google Chrome. Fitur baru yang menjadi andalan dari browser ini, yaitu dukungan incognito yang memampukan Anda aman membrowsing Internet tanpa meninggalkan jejak sedikit pun, baik online ataupun offline. Nah, bagi Anda pengguna browser Google Chrome kini dapat gembira menyambut kehadiran versi terbaru yang stabil, yaitu 1.0.154.65. Dalam versi terbaru ini telah disertakan perbaikan atas crash yang terjadi selama proses startup yang dialami pada jumlah presentasi user yang kecil atau beberapa user saja.
Spesifikasi Minimum: Windows 98 Ukuran File: 8,40 MB Nama File: chrome_installer.exe Nama Pembuat: Google Download: http://dl.google.com/chrome/ install/154.65/chrome_installer.exe

TechPowerUp GPU-Z v0.3.4
Hardware dan software merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena satu sama lain saling membutuhkan. Informasi detail mengenai hardware ataupun pengendalian dari hardware, tentulah melalui software. Salah satu hardware yang penting dan mengambil peran besar dalam output pada layar adalah kartu grafis. Akan lebih mudah apabila mengetahui informasi detail kartu grafis tanpa harus melakukan pengamatan langsung pada hardware, melalui penggunaan software deteksi yang dikenal dengan TechPowerUp GPU-Zv0.3.4. Software ini ringan, dan meru-

pakan utilitas yang didesain untuk memberikan informasi tentang kartu grafis dan GPU. Beberapa perbaikan ditambahkan pada versi terakhir tersebut, di antaranya adalah perbaikan bug RV740, perbaikan jumlah transistor pada RV790, perbaikan default clock reading pada kartu ATi, perbaikan GM45 menjadi 65 nm dan DX 10.0., dan perbaikan lainnya yang dapat dilihat pada revisi history atau change log.
Spesifikasi Minimum: Windows 2000 Ukuran File: 423 KB Nama File: GPU-Z.0.3.4.exe Nama Pembuat : TechPowerUp Download: http://dl10. techpowerup.com/SysInfo/GPUZ/GPU-Z.0.3.4.exe

Disertakan di CD edisi 11/2009 Perbaikan bug atas bebeberapa kartu grafis

Disertakan di CD edisi 11/2009 Perbaikan crash yang terjadi pada saat startup

Tom Clancy’s Hawx 1.02
Game bertemakan peperangan sudah menjamur di mana-mana. Ada yang melibatkan peperangan fisik, adapula yang melibatkan perangkat perang lain, misalnya kendaraan tempur di darat ataupun di udara. Bagi Anda salah satu penggemar pertempuran di udara, pasti tidak asing dengan game Tom Clancy’s Hawx yang memiliki teknologi baru. Hawx (High-altitude warfare experimental squadron) ini tergolong game mengendarai pesawat tempur dalam menghancurkan musuh beserta markasnnya. Game ini memiliki fitur Enhanced Reality System (ERS) yang menyertakan radar, deteksi terhadap kehadiran misil, sebuah sistem anticrash, sistem kendali kerusakan, peta tactical, information relay, dan kemampuan memberikan perintah atas sebuah pasukan AI squadron. Tersedia 50 jenis pesawat berbeda yang dapat digunakan pemain.
Perbaikan crash dan pesan error yang tampil

Trojan Berbahaya pada Windows 7 RC
Menggunakan software ataupun sistem operasi yang bajakan cukup berisiko. Di antaranya dapat mengakibatkan sistem operasi tidak stabil, muncul error khusus, corrupt file, bahkan terinfeksi aplikasi berbahaya seperti virus, Trojan, dan keylogger. Semakin populer sebuah software, tentunya akan dijadikan target pembajak software untuk tujuan tertentu, misalnya mendapatkan uang dengan mudah ataupun untuk menunjukkan kemampuan atau keahliannya kepada dunia. Kini, telah terdengar kabar terbaru bahwa sistem operasi Windows 7 Release Candidate yang telah dibajak membawa bahaya terinfeksi oleh sebuah trojan yang mampu membuat botnet, dengan memegang kendali atas puluhan juta bot, berdasarkan penelitian dari perusahaan keamanan Damballa. Bot tersebut program yang berjalan otomatis. Bahayanya, program tersebut dapat mengambil alih kendali server. Bahkan tidaklah aneh jika didapati masalah spam yang dikirimkan oleh server. Kemunculan gejala ini sudah tercium sejak 24 April, dan menyebar cepat hingga mencapai ratusan bot per jamnya. Solusinya? Download installer Windows 7 RC langsung dari situs MIcrosoft. (news.softpedia.com)

Tak luput dari penyempurnaan, game ini pun telah memiliki patch terbaru bagi versi retailnya, yang dikenal dengan versi 1.02. Terdapat banyak perbaikan, dan beberapa di antaranya adalah perbaikan crash desktop, crash pada Windows 7 beta, crash saat menggunakan xbox controller, pesan error, minimized size, rotate camera, dan lain-lain. Selengkapnya dapat dilihat pada changelog.
Spesifikasi Minimum: Windows xp sp3, Processor P4 2Ghz, RAM 1 Gb, Ruang harddisk 7 GB, VGA 128 MB Ukuran File: 38,53 MB Nama File: tom_clancys_hawx_1.02.exe Nama Pembuat: Ubisoft Download: http://static3.cdn.ubi.com/hawx/ tom_clancys_hawx_1.02.exe

Play by e-mail
Awalnya dimulai dari Play-by-mail, yaitu game yang dimainkan melalui pos. Caranya adalah saat permulaan game pemain akan diberikan berbagai data, peta dan peraturan dari si penyelenggara game. Setelah itu akan diberikan informasi yang terjadi di dalam game. Dari situ pemain harus menentukan langkah selanjutnya, dengan mengirimkan perintah yang ingin dilakukan. Setelah si penyelenggara game menerima perintah pemain, perintah itu akan diterapkan ke game dan hasilnya akan kembali dikirimkan ke pemain. Dengan meningkatnya penggunaan Internet, fungsi pos digantikan oleh e-mail.

Disertakan di CD edisi 11/2009

Waspada terhadap botnet yang disebabkan oleh trojan

16

11/2009

Blog

Aktual

All Facebook
Sampai saat ini, website social networking masih menjadi primadona di WWW. Facebook adalah salah satunya, yang kini menjadi tren di kalangan netter Tanah Air. Menjamurnya pengguna layanan ini tentu bukan tanpa sebab. Ramainya aplikasi dari, untuk, dan oleh sesama pengguna di platform ini menjadi daya tarik tersendiri. Setiap hari selalu ada hal baru yang mampu mengikis rasa jemu

para pemilik account di Facebook. Ingin tahu apa saja hal baru tersebut? Silakan buka blog All Facebook, yang menyajikan ragam berita seputar website yang telah meng-online-kan lebih dari 10 miliar foto ini. Sebagian besar konten blog ini berisi berita tentang perkembangan Facebook. Disusul oleh analisis dan review aplikasi yang menduduki peringkat kedua dan ketiga. Nah, jika ingin tahu inovasi apa saja yang dilakukan Facebook, Anda bisa menjadikan blog ini sebagai sumber informasi yang paling lengkap dan aktual.
Info: www.allfacebook.com

Musikator
Dari sekian banyak industri kreatif di Tanah Air, musik telah lama menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Bahkan, tidak sedikit penyanyi dan band dalam negeri yang melanglang buana dan diterima di negara lain. Namun sayang, berita seputar musik Indonesia masih sangat sedikit. Berangkat dari keterbatasan informasi tersebut, sekelompok pebisnis musik dari Bali meng-online-kan se-

buah blog, Musikator Dot Com, yang mewadahi informasi band-band di tanah air. Di blog yang diharapkan kelak menjadi direktori musik Infonesia ini, Anda bisa menyaksikan kekayaan potensi musikal yang kita miliki. Selain informasi band, yang menjadi sajian utama blog ini, Anda juga bisa mendapatkan laporan event, dan tip-tip bagi kelompok musik untuk berkiprah di kancah bisnis musik Tanah Air. Memiliki kelompok band sendiri? Silakan perkenalkan band Anda di sini.
Info: www.musikator.com

Inilah Definisinya!
Apache
Web server yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows, dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan website. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas WWW ini mengunakan HTTP. Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentikasi berbasis basis data, dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah interface berbasis grafis (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah. Apache merupakan open source software yang dikembangkan oleh komunitas terbuka, terdiri dari pengembang-pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation.

HTTP
HyperText Transfer Protocol. Protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam WWW. Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus, dan generik, yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen. Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh W3C dan kelompok kerja Internet Engineering Task Force (IETF). Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di remote host (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request), diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikuti dengan badan dari data tertentu.

Berita, analisis, dan review aplikasi di Facebook

Chaos at Work
Bos atau atasan identik dengan sosok yang menyeramkan dan ditakuti oleh semua bawahannya. Suasana kantor yang ceria bisa mendadak suram lantaran bos datang dengan mimik yang kurang bersahabat. Nyaman-tidaknya suasana kerja, dan maju-mundurnya perusahaan sangat ditentukan oleh bos. Berinteraksi dengan bos banyak melahirkan pengalaman yang menarik.

Semua bergantung dari sudut pandang karyawan. Ada bos bertipe “cerewet”, namun berinteraksi dengannya justru menghasilkan cerita-cerita yang lucu. Itulah yang terjadi dalam penggalanpenggalan kisah di blog My Stupid Boss. Kekuatan blog ini adalah menghadirkan situasi bersama bos dalam sudut pandang yang lucu. Humor yang terjadi justru lahir dari kecerewetan tokoh utama, bos, yang ditingkahi reaksi dari para bawahannya. Ternyata, tak selamanya berinteraksi dengan bos yang cerewet itu menyebalkan loh...
Info: http://chaosatwork.blogspot.com

Berita musik dan band tanah air

Tutorial Mungil
Menulis tutorial kemudian mengonline-kannya tidak hanya berguna bagi orang lain, tetapi juga bermanfaat bagi penulisnya. Dengan menuliskan tutorial, kita akan semakin menguasai langkah-langkah yang ada dalam tutorial tersebut. Selain itu, masukan dari pengunjung akan semakin menyempurnakan tutorial. Pemikiran di ataslah yang mendasari penulisan tutorial di blog Mungil. Di sini, Anda bisa men-

dapatkan tutorial seputar administrasi web server, khususnya Apache. Selain itu beberapa tip memanfaatkan search engine Yahoo! dan Google untuk mengiklankan blog dan website, juga bisa Anda dapatkan di sini. Tutorial lainnya berkisar seputar blogware WordPress. Sampai tulisan ini dibuat, belum banyak tutorial yang di-posting di blog ini. Anda punya pertanyaan seputar SEO, administrasi web server, dan WordPress? Tanyakan di sini. Masukan dari Anda sangat membantu pengayaan tutorial di blog ini.
Info: http://mungil.or.id

HTTPS
Hypertext Transfer Protocol over Secure Socket Layer. Versi aman dari HTTP. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya, port HTTPS adalah 443.

Humor di kantor saat bersama boss

Presidenku
Pemilihan Presiden sudah di depan mata. Sebentar lagi kita akan menentukan siapa yang akan memimpin negeri ini lima tahun ke depan. Agar tak salah pilih, selaiknya kita mengenal pribadi dan pandangan politik calon-calon pemimpin bangsa tersebut. Siapa mereka, dan apa rencana mereka jika terpilih nanti? Anda bisa menemukan jawaban

atas pertanyaan di atas di blog Presidenku.com. Selain berita seputar pilpres, blog ini juga menyajikan biografi, jejak rekam, visi dan misi, rencana serta janji-janji para calon presiden dan calon wakil presiden RI 2009 – 2014 mendatang. Para pengunjung blog ini pun dipersilakan mengajukan pertanyaan kepada capres dan cawapres. Jika menjagokan pasangan tertentu, Anda bisa memanfaatkan forum di blog ini untuk mempromosikan keunggulankeunggulan mereka. Ayo, kenali calon pemimpin bangsa kita!
Info: www.presidenku.com

Tutorial seputar search engine, web server, dan WordPress

Posting via E-mail di WordPress
Pada edisi 22/2008 silam, PC Mild memberitakan fitur baru WordPress, yakni menjawab komentar via e-mail. Menyusul fitur yang memanfaatkan e-mail ini, WordPress kembali memperkenalkan fitur mem-posting tulisan dan gambar juga via e-mail. Pengguna WordPress.com yang mendaftar VideoPress Upgrade kini juga meng-upload video via e-mail, begitu juga dengan p e n gguna WordPress Space Upgrade bisa meng-upload MP3 dengan cara yang sama. Fitur baru ini memberikan e-mail “rahasia” sebagai tujuan pengiriman. Pengguna yang tertarik menjajal fitur ini dapat mengaktifkannya melalui dashboard. Dengan fitur baru ini, WordPress sepertinya berusaha menyaingi layanan serupa yang disediakan Posterous (www.posteraus.com). Anda tertarik menggunakan fitur baru ini? Silakan mencobanya dengan terlebih dahulu mengaktifkan layanan posting via e-mail, dari halaman muka panel administrasi account WordPress.com Anda. [Info: www.readwriteweb.com]

Web Server
Software server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser, dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web server yang terkenal di antaranya adalah Apache dan IIS. Apache merupakan web server antarplatform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.

Media perkenalan dengan calon pemimpin bangsa lima tahun ke depan

11/2009

17

Aktual

Bookmark

Inilah Definisinya!
DBMS
Database Management System. Sistem atau software yang dirancang untuk mengelola suatu database, dan menjalankan operasi terhadap data di dalamnya. Contoh tipikal DBMS adalah akuntansi, sumber daya manusia, dan sistem pendukung pelanggan. DBMS telah berkembang menjadi bagian standar di bagian pendukung (back office) suatu perusahaan. Contoh DBMS adalah Oracle, SQL server 2000/2003, MS Access, MySQL, dan sebagainya.

Free Kid Crafts
Prakarya atau kerajinan untuk anakanak kerap dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang tua. Mereka lebih senang mencekoki anak-anak dengan pelajaran-pelajaran berbasis teori, dengan alasan lebih bermanfaat untuk masa depan. Benarkah demikian? Jawabannya tentu saja tidak! Hasil dari metode pengajaran yang berbasis teori adalah anak-anak yang tidak mampu mengaplikasikan ilmu

mereka dalam kehidupan nyata. Bahkan yang paling menyedihkan, mereka tidak tahu untuk apa mempelajari sebuah ilmu. Di sisi lain, mereka membutuhkan life-skill yang bisa didapat dari prakarya. Sudah saatnya bagi siapa saja yang peduli dengan perkembangan kecerdasan anak, kembali melirik, dan menyeriusi prakarya. Website FreeKidCrafts.com menyediakan ratusan ide menarik untuk dijadikan bahan prakarya untuk balita, seperti membuat boneka dari kertas, mewarnai, dan lainlain.
Info: www.freekidcrafts.com

Antipode Map
Sewaktu kecil, ketika kali pertama mengetahui bahwa Bumi ini bulat, pernahkah Anda bertanya, negara mana yang terletak persis di bawah Indonesia? Jawaban atas pertanyaan ini dapat dengan mudah Anda temukan dengan memutar bola globe saat pelajaran geografi di sekolah. Bila pikiran iseng itu kembali muncul saat ini, Anda tidak perlu lagi bola globe untuk melihat wilayah-wilayah

yang saling membelakangi di Bumi ini. Anda cukup membuka website Antipode Map, dan menemukan titik antipodal di seluruh belahan dunia. Website ini menggunakan Google Map untuk menampilkan bola dunia dalam format peta (map), foto satelit (satellite) atau gabungan keduanya (hybrid). Titik antipodal Jakarta terletak di antara Medelin dan Bogota di Colombia. Sementara Indonesia sendiri memiliki titik antipodal yang membentang dari laut Ekuador hingga laut Guyana, melintasi enam negara Amerika Tengah.
Info: www.antipodemap.com

GIS
Geographic Information System atau Geographical Information System. Sistem informasi khusus yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Dalam arti yang lebih sempit, GIS adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola, dan menampilkan informasi bereferensi geografis misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya dalam sebuah database.

Mencari titik antipodal dengan GIS Bekali anak-anak dengan life-skill, melalui prakarya

MediaWiki
Paket software yang dibuat secara khusus untuk Wikipedia dan proyek-proyek lainnya dari Wikimedia Foundation, tetapi sekarang ini sudah digunakan secara luas. MediaWiki dibuat menggunakan PHP dengan texvc untuk proses render simbol-simbol matematika, dan menggunakan database MySQL. Logonya menyimbolkan bagaimana bahasa markahnya menggunakan kurung siku ganda untuk menggabungkan artikelartikel.

Family Movie Rating
Di WWW, Anda dapat dengan mudah menemukan website atau blog yang berisi resensi sebuah film. IMDb (Internet Movie Database) contohnya, salah satu website usergenerated content yang terlengkap, dan ternama hingga hari ini. Hampir semua website resensi film dilengkapi dengan fitur rating. Kebanyakan rating tersebut hanya memberikan penilaian bagus-

tidaknya sebuah film ditinjau dari sudut sinematografi. Berbeda dengan kelaziman tersebut, website Kids-inMind me-rating film berdasarkan kriteria baik-tidaknya sebuah film ditonton oleh anak-anak. Ada tiga kriteria yang digunakan dalam website ini, yakni seks & telanjang (sex & nudity), kekerasan & darah (violence & gore), serta katakata kasar (profanity). Nah, setiap film diberikan kode tiga angka yang masing-masing mewakili kriteria di atas. Film dengan rating 000 adalah yang paling aman untuk anak-anak.
Info: www.kids-in-mind.com

Every Poet
Puisi, menurut Wikipedia, telah ada sejak zaman purbakala, dan ditemukan hampir di semua bahasa. Bisa jadi, puisi adalah karya sastra tertua yang dimiliki manusia. Meski telah bermetamorfosa menjadi lirik atau syair, puisi dalam bentuk aslinya masih ada hingga hari ini. Dengan puisi, manusia mengekspresikan kedalaman perasaannya dengan kata-kata yang terbatas. Kata-kata

yang terangkai dalam puisi memiliki makna yang tidak terbatas, seperti halnya perasaan manusia. Karena puisi, seseorang bisa jatuh cinta. Karena puisi pula, seseorang bisa ditangkap rezim yang berkuasa. Bila Anda pencinta puisi atau paling tidak ingin membuktikan kedalaman makna yang dikandung oleh sebuah puisi, silakan buka website everypoet. com. Website ini mengoleksi ribuan puisi, sejak abad pertengahan di Eropa hingga sekarang. Di sini, Anda bisa menemukan lebih dari lima ribu puisi karya pujangga-pujangga ternama.
Info: www.everypoet.com

Mongeleksi puisi sejak abad pertengahan Eropa hingga sekarang Me-rating film berdasarkan layak-tidaknya ditonton oleh anak

MySQL
Software DBMS SQL yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB (sekarang berada di bawah Sun Microsystems) membuat MySQL tersedia sebagai freeware di bawah lisensi GNU GPL, tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Map Your Name
Seperti halnya mode, nama juga bersifat musiman atau mengikuti tren tertentu. Lihat saja tren nama anak-anak Indonesia yang lahir di era 2000-an, sebagian besar berbeda dengan nama-nama asli Tanah Air yang disandang oleh generasigenerasi sebelumnya. Bahkan, namanama yang berbau kedaerahan mulai ditinggalkan oleh para orang tua baru. Namun, selalu ada nama yang menjadi tren sepanjang masa, dan

User Generated Content
Disingkat UGC, dikenal juga dengan istilah consumer-generated media (CGM) atau user-created content (UCC). UGC merujuk pada berbagai tipe konten media, tersedia untuk umum, yang diproduksi oleh end-user. Kemajuan teknologi web memungkinkan konten website tidak lagi dimonopoli oleh pengelola, melainkan dapat dibuat oleh para penggunanya. UGC merupakan salah satu ciri dominan Web 2.0. MediaWiki adalah salah satu contoh aplikasi web yang menyediakan fitur UGC.

menyebar ke seluruh dunia. Menurut majalah Time, misalnya, “Jack” dan “Muhammad” adalah nama anak laki-laki yang paling banyak digunakan di Inggris. Ingin tahu penyebaran penggunaan nama-nama di dunia? Silakan buka website Map Your Name. Website ini menampilkan database nama yang dipadukan dengan GIS. Anda cukup mengetikkan nama tertentu, website ini akan menampilkan peta penyebaran penggunaan nama tersebut. Website ini memiliki database nama dari 360 juta penduduk yang tinggal di benua AS, Australia, dan Eropa Barat.
Info: www.mapyourname.com

Extreme Ice Survey
Anda pernah menonton film “An Inconvenient Truth” yang ditulis oleh mantan Wapres AS, Al Gore? Dalam film dokumenter tersebut diperlihatkan bagaimana daratan di Bumi yang selama ini berwarna putih karena tertutup es, berubah menjadi coklat (tanah) dan hijau (tumbuhan). Tunggu dulu, ini bukan penghijauan lahan es, melainkan gambaran betapa cepatnya es mencair, berubah menjadi

sungai gletser, dan mengalirkan airnya ke laut. Munculnya sungaisungai gletser ini merupakan dampak pemanasan global, yang ditandai dengan meningkatnya suhu bumi dan perubahan iklim. Untuk meyakinkan orang-orang bahwa mencairnya es di kedua kutub Bumi bukanlah isapan jempol, website Extreme Ice Survey menampilkan foto, dan video real-time gletser dari 27 lokasi es di bumi. Ingin melihat bagaimana es-es mencair dan berubah menjadi sungai secara real time? Layangkan web browser Anda ke website ini.
Info: www.extremeicesurvey.org

Menampilkan sebaran penggunaan nama dengan GIS

Menayangkan foto dan video sungai gletser secara real time

18

11/2009

Bookmark

Aktual

Detox
Gaya hidup modern makanan dan minuman instan berbahan ekstraksi dan mengandung pengawet, rokok dan alkohol, serta lingkungan berpolusi merupakan musuh bagi kesehatan. Dalam jangka pendek, efek dari gaya hidup modern mungkin tidak begitu kentara. Namun, dalam jangka waktu panjang, berbagai penyakit mulai dari yang ringan sampai yang mematikan

sebagian besar timbul akibat kotorankotoran yang tertimbun di dalam tubuh selama puluhan tahun. Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan oleh gaya hidup modern ini. Untungnya, saat ini telah banyak orang yang sadar bahwa gaya hidup modern sebagai imbas dari era industrialisasi yang tidak sehat harus segera ditinggalkan. Mengusung slogan “back to the nature”, mereka mulai melirik makanan organik yang bebas dari rekayasa, pestisida, dan bahan kimia lainnya. Mereka berusaha membersihkan

racun-racun yang terlanjur masuk ke dalam tubuh, dengan mengonsumsi makanan-makanan organik. Proses pembuangan racun inilah yang disebut detoxification (biasa disebut detox saja) atau body cleansing. Ingin tahu makanan apa saja yang mendukung proses detox? Arahkan web browser Anda ke website Detox. org untuk menemukan jawabannya. Website ini berisi informasi seputar diet detox, metode-metode detox, resep masakan, suplemen herbal, olah raga, dan lain-lain. Selain diet alami, website ini juga menganjurkan puasa sebagai salah satu metode detox yang efektif. Bukankah selain polusi, gaya hidup modern didominasi dengan makanan dan minuman? Menahan diri dengan (paling tidak) mengurangi konsumsi diet yang tidak sehat, ternyata memberikan kesempatan bagi metabolisme tubuh menghilangkan racun yang terlanjur masuk ke dalam tubuh.
Info: www.detox.org

Wisata Buku
Ketika berbicara tentang romantisme sejarah, kita kerap terpana dengan kecerdasan generasi terdahulu, sebelum era televisi dan multimedia. Tak perlu jauh-jauh, bandingkan saja kecerdasan yang dimiliki oleh rata-rata generasi kakek kita yang hidup di era pra-kemerdekaan, dengan generasi anak-muda-gaul saat ini. Mengapa mereka begitu cerdas, padahal sarana pendidikan, kesehatan, dan teknologi pangan yang menopang kebutuhan gizi belum secanggih sekarang? Membaca adalah jawabannya. Berbeda dengan menonton televisi, membaca bukan hanya menambah wawasan, melainkan juga mampu mengembangkan imajinasi seseorang. Imajinasi sendiri merupakan bentuk kecerdasan yang hanya dimiliki oleh makhluk Tuhan yang bernama manusia. Kebalikannya, berbeda dengan buku, televisi dan multimedia justru melemahkan imajinasi. Malangnya, di AS misalnya, ratarata dalam sehari setiap orang menghabiskan 4 jam di depan televisi, dan hanya 14 menit untuk membaca (baik buku maupun majalah). Lantas,

Kembali ke alam, untuk hidup yang lebih sehat

Konami Code di Facebook
“Atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A, Enter”, itulah rumus keystroke Konami Code, cheat code untuk banyak video game keluaran Konami di era 1980-an. Meski telah berusia dua dekade, ternyata Konami Code tetap digunakan oleh banyak website untuk menampilkan easter egg (fitur tersembunyi). Facebook adalah salah satu website yang menyembunyikan fiturnya di balik kode ini. Setelah sempurna login ke dalam account Anda di Facebook (semua proses loading telah selesai), klik kursor di mana saja (selain pada link dan form). Kemudian ketikkan Konami Code. Tunggu beberapa saat hingga Facebook selesai me-loading beberapa kode tambahan. Sekarang, coba Anda klik di mana saja, atau lakukan scrolling down-scrolling up atau mengetik di form. Apa yang Anda lihat? Facebook Anda telah dilengkapi dengan fitur lens-flare! Fitur hiasan ini bersifat temporer, dan akan hilang setiap kali Anda logout. Selain Facebook, website-website berikut juga menyediakan fitur tambahan bila Anda memasukkan Konami Code: Google Reader, AIM Express, Jquery. com, Brightkite.com, Gamespot.com, Digg.com, dan ESPN.com. [Info: www. nydailynews.com]

bagaimana pula dengan kebiasaan di Tanah Air? Entahlah, namun biasanya kita tidak lebih baik dari mereka. Nah, bila tidak ingin generasi kita dan selanjutnya terpuruk lebih dalam, satusatunya cara adalah mengembalikan minat baca sekaligus menyediakan bahan bacaan yang bermutu. Di mana Anda bisa menemukan bahan bacaan yang bermutu, khususnya di Tanah Air? Website WisataBuku.com memberikan jawabannya untuk Anda. Website ini berisi resensi buku-buku yang pernah terbit di Indonesia, baik karya asli penulis Tanah Air maupun hasil terjemahan. Para pengunjung bisa memberikan komentar, baik terhadap resensi maupun buku yang diresensi di sini. Dari 5.600-an buku yang terdaftar di sini, hampir 600 judul telah diresensi. Bila Anda memiliki buku yang bagus, dan belum diresensi di sini, tak ada salahnya menawarkan diri untuk membantu tim redaksi. Kontribusi Anda akan sangat membantu pengelola website ini untuk menyabarkan virus gemar membaca pada masyarakat Indonesia. Ingin berubah? Mulailah dengan membaca. Jika tidak, jangan salahkan Tuhan yang sudah memerintahkan kita untuk membaca. Bacalah!
Info: www.wisatabuku.com

Resensi buku-buku berbahasa Indonesia

Rulers
Bila kita perhatikan, sejarah selalu mencatat dua hal: perang dan pemimpin. Setiap perang pasti dicatat oleh sejarah. Demikian pula pemimpin meskipun selama masa kepemimpinannya tidak ada perang pun tercatat dalam sejarah. Sebagai makhluk yang berpolitik (zoon politikon, istilah yang dikemukakan oleh Aristoteles berdasarkan pemikiran Plato), manusia selalu membutuhkan pemimpin. Dalam bentuk pemerintahan apapun, seorang pemimpin memiliki tugas yang sama, yakni mengatur urusan rakyatnya. Pengaturan urusan rakyat inilah yang menjadi definisi asli politik, bukan semata kekuasaan. Kekuasaan hanyalah alat yang digunakan untuk mengatur. Kekuasaan, dalam bentuk pemerintahan apapun termasuk monarki sebenarnya merupakan amanat yang diberikan oleh rakyat kepada pemimpin untuk mengatur urusan mereka. Dalam praktiknya, tidak semua pemimpin mendapatkan mandat langsung dari rakyat.

Pada negara yang luas, dengan rakyat yang banyak, amanat untuk menyerahkan mandat kekuasaan dapat diwakilkan pada sekelompok orang (seperti dalam sistem pemerintahan demokrasi) atau amanat tersebut diberikan pada sebuah keluarga yang berjasa (seperti pada sistem monarki). Kembali ke topik semula, apapun sistem penyerahan mandat kekuasaan, orang yang menerimanya disebut pemimpin. Pemimpin ibarat orang tua dalam keluarga. Bila dalam sejarah (silsilah) keluarga patriarki, bapak merupakan tokoh sentral. Tokoh sentral dalam negara adalah pemimpin. Nah, bila ingin tahu silsilah sebuah negara, Anda cukup mengetahui siapa saja yang pernah memimpin negara tersebut. Website Rulers.org mencatat silsilah negara-negara yang ada di dunia saat ini. Silsilah para pemimpin negara yang disediakan di sini cukup lengkap, bahkan ada yang sampai pada abad ke-16. Indonesia, misalnya, meski merdeka pada 1945, para pemimpin sebelum presiden RI tetap tercatat di website ini. Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang memerintah pada 1691 – 1704, Willem van Outhoorn, tercatat sebagai pemimpin pertama Indonesia (dulunya bernama Hindia Belanda). Gubernur Jenderal terakhir, Hubertus Johannes van Mook, tercatat memerintah Indonesia pada masa transisi, yakni 4 September 1944 sampai 15 Oktober 1948. Presiden Soekarno sendiri sejak hari proklamasi kemerdekaan RI hingga 12 Maret 1967, yang diselingi oleh Sjafruddin Prawiranegara, dan Assaat yang menjabat sebagai presiden sementara.
Info: www.rulers.org

Silsilah negara-negara di dunia

11/2009

19

Aktual

Linux & Open Source

Inilah Definisinya!
Git
Sebuah tool yang dapat digunakan sebagai Distributed Version Control System. Git kali pertama dibuat oleh Linus Torvalds, untuk proses development kernel Linux. Inspirasi Git terinspirasi dari tool BitKeeper dan Monotone. Beberapa aplikasi yang menggunakan Git untuk men-develop proyek-nya, di antaranya GNOME, Samba, X.org Server, OLPC, VLC, dan Ruby on Rails.

Project Buku Open Source
Aktor sekaligus Gubernur California, Arnold Schwarzenegger, memiliki sebuah rencana untuk mengurangi biaya pendidikan di wilayah kekuasaannya. Arnold ingin membuat buku digital open source untuk kelas matematika dan ilmu pengetahuan. Buku ini nantinya akan tersedia secara gratis, dan dapat digunakan pada sekolah umum di kota tersebut. Arnold telah menanyakan Sekretaris Pendidikan California, Glen

Gparted
Paket aplikasi untuk membuat, menghapus, mengubah, memindahkan, mengecek, menyalin partisi, dan file sistem yang berada di dalamnya. Aplikasi ini berguna untuk membuat partisi untuk sebuah sistem operasi baru, mengorganisasi penggunaan kapasitas disk yang dimiliki, menyalin data yang ada, dan kemudian membuat mirror sebuah partisi ke partisi lainnya.

Thomas, untuk meyakinkan bahwa buku digital tersebut akan siap dikembangkan pada tahun 2009 ini. Thomas akan bekerja sama dengan Pengawas Negara Instruksi Umum dan Presiden Dewan Pendidikan Negara. Pendidikan umum yang selama ini berjalan di California setidaknya memakan biaya sekitar 40% dari anggaran tahunan pemerintah daerah. Menurut Arnold, krisis keuangan yang sedang terjadi di California membuatnya mencari cara untuk mengurangi pengeluaran, namun tetap bisa meningkatkan pelayanan. Usaha yang telah dilakukan sebelumnya oleh beberapa organisasi lepas tidak berhasil. Salah satunya adalah California Open Source Textbook Project (COSTP) pada tahun 2002, yang bertujuan memproduksi sebuah buku sejarah digital K-12 di bawah lisensi open source, bekerja sama dengan Wikibooks project. COSTP diklaim bisa membantu California menghemat $200 juta setahun. Namun program ini gagal, dan tidak pernah selesai.
Info: http://arstechnica.com

Sabily 9.04
Diantara banyak distro Linux yang menjamur, terdapat distro Linux yang memang dispesifikasikan untuk tujuan tertentu. Tim pengembang Proyek Ubuntu Muslim Edition telah mengumumkan sebuah versi distro terbaru mereka yang berbasiskan Jaunty Jackalope, yang diberi nama Sabily, dengan kode nama “Tayebah”. Sabily yang memiliki arti “Jalanku”, diambil dari Surat Yusuf ayat 108, dan juga merupakan slogan Sabily yang baru ini. Sabily 9.04 “Tayebah” tersedia dalam tiga versi, yaitu dalam DVD 935 MB, versi lengkap yang berisi ekstra multimedia dan paket pendidikan, serta versi lengkap dengan akses offline ke pembacaan Al Quran. Sebuah CD 184 MB juga tersedia, dengan paket-paket yang dibutuhkan untuk mengubah sebuah instalasi Ubuntu 9.04 ke Sabily dengan baik.

Sabily memiliki dukungan yang penuh, baik bahasa Arab maupun Inggris. Sabily juga hadir dengan seni grafis, seperti Usplash, theme Metacity dan GDM, kursor, serta wallpaper. Salah satu aplikasi yang penting bagi Muslim adalah Mibar, sebuah aplikasi pengingat waktu sholat. Paket pendidikan juga sangat banyak disediakan di Sabily, di antaranya, TuxMath, Atomix, KTurtle, dan Zekr. Selain itu, distro ini juga menyediakan utilitas Gparted, Ubuntu Tweak, Compiz Config Manager, dan sebagainya.
Info: http://linux.softpedia.com

Sabily, distro Ubuntu untuk umat muslim

Oracle VM
Sebuah virtualisasi server yang ditawarkan oleh Oracle Corporation. Oracle VM berdasarkan pada teknologi open source xen hypervisor, mendukung baik guest Windows dan Linux, mengandung sebuah web browser yang terintegrasi berdasarkan pada management console.
Aktor, Gubernur, dan Open Source

Prism 1.0
Pada tahun 2008, Mozilla telah memperkenalkan sebuah proyek percobaan yang disebut dengan Prism. Proyek ini memiliki tujuan untuk dapat menjembatani batas pemisah bagi pengguna, antara aplikasi web dan aplikasi desktop. Setelah sekian lama, Mozilla akhirnya mengumumkan rilis dari versi beta Prism 1.0. Ini merupakan puncak dari akhir penantian, setelah lebih dari satu tahun Prism telah digunakan oleh perusahaan besar, seperti Yahoo! Zimbra, DesignLinks International, dan sebagainya. Pada versi ini, telah ditambahkan fitur baru yang tentunya akan menambah pengalaman dalam menjelajah aplikasi web menjadi lebih menarik. Di antaranya, ke-

SSL
Secure Socket Layer atau yang disingkat SSL, merupakan sebuah protokol yang menyediakan authentikasi akhir dan privasi komunikasi di Internet menggunakan cryptography. Dalam penggunaan umumnya, hanya server yang di-authentikasi (dalam hal ini, memiliki identitas yang jelas), selama dari sisi client tetap tidak terauthentikasi. Authentikasi dari kedua sisi (mutual authentikasi) memerlukan penyebaran pki pada client-nya.

mampuan untuk mengeset font, setting proxy, dan setting aplikasi spesifik lainnya. Selain itu, terdapat juga dukungan icon tray, kemampuan untuk menghapus data pribadi, aplikasi yang secara otomatis terupdate ketika versi baru Prism tersedia, dukungan untuk OS X 10.4, dan mendukung enkripsi dengan SSL. Kemampuan Prism untuk menjalankan aplikasi web stand-alone dan mengaksesnya seperti aplikasi desktop, tentunya menjadi sebuah hal yang menguntungkan bagi enduser. Pengguna juga dapat ikut serta mengembangkan Prism, salah satunya dengan bergabung dengan Mozilla Labs, sebuah virtual lab. dimana banyak user online secara bersamasama, untuk membuat, mencoba, dan bermain dengan inovasi web demi kepentingan bersama.
Info: http://labs.mozilla.com

Repository Terbuka Qt
QT Software kini telah membuka kode repositorinya kepada umum. Hal ini dapat membuat setiap pengembang dapat membantu membentuk masa depan pengembangan Qt, dengan memberikan kontribusi kode, translasi, contoh, dan materi lainnya kepada Qt, dan proyek QT lainnya. QT Software juga mempublikasikan “peta perjalanannya”, dan peluncuran Qt Jambi di bawah LGPL. Setelah memindahkan Git sebagai versi kontrol sistem Qt pada tahun 2008 lalu, Gitorious yang berbasis web menjadi sebuah pilihan bantuan dalam mengurus kontribusi. Pihak Qt merekrut

pengembang Gitorious, Johan Sorensen, dan satu koleganya, untuk bekerja dan menambahkan fungsi lainnya, seperti tim support. Pihak Qt akan terus mengembangkan Gitorious bersama dengan proyek ini untuk ke depannya nanti. Situs kontribusi baru ini tidak hanya meletakan Qt saja, namun juga tool Qt dan proyek terkait lainnya, di antaranya Qt Creator IDE, Qt Jambi, dan beberapa Qt Labs projects. Bersamaan dengan peluncuran open repositories, juga dipublikasikan sebuah peta perjalanan yang akan memberikan penjelasan tentang fitur dalam pengembangan, dan juga penelitian proyek yang akan membantu dalam memahami arah Qt di masa mendatang.
Info: www.kde.org

Ayo, turut berkontribusi di project QT!

Wikibooks
Komunitas Wikimedia untuk membuat sebuah free library untuk buku teks pendidikan yang dapat diubah oleh siapa saja. Proyek Wikibook dimulai pada 10 juli 2003. Sejak itu, Wikibooks terus berkembang pesat, dan dapat dilihat dengan jumlah halaman yang dimiliki, yaitu 36.814 halaman buku teks yang dibuat oleh para relawan.

Jalankan aplikasi web seperti aplikasi desktop

Teacher Laptop Project

Oracle Akuisisi Virtual Iron
Oracle telah menyetujui untuk mengakuisisi Virtual Iron Software, Inc. Virtual Iron merupakan sebuah penyedia software management virtualisasi server, yang memungkinkan sumber daya dinamis dan pengaturan kapasitas berada dalam pusat data yang tervirtualisasi. Kombinasi teknologi dari Virtual Iron dan Oracle VM yang memiliki performa yang tinggi, diharapkan dapat menyediakan pengaturan sumber daya dinamis dan luas. Pengguna diharapkan dapat mengambil keuntungan dari konfigurasi virtual server streamline, peningkatan kontrolsoftwareenterprise,perlengkapan

XHTML
Singkatan dari extensible hypertext markup language, adalah sebuah bahasa yang memiliki kemiripan ekspresi sebagai HTML, namun juga memenuhi sintaks XML. XHTML versi 1.0 menjadi sebuah World Wide Web Consortium (W3C) recommendation, pada 26 Januari 2000.

kapasitas, dan sebagainya. Transaksi dari proses akuisisi ini, diharapkan dapat selesai pada musim panas tahun ini. Sampai perjanjian ditutup, masing-masing perusahaan akan tetap melanjutkan operasinya sendiri-sendiri, dan detail keuangan dari transaksi juga belum ditetapkan. Wim Coekaerts, Oracle Vice President of Linux and Virtualization Engineering mengatakan pada situs Oracle, tren industri mengendalikan permintaan virtualisasi sebagai cara untuk mengurangi biaya operasional dan mendukung strategi green TI, tanpa mengorbankan kualitas pelayanan yang ada. Akuisisi ini konsisten dengan strategi Oracle untuk menyediakan enterprise software management yang luas, dan akan memfasilitasi managemen aplikasi service level lebih efisien.
Info: www.oracle.com

Satu akuisisi lagi dari Oracle

Departemen Pendidikan Afrika Utara telah meluncurkan teacher laptop project. Teacher Laptop Initiative yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan Naledi Pandor ini, akan memberikan para pengajar akses untuk membeli dan menjaga sebuah laptop yang sesuai dengan spesifikasi minimum yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan. Namun spesifikasi yang diberikan Info: www.tectonic.co.za harus menyertakan Windows XP atau lebih, dan menyertakan Microsoft Office. Spesifikasi yang diterima juga Afrika menyertakan banyak aplikasi Microsoft, di antaranya Microsoft Digital Utara tidak Literacy dan Microsoft Partners In konsisten dengan Learning. Departemen tidak menMIOS spesifikasikan alternatif open source, selain software Microsoft. Keputusan dari Departemen pendidikan yang menspesifikasikan software Microsoft sebagai kebutuhan minimum untuk pembelian laptop oleh guru, menghasilkan kontradiksi

dengan strategi nasional Afrika Utara akan software open source dan open standard yang telah diresmikan pada tahun 2007, yakni Minimum Interoperability Standard (MIOS) untuk sistem informasi di pemerintahan. Sebagai contoh, dalam MIOS telah di spesifikasikan sekumpulan standar berbagai informasi antara pemerintah dengan penduduk, dengan spesifikasi format seperti teks, OpenDocument Format, xHTML, dan CSV untuk berbagi dokumen, dan tidak terdapat format Microsoft Word.

20

11/2009

Liputan Harga Pasar

Aktual

Daftar Harga Komputer & Periferal
Produk Spesifikasi PROCESSOR Harga Produk
ASUS P6T DELUXE 61 71 75 87 85 154 235 92 205 245 128 156 165 180 113 123 169 173 203 283 1,549 174 206 234 294 349 310 625 1,149 1,249 65 67 75 90 ASUS P6T WS PRO ASUS Rampage II Extreme DFI LP DK X58-T3eH6 DFI LP-UT X58-T3eH8 GIGABYTE GA-EX58-Extreme GIGABYTE GA-EX58-UD3R-SLI GIGABYTE GA-EX58-UD5 INTEL DX58SO INTEL DX58SO/B ASUS Maximus Extreme ASUS P5E ASUS P5GC-MX ASUS P5KPL-AM ASUS P5KPL-SE ASUS P5N-MX ASUS P5Q ASUS P5Q Deluxe ASUS P5Q Premium ASUS P5Q Pro ASUS P5Q3 Deluxe/WiFi ASUS P5VD2-VM SE ASUS Striker II Extreme DFI DK X38-T2R DFI LP DK P45-T2RS Elite DFI LP DK P45-T2RS Plus DFI LP DK P45-T3RSB PLUS DFI LP DK X48-T2RS DFI LP DK X48-T2RSB PLUS DFI LP JR GF9400-T2RS DFI LP JR-P45-T2RS DFI LP LT X48-T3RS ECS 945PT-A2/1333 ECS GF7050VT-M5 ECS P4M900T-M GIGABYTE GA-EG31M-S2 GIGABYTE GA-EP31-DS3L GIGABYTE GA-EP43-DS3L GIGABYTE GA-EP43-S3L GIGABYTE GA-EP43-UD3L

Kurs US$1 = Rp10.450 per 19 Mei 2009
Spesifikasi Harga
382 400 520 265 347 440 315 380 299 330 385 255 65 68 79 71 164 235 348 184 275 53 465 156 146 153 171 190 196 161 144 224 68 54 52 80 98 122 117 127

AMD
Athlon 64 X2 4800+ (AM2) Athlon 64 X2 5200+ (AM2) Athlon 64 X2 5600+ (AM2) Athlon 64 X2 6000+ (AM2) Athlon 64 X2 7750 Black Edition Phenom II X3 720 Black Edition Phenom II X4 940 Black Edition Phenom X3 8650 Phenom X4 9500 Phenom X4 9600 Phenom X4 9650 Phenom X4 9850 Black Edition Phenom X4 9950 Black Edition Clock Speed 2.5 GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) Clock Speed 2.6GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) Clock Speed 2.8GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) Clock Speed 3.0GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) Clock Speed 2.7GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 16Gb/s, Socket AM2+ 2.8GHz, 1.5MB L2 Cache, Socket AM3 3.0GHz, 2MB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 2.3 GHz, 3 x 512KB Cache, Triple Core, Socket AM2+ 2.2GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 2.3GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 2.3 GHz, 4 x 512KB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 2.5 GHz, 4 x 512KB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 2.6GHz, 4 x 512KB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 [TRAY] 2.66 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 2.8 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual-Core, Socket LGA 775 3.0 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.16 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.3 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.2 GHz, FSB 1600 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA771 (No HSF) 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333MHz, 6MB Cache, Quad-Core, Socket LGA 775 2.83 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 3.00 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, QPI 4.8, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2.93 GHz, QPI 4.8, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 3.2 GHz, QPI 6.4, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 3.3 GHz, QPI 6.4G, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Socket LGA 775 2.2 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.6 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775

Intel
Core 2 Duo E6550 Core 2 Duo E7300 Core 2 Duo E7400 Core 2 Duo E8200 Core 2 Duo E8400 Core 2 Duo E8500 Core 2 Duo E8600 Core 2 Extreme QX9775 Core 2 Quad Q8200 Core 2 Quad Q8300 Core 2 Quad Q9400 Core 2 Quad Q9550 Core 2 Quad Q9650 Core-i7 920 Core-i7 940 Core-i7 Extreme 965 Core-i7 Extreme 975 Pentium E2180 Pentium E2200 Pentium E5200 Pentium E5300

MOTHERBOARD

AMD Soket AM2
ASUS M3A ASUS M3A78 DFI LP DK 790FXB-M2RS DFI LP JR 790GX-M2RS DFI LP UT 790FX-M2R ECS A740GM-M ECS GeForce 6100PM-M2 ECS GeForce 7050 M-M GIGABYTE GA-M52L-S3 GIGABYTE GA-M57SLI-S4 GIGABYTE GA-M61PME-S2P GIGABYTE GA-M78SM-S2H GIGABYTE GA-MA74GM-S2H GIGABYTE GA-MA770-UD3 GIGABYTE GA-MA78G-DS3H GIGABYTE GA-MA78GM-US2H GIGABYTE GA-MA790FXT-UD5P GIGABYTE GA-MA790GP-UD4H Socket AM2, AMD 770, HyperTransport™2000 / 1600 MT/s, USB 2.0, Audio, Dual Channel Socket M2, AMD 770 Chipset, FSB 5200/2000MT HyperTransport, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket AM2+, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, DDR2, SATA, RAID, USB 2.0 Socket 940 AM2+, AMD 790GX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, DDR2 667/800/1066 MHz, SATA RAID 0, RAID 1 and RAID 0+1, USB 2.0 Socket 940, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, Dual Channel DDR2 800, SATA 300 RAID, USB 2.0, FireWire Socket AM2, AMD 740G Chipset, USB 2.0, Audio, Dual Channel DDR2, SATA II 300, RAID Socket M2+, NVidia GeForce 6100, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio Socket AM2, NVidia nForce 7050PV, DDR2 Dual Channel, Audio, USB 2.o, SATA II Socket AM2, NVIDIA® nForce 520LE, Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket AM2, NVIDIA nForce 570 SLI, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket AM2, NVidia GeForce 6100, FSB 1333/1066MHz, SATA 300, USB 2.0, Audio, Dual Channel Socket AM2, NVIDIA GeForce 8200 Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, RAID, Audio, LAN Socket AM2, AMD 740G Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, RAID, Audio, LAN Socket AM2+, AMD 770, FSB 5200/2000MT/s, DDR2 Dual Channel SATA II, RAID, FireWire, USB 2.0, Audio Socket AM2, AMD 780G Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, LAN, FireWire Socket AM2+, AMD 780G, FSB 5200/2000 MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio Socket AM2, AMD 790FX Socket AM2+, AMD 790GX, FSB 5200/2000 MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, FireWire, USB 2.0, Audio Socket LGA1366, Intel X58, 3x PCIe-2.0 X16, GbE NIC, 10-ch Audio, USB 2.0, Firewire, DDR3-1600 support, Intel Core-i7 / Core-i7 Extreme support Socket LGA 1366, Intel X58, QPI 6.4GT/s, Triple Channel DDR3, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA1366, Intel X58, QPI 6.4GT/s, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, FireWire, USB 2.0, Audio 103 112 152 145 224 63 52 57 78 122 68 113 84 124 123 118 257 205 340 276 305

Socket LGA1366, Intel X58, 6400MT/s QPI, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio, SLI & CrossFireX Socket LGA 1366, Intel X58, DDR3 Triple Channel Memory, USB 2.0, Audio Socket LGA1366, Intel X58, 6.4 GT/s QPI, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Supreme FX X-Fi Audio Socket LGA1366, Intel X58, QPI 6.4GT/s, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio, 2xFirewire Socket LGA1366, Intel X58, QPI 6.4GT/s, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA1366, X58 Chipset, QPI 6.4GT/s, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA1366, Intel X58, QPI 6.4GT/s, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA1366, X58 Chipset, QPI 6.4GT/s, DDR3 Triple Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA1366, Intel X58, 3x PCIe-2.0 X16, GbE NIC, 10-ch Audio, USB 2.0, Firewire, DDR3-1600 support, Intel Core-i7 / Core-i7 Extreme support Socket LGA1366, Intel X58, 3x PCIe-2.0 X16, GbE NIC, 10-ch Audio, USB 2.0, Firewire, DDR3-1600 support, Intel Core-i7 / Core-i7 Extreme support [BULK] Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB, Audio, 2.0, RAID Intel X38 Chipset, Socket LGA 775, Cross Fire, ATX Factor, Dual Channel 800MHz Socket LGA775, Intel 945GC, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 533, Dual Channel Socket LGA 775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio Socket LGA 775 Socket LGA 775, NVidia nForce 7050, FSB 1333/1066/800/533, USB 2.0, Audio, NVidia GeForce 7050 Socket LGA 775, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, Express Gate Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, Express Gate Socket LGA 775, Intel P45, 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, VIA P4M900, FSB 1066MHz, DDR2 Dual Channel, Audio, USB 2.0, FireWire Socket LGA 775, NVIDIA nForce® 790i Ultra SLIâ„¢, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3, USB 2.0, FireWire, Audio Socket LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II 300 Socket LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0 Socket LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, Raid, USB 2.0 Socket LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, Raid, USB 2.0, FireWire Socket LGA 775, NVIDIA GeForce 9400 chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, DDR2 Dual Channel, SATA, Raid, Socket LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA II 300, RAID Socket LGA 775, Intel 945, FSB 1333/1066/800/533 MHz, Dual Channel, 6-Channel High Definiton Audio, USB 2.0 Socket LGA 775, NVidia GeForce 7050, FSB 1333/1066/800/533MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, VIA P4M900, 1066/800 FSB, PCI-e X16, USB 2.0, Micro ATX form Socket LGA 775, Intel G31, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel P31, FSB 1333, PCIe x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, DES ( Dynamic Energy Saver ), Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel Socket LGA 775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio, SATA II 300 Socket LGA 775, Intel P48, FSB 1600 (OC)/1333/1066, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID Socket LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio

Intel Socket LGA775
INTEL DX58SO ASROCK X58 DELUXE ASUS P6T

11/2009

21

Aktual
Produk
GIGABYTE GA-EP45-DQ6 GIGABYTE GA-EP45-DS3LR GIGABYTE GA-EP45-EXTREME GIGABYTE GA-EP45T-EXTREME GIGABYTE GA-EP45-UD3LR GIGABYTE GA-EP45-UD3P GIGABYTE GA-EP45-UD3R GIGABYTE GA-G31M-ES2L GIGABYTE GA-P31-ES3G GIGABYTE GA-P31-S3G GIGABYTE GA-P35T-DQ6 GIGABYTE GA-X48-DQ6 GIGABYTE GA-X48T-DQ6 INTEL D945GCLF/B INTEL D945GCLF2/B INTEL DG31GL/B INTEL DG31PR/B INTEL DG35EC/B INTEL DG41TY INTEL DG43NB INTEL DG45ID INTEL DP43TF INTEL DP45SG INTEL DP45SG/B INTEL DQ45CB INTEL DQ45CB/B INTEL DQ45EK/B INTEL DQ965GFEKR/B

Liputan Harga Pasar
Spesifikasi
Socket LGA 774, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066MHz, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, Audio, USB 2.0, FireWire Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, RAID, SATA II Socket LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, RAID, USB 2.0, FireWire, Audio Socket LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel P31, FSB 1333/1066/800 MHz, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID Socket LGA 775, Intel P31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio Socket LGA775, Intel P35, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR3 1333, Dual Channel Socket LGA 775, Intel X48 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, SATA 300, Dual Channel, USB 2.0, Audio Socket LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3, USB 2.0, Audio, SATA, RAID Integrated Atom 230 (1.60 GHz, 512KB Cache, 533 MHz FSB), Intel 945GC, VGA, NIC, 4-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-667 support [BULK] Integrated Dual-Core Atom 330 (1.60 GHz, 1MB Cache, 533 MHz FSB), Intel 945GC, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 8x USB 2.0, DDR2-667 support [BULK] Socket LGA775, Intel G31, FSB 1333, VGA, NIC, 4-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] Socket LGA775, Intel G31, FSB 1333, PCIe X16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] Socket LGA775, Intel G35, FSB 1333, PCIe X16, DVI+VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 6x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] Socket LGA775, Intel G41, FSB 1333, PCIe X16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support Socket LGA775, Intel G43, FSB 1333, PCIe X16, DVI+VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support Socket LGA775, Intel G45, FSB 1333, PCIe X16, HDMI+DVI, GbE NIC, 8-ch Audio, RAID, 6x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support Socket LGA775, Intel P43, FSB 1333, PCIe X16, GbE NIC, 6-ch Audio, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support Socket LGA775, Intel P45, FSB 1333, 2x PCIe-2.0 X16, GbE NIC, 8-ch Audio, RAID, 6x USB 2.0, Firewire, DDR3-1333 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad/ Core2 Extreme support Socket LGA775, Intel P45, FSB 1333, 2x PCIe-2.0 X16, GbE NIC, 8-ch Audio, RAID, 6x USB 2.0, Firewire, DDR3-1333 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad/ Core2 Extreme support [BULK] Socket LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support Socket LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] Socket LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 10x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] Socket LGA775, Intel Q965, FSB 1066, PCIe X16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 6x USB 2.0, Firewire, DDR2-667 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK]

Harga
305 152 350 360 153 184 169 71 82 82 302 363 380 78 95 65 75 99 105 126 164 123 225 185 154 145 155 125

Produk
ASUS EN9500GT MAGIC/DI/512M ASUS EN9500GT TOP/DI/512M ASUS EN9600GSO MAGIC/HTDP/512M ASUS EN9600GT MATRIX/HTDI/512M ASUS EN9600GT/HTDI/512M ASUS EN9800GT HYBRIDPOWER/HTDI/512M ASUS EN9800GTX+/HTDP/512M ASUS ENGTS250/DK/HTDI/512M ASUS ENGTX285/HTDP/1GD3 ASUS ENGTX295/2DI/1792MD3 CALIBRE GeForce 8500GT 256 CALIBRE GeForce 9800GTX DIGITAL ALLIANCE GeForce 8400GS DIGITAL ALLIANCE GeForce 8400GS 256MB DIGITAL ALLIANCE Geforce 8500GT Sonic 256MB DIGITAL ALLIANCE GeForce 8600GT 256 DIGITAL ALLIANCE GeForce 9400GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9400GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9500GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9500GT Super DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT Sonic 1GB DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT Sonic 512 DIGITAL ALLIANCE GeForce 9800GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9800GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9800GTX+ DIGITAL ALLIANCE GeForce GTX 275 DIGITAL ALLIANCE GeForce GTX 285 DIGITAL ALLIANCE GTS 250 DIGITAL ALLIANCE GTS 250 DIGITAL ALLIANCE GTX 260 216SP DIGITAL ALLIANCE GTX 260 216SP Sonic DIGITAL ALLIANCE GTX 260 216SP Sonic DIGITAL ALLIANCE GTX 295 GIGABYTE GeForce 9500GT DDR3 GIGABYTE GV-N250ZL-1GI GIGABYTE GV-N26-896H-B GIGABYTE GV-N26OC-896H-B GIGABYTE GV-N28-1GH-B GIGABYTE GV-N295-18I-B GIGABYTE GV-N94TOC-1GH GIGABYTE GV-N95TD3-512H GIGABYTE GV-N95TOC-512Hi GIGABYTE GV-N96TZL-512i GIGABYTE GV-N98TOC-1GH GIGABYTE GV-N98TZL-512H GIGABYTE GV-N98XPZL-1GH GIGABYTE GV-NX84G256H GIGABYTE GV-NX86S256H GIGABYTE GV-NX88S512H-B GIGABYTE GV-NX96T1GHP GIGABYTE GV-NX96T512H GIGABYTE GV-NX98X512H-B LEADTEK WINFAST GeForce 9600 GSO Extreme LEADTEK WINFAST GeForce 9600GT ZL LEADTEK WINFAST GTX 260 LEADTEK WINFAST GTX 280 LEADTEK WINFAST PX 9500GT 512 DDR2 LEADTEK WINFAST PX8400GS 256MB LEADTEK WINFAST PX8500GT 256MB LEADTEK WINFAST PX8500GT 512MB LEADTEK WINFAST PX8600GT 256MB LEADTEK WINFAST PX9400GT 512 DDR2 LEADTEK WINFAST PX9500GT 512 DDR3 LEADTEK WINFAST PX9600GT LEADTEK WINFAST PX9600GT Extreme LEADTEK WINFAST PX9800 GX2 PIXELVIEW GeForce 8400GS PIXELVIEW GeForce 8400GS 512 PIXELVIEW GeForce 8500GT 1GB HDMI PIXELVIEW GeForce 8500GT 256 PIXELVIEW GeForce 8500GT 512 PIXELVIEW GeForce 8500GT Ultra 256 PIXELVIEW GeForce 8600GT PIXELVIEW GeForce 8600GT 512 PIXELVIEW GeForce 8800GT PIXELVIEW GeForce 8800GT Ultra PIXELVIEW GeForce 9400GT PIXELVIEW GeForce 9500GT PIXELVIEW GeForce 9600 GSO PIXELVIEW GeForce 9600GT PIXELVIEW GeForce 9600GT 1GB PIXELVIEW GeForce 9600GT 1GB Venus PIXELVIEW GeForce 9800GT PIXELVIEW GeForce 9800GT Venus POINT OF VIEW GeForce 8400GS POINT OF VIEW GeForce 8600GT 1GB POINT OF VIEW GeForce 9400GT 1GB POINT OF VIEW GeForce 9400GT 512 POINT OF VIEW GeForce 9500GT 1GB POINT OF VIEW GeForce 9500GT 512 POINT OF VIEW GeForce 9600GSO POINT OF VIEW GeForce 9600GT POINT OF VIEW GeForce 9600GT EXO POINT OF VIEW GeForce 9800GT POINT OF VIEW GeForce GTS250 POINT OF VIEW GeForce GTS250 Arctic Cooling POINT OF VIEW GeForce GTX 260 Premium 216 55nm POINT OF VIEW GeForce GTX 280 POINT OF VIEW GeForce GTX 285 POINT OF VIEW GeForce GTX 295 POINT OF VIEW GeForce GTX275 SPARKLE GeForce 8600GTS 256MB SPARKLE GeForce 9400GT 1GB

Spesifikasi
NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 NVidia GeForce 9600 GSO, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, Dual DVI, HDTV, TV-Out, HDMI NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 285, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 8500GT, 256MB GDDR3, 128-bit, Dual DVI, TV Out, SLI, Vista, DirectX 10 NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 NVIDIA GeForce 8500 GT, 256MB DDR3, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 NVidia GeForce 8600GT, 256MB DDR3, 128-bit, DVI, SLI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 275, 896MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 200, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 , 0.8ns Super + NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 260, 1792MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 200 x2, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 295, 1792MB DDR3, 2x 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 Nvidia GeForce 9800 GT, 1GB DDR3, 256Bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 Nvidia GeForce 9800 GTX+, 1GB DDR3, 256Bit, DVI, TV-Out, HDPC, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 NVIDIA GeForce 8600GTS, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 NVidia GeForce 8800GTS, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GTX, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDCP, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0, Zalman Cooler NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 NVIDIA GeForce 8400GS, 256MB GDDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 NVIDIA GeForce 8500GT, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 NVIDIA GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, Heatpipe, PCIe x16 NVIDIA GeForce 8600GT, 256MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 NVidia GeForce 9600, 512 MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, SLI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 NVidia GeForce 9800, 1 GB (512 MB x 2) GDDR3, 512-bit (256-bit x 2), TV-Out, DVI, HDTV, HDMI NVidia GeForce 8400GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce 8500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Output, HDMI, PCI-e x16 NVidia GeForce 8500GT, 256MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce 8500GT, 256MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600 GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 1GB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 1GB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GT, 512MB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 8400GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 NVidia GeForce 8600GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 NVidia GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9500GT 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDMI, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTS250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0, 55nm Technology NVidia GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 285, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTX275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVIDIA GeForce 8600GTS, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 NVidia GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0

Harga
89 113 104 179 144 181 248 186 445 590 68 286 37 34 56 69 55 50 70 62 152 137 157 142 187 292 387 169 192 240 242 297 542 98 226 365 302 465 570 70 90 74 142 179 179 224 44 102 253 164 129 233 120 161 339 395 76 43 62 64 88 60 83 124 160 430 38 45 84 55 65 72 97 77 207 212 56 103 127 147 197 218 177 197 34 72 55 49 72 64 91 115 119 134 185 181 236 370 392 550 290 85 71

VIDEO CARD

ATI PCI Express
ASUS EAH4650/DI/512M ATI RADEON HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EAH4650/DI/1GD2 ATI RADEON HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EAH4670/DI/1GD3 ATI RADEON HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EAH4670/DI/512M ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EAH4830/HTDP/512MD3 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EAH4850/HTDI/512M ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EAH4870 DK/HTDI/1GD5 ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV Output, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EAH4870/HTDI/512M ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EAH4890/HTDI/1GD5 ATI RADEON HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD3650 ATI RADEON HD3650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD3870 ATI RADEON HD3870, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD3870X2 ATI RADEON HD3870 X2, 1GB DDR3, 2x 256bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDMI, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD4650 ATI RADEON HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD4650 ATI RADEON HD4650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD4670 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD4830 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD4850 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE HD4850 Sonic ATI RADEON HD4850 Sonic, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870 Sonic Dual GECUBE GC-HD4830XPG3E3 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GECUBE GC-HD4870XG5-F3 ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GECUBE HD4650 1GB ATI RADEON HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV< PCI-e x16 2.0 GECUBE HD4850 OC 1GB ATI RADEON HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GECUBE HD4850 OC 512 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-R467D3-512I ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-R467ZL-1GI ATI RADEON HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-R485OC-1GH ATI RADEON HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-R485ZL-512H ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-R487D5-1GD ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-R487X2-2GH-B ATI RADEON HD4870, 2GB DDR5, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-R489-1GH-B ATI RADEON HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS 4830 512MB DDR3 PLATINUM ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4650 ATI RADEON HD4650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4670 ICEQ DDR3 ATI RADEON HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4850 1GB DDR3 Platinum ATI RADEON HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4850 512 Platinum ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4850 512MB DDR3 IceQ4 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4850 IceQ4 Turbo ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4850 IceQ4 Turbo X ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4870 1GB DDR5 Platinum ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, PCI-e x16 HIS HD4870 512 Platinum ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 HIS HD4870 IceQ4+ 512MB ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4870 IceQ4+1GB ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HIS HD4890 ATI RADEON HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 POWERCOLOR HD4850 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 POWERCOLOR HD4870 PCS+ ATI RADEON HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD 4670 Arctic Cooling ATI RADEON HD4670, 512MB DDR4, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD 4850 (Blue PCB HD 4850, 512MB GDDR3, 256-bit, HDMI, Dual DVI-I, HDTV-out, HDMI DUAL Slot Fan Cooler) SAPPHIRE HD4550 ATI RADEON HD4550, 512MB DDR3, 64-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4650 1GB ATI RADEON HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4650 HM 1GB ATI RADEON HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4650 HM 1GB ATI RADEON HD4650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4670 1GB ATI RADEON HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4770 ATI RADEON HD4770, 512MB DDR5 SAPPHIRE HD4830 ATI RADEON HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4850 1GB ATI RADEON HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4850 Toxic ATI RADEON HD4850, 512MB DDR, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4850 X2 ATI RADEON HD4850, 2GB DDR3, 2x 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4870 1GB ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4870 Toxic 1GB Vapour ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4870 X2 ATI RADEON HD4870 X2, 2 GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE HD4890 ATI RADEON HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 SAPPHIRE Vapor X HD4850 ATI RADEON HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI. HDTV, PCI-e x16 2.0 85 84 116 104 154 225 360 335 330 61 122 242 75 70 90 132 172 177 232 133 315 79 244 200 97 106 211 190 308 530 296 153 64 92 184 165 174 205 206 252 232 252 272 282 212 309 88 174 68 81 68 65 100 120 116 199 201 400 245 317 485 282 167 69 63 84 68

NVIDIA PCI Express
ASUS EN 8500GT SILENT/HTP/512M NVIDIA GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 ASUS EN8500GT SILENT NVIDIA GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 MAGIC/HTP/512M ASUS EN8600GT MAGIC/HTP/512M NVidia GeForce 8600GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 ASUS EN9400GT/DI/512M NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0

22

11/2009

Liputan Harga Pasar

Aktual

Produk
SPARKLE GeForce 9400GT 512MB SPARKLE GeForce 9600GT 512MB SPARKLE GeForce 9800GT 1GB SPARKLE GeForce 9800GT 512MB SPARKLE GeForce GTS 250 ZOTAC GeForce 8600GT 512MB ZOTAC GeForce 9500GT 512MB DDR3 ZOTAC GeForce 9600GT

Spesifikasi
NVidia GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, HDMI, HDCP, HDTV NVidia GeForce 9800GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVIDIA GeForce 8600GT, 512MB DDR2, SLI, DVI, TV-Out, HDTV, PCIe x16 GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0

Harga
61 118 178 148 175 57 69.50 133

Produk
SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda ES SEAGATE Barracuda ES WESTERN DIGITAL Caviar SE Blue WESTERN DIGITAL Caviar SE Blue WESTERN DIGITAL Caviar SE Blue WESTERN DIGITAL Caviar SE Blue WESTERN DIGITAL Caviar SE Blue WESTERN DIGITAL Caviar SE Blue WESTERN DIGITAL Caviar SE16 Blue WESTERN DIGITAL Caviar SE16 Green WESTERN DIGITAL Caviar SE16 Green WESTERN DIGITAL Caviar SE16 Green WESTERN DIGITAL Caviar SE16 Green WESTERN DIGITAL Caviar SE16-Green WESTERN DIGITAL Raptor WESTERN DIGITAL VelociRaptor

Spesifikasi
160GB, 7200 RPM, SATA II 300, 2MB Cache 500GB, 7200 RPM, SATA II 300, 16MB Cache 1.5TB, 7200RPM, SATA II, 32MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA II 300, 8MB Cache 80GB, 7200 RPM, SATA II 300, 8MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache 500GB, 7200RPM, SATA, 16MB Cache 320GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, SATA II, 2MB 80GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 80GB, 7200RPM, SATA II, 2MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 160GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 320GB, 7200RPM, SATA II, 16MB Cache 1TB, Intelli Power, SATA II, 32MB Cache 500GB, Intelli Power, SATA II, 16MB Cache 2TB, Intelli Power, SATA II, 32MB Cache 640GB, Intelli Power, SATA II, 16MB Cache 1TB, 7200RPM, SATA II, 16MB Cache 36GB, 10000RPM, SATA, 16MB Cache 300GB, 10000RPM, SATA II, 16MB Cache

Harga
48 122 175 65 39 85 125 50 41 37 37 49 42 51 122 62 305 69 119 104 255

MEMORY

DDR 2
A-DATA 1GB DDR2 800 Gaming A-DATA 2GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 2GB Kit DDR2 800 Gaming A-DATA 4GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA DDR2-800X-2GB Kit CRUCIAL Ballistix 2GB Kit PC-6400 CRUCIAL Ballistix 4GB Kit PC-6400 CRUCIAL Ballistix Tracer 2GB Kit PC-8500 CRUCIAL Ballistix Tracer 4GB Kit PC-6400 KINGSTON KHX6400D2K2/4G KINGSTON KVR1066D3N7/1G KINGSTON KVR667D2N5/1G KINGSTON KVR667D2N5/2G KINGSTON KVR667D2N5K2/2G KINGSTON KVR800D2N5/1G KINGSTON KVR800D2N5/2G KINGSTON KVR800D2N5/512 MUSHKIN 990991 MUSHKIN 991497 MUSHKIN 991500 MUSHKIN 991501 MUSHKIN 996522 MUSHKIN 996603 PATRIOT PDC22G6400LLK PATRIOT PDC22G8500ELK PATRIOT PDC22G9200ELK PATRIOT PDC24G6400LLK PATRIOT PDC24G8500ELKR2 PATRIOT PSD21G80082H PATRIOT PSD22G8002H PATRIOT PSD22G800KH PATRIOT PSD24G800KH PATRIOT PSD251253381 PATRIOT PVS22G8500ELK PATRIOT PVS24G6400LLK PATRIOT PVS24G8500ELKR2 TEAM TEDD1024M800HC5 TEAM TEDD2048M800HC5DC TEAM TEDD4096M800HC5DC TEAM TEDDD2048M800HC5 TEAM TXDD2048M1066HC5DC TEAM TXDD2048M1200HC5DC TEAM TXDD2048M800HC4DC-D TEAM TXDD4096M1066HC5DC-D TEAM TXDD4096M1066HC6DV-D TEAM TXDD4096M800HC4DC-D V-GEN 1024MB PC-5300 16IC V-GEN 1024MB PC-6400 V-GEN 2GB PC-5300 V-GEN 2GB PC-6400 V-GEN 512MB PC-6400 VISIPRO 1GB PC-6400 VISIPRO 2GB PC-6400 VISIPRO 512MB PC-5300 Gaming Series, 1GB, DDR 800 PC2-6400 Extreme, 2x 1GB, DDR2 800 PC-6400 Gaming Series, 1GB x2, DDR2 800 PC2-6400 Extreme, 2x 2GB, DDR2 800 PC-6400 X Series, 2x 1GB, PC2-6400 2x 1GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT12864AA80A 2x 2GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT25664AA80A 2x 1GB DDR2 1066, PC-8500, BL2KIT12864AL1065 2x 2GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT25664AL80A 4GB Kit DDR2 800, PC-6400, HyperX 1GB DDR3 1066 PC-8500, Value RAM 1024MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM 2048MB DDR2 667 PC-5300 2x1GB DDR2 667 PC-5300, Value RAM 1024MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM 2GB DDR2, PC-6400 512MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM 256MB DDR SDRAM PC-3200, HP Series 1GB DDR2 533 PC-4200 512MB DDR2 667 PC-5300 1GB DDR2 667 PC-5300 2x 512MB DDR2 800 PC-6400, XP Series 2x 1GB DDR2 800 PC-6400, HP Series Blade, 2x 1GB DDR2 800, PC-6400 Low Latency Kit Blade, 2x 1GB DDR2 1066, PC-8500 Ease Latency Kit Blade 2GB Kit, 2x 1GB DDR2 1150, PC-9200 Enhanced Latency Kit Blade 4GB Kit, 2x 2GB DDR2 800, PC-6400 Low Latency Kit Blade, 2x 2GB DDR2 1066, PC-8500 Enhanced Latency Kit Signature, 1GB DDR2 800, PC-6400 with Heatspreader 2GB DDR2 800, PC-6400 2x 1GB DDR2 800 PC-6400, Premium Heatsink 2x 2GB DDR2 800 PC-6400, Premium Heatsink Signature, 512MB DDR2 533, PC-4200 2x 1GB DDR2 1066, PC-8500 Enhanced Latency Kit 2x 2GB DDR2 800, PC-6400 Low Latency Kit 2x 2GB DDR2 1066, PC-8500 Enhanced Latency Kit 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 4GB Kit 800 (2 x 2GB) PC2-6400, Elite, CL5, Heat Spreader 2GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 1200 PC2-9600, Xtreem, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Xtreem Dark, CL 4, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB), DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem Dark, CL5, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB) DDR2 1066 PC-8500, Xtreem Dark, CL6, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB) DDR2 800 PC2-6400, Xtreem Dark, CL4, Heat Spreader 1024MB DDR2 667 PC-5300, 16 IC 1024 MB DDR2 800 PC-6400, 16 IC 2GB DDR2 533 PC-5300, 16 IC 2GB DDR2 PC-6400, 16 IC 512MB DDR2 800 PC-6400, 8 IC 1GB DDR2 800 PC-6400, 16 IC 2GB DDR2 800 PC-6400 512MB DDR2 667 PC-5300 16 36 33 57 46 70 100 80 115 75 44 17 27 33 18 28 13 17 25 15 17 48 56 39 62 80 65 115 18 28 30 49 17 49 69 75 18 29 51 27 Rp.900.000 135 39 84 58 81 Rp.180.000 Rp.185.000 Rp.280.000 Rp.290.000 Rp.150.000 17 29 13

SOFTWARE

Operating System
MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows Vista FPP MICROSOFT Windows SBS 2003 MICROSOFT Windows Server 2008 Windows Vista Home Basic, English, DVD (Special Market), SP1 Windows Vista Home Premium, English, DVD Windows Vista Business, SP1, English, DVD Windows Vista Ultimate, English, DVD Windows SBS Standard 2003 R2, English, CD/DVD, 5 Client Windows Server Standard 2008, 32-bit/x64, English, DVD, 10 Client Office Ultimate 2007, Windows, English, DVD Office Small Business 2007, Windows, English, CD Office 2007, Windows, English, CD Office Professional 2007, Windows, English WordPerfect Office X3 Standard, Windows, English Project 2007, Windows, English, CD Creative Suite 3 Design Premium, Windows, English, DVD Creative Suite 3 Design Standard, Windows, English, DVD Creative Suite 3 Web Premium, Windows, English, DVD Creative Suite 3.3 Design Premium, Win, English, DVD Creative Suite 3.3 Master Collection, Win, English, DVD Dreamweaver CS3, Windows, English, DVD Flash Professional CS3, Windows, English, DVD Freehand 11, Windows, English Illustrator CS3, Windows, English, DVD Photoshop CS3, Windows, English, DVD Corel Draw Graphics Suite X4 Rp.1,061,750 253 314 326 587 1180 659 Rp.2,690,000 387 484 270 580 1798 1198 1598 1798 2497 400 699 365 600 649 359

Aplikasi Office
MICROSOFT Office 2007 Ultimate [BOX] MICROSOFT Office 2007 Small Business [BOX] MICROSOFT Office 2007 [BOX] MICROSOFT Office 2007 Professional BOX] COREL OffSuite FPP MICROSOFT Project FPP

Aplikasi Grafis
ADOBE CS3 Design Premium ADOBE CS3 Design Standard ADOBE CS3 Web Premium ADOBE CS3.3 Design Premium ADOBE CS3.3 Master Collection ADOBE Dreamweaver CS3 ADOBE Flash Professional CS3 ADOBE Freehand 11 ADOBE Illustrator CS3 ADOBE Photoshop CS3 COREL Corel Draw X4

Aplikasi Keamanan dan Anti virus
AVG AVSuite FPP AVG AVSuite FPP AVG AVSuite FPP KASPERSKY Antivirus 2009 (1-user) KASPERSKY Internet Security 2009 (1-user) SYMANTEC Norton Internet Security 2009 SYMANTEC Norton AntiVirus 2009 SYMANTEC Norton Internet Security 2009 (5-user) AVG Anti Virus + Anti Spyware AVG AV FPP AVG AVSuite FPP AVG AVSuite FPP F-Secure AVSuite FPP KASPERSKY Antivirus 2009 (3-user) Internet Security Home User Edition, Up to 3 PCs, 1 Year Internet Security Home User Edition, Up to 3 PCs, 1 Year AVG Internet Security 8, 1 PC, 1 Year Antivirus 2009, Windows, 1 User Internet Security 2009 Complete Protection, Windows, 1 User Norton Internet Security 2009, Windows, 1 User Norton AntiVirus 2009 with Antispyware, Windows, 1 User Norton Internet Security 2009, Windows, 5 User 1 Year Anti Virus plus Anti-Malware, 1 PC, 1 Year Anti-virus, Anti-Spam, Powerfull administration tools for Linux & FreeBSD, 1 Server, 1 Years License AVG Internet Security 8, 1 PC, 2 Years Internet Security 2008, Windows Antivirus 2009, Windows, 3 User 65 65 51 Rp.245,000 Rp.364,000 48 33 105 30 30 745 75 59 355

HARDDRIVE

Internal
EXCELSTOR Callisto HITACHI Desktar HITACHI Desktar INTEL X25-E SSD 32GB INTEL X25-E SSD 64GB INTEL X25-M SSD 080GB INTEL X25-M SSD 160GB MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 MAXTOR DiamondMax 21 SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda SEAGATE Barracuda 80GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 160GB, SATA, 2MB Cache, 3.5” 1TB, 7200RPM, SATA II, 32MB Cache Solid State Drive 32GB, SATA II 300, Single-Level Cell Solid State Drive 64GB, SATA II 300, Single-Level Cell Solid State Drive 80GB, SATA II 300, Multi-Level Cell Solid State Drive 160GB, SATA II 300, Multi-Level Cell 160GB, 7200RPM, SATA II, 2MB Cache 1TB, SATA II, 32MB Cache 320GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache 80GB, 7200RPM, SATA II, 2MB Cache 80GB, 7200 RPM, SATA II 300, 2MB Cache 250GB, 7200RPM, SATA II 300, 16MB Cache 320GB, 7200 RPM, SATA II 300, 16MB Cache 500GB, 7200RP, SATA II 300, 32MB Cache 35 49 185 549 899 499 849 43 160 63 46 45 67 75 87

—Harga diambil dari bhinneka.com dan beberapa vendor. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Kurs US$ diambil dari klikbca.com

11/2009

23

Hardware Tes: Motherboard
Foxconn A7DA
PS2 Mouse DVI-I Port Side Speaker Out e-SATA Port Rear Speaker Out Firewire Port LAN Port LineIn

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) PCMark04 Graphics 3DMark03 Score 1024 x 768 (32 bit) Total Bobot Performa 7.00% 2.00% 2.00% 2.00% 5.00% 3.00% 4.00% 25.00% 2.50% 1.67% 1.67% 2.92% 0.83% 0.83% 1.25% 2.08% 3.75% 0.83% 0.42% 2.08% 0.83% 1.67% 0.83% 0.83% 1.67% 3.33% 30.00% 10.00% 10.00% 5.00% 5.00% 5.08% 4.92% 10.00% 3.00% 2.00% 5.00% 15.00% 8755.00 7863.00 4995.00 6993.00 69.60 2605.00 2514.00 Total Nilai Performa 2x PCI, 2x PCIe x1, 2x PCIe x16 Gigabit LAN Dual PCI Express 4 / DDR2 / 8GB 1 / pin header 0/10 / 4 Onboard + 6 Pinheader 0 6 Port, 2 Kabel SATA / eSATA barcket 1 / 1, Jenis Biasa Tidak Ada 3 / Windows + Vista Ya Ya 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel Optical / 1 Tidak Ada, Backpanel I/O, Kabel power SATA Total Nilai Perlengkapan Ya, biasa Total Nilai Overclock Tidak Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, driver,BIOS, manual, troubleshooting,where to buy di indonesia Total Nilai Service Total Nilai Harga 26.17 7.96 6.83 7.52 19.47 9.92 13.79 91.66 4.63 2.78 5.56 7.04 1.53 0.00 3.47 0.00 7.41 1.76 0.00 4.17 2.78 5.56 2.78 1.39 2.92 5.56 59.31 78.71 78.71 10.909 10.909 36.27 37.31 73.58 36.00 40.00 76.00 68.03

Harga: US$173 Info: FOXINDO (021) 30005432 www.foxconnchannel.com

D-Sub Port PS2 Keyboard

USB Port

Microphone Center & Bass Out

LineOut

Interkoneksi
Harga cukup mahal

Performa cukup memuaskan, paket penjualan lengkap

Perlengkapan

P

ada Foxconn A7DA, kami tidak menemukan setting sideport memory pada setting BIOSnya sehingga kami anggap ia tidak memiliki side port memory terintegrasi. Maksimal sharing RAM juga sudah di-setting secara otomatis, yaitu 256 MB sehingga tidak bisa ditingkatkan ke ukuran yang lebih maksimal lagi. Kelebihan yang utama dari produk ini adalah dari kemampuan overclocking-nya yang diwakilkan oleh aplikasi bawaan yang dinamakan FOX ONE. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan kontrol dan monitoring terhadap sistem performance, melakukan overclocking, dan me-

ngurangi noise fan serta konsumsi daya. Performa secara keseluruhan yang dihasilkan belum memuaskan kami selama pengujian. Namun hasil PCMark05 CPU Test Suite mampu memperoleh hasil yang maksimal. Performa kartu grafis terintegrasinya juga kurang maksimal dimana kami merasa dibatasi untuk melakukan seeting secara manual, dan tidak adanya tambahan sideport memory membuatnya semakin kedodoran dalam menjalankan tes. Ditinjau dari harga rasanya memang agak terlalu mahal. Sisi performa dan fiturnyalah yang membuat terkesan cukup mahal.

Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage Integrated Graphics RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor Foxconn A7DA Foxconn Electronics Inc. AMD Athlon 64 / X2 / Sempron / Phenom, Soket AM2+ Up to 5200 MT/s AMD 790GX + AMD SB750 4x Dual channel DDR2 1066/800/667/533 / 8GB PCI Express x16 2.0 2x PCIe X16, 2x PCIe X1, 2x PCI 4x USB Onboard + 8x USB Pin, Gigabit LAN, HDMI port 6x SATA ATI Radeon HD3300 SATA RAID User’s Manual, Motherboard Quick Installation, DVD Driver & Application, 2x SATA Cable, 2x Power SATA Cable, FDD Cable, IDE Cable, eSATA Bracket, I/O Shield. 7.1 channel HDA by Realtek ALC888GR Gigabit LAN by Broadcom BCM5784 AMI BIOS 8MB 305mm x 234cm

Overclock
Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

70.48

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

70.48
US$173

Spesifikasi Pengujian: AMD Phenom II X4 810; GeForce 8800 GT 512MB; 2x 1 GB DDR2 PC-6400; WD Raptor 74GB WD740ADFD ; Microsoft Windows XP Professional SP2.

MSI DKA790GX Platinum
LineOut S/PDIF
PS2 Mouse DVI-I Port Port Firewire Port LAN Port Rear Speaker Out LineIn

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) PCMark04 Graphics 3DMark03 Score 1024 x 768 (32 bit) Total Bobot Performa 7.00% 2.00% 2.00% 2.00% 5.00% 3.00% 4.00% 25.00% 2.50% 1.67% 1.67% 2.92% 0.83% 0.83% 1.25% 2.08% 3.75% 0.83% 0.42% 2.08% 0.83% 1.67% 0.83% 0.83% 1.67% 3.33% 30.00% 10.00% 10.00% 5.00% 5.00% 5.08% 4.92% 10.00% 3.00% 2.00% 5.00% 15.00% 8992.00 7888.00 5090.00 6955.00 71.50 2914.00 2871.00 Total Nilai Performa 2x PCI, 2x PCIe x1, 2x PCIe x16 Gigabit LAN Dual PCI Express 4 / DDR2 / 8GB 1 / pin header 0/10 / 6 Onboard + 4 Pinheader 1 5 Port, 4 Kabel SATA / 1 / 1, Jenis Biasa Tidak Ada 3 / Windows + Vista Ya Ya 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel Optical / 1 LED, Backpanel I/O, Kabel power SATA Total Nilai Perlengkapan Ya, biasa Total Nilai Overclock Tidak Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, driver,BIOS, manual, troubleshooting,where to buy di indonesia Total Nilai Service Total Nilai Harga 26.88 7.99 6.96 7.48 20.00 11.10 15.75 96.15 4.63 2.78 5.56 7.04 1.53 0.00 3.82 4.17 7.18 1.76 0.00 4.17 2.78 5.56 2.78 1.39 2.92 8.33 66.37 80.00 80.00 10.291 10.291 38.86 42.49 81.35 36.00 40.00 76.00 63.95

Harga: US$186 Info:Alfa Artha Andhaya (021) 6220-0000 www.msi.com

USB Port

D-Sub Port

Microphone eSATA Port Center & Bass Out Side Speaker Out

Interkoneksi

Kinerja yang memuaskan, bundel lengkap

Harga cukup tinggi

Perlengkapan

itur dan teknologi yang ditawarkan motherboard ini tak kalah lengkap dengan pesaingnya. Untuk fitur penghemat daya, ia memiliki GreenPower. Untuk pendinginan ekstra, ia memiliki fitur XpressCool, dan untuk overclocking disebut dengan RapidBoost. Bukan itu saja, fungsi pendingin juga dilengkapi dengan heatpipe yang disebut dengan Flat Circu-Pipe dimana seluruh komponen yang krusial menghasilkan panas seperti north bridge, south bridge, mosfet, dan power phase (PWM) didinginkan menggunakan teknologi Flat CircuPipe ini. Selain itu, tak ketinggalan juga teknologi

F

Hybrid CrossfireX yang dimilikinya. Setelah pengujian, performa secara keseluruhan yang cukup memuaskan, dengan skor yang tidak mengecewakan. Untuk hasil tes kartu grafis terintegrasi, ia mampu menghasilkan performa yang sesuai dengan keinginan kami. Pengaturan sideport dan penambahan sharing RAM bisa dilakukan dengan mudah, dengan batasan hanya sampai 512 MB saja. Dengan performa yang akan Anda dapatkan, ditambah lagi fitur dan teknologi yang cukup lengkap, rasanya harga $186 masih layak untuk dipertimbangkan lagi.

Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage Integrated Graphics RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor MSI DKA790GX Platinum Micro-Star Int’l Co.,Ltd. AMD Athlon 64 / X2 / Sempron / Phenom, Soket AM2+ Up to 5200 MT/s AMD 790GX + AMD SB750 4x DDR2 667/800/1066 / 8GB PCI Express x16 2.0 2x PCIe X16, 2x PCIe X1, 2x PCI 6x USB Onboard + 6x USB Pin, Gigabit LAN, HDMI port, Optical S/PDIF 5x SATA + eSATA Onboard On Chip (AMD 790G-based with ATI™ Radeon HD3300 graphics ) SATA RAID User Guide, Quick Installation Guide, Quick Guide, HDDBackup User Guide, CD Driver & Utilities for XP & Vista, 2x SATA Cable, 2x Power SATA Cable, FDD Cable, IDE Cable, USB Bracket, M-Connector, I/O Shield. Realtek ALC888 8-channel audio CODEC Realtek PCI-E GbLAN controller 8111C AMI BIOS 1MB 305mm x 234cm

Overclock
Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

73.99

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

73.99
US$186

Spesifikasi Pengujian: AMD Phenom II X4 810; GeForce 8800 GT 512MB; 2x 1 GB DDR2 PC-6400; WD Raptor 74GB WD740ADFD ; Microsoft Windows XP Professional SP2.

24

11/2009

Tes: Video Card Hardware
GeCube Radeon HD4650
Performa
1024 x 768 (32- bit)
Harga: US$100 Info: AMTEC (021) 3000-5417 www.gecube.com

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Hasil 3D Mark06 Score
Interkoneksi

7,50% 5,00% 5,00% 7,50% 5,00% 5,00% 35,00% 2,00% 4,00% 1,00% 3,00% 2,00% 3,00% 1,00% 2,00% 1,00% 1,00% 20,00% 0,50% 0,50% 1,00% 0,25% 0,75% 0,50% 1,50% 5,00% 2,70% 2,30% 5,00% 35,00%

5771,00 54,22 67,60 3750,00 35,35 52,60 Total Nilai Performa 1024 MB DDR2 2,5ns 128-bit ekstra cooler DVI, S-Video Out, D-sub Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada Total Nilai Perlengkapan Tidak Tidak Biasa Mudah Standar Biasa Ya Total Nilai Handling 1 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

11,56 6,99 12,35 10,24 6,60 11,23 58,97 10,00 10,00 4,00 15,00 10,00 10,00 0,00 0,00 0,00 0,00 59,00 10,00 10,00 10,00 5,00 10,00 10,00 30,00 85,00 18,00 46,00 64,00 93,97

Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Medium Quality 1280 x 1024 (32- bit) Hasil 3D Mark06 Score (16AF) Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse (8AF+2AA) Quake 4 Benchmark Medium Quality (8AF+2AA) Total Bobot Performa

Produk dengan memory kapasitas besar dari Gecube, dilengkapi DVI, VGA, serta HDMI

Kipas mungil, tanpa emblem Gecube

ecube Radeon HD4650 atau yang biasa disebut RV730 PRO ini sudah mengadopsi pabrikasi 55 nm sehingga unified shaders yang disediakannya mencapai 320 SP. Produk yang sudah mendukung secara penuh DirectX 10.1 serta OpenGL 3.0 ini sama sekali tidak menggunakan reference PCB dari AMD. Bila diperhatikan dengan teliti, dengan cara membandingkan gambar produk yang ada pada official website-nya untuk nama produk yang sama, gambar produknya sama sekali berbeda dengan produk yang penulis uji saat ini. Dimana pada website, produk yang dimuat masih menggunakan solusi single HSF dengan warna PCB yang berbeda. Produk dari Gecube yang diuji kali ini menggu-

G

nakan dual slot HSF aktif berbahan alumunium yang lumayan besar, dan terbukti ampuh mengusir panas di saat full load hingga 43 derajat celcius. Beralih ke tabel pengujian, hasil sintetic test 3D Mark06 serta gaming test Splinter Cell 3 masih di bawah rata-rata. Pada gaming test Quake 4 memang dihasilkan score yang lumayan, namun layaknya produk dari Gecube ini cocok digunakan untuk pemakaian office, dan home entertainment saja, ditambah lagi interkoneksi yang ada sangat lengkap. Tapi tidak tertutup kemungkinan untuk digunakan bermain games juga dimana kapasitas memory yang diintegrasikan ke dalam produk ini lumayan besar.

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel Software Game Total Bobot Perlengkapan

Handling
Kebisingan saat keadaan ‘idle’ Kebisingan saat keadaan ‘full-load’:

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode GeCube Radeon HD4650 Gecube AMD ATI RADEON HD 4650 PCI Express x16 1024MB DDR2 600MHz 800MHz CD Driver 128-bit Dual 400MHz 320 SP, 32 TMU, 8 ROP Ya, CrossFire Shader Model 4.0, HDR, Ati Avivo DirectX 10.1 / OpenGL 2.1 6x

menggunakan 3D Mark 06
Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100,00%

Total Nilai Keseluruhan

72,78

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

72.78
US$100

Spesifikasi Pengujian: Intel Core 2 Extreme QX6800 2.93GHz, ASUS P5W DH Deluxe, 2X 1GB DDR2 PC-6400, WD Raptor 74 GB, Windows XP Professional Build 2600 + SP2

HIS Radeon HD4870 ICEQ4+
Performa
1280 x 1024 (noAA+noAF)
Harga: US$322 Info: Asiaraya Computronics (021) 601-9408 www.hisdigital.com

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Hasil 3D Mark06 Score
Interkoneksi

7,50% 5,00% 5,00% 7,50% 5,00% 5,00% 35,00% 2,00% 4,00% 1,00% 3,00% 2,00% 3,00% 1,00% 2,00% 1,00% 1,00% 20,00% 0,50% 0,50% 1,00% 0,25% 0,75% 0,50% 1,50% 5,00% 2,70% 2,30% 5,00% 35,00%

15055,00 208,77 53,70 8683,00 104,25 53,00 Total Nilai Performa 1024 MB GDDR3 1,1ns 256-bit Ekstra Cooler Dua DVI, S-Video out Tidak ada HDMI-DVI Adapter, VGA-DVI Adapter, TV-Out-VideoOut Adapter, 6-pin Power Adapter, CrossFire bridge Tidak ada Tidak ada Total Nilai Perlengkapan Tidak Tidak Memerlukan ruang dua slot Mudah Biasa Biasa Ya Total Nilai Handling 1 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

18,91 11,02 12,10 12,66 7,76 12,08 74,53 10,00 20,00 5,00 15,00 10,00 15,00 0,00 10,00 0,00 0,00 85,00 10,00 10,00 10,00 5,00 10,00 10,00 20,00 75,00 18,00 46,00 64,00 71,43

Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality 2048 x 1536 (4xAA+16xAF) Hasil 3D Mark06 Score Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality

Kinerja sesuai kelasnya, kemungkinan potensi kinerja lebih tinggi secara overclock

Memerlukan ruang dua slot di motherboard

HD4870 Sesuai namanya, HIS modelbaru dariIceQ4+.teknologimengaplikaproduk HIS ini sudah sikan terbaru dari pendingin IceQ, yaitu hasil revisi dari teknologi generasi ke-4 IceQ. Perubahan yang sangat signifikan tampak pada penggunaan dual heatpipe yang diintegrasikan pada heatsink fan dual slotnya. Heatpipe yang digunakannya berdiameter 8 mm, cukup tebal bila dibandingkan dengan penggunaan heatpipe VGA pada umumnya. Namun sayang, dikarenakan putaran kipas yang monoton dan tidak mengikuti kenaikan suhu, membuat produk ini lumayan panas, mencapai 76 dera-

jat celsius saat full load. Untuk pendinginan memory, chip GDDR5 diberikan heatsink terpisah berbahan tembaga, serta heatsink dual slot untuk GPU berbahan alumunium dengan dasar heatsink berbahan tembaga. Untuk PCB, produk dari HIS ini masih menggunakan reference PCB bawaan AMD Beralih ke pengujian, skor yang dihasilkannya memang memuaskan, sesuai dengan kelasnya. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi lagi melalui overclocking, mengingat produk ini sudah menggunakan heatsink fan berkualitas.

Total Bobot Performa

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel Software Game Total Bobot Perlengkapan

Handling
Kebisingan saat keadaan ‘idle’ Kebisingan saat keadaan ‘full-load’: menggunakan 3D Mark 06 Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode HIS Radeon HD4870 ICEQ4+ Hightech Information System Ltd. AMD ATI Radeon HD 4870 PCI Express x16 2.0 1024 MB GDDR3 750MHz 1800MHz CD Driver, Crossfire Bridge, Quick Installation Guide, HDMI-DVI Adapter, VGA-DVI Adapter, TV-Out-Video-Out Adapter, 6-pin Power Adapter 256-bit Dual 400MHz 800 SP, 40 TMU, 16 ROP Ya, CrossFire Shader Model 4.0, HDR, ATI Avivo DirectX 10.1 / OpenGL 2.1 14x

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100,00%

Total Nilai Keseluruhan

75,04

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

75.04
US$322

Spesifikasi Pengujian: Intel Core 2 Extreme QX6800 2.93GHz, ASUS P5W DH Deluxe, 2X 1GB DDR2 PC-6400, WD Raptor 74 GB, Windows XP Professional Build 2600 + SP2

11/2009

25

Workshop

Windows 7 RC

Inilah Definisinya!
32-bit
Dalam ilmu komputer, 32 bit adalah sebuah kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan bahwa terdapat sebuah bilangan bulat (integer) yang memiliki panjang 32 bit. Istilah ini juga merujuk kepada istilah yang menjelaskan arsitektur mikroprosesor yang dibuat berdasarkan register-nya, bus alamatnya atau bus data yang digunakannya berukuran 32 bit. Nilai bilangan integer yang dapat disimpan dalam 32 bit adalah berkisar antara 0 hingga 4294967295 (unsigned integer), atau dari -2147483648 hingga 2147483647 (signed integer). Prosesor yang menggunakan bus alamat memori 32-bit, mampu mengalamatkan memori secara langsung hingga 4 Gigabyte.

EULA
End User License Agreement adalah perjanjian antara pembuat aplikasi dan pengguna aplikasi tersebut. EULA sering juga disebut software license, yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat ia harus setuju untuk tidak melanggar semua larangan yang tercantum pada EULA tersebut.

Di edisi 03/2009, PC Mild pernah membahas mengenai Windows 7 yang waktu itu masih dalam status Beta dengan Build 7000. Sekarang, Microsoft sudah merilis Windows 7 versi terbarunya, yaitu versi Release Candidate (RC).

Hardware Virtualization
Sirkuit pada processor dan chip controller yang memperlancar beberapa OS atau virtual machine. Hardware virtualization menangani fungsi-fungsi seperti pertukaran penggunaan processor antara OS guest dan host. Teknologi ini sudah lama hadir di mainframe milik IBM dan server-server milik Sun. Hardware virtualization mulai populer untuk keprluan komputasi rumahan semenjak Intel memperkenalkannya di tahun 2004 melalui Intel Virtualization Technology. AMD kemudian mengikutinya di tahun 2006 dengan AMD Virtualization.

ada edisi tersebut, kami sudah memberikan sedikit preview terhadap fiturfitur sistem operasi terbaru dari Microsoft ini, plus cara mendapatkan nomor seri dan cara instalasinya. Buat pembaca yang sudah mencobanya tentu penasaran, apa lagi sih yang diberikan oleh Microsoft di versi teranyar Windows 7 ini? Karena dari versi Beta ke RC, tentu ada beberapa perubahan bersifat mayor yang dilakukan oleh Microsoft. Salah satunya adalah Windows XP Mode.

P

Di edisi kali ini, kita akan mengupas lebih dalam lagi mengenai Windows 7, sekaligus melengkapi berbagai informasi yang tidak dibahas di edisi 3 itu. Dan yang paling penting, di artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana mengaktifkan XP mode di dalam Windows 7. Sehingga aplikasi-aplikasi XP Anda yang waktu itu tidak jalan di Windows Vista, sekarang bisa dijalankan di Windows 7 dengan bantuan XP mode. Sebelumnya, ada yang harus Anda ketahui dan pahami bahwa beberapa file yang kita butuhkan di dalam Workshop ini tidak bisa kami masukkan ke CD, karena kapasitasnya yang tidak cukup dan masalah izin. Versi Windows 7 yang kami pakai adalah Windows 7 RC build 7100.

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Windows 7 RC
Seputar Windows 7 RC Dengan diluncurkannya Windows 7 RC pada tanggal 5 Mei lalu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai sistem operasi ini, sesuai yang diperingatkan oleh Microsoft. • Versi RC tersedia untuk di-download hingga Juli 2009, dan nomor seri (product key) yang digunakan tidak terbatas. Artinya satu nomer bisa digunakan bersama-sama. Versi RC ini bisa bebas digunakan, dan gratis sampai masa berlakunya habis. • Versi RC akan habis masa berlakunya pada tanggal 1 Juni 2010, sehingga di tanggal itu sudah tidak bisa dipakai lagi. Tapi mulai tanggal 1 Maret 2010, PC Anda akan shutdown sendiri setiap dua jam. Akan ada pemberitahuan dari Windows dua minggu sebelum aksi ini dijalankan. • Sebaiknya PC yang digunakan untuk mencoba versi RC janganlah PC yang digunakan sehari-hari. Karena sifatnya yang belum resmi, Microsoft atau pihak manapun tidak menyediakan bantuan teknis terhadap apa yang terjadi pada PC Anda sewaktu menggunakan RC ini. Semua risiko Anda tanggung sendiri. • Seandainya pun versi RC ini dipakai di PC yang digunakan sehari-hari, maka backup data Anda! Jadi bila harus terjadi proses instal ulang sistem Ketersediaan Retail (dikemas dalam kotak) Fitur User Interface Windows Basic UI Windows Standard UI Windows Aero UI (“Glass”) Aero Peek Aero Snaps Aero Shake Aero Background Windows Flip Windows Flip 3D Live Taskbar Previews Live Preview (Explorer) Jump Lists Windows Search Home Basic Starter Home Premium Professional Enterprise & Ultimate operasi yang sudah ada, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. • Spesifikasi minimum PC yang dibutuhkan adalah processor 1 GHz, 1 GB RAM (versi 32-bit) atau 2 GB RAM (versi 64-bit), 16 GB ruang harddisk (versi 32-bit) atau 20 GB (versi 64-bit), DirectX 9 video card dengan WDDM 1.0, dan dukungan hardware virtualization pada processor untuk menjalankan XP mode. • Installer Windows 7 RC yang berupa ISO bisa di-download dari www. microsoft.com/windows/windows-7/download.aspx dengan file berukuran 2,35 GB untuk versi 32-bit, dan 3,05 GB untuk versi 64-bit. Windows 7 RC yang kami pakai adalah Build 7100. Perbandingan Beberapa Edisi Windows 7 Sama seperti Windows XP dan Vista, Windows 7 juga tersedia dalam beberapa edisi. Microsoft menawarkan enam edisi Windows 7, yaitu Home Basic, Starter, Home Premium, Professional, Enterprise, dan Ultimate. Tidak semua fitur disediakan di setiap edisi, kecuali di edisi Ultimate. Agar lebih jelas dan tahu edisi mana yang sesuai dengan yang dibutuhkan, kami akan memaparkan beberapa fitur dan fungsi yang ada di setiap edisi.

SuperFetch
Sebuah teknologi I/O dalam Windows Vista yang memuat aplikasi-aplikasi yang umum digunakan terlebih dahulu ke dalam memory agar mengurangi waktu loading aplikasi-aplikasi tersebut. SuperFetch merupakan versi canggih dari prefetcher yang telah ada di dalam Windows XP. Normalnya, semua file yang dibutuhkan dimuat ke dalam memory utama, tapi Windows Vista dapat menggunakan media penyimpanan alternatif, seperti halnya USB flash drive. Sehingga hal ini dapat mengurangi penggunaan memory utama. Meskipun hard disk sering memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi, flash drive dapat mengungguli hard disk dalam menangani file kecil atau I/O berurutan (sequential I/O), karena memang waktu pencarian secara acak (random seek time) yang dimiliki oleh USB flash drive lebih singkat ketimbang hard disk.

Home Basic -

Starter

Home Premium

Professional

Enterprise & Ultimate Hanya Ultimate

26

11/2009

Windows 7 RC
Fitur Keamanan Home Basic User Account Control Action Center Windows Defender Windows Firewall IE 8 Protected Mode Windows Update Fast User Switching Parental Controls Fitur Performa Home Basic Windows ReadyDrive Windows ReadyBoost SuperFetch Dukungan processor 64-bit Jumlah processor yang didukung Jumlah core yang didukung Max RAM (32-bit) Max RAM (64-bit) Jumlah aplikasi yang bisa dijalankan sekaligus Fitur Reliabilitas Home Basic Windows Backup System image Backup ke jaringan Encrypting File System (EFS) BitLocker BitLocker To Go Defrag otomatis Previous Versions Membuat dan mount VHD Aplikasi yang Sudah Dipaketkan Home Basic Internet Explorer 8 Windows Gadgets and Gallery FreeCell, Hearts, Minesweeper, Purble Palace, Solitaire, Spider Solitaire Premium games (Hearts, Internet Backgammon, Internet Checkers, Internet Spades, Mahjong Titans) Calculator Paint Snipping Tool Sticky Notes Windows Journal Windows Fax and Scan Windows PowerShell and ISE WordPad XPS Viewer Windows Anytime Upgrade Fitur Mobilitas Home Basic Windows Mobility Center Windows Sideshow Sync Center FungsionalitasTablet PC Dukungan Multi-Touch Fitur Enterprise Domain join (Windows Server) XP Mode AppLocker Boot dari VHD Branche Cache DirectAccess Federated Search (Enterprise Search Scopes) Multilingual User Interface (MUI) Language Packs Subsystem for UNIX-based Applications Home Basic Starter Home Premium Professional Starter Home Premium Professional Starter Home Premium Professional Starter Home Premium Professional Starter Home Premium Professional Starter Home Premium Professional

Workshop
Enterprise & Ultimate

-

Enterprise & Ultimate

1 Unlimited 4 GB 8 GB Unlimited

1 Unlimited 4 GB 8 GB 3

2 Unlimited 4 GB 16 GB Unlimited

2 Unlimited 4 GB 192 GB Unlimited

2 Unlimited 4 GB 192 GB Unlimited

Enterprise & Ultimate

-

-

-

-

Enterprise & Ultimate

-

-

-

-

-

Enterprise & Ultimate

Enterprise & Ultimate

-

11/2009

27

Workshop
Fitur Media Digital

Windows 7 RC
Home Basic Starter Home Premium Professional Enterprise & Ultimate

Windows Photo Viewer Slide shows Windows Media Player 12 dengan Play To Windows Media Player Remote Media Experience MPEG-2 decoding Kompatibilitas Dolby Digital AAC / H.264 decoding DVD playback MPEG-2 (DVD playback) add-in Windows Media Center Windows DVD Maker Device Stage Sync Center Fitur Jaringan Koneksi SMB Network and Sharing Center HomeGroup sharing Hubungan ke Proyektor Remote Desktop Remote Desktop Host IIS Web Server Dukung RSS Internet Connection Sharing Network Bridge Offline files

-

-

Home Basic 20 Join

Starter 20 Join

Home Premium 20

Professional 20

Enterprise & Ultimate 20

-

-

-

-

-

Persiapan Transisi ke Windows 7
Windows 7 Upgrade Advisor Beta Secara umum, jika PC Anda sanggup menjalankan Windows Vista, maka ia juga sanggup menjalankan Windows 7. Tapi jika belum pernah mencoba Vista sama sekali dan ingin mengetahui apakah PC-nya bisa untuk Windows 7, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Windows 7 Upgrade Advisor Beta. Melalui aplikasi ini, selain untuk mengetahui apakah PC bisa untuk Windows 7, juga memberitahukan apabila ada masalah kompatibilitas. Jika masalah itu ada solusinya, Anda akan mendapat panduan ke langkah berikutnya. Sebelum Anda menjalankan Windows 7 Upgrade Advisor Beta, pastikan semua perangkat berkonektor USB, seperti printer, eksternal harddisk, scanner, flash disk, dan lain-lain dicopot dulu. Windows 7 Upgrade Advisor Beta bisa di-download gratis dari http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkID=150737 dengan ukuran file 6,26 MB. Selain itu, pastikan pula minimal .NET Framework 2 sudah ada di sistem Anda. Migrasi dari Windows XP ke Windows 7 Saat melakukan proses instalasi, Windows selalu menyediakan dua pilihan, yaitu upgrade atau clean install. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Bila memilih upgrade, maka Anda tidak perlu menginstal lagi aplikasi-aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Tapi sistem operasi sebelumnya langsung ditiban, tanpa diformat ulang. Jika memilih clean install, Anda akan mendapat sistem operasi yang benar-benar masih segar. Tapi Anda harus instal ulang semua aplikasi-aplikasi yang sebelumnya ada. Masalahnya dengan Windows XP, Anda tidak bisa melakukan proses upgrade ke Windows 7. Yang ada hanyalah opsi clean

3Berikutnya, pilih opsi This is my old computer.

migrasikan Windows 4Selanjutnya,keberi centang7.pada user account yang ingin Anda

1Download, lalu instal seperti biasa. 2Klik Start Check untuk memulai pemeriksaan.
install. Lalu bagaimana jika pengguna XP ingin migrasi ke 7, tanpa harus kehilangan setting dan file penting yang ada di My Document-nya? Jawabannya adalah memanfaatkan Windows Easy Transfer. Sedikit info, Windows Easy Transfer ini juga bisa menjadi jembatan antara Windows 32-bit dan 64-bit. Artinya, setting dan dokumen yang sudah Anda buat di Windows 32-bit bisa dipakai di 64-bit, dan begitu pula sebaliknya. dilakukan. 3Pemeriksaananjuran. Setelah selesai, akan muncul lapo rannya dan
-

5Beri password, atau bila tidak ingin diberi password, biarkan kosong.

Beginilah cara penggunaan Windows Easy Transfer: RC, dan di dalamnya buka direktori 1Masukkan CD installer Windows 7 \support\migwiz. Lalu jalankan file bernama migsetup.exe. itu, pilih media yang 2Setelah tempat menjadi backup. Pilih saja USB flash drive.

Klik , dan arahkan 6hingga prosesnya selesai. ke flash disk Anda.

Lalu tunggu

28

11/2009

Windows 7 RC
Migrasi dari Windows Vista ke Windows 7 Langkah-langkah proses migrasi ini juga bisa dilakukan sama persis di Vista. Namun pada Vista, masih ada sebuah pilihan migrasi ke Windows 7 yang lebih yahud lagi. Dalam migrasi tersebut, Anda bisa melakukan clean install Windows 7. Begitu Windows 7 sudah terinstal, semua file, setting, dan aplikasi yang sudah ada sebelumnya di Vista bisa dipakai langsung, tanpa harus menginstal ulang. Namun ada yang perlu diperhatikan. Pastikan bahwa semua aplikasi yang Anda instal di Vista sudah memenuhi kompatibilitas dengan Windows 7. Caranya adalah dengan memanfaatkan Windows 7 Update Advisor tadi. Bila ada aplikasi yang ternyata tidak kompatibel, lebih baik di-uninstall dulu sebelum migrasi. CD 1Masukkan pilih installerDiWindows 7 RC, dan jalankan. jendela yang muncul, Install Now. klik Next, kemudian 5Setelah itu, proses instalasi Windows 7 akan dijalankan. 4Masukkan password , klik Transfer untuk me instalasi Windows selesai, Anda melihat bahwa di Vista akan 6Begitu beberapa setting yang7sebelumnya ada akanterkoneksi mulai migrasi. turut dibawa, walaupun tidak semuanya. Bila Anda
-

Workshop

ke Internet, Windows 7 akan men-download dan menginstal update-nya. Lalu periksalah hardware Anda di device manager, dan jalankan aplikasi-aplikasi yang dibawa dari Vista. Dalam beberapa kasus ada beberapa aplikasi yang butuh diinstal lagi agar bisa berjalan dengan sempurna. Restore Hasil Migrasi Sesudah Anda mengetahui cara melakukan migrasi dari Windows XP/Vista, sekarang kita akan praktikkan bagaimana mengaplikasikan hasil migrasi itu di Windows 7. Diasumsikan Anda sudah menginstal Windows 7 RC. Buat yang tidak mengetahui cara instal Windows 7, caranya sudah pernah kami ulas di PC Mild edisi 03/2009.
-

Go online to get the latest Start, 2Berikutnya, pilihbisa online, pilih opsi satunya. update. 1Di Windows 7, klikAcceso Tapi jika tidak All Programs, ries, System Tools, Windows Easy Transfer. Dua langkah pertama akan sama persis seperti yang sudah Anda lakukan di Windows XP. Sampai pada jendela ini, pilih opsi This is my new Computer. Setelah menyetujui EULA, pilih opsi Upgrade. Di background, Windows akan menjalankan Windows 7 Upgrade Advisor, dan memeriksa apakah hardware dan software Anda kompatibel dengan Windows 7.

2

Tunggu prosesnya hingga selesai, dan klik See what was transfered untuk melihat apa saja yang ditransfer.

5

3 4

Sesudah proses pemeriksaan selesai, akan ditampilkan laporannya.

Berikutnya pilih Yes , dan siapkan file migrasi yang tadi sudah dibuat.

3

XP Mode

S

eperti kita ketahui, salah satu kelemahan terbesar Vista adalah masalah kompatibilitasnya dengan software atau hardware. Itulah yang menyebabkan kenapa banyak pihak tidak mau mengadopsi Vista, dan memilih tetap menggunakan XP. Sepertinya Microsoft belajar dari masalah ini, dan memasukkan sebuah fitur baru bernama XP mode di Windows 7. XP mode ini sebenarnya adalah Windows XP SP3 yang dijalankan dengan teknik virtualisasi di Windows 7 melalui bantuan Windows Virtual PC. Dengan adanya XP mode ini, semua aplikasi yang kompatibel dengan Windows XP diharapkan akan berjalan lancar di Windows 7.

Instalasi XP Mode Processor sudah mendukung, kini tinggal siapkan ruang harddisk sebesar 15 GB, dan memory 2 GB untuk menjalankan XP mode. Yang pertama harus dilakukan adalah menginstal Windows Virtual PC Beta yang bisa di-download dari http://tinyurl. com/pzfshp. Gunakan Windows6.1-KB958559-x64.msu jika Windows 7 Anda adalah yang 64-bit, atau gunakan Windows6.1KB958559-x86.msu jika Windows 7 Anda adalah yang 32-bit. Dalam contoh, kami menggunakan yang 32-bit dengan ukuran file 4,9 MB.

Windows Windows pun dija 5kan. 7XP disiapdalam lan
-

Periksa Processor Untuk bisa menggunakan XP mode ini, bergantung kepada processor yang dipakai. Processor tersebut harus mendukung teknologi hardware virtualization. AMD dan Intel umumnya sudah mendukung teknologi ini di semua processor terbarunya. Tapi biar yakin, Anda bisa memeriksanya dengan bantuan salah satu aplikasi berikut ini: • Intel Processor Identification Utility yang di-download dari http://downloadmirror.intel.com/7838/eng/pidenu21.msi dengan ukuran file 1,1 MB • SecurAble yang di-download dari www.grc.com/files/securable. exe dengan ukuran file 115 KB. Bila Anda menggunakan Intel Processor Identification Utility, informasinya ada di dalam tab CPU Technologies, bagian Intel Virtualization Technology. Jika di situ yang tampil No, berarti processor itu tidak mendukung hardware virtualization. Jika yang digunakan adalah SecurAble, tinggal lihat langsung. Jika hardware virtualization menampilkan Yes, berarti processor itu mendukung. Tapi bila yang muncul adalah Locked, itu artinya processor tersebut didukung, tapi fitur virtualization-nya belum diaktifkan di BIOS. SecurAble bisa dipakai baik di AMD maupun Intel.

1Instal Virtual 7PC Beta di Windows seperti biasa. 2Lalu restart PC.
Selanjutnya adalah menginstal Windows XP Mode Beta atau nama lainnya Virtual Windows XP yang bisa di-download dari http://tinyurl.com/dl2slq dengan ukuran file 445,4 MB. Ingat, pilih yang sesuai dengan versi Windows 7 Anda, apakah 32-bit atau 64-bit.

1Instal Virtual Windows XP seperti biasa. Virtual Win2Lalu jalankan tulis password dows XP, dan yang Anda inginkan.
jendela berikutnya, pi 3Di Not right now. Lalu lih
-

tunggu hingga semua proses selesai.

Anda tinggal menginstal aplikasi yang Anda butuhkan di dalam Virtual Windows XP itu. Setelah diinstal, pastikan shortcut dari aplikasi tersebut ada di dalam direktori C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu yang berada di dalam Virtual Windows XP. Hal itu untuk memastikan agar Virtual Windows XP saling berbagi shortcut dengan Windows 7. Seperti contohnya, iTunes yang kami instal di dalam Virtual Windows XP. Setelah shortcut-nya kami taruh di direktori C:\Documents and Settings\All Users\ Start Menu , maka iTunes itu juga muncul di dalam Start menu milik Windows 7. Pertanyaannya, apakah Virtual PC Beta itu harus selalu aktif agar bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang diinstal di dalam Virtual Windows XP? Tidak. Karena jika dibutuhkan, Virtual PC Beta akan secara otomatis menjalankan aplikasi yang ada di dalam Virtual Windows XP. Hal lain yang juga wajib diperhatikan adalah Virtual Windows XP tidak diperuntukkan bagi game. Karena walaupun berbagi resource dengan Windows 7, hardware virtual yang ada di dalam Virtual Windows XP tidak sama dengan hardware yang dipakai Windows 7 saat itu.
Informasi Lebih Lanjut

masukkan password 4Setelah selesai,hingga selesai. yang tadi Anda buat. Tunggu lagi 11/2009

• www.microsoft.com/ windows/windows-7/ • www.winsupersite.com

29

Windows Vista

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Boot Drive
Bagian harddrive yang mengandung sistem operasi dan software lainnya. Di dalamnya terdapat proses dan instruksi startup yang memulai sistem operasi ketika user menghidupkan sistem komputer. Saat proses boot sedang berjalan, sistem operasi dimulai dari disk drive tersebut. Jika harddrive dipartisi, biasanya boot drive akan menggunakan drive C.

Windows Vista
Tambahan Link Start Search
Jika Anda menghabiskan banyak waktu mencari informasi di situs-situs tertentu, seperti Wikipedia, Google dan Yahoo!, ketimbang membuka beberapa browser dan mengetik URL website tersebut satu per satu, Anda dapat menggunakan tip berikut ini untuk menambahkan pilihan Search Wikipedia atau Google pada kotak search Start Menu.

Pada kolom URL, Anda dapat mengisinya dengan URL website yang dituju dengan format berikut: http://en.wikipedia.org/wiki/ %w atau http://www.google. com/search?q=%w. Klik OK.

7

8Ketik command Start Search.

prompt pada

Langkah-langkah berikut ini hanya bisa dipraktikkan pada Vista Business dan Ultimate:

Event Viewer
Komponen dari Microsoft Windows NT yang berfungsi untuk membiarkan administrator dan user melihat event log pada local atau sistem yang telah di-remote. Dengan Windows Vista, event system tersebut diberi nama baru Windows Event Log. Dalam pengembangannya, Windows Event Log telah dirancang ulang untuk menyajikan log events aplikasi yang lebih tepat sehingga memudahkan technical support dan pengembang untuk menerjemahkan event ini. Dilengkapi juga dengan atribut yang lebih detail, dan menunjukkan EventID, level, task, opcode, dan keyword.

1Klik tombol Start, kemudian ketik gpedit.msc di kotak Search, dan tekan .
pada User Account Control untuk me2Klik Continuemenuju Group lanjutkan proses Policy Editor.

com update tersebut dengan segera. 9Ketik gpupdate/force padaTekanmand .prompt untuk mengeksekusi

3Navigasikan ke User Configuration-Administrative Templates-Windows ComponentInstant Search. Custom tant Search, Pro4Klik kanan padadan pilih Insperties. Pada tab Setting, pilih Enable untuk mengaktifkan setting policy. Search Wikipedia pada 6Ketikkolom The string or DLL resource.

update berhasil, ketik 10Setelah sembarang pada Start keyword Search. Link Search Wikipedia akan muncul.

5

Menu Bar
Daerah tertentu pada graphical user interface komputer dimana menu-menu utama ditampilkan. Menu-menu ini menyediakan akses ke fungsi fungsi tertentu, seperti membuka file, berinteraksi dengan sebuah aplikasi atau help sebagai user manual. Pada Windows, menu pada menu bar dapat diakses melewati shortcut yang dimulai dengan Alt key, disusul dengan huruf mnemonic yang ditandai dengan garis bawah pada menu.

Windows Vista
Memperbaiki Classic Menu Bar
Pada Windows Vista, Menu Bar klasik dengan pilihan menu pull down tidak lagi ditampilkan. Sebagai gantinya, menu-menu yang paling sering digunakan kini muncul di toolbar baru. Tentu saja Anda dapat memunculkan Menu Bar tersebut dengan mudah, tapi kadang bisa terjadi masalah yang menyebabkan Menu Bar tersebut tetap bertahan di tempatnya ketika Anda ingin menonaktifkannya.

Microsoft\Internet Explorer\Toolbar\ShellBrowser. 5Navigasikan ke key registry berikut ini: HKEY_CURRENT_USER\Software\

Services
Pada sistem operasi Microsoft Windows, Service adalah file executable yang menjalankan sejumlah task, namun dirancang untuk tidak membutuhkan intervensi user. Services dapat dikonfigurasi untuk dimulai secara otomatis dan manual dan aktif di belakang layar selama Windows masih berjalan. Kebanyakan muncul pada list proses pada Windows Task Manager. Begitu sebuah service terinstal, service tersebut dapat diatur dari COntrol Panel dengan meluncurkan Windows Services yang menyajikan deskripsi singkat untuk fungsi service yang ada.

Ketika apapun yang Anda lakukan tidak dapat menghilangkan Menu Bar, tutup semua jendela Windows Explorer dan Internet Explorer, dan coba langkah berikut ini: konfigurasi Win1PastikanOrganize-Folder dows Classic tidak diaktifkan dari menu and Search Options. General, pastikan 2Pada tabradio button yang bahwa menunjukkan Show previews and filters terpilih, dan bukannya Use Windows Classic Folders. pada 3Ketik -regedit Search.kolom Start Start ShellBrowser, registry dengan nama 6Di bawah registry hiveITBar7Layout. temukan dan hapus value data

URL
Uniform Resource Locator, merupakan tipe dari Uniform Resource Identifier (URI) yang secara spesifik mengidentifikasi resource yang tersedia, dan mekanisme untuk mendapatkannya. Dalam bahasa populer, URL juga merujuk sebagai alamat website. Setiap URL dibuat dari beberapa kombinasi yang mencakup protocol, diikuti dengan tanda titik dua, kemudian hostname, port number, dan pathname dimana file tersebut berlokasi.

7Tutup registry editor. 4Anda akan dibawa ke jendela registry editor.
11/2009

30

Tip & Trik

Windows Vista

Windows Vista
Menambahkan Menu Event Viewer
Untuk menu-menu yang sering diakses, Anda dapat menambahkannya pada Context Menu untuk mempercepat jalan ke aplikasi tersebut. Salah satu fitur penting pada Windows adalah Event Viewer yang terdapat dalam folder Administrative Tools.

wer, ciptakan key baru dengan mengklik kanan direktori Shell, dan pilih New-Key. Beri nama key tersebut Event Viewer.

registry, dan klik kanan akan 7Tutupmelihat menu tersebut. pada icon Computer. Anda

Berikut ini adalah tip yang akan memunculkan menu Event Viewer pada Context Menu ketika Anda melakukan klik kanan pada icon Computer. pada 1Ketik regeditSearch.kolom Start-Start berikut ini: HKEY_CLASSES_ROOT\ 2Navigasikan kursor pada key registry CLSID\{20D04FE0-3AEA-1069A2D8-08002B30309D}\shell\Event Viewer\command.

cara yang sama, ciptakan 4Dengan dengan nama Command. lagi key baru di bawah key tersebut

3Jika Anda tidak dapat menemukan registry key dengan nama Event VieWindows Vista
Menghilangkan Suffix Shortcut
Ketika Anda menciptakan shortcut di Windows Vista, otomatis shortcut tersebut akan dinamakan sesuai file atau folder aslinya, namun dengan tambahan akhiran (suffix) Shortcut di belakangnya.

5Klik kanan Modify pada value yang berada di panel sebelah kanan. value data terdapat 6Ubaheventvwr. yangcommand di dalam key registry menjadi
jendela registry editor, dan nama link. untuk 3Pada panel sebelah kanan, carilah Registry Value dengan 6Tutup mengaplikasikan perubahan. restart komputer Anda

Untuk menghilangkan kata Shortcut yang selalu muncul secara default, Anda dapat menggunakan trik sederhana berikut ini: Masuk ke regedit. 1dan ketik Start-Start Search, 2Navigasi ke: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Explorer.

jika 4Klik kanan, dan pilih Modify. 7Berikutnya samaAnda membuat shortcut, nama shortcut baru akan persis dengan file asli. 5Ganti Value00.Data menjadi 00 00 00

Windows Vista
Hilangnya Open File Location
Ketika Anda melakukan klik kanan pada sebuah icon shortcut di Windows Vista, maka Anda akan melihat item menu dengan nama Open File Location pada konteks menu tersebut. Bagaimana jika item menu tersebut hilang atau tidak bereaksi walau Anda mengkliknya berkali-kali?

pada registry, dan pilih New-String Value (Reg_SZ) untuk 3Klik kananbaru. panel sebelah kanan jendela menciptakan value registry

pada salah 6Klik kanankembali. satu Shortcut, menu tersebut sudah berfungsi Namakan value baru ini dengan IsShortcut. Kali ini, Anda 4tidak membutuhkan Value Data. 5Tutup registry editor.

Masalah ini mungkin terjadi karena adanya value data registry yang hilang. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1Ketik regedit pada kolom Start Search pada Start Menu. editor, navigasikan kursor menuju 2Pada jendela registryHKEY_CLASSES_ROOT\lnkfile. key registry berikut ini:
Windows Vista
Memperbaiki Logo Boot Drives
Tidak seperti pendahulunya, sistem dan boot drives pada Windows Vista memiliki icon berbeda dibandingkan icon drives non-boot. Icon drive boot system memiliki logo Microsoft Windows kecil pada image drive tersebut yang membuatnya dapat diidentifikasi dengan mudah.

2Cari item dengan nama Shell Hardware Detection.

4Pastikan bahwa Startup Type diset sebagai Automatic.
Klik . un mengaplikasikan uba 5Restart komputerperAndahan.tuk 6Icon unik pada drive Anda telah kembali seperti semula.

Ketika tiba-tiba icon logo tersebut menghilang, kemungkinan terjadi masalah pada Services, untuk memperbaikinya, Anda dapat menerapkan cara berikut ini: Start Search 1Ketik Services padaPanel-System atau masuk ke Control and Maintenance-Administrator Tools.

3Klik kanan untuk membuka jendela Properties.

11/2009

31

Office

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Document Map
Pane terpisah yang menampilkan daftar heading dokumen. Document Map bisa membantu menavigasi seluruh dokumen dan mencari lokasinya secara cepat.

Microsoft Outlook
Men-download Header E-mail
Header e-mail tidak berisi badan e-mail. Dengan men-download header dan hanya e-mail yang diinginkan, Anda bisa mengurangi waktu koneksi.

Enhanced Metafile
Biasa dikenal sebagai EMF, adalah versi 32-bit dari Windows Metafile (WMF). Format EMF diciptakan untuk memecahkan masalah defisiensi yang dialami oleh WMF sat ingin mencetak dari program grafis. EMF bersifat independen yang artinya dimensi grafisnya tetap pada formasi yang sama, meskipun resolusi pada printer-nya berbeda.

Setelah men-download header, Anda bisa memilih e-mail, jika ada yang ingin Anda download atau hapus dari e-mail server. menu Tools, Send/Receive 1Padakemudian klik pilih Send/Receive, pilihGroups. Settings, dan Define Send/Receive bawah Folder Options, 4Diada beberapa account di pilih Send/ Download headers only. Jika grup Receive, dan Anda ingin men-download semua e-mail pada beberapa account dan hanya header pada beberapa account lainnya, buat grup Send/Receive lain. Pada satu grup Send/Receive, masukkan semua account yang ingin Anda download header-nya saja. Pada grup yang lain, masukkan semua account yang e-mail-nya ingin Anda download seluruhnya. Masukkan angka antara 1 dan 1440. Angka terakhir akan mengeset Outlook untuk melakukan send/ receive satu kali sehari. Ketika Anda mengubah jadwal untuk Send/Receive grup, semua account berubah, tidak hanya account e-mail POP3.

Header e-mail
Data suplemen yang diletakkan pada blok data awal sebuah e-mail. Header email berisi antara lain: informasi alamat e-mail pengirim dan penerima, tanggal pembuatan e-mail, mail server, e-mail client, alamat IP pengirim dan data-data penting lainnya. Karena hanya memuat data-data teknis, biasanya header email tidak ditampilkan secara default.

Di bawah Name, pilih grup yang berisi POP3 Anda. 2belum membuat grup Send/Receive, pilihaccountAll Accounts.Jika Anda grup . 3Klik

Microsoft Outlook
Mengatur Frekuensi Pengiriman dan Pengecekan E-mail
Jika punya account e-mail POP3, Anda bisa mengatur frekuensi pengirim dan pengecekan e-mail sesuai dengan yang diinginkan.

4

Microsoft Office Fluent
Dikenal juga sebagai Fluent User Interface, adalah user interface yang diterapkan di aplikasi inti Microsoft Office 2007 seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Access.

Untuk melakukannya: Jika mau, Anda bisa mengatur menu Tools, Send/Receive untuk ketika 1Padakemudian klik pilih Send/Receive, pilihGroups. ShortcutSettings, 5jadwal Outlooksend/receive ine. Di dan Define Send/Receive keyboard Microsoft sedang offl bawah When Outlook is offline, beri tanda centang Schedule an automatic send/receive every n minutes. 1440. 6Masukkan angka antara 1 dan 7Ketika Anda membuat e-mail dan mengklik Send, secara default email akan langsung dikirim ke e-mail server ketika Anda terkoneksi. Ini bukanlah fitur Send/Receive groups. Untuk mengubah setting ini, pada menu , klik . Pada tab Mail Setup, hilangkan tanda centang pada Send immediately when connected.

Open Packaging Convention
Format paket file yang diciptakan oleh Microsoft untuk menyimpan kombinasi file XML dan non-XML di dalam sebuah file tunggal, seperti XPS.

untuk membuka kotak dialog Send/Receive Groups adalah

+

+

.

POP3
Post Office Protocol version 3 adalah protokol yang digunakan untuk mengambil e-mail dari server e-mail. Protokol ini sangat erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim e-mail dari komputer pengirim ke komputer server dari penerima. Kemudian penerima mengambil e-mail yang dikirim dari server dengan menggunakan protokol ini. Protokol ini dibuat karena desain dari sistem e-mail yang mengharuskan adanya server e-mail yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai e-mail tersebut diambil oleh penerima yang berhak.

2Pilih grup Send/Receive berisi account POP3 yang ingin Anda ubah. bawah Settings for group send/ receive group 3DiSchedule an name, beri tanda centang automatic send/
receive every n minutes.

Microsoft Outlook
Menyisipkan Balasan dengan Nama
Pada waktu membalas e-mail, kadang lebih cepat dan jelas jka Anda mengetik balasan di sebelah pernyataan di dalam badan e-mail. Anda bisa menyisipkan balasan di dalam e-mail yang asli dengan menggunakan inline comment. Balasan Anda akan tampil di posisi kursor, yang didahului oleh nama Anda (atau teks lain yang ingin Anda gunakan).

XPS
Singkatan dari XML Paper Specification, dulunya bernama Metro, adalah spesifikasi untuk bahasa deskripsi halaman, dan format dokumen tetap yang dikembangkan Microsoft. XPS ditujukan sebagai pengganti format Enhanced Metafile (EMF). Aslinya, XPS adalah file ZIP yang menggunakan Open Packaging Convention. Isinya antara lain XML markup, teks, font, gambar raster, grafis vektor 2D, dan informasi DRM.

Untuk menyisipkan balasan:

1Pada menu , klik . Pada tab Preferences, klik 2E-mail Options.
Mark 3Beri tanda centangteks, yangmy comments with dan kemudian ketik

ingin Anda gunakan untuk mengidentifikasikan balasan Anda. Teks ini muncul dalam tanda kurung ke tika Anda membalas e-mail dengan menggunakan inline comment. e-mail yang Anda terima, 4Bukakemudian klik Reply. dan 5Klik pada badan e-mail, dan kemudian ketiklah komentar Anda.

32

11/2009

Tip & Trik

Office

Microsoft Word
Menyesuaikan Word Sesuai Kebutuhan
Ada banyak cara untuk menyesuaikan Word supaya cocok dengan cara kerja Anda.

panah Color scheme. Secara default yang dipilih adalah Blue, Anda bisa mengubahnya ke Silver atau Black.

Berikut adalah cara untuk menyesuaikan tampilan, sentuhan, dan fungsi Word 2007. Reaksi awal terhadap Word 2007 beragam – beberapa orang menyukai tampilan antarmuka Microsoft Office Fluent (nama resmi untuk desain baru Office 2007), dan yang lainnya tidak begitu. Salah satu keluhannya adalah Ribbon yang sedikit memakan tempat. Sebenarnya, jika ingin tampilan kerja yang lebih luas, Anda bisa menyembunyikan Ribbon dengan + . Ribbon hanya akan tinggal judul menekan tombol tab saja sehingga perintah bisa Anda akses ketika dibutuhkan. Untuk mengembalikan Ribbon ke tampilan normal, tekan lagi + . Quick Access Toolbar (di sebelah kanan Microsoft Office Button) menyediakan akses ke perintah yang sering Anda gunakan. Secara default, ia hanya menampilkan Save, Undo, dan Redo. Anda bisa mengubah perintah pada Quick Access Toolbar sehingga berisi perintah yang rutin Anda gunakan. Sebagai contoh, jika rutin mengecek ejaan dan tata bahasa dokumen, Anda mungkin ingin memasukkan perintah Spelling & Grammar ke Quick Access Toolbar. Untuk memasukkan perintah, klik panah di sebelah kanan Quick Access Toolbar, dan kemudian klik item yang ingin Anda masukkan (atau klik More Commands untuk melihat opsi lainnya).

1

mempunyai ScreenTip yang 6Word 2007 informasi tentangEnhancedsuatuprosedur Word. menampilkan perintah dan Pada waktu Anda mengarahkan kursor ke perintah pada Ribbon, Word menampilkan ScreenTip untuk memberikan informasi mengenai perintah tersebut. Secara default, Word menampilkan informasi yang cukup banyak, tapi Anda bisa mempersingkat ScreenTip jika memang tidak membutuhkan banyak informasi atau tidak menampilkannya. Untuk mengubah tampilan ScreenTip, klik Microsoft Office Button, dan klik Word Options. Di bagian Popular, klik panah ScreenTip style, dan pilih opsi yang Anda inginkan.

sung menjalankan Word 2007 ketika startup dengan meng-copy Word ke dalam folder Startup. Klik Windows Start, dan pilih All Programs. Klik Microsoft Office untuk menampilkan program di dalam folder. Klik kanan Microsoft Office Word 2007, dan pilih Copy. Sekarang, arahkan mouse ke folder Startup pada All Programs, klik kanan, dan kemudian pilih Explore. Pada waktu jendela Startup tampil, tekan + untuk mem-paste shortcut Word 2007 ke dalam folder. Sekarang, tutup jendela Startup.

Waktu berikutnya Anda menjalankan Windows, Word akan otomatis dijalankan. ingin Word membuka dokumen setiap kali 11Jikauntuk memberitahuAnda suatu menggunakan switch program dijalankan, bisa perintah Word, dokumen mana yang ingin

2

7

Berkat fitur baru Themes pada Word 2007, Anda tidak harus lagi mengatur setiap efek ketika memformat dokumen. Theme sudah dilengkapi desain warna, font, dan efek, bahkan mempunyai style-nya sendiri. Pilih tab Layout, klik panah Themes, dan kemudian pilih theme yang Anda inginkan dari galeri. Desain otomatis akan diberlakukan. Jika kemudian Anda ingin mengganti theme, tinggal buka lagi galeri theme, dan pilih yang lain.

Anda buka. Pertama, tekan tombol [Windows]+R. Kemudian, ketik path ke Word (misalnya C:\Program Files\Microsoft Office\Office12\Winword. exe), tekan spasi, dan ketik switch /t, diikuti dengan spasi lagi, dan nama file yang ingin Anda buka. Jika Anda ingin menjalankan Word dengan cara yang seperti itu, Anda bisa membuat shortcut desktop dengan mengklik kanan desktop, pilih New, klik Shortcut, dan kemudian masukkan path dan switch ke boks Location pada kotak dialog Create Shortcut.

tombol yang Anda ingin memerintah Word untuk 3KeyTips menampilkannampilkan KeyTipstekan jikaTekan 8Document Map merupakan salah satu fiinginuntukcepat 12Anda bisa yang Anda pilih dengan menyimpan dokumen menavigasi Word dengan menggunakan keyboard. tur medi folder mengklik Microsoft tombol untuk me pada Ribbon. navigasi (dan melihat) dokumen. Jika Anda cara Anda akan melihat huruf dalam boks kecil pada tab, dan Quick dan mudah untuk melihat dokumen yang panjang, Anda akan Office Button, dan kemudian klik Word Options. Klik Access Toolbar. Ketika Anda menekan huruf (sebagai contoh, misalkan menekan untuk memilih tab Insert), Anda akan melihat semua perintah pada Ribbon mempunyai KeyTips sendiri. KeyTips akan tetap ditampilkan sampai Anda menekan tombol untuk kali kedua. bar Word 2007 4Statussembarang tempat menampilkan beberapa status. Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak dengan mengklik kanan di pada status bar. Ketika melakukannya, Anda akan melihat daftar item yang tersedia. Sekilas, Anda bisa melihat informasi yang membantu seperti Word Count, Spelling and Grammar Check, dan apakah Track Changes di-enable. Namun, tujuan sebenarnya dari Customize Status Bar adalah supaya Anda bisa memilih item yang ingin ditampilkan pada status bar. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan Caps Lock, untuk melihat indikatornya ketika tidak sengaja tertekan (atau ketika Anda lupa mematikannya). Untuk menambahkan item yang belum ada, cukup klik saja. Untuk menyembunyikan informasi yang tidak ingin Anda tampilkan pada status bar, klik item untuk menghilangkannya (item yang ditampilkan diberi tanda centang). suka dengan Thumbnails view. Dengan demikian Anda bisa melihat bagian judul dengan Document Map, dan kemudian pindah ke Thumbnails view (klik tab View, dan kemudian klik Thumbnails di grup Show/Hide) untuk melihat miniatur layout setiap halaman. Dengan demikian, Anda bisa melihat bagaimana alur dokumen, mengecek posisi tabel dan gambar, dan melihat secara keseluruhan apakah dokumen siap dicetak. Save, dan di bagian Save documents, klik tombol Browse di sebelah boks Default file location, dan pilih folder tempat Anda ingin menyimpan dokumen. Dengan Mic Button, 13Prepare,mengklikdan rosoft Officeinformasi memilih dan klik Properties, Anda bisa menampilkan properties dokumen, memasukkan tentang dokumen, seperti nama Anda, judul, status, dan deskripsi singkat. Itu tidak masalah jika Anda punya banyak waktu. Namun, jika hanya ingin memastikan nama pembuat tampil pada dokumen, dan ingin menggunakan buat mempermudah pencarian, Anda bisa melakukan secara cepat dan mudah ketika menyimpan file. Untuk memasukkan nama penulis dan tag, klik boks Tags pada kotak dialog Save As, dan simpan dengan mengklik Save. Fitur Mark as Final pada Word 2007 (tersedia ketika Anda mengklik Microsoft Office Button, Prepare) memang berguna, tapi meskipun Anda bisa menandai dokumen sebagai final, ketika orang lain menerima dokumen, ia bisa meng-copy isi dokumen, dan mengeditnya seperti biasa. Supaya Anda yakin bahwa tidak ada orang lain yang mengganti isi atau mengubah formatting, simpan dokumen sebagai PDF atau XPS (Anda harus menginstalasi add-in untuk melakukannya).

Anda penggemar berat 9Jikamungkin ingin sekali tombol shortcut, maka Anda membuat shortcut sendiri pada Word 2007. Untuk melakukan itu, klik Microsoft Office Button, dan klik Word Options. Di bagian Customize, klik tombol Customize di Keyboard shortcut bagian bawah. Pada kotak dialog Customize Keyboard, pilih tab yang berisi perintah yang ingin Anda buat shortcut-nya. Selanjutnya, pada daftar Command, pilih nama perintah (perhatikan bahwa nama tersebut adalah nama perintah yang dikenali oleh program, bukan yang tampil pada Ribbon.) Tekan tombol shortcut yang ingin Anda gunakan untuk perintah, dan kemudian klik Assign untuk menyimpan shortcut. bisa memerintah 10Andadows supaya langWin

14

banyak pilihan warna bisa Anda gunakan, jika 5Tidakmengubah keseluruhan yang beberapa pilihan. Untuk ingin tampilan jendela Word 2007. Tapi setidaknya, Anda masih punya mengubah warna interface, klik Microsoft Office Button, dan klik Word Options. Di bagian Popular, klik

11/2009

33

CorelDraw X4

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Bezier Tools
Garis Bezier, yakni garis lurus atau garis kurva yang dibentuk dengan berbagai segmen/bagian dan terhubung dengan titik-titik poros (nodes). Tiap titik poros (nodes) memiliki kapasitas kontrol untuk dimodifikasi dan menentukan bentuk lengkung garis tersebut. Bezier Tool dalam CorelDraw memberikan keleluasaan pada pengguna untuk membentuk garis lurus maupun kurva.

CorelDraw X4
Teknik Membuat Sign Board Ala Cowboy
Masih dalam tema vintage, Tutorial ini akan menjabarkan langkah-langkah membuat desain semacam papan penanda dengan gaya klasik.

kebutuhan Anda. 1Buka dokumen baru ( Pilih Text Tool un2tukteksmembuatdengan dan teks, tulis sesuai kebutuhan dan selera Anda.

+

) dengan ukuran ruang kerja sesuai

Tambahkan Variasi Tulisan, Jika Dibutuhkan. Warnai objek sign board tersebut dengan warna-warna pastel atau soft color (tutor ini menggunakan warna C:2 M:2 Y:13 K:0). Hilangkan outlinenya. Jika objek sign board tersebut berada di atas teks, maka lakukan operasi klik kanan Order>to back of layer ( + ).

10

Tool, ke sisi luar untuk mendapatkan 11Pilih Interactive Contour efek dan klik drag (objek sign board) outline contour. Besaran contour dan bentuk dapat diatur di property bar. Kami mengisi nilai besaran tersebut seperti dalam gambar.

dengan mengklik menu bar Text insert 3Masukkandikarakter spesial >dari+ font, symbol and special characters ( ) , akan muncul menu bar baru di sebelah kanan kertas kerja (dekat Pallette Tool). Kami menggunakan character font WC Sold Out A Bta (dapat didownload melalui situs www.dafont.com). Untuk memilih Character, cukup klik drag ke dalam kertas kerja. Sebagai catatan, karakter yang dipilih tesebut tidak lagi berbentuk font, tapi sudah menjadi kurva tertutup. Kemudian, klik kanan di contour tersebut, dan pilih Break Contour Apart (ini berfungsi untuk memisahkan efek contour dari objek induknya, yakni objek sign board, dan memudahkan Anda untuk memodifikasinya + ) (walaupun secara bebas). Lalu lakukan ungrouping ( telah di-break apart, objek contour tersebut masih dalam keadaan terkelompokkan). Berikan warna sesuai dengan kebutuhan Anda, dan beri outline sekitar 4.0 pt pada objek contour paling luar. Melakukan Trimming untuk Flat Shadowing Object Duplikasi objek sign board dengan posisi seperti dalam gambar, dan lakukan proses trim Buang objek terdepan. Hilangkan outline objek yang baru Anda trim, dan beri warna lebih gelap (sesuai kebutuhan Anda), lalu posisikan seperti dalam gambar.

12

Break Curve Apart
Opsi untuk memisahkan objek-objek vektor yang telah melebur/tergabung menjadi satu, tapi dengan bentuk yang terpecah/terpisah-pisah dimana objek tersebut bukan proses pengelompokkan (grouping).

Convert to Curves
Kurva atau garis lengkung yang diistilahkan CorelDraw (karena tiap program olah vektor mempunyai terminologi yang berbeda). Fasilitas Convert to Curves berguna untuk mengonversi/ mengubah garis lurus menjadi garis lengkung dengan titik poros tertentu.

13

4

Knife Tool
Fasilitas/tools dalam software CorelDraw untuk memotong objek vektor maupun objek bitmap dengan mengambil potongan dari sisi atau titik sudut tertentu. Fasilitas ini hanya bisa memotong dengan sekali menarik garis saja.

Ubah jenis font Anda dengan model yang lebih menarik dan sesuai nuansa kuno. Di sini kami menggunakan font Bigtop dan Market deco yang keduanya bisa di-download di www. dafont.com. Jika teks Anda belum rata tengah, maka seleksi keseluruhan teks maupun objek, lalu tekan (atau klik di menu bar Arrange>Align and distribute>align and distribute vertically). Membuat Sign Board Gunakan Rectangle Tools di toolbox (sebelah kiri kertas kerja). Buat kotak persegi panjang dan lingkaran (dengan ellipse tool ) seperti dalam gambar. Untuk membuat lingkaran secara simetris, klik + drag sambil menekan tombol .

Trimming Text Duplikasi objek-objek teks, kemudian klik kanan, pilih Convert to Curves ( + ), untuk membuat font menjadi objek kurva. Lakukan operasi trim

14

5

yang sama seperti pada objek sign board. Beri outline pada teks besar sekitar 1.0 pt. Letakkan posisi objek trim seperti dalam gambar , dan beri warna sesuai kebutuhan anda. Untuk at shadow bawah sign 16dengan fllangkah ditriming yang board, lakukan sama atas. Membuat Garis Gradasi pada Teks Buat dua persegi panjang dengan ukuran lebar yang berbeda, dan diposisikan seperti dalam gambar ,

Powerclip
Cara menyusun objek yang memberi keleluasaan untuk memasukkan satu objek ke dalam objek lainnya. Di sini terletak objek dalam Powerclip (objek isi/konten objek), dan objek penampung (container object). Sebagai contoh, jika objek isi lebih besar dari objek penampung, maka objek isi secara otomatis terpotong (tercropping) secara visual, tapi secara isi tidak. Artinya, hanya sebagian saja yang terlihat sesuai dengan ukuran objek penampung.

seleksi ketiga objek yang 6Lalu Anda buat tersebut ( pada baru + klik per objek). Lalu klik Weld property bar. Ketiga objek tersebut secara otomatis akan tergabung. lagi objek panjang 7Buatdalam gambar.persegiposisikan dan lingkaran, dan seperti Lalu, lakukan penggabungan lagi dengan opsi Weld. sisi objek 8Lakukan detail disign bawahdalam sign board. Pilih Shape tool ( ) , dengan objek board keadaan terseleksi. Klik dua kali di sisi bawah tengah untuk menambahkan poros node. Masih dengan shape tool,

15

17

Rectangle Tools
Fasilitas/tools yang disediakan software CorelDraw untuk membuat objek persegi, kotak, bujur sangkar, dan sebagainya.

Vektor
Gambar vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar vektor umumnya berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor, di antaranya SVG, EPS, dan WMF, AI, CDR. Gambar vektor menggabungkan titik-titik garis untuk menjadi sebuah objek sehingga gambar tidak menjadi pecah, biar pun diperbesar atau diperkecil, tidak seperti gambar bitmap yang terdiri dari kumpulan pixel.

lalu pilih Interactive Blend Tool, klik drag dari persegi panjang tebal ke arah persegi panjang yang lebih tipis. Untuk mengatur proses blend tool, bisa melalui property bar dengan mengisi nilai satuan tertentu. Lakukan pada proses Powerclip untuk garis gradasi tersebut. Pilih effects>Powerclip>place inside container. Masukkan ke dalam teks besar. Posisikan tiap objek seperti dalam gambar. Maka jadilah karya Anda. Variasikan sesuai dengan style desain Anda.

18

seleksi ketiga titik poros/node di sisi bawah, lalu klik kanan, dan pilih To Curve (untuk menjadikan mode garis lurus menjadi garis lengkung). lengkungan bawah, 9Perhalusmenarik nodedikesisiarah bawah, sambil menekan dengan shape tool. masih dengan

Disertakan di CD edisi 11/2009

34

11/2009

Tip & Trik

CorelDraw X4
Transparency

CorelDraw X4
Teknik Membuat Kertas Kusam
Tema vintage nan bergaya kuno masih tetap dilirik tren desain viual hingga saat ini. Dengan menggunakan elemen-elemen yang bernuansa klasik hingga corak kasar dan kusam, membuat model desain lebih terlihat menarik.

kemudian akan muncul dialog box untuk mengatur komposisi warna yang diinginkan. Tool (G) , lalu klik drag 9Pilih Interactive Fill

Kemudian beri efek dengan Interactive Tool.

Tutorial kali ini akan memperlihatkan langkah-langkah membuat desain kertas bernuansa kusam sebagai elemen yang akan memperkaya desain Anda dengan nuansa kuno.

untuk mendapatkan efek gradasi pada objek, dan hilangkan outline-nya. Membuat Lipatan dan Bayangannya Buatlah objek baru, berbentuk lipatan kertas dengan Bezier Tools.

1 kertas kerja). Buat tak 2Gunakan RectanglekoTools ( persegi panjang dengan ukuBuka dokumen baru ( sesuai kebutuhan Anda. + ran bebas atau disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

) dengan ukuran ruang kerja ) di toolbox (sebelah kiri

10

Duplikasi objek black di Pallete Tool, lalu 11Bitmap>convert(lipatan kertas) tersebut, beri warna 90% pilih to bitmap, untuk mengubah objek vector menjadi bitmap. Akan muncul dialog box untuk mengatur resolusi bitmap (lebih besar lebih baik), mode warna, dan sebagainya. Aturlah sesuai dengan gambar. Lalu, pilih opsi >Bitmap > blur > gaussian blur. Dalam dialog box, aturlah besaran nilai blur tersebut kitar 10-15 poin.

Konversi persegi panjang yang tadi Anda buat menjadi kurva, dengan seleksi persegi panjang, lalu klik kanan, pilih Convert to Curves ( + ).

3

Menggunakan Fitur Powerclip Fitur Powerclip, berfungsi seperti halnya masking. Simpelnya, memasukkan suatu objek ke dalam objek lain. setting fitur Powerclip di 15Sebelumnya,+ atur Tools >Options ( ) ,
-

objek 4Dengan keadaanterseleksi,persegi panjang masih pilih Eraser Tool ( ) di toolbox. Eraser tool hanya berfungsi menghapus objek dalam bentuk vektor.

12Pilih Interactive Trans parency Tool dari toolbox. Lalu klik drag pada objek
dengan 5Hapus secara perlahan,titik klik drag pada objek. besaran dan bentuk (kotak atau lingkaran) penghapus di property bar (atas kertas kerja). Anda juga dapat menggunakan Eraser tools dalam menghapus objek vektor secara point to point (klik lepas, klik lagi titik tujuan) atau klik drag, dan menghapus secara bebas. Teruskan proses hingga mendapat hasil yang diinginkan. pilih Knife 6Kemudian persegi panjang. Tool, untuk memotong sisi kanan atas Klik point to point dengan Knife tool untuk memotong objek persegi panjang seperti gambar. Setelah itu, seleksi objek tersebut, dan klik/pilih Break Curve Apart, untuk memisahkan potongan objek tadi. Lalu hapus potongan objek tadi. Atur objek lipatan 13Warnai(warna sama sekertas yang pertama Anda buat

-

kemudian akan muncul dialog box, pilih menu Workspace > Edit, lalu hilangkan checkmark (tanda contreng) di kotak Autocenter New Powerclip Content.

lipatan konversi bitmap tadi, maka jadilah bayangan lipatan kertas.

perti objek kertas). Buat lagi objek (bisa dari duplikasi objek lipatan) untuk efek lipatan kertas. Seperti dalam gambar , sesuaikan letaknya, dan beri warna lebih gelap dari warna dasar objek kertas. Sekali lagi, gunakan efek tansparan dengan Interactive Transparency Tool untuk memberikan efek tergulung pada lipatan kertas.

Anda buat sebagai efek 16Pilih objek-objek yang pada kertas, lalu pilih Ef
-

7

fects>powerclip>place inside container , maka akan muncul tanda panah, lalu pilih (klik) di objek kertas yang pertama dibuat. Anda dapat melihat sendiri efeknya. Sebagai catatan dalam Powerclip, untuk mengatur/ menyunting objek yang sudah berada di dalam objek lain ialah dengan cara mengklik kanan, pilih Edit Contents. Untuk menyudahi penyuntingan, klik Finish editing Object di kiri bawah kertas kerja. Lakukan modifikasi-modifikasi dengan langkah seperti di atas untuk mempercantik gambar kertas kusam tersebut.
Disertakan di CD edisi 11/2009

baya14Sesuaikan letak objekseperti ngan lipatan kertas dalam gambar. Lalu, buatlah objek dengan Bezier Tool atau Pen Tool, lalu beri warna seperti dalam gambar. Objek ini berguna sebagai efek kertas rusak/kusam.

Lalu atur poros-poros lengkung hingga mendapatkan garis lengkung yang lebih halus. Setelah itu, beri warna, mirip kertas kusam. (C:3, M:9, Y:27, K:0). Anda dapat memberi warna dengan mengklik 2 kali Fill color di pojok kanan bawah kertas kerja.

8

11/2009

35

Freeware Tip & Trik

Inilah Definisinya!
DSL
Digital Subscriber Line adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan downolad dari DSL berkisar dari 128 kbps sampai 24.000 kbps tergantung dari teknologi DSL tersebut.

Kidsmenu 7
Batasi Akses Anak di Komputer
Membatasi akses aplikasi bagi anak-anak dapat dengan mudah dilakukan, dengan menambahkan shell menu yang langsung menampilkan menu shortcut saat login Windows. Tentunya harus didukung pula dengan penggunaan aplikasi Kidsmenu.

Pastikan Anda memiliki user account di Windows khusus bagi anak-anak. Coba login dengan user account tersebut, kemudian jalankan aplikasi Kidsmenu. Menu shell Kidsmenu segera ditampilkan, dengan menyertakan aplikasi berdasarkan shortcut yang disediakan oleh Anda.

3

LAN
Singkatan dari Local Area Network, merupakan kumpulan dari beberapa komputer dalam satu area terbatas yang terhubung melalui jaringan. Media penghubungnya bisa berupa kabel ataupun nirkabel yang memanfaatkan frekwensi sinyal elektris (Wireless). Tidak ada batasan jumlah komputer yang dapat terhubung dalam satu LAN.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyajikan menu pilihan bagi anak-anak yang sudah disusun sesuai dengan keinginan kita sehingga menu Windows pada umumnya tidak lagi tampil bagi mereka, dan sudah tentu lingkup mereka akan lebih dibatasi dalam mengakses aplikasi. Aplikasi ini dapat di-download pada url http://glob.com.au/kidsmenu/ download.cgi?. Aplikasi ini tidak sulit untuk digunakan, Anda dapat mencobanya dengan mengikuti tahapan berikut ini:

4Berikutnya, instal Kidsmenu tersebut bagi+ user. account anak, dengan menekan kombinasi keyboard + Untuk mengakhiri

1 daftar akses aplikasi-aplikasi 2Buatlalu arahkan Windows ram yang diizinkan untuk anak-anak. Caranya, buka Ex plorer, ke C:\Prog
Download, dan ikuti tahapan instalasi.
-

layar shell Kidsmenu, klik tombol yang terletak di sudut kanan atas. Kidsmenu sudah siap digunakan.
Disertakan di CD edisi 11/2009

Proxy
Merupakan perantara, bekerja dalam berbagai jenis protokol komunikasi jaringan dan dapat berada pada level-level yang berbeda pada hirarki layer protokol komunikasi jaringan. Salah satu fungsi proxy adalah untuk menyimpan cache. Apabila sebuah LAN menggunakan proxy untuk berhubungan dengan Internet, maka yang dilakukan oleh browser ketika user mengakses sebuah url web server adalah mengambil request tersebut di proxy server. Sedangkan jika data belum terdapat di proxy server maka proxy mengambilkan langsung dari web server. Kemudian request tersebut disimpan di cache proxy. Ini akan membuat akses ke Internet lebih cepat.

Files\KidsMenu\shortcuts. Untuk menambahkan shortcuts dimulai dengan klik menu File - NewShortcuts, klik tombol Browse, dan arahkan menuju aplikasi yang diinginkan, misalnya game Millionare Indonesia. Tambahkan beberapa aplikasi lain yang menurut Anda perlu. Ada pun isi folder shortcuts dapat terlihat pada gambar.

POP Peeper v3.4.0.0
Mengintip E-mail yang Masuk
Jenuh dengan notifikasi e-mail client yang Anda gunakan atau bahkan lelah lagi karena tidak mendukung fitur notifikasi yang realtime? Kini semua dapat diperoleh dengan mudah dan beragam bentuknya pada POP Peeper.

Berikutnya, tulis Login Name dan Password e-mail Anda. Untuk dapat melakukan pengiriman 5lih Account, klike-mail, pi kiri, kemudian klik tombol Edit . Pada jendela Edit account, klik tab Send Mail, dan tentukan smtp server dari ISP dimana Anda berlangganan, misalnya smtp.telkom.net jika berlangganan Speedy , kemudian klik tombol Update.

Aplikasi ini cukup fleksibel dimana dapat digunakan pada media removable, disertai dengan proteksi password untuk keamanan akses. Banyak notifikasi tersedia pada POP Peeper yang berguna untuk mengindikasikan kehadiran email baru, misalnya seperti bunyi, flashing scroll lock, skinnable popup notifier, dan screen saver. Aplikasi ini dapat di-download pada www.poppeeper.com/data/POPPeeperInstall.exe yang besar ukurannya 1,07 MB.

SMTP
Simple Mail Transfer Protocol adalah protokol standar untuk pengiriman e-mail yang cukup sederhana dan berbasis teks. Protokol ini bekerja dengan menyebutkan satu atau lebih penerima email untuk kemudian diverifikasi. Jika penerima e-mail valid, maka e-mail akan segera dikirim. SMTP menggunakan port 25 dan dapat dihubungi melalui program telnet. Agar dapat menggunakan SMTP server lewat nama domain, maka record DNS (Domain Name) pada bagian MX (Mail Exchange) digunakan.

menarik e-mail 1Download, dan ikuti tahapan instalasi. 6Untuk Anda dapat. memasuk, nekan tombol Jalankan POP Peeper. Pada jendela dialog connection, tentukan connection 2typedenganhttp proxymodem, lakukan seleksi terkoneksi Internet secara landan setting. Apabila Anda gsung dial-up radio button “Using a dialDisertakan di CD edisi 11/2009

up modem”. Sedangkan bila terkoneksi dengan jaringan LAN, seleksi radio button “Using a permanent connection (Cable, DSL, T1, LAN, etc.)”. Apabila menggunakan proxy, tentukan IP Address dan port dari proxy server yang terdapat pada jaringan LAN Anda. lokasi penyimpanan data yang disajikan bentuk yang ada 3Tentukanpada jendela dialog Setup: Data location dalamklik Nextpilihan , dan untuk melanjutkan hingga selesai.

T1
Sambungan telepon digital yang digunakan di Amerika yang terdiri dari 24 channel dengan kecepatan masingmasing 64Kbit per detik dan dengan kecepatan keseluruhan 1,544Mbit per detik. Sambungan telepon ini dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi, dengan setiap channel dapat dikonfigurasi untuk melewatkan data atau suara dan setiap channel dapat dijual terpisah-pisah, yang dinamakan fractional T1. Untuk Eropa dan Indonesia, standar yang digunakan adalah E1 dengan 30 channel 64Kbit per detik, dengan kecepatan keseluruhan 2,048Mbit per detik

pilih Create 4Wizard akan muncul, Tulis e-mail single account. Anda , selanjutnya tentukan Account name dan Server type.

36

11/2009

Tip & Trik: Ubuntu 9.04

Linux & Open Source

Ubuntu 9.04
Instalasi Ubuntu 9.04
Pada tanggal 23 April 2009, tim Ubuntu telah merilis versi terbaru dari distronya, yakni Ubuntu 9.04, dengan kode nama Jaunty Jackalope.

Pada pemilihan keyboard layout, Anda dapat memilih default keyboard yang diinginkan. Karena kebanyakan default keyboard layout menggunakan USA, maka biarkan pilihan tetap default.
• Langkah 4: Pembuatan partisi untuk

Inilah Definisinya!
Boot
Dalam istilah komputer, booting (booting up) atau disingkat boot, merupakan proses bootstrapping yang memulai sistem operasi pada saat user menyalakan sistem komputer. Boot sequence merupakan sekumpulan operasi yang tampil pada saat power komputer dinyalakan. Bootloader biasanya me-load sistem operasi utama yang akan digunakan oleh komputer.

Untuk menyambut rilis Ubuntu 9.04, berikut tahapan instalasi Ubuntu 9.04: menginstalasikan Ubuntu 9.04, dapat dilakukan dengan dua 1UntukPertama, dari CD installer Ubuntu Anda dapatkedua menggunakan cara. 9.04, dan LiveUSB Ubuntu 9.04. Untuk cara kedua, membuat LiveUSB install Ubuntu 9.04 terlebih dahulu. Selain itu, pastikan seluruh data penting Anda telah di-backup terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data. CD, download dan burn file iso Ubuntu 9.04 2Untuk instalasi melalui Anda download dari url: ftp://kambing.ui.edu/iso/ desktop. File ini dapat ubuntu/releases/9.04/ubuntu-9.04-desktop-i386.iso.

instalasi. Pada pemilihan tipe harddisk, Anda dapat memilih Use entire disk untuk pembuatan partisi harddisk secara otomatis atau Specify partitions manually untuk membuat partisi harddisk secara manual. Karena pada contoh ini harddisk akan dikosongkan dan memang diperuntukan untuk Ubuntu saja, maka dipilih option Use entire disk.
• Langkah 5: Pembuatan user dan jenis tipe login.

Data Recovery
Proses untuk menyelamatkan data dari kerusakan, kesalahan, corrupt, atau tidak dapat diakses dari media penyimpanan kedua secara normal. Data yang terdapat pada media penyimpanan ini, membutuhkan proses recovery, baik melalui software, ataupun secara hardware, jika data tersebut ingin dapat diselamatkan kembali.

3

Setelah memiliki LiveCD instalasi Ubuntu 9.04, masukan CD tersebut ke dalam CD-ROM drive, dan ubah urutan boot BIOS agar urutan first boot dimulai dari CD-ROM. Simpan hasil perubahan dan keluar dari BIOS.

Pada langkah ini, Anda dapat membuat user yang akan digunakan untuk bekerja sehari-hari di sistem Ubuntu 9.04. Isikan juga dengan password user yang Anda inginkan. Beri juga tanda centang pada opsi Log in automatically, agar Anda dapat langsung masuk ke desktop Ubuntu 9.04 tanpa perlu login terlebih dahulu.
• Langkah 6: Instalasi akan segera berlangsung.

halaman pembuka Ubuntu 9.04, pilih menu Install Ubuntu untuk 4Pada ke halaman instalasi Ubuntu masuk 9.04. 9.04 5Tahapan instalasi Ubuntuberikut:terdiri atas tujuh langkah sebagai
• Langkah 1: Pemilihan bahasa.

Pada langkah ini, akan tampil sejumlah informasi yang telah Anda lakukan selama proses instalasi. Jika sudah yakin dengan semua informasi yang diberikan ini, klik Install.
• Langkah 7: Proses instalasi berlangsung.

Proses instalasi akan segera dilakukan. Partisi harddisk yang telah dibuat akan segera diformat, dan installer akan segera meng-copy file-file yang dibutuhkan pada saat instalasi. Tunggu beberapa menit hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, klik Restart Now untuk me-reboot PC. memilih Ubuntu 9.04 di 6Setelahsegera menikmati keindahanGrub, tunggu beberapa saat, dan Anda dapat desktop Ubuntu 9.04.

FAT32
File Allocation Table 32 atau biasa disingkat FAT 32, merupakan tipe filesystem yang dibuat sebagai perluasan dari tipe filesystem sebelumnya, yakni FAT 16. FAT32 kali pertama disertakan pada Windows 95 OSR2. Maksimum ukuran file yang dapat diletakan dalam tipe filesystem FAT32 adalah 4 GB minus 1 byte. Karena memiliki batasan ini, Microsoft kembali membuat sebuah filesystem baru yang bernama NTFS.

Pada halaman awal, pilih bahasa instalasi yang diinginkan, lalu klik Forward.
• Langkah 2: Penentuan zona

waktu. Pada pilihan Time Zone, pilih zona waktu yang sesuai dengan lokasi tinggal yang Anda kehendaki. Setelah itu, klik .
• Langkah 3: Pemilihan keyboard layout.

LiveUSB
USB Flash Drive atau USB external hard disk drive yang telah terdapat sistem operasi di dalamnya, untuk dapat langsung di-boot oleh PC. Fungsi LiveUSB hampir sama dengan fungsi Live CD. Hanya saja LiveUSB memiliki kemampuan untuk menyimpan segala file konfigurasi secara permanen, dan dapat ditambahkan aplikasi di dalam LiveUSB tersebut. LiveUSB biasa digunakan untuk system administration, data recovery, testing dan penetration system, dan instalasi.

Ubuntu 9.04
LiveUSB Ubuntu 9.04
Jika PC Anda tidak memiliki CD-ROM namun dapat boot melalui USB Flash Drive, Anda dapat membuat LiveUSB install dari desktop Ubuntu 9.04.

4Proses pembuatan LiveUSB Ubuntu 9.04 akan segera berlangsung. Tunggu beberapa
saat, hingga proses pembuatan LiveUSB Ubuntu 9.04 selesai dilakukan. selesai, reboot PC Anda, awal Drive. menggunakan LiveUSB 9.04 tersebut 5SetelahKini, Anda dapatrescue disk,dan lakukan bootUbuntudari USB Flash untuk melakukan instalasi, atau sekedar menjadikan USB tersebut sebagai portabel Ubuntu 9.04.

Lakukan dari PC yang telah terinstalasi/dapat menjalankan desktop Ubuntu 9.04. Selain itu, siapkan USB Flash Drive yang memiliki filesystem FAT32, dan sudah dalam kondisi terformat. desktop Ubuntu Startup Disk 2Dari menu System |9.04, jalankan aplikasi USBUSB StartupCreator, dari Administration | Disk Creator.

1

Ubuntu 9.04
Ubuntu 9.04 dengan kode nama Jaunty Jackalope, merupakan versi distro ke-10 Ubuntu, yang dikeluarkan oleh tim Ubuntu pada tanggal 23 April 2009. Pada rilis terbarunya ini, Ubuntu 9.04 telah menggunakan desktop GNOME 2.26 sebagai default desktop-nya. Selain itu, distro ini juga telah menggunakan Linux Kernel 2.6.28 yang telah mendukung penggunaan filesystem ext4.

halaman utama Make USB pastikan telah terdapat 3Daridijadikan LiveUSBatau CD,9.04.Startup Disk,klik Make akan digunakan source disc image (.iso) dan USB Flash Drive yang untuk Ubuntu Setelah itu, Startup Disk untuk segera memulai pembuatan LiveUSB Ubuntu 9.04.

11/2009

37

Pemrograman

Tip & Trik: Visual Basic .net

Inilah Definisinya!
Bruteforce
Serangan yang menggunakan logika sama dengan menebak password, tetapi serangan brute force lebih cepat dan lebih powerfull. Dalam tipe serangan ini seorang penyerang menggunakan script yang akan mencoba passwordpassword. Walaupun serangan brute force lebih efisien daripada menebak password, kedua teknik tersebut pada dasarnya sama. Lebih jauh lagi, kedua teknik tersebut sangat mudah dilawan dengan memanfaatkan fitur blacklisting, yang akan mengunci sebuah account user jika seseorang penyerang berkalikali memasukkan password secara tidak tepat.

Visual Basic .net
Animasi Starfield dengan GDI+
GDI (Graphics Device Interface) merupakan kumpulan API di Windows yang dipergunakan menggambar garis atau kurva, me-render font, serta menangani palet baik pada monitor maupun pada printer. Kemampuan GDI dalam menangani grafik ini menjadi dasar dari konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get) dari semua aplikasi Windows.

GDI+ merupakan evolusi dari GDI, yang membuat pengelolaan grafik menjadi jauh lebih mudah. Tip kali ini adalah memanfaatkan GDI+ untuk membuat animasi starfield. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah: New Project dengan baru, dan sebuah picture 1Buatnamasebuah form(Windows Application) box ber pbstars. Property yang perlu diubah adalah BackColor menjadi hitam, Dock menjad Fill, WaitOnLoad menjadi True.

GDI
Graphics Device Interface adalah salah satu komponen utama pembentuk sistem operasi Windows, selain kernel dan user (window manager). GDI berguna untuk merepresentasikan tampilan grafis dan mentransfer objek grafis ke perangkat output seperti monitor dan printer. Sistem GDI berguna untuk mengelola tampilan garis, kurva, rendering font, dan palette. GDI digunakan pada game sederhana seperti seperti Freecell dan Minesweeper yang tidak membutuhkan proses rendering grafis tingkat tinggi.

2Buat sebuah class baru bernama clsStars. Class ini:
Public Class clsStars Dim s_direction As Single = 0 Dim s_angle As Double Dim center As Point Dim speed As Double = 0.2 Dim s_accel As Double = 1.1 Dim s_cd As Integer Dim s_x As Integer Dim s_y As Integer Dim s_pen() As Pen Dim s_hold As Double Dim s_depth As Integer = 2 Dim s_count As Integer = 10 Dim rn As New Random Private Structure fShip Dim spoint() As Point Dim cv As Single End Structure Private Structure Star Dim x As Single Dim y As Integer Dim z As Integer Dim xv As Double Dim yv As Double End Structure Dim Stars() As Star

GDI+
Singkatan dari Graphics Device Interface Plus. Generasi grafis berikut untuk Windows yang menyediakan kumpulan API (Aplication Programming Interface) untuk rendering grafis 2D, image, dan teks yang terintegrasi pada Windows XP dan WIndows 2003 Server. GDI+ menambahkan fitur baru yang tidak dapat ditemukan pada pendahulunya yaitu GDI.

Else s_direction += Value End If If s_direction > 360 Then s_direction = -360 End Sub Private Sub StarAngle(ByVal Id As Integer) Dim x As Integer = Stars(Id).x - (center.X) Dim y As Integer = Stars(Id).y - (center.Y) Dim a As Double = Math.Atan2(y, x) Stars(Id).xv = 2 * Math.Cos(a) Stars(Id).yv = 2 * Math.Sin(a) End Sub Public Sub DrawShip(ByVal b As System.Windows.Forms. PaintEventArgs) Dim x As Integer b.Graphics.TranslateTransform(center.X, center.Y) For x = 1 To s_depth SetShip(0.01) b.Graphics.RotateTransform(s_angle, MatrixOrder. Prepend) b.Graphics.DrawPie(s_pen(x), New RectangleF(0, 0, 150, 150), s_direction, s_direction) b.Graphics.DrawPie(s_pen(x), New RectangleF(0, 0, 150, 150), s_direction, -s_direction) Next End Sub Public Sub DrawStars(ByVal b As System.Windows.Forms. PaintEventArgs) Dim x As Integer b.Graphics.Clear(Color.Black) For x = 1 To UBound(Stars) If Stars(x).y > s_y Or Stars(x).y < 0 Or Stars(x).x > s_x Or Stars(x).x < 0 Then Stars(x).x = rn.Next(0, s_x) Stars(x).y = rn.Next(0, s_y) StarAngle(x) Else Stars(x).x += Stars(x).xv Stars(x).y += Stars(x).yv Stars(x).xv *= s_accel + (0.001 * Stars(x).z) Stars(x).yv *= s_accel + (0.001 * Stars(x).z) End If b.Graphics.DrawLine(s_pen(Stars(x).z), CInt(Stars(x).x - Stars(x).xv), CInt(Stars(x).y - Stars(x). yv), Stars(x).x, Stars(x).y) Next End Sub End Class berikut: 4Beberapa event yang perlu dicegat untuk di class Form1 adalah sebagai Public Class Form1 Dim sf As New clsStars Dim WithEvents tm As New Timer Private Sub Tm_Tick1(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles tm.Tick Me.pbStars.Refresh() End Sub Private Sub Form1_FormClosing(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.FormClosingEventArgs) Handles Me.FormClosing sf = Nothing End Sub Private Sub Form1_Load(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Me.Load tm.Interval = 15 tm.Enabled = True Init() End Sub Private Sub Init() Dim tf As Font = New Font(“KaiTi”, 100, FontStyle.Regular, GraphicsUnit.Pixel) sf.IntializeStar(11, 190, Me.Width, Me.Height) End Sub Private Sub pbStars_Paint(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.PaintEventArgs) Handles pbStars.Paint e.Graphics.SmoothingMode = SmoothingMode. AntiAlias sf.DrawStars(e) sf.DrawShip(e) End Sub End Class dijalankan, 5Jika adalah: tampilan yang didapatkan
Disertakan di CD edisi 11/2009

Rekursif
Cara untuk menetapkan proses dengan dirinya sendiri. Lebih jelasnya (dan untuk menghalaukan penampilan kesirkularan dalam definisi), langkahlangkah “rumit” dari proses dijelaskan dengan langkah-langkah yang lebih “sederhana”, dan kejadian yang paling “sederhana” diberi secara gamblang. Dalam bahasa pemrograman, rekursi berarti memanggil suatu fungsi dari dalam fungsi itu sendiri.

3

Beberapa subrutin yang dibutuhkan adalah untuk inisialisasi, dan mengatur gerakan star yang muncul.

Sudoku
Juga dikenal sebagai Number Place atau Nanpure, adalah sejenis teka-teki logika. Tujuannya adalah untuk mengisi angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak. Pertama kali diterbitkan di sebuah surat kabar Perancis pada tahun 1895 dan mungkin dipengaruhi oleh matematikawan Swiss, Leonhard Euler. Versi modern permainan ini dimulai di Indianapolis pada 1979. Kemudian menjadi terkenal kembali di Jepang pada 1986. Nama “Sudoku” adalah singkatan bahasa Jepang dari “Suuji wa dokushin ni kagiru” yang artinya “angka-angkanya harus tetap tunggal”.

Public Sub IntializeStar(ByVal depth As Integer, ByVal count As Integer, ByVal x As Integer, ByVal y As Integer) ReDim Stars(count) ReDim s_pen(depth) center = New Point(x / 2, y / 2) s_count = count s_depth = depth s_x = x s_y = y s_cd = Int(255 / s_depth) For x = 0 To s_count Step s_depth For y = 1 To depth Try Stars(x + y).x = rn.Next(0, s_x) Stars(x + y).y = rn.Next(0, s_y) Stars(x + y).z = y StarAngle(x + y) If x = 0 Then s_pen(y) = New Pen(Color. FromArgb(Int(s_cd * y), Int(s_cd * y), Int(s_cd * y)), 2) Catch ex As Exception End Try Next Next End Sub Private Sub SetShip(ByVal Value As Single) s_angle += Value If s_angle > 180 Then s_angle = -180 If s_angle < -180 Then s_angle = 180 If s_direction < 0 Then s_direction += Value * 2

38

11/2009

Tip & Trik: PHP

Pemrograman

PHP
Pemecahan Sudoku dengan Backtracking
Salah satu metode penyelesaian permainan Sudoku adalah dengan menggunakan metode Bruteforce, yaitu mencoba semua kemungkinan yang ada. Dalam analisis algoritma, metode ini merupakan pemecahan yang cukup memakan waktu (khususnya jika ada banyak kemungkinan). Bruteforce dapat dipercepat dengan memotong jalur penelusuran apabila memang sudah tidak valid pada suatu kemungkinan tertentu. Pemotongan jalur ini disebut dengan metode BackTracking.

$m=(floor($row/3))*3; $n=(floor($col/3))*3; for($i=$m;$i<$m+3;$i++) for($j=$n;$j<$n+3;$j++) if($thegrid[$i][$j]==$val) return “false”; return “true”; } utama untuk menyelesaikan adalah pada function process. 3Proses Function ini dipanggil secara rekursif untuk menguji kemungkinan pengisian pada grid. Proses backtracking terjadi pada function ini. function process($thegrid, $row, $col, $val) { global $grid, $done; if($done==”true” || !($row>=0 && $row<9 && $col>=0 && $col<9 && $value>=0 && $value<9) || valid($thegrid, $row, $col, $val)!=”true”) return; $thegrid[$row][$col]=$val; if($row==8 && $col==8) { $grid=$thegrid; $done=”true”; } for($i=1;$i<=9;$i++) { if($col<8) process($thegrid, $row, $col+1, $i); else process($thegrid, $row+1,0, $i); } } mencetak tampilan 4Fungsi untukpada fungsi initProses. awal, serta menerima masukan data function initProcess() { global $grid; for($i=0;$i<9;$i++) { for($j=0;$j<9;$j++) { $temp=$grid[$i][$j]; $grid[$i][$j]=0; if(valid($grid, $i, $j, $temp)==”false”){ showError(1);return;} $grid[$i][$j]=$temp; } } for($i=1;$i<=9;$i++) process($grid, 0, 0, $i); return; } initProcess(); if($done==”false”) echo “Tidak ada solusi<br/>”; else { echo “<center>”; $time2=(microtime()+0.8-$time1); echo “<center><table rows=9 cols=9>”; echo “<tr>”; for($i=0;$i<=9;$i++) if($i!=0) echo “<th>$i</th>”; else echo “<th>&nbsp;</th>”; echo “</tr>”; for($i=0;$i<9;$i++) { $k=$i+1; echo “<tr><th>$k</th>”; for($j=0;$j<9;$j++) { if (($i>=0 && $i<=2 || $i>=6 && $i<=8) && ($j>=0 && $j<=2) || ($i>=0 && $i<=2 || $i>=6 && $i<=8) && ($j>=6 && $j<=8) || ($i>=3 && $i<=5 && $j>=3 && $j<=5)) echo “<td bgcolor=#999999><td>”; echo $grid[$i][$j]; echo “ &nbsp;&nbsp;&nbsp;”; echo “</td></div>”; } echo “</tr>”;} echo “</table></center><center>”; echo “<a href=’sudokusolver.php’>Solve One More</a>”; echo “</center></center>”;

} } else { echo “<center>Masukkan data yang ada<br /><center> <form action=’sudokusolver.php’ method=’post’ > <table rows=9 cols=9>”; echo “<tr>”; for($i=0;$i<=9;$i++) if($i!=0) echo “<th>$i</th>”; else echo “<th>&nbsp;</th>”; echo “</tr>”; for($i=0;$i<9;$i++) { $k=$i+1; echo “<tr><th>$k</th>”; for($j=0;$j<9;$j++) { if (($i>=0 && $i<=2 || $i>=6 && $i<=8) && ($j>=0 && $j<=2) || ($i>=0 && $i<=2 || $i>=6 && $i<=8) && ($j>=6 && $j<=8) || ($i>=3 && $i<=5 && $j>=3 && $j<=5)) echo “<td bgcolor=#000000>”; else echo “<td>”; echo”<input type=’text’ name=’$i$j’ size=1 maxlength=1 /></td>”; } echo “</tr>”; } echo “</table>”; echo “<input type=’submit’ name=’submit’ value=’Solve It’ />”; echo “</form></center></div></center>”; } echo “</div></body></font></html>”; ?> </font> </html> solusi 5Tampilan awal serta sebagaiyang didapatkan ketika dijalankan pada browser adalah berikut:
Disertakan di CD edisi 11/2009

Tip kali ini adalah membuat aplikasi untuk memecahkan Sudoku dengan menggunakan PHP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1Untuk header aplikasi ini adalah:
<html> <head> <center>Sudoku Solver</center> </div> </head> Fungsi-fungsi awal yang dibutuhkan adalah fungsi untuk menguji validitas dari grid yang telah diisikan, serta menampilkan pesan kesalahan jika masukan yang diberikan tidak valid. <?php if($_POST[‘submit’]) { $time1=(double)microtime(); function showError($code) { echo “<center>”; switch($code) { case 0: echo “Hanya bilangan positif.<br />”; break; case 1: echo “Tidak dapat diselesaikan. Ada masukan yang salah.<br/>”; break; case 2: echo “Tidak ada data yang dimasukkan<br />”; break; } echo “</center> <a href=’sudokusolver.php’>Go Back</a></ div> </center>”; exit(1); } $done=”false”; $flag=”false”; for($i=0;$i<9;$i++) { for($j=0;$j<9;$j++) { if($_POST[$i.$j] && $_POST[$i.$j]!=’ ‘) { $val=$_POST[$i.$j]; if($val==0 || !(ctype_digit($val))) showError(0); $flag=”true”; } else $val=0; $grid[$i]=$grid[$i].$val; } } if($flag==”false”) showError(2); function valid($thegrid, $row, $col, $val) { if($thegrid[$row][$col]==$val) return “true”; if($thegrid[$row][$col]!=0) return “false”; for($i=0;$i<9;$i++) if($thegrid[$i][$col]==$val) return “false”; for($j=0;$j<9;$j++) if($thegrid[$row][$j]==$val) return “false”;

2

11/2009

39

Kuis

TTS
Kupon Kuis TTS PC MILD 11/09

Mendatar 3. Aplikasi instant messaging yang dimiliki oleh Time Warner 4. Dalam matematika dikenal sebagai base atau dasar 5. Streaming SIMD Extensions 6. Request untuk menampilkan informasi yang disortir dari database 8. Gambar penghias desktop 9. Kumpulan library yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis GUI 10. Graphical User Interface 11. eXtended Graphics Array 13. 1024 KB 15. Object Linking and Embedding 16. Jenis socket yang pinnya berjumlah 775 17. Gambar kecil yang merepresentasikan fungsi pada sebuah software 18. Free Lossless Audio Codec 20. Metode yang memungkinkan untuk mengakses prosedur yang berada di komputer lain 21. Representasi mouse di layar 23. Menyalin data Menurun 1. Sistem dimana konten saat diedit akan sama persis seperti hasil akhirnya 2. Ada di rubrik Pemrograman 3. Integrated Development Environment 4. Saat ini juga 6. Jenis keyboard yang sekarang kita pakai 7. Formula untuk menilai sebuah string apakah sesuai atau tidak 12. Advanced Technology Attachment 14. Tinta untuk printer laser 15. Browser dengan lambang huruf O 16. Last In First Out 18. Organisasi pemerintah AS yang mengatur masalah telekomunikasi 19. Active Server Pages 22. Service Pack

Setelah TTS dilengkapi dengan benar, susunlah huruf dari kotak-kotak berwarna kuning secara berurutan sesuai abjad yang tersedia di bawah ini. Susun menjadi
Framework yang dikembangkan oleh Sun Microsystems :
A B C D E F

[A]

CARA MENJAWAB (Pilih Salah Satu): Pelanggan Indosat (Matrix, IM3, Mentari, StarOne); Telkomsel (Halo, Simpati, As); XL (Xplor, Bebas, Jempol); Flexi; Mobile-8 (Fren); Esia kirim SMS ke 7669: MILD<spasi>11<spasi>JAWABAN<spasi>NAMA Contoh: MILD 11 KOMPUTER BUDI

Redaksi PC Kramat IV [B] Untuk kartu pos dikirim ke kupon kuisMILD,diJl.pojok kananNo.11, TTS atas. Jakarta 10430, sertakan SMS dan kartu pos diterima selambat-lambatnya 11 Juni 2009. Nama pemenang diumumkan pada PC Mild 13/2009 yang terbit 25 Juni 2009. Tarif premium Rp2.000++ per SMS. Gunakan pulsa Anda secara bijak. Jawaban TTS edisi 09/2009 Mendatar 1. SEARCHENGINE 7. XT 8. PODCAST 9. ENCODER 10. RUN 11. SP 12. ASCII 14. DNS 16. ONLINE 18. CCNA 19. TFT 20. SAFEMODE 23. HAL 24. RGB 25. IMAP 26. ECC Menurun 1. SUPERCOMPUTER 2. ADDON 3. CHAT 4. EXTENSION 5. IPHONE 6. EXCEL 12. ABOUT 13. CELL 14. DOC 15. SHARE 17. EMF 18. CRM 20. SLI 21. EDP 22. OLE PENGUMUMAN PEMENANG EDISI 09/2009 Jawaban: ROSETTA Masing-masing pemenang mendapatkan 1 unit Mini SD card VENOMRX 512 MB yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics: Togi Budi Sherly 081278837xxx 081316550xxx 081511404xxx Rian Julius Slamet 081350046xxx 08561237xxx 085252860xxx

Dapatkan!

6 Unit Mini SD card VENOMRX 512 MB untuk 6 orang pemenang yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics

Asiaraya Computronics: Mangga Dua Mall Lt 4 A-62, Telp: 021-6019408 www.alamraya.co.id

Pemenang harap menghubungi sekretariat PC Mild di Telp. 0213153731 ext. 127 atau e-mail ke evawani.putri@pcmedia.co.id untuk konfirmasi pengambilan hadiah paling lambat 28 Juni 2009. Hadiah yang tidak diklaim dinyatakan hangus.

40

11/2009

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->