1.

Latar belakang dibentuknya BPUPKI dan PPKI Pada akhir tahun 1944, kedudukan dalam perang pasifik, bagi tentara jepang mulai terdesak dan mengalami kekalahan. Sementara itu perlawanan rakyat semakin berkobar dimana mana. Mengingat kondisi seperti ini, perdana mentri jepang kaiso pada tanggal 9 september mengeluarkan janji “kemerdekaan kelak dikemudian hari” kepada rakyat Indonesia. Sejak diikrarkannya janji tersebut, kantor-kantor diperbolehkan mengibarkan bendera sang merah putih berdampingan dengan bendera jepang hinomau. Penggunaan Bahasa Indonesia semakin mendapat tempat, baik di kantor-kantor, sekolah, mass media atau tempat-tempat lainnya.

Pada tanggal 1 maret 1945 Jepang mengumumkan dibentuknya “dokurisu junbi cosaki”. Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), badan ini dibentuk untuk mempersiapkan hal-hal penting mengenai tata pemerintahan indonesia merdeka. BPUPKI beranggotakan 67 orang dengan diketuai oleh dr. Rajiman Widiodiningrat. Sejak terbentukanya BPUPKI telah mengadakan dua kali sidang, yaitu: 1. Sidang gelombang pertama, berlangsung pada 29 mei sampai 1 juni 1945. sidang pertama membalas masalah masalah yang berkenan dengan dasar negara indonesia, diantaranya: a. Mr. Muhamad Yamin<mengusulkan konsep Negara tentang: 1. Peri Kebangsaan 2. Peri Kemanusiaan 3. Peri Ketuhanan 4. Peri Kerakyatan 5. Kesejahteraan Rakyat b. Prof. Dr. Supomo, SH. Mengusulkan konsep dasar Negara; 1. Persatuan 2. Kekeluargaan 3. Keseimbangan Lahir Batin 4. Musyawarah 5. Keadilan Rakyat c. Ir. Soekarno, mengusulkan konsep dasar Negara: 1. Kebangsaan Indonesia 2. Internasionalisme Atau Perikemanusiaan 3. Mufakat Atau Demokrasi 4. Kesejahteraan Social

bendera pusaka tersebut masih disimpan di museum tugu monument nasional. disusul oleh soewirjo wakil wali kota Jakarta saat itu dan moewardi. Soekarno. Oleh sebab itu ditunjuklah latief hendraningrat. Teks proklamasi Indonesia itu diketik oleh sayuti melik. Pada awalnya trimurti diminta untuk menaikan bendera namun ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. dan batang tubuh uud. Mereka menurut soekarno mengulang .m diyah sayuti melik. seorang prajurit peta dibantu oleh suehoed untuk tugas tersebut. moh. dan mr. 17 agustus 1945. Sidang Gelombang Kedua Berlangsung Pada Tanggal 10 Juli Sampai 17 Juli 1945. dikediaman soekarno jalan pegangsaan timur 56 telah hadir diantara lain soebarjo. Bpupki manyerahkan tugas ini kepada prancang undang undang yang kemudian menghasilkan pernyataan Indonesia merdeka. Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera merah putih( sang saka merah putih ) yang dijahit oleh phatmawati beberapa hari sebelumnya. Ketuhanan Yang Maha Esa Kelima asas tersebut oleh ir. yang telah dijahit oleh bufatmawati. Acara dimulai pada 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh soekarno dan disambung oleh pidato singkat tanpa teks. Hatta atas nama bangsa Indonesia. kurang lebih seratus orang anggota barisan pelopor yang dipimpin s. pembuka uud. ahmad subarjo.brata dating terburu buru karena mereka tidak mengetahui perubahan tempat mendadak dari ikada ke pangsaan. Sukarni mengusulkan agar yang mendatangi teks proklamasi itu adalah Ir Soekarno dan Drs. Setelah bendera berkibar. Soekarno dinamakan pancasila. Naskah asli yang ditempatkan di monument nasional Perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung pukul 02. Pada tanggal 7 agustus 1945 dibentuklah dokuritsu junbi inkai adalah panitia persiapan kemerdekaan Indonesia ( ppki ) yang diketuai oleh ir. hadirin meyakini Indonesia raya. Soekarno sendiri. Di ruang depan. Kemudian bendera merah putih. Moh. gafar pringgodigdo.00 dini hari. wilopo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh ir. Sampai saat ini.00 – 04. para penyusun teks proklamasi itu adalah ir. Detik detik pembacaan naskah proklamasi. Soekarno. pimpinan barisan pelopor. dikibarkan. Materi membicarakan tentang siding ini adalah mmbahas rancangan undang undang dasar. Hata. Teks proklamasi ditulis di ruang makan di laksamana tadashi maeda jalan imam bonjol no 1. Setelah upacara selesai berlangsung.5. Ppki benar benar harus dimanfaatkan bagi Indonesia untuk mempersiapkan diri terciptanya Indonesia merdaka. 2. hadir b. sukarni dan soediro. Pagi harinya. tabrani dan trimurti.

Hata terpilih atas usul dari oto iskandardinata dan persetujuan dari ppki sebagai presiden dan wakil presiden republic Indonesia yang pertama. Sejarah rumusan dasar Negara.r. Hal hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dll diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo sesingkat singkatnya. a. radjiman wedyodiningrat menyatakan pada peserta siding mengenai dasar palsafah apa yang akan dibentuk bagi Negara Indonesia merdeka. Pada tanggal 29 mei s/d 1 juni 1945 diselenggarakan bpupki yang pertama. Dalam siding ini. muhamad yamin. mengesahkan dan menetapkan undang undang dasar (uud) sebagai dasar Negara republic Indonesia. Pancasila secara resmi menjadi dasar Negara Indonesia pada18 agustus 1945 ketika ditetapkanya uud 1945 sebagai konstitusi Negara Indonesia oleh panitia persiapan kemerdekaan Indonesia ( ppki ) rumusan pancasila tercantum didalam pembukaan uud 1945sebagai dasar Negara kesatuan republic Indonesia. Proses penyusunan dan penetapan. Isi teks proklamasi Isi teks proklamasi kemerdekaan yang sinkat ini adalah: Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Ketua bpupki dr. Setelah itu soekarno dan moh. panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (ppki) mengambil keputusan.t. namun ditolak. Akhirnya hata memberikan amnat singkat kepada merka. Soekarno/ hatta. k. penyusunan konsep rancangan dasar Negara dan rancangan uud sebagai konstitusi Negara Indonesia merdeka. Presiden dan wakil presiden akan dibantu oleh komite nasional. 29 mei 1945 . Pada tanggal 8 agustus 1945 . dengan demikian terbentuklah pemerintah Negara kesatuan Indonesia yang berbuntuk republik( nkri ) yang akan dibentuk kemudian. pembentukan badan penyalidik usaha usaha persiapan kemerdekaan Indonesia (bpupki) Pada tanggal 29 april 1945 dibentuk bpupki dan dilantik pada tanggal 28 mei 1945 dengan terbentuknya badan ini bangsa Indonesia mendapat kesempatan secara legal untuk membicarakan dan mempersiapkan keperluan kebangsaan Indonesia. yang selanjutnya dikenal sebagai uud 45. bentuk Negara dan sistem pemerintahan. Djakarta hari 17 tahun 05 atas nama Indonesia. mr. 1.pembacaan proklamasi. antara lain mempersiapkan uud yang berisi antara lain dasar Negara tujuan negara. a. b.

Panitia kecil yang dipimpin oleh prof dr mr r soepono. yakni 14 juli 1945 telah diterima dasar rancangan Negara sebagaimana tersebut dalam piagam Jakarta yang dicantumkan dalam pembukaan uud yang sedang disiapkan. peri kebangsaan 2. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 5. siding bpupki yang ke2 tanggal 10 s/d 16 juli 1945 Pada siding pleno kedua bpupki membicarakan tentang rancangan uud Negara Indonesia merdeka dan berhasil membentuk panitia kecil yang dipimpin oleh ir. bertugas merumuskan rancangan batang tubuh uud dan rancangan naskah proklamasi. mr. bertugas merumuskan rancangan pembuka uud yang berisi dan tujuan atas Negara Indonesia merdeka. hubungan Negara dan agama 3. soepomo. 31 mei 1945 usulan konsep dasar Negara 1. Soekarno 1 juni 1945. kesejahteraan nasional 5. d. system badan permusyawaratan 4. peri kerakyatan 5. internasionalisme 3. Soekarno. paham Negara persatuan 2. ketuhanan yang maha esa 2. r.) ir. prof. kebangsaan persatuan Indonesia 3. penetapan uud 1945 . peri kemanusiaan 3. kebangsaan Indonesia 2. kemanusiaan yang adil dan beradab 4. dr. peri ketuhanan 4.usulan rumusan dasar Negara secara lisan: 1. Pada hari kelima siding ini. mufakat 4. sosialisme Negara 5. ketuhanan yang berkebudayaan c. hubungan antar bangsa c. 1. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia b. kesejahteraan rakyat usulan rumusan dasar Negara secara tulisan: 1.

mengesahkan pembuka dan batang tubuh uud 1945 2. Masa orde baru ( sebelum aman demen uud 1945 ) Didalam penjelasan uud dicantumkan system pemerintahan Negara republic Indonesia sbg: Indonesia adalah Negara hokum (rechtsaat) Indonesia berdasar atas hokum tidak berdasarkan atas kekuasaan ini mengandung arti bahwa Negara. persatuan Indonesia d. Dalam melaksanakan tugasnya. pokok pokok system pemerintahan republik indonsia 4. Dengan memperhatikan hal hal diatas dapat dipahami bahwa perkembangan system pemerintahan presidensial di Indonesia ( terutama setelah aman demen uud terdapat perubahan secara dinamika politik Negara Indonesia. Tergantung pada presiden. untuk sementara waktu.Pada tanggal 8 agustus 45 ppki bersidang menetapkan: 1. Yaitu pengadilan tinggi dan pengadilan negeri serta sebuah mahkamah konstitusi dan komosi yudistal. termasuk didalam nya pemerintah dan lembaga lembaga Negara lain.knip) rumusan disahkan dan tercantum pembuka uud 1945. mekanisme cheks and balance dan pemberian kekuasaan yang lebih besar pada parlemen untuk mekukan pengaasan dan pungsi anggaran. System pemerintah Negara Republik Indonesia menurut uud 1945. ketuhanan yang maha esa b. 3. System pemerintahan Negara Indonesia setelah aman demen uud masih tetap menganut system pemerintahan persidensial. kemanusiaan yang adil dan beradab c. keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia 3. memilih soekarno sebagai presiden rid an ds moh hata sebagai wakil presiden ri yang pertama. system matika uud 1945. Hal itu diperuntukan oleh system presidensial yang lama. Mentri mentri pembantu presiden. Perubahan tersebut antara lain adalah pemilihan presiden langsung system bicameral. . pekerjaan presiden sehari hari dibantu oleh badan komite nasional Indonesia pusat (bp. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan e. berbunyi sbg. a. a. bentuk pemerintahan adalah republick sedangkan system pemerintahan adalah presidensial.

korupsi. Maka ketentuan presiden tidak bertanggung jawab kepada dpr masih relevan. apabila dianggap sungguh sungguh melanggar hokum berupa penghiyanatan terhadap Negara. Mentri Negara ialah pembantu presidn. dan dpr.pengubahan dan pembubaranya diatur oleh uud pasal 17. tetapi bukan berarti ia dikator. System pemerintahan Indonesia masih menetapkan system presidensial.Kekuasaan kepala Negara tak berbatas. Tahap pertama Pada aman demen pertama uudpada tanggal 19 oktober 1999adalah sbg: pasal uud 1945 yang diubah 9 pasal yaitu: Pasal 5 ayat 1 Pasal 7 Pasal 14 Pasal 20 ayat 1 Pasal 21 Tahap kedua Perubahan kedua terhadap uud dilakukan siding tahunan mpr tanggal 18 agustus 2000 dan 10pasal yang diubah. tindak pidana lainya atau perbuatan tareela. pasal yang diamandemen. Tahap ketiga. penyuapan. Meskipun kpl Negara tak bertanggung jawab kepada dpr. Pada aman demen ke dua uud pada tanggal 18 agustus 2000 adalah sbg: Pasal uud yang diubah ada 10 pasal yaitu 18 sampai 36. Presiden dibantu oleh mentri mentri Negara. selain harus bertanggung jawab kepada mpr memperhatikan sungguh sungguh suara dari dpr karma dpr berhak mengadakan pengawasan tehadap presiden. Mentri Negara tidak bertanggung jawab kepada dpr. Perubahan ketiga uud ditetapkan dalam siding tahunan mpr tanggal 9 agustus 2001 ada dua belas pasal yang diubah serta ditambah dua pada aman demen uud pada tgl 9 agustus 2002. Presiden. Diangkat dan diberhentikan oleh presiden yang membentukan. Dpr juga mempunyai wewenang mengajukan usul kepada mpr untuk mengadakan siding istimewa guna meminta pertanggungjawaban presiden. b. Dengan memperhatikan tentang pasal pasal kekuasaan pemerintah Negara dari pasal 4 s/d 16. 4. . presiden tidak bertanggung jawab kepada dpr.

paparnya. memberikan ruang untuk lembaga Negara untuk berperan secara baik. memang dulu sangat kuat. Dalam kesempatan yang sama. sby berharap agar dpr semakin memiliki peran diperiode mendatang. . Tak boleh ada kekuasaan yang begitu absolute dinegeri ini. (bul)(ton). Peran dinilai agar cheek and balances itu benar benar tertata dengan baik.Jakarta uud sudah mengalami aman demen dari keempat aman demen uud banyak kekuasaan kepala Negara yang semakin dipersempit. Jadi hasilnya akan membawa kebajikan dengan rakyat. SBY menyadari kekuasaan yang dimilikinya sekarang sudah terbatas sehingga kekuasaan itu bias digunakan dengan baik saya berharap kehidupan ketatanegaraan ke depan masing masing untuk saling menghormati atoritas lembaga Negara yang lain. Kalau kekuasaan itu absolute maka akan mengganggu cheek and balances dan itu bias salah ujar sby dalam pidato sambutanya diacara buka puasabersama dikediaman ketua dpd kekuasaan presiden. Indonesia yang menganut system presidensial seharusnya hal itu tidak tejadi. Tetapi segalanya menjadi ciut ketika uud mengalami perubahan sebanyak empat kali.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful