PEMASARAN AGRIBISNIS

LAPORAN PRAKTIKUM LAPANGAN PT. ABN (ALAM INDAH BUNGA NUSANTARA)

DISUSUN OLEH:

BILLY APRIADI 150610090015

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS D FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2010

1. Bentuk bunga krisan yang bisa dibudidayakan sebagai bunga potong adalah Tunggal. Sebagai bunga potong. bunga krisan juga memiliki kesegaran yang relatif lama dan mudah dirangkai. Bentuk bunga krisan yang biasa dibudidayakan sebagai bunga berukuran besar. Dekoratif. Pompon. Pendahuluan Krisan atau Chrysanthenum merupakan salah satu jenis tanaman hias yang telah lama dikenal dan banyak disukai masyarakat serta mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. ruangan hotel. restaurant dan rumah tempat tinggal.1 Prospek Pemasaran Komoditas Bunga Krisan Bunga krisan digolongkan dalam dua jenis yaitu jenis spray dan standard. Anemone. Selain digunakan sebagai tanaman hias. krisan digunakan sebagai bahan dekorasi ruangan. Sedangkan jenis standard pada satu tangkai bunga hanya terdapat satu kuntum bunga berukuran besar. bunga krisan merupakan salah satu . Bunga besar Krisan merupakan salah satu jenis bunga potong penting di dunia. Keunggulan lain yang dimiliki adalah bahwa pembungaan dan panennya dapat diatur menurut kebutuhan pasar. Krisan jenis spray dalam satu tangkai bunga terdapat 10 — 20 kuntum bunga berukuran kecil . jambangan (vas) bunga dan rangkaian bunga. Disamping memiliki keindahan karena keragaman bentuk dan warnanya.PT Alam Indah Bunga Nusantara . Sebagai tanaman pot krisan dapat digunakan untuk menghias meja kantor. Cianjur Jawa Barat. 1. krisan juga berpotensi untuk digunakan sebagai tumbuhan obat tradisional dan penghasil racun serangga (hama). Pada perdagangan tanaman hias dunia.

. bunga krisan bisa tahan maksimal seminggu. Bunga krisan hanya tahan 1-2 hari namun dengan mengguakan cooling storage.2 Potensi Komoditas Bunga Krisan Kabupaten Cianjur sebagai daerah agraris yang bertumpu pada sektor pertanian memiliki kondisi lahan dan agroklimat yang sangat sesuai bagi pertumbuahan tanaman pertanian. tapi dengan menggunakan cooling storage otomatis biaya yang akan di keluarkan cukup banyak itu merupakan suatu masalah yang dihadapi perusahaan tapi apabila pemasaran dilakukan just in time maka biaya akan sedikit dikeluarkan karena bunga yang baru di produksi langsung di jual ke konsumen tanpa menaruh di cooling storage. Singapore dan Hongkong. maka pengembangan usaha bunga potong krisan memberikan prospek yang menjanjikan. serta Eropa seperti Jerman. Disamping itu. Dengan memperhatikan pada keunggulan yang dimiliki serta jarak lokasi yang relatif dekat dengan pasar (Jakarta). Berbagai macam tanaman hias banyak dihasilkan dari wilayah ini.bunga yang banyak diminati oleh beberapa negara Asia seperti Jepang. khususnya tanaman hias di wilayah Cianjur Utara. 1.3 Permasalahan dalam Mengelola Perusahaan. Bunga pada umumnya memiliki sifat yang tidak tahan lama sehingga perlu penangannan yang cukup rumit dan hati-hati dan akan menurunkan grad atau kualitas apabila gagal dalam penangannannya. Sektor pertanian memberikan sumbangan sebesar 42.93% terhadap PDRB. Perancis dan Inggris 1. terdapat 63.52% tenaga kerja di sektor pertanian.

Dan biasanya menjelang hari hari besar seperti natal Tahun Baru dan Lebaran membuat permintaan terhadap bunga krisan dan bunga potong lainnya semakin bertambah. mereka melakukan pemasaran dari pasar dalam negeri dan luar negeri.negara lain sehingga pangsa pasar ekspor mereka hanya 30% dan 70%nya mereka ke pasar dalam negeri karena prospeknya cukup cerah untuk pemasaran dalam negeri. Malaysia dan Singapura. Malang dan Denpasar karena biasanya Permintaan untuk kebutuhan bahan dekorasi restorant. hotel maupun rumah tempat tinggal diperlukan di kota kota besar. 2. 1.2 Menelaah fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan perusahaan agribisnis. Jepang. PT bunga alam nusantara ini melakukan system pemasaran dari hulu ke hilir . Fungsi Distribusi . kantor.2 EVALUASI KINERJA SISTEM PEMASARAN BUNGA KRISAN 2. Jakarta. Bandung. untuk pasar dalam negeri mereka melakukan pemasaran ke berbagai daerah besar seperti. sedangkan untuk pemasaran luar negeri atau ekspor PT alam bunga nusantara melakukan pemasarannya ke negara Hongkong.1 Melakukan penelusuran pemasaran secara (rapid marketing appaisal) untuk melakukan pemetaan saluran pemasaran dari hulu sampai hilir. Mereka hanya melakukan ekspor sebanyak 30% saja karena mereka takut akan resiko yang tinggi dan teknologi yang masih kalah terhadap negara.

3 Struktur. perilaku dan kinerja (SCP) perusahaan agribisnis.  Segmentasi pasar Pt alam bunga nusantara memeiliki segmentasi pasar yang luas sesuai motonya yaitu “merchedes nya bunga krisan “ sehingga dengan moto itu dan kualitas bagus dan tahan lama mereka berani melakukan pemasaran ke kota kota besar di Indonesia seperti Jakarta malang denpasar dan bandung. 3. fungsi fasilitas fungsi fasilitas ini diperlukan untuk melakukan kegiatan agribisnis seperti •Grade/standarisasi •Finance •Risk/risiko •Informasi pasar 2.  Strategi pasar PT alam bunga nusantara mempunya strategi pemasaran yang berbeda dengan perusahaan lainnya. mereka menerapkan system 7P yaitu . Storage Transportasi proses 2.Pendistribusian produk dilakukan dengan cara menyimpan untuk dilakukan greeding lalu di distribusikan ke tempat-tempat yang dituju Biasanya fungsi distribusi ini meliputi 1. karena mereka yakin produk mereka produk terbaik yang ada di Indonesia. 2.

biasanya produk yang di jual ke pedagang grosis cukup banyak karena keuntungan yang di ambil dari pedagang eceran juga banyak namun tidak menutup kemungkinan juga mereka . Physical euidance : strategi ini biasanya digunakan untuk mengenalkan produk kepada konsumen dengan melakukan open house. agar konsumen dapat mengingat cepat brand name produk mereka 5. People :di strategi ini PT alam bunga nusantara melakukan system total football yaitu dimana semua orang melayani konsumen 6. iklan cetak. Proses :proses yang mereka lakukan yaitu just in time dan continuity 7. Price :PT alam bunga nusantara juga menerapkan system cost for value yaitu harga yang rendah Promotion :mereka melakukan system promoosi melaui internet. 4. Spray (1 tangkai beberapa bunga) 3. Place :mereka menerapkan rantai distribusi yang merata membuat konsumen segala daerah bisa menikmati produk-produk PT alam bunga nusantara 3. 2.4 Margin pemasaran PT alam bunga nusantara memproduksi 3 jenis produk yaitu 1. Pot ( 5-7 bibit ) Biasanya produk PT alam bunga nusantara menjual produknya ke pedagang grosir dan eceran. Product : product yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang terjamin sehingga konsumen tertarik. 2.1. Standart ( 1 batang 1 bunga ) 2.

Menelaah organisasi pelaku perusahaan agribisnis. namun dalam pemasaran banayak hal yang mengakibatkan perubahan seperti tuntutan konsumen tentang keamanan pangan dan banyaknya pesaing atau kompotitor sehingga membuat banyak perubahan peran pemasaran dalam organisasi.1. 3.dengan adanya organisasi biasanya kegiatan pemasaran akan berjalan dengan rapih sehingga menciptakan kegiatan pemasaran yang sehat dan akan terarah dalam proses yang dilakukan.menjual ke pedagang eceran walaupun kecil keuntungan yang mereka dapatkan. . Peran Pemasaran dalam Organisasi Pelaku Agribisnis. Organisasi pelaku perusahaan agribisnis merupakan bagian penting dari manajemen pemasaran karena tanpa adanya organisasi yang teroerganisir maka perusahaan itu akan mengalami penurunan dalam segala aspek. 3.2 Perubahan peran pemasaran dalam organisasi pelaku usaha agribisnis pemasaran dalam organisasi merupakan salah satu hal penting juga dalam manajemen pemasaran karena tanpa pemasaran maka konsumen tidak akan mengetahui apa saja produk yang akan di jual ke konsumen dan peran pemasaran ini juga merupakan tempat komunikasi antara produsen dengan konsumen sehingga produsen mengetahui apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga produsen tidak salah dalam mengeluarkan produk yang di butuhkan konsumen.

dan memelihara keuntungan dari pertukaraan melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi atau perusahaan dalam jangka panjang. setelah semua diipenuhi saya ingin menghasilkan produk yang berbeda dan berkualitas melebihi produk produk pesaing.3 Penerapan manajemen pemasaran dalam perusahaan agribisnis. manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam pemasaran yang meliputi penganalisaan. lalu membuat cara baru agar perusahaan saya tidak lagi menggunakan cooling storage. dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk.3. Pengembangan Rencana Pemasaran Apabila saudara menjadi marketing eksekutive dan diminta mengembangkan pemasaran oleh perusahaan tersebut maka coba tuliskan: 4.1. Karena membutuhkan biaya yang cukup besar. dengan manajemen pemasaran yang baik maka kelangsungan hidup suatu perusahaan akan bertahan lama sesuai tujuan perusahaan. rencananya saya akan melakukan pendistribusian langsung ke tempat-tempat tujuan maka . Rencana bisnis Sebagai Manajer Eksekutif. membangun. perencanaan. pelaksanaan. rencana bisnis yang pertama saya yaitu menciptakan infrastrutkur yang memadai mencari sumberdaya manusia yang mempuni menciptakan teknologi budidaya yang dapat menandingi teknologi negara-negara kompotitor.

Seandainya saya menjadi marketing eksekutif saya akan menaikan persentasi untuk ekspor 50% dan dalam negeri 50%.3.Kajian pasar Kajian Pasar yg dlakukan pada pembatasan penjualan yang sebelumnya yaitu 30 % untuk ekspor dan 70% untuk pasar nasional.5. 4.4. 4.2. 4.Maksud dan tujuan Maksud : menghilangkan penggunaan cooling storage yang boros biaya Tujuan : meningkatkan kualitas agar dapat bersain dengan kompotitor baik dalam negeri maupun luar negeri. 4. dan melakukan strategi pemasaran lebih gencar dari dunia maya iklan dan promosi.dari itu disini saya akan mengembangkan kemitraan terhadap took-toko bunga di seluruh Indonesia agara pendistribusian dapat merata diseluruh Indonesia..Analisis konsumen .Rencana pemasaran Rencana pemasaran tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya yaitu ke pedagang eceran dan grosir tapi disini yang saya tambahkan adalah adanya pendistribusian ke tempat tempat yang belom terjangkau selamai ini.

dan kebanyakan konsumen memilih bunga krisan yang banyak diminati adalah bunga yang mekar sempurna. sehingga bunga potong menjadi awet dan tahan lama. penampilan yang sehat dan segar serta mempunyai tangkai batang yang tegar dan kekar.8.. 4. .6. 4.Analisis peluang pasar Peluang pasar dapat dikuasi karena kualitas produk kami unggul dan berkualitas no 1 jadi untuk peluang pasar dapat di jangkau dimana saja.Dimensi internasisonal dalam rencana pemasaran Rencana jangka pendek ialah mampu menciptakan produk bunga krisan yang mampu diterima konsumen luar negeri yang notabennya memili syarat –syarat yang rumit namun dengan teknologi budidaya yang baru mungkin kami akan menyaingi jepang dalam ekspor bunga krisan kedepannya. Permintaan bunga bertambah ketika perilaku masyarakat di kota besar dalam menyambut hari-hari special maupun hari-hari besar Natal. Biasanya digunakan untuk kebutuhan bahan dekorasi restorant. Tahun Baru dan Lebaran. 4. kantor.7. hotel maupun rumah tempat tinggal.Permintaan terhadap bunga krisan cukup beraagam.Analisis persaingan Kompotitor – kompotitor di dunia bisnis bunga cukup banyak seperti di dalam negeri kompotitor nya ialah saung mirwan yang memproduksi bunga hias juga namun karena kualitas produk kami memiliki keunggulan tersendiri jadi kami dapat mengatas semua kompotitor dalam negeri namun untuk luar negeri persaingan masih belum dpat bersain sepenuhnya apalagi dengan negara jepang karena kita masih kalah dalam hal teknologi.

Banyak pesaing-pesaing kuat yang juga memproduksi jenis bunga yang sama.9. hongkong. Malaysia. Struktur pasar dan rencana pemasaran.10.Hubungan antara tujuan pemasaran yang tepat dan keuntungan jangka panjang Mungkin untuk jangka panjang yang pertama akan dilakukan ialah Pt alam bunga nusantara menjadi perusahan satu.satunya di Indonesia yang memiliki pangsa pasar tetap di luar negeri seperti singapur . Struktur pasar bunga krisan yaitu pasar persaingan sempurna. . Taiwan. dan Australia bahakan sampai jepan juga menjadi pangsa pasar tetap PT alam bunga nusantara. 4.4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful