20 Soal Tentang Spermatophyta(tumbuhan berbiji

)

1. Berikut ini beberapa jenis tumbuhan berbiji : 1. Jambu monyet 2. Mahoni 3. Melinjo 4. Angsana 5. Damar 6. Tanjung

Yang tergolong gymnospermae adalah a. 1, 2 b. 1, 3 c. 2, 4 d. 3, 5 e. 5, 6

2. Pertumbuhan pohon kelapa di sepanjang pantai didukung oleh adanya kemampuan pemencaran dengan bantuan air. Adaptasi buah kelapa agar mudah terbawa air adalah a. lapisan terluar banyak rongga b. lapisan tengah kedap air c. lapisan dalam kedap air d. lapisan luar keras dan tebal e. lapisan tengah banyak rongga

3. Perhatikan penampang melintang bunga di samping: Pada proses pembuahan terjadi penyatuan antara a. 1 dan P menghasilkan zigot b. 1 dan R menghasilkan zigot c. 2 dan P menghasilkan kandung lembaga d. 2 dan Q menghasilkan zigot e. 2 dan R menghasilkan zigot

jatuhnya serbuk sari pada kepala putik b. tulang daun menjari atau menyirip d. antophyta c. bertemunya sel sperma dari serbuk sari dengan sel telur pada putik 7.4. bertemunya benang sari dengan putik e. spermatophyte b. 4 dan 5 5. tallofita e. Yang dimaksud dengan penyerbukan pada tumbuhan biji adalah a. berkas pengangkut teratur e. jumlah mahkota bunga 4. Berikut ini yang bukan ciri-ciri tanaman dikotil adalah a. 1 dan 2 c. Perhatikan gambar pembuahan ganda pada Angiospermae di samping: Terbentuknya endosperm adalah hasil penyatuan dari a. bertemunya serbuk sari dengan bakal biji d. 5 atau kelipatannya 6. berakar serabut b. bertemunya serbuk sari dengan sel telur c. 2 dan 5 e. Tumbuhan biji memiliki bunga sebagai alat reproduksi sehingga tumbuhan ini disebut juga a. 2 dan 4 b. kormofita d. bryofita . berkambium c. 2 dan 3 d.

Cormophyta 11.Anthophyta b.Thallophyta e. anemofili c.Dicotyledoneae c. anemokori b. Penyerbukan dengan bantuan angin disebut a. Contoh bunga tunggal terdapat pada tanaman a.Gnetinae d. bunga mawar b. Spermatopyta mempunyai kelamin yang tampak jelas sehingga disebut juga sebagai a. 2)Badan berbentuk tiang 3)Daun majemuk menyirip 4)Sporofil tersusun dalam strobilus jantan dan betina 5)umumnya berumah Satu Tumbuhan yang mempunya ciri-ciri diatas dimasukan dalam kelas a. autogami d.Ginkgoinae e. bunga kancing e.Confirinae b.Cycadinae d.Phanerogamae . bunga soka c.Perhatikan ciri ciri berikut! 1)Tubuh menyerupai pohon kelapa.Embriophyta c. hidrofili 10. alogami e.8. bunga tembelekan d. bunga gambir 9.

Dicotyledoneae 15.2) dan 3) d.4) saja 13.Jenis-jenis Tumbuhan Angiospermae sebagai berikut.Coniferinae b.Gymnospermae d. a.1) dan 4) c.2) dan 4) e..Ginkgoinae b. 1)Gossypium sp.Angiospermae c.Monocotiyledoneae e.1) dan 2) b.Penghasil gamet betina dan gamet jantan pada angiospermae yaitu .Gnetinae d.Compositae e.Anthopytha 14.Cycadinae c.12. 1)Tumbuhan berbentuk pohon atau semak 2)Mempunyai system perakaran tunggal 3)Biji tidak dibungkus daun buah 4)alat perkembangbiakan berupa strobilus Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh tumbuhan yang tergolong a.Kelas yang tidak termasuk dalam Gymnospermae yaitu a. 2)Tectona grandis 3)Dalbergia latifolia 4)Chinchona ledgeriana Tumbuhan Angiospermae yang dimanfaatkan untuk bangunan rumah meliputi nomor.Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut.

cemara dan karet e.2) 3) dan 5) e.arkegonium dan anteridium e.anggrek.putik dan bakal biji b.kelapa dan jagung 17.Tumbuhan yg berkembang biak dengan cara membentuk strobilus jantan dan betina yaitu . .Anggota tumbuhan berbiji terbuka yg bijinya dapat digunakan untuk membuat emping digolongkan dalam kelas .1) 2) DAN 3) b.a.Zingiberaceae jahe d.pinus dan cemara b. a.palem dan kelapa e.pinus dan cemara c.1) 3) dan 5) d.anteridium dan arkegonium c.pinus dan melinjo c.3) 4) dan 5) 18.cycadinae 20.Jenis-jenis tumbuhan yang tergolong dalam confirinae yaitu .mimosaceae jati b. a.caesalpiniaceae beringin e.pasangan antara family dan contoh tumbuhan berkeping dua yg benar yaitu a.pisang dan pinus d.kelapa dan jagung d.melinjo.malvaceaw kamboja.gnetynae e.pinus dan melinjo b.leguminosae d.palem.1) 2) dan 4) c.Coniferinaei b.Dalam sebuah taman terdapat beberapa tanaman berikut 1)anggrek bulan 2)bunga mawar 3)pakis haji 4)bunga tasbih 5)cemara Kelompok tumbuhan yg mengalami perkembangan generative dgn pembuahan ganda yaitu a.rubiaceae kopi c.palem dan kelapa 16.mangga dan jati d.ginkgoinaei c.cemara.pakis haji dan melinjo 19. a.pakis haji.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful