Masalah Printer Epson R 230

undefined undefined, undefined

Printer EPSON R230 cetakannya memang bagus dan pada umumnya cukup bandel untuk usaha digital printing. Kerusakan printer pada umumnya bukan didasarkan pada waktu tapi harus dilihat dari volume kerja yang sudah dilakukan printer tersebut, misalkan dalam waktu seminggu printer telah mencetak 10.000 lbr pasti printheadnya akan turun kualitasnya. Semua printer baik kecil maupun besar memiliki batas pemakaian yang pada umumnya memang tidak kita perhatikan ketika membeli printer. Ada beberapa penyebab masalah printer epson R 230:

Tinta, jenis tinta yang tidak berkualitas akan mempercepat rusaknya printhead karena bisa menyebabkan keausan atapun mampet sehingga hasil cetak akan bergaris atau warna tidak keluar. Oleh karena itu mungkin perlu anda evaluasi kembali jenis tinta yang anda pakai. Sistem infus, apabila terjadi kemampetan atau tinta tidak keluar bisa juga karena sistem infusnya ada masalah, misal selang tertekuk, posisi terlalu rendah daripada printernya atau terjadi pengeringan tinta di selang. Sistem infus yang menggunakan selang sebenarnya kurang begitu praktis apalagi untuk tinta 6 warna ke atas karena akan menyebabkan lebih seringnya terjadi tinta macet akibat tidak meratanya pemakaian setiap tinta. Oleh karena itu selalu gunakan printer anda dengan mengeluarkan semua komposisi warna anda walau sedang tidak ada orderan, hal ini perlu anda lakukan lebih sering jika tinta yang anda gunakan berjenis pigment atau sublimasi. Untuk mengatasi tinta yang macet anda dapat melakukan penyedotan menggunakan suntikan yang telah dipotong khusus (biasanya dapat anda beli di tempat infusan) sampai tinta yang macet keluar, kemudian lakukan test print dengan mencetak warna blok sehalaman A4, apabila hasilnya sudah stabil maka dapat dipastikan bahwa sistem infusnya sudah normal.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab masalah printer epson R 230. . jangan sampai kena tinta atau air karena bisa konslet. untuk membersihkan cukup gosok dengan penghapus pensil asal selalu hati-hati karena cip tersebut sangat sensitif. Intinya lakukan perawatan secara rutin agar printer lebih awet. cip yang ada di catridge printer bisa juga kotor sehingga perlu dibersihkan.• Cip kotor.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful