MODUL MENGOPERASIKAN PC STAND ALONE DENGAN SISTEM OPERASI BERBASIS TEKS

[HDW.OPR.101.(1).A]

MATA DIKLAT : KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks i

MODUL MENGOPERASIKAN PC STAND ALONE DENGAN SISTEM OPERASI BERBASIS TEKS
[HDW.OPR.101.(1).A]

TIM PENYUSUN :

Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks

ii

utamanya pada SMK bertujuan untuk menghasilkan tenaga yang terdidik dan terlatih di berbagai bidang. meningkatkan ketelitian dalam suatu biang pekerjaan. komputer dianggap sebagai sesuatu yang mewah dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. dimana perkembangan teknologi merupakan urat nadi utama kehidupan telah membawa perubahan besar terhadap tatanan dan cara hidup manusia. agar mereka dapat bersaing di dunia kerja yang telah memanfaatkan teknologi. utamanya dalam bidang komputerisasi dan pendidikan 2. Pendidikan. Namun. sebagai salah satu perangkat utama pendidikan Perkembangan teknologi ini juga berimplikasi terhadap pemanfaatan berbagai sarana dan prarasana teknologi. serta memperluas jenis pekerjaan yang dapat dilakukan tiap satuan waktu. Hal ini didasarkan kepada beberapa faktor utama. maka komputer telah menjadi suatu hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. sehingga nantinya akan menjadi penonton di lapangan sendiri dan menjadi tamu di rumah sendiri. Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks iii . contohnya adalah komputer. Era kesejagatan. Oleh sebab itu. Program keahlian ini mencoba untuk mencegah hal itu terjadi. pengetahuan komputer mutlak diberikan kepada peserta diklat. ada masyarakat tertentu yang belum mampu mengikuti perubahan ini. Mereka terancam terlindas oleh perubahan jaman. Oleh sebab itu. Beberapa tahun yang lalu. modul ini disusun untuk memberikan pengetahuan dasar tentang pengoperasian komputer personal dengan sistem operasi berbasis teks. Namun. sebab dengan pemanfaatan teknologi yang optimal. Setiap jenis pekerjaan dituntut untuk dapat dikerjakan dengan cara yang secepat dan setepat mungkin. yaitu : 1. Komputer. Dunia industri sebagai garda terdepan pembangunan ekonomi mau tidak mau harus memanfaatkan perkembangan teknologi ini. maka akan tercapai efisiensi dan efektifitas kerja.Kata Pengantar P emanfaatan komputer sebagai sebuah sarana pengembangan pendidikan saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan utama. Perkembangan teknologi yang semakin pesat. seiring dengan perubahan waktu dan tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi.

penulis juga akan sangat berterima kasih apabila pembaca dapat memberikan masukan dan saran kepada penulis demi kesempurnaan modul ini di masa yang akan datang. tidak lupa penulis menghaturkan rasa syukur ke hadirat Ilahi atas tersusunnya modul ini dan menyampaikan terima kasih yang tak terhingga pada berbagai pihak yang telah banyak membantu terbitnya modul ini. Penyusun Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks iv . Mengingat ketidaksempurnaan yang ada di sana sini.Akhirnya.

.............. DAFTAR ISI .................................... Kompetensi ................................................ A................................................ Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks v ............................... Tujuan Pemelajaran ............................................... Kompetensi ........................................... Prasyarat ................. Petunjuk Penggunaan Modul ................ C... D......................................................... Deskripsi ................ i iii iv 1 1 2 2 3 4 BAB II PEMELAJARAN ............................................................................... B........................ E................................... Kriteria Kinerja . BAB I PENDAHULUAN ..............................................................Daftar Isi KATA PENGANTAR ...................................................... A................................................................... Uraian Materi ..... Tujuan Akhir..................... PETA KEDUDUKAN MODUL ........................................................................................................................... Kegiatan Pemelajaran ..................................................... BAB III PENUTUP .........................................

A HDW.OPR.OPR.OPR.A DTA.(1).101.OPR.(1).Peta Kedudukan Modul KOMPETEN SLTP & yang sederajat HDW.(1).411.401.A DTA.108.OPR.(1).OPR.(1).OPR.A SWR.A SWR.(1).(1).OPR.A DTA. (1).102.A Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks vi .(1).101.(1).OPR.OPR.A DTA.102.105.A SWR.(1).(1).301.(1).412.OPR.(1).403.A SWR.A SWR.(1).OPR.A SWR.101.A DTA.104.OPR.406.A HDW.A DTA.A 1 HDW.OPR.A SWR.200.OPR.(1).100.OPR.A SWR.(1).OPR.(1).109.OPR.103.

101. b.Bab I . : Setelah mempelajari modul ini. Pendahuluan A. PRASYARAT Untuk mempelajari modul ini. karena merupakan langkah awal maka tidak ada prasyarat yang harus dipenuhi. 4. menoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC. peserta didik diharapkan untuk dapat : 1. 3. 2. mengoperasikan sistem operasi dasar yang sering digunakan di industri. mematikan PC tanpa error.(1). Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 1 . Manfaat di Industri B. peserta didik diharapkan untuk dapat : a. memahami cara mengoperasikan komputer tingkat dasar. c.OPR.A : • Disk Operating System • Internal command • External command : Modul ini merupakan modul pertama yang harus dikuasai oleh peserta didik : Setelah mempelajari modul ini. Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan. menghindari kerusakan pada komputer yang diakibatkan oleh prosedur mematikan komputer yang salah. Menyiapkan penyalaan komputer . DESKRIPSI Nama Modul Kode Kompetensi Ruang lingkup isi Kaitan Modul Hasil yang diharapkan : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis TEKS : HDW.

3. membantu peserta didik dalam memahami konsep dan praktek dalam modul ini dan menjawab pertanyaan peserta didik mengenai proses belajar dan pencapaian jenjang pengetahuan peserta didik. Setelah menyelesaikan modul ini. 2. Selanjutnya. media elektronik maupun melalui internet. 4.OPR. Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan berbagai sumber selain modul ini. utamanya dalam materi-materi yang relatif baru bagi peserta didik.C. membantu peserta didik untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL Untuk peserta didik. sistem operasi yang siap digunakan. Dalam modul ini dituntut tersedianya bahan ajar yang lengkap yang meliputi : a. membimbing peserta didik melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan tahap belajar. melaksanakan penilaian.A Mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI 4.(1). sehingga diharapkan dapat terjadi komunikasi timbal balik yang efektif dalam mempercepat proses penguasaan kompetensi peserta didik. b. yaitu HDW. misalnya melalui majalah. peserta didik dapat melanjutkan ke modul selanjutnya. mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan. 3. 5. unit komputer yang siap digunakan. Pemelajaran yang dilaksanakan menggunakan sistem Self Based Learning atau sistem pemelajaran mandiri. Guru atau instruktur berperan sebagai fasilitator dan pengarah dalam semua materi di modul ini. SOP dalam menghidupkan dan mematikan komputer. 2. dalam Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 2 . c. 7. membantu peserta didik dalam merencanakan proses belajar. 6. peran guru dalam proses pemelajaran adalah : 1.102. 1. merencanakan seorang ahli / pendamping guru dari dunia usaha untuk membantu jika diperlukan.

2. TUJUAN AKHIR Setelah mempelajari modul ini. Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan. mematikan PC tanpa error. 9. Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 3 . D.8. Menyiapkan penyalaan komputer . mengoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC. mencatat pencapaian kemajuan peserta didik. peserta didik diharapkan untuk dapat : 1. 3. menjelaskan kepada peserta didik mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya. 4.

KOMPETENSI SUB KOMPETENSI 1.E. Mempersiapkan pra-penyalaan komputer • • KRITERIA KINERJA Koneksi catu daya sudah tersambung Perangkat protective seperti UPS dan stabilizer (jika ada) sudah dinyalakan Koneksi Peralatan input/ output sudah tersambung Semua komponen sudah disiapkan untuk kondisi penyalaan normal/ default • LINGKUP BELAJAR Sistem operasi • MATERI POKOK PEMELAJARAN SIKAP Mengikuti SOP dalam mempersiapkan penyalaan komputer • PENGETAHUAN Menjelaskan langkahlangkah persiapan penyalaan komputer KETERAMPILAN • Mempersiapkan penyalaan komputer • • Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 4 .

Menyalakan komputer dan mengamati proses aktifasi sistem (booting) hingga selesai KRITERIA KINERJA • Indikator penyalaan seperti lampu dan atau suara muncul secara benar sesuai dengan user manual Proses Power-OnSelft-Test (POST) dan proses aktifasi sistem operasi berjalan sesuai dengan user manual Muncul tampilan pada layar monitor yang menandakan komputer siap pakai yang merupakan tampilan sistem operasi dengan user manual sistem operasi yang digunakan • • LINGKUP BELAJAR Sistem operasi Perintah-perintah sistem operasi • • MATERI POKOK PEMELAJARAN SIKAP Cermat dan teliti Mengikuti SOP dalam menyalakan komputer • PENGETAHUAN Menjelaskan proses penyalaan komputer KETERAMPILAN • Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan • • Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 5 .SUB KOMPETENSI 2.

seperti melihat isi folder. membuat. mengubah. menyalin/ memindahkan folder dan menyalin/ memindahkan file dari suatu folder ke lokasi lain • • LINGKUP BELAJAR Sistem operasi Perintah-perintah sistem operasi • MATERI POKOK PEMELAJARAN SIKAP Cermat dan teliti dalam mengoperasi kan PC • PENGETAHUAN Mengidentifikasi perintah sistem operasi KETERAMPILAN • Mengoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 6 .SUB KOMPETENSI 3. menghapus. mengganti nama file/ folder. Mengoperasikan PC • KRITERIA KINERJA Dapat menggunakan perintah pengelolaan file dan folder.

SUB KOMPETENSI • Mematikan komputer dan mengamati proses de-aktifasi sistem operasi hingga selesai KRITERIA KINERJA • Semua software aplikasi dan tools sudah ditutup atau tidak sedang dalam memproses Sudah dipastikan tidak ada data antrian dari dan menuju periferal Tampilan yang muncul pada layar monitor merupakan tampilan yang menandakan proses shutting-down secara normal sesuai dengan user manual sistem operasi yang digunakan Indikator seperti lampu dan atau suara akan tampak/ terdengar secara benar sesuai dengan user manual • • LINGKUP BELAJAR Sistem operasi Perintah-perintah sistem operasi • MATERI POKOK PEMELAJARAN SIKAP Mengikuti SOP dalam mematikan PC • PENGETAHUAN Menguraikan langkahlangkah mematikan PC KETERAMPILAN • Mematikan PC tanpa error • • • Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 7 .

Bila akan mengkopi file FORMAT. mouse.COM C: 6. mouse. menampilkan file per halaman / layar seluruh file yang ada di drive C 5. key board.COM A: c. Perintah DIR/P artinya… a. monitor 3. keyboard. C\>COPY FORMAT. menampilkan file per halaman / layar seluruh file yang ada di drive B e.COM yang ada di drive C ke drive A menggunakan perintah … a. A\>COPY FORMAT. disk drive b. A\>COPY FORMAT. cpu.COM b. (Benar atau Salah). CPU bertanggungjawab atas terkendalinya kegiatan seluruh bagian komputer 4. disk drive b. yang termasuk peralatan input adalah : a.anda disilahkan untuk langsung mengambil unit kompetensi HDW. keyboard. cpu. FORMAT. menampilkan file per halaman / layar secara horizontal c. CEK KEMAMPUAN Apabila anda dapat menjawab seluruh soal dibawah ini.F. yang termasuk peralatan output adalah : a.102 ( 1 ) A : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem berbasis GUI 1. cpu. monitor 2. Perintah untuk menghapus seluruh file yang ada di floppy A secara cepat adalah… a. monitor. printer c. menampilkan file per halaman / layar seluruh file yang ada di drive A d. monitor. key board. menampilkan file per halaman / layar secara vertikal b.COM C: d. C\> DEL A: Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 8 .OPR.COM A: C: e. printer c. C\>COPY A: FORMAT.

menghapus seluruh file yang ada didalam sub directory WINWORD di drive A b. a. C\>DIR/P c. menghapus seluruh file yang ada didalam sub directory WINWORD di drive C e. menghapus directory WINWORD di drive A d. C\>SYS A: c. A\>SYS C: b. C\>DIR SYS. C\>COPY SYS..SYS d.A>RD C:\WINWORD adalah perintah untuk…. C\>DIR B:*. menghapus sub directory WINWORD di drive A c. menghapus sub directory WINWORD beserta seluruh file yang ada di drive A c. A\>COPY C:SYS.COM C: d.* A: c. A>DEL *. Saat ini disket data di drive A belum diisi system. C\>DEL *. Untuk menampilkan seluruh file yang berekstension SYS di drive B adalah… a. menghapus sub directory WINWORD di drive A d.SYS e.COM A: e. C\>DIR A:*. menghapus seluruh file yang ada didalam sub directory WINWORD di drive A b.C:\>DEL A:\WINWORD adalah perintah untuk… a. C\>DIR/W b.COM 9.* B: 8. menghapus sub directory WINWORD di drive C Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 9 . menghapus sub directory WINWORD di drive A 10. Untuk mentransfer system dari drive C ke drive A menggunakan perintah adalah… a.* A: d. A\>COPY SYS. A>DEL A:*.* 7. A>DEL *.b. menghapus seluruh file yang ada didalam sub directory WINWORD di drive C e.* e.

seperti melihat isi folder. membuat. yang merupakan tampilan sistem operasi sesuai dengan user manual sistem operasi yang digunakan • Indikator penyalaan seperti lampu dan atau suara muncul secara benar sesuai dengan user manual • Proses Power-On-Selft-Test (POST) dan proses aktifasi sistem operasi berjalan sesuai dengan user manual • Muncul tampilan pada layar monitor yang menandakan komputer siap pakai yang merupakan tampilan sistem operasi dengan user manual sistem operasi yang digunakan • Dapat menggunakan perintah pengelolaan file dan folder.Bab II . mengubah. menyalin/ memindahkan folder dan menyalin/ memindahkan file dari suatu folder ke lokasi lain • Semua software aplikasi dan tools sudah ditutup atau tidak sedang dalam memproses Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 10 . mengganti nama file/ folder. menghapus. KEGIATAN PEMELAJARAN Kompetensi : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks Kriteria Kinerja • • • • • • • Koneksi catu daya sudah tersambung Perangkat protective seperti UPS dan stabilizer (jika ada) sudah dinyalakan Koneksi peralatan input/ output sudah tersambung Semua komponen sudah disiapkan untuk kondisi penyalaan normal/ default Indikator penyalaan seperti lampu dan atau suara muncul secara benar sesuai dengan user manual Proses Power-On-Self-Test (POST) dan proses aktifasi sistem operasi berjalan sesuai dengan user manual Muncul tampilan pada layar monitor yang menandakan komputer siap pakai. Pemelajaran A.

Mouse c. Mempersiapkan pra-penyalaan komputer Pengenalan bagian-bagian komputer : a. Keyboard b. Monitor f. mengoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC. Disk drive d. mematikan PC tanpa error. Uraian Materi 1. karena keyboard hanya digunakan untuk memasukan perintah serta data ke dalam komputer. Menyiapkan penyalaan komputer . 3. 4. 5. Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 11 .• • Sudah dipastikan tidak ada data antrian dari dan menuju periferal Tampilan yang muncul pada layar monitor merupakan tampilan yang menandakan proses shutting-down secara normal sesuai dengan user manual sistem operasi yang digunakan Indikator seperti lampu dan atau suara akan tampak/ terdengar secara benar sesuai dengan user manual • Tujuan Pemelajaran Setelah mempelajari modul ini. Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan. Printer • Yang termasuk peralatan input antara lain : a. peserta didik diharapkan untuk dapat : 2. CPU e. KEYBOARD : berfungsi sebagai alat masukan saja.

• Yang termasuk peralatan Output antara lain : a. Data-data yang diterimanya akan diterjemahkan menjadi tulisan dan gambar yang tercetak dikertas. Nyalakan tombol power pada Stavol c. Cek dulu keadaan komputer. apakah sudah terhubung dengan aliran listrik b.Keyboard tidak menerima data maupun hasil proses pengolahan. Menyalakan komputer dan mengamati proses aktifasi sistem (booting) hingga selesai Langkah -langkah meyalahkan komputer dengan sistem booting : a. karena printer hanya digunakan untuk menerima data dari komputer. Tekan tombol “Power” pada CPU Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 12 .selain itu CPU juga berfungsi untuk melakukan proses hitung dan logika.CPU bertanggungjawab atas terkendalinya kegiatan seluruh bagian komputer. c. DISK DRIVE : berfungsi sebagai alat input dan alat output. MOUSE : berfungsi untuk menunjuk. memilih dan memindahkan objek dalam layar komputer. Posisi penunjukkan diperlihatkan sebagai panah pada layar yang akan bergerak seiring pergerakkan mouse yang dilakukan. b. b. • Alat Pemroses data yaitu CPU (Central Processing Unit ). MONITOR : berfungsi sebagai layar tempat menampilkan hal-hal yang anda kerjakan di komputer anda. sebab melalui disk drive inilah komputer dapat mengambil data dari disket dan menulis data kedalam disket.Perintah dan data yang dikeeik lewat keyboard akan disimpan di memori kemudian dibaca oleh CPU lalu diterjemahkan dan dilaksanakan. PRINTER : berfungsi sebagai alat luaran saja. Merupakan bagian utama dari suatu komputer. 2.

yaitu : 1. Tunggu sampai monitor menyala dan mengeluarkan layar desktop windows. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh IBM kemudian dilanjutkan oleh Microsoft. meskipun Microsoft telah mengeluarkan WINDOWS .d. maka kita klik start . MS DOS prompt. Saat ini. Contoh : Command Ver Dir Fungsi Mengetahui versi DOS yang dimiliki oleh komputer Melihat isi dari sebuah directory dir/w = menampilkan isi dari sebuah directory secara melebar di layar Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 13 . tetapi aplikasi DOS tetap disertakan. Internal Command Yaitu perintah-perintah yang dapat dijalankan langsung dari prompt hanya dengan file command.com (bersama IO. Tekan tombol “ Power “ pada Monitor (monitor dalam keadaan on ditandai dengan led menyala / switch pada posisi on) e. Mengoperasikan PC DOS (Disk Operating System) DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi pertama yang dijalankan pada komputer IBM PC kompatibel. v Command (perintah) DOS for windows Bila kita hidupkan komputer yang memiliki sistem operasi Windows didalamnya sudah ada program DOS. 3.SYS tentunya).SYS dan MSDOS. program. maka akan tampil di layar : C:\windows>(layar hitam tulisan putih) bila ingin kembali ke windows ketik EXIT Inilah yang disebut Mode Dos Prompt Beberapa command prompt penting yang ada dalam DOS Ada dua macam pembagian perintah dalam DOS.

) Pindah ke directory yang berada di atasnya Membuat directory baru Menghapus directory Meng-copy satu file Mengganti nama file Menghapus file 2. maka sebelum menulis perintah eksternal disketnya harus dimasukkan ke diskdrive komputer. Mematikan komputer dan mengamati proses de-aktifasi sistem operasi hingga selesai Pada akhir hari dimana kita bermaksud mengakhiri dulu bekerja dengan komputer dan mematikannnya. Khusus DOS yang bootingnya menggunakan disket. Sebelum mematikan komputer anda harus melakukan persiapannya dulu. C. Rekam dan akhiri program yang sedang dijalankan Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 14 . karena file-file perintah eksternal ini sudah ada dalam komputer (windows). External Command Yaitu perintah-perintah yang memerlukan file perintah eksternal untuk menjalankannya.. Md Rd Copy Ren Del dir/p = menampilkan isi dari sebuah directory halaman demi halaman dir/p/w = menampilkan isi sebuah directory melebar halaman demi halaman Berpindah directory Pindah ke root directory (A. D.Cd cd\ cd.persiapan ini antara lain : b. Contoh : deltree excopy edit format fdisk Menghapus direktori tanpa mengosongkan dulu isinya Meng-copy direktori termasuk isi subdirektorinya Merupakan text-editor yang disediakan oleh DOS memformat drive yang dimaksud Membuat partisi 4.……. Jika bototingnya lewat OS windows. perintah ini bisa langsung diketik.

Perintah mengcopy file dalam satu drive menggunakan perintah…. namun keluar “its now safe turn off your computer”. kemudian cabut kabel dari jaringan liistik PLN • Jika ATX dan OS adalah Win XP: klik start. Bagaimana cara membuat directory / sub directory ? Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 15 . baru tombol power komputer dimatikan) Test Formatif Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar dan jelas ! 1. Sistem booting yang dilaksanakan saat komputer dijalankan dengan cara menekan tombol reset disebut… 4. Sistem booting yang dilaksanaakna saat komputer tidak aktif disebut… 2. klik shutdown. komputer mati sendiri (tidak usah menekan tombol power) Matikan Stavol . Apa yang dimaksud dengan CPU ( Central Processing Unit ) ? 3. kemudian cabut kabel dari jaringan liistik PLN. Win Me. Untuk mematikan komputer langkahnya tergantung dari jenis motherboardnya ATX atau tidak dan OS . • Jika ATX dan OS adalah Win98. 6.Matikan Stavol . Jelaskan perintah internal ! 7. Perintah yang berfungsi untuk menghapus semua tampilan dilayar adalah perintah… 10. pada mode DOS prompt misal c :\> ketiklah exit kemudian enter. Perintah DOS yang berfungsi menampilkan isi file adalah adalah perintah… 5. pilih shutdown. (khusus untuk motherboardnya AT caranya sama dengan di atas. Win 2000: klik start.c. kemudian akan kembali ke layar desktop d. pilih turn off. Buatlah perintah untuk mengganti nama file ! 8. Perintah untuk mengubah bentuk prompt menjadi ==> adalah… 9. komputer mati sendiri (tidak usah menekan tombol power). klik turn off computer. klik Yes.

3. MD diikuti nama directory perintah yang dapat dieksekusi komputer secara langsung tanpa membutuhkan file-file program. selain itu CPU juga berfungsi untuk melakukan proses hitung dan logika. Merupakan bagian utama dari suatu komputer. Seluruh 7. cold boot 2. RENAME 8. DIR 5. Prompt $Q $Q $G 9. CLS 10. Diskcopy 6. Warm boot 4. CPU bertanggungjawab atas terkendalinya kegiatan seluruh bagian komputer.KUNCI JAWABAN TEST FORMATIF 1. Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 16 .

sehingga peserta didik dapat dibekali dengan kecakapan menggunakan komputer sebagai sarana dalam mencapai tujuan sehari-hari. Modul : Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis teks 17 . Penutup M odul ini merupakan bahan ajar peserta didik untuk memperoleh kompetensi mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis teks pada mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI).Bab III .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful