P. 1
Silabus Fisika

Silabus Fisika

|Views: 316|Likes:
Published by Andreas Noven

More info:

Published by: Andreas Noven on Jun 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2013

pdf

text

original

SCHOOL NATURE LOVERS

I. SILABUS FISIKA SEKOLAH PECINTA ALAM Sekolah Semester Mata pelajaran
STANDAR KOMPETENSI

: Sekolah Pecinta Alam :1 : Fisika
KOMPETENSI DASAR POKOK BAHASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU BUKU ACUAN

INDIKATOR

EVALUASI

1 Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya dalam kehidupan

1,1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu).

BESARAN DAN PENGUKURAN A. Besaran Pokok dan Turunan Melakukan diskusi kelas untuk mengungkap kembali tentang besaran dan satuan yang telah diketahui pada kehidupan sehari-hari dan mengelompokkan ke dalam besaran fisika dan besaran nonfisika. Mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan.

- Kuis tertulis - Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya jawab, kinerja keterampilan dalam peragaan dan percobaan serta sikap - Tugas Melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi satuan besaran-besaran

12 jam

(8 x 45’)

Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 1

SCHOOL NATURE LOVERS
pokok dalam Sistem Internasional, meliputi besaran panjang, massa, waktu, temperatur, jumlah zat, kuat arus, dan intensitas cahaya.

Melakukan tanya jawab B. Dimensi mengenai dimensi besaran pokok dan besaran turunan serta menunjukkan pemanfaatan dimensi dalam fisika. Menentukan dimensi suatu besaran dan menerapkannya dalam analisis dimensional. Mengamati demonstrasi cara C. Pengukuran menggunakan macam macam alat ukur (jangka sorong, mikrometer sekrup, neraca lengan, neraca pegas), diteruskan mempraktikkan

Menunjukkan penggunaan macam-macam alat ukur.

SCHOOL NATURE LOVERS
menggunakan alat-alat ukur sendiri.

Mengamati demonstrasi cara pembacaan skala nonius dengan menggunakan model (jangka sorong besar) kemudian melakukan percobaan penggunaan jangka sorong dan mikrometer sekrup. Membaca skala nonius.

Melakukan diskusi kelompok untuk Menunjukkan langkahlangkah pengukuran/ percobaan/eksperimen dengan benar sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Menyiapkan instrumen dan melakukan pengukuran Menyebutkan peraturan dengan benar dan

penjumlahan. Operasi pada vektor Mengidentifikasi perbedaan besaran vektor dan besaran skalar .Laporan (4 x 45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 1 . Melakukan diskusi kelompok mengenai manfaat pengukuran dalam kehidupan 1.SCHOOL NATURE LOVERS dan memberi contohcontohnya dalam penulisan angka penting yang berkaitan dengan: pembulatan.Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya Menetukan resultan hasil dan arah vektor resultan penjumlahan dan pengurangan dua vektor dengan metode jajar genjang dan poligon Dapat menjumlahkan dua vektor jawab.Kuis tertulis Menyebutkan contoh besaran vektor dan besaran skalar . dan pembagian. perkalian. pengurangan. kinerja keterampilan dalam peragaan dan percobaan serta sikap Menguraikan sebuah atau beberapa vektor pada sumbu yang saling tegak lurus .2 Melakukan penjumlahan vektor VEKTOR A. Menerapkan penilisan angka penting dalam pengukuran/ percobaaan/ eksperimen tepat.

1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan GERAK LURUS A. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda dalam memecahkan masalah 2. .Tugas Menentukan resultan hasil penjumlahan dan pengurangan lebih dari dua vektor dengan metode analisis menentukan resultan penjulahan dan pengurangan lebih dari dua vektor Menghitung perkalian titik dua vektor dan perkalian silang dua vektor melakukan perkalian titik dan silang pada dua vektor Melakukan diskusi kelompok. memberikan contoh penggunaan perhitungan fektor dalam fisika dan kehidupan menyebutkan contoh penggunaan perhitungan vektor dalam fisika dan kehidupan.SCHOOL NATURE LOVERS (sumbu x dan sumbu y) Menguraikan vektor dalam bidang datar menjadi dua vetor yang saling tegak lurus Hasil percobaan .Kuis tertulis 22 jam (6 x 45’) 2. Gerak Diskusi kelas menyebutkan macam – macan gerak dalam kehidupan sehari – hari serta pengertian gerak menyebutkan pengertian gerak . kinerja Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 1 Mengamati demonstrasi .Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya jawab.

dan waktu pada gerak lurus berubah beraturan Mendefinisikan pengertian gerak lurus berubah beraturan Melakukan diskusi kelompok untuk Menyelesaikan persoalan mengenai . percepatan.SCHOOL NATURE LOVERS gerak suatu benda keterampilan dalam peragaan Melakukan diskusi kelas untuk mengetahui perbedaan jarak dan perpindahan Menunjukan perbedaan jarak dan perpindahan Mengamati demonstrasi gerak lurus dan percobaan serta sikap .Laporan Hasil percobaan . Jenis – jenis gerak lurus Menggunakan rumus untuk menentukan besar kecepatan dan perpindahan dan waktu pada gerak lurus beraturan Mendefinisikan pengertian gerak lurus Mengamati demonstrasi gerak lurus berubah beraturan dan disertai tanya jawab Menyelesaikan persoalan mengenai gerak lurus beraturan Menentukan besar kecepatan.Tugas B.

SCHOOL NATURE LOVERS memecahkan masalah mengenai gerak lurus berubah beraturan gerak lurus berubah beraturan Mengamati demonstrasi gerak vertikal disertai tanya jawab Diskusi kelas untuk membedakan gerak vertikal ke atas dan gerak vertikal kebawah / gerak jatuh bebas serta penyelesaian masalah yang menyangkut gerak vertikal ke atas dan jatuh bebas Mendefinisikan gerak vertikal keatas dan gerak jatuh bebas Menyebutkan ciri khusus gerak vertikal ke atas dan jatuh bebas serta Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan gerak vertikal 2.Kuis lisan .2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan GERAK MELINGKAR A Gerak melingkar beraturan Diskusi kelas mengenai Menyebutkan .Kuis tertulis .Pengamatan 6 x 45’ Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam .

Tugas Menjelaskan pengertian percepatan sentripental disertai peragaan semester 1 Mendefinisika percepatan sentripental Dan menunjukan contoh percepatan sentripental Menentukan percepatan sentripental Diskusi kelas untuk menunjukan aplikasi percepatan sentripental dalam kehidupan sehari – . kinerja Menyebutkan besaran besaran yang berlaku pada gerak melingkar keterampilan Menyebutkan besaran pada gerak melingkar dalam peragaan dan percobaan Menentukan kecepatan sudut.SCHOOL NATURE LOVERS pengertian dan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari – hari pengertian dan contoh gerak melingkar keaktifan siswa pada saat tanya jawab. anguler dan sudut dalam gerak melingkar beraturan . anguler dan besar sudut dalam gerak melingkar beraturan serta sikap Menentukan kecepatan sudut.Laporan Hasil percobaan .

SCHOOL NATURE LOVERS hari Diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan dalam gerak melingkar beraturan Menyelesaikan pesmasalahan mengenai gerak melingkar beraturan Mengamati demonstrasi gerak melingkar berubah beraturan Menentukan besar percepatan sudut serta hubungannya dengan percepatan linear B. Gerak melingkar berubah beraturan Menentukan kelajuan sudut dan perpindahan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan Menunjukan gerak melingkar berubah beraturan beserta contohnya Memecahkan persoalan mengenai gerak melingkar berubah beraturan Diskusi kelompok memecahkan persoalan mengenai gerak melingkar berubah beraturan .

3 Menerapkan hukum newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus.Laporan Hasil percobaan . gerak vertikal dan gerak melingkar beratran DINAMIKA BENDA A Hukum newton tentang gerak Melakukan demonstrasi untuk menunjukan kelembaman suatu benda Menjelaskan pengertian kelembaman benda Dan contohnya Melakukan diskusi kelas untuk memberikan contoh peristiwa kelembaman dalam kehidupan sehari – hari . kinerja keterampilan dalam peragaan dan percobaan serta sikap Mendefinisikan hukum I newton B. Penerapan hukum newton Menyebutkan bunyi hukum newton I .Tugas 10 x 45’ Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 1 Demonstrasi menunjukan penerapan hukum II newton Definisi hukum II newton Menentukan berat suatu benda Demonstrasi untuk menunjukan gaya aksi reaksi (hukum III newton).Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya jawab. disertai nanya jawab Menentukan berat benda .SCHOOL NATURE LOVERS 2.Kuis tertulis .

SCHOOL NATURE LOVERS Menyebutkan hukum III newton Melakukan percobaan untuk menunjukkan gaya yang bekerja pada benda yang terletak pada bidang miring dan katrol Berdiskusi untuk menyelesaikan persoalan mengenai gaya pada bidang miring Dan katrol dan manfaatnya Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan bidang miring dan katrol dan menyebutkan manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari Melakukan percobaan untuk menunjukan gaya gesek statik dan gaya gesek kinetik Merumuskan besar gaya gesek statik maupun kinetik Pengertian gaya gesek statis dan kinetik Melakukan diskusi kelompok untuk mengetahui aplikasi gaya gesek dalam kehidupan sehari –hari dan memecahkan persoalan mengenai gaya gesek .

Kuis .1 Memformulasikan besaran – besaran listrik rangkaian tertutup LISTRIK DINAMIS A . aktivitas siswa dalam mengikuti tanya jawab Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 1 Melakukan pengamatan demonstrasi yang disertai tanya jawab untuk menyusun sumber tegangan secara seri dan paralel serta merumuskan besarnya GGL total.Tes tertulis 14 jam (6 x 45’) 3.Tugas mandiri Menjelaskan konsep .sumber arus listrik searah Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan sumber-sumber arus listrik. sikap dan tingkah laku siswa . Menyebutkan sumber sumber arus listrik . Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah 3.Pengamatan: 1. Menyusun sumber tegangan secara seri dan paralel dan diskusi di dalam kelas 2.SCHOOL NATURE LOVERS Diskusi kelompok untuk menunjukan materi yang berhubungan dan menunjang kegiatan pecinta alam Menyelesaikan persoalan mengenai gaya statik dan kinetik serta menunjukkan aplikasi dalam kehidupan .

arus listrik searah Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan konsep arus listrik. Menentukan hubungan R. I.SCHOOL NATURE LOVERS B. tegangan dan hambatan pada arus listrik searah Menjelaskan hukum – hukum kirchhoff dan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan . tegangan dan hambatan dengan alat ukur (multi meter) Melakukan percobaan untuk mengukur arus. arus listrik dan kelompok . dan V. serta menyelesaikan persoalan yang berkaitan Menrangkai. Menentukan arus.Laporan eksperimen .Presentasi Melakukan diskusi kelas yang disertai dengan peragaan untuk menunjukkan rangkaian tertutup. l. rangkaian tertutup Melakukan percobaan untuk menentukan hubungan R. dan V sehingga ditemukan hubungan V = I R (hukum Ohm).

. Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan dan menentukan bahwa pada rangkaian tertutup. jumlah aljabar tegangan sama dengan jumlah aljabar arus dikalikan hambatan (hukum II Kirchhoff). Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan penerapan hukum Ohm.SCHOOL NATURE LOVERS hyukum kirchhoff Diskusi kelas untuk menunjukkan bahwa arus yang masuk dalam suatu titik cabang sama dengan arus yang keluar dari titik cabang (hukum I Kirchhoff).

dan hukum II Kirchhoff pada rangkaian majemuk Menghitung besar beda tegangan Melakukan diskusi kelas untuk menentukan besar beda tegangan antara dua titik pada suatu rangkaian listrik. Mengerjakan soal yang berkaitan dengan soal rangkaian listrik arus Melakukan diskusi .SCHOOL NATURE LOVERS hukum I Kirchhoff. Menentukan besar rangkaian hambatan pengganti rangkaian peralel. seri maupun campuran Melakukan diskusi kelas untuk menentukan besar hambatan pengganti pada rangkaian hambatan seri dan paralel. Melakukan diskusi kelas untuk menentukan besar hambatan pengganti pada rangkaian hambatan campuran seri-paralel.

aktivitas siswa dalam mengikuti Melakukan percobaan dengan menggunakan osiloskop untuk menunjukkan tegangan bolak-balik dan tegangan searah.SCHOOL NATURE LOVERS kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan rangkaian listrik arus searah.Tugas mandiri dan kelompok (8 x 45’) searah Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 1 .2 Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC serta menggunakan alat ukur listrik dalam kehidupan C. arus listrik bolak balik Melakukan percobaan dengan menggunakan alat-alat listrik untuk mengukur besaran listrik bolak-balik.Kuis .Tes tertulis . tanya jawab dan diskusi di dalam kelas 2. Menunjukkan tegangan bolak balik dan searah dengan osioloskop Dan volt meter Mengukur besaran listrik bolak – balik . siswa . 3. sikap dan tingkah laku Menjelaskan besar tegangan bolak-balik yang terukur oleh osiloskop dan alat voltmeter.Pengamatan: 1.

Menyebutkan kelebihan dan kelebihan sumber tegangan bolak – balik dengan sumber tegangan searah eksperimen . Menyebutkan penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan Mengetahui hubungan antara Menyelesaikan persoalan mengenai persoalan yang berkaitan dengan arus listrik bolak – balik .Presentasi Melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi jaringan listrik di rumah dan membandingkan dengan rangkaian arus searah.SCHOOL NATURE LOVERS . Mengetahui jaringan listrik yang dipakai di rumah Melakukan diskusi kelas untuk menunjukkan penerapan listrik AC dan DC pada kehidupan sehari-hari.Laporan Menunjukkan kelebihan dan kekurangan sumber tegangan bolak-balik dibanding dengan sumber tegangan searah.

Menunjukkan perubahan bentuk energi listrik Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan bahwa dalam suatu rangkaian listrik.SCHOOL NATURE LOVERS kuat arus listrik dan tegangan listrik. Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan listrik arus bolak-balik secara sederhana. energi listrik D. Menentukan besar energi listrik Melakukan diskusi kelas untuk Menjelaskan pengertian daya listrik . energi dan daya listrik dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi lain.

serta menyelesaikan soal mengenai daya listrik Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan pengertian daya listrik dan merumuskan besarnya. Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan hubungan antara daya yang tertera pada alat–alat listrik dengan daya yang terpasang. Mengetahui aplikasi daya listrik dalam kehidupan Melakukan diskusi kelas untuk .SCHOOL NATURE LOVERS merumuskan besarnya energi listrik.

Diskusi kelompok untuk menunjukan materi yang berhubungan dan menunjang kegiatan pecinta alam .SCHOOL NATURE LOVERS mengaplikasikan daya listrik pada pemakaian alat-alat listrik rumah tangga sesuai dengan batas daya yang dibatasi sekering (pengaman). Menyelesaikan soal mengenai energi listrik Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan energi listrik.

jarak benda dan bayangan tanya jawab dan diskusi di dalam Melakukan diskusi kelas untuk melukiskan sinar – sinar istimewa cermin Serta merumuskan perbesaran pada pada cermin cekung dan cermin cembung kelas Menggambarkan sinar istimewa cermin datar. sikap dan tingkah laku siswa .Pengamatan: 1. aktivitas siswa dalam B. Menerapkan prinsip kerja alat – alat optik dalam kehidupan : Sekolah Pecinta Alam :2 : Fisika KOMPETENSI DASAR 4.Kuis . cekung dan cembung 2.1 Menganalisis alat optik secara kualitatif dan kuantitatif POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRI A. mengikuti Mengetahui titik fokus cermin.Tes tertulis . Pemantulan cahaya Diskusi kelas untuk mengungkap hukum pemantulan cahaya Menyebutkan hukum pemantulan cahaya KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR EVALUASI . Cermin Melakukan peragaan untuk menunjukan titik fokus cermin.Tugas mandiri dan kelompok ALOKASI WAKTU 12 jam (6 x 45’) BUKU ACUAN Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 2 Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan mengenai . jarak bayangan dan jarak benda.SCHOOL NATURE LOVERS Sekolah Semester Mata pelajaran STANDAR KOMPETENSI 4.

pembiasan cahaya Melakukan diskusi kelas untuk merumuskan hubungan jari – jari kelengkungan . indek bias.Laporan eksperimen Melakukan pengamatan demonstrasi untuk menunjukkan pembiasan pada medium yang berbeda Menunjukkan peristiwa pembiasan cahaya Melakukan diskusi kelas dengan peragaan untuk mengetahui hubungan sudut datang dan sudut bias C.SCHOOL NATURE LOVERS pemantulan cahaya pada cermin Menyelesaikan persoalan mengenai pemantulan cahaya . jarak benda dan bidang batas yang indek biasnyaberbeda Mengetahui hubungan sudut datang dan sudut bias Melakukan percobaan dengan menggunakan prisma untuk mengetahui sudut deviasi dan sudut mninimum Melakukan diskusi .

R. dan n pada lensa tipis dan lensa tebal Melakukan diskusi kelas untuk merumuskan perbesaran lensa Menggambarkan jalannya sinar pada lensa Diskusi kelompok untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan lensa D. s. pembiasan pada lensa Mengetahui hubungan f.SCHOOL NATURE LOVERS kelompok untuk membahas soal – soal mengenai pembiasan cahaya Menjelaskan sudut deviasi dan minimum pada prisma Diskusi kelas untuk meggambarkan sinar sinar pada lensa cekung dan lensa cembung Menyelesaikan soal pembiasan cahaya Melakukan diskusi kelas untuk mengetahui hubungan f. s. R. s’. s’ dan n pada lensa tebal dan lensa tipis Dapat menghitung perbesaran lensa. dan .

Tes tertulis .SCHOOL NATURE LOVERS soal – soal mengenai pembiasan lensa 4. Alat optik Melakukan diskusi kelas untuk menyebutkan dan menjelaskan macam – macam alat optik.Laporan eksperimen (6 x 45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 2 .Tugas mandiri dan kelompok Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan konsep mata berakomodasi dan mata tak berakomodasi . sikap dan Melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi cacat mata dan cara mengatasi dengan kaca mata yang sesuai.Pengamatan: 1. Mengetahui jenis cacat mata dan cara penangulangannya tingkah laku siswa . Menunjukkan bagian bagian mata beserta fungsinya mengikuti tanya jawab dan diskusi di dalam kelas 2.2 Menerapkan alat optik dalam kehidupan E.bagian mata dan menjelaskan fungsinya dengan bantuan alat peraga. Depat menyebutkan alat – alat optik dalam kehidupan sehari – hari . aktivitas siswa dalam Melakukan diskusi kelas untuk menunjukan bagian .

SCHOOL NATURE LOVERS dengan bantuan alat peraga dan gambar. Mengetahui bagian dari lup. Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan kegunaan lup dalam kehidupan sehari hari. Melakukan pengamatan demonstrasi dengan alat (kamera lama) dan gambar. Mengetahui bagian – bagian kamera dan cara kerjanya Melakukan pengamatan langsung atau peragaan untuk mengetahui fungsi dan penggunaan lup. perbesaran lup dan fungsinya Melakukan diskusi kelas untuk menentukan perbesaran lup. Melakukan pengamatan dengan bantuan mikroskop . untuk mengetahui pola kerja kamera.

teleskop. teropong. teropong panggung.SCHOOL NATURE LOVERS dan gambar untuk menjelaskan fungsi dan susunan mikroskop. Mengetahui bagian. teropong bumi. dan teropong Merangkai lensa sederhana agar berfungsi seperti lup. . Melakukan peragaan yang disertai tanya jawab untuk mengetahui cara memasang lensa atau merangkai lensa agar berfungsi sebagai: lup. cara kerja dan fungsi dari teropong Melakukan pengamatan langsung dengan menggunakan teropong yang ada. dan mikroskup. Mengetahui bagian – bagian penyusun mikroskup beserta fungsinya serta cara kerja Melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi macam-macam teropong dan cara kerja serta fungsinya masing-masing.

Menyelesaikan persoalan – persoalan mengenai alat optik Diskusi kelompok untuk menunjukan materi yang berhubungan dan menunjang kegiatan pecinta alam 5. suhu Melakukan diskusi kelas untuk mengungkap konsep suhu dan macam-macam skala termometer. . aktivitas Menggunakan termometer Menyelesaikan persoalan mengenai termometer Mendifinisikan siswa dalam mengikuti tanya jawab dan diskusi di dalam 12 jam (7 x 45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 2 Melakukan percobaan mengkur suhu menggunakan termometer . Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan alat-alat optik.Tes tertulis Mendefinisikan pengertian suhu .Pengamatan: 1.SCHOOL NATURE LOVERS bintang. Menerapkan konsep kalor serta perubahan energi dalam kehidupan 5.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat SUHU DAN KALOR A .

hari Dapat menyelesaikan persoalan mengenai muai panjang. muai ruang dan muai cairan Melakukan peragaan yang disertai tanya jawab untuk menjelaskan sifat termal benda apabila suhunya dinaikkan.Laporan eksperimen Menyebutkan contoh pemuaian dalam kehidupan sehari . Mendiskripsikan . firenhait.SCHOOL NATURE LOVERS Menghitung transformasi skala suhu dari tiap jenis skala (celcius. serta contohnya kelas 2. sikap dan tingkah laku siswa Melakukan percobaan yang berkaitan dengan perubahan kalor dan perubahan wujud karena adanya perubahan suhu.Tugas mandiri dan kelompok . Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan pengukuran suhu. perubahan wujud. Menyelesaikan persoalan mengenai suhu . reamur dan celvin) pengertian kalor.

Menjelaskan peristiwa perubahan wujud atau fase Melakukan percobaan untuk menentukan koefisien muai ruang cairan. Menerangkan pengertian titik lebur dan titik didih Menyebutkan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud dan perubahan fase Melakukan percobaan untuk menentukan koefisien muai ruang dengan menggunakan termometer gas.SCHOOL NATURE LOVERS Diskusi kelas untuk mencari contoh pemuaian dalam kehidupan sehari . Menjelaskan pengertian kalor jenis Melakukan percobaan untuk menentukan koefisien muai panjang.hari pengertian kalor dan pengaruhnya pada wujud benda Menghitung besar kalor yang masuk atau keluar dari suatu benda Melakukan diskusi kelas untuk merumuskan panjang benda setelah dipanaskan. Melakukan diskusi kelas .

Melakukan peragaan yang disertai tanya jawab untuk Menunjukkan terjadinya peristiwa perubahan wujud atau fase (padat – cair). kalor perubahan suhu. (padat – uap). (uap – cair). Menerangkan dan . Menjelaskan konsep kalor jenis.SCHOOL NATURE LOVERS untuk mengungkap konsep kalor dan pengaruhnya pada temperatur benda atau pada wujud benda. Menghitung kalor yang diperlukan dan dilepas untuk merubah wujus zat Menentukan dan merumuskan besar kalor yang masuk atau keluar dari suatu benda karena adanya B. (cair – uap) .

SCHOOL NATURE LOVERS enunjukkan titik lebur zat padat. perpindahan kalor Melakukan percobaan atau peragaan serta menjelaskan Menjelaskan perambatan kalor secara . titik didih cairan Melakukan diskusi kelas untuk menunjukkan faktorfaktor yang memengaruhi terjadinya perubahan wujud atau perubahan fase. Melakukan percobaan atau demonstrasi untuk menunjukkan bahwa selama terjadi perubahan wujud. Melakukan diskusi kelas untuk merumuskan jumlah kalor yang diperlukan atau dilepaskan untuk mengubah wujud zat 5. tidak terjadi perubahan suhu (pada titik didih).Kuis (5 x 45’) Buku Fisika Sekolah .2 Menganalisis cara perpindahan C.

Pengamatan: 1. konduksi Serta contoh dan kegunaannya . Menjelaskan perambatan kalor secara radiasi Menjelaskan perambatan kalor secara konveksi serta contah dalam kehidupan mengikuti tanya jawab dan diskusi di dalam kelas 2. aktivitas siswa dalam Melakukan pengamatan peragaan yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan terjadinya peristiwa konveksi.Tugas mandiri dan kelompok . Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan panas matahari dapat sampai di permukaan bumi melalui ruang hampa. Menyebutkan manfaat sinar matahari dalam kehidupan.Laporan eksperimen Pecinta Alam semester 2 Menunjukkan dan menjelaskan peristiwa radiasi.SCHOOL NATURE LOVERS kalor adanya perambatan kalor secara konduksi.Tes tertulis . mengurangi radiasi sinar matahari Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan pemanfaatan sinar matahari . sikap dan tingkah laku siswa .

Melakukan diskusi kelompok untuk Menyelesaikan persoalan yang Menunjukkan manfaat isolator . Menunjukkan manfaat isolator untuk mencegah perambatan panas .SCHOOL NATURE LOVERS bagi kehidupan kita seharihari. masuk dalam ruangan Melakukan diskusi kelompok untuk merumuskan jumlah kalor radiasi. Melakukan peragaan yang disertai tanya jawab untuk memberi contoh-contoh bagaimana cara untuk mengurangi radiasi sinar matahari yang masuk dalam suatu ruangan.

Mendiskripsikan medan dan menyebutkan contohnya . Medan Gravitasi Melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi pengertian medan dalam fisika.SCHOOL NATURE LOVERS membahas persoalan yang berkaitan dengan perpindahan kalor. sikap dan tingkah laku siswa . berkaitan dengan perpindahan kalor Diskusi kelompok untuk menunjukan materi yang berhubungan dan menunjang kegiatan pecinta alam 6. MEDAN GRAVITASI DAN GERAK PLANET A. aktivitas siswa dalam mengikuti tanya jawab dan diskusi di dalam Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian medan gaya konservatif dan medan kelas 2.1 Menganalisis keteraturan.Pengamatan: 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik 6.Tugas (5 x 45’) 21 jam Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 2 .Tes tertulis .

Menyebutkan hukum keppler dan hubungannya dengan hukum gravitasi newton . Melakukan diskusi kelas untuk mengaplikasikan hukum gravitasi Newton dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan percepatan grafitasi dan kuat medan gravitasi bumi Melakukan tanya jawab. mandiri dan kelompok Melakukan tanya jawab untuk merumuskan hukum Newton tentang gravitasi umum. Menyebutkan aplikasi hukum gravitasi newton dalam kehidupan Melakukan diskusi kelas untuk menginterpretasikan hukum-hukum Kepler. menentukan percepatan gravitasi bumi atau kuat medan gravitasi bumi.SCHOOL NATURE LOVERS tak konservatif serta memberikan contohcontohnya.

Kuis . Gerak Planet Melakukan diskusi kelas untuk menginterpretasikan hukum-hukum Kepler untuk memahami gerak planet. Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan hubungan antara hukum hukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton.Pengamatan: Menyebutkan sifat elastis suatu bahan dan contohnya 1. 6. aktivitas siswa dalam (5 x 45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 2 .SCHOOL NATURE LOVERS B. Elastisitas Mengamati demonstrasi disertai tanya jawab untuk Menyelesaikan soal mengenai medan grafitasi dan gerak planet . ELASTISITAS DAN GETARAN A.Tes tertulis .2 Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan. Memecahkan persoalan berkaitan dengan medan gravitasi dan gerak planet.

di dalam kelas 2. Mengerjakan soal menggunakan rumusan modulus young eksperimen Melakukan percobaan untuk menunjukkan hubungan pertambahan panjang pegas x dengan Menjelaskan hukum hooke .Tugas mandiri dan kelompok . sikap dan tingkah laku Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian tegangan dan regangan.Laporan Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian modulus Young dan merumuskannya.SCHOOL NATURE LOVERS menunjukkan sifat elastisitas suatu bahan. Menunjukkan regangan dan tegangan siswa . mengikuti tanya jawab dan diskusi Melakukan diskusi kelas untuk menunjukkan benda bersifat elastis dan tak elastis.

Melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan berkaitan dengan elastisitas.Pengamatan: 1.SCHOOL NATURE LOVERS gaya F dan merumuskannya (hukum Hooke). Menyelesaikan persoalan mengenai elastisitasa Menunjukkan gerak harmonik . 6. aktivitas siswa dalam (8 x 45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 2 .3 Menganalisis hubungan antara gaya dengan getaran. B. Menyebutkan contoh pemanfaatan sifat elastis dan pegas dalam kehidupan Melakukan diskusi untuk menunjukkan manfaat pegas sebagai produk perkembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.Tes tertulis . Melakukan tanya jawab untuk menyebutkan pemanfaatan sifat elastisitas dalam kehidupan sehari-hari. Getaran Mengamati demonstrasi disertai tanya jawab untuk menunjukkan macam macam getaran/gerak harmonik.Kuis .

Menentukan periode dan frekuensi getaran kelas 2. sikap dan tingkah laku siswa .Tugas mandiri dan kelompok Melakukan diskusi kelas merumuskan periode getaran pegas. .SCHOOL NATURE LOVERS Melakukan peragaan disertai tanya jawab untuk menunjukkan bahwa persamaan getaran merupakan fungsi sinusoida.Laporan eksperimen Melakukan percobaan menentukan konstanta/ tetapan pegas. mengikuti Menunjukan persamaan getaran tanya jawab dan diskusi di dalam Melakukan percobaan dengan menggunakan pegas untuk menentukan periode dan frekuensi getaran. Melakukan tanya jawab untuk merumuskan hubungan periode panjang .

Menentukan konstanta tetapan pegas Melakukan percobaan Menentukan percepatan gravitasi bumi di suatu tempat.SCHOOL NATURE LOVERS tali dan percepatan gravitasi pada ayunan sederhana atau ayunan matematis. Menentukan percepatan gravitasi bumi pada suatu tempat Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan dan merumuskan kecepatan dan percepatan dari simpangan getaran. Menrumuskan kecepatan dan percepatan simpangan getaran Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian fase getaran. Menjelaskan pengertian fase getMenunjukkan superosisi getaran Melakukan tanya jawab .

Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan proses perubahan energi potensial menjadi energi kinetik dan sebaliknya pada getaran. Merumuskan energi total Melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan Menyelesaikan persoalan mengenai . Menjelaskan proses perubahan energi dapa getaran Melakukan tanya jawab untuk merumuskan energi total getaran.SCHOOL NATURE LOVERS untuk menunjukkan superposisi dua atau lebih getaran segaris secara matematis dan grafis untuk getaran dengan amplitudo yang sama.

Pengamatan: 1.SCHOOL NATURE LOVERS getaran.Tugas mandiri dan kelompok (6 x 45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 2 Melakukan diskusi kelas untuk merumuskan besar usaha yang dilakukan .4 Menganalisis hubungan antara usaha. Melakukan peragaan disertai tanya jawab untuk menjelaskan pengertian usaha. Menentukan besar usaha suatu gaya tingkah laku siswa . sikap dan Melakukan peragaan disertai tanya jawab untuk menunjukkan usaha pada gaya yang searah dengan perpindahan. perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik. aktivitas siswa dalam mengikuti tanya jawab dan diskusi di dalam kelas 2. 6.Tes tertulis . getaran Menjelaskan pengertian usaha dan energi . Usaha dan Energi Melakukan tanya jawab untuk mengungkap kembali pengetahuan tentang usaha dan energi.

. Mendiskripsikan pengertian daya dan menberikan contohnya Melakukan diskusi untuk mengintepretasikan daya sebagai laju alih energi dan memberikan contoh-contoh daya dalam kehidupan sehari-hari.SCHOOL NATURE LOVERS oleh suatu gaya. Melakukan diskusi kelas untuk mengintepretasikan bahwa besarnya usaha yang dilakukan pelaku gaya sama dengan perubahan energi kinetik pada benda. Mengerjakan soal mengenai usaha dan energi kinetiik Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian daya. Menjelaskan bahwa usaha yang dilakukan sama dengan perubahan energi kinetik benda Memecahkan persoalan berkaitan dengan usaha dan energi kinetik.

Gerak Rotasi Melakukan demonstrasi Menunjukkan gerak KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR EVALUASI .SCHOOL NATURE LOVERS Melakukan pengamatan demonstrasi disertai tanya jawab untuk menjelaskan pengertian energi potensial gravitasi berkaitan dengan usaha dan merumuskannya.Tes keterampilan ALOKASI WAKTU 36 jam BUKU ACUAN (18 x45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 3 .teki .Teka .1 Memformulasikan hubungan antara konsep POKOK BAHASAN ROTASI BENDA TEGAR A. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan : Sekolah Pecinta Alam :3 : Fisika KOMPETENSI DASAR 7. Menjelaskan hubungan gravitasi dengan usaha Diskusi kelompok untuk menunjukan materi yang berhubungan dan menunjang kegiatan pecinta alam Sekolah Semester Mata pelajaran STANDAR KOMPETENSI 7.Tes tertulis .

Tugas mandiri dan kelompok Melakukan diskusi kelas untuk menunjukkan beberapa contoh penerapan momen gaya pada kehidupan sehari-hari. Melakukan diskusi Menjelaskan tentang momen inersia dan membahas mengenai . Menyelesaikan persoalan mengenai momen gaya beserta penerapannya dalam kehidupan Melakukan diskusi kelas untuk mengungkap kembali hubungan besaranbesaran yang terkait pada gerak melingkar.Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya jawab atau diskusi. yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan gerak rotasi pada benda. momentum sudut.SCHOOL NATURE LOVERS masalah torsi. dan momen inersia. kinerja keterampilan dalam peragaan atau percobaan . berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.Pengamatan sikap dan tingkah laku siswa dalam kegiatan pembelajaran . rotasi benda . Memformulasikan konsep momen gaya dan merumuskannya.

SCHOOL NATURE LOVERS kelas untuk mendefinisikan konsep momen inersia suatu titik massa dan beberapa titik massa serta merumuskannya. Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan momen gaya dan Mendiskripsikan pengertian momentum sudut . Menunjukkan hubungan momen gaya dan percepatan sudut dan menyelesaikan persoalan mengenai momen gaya dan percepatan sudut persoalan yang terkait dengan momen inersia Melakukan diskusi kelas untuk menunjukkan keterkaitan antara momen gaya dengan percepatan sudut.

Membedakan momentum sudut dan momentum linear Menjelaskan momentum sudut dan memformulasikannya. Melakukan diskusi kelas untuk mengungkap kembali pengertian momentum linear beserta rumusan besaran terkait. Melakukan diskusi kelas untuk membedakan pengertian antara momentum linear dengan momentum sudut. .SCHOOL NATURE LOVERS momen inersia.

SCHOOL NATURE LOVERS Melakukan pengamatan demonstrasi yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan momentum sudut. Mendiskripsikan pengertian gerak rotasi dan mengerjakan soal mengenai momentum sudut dan gerak rotasi Melakukan diskusi kelas untuk merumuskan energi gerak (kinetik) rotasi. Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan momentum sudut dan energi gerak rotasi. Menjelaskan hukum kekekalan momentum dan mengaplikasikan untuk menyelesaikan permasalahan tentang gerak rotasi Menjelaskan hukum .

Menunjukkan keseimbangan benda Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan hukum kekekalan momentum . Melakukan diskusi untuk memformulasikan hukum kekekalan momentum pada gerak rotasi yang dilanjutkan dengan menerapkannya untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan gerak rotasi.SCHOOL NATURE LOVERS kekekalan momentum.

keseimbangan benda tegar untuk menjelaskan keseimbangan partikel (keseimbangan titik) dan merumuskannya. Melakukan diskusi kelas untuk menganalisis faktor-faktor atau besaranbesaran fisika yang memengaruhi keseimbangan suatu benda (partikel). Merumuskan keseimbangan partikel dan menggunakannya untuk menyelesaikan masalah keseimbangan partikel .SCHOOL NATURE LOVERS Melakukan tanya jawab B. Melakukan demonstrasi di depan kelas untuk menunjukkan keseimbangan suatu benda.

bidang. bidang dan ruang Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan keseimbangan partikel. Melakukan tanya jawab untuk menunjukkan dan menentukan momen gaya pada satu garis. Menunjukkan dan merumuskan momen gaya dalam datu garis. dan ruang. Menjelaskan dan menunjukkan keseimbangan benda tegar Melakukan pengamatan yang disertai dengan diskusi untuk menunjukkan dan merumuskan momen .SCHOOL NATURE LOVERS Melakukan diskusi untuk memformulasikan keseimbangan partikel.

Menyelesaikan persoalan tentang keseimbangan benda tegar Melakukan diskusi kelompok untuk memberi beberapa Mendiskripsikan titik berat . Menyebutkan penerapan kesetimbangann benda dalam kehidupan dan teknologi Melakukan demonstrasi dan pengamatan untuk menjelaskan keseimbangan pada beberapa benda tegar. dan ruang. Melakukan diskusi kelas untuk menentukan keseimbangan dari benda tegar. bidang. Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan keseimbangan pada benda tegar.SCHOOL NATURE LOVERS gaya dalam satu garis.

Melakukan demonstrasi untuk menunjukkan titik berat dari beberapa benda homogen yang . Merumuskan titik berat dan menerapkan untuk menyelesaikan soal mengenai titik berat benda Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian titik berat.SCHOOL NATURE LOVERS contoh penerapan keseimbangan benda tegar dalam teknologi dan kehidupan Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan keseimbangan benda tegar.

bidang. Melakukan diskusi kelas untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan titik berat suatu benda. dan pejal homogen. Melakukan diskusi kelompok untuk merumuskan titik berat dari benda homogen yang berbentuk satu garis. bidang. kulit homogen. Mengerjakan teka – teki .SCHOOL NATURE LOVERS berbentuk satu garis. kulit homogen. dan pejal homogen.

kinerja keterampilan dalam peragaan atau percobaan Melakukan diskusi untuk memformulasikan tekanan hidrostatik.Tes keterampilan . Fluida statis Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian fluida. diskusi.TTS .2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta menerapkan dalam kehidupan Diskusi kelas untuk menjelaskan tekanan yang terjadi dalam fluida. Merumuskan tekanan hidrostatik .Pengamatan sikap dan tingkah laku siswa dalam kegiatan Merumuskan tekanan atmosfir (18 x 45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 3 Melakukan diskusi . Mendeskripsikan pengertian fluida . Menngetahui tekanan pada fluida FLUIDA A.Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya jawab atau Melakukan pengamatan untuk mengetahui tekanan yang terjadi pada fluida statik.Tes tertulis .SCHOOL NATURE LOVERS mengenai materi gerak rotasi dan keseimbangan benda tegar 7.Kuis .

Tugas mandiri dan kelompok Melakukan diskusi untuk memberikan beberapa contoh penerapan dalam teknologi yang berkaitan dengan pemanfaatan tekanan hidrostatik dan tekanan atmosfer. Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan tekanan hidrostatik dan tekanan atmosfer. Menyelesaikan soal mengenai tekanan hidrostatik dan tekanan admosfir Menyebutkan hukum – hukum dasar fluida statis Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan hukum-hukum dasar yang terdapat dalam fluida statis.SCHOOL NATURE LOVERS untuk memformulasikan tekanan atmosfer. Menbuktikan hukum pascal dan menyebutkan contoh penerapan dalam . Menebutkan contoh penerapan tekanan hidrostatik dan tekanan admosfir dalam teknologi dan kehidupan pembelajaran .

Melakukan diskusi untuk menjelaskan berbagai contoh penerapan hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan diskusi kelas untuk memformulasikan hukum Pascal.SCHOOL NATURE LOVERS kehidupan Melakukan pengamatan untuk mengetahui dan membuktikan hukum Pascal dalam fluida statis. Menunjukkan hukum archimedes dan menunjukkan peristiwa yang menggunakan prinsip archimedes Melakukan pengamatan .

Melakukan diskusi untuk menjelaskan beberapa peristiwa yang berkaitan dengan hukum Archimedes. Melakukan diskusi untuk memformulasikan hukum Archimedes. Mendeskripsikan tegangan permukaan dan merumuskannya .SCHOOL NATURE LOVERS untuk mengetahui dan membuktikan hukum Archimedes. Menyelesaikan masalah mengenai hukum pascal dan archimedes Melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan hukum Pascal dan hukum Archimedes.

SCHOOL NATURE LOVERS Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan tegangan permukaan. Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan gejala kapilaritas. Menjelaskan peristiwa kapilaritas Melakukan diskusi kelas untuk merumuskan tegangan permukaan. Melakukan pengamatan untuk mengetahui . Melakukan pengamatan yang berkaitan dengan peristiwa tegangan permukaan.

Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan tegangan permukaan dan gejala kapilaritas. Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan fluida bergerak dan hukum-hukum yang Merumuskan persamaan kontinuitas .SCHOOL NATURE LOVERS gejala kapilaritas. Mengerjakan persoalan mengenai tegangan permukaan dan gejala kapilaritas Melakukan diskusi untuk menganalisis dan merumuskan adanya gejala kapilaritas. Menyebutkan sifat – sifat fluida bergerak Mengerjakan kuis.

dan hukum bernaulli Melakukan demonstrasi di depan kelas untuk mengamati sifat-sifat dari fluida bergerak.SCHOOL NATURE LOVERS B. Fluida dinamis mendasarinya. . Menjelaskan hukum fluida pada pipa venturi dab tabung pitot Melakukan diskusi kelas untuk memformulasikan persamaan kontinuitas dan hukum Bernoulli. Menyebutkan contoh peristiwa sehari – hari yang mengaplikasikan hukum fluida bergerak Melakukan pengamatan dan diteruskan dengan diskusi untuk menganalisis hukum-hukum dasar fluida pada pipa venturi dan tabung pitot.

Menjelaskan mengenai viskositas dan hukum stoke Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari.SCHOOL NATURE LOVERS Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan beberapa peristiwa keseharian yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Melakukan demonstrasi . Merumuskan viskositas dan hukum stoke. menyebutkan aplikasi dalam kehidupan serta mnyelesaikan persoalan mengenai viskositas han hukum stoke Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan viskositas dan hukum Stokes.

Melakukan diskusi kelas untuk memformulasikan persamaan pada viskositas dan hukum Stokes.SCHOOL NATURE LOVERS di depan kelas untuk mengamati viskositas dan hukum Stokes. Melakukan pengamatan dan diteruskan dengan diskusi untuk menganalisis viskositas suatu fluida dan hukum Stokes. Melakukan diskusi kelas untuk Menjawab TTS dengan benar .

SCHOOL NATURE LOVERS menjelaskan beberapa peristiwa keseharian yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Getaran harmonik Melakukan diskusi kelas untuk mengungkap Mendiskripsikan pengertian getaran harmonic dan menyebutkan -TTS -Tes tertulis 36 jam (12 x 45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam .1 Mendeskripsikan gejala dan ciriciri GELOMBANG A. Mengerjakan TTS Diskusi kelompok untuk menunjukan materi yang berhubungan dan menunjang kegiatan pecinta alam 8. Diskusi kelompok untuk menunjukan materi yang berhubungan dan menunjang kegiatan 8. Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari.

Mengetahui gerak gelombang. gerak rambatan. pembiasan. . kembali pengertian getaran harmonik dan memberi contohnya serta merumuskan besaran terkait.SCHOOL NATURE LOVERS pecinta alam gelombang secara umum. interferensi dan difraksi gelombang diskusi di dalam kelas . dan gerak muka gelombang air Menyebutkan peristiwa gelombang dalam kehidupan sehari – hari semester 3 Melakukan pengamatan B. Pengertian gelombang demonstrasi yang disertai tanya jawab untuk menujukkan macam-macam gelombang.Tugas mandiri dan kelompok Melakukan pengamatan demonstrasi yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan gelombang transversal maupun longitudinal. Menunjukkan gelombang transversal dan longitudinal Menyebutkan macam – macam gelombang contohnya -Tes keterampilan . sikap.Pengamatan aktivitas. dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran pada saat tanya jawab atau Menunjukkan peristiwa gelombang : pemantulan.

SCHOOL NATURE LOVERS Melakukan pengamatan demonstrasi yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan berbagai peristiwa gelombang antara lain: pemantulan. Melakukan pengamatan demonstrasi dengan . Ciri – ciri gelombang kelas untuk menganalisis dan mengembangkan peristiwa gelombang pada berbagai contoh kehidupan sehari-hari. pembiasan. dan difraksi gelombang Menentukan cepat rambat gelombang dengan percobaan medle Menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan gelombang mekanik Menunjukkan gelombang stasioner ujung terikat dan ujung bebas Melakukan diskusi C. interferensi.

Melakukan percobaan untuk menentukan . Melakukan pengamatan demonstrasi yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan gelombang stasioner pada ujung terikat dan ujung bebas. gerak rambatan. dan gerak muka gelombang pada permukaan air.SCHOOL NATURE LOVERS menggunakan tangki riak atau bantuan proyektor yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan gerak gelombang.

Karakteristik gelombang bunyi Mengidentifikasi karakteristik gelombang bunyi. Mengelompokkan jenis gelombang GELOMBANG BUNYI A. Sumber bunyi Mengelompokkan jenis-jenis gelombang bunyi. dan tingkah laku siswa dalam (12 x 45’) Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 3 . sikap.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri dan menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi serta kehidupan B.Pengamatan aktivitas. 8. Mengerjakan TTS. Menyebutkan karakteristik gelombang bunyi -kuis -Tes tertulis -Tes keterampilan . Melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan gelombang mekanik.SCHOOL NATURE LOVERS cepat rambat gelombang pada dawai (percobaan Melde).

peluit atau alat musik tiup lainnya untuk menunjukkan bunyi yang dihasilkan oleh udara yang bergetar dalam pipa/ruangan dan disertai tanya jawab. Mendiskripsikan mengapa terjadi bunyi oleh udara yang bergetar dalam ruang atau pipa Mengetahui frakuensi bunyi yang dihasilkan senar atau dawai kelas . Mendiskripsikan peritiwa pelayangan Melakukan demonstrasi dan pengamatan yang Dan merumuskan frekuensi pelayangan .SCHOOL NATURE LOVERS Menyebutkan macam – macam sumber bunyi pembelajaran pada saat tanya jawab atau diskusi di dalam Melakukan demonstrasi untuk menjelaskan frekuensi bunyi yang dihasilkan oleh senar atau dawai. Melakukan demonstrasi dengan menggunakan seruling.Tugas mandiri dan kelompok – praktiku m Melakukan diskusi kelas untuk menunjukkan macammacam sumber bunyi.

Peristiwa pada bunyi disertai tanya jawab untuk menunjukkan peristiwa layangan. Mengetahui pengertian interfferensi bunyi Melakukan diskusi untuk menjelaskan pengertian interferensi bunyi.SCHOOL NATURE LOVERS C. Merumuskan bunyi yang dihasilkan pipa organa terbuka dan tertutup Melakukan diskusi kelas untuk menganalisis bunyi yang dihasilkan oleh pipa organa terbuka dan tertutup serta merumuskan hubungan Mendiskripsikan pengertian nada bunyi . Melakukan diskusi kelas untuk merumuskan besar frekuensi layangan.

Efek doppler pengertian efek Doppler. Menghitung kecepatan pendengan dan sumber bunyi dengan frekuensi pendengar dan frekuensi sumber Menunjukan peristiwa efek .SCHOOL NATURE LOVERS besaran yang terkait. Menentukan kecepatan bunyi di udara dengan tabung resonansi Melakukan percobaan untuk menentukan kecepatan bunyi di udara dengan menggunakan tabung resonansi Menunjukkan aplikasi efek Doppler dan menghitung persoalan mengenai efek Doppler Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan D. Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan pengertian nada bunyi.

Aplikasi gelombang bunyi hubungan kecepatan pendengar dan sumber bunyi dengan frekuensi sumber dan frekuensi yang diterima pendengar. Menentukan besar energy yang dirambatkan gelombang Melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan Menjelaskan pengertian . Energi gelombang bunyi tanya jawab untuk menunjukkan aplikasi gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari.SCHOOL NATURE LOVERS dopler dan merumuskannya Melakukan tanya jawab untuk merumuskan E. Memecahkan masalah mengenai gelombang bunyi Menyebutkan aplikasi gelombang bunyi dalam kehidupan Melakukan diskusi dan F.

SCHOOL NATURE LOVERS
permasalahan yang berkaiatan dengan gelombang bunyi. intensitas gelombang

Melakukan tanya jawab untuk menentukan besar energi yang dirambatkan gelombang.

Menentukan taraf intensitas bunyi

Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan dan merumuskan intensitas gelombang.

Melakukan tanya jawab dan pemberian tugas untuk menentukan taraf intensitas bunyi .

Mengerjakan kuis.

SCHOOL NATURE LOVERS
8.3 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri dan menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi serta kehidupan B. Sifat gelombang pada cahaya Melakukan demonstrasi dan pengamatan yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan peristiwa dispersi cahaya dengan prisma dan merumuskan besaran terkait. Menjelaskan pengertian interferensi cahaya Menunjukkan peristiwa disperse cahaya dengan prisma dan merumuskannya CAHAYA A. Teori cahaya Melakukan tanya jawab untuk menjelaskan perkembangan teori tentang cahaya. Mengetahui perkembangan teori tentang cahaya -TTS -Tes tertulis -Tes keterampilan - Pengamatan aktivitas, sikap, dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran pada saat tanya jawab atau diskusi di dalam kelas - Tugas mandiri dan kelompok Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan pengertian interferensi cahaya . – praktiku m (12 x 45’)

Buku Fisika Sekolah Pecinta Alam semester 3

SCHOOL NATURE LOVERS
Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan interferensi dua celah sempit (percobaan Young) dan merumuskannya sesuai besaran terkait.

Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan pengertian difraksi.

Menjelaskan pengertian difraksi serta merumuskannya

Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan difraksi pada celah sempit.

Melakukan pengamatan terjadinya difraksi pada kisi difraksi dan merumuskan besaran terkait. Menentukan cepat

Menyebutkan sifat transfersal gelombang Melakukan demonstrasi yang disertai tanya jawab dengan menggunakan kisi .SCHOOL NATURE LOVERS rambat cahaya masing – masing warna dengan kisi difraksi Melakukan percobaan dengan menggunakan kisi difraksi untuk menentukan cepat rambat cahaya masingmasing warna dan sinar laser. Menunjukkan polarisasi gelombang transversal Melakukan pengamatan demonstrasi yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan terjadinya polarisasi gelombang transversal.

Menyebutkan dan menjelaskan alat atau teknologi yang mengaplikasikan sifat gelombang cahaya Menjelaskan peralatan modern (teknologi) yang dapat membantu manusia dalam kaitannya dengan penerapan sifat gelombang cahaya.SCHOOL NATURE LOVERS kawat untuk menunjukkan sifat transversal gelombang. Mendiskripsikan pengertian polarisasi gelombang dan menunjukkan manfaatnya Melakukan tanya jawab untuk menjelaskanbidang polarisasi dan perputaran bidang polarisasi oleh sejumlah zat. Melakukan diskusi kelas untuk menunjukkan pemanfaatan polarisasi gelombang. Mengerjakan persoalan mengenai gelombang cahaya .

Mengerjakan kuis Diskusi kelompok untuk menunjukan materi yang berhubungan dan menunjang kegiatan pecinta alam . Penerapan sifat gelombang cahaya memecahkan persoalan yang berkaitan dengan gelombang cahaya dalam kehidupan sehari-hari.SCHOOL NATURE LOVERS Melakukan diskusi kelompok untuk C.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->