BAB I

PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG Perkembangan sistem informasi manajemen telah menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup signifikan dalam pola pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen baik pada tingkat operasional (pelaksana teknis) maupun pimpinan pada semua jenjang. Perkembangan ini juga telah menyebabkan perubahan-perubahan peran dari para manajer dalam pengambilan keputusan, mereka dituntut untuk selalu dapat memperoleh informasi yang paling akurat dan terkini yang dapat digunakannya dalam proses pengambilan keputusan. Tantangannya adalah untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, melaporkan dan menggunakan informasi yang paling relevan untuk membuat keputusan yang lebih efektif. Dengan membanjirnya informasi, dalam membuat keputusan, manajer harus secara tetap menghadapi kenyataan dan gambaran yang berlimpah-limpah dan menentukan mana informasi yang bermanfaat. Banyak organisasi mendesain system informasi manajemen untuk menyediakan kepada para manajer tentang informasi-informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang masuk akal. Selain faktor diatas, dewasa ini para manajer juga menghadapi suatu lingkungan bisnis yang semakin rumit dan bersifat dinamis. Kerumitan ini berkaitan dengan munculnya peraturan-peraturan yang sebelumnya tidak ada. Misalnya pelaporan keuangan dalam hubungannya dengan perpajakan yang harus disusun berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan. Sedangkan kedinamisan lingkungan berkaitan dengan kondisi lingkungan dewasa ini yang cepat sekali mengalami perubahan. Oleh karena itu, para manajer dituntut untuk mengambil keputusan dengan cepat sesuai dengan kondisi lingkungan yang sedang dihadapi. Dengan demikian maka perusahaan/organisasi mempunyai kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan yang berubah dengan cepat pula. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi, khususnya internet, telah membawa setiap orang dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan lebih akurat, berkualitas, dan tepat waktu. Setiap organisasi dapat memanfaatkan internet dan jaringan teknologi informasi untuk menjalankan berbagai aktivitasnya secara elektronis. Para manajer di berbagai organisasi juga diharapkan dapat dengan lebih mudah untuk menganalisis kinerjanya secara konstan dan konsisten dengan pemanfaatan teknologi informasi yang tersedia. Secara teoritis, komputer bukanlah persyarat mutlak bagi sebuah Sistem Informasi Manajemen, namun dalam praktek agaknya menjadi suatu kepercayaan bahwa Sistem Informasi Manajemen yang baik tidak akan berjalan lancar tanpa bantuan kemampuan sebuah komputer.

1|P a ge

2|P a ge .B. Maka dalam bab selanjutnya akan dibahas tentang pengertian. dan trend-trend komputer dan sistem informasi manajemen. konsep-konsep sistem informasi manajemen. IDENTIFIKASI MASALAH Sehubungan dengan hal tersebut diatas Sistem Informasi Manajemen merupakan hal yang penting dalam suatu Manajemen Bisnis. fungsi. sumber-sumber ketidakpuasan manejer.

Informasi Informasi merupakan data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat dirasakan dalam membuat keputusan baik untuk sekarang maupun yang akan datang. pengorganisasian dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan manusia atau sumber daya lainnya. maka perlu di tinjau dahulu pengertian dari kata-kata yang menyusun ³Sistem Informasi Manajemen (SIM)´ yaitu sistem. 2. dan manajemen Sistem Sistem dapat dibedakan menjadi dua. sistem merupakan susunan yang teratur dari kegiatan yang saling tergantung juga prosedur yang berhubungan untuk melaksanakan dan memudahkan pelaksanaan kegiatan utama dari organisasi. Dengan demikian sistem terdiri dari berbagai subsistem. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Sebelum mendefinisikan apa itu Sistem Informasi Manajemen. angka-angka atau statistik-statistik yang daripadanya dapat menghasilkan kesimpulan Manajemen Merupakan suatu proses yang terdiri dari perencanaan.BAB II PEMBAHASAN A. Dari ketiga pengertian tersebut. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa : 1. Sistem Informasi Manajemen adalah mengenai hal melaporkan informasi kepada orang yang tepat dalam suatu organisasi. informasi. Sistem Informasi Manajemen dapat didefinisikan sebagai serangkaian subsistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara. 1. Sedangkan yang di maksud dengan data adalah fakta-fakta. Menurut Ensiklopedi Manajemen. 3|P a ge . yaitu sistem berwujud dan tidak berwujud. untuk mengambil keputusan-keputusan oleh para manajer sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan untuk dicapai. Tak berwujud Sistem merupakan susunan yang teratur dari gagasan konsep yang saling bergantung. Berwujud Sistem merupakan serangkaian unsur yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. pengarahan.

pelanggan dan konsultan.2. B. yaitu 1. selanjutnya memproses data. penyimpanan sampai penyebaran keterangan dengan berbagai peralatan yang dapat memungkinkan para anggota melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya maupun membantu para manajer membuat keputusan atau menjalankan tugas kepemimpinannya dengan baik. dan kemudian mengubahnya menjadi informasi. Menyimpan dan Mengolah Data (processing) Setelah semua data terkumpul. secara sederhana dapat dikatakan bahwa sebuah sistem informasi mengumpulkan data sebagai masukkan. Mengumpulkan data (masukkan/Input) 2. 4|P a ge . Dalam pengertian yang lebih luas. Biasanya sebagian besar data yang dikumpulkan oleh Sistem Informasi Manajemen berasal dari sumber internal seperti catatan perusahaan atau laporan dan informasi yang disusun oleh manajer. Sumber eksternal berasal dari publikasi perdagangan. Database adalah sekumpulan data terintegrasi yang disimpan dalam satu tempat untuk memudahkan mengakses dan memproses data. database perlu diperbaharui. pengolahan. Menyimpan dan memproses/mengolah data (pemrosesan/processing) 3. Operator computer atau programmer dapat memperbaharui database secara manual dengan memasukkan disket/flaskdisk yang sesuai ke dalam computer dan kemudian melakukan perubahan data yang lama dengan yang baru. fungsi sisem informasi manajemen ada tiga. Data biasanya disimpan dalam disket atau hard disk computer. Data dapat diperoleh dari sumber-sumber yang berasal dari dalam maupun luar organisasi. jaringan lalu lintas keterangan-keterangan dalam organisasi mulai dari sumber-sumber yang melahirkan bahan-bahan keterangan melalui proses pengumpulan. Data Sistem Informasi Manajemen haruslah data terbaru. Data tersebut dapat dimuat oleh computer untuk memudahkan pengaksesan oleh pemakainya. FUNGSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Secara garis besar . Mengumpulkan Data (Input) Fungsi pertama dari Sistem Informasi Manajemen adalah menentukan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan dan mengorganisasikannya ke dalam database. Idatabase harusdisimpan dan diproses/diolah dalam suatu bentuk yang dapat dimanfaatkan oleh manajer. oleh karena itu. SIM merupakan keseluruhan jalinan hubungan. Menyajikan informasi tersebut kepada manajer (keluaran/output) Data Informasi Pemrosesan/pocessing Input Output Dari gambar di atas.

Pemrosesan data meliputi memindahkan data mentah secara mekanik ke dalam bentuk-bentuk informasi tertentu. Perangkat keras komputer 2. Perangkat aplikasi 3. seperti program-program untuk mengubah informasi yang disimpan dalam file data. atau buku. Informasi harus diperoleh. memproses data dan mencetak laporan. selain pemahaman sistem informasi organisasi berdasarkan komputer.Sekali data disimpan dalam SIM. Beberapa data dapat digunakan dalam bentuk sebagaimana adanya dia disimpan. manajer dapat menggunakan data untuk mengabil keputusan. diagram lingkaran. daftar. Grafik komputer yang biasa digunakan adalah diagram batang. Prosedur 5. pemakai informasi. Informasi verbal dapat disajikan dengan format teks dalam bentuk laporan. Sebuah organisasi yang memiliki sistem informasi yang terancang baik secara umum akan memiliki keuggulan posisi dalam persaingan atas organisasi yang sistemnya lebih lemah. Program computer juga dapat menamplkan grafik-grafik angka tersebut. KONSEP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Sistem informasi manajemen berhubungan langsung dengan organisasi dan dengan Sumber daya manusia yang mengolahnya. Petugas pengoperasian 5|P a ge . Menyajikan Informasi kepada Manajer (output) Data yang telah diproses harus dimasukkan dalam suatu bentuk yang bermanfaat bagi manajer. Tetapi seringkali data tersebut harus diproses agar sesuai dengan kebutuhan informasi manajer. Perangkat lunak SMDB juga digunakan untuk menyortir dan menggabungkan file-file. dimanipulasi dan dianalisis. C. garis besar. dan menghapus informasi yang sudah tidak diperlukan. artikel. Perangkat lunak sistem umum b. Suatu anggapan yang mendasar menyatakan bahwa sistem informasi menambah nilai suatu organisasi. Sistem Manajemen Database (SMDB) adalah sebuah program perangkat lunak computer yang membantu perusahaan untuk mengelola file-file datanya. diagram garis. Sebuah sistem informasi manajemen mengandung elemen-elemen sebagai berikut: 1. Informasi angka dapat disajikan dalam bentuk table atau grafik. buruh dan modal. menambah informasi baru. dan nilai informasi. Informasi dipandang sebagai suatu sumber daya seperti halnya dengan tanah. Perangkat lunak a. disimpan. didistribusikan dan sebagainya. diambil kembali. harus juga memahami konsepkonsep yang berhubungan dengan informasi. Oleh sebab itu. Database (data yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer) 4. diolah. dan grafik.

petunjuk untuk operator. 6|P a ge . Program untuk melaksanakan pengolahan komputer/data 2. Program untuk membuat terapan menjadi operasional (formulir. sehingga dapat diketahui kecenderungan yang ada. Tingkat Manajemen Menengah. Subsistem terapan dapat diuraikan dalam bentuk fungsi keorganisasian yang mendukung (seperti: bagian pemasaran. pesaing. yaitu : 1. Tingkat Manajemen Atas  Pada tingkat manajemen puncak. petunju untuk pemakai dan seterusnya). misalnya perusahaan akan mendirikan perusahaan baru. D. Tingkat informasi manajemen terbagi atas tiga tingkatan. pemasok. Panjang >3 tahun Menengah 1-3 tahun Ketidakpastian Sangat pasti Tipe Informasi Kebutuhan Bentuk Informasi Laporan Perencanaan Ringkas Strategis Kebijakan tidak Environmental Relative sedikit pasti Organisasional Pelaksanaan Relatif Kebijakan Perencanaan Taktis Departemental Perencanaan Terperinci taktis Bawah <1 tahun Sedikit pasti 1. dan peraturan-peraturan pemerintah. seperti informasi atas pelanggan. Tingkat Manajemen Bawah Tingkat Waktu Mnajemen Atas Jk. dan 3.  Bentuk penyajian informasi harus ringkas. informasi yang dibutuhkan berkenaan dengan perencanaan strategis kebijakan  Tipe informasi Environmental. manajemen sumber daya manusia. Tingkat Manajemen Atas 2. TINGKAT INFORMASI MANAJEMEN Berdasarkan tingkatannya. dan lain sebagainya) atau dalam bentuk jenis kegiatan yang sedang dilaksanakan. maka ia harus menghimpun dan mempertimbangkan informasi-informasi yang ada selama minimal 3 (tiga) tahun. artinya informasi yang berkaitan dengan lingkungan bisnis. keuangan.Dalam hal pengoperasian. baru ia dapat mengambil keputusan apakah akan mendirikan perusahaan baru atau tidak. sebuah subsistem terapan lengkap terdiri dari: 1. produksi. tidak harus terperinci  Jangka waktu yang diperlukan minimal 3 (tiga) tahun.

PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN Jenis informasi yang diperlukan pertama kali sebelum organisasi tersebut memasarkan barangnya adalah : 1.  Penyajian informasi harus terperinci. Informasi mengenai kebutuhan yang ada di dalam masyarakat terhadap barang yang akan dipasarkan 2. Sebuah sisem pengolahan informasi pada dasarnya tidaklah sekedar melakukan pengolahan data transaksi yang ada bagi sebuah organisasi. Sistem informasi berdasarkan komputer merupakan sistem pengolahan informasi yang menerapkan kemampuan komputer untuk menyajikan informasi bagi manajemen dalam rangka pengambilan keputusan. Informasi mengenai kemampuan dan daya beli masyarakat 3. misalnya untuk membuat laporan mingguan. informasi yang masih harus disimpan atau harus ditambahkan jenis informasi lainnya. Informasi mengenai pesaing 5. dan atau pemasaran. keuangan. E. karena menyangkut pelaksanaan aktivitas harian dan anggaran operasional  Informasi yang digunakan adalah informasi jangka pendek (< 1 tahun).  Informasi yang diperlukan disajikan relative lebih terperinci  Informasi yang harus dipertimbangkan adalah antara 1-3 tahun. Tingkat Manajemen Menengah  Informasi yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kebijakan perencanaan taktis  Tipe informasi bersifat organisasional. tetapi juga harus mampu member dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi manajemen dan pengambilan keputusannya. Sistem tersebut dapat digambarkan sebagai sebuah piramida yang terbagi menjadi beberapa lapis. 3. produksi. Misalnya untuk membuat sistem pengendalian kualitas oleh manajer produksi. artinya informasi tentang aktivitasaktivitas organisasi. Informasi mengenai peraturan-peraturan pemerintah yang ada hubungannya dengan barang yang akan dipasarkan 4. Tingkat Manajemen Bawah  Kebutuhan informasi digunakan untuk perencanaan taktis  Tipe informasi bersifat departemental. Sistem informasi berdasarkan komputer juga sering disebut sebagai sistem informasi manajemen. misalnya untuk membuat laporan bulanan mengenai penjualan.artinya tipe informasi yang diperlukan sebats informasi-informasi dalam departemen-departemen yang ada dalam perusahaan. Informasi lain yang relevan Informasi-informasi tersebut masih harus diolah dan diteliti terlebh dahulu dengan menyeleksi informasi mana saja yang benar-benar bisa dimanfaatkan pada saat itu. Lapisan dasarnya terdiri dari informasi yang dapat digunakan pengolahan transaksi.2. 7|P a ge . Misalnya mengenai absensi pegawai dan sebagainya. personalia. baru ia dapat mengambil keputusan-keputusan. bulanan dan tahunan.

penjelasan status dan sebagainya. Para manajer biasanya terlalu mengandalkan diri pada sistem informasi manajemen formal. Revolusi tersebut akan terjadi jika berada dalam 3 (tiga) pertimbangan dasar yang mendesain sebuah SIM. Ada bagian komputer yang berfungsi untuk memasukkan data. 8|P a ge . Secara keseluruhan. 4. Ilmu Manajemen 3. Alat komputer Adakalanya manajer frustasi menghadapi sistem informasi manajemen yang dimilikinya. SIM Sebagai teknik untuk mengambil keputusan Bila komputer dimasukkan dan ilmu manajemen sebagai bagian atau sarana terpadu dari sistem informasi yang berdasarkan komputer. yaitu : 1. Sebagian besar informasi yang diperlukan manajer senior adalah untuk satu jenis masalah. seluruh bagian atau lapisan yang ada pada piramida tersebut harus terikat dalam satu kesatuan bentuk sehingga diantaranya mereka bisa saling bekerjasama. Grafik Piramida Sistem Informasi berdasarkan komputer y Sumber daya informasi yang dapat digunakan untuk mendukung rencana dan perumusan kebijaksanaan oleh tingkat puncak manajemen y Sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dalam pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Sedangkan lapisan terakhir atau lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi yang bisa digunakan untuk mendukung rencana dan perumusan kebijaksanaan oleh tingkat puncak manajemen. y Sumber-sumber informasi yang mendukung operasi manajemen y Informasi yang dapat digunakan untuk pengolahan transaksi. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dalam pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. yang seringkali sulit untuk diantisipasi. ada yang berfungsi untuk mengolah data. Sebagian besar informasi yang diperlukan manajersenior berorientasi masa depan. 3. lapiran berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi yang mendukung operasi manajemen sehari-hari. Dengan adanya ikatan tersebut. Penyebabnya adalah : 1. 2. yang tidak akan pernah memenuhi semua keperluan informasinya. maka prospek terjadinya revolusi dalam pengambilan keputusan yang diprogramkan akan nyata. Masalah yang harus dipecahkan 2. dan ada yang berfungsi sebagai pengeluaran hasil proses. komputer bisa digunakan untuk mendukung fungsi operasi pengolahan data oleh manajemen dalam hal pengambilan keputusan dalam sebuah operasi.penjelasan status dan sebagainya. Para manajer menerima sebagian besar informasi dari diskusi dengan orang lain daripada dari sistem komputer. atau berasal dari luar organisasi. Komputer juga mempunyai bagian-bagian yang mempunyai fungsi-fungsi sendiri tetapi juga terikat dalam satu kesatuan bentuk.

Para manajer didorong untuk berpartisipasi penuh dalam proses pengembangan sistem informasi manajemen. Kelebihan: y Data yang dikumpulkan cukup teliti y Daerah pengumpulan data bisa luas y Dapat diwakilkan orang lain Kekurangan: y Biayanya mahal y Kalau diwakilkan. Banyak manajer yang tidak memahami teknologi sistem informasi dengan baik guna memahami potensi kekurangannya. Wawancara : Mengadakan wawancara kepada objek/orang yang bersangkutan mengenai hal yang kita amati. DATA DAN INFORMASI Data adalah fakta-fakta. 9.5. Kekurangan: y Daerah untuk mendapatkan data tidak luas y Pengumpulan data mahal y Pengumpulan data tidak dapat dilakukan apabila banyak hal yang harus diselidiki 2. tidak akan mengetahui sasaran penelitian 3.atau pendapat yang belum memiliki makna yang dapat dimanfaatkan. memang tidak ada penyelesaian yang sederhana. 8. Pengamatan langsung: Mengadakan pengamatan langsung terhadap objek yang sedang kita teliti. Perkiraan : Kelebihan: 9|P a ge . Metode-metode yang digunakan untuk mengumpulkan data : 1. Tanggung jawab manajer sering berubah 6. Para analis sistem tidak memahami proses manajemen atau bagaimana pola piker manajer mengolah data. 10. Para manajer dan teknisi komputer biasanya memiliki pola piker yang berbeda dan berbicara dengan istilah yang berbeda pula. Banyak organisasi yang masih memiliki perspektif bahwa sistem informasi manajemen semata-mata hanya untuk meringkas informasi dari tingkat operasional. Jadi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Data ini merupakan bahan mentah dari informas.perkiraan. kita harus terlebih mendapatkan data. Para manajer adalah manusia yang berorientasi pada tindakan dan hanya memiliki sedikit waktu untuk menyelesaikan proyek dan masalah. 7. sehingga sistem yang dibangun untuk kepentingan manajer seringkali tidak memuaskan. teliti dan cermat. F. Kelebihan: y Data yang dikumpulkan lebih kompleks. Sehubungan dengan hal tersebut.

Nilai informasi berhubungan dengan keputusan. Karakteristik Informasi dalam lingkup sistem informasi : 1. Penanganan informasi atau pengolahan data terdiri dari enam unsure : 1. Bila penerima informasi yang salah mempercayai. Informasi dapat sama sekali baru dan segar bagi penerimanya. Pengolahan/komputasi 4. Penghantaran/transmisi 6. Dapat mempertegas informasi yang telah ada.y Biaya murah y Daerah pengumpulan data bisa luas Kekurangan: y Ketelitian data sangat kurang y Kebenaran data kadang diragukan 4. Nilai informasi dilukiskan paling berarti dalam konteks sebuah keputusan. Pengolahan Data Menurut G. Terry. 3. Penyajian 5. Misalnya barang jadi sebuah divisi manufaktur menjadi bahan baku bagi divisi yang lain. kemudian setelah diisi lengkap. Bila tidak ada pilihan atau keputusan. informasi menjadi tidak diperlukan. Kelebihan: y Biaya lebih murah y Data terkumpul lebih cepat Kekurangan: y Kadang responden tidak mengembalikan daftar pertanyaan. akibatnya sama seperti benar 2. pengolahan data adalah serangkaian operasi atas informasi yang direncanakan guna mencapai tujuan atau hasil yang diinginkan. Daftar Pertanyaan: Kita membagikan daftar pertanyaan atau kuisioner untuk diisi respnden. Baru. Informasi Informasi adalah data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan baik untuk saat ini maupun yang akan datang. Dapat menjadi koreksi atas informasi yang salah atau palsu sebelumnya 4. Tambahan. Hubungan antara data dan informasi adalah sebagai bahan baku dan barang jadi. Penegasan. Benar atau salah. dikumpulkan lagi. Penginderaan/sensing 2. 10 | P a g e . Berhubungan dengan realita atau tidak. Informasi perlu disimpan untuk mengembalikan keputusan karena dalam pengambilan keputusan tidak hanya dilakukan pada masa sekarang. tapi juga masa yang lalu dan yang akan datang. Pengumpulan/kompilasi 3.

sehingga telah dipakai secara luas. mempunyai tingkat ketelitian yang sangat tinggi dan harga relatif murah. komputer dapat disebut sebagai alat pengolah data. Komputer untuk penggunaan khusus (Sspecial Purpose Computers) komputer yang khusus digunakan untuk membantu mengolah masalah-masalah khusus.Kualitas informasi dapat dilihat dari kesalahan informasi tersebut yang dapat menyebabkan kesalahan dalam mengambil keputusan. dan memproses data dan mengeluarkan data sebagai informasi yang bermanfaat. Komputer berasal dari istilah asing ³to compute´. dsb.  Klasifikasi computer menurut fungsinya a. b. Komputer Analog Prinsip kerja computer analog adalah mengolah data secara kualitatif. sekalipun dapat mengolah data secara kuantitatif namun tidak terlalu teliti. 11 | P a g e . yaitu dapat mengolah data secara kuantitatif dan kualitatif. K O M P U T E R Komputer adalah suatu alat elektronik yang digunakan untuk menginput. Dengan demikian secara sederhana komputer dapat diartikan sebagai alat hitung/mesin hitung. speedometer pada kendaraan. alat-alat permainan digital. penunjuk waktu digital . Komputer Hybrid Prinsip dasar computer hybrid adalag gabungan dari analog dan computer digital. Keunggulan komputer jenis ini dapat bekerja dengan amat cepat. c. dsb. Komputer untuk penggunaan umum (General Purpose Computers)  Klasifikasi Komputer menurut Kapasitasnya a. artinya menghitung. Computer analog bekerja secara kontinyu dan parallel sehingga dipakai untuk stimulator/stimulasi yaitu penggunaan model-model fisis terhadap masalahmasalahnya.. Jenis-jenis komputer:  Klasifikasi komputer menurut jenis data yang diolah dan cara Kerjanya a. G.Komputer yang ukuran fisiknya mulai dari ukuran kalkulator sampai dengan ukuran yang dapat diletakkan di meja. Komputer Digital Prinsip kerja computer digital adalah mengolah data secara kuantitatif. Karena memegang peranan penting dalam sistem pengolahan data elektronik. Namun di Indonesia maknanya lebih luas. b. makin rendah kualitas informasi yang digunakan untuk mengambil keputusan. Contohnya: alat pengukur temperature (thermometer). Contoh computer yang menggunakan system digit. Komputer Mikro . menyimpan. Makin banyak kesalahan yang dibuat.

dsb. 16 MB atau lebih .Memorinya antara 512 KB s.Contoh: IBM 4318. IBM 370/165 dan sebagainya Komputer Maxi . dll Satuan Data Satuan data dapat dibedakan sebagai berikut: a.Contoh: IBM PC. AB.Kemampuannya beberapa kali lebih besar daripada komputr mikro dengan ukuran fisik kira-kira sebesar lemari kecil.Komputer ini biasanya lebih dari satu . dsb.Kecepatannya sangat tinggi (mencapai 1 milyar operasi per detik/1 GOPS) . . Field : merupakan gabungan dari character-character dan dibedakan menjadi 3 bagian : .Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan penerbangan untuk melayani pengaturan pemesanan tempat dari ribuan orang atau puluhan kota diseluruh dunia . 1000.Kemampuannya beberapa kali lebuh besar daripada komputer mini.Harganya relatif murah . untuk membuatnya diperlukan sebuah ruangan.d z) . APLLE II dan merk buatan Indonesia lainnya. AA12. BIT (Binary Digit) : merupakan unit terkecil dari data. soal 001.d 9) . gabungan dari huruf (contoh A.d.Karakter special (tanda + . meteorology.Numeric Field. .) . menyajikan kondisi pulsapulsa ON/OFF. Gaji. c. gabungan dari angka (contoh: 1. 36 MB atau lebih . perencanaan pesawat. e.d.Contoh : IBM 3081 Komputer Super . Numeric dan Special c. 500. MINI VAX.Diperlukan dalam bidang tertentu seperti militer.Alphanumeric adalah gabungan dari karakter Alphabetic.) .Memorinya adalah 128 KB s./ * . b.Ukurannya fisiknya memerlukan sebuah ruangan yang besar .Karakter alphabetic (huruf A s. Karakter : dibedakan menjadi 3 bagian .- b. d.Alphabetic Field.Luas. : ( ) $ dan sebagainya) . Komputer Mini .Bisa digunakan secara multi user .Merupakan single user system . dsb.Contohnya: IBM S/38.Alphabetic Field. gabungan antara angka dan huruf (contoh: program 1. dan lain-lain Komputer Medium .) 12 | P a g e . 10. .Memorinya dapat mencapai 64 MB .Karakter numeric (angka 1 s. Kapasitas memorinya dari 65 KB sampai dengan 3 MB Kapasitas penyimpanan magnetisnya bervariasi dari 100 KB (disket) sampai dengan 40 juta bite (hardisk) .

CPU) 4. pengendalian dan penyimpanan utama (unit pengolahan utama. file nasabah. 2. Printer Perangkat keras untuk pengolahan data komputer terdiri atas perlengkapan yang mengerjakan fungsi berikut: 1. Keyboard (papan ketik) b. Pemrogram/Programer Tugasnya adalah membuat aplikasi komputer atau program komputer dengan mempergunakan komputer maupun perangkat-perangkat lunak terpadu komputer. (contoh: record mahasiswa) e. CPU d. Tingkat pemrograman yaitu: a. Tugasnya adalah menentukan tujuan system komputerisasi suatu perusahaan. System programmer c.d. Memasukkan data pada komputer 3. Monitor (layar) c. Aplikasi programmer b. Computer Engineer/maintenance Perangkat Keras/hardware Perangkat keras/Hardware adalah peralatan-peralatan fisik yang menunjang berdirinya sebuah komputer. yaitu: 1) Perangkat Manusiawi/Brainware 2) Perangkat Keras/Hardware 3) Perangkat lunak/software Perangkat Manusiawi/Brainware Brainware atau lifeware professional adalah unsur manusia yang dapat digolongkan sebagai berikut: 1. Contoh: file karyawan. file stock barang. Secara umum terdiri dari: a. System Pengolahan Data System pengolahan data secara elektronik (Electronic Data Procesing System (EDPS)) harus memenuhi tiga unsure. mengadakan studi kelayakan (fleksibility study) yaitu apakah suatu perusahaan layak memakai system komputerisasi dan mendesain system sesuai dengan permintaan pemakai. File : gabungan dari record yang sejenis. Komputasi. Record : gabungan dari Field yang membentuk satu kesatuan. Operator d. Keluaran dari komputer 13 | P a g e . Analis system (System Analist) Adalah seseorang yang mencapai kedudukan tertinggi dalam pemrograman dan mempunyai pengalaman paling sedikit 5 tahun. file mahasiswa. Penyimpanan data 2.

Bahasa (language) 4. Program paket (package program) 5. Kebutuhan ±kebutuhan itu adalah pemroses kata (word processing). termasuk ilustrasi saat dibutuhkan. yaitu: 1. berita. 2. Perangkat lunak dibagi atas 2 (dua) bagian.  Lembar kerja (spreadsheet) Seorang manajer atau akutan dapat menggunakan lembar kerja terkomputerisasi untuk mengorganisasikan data ke dalam baris dan kolom dan menghasilkan perhitungan matematika. Sistem Operasi (Operating system) 2. laporan. yaitu: 1.  Grafik Grafik komputer berguna untuk menampilkan informasi keuangan dan membuat perbandingan antara perusahaan atau kinerja pada tahun-tahun yang berbeda. Dokumen tertulis tersebut dapat berupa surat. KOMPUTER DAN BISNIS Kapabilitas Komputer Perangkat keras dan lunak komputer saat ini dapat memuaskan setiap kebutuhan bisnis.Perangkat Lunak/Software Perangkat lunak adalah program untuk menjalankan system komputer. Desktop publishing memungkinkan seseorang 14 | P a g e . Program aplikasi (application program) H. Perangkat lunak di bedakan menjadi 2 (dua) bagian: 1) Tailor Made Software Adalah aplikasi-aplikasi yang dirancang oleh pemrogram sesuai dengan permintaan pemakai dengan menggunakan bahasa pemrograman 2) Ready Made Software Adalah aplikasi-aplikasi terpadu yang telah siap dipakai sesuai dengan kegunaan masing-masing. dan menyisipkan grafik. lembar kerja (spreadsheet). dan desktop publishing. Perangkat lunak aplikasi/Application Software Dibuat oleh programmer maupun pemakai komputer.  Desktop Publishing Dengan perangkat lunak desktop publishing. Alat bantu (utility) 3. dan buku. misalnya operating system and complier. Perangkat lunak system/system software Adalah kumpulan instruksi atau program yang dibuat oleh pabrik komputer.  Pemroses Kata Adalah membuat dokumen tertulis dengan sebuah komputer. grafik. Elemen Perangkat Lunak Perangkat Lunak dibagi atas 5 (lima) kelompok utama. pemakai dapat mendesain halaman dan perbandingan format untuk majalah dan buku. memo.

Orang mengakses catatan komputer untuk mencuri uang dan merusak perusahaan bisnis dan pemerintah. system informasi manajemen juga menjadi lebih canggih. Expert System (Sistem ahli) merupakan program komputer yang meniru cara berpikir manusia dan memberikan saran atau solusi terhadap masalah yang kompleks dengan cara yang sama dengan apa yang dilakukan oleh seorang ahli. penjadwalan. membayar tagihan. Jumlah komputer yang berlimpah memungkinkan perusahaan bisnis mengadakan aplikasi komputer yang lebih banyak. Ancaman serius lainnya bagi pemakai komputer adalah virus komputer yaitu suatu program komputer yang mengcopy dirinya sendiri dengan tak habis-habisnya ke program lainnya dan menghancurkan data yang tersimpan dalam proses. laporan. Tenaga penjualan seringkali memiliki komputer di mobilnya untuk mempercepat akses informasi kepada para manajernya. I. surat menyurat elektronik dan hubungan pemasaran. Dengan meningkatnya kekuatan komputer. Komputer laptop sekarang seperti kopor atau tas bagi bisnis perjalanan. proses pesanan.atau perusahaan menghasilkan laporan. Komputer yang lebih kecil yang dapat dibawah seperti laptop telah mengubah cara orang-orang dalam berbisnis dengan menggunakan komputer. dan laporan berkala yang berkualitas tinggi dengan harga yang lebih murah daripada dicetak ke percetakan. Pertumbuhan teknologi komputer telah berkurang. Beberapa perusahaan mengembangkan komputer yang mengubah tulisan tangan ke dalam data dan lalu menyingkirkan kebutuhan akan sebuah papan ketik (sekarang mulai bermunculan Laptop/ smartphone layar sentuh yang mulai meminimalisasi penggunaan papan ketik). Di masa yang akan dating juga aka nada komputer dengan kapabilitas yang lebih besar untuk mengenali suara manusia. dan sebagainya). Beberapa pelaku bisnis menuduh penyimpanan file data yang besar terhadap seseorang menimbulkan 15 | P a g e . Salah satu masalah membuat komputer yang lebih kecil adalh papan ketiknya. memo. dan menyelesaikan transaksi bank melalui personal computers (PC) di rumah atau dikantor. misalnya telah menyita perhatian dewasa ini. Pemakaian yang tidak benar dari kapabilitas komputer yang besar untuk mengumpulkan informasi dapat mengganggu hak privasi seseorang. TREND KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Tidak ada perusahaan bisnis yang dapat berfungsi secara efisien tanpa komputer. Aplikasi Bisnis Aplikasi komputer untuk bisnis pada umumnya adalah daftar gaji/upah. pengendalian persediaan. Kejahatan komputer. dan koresponden bisnis lainnya. seperti menetapkan pesanan. Beberapa ahli menunjuk pada masyarakat ³paperless´ (tanpa kertas) saat komputer digunakan untuk menulis surat. brosur. Teknologi mengarah kepada komputer yang lebih kecil. utang piutang. pemeliharaan catatan (data pegawai.

Tanpa komputer. Komputer akan terus berperan dan peran tersebut akan meningkat di dunia bisnis dan di dalam masyarakat. perusahaan kadang-kadang menjual database pelanggannya kepada pihak lain yang mungkin menggunakannya untuk melakukan usaha bisnis. Jika digunakan dengan benar. membantu manajer mengambil keputusan. komputer sebenarnya melakukan hubungan telepon untuk menjual produk dan permintaan sumbangan. 16 | P a g e . Komputer telah menjasi bagian penting dalam kehidupan. padahal kita sudah biasa bertumbuh bersamanya. komputer dapat meningkatkan efisiensi bisnis. dan juga menyelamatkan kehidupan. Misalnya. Dalam banyak kasus.kemungkinan ia menyebarkan data tersebut dengan tidak etis. kita akan memiliki lebih sedikit kemudahan.

dan perkembangannya terjadi begitu cepat maka komputer/operator/penyaji data maupun manajer harus terus perkembangan teknologi dan informasi sehingga tidak tertinggal dalam informasi yang baik bagi organisasi/perusahaan. Kedua. B. informasi pemakai mengikuti penyajian 17 | P a g e . kompleksitas kegiatan bisnis meningkat yang mengharuskan manajer untuk lebih jeli menilai suatu informasi agar dapat menghasilkan keputusan yang berpengaruh baik untuk organisasi. SARAN Mengingat Komputer merupakan bagian utama dari suatu system manajemen. Alasan yang mendasari pentingnya Sistem Informasi Manajemen Pertama. KESIMPULAN Sistem Informasi Manajemen bukan hanya menambah nilai suatu organisasi. Kemampuan komputer yang semakin baik menuntut pengguna komputer untuk mampu mendayagunakan komputer semaksimal mungkin mengingat komputer merupakan wadah utama Sistem Informasi Manajemen. tapi juga dipandang sebagai suatu sumber daya bagi organisasi karena perkembangan informasi di masa ini sangat pesat dan bervariasi sehingga untuk kepentingan pengambilan keputusan.BAB III PENUTUP A. harus didasarkan pada informasi yang handal.

18 | P a g e .