P. 1
Kecelakaan Kerja Di PT RAPP

Kecelakaan Kerja Di PT RAPP

|Views: 442|Likes:
Published by Citra Perdani Utami

More info:

Published by: Citra Perdani Utami on Jun 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2014

pdf

text

original

Nama: Citra Perdani Utami Nim : L2C0 08 123 Tugas Keselamatan proses

Kecelakaan Kerja di PT RAPP, Korban Tewas Jadi Tiga Orang
Penulis : Rudi Kurniawansyah Selasa, 08 Februari 2011 12:34 WIB
PEKANBARU--MICOM: Korban tewas akibat kecelakaan kerja pecahnya pipa kran bubur kertas di area bleacing (pemutihan bubur kertas) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bertambah menjadi tiga orang. Sebelumnya, dua pekerja dipastikan tewas seketika dan tujuh pekerja lainnya mengalami luka bakar serius Pekerja yang tewas saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Awal Bross yakni Reno, karyawan PT Riautama Panca Karsa (RPK) yang merupakan pekerja dari kontraktor maintainance atau perawatan pabrik PT RAPP. Jenazah Reno langsung dibawa pihak perusahaan ke rumah duka di Bengkulu. Sedangkan dua pekerja lainnya yang telah dulu meninggal dunia yakni Joni Sembiring, karyawan bagian maintainance PT Aurel Jaya Abadi (AJA) dan Indra Jane, karyawan maintainance PT RPK. Kapolres Pelalawan Ajun Komisaris Besar (AKB) Ari Rahman Nafarin kepada Media Indonesia mengatakan kejadian kecelakaan kerja di salah satu pabrik bubur kertas terbesar di Asia Tenggara itu diketahui sekitar pukul 14.00 WIB, Senin (7/2) siang. Pada saat itu, sejumlah pekerja sedang melakukan perbaikan kran bubur kertas yang bocor di areal bleacing PT RAPP. "Kecelakaan terjadi akibat pipa kran bubur kertas pecah dan menyemburkan bubur kertas panas. Dua pekerja tewas seketika, dan sejumlah pekerja lainnya mengalami luka bakar serius," ungkap Ari, Senin (8/2). Ia menjelaskan, sebelum diperbaiki kran bubur kertas yang bocor tersebut, para pekerja dari subkontraktor PT RAPP itu mengalihkan atau bypass bubur kertas. Ketika pekerjaan sudah hampir selesai, tiba-tiba kran pipa bubur kertas yang diperbaiki itu pecah dan menyemburkan bubur kertas, sehingga mengenai sejumlah pekerja dan karyawan ada di sekitar pabrik. "Diduga pipa kran pecah akibat tekanan dari dalam yang kuat sehingga menyemburkan bubur kertas dan mengenai para karyawan," jelas Ari. Sejauh ini,, pihak perusahaan sudah melarikan para korban yang terluka bakar akibat tersiram cairan bubur kertas panas ke Rumah Sakit Awal Bross Pekanbaru untuk menjalani perawatan.

" ungkap Salomo. safety boots agar terhindar dari bahaya cipratan bahan kimia. kecelakaan ini disebabkan pipa kran bubur kertas pecah dan menyemburkan bubur kertas panas dan mengenai pekerja pabrik. "Belum diketahui penyebabnya masih dalam tahap penyelidikan. gloves terhindar dari bahaya temperatur ekstrim. yaitu pengaman alat berbahaya dan pengaman manusia yang melayani alat itu yang diantaranya terdiri dari face shield.Sementara itu. full body suit. selain itu pihak pemilik pabrik seharusnya memberikan pendidikan dan pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja yang diperlukan pekerja guna meningkatkan pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja. Dua karyawan kontraktor bagian perawatan pabrik tewas seketika tersiram cairan panas bubur kertas. Humas PT RAPP Salomon Sitohang membenarkan terjadi kecelakaan kerja di areal pabrik PT RAPP. Berbeda dengan keterangan polisi. yang dimana alat alat pengaman tersebut seharusnya digunakan oleh pekerja di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dalam mengecek kondisi pipa yang berisi bahan yang berbahaya dengan temperature tinggi sehingga kecelakaan proses yang menimbulkan bahaya kematian tersebut dapat dihindarkan.eye google untuk melindungi bagian muka dan mata dari bahaya kimia atau temperature tinggi." ucap Salomo. helmet yang berfungsi melindungi bagian kepala dari jatuhnya alat proses yang berbahaya. seperti keberadaan alat pengaman yang merupakan bagian yang sangat penting dan diperlukan didalam lingkungan pabrik terutama ketika akan dilakukan perbaikan terhadap alat-alat produksi yang dapat menimbulkan bahaya dengan adanya alat pengaman tersebut kemungkinan timbulnya bahaya dapat diperkecil. Alat pengaman pabrik sendiri dapat dibagi menjadi dua kategori. Perusahaan berjanji akan memberikan santunan terhadap para karyawan yang menjadi korban kecelakaan kerja di Pabrik PT RAPP tersebut "Nanti jika sudah lengkap akan diberikan penjelasan lebih rinci. Namun pihak perusahaan belum mengetahui penyebab dan kronologis dari kecelakaan tersebut. Salomo menjelaskan kecelakaan kerja diketahui perusahaan sekitar pukul 14. Senin (7/2) Siang.30 WIB. dimana dalam hal ini pabrik tidak menerapkan dan melaksanakan standar keselamatan kerja.(OL-12) Review Kecelakaan yang terjadi di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) termasuk kategori kecelakaan proses. demi mencegah terjadinya .

proses atau aktifitas. proses peninjauan ulang setiap aspek dari pekerjaan ini agar potensi bahaya bisa kita identifikasi dan dapat dicegah selama melakukan proses pekerjaan yang mungkin berbahaya. seperti pembersihan mesin.kecelakaan yang sama. dan yang terpenting adalah pemilik pabrik bersama bagian keselamatan dan kesehatan tenaga kerja pabrik harus melakukan evaluasi mengenai standar keselamatan kerja dan proses di pabrik agar kejadian tersebut tidak terulang lagi. pemeriksaan. perbaiki bagian alat di pabrik. dan yang terpenting adalah sebelum melakukan sebuah pekerjaan di pabrik terlebih dahulu hazard identification (identifikasi bahaya) dan risk assessment atau penilaian resiko dari suatu pekerjaan. mesin harus berhenti beroperasi jika perbaikan yang dilakukan cukup beresiko sehingga bahaya seperti kejadian kecelakaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yaitu berupa pecahnya pipa kran berisi bahan berbahaya yang diakibatkan tekanan dari dalam yang kuat dan menyemburkan bubur kertas yang mengenai para karyawan dapat dihindari. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->