LAPORAN

FIELDTRIP DI BALAI BUDIDAYA AIR PAYAU (BBAP) TAKALAR MATA KULIAH : Rekayasa Wdah dan Peralatan Pembenihan

DOSEN PENGASUH : Ir. Andi Asdar Jaya, M.Si LABORAN : Marbiah, S.Pi

OLEH : ARDIANSYAH MANOMPO (09 24 004)

PEMBENIHAN BUDIDAYA PERIKANAN POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PANGKEP 2011

Sehingga peran pembudidaya menjadi sangat besar dalam mempertahankan kualitas air bagi media ikan budidaya. gudang. sehingga tekanan bagi kelangsungan hidup hewan air di dalamnya semakin besar. dapat menekan biaya konstruksi tanpa mengurangi fungsi teknis dari unit tambak yang dibangun. atau petak kolam ikan dengan hiasan bunga teratai dan air terjun mini. Hal ini berguna untuk menjamin kelancaran mobilitas operasional sehari-hari. tanggul penyekat (skunder). . petak pengendapan. Air sebagai media kehidupan bagi ikan bersifat pasif. Bisa pula berbentuk akuarium dengan aeratornya. mesin diesel. pintu air pembuatan layout tambak yang tepat dengan beragam fasilitas inti dan penunjang. untuk mempertahankan aspek kelestarian lingkungan. sehingga alternatif kedua menjadi pilihan bagi pembudidaya. Karena air adalah faktor vital bagi kehidupan ikan. Aplikasi rekayasa jenis ini yaitu pembuatan tanggul keliling (Primer). sarana olahraga dan rumah para petambak. Latar Belakang Hal mendasar dalam sistem aquaqulture adalah rekayasa media. Seiring dengan perkembangan wilayah dan pertambahan penduduk membuat pilihan untuk mencari sumber air yang masih bersih juga sama-sama memerlukan biaya yang sangat besar. kantor/laboratorium. Peningkatan aktivitas di suatu wilayah menyebabkan terdegradasinya kualitas lingkungan perairan. keramba dengan jaring tali dan drumnya.BAB I PENDAHULUAN 1. menjamin keamanan suplai air dan pembuangannya. akan menerima berbagai intervensi baik faktor fisik maupun biologi. Pilihan tersebut bisa dilakukan dengan mencari sumber air yang masih baik atau dengan memberikan perlakuan terhadap media air yang semakin terbatas. macam pompa air. Sejumlah jenis bakteri yang berbahaya bagi kehidupan ikan budidaya sudah ditemukan pada sumber air budidaya.

. Tujuan Diharapkan mahasiswa dapat membandingkan antara teori dan praktek dilapangan Sebagai study banding mahasiswa Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana system mengelolaan air di BBAP Takalar.2.

BAB II METODOLOGI Waktu dan Tempat Fieldtrip Mata kuliah Rekayasa Wadah dan Peralatan Pembenihan modu Rancang bangun Peralatan Kulitas air ini dilakukan pada hari Selasa tanggal 14 Juni 2011 pukul 10.30 sampai selesai bertempat di Balai Budidya Air Payau (BBAP) Takalar Kecamatan Galesong Utara. .

BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN A. HASIL Di Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Takalar Peralatan airnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini Pompa Bak Tandon Tower Bak Reservoar Sand Filter .

Saringan Pada pengeluaran Alat UV Di Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Takalar Sistem penyaringan airnya adapat dilihat pada gambar berikut: .

Sistem filter mekanik (fisik) adalah sistem filter yang digunakan dengan cara merombak dedritus atau partikel dasar dari air laut hingga menjadi partikel yang sesuai dengan kondisi yang lebih baik bagi kehidupan organisme. 2.B. Filter kimia atau chemical filter merupakan sistem filter yang bekerja dengan cara mengubah polutan dalam air menjadi zat yang tidak membahayakan kualitas dan kuantitas air laut. Pada ujung pengisap dipasangkan penyaring agar kotoran tidak masuk kedalam bak tandon. PEMBAHASAN Dari hasil pengamatan selama karya wisata berlangsung didapatkan beberapa gambar seperti yang tertera pada gambar diatas dapat pula diketahui bentuk pengelolaan air di BBAP takalar . Adapun elemen yang mereka gunakan adalah pasir. arang dan pasir. 2. Serapan (absorpsi) Pertukaran Ion Jerapan . dan batu kali sedangkan bak ketiga berisi batu. Filter kimia dapat melakukan fungsinya dengan tiga cara yaitu 1. arang dan pasir kwarsa. Sistem pemipaan yang digunakan di BBAP Takalar didesain oleh bagian teknis dilapangan yang bertugas sesuai dengan wewenang yangdiberikan. Pompa Fungsi dari pompa adalah untuk menyaring air laut masuk ke tandon. BBAP Takalar mengabungkan antara Bak tandon dan filter pasir (sistem penyaringan bersusun tiga). 3. 1. arang. Bak Tandon Bak tandon berfungsi untuk menampung air dan mengendapkan kotoran yang masuk melalui saringan dari pompa pemasukan. Bak pertama berisi batu. Sistem penyaringan air yang digunakan di BBAP Takalar adalah gabungan antara filter fisik dam kimia. Bak ke dua berisi pasir. arang dan batu kali yang disusun kedalam tiga bak.

intensitas cahaya UV. BBAP Takalar telah berhasil mendesain sistem disinfektan dengan menggunakan lampu UV yang mengadopsi sistem dari produsen-produsen import. Bak Resevoar Sama fungsinya dengan bak tandon akan tetapi bak reservoir ini tempat menampung air yang bersih. oleh karena itu sangat berkaitan dengan kecepatan aliran air. Sand Filter Untuk menjamin kualitas air BBAP menggunakan sandfilter setelah air melalui tower. Tower Setelah air dari bak resevoir langsung dipompa menuju ketower. lampu UV bisa diganti atau dibersihkan. 6. Fungsi sandfilter adalah menyaring partikel-partikel yang halus dan sistem kerja dari sandfilter adalah secara fisika.3. jarak antara patogen dengan sumber cahaya UV. Mengapa harus menggunakan tower lagi karena untuk mempermudah didalam distribusi air kebak-bak larva dan induk. Produsen import yang mahal membuat kesulitan bagi pembudidaya-pembudidaya skala kecil untuk diaplikasikan. Sistem filter mekanik (fisik) adalah sistem filter yang digunakan dengan cara merombak dedritus atau partikel dasar dari air laut hingga menjadi partikel yang sesuai dengan kondisi yang lebih baik bagi kehidupan organisme. dimana ketika lampu UV sudah turun kemampuannya atau dilakukan perawatan. 4. Lampu . 3 Efektivitas cahaya UV akan sangat bergantung pada tingkat interaksi antara patogen dan cahaya UV itu sendiri. Alat UV Fungsi UV adalah menghambat mikroorganisme (bakteri dan virus) sehingga air yang dikeluarkan dari UV ini benar-benar bersih dan tidak menyebabkan organisme peliharaan terkontaminasi. Akan tetapi permasalahan tersebut saat ini bisa di pecahkan dengan adanya sistem UV dengan sistem knock down dengan memanfaatkan pipa PVC. 5.

tunggal yang dipasang pada pipa PVC berdiameter 2.5¶ mampu mereduksi bakteri patogen yang ditemukan di dalam air media hingga .

Akan tetapi permasalahan tersebut saat ini bisa di pecahkan dengan adanya sistem UV dengan sistem knock down dengan memanfaatkan pipa PVC. Kebutuhan suplai air yang lebih besar dalam waktu yang relatif singkat seperti pada kegiatan pembenihan skala besar tanpa resirkulasi. lampu UV bisa diganti atau dibersihkan. Produsen import yang mahal membuat kesulitan bagi pembudidaya-pembudidaya skala kecil untuk diaplikasikan. . dimana ketika lampu UV sudah turun kemampuannya atau dilakukan perawatan. BBAP Takalar telah berhasil mendesain sistem disinfektan dengan menggunakan lampu UV yang mengadopsi sistem dari produsen-produsen import.BAB IV PENUTUP KESIMPULAN Dari hasil kegiatan fieldtrip (karya wisata) dapat kita simpulkan bahwa manajemen pengelolaan air yang digunakan Di Balai Budidaya Air Payau ( BBAP Takalar) sangat bagus dan sudah memenuhi standar untuk usaha budidaya. membutuhkan sistem disinfektan yang sama.