Dewi Sundari/10 002 207/ TIK C

Fakta Negatif tentang RSBI

PENDAHULUAN Sebagaimana telah diamanatkan dalam UUD 1945 pada pasal 31 dinyatakan bahwa : (1) Setiap Warga Negara berhak mendapatkan pendidikan; (2) Setiap Warga Negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya; serta (3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa´. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah telah menetapkan tiga rencana strategis dalam jangka menengah, yaitu : (1) Peningkatan akses dan pemerataan dalam rangka penuntasan wajib belajar pendidikan dasar, (2) Peningkatan mutu, efisiensi, relevansi, dan peningkatan daya saing, dan (3) Peningkatan manajemen, akuntabilitas, dan pencitraan publik Untuk itulah pemerintah, dalam hal ini kementrian pendidikan nasional gencar berupaya untuk mewujudkan tujuan itu. Sekolah, saat ini sedang berlomba-lomba untuk beralih ³label´ menjadi sekolah bertaraf internasional (SBI). Sbi sendiri adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didiknya berdasarkan stándar nasional pendidikan (snp) indonesia dan tarafnya internasional, sehingga lulusannya memiliki kemampuan daya saing internasional.

ISI Berdasarkan berbagai penelitian dari sekolah-sekolah yang menerapkan sistem atau dalam proses pencapaian target sebagai Sekolah Berstandar Internasional, didapatkan fakta-fakta tentang dampak-danpak negatif Sekolah Berstandar Internasional di samping dampak-danpak positifnya. Berikut fakta-fakta tersebut :

Namun kebijakan ini juga bisa berimplikasi negatif terhadap pembedaan perlakuan dan fasilitas. Namun bagi wali murid dari kalangan tidak mampu tentu akan menjadi problem besar. celakanya nominal sumbangan inilah yang kemudian disinyalir menjadi parameter utama untuk menentukan kelolosan calon siswa. Protes berlanjut terhadap kebijakan penarikan sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) yang dipatok minimal Rp 250. Bagi kalangan menengah ke atas. Biaya yang dipatok untuk calon siswa baru mencekik leher karena angkanya dipatok minimal Rp 2. Walhasil. Berbagai keluhan serta pro dan kontra terus mengiringi keberadaan RSBI yang dianggap berjalan amburadul. Mereka memprotes tingginya uang sumbangan pengembangan dan sumbangan rutin yang oleh panitia dipatok ugal-ugalan. Biaya itu adalah biaya minimal yang berarti siapa yang mampu boleh mengisi semaksimal mungkin. Sekali lagi. Mungkin. uang sebesar tentu sangatlah kecil. Saking derasnya aduan yang masuk. Alhasil. siswa yang diterima pun lebih banyak akibat latar belakang ekonomi dan sumbangan. Sebuah terobosan edukasi yang tentu patut mendapat apresiasi tersendiri. dengan mengesampingkan kemampuan akademik.Dewi Sundari/10 002 207/ TIK C A. merupakan cikal bakal persiapan menuju sekolah berstandar internasional. . mungkin kebijakan ini dimaksudkan untuk orientasi demokratis. Namun. RSBI menjadi ajang komersialisasi Rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI).5 juta rupiah. program ini seolah hanya menjadi ajang komersialisasi. Hasilnya pun membelalakkan mata. sampai-sampai salah satu anggota DPRD setempat turun langsung untuk melakukan inspeksi.000 per bulan dan wajib diisi sesuai kemampuan. kebijakan pengisian blangko sumbangan bermaksud membelajarkan budaya demokrasi. Tidak berhenti sampai di sini. Masih segar ingatan kita tentang protes dari calon walimurid yang mendaftarkan anaknya di RSBI SMP N 1 Sragen. Namun apa daya. sepertinya negeri ini memang kaya program namun kadang aplikasi di lapangan belumlah seperti yang diharapkan.

sehingga anak-anak yang memiliki kemampuan baik. Kemudian. misalnya minder karena uang SPP-nya di bawah siswa lain. Sebab sejak awal panitia dilaporkan gembar-gembor bersuara bahwa kelulusan bukan ditentukan oleh besarnya sumbangan namun dari akumulasi nilai dari SD. sehingga terkesan sekolah SBI hanya untuk kalangan orang mampu secara ekonomi . Terlalu absurd memang. Namun protes mereka lebih dikarenakan ketidakadilan dan kecurangan yang terjadi. Protes paling anyar juga dialamatkan untuk SMAN 1 Sragen yang kira-kira berlatar belakang hampir sama. tapi kurang mampu secara ekonomi makin sulit untuk mendapatkan sekolah yang berkualitas. . Namun pada kenyataannya pada papan pengumuman juga tidak mencantumkan nilai siswa yang sejak awal bakal dicantumkan secara transparan. RSBI berdampak pada ketimpangan sosial RSBI banyak mempengaruhi psikologi anak dari kalangan menengah ke bawah. Mereka kecewa karena mendapati nama anaknya tidak tercantum di papan pengumuman siswa yang diterima. Padahal secara nilai akademik. Namun. ditambah nilai tes kompetensi pada saat ujian masuk. ternyata mayoritas siswa yang diterima adalah anak-anak dari pejabat dan orang-orang terkemuka di wilayah setempat dengan latar belakang ekonomi menengah ke atas. jika kekecewaan mereka dilatarbelakangi kegagalan memasukkan anaknya di RSBI. semestinya anak -anak mereka bisa diterima karena memiliki riwayat prestasi baik di SD. Beberapa waktu lalu. banyak orang yang berkeluh kesah tentang sistem PSB yang tidak transparan di RSBI salah satu SMP favorit di Bumi Intanpari ini. melebar ke Kabupaten Karanganyar. Tingginya biaya pendidikan yang harus dibayar oleh orang tua murid.Dewi Sundari/10 002 207/ TIK C B.

com/berita/rsbi-sekadar-komersialisasi-16114. Hasil evaluasi pemerintah terhadap RSBI itu akan menjadi landasan penyusunan peraturan Menteri Pendidikan Nasional mengenai RSBI yang antara lain akan memperketat penggunaan dana.Ribu.php?option=com_content&view=article&id=84%3A rsbi&catid=39%3Arsbi&lang=en. Penyalahgunaan penggunaan dana oleh RSBI Daftar Pustaka http://www. 13/06/11 http://harianjoglosemar.25.com/2011/05/21/ada-apa-dengan-sbi/.com/news/detail/86737/SPP. masih banyak lagi detail-detail tentang dampak negatif RSBI yang masih bisa kita dapatkan dari berbagai sumber informasi.Rp. Tetapi dua hal utama tersebut diharapkan mampu member informasi kepada kita semua secara garis besar tentang dampak negatif RSBI.Naik. 13/06/11 .Murid.com/serba-serbi/penulis/kontroversi-rintisan-sekolah-bertarafintrenasional-rsbi. 13/06/11 http://binarti.com/index.Wali.html.html. Selain itu.ht ml. 13/06/11 http://www.gagasmedia.wordpress. dapat ditarik kesimpulan bahwa masih banyak pengkajian yang harus dilakukan untuk memastikan apakah RSBI bias berjalan sebagaimana fungsinya ataukah tidak.krjogja.Protes.Dewi Sundari/10 002 207/ TIK C PENUTUP Kesimpulan Selain dua hal utama tersebut di atas.. 13/06/11 http://smpipbsoedirman.

php?tid=28.html.kompasiana. 13/06/11 http://edukasi.blogspot.Penyelewengan.di.kompas.dan. 13/06/11 http://diksia. 13/06/11 http://majalahforum.com/read/2011/03/15/21234459/RSBI. 13/06/11 http://ami62.com/pendidikan.Level.php/2011/04/14/sekolah-bertaraf-internasional-apa-yangkita-cari/.com/rsbi-jangan-eksklusif-dan-orang-kaya-saja/.Dewi Sundari/10 002 207/ TIK C http://edukasi.com/2011/04/13/rsbi-pembodohan-sistemik/.Se mua. 13/06/11 http://satriadharma.com/index.com/2010/11/daftar-permasalahan-di-rsbi. 13/06/11 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful