BUDIDAYA TANAMAN KENCUR

( Kaempferia galanga L. )
1. SYARAT TUMBUH
a. Iklim Tinggi tempat : 50 m – 1.000 m dpl. Intensitas cahaya : Sedikit terlindung dari sinar matahari langsung Curah hujan : 2.500 – 4.000 mm/ tahun Jumlah bulan basah/tahun : 5 – 9 Suhu udara (°C) : 26 -30 Tingkat naungan (%) : 0 – 30 b. Tanah Jenis tanah : Lempung berpasir, lempung berliat, Andosol, Latosol, Regosol. Struktur : Remah dan kaya humus

2. PASCA PANEN
a. Pembibitan a). Langsung tanam Rimpang segar setelah dipotong-potong sepanjang 4 Cm lansung ditanam dilapangan tanpa disimpan dulu. b). Ditunaskan dulu Rimpang setelah dipotong-potong 4 Cm disimpan dalam gudang 1-2 minggu (sampai tunas bermunculan), ruang tempat penyimpanan harus kering, tidak panas dan tidak terlindung. Rimpang dihamparkan (tidak bertumpuk) di atas rak kayu atau bamboo. Bibit yang baik mempunyai 2-3 buah mata tunas. Keperluan bibit sekitar 1-2 ton / hektar dengan jarak tanam sekitar 20 x 15 Cm. b. Penyiapan Lahan - Tanah dibersihkan dari rerumputan lalu dicangkul 2 (dua) kali. - Dibuat bedengan sambil diberi pupuk kandang sebanyak 10 ton/hektar. c. Penanaman - Penanaman pada awal musim hujan. - Jarak tanam 20 x 15 Cm, kecuali untuk tumpang sari 60 x 40 Cm. - Cara penanaman dengan meletakan bibit dicelup / dipping pada larutan anti biotik agrimyoin, sterptomyoin. d. Seleksi Benih Kriteria benih yang baik: - Bobot 5 - 10 gram - Mempunyai 2 - 3 bakal mata tunas yang baik - Tinggi tunas < 1 cm

e.Penggemburan tanah Dilakukan disekitar rumput pada umur 3 bulan bersamaan dengan pemupukan ke II. .Mulching Penutupan tanah bisa denngan jerami atau ampas perasan tebu. Pemeliharaan .Pemupukan Pada saat tanaman sudah membentuk daun sempurna (akhir minggu ke 4) dipupuk dengan pupuk Urea 75 Kg. Tehnik Pemupukan .Penyiangan Pada minggu ke II – IV setelah tanam atau tergantung keadaan. . . f.Hama dan Penyakit Hama pada tanaman kencur tidak banyak yang penting adalah penyakit busuk umbi oleh bakteri Pseudomonas sp.Budidaya konvensional Pupuk kandang : 20 – 30 t/ha Urea : 20 – 30 t/ha SP36 : 200-250 kg/ha KCl : 200-250 kg/ha Budidaya organic Bokasi : 10 t/ha pupuk bio : 140 kg/ha zeolit : 400 kg/ha P-alam : 200 kg/ha Pupuk kandang : 40 – 60 t/ha . TSP 200 Kg dan KCl 100 Kg dan pada saat tanaman berumur 3 bulan dipupuk dengan Urea sebanyak 75 Kg .

Biasanya bila setelah cukup panen ditandai dengan daun menguning dan gugur. dan dapat ditunda sampai musim berikutnya karena tidak akan ada efek buruk terhadap rimpang namun jika ditunda sampai musim berikutnya lagi kemungkinan rimpang akan membusuk dan kadar patinya menurun. . PANEN a.g.Mulai dapat dipanen umur 6-8 bulan.Panen sebaiknya dilakukan dalam waktu yang singkat. . . garpu atau alat lainnya. jenis kencur dan pemeliharaan selama penanaman .Mematahkan atau memotong rimpang bagian pinggir. Produktivitas . Pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) 3. Cara Panen . b. . Umur .Produksi rimpang bisa mencapai 6-10 ton /hektar. c.Variasi produksi di pengaruhi oleh kesuburan tanah.Membongkar seluruh rimpang dengan cangkul. sisa yang tertinggal dibiarkan tumbuh untuk musim tanam berikutnya.

Protection yaitu untuk memberikan perlindungan pada pakaian atau buku dari gangguan serangga.Serbuk . Carminativa yaitu untuk membantu proses pengeluaran angin dari dalam perut akibat perut kembung / masuk angin. Stimulansia yaitu untuk membangkitkan atau memberikan rangsangan. Secara garis besar khasiat tanaman kencur adalah : 1. 5.Minyak atsiri hasil penyulingan rimpang . 4. Dinretioca yaitu untuk memperlancar proses pengeluaran urine (air kencing). DIVERSIVIKASI PRODUK Rimpang kencur setelah dipanen dan dibersihkan dapat diolah menjadi produk lain. selain itu rimpangnya bisa dijadikan obat tanpa diramu dengan tumbuhan lain ataupun diramu dengan campuran bahan lain.Simplisia kering . MANFAAT/ KEGUNAAN Kencur dipergunakan untuk meramu obat-obatan tradisional yang sudah banyak diproduksi oleh pabrik-pabrik jamu maupun dibuat sendiri.4. KLASIFIKASI TANAMAN Kingdom Sub Devisi Divisi Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Plantae : Spermatophyta : Magnoliophyta : Liliopsida : Zingiberales : Zingiberaceae : Kaempferia : Kaempferia galanga L. 3. 2.Ekstrak cair dan kering . Expentorasia yaitu untuk menyembuhkan batuk dengan cara mengencerkan dahak serta memudahkan keluarnya dahak. . 6.Minuman 5.Instan . diantaranya: .

Ariya Tri Sektiwi (0810480007) (0810480010) (0810480014) 4.TUGAS TERSTRUKTUR DASAR BUDIDAYA TANAMAN BUDIDAYA TANAMAN KENCUR ( Kaempferia galanga L. ) Anggota Kelompok : 1. Angelia Norma Wulandari (0810480011) PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2009 . Aldilla Dezjona Putri 2. Andreas Priyo Handoko 3.