P. 1
Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan Fisiologis

|Views: 394|Likes:
Published by Rafazz Area

More info:

Published by: Rafazz Area on Jun 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

Kebutuhan Fisiologis Kebutuhan jasmani yang vital, yang akan menjamin keberadaan individu dalam kelangsungan hidupnya.

Kebutuhan ini sangat proritas. Kebutuhan akan rasa aman Manusia merasa takut kepada hal-hal yang tidak diketahuinya, sehingga membutuhkan orang lain yang bisa melindunginya, hal ini bisa diperingankan dengan meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Kebutuhan akan Cinta Manusia membutuhkan cinta dari orang lain. Ia akan merasa bahagia bila orang yang dicintainya mendekat, begitu juga cinta kepada Tuhan. Kebutuhan akan penghargaan Manusia akan mencurahkan segala kemampuan dan usahanya agar dihargai oleh orang lai, sehingga ia merasa berharga, mempunyai kedudukan tinggi. Penghargaan ini diwujudkan dalam bentuk pemberian balasan manusia dan sanjungannya. Tidak terpenuhinya kebutuhan ini akan menimbulkan perasaan rendah diri dan mecela diri sendiri. Kebutuhan akan pengetahuan Yakni kebutuhan akan pemahaman, bertambahnya ilmu, memperdalam pengetahuan, merumuskan permasalahan dan memecahkannya. Bertambahnya ilmu ada hubungannya dengan kesimbangan dalam segala hal, juga berkaitan dengan perilaku yang baik dan kemapuan dalam memecahkan masalah. Kebutuhan akan keberhasilan dan Keinginan untuk unggul Kebutuhan manusia akan keberhasilan dalam melaksanakan suatu pekerjaan akan memotivasinya untuk menambah ilmu, merasa percaya diri dan berani menghadapi masalah baru. Manusia akan memaksimalkan usahanya sehingga hasil yang ia raih lebih baik dari orang lain. Dengan tujuan mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas keunggulan dari orang lain. Kebutuhan akan Afiliasi Biasanya manusia bekerja demi kemaslahatan kelompok yang menjadi tempat bersandarnya. Dimana individu menjadi bagian dari semuanya dan peranannya sangat vital untuk kesuksesan pekerjaan. Kebutuhan akan Motivasi Manusia suka mencari ketenangan dan ketentraman tetapi setelah beberaqpa saat ia merasa bosan dan berusaha mencari objek yang mebuatnya sibuk. Tanpa motivasi, seseorang akan merasa kehampaan sehingga tidak bisa hidup dalam kesendiriannya tanpa melakukan sesuatu pun.

Pendidikan bertujuan menjadikan koreksi internal bukan eksternal. maka keadaan individu dan kelompok akan mejadi baik.Kebutuhan akan kebebasan Manusia membutuhkan kebebasan dalam mengungkapkan segala pemikirannya. kebaikan dan ketaatan bertambah. Mengekang kebebasan akan meyebabkan hidup menjadi pasif dalam pergaulan dengan orang lain. Tidak dibenarkan memaksakan kepadanya beberapa keputusan penting dan harus dilakukannya. meskipun sedang sendirian. Kebutuhan akan koreksi Manusia butuh koreksi dan arahan yang tidak merintangi kebebasan. Bila koreksi ini terjadi antar manusia. terkecuali bila ia merasa puas. . sedikit sekali kejahatan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->