P. 1
Power Point

Power Point

|Views: 370|Likes:
Published by James Vincent

More info:

Published by: James Vincent on Jun 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

2007

PRAKTIKUM

Microsoft PowerPoint

TUTANG http://wss-id.org/blogs/tutang 10/31/2007

October 31, 2007

[PRAKTIKUM]

PENGANTAR
Microsoft PowerPoint 2000 merupakan aplikasi khusus untuk merancang atau mendesain slide presentasi. Presentasi yang dibuat dengan PowerPoint 2000 ini dapat ditampilkan atau disajikan dalam berbagai bentuk media, seperti komputer, layar lebar atau plastik transparansi. Dengan Microsoft PowerPoint 2000, Anda akan merasa yakin bahwa piper atau makalah yang dipresentasikan dalam suatu pertemuan atau seminar akan mendapat tempat dikalangan peserta. Sehingga Anda atau perusahaan Anda akan mendapat poin. Maka dengan sendirinya Anda yang mempresentasikan atau membawakan piper atau makalah tersebut mempunyai nilai lebih. Buku yang berjudul 9 LANGKAH MENGUASAI MICROSOFT POWERPOINT 2000 disajikan dalam 9 bagian. Di mana semua kebutuhan presentasi Anda, seperti mendesain slide, merekam suara, membuat tombol aksi, membuat catatan pembicara, merekam suara dan sebagainya dibahas dalam buku ini. Disamping itu, pemanfaatan Wizard, desain template juga disajikan dengan gaya yang khas dan sederhana. Karena semua materi yang ada dalam buku disajikan berdasarkan studi kasus, kemudian dibuat atau disusun cara pemecahannya. Anda juga bisa melakukan berbagai latihan, karena dalam setiap bagiannya disisipkan materi utuk latihan. Jika Anda sering melakukan latihan, akan semakin mahir dan sempurna penguasaan Microsoft Power Point 2000 ini. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Microsoft Indonesia, Bapak Ricard Kartawidjaja, Mbak Cynthia Iskandar, Mas Dedi Lingga, Mas Albert Wisnu Budiman, yang selalu menyediakan waktu dan tempat bagi saya untuk mencoba berbagai produk terbaru dari Microsoft. Mudah-mudahan berbagai jerih payah dan bantuan teman-teman tersebut mendapat balasan yang setimpal. Kepada penerbit Medikom Pustaka Mandiri, mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut, sehingga saya tidak kesulitan mencari penerbit yang bisa menerbitkan buku-buku saya selanjutnya. Terakhir, saya mohon maaf apabila dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kesalahannya. Namun demikian saya berharap, mudah-mudahan buku ini ada manfaatnya bagi kita semua.

Cibinong, April 2000 Salam saya, Tutang

Praktikum PowerPoint

Page 2

October 31, 2007

[PRAKTIKUM]

BAB I Menjalankan Power Point 2000
1. Membuat Presentasi Dengan Auto Content Wizard
Power point menyediakan fasilitas AutoContent Wizard akan membantu Anda dalam membuat dan merancang presentasi yang baik dan indah. Dengan memanfaatkan fasilitas tersebut Anda akan dibimbing langkah demi langkah dengan bimbingan dan panduan dari Power Point 2000 itu sendiri. Dengan menggunakan fasilitas AutoContent Wizard bagi siapapun yang belum pernah mengenal atau menggunakan Microsoft PowerPoint 2000 tidak akan mengalami kesulitan dalam menuangkan semua ide untuk mempresentasikan suatu masalah di hadapan peserta pendengar (karena Microsoft PowerPoint bisa menggunakan animasi dan suara). Untuk membuat presentasi dengan menggunakan fasilitas AutoContent Wizard, ikuti langkah berikut ini.  Jalankan Microsoft PowerPoint 2000, kemudian Anda tunggu sampai jendela PowerPoint 2000 tampil dan kotak dialog StartUp PowerPoint ditampilkan program seperti terlihat pada tayangan Gambar 1.1.  Pada kotak dialog StartUp PowerPoint tersebut, pilih dan klik atau beri tanda pada tombol pilihan AutoContent Wizard.  Kemudian klik tombol OK. Setelah itu kotak dialog AutoContent Wizard – Start akan ditampilkan seperti Gambar 1.2.
Klik AutoContent Wizard untuk membuat presentasi dengan bantuan Wizard Klik Design Template untuk membuat presentasi menggunakan template Klik Blank Presentation jika Anda akan memulai presentasi baru Klik Open an existing presentation jika Anda akan membuka presentasi yang sudah Anda buat sebelumnya

Gambar 1.1. Tayangan awal PowerPoint 2000  Pada kotak dialog AutoContent Wizard – Start, klik tombol Next, setelah itu program akan menampilkan kotak dialog AutoContent Wizard – Presentation type seperti ditampilkan Gambar 1.3.  Klik tombol All

Praktikum PowerPoint

Page 3

umpamanya Product/ Service Overview  Kemudian pilih dan klik Product/Service Overview tersebut  Setelah Anda melakukan pemilihan tipe atau jenis presentasi. Gambar 1.4. Maka yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Pilihlah dan klik tombol sales/marketing. Tayangan AutoContent Wizard setelah memilih Product/Service Overview Praktikum PowerPoint Page 4 . Um-pamanya Anda akan memberikan suatu presen-tasi mengenai rencana penjualan produk baru.2.  Kemudian pada kotak daftar pilihan yang ada di sebelah kanannya.October 31. untuk melanjutkan pekerjaan Anda klik tombol Next. Adalah tayangan Presentation Type  Pada kotak dialog AutoContent Wizard pre-sentation type pilih dan klik tombol perintah tipe atau jenis presentasi yang akan Anda buat. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 1. pilih dan klik presentasi yang paling sesuai.4 berikut. Tayangan ke 2 Fasilitas AutoContent Wizard Gambar 1.3. Sesaat kotak dialog AutoContent Wizard – presentation style akan ditampilkan program seperti tayangan Gambar 1.

Kotak dialog Auto Content Wizard Presentation Option akan ditampilkan program seperti Gambar 1. Setelah Anda menekan tombol Next Microsoft PowerPoint akan menampilkan kotak dialog AutoContent Wizard selanjutnya. beri tanda dan klik tombol pilihan jenis Output presentasi yang diinginkan.  Color Overheads. misalnya Praktikum Pengelola Laboratorium Komputer  Footer.  Apabila Anda ingin menampilkan tanggal ter-akhir presentasi tersebut dibuat atau diper-barui. beri tanda atau klik kotak Cek Slide Number. beri tanda atau klik kotak Cek Date Last Update  Apabila Anda ingin menampilkan nomor slide.October 31. Pilihan ini digunakan apa-bila presentasi yang diciptakan akan dicetak pada transparansi berwarna. diisi dengan item atau keterangan yang ingin ditampilkan pada bagian bawah halaman masing-masing slide.  Setelah Anda lengkapi kotak dialog tersebut klik tombol Next untuk melanjutkan pekerjaan Anda.  Black and white over heads.  Web presentation.  35 mm slides. Pilihan ini di-gunakan apabila presentasi yang Anda buat akan dicetak pada transparansi hitam putih. Gambar 1.5. Tampilan Finish tersebut seperti terlihat pada Gambar 1. Pilihan ini digunakan apabila presentasi yang Anda buat akan dicetak pada film slide. 2007 [PRAKTIKUM]  Pada kotak dialog ini.6 berikut. Menentukan Title dan footer.  Setelah menentukan pilihan dengan memberi tanda di depan pilihan yang diambil klik tombol Next untuk melanjutkan. Pilihan ini digunakan apabila Anda menginginkan presentasi yang terbentuk akan ditempatkan pada Web Server. tanggal dan nomor slide presentasi Anda  Seperti Anda lihat pada kotak dialog Gambar 1. Pada tayangan tersebut terdapat beberapa pilihan antara lain:  On screen presentation. Praktikum PowerPoint Page 5 .5 di atas selanjutnya lengkapi kotak isian dengan teks berikut:  Presentation Title diisi dengan judul presen-tasi. Pilihan ini digunakan apabila Anda menginginkan presentasi dengan segala efek dan animasinya langsung ditampil-kan di layar monitor. misalnya Latihan Membuat Presentasi . Tujuannya tentu saja agar presentasi tersebut dapat dibaca oleh seluruh pemakai internet.  Klik tombol Finish untuk mengakhiri pendefinisian presentasi Anda dengan bantuan AutoContent Wizard.5.

 Setelah Anda menekan tombol Finish Microsoft PowerPoint akan menampilkan jendela hasil pendefinisian tersebut.October 31. isi sebuah slide yang sedang ditunjuk dan catatan pada masing-masing slide. Hal ini menandakan bahwa pekerjaan Anda hampir selesai. membuat atau menyunting outline presentasi.6. normal atau klik tombol normal view yang ada di sudut bawah kiri jendela Microsoft PowerPoint 2000.8 berikut ini Praktikum PowerPoint Page 6 . menyunting tampilan masing-masing slide dan menyunting catatan pada masing-masing slide. Dengan menggunakan tampilan ter-sebut Anda dapat dengan mudah melihat.7. Tayangan Finish ditampilkan program. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 1. Gambar 1. 2. Untuk jelasnya perhatikan Gambar 1. Anda bisa mengubah data yang ada dengan jalan mengetik atau memasukkan data pada jendela sebelah kiri presentasi tersebut. Bekerja dengan tampilan Normal View Bentuk tampilan normal View akan menampilkan secara lengkap outline presentasi. Anda bisa memasukkan teks sesuai data yang dibutuhkan pada masingmasing item presentasi Anda. Untuk bekerja dengan bentuk tampilan Normal View caranya sebagai berikut:  Tampilkan Menu Pulldown dan klik View.

dengan langkah ini tanda pemilihan objek teks akan ditampilkan seperti terlihat pada tayangan gambar 1. Arahkan mouse Anda ke lokasi ini dan klick tombol mouse satu kali di area yang dikehendaki Gambar 1. berikut ini.October 31.9 berikut ini. kemudian klik satu kali.  Klik di luar objek teks yang sedang Anda sunting untuk mengakhiri pekerjaan penyuntingan tersebut. dengan menggunakan cara berikut ini:  Menggunakan baris penggulung tegak (vertical scroll bar) yang ada di sebelah kanan area slide.9. dengan menggunakan langkah berikut:  Arahkan penunjuk mouse pada judul atau isi slide yang ingin Anda sunting. 4. Praktikum PowerPoint Page 7 . Untuk jelasnya perhatikan Gambar 1.10. Memilih atau berpindah slide pada area slide Anda dapat memilih slide tertentu atau berpindah dari satu slide ke slide tertentu. Menyunting judul dan isi slide melalui area slide yang ada  Pada objek teks yang Anda pilih. Tampilan Normal View 3. 2007 [PRAKTIKUM] Gunakan tombol ini untuk pindah ke slide sebelumnya atau ke slide berikutnya Gambar 1.8.  Menggunakan tombol di papan ketik atau keyboard PgDn untuk pindah ke slide berikutnya dan tombol PgUp untuk pindah ke slide sebelumnya. Menyunting judul dan isi slide pada area slide Anda dapat menyunting judul dan isi slide yang telah dibuat ataupun yang disediakan PowerPoint yang sedang dipilih melalui Wizard. 5. tempatkan titik sisip (insertion point) pada posisi yang Anda inginkan kemudian lakukan penyuntingan judul atau isi slide sesuai keinginan Anda. Melihat isi presentasi pada area outline Anda dapat memilih slide tertentu yang diinginkan dengan cara mengklik nomor slidenya pada sebelah kiri setiap judul slide.

October 31.10. Untuk jelasnya ikuti prosedur berikut:  Gerakkan mouse Anda ke nomor slide yang akan diedit atau disunting  Tempatkan kursor tepat di awal atau lokasi teks yang akan disisipi kata atau data baru. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu Puldown View  Turunkan pointer ke pilihan Slide sorter atau klik tampilan Slide sorter view di sudut bawah kiri jendela kerja Microsoft PowerPoint 2000. meng-hapus slide dan sebagainya. urutan slide yang akan ditampil-kan. Praktikum PowerPoint Page 8 . menyalin slide.11 adalah tampilan PowerPoint dalam Sorter View. Melihat presentasi dengan memilih nomor slide di area outline 6. 8. menyisipkan slide baru. Bekerja dengan tampilan slide sorter Slide sorter akan menampilkan secara miniatur seluruh slide presentasi yang sedang ditangani. Setelah itu Microsoft Power Point 2000 akan menampilkan Area Outline di sebelah kiri. Menyunting isi presentasi pada area outline Untuk menyisipkan data baru ke dalam presentasi melalui area outline prosedur yang harus Anda lakukan adalah dengan cara menyisipkan kursor pada posisi yang Anda inginkan. Tam-pilan ini biasa digunakan untuk mengatur berbagai efek tampilan slide. 2007 [PRAKTIKUM] Klik salah satu nomor slide pada area ini untuk melihat isi presentasi Anda Gambar 1. Menyunting isi presentasi dengan menggunakan baris toolbar outlining Untuk menampilkan baris toolbar outlining prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu Pulldown View  Turunkan pointer mouse ke pilihan Toolbar  Kemudian klik Outlining. Gambar 1. 7.

Untuk menghapus slide ini sebaiknya dilakukan pada tampilan Slide Sorter. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 1. Untuk jelasnya Anda dapat meng-ikuti langkah berikut ini:  Pilih dan klik slide yang ingin Anda hapus. Tampilan Sorter View 9. Menghapus slide tertentu Seperti telah dijelaskan pada tampilan Slide Sorter dimana untuk menghapus dan menambah atau menyisipkan slide dapat dilakukan dengan mudah. 10.October 31. Menyalin slide Proses penyalinan slide dapat dilakukan dengan mudah. dengan menggunakan langkah berikut:  Tampilkan Menu Insert  Pilih dan klik New Slide atau cukup menekan tombol Ctrl+M. Menyisipkan slide baru Anda dapat menyisipkan slide baru yang akan ditempatkan di sebelah kanan slide yang sedang dipilih.  Tampilkan Menu Edit  Turunkan pointer ke pilihan Delete slide dan klik mouse Anda. atau Anda cukup tekan tombol delete di papan ketik. Pada tayangan tersebut akan tampil Choose an Auto layout Praktikum PowerPoint Page 9 . Setelah itu kotak dialog New slide segera ditampilkan program. Untuk itu jika ada slide tertentu yang sudah tidak diperlukan lagi Anda dapat menghapusnya.11. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Pilih slide yang akan Anda salin  Tampilkan Menu Edit  Pilih dan klik Copy atau cukup menekan tombol Ctrl+C  Pilih posisi yang diinginkan untuk menempatkan slide hasil pengkopian tersebut  Tampilkan kembali Menu Edit  Pilih dan klik Paste atau Ctrl+V 11.

12. sedangkan apabila Anda akan mempresentasi-kan slide presentasi tanpa harus masuk ke jendela PowerPoint 2000 gunakan format Power Point Show (PPS). misalnya LATIHAN-01  Klik tombol Save Klik tombol drop-down ini untuk menentukan lokasi untuk menyimpan file presentasi Anda Gambar 1.12. 12.12.12. Setelah itu PowerPoint 2000 akan menampilkan kotak dialog SaveAs seperti Gambar 1.October 31. 2007 [PRAKTIKUM]  Pilih salah satu jenis slide baru yang diinginkan dengan mengkliknya satu kali. Setelah itu PowerPoint 2000 akan menampilkan kotak dialog SaveAs seperti Gambar 1. misalnya LATIHAN-01  Pada kotak SaveAs Type klik tombol drop-down dan pilih Power Point Show  Klik tombol Save Praktikum PowerPoint Page 10 . Jika Anda akan mempresentasikan slide presentasi melalui layar PowerPoint Anda dapat menyimpannya dalam format presentasi (PPT).  Klik tombol drop-down untuk menentukan lokasi tempat menyimpan file Anda  Ketikkan nama file Anda pada kotak File Name. Kotak dialog SaveAs 12. Menyimpan hasil desain Anda Proses penyimpanan Microsoft PowerPoint bisa bermacam-macam format.  Tekan tombol OK untuk mengambil pilihan yang Anda kehendaki. Menyimpan dalam format PPT Untuk menyimpan hasil desain yang telah Anda lakukan dengan AutoContent Wizard dalam format PowerPoint Presentation (PPT) prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu File  Turunkan pointer ke pilihan SaveAs.1.  Klik tombol drop-down untuk menentukan lokasi tempat menyimpan file Anda  Ketikkan nama file Anda pada kotak File Name.2. Menyimpan dalam format PPS Untuk menyimpan hasil desain yang telah Anda lakukan dengan AutoContent Wizard dalam format PowerPoint Show (PPS) prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu File  Turunkan pointer ke pilihan SaveAs.

Latihan Membuat Presentasi dengan AutoContent Wizard Sebagai bahan latihan buatlah presentasi dengan mengambil tema MARKETING PLAN. Mengakhiri Microsoft PowerPoint Untuk mengakhiri Microsoft PowerPoint 2000 prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu File  Turunkan pointer ke pilihan Exit dan klik mouse Anda atau tekan Enter 14. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah seperti telah dijelaskan di muka.October 31. Praktikum PowerPoint Page 11 . 2007 [PRAKTIKUM] 13. Anda bisa menggunakan pilihan lainnya untuk memperdalam pembuatan slide presentasi meng-gunakan AutoContent Wizard.

Tiba-tiba kepala bagian Anda meminta bantuan Anda untuk membuatkan sebuah presentasi baru untuk ditampilkan pada acara pem-bukaan seminar Nasional Produk Unggulan Tahun 2000. 2.  Pada kotak dialog New klik tab General seperti terlihat pada Gambar 2.3. Kemudian Anda dipanggil oleh pimpinan Anda agar presentasi tersebut dibuka di komputer yang ada di ruangan kepala bagian Anda. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut ini  Tampilkan Menu File  Pilih dan klik New (Ctrl+N). 1. Setelah selesai Anda menyimpan file presentasi ke dalam sebuah file. Studi kasus Seandainya Anda dijadikan sekretaris atau katakan-lah bekerja mendampingi kepala bagian di Instansi tempat Anda bekerja. Anda diminta membuat presentasi baru yang temanya mempresentasikan tentang keadaan minimal untuk sebuah laboratorium komputer di sekolah. 1.1 berikut. Untuk praktikum kali ini buatlah presentasi mulai dari lembar presentasi kosong. MEMBUKA DAN MENYUNTING SLIDE 1. Pimpinan Anda juga menginginkan presentasi lain yang dibuatnya menggunakan contoh yang ada di PowerPoint 2000. 1.2. Membuat presentasi baru PowerPoint 2000 memberikan kemudahan bagi Anda untuk membuat presentasi dengan berbagai cara.1. Gambar 2. Tampilan kotak dialog New Presentation  Klik icon Blank presentation.October 31.1. pada kotak dialog New Slide kemudian pilih LayOut Slide yang akan digunakan Praktikum PowerPoint Page 12 . Sedangkan datanya sama seperti yang dibuat secara manual. 2007 [PRAKTIKUM] BAB II MEMBUAT SLIDE PRESENTASI.

Presentasi slide pertama Praktikum PowerPoint Page 13 .3. Memilih jenis presentasi yang dikehendaki Gambar 2. Gambar 2. kemudian klik tombol OK.2. berikut ini.  Pilih salah satu jenis tampilan yang sesuai untuk halaman depan slide yang akan dibuat. kemudian ketikkan AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER  Jika tidak terjadi kesalahan hasilnya akan terlihat seperti Gambar 2.October 31. Layar pengeditan presentasi baru  Untuk membuat title bawa kursor ke kotak Click to Add Title dan klik mouse Anda. Gambar 2.4. lalu klik mouse Anda. 2007 [PRAKTIKUM]  Klik tombol OK. Kemudian ketikkan PELATIHAN PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER  Untuk membuat Sub Title bawa kursor mouse dan tempatkan pada kotak Click to Add Sub Title.4.

Menyisipkan slide baru Lengkapi presentasi Anda dengan menambah beberapa halaman slide berikutnya.October 31. Data yang harus Anda masukkan untuk slide halaman 2 adalah sebagai berikut: PRAKTIKUM INI BERTUJUAN:  Mengoptimalisasikan SDM yang ada  Agar pemakai komputer bisa lebih nyaman  Laboratorium terjaga dengan baik Langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Dari slide halaman pertama tampilkan Menu Insert dan pilih New Slide  Ambil pilihan kedua dan klik OK  Bawa kursor ke kotak Click to Add Title dan ketikkan: PRAKTIKUM INI BERTUJUAN  Bawa kursor ke kotak Click to Add text dan ketikkan: Mengoptimalisasikan SDM yang ada  Tekan tombol Enter di keyboard. kemudian ketikkan: Agar pemakai komputer bisa lebih nyaman  Tekan lagi tombol Enter dan ketikkan : Labora-torium terjaga dengan baik Gambar 2. Praktikum PowerPoint Page 14 . 2007 [PRAKTIKUM] 3.5. Hasil desain slide halaman 2 Sedangkan slide halaman 3 adalah sebagai berikut: MENGOPTIMALKAN SDM  Instruktur atau dosen akan lebih kreatif  Peran instruktur akan semakin optimal  Tidak pelu mendatangkan dosen dari luar  Siswa atau mahasiswa yang ada bisa didaya-gunakan  Akan tergali bibit unggul  Siswa kreatif akan terlihat kreativitasnya  Peranan lab akan semakin baik  Dll.

6. Untuk jelasnya ikuti beberapa langkah berikut ini. 2007 [PRAKTIKUM] Langkah yang harus Anda lakukan untuk mengisi slide halaman ke 3 adalah sebagai berikut:  Dari slide halaman kedua tampilkan Menu Insert dan pilih New Slide  Ambil pilihan ketiga dan klik tombol OK  Bawa kursor ke kotak Click to Add Title dan ketikkan: MENGOPTIMALKAN SDM  Bawa kursor ke kotak Click to Add text dan ketikkan: Instruktur atau dosen akan lebih kreatif  Tekan tombol Enter di keyboard. Gambar 2. Hasil desain Slide halaman ketiga jika sudah selesai akan terlihat seperti contoh pada Gambar 2. kemudian ketikkan: Peran instruktur akan semakin optimal  Tekan lagi tombol Enter dan ketikkan: Tidak pelu mendatangkan dosen dari luar  Tekan lagi tombol Enter dan ketikkan: Siswa atau mahasiswa yang ada bisa didayagunakan  Kemudian pindahkan kursor ke kotak ketiga dan klik mouse Anda. kemudian ketikkan: Akan tergali bibit unggul  Tekan lagi tombol Enter dan ketikkan: Siswa kreatif akan terlihat kreativitasnya  Tekan lagi tombol Enter dan ketikkan: Peranan lab akan semakin baik  Tekan lagi tombol Enter dan ketikkan: Dll. Hasil desain slide halaman 3 3. Cara pertama:  Dari jendela pengeditan tampilkan Menu Slide Show  Pilih dan klik View Show Cara kedua:  Dari jendela pengeditan tampilkan Menu View  Pilih dan klik View Show atau tekan tombol F5 di papan ketik atau keyboard Praktikum PowerPoint Page 15 .October 31. Prosedur untuk menampilkan presentasi bisa bermacam-macam. Bahkan jika Anda mempunyai OHP presentasi tersebut bisa ditampilkan melalui layar lebar. Menampilkan presentasi Presentasi yang telah kita buat tersebut dapat ditampilkan ke layar komputer.6 berikut ini.

misalnya LATIHAN2  Tekan tombol Save 4. Membuat presentasi baru dengan memanfaatkan template Untuk menggunakan template. 2007 [PRAKTIKUM] Cara ketiga:  Tekan tombol Slide Show di sudut bagian jendela pengeditan yang tampak seperti gambar ini . Praktikum PowerPoint Page 16 . ikuti langkah berikut ini:  Jalankan Microsoft PowerPoint  Tampilkan Menu File  Pilih dan klik New (Ctrl+N).7. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu File  Pilih dan klik SaveAs. kotak dialog New Presentation akan ditampilkan.  Kemudian klik tab Design Templates  Pilih dan klik template yang anda inginkan.  Ketikkan nama file Anda pada Option File name. Tayangan presentasi sederhana di layar komputer Sedangkan untuk mengakhiri Slide show Anda cukup menekan tombol Escape (Esc) di papan ketik atau keyboard.October 31. Setelah itu kotak dialog SaveAs akan ditampilkan program. Gambar 2. Setelah selesai simpan presentasi tersebut. kotak dialog New slide akan ditampilkan.

Praktikum PowerPoint Page 17 . Masing-masing slide biasanya mempunyai format tampilan yang berbeda. 6. Membuka file presentasi  Tampilkan Menu File  Pilih dan klik Open (Ctrl+O)  Pada kotak File Name ketikkan nama file yang akan dibuka atau ditampilkan.October 31. Setelah itu masukan teks yang ada untuk masing-masing halaman Presentasi Anda (gunakan data seperti latihan pertama)  Setelah selesai jalankan presentasi tersebut. 5.1.  Kemudian geser (drag) mouse ke akhir baris teks yang Anda inginkan. 6. Kemudian pilih slide yang akan ditangani (Edit). 6.3. misalnya LATIHAN2. Menyunting teks pada judul dan isi slide Untuk menyunting teks pada judul dan isi slide prosedur yang harus And alakukan adalah sebagai berikut:  Gunakan tampilan Normal View. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 2.  Arahkan penunjuk mouse pada teks yang akan diedit. kemudian klik satu kali. lalu lepaskan tombol mouse. Untuk mengatur format tampilan masing-masing slide. Untuk memilih atau menyorot teks tersebut Anda dapat menggunakan salah satu cara berikut ini:  Klik tombol mouse (jangan dilepas) pada awal baris teks yang Anda inginkan.  Kemudian lakukan penyuntingan judul atau isi slide sesuai dengan keinginan Anda.8.  Klik di luar objek teks yang sedang disunting untuk mengakhiri penyuntingan.2.  Kemudian geser (drag) mouse ke akhir baris terakhir teks yang diinginkan. Memilih atau menyorot teks Memilih atau menyorot teks perlu dilakukan sebelum proses penyuntingan atau mengatur format tampilan teks tertentu dimulai. Menyunting judul dan isi slide Presentasi yang dibuat biasanya terdiri atas beberapa buah slide. Kotak dialog design template  Pilih jenis Template yang akan digunakan pada presentasi Anda  Klik tombol OK  Pilih dan klik Layout yang sesuai dengan jenis presentasi yang akan ditampilkan.  Klik tombol Open. Setelah itu program akan menampilkan jendela pengeditan Presentasi. Menghapus teks Untuk menghapus teks prosedurnya adalah sebagai berikut:  Pilih atau sorot teks yang akan Anda hapus.  Klik OK sekali lagi. dapat digunakan cara berikut ini. 6.  Klik tombol mouse (jangan dilepas) pada awal baris pertama teks yang diinginkan.

 Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Font. misalnya 24  Pada tombol daftar pilihan Color. Memindahkan teks Posedur yang harus Anda lakukan untuk memin-dahkan teks adalah sebagai berikut:  Pilih atau sorot teks yang akan Anda pindahkan  Tampilkan Menu Edit  Pilih dan klik Cut (Ctrl + X). misalnya PELATIHAN PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER. Kotak dialog Font akan ditampilkan seperti Gambar 2.October 31. pilih dan klik jenis huruf yang Anda inginkan.9. misalnya jenis Arial  Pada kotak daftar pilihan Font Style. Memilih bentuk.9 berikut ini.4. Pada kotak dialog Font tersebut Anda dapat memilih huruf tebal (bold). pilih dan klik nama bentuk huruf yang Anda inginkan. Praktikum PowerPoint Page 18 . tampilan dan warna huruf Untuk mengubah bentuk. Gambar 2. Kotak dialog Font Microsoft PowerPoint 2000  Pada kotak daftar pilihan Font. ukuran.  Pindahkan kursor ke posisi penyisipan di lokasi baru yang diinginkan  Tampilkan kembali Menu Edit  Pilih dan klik Paste 7. pilih dan klik warna teks yang Anda inginkan.  Pilih tombol OK. tampilan dan warna huruf pada slide yang Anda desain prosedurnya adalah sebagai berikut:  Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah format tampilannya. misalnya Biru. 2007 [PRAKTIKUM]  Tampilkan Menu Edit  Pilih dan klik Clear atau tekan tombol Delete  6. huruf miring (italic) dan huruf tebal miring (bold italic). misalnya Anda memilih Bold  Pada kotak daftar pilihan Size. pilih dan klik ukuran huruf yang Anda inginkan. ukuran.

 Pilih dan klik salah satu perintah berikut ini:  Left. 7. Emboss. teks ditampilkan dengan posisi rata kiri. Prosedurnya adalah sebagai berikut:  Pilih judul atau isi slide yang akan ditangani  Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Alignment. Mengatur perataan tampilan teks pada slide Anda dapat dengan mudah mengatur tampilan teks pada slide. Memberikan efek khusus pada teks Memberi efek khusus pada teks tidak terlalu sulit. seperti Underline. teks ditampilkan dengan posisi rata kiri  Right.10 berikut ini: Gambar 2.October 31.1.  Beri tanda atau klik tombol pilihan efek khusus yang Anda inginkan. Shadow.3. Setelah itu kotak dialog Bullets and Numbering akan ditampilkan seperti Gambar 2. Subscript. Superscript. teks ditampilkan dengan posisi di tengah  Justify.  Center. 2007 [PRAKTIKUM] 7. dll.10. teks ditampilkan dengan posisi rata kiri dan kanan 7.2. Menggunakan paragraf bullet Untuk membuat jenis atau butir bullet prosedurnya sebagai berikut:  Pilih atau sorot item atau paragraf yang akan diberi butir (bullet)  Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Bullets and Numbering. Kotak dialog Bullet and Numbering Praktikum PowerPoint Page 19 . Untuk itu Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:  Block atau sorot teks yang akan diberi efek khusus  Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Font.

12. Mengatur Jarak Spasi Jarak atau spasi pada slide kalau tidak diatur akan sedikit menyulitkan. Kotak dialog Line Spacing Praktikum PowerPoint Page 20 . pilih dan klik bentuk butir (bullet) yang diinginkan. klik tombol perintah Picture. pilih dan klik bentuk bullet yang Anda inginkan. Line Spacing.October 31.  Pilih dan klik menu Format. Kotak dialog Picture Bullet  Pada kotak dialog tersebut. pilih dan klik warna butir (bullet) yang diinginkan  Apabila Anda ingin memilih bentuk bullet yang lain. Untuk itu Anda bisa mengaturnya dengan langkah berikut ini:  Pilih judul atau isi slide yang akan Anda atur jarak spasinya. Kotak dialog Picture Bullet akan ditampilkan seperti gambar 2. selain yang tersedia pada kotak daftar pilihan tersebut. 2007 [PRAKTIKUM]  Pada kotak daftar pilihan yang ada. tentukan ukuran butir (bullet).  Pada tombol daftar pilihan Color.11. Setelah itu kotak dialog Line Spacing akan ditampilkan program seperti Gambar 2. Gambar 2.  Pada kotak isian Size.12 berikut ini.  Klik tombol OK 7.11 berikut. Gambar 2.4.

14. setelah itu program akan menampilkan kotak dialog format AutoShape seperti Gambar 2.  Klik tombol OK.  Klik tombol OK 7. Memberi warna latar belakang objek teks Untuk memberi warna latar belakang atau background pada objek teks prosedurnya yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Klik judul atau isi slide yang akan diberi latar belakang warna.5.  Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Colors and Lines.13. Untuk itu ikuti langkah berikut:  Klik judul atau isi slide yang akan diberi efek garis bingkai. Kotak dialog Format AutoShape 7. tentukan jarak spasi dengan paragraf di atasnya (jarak antar paragraf).6. tentukan jarak spasinya antara baris teks. pilih dan klik warna garis untuk bingkai objek teks yang menurut Anda sesuai.  Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Colors and Lines. pilih dan klik warna latar belakang objek teks yang diinginkan.  Pada tombol daftar pilihan Color yang ada di bagian Line.  Pada tombol daftar pilihan Color yang ada di bagian Fill. misalnya 6. tentukan jarak spasi dengan paragraf di bawahnya (jarak antar paragraf). misalnya 1  Pada kotak Before paragrafh. misalnya 6.  Pada kotak After Paragraph.  Pilih dan klik tombol Preview apabila Anda ingin melihat hasil pemilihan tersebut pada slide.October 31. 2007 [PRAKTIKUM]  Pada kotak line spacing. setelah itu kotak dialog Format AutoShape segera tampil dihadapan Anda. Praktikum PowerPoint Page 21 . Memberi bingkai pada objek teks Anda dapat memberi garis atau bingkai pada objek teks presentasi Anda. Gambar 2.

LATIHAN Praktikum PowerPoint Page 22 . Kotak dialog AutoShape dengan pilihan Size  Pada bagian Size and Rotate. 2007 [PRAKTIKUM]  Pada tombol daftar pilihan Dashed yang ada di bagian Line.6 Cm  Rotation. isi dengan lebar objek teks. Mengatur ukuran dan rotasi objek teks Anda dapat mengatur ukuran dan rotasi objek teks pada presentasi yang sedang dibuat.  Width. misalnya 11.  Klik tombol OK 7.14. pilih dan klik gaya tampilan garis yang diinginkan.  Pada kotak dialog tersebut. klik tab Size. Gambar 2. 2. misalnya 0  Jika sudah selesai klik tombol OK.43 Cm. setelah itu otak dialog Format Autoshape seperti ditampilkan program. tentukan ketebalan garis yang Anda inginkan.  Pada kotak Weight yang ada di bagian Line. pilih dan klik bentuk garis untuk bingkai objek teks yang dikehendaki.15 berikut ini. o  Pilih dan klik tombol Preview untuk melihat hasil pendefinisian slide tersebut.  Pada tombol daftar pilihan Style yang ada di bagian Line. isi dengan derajat kemiringan objek teks. misalnya 21.7. isi dengan tinggi objek teks.October 31. 8. seperti ditampilkan pada Gambar 2. lakukan pengisian pada pilihan berikut ini:  Height.  Klik tombol Preview apabila Anda akan melihat hasil perubahan pada slide Anda. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Klik judul atau isi slide yang ingin Anda atur ukuran dan rotasinya  Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Placeholder.

2007 [PRAKTIKUM] Buat 3 slide presentasi. Jika menemui kesulitan tanyakan pada instruktur Anda di laboratorium. sesuaikan dengan ketentuan yang telah dijelaskan di atas. Berikut adalah data untuk latihan membuat presentasi tersebut. Slide 1 SELAMAT DATANG DI LABORATORIUM KAMI OLEH MUHAMAD JUHDI Slide 2 LABORATORIUM KOMPUTER  Komputer PC  Printer  Scaner  CD-ROM Drive  Zip-Drive Slide 3 KOMPUTER PC  Pentium Clasic 233 MMX  Pentium 200 Pro  Pentium II 400 Mhz  Pentium II 5000  Pentium Celeron 450 Mhz      Pentium III 500 Mhz Pentium III 720 Mhz AMD K6.October 31.2 500 Mhz Cyrix 450 Mhz AMK K6 300 Mhz Praktikum PowerPoint Page 23 .

WordArt dan sebagainya.1. Lihat Gambar 3. seperti disisip-kan gambar atau image. Ubah presentasi tersebut dengan latar belakang (background template). misalnya Bamboo 1. Praktikum PowerPoint Page 24 .2. WordArt pada slide Anda.2 berikut ini. 2007 [PRAKTIKUM] BAB III Mengatur Tampilan dan Menempatkan Objek pada Slide 1. Gambar atau ClipArt tersebut harus komunikatif dan menampilkan kesan di hati para peserta. Bahkan Kepala Bagian Anda menginginkan latar belakang atau background slide tersebut diubah sehingga benar-benar menarik. 2. Anda dapat mengganti layout tersebut dengan menggunakan langkah berikut:  Buka kembali file presentasi Anda  Pilih lalu tampilkan slide yang layoutnya akan di-ganti atau diubah. Masukkan ClipArt.  Kotak dialog Slide Layout akan ditampilkan. Studi Kasus Presentasi yang Anda buat sebelumnya ternyata tidak sesuai dengan keinginan Kepala Bagian Anda.1. Mengganti layout slide Apabila layout yang telah Anda gunakan pada slide dirasakan kurang sesuai. Jadi memo yang diterima dari Kepala Bagian Anda adalah sebagai berikut: 1. Slide presentasi yang akan diubah Backgroundnya  Pilih Slide Layout atau klik tombol Slide Layout di toolbar Common Task. Dalam hal ini Kepala Bagian Anda menginginkan presentasi yang benar-benar canggih.October 31. Gunakan yang menarik.  Tampilkan Menu Format Gambar 3.

Color Sceme PowerPoint 2000  Pada kotak Color schemes. Setelah itu kotak dialog Color Scheme segera ditampilkan program. 2.4 berikut.  Pilih dan klik Slide Color Scheme. Prosedur atau langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Pilih atau tampilkan slide yang akan ditangani. Memilih warna slide Untuk menggunakan warna yang ada pada slide. pilih dan klik pola warna slide yang akan digunakan.3 berikut ini.  Klik tombol Apply 2. misalnya layout baru tersebut menampil-kan ClipArt. Grafik. Anda dapat memilih warna slide yang sesuai dengan keinginan. Praktikum PowerPoint Page 25 . dan sebagainya.October 31. klik tab Standard seperti ditampilkan Gambar 3. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 3.3.  Tampilkan Menu Format. Memilih latar belakang slide Latar belakang slide yang dirancang dapat diatur dengan mudah. pilih dan klik layout baru yang Anda inginkan.2. Dengan langkah tersebut warna yang dipilih akan ditempatkan pada slide.  Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Background.1.2. Gambar 3.  Pada kotak dialog tersebut.  Klik tombol Apply. setelah itu kotak dialog Background segera ditampilkan program seperti terlihat pada Gambar 3. Kotak dialog Slide Layout  Pada kotak daftar pilihan Reaply the current master style. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Pilih atau tampilkan slide yang akan ditangani dan diubah latar belakangnya.

Menggunakan apply design Keistimewaan Microsoft PowerPoint 2000 ini selain memberikan kemudahan dalam merancang dan mendesain tampilan slide. Bahkan bagi siapapun yang melihatnya akan merasa betah melihat slide presentasi ter-sebut. Untuk menggunakan fasilitas Apply Design prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan slide presentasi yang akan ditangani  Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Apply Design Template atau klik tombol perintah Apply Design yang ada di Toolbar Common Task. Memilih background  Pada tombol daftar pilihan Background Fill.5.  Klik tombol Apply. Kotak dialog Apply Design Template  Pada tombol daftar pilihan Look In. Dengan menggunakan fasilitas Apply Design slide. Setelah itu kotak dialog Apply Design akan ditampilkan program seperti terlihat pada Gambar 3. Praktikum PowerPoint Page 26 . 2. juga akan memberikan berbagai kemudahan lain. pilih dan klik drive atau folder tempat Apply Design Template tersimpan. Gambar 3.October 31. Biasanya secara otomatis akan tampil jika Anda menginstal Microsoft PowerPoint secara lengkap. misalnya BAMBOO.4. pilih dan klik warna dan motif latar belakang yang diinginkan. ketikkan nama file template presentasi yang Anda inginkan atau klik dua kali pada nama file template presentasi yang Anda inginkan.  Pada kotak isian File Name. yaitu untuk memanfaatkan template template yang sudah disediakannya. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 3.5 berikut. presentasi Anda akan semakin menarik dan sesuai keinginan Anda.3.

Kotak dialog Zoom  Pada kotak Zoom To. Mengubah tampilan jendela Anda dapat memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan dari jendela kerja presentasi Anda. Menempatkan objek pada slide 3. Praktikum PowerPoint Page 27 .October 31. Anda dapat menempatkan objek berbentuk gambar atau ClipArt pada slide yang dirancang tersebut. beri tanda atau klik tombol pilihan prosentase pembesaran atau pengecilan tampilan jendela kerja presentasi yang Anda inginkan. Menempatkan objek berbentuk gambar atau ClipArt pada slide Untuk memperindah tampilan slide yang sedang dikerjakan. dengan demikian seluruh slide presentasi akan diubah sesuai pilihan yang diambil. 3. 2007 [PRAKTIKUM]  Klik tombol Apply.1. Contoh slide sebelum diubah seperti Gambar 3.6. 3. misalnya 49%. berikut. Prosedurnya adalah sebagai berikut:  Pilih atau tampilkan slide yang layoutnya akan di-ubah. Setelah itu kotak dialog Zoom akan ditampilkan seperti terlihat pada Gambar 3. Menempatkan objek dengan mengganti layout Untuk menempatkan objek berbentuk gambar atau ClipArt pada slide dengan cara mengganti layout slide.4.  Klik tombol OK. Caranya adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Zoom. A.6 berikut Gambar 3.6.

Dengan langkah ini layout baru akan ditempatkan pada slide yang sedang dikerjakan.7. caranya: Klik dua kali pada kotak ClipArt yang ada di slide Anda. pilih dan klik layout baru yang berisi kombinasi teks dan ClipArt. Gambar 3.  Untuk menempatkan ClipArt atau Gambar yang dibutuhkan.  Klik tombol Apply jika baru mengubahnya. Reapply the curent master styles  Pada kotak daftar pilihan Reapply the current master styles.6. Slide sebelum mengalami perubahan layout dan background  Kemudian tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Slide Layout atau klik tombol perintah Slide Layout yang ada dibaris toolbar Common Task. Setelah itu jendela Microsoft Clip Gallery akan ditampilkan seperti Gambar 3. Praktikum PowerPoint Page 28 . klik saja Reapply. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 3.7 berikut ini. Sedangkan jika Anda sudah beberapa kali merubahnya.8 berikut ini.October 31. Setelah itu program akan menampilkan seperti Gambar 3.

Kemudian klik tombol Toolbar Insert Clip. pilih dan klik kategori gambar atau ClipArt yang diinginkan. Praktikum PowerPoint Page 29 . maka dengan mengklik kategori tersebut pilihan ClipArt yang berada di bawah pilihan Academy akan tampil seperti Gambar 3.8. Slide Presentasi sudah berisi teks. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 3.9. Jendela Microsoft ClipArt  Pada kotak daftar pilihan Categories.9 berikut.October 31. Jika sudah berada di jendela komputer Anda pilih atau tampilkan salah satu slide yang akan ditangani.  Kemudian tampilkan Menu Insert  Pilih dan klik Picture  Pilih dan klik ClipArt. Dengan langkah ini seluruh objek gambar berupa ClipArt yang ada pada kategori tersebut secara otomatis akan ditampilkan. bullet dan gambar ClipArt B. Jendela Insert ClipArt akan ditampilkan seperti Gambar 3. Gambar 3. Gambar 3. Pilihan ClipArt dibawah pilihan Academy  Pilih dan klik objek gambar atau ClipArt yang Anda inginkan.  Buka file presentasi yang akan Anda tangani.10. Menempatkan objek dengan insert picture Apabila ClipArt atau gambar yang akan ditempatkan pada slide lebih dari satu dan posisi penempatannya sesuai keinginan Anda. maka untuk itu Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini. Misalnya Anda pilih kategori Academy.10 berikut ini.

atau file suara lainnya.11 berikut: Praktikum PowerPoint Page 30 . Dengan cara tersebut seluruh objek gambar berupa clip yang ada pada kategori yang dipilih akan ditampilkan program dalam hal ini Microsoft PowerPoint 2000.2.  Kemudian pilih dan klik Objek gambar. setelah itu kotak dialog WordArt Gallery segera ditampilkan program seperti Gambar 3. Jendela ClipArt  Pada jendela tersebut.  Motion Clips. 3.October 31. Icon ini mewakili sebuah suara yang bisa suara lagu. Pilihan ini digunakan untuk mengambil objek gambar berupa animasi atau video clip.  Pada kotak daftar pilihan Categories. suara pesan yang sudah direkam sebelumnya. Untuk menampilkan Toolbar Picture tersebut Anda melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah berikut:  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Toolbar  Pilih dan klik Picture. Dengan beberapa langkah tersebut objek yang dipilih akan ditempatkan oleh program pada posisi yang sesuai dengan keinginan Anda. Digunakan untuk mengambil objek suara. pilih dan klik kategori yang Anda inginkan.  Klik tombol toolbar Insert Clip. Menata objek dengan menampilkan toolbar picture Anda dapat mengatur dan menata objek gambar atau ClipArt yang sudah ditempatkan dengan memanfaat-kan baris toolbar picture. Menempatkan objek dengan variasi teks Buka file presentasi Anda. suara atau gambar animasi berupa Clip yang diinginkan. Pilihan ini digunakan untuk mengambil Objek gambar atau ClipArt. Kemudian setelah itu Anda dapat ikuti beberapa langkah berikut ini:  Tampilkan Menu Insert  Pilih dan klik Picture  Pilih dan klik WordArt. Objek suara yang Anda ambil akan ditempatkan sebagai icon berbentuk gambar speaker.  Sound.10. Atau jika Anda sudah berada di jendela Microsoft PowerPoint pilih salah satu slide yang akan ditangani. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 3. pilih dan klik salah satu tab berikut ini:  Picture. C.

Kotak dialog Edit Text WordArt  Pada kotak Edit Text. Praktikum PowerPoint Page 31 . Hasil pekerjaan Anda tersebut dapat dilihat seperti contoh pada Gambar 3.14 di bawah ini. Kotak dialog WordArt  Pada kotak dialog tersebut. Sesaat kotak dialog Edit WordArt Text akan ditampilkan program seperti terlihat pada Gambar 3. ketikkan teks yang akan Anda masukkan.12. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 3. pilih dan klik jenis tampilan teks yang diinginkan (WordArt Style)  Klik tombol OK.11. misalnya PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER  Klik tombol OK.12 berikut: Gambar 3.October 31.

WordArt pada slide Anda.October 31. Gambar atau ClipArt tersebut harus komunikatif dan menampilkan kesan bagi yang melihatnya. kampus atau sekolah Anda dengan ketentuan sebagai berikut: 4.1. 4. Hasil pemasukkan teks dengan WordArt 4. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 3. 4. Untuk membuat presentasi tersebut gunakan latar belakang (background template). Jika Anda kurang jelas baca kembali penjelasan saya di bagian yang menjelaskan mengenai pembuatan slide baru. Praktikum PowerPoint Page 32 . LATIHAN Buatlah slide presentasi untuk mempresentasikan suatu pekerjaan di perusahaan.14.3. Masukkan ClipArt.2.

 Klik tombol OK. 2007 [PRAKTIKUM] BAB IV MEREKAM SUARA DAN TOMBOL AKSI 1. Tugas Anda sebagai sekretaris adalah memperbaiki slide dengan menambahkan suara dan tombol aksi. 2. tampilkan Menu Insert  Kemudian pilih dan klik Movies and Sounds  Setelah itu pilih dan klik Sound from Gallery Tetapi apabila Anda akan mengambil suara dari file suara di direktori atau folder tertentu caranya adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu Insert  Pilih dan klik Movies and Sounds  Pilih dan klik Sounds from File. Sehingga walaupun pipernya dibacakan oleh orang lain tetapi suaranya tetap bisa diperdengarkan ketika slide presentasi tersebut dijalankan. Masukkan suara kepala bagian Anda sehingga ketika slide dijalankan suaranya bisa diperdengarkan kepada para peserta training atau peserta seminar. Menempatkan icon suara pada slide Untuk menempatkan icon suara pada slide presentasi prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan slide presentasi yang akan Anda di tangani.  Pada tombol daftar pilihan Look in. bisa berbentuk pesan suara yang sudah direkam atau bisa juga file suara lain yang sudah tersedia atau disediakan Microsoft PowerPoint. Penempatan Icon suara ini bertujuan untuk mewakili sebuah suara. ketikkan nama file suara yang Anda inginkan atau klik dua kali pada nama file suara yang ada di komputer Anda.October 31. Oleh karena itu dia meminta Anda untuk merekam suara-nya. Kasus Presentasi yang Anda buat tersebut ternyata harus juga dilengkapi dengan suara.  Apabila Anda menginginkan suara dari file yang di-sediakan Microsoft Gallery. Menempatkan icon suara dan icon CD audio pada slide Dengan Microsoft PowerPoint 2000 Anda dapat melengkapi slide yang dibuat dengan menambahkan icon suara atau icon CD Audio. Sedangkan icon CD Audio digunakan untuk mewakili lagu yang ditampil-kan yang ada di track tertentu dalam sebuah CD Audio.1.  Pada kotak File name. Misalnya Anda ingin mengambil file suara dari folder yang ada di harddisk komputer Anda. pilih klik drive serta folder tempat di mana file suara tersimpan. 2.1. 1. Untuk jelasnya keinginan kepala Bagian Anda adalah sebagai berikut: 1. Praktikum PowerPoint Page 33 .2. karena pimpinan Anda tidak bisa menyajikan presentasi tersebut. Masukkan tombol aksi pada slide presentasi yang Anda buat.

Kotak dialog Movie andSound Options  Pada kotak Play CD audio track. tentukan lagu atau musik pada track ke berapa yang akan dijalankan ketika slide tersebut ditampilkan.  Tampilkan Menu Insert  Pilih dan klik Movies and Sounds  Pilih dan klik Record Sound. prosedurnya sebagai berikut:  Buka dan pilih presentasi serta tampilkan slide yang Anda tangani tersebut. Gambar 4. 2.1 berikut ini.  Klik tombol OK. Merekam suara Untuk merekam suara kepala bagian Anda atau suara instrumen tertentu yang menurut Anda baik. Kotak dialog Movie and Sound Options akan ditampilkan program seperti Gambar 4. Menempatkan icon CD audio pada slide Untuk menempatkan icon CD Audio pada slide pre-sentasi. 2007 [PRAKTIKUM] 2.October 31. Kotak dialog Record Sound akan tampil seperti gambar 4. prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan slide yang akan Anda tangani  Tampilkan Menu Insert  Pilih dan klik Movies and Sounds  Pilih dan klik Play CD Audio Track.3.  Dengan cara atau prosedur yang telah dijelaskan di atas Anda dapat menikmati presentasi dengan ini lagu atau musik yang dipilih dan ditempatkan pada slide dengan diwakili sebuah icon CD Audio.1.2 berikut ini.2. Praktikum PowerPoint Page 34 .

2. Record  Klik tombol OK. ketikkan nama file suara yang dikehendaki.4.October 31. Untuk meng-gunakan fasilitas AutoShapes. Digunakan untuk merekam suara. Proses perekaman suara tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tombol berikut ini: Play Stop Digunakan untuk menjalankan hasil perekaman suara.2.  Pilih dan klik dua kali icon suara tersebut. Kemudian pilih dan klik bentuk Shape yang Anda inginkan. Anda klik tombol toolbar AutoShapes yang ada dibaris toolbar Drawing. Digunakan untuk menghentikan suara yang sedang dijalankan atau menghentikan proses perekaman suara. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 4.  Tampilkan Slide yang akan Anda tangani atau bisa juga dengan menyisipkan slide baru ke dalam slide yang ada  Klik tombol AutoShapes di toolbar bagian bawah layar Praktikum PowerPoint Page 35 . untuk menjalankan suara hasil rekaman Anda. Menempatkan objek dengan AutoShapes Fasilitas AutoShapes ini akan membantu Anda dalam melengkapi dan memperindah tampilan slide presentasi yang sedang Anda buat. Kotak dialog Record Sound  Pada kotak isian Name.

Menggunakan AutoShapes pada slide A. B. kemudian pilih dan klik salah satu kelompok AutoShapes yang Anda inginkan. 2007 [PRAKTIKUM] Tombol AutoShapes di toolbar drawing Gambar 4.  Klik tombol Toolbar AutoShapes.  Pilih dan klik bentuk garis. Dengan langkah ini penunjuk mouse akan berubah bentuk menjadi tanda plus tipis (cross hair). Menggunakan toolbar AutoShapes Untuk membuat Objek gambar dengan menggunakan tombol toolbar AutoShapes. Praktikum PowerPoint Page 36 . Teks dapat Anda tambahkan di dalam shape. lalu geser (drag) seluas ukuran gambar yang Anda inginkan. shape. Caranya seperti langkah-langkah berikut ini:  Tampilkan slide yang akan Anda di tangani.  Klik tombol toolbar AutoShapes.October 31. gambar berbentuk start & banners atau callout. Prosedur yang harus Anda lakukan untuk menam-bahkan teks pada Objek caranya seperti langkahlangkah berikut ini:  Pilih atau tampilkan slide yang akan ditangani.3. kemudian pilih dan klik salah satu kelompok AutoShapes yang Anda inginkan.  Arahkan penunjuk mouse tersebut ke posisi awal penempatan gambar. garis penghubung. bagan arus. banner atau callouts sesuai keinginan Anda. Menambahkan teks pada objek Apabila diperlukan Anda dapat juga menambahkan Objek gambar yang sudah Anda tempatkan. tanda panah berbentuk blok.

 Ketikkan teks untuk mengisi Objek tersebut. Prosedurnya adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Toolbar  Pilih dan klik Drawing. Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut kelompok icon drawing segera ditampilkan program seperti Gambar 4. Shortcut menu untuk memasukkan teks pada Objek  Klik tombol kanan mouse pada Objek yang Anda inginkan.October 31. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 4.5.6.5. Kelompok icon drawing di toolbar Praktikum PowerPoint Page 37 . Gambar 4.4. misalnya Apa tujuan praktikum pengelolaan laboratorium komputer ini?  Hasilnya dapat dilihat seperti Gambar 4.4 di atas  Pada menu shortcut ini Anda klik perintah Add Text. Hasil penulisan teks pada objek 2. terlebih dahulu baris toolbar drawing harus ditampilkan di jendela pengeditan. setelah itu menu shortcut akan ditampil-kan seperti Gambar 4.5 berikut.20 berikut ini: Gambar 4. Menggambar dengan drawing Untuk dapat menggambar dengan memanfaatkan baris toolbar drawing.

7 berikut ini. Jika kurang jelas buka kembali penjelasan saya mengenai merekam suara dan penempatan tombol aksi. Tombol Action ke slide terakhir. Misalnya Anda mengklik tombol aksi tersebut untuk menuju ke slide pertama. Dengan langkah ini penunjuk mouse akan berubah menjadi simbol seperti + (plus). Untuk menempatkan tombol aksi pada slide. Selanjut-nya pilih dan klik salah satu tombol aksi yang Anda inginkan. LATIHAN Buat presentasi. Anda dapat menentu-kan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penempatan slide sedang dijalankan. Praktikum PowerPoint Page 38 . 2007 [PRAKTIKUM] 2. kemudian lengkapi dengan berbagai atribut seperti yang telah dijelaskan di bagian ini.6.  Tempatkan penunjuk tersebut ke posisi awal penempatan tombol aksi. Kelompok Action Button Kotak dialog Action Setting Gambar 4. Kotak dialog Action Settings akan tampil seperti Gambar 4. ikuti langkah berikut ini:  Pilih atau tampilkan slide yang Anda inginkan.October 31. Menempatkan tombol aksi Penempatan tombol aksi (aksi buttons) pada slide dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam mengontrol slide pada saat presentasi dijalankan. Anda dapat menempatkan tombol aksi untuk memindahkan slide.  Klik tombol Toolbar AutoShapes yang ada di baris Toolbar Drawing  Pilih dan klik kelompok Action Buttons. kemudian klik dan geser (drag) sampai berbentuk ukuran tombol aksi yang Anda inginkan. menjalankan suara. menjalankan gambar animasi atau video klip dan lain-lain. mengakhiri presentasi dan sebagainya. 3.  Klik tombol OK. Kotak dialog Action setting dan contoh penempatan action setting Contoh  Pada kotak dialog tersebut.7.

Membuat dan menyusun data untuk bahan pem-buatan grafik 1. Pada suatu pertemuan bulanan Anda diminta oleh beberapa teman untuk mempresentasikan pekerjaan pengelolaan laboratorium komputer di tempat Anda bekerja untuk tahun berjalan dan dua tahun ke depan. Membuat grafik lengkap dengan datanya 2. Untuk jelasnya pekerjaan yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut: 1. Menempatkan tabel data pada slide Untuk mempresentasikan data Anda dalam pertemu-an yang akan dilaksanakan minggu depan slide yang akan dipresentasikan berbentuk data dan tabel. seperti judul grafik. Menempatkan tabel pada slide Anda bisa melakukan berbagai hal yang terbaik untuk presentasi Anda. 2007 [PRAKTIKUM] BAB V Memasukan Tabel dan Grafik pada Slide 1.1. prosedurnya adalah sebagai berikut: Praktikum PowerPoint Page 39 . Presentasi tersebut supaya ditampilkan dalam bentuk data dan grafik. Studi kasus Dalam suatu instansi biasanya ada pertemuan bulan-an atau mingguan. Dalam pertemuan tersebut biasa-nya diadakan suatu presentasi masing-masing peker-jaan yang sudah maupun yang akan dikerjakan.1.2. dan sebagainya. Grafik yang dalam presentasi tersebut harus dilengkapi dengan data. Dalam Microsoft PowerPoint 2000 berbagai kemudahan telah disediakan. Misalnya untuk membuat dan menempatkan tabel pada slide yang sedang Anda kerjakan dapat dilakukan dengan mudah. data grafik. Untuk itu ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. 2.October 31.

 Pilih Blank Presentation  Klik tombol OK. misalnya 3 kolom.2. Jendela desain slide untuk memasukkan table pada presentasi Anda  Double klik pada lokasi penempatan tabel. Kotak dialog Insert table  Pada kotak isian Number of columns. Gambar 5. misalnya 4 baris. Gambar 5. 2007 [PRAKTIKUM]  Jalankan Microsoft PowerPoint. ketikkan jumlah baris yang Anda inginkan. Memilih style table presentasi untuk Anda  Klik tombol OK sehingga akan tampil seperti Gambar 5. Atau jika Anda mempunyai data yang berbeda dengan latihan ini silahkan Anda meng-isinya sesuai kebutuhan. Praktikum PowerPoint Page 40 . Setelah itu akan tampil kotak dialog New Presentation. ketikkan jumlah kolom yang Anda inginkan.1.1 berikut.October 31.3.  Pada kotak isian Number of rows.  Kemudian pilih dan klik style presentasi tabel seperti Gambar 5.2 berikut ini. Setelah itu kotak dialog Insert Tabel akan ditampilkan program seperti gambar berikut: Gambar 5.

kolom kedua ketikkan PRINTER  Baris ke tiga. baris pertama ketikkan NO  Pada kolom kedua. baris pertama ketikkan JUMLAH  Sedangkan baris kedua.4 berikut. kolom pertama ketikkan 2  Baris ke tiga. 2007 [PRAKTIKUM]  Klik tombol OK. Praktikum PowerPoint Page 41 .4.October 31. kolom pertama ketikkan 1  Baris kedua. Gambar 5. kolom ketiga ketikkan 6  Baris ke empat kolom pertama ketikkan 3  Baris ke empat. kolom kedua ketikkan KOMPUTER  Baris kedua. Tabel kosong untuk diisi data Lengkapi tabel tersebut dengan data berikut ini:  Pada kolom pertama. Dengan langkah ini objek tabel yang masih kosong segera ditampilkan porogram seperti terlihat pada gambar 5. kemudian ketikkan TABEL PENGELOLAAN LABORATORIUM  Sehingga hasilnya akan terlihat seperti Gambar 5. kolom ketiga ketikkan 4  Baris ketiga.5 berikut ini. kolom ke dua ketikkan KEYBOARD  Baris ke empat kolom ke tiga ketikkan 4  Untuk judul tabel tersebut klik dua kali pada Click to Add Title. baris pertama ketikkan NAMA BARANG  Pada kolom ketiga.

3.  Tampilkan Menu Format  Pilih dan klik Table.  Jika sudah selesai klik tombol OK untuk meng-akhiri pekerjaan Anda. Caranya sebagai berikut:  Pada kotak daftar Style. Mengubah lebar kolom dan tinggi baris tabel.2.  Pada tombol daftar Width. Mengatur format tampilan table Untuk mengatur format tampilan table. klik tombol untuk menempatkan garis yang sesuai dengan posisi garis yang Anda inginkan. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 5. Pada kotak dialog tersebut lakukan pengaturan Text Alignment. Kotak dialog format table  Untuk mengatur tampilan bingkai tabel data. klik Borders.5. 2. Carnya Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:  Pilih atau tampilkan slide yang ingin Anda sunting tampilan tabel datanya. Pada kotak dialog tersebut. Kotak dialog format table akan ditampilkan seperti Gambar 5. margin dan rotasi posisi teks (Rotate Text within cell by 90 degrees). beri klik kotak cek Fill Color.6. klik tab Text Box. Kemudian pada tombol daftar pilihan di bawahnya pilih latar belakang tabel yang sesuai dengan selera Anda. 2.  Pada tombol daftar Color. untuk mengakhiri pengisian dan penyuntingan tabel.  Kemudian pilih atau sorot area sel dari objek tabel yang akan diatur format tampilannya.6 berikut Gambar 5. Hasil pengisian tabel  Klik di luar objek tabel.  Untuk mengatur posisi teks pada tabel. Anda dapat mengatur lebar kolom dan tinggi baris yang sudah terbentuk tersebut. langkah yang harus Anda lakukan adalah berikut ini:  Pilih dan tampilkan slide berupa table yang akan ditangani. Kemudian Anda lakukan pengaturan bingkai atau border untuk tabel Anda.  Untuk mengatur warna dan latar belakang dari tabel data yang sedang Anda tangani. pilih dan klik bentuk garis yang dikehendaki. pilih dan klik warna garis yang sesuai dengan keinginan Anda. pilih dan klik ukuran atau ketebalan garis yang diinginkan. klik tab Fill.  Pada kotak diagram bingkai yang ada di sebelah kanan.October 31. Praktikum PowerPoint Page 42 .

Untuk itu lakukan cara berikut ini:  Pilih atau tampilkan slide yang ingin Anda hapus tabel datanya.  Bila Anda ingin menyisipkan baris baru.  Geser (drag) batas antar kolom agar sesuai dengan lebar kolom yang Anda inginkan dan geser (drag) batas antar baris agar sesuai dengan tinggi baris yang Anda inginkan. Pada posisi kolom tersebut klik tombol mouse sebelah kanan. Dengan langkah ini kolom baru yang masih kosong akan ditempatkan di posisi kolom yang Anda pilih. Untuk menempatkan sebuah grafik pada presentasi yang sedang dikerjakan tidak terlalu sulit.  Pilih dan klik objek tabel yang akan lebih dulu dikerjakan. juga akan memberikan penjelasan kepada orang lain tentang apa yang sudah dan akan Anda kerjakan.7 berikut. Anda dapat menyisipkan baris baru pada tabel tersebut. pilih (sorot) kolom tempat menempatkan kolom baru. Setelah itu program segera menampilkan seperti tayangan Gambar 5.  Bila Anda ingin menyisipkan kolom baru.  Tampilkan Menu Edit  Pilih dan klik Clear (Del) 3.4. Pada posisi baris tersebut klik tombol mouse sebelah kanan. kemudian pilih perintah Insert Column.  Pilih dan klik objek tabel yang ingin Anda hapus. 3. 2. Membuat dan menempatkan grafik pada slide Anda dapat membuat dan menempatkan grafik pada slide yang sedang dikerjakan. 2007 [PRAKTIKUM]  Pilih dan klik objek tabel yang Anda inginkan. caranya seperti berikut:  Pilih atau tampilkan slide yang akan ditangani tampilan tabel datanya. Dengan langkah ini baris baru yang masih kosong akan ditempatkan di posisi baris yang Anda pilih. Membuat grafik pada slide Presentasi yang dilengkapi grafik selain akan mem-perindah bentuk presentasi yang ditampilkan.October 31.1. pilih (sorot) baris tempat menempatkan baris baru.  Klik tombol OK. Menyisipkan Baris dan Kolom Baru pada Tabel. 2. Praktikum PowerPoint Page 43 . Menghapus tabel yang sudah ditempatkan pada Slide. Tabel yang sudah tidak dibutuhkan dapat Anda buang atau dihapus. Jika tabel yang dibuat masih kurang. kemudian pilih perintah Insert Rows.5. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Dari presentasi halaman pertama tampilkan Menu Insert untuk menyisipkan slide baru  Pilih New Slide  Pilih dan klik Text and Chart untuk membuat grafik lengkap dengan data singkat berbentuk bullet di sebelahnya.

8 berikut.October 31. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 5. 3 unit Penambahan Printer tahun 2001. 1 unit Penambahan Server tahun 2001. Jendela awal pembuatan text dan grafik pada slide  Klik dua kali pada kotak Double clik to Add Chart  Setelah tampil presentation . dari tayangan ini ketikkan data seperti contoh yang ada pada Gambar 5.  Untuk mengisi Bullet pada kotak sebelah grafik klik satu kali pada Click to Add Text. klik di luar jendela lembar kerja tersebut. 4 unit  Untuk mengisi judul presentasi ketikkan text berikut: GRAFIK PRAKIRAAN PENAMBAHAN HARDWARE TAHUN 2000-2002 Praktikum PowerPoint Page 44 . 11 unit Penambahan printer tahun 2000. 5 unit Penambahan komputer tahun 2001. 4 unit Penambahan Printer tahun 2002. Gambar 5. 8 unit Penambahan komputer tahun 2002.8. 2 unit Penambahan Server tahun 2002. 6 unit Penambahan Server tahun 2000.7.Datasheet. Setelah itu masukkan data berikut ini:          Penambahan komputer tahun 2000. Adalah tabel data untuk grafik  Untuk mengakhiri pengisian data grafik.

 Klik tombol OK.  Dengan menggunakan tombol toolbar Chart Type.October 31. Anda harus melengkapi grafik yang dibuat tersebut dengan tampilan garis skala pem-bantu mendatar (Value Axis Gridlines) dan garis skala pembantu tegak (Category Axis Gridlines). 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 5. Setelah itu kotak dialog Chart Type akan ditampilkan program.  Pilih dan klik View.  Pada kotak pilihan Chart Sub-type.2.4. pilih dan klik jenis grafik yang Anda inginkan. Atau pilih dan klik menu Chart.3. Anda dapat mengubahnya dengan menggunakan langkah berikut. Untuk menampilkan garis skala pembantu tersebut ikuti langkah berikut ini: Praktikum PowerPoint Page 45 .9. 3. pilih dan klik jenis grafik lain yang Anda inginkan. kemudian klik Chart Type.9 di atas. pilih dan klik bentuk tampilan grafiknya.  Pilih dan klik dua kali objek grafik yang Anda inginkan. Menampilkan dan memilih gridlines Untuk memudahkan pembacaan grafik yang dipresen-tasikan. Hasil desain Slide grafik lengkap dengan keterangannya  Dengan cara tersebut Anda sudah bisa memasuk-kan grafik pada slide presentasi Anda sehingga akan terlihat seperti Gambar 5. klik dan tahan jangan dilepas tombol mouse Anda pada tombol perintah Press and Hold to View Sample.  Pilih dan klik dua kali objek grafik yang Anda inginkan.  Untuk melihat hasilnya. 3. Menampilkan kembaIi lembar kerja data grafik Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan tampilan lembar kerja data grafik dengan menggunakan langkah berikut ini:  Pilih atau tampilkan slide yang akan Anda tangani. Mengubah dan memilih jenis grafik Apabila jenis tampilan grafik yang sudah Anda tempat-kan kurang sesuai.  Pilih atau tampilkan slide yang akan ditangani. Datasheet atau klik tombol toolbar View Datasheet. 3.  Pada kotak daftar pilihan Chart Type.

Untuk itu diper-lukan beberapa keterangan dalam grafik tersebut. Praktikum PowerPoint Page 46 .  Pilih dan klik dua kali objek grafik yang Anda ingin-kan. Gambar 5.  Klik toolbar Legend atau tampilkan Menu Chart  Pilih dan klik Chart.  Lalu klik tab Legend.10.6. lalu klik tab Gridlines. Untuk menambahkan judul grafik dan judul sumbu grafik. seperti ditampilkan Gambar 5. 3.  Pilih dan klik dua kali objek grafik yang Anda ingin-kan. Tidak hanya itu. Menempatkan judul grafik dan judul sumbu grafik Dengan menempatkan judul dan menambahkan ber-bagai keterangan pada grafik yang dibuat akan memudahkan Anda untuk membacanya. Atau pilih dan klik menu Chart.  Klik tombol OK. tetapi bagi orang lain jelas akan mengalami kesulitan.10 di atas. 2007 [PRAKTIKUM]  Pilih atau tampilkan slide yang ingin Anda ubah tampilan grafiknya.  Klik tombol OK untuk mengakhiri penambahan atribut pada grafik Anda. Kotak dialog Chart Option  Klik toolbar Value Axis Gridlines untuk menam-pilkan garis skala pembantu tegak. bagi Anda mungkin tidak akan kesulitan untuk membaca grafik yang dibuat tanpa atribut atau keterangan mengenai grafik tersebut. Setelah itu kotak dialog Chart Options akan ditampilkan. 3. Untuk itu Anda lakukan prosedur berikut ini:  Pilih atau tampilkan slide yang ingin Anda ubah tampilan grafiknya.5. Menampilkan Legend pada grafik Grafik yang telah dibuat dapat dilengkapi dengan atribut yang sesuai dengan jenis dan bentuk serta data grafiknya. cara yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan slide presentasi yang akan ditangani.October 31.  Pada kotak dialog tersebut. beri tanda atau klik kotak cek untuk menampilkan garis skala pem-bantu. Kotak dialog Chart Option akan ditampilkan.  Untuk menampilkan legend grafik.  Pilih dan klik Chart Options. Chart Options. Kemudian beri tanda untuk penempatan legendnya. beri tanda atau klik kotak cek Show legend.  Pilih dan klik dua kali objek grafik yang Anda Inginkan.

11 berikut.  Lalu klik tab Data Labels. sehingga akan tampil seperti Gambar 5. Kotak dialog Chart Option  Pada kotak dialog tersebut.  Klik tombol OK untuk mengakhiri pekerjaan Anda. Sehingga akan tampil tayangan seperti Gambar 5. isi kotak isian berikut ini:  Chart title. Gambar 5. Data Labels Praktikum PowerPoint Page 47 . diisi dengan judul sumbu [Y]. Menempatkan label pada grafik Apabila diperlukan Anda dapat menempatkan label pada grafik.October 31.  Pilih dan klik dua kali objek grafik yang ingin Anda beri Label. 2007 [PRAKTIKUM]  Tampilkan Menu Chart  Pilih dan klik Chart Option. Setelah itu kotak dialog Chart Options akan ditampilkan program. Kotak dialog Chart Option. 3.12 berikut. Untuk itu prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan slide yang akan ditangani. Dengan menempatkan label pada grafik yang dibuat informasi yang diberikan oleh grafik menjadi lebih jelas.12. diisi dengan judul sumbu [Z].  Pilih dan klik menu Chart  Kemudian klik Chart Options. Gambar 5.  Klik tab Titles.7.  Value [Z] axis. Setelah itu program akan menampilkan kotak dialog Chart Options. diisi dengan judul sumbu [X]. misalnya TAHUN  Series [Y] axis.11. diisi dengan judul grafik GRAFIK HARDWARE  Category [X] axis.

seperti terlihat pada Gambar 5. Gambar 5. pada kotak dialog tersebut beri tanda atau klik kotak cek Show Data table. 2007 [PRAKTIKUM]  Pada kotak dialog tersebut. Data Table  Untuk menampilkan tabel data. Pilihan ini digunakan apabila Anda ingin menempatkan nilai data pada grafik. kemudian klik tab Data Table. Pilihan ini digunakan apabila Anda ingin menempatkan teks penjelasan pada titik data grafik.13 berikut. Menempatkan tabel data pada grafik Untuk memperjelas grafik yang dibuat sebaiknya Anda menempatkan tabel data pada grafik tersebut.  Pilih dan klik dua kali objek grafik yang ingin Anda beri Label. Praktikum PowerPoint Page 48 .  Klik tombol OK. Pilihan ini digunakan apabila Anda ingin menghilangkan tampilan label pada grafik.  Pilih atau tampilkan slide yang akan Anda tangani.  Klik tombol OK untuk mengakhirinya.  Show label.8.13. kotak dialog Chart Options segera ditampilkan.  Pilih dan klik Menu Chart  Pilih dan klik Chart Options. beri tanda atau klik tombol pilihan berikut ini:  None. Dengan mengikuti beberapa langkah ini Anda sudah bisa menempatkan tabel data pada grafik.October 31. Kotak dialog Chart Option.  Show Value. 3.

Presentasi yang ditampilkan supaya dilengkapi dengan catatan-catatan seperti footer. Sehingga slide presentasi Anda bisa dibaca oleh semua yang menyaksikan atau melihat slide presentasi tersebut. Kepala Bagian Anda menjelaskan sebaiknya Anda membuat presentasi dilengkapi dengan beberapa atribut. Menempatkan tanggal dan waktu pada slide Untuk menambahkan tampilan tanggal dan waktu pada slide yang dibuat prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Jalankan Microsoft PowerPoint 2000  Buka atau tampilkan file presentasi Anda. Pada presentasi tersebut Anda masukkan data-data untuk pembuatan grafik. Karena mereka tidak melihat tanggal. Nomor Halaman dan Catatan pada Slide 1. Studi kasus Lagi-lagi slide yang Anda buat mendapat protes peserta rapat. 2. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 5. Setelah itu kotak dialog Header and Footer akan ditampilkan program seperti Gambar 6.2. misal-nya LATIHAN1  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Header and Footer. LATIHAN Buatlah slide presentasi baru. Setelah grafik terbentuk lengkapi dengan judul. Praktikum PowerPoint Page 49 . Untuk itu.1. dan komentar.October 31. Menampilkan tanggal pada setiap slide presentasi yang dibuat 1.14. BAB VI Menempatkan Tanggal.1. legend. halaman dan komentar pada slide yang Anda tampilkan. Kepala Bagian Anda yang mem tersebut menyuruh Anda untuk memperbaikinya dimasa mendatang. dan lain-lain. Untuk jelasnya tugas yang diberikan oleh kepala Bagian Anda adalah sebagai berikut: 1. Presentasi yang ditampilkan 4. header.

Untuk menampilkan nomor halaman pada setiap slide presentasi.  Anda dapat menampilkan tanggal dan waktu dengan tampilan tanggal dan waktu yang sesuai dengan mengklik tombol pilihan Fixed. klik tombol Apply to All. Kotak dialog Slide Praktikum PowerPoint Page 50 . Menampilkan nomor halaman pada setiap slide.  Pada kotak Include on slide.October 31. Setelah itu kotak dialog Header and Footer akan ditampilkan program  Pada kotak dialog Header and Footer klik tab Slide. prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Header and Footer.  Klik tombol Apply jika tanggal dan waktu hanya ditampilkan pada halaman pertama saja. apabila tanggal dan waktu yang ditampilkan secara otomatis menyesuaikan dengan tanggal dan waktu sistem komputer Anda. Namun apabila tanggal dan waktu akan ditampilkan di seluruh slide presentasi.2. klik kotak cek Slide Number seperti Gambar 6.2 berikut ini.1 di atas klik tab Slide  Pada kotak Include on slide klik kotak cek Date and Time untuk menampilkan tanggal dan waktu pada slide Anda. 2007 [PRAKTIKUM] Beri tanda cek pada pilihan ini untuk menampilkan tanggal dan waktu Gambar 6.  Beri tanda cek atau cukup klik tombol Update Automatically.1. Beri tanda cek pada kotak slide number untuk menampilkan nomor halaman pada slide presentasi Anda Gambar 6. Kotak dialog Header dan Footer  Pada kotak dialog seperti ditampilkan Gambar 6. 3.

3. Gambar 6. Kotak dialog Slide dan memberi catatan kaki (footer) pada slide  Ketikkan keterangan untuk footer tersebut.October 31.4. Setelah itu kotak dialog Header and Footer segera ditampilkan program.3 berikut.  Pada kotak Include on Slide klik kotak cek Footer sehingga seperti Gambar 6. 4. Gambar 6. Memberi catatan atau komentar pada slide Praktikum PowerPoint Page 51 . Membuat catatan pada slide Untuk menempatkan catatan atau komentar pada slide presentasi yang Anda buat.  Pada kotak dialog Header dan Footer klik tab Slide. klik tombol Apply to All. berikut. misal-nya PENGELOLAAN LAB KOMPUTER.  Klik tombol Apply atau Apply to All apabila akan menempatkan footer di seluruh Slide Presentasi Anda.4. kotak isian untuk komen-tar atau catatan akan ditampilkan seperti terlihat pada Gambar 6. 5.  Tampilkan Menu Insert  Pilih dan klik Comment. 2007 [PRAKTIKUM]  Klik tombol Apply. prosedurnya adalah sebagai berikut:  Tampilkan slide yang akan Anda tangani. Menempatkan footer Anda dapat menempatkan keterangan berbentuk footer pada slide presentasi yang sedang ditangani. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Header and Footer. Namun apabila nomor halaman akan ditampilkan di seluruh slide presentasi Anda.

Untuk menampilkan dan menyembunyikan catatan yang sudah dibuat prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Comments 5. tampil-kan terlebih dahulu catatan tersebut dengan me-milih Menu View  Pilih dan klik Comment  Klik objek catatan atau komentar yang akan dihapus  Tampilkan Menu Edit  Pilih atau klik Clear (Del) 6. dan sebagainya. 5. ketikkan catatan yang sesuai dengan slide presentasi tersebut. Menghapus catatan pada slide Untuk menghapus komentar atau catatan pada slide prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Jika catatan atau komentar tidak terlihat.2. Menampilkan dan menyembunyikan Catatan pada slide. Buatlah slide baru. lakukan sesering mungkin. misalnya SELAMAT BELAJAR  Untuk mengakhiri penulisan catatan. kemudian beri beberapa catatan. seperti header.1.October 31. komentar. pembuatan header dan footer. klik di luar kotak isian tersebut. 2007 [PRAKTIKUM]  Pada kotak tersebut. Praktikum PowerPoint Page 52 . footer. LATIHAN Untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai pembuatan nomor halaman. Karena dengan cara latihan ini Anda akan me-nguasainya.

Mengatur slide yang akan ditampilkan Praktikum PowerPoint Page 53 . tekan tombol Ecs. Anda dapat beralih ke slide berikutnya dengan menekan tombol Space Bar.  Untuk mengakhiri tampilan Slide Show dan kembali ke jendela kerja Power Point 2000. 3. Selain itu. Anda juga bisa menambahkan fasilitas lain. yaitu dengan memilih Menu View.2. 2007 [PRAKTIKUM] BAB VII Menjalankan Presentasi dan Merekam Suara Pembicara 1. 2. Studi kasus Pada suatu pertemuan Anda diminta mewakili pim-pinan Anda. Buat presentasi dengan tampilan Presentation Show 1. seperti OHP untuk mem-percanggih presentasi Anda. Menampilkan slide presentasi Slide show digunakan untuk menampilkan seluruh slide yang sudah dibuat dalam bentuk Presentasi elektronik di layar komputer. Presentasi yang dibuat tersebut harus diatur dengan fasilitas Timing. Setelah slide yang dipilih ditampilkan di layar monitor. Karena pimpinan Anda tidak bisa bicara di hadapan umum. Untuk menjalankan presentasi di layar komputer ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Enter atau mengklik tombol mouse.  Cara lain adalah dengan memilih Menu Slide Show. Tugas yang harus Anda kerjakan adalah sebagai berikut: 1. kemudian pilih View Show (F5).  Atau Anda juga bisa menggunakan pilihan lain. dan sebagainya. lalu klik Slides Show (F5). yaitu:  Dari slide aktif pilih dan klik tombol Slide Show yang ada di pojok kiri bawah jendela Power Point 2000. Untuk itu Anda diminta mempre-sentasikan keadaan karyawan di kantor Anda.October 31.1.

Setelah itu kotak dialog Set Up Show akan ditampilkan program seperti terlihat pada Gambar 7. misalnya Anda. Pilihan ini digunakan apabila akan menam-pilkan seluruh slide presentasi. Kotak dialog Set Up Show  Pada kotak Slides.October 31. Setelah itu jalankan presentasi yang dirancang tersebut. diisi dengan nomor slide akhir (misalnya 10) akan ditampilkan.  Pada kotak Advanced Slide. yang harus diberi tanda cek adalah sebagai berikut:  All. prosedur yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu Slide Show  Pilih dan klik Rehearse Timing. Tujuannya adalah agar seluruh isi presentasi yang disajikan dapat diatur sesuai waktu yang diberi-kan untuk Anda melakukan presentasi. Pilihan ini digunakan apabila nomor slide awal (misalnya 1) dan To. klik tombol Manually.2 adalah kotak dialog putaran waktu presentasi Anda. dengan mengi-kuti cara saya berikut ini:  Tampilkan Menu Slide Show  Pilih dan klik Set Up Show. beri tanda dengan mengklik tombol Presented by speaker (full screen). Untuk mengatur lamanya tampilan slide secara otomatis.  From. 2007 [PRAKTIKUM] Sebelum menjalankan presentasi di layar komputer. Untuk menjalankan presentasi dalam ukuran satu layar penuh dengan proses tampilan-nya diatur oleh yang mempresentasikan. Untuk mengatur lamanya tampilan presentasi Anda. 4. yaitu Slide Timing.1. Mengatur tampilan slide dengan fasilitas slide timing Anda dapat mengatur waktu tampilan slide dengan mudah. Gambar 7. Dengan beberapa langkah tersebut slide show akan dijalankan dan di bawah layar akan tampil kotak dialog Rehearsal yang menunjukkan berapa lama slide ditampilkan di layar. Gambar 7.  Klik tombol OK. Dalam PowerPoint 2000 Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakannya. Anda dapat mengatur slide-slide yang akan ditampilkan pada presentasi tersebut. Praktikum PowerPoint Page 54 .  Pada kotak Show type. untuk menampilkan slide presentasi secara manual.1.

kotak dialog yang mengkonfirmasi total waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan seluruh slide yang Anda buat akan tampil pesan seperti Gambar 7. 2007 [PRAKTIKUM] Kotak dialog Rehearse Timing Gambar 7. Kotak dialog Rehearse Timing  Apabila Anda merasa waktu atau tampilan slide yang terlihat di layar sudah sesuai dengan ke-inginan Anda.October 31. Praktikum PowerPoint Page 55 . pada kotak dialog Reherseal klik tombol perintah bergambar anak panah ke kanan atau cukup tekan tombol Enter saja.  Setelah seluruh slide selesai ditampilkan di layar.  Lakukan untuk semua slide yang akan Anda atur lama tampilannya.3 berikut.2.

October 31. 2007 [PRAKTIKUM] Praktikum PowerPoint Page 56 .

untuk melihatnya. Kotak dialog Record Narration  Klik tombol Microphone Level untuk melakukan cekking terhadap Microsoft yang akan digunakan.  Pilih dan klik slide yang ingin Anda masukkan atau rekam suara pembicaranya.5 berikut.3.4. Selanjutnya kotak dialog baru yang menanyakan apakah Anda perlu melihat lamanya tampilan slide dalam bentuk tampilan. Gambar 7. Slide Sorter akan ditampilkan.  Klik tombol Yes. Setelah itu akan tampil kotak dialog Microphone Level seperti Gambar 7. 5.4 berikut. Praktikum PowerPoint Page 57 . 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 7. Kotak dialog Record Naration akan tampil seperti Gambar 7. Pesan setelah semua slide diatur lamanya waktu tampil  Klik tombol Yes. Setelah Anda mendefinisikan lamanya tampilan slide.October 31.  Dengan demikian lamanya tampilan setiap slide akan tersimpan pada slide timing. ikuti langkah berikut ini. untuk menyimpan waktu ter-sebut. Hal ini dilakukan apabila penyaji atau pembicara utama berhalangan datang pada saat presentasi berlangsung.: Untuk merekam suara sebaiknya Anda meng-gunakan tampilan Slide Sorter. Merekam suara pembicara Anda dapat merekam suara penyaji atau pembicara yang berisi penjelasan dari setiap slide yang akan dipresentasikan. Anda dapat menjalankan presentasi secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah Anda tentukan. Untuk merekam suara yang ingin disampaikan penyaji atau pembicara.  Tampilkan Menu Slide Show  Pilih dan klik Record Narration.

October 31, 2007

[PRAKTIKUM]

Gambar 7.5. Kotak dialog Microphone Level  Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog Microphone Level  Klik tombol OK untuk mulai merekam suara.

Gambar 7.6. Menentukan kualitas dan menyimpan hasil perekaman  Klik tombol Change Quality untuk melihat kualitas perekaman, space yang tersedia, dan se-bagainya.  Klik tombol Save As, setelah itu kotak dialog Save akan tampil.  Ketikkan nama file suara untuk presentasi Anda, misalnya SUARA  Klik tombol OK untuk menyimpan hasil pere-kaman.  Klik tombol OK sekali lagi untuk menutup kotak dialog tersebut. Setelah merekam suara penyaji atau pembicara Anda dapat menjalankan presentasi tersebut untuk melihat slide presentasi dan mendengar hasil pere-kamannya.

6. Mengatur efek transisi peralihan slide
Masing-masing slide dapat diatur efek transisi per-alihannya sehingga pada waktu presentasi dijalankan peralihan slide akan menampilkan efek visual yang menarik. Untuk itu Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:  Tampilkan Menu View

Gambar 7.7. Kotak dialog Slide Transition  Pilih dan klik slide yang diinginkan.  Tampilkan Menu Slide Show  Pilih dan klik Slide Transition. Setelah itu kotak dialog slide transition akan ditampilkan program seperti tayangan Gambar 7.7 di atas.

Praktikum PowerPoint

Page 58

October 31, 2007

[PRAKTIKUM]

 Pada tombol daftar Effect, pilih dan klik efek transisi ke kecepatan peralihan slide yang diingin-kan, misalnya Box In.  Pada kotak Advance, Anda beri tanda cek pada pilihan berikut ini:  On mouse clik. Pilihan ini digunakan apabila Anda ingin beralih slide dengan cara mengklik mouse.  Automatically after. Pilihan ini digunakan apabila Anda menginginkan beralihnya slide secara otomatis setelah sekian detik, Anda harus menentukan jumlah waktu yang diingin-kan.  Pada tombol daftar Sound, pilih dan klik file suara yang diinginkan. Suara ini akan muncul ketika efek transisi peralihan slide sedang berlangsung.  Pilih dan klik tombol Apply untuk satu slide. Tetapi apabila efek transisi akan diberlakukan pada semua slide, maka Anda harus memilih Apply to All.

7. Memberi efek khusus pada tampilan teks pada saat slide dijalankan
Untuk memberi efek khusus pada tampilan teks saat slide dijalankan, ikuti beberapa labngkah berikut ini:  Tampilkan slide yang akan Anda tangani  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Slide Sorter  Pilih dan klik slide yang akan ditangani  Tampilkan Menu Slide Show  Pilih dan klik Preset Animation  Kemudian pilih dan klik efek khusus tampilan teks yang Anda inginkan, misalnya Playing  Setelah Anda mengatur efek khusus tampilan teks, Anda dapat menjalankan presentasi untuk melihat hasilnya.

8. Memberi efek animasi pada objek
Untuk memberi efek animasi pada objek, ikuti langkah berikut ini :  Tampilkan Slide Anda dengan tayangan Normal  Pilih dan klik slide yang akan ditangani  Pilih dan klik objek yang ingin Anda beri efek animasi.

Gambar 7.8. Kotak dialog Custom Animation

Praktikum PowerPoint

Page 59

October 31, 2007

[PRAKTIKUM]

 Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Custom Animation, setelah itu kotak dialog Custom Animation akan ditampil-kan.  Pada kotak dialog tersebut, klik tab Order and Timing, sehingga akan tampil seperti tayangan Gambar 7.8 di atas.  Pada kotak daftar Check to animate slide object, beri tanda cek dengan mengklik objek atau teks yang akan Anda beri efek Animasi.  Pada pilihan Start Animation klik Automatically beri tanda cek dengan mengklik tombol mouse  Pada kotak Animation order, pilih dan klik efek animasi yang Anda inginkan dengan menekan masing-masing tab yang disediakan antara lain:  Order and Timing  Effects  Chart Effects  Multimedia Setting  Untuk melihat hasil pemilihan efek animasi dan bunyi suaranya, pilih dan klik tombol perintah Preview  Klik tombol OK untuk mengakhirinya. Lakukan untuk semua lembar slide yang berisi objek dan Chart serta Text yang ingin dibuat dengan memanfaatkan fasilitas ini.

9. Menyembunyikan slide
Kadang-kadang ada slide tertentu yang tidak ingin Anda tampilkan pada saat menjalankan presentasi. Untuk menyembunyikan slide tertentu, ikuti langkah berikut ini:  Tampilkan Slide Anda dengan tayangan Slide Sorter  Pilih dan klik slide yang ditangani  Tampilkan Menu Slide Show  Pilih dan klik Slide Hide.

10. Menambahkan keterangan pada slide
Untuk menambahkan keterangan pada slide tertentu ikuti langkah berikut ini:  Pilih atau tampilkan slide yang akan ditangani  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Notes Page. Setelah itu akan tampil tayangan Slide Notes seperti tayangan Gambar 7.9 berikut.

Praktikum PowerPoint

Page 60

kemudian geser (drag) ke posisi baru yang diinginkan.October 31.  Previous.  Klik di luar objek teks. Apabila Anda menggunakan pilihan ini maka kotak dialog Slide Navigator akan ditampilkan seperti Gambar 7.  Go. dengan menggunakan langkah berikut ini:  Jalankan presentasi yang akan ditangani  Jika pada saat menjalankan presentasi tersebut. misalnya PRESENTASI INI UNTUK PELATIHAN. untuk mengakhirinya. maka klik tombol mouse sebelah kanan hingga menu shortcut ditampilkan. Pilihan ini digunakan apabila ingin pindah ke slide tertentu dengan menggunakan panduan slide Navigator. By Title Slide. 11. Pilihan ini digunakan apabila ingin pindah ke slide berikutnya.  Pilih Slide yang akan dipindahkan posisinya.9. Slide Navigator. Mengubah urutan penampilan slide.10 berikut. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 7. Pilihan ini digunakan apa-bila ingin pindah ke slide tertentu. Mencari slide tertentu saat presentasi dijalankan Anda dapat mencari slide tertentu pada saat presentasi dijalankan. Slide Notes  Arahkan penunjuk mouse pada kotak catatan yang telah disediakan. misalnya Anda ingin beralih ke slide lain. Pada menu shortcut tersebut terdiri dari beberapa pilihan. 12.  Go. kemudian klik satu kali. Praktikum PowerPoint Page 61 . Anda dapat mengubah urutan penampilan slide dengan menggunakan langkah berikut ini:  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik Slide Sorter atau klik tombol Slide Sorter di sudut kiri bawah jendela Microsoft PowerPoint 2000. yaitu:  Next. Pilihan ini digunakan apabila ingin pindah ke slide sebelumnya. ketik catatan atau keterangan yang anda inginkan.  Pada objek teks untuk keterangan mengenai slide tersebut.

LATIHAN Buat sebuah presentasi dimana Anda disuruh membawakan sebuah presentasi.  Lakukan perekaman suara pimpinan Anda dalam slide tersebut. Kotak dialog Slide Navigator 12. Tetapi pimpinan Anda akan memberikan beberapa komentar dalam slide presentasi tersebut.  Atur lamanya waktu presentasi sesuai dengan jumlah dan waktu yang diberikan untuk Anda.October 31.10. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 7. Praktikum PowerPoint Page 62 .

Tetapi dengan PowerPoint 2000 Anda tidak perlu lagi menggunakan lampu sorot pointer tersebut. karena PowerPoint sudah menyediakan fasilitas Pen yang sangat baik. dengan cara tersebut penunjuk mouse akan berubah menjadi Gambar pena. Studi kasus Ketika Anda melakukan presentasi peserta seminar menanyakan beberapa hal yang berhubungan dengan data yang Anda tampilkan. Prosedur menggunakan fasilitas pen Pada saat menjalankan presentasi.2. umumnya orang menggunakan lampu atau serter pointer. Untuk meninggalkan kesan kurang baik sebaiknya Anda menggunakan fasilitas Pen dari Microsoft PowerPoint 2000. Untuk menggunakan Pen lakukan cara berikut ini. 1. Gambar 8. Untuk jelasnya lihat tayangan Gambar 8. Menu PopUp.  Anda dapat memberikan tanda atau coretan pada slide presentasi tersebut.1.  Jalankan terlebih dahulu Microsoft PowerPoint 2000  Tampilkan file presentasi Anda. Anda ingin memberikan coretan atau tanda pada slide yang sedang ditampilkan. klik tombol mouse sebelah kanan sehingga akan tampil Popup Menu seperti tayangan Gambar 8. 2. Buatlah peserta menjadi tertarik dengan coretan Anda di layar presentasi.1. berikut ini. 2007 [PRAKTIKUM] BAB VIII Menggunakan Pen 1.1.  Jika pada saat menjalankan presentasi. Menu PopUp untuk menampilkan Pen pada Presentasi Show  Pada Menu Popup tersebut pilih dan klik Pen (Ctrl+P). Praktikum PowerPoint Page 63 .2 berikut.October 31. Gunakan fasilitas Pen dari Microsoft PowerPoint 2000 1. Dengan cara ini kesannya akan semakin baik dan Anda kelihatan lebih profesional.

3. Contoh coretan menggunakan pen 3.October 31. LATIHAN Untuk menambah pengetahuan Anda. Coretan sudah terhapus 4.2. lakukan cara-cara yang telah dijelaskan di atas dengan data yang Anda miliki. untuk menghapus-nya ikuti cara berikut:  Klik tombol mouse sebelah kanan hingga program akan menampilkan Menu PopUp  Pilih dan klik Screen  Pilih dan klik Erase Pen Gambar 8. Menghapus coretan Setelah Anda melakukan beberapa coretan atau tanda pada presentasi tersebut. misalnya Anda akan mempresentasikan keadaan laboratorium di kantor Anda. atau di sekolah Anda. Praktikum PowerPoint Page 64 . 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 8.

2. Anda dapat mencetak 2. 2 slide. Studi kasus Biasanya peserta selain mendengarkan dan melihat presentasi yang ditampilkan melalui OHP atau Multimedia Projector di layar. pendengar juga bisa melihat-lihat printout yang ada dalam seminarkit atau training kit yang dibagikan sebelum pelaksanaan dimulai. Semua presentasi yang telah dibuat biasanya dicetak ke printer. Biasanya bentuk handout ini dicetak per halaman atau beberapa slide dalam satu halaman. seperti terlihat pada Gambar 9. Membuat handout cukup mudah. Oleh karena itu jika presenter menyaji-kan presentasinya sedikit cepat. Isi di kotak ini untuk menentukan jumlah slide yang akan di cetak ke printer. Anda akan melihat Handouts sebagai salah satu pilihan. Praktikum PowerPoint Page 65 .3. 2007 [PRAKTIKUM] BAB IX Membuat Handout Dan Mencetak Slide Tanpa Background 1. Anda bisa mencetak beberapa slide dalam satu lembar bisa juga satu slide untuk satu halaman. atau 6 slide dalam satu halaman. 3 slide. Oleh karena itu kepala Bagian Anda meminta Anda untuk membuat Printout untuk dibagikan kepada peserta pelatihan. Sehingga sambil mendengarkan penyaji. Anda diminta untuk mencetak hanya teksnya saja. Untuk menghemat tinta atau toner di printer. Mencetak satu lembar slide dalam satu halam-an tanpa latar belakang 2. Mencetak handout Biasanya penyaji makalah atau presenter tidak se-lamanya menampilkan presentasinya dengan pelan atau lambat. juga menginginkan cetakan dalam bentuk printout.October 31. prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu File  Tampilkan file Presentasi Anda. Dalam satu halaman kertas akan dibuat 1 slide. 1.1.1 berikut. maka diperlukan handout untuk dibagikan kepada peserta. setelah itu slide presentasi Anda akan tampil  Tampilkan kembali Menu File  Pilih dan klik Print dan bukalah daftar drop down Print What. Mencetak beberapa slide dalam satu halaman tanpa latar belakang 1. 6 slide dan sebagainya.

Prosedurnya adalah sebagai berikut:  Aktifkan dan pilih salah satu slide yang akan ditangani. prosedurnya adalah sebagai berikut:  Tampilkan Menu View  Pilih dan klik View  Pilih dan klik Master  Pilih dan klik Handout Master atau tekan tombol Shift dan klik tombol Slide Sorter View. 3 per page atau 6 per page untuk mengubah tata letak cetakan.  Klik pada tombol 2 per page. Menampilkan master handout Handout Master mengatur tata letak dan tampilan slide dalam handout pendengar. Ada beberapa cara atau prosedur yang harus Anda lakukan. Menentukan handout cetakan 3.  Untuk bentuk cetakan yang berbeda Anda dapat memilihnya melalui kotak dialog Print seperti terlihat pada tayangan Gambar 9. Mencetak handout tanpa latar belakang Di bagian sebelumnya Anda telah mencoba mencetak handout. diantaranya Anda harus melakukan setting di Menu Tool atau bisa juga dengan memilih option pada saat akan mencetak ke printer.2. 2007 [PRAKTIKUM] Gambar 9.2 berikut: Gambar 9.  Setelah slide tampil dihadapan Anda tampilkan dan pilih Menu Tool  Pilih dan klik Option.  Klik tombol Close untuk keluar dari Handout Master. Tayangan master handout  Lakukan pembesaran agar Anda dapat melihat pekerjaan Anda dengan memilih ukuran pembe-saran tampilan melalui daftar dropdown Zoom pada Toolbar Standard yang berada di bagian bawah jendela presentasi Anda. Setelah itu Handout Master akan tampil seperti ditampilkan Gambar 9. tetapi masih menggunakan background slide. Untuk menampilkan Handout Master. Pemegang slide dalam Handout Master menunjukkan tempat Anda meletakkan slide pada handout.1. 4. Setelah itu program akan menampilkan kotak dialog Option seperti Gambar 9. Praktikum PowerPoint Page 66 .3. Untuk kali ini Anda akan belajar mencetak handout tanpa slide.1 di atas..October 31.

Setelah itu program akan menampilkan kotak dialog Print  Jika Anda masih kurang yakin dengan setting yang telah Anda lakukan.October 31. Menu Tool dan memilih Option untuk menentukan jenis pencetakan ke printer  Untuk melaksanakannya tampilkan Menu File  Pilih dan klik Print. atau 6 slide dalam satu halaman. 2007 [PRAKTIKUM]  Beri tanda cek pada Background Printing di pilihan Printig Option  Beri tanda cek pada pilihan Use the following default print settings  Beri tanda cek pada option Pure black and wite (jika Anda akan mencetak dengan dua warna piluhan. seperti terlihat pada Gambar 9.2 berikut. Anda dapat mencetak 2. Anda akan melihat Handouts sebagai salah satu pilihan.3. maka pada kotak dialog Print ini tentukan lagi jenis pencetakan yang akan digunakan  Pilih dan klik daftar drop down Print What. Praktikum PowerPoint Page 67 . hitam dan putih)  Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog option tersebut Gambar 9.3.

2007 [PRAKTIKUM] Gambar 9.5.4. Gambar 9. Menentukan handout cetakan  Beri tanda pada pilihan Pure black and White  Tekan tombol OK untuk melaksanakan pencetak-kan 5.  Setelah slide tampil dihadapan Anda tampilkan dan pilih Menu Tool  Pilih dan klik Option. Menu Tool dan memilih Option untuk menentukan jenis pencetakan ke printer Praktikum PowerPoint Page 68 . prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:  Aktifkan dan pilih salah satu slide yang akan ditangani. Mencetak slide satu halaman penuh Untuk mencetak slide satu halaman penuh untuk tanpa latar belakang.October 31.

Jangan lupa pada saat akan mencetak slide tersebut Anda harus mengubah settingnya terlebih dahulu agar background dari slide tidak ikut tercetak. hitam dan putih)  Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog option tersebut  Untuk melaksanakan tampilkan Menu File  Pilih dan klik Print. maka pada kotak dialog Print ini tentukan lagi jenis pencetakan yang akan digunakan  Pilih dan klik daftar drop down Print What. Di sini Anda bisa memilih 2 slide per lembar. 2007 [PRAKTIKUM]  Beri tanda cek pada Background Printing di pilihan Printig Option  Beri tanda cek pada pilihan Use the following default print settings  Beri tanda cek pada option Pure black and wite (jika Anda akan mencetak dengan dua warna piluhan. LATIHAN Buat handout untuk dibagikan kepada teman-teman Anda. Setelah itu program akan menampilkan kotak dialog Print  Jika Anda masih kurang yakin dengan setting yang telah Anda lakukan.6.October 31. Menentukan handout cetakan  Beri tanda pada pilihan Pure black and White  Tekan tombol OK untuk melaksanakan pencetak-kan 5. Anda pilih Slide (With animation) Gambar 9.SELAMAT BELAJAR ----- Praktikum PowerPoint Page 69 . ----. 3 slide per lembar atau 6 slide per lembar atau satu slide dalam satu lembar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->