P. 1
Modul Fisika Umam Update Terbaru

Modul Fisika Umam Update Terbaru

|Views: 565|Likes:
Published by Muhammad Syazali

More info:

Published by: Muhammad Syazali on Jun 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/11/2014

pdf

text

original

MODUL FISIKA UTS KINEMATIKA

 Kinematika dapat dikatakan sebagai bagian dari mekanika yang mempelajari gerak tanpa memperdulikan keberadaan penyebab gerak itu sendiri.  Dalam kinematika ada empat besaran yang terlibat terdiri dari sebuah besaran yang merupakan peubah bebas yaitu waktu dan tiga buah besaran yang bergantung pada waktu yaitu posisi, kecepatan, dan percepatan.  Jarak adalah panjang lintasan yang telah dilalui.  Perpindahan adalah panjang lintasan dari titik awal hingga titik akhir suatu lintasan atau sering disebut panjang perubahan posisi suatu benda.

A. Laju
Kata Laju berkenaan dengan berapa jauh sebuah benda bergerak dalam selang waktu yang diberikan. Jika orang berjalan sejauh 80 meter dalam waktu 20 detik, kita katakana laju rata-ratanya adalah 4 m/s. Sehingga dapat di rumuskan dengan :    

Contoh Soal : 1. Jika Ka¶ Gonggo mengendarai mobil selama 6 jam, dan menempuh jarak216 km. Berapakah kecepatan rata-rata yang dilakukan oleh ka¶ Gonggo, nyatakan dalam satuan SI«? Diketahui :Waktu tempuh = 6 jam = 6 x 3600 = 21600 detik Jarak yang ditempuh = 216 km = 216000 meter Ditanya : Laju rata-rata = « m/s Jawab : 
     

B. Kecepatan
Istilah kecepatan dan laju sering digunakan secara saling bertukar dalam bahasa sehari-hari. Tetapi dalam fisika kita membuat perbedaan diantara keduanya. Yang terpenting, kata ³kecepatan´ digunakan untuk menandakan besar kecepatan baik (nilai numerik) seberapa cepat sebuah benda sedang bergerak, maupun arah gerak benda. Kecepatan dapat di definisika sebagai perpindahan di bagi waktu tempuh. Kecepatan di bagi menjadi 2 kategori yaitu : 1. Kecepatan Sesaat : Kecepatan pada saat waktu t sekon. 2. Kecepatan rata-rata : Kecepatan yang di dapat dari perpindahan di bagi waktu tempuh seluruh perjalanan Dari 2 kategori tersebut rumusnya sama yaitu :

Bimbingan Belajar REC (Real Education Center)

1

Contoh Soal : 1. Ibu Nur Wi i berj l ke ut ra dari ruang guru sejauh 30 meter menuju kelas XII IPA1, kemudian setelah sampai di kelas ternyata ada buku yang tertinggal di ruang guru, dan Ibu Nur Widi kembali ke ruang guru dan lekas kembali ke kelas XII IPA 1, ternyata waktu belajar yang seharusnya 50 menit telah bersisah menjadi 45 menit karena buku yang tertinggal di ruang guru tadi. Berapakah kecepatan rata-rata berjalan Ibu Nur Widi, nyatakan dalam satuan SI« Diketahui : Perpindahan = 30 meter Waktu tempuh = 50 ± 45 = 5 menit = 5 x 60 = 300 detik Ditanya : ecepatan rata-rata = « m/s Jawab :

C. ercepatan
Istilah Percepatan adalah perubahan kecepatan di bagi waktu tempuh. Percepatan dapat di bagi menjadi 2 yaitu : 1. Percepatan Sesaat : Perubahan pada saat waktu t sekon. 2. Percepatan rata-rata : Perubahan yang didapat dari seluruh kecepatan yang dijumlahkan dan dibagi oleh waktu yang diperlukan untuk seluruh menempuh perjalanan tersebut. Dari 2 kategori tersebut rumusnya yaitu :

Contoh Soal : 1. Sebuah mobil yang diam di tepi jalan tiba-iba berjalan karena ingin pergi ke sesuatu tempat. Setelah berjalan selama setengah menit, kemudian mobil tersebut berjalan dengan kecepatan konstan yaitu 60 m/s. Berapakah percepatan yang dilakukan mobil tersebut« Diketahui : ecepatan awal = 0 m/s Waktu = 30 detik ecepatan Setelah 30 detik = 60 m/s Ditanya : Percepatan : «? Jawab :   

© ¨

§¥ ¥¦

B

£¥¤£ ¢¡    

Be j

REC (Rea du a on Cen er)

2

D. Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Yaitu suatu gerakan yang memiliki kecepatan konstan atau tidak mengalami percepatan. GLB dapat dirumuskan :  Karena tidak mengalami percepatan atau dengan kecepatan konstan, GLB dapat digambarkan dengan grafik.

G. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Yaitu gerak yang memiliki percepatan konstan, artinya setiap detik benda yang bergerak bertambah kecepatannya sama. GLBB dapat dirumuskan : 

   

Karena GLBB memiliki percepatan konstan, maka dapat digambar grafik dengan berupa grafik linier.

Bimbingan Belajar REC (Real Education Center)

3

maka kelajuan rata-rata pada dua jam berikutnya adalah « a. 10 2 m/s c.00 menuju kota Bogor dengan memakai sebuah bis dengan kelajuan rata-rata 60 km/jam. Setelah berapa sekonkah jarak antara kedua benda sejauh 12 meter « d. Sebuah mobil berjalan dari kota A ke kota B yang berjarak 180 km dalam waktu 3 jam.15 m b. 3 sekon e. 5. 5 2 m/s b. 5 m/s c. Sebuah benda dijatuhkan bebas sedangkan benda kedua pada waktu dan ketinggian yang sama dilemparkan vertikal kebawah dengan kecepatan awal 4 m/s. 5. 5 m/s d. 10 m/s b. A dilepas dan B dilempar vertikal ke atas dengan kelajuan awal bola B 40 m/s. Kecepatan yang harus dimiliki sebuah bola ketika dilemparkan ke atas agar bola mencapai ketinggian 5 m adalah « a. Pada saat yang bersamaan.SOAL LATIHAN KINEMATIKA A. Untuk soal No. Bola A terletak pada ketinggian 20 m vertikal diatas bola B. 3. 10 sekon 4. 10 2 m/s e. 2. 50 km/jam 2. 1 s/d 10 pilihlah satu jawaban ( x ) dari lima pilihan yang diberikan. 1 sekon b. 4 sekon c. 10 m/s e. 1.25 m 6. 40 km/jam b. Jika Umam berangkat dari bandung pukul 07. Berapa jarak yang telah ditempuh A ketika bertemu B « a.5 m d. Jika pada satu jam pertama kelajuannya sebesar 90 km/jam.25 m c. Kecepatan awal yang harus dimiliki peluru atas agar mencapai ketinggian maksimum 10 a. 55 km/jam e.5 m e. Setengah jam kemudian Nida¶ berangkat dari kota Bogor menuju Bandung dengan memakai mobil trevel sewaan sehingga bertemu Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 4 . 60 km/jam d. 2 m/s 5. 6 sekon a. 1. Jarak kota Bandung dan kota Bogor adalah 130 km. 45 km/jam c. 20 m/s ketika peluru ditembakan vertikal ke meter adalah « d. 20 m/s 3.

20 jam 8. 20 m/s2 B. c. adalah « a. Percepatan rata-rata antara t = 2 detik dan t = 4 detik. Jarak Jakarta dengan Yogyakarta adalah sekitar 600 km. 5 m/s2 e. Percepatan rata-rata mobil tersebut dalam selang waktu itu adalah « d. 10 m/s2 2 c. 50 km/jam b. 11 s/d no. alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat b) Jika pernyataan benar alasan benar tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat c) Jika pernyataan benar dan alasan salah d) Jika pernyataan salah dan alasan benar e) Jika pernyataan dan alasan keduanya salah 11. 4 m/s2 b. 19 jam a. 18 jam e. SEBAB elajuan dan percepatan merupakan besaran vektor yang dipengaruhi oleh perubahan pergerakan benda. 15 pilihlah a) Jika pernyataan benar. sebuah mobil balap bergerak dipercepat dari 20 m/s menjadi 60 m/s dalam selang waktu 5 sekon. Sebuah benda yang bergerak dengan kelujan konstan bisa memiliki percepatan. Sebuah pertikel bergerak sepanjang sumbu x dengan persamaan lintasanya  dengan x dalam meter dan t dalam detik. e. Setelah melalui sebuah tikungan. ' $ %$ # " !    B & ecepatan mobil trevel yang di tumpangi d. 30 m/s2 d. 25 m/s2 2 b. m/s2 c. 40 km/jam c. Jika t adalah waktu dan s adalah posisi. b. 20 m/s 9. 8 m/s2 a. 16 jam c.  adalah « d. Nida¶ adalah « a. Satuan SI untuk konstanta A yang sesuai dengan persamaan a. 110 km/jam Be j REC (Rea du a on Cen er) 5 . maka Jakarta ± Yogyakarta tersebut dapat ditempuh dalam waktu « d.Umam pada jarak 40 km dari kota Bogor. 15 m/s e. Untuk Soal no. 30 km/jam 7. Jika seseorang mengendarai mobil dengan kelajuan rata-rata 40 km/jam. 10. 15 jam b. 70 km/jam e.

maka benda yang semula diam akan tetap diam. 17. Dalam suatu interval waktu tertentu besar kecepatan rata-rata sebuah benda yang bergerak akan selalu sama sengan kelajuan rata-ratanya. SEBAB Percepatan suatu benda merupakan perubahan kecepatan tiap satuan waktu . SEBAB Jika arah percepatan tegak lurus arah kecepatan.5 m Saat t = 8 s.5 s adalah 4. mobil memiliki v = 0.12. C. Pernyataan yang benar adalah « 1.20 Pilihlah : a) Jika (1). SEBAB Jika percepatannya nol. Bila sebuah benda bergerak dengan percepatan maka kecepatannya pasti berubah akan tetapi kelajuannya bisa tetap. 15. 13. 3. Pada gerak tersebut adalah tidak mungkin« 1. Mobil bergerak mundur dengan v = 0. 4. Sebuah benda yang percepatannya tidak nol tidak mungkin mempunyai kecepatan sesaat nol. 2. (2). 2.6 m/s Mobil tidak mengalami percepatan Jarak mobil setelah 7. Pada suatu saat kecepatan benda sama dengan nol tetapi percepatannya tidak nol. Benda yang percepatannya nol pasti tidak bergerak. Untuk Soal no. Pada suatu interval waktu benda memiliki percepatan konstan dan kecepatan berubah-ubah 4. 14. sementara besar percepatannya adalah konstan. Pada suatu saat benda memiliki kecepatan ke timur dan percepatan ke barat. SEBAB Untuk selang waktu tertentu besar perpindahan suatu benda sama dengan panjang lintasan yang ditempuh oleh benda tersebut. Sebuah benda bergerak dalam suatu garis lurus. maka besar kecepatan akan tetap sementara arak kecepatannya berubah-ubah. Grafik disamping menunjukan gerak lurus yang dilakukan oleh sebuah mobil. 3. 16 s/d no.4 m/s 9 @9 8 7 6 53 34 1321(0)( B Be j REC (Rea du a on Cen er) 6 . Pada suatu interval waktu benda memiliki kecepatan konstan dan percepatan berubah-ubah. dan (3) benar b) Jika (1) dan (3) benar c) Jika (2) dan (4) benar d) Jika hanya (4) yang benar e) Jika semuanya benar 16.

Sebuah apel yang menggantung di pohon. mobil telah berjalan sejauh 110 meter 4. ecepatan pada saat t = 0.18. ecepatan mula-mula buah apel adalah 0 m/s 2. Pernyataan yang benar adalah « 1. Benda tersebut akan mengalami percepatan sebesar gaya gravitasi Benda tersebut akan mengalami perlambatan sebesar gaya gravitasi Benda tersebut lama-kelamaan akan berhenti Benda tersebut akan terus bergerak dengan kecepatan 10 m/s selama tidak ada gaya lain yang mempengaruhinya T T T T T 20. ecepatan buah apel setelah 2 detik adalah 20 m/s 4. tiba-tiba terjatuh dari pohonya dengan ketinggian 10 meter. Setelah berjalan selama 10 s. Sebuah mobil yang sedang diam kemudian melaju dengan percepatan 2 m/s2 . ecepatan mobil setelah berjalan 10 s adalah 20.5 m/s 2. 1. 4. Setelah 0. Gaya gravitasi 10 m/s2. Setelah melaju selama 10 detik. jika sebuah benda yang bergerak pada bidang datar yang licin dengan kecepatan 10 m/s. 2.8 meter 3.8 detik. mobil telah berjalan sejauh 100 meter 19.1 detik adalah 1 m/s R SR Q P I HF FG DFEDACBA B Be j REC (Rea du a on Cen er) 7 . Setelah melaju selama 10 detik. 3. mobil tersebut ternyata melaju dengan kelajuan konstan. apel tersebut berada pada ketinggian 6. Manakah pernyataan yang benar. Peryataan manakah yang benar« 1. ecepatan konstan mobil pada saat t = 11 s adalah 21 m/s 3.

A.  Massa adalah ukuran inersia sebuah benda. akan meneruskan gerakannya pada sebuah garis lurus dengan kecepatan konstan. jika tidak ada interaksi dengan lingkungan sekitarnya´. Jika diberi gaya sebesar F. Memiliki koefisien gesek statis antara lantai dengan benda tersebut 0.4 Ditanya : Gaya F =« N Jawab :          Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 8 . Suatu benda kotak 2 kg diletakan dibidang datar yang kasar. Gaya Gesekan Yaitu gaya yang ditimbulkan karena adanya gesekan antara benda dengan bidangnya yang arahnya berlawanan dengan arah gerak benda.MODUL FISIKA UTS DINAMIKA  Dinamika dapat dikatakan sebagai bagian dari mekanika yang mempelajari gerak dengan memperhatikan apakah penyebab gerak itu sendiri. Contoh Soal : 1. Tentukan besar gaya F tersebut «( g = 10 m/s2) Diketahui : massa = 2 kg Koefisien gesek = 0. benda tersebut baru tepat akan bergerak. dan sama dengan perkalian massa benda m dengan percepatan gravitasi g.4.  Berat menyatakan gaya gravitasi pada sebuah benda. Gaya gesek dibagi menjadi 2 jenis.     B.  Gaya didefinisika sebagai suatu pengaruh yang dapat menghasilka n perubahan kecepatan benda. yaitu gaya gesek stastis dan gaya gesek kinetis. Hukum Newton Pertama Hukum Newton I menjelaskan bahwa ³ Sebuah benda diam. akan tetap diam dan sebuah benda bergerak.

Gaya Berat Jika kita melepaskan sebuah benda dari suatu ketinggian maka benda tersebut akan dipercepat kebawah. Massa total mobil sedan ketika ditumpangi oleh rizki dan teki adalah 2150 kg.2 m/s2 « (jika gaya gesek kinetic = 20 N) Diketahui : Massa mobil = 2000 kg Massa Teki = 50 kg Massa Rizki = massa total ± massa mobil ± massa Teki 2150 kg ± 2000 kg ± 50 kg = 100 kg Ditanya : Gaya = «? Jawab                  : D. sedangkan massa teki 50 kg. h h  Contoh Soal : 1. Hukum Newton Ketiga Hukum Newton III menjelaskan bahwa ³ Kapanpun sebuah benda melakukan gaya pada benda kedua.C. orang memberikan gaya pada mobil dan secara bersamaan mobil juga member gaya kepada orang. maka benda akan melakukan sebuah gaya yang sama dan berlawanan arah pada gaya yang pertama´. Pendek kata setiap gaya selalu mempunyai pasangan dan tidak gaya tunggal yang berdiri sendiri. kemudian teki disuruh mendorong mobil tersebut. Berapakah gaya yang harus diberikan oleh teki. Percepatan ini disebut percepatan gravitasi bumi f gf e d c b` `a X`YXUWVU B Be j REC (Rea du a on Cen er) 9 . ditumpangi oleh rizki dan teki. Hukum Newton Kedua Hukum Newton II menjelaskan bahwa ³ Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya t tal yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya.  Contoh : kerbau memberikan gaya pada bajak dan secara bersamaan bajak juga memberikan gaya pada kerbau. Sebuah mobil sedan yang memiliki massa 2000 kg. arena mobil sedan tiba-tiba mogok. agar mobil berjalan dengan percepatan 0. kapal penangkap ikan memberikan gaya kepada pukat. Arah percepatan searah dengan gaya t tal yang diberikan´. E. dan secara bersamaan pukat juga member gaya pada kapal tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa istilah berat dalam hal ini tidak sama dengan yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Gaya Berat dapat dirumuskan : Contoh Soal : 1. Gaya norma selalu tegak lurus dengan bidangnya. Sebuah benda bermassa 1 kg diletakkan di atas bidang miring. Gaya Normal Yaitu gaya yang ditimbulkan sebuah benda agar benda tersebut seimbang dalam keadaannya. Sesuai dengan hukum kedua. Berapakah besar gaya normal pada benda tersebut« Diketahui : massa = 1 kg Sudut = 30o Ditanya : Gaya Normal = «? Jawab :        o      Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 10 . Berikut adalah contoh gambar gaya normal : Contoh Soal : 1. Sudut yang dibentuk adalah 30o. keadaan gerak yang dipercepat ini mengharuskan adanya suatu gaya yang bekerja pada benda tersebut yang disebut gaya gravitasi atau sering kita sebut dengan berat dengan notasi w yang arahnya menuju pusat bumi.dengan notasi g yang arahnya menuju ke pusat bumi. Berapakah berat benda tersebut« Diketahui : massa = 20 kg Gaya gravitasi = 10 m/s2 Ditanya : Berat benda tersebut = «? Jawab :      F. Sebuah benda memiliki massa 20 kg.

0. 0. Sebuah benda bermassa 2 kg terletak di lantai.SOAL LATIHAN DINAMIKA A. maka jarak yang ditempuh « d.4 kg e. Percepatan yang dialami oleh karung tersebut adalah « a. 0. Untuk soal No. 2. 0 m/s2 searah dengan arah gerak karung d. 0.5.2 kg 3. 0. Nisa menarik karung berisi beras bermassa 5 kg dengan gaya sebesar 54 N ke atas.8 dan 0. 2. 40 m c. 0.5 m/s2 berlawanan arah dengan arah gerak karung 5. 10 m i i Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 11 .0 kg d.7 m/s2 b.7 m/s 2 2 c. Sebuah balok diletakkan ke dinding dengan gaya hori ontal sehingga balok diam. sedangkan koefisien gesek statis dan kinetic antara lantai dan karung berturut-turut adalah 0. maka massa balok tersebut adalah « a.8 m/s 4.4 m/s e. Jika sebuah gaya sebesar 30 N mengangkat benda tersebut selama 2 detik. 0. 2.4 m/s2 e. 0. 25 m b. 20 m e.2 m/s2 d. 30 m a. 0. 2. maka percepatan karung tersebut adalah « a. 1 s/d 10 pilihlah satu jawaban ( x ) dari lima pilihan yang diberikan.6 m/s2 2 c. Seorang anak menarik kursi dengan massa 5 kg dalam arah mendatar dengan gaya 20 N.5 m/s2 searah dengan arah gerak karung c.5 m/s2 d.4 dan besar gaya hori ontal minimum yang diperlukan untuk menahan balok agar tidak jatuh sebesar 80 N. 3.8 kg c. Sebuah karung beras bermassa 50 kg sedang bergerak di atas lantai. 1 m/s2 searah dengan arah gerak karung b. 1 m/s2 berlawanan arah dengan arah gerak karung e.8 m/s 2. Jika pada saat tersebut karung beras ditarik oleh seorang tukang dengan gaya 225 N searang dengan gerak karung.6 kg b. Jika gaya gesekan kinetik yang bekerja pada kursi tersebut adalah 18 N. 1. 0. maka percepatan yang dialami oleh kursi tersebut adalah « a. Jika koefisien gesekan statik antar balok dan dinding sebesar 0.9 m/s2 2 b. 0. 0.

1600 N c. Hukum Archimedes b. Hukum ekekalan Energi e. Jika koefisien gesek static 0. 20 m/s b.35 c. Hukum I Newton d. Untuk Soal no. aki tersebut bersentuhan dengan bola pada selang waktu yang singkat yaitu 0.4 maka besar gaya horizontal minimum yang diperlukan agar tidak jatuh adalah « a. 50 m/s d.6. 0. Sebuah kotak beratnya 600 N didorong sepanjang lantai horizontal dengan gaya sebesar 150 N sejajar lantai. Sebuah balok memiliki massa 5 kg ditekan ke dinding dengan gaya horizontal sehingga dia diam. ternyata gelas plastik praktis tetap diam diatas meja tidak jatuh. otak ternyata bergerak dengan kecepatan konstan dalam kondisi tersebut koefisien gesekan kinetic antara kotak dan lantai sebesar « a. Gaya rata-rata yang dibutuhkan untuk mempercepat sebuah peluru 8 gram dari keadaan diam sampai kecepatan 200 m/s dalam jarak 100 cm sepanjang laras senapan adalah « a.25 B. etika lembaran plastic ditarik secara cepat. 40 m/s e. Sebuah bola 0. 160 N e. 1. Sebuah gelas plastic yang terisi air setengahnya diletakkan di pinggir atas meja. 10 m/s c. 0. 30 m/s 10. Hukum III Newton 9.25 e. 100 N e. 75 N c. Maka besar kecepatan gerak bola pada sesaat setelah ditendang adalah « a.3 b. 50 N b. 0. 0. 15 pilihlah a) Jika pernyataan benar. Hukum II Newton c.05 s.5 d. 11 s/d no. Sehelai lembaran plastik diletakkan dibawah gelas tersebut. alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat b) Jika pernyataan benar alasan benar tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat c) Jika pernyataan benar dan alasan salah d) Jika pernyataan salah dan alasan benar e) Jika pernyataan dan alasan keduanya salah  ‚ € y x wu uv sutsprqp B Be j REC (Rea du a on Cen er) 12 . Peristiwa ini termasuk penerapan dari « a. 16 N 8. 125 N d. 25 N 7. 800 N b. 80 N d.25 kg yang diam ditendang menggunakan gaya sebesar 200 N.

13. 14.11. 12. Massa sebuah benda dapat dibandingkan dengan massa benda lain dengan mengukur percepatan masing-masing benda pada gaya yang sama. Sebuah gaya horizontal F = 50 N dikerjakan pada balok 2 kg yang semula diam di meja horizontal yang koefisien gesekan kinetiknya 0. Jika sebuah benda ditimbang memakai neraca pegas ketika berada dalam lift yang sedang bergerak dipercepat ke atas maka hasil penimbangan ini lebih kecil dibandingkan dengan massa sebenarnya. SEBAB erja yang dilakukan sebuah gaya pada sebuah benda berharga positif jika arah gaya sama dengan arah perpindahan benda. Sebuah benda bergerak dengan kelajuan konstan. Untuk Soal no. 15. 16 s/d no. C.2. jika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda yang sama baik di dalam air maupun di udara. erja yang dilakukan gaya F adalah 500 Joule 2.. erja yang dilakukan gaya gesek adalah -40 Joule 3. SEBAB Massa sebuah benda tidak bergantung pada lokasi benda. SEBAB Benda yang berada dalam lift yang sedang bergerak dipercepat ke atas harus mendapatkan gaya normal dari lantai lift yang lebih besar daripada gaya beratnya.20 Pilihlah : a) Jika (1). Energi mekanik yang hilang akibat gesekan adalah 40 Joule 4. maka dapat dipastikan resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol. maka . Waktu jatuh benda yang jatuh bebas bergantung dari massa benda tersebut. SEBAB Berat benda berubah terhadap ketinggian. dan (3) benar b) Jika (1) dan (3) benar c) Jika (2) dan (4) benar d) Jika hanya (4) yang benar e) Jika semuanya benar 16. SEBAB Berdasarkan Hukum I Newton.. (2). Energi kinetik kotak tersebut adalah 200 Joule – – ” •” “ ’ ‘ ˆ ˆ‰ †ˆ‡†ƒ…„ƒ B Be j REC (Rea du a on Cen er) 13 . Seorang anak yang sedang menurunkan mainannya dengan hati-hati dari atas meja ke lantai melakukan kerja yang berharga positif. 1. Setelah balok bergeser sejauh 10 m.

3. ecepatan gerak benda 18. maka yang paling mungkin adalah .. edua gaya tersebut mempunyai besar yang sama 2. Sudut miring bidang terhadap horizontal 3. 4. benda tersebut bergerak sejauh 5 meter 4. 1. Pada balok tersebut bekerja gaya gravitasi dan gaya normal .. Setelah 0. ecepatan benda tersebut adalah 100 m/s 2. Maka yang bendar adalah . Besar dan arah gaya gesek yang bekerja pada benda tegar yang bergerak pada permukaan bidang miring kasar tergantung pada . edua gaya tersebut arahnya berlawanan 4.. 1.. Berat benda 2. n n n n n n n Lift sedang bergerak kebawah dengan kecepatan konstan Lift sedang memulai gerak ke atas dari keadaan berhenti Lift sedang bergerak ke atas dengan perlambatan Lift sedang bergerak ke bawah dengan perlambatan 20.17. Sebuah balok bermassa m terletak dalam keadaan diam pada sebuah bidang horizontal. Percepatan benda tersebut adalah 2 m/s2 l ml k j i hf fg dfed—™˜— B Be j REC (Rea du a on Cen er) 14 ..8 detik. Jika hasil penimbangan tersebut lebih besar dari berat dia sesungguhnya. Sebuah benda bermassa 8 kg diletakkan di atas bidang horizontal yang licin.. Berat badan seseorang ditimbang dengan memakai neraca pegas ketika d berada ia didalam sebuah lift. Benda tidak akan bergerak 3. 2. emudian di dorong dengan gaya 16 N. 1. edua gaya tersebut merupakan pasangan aksi reaksi 3. 1. Percepatan balok tersebut sama dengan percepatan gravitasi 19... ekasaran permukaan 4.

Diketahui : Gaya = 6 Newton Perpindahan = 2 meter Ditanya : Kerja = « Joule Jawab :       Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 15 . Definisi Kerja Kerja dilakukan pada sebuah benda oleh suatu gaya ketika gaya menggerakkan benda tersebut melalui suatu perpindahan S.  Gaya didefinisika sebagai suatu pengaruh yang dapat menghasilkan perubahan kecepatan benda..  Berat menyatakan gaya gravitasi pada sebuah benda. Ket : Satuan kerja sama dengan satuan energi. tetapi kerja oleh gaya -gayanya pasti nol.. di beri gaya sebesar 6 N. Ket : Pada benda yang tergantung ada gaya berat W dan tegangan tali T. maka kerja yang dilakukan oleh gaya ini adalah :    Ket : Benda yang ditarik oleh gaya F yang membentuk sudut U terhadap perpindahan S. Sebuah benda yang diletakkan di bidang datar. Benda diam. A.MODUL FISIKA UTS KERJA DAN ENERGI  Massa adalah ukuran inersia sebuah benda. belum tentu tidak dikenai gaya. Jika arah suatu gaya tetap membuat suatu sudut U dengan arah gerak. Misalkan sebuah benda yang digantung menggunakan seutas tali. Berapakah kerja yang dilakukan . Contoh Soal : 1. Kemudian benda tersebut berpindang sejauh 2 meter. dan sama dengan perkalian massa benda m dengan percepatan gravitasi g. yaitu Joule. maka kerja oleh gaya berat W dan oleh tegangan tali T masing-masing sama dengan nol. artinya W dan T tidak melakukan kerja pada benda.

Joule Jawab :                   C. Contoh Soal : 1.. Energi gerak disebut energi kinetik..   B. Berapa banyak kerja yang dibutuhkan untuk mempercepat mobil 1000 kg dari 20 m/s ke 30 m/s . Semakin tinggi benda berada di atas tanah.. Energi Kinetik Sebuah benda bergerak melakukan suatu gaya pada benda kedua dan menggerakkannya melalui suatu jarak.. Diketahui : massa benda = 2 kg z {z y x w vt tu rtsroqpo B Be j REC (Rea du a on Cen er) 16 . semakin besar EP gravitasi yang dimilikinya.   erja total yang dilakukan pada sebuah benda adalah sama dengan perubahan energi kinetiknya. Berapakah energi potensial benda yang memiliki massa 2 kg.. Jika kita mensubtitusikan    maka kita dapat memperoleh rumus :    Atau         Contoh : 1. Energi Potensial Energi Potensial Yaitu energi yang dikaitkan dengan gaya yang bergantung pada posisi atau konfigurasi sebuah benda atau benda-benda disekelilingnya.? Diketahui : massa mobil = 1000 kg = 20 m/s = 30 m/s Ditanya : erja = .. Sebuah yang sedang bergerak memiliki kemampuan untuk melakukan kerja dan dengan demikian dapat dikatakan memiliki energi. jika terletak pada ketinggian 1 meter dari tanah ( g = 10 m/s2 ) .

Joule Energi Potensial Pegas adalah energi yang terjadi karna adanya simpangan pada pegas. rumus Hukum newton II dengan rumus energi kinetik.. energi ini diakibatkan karena adanya gaya pulih suatu pegas..   Jika kita mensubtitusikan antara rumus gaya pada pegas.? Diketahui : jarak : 20 cm = 0. Pegas ditekan sejauh 20 cm lalu dilepaskan. maka didapat rumus Energi Potensial Pegas yaitu :                       Catatan : S = x = arak Dari uraian diatas didapatkan rumu Energi Potensial Pegas yaitu :    Contoh : 1....2 meter onstanta pegas : 500 N/m Ditanya : Energi Potensial pegas : .. Joule         ‡ ˆ‡ † … „ ƒ ‚ €|~}| B Be j REC (Rea du a on Cen er) 17 . Sebuah pegas mempunyai konstanta 500 N/m.Ditanya Jawab Gravitasi etinggian : Energi Potensial :         = 10 m/s2 = 1 meter = . Berapakah Energi potensial pegas .

D.5 meter Ditanya : Daya =« Jawab :          ” •” “ ’ ‘ Ž Ž ŒŽŒ‰‹Š‰ B Be j REC (Rea du a on Cen er) 18 . Sehingga dapat di rumuskan :   E.8 m/s2 ) Diketahui : massa = 70 kg Waktu = 4 detik Tinggi = 4. Seorang pelari santai 70 kg berlari menaiki deretan anak tangga yang panjang dalam 4 detik. Daya dapat dirumuskan sebagai berikut :  Contoh : 1. Artinya energy tidak berubah atau energy kekal. Berapakah daya pelari tersebut selama 4 detik «( g = 9.5 meter. maka energi total dalam sisem tidak akan bertambah ataupun berkurang. Tinggi vertical tangga adalah 4. Kekekalan Energi Mekanik Kekekalan energi mekanik ada jika tak ada gaya gesek atau jika hanya gaya konservatif yang bekerja. Daya      Yaitu laju kerja yang dilakukan atau laju energy yang ditransformasi.

1. 8 x 10 J 5. 1. 3 m/s 4.5 J d.5 J e. Jika anda bersepeda menuruni bukit tanpa mengayuh dan besar kecepatan tetap. Benda bermassa 4 kg dan laju 1 m/s b. 7 x 104 J e. Berapa usaha minimum yang harus dilakukan anak tersebut « (g = 10 m/s2) a. maka terjadilah perubahan energy dari « a. 15 J b.SOAL LATIHAN KERJA DAN ENERGI A. Usaha minimum yang harus dilakukan anak tersebut adalah « a. Jika selisih kelajuan mereka adalah 3 m/s. Potensial menjadi kinetik kalor 3.5 kg dari lantai keatas meja yang tingginya 50 cm. 5 m/s b. 105 J 4 c. Benda bermassa 3 kg dan laju 3 m/s d. sehingga di akhir jalan mendaki kelajuannya menjadi 10 m/s. Untuk soal No. 5 J e. 1 s/d 10 pilihlah satu jawaban ( x ) dari lima pilihan yang diberikan. Benda bermassa 1 kg dan laju 4 m/s 2. 0. 1 J d. Benda bermassa 2 kg dan laju 3 m/s e.5 kg dari lantai keatas lemari yang tingginya 2 m. 9 x 104 J b. 2. 10 J 6. Seorang anak memindahkan buku 0. usaha oleh mesin adalah « a. 1 m/s e. Sebuah sepedah motor beserta pengendaranya memiliki massa total 200 kg. Energi kinetik seseorang yang berlari besarnya setengah dari energy kinetik saorang anak yang massanya setengah dari orang tersebut. Potensial menjadi kalor b. 20 J c. 2. Benda bermassa 3 kg dan laju 2 m/s c. Kinetik menjadi kalor e. 1. Potensial menjadi kinetik dan c.0 J b. Sepedah tersebut mengalami perlambatan. Jika beda ketinggian 50 m.5 J c. Diantara benda berikut yang memiliki energy kinetik terbesar adalah « a. 4 m/s a. Seorang anak memindahkan buku 0. 6 x 104 J d. 2 m/s c. maka kelajuan orang tersebut adalah « d.0 J Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 19 . Kinetik menjadi potensial d. mempunyai kelajuan 20 m/s diawal jalan mendaki.

Setelah bergerak sejauh 5 meter. 1. 1. Mobil tersebut mengalami perlambatan sehingga pada akhir jalan mendaki kelajuannya menjadi 5 m/s.2 MJ B.2 J a. 11 s/d no. 500 J c. 15 pilihlah a) Jika pernyataan benar. Sebuah benda bermassa 0.4.4 J c. Sebuah gaya horizontal 50 N dikerjakan pada kotak 4 kg yang semula diam diatas meja horizontal yang koefisien gesekan kinetiknya 0. alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat b) Jika pernyataan benar alasan benar tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat c) Jika pernyataan benar dan alasan salah d) Jika pernyataan salah dan alasan benar e) Jika pernyataan dan alasan keduanya salah 11.05 J c. Jika pegas ditarik sejauh 10 cm dari posisi kesetimbangan dan kemudian dilepaskan. Sebuah mobil bermassa total 2000 kg. Maka kecepatan balok ketika berada dititik kesetimbangan adalah « a. 100 J d. usaha oleh mesin mobil tersebut adalah « d. energy kinetic kotak tersebut adalah « a.6 MJ b.3 J 10. 300 J 8. 0. Benda tersebut kemudian berosilasi secara harmonik sederhana. 1. 0.1 J b. 0. mempunyai kelajuan 25 m/s diawal jalan yang medaki.5 J e. 0. 0.4 MJ a.8 MJ e. 10 J d.4 kg terikat pada sebuah pegas yang konstantanya 20 N/m. 0. 0. Seorang anak yang sedang menurunkan mainannya dengan hati-hati dari atas meja ke lantai melakukan kerja yang berharga positif SEBAB erja yang dilakukan sebuah gaya pada sebuah benda berharga positif jika arah gaya sama dengan perpindahan benda ¡ ¢¡   Ÿ ž › ›œ ™›š™–˜—– B Be j REC (Rea du a on Cen er) 20 . 200 J e.0 MJ c.7. Ada titik setimbang benda tersebut memiliki kecepatan 1 m/s. 400 J b. 0. Energi total gerak harmonik tersebut adalah « d.2 kg berada pada permukaan yang licin terhubungkan dengan pegas (k = 100 N/m).5 J 9. 1. Untuk Soal no.005 J b. Jika ketinggian awal dan akhir adalah 100 meter. 0.25 dan static 0. Sebuah balok 0. 5 J e.

Usaha yang dilakukan oleh gaya resultan selalu sama besar dengan perubahan energy kinetic benda SEBAB Usaha yang dilakukan gaya gravitasi sama dengan negatif dari perubahan energy potensial gravitasi benda 13. erja yang dilakukan gaya total adalah 200 J 3. erja yang dilakukan gaya F adalah 500 J 2. Untuk Soal no. Sebuah gaya horizontal F = 50 N dikerjakan pada kotak 4 kg yang semula diam di meja horizontal yang koefisien gesekan kinetiknya adalah 0. Energi kinetik kotak tersebut adalah 200 J 17.12. Jika kedua benda bertumbukan dan tidak ada gaya eksternal yang bekerja. erja yang dilakukan gaya F adalah 250 J 2. Energy kinetik kotak tersebut adalah 200 J 4.2. Setelah kotak berpindah sejauh 5 m. maka « 1. Jika dua benda memiliki momentum yang sama tapi massanya berbeda. Energi mekanik yang hilang akibat gesekan adalah 40 J 4. Setelah balok bergeser sejauh 10 m. maka benda yang bermassa lebih besar memiliki energi kinetik yang lebih besar SEBAB Energi kinetik suatu benda adalah berbanding lurus dengan kuadrat momentumnya 15. dan (3) benar b) Jika (1) dan (3) benar c) Jika (2) dan (4) benar d) Jika hanya (4) yang benar e) Jika semuanya benar 16. Energi mekanik yang hilang akibat gesekan adalah 50 J ® ¯® ­ ¬ « ª¨ ¨© ¦¨§¦£¥¤£ B Be j REC (Rea du a on Cen er) 21 . maka « 1. maka momentum total kedua benda tetap SEBAB Energi kinetik total pada benda yang bertumbukkan selalu tetap C. 16 s/d no.20 Pilihlah : a) Jika (1).25 dan koefisien gesekan statistic 0. (2). Waktu jatuh benda yang terjatuh bebas bergantung dari massa benda tersebut SEBAB Berat benda berubah terhadap ketinggian 14. Sebuah gaya horizontal F = 50 N dikerjakan pada balok 2 kg yang semula diam di meja horizontal yang koefisien gesekan kinetiknya 0.4. erja yang dilakukan gesek adalah -40 J 3.

Tepat sebelum sampai di tanah energi kinetiknya 4000 Joule 20. dengan percepatan 2 m/s2. ekekalan massa 3. Jika energi potensialnya mula-mula besarnya 4000 joule (dengan permukaan tanah sebagai acuan) dan g = 10 m/s2. Usaha yang telah dilakukan sebesar 80 J » ¼» º ¹ ¸ ·µ µ¶ ³µ´³°²±° B Be j REC (Rea du a on Cen er) 22 . dibawa oleh seorang anak sejauh 2 meter. Usaha yang telah dilakukan sebesar 50 J 3. Sebuah balok yang massanya 20 kg.18. Usaha yang telah dilakukan sebesar 75 J 4. Sebuah benda jatuh bebas dan tempat yang tingginya 80 m. pernyataan yang benar « 1. Massa benda itu 5 kg 2. ekekalan energi mekanik 19. Usaha yang telah dilakukan sebesar 60 J 2. Pada tumbukan yang tidak elastic berlaku : 1. ekekalan momentum 2. maka « 1. Benda sampai di tanah 4 sekon 3. ekekalan energi 4. Tepat sebelum sampai di tanah kecepatan benda itu 40 m/s 4.

Momentum biasanya diwakili oleh symbol P. Kekekalan Momentum Pada Tumbukan Jika ada dua buah yang saling bertumbukan. Lenting sempurna e = 1 2.MODUL FISIKA UTS MOMENTUM DAN IMPULS A. Memiliki massa 1000 kg. maka kedua be tersebut memiliki momentum.5 3. Dari ilustrasi berikut kekekalan dapat dirumuskan menjadi :        Adapun jenis-jenis elistisitas pada tumbukan : 1. berapakah momentum mobil tersebut « Diketahui : massa = 1000 kg Kecepatan = 5 m/s Ditanya : Momentum = « ? Jawab :     B. Lenting sebagian e = 0. baik keduanya bergerak maupun salah satu benda yang bergerak. maka momentumnya adalah Contoh Soal : 1. nda Sebagai contoh ilustrasi berikut. Bila kita misalkan m mewakili massa sebuah benda dan v mewakili kecepatannya. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Momentum Momentum biasa dikatakan sebagai hasil kali massa benda dan kecepatannya. Tidak lenting e = 0    23 Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) .

edua benda tersebut bertumbukan dan tumbukan yang dihasilkan yaitu lenting sempurna. sedangkan benda B memiliki kecepatan 4 m/s. berapakah kecepatan masing-masing bola setelah bertumbukan « Diketahui : = 2 kg = 2 kg = 2 m/s = 4 m/s Ditanya :    =«? Jawab : arena lenting sempurna bearti e = 1                                 Persamaan «1   Persamaan «2                Eliminasi          C. Dua buah bola. masing-masing memiliki massa 2 kg.Contoh : 1. Benda A memiliki kecepatan 2 m/s. Impuls Impuls adalah perubahan momentum     È ÉÈ Ç Æ Å Ä Âà ÀÂÁÀ½¿¾½ B Be j REC (Rea du a on Cen er) 24 .

SOAL LATIHAN MOMENTUM DAN IMPULS A. Jika setelah tabrakan keduanya bersatu. maka kecepatan setelah tabrakan adalah « a. 30 m/s c. 14 m/s d. Momentum balok sebelum tumbukan adalah « a. Sebuah sedan yang massanya 1 ton menabrak mobil trukyang sedang diam di tepi jalan sehingga sesaat tabrakan truk dan sedan bergerak bersama -sama dengan kecepatan 5 m/s. kx2 e. 15 m/s c. Untuk soal No. Sebuah mobil massanya 1000 kg bergerak dengan kecepatan 30 m/s bertabrakan secara sentral dari arah yang berlawanan dengan sebuah truk yang massanya 9000 kg yan bergerak dengan kecepatan 20 m/s. Sebuah balok yang massanya m bergerak pada bidang datar yang licin menumbuk pegas yang tetapan peg asnya k sehingga pegas memendek sejauh x. x(mk)1/2 b. 15 m/s b. 17 m/s e. maka kecepatan sedan sebelum tabrakan adalah « a. 18 m/s b. Sebuah sedan yang massanya 2000 kg menabrak mobil truk yang sedang diam di tepi jalan sehingga sesaat setelah tabrakan truk dan sedan bergerak bersama-sama dengan kecepatan 10 m/s. 20 m/s e. Jika massa truk 2 kali massa mobil sedan. Jika massa truk dua kali lipat massa sedan. 16 m/s 3. 30 m/s Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 25 . 1. 10 m/s e. 25 m/s d. maka kecepatan mobil sedan sebelum tabrakan adalah « a. (mx2)/k d. 15 m/s d. 1 s/d 6 pilihlah satu jawaban ( x ) dari lima pilihan yang diberikan. 10 m/s c. 20 m/s 2. kx2/2m 4. 25 m/s b. nol c.

P c. 10 kg e. -P e. Perubahan momentum bola adalah « a. 20 kg b. Benda tersebut menumbuk balok yang diam diatas lantai licin. -2P b. Massa balok yang diam tersebut adalah « a. Jika kedua benda bertumbukan dan tidak ada gaya eksternal yang bekerja. 7 s/d no. 25 kg c. 0 d. 5 kg d.5. alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat b) Jika pernyataan benar alasan benar tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat c) Jika pernyataan benar dan alasan salah d) Jika pernyataan salah dan alasan benar e) Jika pernyataan dan alasan keduanya salah 7. 15 kg B. maka momentum total kedua benda berubah SEBAB Energi kinetik total pada benda yang bertumbukkan selalu berubah Õ ÖÕ Ô Ó Ò ÑÏ ÏÐ ÍÏÎÍÊÌËÊ B Be j REC (Rea du a on Cen er) 26 . Setelah tumbukan kedua benda bergerak menyatu dengan kecepatan 1 m/s. Untuk Soal no. 2P 6. 8 pilihlah a) Jika pernyataan benar. Jika dua benda memiliki momentum yang sama tapi massanya berbeda. maka benda yang bermassa lebih besar memiliki energi kinetik yang lebih besar SEBAB Energi kinetik suatu benda adalah berbanding lurus dengan kuadrat momentumnya 8. Sebuah benda bermassa 5 kg bergerak dengan kecepatan 4 m/s. Sebuah bola dengan momentum P menumbuk sebuah dinding dan memantul secara elastic sempurna.

didefinisikan sebagai massa Contoh Soal : 1. persatuan volume : (   ). Berapakah massa bola Derek besi padat yang mempunyai jari jari 18 cm.18 m kerapatan = 7800 kg/m3 Ditanya : Massa = « kg Jawab :      B. keduanya mempunyai kemampuan untuk mengalir dengan demikian keduaduanya sering secara kolektif disebut sebagai Fluida A. Ri ki memiliki massa 150 kg. Massa Jenis Kerapatan suatu benda. maka tekanan yang diberikan Ri ki adalah « Diketahui : massa = 150 kg A = 500 cm3 = 0.05 m3 Ditanya : Tekanan = « Pa         Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 27 . Tekanan dalam Fluida Tekanan didefiniskan sebagai gaya persatuan luas.MODUL FISIKA UTS FLUIDA  Fase cair dan gas tidak mempertahankan suatu bentuk yang tetap. dengan gaya F dianggap bekerja secara tegak lurus terhadap luas permukaan A : Contoh : 3 1. Kedua kakinya menutupi luasan 500 cm. jika kerapatan besi adalah = 7800 kg/m3 « Diketahui :Jari-jari = 18 cm = 0.

8 m/s2) Diketahui : massa = 70 kg Gravitasi = 9. Terapung. perkalian kecepatan alir dan luas penampang lintang tabung bertahan konstan. jika massa jenisa benda lebih besar dari massa jenis fluida    Contoh : 1. Gaya Apung Gaya apung terjadi karena tekanan dalam sebuah fluida naik sebanding dengan kedalaman. Sebuah batu memiliki massa 70 kg terletak di atas dasar sebuah danau. Berapa besar gaya apung yang diperlukan untuk mengangkatnya«(g = 9. Adapun sifat-sifat pada benda yang dicelupkan didalam fluida : 1. jika massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis fluida 2. Melayang. Tenggelam.C. Hitung laju rata-rata dalam darah pembuluh kapiler.2 m2 Ditanya : = « m/s Jawab :            â ãâ á à ß ÞÜ ÜÝ ÚÜÛÚ×ÙØ× B Be j REC (Rea du a on Cen er) 28 . setiap kapiler mempunyai diameter kurang lebih 8 x 10-4 cm. ada jutaan pembuluh sehingga tampang lintang totalnya kurang lebih 2000 cm2 « Diketahui : = = 0. Kontinuitas Persamaan Kontinuitas menyatakan bahwa untuk fluida tak dapat mampat dalam tabung tertutup.01 meter = 0. Demikian tekanan ke atas pada permukaan bawah benda yang tenggelam lebih besar daripada tekanan ke bawah pada bagian permukaannya. jika massa jenis benda sama dari massa jenis fluida 3.    Contoh : 1. Jari-jari aorta kurang lebih 1 cm dan darah mengalir melaluinya dengan laju kurang lebih 30 cm/s. Volumenya 3 x 104 cm3.8 m/s2 Volume danau = 3 x 104 cm3 = 3 x 10-2 m3 Massa jenis air = 1000 kg/m3 Ditanya : Gaya apung =« Jawab :              D.3 m/s = 0.

asus khusus lain persamaan Bernoulli diperoleh bila fluida dialirkan tetapi tidak terdapat perubahan ketinggian yaitu  . tekanannya tinggi. Berat Semu Berat semu dapat dinyatakan sebagai :   Dengan : = Gaya apung (Gaya Archimedes) W = Berat benda di udara     ï ðï î í ì ëé éê çéèçäæåä B Be j REC (Rea du a on Cen er) 29 . emudian persamaannya dapat ditulis menjadi :   Prinsip bernoulli pada peswat dapat dirincikan sebagai berikut yaitu : 1. Jika kecepatan angin pada bagian atas lebih besar dari pada kecepatan angin bagian bawah. F. maka pesawat akan naik (dan sebaliknya). dan bilamana kecepatanya rendah. tekanannya rendah. Prinsip Hukum Bernouli Hukum Bernouli menyatakan bahwa bilamana kecepatan fluida tinggi. Jika tekanan pada bagian sayap lebih besar dari tekanan bagian atas.E. maka pesawat akan naik (dan sebaliknya) 2.

5. Mobil yang massanya 2500 kg diangkat dengan pesawat hidrolik. 2. c. maka bagian balok yang 8m 5m 2 2. Gaya minimal yang harus diberikan untuk mengangkat mobil tersebut adalah « a. 2. 1 s/d 10 pilihlah satu jawaban ( x ) dari lima pilihan yang diberikan.25 cm 3. 50 N b. 4 N e.92 gr/cm3 dan massa jenis air laut = 1. Untuk soal No.0 x 10 Pa e. 2.9 m/s. b. 2 N b. Sebuah balok persegi panjang dengan panjang 5 (massa jenis air = 1 gr/cm3). Berat benda di udara adalah 3 N dan ketika dicelupkan dalam air beratnya 1 N.03 gr/cm3 « a. 4.5 cm2 b. 1. 2 % d. 25 N d. 15% 6. 5 N d. 75 N c. Luas bidang untuk menempatkan mobil tersebut 8 m2 . Selang air yang elastis dengan luas penampang 3 cm mengalirkan air dengan kecepatan 0. 35 N 4. 3. 2 m d. Jika tekanan dipermukaan suatu danau adalah 9 x 104 Pa. Maka gaya apung yang dialami benda besarnya « a. Jika kecepatan air akan diperbesar menjadi 1. 1 N c.5 x 105 Pa d.75 cm2 d. 1. Berapa persen kira-kira dari volume seluruhnya sebuah gunung es yang menyembul ke udara jika diketahui massa jenis es = 0. Jika luas penampang pipa tekanannya 2400 cm2.8 x 105 Pa 5 b.SOAL LATIHAN FLUIDA A. maka tekanan dikedalaman 25 m dari permukaan danau tersebut adalah « a. 98% b. 4 m e.75 cm2 2 c.2 x 105 Pa c. 5. 6 m m dan lebar 2 m mengapung di air 400 kg. 30 N e. Jika massa balok tercelup dalam air setinggi « a. 85% c.4 x 105 Pa Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 30 . 3 N 5. 2 cm2 e. 2.2 m/s maka luas penampang bagian ujung dibuat menjadi « a. 11% e.

massa jenis air = 1 gr/cm3. 7 orang c. Sebuah rakit bervolume 2 m3 yang dibuat dari kayu dengan berat jenis 800 kg/m3. 800 kg/m B. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak air bervolume 30 m melalui saluran yang memiliki penampang seluas 0. Sebuah benda bervolume 200 cm3 melayang di dalam minyak. Soal no. 4 orang d. 100 sekon c. 4 gr/cm3 a. Massa jenis benda tersebut adalah « a. 50 sekon e. 700 kg/m e. Berapa orang dengan massa 60 kg dapat berdiri di atas rakit tersebut tanpa kaki mereka basah pada saat air tenang « a. 8 orang b. 2 gr/cm c. 12. 1 gr/cm3 3 e. Semakin dalam seorang menyelam air. 6 orang 3 8. 600 kg/m3 3 c. Sebuah benda dicelupkan dalam air. 5 orang e. Benda tersebut kembali dicelupkan dalam zat cair tertentu (x) dan ternyata muncul bagian dari benda tersebut ke permukaan. Dalam fluida distribusi tekanan tidak merata SEBAB Tekanan hidrostatik dalam fluida bertambah seiring dengan pertambahan kedalaman. 500 kg/m3 3 b. massa jenis minya = 800 kg/m3.1 m3 dengan laju air 2 m/s adalah « d. Berapa massa jenis zat cair (x) tersebut « d. 11 s/d no.7. alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat b) Jika pernyataan benar alasan benar tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat c) Jika pernyataan benar dan alasan salah d) Jika pernyataan salah dan alasan benar e) Jika pernyataan dan alasan keduanya salah 11. 200 sekon a. 5 gr/cm3 b. tekanan yang dirasakan orang itu akan semakin besar pula SEBAB Gaya apung keatas akan semakin kecil ketika orang itu menyelam semakin dalam ü ýü û ú ù øö ö÷ ôöõôñóòñ B Be j REC (Rea du a on Cen er) 31 . 150 sekon 9. ternyata muncul bagian ke permukaan. 250 sekon b. 15 pilihlah a) Jika pernyataan benar. 3 gr/cm3 10. 900 kg/m3 d.

sehingga tidak mengalami gaya angkat SEBAB Gaya angkat muncul akibat perbendaan tekanan fluida C. Untuk Soal no. Perubahan menyebabkan perubahan tekanan pada dan perubahan tekanan ini akan diteruskan ke 2. Diketahui sebuah pompa hidrolik mempunyai perbandingan penampang terhadap adalah 100. adalah berat benda A. haruslah lebih besar dari 1000 N agar massa B dapat terangkat dari keadaan diam 18. Benda A tenggelam dalam air sedangkan benda B melayang dan benda C mengapung. Gaya ke atas yang dialami balok adalah 400 N 4. makin dalam orang menyelam ke dalam laut. Volume balok yang tercelup adalah 0. Beban diberikan pada penampang dan besarnya dapat diubah-ubah. 3. (2). Maka « 1. adalah gaya apung pada benda A. Berat air yang dipindahkan balok adalah 400 N 3.04 m3 2.20 Pilihlah : a) Jika (1). Ukuran balok adalah 50 cm x 20 cm. adalah berat benda B. yang harus diberikan pada agar dapat menahan benda B adalah 10 N. Tekanan di akan sama dengan tekanan di 4. dan (3) benar b) Jika (1) dan (3) benar c) Jika (2) dan (4) benar d) Jika hanya (4) yang benar e) Jika semuanya benar 16.13. dengan  dan massa benda B yang terletak di penampang adalah 100 kg. B dan C yang volumenya sama dimasukan kedalam bejana berisi air. © © ¨ § ¦ ¥£ £¤ ¡£¢¡þ ÿþ B Be j REC (Rea du a on Cen er) 32 . Sebuah benda yang melayang di dalam fluida mengalami tekanan yang sama antara bagian atas dan bawah. sedangkan adalah gaya yang dihasilkan pada penampang . makin besar gaya tekan ke atas yang dialami orang tersebut SEBAB Tekanan di dalam zat cair terhadap suatu benda berbanding lurus dengan kedalaman dari permukaan zat cair 15. Tiga buah benda pada A. Massa balok 40 N 17. Dengan asumsi rapat massa air laut adalah konstan. Logam besi jika dimasukan kedalam air akan tenggelam SEBAB Besi memiliki massa jenis lebih besar dibandingkan air 14. Pernyataan-pernyataan berikut yang benar adalah « 1. Sebuah balok dengan massa jenis 800 kg/m3 mengapung di permukaan air. 16 s/d no. adalah berat benda C.

adalah gaya apung pada benda B. dan Maka dalam hal ini « 1.  adalah gaya apung pada benda C. Maka dalam hal ini « 1.  4. Gaya apung pada benda A lebih besar daripada gaya apung pada benda B 3.  2. Benda A tenggelam sedangkan benda B mengapung. Berat benda A lebih besar daripada berat benda B 2.  3. Dua buah benda padat A dan B yang massanya sama dimasukan kedalam bejana berisi air. Volume benda A lebih besar dibandingkan bagian volume benda B yang tercelup 4. 19. Rapat massa benda A lebih besar dibandingkan rapat massa benda B " #" !     B Be j REC (Rea du a on Cen er) 33 .

MODUL FISIKA UTS GETARAN DAN GELOMBANG A. Gerak Selaras Harmonis Sederhana Sebuah benda yang bergetar memiliki gerak selaras sederhana (GSS) jika gaya pemulih adalah sebanding dengan pergeseran. Maka energi kinetiknya dapat ditulis : ›’‡‡“—ƒ–‹‘Š‡”‡  m  ›’‡‡“—ƒ–‹‘Š‡”‡ B. Bandul Sederhana Periode pada bandul dapat dirumuskan :  Kecepatan gelombang pada dawai adalah kecepatan ketika puncak gelombang atau bagian sembarang yang lain dari bentuk gelombang bergerak. maka :   Tetapan gaya k adalah perbandingan gaya pemulih terhadap pergeseran. Pergeseran maksimum disebut amplitude. dan frekuensi f adalah jumlah siklus per sekon. k = F/x.     Keterangan : = Tegangan dalam dawai Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 34 . mereka dihubungkan dengan :  Periode T getaran untuk sebuah massa m pada ujung pegas diberikan oleh :  Energi mekanik total pada osilator selaras sederhana adalah sebanding dengan kuadrat amplitudonya. Periode T adalah waktu yang diperlukan untuk satu siklus penuh.

Jika mereka saling bergerak menjauh satu sama lain. Karena telinga manusia dapat mendeteksi intensitas bunyi dari 10-12 W/m2 sampai lebih dari 1 W/m2 .C. Tingkat intensitas TI .  D. ketinggian nada akan lebih rendah. didefinisikan dalam Intensitas :   Dengan intensitas acuan Io biasanya diambil 10-12 W/m2. Intensitas Bunyi Kenyaringan atau Intensitas bunyi berkaitan dengan amplitude gelombang.dinyatakan dalam decibel. Efek Dopler Efek Dopler menunjuk pada perubahan ketinggian nada bunyi karena gerak sumber atau pengamat.        5 65 4 3 2 1) )0 ')('$&%$ B Be j REC (Rea du a on Cen er) 35 .tingkat intensitas dinyatakan dalam skala logaritma. Jika mereka saling mendekat satu sama lain ketinggian nada akan tinggi.

5 2. c. 0. 1. adalah « a.s searah dengan gerak mobil ambulans. 94 hert 4. simpangannya adalah « a. 1 s/d 10 pilihlah satu jawaban ( x ) dari lima pilihan yang diberikan. nol d.SOAL LATIHAN GETARAN DAN GELOMBANG A. Jika pendengar diam sedangkan sumber bunyi bergerak menjauhi pendengar dengan kecepatan 60 m/s. 1 cm/s d. Sebuah gelombang transversal memiliki periode 4 titik yang berurutan dan sama fasenya adalah 8 cm. Jika di belakang mobil ambulan tersebut seorang pengendara motor bergerak dengan kelajuan 20 m. 0. Berbanding lurus dengan kuadrat amplitudonya 7 7 7 7 7 7 d. Sebuah benda melakukan gerak harmonis dengan amplitude A. frekuensi bunyi 108 hert . Pada jarak 4 meter dari pengeras suara terdengar suara dengan intensitas 1/16 x 10 W/m2. 92 hert a. 50 dB b. Kelajuan bunyi di udara 340 m/s. Berbanding terbalik dengan kuadrat amplitudonya -4 5.5 A b. Jika jarak antara dua buah maka cepat rambat gelombang itu 4 cm/s 5 cm/s 3. 60 dB c. Untuk soal No. Sebuah mobil ambulan bergerak dengan kelajuan 35 m/s sambil membunyikan sirine dengan frekuensi 500 H . 2 cm/s e. 91 hert e. Pada jarak 10 meter dari pengeras suara tersebut tingkat intensitas bunyi ini menjadi « a. 40 dB 6. maka frekuensi yang di dengar pendengar adalah « d.5 A e. 90 hert b. Pada saat kecepatanya sama dengan setengah maksimum. Energi total getaran selaras adalah : a. Berbanding terbalik dengan periodanya e. 30 dB e. 0. 3 cm/s detik. maka frekuensi bunyi sirine yang terdengar oleh pengendara motor adalah « 7 Bimbingan Belajar REC (Real Education Center) 36 . 1 A A c. 93 hert c. Berbanding lurus dengan amplitudo b. 20 dB d. Berbanding lurus dengan kuadrat periodenya c. b. Cepat rambat bunyi di udara pada suhu tertentu 300 m/s.

5075 Hz c. Ketika ujung bawah pegas dibebani massa 40 gram. Seorang anak sedang bermain ayunan. 0. 11 s/d no. Besarnya konstanta pegas tersebut adalah « a.25 s d. 10 N/m e.25 s c. Jika kecepatan gelombang tersebut adalah 4 m/s. 0.5025 Hz 8.4 m b. 1. 0. Soal no. 15 pilihlah a) Jika pernyataan benar. 15 N/m 10. 5 N/m d. 0. maka panjang gelombangnya adalah « d. 2 m c. 1. 450 hertz 7. I PI H G F EC CD ACBA8@98 B Be j REC (Rea du a on Cen er) 37 . 0. yaitu pada saat ayunan bearda di ujung depan untuk yang ke 101 kalinya. 0. panjangnya menjadi 28 cm. dimana x B.5 s e. Periode getaran tersebut adalah « a. 25 N/m c. alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat b) Jika pernyataan benar alasan benar tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat c) Jika pernyataan benar dan alasan salah d) Jika pernyataan salah dan alasan benar e) Jika pernyataan dan alasan keduanya salah 11.975 Hz d.75 s .a. 480 hertz e. Frekuensi ayunan tersebut adalah « a. 0.8 m e. 0.505 Hz b. Getaran suatu system pegas memenuhi persamaan x (t) = 0.2 sekon. Sebuah gelombang transversal memiliki periode 0. 470 hertz c.5 Hz e. 460 hertz d. 490 hertz b.2 m a. Sebuah pegas yang panjangnya 20 cm digantungkan pada sebuah penyangga (statip).12 coz 4 dalam meter dan t dalam sekon. 20 N/m b. 1. 0.6 m 9. Dia mulai bergerak dari ujung belakang. 0. 1 s b. Ketika waktunya 10/3 menit dia meloncat dari ayunan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->